Ramuan Penghancur Batu Ginjal

83.-Pencangkokan-Ginjal-bukan-Penjamin-Kesembuhan-Total-Pasien-Gagal-Ginjal.jpg

Bersyukurlah jika sampai saat ini Anda tidak bermasalah saat buang air kecil. Bersarangnya batu di ginjal sebagai salah satu sumber masalah sebaiknya memang dicegah. Beragam tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar kita, bisa dimanfaatkan.

Siapa pun pasti tak ingin merasakan perih saat buang air kecil sebagai salah satu pertanda ada batu yang bersarang di ginjal. Kalau keadaan itu sudah terjadi, konsultasi ke dokter ahli sudah pasti harus segera dilakukan. Keluhan dan gangguan saat buang air kecil sebenarnya bisa dicegah. Salah satunya dengan memanfaatkan beragam ramuan herba atau tanaman berkhasiat obat secara teratur.

Saat ini banyak tanaman obat yang terbukti mampu mengurangi atau setidaknya sebagai pelengkap pengobatan batu ginjal oleh dokter. Berdasarkan beberapa penelitian atau uji klinis yang pernah dilakukan, beberapa tumbuhan diyakini bermanfaat sebagai solusi alami gangguan batu ginjal. Di antaranya daun tempuyung (Sonchus arvensis L.), daun kumis kucing (Orthosiphom stamineus Benth), daun keji beling (Strobilanthus crispus Bl), akar alang-alang (Imperata cylindrica), dan daun pegagan (Centella asiatica).

Fungsi ginjal sangat kompleks dan vital meliputi filtrasi, ekskresi, sekresi, dan hormonal, yang semuanya berlangsung secara simultan melalui mekanisme pengaturan sendiri (homeostasis). Karena itu, jika ginjal terganggu, berarti masalah kesehatan yang serius tengah menghadang.

Sejak Mesir Kuno
Ahli Hipetensi dan Ginjal dari RS Cikini Dr. Tunggul D. Situmorang, Dipl./M.Med Si, Sp.PD-KGH, menjelaskan bahwa penyakit batu ginjal (urolitiasis) sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno.

Namun, hingga kini penyebab persisnya belum dapat diketahui secara pasti. Batu ginjal lazimnya terjadi karena pembentukan zat penyusun batu lebih banyak ketimbang yang dilarutkan. Itu terjadi karena adanya faktor yang menyebabkan kristalisasi dari zat-zat itu dan adanya kelainan yang menyebabkan kristal-kristal berkumpul menjadi satu.

Biasanya batu yang terdapat dalam saluran kemih berupa kalsium oksalat, kalsium fosfat, asam urat, atau campuran dari senyawa itu. Gejala penderita batu kandung kemih adalah adanya rangsang sakit pada waktu buang air seni, serta di dalam air seni terdapat batu halus, sehingga menimbulkan bercampurnya air seni dengan darah.

Hingga saat ini pengobatan konvensional untuk batu kandung kemih masih belum memuaskan. Jalan keluar dengan pembedahan maupun pemecahan batu menggunakan teknologi modern masih mahal. Karena itu, boleh saja memilih jalur alami dengan menggunakan beragam ramuan herbal.

Beberapa penelitian in vivo (di dalam tubuh hidup) maupun in vitro (di laboratorium) juga telah dilakukan terhadap beberapa tanaman obat yang memilki manfaat peluruh air seni dan penghacur batu kandung kemih. Penelitian in vitro membuktikan, infus daun tempuyung dapat melarutkan kolesterol, kalsium oksalat, dan asam urat ginjal (Widodo, 1987).

Penelitian lain, juga secara in vitro, dilakukan dengan merendam batu ginjal pada ekstrak tempuyung selama enam jam. Ternyata proses itu dapat melarutkan batu ginjal penderita yang diidentifikasi sebagai kalsium oksalat (H. Giri, 1988).

Sementara itu, penelitian Rusdeyti (1985) menunjukkan, infus daun tempuyung yang diberikan kepada kelinci jantan ternyata dapat meningkatkan pengeluaran air seni (efek diuretik). Infus ini juga dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan pada tikus (B. Wahjoedi, 1986).

Penelitian lain dilakukan terhadap 23 pasien penderita batu kandung kemih yang diberi ekstrak air daun kumis kucing. Hasilnya, 40 persen pasien mengalami penurunan ukuran batu kandung kemih sebesar 0,5 cm, dan 20 persen merasakan hilangnya sakit (Muangmun W., 1984).

Daun kumis kucing mengandung kalium, saponin, dan glikosida orthosiphon. Untuk diuretik, sebaiknya digunakan daun kumis kucing muda. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Harini NKDK (1989), yang meneliti efek diuretik daun kumis kucing muda dan tua.

Keji Beling
Peluruh batu ginjal lainnya, keji beling, merupakan tanaman semak, tingginya dapat mencapai 1-2 m. Secara empiris, herbal ini digunakan untuk diuretik, disentri, wasir karena mengandung kalium dan silikat. Secara in vitro, infus daun keji beling terbukti dapat melarutkan batu saluran kemih (Murwoto, Yusuf M., 1981).

Uji coba pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun keji beling dosis 16,5 mg/kg dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan (Wahjoedi B., 1992). Penelitian lain menunjukkan, daun keji beling juga berkhasiat atau berefek diuretik (Sarjono O.S., 1989).

Selanjutnya, akar alang-alang mengandung kalium. Nainggolan L. (1994) melakukan uji diuretik dengan memberikan infus akar alang-alang pada hewan uji tikus. Hasilnya, pengeluaran air seni meningkat sebanding dengan volume pengeluaran air seni akibat pemberian HCT (diuretik).

Secara in vitro pernah dilakukan perendaman batu kandung kemih manusia menggunakan larutan estrak air akar alang-alang. Larutnya batu kandung kemih itu ditunjukkan dengan mengukur kadar kalsium yang terlarut (Retno E., 1997). Hasilnya, akar alang-alang dinyatakan dapat melarutkan batu kandung kemih. Pegagan diyakini bermanfaat sebagai peluruh air seni, antibiotik (membunuh kuman), dan antipiretik (menghilangkan demam).

Karena sifatnya hanya pelengkap pengobatan modern, sikap peduli kesehatan tetap diperlukan. Di antaranya membiasakan diri minum air sebanyak-banyaknya serta menghindari kebiasaan sering menahan buang air kecil (lebih dari satu jam) dan makan jeroan. Jangan lupa, cukup olahraga.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

Jerawat pada wajah memang mengganggu penampilan. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk mencegahnya. Bahan alami berikut ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat dikutip dari Allwomenstalk, Jumat (11/4/2014)1. OreganoBahan alami yang satu ini menjadi rahasia kelezatan pasta dan pizza yang sering digunakan di negara Amerika dan Eropa. Di Indonesia, sudah banyak supermarket yang menjual oregano sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya.Oregano bermanfaat mengurangi jerawat yang ada pada kulit wajah atau beberapa tempat lainnya seperti punggung atau bagian leher. Gunakan oregano sebagai obat luar dengan menaburkannya pada makanan atau dicampurkan ke dalam makanan. Selain untuk mengurangi jerawat, oregano juga dapat melancarkan pencernaan.2. Daun PepayaRasa pahit dari daun pepaya dipercaya dapat membantu mencuci darah yang kotor. Dengan demikian dapat membantu mengurangi jerawat yang ada, konsumsi daun pepaya yang direbus beberapa kali dalam seminggu. Dengan mengonsumsi daun pepaya secara rutin membuat kulit menjadi bersih, sehat, dan halus.3. Daun MintDaun mint memiliki kandungan klorofil yang dapat mengatasi inflamasi atau peradangan pada kulit. [...]

Arang Kayu Bikin Kulit Muka Mulus dan Bebas Jerawat

Arang Kayu Bikin Kulit Muka Mulus dan Bebas Jerawat

Arang (Charcoal) menjadi bahan alami terbaru di dunia kecantikan. Arang dipuji karena bisa menyelamatkan kulit. Tapi, ini bukan seperti bayangan Anda yang langsung menerapkannya ke wajah Anda. Melainkan penggunaan arang di beberapa produk kecantikan.Arang sempurna untuk pori-pori tersumbat, jerawat, dan kulit yang tak rata. Dengan menggunakan arang bisa menarik keluar kotoran dan minyak dari pori-pori. Tapi bagaimana cara kerja arang?Seperti dilansir Tv3.ie, Kamis (20/3/2014), arang pada dasarnya merupakan pendetoksifikasi yang kuat yang sudah digunakan sejak zaman kuno. Arang aktif yang terbuat dari kayu hangus atau bahan nabati ini sangat efektif membersihkan kulit, sebagai disinfektan, dan penyerap minyak.Arang aktif bisa menyerap 100 sampai 200 kali kotoran yang menyumbat pori-pori, menghilangkan sel-sel mati dari lapisan atas kulit Anda dan membuatnya menjadi halus serta bercahaya.Meskipun terlihat aneh mencuci muka dengan pembersih berwarna hitam, Biore Deep Pore Cleanser Charcoal bisa mencerahkan kulit Anda ketika menambahkan air. Para peneliti di Biore menemukan, pembersih ini bisa menghilangkan kotoran dalam 30 detik bukannya sampai 2 menit seperti yang dilakukan pembersih [...]

Saus Tomat Bantu Lawan Penyakit Jantung

Saus Tomat Bantu Lawan Penyakit Jantung

Beragam saus dan semacamnya selama ini dianggap buruk buat kesehatan, termasuk saus tomat. Namun, sebenarnya saus tomat baik buat kesehatan.Ahli kesehatan di University of Cambridge dan Cambridge University Hospitals NHS Trust menemukan, mengonsumsi saus tomat bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan pembuluh darah.Para peneliti ini melibatkan 36 pasien yang mengalami penyakit jantung dan 36 pasien yang sehat. Pasien-pasien itu minum pil yang disebut Ateronon, yang mengandung 7 milligram lycopene (bahan yang terkandung di tomat) atau plasebo setiap harinya selama dua bulan. Hasilnya, pada responden yang sakit maka pembuluh darah mereka melebar hingga 53 persen. Ini disebabkan meningkatnya fungsi endothelium, lapisan dinding sel di dalam pembuluh darah.Penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke karena penyempitan pembuluh darah bisa mengurangi aliran darah. Tapi, pemberian suplemen itu tidak berpengaruh pada tekanan darah, kekakuan arteri atau tingkat lipid.Sementara itu pemberian pil tomat tak berpengaruh pada sukarelawan yang sehat yang pembuluh darahnya sudah normal."Pil tomat bukan menjadi pengganti untuk per [...]

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Satu lagi bahan herbal alami yang bisa membantu Anda suskes diet. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa bubuk jinten dapat membantu penurunan berat badan, mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat secara alami.Para peneliti di Shahid Sadoughi University of Medical Sciences, Iran membagi 88 wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas menjadi 2 kelompok. Selama 3 bulan, kedua kelompok tersebut menerima konseling gizi dan penurunan asupan sehari-hari mereka hingga 500 kalori. Tapi satu kelompok diresepkan untuk mengonsumsi kurang dari 1 sendok teh bubuk jintan per hari.Pada akhir percobaan 3 bulan, kelompok yang diberikan resep bubuk jintan kehilangan bobot tubuh hingga 3 kilogram lebih dibandingkan kelompok non-jinten. Yang lebih mengesankan, persentase lemak tubuh kelompok jintan menurun 14,64 persen atau hampir tiga kali lipat dari non jintan.Tak hanya itu, sejumlah lemak darah berbahaya, atau trigliserida juga turun 23 poin, padahal kelompok non jintan hanya turun sekitar 5 poin. Lantas bagaimana kelompok jintan mendapatkan perubahan dramatis seperti itu? peneliti mengungkapkan, jintan kaya pitosterol, bahan kimia tanaman yang dikenal [...]

5 Bumbu Dapur Pendongkrak Stamina

5 Bumbu Dapur Pendongkrak Stamina

Tak sekadar menyenangkan lidah, bumbu-bumbu yang ada di dapur punya manfaat lebih dari hal tersebut. Berbagai kandungan penting di dalamnya mampu membuat bagian tubuh bekerja lebih baik hingga menangkal aneka penyakit datang sehingga membuat Anda lebih sehat dan panjang umur. Berikut daftar lima bumbu dapur yang bisa membuat tubuh senatiasa sehat dan panjang umur seperti dikutip dari buku Rahasia Terkini Awet Sehat karya dokter Phaidon Toruan M.M. dan dokter Widya Murni, MARS pada Sabtu (25/10/2014). 1. Cabai Bumbu pedas ini kaya kapsaicin yang memiliki sifat vasodilator atau melebarkan pembuluh darah. Lalu, cabai rawit mengandung antioksidan, Vitamin C dan A. Rasa pedas yang ditangkap lidah merangsang otak mengeluarkan endorfin yang mengurangi rasa sakit dan timbul perasaan lebih sehat. 2. Bawang putih Usai makan bawang putih mulut memang bau tajam namun kandungan senyawa aliin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan tekanan darah. 3. Bawang merah Pelezat makanan yang satu ini jangan ragukan lagi kandungan hebat di dalamnya. Ada kalsium, zat besi, fosfor, Vitamin A dan C, Bahkan, bawang merah mengandung 'antibio [...]

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik."Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia," kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. "Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia," kata dia menambahkan.Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya."Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabete [...]

Jokowi pun Minum Kunyit, Tengok 5 Manfaatnya

Jokowi pun Minum Kunyit, Tengok 5 Manfaatnya

Sebelum pelantikan dirinya menjadi presiden pada Senin (20/10/2014), Joko Widodo menyempatkan minum jamu racikan sendiri. Jika biasanya mengandung temulawak dan jahe, untuk pagi tadi ditambah kunir. Jokowi memang dikenal menyukai minum jamu sebagai kunci rahasia tubuh bugarnya. Namun untuk kali ini ia tak menyebutkan alasan menambahkan kunir sebagai sebagai salah satu bahan racikan jamunya. Kunir yang dalam bahasa Indonesia disebut kunyit ini memang sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan jamu yang memiliki banyak manfaat. Paling tidak, ini lima manfaat yang bisa dipetik dengan mengonsumsi kunyit seperti dilansir Huffington Post pada Senin (20/10/2014). 1. Atasi sakit perutDalam sebuah penelitian kecil di tahun 1989, suplemen yang terbuat dari kunyit efektif atasi mulas dan gangguan pencernaan dibandingkan plasebo. Hal ini disebabkan karena kekuatan tanaman ini lawan peradangan. 2. Cegah serangan jantungKurkumin, senyawa dibalik warna oranye kunyit yang punya peranan manfaat baik kunyit. Antioksidan dan antiinflamais kurkumin berkontribusi 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung. 3. Tunda diabetesDalam studi 2012, kapsul kurkumin dapat menunda hadirnya diab [...]

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang umumnya ditambahkan ke masakan di Indonesia. meski bentuknya kecil cengkeh menyimpan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, fosfor, dan besi. Cengkeh bisa memberikan lebih banyak manfaat ke tubuh Anda tak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat.Berikut 8 alasan agar Anda menambahkan cengkeh di dalam diet harian Anda seperti dikutip Health.India, Rabu (12/2/2014):1. Menurunkan gula darah dan obat diabetesMenurut sebuah penelitian yang dipimpin Dr Alam Khan pada 2006, cengkeh bisa menurunkan gula darah dan mengontrol diabetes. Cengkeh bisa menginduksi aktivitas insulin, seperti dalam tubuh yang membantu resistensi insulin sehingga meningkatkan kadar gula darah seseorang.Penelitian ini juga menunjukkan, makan cengkeh secara teratur membantu menjaga diabetes normal.Tips: Jika Anda menderita diabetes dan ingin menjaga kadar gula darah Anda di bawah kontrol, cobalah makan cengkeh setiap hari. Atau Anda bisa mencoba mengonsumsi sekitar 10 gram bubuk cengkeh dengan air hangat, pada waktu perut kosong setiap harinya. 2. Membantu memperbaiki pencernaanCengkeh bisa meningkatkan kemampuan Anda mencerna makanan. Ini juga menjadi sala [...]

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Demi membantu para pecandu minuman keras menghentikan kebiasaannya, National Health Service (NHS) menawarkan sejenis obat sekali minum yang bermanfaat untuk mengekang rasa candu tersebut. Saat ini, obat dengan jenis Namefene sedang diuji di National Institute of Health and Care Excellence (Nice).Dengan adanya Namefene, produsen obat Lundbeck memprediksi, akan membawa keuntungan bagi 600.00 jiwa di seluruh Inggris dan Wales, yang merasa sulit untuk lepas dari kebiasaan buruk tersebut. Para ahli mengatakan, obat yang bermanfaat untuk membantu para pecandu mengurangi rasa candunya terhadap alkohol dengan mengendalikan mekanisme di dalam otak, bisa didapatkan bila mereka meminta resep pada dokter. Direktur Teknologi Kesehatan Evaluasi Centre Nice, Profesor Carole Longson, mengatakan bahwa kecanduan alkohol adalah masalah yang serius bagi hampir seluruh masyarakat di London dan Wales. "Mereka yang bisa diresepkan Nalmefene merupakan langkah awal bagi pecandu untuk berjuang melawan kecanduannya terhadap minuman keras, dengan mengunjungi dokter terlebih dulu, dan mengambil obat ini dalam program terapi yang sedang dijalaninya," kata Carole seperti dikutip Daily Mail, Kamis (10/7/2014) [...]

Banyak Orang Indonesia Rasakan Manfaat Jamu

Banyak Orang Indonesia Rasakan Manfaat Jamu

Dari hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hampir enam puluh persen rakyat Indonesia pernah mengonsumsi obat tradisional seperti jamu sebagai penyembuh dan pencegahan berbagai macam penyakit."Saat itu yang ditanyakan adalah apakah sudah pernah mengonsumsi obat tradisional? Mereka menjawab pernah," kata Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, dr. Danang Ardianto kepada Health-Liputan6.com saat menjadi peserta `Saintifikasi Bahan Herbal Media Trip Bersama SOHO Global Health`, di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, ditulis Rabu (10/12/2014)Dan dari 60 persen, 90 persen mengatakan manfaat jamu memang terbukti. "Apalagi kalau di Klinik Saintifikasi Jamu ini, semua pasien akan diberi jamu," kata dia menambahkan.Menurut Danang, kepercayaan masyarakat Indonesia, secara khusus masyarakat Tawangmangu, telah mempercayai bahwa mengonsumsi jamu benar-benar menyehatkan, tidak seperti yang selama ini ditakutkan."Sebelum datang ke sini, dari rumah pun mereka sudah percaya kalau diberi jamu baik bagi kesehatan mereka," kata Danang.Bahkan, penikmat jamu bukan hanya berasal dari penduduk lokal di sana saja, semua pasien yang b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *