Rakyat yang Merdeka, Berdaulat untuk Sehat

cek_kesehatan.jpg

Hari Kemerdekaan RI Ke-69 diperingati oleh berbagai elemen masyarakat dalam berbagai bentuk. Tidak ketinggalan dengan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) yang mengadakan Bakti Sosial di daerah Johar Baru, Jakarta Pusat pada tanggal 16 Agustus. Bakti sosial ini diwujudkan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan, penyuluhan dan pemeriksaan gizi pada anak, pembagian sabun antiseptik, serta pemberian bantuan pendidikan kepada anak-anak berprestasi dan tidak mampu.

Ketua Umum PB HMI, Muh. Arief Rosyid, menyatakan bahwa HMI akan terus berusaha untuk membumikan gagasan yang dimiliki oleh para kadernya.

?HMI merupakan adik dari bangsa ini. Pada tahun 1945, Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan. Dua tahun setelahnya, HMI pun didirikan. Kami percaya selama Indonesia masih ada maka HMI pun akan terus ada untuk memberikan kontribusi positif.? kata Arief.

Ketua Panitia Kegiatan Panggung HMI untuk Rakyat, Faisal Muchlis, mengatakan bahwa tidak hanya paket kesehatan dan pendidikan ini yang diberikan kepada warga. PB HMI juga memberikan bantuan tong sampah dan ikut serta melakukan kerja bakti bersama warga dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

?Selain kegiatan baksos ini, PB HMI juga menggelar panggung kebangsaan yang akan dilaksanakan di Sekretariat PB HMI pada tanggal 18 agustus. Selain dihadiri para kader, akan dihadiri juga oleh para pakar dan akademisi tenar seperti Dr. Andrinof A. Chaniago dan Dr. Anies Baswedan.? ujar Faisal.

Pada kegiatan baksos ini, Badan Koordinasi Nasional Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (Bakornas LKMI PB HMI) menurunkan 10 orang dokter dan belasan tenaga medis lainnya seperti perawat, apoteker, ahli gizi dan kesehatan masyarakat. Hal ini dijelaskan oleh Syarifuddin, koordinator lapangan kegiatan baksos tersebut.

?Kami tidak hanya menurunkan tenaga kesehatan yang berasal dari kader HMI. Perekrutan tenaga medis kami lakukan dengan terbuka, mengundang kawan-kawan mahasiswa ataupun tenaga kesehatan yang ingin ikut bergabung sebagai relawan.? terang Syarifuddin.

Direktur Bakornas LKMI PB HMI, Ardiansyah Bahar, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk peran serta pemuda dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dia menyatakan bahwa pemuda sebagai salah satu komponen bangsa harus berpartisipasi mengisi kemerdekaan bangsa dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

?Rakyat yang merdeka, berdaulat untuk sehat. Negara yang merdeka harus mendorong dan menjamin rakyatnya agar mau dan mampu untuk sehat. Hal ini berarti rakyat mesti mendapatkan pendidikan kesehatan yang baik, lingkungan yang bersih, dan akses pelayanan yang berkualitas.? Jelas Ardiansyah.

Dia menambahkan bahwa bukan hanya bangsa asing, namun berbagai penyakit pun bisa mengancam kehidupan rakyat Indonesia. Rakyat belum merdeka sepenuhnya jika masih saja hidup dalam bayang-bayang berbagai penyakit yang mestinya bisa dicegah. Oleh karena itu, pemerintah dan segenap komponen masyarakat hendaknya terus berjuang dalam mewujudkan bangsa yang sepenuhnya merdeka, dimana rakyatnya berdaulat untuk sehat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Berisiko Kanker Payudara, Presenter Ini Pilih Angkat Payudara

Berisiko Kanker Payudara, Presenter Ini Pilih Angkat Payudara

Melihat ibu dan kakaknya meninggal karena penyakit kanker payudara, membuat presenter BBC Claira Hermet memutuskan untuk menjalani prosedur masektomi ganda.Seperti dilaporkan Mirror, Selasa (16/12/2014), Claira mengaku memiliki risiko menderita penyakit kanker payudara hingga 85 persen. Menurut dokter, dia membawa gen BRCA 1."Masektomi ganda sudah saya pikirkan sejak lama. Saya tahu kalau saya memiliki bakat kanker dari enam atau tujuh tahun lalu," katanya.Operasi ini akan berlangsung pada 15 Januari, Claire sendiri menyebutnya Double D Day. "Saya kehilangan ibu saat berusia sembilan tahun, sedangkan kakak didiagnosis saat ia berusia 25 tahun. pertempurannya melawan kanker selama enam setengah tahun, tapi dia meninggal pada tanggal 10 Januari 2012, ketika berusia 31 tahun." [...]

Lebih Percaya Dokter Perempuan atau Laki-laki?

Lebih Percaya Dokter Perempuan atau Laki-laki?

Selama ini saat sakit Anda lebih memilih pergi ke dokter berdasarkan jenis kelamin atau kemampuannya? Berdasarkan studi dari University of Toulouse III Perancis, ternyata pasien lebih memperhatikan nasihat dokter perempuan dibandingkan dokter laki-laki untuk kasus-kasus tertentu. Kepercayaan pasien terhadap dokter perempuan ini terutama mengenai rekomendasi dokter yang terkait akan nutrisi, olahraga dan penurunan berat badan. Kepercayaan ini terkait dengan informasi serta saran yang diberikan dokter perempuan. Menurut salah satu peneliti dokter Anne-Cecile Schieber, kepercayaan pasien ini terkait dengan kemampuan komunikasi dokter perempuan yang lebih baik dibandingkan dokter laki-laki. Sehingga tak heran jika sebagian besar partisipan penelitian yang terdiri dari 585 pasien ini memilih ke dokter perempuan terkait permasalahan berat badan, seperti dilansir Daily Mail pada Jumat (10/10/2014). Oleh karena itu penelitian ini berharap agar ada sebuah pelatihan bagi mahasiswa kedokteran dan dokter tentang bagaimana cara menyampaikan informasi, menunjukan rasa menghormati, mendukung pasien. Hal ini akan memberikan kualitas komunikasi seorang dokter terlepas dari apa jenis kelaminnya. [...]

Transplantasi Wajah, Solusi Pasien Bermuka Cacat

Transplantasi Wajah, Solusi Pasien Bermuka Cacat

Transplantasi tak hanya bisa dilakukan di organ dalam manusia. Para dokter juga menawarkan transplantasi wajah . Cara ini biasanya menjanjikan pasien yang mengalami cacat di wajahnya setelah mengalami serangan hewan, kebakaran, penembakan, dan insiden mengerikan lainnya. Tetapi, prosedur tersebuh masih dalam masa pertumbuhan dan tak sedikit yang mengkritiknya. Biayanya pun masih tergolong mahal yakni US$ 300 ribu atau sekitar Rp 3 miliar dan tak ditanggu perusahaan asuransi.Operasi transplantasi wajah ini menimbulkan dilema etika karena bukan seperti transplantasi hati. Sejak tahun 2005, sudah dilakukan 28 transplantasi wajah total atau parsial di seluruh dunia. Seperti yang dilakukan dokter untuk memulihkan hidung wanita Prancis dan bibirnya yang dimakan labrador kesayangannya.Dalam tinjauan ulang dari 28 kasus, sekelompok ahli bedah plastik dan rekonstruksi mengatakan, transplantasi wajah harusnya ditawarkan ke lebih banyak pasien selama mereka memenuhi kriteria tertentu. Apalagi operasi dibilang relatif aman . Risiko Transplantasi Hampir setiap jenis transplantasi, risiko terbesarnya adalah penolakan. Untuk mencegah sistem kekebalan tubuh menyerang bagian tubuh yang baru, pasi [...]

Studi: Setengah Nasihat Medis Dr. OZ Tak Masuk Akal

Studi: Setengah Nasihat Medis Dr. OZ Tak Masuk Akal

Siapa sangka bahwa nasihat kesehatan yang diberikan oleh Dr. Mehmet Cengiz Oz, yang memiliki program TV talkshow dan begitu populer di Amerika ternyata sebagiannya tidak masuk akal.Seperti diberitakan laman Washingtonpost, Senin (22/12/2014), sejak beberapa waktu lalu, sejumlah nasihat Oz memang menjadi kontroversi dan dikritik oleh paramedis lain. Bulan Juni lalu misalnya, Senator Claire McCaskill (D-Mo.) mengatakan bahwa dia memberi orang harapan palsu dan mengkritik segmen 'recipe for disaster'. Bulan lalu, Oz juga menyatakan bahwa pil kopi bisa membakar lemak dan membantu penurunan berat badan. Nyatanya, pil tersebut ditarik dari peredaran.Dan sekarang, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal menganalisis nasihat Oz selama 40 episode dari tahun lalu dan mengidentifikasi 479 rekomendasi medis secara terpisah. Peneliti menemukan bukti bahwa hanya 46 persen nasihatnya yang bisa diaplikasikan ke masyarakat. Sisanya, bertentangan sebanyak 15 persen dan tidak masuk akal hingga 39 persen.Para peneliti yang dipimpin oleh Christina Korownyk dari University of Alberta, menyatakan kalau upaya OZ dalam memberitahu masyarakat tidak sepenuhnya benar dan bertentangan [...]

Bayi Perempuan RW Sehat, SS Belum Juga Diperiksa Polisi

Bayi Perempuan RW Sehat, SS Belum Juga Diperiksa Polisi

Bayi cantik lahir dari rahim RW, korban kasus asusila penyair Sitok Srengenge, dalam keadaan sehat pada Jumat 31 Januari 2014, pukul 21:15 WIB. Setelah lebih dari dua pekan, bagaimana keadaan ibu dan sang bayi tersebut? "Bayinya alhamdulillah sehat. Ibunya juga sehat. RW senang sekali begitu mengetahui anaknya lahir dalam keadaan sehat, dan sampai hari ini semuanya sehat-sehat saja," kata Ifa Kasuma, salah satu dari tim kuasa RW, saat diwawancarai Health Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (8/2/2014) Bayi mungil yang belum diketahui namanya itu, tambah Ifa, memiliki pipi yang tembam, badan yang sedikit gemuk, dan raut wajah yang menggemaskan. Dan bayi itu, benar-benar dirawat RW dengan penuh kasih sayang dan perhatian. "Anaknya RW itu benar-benar cantik dan menggemaskan. RW terlihat senang mengasuh buah hatinya itu," kata Ifa menjelaskan. Selaku kuasa hukum RW, Ifa memang belum mengetahui siapa nama bayi cantik yang diperkirakan berzodiak Aquarius itu. Sepertinya, nama lengkap sang bayi baru diketahui saat prosesi akekahan yang akan dilaksanakan beberapa hari ke depan. "Kita sendiri belum tahu. Sepertinya baru akan mengetahui nama sang bayi saat akekahan. Saya sendiri penasaran," kata Ifa [...]

Saat Makan Sebaiknya Tidak Minum

Saat Makan Sebaiknya Tidak Minum

Minum air putih secara rutin sesuai kebutuhan memang dianjurkan agar asupan cairan tubuh kita terpenuhi. Meski penting, jangan pernah sekali pun minum di saat kita sedang makan. "Saat makan, sebaiknya tidak sambil minum karena akan memengaruhi enzim-enzim pencernaan yang dapat menyebabkan terganggunya proses pencernaan," kata dr. Muhammad Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Rabu (23/7/2014). Selain itu, bila kita terlalu sering minum saat makan, akan berdampak pada bertambahnya isi lambung yang hanya memiliki kapasitas satu liter. "Setelah makan, cukup minum seteguk sampai tiga teguk air saja," kata Suwardi. Dalam buku berjudul 'Solusi Sehat Islami', Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia menjelaskan bahwa ada baiknya untuk tidak meminum susu, karena tergolong makanan padat. "Susu mengandung protein. Sehingga ada baiknya diminum tersendiri, yakni empat sampai lima jam setelah makan," kata Suwardi menerangkan. [...]

Kasus Meningkat, Sulbar Butuh Bangun RS Khusus Narkoba

Kasus Meningkat, Sulbar Butuh Bangun RS Khusus Narkoba

Rumah sakit khusus penderita/korban narkotika dan obat terlarang (narkoba) butuh dibangun di Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka menyukseskan tahun penyelamatan narkoba. Kepala Badan Narkotika Provinsi (BNP) Sulbar, Yusran Rivai di Mamuju, Selasa, mengatakan, rumah sakit narkoba perlu dibangun di Sulbar karena itu sangat penting mengingat tingginya pengguna narkoba di Sulbar. Ia mengatakan, pemerintah di tingkat Provinsi diminta mendukung dibangunnya rumah sakit untuk merehabilitasi pengguna narkoba di Sulbar, agar jumlah pengguna narkoba di Sulbar dapat ditekan. "Pemerintah pusat telah meminta daerah agar membangun rumah sakit rehabilitasi narkoba, dan kami telah meminta seluruh Gubernur di Indonesia mendukung program itu," katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (1/5/2014). Menurut dia, sebaiknya pembangunan rumah sakit rehabilitasi narkoba ketika dibangun di Sulbar ditempatkan di wilayah kepulauan yang sulit dijangkau, itu akan mencegah peredaran narkoba. Ia berharap tahun penyelamatan narkoba dapat sukses di Sulbar, melalui partisipasi seluruh pihak. Ia mengatakan, Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat sebanyak 11.151 penduduk Sulbar merupakan pecandu, yang butuh me [...]

2 Alasan Kenapa Mesti Konsumsi Makanan Pedas

2 Alasan Kenapa Mesti Konsumsi Makanan Pedas

Cabai, lada, dan paprika mudah ditemukan di pasar. Tak hanya membuat masakan jadi lebih terasa nikmat dan pedas, ternyata ada manfaat kesehatan yang bisa dipetik dengan mengonsumsi masakan berbumbu dapur pedas. Dilansir dari Time, Jumat (1/8/2014) ini alasan Anda agar mengonsumsi masakan pedas. 1. Mengurangi risiko tumorBisa jadi Anda tak menyangka, bahwa taburan lada pada makanan Anda bisa menjauhkan dari risiko tumor. Dalam studi yang dipublikasikan The Journal of Clinical Investigation menemukan fakta bahwa senyawa kimia pedas pada lada, paprika dan cabai dapat mengaktifkan reseptor sel pada lapisan usus sehingga menciptakan reaksi yang mengurangi risiko tumor berkembang. Capsaicin, senyawa yang ditemukan pada cabai dan paprika, selain digunakan sebagai analgesik yang membuat saraf tak bisa merasakan nyeri ternyata bisa membantu mematikan reseptor aktif yang memacu pertumbuhan tumor. Tikus yang diberikan capsaicin dapat mengurangi tumor serta memperpanjang kesempatan hidup pada tikus terutama juga diberikan obat antiinflamasi. 2. Membantu menurunkan berat badanMakanan pedas dapat meningkatkan rasa kenyang. Jika ingin tubuh membakar kalori lebih banyak peneliti dari U [...]

Minat Masyarakat Ber-KB Masih Tinggi

Minat Masyarakat Ber-KB Masih Tinggi

Metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dinilai efektif untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia. Hanya saja, jumlah pengguna MKJP menurun, sedangkan minat masyarakat untuk ber-KB masih tinggi."Beberapa masalah memang cukup mendasar. Seperti MKJP yang menurun, tapi keinginan untuk ber-KB masih tinggi terlebih bagi masyarakat yang tidak terjangkau," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D.,Sp.GK dalam acara High Level Seminar on the ICPD Beyond 2014 Review di Grand Melia, Jakarta, Selasa (1/4/2014)Menurut Fasli, ada sembilan persen dari orang-orang yang mau ber-KB tapi tidak terjangkau. Andai saja sembilan persen ini dapat terjangkau oleh BKKBN, maka target MDGs 2015 dan RPJMN 2014 akan tercapai."Separuh dari sembilan persen itu terjangkau oleh pemerintah. Saya optimistis. Maka target seperti MDGs dan RPJMN ini akan tercapai dengan mudah," kata dia menambahkan.Lebih lanjut Fasli mengatakan, orang-orang seperti inilah yang harus diafirmasi. Karena, orang-orang itu rentan untuk memastikan hak dan memperoleh layanan kontrasepsi. [...]

Mengintip Gaya Hidup Sehat Timnas U-19

Mengintip Gaya Hidup Sehat Timnas U-19

Tim Nasional U-19 saat ini menjadi harapan persepakbolaan Indonesia. Gaya sepakbola yang atraktif, enerjik dan kerjasama yang tinggi merupakan ciri khas U-19. Di balik itu semua, tentu ada gaya hidup sehat yang mereka terapkan. Berikut gaya hidup sehat yang mencakup pola makan dan olahraga Timnas U-19. Gaya hidup sehat ini tentu saja dapat Anda contoh. Makanan Untuk urusan makanan, Timnas U-19 memiliki dokter ahli yang khusus mengurusi hal itu sehingga asupan nutrisi dan gizi dapat terjaga. Makanan yang dimakan Timnas U-19 haruslah tanpa minyak, tidak pedas dan sedikit lemak. Sebelum latihan, biasanya mereka sarapan susu, jus buah, roti, telur ayam kampung dan pisang. Untuk diketahui, Sarapan sebelum latihan dapat menghindari anemia. Adapun makanan yang biasanya terdapa di meja makan Timnas U-19 adalah bayam, tumis jagung dan kacang panjang. Makanan yang dimakan mereka diutamakan adalah hasil rebusan. Timnas U-19 juga dilarang keras jajan sembarangan. Olahraga Sebagaimana sebuah tim, setiap hari Timnas U-19 juga melakukan olahraga, baik ketika ada turnamen maupun tidak. Olahraga selalu dimulai pukul 6.30. Porsi latihan yang sudah dirancang pelatih biasanya beragam, sepe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *