Saat Mudik, Ortu Perlu Berikan Ini untuk Anaknya yang Autis

car-exhaust_2485955b.jpg

Membawa serta buah hati dalam perjalanan mudik dibutuhkan perhatian ekstra dari orangtua, terlebih bila melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Orangtua harus memahami benar psikologis seorang anak, dan tahu kapan harus menghentikan kendaraan untuk beristirahat.

Untuk anak dengan kategori normal saja, orangtua harus ketat dalam hal memberikan perhatian. Apalagi dengan orangtua yang memiliki anak dengan kondisi autisme, sudah pasti jauh lebih ketat daripada ini.

“Memang harus ada pengawalan ketat dari orangtua. Kalau memungkinkan, dengan diet bebas gluten. Karena akan membuat anak lebih tenang,” kata Dr Kresno Mulyadi, SpKJ kepada Health Liputan6.com ditulis Sabtu (26/7/2014)

Bila kondisi autisme pada anak tergolong berat, dianjurkan agar para orangtua meminta bantuan tenaga profesional untuk diberikan obat penenang yang sifatnya sementara, bukan untuk jangka waktu yang panjang.

“Saya beritahu bahwa obat penenang ini tidak menyembuhkan, melainkan membantu ketenangan seorang anak. Atau mereka akan tenang ketika diberikan terapi perilaku,” kata Kresno menambahkan.

Pria yang akrab disapa Kak Kresno melanjutkan, pentingnya diet gluten free untuk anak dengan autisme akan berdampak baik ketika mereka harus melakukan perjalanan jauh. Dengan begitu, mereka akan tenang selama di dalam kendaraan.

Psikiater Omni Hospitals Serpong, Tangerang, sekaligus Motivator Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus, menjelaskan bahwa diet bebas gluten tidak sesulit yang dibayangkan selama ini.

“Kan orangtua dapat memberikan makanan pada anak-anaknya dengan bahan tepung sagu, tepung beras, dan sekarang sudah banyak kok produk-produk yang diperuntukkan bagi anak autisme. Tinggal diolah saja oleh orangtua,” kata dia menjelaskan.

Sedangkan untuk anak dengan kondisi autisme tergolong ringan, jelas Kresno, orangtua cukup memberikan motivasi pada anaknya. “Katakan pada mereka, kalau sekarang agak tenang dulu. Nanti di sana, mereka boleh kok lompat-lompat lagi,” kata Kresno.

Menurut Kresno, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini. Dan, sudah pasti, motivasi besar yang diberikan orangtua akan membuat anak merasa tenang.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Sehat Saat Makan Mi? Campur dengan Sayur dan Telur

Ingin Sehat Saat Makan Mi? Campur dengan Sayur dan Telur

Orang Indonesia sepertinya tidak asing dengan makanan yang berasal dari mi. Tidak sedikit yang mengonsumsi mi instan sebagai pengganjal rasa lapar, "sepertinya saat cuaca dingin itu ya memang enak mengonsumsi mi mengenyangkan. Dan sepertinya semua orang Indonesia sudah tidak asing dengan mi," kata Pemain Drama Musikal Onrop, Dyah Rahmi Saraswati alias Aimee Saras.Menurut penyanyi dan presenter salah satu stasiun televisi ini mengonsumsi mi sebaiknya diikuti dengan olahraga dan diimbangi dengan buah atau sayur. "Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Kalau makan mi ya diimbangi juga dengan makanan buah dan sayur," katanya di sela-sela acara peluncuran Indomie Goreng rasa Iga Penyet, Rabu (15/1/2014) di Kembang Goela, Jakarta.Hal serupa juga dikatakan General Manager Marketing Noodles Division ICBP, Julia Atman. Menurutnya, mengonsumsi mi juga perlu diimbangi dengan makanan sehat lainnya. "Cara makan mi yang sehat itu dicampurkan dengan sayuran juga, atau biasa juga dicampurkan dengan protein lain atau bisa dicampur telur misalnya. Semua makanan yang berlebihan memang tidak bagus yang penting diseimbangkan," kata Julia.Chef, Lucky Andreono mengatakan mengonsumsi mi sebaikn [...]

Kulit Cantik dan Sehat, Yuk Konsumsi Cokelat!

Kulit Cantik dan Sehat, Yuk Konsumsi Cokelat!

Cokelat, sepertinya kudapan manis ini hampir digemari banyak orang di segala usia. Walaupun kerap dihubungkan dengan kenaikan berat badan namun cokelat ternyata baik untuk kesehatan kulit.Tidak hanya tabir surya yang dapat menjadi perisai kulit dari paparan sinar ultaviolet, cokelat pun bisa. Sebuah studi yang dilakukan ilmuwan London menunjukan dengan mengonsumsi 20 gram cokelat hitam selama 12 minggu dapat melindungi kulit dua kali lebih lipat dari hanya sekedar menggunakan tabir surya.Pada tahun 2009, Journal of Cosmetic Dermatology mengungkapkan bahwa cokelat hitam dapat melindungi kulit sehingga tidak mudah terbakar dan mengurangi risiko penuaan dini. Dan pada tahun 2006 , ilmuwan Jerman juga menemukan cokelat dapat membantu melindungi kulit dari risiko kanker."Data ilmiah mengatakan kandungan flavanoids yang tinggi dapat melindungi kulit sehingga tidak mudah terbakar," kata Dermatolog Kosmetik dr.Oscar Hevia, dikutip Health, Selasa (11/2/2014).Hevia mengatakan studi memang menunjukkan setelah tiga bulan mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan ketebalan, kelembapan dan menunjang penampilan kulit."Cokelat hitam atau bubuk kakao memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ka [...]

Ahli Kesehatan Kini Menggambarkan Lama Duduk Sebagai ‘Rokok’

Ahli Kesehatan Kini Menggambarkan Lama Duduk Sebagai ‘Rokok’

Mungkin sekarang Anda belum merasakan akibat dari duduk terlalu lama. Tapi para ahli kesehatan kini mulai sibuk mengampanyekan bahaya duduk sebagai 'rokok' karena dapat membahayakan kesehatan. Mengutip laman Mirror, Sabtu (12/4/2014), penelitian di Ingris mengungkapkan, rata-rata orang duduk selama 8 sampai 9 jam sehari. Dalam jangka waktu tersebut, ahli kesehatan menilai duduk dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, kanker usus, masalah otot dan punggung, deep vein thrombosis (pembekuan darah), tulang rapuh, depresi dan bahkan demensia. "Duduk lama itu bagaikan bom waktu kesehatan yang dapat meledak dan merugikan kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah mengidentifikasi duduk sebagai penyebab obesitas nomer satu. Dan obesitas telah disepakati sebagai penyakit," ujar para ahli. "Kita merekomendasikan orang dewasa setidaknya bergerak selama 150 menit seminggu, atau 30 menit dalam lima hari. Itu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat utama dari olahraga teratur," tulis WHO. Hal senada juga diungkapkan pakar olahraga, Dr John Buckley dari Chester University. Ia menyampaikan, latihan lebih dari 30 menit dengan bersepeda ke tempat kerja dan rumah cukup bermanfaa [...]

Upaya Pemerintah Selamatkan Korban Banjir

Upaya Pemerintah Selamatkan Korban Banjir

Intensitas curah hujan yang berlangsung secara terus menerus sepekan terakhir ini membuat Sungai Ciliwung dan Pesanggrahan meluap. Kondisi ini mengakibatkan beberapa wilayah di Jakarta tergenang. Untuk itu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bersama Balai Teknologi Kesehatan Lingkungan (BTKL) terus menerus mewaspadai dan memantau para korban banjir.Penilaian data lingkungan, pemberian bantuan jamban darurat serta memberikan Poly Aluminium Chloride (PAC) atau zat berupa serbuk yang aman dan mudah larut di dalam air, yang digunakan untuk menjernihkan air merupakan upaya pertolongan yang diberikan untuk menyelamatkan para pengungsi dan korban.?Sampai saat ini permasalahan kesehatan akibat musibah banjir masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat. Namun, Kemenkes RI bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan pemantauan?, ujar Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan (PPKK) Kementerian Kesehatan RI, dr. Sri Henni Setiawati, MHA dalam rilis yang diterima tim Health Liputan6.com, Senin (20/1/2014).Sri Henni mengatakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta telah mengerahkan sumber daya dari tim Rapid Health Assesment (RHA) untuk me [...]

Cegah Benjolan Payudara, Begini Caranya!

Cegah Benjolan Payudara, Begini Caranya!

Kanker payudara yang biasanya ditandai dengan gejala awal adanya benjolan di dada perempuan ini seolah-olah menjadi hal biasa. Sebenarnya, ada cara menghindarinya yakni dengan makan buah dan sayuran yang lebih berwarna sejak remaja.Kondisi yang dikenal dengan benign breast (penyakit jinak payudara) biasanya berkembang selama masa remaja atau dewasa muda, tapi belum tentu berbahaya. Penyakit jinak payudara tak meningkatkan risiko kanker payudara di kemudian hari."Konsumsi sayuran ini mungkin menjadi cara untuk mencegah penyakit payudara jinak," kata Caroline E. Boeke dari Brigham and Women's Hospital di Boston seperti dilansir ReutersHealth, Rabu (9/4/2014).Boeke menekankan, penelitian yang dilakukannya observasional dan tak bisa membuktikan bahwa sayuran menangkal penyakit.Menurutnya, buah-buahan dan sayuran berwarna merah, kuning dan oranye mengandung karotenoid yang bagus buat kesehatan payudara. Penelitian sebelumnya menemukan, wanita yang lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan tersebut berisiko rendah terkena kanker payudara."Penelitian ini berusaha menghubungkan antara makan sayuran berwarna-warni saat remaja, ketika jaringan payudara masih berkembang, serta kemungkinan m [...]

BKKBN : Tren Pernikahan Dini Meningkat

BKKBN : Tren Pernikahan Dini Meningkat

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prof Fasli Jalal mengatakan, tren pernikah dini di Tanah Air semakin meningkat terutama di perkotaan. "Pada 2007, ada kenyataan bahwa setiap 1000 remaja ada 26 di antaranya yang sudah menikah. Dan, lima tahun kemudian pada 2012, angka itu naik enam poin menjadi 32 dari 1000 remaja," ujar Fasli dalam acara malam penghargaan Eagle Junior Documentary 2014 di Jakarta, Jumat. Remaja yang dimaksud berusia 15 sampai 19 tahun.Padahal usia yang terbaik untuk menikah, menurut Fasli, berusia 20 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki. Selama ini ada anggapan, pernikahan dini kerap terjadi di pedesaan karena paksaan dari keluarga. Tapi saat ini yang terjadi, pernikahan dini juga banyak terjadi di perkotaan. "Kami mempertanyakan ada apa ini? Inilah yang kita upayakan agar remaja tidak melakukan pernikahan di usia yang terlalu dini melalui program Generasi Berencana (GenRe)," tambah dia. GenRe adalah program BKKBN yang memang diarahkan kepada remaja dan generasi muda. Tujuannya agar kalangan generasi muda terutama remaja tidak melakukan pernikahan pada usia dini, dengan kata lain GenRe adalah demi membangun pengert [...]

5 Manfaat Memelihara Kucing

5 Manfaat Memelihara Kucing

Kucing adalah hewan peliharaan paling populer. Selain menyenangkan dan dapat menjadi penghibur sewaktu senggang, memelihara kucing ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti dikutip dari Love That Pet, Senin (3/11/2014), Dr. Bradley Smith menamainya sebagai 'pet-effect'. Berikut beberapa manfaat memelihara kucing untuk kesehatan Anda: 1. Latihan Fisik Kucing adalah binatang peliharaan yang enerjik. Mereka suka bergerak dan bermain dengan manusia. Dengan memelihara kucing, Anda juga dapat ikut bergerak dengannya. 2. Menumbuhkan Empati Seorang anak yang tumbuh dengan kucing di sekelilingnya akan lebih memiliki empati terhadap orang lain. Dia akan lebih peka dan akan mempertimbangkan apa yang dilakukannya, apakah merugikan atau tidak untuk orang lain. 3. Menurunkan Stress Membelai kucing di pangkuan Anda adalah cara yang bagus untuk menurunkan stress dan tekanan darah. Selain itu, memelihara kucing juga dapat membantu Anda untuk melupakan masa lalu, misalnya kehilangan orang yang sangat dicintai. 4. Lebih Cerdas Sebuah studi di Inggris mengatakan bahwa mereka yang memiliki kucing cenderung lebih cerdas daripada mereka yang memelihara anjing. Bukan berar [...]

Tahapan Pembuangan Racun dalam Detox Reviver Treatment

Tahapan Pembuangan Racun dalam Detox Reviver Treatment

Berbeda dengan perawatan kecantikan biasanya, Detox Reviver Treatment merupakan proses pembuangan racun akibat penggunaan kosmetik, paparan polusi serta gaya hidup tak sehat. Seperti diungkapkan dokter kecantikan dari Floe Beauty Cottage, dr. Theresia Tedjasukmana bahwa proses detoks baiknya dilakukan apabila seseorang sering terpapar polusi atau logam berat timbal karena dapat membahayakan kesehatan. "Saat ini gaya hidup dan tuntutan pekerjaan membuat wanita mau tidak mau terpapar timbal. Hal ini dalam jangka panjang menyebabkan kerusakan pada liver dan ginjal. Tapi yang paling terlihat cepat dampaknya pada kesehatan kulit wajah," kata Theresia saat ditemui di Floe Beauty Cottage, Mangga Dua Square lt. UG blok C 181-188, Jumat (26/9/2014). Lebih jelasnya, Theresia menerangkan tahapan dalam Detox Reviver Treatment: 1. Pembersihan Seluruh wajah dibersih kan dengan milk cleanser, lalu dibilas dengan facial wash/sabun untuk membersihkan lebih maksimal. 2. Scrub Untuk mengangkat kotoran dibagian bawah kulit dan mengangkat sel kulit mati. 3. Aplikasi krim detoks Krim detoks yang khusus mengandung vitamin E, vitamin C, jojoba oil, CoQ10 dan celtic salt dioleskan ke seluruh wa [...]

Nila Moeloek: Program Kemkes akan Dibuat Satu Arah

Nila Moeloek: Program Kemkes akan Dibuat Satu Arah

Baru saja Presiden Jokowi mengumumkan Kabinet Kerja dengan masing-masing posisi menteri yang menjabatnya. Salah satunya kementerian yang diumumkan adalah Kementerian Kesehatan. Setelah berbagai sosok dikabarkan menjadi calon kuat, ternyata yang muncul dan disebut Presiden Joko Widodo adalah Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, SpM(K) .Nila Djuwita Anfasa Moeloek yang lahir di Jakarta, 11 April 1949 adalah salah satu Staf Ahli Divisi Tumor Mata di RSCM Kirana. Alumni dokter umum dan spesialis mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini meneruskan subspesialisasi International Fellowship di Orbita Centre, University of Amsterdam, Belanda dan di Kobe University, Jepang. Setelah itu ia meneruskan pendidikan konsultan Onkologi Mata dan program Doktor Pasca Sarjana di FKUI, Jakarta. Ia adalah ketua umum Dharma Wanita Persatuan Pusat periode 2004-2009 dan istri Farid Anfasa Moeloek, Menteri Kesehatan pada Kabinet Reformasi Pembangunan. Nila Moeloek, begitu biasa perempuan ini disapa pernah menjadi "Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millennium Development Goals" pada 2009 - 2014. Beberapa saat setelah diumumkan Nila menyebutkan bahwa para calon menteri sebelum diumumkan [...]

BPJS Pastikan Semua Anggota TNI/Polri Dapat Kartu BPJS

BPJS Pastikan Semua Anggota TNI/Polri Dapat Kartu BPJS

Jelang sebulan penyelenggaraan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fahmi Idris mengaku akan memastikan kembali kalau seluruh anggota TNI/Polri akan mendapat kartu BPJS."Kami ingin memastikan seluruh TNI/Polri dapat kartu. Meskipun KTA (Kartu Tanda Anggota) juga dilayani, tapi kadang-kadang beda rasanya kalau sudah dapat kartu," kata Fahmi saat memberikan sambutan dalam acara 'Evaluasi Implementasi JKN untuk Peserta TNI-Polri' di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (28/1/2014).Selain itu, Fahmi juga menyampaikan apresiasinya terhadap TNI dan Polri yang mendukung JKN melalui BPJS Kesehatan. Khususnya, kesiapan fasilitas kesehatan milik TNI dan Polri yang siap mendukung pelayanan kesehatan bukan hanya bagi peserta BPJS Kesehatan, namun terbuka bagi masyarakat umum.Sementara itu, Kapuskes (Kepala Pusat Kesehatan) TNI, dr. Daniel Tjen, Sp.S Mayor Jenderal TNI yang ditemui di kesempatan yang sama mengatakan, masalah pada proses pengalihan sistem pasti akan terjadi. Tapi sesuai amanat undang-undang, TNI wajib menyukseskan amanat konstitusi dalam hal ini penyelenggaraan JKN."Untuk itu, kami (seluruh jajaran tinggi TNI dan Polri) hari ini dan besok masih akan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *