Putus Cinta Meningkatkan Risiko Kematian

putus-cinta-mati-patah-hati.jpg

?Mati Akibat Putus Cinta?, ternyata bukan ungkapan belaka. Dalam kasus ini, jika pasangan hidup ada yang meninggal, maka dapat meningkatkan risiko kematian pada pasangan yang ditinggalkan.

Selain itu, diperkuat dari menurut sebuah penelitian, stroke dan serangan jantung dapat meningkat sebesar dua kali lipat dalam 30 hari setelah kematian pasangan.

Bagaimana bisa stroke dan penyakit jantung berhubungan dengan putus cinta?

Halaman berikut ini penjelasan selengkapnya.

Peningkatan Stroke Setelah Kematian Pasangan

Setelah kematian pasangan, umumnya seorang akan masuk ke dalam tahap berduka dan menyebabkan gangguan dalam fungsi kehidupannya. Bahkan seorang dapat mengalami fase depresi, dan kehilangan minat untuk melakukankegiatan sehari-hari.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada kelompok pasien yang berumur diatas 60 tahun dengan pasangan yang sudah meninggal, sebanyak 16 dari 10,000 orang menderita serangan jantung atau stroke dalam 30 hari.

Sedangkan jika dibandingkan pada orang yang tidak berduka, ternyata angka kejadian stroke atau serangan jantungnya jauh lebih rendah, yaitu sebanyak 8 orang dari 10,000 yang mengalami serangan jantung atau stroke. Namun risiko terjadinya stroke menurun setelah 30 hari masa berduka.

Berduka Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Hubungan stres psikis dengan kejadian stroke atau penyakit jantung sudah dikenal sejak lama. Seorang dengan stress psikis memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung.

Berduka Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Secara ringkas, stress psikis dapat meningkatkan berbagai sitokin atau akrab dikenal sebagai zat peradangan.

Sitokin inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada struktur pembuluh darah jantung atau otak. Selain itu seorang dalam masa berkabung memiliki kecenderungan melupakan pengobatan rutin yang dikonsumsinya secara rutin.

Terlebih lagi, jika orang dengan usia di atas 60 tahun umumnya sudah memiliki berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, kencing manis atau penyakit jantung.

Bagaimana mencegah serangan jantung atau stroke? Halaman berikut penjelasannya:

Bagaimana Mencegah Serangan Jantung atau Stroke?

Masa berkabung adalah masa yang sulit untuk setiap orang. Untuk mencegah perburukan kondisi kesehatan Anda, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan. Dukungan keluarga merupakan hal yang penting.

Dukungan psikis merupakan modal dalam menghadapi masa berkabung. Apabila ada pengobatan tertentu yang perlu dikonsumsi secara rutin, perhatian anggota keluarga atau kerabat juga dapat meningkatkan keteraturan seorang dalam mengkonsumsi pengobatan yang sedang dijalaninya.

Jika memerlukan bantuan, jangan malu untuk memintanya. Ingat manusia adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan sesama.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Riset: Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Riset: Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Wanita butuh tidur 20 menit lebih banyak ketimbang pria. Otak wanita yang lebih kompleks dan gemar mengerjakan banyak hal secara bersamaan, membuatnya harus istirahat lebih banyak.Hal tersebut dikatakan oleh Profesor Jim Horn dari Sleep Research Centre, Loughborough University. Menurutnya semakin sering otak digunakan, semakin banyak sel-sel otak yang harus diistirahatkan."Wanita lebih banyak melakukan pekerjaan dalam satu waktu. Mereka juga menggunakan otaknya lebih sering daripada pria. Untuk itulah, waktu tidurnya pun harus lebih banyak," kata Professor Jim Horn, seperti dikutip dari New York Daily News.Sebenarnya, pria juga butuh waktu tidur lebih banyak ketika ia melakukan banyak pekerjaan yang membutuhkan pemikiran berat. Tetapi walau bagaimanapun, tetap saja tidak sebesar dan seberat yang dilakukan wanita."Wanita punya lebih banyak komitmen untuk mengerjakan sesuatu, contohnya seorang istri baru bisa tidur setelah semua pekerjaan rumahnya selesai," ujar Michael Breus, pengarang buku 'Beauty Sleep: Look Younger, Lose Weight, and Feel Great Through Better Sleep'.Dalam jurnal The American Academy of Sleep Medicine, peneliti dari North Carolina menyebutkan bahwa wanita lebih [...]

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh journal of Medicine and Science menunjukkan bahwa kebanyakan pria dan wanita telah merasa melakukan olahraga dengan cukup. Ada yang berpendapat, sudah melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel dan mencuci sudah termasuk olahraga dan cukup menjawab kebutuhan kesehatan tubuh. Atau ada juga yang berpendapat, sudah melakukan jogging 15 menit, asal keluar keringat, sudah cukup untuk menjawab kebutuhan wajib olahraga hariannya. (Baca: Pekerjaan Rumah Tangga, Termasuk Olahraga atau Bukan?) Sudah cukup benarkah demikian? Nah, ada beberapa cara berikut ini yang dapat membantu Anda mengukur apakah yang Anda lakukan sudah cukup berolahraga, tidak berlebih dan tidak kurang, antara lain: Catat di jurnal Anda dapat menuliskan catatan atau note mengenai aktivitas berolahraga Anda seperti: jumlah hari atau kapan saja Anda berolahraga, intensitas dan jumlahnya. Jika Anda sudah mendapat catatan dari rekam kegiatan Anda, akan sangat mudah melakukan konsultasi atau bahkan mengukur ke diri sendiri, sudah cukupkah Anda melakukan olahraga. Atau Anda dapat mempermudah diri dengan menggunakan aplikasi smartphone yang dewasa ini tumbuh menjamur b [...]

Makanan Manis yang Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Makanan Manis yang Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Makanan manis seperti kolak, es buah, kurma, atau kue menjadi snack pilihan kebanyakan orang sebelum buka puasa. Namun ada anggapan yang mengatakan bahwa berbuka dengan makanan manis itu anjuran yang keliru. Benarkah berbuka dengan yang manis tidak disarankan?Menurut pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, berbuka dengan mengonsumi makanan yang manis boleh saja, bahkan dianjurkan asalkan tidak berlebihan. Pria yang kerap disapa Hardin itu menjelaskan, ketika tubuh tidak diisi asupan makanan dan cairan selama seharian maka gula darah turun terutama di sore hari. Untuk kembali meningkatkan gula darah dengan cepat maka bisa mengonsumsi makanan manis seperti buah."Kalau makan sekadarnya saja nggak masalah asal nggak berlebihan saja. Buah itu kan manis, kalau mau buah tapi ingin makanan bergula silakan saja tapi dibatasi," tutur Hardin saat dihubungi Wolipop, Kamis (10/7/2014).Hardin melanjutkan, buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Kurma, pepaya, dan pisang menjadi pilihan yang baik karena memiliki tekstur lembut sehingga mudah dicerna oleh usus. Namun ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari karena memiliki kandungan asam tinggi.Buah-buahan yang mengandung a [...]

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang stres di tempat kerja. Tekanan pekerjaan, kurang terkena sinar matahari, terus menerus berada di depan komputer dan terkena paparan sinar dari layarnya adalah beberapa diantaranya. Belum lagi persaingan di kantor atau kewajiban memenuhi target tertentu.Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, stres juga berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan. Cara mengatasi stres di tempat kerja sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan aromatherapy. Cara alami ini cukup efektif meningkatkan kreativitas, konsentrasi, kenyamanan, efektivitas dan produktivitas kerja sekaligus membuat pikiran lebih tenang. Ini beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk meredakan stres di kantor, seperti dikutip dari Times of India:1. LavenderSelain membuat pikiran relaks, minyak lavender dipercaya bisa mengurangi kesalahan pengetikan di komputer hingga 25 persen. Anda bisa meneteskan minyak ini di atas kayu kering atau sapu tangan.2. NeroliPenghilang stres yang tidak hanya melepaskan ketegangan tapi juga mengatasi kelelahan pikiran karena suasana kantor yang hectic. Minyak Neroli juga bisa meningkatkan konsentrasi. Tuangkan dua atau tiga tetes minyak Nero [...]

Kesalahan Saat Buka Puasa yang Bikin Tubuh Lemas & Berat Badan Naik

Kesalahan Saat Buka Puasa yang Bikin Tubuh Lemas & Berat Badan Naik

Puasa sudah memasuki hari ke-13, bagaimana yang Anda rasakan? Apakah setiap berbuka puasa tubuh masih lemas walau sudah makan banyak atau malah berat badan bertambah padahal frekuensi makan berkurang? Cek daftar kesalahan berbuka puasa berikut yang dapat menyebabkan dua hal itu terjadi:1. Makan Banyak GorenganGorengan merupakan salah satu makanan favorit buka puasa sebagian besar orang Indonesia. Praktis, gurih dan mudah didapat serta dibuat, itulah yang membuat makanan ini jadi favorit. Tahukah Anda makanan gorengan yang berminyak ini sebenarnya kurang disarankan untuk berbuka puasa? Gorengan dan makanan tinggi protein seperti daging dan telur menjadi penyebab orang berpuasa menjadi lemas setelah berbuka."Protein ini pasti lama diubahnya menjadi energi, makanya lemas," ujar pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS., saat berbincang dengan Wolipop, Kamis (10/7/2014).2. Terburu-buruSaat berbuka puasa, orang cenderung makan dengan terburu-buru karena ingin melahap semua makanan yang tersedia sementara di sisi lain dikejar waktu untuk salat Magrib. Makan dengan terburu-buru ini apalagi dalam jumlah yang banyak, bisa menyebabkan gula darah meningkat sehingga memicu timbulnya produksi ins [...]

Hii! Merokok Buat Kulit Wanita Jadi Abu-abu dan Tumbuh Rambut di Wajah

Hii! Merokok Buat Kulit Wanita Jadi Abu-abu dan Tumbuh Rambut di Wajah

Semua orang tahu kebiasaan merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Dalam jangka panjang, merokok bisa menyebabkan kanker mulut juga paru-paru. Tapi yang tidak banyak orang tahu, menghisap rokok secara terus menerus juga membuat tampilan kulit wanita menjadi abu-abu dan tumbuh rambut halus di sekitar wajah. Sementara pada pria, gerak sperma akan menjadi lamban.Untuk menyosialisasikan dampak buruk merokok, para dokter di Finlandia mengembangkan sebuah website interaktif yang diharapkan bisa membuat masyarakat sadar dengan seketika. Website tersebut bernama Tobacco Body dan dibuat bekerjasama dengan Cancer Society of Finland untuk menunjukkan kerusakan-kerusakan tubuh yang disebabkan dari merokok.Dalam website tersebut ditunjukkan berbagai gambar sebelum dan setelah wanita/pria mengonsumsi rokok. Mulai dari timbulnya noda-noda pada wajah, peningkatan risiko terkena maag, semua diperlihatkan lewat foto-foto yang cukup mengerikan.Pada wanita, hal paling mengganggu yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok adalah tumbuhnya rambut-rambut halus pada wajah dan tangan. Dalam website juga berisi penjelasan apa yang akan terjadi pada tubuh Anda jika kebiasaan buruk ini tidak dihentikan."Para [...]

90% Wanita Mengalami Cidera karena Pakai High Heels

90% Wanita Mengalami Cidera karena Pakai High Heels

Kebanyakan wanita gemar menggunakan high heels karena dapat menunjang penampilan. Namun ternyata, 90% di antara mereka pernah mengalami cidera akibat sepatu hak tinggi itu.Umumnya setiap wanita tak mampu berlama-lama menggunakan high heels. Setelah satu jam, enam menit dan 48 detik, tumit pasti akan terasa sakit. Tak heran bila banyak wanita yang ingin segera melepaskan sepatu hak tinggi tersebut saat menggunakannya. Bahkan bagi para penari yang mengenakan high heels, mereka hanya mampu bertahan selama 10 menit.Survei yang dilakukan oleh para pakar dari College of Podiatry itu melibatkan 2.000 responden pria dan wanita, serta 60 ahli bedah kaki. Tujuan diadakannya survei ini untuk mengetahui fenomena antara wanita dengan high heels.Konsultan ahli bedah kaki, Mike O'Neill dari College of podiatri juga memperingatkan bahwa memaksakan kaki untuk memakai sepatu yang lebih kecil, dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang, termasuk radang sendi, fraktur stres, dan saraf terjepit. Jika sudah terjadi, maka pengobatannya yaitu dengan pembedahan atau suntikan steroid. Menggunakan sepatu hak tinggi juga dapat merusak jaringan lunak dan permukaan sendi menjadi haus."Wanita yang menggunakan [...]

Langkah Awal Atasi Kulit Menggelambir Pasca Turun Berat Badan

Langkah Awal Atasi Kulit Menggelambir Pasca Turun Berat Badan

Setelah berhasil menurunkan berat badan dan 'lepas' dari kegemukan, masalah biasanya tidak hanya sampai di situ. Turun berat badan secara drastis seringkali menimbulkan persoalan baru, yaitu kelebihan kulit yang membuatnya terlihat menggelambir. Kulit yang kendur dan menggelambir pasca penurunan berat badan bisa diatasi, hanya saja perlu waktu yang sedikit lama. Berikut ini beberapa cara agar kulit kembali kencang, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Minum Banyak AirAir putih sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit Anda. Pastikan Anda cukup minum air putih sedikitnya dua liter per hari agar kulit selalu sehat dan segar.2. Pola Diet Sehat dan SeimbangProtein merupakan nutrisi yang membantu meningkatkan elastisitas kulit. Jadi, perbanyaklah asupan protein yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, tahu juga ikan. Makanan ini juga kaya akan kolagen dan elastin yang bisa mengondisikan kulit agar terlihat lebih baik. Idealnya, Anda harus mengonsumsi 100 sampai 200 kalori dari protein sebagai asupan nutrisi pasca olahraga untuk kulit yang lebih kencang.3. Perawatan yang Menutrisi KulitLakukan eksfoliasi kulit secara rutin, minimal satu minggu sekali. Pengelupasan tidak ha [...]

Pemeriksaan Dini Kanker Serviks Lainnya

Pemeriksaan Dini Kanker Serviks Lainnya

Oleh: dr. Virgi Saputra Kanker serviks. Inilah dua pemeriksaan pelengkap lainnya yang mendukung pemeriksaan pendeteksi kanker leher serviks. Antara lain: Visualisasi dengan asam asetat (IVA)Walaupun pemeriksaan IVA belum masuk dalam panduan dunia kedokteran internasional, pemeriksaan ini dapat menjadi alternatif pemeriksaan pap smear di negara-negara berkembang dimana akses terhadap fasilitas kesehatan laboratorium yang memiliki ahli patologi anatomi masih terbatas. Berbeda dengan pap smear yang membutuhkan keahlian dokter spesialis patologi anatomi, kelainan pada tes IVA dapat terlihat dengan mata telanjang oleh tenaga kesehatan yang terlatih. (Baca: Kanker Serviks) Sama seperti pap smear, dokter perlu memasukkan spekulum untuk melebarkan liang vagina dan mendapatkan serviks. IVA dilakukan dengan mencucukkan asam asetat yang telah diencerkan (5%) ke serviks, dan tunggu 30 - 60 detik untuk penilaian. Apabila terdeteksi warna putih maka wanita tersebut dapat beresiko kanker serviks dan membutuhkan pemeriksaan atau penanganan lanjutan. Keuntungannya asam asetat sangat murah dan mudah didapat, dan pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh seluruh tenaga kesehatan yang telah dilatih. (Baca: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *