Rombongan Penyakit Pengintai Pengungsi Korban Banjir

foto-banjir-bekasi-5-140120a.jpg

Musim penghujan dengan curah tinggi menyebabkan beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir. Masalah banjir ini membuat tidak sedikit orang memilih tinggal di pengungsian, Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(k), MARS, DTM & H, DTCE mengingatkan untuk selalu waspada terhadap beberapa penyakit.

“Jangan sampai saat banjir masyarakat lupa kesehatan. Kalaupun memilih di pengungsian juga perlu memperhatikan kebersihan dan menjaga kesehatan,” katanya dalam video rilis yang diterima Liputan6.com, (20/1/2014). Prof. dr. Tjandra mengatakan ada tujuh penyakit yang perlu diwaspadai saat dipengungsian, yaitu:

1. Diare

Fasilitas dan sarana kebersihan di pengungsian serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih. Itu semua menjadi potensial menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat. “Diare timbul juga karena makanan, untuk itu saat di pengungsian juga sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dan bersih. Selain itu juga perlu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan agar untuk menghindari penyakit diare,” kata Prof. Tjandra.

2. Infeksi Saluran Cerna atau Demam tifoid

Faktor kebersihan makanan memegang peranan penting untuk penyakit ini. Prof. Tjandra mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Menurut Prof. Tjandra penyakit ini disebabkan oleh menurunnya daya tahan tubuh, di pengungsian ada kemungkinan mudahnya penularan penyakit ini.

“Di kerumunan orang seperti saat di pengungsian itu kemungkinan untuk tertular lebih mudah. Kalau ada satu yang batuk maka ada kecenderungan semuanya ikut batuk,” katanya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Prof Tjandra mengingatkan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak menurun dengan mengonsumsi makanan yang bersih dan gizi seimbang.

4. Leptospirosis

“Tikus yang ada di dalam ktanah saat banjir biasanya muncul ke permukaan kemudian lewat kotoran atau air seninya yang ada di air banjir membawa penyakit leptospirosis. Ketika seseorang itu ada luka maka dengan mudah penyakit ini tertular kepadanya,” kata Prof. Tjandra.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira dan termasuk salah satu penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan. Di Indonesia hewan penular terutama yaitu tikus, kotoran dan air seninya mengandung bakteri lepstopira.

“Untuk mencegahnya sebaiknya menghindari genangan air banjir, walaupun itu sulit. Kalaupun harus masuk ke genangan air banjir sebaiknya menggunakan sepatu boots tinggi agar tidak ada kontak langsung. Setelah itu segera mencuci kaki dengan air bersih. Kalau ada keluhan demam sampai tubuh bewarna kuning segera berobat,” kata Prof. Tjandra.

5. Demam Berdarah Dengue

Genangan banjir mempermudah nyamuk untuk berkembang biak, Prof. Tjandra mengatakan saat di pengungsian sebaiknya menghindari tempat yang ada genangan airnya. Selain itu juga selalu melakukan upaya pemberantasan nyamuk aedes aegypti.

“Saat banjir banyak sampah yang terbawa misalnya kaleng bekas dan tempat-tempat yang mempermudah perkembangan nyamuk. Sebaiknya terus dilakukan upaya untuk membersihkannya agar tidak ada potensi penularan penyakit demam berdarah dengue,” kata Prof. Tjandra.

6. Penyakit Kulit

Fasilitas kebersihan dan kesehatan di pengungsian serba terbatas, “kalau ingin bersih-bersih badan cari tempat yang bersih. Fasilitas di pengungsian memang terbatas, tapi harus tetap menjaga kebersihan karena itu menjadi faktor penting,” kata Prof. Tjandra.

7. Penyakit Kronik Semakin Buruk

“Biasanya karena sibuk dengan membersihkan banjir, beberapa orang yang menderita apenyakit kronik seperti hipertensi dan diabetes melitus jadi lupa mengonsumsi obatnya. Untuk penderita penyakit kronik yang sudah menahun jangan sampai tetap minum obat sehingga penyakit tidak kambuh,” katanya.

Saat di pengungsian daya tahan tubuh seseorang menjadi berkurang, untuk itu perlu menjaganya dengan mengonsumsi makanan bersih dan sehat.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Korban Banjir Sudah Dijamin BPJS Kesehatan
Kiat Dapatkan Air Bersih Saat Banjir dan Mengungsi
Agar Tak Sakit di Musim Hujan, Lakukan Hal Ini!

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Baik Ayah atau Ibu Punya Peran Besar dalam Mendidik Anak

Baik Ayah atau Ibu Punya Peran Besar dalam Mendidik Anak

Bila orangtua adalah terapis efektif bagi buah hati, lantas, siapa sebenarnya yang paling berpengaruh, ibu atau ayah?Menurut Hipnoterapis Klinis, Dra. MTh. Widya Saraswati, CCH, CT baik ayah atau ibu, keduanya sangat berperan dalam mendidik anak menjadi lebih baik sehingga tidak alasan orangtua saling melempar tanggung jawab asuh."Peran ibu dan anak sangat penting dalam mendidik anak. Karena orangtua guru pertama anak sejak dalam kandungan. Itulah sebabnya mayoritas masalah pada orang dewasa cenderung bermula sedari kecil," ungkap wanita yang berpraktik di Tirtayu Healing Center saat ditemui liputan6.com, Jakarta, Selasa (9/12/2014).Jadi apa yang harus dilakukan orangtua? Widya menerangkan, kenali kebahagiaan si kecil."Bicarakan dengan baik-baik dan tanyakan pada anak apa masalahnya. Dengarkan dia, tidak perlu teriak-teriak atau marah. Dan kenali ciri kebahagiaan dari bahasa cintanya," ujarnya. [...]

5 Syarat Sebelum Anda Adopsi Anjing

5 Syarat Sebelum Anda Adopsi Anjing

Ingin mengadopsi hewan peliharaan seperti anjing? Coba cermati tips dari Organisasi Penyelamat Hewan, Animal Defenders Indonesia berikut ini. "Mengadopsi anjing itu tidak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Bila ingin mengadopsi anjing atau kucing di Animal Defenders juga ada ketentuannya," kata Ketua Animal Defenders, Doni Herdaru, Jumat (21/3/2014). Berikut ini yang perlu diperhatikan sebelum mengadopsi anjing menurut Doni Herdaru : 1. Cocokan dengan Lifestyle Pikirkan dulu ada waktu atau tidak. Jangan asal karena ingin punya hewan peliharaan lalu mengadopsi begitu saja. Kalau tidak punya waktu untuk mengajaknya bermain, merawat dan menjaganya ya sebaiknya jangan. "Anjing itu jangan dikandangi tetapi dibiarkan saja bebas," kata Doni 2. Lihat Lingkungan Sekeliling Anda Kalau memang tidak punya waktu dan ingin punya hewan peliharaan. Lihat dulu lingkungan sekelilingnya, apakah ada yang bisa dipercaya menjaga dan merawat mereka. "Kalau tidak ada pikirkan dulu untuk mengadopsi daripada menelantarkan mereka," kata Doni. 3. Lihat Kebutuhan Hewan Peliharaan Merawat dan memenuhi kebutuhan hewan peliharaan memang perlu budget khusus. Teta [...]

Ilmuwan UI Sudah Banyak Hasilkan Temuan Ilmiah

Ilmuwan UI Sudah Banyak Hasilkan Temuan Ilmiah

Tagline 'menu 4 sehat 5 sempurna' mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun, tahukah kita kalau tagline ini ditemukan setelah dilakukan riset cukup panjang terlebih dahulu yang dilakukan oleh jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)?Sejak awal berdiri pada abad 19, riset telah menjadi `barang wajib` di FKUI. Bahkan saat ini, riset telah menjadi ujung tombak dalam rangka mengembangkan pendidikan dan riset kedokteran di institusi pendidikan kedokteran tertua di Indonesia dengan motto Integrated, Visionary, Excellence, Care for Other (IVE-CARE).Dekan Fakultas Universitas Indonesia, DR. Dr. Ratna Sitompul, SpM(K), menjelaskan, dengan riset ini ia ingin menepis anggapan negatif yang mengatakan kalau universitas kurang menghasilkan produk riset yang berorientasi pasar, sehingga manfaatnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat."Tagline itu sebagai wujud kalau riset itu juga bermanfaat untuk masyarakat, tidak hanya untuk kesenangan semata," kata Ratna di Lantai 2 Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (4/12/2014)Dengan kata lain, semua riset yang dikerjakan FKUI bertujuan untuk menjawab permasalahan kesehatan bangsa [...]

Banyak Makan Gula Bikin Anda Bodoh

Banyak Makan Gula Bikin Anda Bodoh

Mungkin bukan rahasia umum lagi bila gula dikatakan dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Bahkan dalam penelitian terbaru yang diterbitkan jurnal Appetite menemukan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan disfungsi kognitif. Tapi ternyata, keburukan gula tak cukup disitu. Karena seperti dilansir Womenshealth, Jumat (16/5/2014) konsumsi gula berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Seperti pada sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition yang menyebutkan gula dapat menganggu fungsi otak. Kemudian penelitian lainnya dari Wake Forest School of Medicine menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi gula dan lemak jenuh selama satu bulan cenderung mudah lupa dan merusak memori. Seorang Neuropatoligis dari Brown University, Suzanne de La Monte, MD, MPH, dan rekan-rekannya bahkan menciptakan istilah 'diabetes tipe 3' untuk menjelaskan apa yang terjadi dalam otak ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman manis. Penelitian mereka mengisyaratkan bahwa kelebihan gula dapat menyebabkan resistensi insulin di otak, yang mengakibatkan neurodegeneration dan penyakit Alzheimer. "Hal ini cukup menakutka [...]

Pasangan Lansia Meninggal Berpegangan Tangan

Pasangan Lansia Meninggal Berpegangan Tangan

Pasangan lansia dari New York menghela napas terakhirnya begitu romantis. Pasangan Floreen Hale dan Ed Hale ini saling berpegangan tangan ketika ajal menjemput mereka.Kisah cinta mereka pun berakhir dan terpisah karena kematian. "Dia berjanji bahwa ia tidak akan pernah meninggalkan istrinya, bahkan saat ia terbaring sekarat. Dan ia menepati janjinya selama 60 tahun bersama, mereka meninggal dengan saling memegang tangan," kata sang putri, Renee Hirsh dikutip Newdailynews, Jumat (21/2/2014).Komitmen untuk saling bersama memang dipegang teguh oleh pasangan yang bertemu sejak 1952. "Mereka saling merasakan cinta sejak pandangan pertama, merek selalu bercerita tentang kisah cinta mereka yang bergitu mengharukan. Mereka romantis," kata Hirsh.Floreen terbaring di rumah sakit akibat kecelakaan yang dialami olehnya enam bulan lalu. Menurut Hirsh dokter mengatakan Floreen tidak dapat berjalan lagi dan hanya bisa berbaring di tempat tidur rumah sakit."Saat itu dokter berkata Floreen butuh seseorang yang selalu menemani dan merawatnya. Saat itu Ed pun bersedia merawat selama sisa hidupnya. Hidup mereka seperti dongeng yang indah," kata Hirsh.Floreen juga mengidap gagal jantung kongestif dan k [...]

4 Tanda Peringatan di Tubuh yang Tak Boleh Diabaikan

4 Tanda Peringatan di Tubuh yang Tak Boleh Diabaikan

Tubuh biasanya memberikan tanda-tanda jika ada masalah di dalamnya. Masalah kesehatan yang terlihat biasa-biasa saja seperti insomnia hingga rendahnya kadar Vitamin D ternyata bisa menyebabkan masalah serius.Cobalah memperhatikan tanda-tanda peringatan di tubuh untuk melindungi diri Anda dan jangan mengabaikannya seperti disampaikan Dr Oz yang dilansir HuffingtonPost, Senin (10/3/2014):1. InsomniaMenurut penelitian yang dipaparkan pada American Heart Association Conference 2012, penderita insomnia dua kali lebih mungkin menderita stroke dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki masalah tidur.Peneliti percaya bahwa kurangnya tidur seseorang memengaruhi tekanan darahnya, yang dari waktu ke waktu bisa menyebabkan radang dinding pembuluh darah.Ini tak butuh waktu lama untuk mendapatkan efek negatif dari insomnia. Tekanan darah bisa meningkat setelah kurang tidur. Pada penelitian di 2012, campuran frekuensi suara yang lebih menyenangkan ditelinga manusia bisa membantu menenangkan gelombang otak, sehingga 23 persen tidur lebih nyenyak.2. StresFakta stres buruk buat kesehatan bukan hal yang mengejutkan. Sebuah penelitian menunjukkan, salah satu dampaknya ada pada otak Anda. Peneliti me [...]

Saking Gila dengan Ponsel Pintar, Wanita China Ogah Seks

Saking Gila dengan Ponsel Pintar, Wanita China Ogah Seks

Kalau sudah gila pontel pintar, yang enak pun bakal diabaikan. Begitulah yang terjadi pada para wanita di China. Seperti dikutip dari Ecns, Jumat (10/1/2013), hampir separuh wanita China merasa lebih baik tidak ngeseks selama sebulan daripada harus lepas dari peralatan mobile seperti ponsel pintar.Kesimpulan ini merupakan hasil wawancara yang dilakukan pada 3.600 wanita usia antara 18 sampai 64 tahun di China, Brasil, Inggris dan Amerika Serikat. Para responden disebutkan menghabiskan waktu sekurangnya dua jam setiap minggu bermain internet dan mereka ini kerap disebut sebagai 'wired women' atau para wanita kabel.Kaitan antara para wanita China dengan peralatan mobile-nya menguat karena 45 persen lebih memilih meninggalkan seks selama sebulan daripada ponsel pintarnya. Hanya 39 persen responden di Amerika Serikat yang melakukan hal sama, dibanding 38 persen wanita di Inggris dan 28 persen wanita Brasil.Laporan yang dikumpulkan oleh Konsultan komunikasi MSL Group ini bekerjasama dnegan Randi Zuckerberg, adik perempuan Mark Zuckerberg, sang pendiri Facebook."Randi dan saya memutuskan untuk memelajari kaitan antara wanita kabel dengan teknologi baru dan media sosial karena kami sering [...]

5 Daerah yang Belum Lapor ke BPOM Soal Kemasan Bergambar

5 Daerah yang Belum Lapor ke BPOM Soal Kemasan Bergambar

Sejak ditetapkan batas waktu pencantuman peringatan kesehatan berbentuk gambar (PHW) Senin (24/6/2014), Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) beserta Balai Besar atau Balai POM Republik Indonesia langsung memantau pelaksanaan aturan ini di 31 provinsi. Sejauh ini, masih ada lima daerah yang belum melakukan pelaporan terkait pantaun tersebut. "Hampir seluruh wilayah dipantau. Data terakhir yang ada pada kami, masih ada 5 daerah yang belum melapor, yaitu Gorontalo, Kendari, Kupang, Soppeng - Sulawesi Selatan, dan Manokwari," kata Dra Retno Tyas Utami, Apt, M. Epid di Aula Gedung C BPOM Jalan Percetakan Negara Nomor 23, Jakarta Pusat, Kamis (26/6/2014). Menurut Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan NAPZA Badan POM RI, kendala ini disebabkan masalah teknis dan kendala lalu lintas yang tidak memadai di daerah tersebut. "Mereka harus mengirimkan ke kami dalam bentuk email, jaringan di sana masih menjadi kendala. Lalu lintas juga demikian, mereka harus sampai ke pos agar dapat mengirimkan berita," kata Retno menerangkan. Kendala lain yang membuat BPOM belum dapat mendata secara menyeluruh, adalah kantor yang hanya berjumlah 31 di seluruh Indonesia. Sementara ada 33 provinsi. [...]

Warga Sulteng Mengeluhkan Kurangnya Info BPJS

Warga Sulteng Mengeluhkan Kurangnya Info BPJS

Masih banyak warga di Palu, Sulawesi Tengah, belum menerima sosialisasi tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Sulteng. Akibatnya, warga di beberapa kelurahan yang ada di dalam kota tersebut tidak tahu harus ke mana jika ingin mendapatkan kartu JKN."Karena tidak adanya sosialisasi BPJS ke kelurahan, makanya saya tidak tahu harus mendaftarkan diri ke mana," aku Ningsih warga Jalan Kelor, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, kepada Liputan6.com, Selasa (18/2/2014).Menurut warga, pihak BPJS seharusnya tidak pilih kasih memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Mereka meminta agar sosialisasi yang dilakukan harus merata agar mudah jika masyarakat ingin mendapatkan kartu JKN. "Berapa hari lalu saya mau mendaftar, karena tidak diberikan informasi yang jelas, akhirnya saya bingung sendiri di kantor BPJS. Tidak tahu harus mau bikin apa, seharusnya BPJS berikan sosialisasi merata hingga ke kelurahan kami, supaya kami tidak kebingungan," kata Bayu warga Jalan Tolambu, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat.Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Sulteng, Muhammad Aras mengakui, sosialisasi program JKN belum menyentuh seluruh elemen masyarakat. Mes [...]

Bahaya Di Balik Minuman Jus Buah

Bahaya Di Balik Minuman Jus Buah

Sejumlah orangtua mulai sadar bahwa minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan anak. Mereka lebih senang jika anak-anak mengonsumsi jus setiap hari. Tapi, tidak banyak orangtua yang tahu, jus juga memiliki bahaya yang hampir sama dengan minuman bersoda. Para ahli mengatakan, terlalu banyak mengonsumsi jus, terlebih jus dalam kemasan, berisiko tajam meningkatkan kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Maka itu, orangtua dianjurkan untuk lebih memberikan banyak air putih dan susu, ketimbang jus buah.Kepala Diabetes dan Ilmu Gizi di King College, London, Inggris, Profesor Tom Sanders, mengatakan, jus atau smoothie boleh diberikan ke anak-anak, asal tidak dilakukan setiap hari. Terlebih bagi para orangtua di sana, yang lebih senang meletakkan jus buah di atas meja saat makan malam, ketimbang air putih."Kita perlu membiasakan anak-anak untuk minum air putih bukan semacam minuman buah, sesaat, sebelum, atau sesudah makan. Jangan meletakkan jus buah di atas meja, saat makan," kata Tom Sanders dikutip Daily Mail, Kamis (26/6/2014)Menurut Tom, bukan ide yang baik bila orangtua terlalu banyak memberikan minuman buah kepada sang buah hati. "Anak-anak harus mendapatkan cai [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *