Rokok Elektronik Sama Saja Bahayanya dengan Rokok Biasa

rokok-elektronik-vapor-bahaya.jpg

Rokok Elektronik atau yang sedang tren belakang ini dengan sebutan vapor saat ini, dijual dengan promosi lebih tidak beracun dibandingkan rokok biasa. Dengan populer istilah ?vapor?, rokok elektronik senantiasa digaungkan dengan ciri khas pengepul uap air yang disugestikan tidak berbahaya bagi tubuh.

Namun kenyataannya, beberapa studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukan bahwa rokok elektronik tetap mengandung partikel pencetus kanker dan peradangan organ pernapasan yang membuat bakteri lebih tahan terhadap antibiotik yang diberikan.

Artinya, rokok elektronik sama saja bahayanya untuk kesehatan Anda dengan rokok konvensional. Masih belum percaya? Maka sudah saatnya Anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini mengenai fakta tentang rokok elektronik:

1. Dipromosikan lebih aman dibanding rokok biasa.

Stanton Glantz seorang peneliti masalah penggunaan tembakau di California, pernah mengatakan bahwa asap yang ditimbulkan oleh rokok elektronik lebih tidak beracun dibanding rokok biasa.

Namun tidak lama kemudian akhirnya ia meralat pernyataannya, karena sedikitnya terdapat 13 penelitian yang menunjukkan risiko yang besar dibanding yang para peneliti duga selama ini, diantaranya:

  • Risiko peningkatan gejala asma
  • Risiko penyaki jantung
  • Serta gejala stroke, yang kian terjadi pada pengguna rokok elektronik.

2. Bercampurnya partikel Nikotin dan Perisa Rokok membawa efek yang berbahaya.

Vapor biasanya dibarengi dengan perisa atau elemen penambah rasa. Hal yang Anda harus ketahui, perisa tersebut tak lebih justru menambah derajat keparahan dampak buruk pada kondisi tubuh dalam penggunaan rokok elektronik tersebut.

Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya:

Kelarutan dari nikotin dan perisa rokok yang ada membuat iritasi pada organ paru, senyawa yang larut itu akan berubah menjadi senyawa karbonil, yang merupakan salah satu senyawa penyebab kanker, disamping formaldehida dan asetaldehida.

Pada awal dibuat rokok elektronik tidak disertai dengan pengatur suhu untuk membuat nikotin yang dilepaskan lebih banyak, dibanding dengan rokok elektronik yang beredar saat ini dan tentunya hal ini lebih berbahaya.

Lalu apakah jika penggunaan vapor tanpa perisa jadi tidak berbahaya? Jawabnya sama saja bahayanya. Namun dengan penambahan perisa, Anda semakin menambah kegawatan risiko kondisi tubuh yang ada.

3. Partikel asap yang sangat kecil menjangkau lebih luas organ Paru.

Di dalam asap yang ditimbulkan dari rokok elektronik ini, ukuran partikel padat yang dihasilkan lebih kecil dibanding dengan rokok biasa, sehingga membuat sumbatan yang lebih luas karena mampu mengjangkau daerah-daerah yang lebih sempit di organ pernafasan, dalam hal ini paru-paru.

Berat partikel dari rokok elektronik ini sekitar 3 miligram per kubik meter udara, yang artinya 100x lipat lebih tinggi dari batasan normal sebuah udarah yang dapat dihirup selama 24 jam non-stop, hal ini akan berdampak pada pengendapan partikel padat dari asap rokok elektronik dalam.

4. Rokok elektronik membuat bakteri berbahaya lebih sulit untuk dibunuh.

Penelitian yang dilaporkan oleh Laura Crotty menyebutkan bahwa para ahli paru dan peneliti menemukan dalam rokok elektronik bakteri Staphylococcus Aureus yang tahan antibiotik, bakteri yang pada dasarnya lazim ditemukan pada tubuh manusia, namun mampu menyerang tubuh disaat penurunan kondisi.. Staphyloccus aureus diketahui merupakan bakteri yang lazim menginfeksi pada saluran nafas dan infeksi pada daerah kulit.

Kekebalan S. Aureus pada antibiotik ini diduga akibat dari paparan nikotin dari asap rokok elektronik yang membuat mereka mempunyai kemampuan untuk membentuk lapisan yang mampu melindungi diri dari ancaman antibiotik yang kita berikan.

Dalam pemberitahuan terbarunya, Komisi Obat dan Makanan di Amerika tidak memberikan garansi bahwa rokok elektronik lebih aman dibandingkan dengan rokok biasa, namun ada baiknya jika anda seorang perokok dan ingin mengalihkan perhatian anda terhadap rasa lapar akan rokok, pilihan beralih ke rokok elektronik bukan hal yang bijaksana.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Alkohol dan Penyakit Jantung

Alkohol dan Penyakit Jantung

Manfaat dan bahaya alkohol bagi kesehatan seringkali disalahartikan oleh masyarakat awam pada umumnya. Sebenarnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan (secukupnya kurang dari setengah gelas per hari), alkohol dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Hal ini telah terbukti dengan adanya dua studi dari peneliti Kanada, bahwa mengkonsumsi satu atau dua gelas alkohol dapat mencegah penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol ?baik? (HDL). Satu tim peneliti dari University of Calgary meninjau ulang 84 studi yang menguji tentang konsumsi alkohol dan penyakit jantung. Mereka menyimpulkan bahwa orang yang minum alkohol dengan jumlah yang moderat mempunyai 14 sampai 25 persen lebih rendah untuk terserang penyakit jantung daripada mereka yang tidak meminum alkohol. Tim peneliti yang lain meninjau ulang 63 studi tentang hal yang sama dan menemukan bahwa dengan mengkonsumsi alkohol secara moderat (yang didefinisikan peneliti sebagai satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria) dapat meningkatkan kadar kolesterol ?baik? (HDL) secara signifikan. HDL ini memiliki efek pelindung dari penyakit jantung. Temuan yang dipublikasikan 22 Februari secara on [...]

Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Balita memiliki kecenderungan untuk sakit dan menjalani rawat inap lebih tinggi daripada orang dewasa. Tiap orang sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sejak masih kecil. Apalagi sistem kekebalan tubuh yang belum kuat membuat anak-anak lebih rentan untuk sakit dan menjalani rawat inap. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan untuk anak. Pahami arti Jika asuransi kesehatan orang dewasa berfungsi membagi risiko yang terjadi ketika sakit, asuransi kesehatan anak bertujuan memberikan fasilitas penunjang kebutuhan kesehatan, seperti biaya pengobatan rawat jalan, rawat inap, dan vaksinasi. Bersama orang tua Umumnya asuransi kesehatan untuk anak di bawah 24 tahun harus mengikutsertakan orang tua. Maka jika membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan pasangan, ada baiknya sekaligus mengikutsertakan anak. Dalam memilih asuransi untuk anak, pada dasarnya Anda sebaiknya membaca cara memilih asuransi kesehatan untuk orang dewasa. Sebelumnya, jika Anda dan atau pasangan bekerja tetap di sebuah perusahaan, periksa dulu fasilitas kesehatan yang diberikan kantor. Cobalah untuk memeriksa: Klaim persalinan: berapa nominal atau persentase bia [...]

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Selama ini, mungkin orang hanya tahu tomat baik untuk kesehatan mata. Ternyata masih banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan rajin mengonsumsi tomat. Ini dia tujuh khasiat dari buah oranye kemerahan ini, seperti dikutip dari Times of India.1. AntioksidanTomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene dan lycopene yang tinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan lycopene. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sandwich dengan potongan tomat segar atau tomat ceri sebagai camilan dalam bekal makan Anda sehari-hari.2. Menyehatkan MataKarena kandungannya akan vitamin A yang begitu tinggi, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Tomat akan menjaga mata dari risiko penyakit rabun senja.3. Mencegah KankerBanyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene yang dimiliki tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker usus besar) Lycopene dianggap sebagai antioksidan alami yang dapat memban [...]

Punya Riwayat Penyakit, Bisakah Saya Operasi?

Punya Riwayat Penyakit, Bisakah Saya Operasi?

Menjalani operasi bukanlah suatu hal yang ringan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, baik fisik maupun mental demi kelancaran proses operasi yang akan dijalani. Terkadang kita bertanya-tanya, saya pernah mengalami penyakit X, bisakah saya menjalani suatu operasi? Anda tidak perlu khawatir, tidak semua bentuk penyakit memiliki dampak dalam proses operasi. Jangan sampai riwayat penyakit tertentu menghambat Anda untuk menjalani suatu operasi yang Anda butuhkan. Namun Anda sendiri harus waspada, kenalilah keadaan-keadaan yang berpotensi memberikan hasil yang tidak diharapkan. Bila Anda ingin tahu jenis kondisi apa yang dapat mempengaruhi jalannya operasi, simak penjelasan di halaman berikut: Faktor yang Mempengaruhi Jalannya Operasi: Usia Pada pasien lanjut usia, umumnya ketahanan dan fungsi organ-organ tubuh telah mengalami penurunan. Hal yang dikhawatirkan berkurangnya kompensasi tubuh terhadap manipulasi organ yang dilakukan selama operasi. Selain itu, seringkali dalam usia lanjut telah ada beberapa penyakit yang kemungkinan belum terdeteksi. Oleh sebab itu pemeriksaan pasien lanjut usia yang akan menjalani operasi dilakukan secara lebih lengkap. Penyakit [...]

Pasangan Hidup Menentukan Kesehatan Jantung

Pasangan Hidup Menentukan Kesehatan Jantung

Menemukan pasangan hidup yang tepat adalah pilihan yang sulit. Pasangan hidup Anda akan menjadi pendamping Anda dalam menjalani aktivitas Anda sehari-hari sampai akhir hayat. Namun, peran pasangan hidup ternyata lebih dari itu. Mengacu pada sebuah penelitian tahap awal, ternyata pasangan yang saling mendukung dapat menurunkan risiko penyakit jantung lho! Apa pengaruh pasangan yang baik terhadap kesehatan Jantung? Pasangan yang baik menurunkan risiko terjadinya penebalan dinding pembuluh darah jantung. Penebalan dinding pembuluh darah jantung adalah kejadian awal yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penebalan ini terdiri dari kalsifikasi atau penumpukan kalsium pada dinding pembuluh darah. Peningkatan ketebalan dinding pembuluh darah dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung. (Baca: 7 Cara Cegah Sakit Jantung). Bagaimana ciri pasangan yang dapat dikatakan baik? Karakter pasangan yang dipelajari dalam penelitian ini adalah pasangan yang dapat membantu suami atau istrinya dalam menghadapi masalah. Pasangan yang dapat memberikan dukungan ketika melalui waktu sulit. Karakter pasangan yang positif memberikan dampak positif juga terhadap kehidupan pernikahan mereka. [...]

7 Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak

7 Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa orangtua adalah sumber referensi utama perilaku bagi anak. Oleh karena itu jika kita ingin memiliki perilaku anak yang baik maka berkacalah pada diri sendiri terlebih dahulu dengan membiasakan diri berperilaku baik sebelum meminta anak menjadi baik. (Baca: 5 Manfaat Kesehatan Anak Jika Makan Malam Bersama Keluarga) Berikut adalah kebiasaan orangtua yang menghasilkan perilaku buruk pada anak 1. Emosional Hindari kebiasaan emosional seperti cepat marah kepada anak, karena anak cenderung percaya bahwa hal buruk yang menyebabkan Anda marah karena kesalahan mereka. 2. Hindari sikap mengancam Perintah tanpa adanya komunikasi yang baik dengan cara memandang wajah anak saat berbicara akan berpengaruh buruk pada anak. Jika hendak memberitahu bahwa anak salah sebaiknya Anda berbicara dengan menatap anak dengan lembut dan perlihatkan ekspresi bahwa Anda tidak suka dengan apa yang dia lakukan. (Baca: Pukulan Fisik Dapat Menurunkan IQ Anak). 3. Memberikan predikat yang buruk Kebiasaan memberikan predikat yang buruk pada anak akan berdampak psikologis yang buruk pada anak. Anak akan menjadi tidak percaya diri, minder merasa bodoh dan anak akan merasa benci p [...]

Sedikit atau Banyak, Merokok Menyebabkan Radang Sendi

Sedikit atau Banyak, Merokok Menyebabkan Radang Sendi

Oleh: dr. Ema Anindia ?Merokok ringan? atau bisa juga disebut sebagai merokok hanya beberapa batang sehari dapat meningkatkan risiko terjadi penyakit radang sendi (atritis) terutama pada wanita. Seperti yang dilaporkan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia, peneliti menemukan bahwa wanita yang merokok bahkan dengan jumlah yang sangat sedikit dalam sehari ternyata tetap memiliki risiko tinggi untuk paparan penyakit radang sendi. Penelitian ini mengikuti 30.000 wanita selama periode 7 tahun, untuk melihat apakah merokok dapat meningkatkan risiko radang sendi. Setelah 7 tahun didapatkan hasil bahwa merokok sebanyak 1 batang hingga 7 batang dalam sehari saja dapat meningkatkan risiko untuk penyakit radang sendi sebanyak dua kali lipat (2,31 kali) pada bila dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Walaupun studi ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan bagaimana proses terjadinya radang sendi, dan tidak menjelaskan perbedaan antar jenis kelamin namun studi ini sangat baik bagi kesehatan masyarakat sebab dapat menghilangkan pemikiran dan paradigma dimana ada suatu level jumlah batang rokok yang aman untuk merokok. Merokok selain dapat meningkat [...]

Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik

Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik

Lebaran sebentar lagi mendekat. Anda dan keluarga mungkin sudah mempersiapkan rencana untuk bermudik baik dengan kendaraan darat, laut maupun udara. Aktivitas lalu-lalang lalu lintas di jalur pemudik pasti akan ramai dan padat. Sudah siapkah Anda untuk bermudik? Ketika bermudik pernahkan Anda atau istri atau anak atau saudara mengeluh mual, pusing dan kembung dalam perjalanan? Kemungkinan Anda dan orang terkasih mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan dalam dunia medis disebut dengan motion sickness yaitu suatu kondisi di mana seseorang merasa pusing, kembung, mual dan muntah selama perjalanan. Hal ini terjadi ketika ada perbedaan informasi yang diterima antara. mata dan bagian dalam telinga tempat kendali keseimbangan berada. Ini menyebabkan otak menerima informasi yang berbeda sehingga dapat memicu perasaan pusing, kembung, mual dan muntah. Hal ini dapat dirasakan pada perjalanan darat, laut maupun udara. (Baca: Persiapan Mudik Wanita Hamil) Ingin tahu lebih lanjut mengenai tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan? Klik next. Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik Dalam masyarakat, diperkirakan bahwa setiap 3 dari 10 oran [...]

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Anak yang lahir melalui operasi caesar cenderung tidak gemuk dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal, menurut sebuah penelitian di Brazil. Penelitian sebelumnya dari Brazil telah menemukan hubungan antara berat badan yang berlebihan dan caesar, menyebabkan beberapa ilmuwan menduga bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan karena anak tersebut tidak terkena bakteri ketika proses melahirkan, dimana bakteri tersebut adlaha bakteri yang bisa membuat anak menjadi gemuk. Tapi temuan terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa bukan itulah yang menjadi penyebabnya. Penelitian yang dilakukan di Brazil ini merupakan suatu kepentingan tertentu, karena pada tahun 2009, 50% lebih dari bayi-bayi di Brazil lahir secara caesar. Di Australia dan Amerika Serikat, jumlahnya terus naik selama bertahun-tahun dan sekarang sudah mencapai sekitar 30 persen. "sejak awal, kami telah mempunya pemikiran bahwa apa yang mungkin terjadi dengan penelitian sebelumnya adalah bahwa mereka tidak melakukan penyesuaian untuk semua faktor pembaur," kata Fernando Barros dari Universitas Katolik Pelotas, yang bekerja pada studi ini. Fator pembaur ini mengacu pada fakt [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *