Rokok Elektronik Sama Saja Bahayanya dengan Rokok Biasa

rokok-elektronik-vapor-bahaya.jpg

Rokok Elektronik atau yang sedang tren belakang ini dengan sebutan vapor saat ini, dijual dengan promosi lebih tidak beracun dibandingkan rokok biasa. Dengan populer istilah ?vapor?, rokok elektronik senantiasa digaungkan dengan ciri khas pengepul uap air yang disugestikan tidak berbahaya bagi tubuh.

Namun kenyataannya, beberapa studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukan bahwa rokok elektronik tetap mengandung partikel pencetus kanker dan peradangan organ pernapasan yang membuat bakteri lebih tahan terhadap antibiotik yang diberikan.

Artinya, rokok elektronik sama saja bahayanya untuk kesehatan Anda dengan rokok konvensional. Masih belum percaya? Maka sudah saatnya Anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini mengenai fakta tentang rokok elektronik:

1. Dipromosikan lebih aman dibanding rokok biasa.

Stanton Glantz seorang peneliti masalah penggunaan tembakau di California, pernah mengatakan bahwa asap yang ditimbulkan oleh rokok elektronik lebih tidak beracun dibanding rokok biasa.

Namun tidak lama kemudian akhirnya ia meralat pernyataannya, karena sedikitnya terdapat 13 penelitian yang menunjukkan risiko yang besar dibanding yang para peneliti duga selama ini, diantaranya:

  • Risiko peningkatan gejala asma
  • Risiko penyaki jantung
  • Serta gejala stroke, yang kian terjadi pada pengguna rokok elektronik.

2. Bercampurnya partikel Nikotin dan Perisa Rokok membawa efek yang berbahaya.

Vapor biasanya dibarengi dengan perisa atau elemen penambah rasa. Hal yang Anda harus ketahui, perisa tersebut tak lebih justru menambah derajat keparahan dampak buruk pada kondisi tubuh dalam penggunaan rokok elektronik tersebut.

Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya:

Kelarutan dari nikotin dan perisa rokok yang ada membuat iritasi pada organ paru, senyawa yang larut itu akan berubah menjadi senyawa karbonil, yang merupakan salah satu senyawa penyebab kanker, disamping formaldehida dan asetaldehida.

Pada awal dibuat rokok elektronik tidak disertai dengan pengatur suhu untuk membuat nikotin yang dilepaskan lebih banyak, dibanding dengan rokok elektronik yang beredar saat ini dan tentunya hal ini lebih berbahaya.

Lalu apakah jika penggunaan vapor tanpa perisa jadi tidak berbahaya? Jawabnya sama saja bahayanya. Namun dengan penambahan perisa, Anda semakin menambah kegawatan risiko kondisi tubuh yang ada.

3. Partikel asap yang sangat kecil menjangkau lebih luas organ Paru.

Di dalam asap yang ditimbulkan dari rokok elektronik ini, ukuran partikel padat yang dihasilkan lebih kecil dibanding dengan rokok biasa, sehingga membuat sumbatan yang lebih luas karena mampu mengjangkau daerah-daerah yang lebih sempit di organ pernafasan, dalam hal ini paru-paru.

Berat partikel dari rokok elektronik ini sekitar 3 miligram per kubik meter udara, yang artinya 100x lipat lebih tinggi dari batasan normal sebuah udarah yang dapat dihirup selama 24 jam non-stop, hal ini akan berdampak pada pengendapan partikel padat dari asap rokok elektronik dalam.

4. Rokok elektronik membuat bakteri berbahaya lebih sulit untuk dibunuh.

Penelitian yang dilaporkan oleh Laura Crotty menyebutkan bahwa para ahli paru dan peneliti menemukan dalam rokok elektronik bakteri Staphylococcus Aureus yang tahan antibiotik, bakteri yang pada dasarnya lazim ditemukan pada tubuh manusia, namun mampu menyerang tubuh disaat penurunan kondisi.. Staphyloccus aureus diketahui merupakan bakteri yang lazim menginfeksi pada saluran nafas dan infeksi pada daerah kulit.

Kekebalan S. Aureus pada antibiotik ini diduga akibat dari paparan nikotin dari asap rokok elektronik yang membuat mereka mempunyai kemampuan untuk membentuk lapisan yang mampu melindungi diri dari ancaman antibiotik yang kita berikan.

Dalam pemberitahuan terbarunya, Komisi Obat dan Makanan di Amerika tidak memberikan garansi bahwa rokok elektronik lebih aman dibandingkan dengan rokok biasa, namun ada baiknya jika anda seorang perokok dan ingin mengalihkan perhatian anda terhadap rasa lapar akan rokok, pilihan beralih ke rokok elektronik bukan hal yang bijaksana.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kesehatan Gigi dan Mulut pada Penderita Hipertensi

Kesehatan Gigi dan Mulut pada Penderita Hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi, dalam istilah medis disebut hipertensi, adalah salah satu masalah kesehatan yang paling banyak diderita di seluruh dunia. Di Amerika, diperkirakan sebanyak 67 juta orang menderita hipertensi. Penyakit ini sering disebut ?silent killer? karena dapat berakibat fatal dan berujung kepada kematian, namun tidak menunjukkan gejala yang khas/berat sehingga banyak penderita yang tidak menyadarinya. Prevalensi hipertensi di Indonesia pun cukup tinggi. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007, sebagian besar kasus hipertensi di masyarakat belum terdiagnosis. Dari hasil pengukuran tekanan darah pada subyek berusia 18 tahun ke atas ditemukan prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 31,7%, namun hanya 7,2% diantaranya yang sudah mengetahui memiliki hipertensi, dan hanya 0,4% kasus yang terkontrol (minum obat hipertensi). Kesehatan Gigi dan Mulut pada Penderita Hipertensi Penderita hipertensi memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, stroke, gagal ginjal dan kebutaan. Dalam kondisi normal, tekanan darah saat jantung memompa darah (tekanan sistolik) adalah < 120 mmHg, sementara tekanan darah saat jantung istiraha [...]

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Kebanyakan orang tua merasa takut bahwa pendidikan seksual pada anak akan membuat anak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, apakah demikian? Kamus Besar Bahasa Indonesia, memberi 2 pemaknaan terhadap kata ?seksual?. Salah satunya adalah ?berkenaan dengan seks (jenis kelamin)?. Bila kita pikirkan lebih jauh, maka intisari dari pendidikan seksual pada anak adalah untuk mengajarkan anak mengenai jenis kelaminnya, mengenal diri sendiri lebih jauh dan bagaimana melindungi dan menjaga diri sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuannya sebenanrnya untuk kepentingan anak sendiri. Pernahkan kita memikirkan bahwa dengan memberikan pengetahuan dan bimbingan yang baik dan benar, pendidikan seksual sebenarnya malah dapat melindungi anak dari kerusakan fisik dan mental di masa depan? Hal ini merupakan satu hal yang perlu kita renungkan dan pikirkan matang-matang, terutama terkait dengan makin berkembangnya kengerian akan pelecehan seksual pada anak. Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting? Martin A. Finkel Karena sekitar 40% korban pelecehan seksual anak berada pada usia di bawah 6 tahun dan 20%nya berusia d [...]

Inggris Berencana Batasi Ibu Melahirkan Caesar

Inggris Berencana Batasi Ibu Melahirkan Caesar

Ibu-ibu di Inggris kini tidak bisa dengan gampangnya memilih metode melahirkan melalui operasi caesar. Penyebabnya National Health Service akan membatasinya karena dianggap pemborosan.Seperti dikutip dari Daily Mail, pihak NHS hanya akan mengizinkan wanita melahirkan caesar jika wanita tersebut memiliki risiko kesehatan saat melahirkan normal. Menurut pihak NSH, proses melahirkan caesar yang sekarang ini makin banyak dilakukan membuat jutaan poundsterling uang NSH tersia-siakan setiap tahunnya."Kami harus menyeimbangkan semuanya di masa depan, mulai dari kanker sampai sakit jantung. Soal perawatan, kita juga harus mulai mengurangi pengeluaran, proses caesar itu salah satunya," jelas Pimpinan NHS Allince Dr Michael Dixon.Saat ini pembatasan melahirkan caesar sudah mulai dilakukan di beberapa rumah sakit di Inggris. Rumah sakit tersebut di antaranya Cornwall dan the Isles of Scilly, Herefordshire, Bristol, South Staffordshire, County Durham, Dorset, Derbyshire, dan Bournemouth and Poole.Pembatasan tersebut hanya berlaku pada proses caesar yang direncanakan. Sedangkan wanita yang melahirkan caesar karena alasan darurat tentu tidak ikut dalam pembatasan tersebut.Beberapa pakar keseh [...]

Ingin Tubuh dan Pikiran Lebih Sehat, Sempatkan Berlibur Tiap Tahun

Ingin Tubuh dan Pikiran Lebih Sehat, Sempatkan Berlibur Tiap Tahun

Liburan bukan hanya kegiatan untuk bersenang-senang dan melepaskan diri sejenak dari suntuknya pikiran karena pekerjaan setiap hari. Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, liburan juga bisa meningkatkan kesehatan fisik. Liburan yang berkualitas bahkan bisa membantu menurunkan tekanan darah hingga risiko penyakit jantung. Sejumlah penelitian telah mengungkapkan berbagai manfaat liburan untuk kesehatan, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Mencegah Penyakit JantungStudi yang dilakukan di National Heart , Lung & Blood Institute di Bethesda, Maryland menunjukkan bahwa wanita yang rutin bepergian ke luar kota atau luar negeri, minimal dua kali dalam satu tahun risiko terkena penyakit jantung delapan kali lebih kecil ketimbang mereka yang jarang atau tidak pernah bepergian.2. Jauh dari KegemukanSebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine mengungkapkan, wanita yang sering berekreasi memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil dan indeks massa tubuh lebih rendah ketimbang wanita yang tidak pernah menyempatkan diri untuk plesiran ke manapun. 3. Kualitas Tidur Lebih BaikMasih dalam penelitian yang sama, yang diterbitkan jurnal Psychosomatic Medicine, [...]

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Indonesia adalah negara ke 7 di dunia dalam peringkat jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Wakil Gubernur DKI, Ir. Basuki Tjahaya Purnama memiliki ambisi DKI Jakarta harus menjadi role model pengentasan diabetes di Indonesia. ?Acara ini sudah menjadi agenda tahunan dari produk Diabetasol sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan pola hidup sehat 3J, yaitu Jumlah kalor untuk dibatasi, Jenis asupan nutrisi untuk diteliti sebelum dipilih, dan Jadwal asupan nutrisi untuk dijalani,? ujar Ongkie Tedjasurja, Chief Marketing Officer PT. Kalbe Farma, Tbk.Acara yang diadakan oleh PT. Kalbe Farma, Tbk., melalui salah satu brand-nya, Diabetasol ini merupakan puncak dari serangkaian acara Diabetasol Funwalk yang telah diadakan di lebih dari 33 kota di Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan jumlah peserta lebih dari 250.000 orang. Serangkaian acara lainnya dilakukan sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan edukasi pola hidup sehat 3J.?Semua orang harus tes gula darah. Pergi ke Puskesmas, ke klinik, ke dokter, kemana kek, yang penting harus tes kesehatan gula darah. Karena diabetes ini berbahaya, ngga ketahuan. Ketahuannya ya harus di tes. Sementara [...]

Tips Memilih Bantal yang Tepat Sesuai Kebiasaan Tidur

Tips Memilih Bantal yang Tepat Sesuai Kebiasaan Tidur

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda, ada yang lebih suka tidur telentang, tengkurap, menyamping atau meringkuk. Agar kualitas tidur lebih baik, diperlukan jenis bantal tertentu yang bisa mengakomodasi saat seseorang tidur dengan posisi tertentu.Menurut Joseph Ojile, M.D., pendiri dan managing director Clayton Sleep Institute di St. Louis, Missouri, posisi tidur bisa menentukan bantal seperti apa yang paling tepat untuk Anda. "Anda membutuhkan bantal yang bisa menopang kepala tetap dalam posisi netral, dan itu bisa diketahui dengan mengenali gaya tidur Anda," ujar Joseph.Joseph pun memberikan tips memilih bantal yang tepat sesuai kebiasaan tidur Anda, seperti dikutip dari Women's Health Mag.1. Tidur TelentangOrang yang terbiasa tidur telentang memerlukan bantal yang tipis dan agak datar agar kepala lebih sejajar dengan tubuh. Memakai bantal yang terlalu tebal dan tinggi bisa membuat tulang pada tengkuk dan tulang belakang tertekan, sehingga akan terasa sakit saat bangun di pagi harinya. Selain itu tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh akan membuat postur kurang sempurna dan jadi bungkuk.2. Punya AlergiPilihlah bahan dari material sintetis, bu [...]

Daftar Makanan Untuk Jantung Sehat

Daftar Makanan Untuk Jantung Sehat

Siapa yang tidak ingin memiliki jantung yang sehat. Ingin jantung sehat, berikut Daftar Makanan untuk jantung sehat; Brokoli Brokoli mengandung vitamin B dan Foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Selain itu, nutrisi alami tersebut juga baik untuk jantung jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat. Kemudian beri perasan lemon, ekstra virgin olive oil dan bila suka pedas taburi dengan bubuk cabai. Sayuran Berdaun Hijau Bayam, kangkung, daun lobak, dan sayuran dengan daun warna hijau adalah makanan yang menganggumkan karena mengandung zat besi, vitamin C, keduanya bagus untuk kesehatan tulang, gigi dan rambut, selain itu kandungan vitamin A dan magnesium akan menjaga kesehatan tubuh. Semua nutrisi baik itu juga akan baik untuk jantung. Sayuran tersebut bisa menjadi apa saja untuk dimakan, namun jangan terlalu lama memasaknya agar nutrisi alaminya tidak hilang. Asparagus Sayuran hijau ini ampuh menjaga kesehatan jantung. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung dari radang. Selain itu asparahus juga rendah kalori. Kacang Merah Kacang-kacangan menga [...]

Sering Pakai Earphone, Waspadai Kerusakan Permanen Telinga!

Sering Pakai Earphone, Waspadai Kerusakan Permanen Telinga!

Tahukah Anda bahwa mendengarkan lagu atau sekedar melihat-lihat video dengan gadget atau smartphone Anda melalui earphone, headphone, dan perangkat sejenis lainnya bisa membahayakan telinga Anda? Benar, berdasarkan penelitian, suara yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran Anda. Lantas, seberapa keraskah ambang batas suara yang boleh kita dengar? Jika Anda dapat mendengar suara melalui headphone atau earphone orang lain. Hal tersebut adalah indikasi bahwa suara yang didengar terlalu kencang dan akan menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran. (Baca: Headphone Berpotensi Merusak Pendengaran) Berdasarkan penelitian suara yang berada pada level 85dB (decibel, satuan volume suara) ke bawah, dinyatakan aman bagi pendengaran. Jika Anda terpaparakan suara yang rata-rata melebihi 90dB selama lebih dari 8 jam per hari, maka akan terjadi kerusakan permanen pada organ pendengaran Anda. Karena itulah pekerja di proyek bangunan atau pun bandara selalu mengenakan pelindung telinga agar mencegah terjadinya kerusakan permanen pada organ pendengaran Anda. Sebagai acuan bagi Anda, tahukah Anda bahwa sebuah bisikan di telinga memiliki kekuatan 30dB, suara lalu l [...]

Larangan Merokok Di Mobil

Larangan Merokok Di Mobil

Beberapa negara di dunia telah banyak melarang merokok di dalam mobil dikarenakan dapat membahayakan kesehatan mereka yang berada di dalam mobil sebagai perokok pasif. Larangan merokok dalam mobil sudah banyak diterapkan di beberapa negara bagian di Canada, Amerika Serikat, Australia dan seluruh bagian Afrika Selatan. Bahkan asosiasi dokter di Inggris turut mendorong pemerintahnya dalam membuat larangan merokok dalam mobil selain larangan merokok di tempat umum. Hal ini diperkuat berdasarkan hasil penelitian Dr. james Cant dari the British Lung Foundation yang menemukan bahwa kadar toxin atau racun akibat asap rokok di dalam mobil mampu mencapai 23 kali lebh tinggi dibandingkan bar yang penuh dengan asap rokok, seperti dilansir oleh BBC News Health. Kiranya hal ini juga menjadi perhatian oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dalam mencanangkan larangan merokok di dalam mobil demi kesehatan bangsa.[](E) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *