Rakyat yang Merdeka, Berdaulat untuk Sehat

cek_kesehatan.jpg

Hari Kemerdekaan RI Ke-69 diperingati oleh berbagai elemen masyarakat dalam berbagai bentuk. Tidak ketinggalan dengan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) yang mengadakan Bakti Sosial di daerah Johar Baru, Jakarta Pusat pada tanggal 16 Agustus. Bakti sosial ini diwujudkan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan, penyuluhan dan pemeriksaan gizi pada anak, pembagian sabun antiseptik, serta pemberian bantuan pendidikan kepada anak-anak berprestasi dan tidak mampu.

Ketua Umum PB HMI, Muh. Arief Rosyid, menyatakan bahwa HMI akan terus berusaha untuk membumikan gagasan yang dimiliki oleh para kadernya.

?HMI merupakan adik dari bangsa ini. Pada tahun 1945, Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan. Dua tahun setelahnya, HMI pun didirikan. Kami percaya selama Indonesia masih ada maka HMI pun akan terus ada untuk memberikan kontribusi positif.? kata Arief.

Ketua Panitia Kegiatan Panggung HMI untuk Rakyat, Faisal Muchlis, mengatakan bahwa tidak hanya paket kesehatan dan pendidikan ini yang diberikan kepada warga. PB HMI juga memberikan bantuan tong sampah dan ikut serta melakukan kerja bakti bersama warga dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

?Selain kegiatan baksos ini, PB HMI juga menggelar panggung kebangsaan yang akan dilaksanakan di Sekretariat PB HMI pada tanggal 18 agustus. Selain dihadiri para kader, akan dihadiri juga oleh para pakar dan akademisi tenar seperti Dr. Andrinof A. Chaniago dan Dr. Anies Baswedan.? ujar Faisal.

Pada kegiatan baksos ini, Badan Koordinasi Nasional Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (Bakornas LKMI PB HMI) menurunkan 10 orang dokter dan belasan tenaga medis lainnya seperti perawat, apoteker, ahli gizi dan kesehatan masyarakat. Hal ini dijelaskan oleh Syarifuddin, koordinator lapangan kegiatan baksos tersebut.

?Kami tidak hanya menurunkan tenaga kesehatan yang berasal dari kader HMI. Perekrutan tenaga medis kami lakukan dengan terbuka, mengundang kawan-kawan mahasiswa ataupun tenaga kesehatan yang ingin ikut bergabung sebagai relawan.? terang Syarifuddin.

Direktur Bakornas LKMI PB HMI, Ardiansyah Bahar, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk peran serta pemuda dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dia menyatakan bahwa pemuda sebagai salah satu komponen bangsa harus berpartisipasi mengisi kemerdekaan bangsa dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

?Rakyat yang merdeka, berdaulat untuk sehat. Negara yang merdeka harus mendorong dan menjamin rakyatnya agar mau dan mampu untuk sehat. Hal ini berarti rakyat mesti mendapatkan pendidikan kesehatan yang baik, lingkungan yang bersih, dan akses pelayanan yang berkualitas.? Jelas Ardiansyah.

Dia menambahkan bahwa bukan hanya bangsa asing, namun berbagai penyakit pun bisa mengancam kehidupan rakyat Indonesia. Rakyat belum merdeka sepenuhnya jika masih saja hidup dalam bayang-bayang berbagai penyakit yang mestinya bisa dicegah. Oleh karena itu, pemerintah dan segenap komponen masyarakat hendaknya terus berjuang dalam mewujudkan bangsa yang sepenuhnya merdeka, dimana rakyatnya berdaulat untuk sehat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Baru 50 Persen Perusahaan Rokok yang Pasang Peringatan Bergambar

Baru 50 Persen Perusahaan Rokok yang Pasang Peringatan Bergambar

Sudah empat bulan peraturan pemasangan gambar seram di bungkus rokok berjalan, baru 50 persen lebih perusahaan rokok yang mematuhi aturan tersebut, dan sisanya masih ada saja yang membandel."Bagi yang sudah patuh saya ucapkan terimakasih. Bagi yang belum mematuhinya, saya anggap tidak becus dan membangkang," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH di Blitz Megaplex Auditorium 6, Mal Pacific Place Lantai 6, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (10/10/2014).Menkes menegaskan akan terus menegaskan perusahaan rokok yang belum mematuhi aturan mengenai pemasangan gambar seram tersebut akan akan terus diperingatkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). "Kalau tidak salah, waktu baru dimulai pada bulan pertama, baru 11 persen yang mematuhinya. Tapi, karena terus menerus oleh BPOM, meningkat menjadi 50 persen, bahkan lebih," kata Menkes menambahkan.Badan POM, puji Menkes, giat melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap produsen rokok. BPOM juga terus berupaya agar mereka mau mematuhi aturan yang telah diterapkan itu.Menkes juga memiliki harapan cukup besar pada pemerintah yang baru nanti agar mau menaikan harga rokok atau menaikan cukai rokok.Se [...]

LPPNU: FCTC Jangan Sampai Menyusahkan Petani Tembakau

LPPNU: FCTC Jangan Sampai Menyusahkan Petani Tembakau

Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) mengimbau agar setiap rancangan regulasi yang mengatur pembatasan produk tembakau seperti FCTC (the Framework Convention Alliance for Tobacco Control) harus berdasarkan kepentingan publik, bukan semata untuk kepentingan kelompok tertentu karena bisa mengancam nasib ratusan ribu petani di Indonesia."Kami menentang dengan pembatasan, karena tembakau adalah salah satu komoditas unggulan para petani," tulis Sekretaris Jendral Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU), Imam Pituduh dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (10/2/2014).Imam menjelaskan, FCTC bisa memaksa pembatasan atas produk-produk tembakau. Dan bila FCTC diratifikasi, regulasi ini akan menambahkan diversikasi produk tanaman tembakau ke produk pertanian lain. Padahal pemaksaaan ini jelas tidak mudah bagi petani yang sudah terbiasa dengan pola tanam atas tanaman tertentu seperti tembakau. Pemerintah juga dinilai Imam hanya sekadar menjaga gengsi di dunia internasional dengan meratifikasi FCTC. Lihat saja alasan Kementerian Kesehatan yang menyatakan jika tidak meratifikasi FCTC maka Indonesia akan tertinggal dibandingkan negara-negara lain. Padahal, [...]

Bahaya Mengintai dari Daging Merah

Bahaya Mengintai dari Daging Merah

Rendang, rawon, coto makasar, iga penyet dan aneka olahan berbahan daging sapi lain memang menggiurkan. Namun, Anda pasti sudah pernah mendengar bahwa mengonsumsi daging merah tak baik ketimbang makan daging berwarna putih seperti daging ayam. Sebenarnya, daging merah mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh seperti protein, kalsium, Vitamin B, Citamin D, zinc. Namun, konsumsi daging merah hingga kini masih menjadi kontroversi. Dan nyatanya, dalam beberapa penelitian menunjukkan konsumsi daging merah secara berlebih maupun terus menerus menimbulkan risiko kesehatan. Dilansir dari Live Strong Senin, (28/7/2014) ini penyakit yang mungkin ditimbulkan. 1. KankerMengonsumsi daging merah dalam jumlah kecil tidak akan menimbulkan risiko kanker. Namun menurut Susan Pories, Marsha Musa dan Margaret Lotz dalam buku Cancer mengungkapkan bahwa makan daging merah secara teratur, terutama dalam jumlah besar meningkatkan risiko kanker usus besar dan kanker rektum (rektum:bagian terakhir di usus besar yang mengarah ke anus). Selain itu konsumsi daging merah juga menyebabkan kanker lambung. 2. DiabetesTak ada hubungan langsung antara mengonsumsi daging merah dan diabetes. Namun, hu [...]

Kunyah Makanan 30 Kali, Melatih Kesabaran Kita

Kunyah Makanan 30 Kali, Melatih Kesabaran Kita

Mengunyah makanan dengan sempurna begitu dianjurkan saat kita makan. Selain dapat menikmati setiap kunyahan makanan yang ada di dalam mulut, kita pun lebih cepat dalam menangkap sinyal kenyang. Sehingga, kita akan menghentikan aktivitas makan. Dengan begitu, kita akan terhindar dari makan yang berlebihan, dan terhindar dari berat badan berlebih pula.Untuk memaparkan lebih detail tentang keharusan kita melakukan itu, dr. Muhammad Suwardi membahasnya secara lengkap di dalam buku berjudul `Solusi Sehat Islami`.Dalam bukunya ia menjelaskan, pencernaan makanan melalui dua proses, secara mekanik dan kimiawi (enzimatik). Pencernaan secara mekanik, kata dia, terjadi di mulut dengan mengunyah makanan."Gigi-geligi akan merobek dan mulmatkan makanan dengan bantuan air ludah yang mengandung enzim ptialin. Yaitu, enzim yang mencerna karbohidrat. Sehingga, proses pencernaan di dalam mulut menjadi kian sempurna," kata Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Jumat (4/7/2014)Agar proses pencernaan ini berjalan sempurna, makanan harus dikunyah dengan baik di dalam mulut. "Kesempurnaan mengunyah makanan yang ideal berkisar antara 25 sampai 30 kali kunyahan," kata dia menambahkan.Namun sayangnya, sej [...]

IDI Harap Menkes Bangun Regulasi Penempatan Dokter

IDI Harap Menkes Bangun Regulasi Penempatan Dokter

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Provinsi Riau Nurzelly Husnedi mengharapkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mampu membangun regulasi dalam pemerataan penempatan dokter hingga ke pelosok desa di Tanah Air. "Saya cukup mengenal Menkes Nila F Moeloek yang merupakan orang berpengalaman, pertama kami mengucapkan selamat atas terpilihnya beliau," kata Nurzelly Husnedi kepada Antara di Pekanbaru, seperti dikutip dari Antara, Jumat (31/10/2014). Nurzelly mengatakan bahwa pihaknya sangat mengharapkan Menkes mengembangkan kesehatan ke depan agar jauh lebih baik, salah satunya adalah pemerataan jumlah dokter di daerah-daerah. Nila F Moeloek resmi ditunjuk sebagai menteri kesehatan Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk periode 2014-2019. Wanita berusia 61 tahun tersebut disebut presiden Joko Widodo sebagai sosok kaya pengalaman. Dia adalah istri dr Farid Anfasa Moeloek, Menteri Kesehatan di era Presiden B.J. Habibie pada 1997 hingga 1999. Nila juga aktif mengajar di program doktor pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan dalam lima tahun terakhir, dia juga berkiprah besar untuk MDGs (Millenium Development Goals). MDGs mengemba [...]

Pemilik Anjing Itu Bukan Majikan, Tapi `Orangtua`

Pemilik Anjing Itu Bukan Majikan, Tapi `Orangtua`

Tidak sedikit yang memiliki hewan peliharaan menyebut dirinya majikan. Namun Organisasi Penyelamat Hewan, Animal Defender, tidak menyetujui hal ini. Menurut Ketua Animal Defender, Doni Herdaru pemilik hewan peliharaan bukanlah majikan."Saya tidak setuju kalau disebut sebagai majikan. Karena memang hubungannya bukan pembantu. Jadilah orangtua hewan peliharaan karena pemilik hewan peliharaan itu seperti membesarkan dan merawatnya," kata Doni, Kamis (20/4/2014).Doni mengatakan, kesalahan penyebutan ini masih sering terjadi. Sehingga tidak sedikit juga pemilik anjing melakukan hal-hal yang seenaknya. "Hewan peliharaan itu ibarat anak kita. Kalau sakit dirawat, kalau nakal harus dikasih tahu. Pemilik hewan peliharaan itu harus mengerti apa yang sedang dibutuhkan peliharaannya. Jangan seenaknya tiba-tiba menghukum yang sifatnya menyakiti seperti main tangan atau kekerasan fisik lainnya," kata Doni.Doni berharap pemilik hewan peliharaan bisa menjaga hubungan baik dengan peliharaannya. "Sudah memilih untuk punya hewan peliharaan berarti berani ambil risikonya. Jaga hubungan baik layaknya orangtua dan anak. Perawatan rutinnya itu perlu agar terhindar dari penyakit," harap Doni. Vaksin jug [...]

Solid Waste Management Tawarkan Pengelolaan Sampah Jadi Listrik

Solid Waste Management Tawarkan Pengelolaan Sampah Jadi Listrik

PT Solid Waste Management (SWT) Indonesia memberikan penawaran kepada Pemerintah Kota Makassar berupa pengelolaan sampah tanpa sisa dan mengolahnya menjadi energi listrik."Kami memberikan penawaran kepada Pemkot Makassar untuk mengolah sampahnya lalu kita konversi menjadi energi listrik," kata Direktur PT SWT Edi Bintang saat bertemu Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/2/2014).Ia mengatakan, sampah-sampah organik maupun yang bukan organik mampu diolahnya menjadi energi listrik dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Tetapi sebelum mengkonversi sampah-sampah itu, Pemkot Makassar melalui dinas terkait harus mengumpulkan sampah-sampah masyarakat untuk diolah menjadi listrik.Menurutnya, jika produksi sampah dalam sehari mencapai 1.000 ton, maka dapat menghasilkan energi listrik sebesar 480.000 kilo watt (KW) per hari. Selain itu, sisa abu pembakaran sampah dapat diolah menjadi paving blog dan batu bata."Proses pengolahan sampah dengan melakukan pembakaran hingga 1.000 derajat celcius. Jadi sampah yang kami olah tanpa sisa dan juga tanpa polusi udara," tambahnya.Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin yang menerima para invest [...]

Bahaya Konsumsi Susu Mentah

Bahaya Konsumsi Susu Mentah

Susu mentah atau raw milk begitu populer di kalangan selebritis dan masyarakat awam saat ini. Namun, semenjak lima orang anak di Inggris dilarikan ke rumah sakit karena keracunan bakteri E coli yang ada di susu mentah, Badan Pengawas Makanan pun mengeluarkan peringatan agar tidak lagi mengonsumsi susu mentah. Dengan anggapan bahwa segala sesuatu yang mentah lebih enak, baik, dan sehat, jumlah pengonsumsi susu mentah melonjak. Padahal, sebelum susu dijual untuk dikonsumsi, terlebih dahulu harus melewati proses pasteurisasi agar bakteri E coli tidak ikut masuk ke dalam susu."Para orang lanjut usia, bayi, anak-anak, wanita hamil, dan sejumlah orang dengan sistem kekebalan yang lemah, sangat rentan terhadap keracunan makanan. Kelompok ini, tidak diperbolehkan mengonsumsi susu mentah, karena belum dipanaskan," kata Chief Operating Officer (COO) the Food Satndards Agency, Andrew Rhodes seperti dikutip Daily Mail, Jumat (7/11/2014)E coli yang ditemukan di dalam kotoran sapi yang paling mungkin menyebabkan kontaminasi selama proses pemerahan. Dampak terburuk bila masuk ke dalam tubuh, akan menyebabkan diare akut, gagal ginjal, bahkan kematian. Maka itu, pilihlah susu rendah lemak yang sud [...]

RUU Kekerasan Seksual `Mental` di DPR

RUU Kekerasan Seksual `Mental` di DPR

Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Jakarta menyerukan Rancangan Undang-Undang (RUU) kekerasan seksual dibahas di tahun politik ini. "Lemahnya sistem hukum termasuk subtansi hukum membuat kami menginginkan pemerintah sekarang dan yang baru nantinya segera membahas RUU Kekerasan Seksual," kata Direktur LBH APIK Jakarta Ratna Batara Munti, ditulis Senin (27/1/2014).Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan sistem hukum yang adil dipandang dari pola hubungan kekuasaan dalam masyarakat, khususnya hubungan perempuan dan laki-laki. "Berbagai upaya perlu dilakukan untuk menghapuskan ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender dalam berbagai bentuknya, laki-laki dan perempuan itu memiliki hak sama," kata Ratna.Ratna mengatakan sepertinya usulan RUU Kekerasan Seksual agar bisa masuk prolegnas di DPR RI ini sudah lama diserukan. Namun hingga saat ini belum ada respon baik dari DPR maupun pemerintah. Semua `mental` (terpelanting). "Kami ingin DPR periode berikutnya mau memasukkan RUU Kekerasan Seksual dalam prolegnas," katanya.Ratna berharap pemerintah dapat mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara [...]

Terapi Berbasis Pain dan Pleasure yang Tidak Efektif

Terapi Berbasis Pain dan Pleasure yang Tidak Efektif

Di berbagai buku yang pernah saya baca dan seminar yang pernah saya ikuti selalu ada pernyataan bahwa secara psikologis manusia bergerak menjauhi pain (rasa sakit) dan mendekati pleasure (rasa senang). Pain dan pleasure adalah dua pengendali utama dalam hidup manusia. Dari hasil pembelajaran saya lebih lanjut, khususnya dalam konteks tekonologi pikiran, ternyata pemahaman ini ada pada dua tataran, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Dua pikiran ini memaknai pain dan pleasure secara sangat berbeda. Pikiran sadar memaknai pain sebagai segala sesuatu yang menimbulkan rasa tidak nyaman baik secara fisik maupun di hati (emosi). Misalnya, saat udara sedang panas, perut sedang lapar, tubuh lagi sakit, mengalami emosi-emosi negatif seperti marah, jengkel, terluka, benci, dll, maka ini semua dimaknai sebagai pain oleh pikiran sadar. Sebaliknya, semua yang menimbulkan atau menyebabkan rasa nyaman, senang, enak, bahagia, baik di aspek fisik maupun hati, oleh pikiran sadar dimaknai sebagai pleasure. Pemaknaan pain dan pleasure oleh pikiran bawah sadar sangat berbeda. Pain, menurut pikiran bawah sadar, adalah segala sesuatu yang ia tidak kenal. Sedangkan pleasure adalah segala sesuatu ya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *