Saat Mudik, Ortu Perlu Berikan Ini untuk Anaknya yang Autis

car-exhaust_2485955b.jpg

Membawa serta buah hati dalam perjalanan mudik dibutuhkan perhatian ekstra dari orangtua, terlebih bila melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Orangtua harus memahami benar psikologis seorang anak, dan tahu kapan harus menghentikan kendaraan untuk beristirahat.

Untuk anak dengan kategori normal saja, orangtua harus ketat dalam hal memberikan perhatian. Apalagi dengan orangtua yang memiliki anak dengan kondisi autisme, sudah pasti jauh lebih ketat daripada ini.

“Memang harus ada pengawalan ketat dari orangtua. Kalau memungkinkan, dengan diet bebas gluten. Karena akan membuat anak lebih tenang,” kata Dr Kresno Mulyadi, SpKJ kepada Health Liputan6.com ditulis Sabtu (26/7/2014)

Bila kondisi autisme pada anak tergolong berat, dianjurkan agar para orangtua meminta bantuan tenaga profesional untuk diberikan obat penenang yang sifatnya sementara, bukan untuk jangka waktu yang panjang.

“Saya beritahu bahwa obat penenang ini tidak menyembuhkan, melainkan membantu ketenangan seorang anak. Atau mereka akan tenang ketika diberikan terapi perilaku,” kata Kresno menambahkan.

Pria yang akrab disapa Kak Kresno melanjutkan, pentingnya diet gluten free untuk anak dengan autisme akan berdampak baik ketika mereka harus melakukan perjalanan jauh. Dengan begitu, mereka akan tenang selama di dalam kendaraan.

Psikiater Omni Hospitals Serpong, Tangerang, sekaligus Motivator Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus, menjelaskan bahwa diet bebas gluten tidak sesulit yang dibayangkan selama ini.

“Kan orangtua dapat memberikan makanan pada anak-anaknya dengan bahan tepung sagu, tepung beras, dan sekarang sudah banyak kok produk-produk yang diperuntukkan bagi anak autisme. Tinggal diolah saja oleh orangtua,” kata dia menjelaskan.

Sedangkan untuk anak dengan kondisi autisme tergolong ringan, jelas Kresno, orangtua cukup memberikan motivasi pada anaknya. “Katakan pada mereka, kalau sekarang agak tenang dulu. Nanti di sana, mereka boleh kok lompat-lompat lagi,” kata Kresno.

Menurut Kresno, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini. Dan, sudah pasti, motivasi besar yang diberikan orangtua akan membuat anak merasa tenang.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ancaman Terbesar Bila Anda Gemar Makan Daging Merah

Ancaman Terbesar Bila Anda Gemar Makan Daging Merah

Rendang, beef ball, teriyaki beef, sate kambing, dan aneka makanan berbahan daging merah memang sangat lezat jika dibuat aneka masakan. Meski lezat di lidah sebaiknya batasi konsumsinya, karena ada bahaya konsumsi daging merah berlebih. Salah satunya memperpendek usia hidup Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makan daging merah, baik segar maupun olahan, terkait dengan meningkatnya risiko kematian. Kesimpulan ini tak begitu saja muncul. Studi untuk menelitinya dilakukan ilmuwan Swedia selama 15 tahun. Pada tahun pertama, peneliti menanyakan kebiasan makan daging, baik daging segar maupun olahan serta tak makan daging pada 76.645 pria dan wanita selama setahun. Selang 15 tahun kemudian, 20 persen dari populasi atau sekitar 16.638 orang meninggal. Setelah melakukan analisis, mereka yang makan 300 gram daging merah per hari, baik olahan dan segar menurunkan angka kehidupan mencapai dua tahun. Peneliti juga menganalisis mereka yang hanya makan daging olahan. Hasilnya, yang mengonsumsi daging merah olahan 100 gram per hari umurnya berkurang lebih cepat sembilan bulan dibandingkan yang tidak makan daging olahan. "Perbedaan mempe [...]

Risiko yang Bakal Dialami Anak Korban Kekerasan Seksual

Risiko yang Bakal Dialami Anak Korban Kekerasan Seksual

Jumlah pelecehan seksual pada anak ternyata lebih besar dibanding yang dilaporkan ke pihak berwenang. Padahal, anak yang menjadi korban seksual bisa memengaruhi jiwanya.Anak korban pelecehan seksual berkepanjangan biasanya jadi rendah diri, perasaan tak berharga atau memiliki pandangan abnormal atau menyimpang dari seks. Selain itu, anak tersebut bisa menarik diri dan curiga terhadap orang dewasa serta bisa mencoba bunuh diri.Laporan dari US Department of Health and Human Services pada 2010 ditemukan 9,2 persen korban anak-anak adalah penyerangan seksual.Studi yang dilakukan Direktur Crimes Against Children Research Center David Finkelhor menunjukkan, satu dari lima anak perempuan dan satu dari 20 anak laki-laki merupakan korban pelecehan seksual. Penelitian ini juga menunjukkan 20 persen wanita dewasa serta 5-10 persen pria dewasa mengingat kekerasa seksual di masa kecil atau insiden pelecehan seksual.Dalam satu tahun di AS, sebanyak 16 persen remaja usia 14-17 tahun menjadi korban seksual. Dan 28 persen remaja usia 14-17 tahun di AS menjadi korban seksual. Seperti dilansir victimsofcrime.org dan dikutip Jumat (27/2/2014), anak-anak yang rawan menjadi korban kekerasan seksual ber [...]

Murid TK JIS Korban Pelecehan Seks Masih Rasakan Sakit

Murid TK JIS Korban Pelecehan Seks Masih Rasakan Sakit

Bocah laki-laki berinisial AK (6) yang menjadi korban pencabulan di TK Jakarta International School (JIS) sampai saat ini masih merasakan sakit. Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait mengatakan sang anak hingga kini tidak bisa memakai celana."Karena katanya masih sakit, jadi sampai sekarang tidak bisa memakai celana. Bocah ini menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan petugas kebersihan. Orangtua telah melaporkan ke pihak kepolisian, dan kami akan membantu karena ini melibatkan anak," kata Arist saat dihubungi Tim Health Liputan6.com, Selasa (15/4/2014).Menurut pengakuan sang ibu, AK dicabuli petugas kebersihan di toilet sekolah JIS. "Orangtuanya melaporkan kepada kami, tadinya sang anak tidak berani bercerita. Namun karena orangtuanya melihat gelagat yang berbeda, maka mulailah didekati dengan bertanya. Anaknya pun bercerita kalau sudah 'dinakali' petugas kebersihan sekolah," kata Arist.Komnas PA pun akan mendatangi sekolah JIS untuk meminta klarifikasi dan pertanggung jawaban mengenai hal ini. "Kami kecewa karena menurut sang ibu pihak sekolah tidak menggubris laporannya. Kemudian merek melaporkan ke pihak kepolisian. Polisi menemukan ada [...]

3 Dari 100 Anak Pernah Alami Kekerasan Seksual di Indonesia

3 Dari 100 Anak Pernah Alami Kekerasan Seksual di Indonesia

Upaya perlindungan anak sepertinya harus semakin ditingkatkan. Pasalnya, data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) 2008 menyebutkan bahwa prevalensi kekerasan anak mencapai 3,02 persen atau 3 dari 100 anak pernah mengalami kekerasan. Masalahnya, kekerasan seksual yang paling banyak ditemui.Seperti disampaikan Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, kendala yang dihadapi saat ini adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat dan petugas kesehatan untuk melaporkan kejadian kekerasan terhadap anak."Salah satu bentuk perlindungan hukum bagi petugas adalah Permenkes nomor 68 tahun 2013 tentang Kewajiban Pemberi Layanan Kesehatan untuk memberikan informasi apabila ada dugaan kasus kekerasan terhdap anak," katanya saat memberikan sambutan di acara seminartentang Kekerasan Pada Anak di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta,Selasa (12/8/2014).Anung menambahkan, kesadaran berbagai pihak dalam melindungi anak perlu dibantu semua pihak. "Peran masyarakat untuk segera melaporkan kejadian mencegah terjadinya kekerasan yang berkelanjutan," ungkapnya. [...]

Ini Dia Bagian Terkotor dari Kulkas Anda

Ini Dia Bagian Terkotor dari Kulkas Anda

Berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan, kulkas seharusnya jadi benda dapur yang bersih. Faktanya, menurut sebuah studi dari organisasi nirlaba kesehatan publik NSF International baru-baru ini ada dua bagian kulkas yang ditemukan bakteri berbahaya. Pertama, bagian kotak sayuran. Terdapat Salmonella, Listeria, ragi dan jamur berkumpul di bagian ini menurut ahli mikrobiologi dan manajer proyek senior NSF Lisa Yakas seperti dilansir Readers Digest, Kamis (25/9/2014). Bagian ini memang mudah kotor karena seseorang langsung memasukkan sayuran yang dibeli dari pasar atau supermarket tanpa membersihkan terlebih dahulu. Bahkan, akar daun bawang dan seledri beserta tanah sering ikut masuk ke bagian ini. Kedua, freezer daging. Daging sapi, ayam dan ikan dimasukkan ke dalam bagian ini untuk menjaga kesegarannya. Namun daging-dagingan tersebut juga membawa bakteri Salmonella, E.Coli, ragi dan jamur. Rutin membersihkan kedua bagian itu, bisa membantu mengurangi keberadaan bakteri-bakteri pembawa kuman penyakit itu. [...]

Ibu dan Anak Tertular TB dari Kucing

Ibu dan Anak Tertular TB dari Kucing

Dokter Inggris dikejutkan dengan penemuan seorang remaja di Inggris, Jessica Living yang harus menjalani perawatan medis setelah dokter mendiagnosis tuberkulosis paru akibat terpapar kucing. "Saya kehilangan setengah berat badan dalam lima minggu. Rasanya sangat sakit di sekujur tubuh, demam, keringat dingin dan halusinasi," kata Jessica, melansir Mirror, Minggu (30/3/2014). Ibunya, Jessica Claire ternyata juga tertular penyakit TB laten akibat kucing. Menurutnya, pasangan ini mengadopsi anak kucing lima minggu sebelumnya dan diperkirakan telah terinfeksi saat membersihkan luka pada hewan peliharaannya. Direktur Klinik dari Falkland Veterinary Clinic di Newbury, Vet Carl Gorman mengatakan, hewan juga bisa jatuh sakit dengan kondisi paru-paru kronis dan luka yang mencurigakan. Namun belum ada penelitian khusus apakah TB pada kucing juga menularkan manusia. "Ini sangat tidak biasa untuk kucing untuk mendapatkan TB tetapi itu cukup langka bila sekelompok kucing mendapatkannya," ujar Gorman. Belum lama sebelum kasus ini terjadi, media setempat juga melaporkan adanya seorang anak berusia di bawah 10 tahun juga ketahuan mengidap tuberkulosis paru akibat anjing kesayangannya. [...]

Manusia Super, Pria Ini Tangkis Peluru dengan Samurai

Manusia Super, Pria Ini Tangkis Peluru dengan Samurai

Bagi Anda yang gemar menonton film pasti pernah melihat adegan film dimana sang aktor mampu menangkap peluru yang menghampirinya. Ternyata, apa yang dilihat di film ada juga dalam kehidupan nyata, meski bukan menangkap tapi menangkis dengan samurai. Issao Machii ialah manusia yang mampu lakukan kehebatan itu. Kemampuan pria berdarah Jepang ini mampu akan membuat Anda berdecak kagum karena akurasi tepatnya untuk menghempaskan peluru karet ke arahnya menggunakan samurai. Bayangkan, sebuah peluru berukuran super kecil sebiji kacang hijau yang ditembakkan dengan kecepatan 320 km/jam bisa ditangkis menggunakan samurai miliknya. Akurasi waktu dan arah yang tepat membuatnya mampu menangkis peluru karet seperti yang Machii demokan dalam program televisi Superhuman Session 1 yang ditayangkan History Channel. Orang-orang yang hadir dalam proses syuting acara ini menyatakan bahwa mereka mendengar suara pisau samurai terkena peluru, namun tak bisa melihat peluru karet berwarna putih tersebut. Turut menyaksikan acara ini profesor psikologi dari California State University Ramani Durvasula menyatakan bahwa kemampuan Machi menangkis bukan dengan penglihatan. " Ada proses antisipasi yang prose [...]

Pengabdian Pak Guru untuk Pedalaman Papua

Pengabdian Pak Guru untuk Pedalaman Papua

Selesai menyelesaikan Sekolah Pendidikan Guru Taruna Bakti Jayapura pada 1968, Barnabas Kedeikoto mengabdikan diri untuk menjadi guru di pedalaman Papua, tepatnya di Kabupaten Paniai. Sepanjang hidupnya, pria ini tidak pernah keluar dari tempat tugasnya di pedalaman pulau kepala burung ini. Bahkan meski sekadar mengunjungi keluarga di kampung halamannya. Itu pun tidak dilakukannya. Saat liburan, hampir semua guru pergi ke kota. Namun dia tidak pernah meninggalkan tempat tugasnya. Hingga masyarakat pun menyebut dia "tekoda ewanetai kudu" yang artinya guru penjaga sekolah. Pria yang biasa disapa Pak Guru Kedeikoto ini biasanya tidak sampai setahun menjadi pengajar di satu kampung dan terus berpindah ke kampung lain, hingga seluruh pedalaman Papua betul-betul dijelajahi dan dikenalnya. Walau harus jalan kaki melewati gunung terjal, lereng bukit dan lembah untuk berpindah dari kampung satu ke kampung lainnya, pak guru tetap jalani tugas dan tanggungjawabnya dengan setia demi mengabdi bangsa dan negara. Di masa tuanya, pada 1989 Pak Guru Kedeikoto kembali ke kampung halamannya di Modio untuk menetap di sana. Kampung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Paniai. Padahal ada nota [...]

Waspada, 5 Penyakit Mematikan Selain Ebola

Waspada, 5 Penyakit Mematikan Selain Ebola

Meski laporan Organisasi Kesehatan Dunia mencatat perkembangan kasus ebola begitu tinggi, tapi Indonesia mestinya harus lebih hati-hati terhadap 4 penyakit ini. Pasalnya, penyakit-penyakit ini sering menimbulkan infeksi serius. Seperti dikatakan profesor kedokteran di divisi penyakit menular di University of California, San Diego, Joseph Vinetz, MD bahwa ada penyakit yang penularannya juga mengkhawatirkan seperti ebola, yaitu:1. Chikungunya Virus ini cepat menyebar di negara-negara di Afrika, Asia, Eropa, dan Samudra Hindia dan Pasifik. Di Indonesia, kejadian luar biasa (KLB) chikungunya dilaporkan pada 1982, dilaporkan pertama kali di Samarinda pada tahun 1973, kemudian berjangkit di Kuala Tungkal, Martapura, Ternate, Yogyakarta (1983), Muara Enim (1999), Aceh dan Bogor (2001). Awal 2001, kejadian luar biasa demam chikungunya juga terjadi di Muara Enim dan Aceh. Disusul Bogor bulan Oktober. Setahun kemudian, demam chikungunya berjangkit lagi di Bekasi (Jawa Barat), Purworejo dan Klaten (Jawa Tengah). Diperkirakan sepanjang tahun 2001-2003 jumlah kasus chikungunya mencapai 3.918 jiwa meski penderitanya tidak ada yang meninggal. Menurut Joseph, nyamuk yang menularkan virus ini be [...]

Wanita yang Diinginkan Pria Jadi Istrinya Seperti Ini

Wanita yang Diinginkan Pria Jadi Istrinya Seperti Ini

Ada kisah lama seorang pria sukses dan kaya yang ditanyakan rahasia kesuksesannya. Ia pun menjawab dengan bangga bahwa rahasianya adalah memiliki istri yang baik dan mendukungnya. Tapi, ketika pria yang belum menikah ditanyakan seperti apa istri yang diinginkan, pria akan memiliki jawaban yang berbeda-beda.Beberapa pria menjawabnya dengan sederhana yakni yang baik dan yang lainnya menjawab wanita itu harus seperti ibunya. Lantas seperti apa wanita sempurna yang dicari pria? Psikolog menjelaskan bahwa bukan profil wanita ini yang satu-satunya dilihat pria. Ternyata, karakter wanita bukan intinya. Keadaan internal wanita yang benar-benar penting.Seperti dikutip GeniusBeauty, Kamis (6/2/2014), berikut wanita yang diinginkan pria jadi istrinya:1. Wanita sederhanaSeorang wanita menjadi luar biasa, istimewa dan menakjubkan. Tapi, jika ia wanita polos dan sederhana, kualitasnya terlihat menjadi luar biasaOrang bijak di zaman dahulu mengatakan, kesopanan yang membuat wanita menjadi cantik. Itulah yang ditegaskan mayoritas psikoterapis. Tak ada yang mengejutkan bahwa jika wanita mencoba menjadi sederhana, pria akan tertarik pada Anda.2. Wanita lemahKekuatan wanita adalah kelemahannya. Di de [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *