Rokok Elektronik Sama Saja Bahayanya dengan Rokok Biasa

rokok-elektronik-vapor-bahaya.jpg

Rokok Elektronik atau yang sedang tren belakang ini dengan sebutan vapor saat ini, dijual dengan promosi lebih tidak beracun dibandingkan rokok biasa. Dengan populer istilah ?vapor?, rokok elektronik senantiasa digaungkan dengan ciri khas pengepul uap air yang disugestikan tidak berbahaya bagi tubuh.

Namun kenyataannya, beberapa studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukan bahwa rokok elektronik tetap mengandung partikel pencetus kanker dan peradangan organ pernapasan yang membuat bakteri lebih tahan terhadap antibiotik yang diberikan.

Artinya, rokok elektronik sama saja bahayanya untuk kesehatan Anda dengan rokok konvensional. Masih belum percaya? Maka sudah saatnya Anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini mengenai fakta tentang rokok elektronik:

1. Dipromosikan lebih aman dibanding rokok biasa.

Stanton Glantz seorang peneliti masalah penggunaan tembakau di California, pernah mengatakan bahwa asap yang ditimbulkan oleh rokok elektronik lebih tidak beracun dibanding rokok biasa.

Namun tidak lama kemudian akhirnya ia meralat pernyataannya, karena sedikitnya terdapat 13 penelitian yang menunjukkan risiko yang besar dibanding yang para peneliti duga selama ini, diantaranya:

  • Risiko peningkatan gejala asma
  • Risiko penyaki jantung
  • Serta gejala stroke, yang kian terjadi pada pengguna rokok elektronik.

2. Bercampurnya partikel Nikotin dan Perisa Rokok membawa efek yang berbahaya.

Vapor biasanya dibarengi dengan perisa atau elemen penambah rasa. Hal yang Anda harus ketahui, perisa tersebut tak lebih justru menambah derajat keparahan dampak buruk pada kondisi tubuh dalam penggunaan rokok elektronik tersebut.

Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya:

Kelarutan dari nikotin dan perisa rokok yang ada membuat iritasi pada organ paru, senyawa yang larut itu akan berubah menjadi senyawa karbonil, yang merupakan salah satu senyawa penyebab kanker, disamping formaldehida dan asetaldehida.

Pada awal dibuat rokok elektronik tidak disertai dengan pengatur suhu untuk membuat nikotin yang dilepaskan lebih banyak, dibanding dengan rokok elektronik yang beredar saat ini dan tentunya hal ini lebih berbahaya.

Lalu apakah jika penggunaan vapor tanpa perisa jadi tidak berbahaya? Jawabnya sama saja bahayanya. Namun dengan penambahan perisa, Anda semakin menambah kegawatan risiko kondisi tubuh yang ada.

3. Partikel asap yang sangat kecil menjangkau lebih luas organ Paru.

Di dalam asap yang ditimbulkan dari rokok elektronik ini, ukuran partikel padat yang dihasilkan lebih kecil dibanding dengan rokok biasa, sehingga membuat sumbatan yang lebih luas karena mampu mengjangkau daerah-daerah yang lebih sempit di organ pernafasan, dalam hal ini paru-paru.

Berat partikel dari rokok elektronik ini sekitar 3 miligram per kubik meter udara, yang artinya 100x lipat lebih tinggi dari batasan normal sebuah udarah yang dapat dihirup selama 24 jam non-stop, hal ini akan berdampak pada pengendapan partikel padat dari asap rokok elektronik dalam.

4. Rokok elektronik membuat bakteri berbahaya lebih sulit untuk dibunuh.

Penelitian yang dilaporkan oleh Laura Crotty menyebutkan bahwa para ahli paru dan peneliti menemukan dalam rokok elektronik bakteri Staphylococcus Aureus yang tahan antibiotik, bakteri yang pada dasarnya lazim ditemukan pada tubuh manusia, namun mampu menyerang tubuh disaat penurunan kondisi.. Staphyloccus aureus diketahui merupakan bakteri yang lazim menginfeksi pada saluran nafas dan infeksi pada daerah kulit.

Kekebalan S. Aureus pada antibiotik ini diduga akibat dari paparan nikotin dari asap rokok elektronik yang membuat mereka mempunyai kemampuan untuk membentuk lapisan yang mampu melindungi diri dari ancaman antibiotik yang kita berikan.

Dalam pemberitahuan terbarunya, Komisi Obat dan Makanan di Amerika tidak memberikan garansi bahwa rokok elektronik lebih aman dibandingkan dengan rokok biasa, namun ada baiknya jika anda seorang perokok dan ingin mengalihkan perhatian anda terhadap rasa lapar akan rokok, pilihan beralih ke rokok elektronik bukan hal yang bijaksana.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Payudara Cepat Kendur Jika Tidur Tanpa Bra, Mitos atau Fakta?

Payudara Cepat Kendur Jika Tidur Tanpa Bra, Mitos atau Fakta?

Benarkah payudara bisa cepat kendur kalau tetap memakai bra saat tidur? Apakah memang memakai bra dapat membuat payudara cepat turun? Selama ini jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut kerap simpang-siur. Berikut ini penjelasan ahli kesehatan mengenai berbagai mitos seputar bra dan payudara:1. Payudara Cepat Kendur Bila Tidur Tanpa BraBeberapa wanita masih percaya bila tidur tanpa bra bisa menyebabkan payudara kendur. Namun hal ini hanya mitos. Dr Alfiah Amiruddin, MD, MS, selaku ahli bedah payudara RS Mitra Kemayoran, menjelaskan, tidur memang sebaiknya tidak memakai bra untuk memberikan payudara kesempatan 'bernapas'. "Setiap hari kita pakai bra dari pagi sampai malam maka sebaiknya saat tidur dilepas untuk memperlancar aliran darah dan oksigen," tutur dokter Alfiah kepada wolipop saat acara Sorella di Coffe Club, Senayan City, Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2013).Perlu diketahui penyebab utama payudara kendur menurut dokter Alfiah adalah usia. Selain itu, gravitasi, pola diet, kehamilan, dan menyusui juga faktor yang membuat payudara cepat turun.2. Tidak Pakai Sport Bra Saat Olahraga Buat Payudara KendurSebagian wanita percaya bahwa saat olahraga harus memakai sports bra kare [...]

Jadikan Ramadhan Sarana untuk Berhenti Merokok

Jadikan Ramadhan Sarana untuk Berhenti Merokok

Bulan suci ramadhan merupakan kesempatan yang sangat baik bagi seluruh umat muslim untuk memulai gaya hidup sehat dan menjauhkan diri dari segala kebiasaan buruk, termasuk merokok. Sebagian besar perokok merasa begitu kesulitan untuk berhenti merokok sekalipun sudah diberikan informasi mengenai bahaya merokok yang bisa berujung kematian, seperti kanker paru. Namun sebetulnya mereka bisa saja berhenti merokok jika disertai niat yang kuat, contohnya saat melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Seseorang pernah berkata ?Kita tidak bisa merokok selama berpuasa. Saya menjadi berpikir jika kita bisa berhenti merokok selama satu hari penuh, tidak ada alasan bagi saya untuk tidak dapat berhenti sama sekali.? Minggu pertama bulan puasa pasti terasa lebih berat untuk menahan diri agar tidak makan, tidak minum, dan menahan hawa nafsu. Begitu juga dengan merokok, pada awalnya pasti akan kesulitan, namun seiring berjalannya waktu, Anda pasti bisa dan menjadi terbiasa. Cobalah bulatkan niat di bulan suci ini untuk berhenti merokok dan lanjutkan kebiasaan tersebut sekalipun Ramadhan sudah berakhir. Saat ini ada berbagai metode untuk berhenti merokok, seperti: Nicotine Replacement Therapy (NRT): t [...]

Hari Olahraga Nasional: Seberapa Penting?

Hari Olahraga Nasional: Seberapa Penting?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Tanggal 9 September kita memperingati Hari Olahraga Nasional. Tanggal tersebut dicanangkan karena merupakan hari Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang diselenggarakan Indonesia, yaitu pada tanggal 9-12 September 1948 di Surakarta. Ternyata bukan hanya Indonesia yang memperingati hari olahraga. Tahun ini, Vuk Jeremic, presiden majelis umum PBB mengumumkan bahwa telah dikeluarkan sebuah resolusi yang menetapkan tanggal 6 April sebagai hari internasional olahraga untuk pembangunan dan perdamaian. Sebelumnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa olahraga memiliki kekuatan mengubah suatu bangsa; mampu menginspirasi, menyatukan dan meruntuhkan hambatan/rintangan sosial dan ras, bahkan menumbuhkan kualitas-kualitas seperti rasa hormat, keadilan, dan ketekunan. Apakah pernyataan ini terlalu hiperbolis atau justru suatu gol yang dapat dicapai? Meskipun pernyataan-pernyataan tersebut terdengar muluk, akan tetapi sebenarnya hal ini bukan hal yang tidak pernah dilakukan. Beberapa contoh yang sudah dilakukan di berbagai penjuru dunia adalah: Parivartan adalah sebuah proyek di Mumbai, India yang sasarannya adalah anak laki-laki dan laki-laki muda. Pr [...]

Memilah Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Memilah Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Seorang bayi tidak bisa menepuk nyamuk yang ingin menggigitnya. Maka dari itu peran obat nyamuk sangat penting untuk mencegah si Kecil dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti demam berdarah. Namun Anda harus hati-hati karena tidak semua jenis obat nyamuk aman untuk bayi. Mengaplikasikan obat nyamuk pada bayi tidak boleh sembarangan. Ada bahan aktif dan dosis tertentu pada obat nyamuk yang tidak aman dioleskan ke kulit bayi. Bahan aktif yang kerap digunakan pada obat nyamuk yaitu DEET. Ini adalah zat yang dinilai paling efektif menangkal nyamuk hinggap di kulit. Sayangnya, bayi berusia 2 bulan ke bawah tidak boleh memakai obat nyamuk mengandung DEET. Zat aktif lainnya yang tidak boleh digunakan oleh bayi dengan usia tersebut antara lain picaridin (memiliki efek yang sama seperti DEET), IR3535 dan minyak lemon eukaliptus. Khusus obat nyamuk yang mengandung minyak lemon eukaliptus, Anda baru diperbolehkan mengoleskannya ke kulit si Kecil saat dia berusia tiga tahun ke atas. Untuk masalah dosis, jangan pilih obat nyamuk yang mengandung DEET sebanyak 30 persen atau lebih. Takaran tersebut tidak direkomendasikan untuk si Kecil. Lagipula, tinggi rendahnya zat [...]

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Kondisi tubuh manusia bisa berubah-ubah setiap waktu. Tubuh manusia memiliki siklus yang dinamakan ritme sirkadian, yaitu naik-turunnya hormon (fluktuasi) yang terjadi pada jam-jam tertentu. Fluktuasi ini berpengaruh terhadap suhu tubuh dan tekanan darah yang bisa mengubah mood, emosi hingga tingkat energi. Menurut sejumlah ahli dan penelitian, ritme sirkadian ini juga menentukan waktu-waktu terbaik kapan Anda harus bangun pagi, ketika ingin hamil atau kapan wajah Anda terlihat paling menarik.(hst/hst) [...]

Cara Mencegah Cedera Hamstring

Cara Mencegah Cedera Hamstring

Bagi Anda penggemar sepakbola, istilah cedera hamstring tentu tidak asing lagi di telinga. Cedera ini sering sekali mendera para atlit sepakbola. Apa sebenarnya cedera hamstring itu? (Baca: Apa Itu Cedera Hamstring) Di balik tungkai atas atau paha kita, terdapat sejumlah otot yang senantiasa menopang pergerakkan kita dalam hampir setiap olahraga. Otot- otot ini ketika bekerja dalam waktu yang cukup lama, akan mengalami strain atau peregangan. Muscle strain adalah bentuk cedera otot tersering yang pada dasarnya dapat mengenai otot mana saja yang dipakai secara berlebihan. Seseorang yang mengalami muscle strain memerlukan waktu yang tidak singkat untuk proses penyembuhan dapat terjadi sempurna. Lalu bagaimana kita dapat mencegah cedera otot ini? (Baca: Cedera Otot? Jangan Asal Urut!) Lakukan stretching setiap sebelum olahraga, apapun bentuk olahraga Anda. Stretching adalah cara terampuh untuk mencegah terjadinya cedera otot, dalam olahraga otot kita bekerja berkali lipat dari biasanya, sehingga tanpa stretching. Otot manapun dari tubuh kita potensial untuk mengalami cedera. (Baca: Program Olahraga) Durasi stretching bergantung pada jenis olahraga yang Anda lakukan, semaki [...]

Cuaca Cerah: Perlu Pakai Sunscreen?

Cuaca Cerah: Perlu Pakai Sunscreen?

Oleh: dr. Nadia Octavia Aktivitas diluar ruangan bisa berisiko pada kesehatan kulit jika meluputkan penggunaan sunscreen atau tabir surya. Sinar ultra violet matahari akibat cuaca global yang tak menentu akhir-akhir ini menyimpan dampak yang berpotensi tidak hanya merusak fungsi mata tapi juga pada kulit. Namun bagaimanapun acapkali aktivitas luar ruangan tidak dapat dihindari. Simak beberapa tips berikut ini untuk mengkiatkan solusinya. Bagaimana terhindar dari bahaya dari sinar matahari? Hindari sinar matahari pada pk. 10.00 - 14.00 Ini merupakan waktu paling utama untuk terpapar sinar radiasi ultraviolet (UV) matahari yang dapat merusak kulit, bahkan saat cuaca mendung. Gunakan pakaian pelindung Gunakan celana panjang, baju lengan panjang dan kacamata hitam. Anda juga dapat menggunakan topi lebar ataupun payung untuk terlindung dari sinar matahari. Gunakan sunscreen Aplikasikan sunscreen secara reguler. Apakah broad-spectrum sunscreen itu? Terdapat dua jenis sinar UV yang dapat membahayakan kulit: UVA dan UVB. Broad-spectrum sunscreen dapat melindungi Anda dari keduanya. Sinar UVA dapat mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit Anda seperti kerut dan bintik-bintik [...]

Antibiotik Bisa Memicu Kekebalan Bakteri

Antibiotik Bisa Memicu Kekebalan Bakteri

Sejak ditemukan antibiotik oleh Alexander Flemming pada tahun 1920-an, penggunaan antibiotik kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Namun kecenderungan yang terjadi, penggunaan antibiotik secara berlebihan justru menimbulkan kerugian. Tidak hanya bagi orang yang mengonsumsi antibiotik, pada sisi lain akan berdampak lebih luas. Ada berbagai antibiotik yang tersedia dengan beragam merek. Biasanya antibiotik dikelompokkan berdasarkan bagaimana cara kerjanya. Tiap jenis antibiotik hanya bekerja melawan bakteri atau parasit jenis tertentu. Itulah alasan antibiotik yang berbeda digunakan untuk mengobati jenis-jenis infeksi yang berbeda pula. Pemilihan Antibiotik Pilihan antibiotik tergantung pada beberapa hal, antara lain: Jenis bakteri yang dituju. Bagian mana dari bakteri yang dituju. Tujuan penggunaan untuk membunuh seluruh bakteri atau terbatas menghentikan perkembangannya. Seberapa lama antibiotik akan digunakan. Bagaimana antibiotik itu akan digunakan. Faktor-faktor lain yang memengaruhi pilihan sebuah antibiotik, termasuk seberapa parah infeksi yang terjadi, bagaimana kondisi ginjal dan hati, jadwal konsumsi serta obat lain yang menyertai, kemungkinan efek samping, dan catatan [...]

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun kondisi ini sering membuat tidak nyaman dan resah. Bagaimana cara mengatasinya? Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi. Menangani Keputihan Tidak Normal Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti: infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur. Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri. Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri seperti: Kompres dingin [...]

5 Rempah dari Dapur untuk Merawat Rambut dan Kulit Secara Alami

5 Rempah dari Dapur untuk Merawat Rambut dan Kulit Secara Alami

Langkah menuju kulit cantik dan sehat ternyata tidak harus selalu dengan produk mahal atau perawatan di salon/spa. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan dari dapur sendiri, kulit jadi indah dan bebas dari masalah. Pakar diet Lisa Moskovitz, R.D., menyebutkan ada beberapa jenis rempah yang memiliki khasiat anti radang dan efektif merawat kulit serta rambut agar tetap sehat. Ini dia lima diantaranya yang disarankan para ahli kesehatan, seperti dikutip dari Women's Health.1. Kayu ManisKayu manis mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan lingkungan yang tidak bersahabat. Rempah yang biasa digunakan dalam campuran kari, kue dan minuman ini juga melancarkan peredaran dan sirkulasi darah, membantu menyempurnakan perbaikan dan regenerasi sel kulit. Ahli dermatologi asal New York, Jessica Weiser, M.D., menyarankan untuk menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke minuman teh, susu atau kopi, atau bisa juga ditaburkan di atas bubur oatmeal.2. Bawang Putih BubukKaya akan asam amino cycteine, bawang putih bisa memperkuat akar-akar rambut agar tidak mudah patah ataupun rontok. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Indian Jour [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *