RS Pertamedika Sentul City Berhasil Operasi Cangkok Hati Pasien Hafidz

rs-pertamedika-2-131213b.jpg

Rumah Sakit Pertamedika Sentul City, Bogor, Jawa Barat, berhasil melakukan operasi cangkok hati untuk pertama kali terhadap pasien anak bernama Muhammad Sayid Hafidz (8), pada Senin (24/2/2014). Operasi cangkok hati pertama ini, ditangani langsung oleh Ahli Transplantan Dunia, Profesor Koichi Tanaka dan Profesor Azuma beserta beberapa dokter dari rumah sakit itu sendiri.

Sesuai dengan roodmap dari RS. Pertamedika Sentul yaitu untuk mendirikan lever centre, dengan salah satu tugas wajibnya adalah melaksanakan transplantasi hati, maka untuk project pertama ini pihak rumah sakit benar-benar memilih secara selektif calon pasien yang akan ditangani.

Dilihat dari sisi medis, penyakit yang dialami oleh bocah Hafidz, dinilai memiliki satu tantangan yang cukup tinggi, dan dilihat dari risiko yang ada baik secara medis dan non-medis, semuanya bisa dipertanggungjawabkan.

“Tingkat keunikan untuk pasien Hafidz ini menjadi tantangan tersendiri untuk kami. Karena selama ini transplantasi hanya untuk orang dewasa saja, itu pun baru satu sampai dua kali,” kata Presiden Direktur PT. Pertamedika Sentul, DR. Dany Amrul Ichdan, SE, MSc secara eksklusif kepada Health Liputan6.com di RS. Pertamedika Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Terkait dengan operasi transplantasi yang hanya menyangkut orang dewasa saja, lanjut dia, hal itu tidak hanya terjadi di Indonesi saja. Bahkan di beberapa negara yang ada di Asia Tenggara, paling banyak adalah pasien dewasa.

“Apalagi di Indonesia, ini merupakan kasus pertama dengan pasien adalah seorang anak, dan yang menjadi pendonornya adalah orangtuanya sendiri. Untuk itu, ini menjadi kasus unik dan yang pertama, sehingga kita ambil momentum dengan karakteristik dan keunikannya,” kata DR. Dany menambahkan

Alasan lain yang membuat pihak rumah sakit memilih Hafidz sebagai pasien pertama yang melakukan operasini ini adalah karena dari segi ekonomi, keluarga Hafidz tergolong tidak mampu. Sesuai dengan tujuan dari rumah sakit yang tidak hanya sebatas bussines value melainkansosial value, sudah menjadi sebuah bentuk komitmen yang harus diwujudukan.

“Dengan begitu, rumah sakit ini tidak kehilangan identitasnya. Selain itu juga, menunjukkan bahwa rumah sakit ini memiliki kontributor untuk menyehatkan masyarakat Indonesian terlebih anak-anak,” kata dia menerangkan.

Lebih lanjut DR. Dany mengatakan, meski Hafidz memiliki masalah cukup serius terhadap livernya sejak dini, anak itu memiliki kecerdasaan yang cukup baik. Dengan begitu, ketika operasi yang dilakukan hari ini berhasil, maka ke depannya Hafidz akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan memiliki wawasan luas.

Di usia 11 bulan menjalani operasi bedah jantung

Sungguh malang penderitaan yang dialami Hafidz. Bagaimana tidak? Di usia yang baru menginjak 11 bulan, bocah lugu itu harus menjalani operasi pertamanya yaitu bedah jantung. Sayang, operasi itu tidak berjalan mulus, sebab Hafidz memiliki kelainan fungsi hati yang mana dibutuhkan penanganan khusus sejak lahir.

Kondisi yang dialami Hafidz, secara otomatis memengaruhi pertumbuhan tulangnya, yaitu bengkok dan membentuk siku. Bocah itu juga diketahi pernah terjatuh, yang menyebabkan tulang kakinya patah karena rapuh.

Di tahun 2013 kondisi fungsi hati Hafidz semikin buruk, dan hanya ada satu solusi yang dapat menyembuhkannya, yaitu transplantasi hati.

Tuhan ternyata memiliki rencana indah untuknya, di mana sang ayah, Sugeng Kartika (45), memiliki golongan darah langka (A) siap memberikan hatinya pada putra kesayangannya. Dia pun siap untuk menjadi pendonor utamanya.

Keluarga sadar bahwa pekerjaan ayah Hafidz tak memungkinkan dia untuk menjalani operasi itu. Bersyukurlah, Rumah Sakit Pertamedika mau menanggung seluruh biaya yang mencapai Rp 1,6 miliar. Mendengar kabar itu, keluarga Hafidz optimis, bocah pintar itu dapat sembuh seperti semula.

Dibantu Profesor Koichi Tanaka

Operasi kali ini begitu spesial karena menjadi kesempatan pertama kali para tim dokter Indonesia belajar langsung dengan Ahli Liver Transplantasi Dunia, Prof. Koichi Tanaka.

Tanaka yang mendirikan IFMS KIFMEC Liver Center di Jepang, telah berhasil menangani pasien seperti ini sebanyak 2.300 orang. Tidak hanya di Jepang, Tanaka pun menyebarkan ilmunya di 10 negara.

Karena alasan itu, membuat Rumah Sakit Pertamedika percaya bahwa Prof. Koici Tanaka dapat melakukan tugasnya terhadap pasien Hafidz dengan sangat baik, sehingga apa yang menjadi harapan keluarga Hafidz terwujud.

“Tangan dokter yang memiliki jam terbang tinggi itu tidak pernah bohong. Beliau begitu terampil melakukan operasi terhadap pasien Hafidz. Kami senang melihatnya,” kata DR. Dany menjelaskan.

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Usai Lebaran, Penyakit Ini Mengintai Anda

Usai Lebaran, Penyakit Ini Mengintai Anda

Selama perayaan Idul Fitri, tidak sedikit dari kita yang ditinggal mudik para pembantu rumah tangga (PRT) pulang ke kampung halaman. Dampaknya, rumah menjadi berantakan, jarang dibersihkan, sampai cucian menumpuk, karena tempat pencucian baju tutup. Tidak hanya pakaian, sampah pun ikut menumpuk. Dr Ari Fahrial Syam mengatakan, bila kondisi sudah seperti ini, hati-hati beragam penyakit tengah mengintai Anda. Sebab, lalat dan tikus akan lebih banyak berkeliaran di mana sampah menumpuk. Selain itu, nyamuk tak ketinggalan untuk ambil bagian bersama lalat dan tikus. Sudah tentu, sejumlah binatang akan membawa bibit penyakit ke dalam tubuh kita, jika tidak diperhatikan dan tidak dicegah keberadaannya."Lalat jelas membawa berbagai penyakit infeksi usus, baik yang hanya diare sampai yang berat seperti demam thypoid," kata Ari dalam surat elektronik yang diterima Health Liputan6.com pada Senin (4/8/2014)Selain itu, kata Ari, tikus merupakan vektor penting terjadinya penyakit demam kuning atau leptospirosis. Nyamuk, terutama yang berada di sekitar rumah, tentu menjadi sumber penyakit jika nyamuk tersebut berjenis aedes aegypti yang membawa virus DHF."Oleh karena itu, kita harus memperhatikan [...]

Bukan Magic, Pria Ini Mampu Pindahkan Benda Tanpa Disentuh

Bukan Magic, Pria Ini Mampu Pindahkan Benda Tanpa Disentuh

Tanpa ada seseorang yang menyentuh, sendok teh di salah satu kafe bergerak memutar. Bukan hanya sendok yang ringan, tempat lada yang terbuat dari kaca pun bisa bergerak sendiri. Di dekat kedua benda tersebut ada Guy Bavli seorang mentalis dan ilusionis dari Israel. Kedua benda tersebut memang digerakkan oleh Guy, namun bukan dengan tangan namun dengan kekuatan pikirannya."Pikiran mempunyai kekuatan hebat sehingga Anda harus yakin pada diri sendiri. Jika percaya bisa, Anda benar-benar bisa melakukan itu," teranngya saat dalam acara Stan Lee's Superhuman yang ditayangkan History Channel. Tak hanya kemampuan untuk menggerakkan sendok maupun tempat lada, ia juga bisa memindahkan benda-benda yang ia belum pernah lihat sebelumnya, misalnya peralatan bengkel berukuran kecil. Dan... ia pun masih bisa menggerakkan benda yang baru ditemuinya tersebut. Kehebatan luar biasa Guy membuatnya layak dianggap manusia super, bahkan ada pula yang menjulukinnya sebagai kinetik man yang memiliki kemampuan telekinetik, sebuah kemampuan untuk memindahkan benda tanpa memegangnya. "Aku senang melakukan hal-hal yang orang tidak bisa lakukan, sehingga perlahan-lahan saya belajar dan mempraktikan telekines [...]

Bayi Tabung Juga Ada Efek Sampingnya

Bayi Tabung Juga Ada Efek Sampingnya

Meski program bayi tabung banyak dipilih pasangan yang kesulitan hamil karena berbagai hal, program ini tak sepenuhnya aman. Ahli kesuburan dan IVF (In vitro fertilisation/ bayi tabung) dari Klinik Teratai RS Gading Pluit, dr Indra NC Anwar menjelaskan, program bayi tabung memang bisa jadi alternatif bagi pasangan yang ingin memiliki buah hati tapi program ini memiliki komplikasi serius. "Program bayi tabung memiliki komplikasi seperti sindroma hiperstimulasi ovarium atau komplikasi kehamilan akibat terapi kesuburan yang terjadi saat sel telur bereaksi berlebihan sehingga bisa menyebabkan adanya cairan di perut, paru-paru dan juga kematian. Komplikasi lainnya adalah kehamilan ganda (gemelli atau triplet). Ini kurang bagus," jelas Indra saat seminar bayi tabung, seperti ditulis Senin (28/4/2014). Indra menerangkan, pengobatan masalah kesuburan memerlukan tahapan yang jelas batas waktunya antara tahapan yang sederhana ke tahapan yang lebih tinggi sehingga tidak membuang waktu dan biaya. [...]

Langkah Pintar Atasi Bayi Sulit Tidur

Langkah Pintar Atasi Bayi Sulit Tidur

Aktivitas utama bayi adalah tidur. Bayi berusia 1-18 bulan membutuhkan waktu 15-18 jam untuk tidur. Ketika bayi sudah mulai sulit tidur Anda sebagai orangtua harus mencari cara agar ia kembali mudah tertidur. "Tidur merupakan tahapan penting bagi bayi karena tidur berperan penting untuk aktivitas otak dan kesehatan mental bayi karena hal tersebut akan mengoptimalkan perkembangan otak bayi," terang psikolog anak, Vera Itiabiliana Hadiwidjojo, Psi seperti rilis pers yang diterima dalam Peluncuran Soothe & Glow Seahorse ditulis Senin (1/12/2014). Itulah sebabnya ibu harus mencari cara agar sang buah hati kembali tidur terlelap dengan cara tepat dan membuatnya nyaman. Menurut Vera, saat bayi tak kunjung tidur ibu tak boleh cemas atau gelisah. Ibu harus merasa sesantai dan setenang mungkin dalam menidurkan bayi. Kegelisahan ibu akan memengaruhi anak sehingga membuat anak malah jadi sulit tidur. Kedua, pastikan mencoba dan mengatur waktu tidur yang tetap. Walaupun menantang, para ibu harus bersikap fleksibel bagi anak untuk menemukan waktu tidur yang tepat bagi dirinya sendiri. Ketiga, meciptakan suasana yang menenangkan akan membuat anak tertidur dengan mudah. "Mengatur suhu rua [...]

Wamenkes Janji Terus Perbaiki Kekurangan di JKN

Wamenkes Janji Terus Perbaiki Kekurangan di JKN

Begitu rumitnya masalah jaminan sosial atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang baru berlalu satu bulan ini masih dianggap optimis oleh Wakil Menteri Kesehatan, Ali Gufron Mukti. Ia bahkan menyampaikan, permasalahan yang terjadi di masyarakat memang pasti akan terjadi karena ada perubahan sistem. Ali Ghufron yakin sistem saat ini lebih baik dari sebelumnya. Bahkan lebih baik dari sistem jaminan sosial di luar negeri."Pada 1883 di Jerman, sampai terealisasi baik seluruh warga Jerman memiliki jaminan sosial butuh 100 tahun. Saat itu juga penuh konflik dan dinamika," jelas wamenkes dalam sambutannya di acara silaturahmi sosial 'Mendorong Optimalisasi Pelayanan Kesehatan', Wisma Antara, Jakarta, Selasa (4/2/2014).Begitu juga di Amerika, Wamenkes menyebutkan, di Amerika badan penyelenggara itu dikelola swasta. Dan saat ini ada ribuan penyelenggara swasta yang menaungi jaminan sosial warganya."Di China, jaminan sosialnya seperti kita dulu, sistemnya seperti Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah). Di India pun, hampir sama seperti di Amerika. Di sana, modelnya seperti tender dan baru bisa meng-cover sekitar 100 juta orang," jelasnya.Melihat hal tersebut, Wamenkes menyatakan bahwa Indonesia [...]

Bedak Bayi Juga Punya Manfaat Kesehatan

Bedak Bayi Juga Punya Manfaat Kesehatan

Jangan kira bedak bayi hanya bermanfat untuk membuat kulit bayi tetap halus. Sebab bedak bayi juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Bagaimana bisa? Tidak percaya, simak ulasannya, seperti dikutip Healthdigezt, Senin (10/11/2014): 1. Menjaga rambut tetap lembut Untuk mencegah rambut berminyak tanpa kering, coba taburkan bedak bayi di tangan dan pijat kulit kepala Anda untuk menyerap kelebihan minyak. 2. Membantu menyerap keringat di panas yang terik Bedak bayi dapat membantu menyerap keringat sehingga mengurangi risiko gatal atau biang keringat. Selain itu, menggunakannya sebelum tidur, akan membuat diri nyaman. 3. Menjaga kesehatan bulu mata Banyak yang menggunakan cara ini. Di sela penggunaan maskara, gunakan kapas untuk menaburkan bedak bayi pada bulu mata Anda. Anda akan terkejut melihat hasilnya. 4. Mengatasi kaki berkeringat Kaki berkeringat dan bau dapat diatasi dengan menaburkan bedak bayi di kaki. [...]

Sushi di Indonesia Bisa Bikin Kolesterol Tinggi?

Sushi di Indonesia Bisa Bikin Kolesterol Tinggi?

Sejak makanan Jepang, sushi menjadi booming di Indonesia mungkin kini kedai sushi tidak terhitung banyaknya. Namun menurut dokter sekaligus presenter acara kesehatan, dr. Sonia Wibisono, sushi di Indonesia berbeda dengan di Jepang karena bisa meningkatkan kolesterol. Sonia mengaku, dirinya yang memiliki tubuh ramping terpaksa harus mengurangi makanan kesukaannya, sushi sejak didiagnosa kolesterol tinggi. "Sushi disini berbeda dengan di Jepang. Di negara asalnya, pakai ikan. Sedangkan di Indonesia pakai telur dan variasinya pakai mayonaise. jadi selain fat, saya yang kurus pun akhirnya pernah kolesterol tinggi," jelasnya. Sonia menerangkan, selain mengonsumsi makanan yang rendah lemak, ia juga rajin mengonsumsi air putih. "Saya selalau bawa botol minum yang besar. Minum yang banyak itu bisa bikin lebih segar dan lebih kenyang," katanya. (Fit/ [...]

Orang Keseringan Berbagi di Facebook Dianggap Kesepian

Orang Keseringan Berbagi di Facebook Dianggap Kesepian

Berbagi status di Facebook biasa dilakukan siapa saja, entah itu pengguna yang masih muda ataupun yang sudah dewasa. Tapi, keseringan berbagi di Facebook dianggap orang yang kesepian.Pada penelitian yang diterbitkan oleh Charles Sturt University (CSU), New South Wales, Australia, di jurnal Computers in Human Behaviour, mengkaji postingan status di Facebook lebih dari 600 perempuan. Setengahnya menggambarkan dirinya kesepian.Hasilnya, lebih dari 79 persen pengguna yang menggambarkan dirinya kesepian di informasi pribadi, seperti buku favorit dan film. Terlebih lagi, hampir 98 persen pengguna kesepian berbagi status hubungannya secara terbuka di Facebook, bukannya membatasi pada teman-teman. Bahkan, pengguna ini secara terbuka berbagi alamat rumah secara online.Ini semua diungkapkan Penulis Penelitian, Profesor Yeslam Al-Saggaf dan Sharon Neilson dari School of Computing and Mathematics di CSU. Orang-orang yang tak secara eksplisit menyatakan kesepian di Facebook cenderung berbagi tentang agama dan politik.Menurut Al Saggaf, sangat masuk akal apabila orang-orang kesepian mengungkapkan jenis informasi yang dimaksud. "Mereka ingin membuat orang lain lebih mudah memulai berhubungan deng [...]

Kenapa Jokowi Butuh Orang seperti Ahok?

Kenapa Jokowi Butuh Orang seperti Ahok?

Joko Widodo telah resmi diusung menjadi calon presiden RI dari PDIP. Namun, hingga kini pria yang diakrab disapa Jokowi belum juga menentukan calon wakil presiden. Melihat dari gaya kepemimpinannya, sebenarnya Jokowi tipe pemimpin seperti apakah?Penemu Talents Mapping Rama Royani (Abah Rama) mengatakan, Jokowi itu merupakan tipe pemimpin yang serving (melayani). Apabila seperti itu, Jokowi tentu membutuhkan wakil yang tipe pemimpin command and control.Abah Rama mengatakan, sebenarnya tipe pemimpin ada tiga macam yakni command and control, motivating, dan serving. "Tiga-tiganya (tipe pemimpin) kita butuh. Tapi, lihat situasinya. Kalau konflik, kita butuh yang command and control," kata Abah Rama di Kantor Redaksi Liputan6.com, dan ditulis Rabu (7/5/2014).Menurut Abah Rama, saat ini Indonesia membutuhkan orang yang command and control dan serving. Sementara Jokowi merupakan orang yang sifatnya memomong atau menjadi pamong. Sayangnya, orang seperti itu seringkali tidak command and control. Dan orang yang command and control sering kali tidak pamong."Jokowi mengatakan saya butuh orang yang kayak Ahok. Berarti dia ngerti yang dibutuhkan," ujarnya.Abah Rama menjelaskan, dari kepemimpinan [...]

Kemenkes Minta RS Punya Aplikasi Jumlah Tempat Tidur

Kemenkes Minta RS Punya Aplikasi Jumlah Tempat Tidur

Untuk mengurangi keluhan masyarakat terhadap kurangnya jumlah tempat tidur di rumah sakit yang sering menjadi masalah, Kementerian Kesehatan dan sejumlah Rumah Sakit sedang mengembangkan aplikasi jumlah tempat tidur. Seperti disampaikan Sekjen Kementerian Kesehatan, Supriyantoro bahwa saat ini sejumlah pihak terkait tengah membuat aplikasi untuk memudahkan pasien melihat jumlah tempat tidur di Rumah Sakit. "Modelnya seperti tempat parkir yang sering ada di mal-mal. Ada layar di depan yang menunjukkan berapa tempat parkir yang masih kosong. Nanti sama seperti itu, jadi alat itu bisa diletakkan di rumah sakit atau bisa dibuka di website RS bersangkutan," kata Supriyantoro saat ditemui wartawan di Resto Makan-makan di bilangan Kebayoran, Jakarta, Kamis (24/7/2014). Supriyantoro berharap, dengan adanya informasi tempat tidur seperti itu, pasien tidak akan kecewa saat datang ke rumah sakit. "Kalau ternyata penuh, jadi dia bisa terima," katanya. "Kalau sekarang kan nggak ada informasi, nanti itu yang menjembatani sehingga nggak ada pikiran negatif. Mungkin nanti juga dikembangkan Customer Service yang bisa menjelaskan kondisi Rumah Sakit. Di negara lain, sudah seperti itu, dengan kom [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *