Rombongan Penyakit Pengintai Pengungsi Korban Banjir

foto-banjir-bekasi-5-140120a.jpg

Musim penghujan dengan curah tinggi menyebabkan beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir. Masalah banjir ini membuat tidak sedikit orang memilih tinggal di pengungsian, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(k), MARS, DTM & H, DTCE mengingatkan untuk selalu waspada terhadap beberapa penyakit.

“Jangan sampai saat banjir masyarakat lupa kesehatan. Kalaupun memilih di pengungsian juga perlu memperhatikan kebersihan dan menjaga kesehatan,” katanya dalam video rilis yang diterima Liputan6.com, (20/1/2014). Prof. dr. Tjandra mengatakan ada tujuh penyakit yang perlu diwaspadai saat dipengungsian, yaitu:

1. Diare

Fasilitas dan sarana kebersihan di pengungsian serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua menjadi potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat. “Diare timbul juga karena makanan, untuk itu saat di pengungsian juga sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dan bersih. Selain itu juga perlu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan agar untuk menghindari penyakit diare,” kata Prof. Tjandra.

2. Infeksi Saluran Cerna atau Demam tifoid

Faktor kebersihan makanan memegang peranan penting untuk penyakit ini. Prof. Tjandra mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Menurut Prof. Tjandra penyakit ini disebabkan oleh menurunnya daya tahan tubuh, di pengungsian ada kemungkinan mudahnya penularan penyakit ini.

“Di kerumunan orang seperti saat di pengungsian itu kemungkinan untuk tertular lebih mudah. Kalau ada satu yang batuk maka ada kecenderungan semuanya ikut batuk,” katanya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Prof Tjandra mengingatkan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak menurun dengan mengonsumsi makanan yang bersih dan gizi seimbang.

4. Leptospirosis

“Tikus yang ada di dalam ktanah saat banjir biasanya muncul ke permukaan kemudian lewat kotoran atau air seninya yang ada di air banjir membawa penyakit leptospirosis. Ketika seseorang itu ada luka maka dengan mudah penyakit ini tertular kepadanya,” kata Prof. Tjandra.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira dan termasuk salah satu penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan. Di Indonesia hewan penular terutama yaitu tikus, kotoran dan air seninya mengandung bakteri lepstopira.

“Untuk mencegahnya sebaiknya menghindari genangan air banjir, walaupun itu sulit. Kalaupun harus masuk ke genangan air banjir sebaiknya menggunakan sepatu boots tinggi agar tidak ada kontak langsung. Setelah itu segera mencuci kaki dengan air bersih. Kalau ada keluhan demam sampai tubuh bewarna kuning segera berobat,” kata Prof. Tjandra.

5. Demam Berdarah Dengue

Genangan banjir mempermudah nyamuk untuk berkembang biak, Prof. Tjandra mengatakan saat di pengungsian sebaiknya menghindari tempat yang ada genangan airnya. Selain itu juga selalu melakukan upaya pemberantasan nyamuk aedes aegypti.

“Saat banjir banyak sampah yang terbawa misalnya kaleng bekas dan tempat-tempat yang mempermudah perkembangan nyamuk. Sebaiknya terus dilakukan upaya untuk membersihkannya agar tidak ada potensi penularan penyakit demam berdarah dengue,” kata Prof. Tjandra.

6. Penyakit Kulit

Fasilitas kebersihan dan kesehatan di pengungsian serba terbatas, “kalau ingin bersih-bersih badan cari tempat yang bersih. Fasilitas di pengungsian memang terbatas, tapi harus tetap menjaga kebersihan karena itu menjadi faktor penting,” kata Prof. Tjandra.

7. Penyakit Kronik Semakin Buruk

“Biasanya karena sibuk dengan membersihkan banjir, beberapa orang yang menderita apenyakit kronik seperti hipertensi dan diabetes melitus jadi lupa mengonsumsi obatnya. Untuk penderita penyakit kronik yang sudah menahun jangan sampai tetap minum obat sehingga penyakit tidak kambuh,” katanya.

Saat di pengungsian daya tahan tubuh seseorang menjadi berkurang, untuk itu perlu menjaganya dengan mengonsumsi makanan bersih dan sehat.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Korban Banjir Sudah Dijamin BPJS Kesehatan
Kiat Dapatkan Air Bersih Saat Banjir dan Mengungsi
Agar Tak Sakit di Musim Hujan, Lakukan Hal Ini!

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Presenter TV Ini Meninggal setelah Selamatkan Bayinya

Presenter TV Ini Meninggal setelah Selamatkan Bayinya

Pengorbanan seorang presenter televisi yang meninggal karena kanker menyentuh hati ribuan orang di daratan di Cina. Qiu Yuanyuan (26) meninggal setelah menolak kemoterapi karena tidak ingin mengorbankan anaknya.Harian South China Morning Post, Selasa 916/12/2014) melaporkan, Qiu meninggal pekan lalu, tepat 100 hari setelah melahirkan putranya, Niannian."Setelah menikah, menjadi seorang ibu adalah keinginan terbesarnya. Namun ia memilih untuk menyelamatkan anak kita dan mencoba mengerti bahwa tidak semua dalam hidup bisa sempurna. Dan dia bilang dia tidak pernah menyesali keputusannya," kata Suami Qiu, Zhang Qixuan kepada Zhengzhou Evening News.Ketika kondisi Qiu memburuk pada bulan September, ia dirawat di rumah sakit di mana janinnya baru berusia tujuh bulan. Ia pun menyampaikan ingin menyelamatkan buah hatinya melalui operasi caesar.Niannian pun lahir dengan berat lebih dari 1,5 kg.Qiu kemudian menjalani operasi untuk menghilangkan tumor ganas, tapi sayangnya prosedur yang dijalaninya terlambat. Tumor ganas stadium akhir yang dideritanya terus menggerogoti tubuhnya. Hingga dokternya mengatakan, kemungkinan sembuhnya sangat rendah dan mereka menyarankan Qiu untuk menghentikan tera [...]

Fobia Aneh, Mike Muntah Setiap Lihat Kim Kardashian

Fobia Aneh, Mike Muntah Setiap Lihat Kim Kardashian

Seseorang bisa mengalami fobia pada makanan, binatang, kegelapan, atau ketinggian. Tapi berbeda dengan Mike Amess. Jangan sekali-kali mengajaknya menonton acara televisi Keeping Up With The Kardashians yang memperlihatkan Kim Kardashian karena langsung keringat dingin dan sampai muntah-muntah.Ketika sejumlah pria menyanjung Kim dengan kemolekan tubuhnya, Mike (24) dari Exeter mengaku berkeringat dingin dan muntah-muntah di toilet jika melihat atau mendengar anggota keluarga yang terkenal tersebut."Hanya mendengar suara hidung Kardashian atau sekilas melihat di layar televisi membuat saya merasa mual dan gemetar."Tangan saya menjadi berkeringat, napas menjadi lebih berat dan saya mulai berkeringat. Kadang-kadang mata saya berair dan ingin muntah," kata Mike seperti dilansir Metro, Jumat (1/4/2014).Fobia merupakan 8ketakutan yang ekstrem dan irasional. Biasanya ketukan tersebut dirangsang oleh benda tertentu atak keadaan yang membuat hidup Anda tersiksa.Jika Anda mengalami fobia, Anda berusaha keras menghindarinya meski kebanyakan orang menganggapnya tak berbahaya. Profesor Isaac Marks dari King College London Institute of Psychiatry menjelaskan, sebenarnya Anda tak perlu hidup denga [...]

Makanan Sehat yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Makanan Sehat yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Musim hujan biasanya membuat orang makan lebih banyak dari biasanya. Akibatnya, kegemukan mendadak bakal terjadi. Ada baiknya Anda mulai memerhatikan hal ini dan mengonsumsi makanan sehat."Sup kayaknya paling asyik, ya," kata Pakar Nutrisi dan Diet Klinik Gizi Keluarga dari Universitas of Sidney, Leona Victoria Djajadi MND (Master of Nutrition and Dietitics) saat dihubungi Health Liputan6.com, Jumat (17/1/2014).Sup akan lebih nikmat bila didampingi sesuatu yang renyah, seperti kerupuk. Namun sayang, ketika kerupuk diproses, minyak yang digunakan tidak sedikit. Penggantinya, dapat menggunakan spring roll sebagai pendamping ketika menyantap semangkuk sup hangat.Agar spring roll renyah tanpa digoreng, gunakan oven. Proses seperti ini dinilai lebih sehat, daripada harus menggoreng dengan banyak minyak."Beli spring roll atau curry puff mentah yang beku. Lalu masak dengan cara dipanggang dalam oven. Jadi ngurangin minyak dan makanan tetap kranci," kata Leona menerangkan.Proses memasak seperti ini kerap dilakukan Leona untuk keluarganya. Ketika musim hujan tiba, Leona biasanya akan membuat kentang goreng dan spring roll yang dipanggang, bukan digoreng."Kalau dioven saya pakai yang mode b [...]

Jangan Sampai Hubungan Rusak Gara-gara Tak Punya Anak, Ya!

Jangan Sampai Hubungan Rusak Gara-gara Tak Punya Anak, Ya!

Masalah ketidaksuburan dapat memengaruhi kualitas hubungan pasangan suami istri. Demikian dikatakan Psikolog Klinis di New York City, Diana Kirschner, PhD seperti dikutip Health, Sabtu (15/2/2014)."Akan ada trauma emosional ketika wanita belum juga diberikan anak. Kebanyakan pasangan kecewa dan tertekan dengan pengalaman menyedihkan ini. Mereka stres kemudian memilih berpisah, padahal harusnya tidak harus terjadi seperti ini," kata Diana.Diana mengatakan, hal tersebut bisa saja diubah dengan melakukan beberapa hal seperti menguatkan diri, bicara dari hati ke hati dan mengingat perjuangan cinta yang dilakukan."Masih banyak juga yang pasangan yang ingin memperbaiki kesalahan tersebut. Jangan dulu melihat ketidaksuburan itusebagai masalah besar sehingga dapat merenggangkan hubungan. Ketika wanita merasa tertekan sebaiknya pasangan kembali menguatkan. Itu namanya cinta," kata Diana.Menurut Diana, ketika ketidaksuburan menjadi masalah, akibatnya komunikasi berkurang dan rasa kasih serta menghargai pun hilang."Pasangan itu perlu berkomunikasi. Jangan melemah ketika ada masalah. Ketika perasaan mulai melemah maka akan melipatgandakan marah dan stes. Mulailah mendukung istri yang sedang te [...]

Dahsyatnya Manfaat Melakukan Yoga, Ada 7

Dahsyatnya Manfaat Melakukan Yoga, Ada 7

Popularitas yoga dalam satu dekade terakhir, mampu membuat olahraga ini diikuti banyak orang. Namun, bagi Anda yang masih berpikir berulang kali untuk mengikuti berolahraga yang mengutamakan peregangan dan pernapasan ini kini tak perlu pikir panjang. Olahraga ini tak hanya baik untuk kebugaran fisik namun juga kesehatan mental. Berikut tujuh manfaat melakukan yoga seperti dilansir Livestrong pada Jumat (24/10/2014). 1. Pikiran tenangMasyarakat zaman sekarang merupakan masyarakat yang banyak berpikir akan masa lalu, sekarang dan depan. Menruut guru yoga asal New York, Jessica Ray, yoga mampu membantu semua mengeluarkan keresahan akan masa lalu maupun masa depan, sehingga stres hilang, pikiran tenang datang. 2. Perbaiki moodSebuah studi 2011 dari Boston University School of Medicine menemukan bahwa yoga meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan 19 yogi selama 12 minggu. Hal ini disebabkan saat berlatih yoga dapat meningkatkan kadar asam gamma-aminobutyric (GABA) di otak. 3. Atasi gangguan tidurStudi tahun 2004 yang diterbitkan Journal of Applied Psikofisiologi and Biofeedback menemukan bahwa yoga mengurangi seseorang terbangun di tengah-tengah tidur. Partisipan studi [...]

Wanita Belum Menikah Kena Usus Buntu, Waspada Jadi Tak Subur

Wanita Belum Menikah Kena Usus Buntu, Waspada Jadi Tak Subur

Peradangan atau pembengkakan usus buntu (apenditis) ternyata dapat menyebabkan rusaknya indung telur pada wanita. Hal ini disampaikan oleh ahli kandungan, Dr. Andrie Ronggani, Sp.OG dari Klinik Teratai RS Gading Pluit. Menurutnya, bila seorang wanita belum menikah terkena usus buntu dikhawatirkan saat prosedur operasi bisa merusak indung telur sebelah kanan. "Ini penting diperhatikan teman sejawat. Beberapa dokter bedah di RS besar di Jakarta mungkin sudah mengerti tapi sebagian lainnya kadang menyepelekan hal sepele yang mengakibatkan wanita sulit hamil," jelas Andrie saat ditemui dalam acara seminar bayi tabung di Hotel Aston, Jakarta, ditulis Senin (28/4/2014). Andrie menambahkan, wanita yang belum menikah dan mengalami usus buntu perlu perawatan serius dan pemeriksaan lebih lanjut agar tidak mengganggu kesuburannya. [...]

25 Penyakit yang Datang dari Hewan dan Ancam Manusia

25 Penyakit yang Datang dari Hewan dan Ancam Manusia

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan Global Health Security Agenda (GHSA), Kementerian Pertanian mengaku telah mengeluarkan KeputusanMenteri Pertanian Nomor 4026/Kpts./OT.140/3/2013 tentang Penetapan Jenis Penyakit Hewan Menular Strategis. Penetapan ini, kata MenteriPertanian Suswono dilakukan untuk mempercepat target pemberantasan penyakit menular dari hewan ke manusia."Target kita pada 2020 seluruh Indonesia bebas rabies dan influenza, dan pada 2025 bebas zoonosis. Sayangnya, rabies, antrax selama 10tahun terakhir masih menjadi ancaman di beberapa daerah seperti Jawa Barat, DKI JAkarta, Jawa Tengah, Sulawesi, dan Nusa Tenggara," katanya saat temu media Global Health Security Agenda (GHSA) di Shangrila Hotel, Jakarta, Rabu (20/8/2014).Dalam peraturan tersebut setidaknya ada 25 penyakit hewan yang dapat menimbulkan kerugian ekonomi, keresahan masyarakat, dan kematian hewan yang tinggi, antara lain:1. Anthrax2. Rabies3. Salmonellosis4. Brucellosis (Brucella abortus)5. Highly Pathogenic Avian Influenza dan LowPathogenic Avian Influenza6. Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome7. Helminthiasis8. Haemorrhagic Septicaemia / Septicaemia Epizootica9. Nipah Virus Encephalitis10. Infe [...]

Mengapa Jumlah Penderita Kanker Terus Bertambah?

Mengapa Jumlah Penderita Kanker Terus Bertambah?

Kanker merupakan salah satu penyakit tidak menular yang jumlah penderitanya terus meningkat. Menurut Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi makin banyak penduduk Indonesia yang menderita penyakit ini. "Dengan sangat menyesal, kita melihat ada peningkatan. Tak hanya pada kanker payudara, tapi semua kanker meningkat. Diperkirakan tahun ini sekitar 500 ribuan," terang Mboi pada acara kampanye deteksi dini kanker payudara 'Jakarta Goes Pink' di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (12/10/2014). Mboi menerangkan bahwa jumlah laki-laki penderita kanker lebih banyak dibandingkan perempuan meski angkanya tak terpaut jauh. "Hal ini disebabkan bahwa gaya hidup laki-laki seperti merokok yang lebih banyak," ujar perempuan yang tetap enerjik di usia 74 tahun ini. Banyaknya temuan kanker pada masyarakat Indonesia ternyata disebabkan ada beberapa hal. Pertama, masyarakat tak lagi menyembunyikan adanya kanker pada dirinya sehingga langsung ke pelayanan kesehatan. "Kalau dulu kan orang sembunyi ya, apalagi kanker payudara karena mereka malu. Sehingga terlambat diketahui yang menyebabkan kematian. Angka kematian pun tinggi," ujar Mboi. Kedua, kemampuan pelayanan kesehatan sudah lebih baik untuk mendeteksi [...]

5 Latihan Sederhana agar Bokong Indah dan Seksi

5 Latihan Sederhana agar Bokong Indah dan Seksi

Agar mendapatkan bokong indah dan seksi, kita pun dapat melakukan sejumlah latihan sederhana yang dapat dikerjakan di rumah dan di kantor. Sebelumnya, Pakar Diet dan Fitnes, Denny Santoso telah memberikan panduan sejumlah gerakan di pusat kebugaran yang dapat dilakukan agar bokong indah dan seksi dapat segera Anda miliki.Di bawah ini, sejumlah tips praktis dan sederhana yang diberikan CEO of Dunia Fitnes ini agar Anda memiliki bokong indah dan seksi kepada Health-Liputan6.com, Senin (6/10/2014); 1. Lakukan gerakan jongkok dengan satu kaki ke arah depan, kemudian beridir dengan satu kaki di depan, dan yang satunya di belakang. Lalu tekuk lutut dan pindahkan berat badan ke depan."Tahan agar kaki bagian belakang Anda bertahan di lantai. Ulangi gerakan ini selama 10 hingga 20 kali, lalu ganti kaki," kata Denny Santoso.Menurut pemilik Panduan Diet, situs yang diperuntukan bagi mereka yang serius ingin menurunkan berat badan, latihan ini akan membantu membentuk bagian otot bokong dan sekitarnya, serta bermanfaat untuk mengencangkan. 2. Duduk selama berjam-jam sudah tentu berdampak buruk bagi tubuh, khususnya bagian bokong. Selain membuat Anda lebih aktif, melakukan beberapa kali g [...]

Badan Gemuk Berisiko 4 Kali Derita Radang Sendi

Badan Gemuk Berisiko 4 Kali Derita Radang Sendi

Penyakit osteoarthritis (OA) atau radang sendi kerap muncul kala usia mulai menginjak 40 tahun. Jenis penyakit degeneratif atau penyakit yang terjadi akibat menurunnya fungsi tubuh ini kerapkali merepotkan.Untuk menghindari penyakit keausan sendi ini, Ahli Gizi dan Fitnes Expert asal India, Suman Agarwal, mengatakan hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghindari faktor risikonya.Suman mengatakan, selain keturunan, OA juga disebabkan oleh kelebihan berat badan. Karena, pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan sendi harus menopang tubuh yang beratnya melebihi ketentuan. Akibatnya, sendi akan keausan.Dikutip Healt Me Up, Kamis (24/4/2014), Asisten Profesor Departemen Gizi di Georgia State University, Carol Henderson, PhD, RD mengatakan risiko mengembangkan OA empat kali lebih besar jika Anda gemuk. Terutama bagi wanita. Sebab, wanita gemuk akan mengurangi perkembangan OA pada lututnya.Bagi Anda yang suka olahraga lari, juga harus mewaspadainya. Suman menjelaskan, orang yang sering melakukan olahraga seperti melompat, berlari, dan jogging, berisiko terkena OA.Meski begitu, bukan berarti ini menjadi alasan untuk Anda tidak berolahraga. Anda dapat mengganti olahraga lainnya. Namun, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *