Ramuan Penghancur Batu Ginjal

83.-Pencangkokan-Ginjal-bukan-Penjamin-Kesembuhan-Total-Pasien-Gagal-Ginjal.jpg

Bersyukurlah jika sampai saat ini Anda tidak bermasalah saat buang air kecil. Bersarangnya batu di ginjal sebagai salah satu sumber masalah sebaiknya memang dicegah. Beragam tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar kita, bisa dimanfaatkan.

Siapa pun pasti tak ingin merasakan perih saat buang air kecil sebagai salah satu pertanda ada batu yang bersarang di ginjal. Kalau keadaan itu sudah terjadi, konsultasi ke dokter ahli sudah pasti harus segera dilakukan. Keluhan dan gangguan saat buang air kecil sebenarnya bisa dicegah. Salah satunya dengan memanfaatkan beragam ramuan herba atau tanaman berkhasiat obat secara teratur.

Saat ini banyak tanaman obat yang terbukti mampu mengurangi atau setidaknya sebagai pelengkap pengobatan batu ginjal oleh dokter. Berdasarkan beberapa penelitian atau uji klinis yang pernah dilakukan, beberapa tumbuhan diyakini bermanfaat sebagai solusi alami gangguan batu ginjal. Di antaranya daun tempuyung (Sonchus arvensis L.), daun kumis kucing (Orthosiphom stamineus Benth), daun keji beling (Strobilanthus crispus Bl), akar alang-alang (Imperata cylindrica), dan daun pegagan (Centella asiatica).

Fungsi ginjal sangat kompleks dan vital meliputi filtrasi, ekskresi, sekresi, dan hormonal, yang semuanya berlangsung secara simultan melalui mekanisme pengaturan sendiri (homeostasis). Karena itu, jika ginjal terganggu, berarti masalah kesehatan yang serius tengah menghadang.

Sejak Mesir Kuno
Ahli Hipetensi dan Ginjal dari RS Cikini Dr. Tunggul D. Situmorang, Dipl./M.Med Si, Sp.PD-KGH, menjelaskan bahwa penyakit batu ginjal (urolitiasis) sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno.

Namun, hingga kini penyebab persisnya belum dapat diketahui secara pasti. Batu ginjal lazimnya terjadi karena pembentukan zat penyusun batu lebih banyak ketimbang yang dilarutkan. Itu terjadi karena adanya faktor yang menyebabkan kristalisasi dari zat-zat itu dan adanya kelainan yang menyebabkan kristal-kristal berkumpul menjadi satu.

Biasanya batu yang terdapat dalam saluran kemih berupa kalsium oksalat, kalsium fosfat, asam urat, atau campuran dari senyawa itu. Gejala penderita batu kandung kemih adalah adanya rangsang sakit pada waktu buang air seni, serta di dalam air seni terdapat batu halus, sehingga menimbulkan bercampurnya air seni dengan darah.

Hingga saat ini pengobatan konvensional untuk batu kandung kemih masih belum memuaskan. Jalan keluar dengan pembedahan maupun pemecahan batu menggunakan teknologi modern masih mahal. Karena itu, boleh saja memilih jalur alami dengan menggunakan beragam ramuan herbal.

Beberapa penelitian in vivo (di dalam tubuh hidup) maupun in vitro (di laboratorium) juga telah dilakukan terhadap beberapa tanaman obat yang memilki manfaat peluruh air seni dan penghacur batu kandung kemih. Penelitian in vitro membuktikan, infus daun tempuyung dapat melarutkan kolesterol, kalsium oksalat, dan asam urat ginjal (Widodo, 1987).

Penelitian lain, juga secara in vitro, dilakukan dengan merendam batu ginjal pada ekstrak tempuyung selama enam jam. Ternyata proses itu dapat melarutkan batu ginjal penderita yang diidentifikasi sebagai kalsium oksalat (H. Giri, 1988).

Sementara itu, penelitian Rusdeyti (1985) menunjukkan, infus daun tempuyung yang diberikan kepada kelinci jantan ternyata dapat meningkatkan pengeluaran air seni (efek diuretik). Infus ini juga dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan pada tikus (B. Wahjoedi, 1986).

Penelitian lain dilakukan terhadap 23 pasien penderita batu kandung kemih yang diberi ekstrak air daun kumis kucing. Hasilnya, 40 persen pasien mengalami penurunan ukuran batu kandung kemih sebesar 0,5 cm, dan 20 persen merasakan hilangnya sakit (Muangmun W., 1984).

Daun kumis kucing mengandung kalium, saponin, dan glikosida orthosiphon. Untuk diuretik, sebaiknya digunakan daun kumis kucing muda. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Harini NKDK (1989), yang meneliti efek diuretik daun kumis kucing muda dan tua.

Keji Beling
Peluruh batu ginjal lainnya, keji beling, merupakan tanaman semak, tingginya dapat mencapai 1-2 m. Secara empiris, herbal ini digunakan untuk diuretik, disentri, wasir karena mengandung kalium dan silikat. Secara in vitro, infus daun keji beling terbukti dapat melarutkan batu saluran kemih (Murwoto, Yusuf M., 1981).

Uji coba pada tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun keji beling dosis 16,5 mg/kg dapat mencegah pembentukan batu kandung kemih buatan (Wahjoedi B., 1992). Penelitian lain menunjukkan, daun keji beling juga berkhasiat atau berefek diuretik (Sarjono O.S., 1989).

Selanjutnya, akar alang-alang mengandung kalium. Nainggolan L. (1994) melakukan uji diuretik dengan memberikan infus akar alang-alang pada hewan uji tikus. Hasilnya, pengeluaran air seni meningkat sebanding dengan volume pengeluaran air seni akibat pemberian HCT (diuretik).

Secara in vitro pernah dilakukan perendaman batu kandung kemih manusia menggunakan larutan estrak air akar alang-alang. Larutnya batu kandung kemih itu ditunjukkan dengan mengukur kadar kalsium yang terlarut (Retno E., 1997). Hasilnya, akar alang-alang dinyatakan dapat melarutkan batu kandung kemih. Pegagan diyakini bermanfaat sebagai peluruh air seni, antibiotik (membunuh kuman), dan antipiretik (menghilangkan demam).

Karena sifatnya hanya pelengkap pengobatan modern, sikap peduli kesehatan tetap diperlukan. Di antaranya membiasakan diri minum air sebanyak-banyaknya serta menghindari kebiasaan sering menahan buang air kecil (lebih dari satu jam) dan makan jeroan. Jangan lupa, cukup olahraga.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Jus Jambu Merah Ampuh Bagi Penderita DBD?

Jus Jambu Merah Ampuh Bagi Penderita DBD?

Sejumlah orang percaya bahwa memberikan segelas jus jambu merah pada pasien yang menderita demam berdarah dengue (DBD) mampu menggantikan cairan yang keluar dari dalam tubuh selama sakit. Benarkah?"Saya pribadi bukan antiherbal. Tapi memang, mengenai jus jambu merah ini belum ada penelitian pastinya," Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI di Jakarta, Selasa (10/6/2014)Menurut Leonard, dipilihnya jus jambu merah ini karena disinyalir memiliki zat yang mempermudah meningkatkan trombrosit. "Ini masih disinyalir, yah. Soal pastinya, belum," kata dia menambahkan.Jika memang dilakukan para peneliti melakukan penelitian terhadap jambu merah, kemungkinan zat untuk menyembuhkan itu benar ada. Bagaimana pun, tambah Leonard, dirinya percaya kalau pencipta alam semesta ini sudah memberikan penangkal untuk setiap penyakit yang diderita oleh tiap manusia. "Cuma itu masih perlu eksplorasi. Mudah-mudahan nanti kita bisa menemukannya," kata Leonard.Sepanjang pasien mampu mengisi tubuhnya dengan banyak cairan, maka tidak ada salahnya untuk memberikan jus jambu merah. Dengan catatan, minuman yang dikonsumsi oleh pasien, tidak men [...]

5 Jenis Tanaman Obat Herbal yang Cocok di Pekarangan Rumah

5 Jenis Tanaman Obat Herbal yang Cocok di Pekarangan Rumah

Obat herbal merupakan salah satu alternatif pengobatan saat ini. Dengan harganya yang relatif lebih murah dari obat-obatan biasa dan efek sampingnya yang lebih rendah, obat herbal semakin banyak diminati. Nah, bagaimana kalau pekarangan rumah Anda ditanami tanaman herbal? Pasti menarik sekaligus menjadikan keluarga Anda selalu sehat. Berikut 5 jenis tanaman herbal yang dapat di tanam di pekarangan rumah seperti dilansir The Self Sufficient Living, Kamis (9/10/2014). 1. Aloe Vera Tanaman aloe vera atau lidah buaya hanya membutuhkan tanah yang lembab dan cahaya matahari yang cukup untuk dapat tumbuh. Diantara manfaat dari tanaman ini adalah dapat menyembuhkan luka bakar dan luka-luka luar lainnya. 2. Marigold Iklim Indonesia sangat mendukung tumbuhnya tanaman ini. Tanaman yang mirip bunga matahari ini memiliki manfaat untuk mengobati gigitan serangga, sakit mata, hingga demam. 3. Ubi Tiongkok Selain enak dimakan saat hangat, ubi juga berguna untuk mengobati batuk kering, pencernaan yang buruk, diabetes, hingga sengatan ular dan kalajengking. 4. Lemon Daun lemon memiliki bau mint yang khas. Manfaat daun lemon diantaranya adalah untuk mengobati gigitan nyamuk, luka dan herpes. [...]

Sel Kanker Mati dalam 16 Jam dengan Ramuan Herbal Ini?

Sel Kanker Mati dalam 16 Jam dengan Ramuan Herbal Ini?

Gaya hidup yang tidak sehat memicu penyakit yang mengerikan salah satunya kanker. Selama 150 tahun lalu kanker hampir tidak pernah ditemukan tetapi masuknya makanan olahan dengan daging berkualitas membuat masyarakat terserang sel kanker.Untuk mengobati sel kanker tersebut para dokter dan perusahaan farmasi menganjurkan gaya hidup sehat demi menekan risiko sel kanker berkembang.Dikutip dari Trueactivist, Minggu (26/1/2014) studi baru yang dipublikasikan Life Sciences menunjukan artemisinin ditambah dengan iron dapat membunuh 98 persen sel kanker payudara dalam 16 jam.Ramuan herbal artemisinin diklaim dapat menurunkan 28 persen sel kanker payudara namun ketika dikombinasikan dengan iron atau besi akan lebih berkhasiat. Tapi sayangnya cara ini tidak membantu menangkal tubuh yang sakit, hanya menghambat sifat regeneratif sel kanker. Sistem asam dengan sistem limfatik stagnan (gaya hidup sehat) merupakan cara terbaik menekan perkembangan sel kanker dengan mengonsumsi nabati dan asupan nutrisi yang baik.Para penulis studi optimistis ramuan herbal Cina ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan artemisinin secara aktif dapat menyerang sel-sel buruk penyebab kanker payudara. [...]

5 Herbal yang Bikin Miss V Makin Wangi

5 Herbal yang Bikin Miss V Makin Wangi

Bagi wanita, sangat penting untuk menjaga organ intimnya tetap bersih dan wangi. Caranya bisa bermacam-macam mulai dengan membersihkan organ intim, memberi ratus pewangi atau pengasapan serta mengonsumsi ramuan herbal.Seperti dikatakan Pendiri Totok Perut dan Spa Kesehatan Kamaratih, Ratih Dewanti bahwa masalah yang paling umum terjadi pada organ intim wanita adalah keputihan yang disebabkan oleh jamur akibat kurangnya kebersihan dalam menjaga organ intim. Selain itu, penggunaan celana dalam dan jeans yang terlalu ketat juga bisa jadi pemicunya.Maka itu, kata dia, penting untuk menjaga organ intim Anda sehat dan wangi. Salah satunya dengan mengonsumsi ramuan herbal yang berisi:1. Akar wangi2. Kayumanis3. Sirih4. Pandan5. Daun jerukMenurut Ratih, kelima bahan ini digunakan di kamaratih untuk mengurangi lendir akibat keputihan, mengharumkan vagina dan menghilangkan bau pascamenstruasi. [...]

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Bertahun-tahun mungkin kita mengetahui berbagai minuman untuk menambah stamina seperti Susu Telur Madu Jahe (STMJ) atau susu jahe. Tapi tahukah Anda kalau ternyata STMJ mengandung protein yang sulit dicerna tubuh.Seperti disampaikan Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB bahwa yang merusak komponen atau manfaat dalam minuman tradisional seperti STMJ adalah telurnya. Telur mentah yang dikocok bersama susu, madu dan jahe jadi hilang manfaat kesehatannya. "Putih telur itu ada albuminnya. Albumin merupakan sumber protein yang sulit diserap tubuh jika dikonsumsi mentah. Telur itu baiknya dimasak dulu. Sayang sekali kan kalau diminum, manfaat jahe dan lainnya jadi hilang," kata Abrijanto, ditulis Jumat (11/7/2014). Berbeda dengan STMJ, menurut Abrijanto, susu jahe lebih baik dikonsumsi kalau memang Anda butuh stamina dalam beraktivitas. Tapi perlu diperhatikan, jahe sebaiknya tidak dimasak dengan suhu terlalu panas atau air mendidih. Cukup dimasak dengan suhu sekitar 60-80 derajat celsius, minuman jahe bisa menambah stamina, mengurangi mual bagi ibu hamil, dan meringankan radang tenggorokan. [...]

Cara Mudah Bersihkan Komedo dengan Buah Mangga

Cara Mudah Bersihkan Komedo dengan Buah Mangga

Komedo sulit dihilangkan. Bahkan seseorang rela sakit-sakitan demi menghilangkan bintik-bintik hitam di sekitar hidung ini. Contohnya saja dengan menggunakan alat yang yang mencabut satu per satu komedo. Padahal, ada cara yang terbilang sederhana, tanpa sakit, dan murah dengan menggunakan buah mangga.Caranya cukup campurkan satu sendok teh mangga yang sudah dihaluskan dengan setengah sendok teh susu dan madu. Lalu, oleskan campuran ini pada permukaan hidung yang terdapat komedo dan gosok dengan lembut hingga merata. Biarkan selama 30 menit dan bilaslah dengan air hangat. Dengan begitu, Anda dapat melihat perbedaan yang cukup nyata.Seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (26/5/2014), selain untuk membersihkan komedo, buah berwarna kuning kehijauan yang mengandung vitamin A dan C itu berguna juga untuk menunda penuaan dan pigmentasi karena melindungi kulit terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit.Selain itu, mangga dapat membantu mencegah terjadi jerawat dan pelembab alami untuk kulit, dapat mengencangkan kulit dan meminimalkan munculnya pori-pori besar. [...]

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Bagi jutaan orang setiap tahun, sakit tenggorokan adalah peringatan bahwa mereka akan segera terkena flu, pilek atau infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Tapi walaupun ada banyak obat sakit tenggorokan, solusi alami sepertinya dapat membantu.Selain murah, bahan alami di rumah bisa mengobati mengurangi rasa sakit dan menghilangkan gejala awal flu. Lebih jelasnya, berikut panduan untuk mengatasi sakit tenggorokan, seperti dikutip Doctoroz, Kamis (16/10/2014).1. Akar manis (licorice)Bahan alami ini telah digunakan dalam pengobatan sakit tenggorokan, membantu menghilangkan dahak atau lendir di hidung, tenggorokan dan paru-paru selama ribuan tahun. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa berkumur dengan air mengandung licorice dapat memulihkan pasien yang memiliki masalah tenggorokan. 2. Sup ayam Catat makanan ini dalam daftar makanan pokok ketika menjadi sakit. Penelitian menunjukkan, sup ayam dapat mengurangi gejala flu dan menenangkan tenggorokan.3. Cuka apelCuka apel diduga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Keasaman cuka aple dapat meningkatkan sel darah putih sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 4. M [...]

5 Ramuan Alami Atasi Rambut Bercabang

5 Ramuan Alami Atasi Rambut Bercabang

Rambut pecah-pecah di ujung dan bercabang menjadi masalah yang paling umum dihadapi. Perempuan yang mengalaminya rela menghabiskan uang untuk ke salon.Ahli kecantikan mengatakan, rambut bercabang terjadi ketika lapisan luar pelindung kutikula rambut menipis karena stres dari luar. Ini bisa karena polusi udara, sinar matahari, atau styling panas, dan bahan kimia di salon.Apabila struktur internal rambut terkena, ini menjadi lemah, rusak, dan dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasi rambut bercabang ini adalah dengan trim reguler. Tapi, mencoba beberapa obat-obatan alami juga bisa meningkatkan tampilan rambut Anda dan mencegah makin banyak rambut yang bercabang.Obat buatan sendiri tak akan menghambur-hamburkan duit karena Anda lebih mudah menemukan bahannya di dapur Anda. Berikut beberapa cara alami seperti dilansir MedGuru, Kamis (10/4/2014):1. Sampo telurObat rumahan termudah untuk mengakhiri rambut bercabang adalah membuat sampo dengan telur. Yang Anda butuhkan adalah satu ons rosemary segar, setengah liter air panas, dan telur.Mulailah dengan seduhan rosemary dalam air panas selama sekitar 20 menit dan biarkan dingin. Setelah itu didinginkan, kocok telur Anda dan kemudian pijat [...]

5 Obat Herbal di Pekarangan Rumah

5 Obat Herbal di Pekarangan Rumah

Obat herbal merupakan salah satu alternatif pengobatan saat ini. Dengan harganya yang relatif lebih murah dari obat-obatan biasa dan efek sampingnya yang lebih rencah, obat herbal semakin banyak diminati. Nah, bagaimana kalau pekarangan rumah Anda dipenuhi dengan tanaman herbal? Pasti menarik sekaligus menjadikan keluarga Anda selalu sehat. Berikut 5 jenis tanaman herbal yang dapat di tanam di pekarangan rumah seperti dilansir The Self Sufficient Living, Kamis (9/10/2014). 1. Aloe Vera Tanaman aloe vera atau lidah buaya hanya membutuhkan tanah yang lembab dan cahaya matahari yang cukup untuk dapat tumbuh. Diantara manfaat dari tanaman ini adalah dapat menyembuhkan luka bakar dan luka-luka luar lainnya. 2. Marigold Iklim Indonesia sangat mendukung tumbuhnya tanaman ini. Tanaman yang mirip bunga matahari ini memiliki manfaat untuk mengobati gigitan serangga, sakit mata, hingga demam. 3. Ubi Tiongkok Selain enak dimakan saat hangat, ubi juga berguna untuk mengobati batuk kering, pencernaan yang buruk, diabetes, hingga sengatan ular dan kalajengking. 4. Lemon Daun lemon memiliki bau mint yang khas. Manfaat daun lemon diantaranya adalah untuk mengobati gigitan nyamuk, lu [...]

4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

Jerawat pada wajah memang mengganggu penampilan. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk mencegahnya. Bahan alami berikut ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat dikutip dari Allwomenstalk, Jumat (11/4/2014)1. OreganoBahan alami yang satu ini menjadi rahasia kelezatan pasta dan pizza yang sering digunakan di negara Amerika dan Eropa. Di Indonesia, sudah banyak supermarket yang menjual oregano sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya.Oregano bermanfaat mengurangi jerawat yang ada pada kulit wajah atau beberapa tempat lainnya seperti punggung atau bagian leher. Gunakan oregano sebagai obat luar dengan menaburkannya pada makanan atau dicampurkan ke dalam makanan. Selain untuk mengurangi jerawat, oregano juga dapat melancarkan pencernaan.2. Daun PepayaRasa pahit dari daun pepaya dipercaya dapat membantu mencuci darah yang kotor. Dengan demikian dapat membantu mengurangi jerawat yang ada, konsumsi daun pepaya yang direbus beberapa kali dalam seminggu. Dengan mengonsumsi daun pepaya secara rutin membuat kulit menjadi bersih, sehat, dan halus.3. Daun MintDaun mint memiliki kandungan klorofil yang dapat mengatasi inflamasi atau peradangan pada kulit. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *