Ramuan Penghancur Batu Ginjal

83.-Pencangkokan-Ginjal-bukan-Penjamin-Kesembuhan-Total-Pasien-Gagal-Ginjal.jpg

Bersyukurlah jika sampai saat ini Anda tidak bermasalah saat buang air kecil. Bersarangnya batu di ginjal sebagai salah satu sumber masalah sebaiknya memang dicegah. Beragam tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar kita, bisa dimanfaatkan.

Siapa pun pasti tak ingin merasakan perih saat buang air kecil sebagai salah satu pertanda ada batu yang bersarang di ginjal. Kalau keadaan itu sudah terjadi, konsultasi ke dokter ahli sudah pasti harus segera dilakukan. Keluhan dan gangguan saat buang air kecil sebenarnya bisa dicegah. Salah satunya dengan memanfaatkan beragam ramuan herba atau tanaman berkhasiat obat secara teratur.

Saat ini banyak tanaman obat yang terbukti mampu mengurangi atau setidaknya sebagai pelengkap pengobatan batu ginjal oleh dokter. Berdasarkan beberapa penelitian atau uji klinis yang pernah dilakukan, beberapa tumbuhan diyakini bermanfaat sebagai solusi alami gangguan batu ginjal. Di antaranya daun tempuyung (Sonchus arvensis L.), daun kumis kucing (Orthosiphom stamineus Benth), daun keji beling (Strobilanthus crispus Bl), akar alang-alang (Imperata cylindrica), dan daun pegagan (Centella asiatica).

Fungsi ginjal sangat kompleks dan vital meliputi filtrasi, ekskresi, sekresi, dan hormonal, yang semuanya berlangsung secara simultan melalui mekanisme pengaturan sendiri (homeostasis). Karena itu, jika ginjal terganggu, berarti masalah kesehatan yang serius tengah menghadang.

Sejak Mesir Kuno
Ahli Hipetensi dan Ginjal dari RS Cikini Dr. Tunggul D. Situmorang, Dipl./M.Med Si, Sp.PD-KGH, menjelaskan bahwa penyakit batu ginjal (urolitiasis) sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno.

Namun, hingga kini penyebab persisnya belum dapat diketahui secara pasti. Batu ginjal lazimnya terjadi karena pembentukan zat penyusun batu lebih banyak ketimbang yang dilarutkan. Itu terjadi karena adanya faktor yang menyebabkan kristalisasi dari zat-zat itu dan adanya kelainan yang menyebabkan kristal-kristal berkumpul menjadi satu.

Biasanya batu yang terdapat dalam saluran kemih berupa kalsium oksalat, kalsium fosfat, asam urat, atau campuran dari senyawa itu. Gejala penderita batu kandung kemih adalah adanya rangsang sakit pada waktu buang air seni, serta di dalam air seni terdapat batu halus, sehingga menimbulkan bercampurnya air seni dengan darah.

Hingga saat ini pengobatan konvensional untuk batu kandung kemih masih belum memuaskan. Jalan keluar dengan pembedahan maupun pemecahan batu menggunakan teknologi modern masih mahal. Karena itu, boleh saja memilih jalur alami dengan menggunakan beragam ramuan herbal.

Beberapa penelitian in vivo (di dalam tubuh hidup) maupun in vitro (di laboratorium) juga telah dilakukan terhadap beberapa tanaman obat yang memilki manfaat peluruh air seni dan penghacur batu kandung kemih. Penelitian in vitro membuktikan, infus daun tempuyung dapat melarutkan kolesterol, kalsium oksalat, dan asam urat ginjal (Widodo, 1987).

Penelitian lain, juga secara in vitro, dilakukan dengan merendam batu ginjal pada ekstrak tempuyung selama enam jam. Ternyata proses itu dapat melarutkan batu ginjal penderita yang diidentifikasi sebagai kalsium oksalat (H. Giri, 1988).

Sementara itu, penelitian Rusdeyti (1985) menunjukkan, infus daun tempuyung yang diberikan kepada kelinci jantan ternyata dapat meningkatkan pengeluaran air seni (efek diuretik). Infus ini juga dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan pada tikus (B. Wahjoedi, 1986).

Penelitian lain dilakukan terhadap 23 pasien penderita batu kandung kemih yang diberi ekstrak air daun kumis kucing. Hasilnya, 40 persen pasien mengalami penurunan ukuran batu kandung kemih sebesar 0,5 cm, dan 20 persen merasakan hilangnya sakit (Muangmun W., 1984).

Daun kumis kucing mengandung kalium, saponin, dan glikosida orthosiphon. Untuk diuretik, sebaiknya digunakan daun kumis kucing muda. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Harini NKDK (1989), yang meneliti efek diuretik daun kumis kucing muda dan tua.

Keji Beling
Peluruh batu ginjal lainnya, keji beling, merupakan tanaman semak, tingginya dapat mencapai 1-2 m. Secara empiris, herbal ini digunakan untuk diuretik, disentri, wasir karena mengandung kalium dan silikat. Secara in vitro, infus daun keji beling terbukti dapat melarutkan batu saluran kemih (Murwoto, Yusuf M., 1981).

Uji coba pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun keji beling dosis 16,5 mg/kg dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan (Wahjoedi B., 1992). Penelitian lain menunjukkan, daun keji beling juga berkhasiat atau berefek diuretik (Sarjono O.S., 1989).

Selanjutnya, akar alang-alang mengandung kalium. Nainggolan L. (1994) melakukan uji diuretik dengan memberikan infus akar alang-alang pada hewan uji tikus. Hasilnya, pengeluaran air seni meningkat sebanding dengan volume pengeluaran air seni akibat pemberian HCT (diuretik).

Secara in vitro pernah dilakukan perendaman batu kandung kemih manusia menggunakan larutan estrak air akar alang-alang. Larutnya batu kandung kemih itu ditunjukkan dengan mengukur kadar kalsium yang terlarut (Retno E., 1997). Hasilnya, akar alang-alang dinyatakan dapat melarutkan batu kandung kemih. Pegagan diyakini bermanfaat sebagai peluruh air seni, antibiotik (membunuh kuman), dan antipiretik (menghilangkan demam).

Karena sifatnya hanya pelengkap pengobatan modern, sikap peduli kesehatan tetap diperlukan. Di antaranya membiasakan diri minum air sebanyak-banyaknya serta menghindari kebiasaan sering menahan buang air kecil (lebih dari satu jam) dan makan jeroan. Jangan lupa, cukup olahraga.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Campur Kuning Telur dengan Jamu?

Bahaya Campur Kuning Telur dengan Jamu?

Tidak sedikit dari kita yang kerap mencampurkan telur saat akan meminum jamu. Lantas, salahkah bila jamu dicampur dengan telur?Profesor Riset ke-11 Bidang Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. dr. Lestari Handayani, M. Med, mengatakan, karena telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, maka tidak masalah mencampurkan telur ke dalam jamu. "Itu kan untuk kebutuhan protein, dan tubuh kita memang membutuhkan protein. Jadi, tidak masalah," kata Lestari ditulis Sabtu (29/11/2014)Lagipula, mencampurkan telur ke dalam segelas jamu akan membantu mereka yang ingin tahan lama di atas ranjang. "Karena ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat, protein sangat dibutuhkan. Namun, jangan lupa juga mengonsumsi makanan seimbang," kata dia menambahkan.Namun sayangnya, kebiasaan buruk masyarakat kita adalah selalu memilih kuning telur untuk dicampurkan ke dalam jamu. Memang tidak apa-apa, tapi kalau terlalu sering akan berbahaya bagi tubuh kita."Kuning telur itu kan kolesterolnya sangat tinggi. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi kuning telur yang mentah juga harus waspada terhadap bakteri yang ada di dalam telur," kata dia mengingatkan. [...]

Atasi Kerutan dan Selulit dengan Minyak Zaitun

Atasi Kerutan dan Selulit dengan Minyak Zaitun

Semakin bertambah usia, kerutan pada wajah semakin terlihat dan membuat banyak wanita tidak percaya diri. Tak heran bila banyak yang menghabiskan dana lebih untuk memperlambat proses penuaan dini.Menurut anak dari cucu Raja Surakarta Hadiningrat ke-10 Sri Susuhunan Paku Buwono X l sekaligus Presiden Direktur PT. Mustika Ratu, Tbk, Putri Kuswisnu Wardani, merawat kecantikan tidak butuh biaya mahal. "Saat ini semua orang sepertinya ingin kembali ke perawatan alami dengan menggunakan tanaman herbal agar tubuh fit dan cantik. Tidak perlu mahal supaya cantik. Smakin bertambah usia, kerutan kan semakin terlihat nah biasanya orang Keraton itu menggunakan minyak zaitun," kata Putri, ditulis Jumat (21/2/2014).Putri yang sudah terbiasa dengan perawatan tubuh tradisional asli Keraton Solo ini mengatakan penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat menghilangkan kerutan dan selulit."Biasanya kalau kerutan itu bisa membuat selulit semakin terlihat. Nah pakai minyak zaitun setelah mandi. Biasanya pemakaiannya itu pagi dan malam hari secara rutin," kata Putri.Minyak zaitun memiliki kandungan utama yaitu vitamin E dan oleic acid, yang keduanya memiliki banyak khasiat untuk kulit. Oleic acid dapat m [...]

Obati Jerawat dengan Obat Herbal Ini

Obati Jerawat dengan Obat Herbal Ini

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit. Selain membuat kita kurang percaya diri, jerawat juga membuat kita tidak nyaman. Untuk mengobati jerawat itu banyak yang melakukan perawatan wajah yang cukup mahal. Padahal, kita memiliki obat herbal yang bisa menjadi obat jerawat ampuh, aloe vera. Cara mengolah aloe vera sendiri cukup mudah seperti dikutip the Self Sufficient Living, Kamis (9/10/2014). Pertama, Anda hanya perlu untuk untuk memotong daun dari bawah dan tunggu cairan kuning yang keluar hingga selesai. Setelah itu, cuci daun dan potong seluruh kulit daun sehingga hanya menyisakan gel lidah buayanya saja. Hancurkan gel tersebut dan campur dengan beberapa tetes lemon. Gel tersebut kemudian siap untuk dioleskan ke seluruh bagian wajah anda. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Masker wajah alami yang masih ada dapat Anda simpan di kulkas untuk perawatan selanjutnya. Bagaimana, mudah bukan menjadikan obat herbal aloe vera sebagai obat jerawat? Sepertinya Anda tidak sabar untuk mencobanya, ya. [...]

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya akan nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, buah kesemek bisa didapat hanya saat musim gugur dan musim dingin saja. Berikut ini manfaat yang akan didapat bila rutin mengonsumsi buah kesemek, seperti dikutip Health Me Up, Senin (10/11/2014)1. Lindungi mataKesemek kaya vitamin A, yang membantu melindungi mata. Selain mencegah kerusakan retina, katarak, dan berkaitan dengan usia degenerasi makula, juga dapat membantu memperkuat bagian mata lain.2. Cegah kankerBuah kesemek yang dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 3. Awet mudaKesemek pun memiliki banyak nutrisi yang mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan memperlambat proses penuaan.4. Tingkatkan kekebalan tubuhMakan buah kesemek membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi. Sebab, buah ini sarat dengan sifat anti-inflamasi.5. Menurunkan berat badanKesemek yang merupakan buah rendah kalori dan lemak, juga memiliki banyak serat, sehingga mampu memuaskan rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama. Individu yang mengonsumsi buah kes [...]

Bagaimana Obat China Dipalsukan?

Bagaimana Obat China Dipalsukan?

Kalau Anda bertanya kenapa banyak obat China dipalsukan, jawabannya sangat logis. Sesuatu yang potensial mendatangkan keuntungan, itulah alasan satu-satunya yang dijadikan patokan para pemalsu. Untuk apa memalsukan sesuatu, dengan risiko masuk penjara, jika hanya akan mendatangkan kerugian? Ada macam-macam cara yang dipakai para pemalsu obat tradisional China menurut Ahli Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine/ TCM) DR.dr. William Adi Tedja, antara lain. ? Kemasan asli menggunakan bahasa Inggris, oleh pemalsu digunakan aksara China. Diduga mereka ?menunggangi? persepsi awam bahwa obat China pasti menggunakan huruf China. ? Posisi hologram dibuat berbeda dengan aslinya. ? Warna kemasan tidak sama persis dengan kemasan aslinya. Bisa lebih pudar, atau sebaliknya tempak kelewat kuat warnanya. ? Bila kemasan asli tidak banyak mencantumkan kandungan obat, pada kemasan palsu dicantumkan berderet-deret kandungan obat walaupun isinya tidak sesuai. ? Pemalsu mengganti lambang pada kemasan. Contohnya, jika lambang kemasan asli berbentuk bulat, kemasan palsu segitiga. ? Pemalsu kadang memasang harga jauh di bawah harga obat asli. Contohnya, jika obat asli ber [...]

Dahsyatnya Kombinasi Madu dan Cuka untuk Obat

Dahsyatnya Kombinasi Madu dan Cuka untuk Obat

Ada peribahasa yang menyebutkan bahwa madu lebih menarik perhatian lalat daripada cuka. Itu cocok untuk metafora tentang bagaimana sikap orang. Meski demikian, peribahasa itu tidak cocok jika dihubungkan dengan healing properties yang sama-sama dimiliki madu dan cuka. Madu dan cuka adalah perangkat dapur yang sangat berguna untuk mengobati banyak penyakit. Dan keduanya juga bisa dipakai untuk mengobati luka. Jadi, jika suatu hari Anda mengalami luka, sebelum mendatangi lemari obat, cobalah cek lemari dapur. Mereka yang biasa menggunakan home remedies suka memakai madu untuk menyem�buhkan luka. Ada beberapa alasan untuk itu. Pertama, madu yang dioleskan di atas luka bertindak sebagai barrier untuk melindungi luka dari dunia luar, mencegah infeksi. Mungkin agak tidak masuk akal, sebab madu melekat di semua benda yang disentuhnya. Kalau diperhatikan, debu dan sebagainya akan melekat di permukaan madu dan tidak mungkin menembus masuk ke luka. Selain itu, madu juga menghilangkan rasa sakit karena sifatnya sebagai antiradang alamiah. Di lain pihak, madu juga membuat luka tetap lembab saat proses penyembuhan, namun tidak menghambat proses tersebut. Simpan juga cukaCuk [...]

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Bunga safron rasanya kurang begitu dikenal dan masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun di Amerika, bunga yang terkenal mahal ini sudah dimanfaatkan sebagai rempah-rempah penggugah selera dalam berbagai masakan.Dan ternyata, manfaat bunga safron tidak hanya mampu membuat makanan lezat. Menurut penelitian Iran?s Roozbeh Psychiatric Hospital di Tehran University of Medical Sciences, safron baik untuk para wanita yang kerap mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). Pada masa seperti ini para wanita kerap mengalami BT atau yang disebut BT (bad temper), galau atau mood jelek."Bunga yang hanya memiliki putik sedikit ini dapat mengurangi gejala depresi dan sindrom pramenstruasi (PMS) yang umumnya dialami wanita di kala haid," kata Shahin Akhondzadeh, Ph.D dikutip Eatingwell, Sabtu (15/3/2014).Para ilmuwan ini meneliti dengan melibatkan 50 wanita yang kerap mengalami gangguan PMS. Mereka diberi dua kapsul yakni safron dan plasebo masing-masing ukuran 15 mg. Pada siklus menstruasi pertama, mereka diberi kapsul saffron dan siklus yang kedua diberikan plasebo. Lebih dari tiga perempat wanita melaporkan penurunan gejala PMS dengan intensitas lebih besar ketika mengonsumsi kapsul saffr [...]

Coba Resep Jus Bayam untuk Detoks di Akhir Pekan

Coba Resep Jus Bayam untuk Detoks di Akhir Pekan

Berencana untuk detoksifikasi akhir pekan ini? Tidak perlu kelaparan atau makan obat pencahar. Coba deh minum jus sayur yang bisa detoksifikasi. Cukup 5 menit, Anda bisa mendapatkan manfaat gizi 160 kalori, 3 gram protein, 5 gram serat, 0,5 gram lemak dan 86 miligram sodium. Ingin tahu resepnya, berikut Ahli Gizi, Mumbai, Priya Kathpal menjelaskannya untuk Anda, seperti ditulis Healthmeup, Minggu (30/3/2014). Bahan: ? 1 � (cincang) daun bayam (tanpa batang)? 1 cangkir jus jeruk segar dingin? 1 � cangkir mangga (potong dadu)? � cangkir (cincang) mint segar? 2 batang seledri (cincang halus)? � cangkir (cincang) datar daun peterseli Caranya: 1. Campurkan semua bahan dalam blender.2. Tuang ke dalam dua gelas dingin dan minum itu. [...]

5 Rempah Pencegah Kanker

5 Rempah Pencegah Kanker

Tidak sedikit yang masih percaya dengan obat herbal atau rempah-rempah guna meningkatkan kesehatan. Lima rempah yang dikutip dari Dummies, Jumat (14/2/2014) ini dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.1. JaheJahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati segala sesuatu dari pilek hingga sembelit. Jahe dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk bubuk (bumbu jahe) atau manisan.Dengan mengonsumsi jahe dapat membantu memberikan kenyamanan pada perut dan menghilangkan rasa mual. Jahe juga dapat menjadi pelengkap untuk pengobatan kanker.2. RosemaryTanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Masakan mediterania banyak yang menggunakan herbal ini untuk menambah rasa pada sup atau masakan olahan daging. Banyak yang percaya rosemary dapat mencegah kanker, para peneliti sedang melakukan pengujian terkait hal itu.Rosemary dapat membantu proses detoksifikasi, melancarkan saluran pencernaan, menghilangkan kembung, dan meningkatkan nafsu makan.3. KunyitKandungan curcumin yang ada pada kunyit memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi atau peradangan serta bersifat anti oksidan yang dapat melindungi diri dari perkembangan kanker.Selain [...]

Sel Kanker Mati dalam 16 Jam dengan Ramuan Herbal Ini?

Sel Kanker Mati dalam 16 Jam dengan Ramuan Herbal Ini?

Gaya hidup yang tidak sehat memicu penyakit yang mengerikan salah satunya kanker. Selama 150 tahun lalu kanker hampir tidak pernah ditemukan tetapi masuknya makanan olahan dengan daging berkualitas membuat masyarakat terserang sel kanker.Untuk mengobati sel kanker tersebut para dokter dan perusahaan farmasi menganjurkan gaya hidup sehat demi menekan risiko sel kanker berkembang.Dikutip dari Trueactivist, Minggu (26/1/2014) studi baru yang dipublikasikan Life Sciences menunjukan artemisinin ditambah dengan iron dapat membunuh 98 persen sel kanker payudara dalam 16 jam.Ramuan herbal artemisinin diklaim dapat menurunkan 28 persen sel kanker payudara namun ketika dikombinasikan dengan iron atau besi akan lebih berkhasiat. Tapi sayangnya cara ini tidak membantu menangkal tubuh yang sakit, hanya menghambat sifat regeneratif sel kanker. Sistem asam dengan sistem limfatik stagnan (gaya hidup sehat) merupakan cara terbaik menekan perkembangan sel kanker dengan mengonsumsi nabati dan asupan nutrisi yang baik.Para penulis studi optimistis ramuan herbal Cina ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan artemisinin secara aktif dapat menyerang sel-sel buruk penyebab kanker payudara. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *