Putus Cinta Meningkatkan Risiko Kematian

putus-cinta-mati-patah-hati.jpg

?Mati Akibat Putus Cinta?, ternyata bukan ungkapan belaka. Dalam kasus ini, jika pasangan hidup ada yang meninggal, maka dapat meningkatkan risiko kematian pada pasangan yang ditinggalkan.

Selain itu, diperkuat dari menurut sebuah penelitian, stroke dan serangan jantung dapat meningkat sebesar dua kali lipat dalam 30 hari setelah kematian pasangan.

Bagaimana bisa stroke dan penyakit jantung berhubungan dengan putus cinta?

Halaman berikut ini penjelasan selengkapnya.

Peningkatan Stroke Setelah Kematian Pasangan

Setelah kematian pasangan, umumnya seorang akan masuk ke dalam tahap berduka dan menyebabkan gangguan dalam fungsi kehidupannya. Bahkan seorang dapat mengalami fase depresi, dan kehilangan minat untuk melakukankegiatan sehari-hari.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada kelompok pasien yang berumur diatas 60 tahun dengan pasangan yang sudah meninggal, sebanyak 16 dari 10,000 orang menderita serangan jantung atau stroke dalam 30 hari.

Sedangkan jika dibandingkan pada orang yang tidak berduka, ternyata angka kejadian stroke atau serangan jantungnya jauh lebih rendah, yaitu sebanyak 8 orang dari 10,000 yang mengalami serangan jantung atau stroke. Namun risiko terjadinya stroke menurun setelah 30 hari masa berduka.

Berduka Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Hubungan stres psikis dengan kejadian stroke atau penyakit jantung sudah dikenal sejak lama. Seorang dengan stress psikis memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung.

Berduka Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Secara ringkas, stress psikis dapat meningkatkan berbagai sitokin atau akrab dikenal sebagai zat peradangan.

Sitokin inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada struktur pembuluh darah jantung atau otak. Selain itu seorang dalam masa berkabung memiliki kecenderungan melupakan pengobatan rutin yang dikonsumsinya secara rutin.

Terlebih lagi, jika orang dengan usia di atas 60 tahun umumnya sudah memiliki berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, kencing manis atau penyakit jantung.

Bagaimana mencegah serangan jantung atau stroke? Halaman berikut penjelasannya:

Bagaimana Mencegah Serangan Jantung atau Stroke?

Masa berkabung adalah masa yang sulit untuk setiap orang. Untuk mencegah perburukan kondisi kesehatan Anda, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan. Dukungan keluarga merupakan hal yang penting.

Dukungan psikis merupakan modal dalam menghadapi masa berkabung. Apabila ada pengobatan tertentu yang perlu dikonsumsi secara rutin, perhatian anggota keluarga atau kerabat juga dapat meningkatkan keteraturan seorang dalam mengkonsumsi pengobatan yang sedang dijalaninya.

Jika memerlukan bantuan, jangan malu untuk memintanya. Ingat manusia adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan sesama.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Gigi Gingsul, Dipertahankan atau Disingkirkan?

Gigi Gingsul, Dipertahankan atau Disingkirkan?

Memiliki gigi gingsul mungkin membuat Anda dilema. Ada yang mengatakan bahwa senyuman seseorang akan terlihat lebih manis dengan adanya gigi gingsul, tapi ada pula yang beranggapan kondisi tersebut justru merusak penampilan. Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Mempertahankan atau menyingkirkannya? Gigi gingsul termasuk salah satu jenis maloklusi gigi. Maloklusi adalah suatu kondisi ketika gigi tidak tumbuh di tempat yang benar dan sejajar. Pada kasus ini, gigi yang mestinya tumbuh di tempatnya harus bergeser karena kondisi rahang yang kecil atau terlalu besarnya gigi tersebut. Tempat untuk gigi yang baru tumbuh terlalu sempit sehingga tumbuh meleset dari tempat seharusnya. Gigi gingsul juga bisa bersifat keturunan. Jika melihatnya dari segi penampilan, tentu jawaban yang didapat akan tergantung pada selera masing-masing individu. Namun jika ingin mengikuti saran medis, gigi yang tidak tumbuh pada tempatnya sebaiknya ditangani. Karena jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu berbagai masalah seperti: Menghambat pertumbuhan gigi atau bahkan membuatnya tidak tumbuh sama sekali atau impaksi. Cedera gusi karena proses mengunyah. Kerusakan gigi karena posisinya membuat sulit dibersihkan [...]

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Sebuah titik cerah di dunia kesehatan Indonesia kembali terbit, setelah sejak 2014 PT. Kalbe Farma telah resmi mengoperasikan pabrik obat kanker di kawasan Pulogadung, Jakarta. Demikiannya hal ini berdampak pada lebih terjangkaunya harga obat kanker di Indonesia. Sebagaimana disampaikan Michael Buyung Nugroho, Direktur PT. Kalbe Farma Tbk., "Dengan adanya pabrik tersebut, harga obat kanker dapat ditekan sampai dengan 40 persen," pada kesempatan jumpa pers di Kalbe Oncology Forum Sabtu (2/5/2015). Usaha produksi mandiri ini dapat terealisasi setelah Kalbe melakukan transfer teknologi dengan Samyang Pharmaceutical, Korea Selatan. Dengan produk obat kanker yang telah tersedia untuk kemoterapi dan terapi penunjang kemo, serta nutrisi untuk pasien, Kalbe memberikan harapan pada dunia kesehatan Indonesia, pada khususnya onkologi. Pasalnya, kanker telah lama menjadi momok yang diderita masyarakat Indonesia. Sebagaimana terlansir dari data Jamkesmas pada tahun 2012, pengobatan kanker telah menghabiskan Rp.144,7 miliar. Demikiannya kehadiran obat kanker dengan harga yang lebih terjangkau dapat membantu meringankan beban biaya rakyat Indonesia dalam mengupayakan penanganan penyakit kanker. O [...]

Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Indra penglihatan merupakan salah satu indra terpenting manusia. Penglihatan sendiri merupakan suatu proses yang kompleks dari mengumpulkan, memfokuskan serta mengubah cahaya menjadi objek penglihatan. Seiring dengan bertambahnya usia, mata menjadi lebih rentan mengalami kerusakan dan berbagai penyakit. Beberapa penyakit pada mata seperti peningkatan tekanan bola mata pada glaukoma tidak memiliki gejala apapun pada stadium awalnya, sehingga Anda baru akan mengetahuinya jika sudah menginjak stadium akhir. Hal ini akan membuat penanganan menjadi lebih sulit. Oleh karena itu pemeriksaan mata secara rutin sangatlah penting. Apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan mata? Pemeriksaan mata tidak menimbulkan rasa nyeri. Dokter akan melakukan pemeriksaan mata yang meliputi pemeriksaan kondisi luar mata seperti kelopak mata, bagian mata seperti konjungtiva, sklera, kornea, iris dan retina untuk mengetahui tanda-tanda suatu penyakit. Pemeriksaan mata yang lengkap meliputi: Pemeriksaan penglihatan (tanpa atau dengan lensa korektif) Pemeriksaan refleks pupil Pemeriksaan otot-otot mata Pemeriksaan lapangan pandang Pemeriksaan dengan slit lamp Pemeriksaan tekanan bola mata Pemeriks [...]

Waspada Sakit Kepala Mendadak, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Serius

Waspada Sakit Kepala Mendadak, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Serius

Rasa sakit merupakan cara tubuh untuk memberi alarm pada Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi dengan kesehatan. Ada rasa sakit yang tidak perlu dirisaukan, tapi ada pula yang merupakan sinyal penting dan tidak boleh diabaikan.Mengalami sakit kepala yang sangat hebat secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh. Dr Anrich Burger menjelaskan ada delapan kemungkinan indikasi ketika Anda merasakan sakit di kepala, seperti dikutip dari Health 24.1. StrokeSakit kepala datang secara tiba-tiba, seringkali diikuti dengan rasa sakit di belakang salah satu mata. Jika mengalami kejadian ini, disarankan berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin, paling lama 3 jam setelah serangan. Tidak mudah memang menjelaskan gejala stroke secara umum, tapi biasanya sakit akan disertai satu atau beberapa bagian tubuh yang tiba-tiba sulit digerakkan.2. Infeksi BakteriSakit kepala hebat secara mendadak juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri seperti meningitis. Selain sakit, pasien juga merasakan lehernya kaku, mual, muntah dan lesu. Segera datang ke ruang gawat darurat agar segera diberi penanganan dokter.3. GlaukomaGlaukoma adalah salah satu jeni [...]

Merokok Meningkatkan Risiko Kematian Mendadak Pada Perempuan

Merokok Meningkatkan Risiko Kematian Mendadak Pada Perempuan

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia ?Satu batang pun terlalu banyak.? KlikDokter.Com - Wahai, perempuan di seluruh dunia, tak cukup kah sejak dulu dijajah pria sehingga sekarang harus dijajah rokok juga? Sebatang, dua batang dihisap, risiko serangan jantung dan mati mendadak pun meningkat dua kali lipat. Risiko ini bahkan lebih tinggi pada perokok berat dan kronis. Kabar baiknya, dengan berhenti merokok risiko kematian tersebut dapat berkurang secara signifikan. Kematian mendadak karena serangan jantung disebabkan oleh hilangnya fungsi jantung. Hal ini merupakan penyebab utama kematian yang berkaitan dengan jantung di Amerika Serikat dan bertanggung jawab terhadap 400,000 kematian setiap tahunnya. Sebuah penelitian di Kanada memaparkan tentang efek negatif ini. ?Kami menemukan bahwa semakin banyak anda merokok, semakin tinggi risiko kematian mendadak yang anda miliki,? ujar Roopinder Sandhu, MD, MPH, salah satu peneliti yang juga merupakan asisten profesor kedokteran di Universitas Alberta, Kanada. ?Namun, yang paling penting adalah fakta bahwa risiko ini dapat dieliminiasi dengan menghentikan kebiasaan merokok.?Dari penelitian tersebut diketahui bahwa berhenti merokok memiliki efek yang [...]

Rokok Menyebabkan Susah Tidur

Rokok Menyebabkan Susah Tidur

Insomnia merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan adanya kesulitan untuk tidur maupun terjaga tetap tidur. Penderita insomnia seringkali mengalami satu atau lebih gejala berikut: Kesulitan untuk tidur Sering terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali tidur Terbangun terlalu pagi/dini hari Merasa lelah padahal sudah cukup tidur. Mengantuk di siang hari Sulit berkonsentrasi dan mengingat Halaman berikut membantu menjelaskan Anda apa saja penyebab insomnia: Penyebab insomnia: Stress (kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, dll) Penyakit yang menyertai (misalnya: arthritis) Gangguan emosi dan fisik Faktor lingkungan (terlalu bising, lampu, ataupun temperatur yang ekstrim) Obat - obatan tertentu (misalnya obat asma, darah tinggi, alergi) Gangguan jadwal tidur normal (misalnya jet lag) Depresi Cemas Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas? Halaman berikut penjelasannya: Tips Tidur Sehat & Berkualitas Bebas Insomnia Tidur yang berkualitas dapat menghindari Anda dari insomnia, berikut adalah tips-tips yang dapat dicoba: Usahakan untuk sela [...]

Haus Habis Olahraga? Minum Air Kelapa!

Haus Habis Olahraga? Minum Air Kelapa!

Suatu studi yang diterbitkan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise menyebutkan bahwa air kelapa dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga lebih baik daripada air biasa. Jika dibandingkan dengan minuman berolahraga, karena kaya kandungan elektrolitnya air kelapa memiliki kemampuan yang sama untuk mengganti cairan tubuh setelah berolahraga. Namun dengan catatan, air kelapa memiliki nilai kelebihan pada jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kalori yang dimiliki minuman berenergi. Bahkan, studi lain menyebutkan bahwa air kelapa dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk rehidrasi cairan dan gangguan pencernaan yang timbul seperti mual, kembung ataupun gangguan lambung lebih minimal dibandingkan minuman berenergi ataupun air mineral. Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat dan sodium yang rendah dan tinggi akan potassium. Nah, jika Anda telah berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan untuk menggantikan elektrolit yang hilang seperti sodium dan potassium. Air kelapa dapat menjadi pilihan yang [...]

Waspadai Risiko Fatal di Balik Cedera Kepala

Waspadai Risiko Fatal di Balik Cedera Kepala

Siapa saja, termasuk anak-anak yang sedang aktif bergerak berisiko mengalami cedera kepala yang dapat berakibat fatal. Risiko ini makin tinggi ketika banyak orang tidak mengenakan helm saat mengendarai motor. Cedera kepala dapat terjadi karena banyak hal, seperti perkelahian, kecelakaan kendaraan bermotor, cedera saat berolahraga, jatuh, atau sekadar terbentur. Gegar otak adalah jenis cedera kepala yang paling umum terjadi. Kata dalam bahasa Inggrisnya, concussion, berasal dari kata dalam bahasa Latin yang berarti ?diguncang dengan kencang?. Gegar otak adalah cedera kepala yang berdampak kepada fungsi otak. Selain karena benturan dan guncangan pada kepala, gegar otak umumnya terjadi karena guncangan keras pada tubuh bagian atas. Otak terlindungi dari guncangan oleh cairan otak dalam tengkorak. Oleh karenanya guncangan dan benturan keras pada kepala atau tubuh bagian atas dapat membuat otak ikut terguncang membentur dinding kepala bagian dalam. Kondisi ini dapat bersifat ringan, tapi juga bisa berisiko fatal jika sampai mengakibatkan pendarahan di dalam atau di sekitar otak. Menurut tingkat keparahan dan ada tidaknya pingsan, gegar otak dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis: T [...]

Waspadai Preeklampsia di Masa Kehamilan

Waspadai Preeklampsia di Masa Kehamilan

Mengetahui penyebab dan gejala preeklampsia dapat mengurangi risiko yang membahayakan bagi ibu dan janin. Preeklampsia biasanya muncul pada usia kandungan lebih dari 20 minggu. Preeklampsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine. Kondisi ini dapat membahayakan organ-organ lainnya, seperti ginjal, hati, dan mata. Eklampsia adalah kondisi preeklamsia yang disertai kejang. Hal ini dapat berakibat fatal bagi ibu dan janin, bahkan dapat menyebabkan kematian. Pada bayi, preeklampsia dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan pertumbuhan bayi yang terhambat. Maka dari itu penting bagi ibu hamil untuk mengetahui gejala, penyebab, dan bagaimana cara mencegah serta mengatasi preeklampsia. Penyebab Preeklampsia Plasenta adalah salah satu organ penting yang berfungsi untuk menyalurkan darah dari ibu ke bayi di dalam kandungan. Munculnya preeklampsia diduga karena adanya gangguan perkembangan pada plasenta, yang disebabkan oleh masalah pada pembuluh darah pemasok plasenta. Faktor genetik atau adanya riwayat keluarga yang pernah mengalami preeklampsia juga diduga berperan dalam mekanisme penyakit ini. Namun, penyebab pas [...]

8 Penyakit yang Bisa Datang Akibat Stres

8 Penyakit yang Bisa Datang Akibat Stres

Tak hanya berpengaruh pada mental, stres juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Bahkan ada beberapa penyakit tertentu yang datang ketika seseorang mengalami stres. Apa saja?Banyak yang menganggap bahwa stres tidak perlu diobati, terutama jika hanya disertai dengan keluhan ringan seperti migrain atau perut mulas. Kebanyakan orang berharap penyakit tersebut akan sembuh setelah stresnya hilang. Sayangnya hal itu tidak selamanya benar. Berikut ini beberapa keluhan kesehatan yang sering dialami saat stres melanda, dikutip dari detikhealth.1. Sakit kepala serta migrainDaya tahan tubuh bisa menurun karena stres lalu memicu migrain menurut Todd Schwedt, MD, direktur pusat sakit kepala di Washington University. Untuk menghindarinya, pastikan pola makan dan tidur dalam sepekan selalu terjaga.2. Kram yang sangat sakitKetidakseimbangan hormon saat stres bisa mengakibatkan kram yang sangat menyakitkan, terutama pada wanita. Saat stres, risiko mengalami kram 2 kali lebih besar karena aktivitas syaraf simpatis lebih tinggi. Olahraga secara teratur dapat mencegahnya.3. Sakit di sekitar mulutRahang terasa nyeri merupakan tanda bahwa stres tengah melanda. Tanpa disadari, gigi atas dan bawah sal [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *