Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

089977800_1410925694-Diet_Mayo.jpg

Tubuh kita sangat cepat menyimpan kalori ekstra dalam bentuk jaringan lemak atau sel lemak, bila kalori yang masuk lebih besar daripada yang keluar. Untuk mencegah kegemukan atau mengurangi berat badan, pengaturan makan yang benar harus dilakukan

Ada orang mengeluh, hanya melihat makanan saja sudah menambah berat badan. Sementara yang lain dapat menikmati aneka makanan modern tanpa khawatir bertambah gemuk. Itu bisa terjadi, karena:

1. Gender (jenis kelamin)
Pria memiliki metabolisme lebih tinggi daripada wanita. Wanita mempunyai tantangan berat badan meningkat saat hamil. Kebanyakan susah kembali ke berat normal normal. Namun, kesibukan merawat sendiri bayinya akan membantu ibu dalam usaha membakar kalori. Metabolisme wanita menopause juga menurun, sehingga perlu mengatur asupan kalori.

2. Usia

Metabolisme tubuh usia lanjut tentu menurun. Konsumsi kalori berlebih bisa menyebabkan kegemukan, apalagi jika aktivitas juga menurun. ?Menurut hasil penelitian, kaum usia lanjut lebih cepat gemuk karena tubuh sudah tidak dapat lagi mengatur metabolisme yang fleksibel,? kata Mary P. Clarke, Ph.D, RD, profesor makanan dan nutrisi di Universitas Pusat Kansas di Manhattan.

3. Aktivitas
Setelah usia 20 tahun, berat badan seseorang yang tanpa aktivitas umumnya akan meningkat. Tanpa aktivitas fisik, jaringan otot akan menurun, sedangkan lemak tubuh bertambah.

4. Riwayat keturunan
Seseorang dengan orangtua kegemukan, 25-35 persen akan mengalami hal sama jika pola makan seperti orangtuanya tetap dipertahankan. Penelitian pada anak kembar yang diberi kalori lebih, mengalami pertambahan berat badan yang sama dan pada bagian tubuh yang sama pula. Penelitian modern telah memeriksa fat genes yang ada kaitannya, mulai dari selera makan sampai penyimpanan lemak tubuh.

Contohnya, telah diteliti satu gen yang mengontrol produksi lipoprotein lipase (LPL), enzim yang membantu menyimpan kalori sebagai lemak tubuh. ?Tetapi, mempunyai fat genes bukan berarti harus overweight,? kata Rena White MD, Direktur National Weight Controle Registry. Faktor keturunan berpengaruh dalam obesitas. Lebih dari 70 persen kliennya datang dari keluarga overweight, tetapi mereka sukses dalam upaya penurunan berat badan.

5. Pola makan yang baik
Jangan melakukan diet terlalu ketat. Diet tinggi protein dan rendah karbohidrat umumnya tidak realistis. Diet rendah kalori membuat tubuh kurang gizi, sehingga mengganggu metabolisme. Jika metabolisme terganggu, proses penurunan berat badan justru lebih sulit. Diet yang dilakukan berulang-ulang bisa memicu yo-yo syndrome, yang malah cenderung menambah berat badan.

Untuk itu sebaiknya:
1. Makan seimbang dengan mengurangi jumlah kalori yang berasal dari lemak dan karbohidrat, tetapi zat-zat gizi lain tetap terpenuhi.
2. Perhatikan porsi makan. Hindari fast food seperti burger, ayam goreng, dan lain-lain. Jika ingin tetap menikmatinya, cukup seminggu sekali.
3. Batasi makan camilan berlemak tinggi seperti pastry, cake, gula-gula, dan lainnya.
4. Banyak konsumsi serat dari sayuran, buah, kacang-kacangan, dan sereal.
5. Batasi konsumsi daging, ganti dengan ikan dan ayam berkadar lemak rendah. Pengolahan yang baik adalah dibakar, dipanggang, direbus, atau dikukus. Agar tetap nikmat sebaiknya dipadu dengan bumbu tajam.
6. Hindari makanan yang diproses yang umumnya berlemak tinggi seperti sosis, ham, dan lain-lain. Lihatlah keterangan yang tertera pada kemasan makanan siap pakai untuk mengetahui komposisinya.
7. Kurangi makanan manis dengan kadar gula tinggi karena akan meningkatkan konsumsi kalori. Ganti minuman manis dengan air putih atau teh tanpa gula.

Selada Sayuran Saus Tempe
Untuk 5 porsi
(1 porsi = 315 kalori)

Bahan:
100 gr lettuce (daun sla) diiris kasar
200 gr wortel diserut
100 gr mangga muda diserut
100 gr ketimun hijau diserut
irisan cabai rawit secukupnya
2 btr telur rebus

Bahan dressing:

2 sdm minyak untuk menumis
2 sdm bawang bombai cincang
1 sdm bawang putih cincang
200 gr tempe goreng dicincang
50 gr gula merah
20 gr gula pasir
1 sdm kecap asin (nampla)
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tomat
300 ml air asam jawa
25 gr irisan cabai rawit
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada halus

Cara membuat:
1. Buat dressing. Tumis dengan minyak bawang bombai dan bawang putih, masukkan tempe, aduk, beri gula merah, gula pasir, kecap asin, kecap manis, saus tomat, air asam jawa, cabai rawit, garam dan lada halus, aduk rata, dimasak agak kental, angkat, dinginkan.
2. Atur sayuran dalam piring saji, atasnya taburi dengan irisan cabai rawit dan dinginkan dalam lemari es.
3. Setelah dingin, saat akan dihidangkan siram dengan dressing, hiasi dengan irisan telur rebus.
4. Hidangkan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Fakta, Madu Tak Lebih Baik dari Gula

4 Fakta, Madu Tak Lebih Baik dari Gula

Tidak sedikit individu yang beranggapan bahwa mengonsumsi madu jauh lebih baik ketimbang gula. Padahal, madu tidak selalu lebih baik dari gula. Jadi, diharapkan untuk hati-hati dalam mengonsumsi madu.Dengan anggapan bahwa akan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh makanan atau minuman manis, banyak orang kerap tidak sungkan mengonsumsi madu jalan jumlah yang cukup banyak. Di bawah ini, Pakar Gizi dari London, Inggris, Ian Marber menjelaskan alasan tidak selamanya madu lebih baik dari gula, seperti dikutip Daily Mail, Senin (27/10/2014) :1. Kalori cukup tinggiIan menjelaskan, satu sendok teh madu alami mengandung 22 kalori, sedangkan satu sendok teh gula pasir hanya 16 kalori. Ian juga menyayangkan sikap individu yang selalu berlebihan dalam mengonsumsi segala sesuatu yang dianggap `rendah lemak`. 2.Kehilangan banyak mineralMadu yang banyak dijual si swalayan adalah madu yang sudah melewati penyaringan dan sudah dipanaskan. Menurut Ian, bila madu sudah melewati proses seperti ini, maka madu telah kehilangan banyak kalori. 3. Tidak baik untuk gigiDokter Gigi dari London Smile Clinic, Dr Joe Bansal, mengatakan, pada September 2014 suatu penelitian baru ditemukan terkait den [...]

Makan Ini Saja untuk Usir Lemak Bandel

Makan Ini Saja untuk Usir Lemak Bandel

Tidak semua makanan bisa membantu melawan lemak jahat. Tapi beberapa makanan ini dijamin bisa membantu membuang timbunan lemak di tubuh Anda.Penasaran? Berikut seperti dikutip Health, Kamis (30/10/2014) kami merangkumnya untuk Anda:1. BerryBuah berry baik raspberry, blueberry, and strawberry merupakan buah yang kaya serat dengan 50 kalori secangkir. Selain kaya antioksidan, buah-buahan ini juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.Sebuah penelitian menunjukkan, flavanoid dalam buah berry bisa meningkatkan adiponectin-hormon yang menstimulasi pembakaran lemak. Selain itu, mengonsumsi buah strawberry secara rutin bisa membantu Anda dalam mengontrol gula darah dan insulin serta menurunkan kolesterol tinggi. 2. TelurMakanan kaya protein ini adalah penyelamat hidup dikala lapar. Memiliki 6 gram protein dan 70 kaori dalam satu butir, telur menjadi makanan wajib bagi Anda yang sedang ingin berdiet.Jika ingin lebih sukses berdiet, gunakan hanya putih telur untuk dikonsumsi. Putih telur memiliki 30 kalori dan 3,5 gram protein dan tanpa lemak.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelaku diet yang mengonsumsi lebih banyak protein seperti telur sepanjang hari bisa turun berat badan le [...]

5 Cara Atur Nafsu Makan

5 Cara Atur Nafsu Makan

Tak sedikit orang yang nafsu makannya tak terbendung. Saat melihat nasi goreng langsung ingin makan padahal baru saja makan mi ayam. Sebenarnya ingin mengontrol nafsu makan, namun kenapa sulit ya? Agar nafsu makan normal, kebiasaan sehat berikut bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal seperti dikutip laman Fox News, Rabu (16/7/2014) 1. Bayangkan olahraga seperti bermainUsai olahraga, nafsu makan pasti tak terbendung rasanya ingin makan apa saja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University meminta dua kelompok untuk berjalan kaki. Kelompok yang diberi tahu bahwa mereka sudah berjalan kaki sejauh dua kilometer makan 35% lebih banyak puding cokelat dan 124% permen cokelat dibandingkan kelompok pertama yang hanya diberi tahu mereka berjalan-jalan. 2. Tidur cukupKurang tidur memicu tubuh memberikan rasa lapar di otak serta meningkatkan keinginan untuk makan junk food. Studi lain dari University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bukti bahwa kurang tidur memicu makan berlebihan dan meningkatkan berat badan.Kurang tidur juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan lain termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuhm meningkatkan risiko diabetes tipe 2 [...]

Gemuk Saat Hamil Bisa Berlanjut Lho!

Gemuk Saat Hamil Bisa Berlanjut Lho!

Wanita yang saat hamil memiliki berat badan berlebih bisa keterusan lho. Kebanyakan calon ibu berpikir mengonsumsi makanan harus dengan jumlah lebih dari biasanya atau dua porsi, satu untuk ibu dan satu lagi untuk sang buah hati. Pemikiran tersebut yang menurut peneliti dari Penn State College of Medicine sering sekali menjadi penyebab calon ibu menderita obesitas. Para peneliti tersebut memperingatkan selama kehamilan sebaiknya juga menjaga berat badan. "Masalah berat badan itu berdampak pada jangka panjang, bisa keterusan atau berlanjut menderita obesitas dan ada risiko kelahiran prematur. Untuk itu sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan dan ahli gizi," kata Pemimpin Studi, Profesor Kedokterdan dan Ilmu Kesehatan masyarakat di Penn State College of Medicine, Cynthia Chuang, dikutip Health, Senin (3/3/2014). Para peneliti melibatkan 29 wanita yang telah melahirkan dengan berat badan yang berlebih. Semuanya diberi pertanyaan seputar kebiasaan mereka setelah melahirkan mulai dari morning sickness, olahraga dan pola makan. Setengah dari peserta penelitian tersebut memiliki pemikiran yang sama yaitu mengonsumsi makanan dengan jumlah lebih banyak. "Secara keseluruha [...]

Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin. Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):1. Sauna dan mandi uapAda banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.2. BercintaJika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh di [...]

Makanan Pilihan Tim Piala Dunia dari Inggris

Makanan Pilihan Tim Piala Dunia dari Inggris

Bintang sepakbola top tentu harus menjaga kebugaran tubuhnya. Mereka melakukan diet makanan dan minuman yang ketat. Seperti yang dilakukan pemain sepakbola dari Inggris. Tak hanya para bintang ini yang harus menjaga tubuhnya, istri dan kekasihnya pun menjaga bentuk tubuhnya. Skuad Roy Hodgson melakukan diet ketat sehari-harinya dalam menghadapi Laga Akbar Bola Dunia. Mereka makan hingga 5.000 kalori per harinya. "Segala sesuatu yang mereka makan dihitung ahli gizi dan ilmuwan olahraga pada tingkat yang tepat," kata Kepala Koki Tim Ingris, Tim De?Ath, seperti dilansir Dailystar, Rabu (11/6/2014). Berikut lima cara diet yang dilakukan tim Inggris: 1. Sarapan seperti raja Para pemain sarapan banyak telur seperti telur rebus, orak arik atau diomelet. Manfaatnya: Telur kaya Vitamin B yang penting untuk memproduksi energi yang penting. Namun, telur itu jika direbus atau diorak arik, bukan digoreng karena juga bisa mengurangi konsumsi lemak. 2. Pasta Bola Di hotel, pemain Inggris ini makan banyak pasta dan ayam panggang, nasi serta sayuran yang dikukus. Manfaat: Pesepakbola perlu makan banyak karbohidrat untuk memberikan energi selama latihan serta 90 menit di lapangan.Ayam mer [...]

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Masih ingat dengan diet yang jadi kontroverial ala mentalis Deddy Corbuzier pada Agustus 2013 lalu? Ya, dalam Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) kita dianjurkan untuk berpuasa tapi boleh makan apa saja serta berolahraga ketika berpuasa.Dalam Hypnoslimming, ternyata pola diet OCD hampir sama. Bedanya, sebelum diet, pelaku diet disarankan melakukan teknik clearing atau membersihkan pikiran dari segala macam stres.Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt saat ditemui di acara seminar Kamaratih belum lama ini. Ia menyampaikan, Hypnoslimming merupakan seni dalam mengendalikan pikiran seseorang agar bisa langsing tanpa suplemen dan sebagainya.Cara dietnya sebenarnya cukup mengandalkan pikiran manusia. Karena menurut Tony, pikiranlah yang memengaruhi tubuhnya. "Hypnoslimming mengajarkan peserta untuk rileks. Saat rileks, saya kasih program untuk membuat mereka lebih langsing dan motivasi diet."Pada prakteknya, dalam Hypnoslimming dikenalkan pula High Human Growth Hormone (HGH). Hormon ini merupakan hormon peremajaan yang diproduksi sel aktif saat perut kosong. Hormon ini berfungsi untuk memaksimalkan peningkatan metabolisme tubuh saat berolahraga sehingga pelaku [...]

Masak di Rumah, Kunci Utama Hidup Sehat

Masak di Rumah, Kunci Utama Hidup Sehat

Sebuah studi baru yang dilakukan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health Research melakukan riset bahwa pola hidup sehat paling efektif bila mengolah makanan sendiri di rumah. Seperti diberitakan Nydailynews, Jumat (21/11/2014), penelitian menunjukkan, makan di rumah bisa menghemat konsumsi kalori yang biasanya banyak didapat dari makan di luar.Penulis utama studi, Julia A. Wolfson, MPP mengungkapkan, ketika orang-orang memasak sebagian besar makanan mereka di rumah, biasanya konsumsi karbohidrat, gula dan lemak bisa dikendalikan sehingga mengurangi risiko berbagai macam penyakit. "Yang mengejutkan, studi ini juga menemukan bahwa orang-orang yang memasak di rumah setidaknya 6-7 malam per minggu jarang sakit," katanya.Wolfson mencatat, mereka yang memasak makan malam sekali atau sekali seminggu mengkonsumsi rata-rata 2.301 kalori, 84 gram lemak dan 135 gram gula per hari. Kendati demikian, Wolfson mengingatkan, penelitian yang dipublikasikan dalam American Public Health Association Annual Meeting and Exposition ini dilakukan pada mereka yang memasak bahan segar bukan makanan beku. [...]

Karbohidrat Bikin Panjang Umur?

Karbohidrat Bikin Panjang Umur?

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Sidney, Australia menyebutkan bahwa mengonsumsi karbohidrat tinggi dan rendah protein bisa memperpanjang usia. Dilansir dari laman News, Senin (10/3/2014), karbohidrat yang diketahui dapat mempercepat proses penggemukan ternyata bisa memperlama usia lima puluh persen lebih panjang. Meski penelitian ini baru diujicobakan pada tikus, tapi penulis studi, Profesor David Le Couteur mengatakan bahwa umur tikus yang kelebihan berat badan kemudian diberi makanan berkarbohidrat tinggi dan rendah protein hidupnya cenderung lebih lama dibanding yang melakukan diet rendah karbohidrat dan lemak. "Hasil penelitian kami menunjukkan diet vegetarian lebih baik walaupun penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism, menunjukkan bahwa umur dapat diperpanjang dengan memanipulasi makronutrient (karbohidrat, lemak, protein) dalam makanan," kata Profesor Le Couteur. Yang menarik, ketika Le Couteur ditanya apakah manusia lebih memilih langsing atau hidup lebih lama, Ia menjawab bahwa tujuan evolusi adalah tumbuh dan berkembang biak, bukan untuk hidup lebih lama. "Diet protein tinggi mungkin lebih berguna untuk pertumbuhan dan reproduksi. Stu [...]

Natasha Bersyukur Jadi Langsing Berkat Kanker

Natasha Bersyukur Jadi Langsing Berkat Kanker

Seorang instruktur pengemudi asal Inggris, Natasha Hurst (40), mengaku bersyukur karena kanker payudara yang dideritanya. Berkat penyakit tersebut, bobot tubuhnya berhasil dipangkas hingga ratusan kilogram. Natasha mengungkapkan, ia menjadi gemuk setelah berusia 17 tahun. Berawal dari naksir seorang pria yang memiliki toko permen. Selama bertahun-tahun ia menyukai makanan seperti sereal manis untuk sarapan, karbohidrat saat siang dan makanan tinggi lemak dan kue ada malam hari. Tapi setelah itu, ia menemukan cara diet yang menarik. Ia mencoba minum susu untuk sarapan dan hanya makan di siang dan malam hari. "Saat itu berat saya turun 1 kilogram dalam seminggu." Namun hal ini tidak berlangsung lama. Setelah menikah dan memiliki anak yang kembar identik, beratnya naik drastis hingga 88 kilogram dari 45 kilogram. Setelah itu diet ketat pun tidak memengaruhi bobot tubuhnya. Hingga akhirnya pada 2007 ia didiagnosis kanker payudara saat berusia 35 tahun. Kala itu, bukannya sedih dan putus asa, Natasha malah terpikirkan untuk melakukan diet baru. "Saya pikir kanker ini merupakan trik diet terbaru saya." Berhasil melakukan enam kali kemoterapi, beratnya menyusut hingga menjadi 63 kilo [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *