Saat Mudik, Ortu Perlu Berikan Ini untuk Anaknya yang Autis

car-exhaust_2485955b.jpg

Membawa serta buah hati dalam perjalanan mudik dibutuhkan perhatian ekstra dari orangtua, terlebih bila melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Orangtua harus memahami benar psikologis seorang anak, dan tahu kapan harus menghentikan kendaraan untuk beristirahat.

Untuk anak dengan kategori normal saja, orangtua harus ketat dalam hal memberikan perhatian. Apalagi dengan orangtua yang memiliki anak dengan kondisi autisme, sudah pasti jauh lebih ketat daripada ini.

“Memang harus ada pengawalan ketat dari orangtua. Kalau memungkinkan, dengan diet bebas gluten. Karena akan membuat anak lebih tenang,” kata Dr Kresno Mulyadi, SpKJ kepada Health Liputan6.com ditulis Sabtu (26/7/2014)

Bila kondisi autisme pada anak tergolong berat, dianjurkan agar para orangtua meminta bantuan tenaga profesional untuk diberikan obat penenang yang sifatnya sementara, bukan untuk jangka waktu yang panjang.

“Saya beritahu bahwa obat penenang ini tidak menyembuhkan, melainkan membantu ketenangan seorang anak. Atau mereka akan tenang ketika diberikan terapi perilaku,” kata Kresno menambahkan.

Pria yang akrab disapa Kak Kresno melanjutkan, pentingnya diet gluten free untuk anak dengan autisme akan berdampak baik ketika mereka harus melakukan perjalanan jauh. Dengan begitu, mereka akan tenang selama di dalam kendaraan.

Psikiater Omni Hospitals Serpong, Tangerang, sekaligus Motivator Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus, menjelaskan bahwa diet bebas gluten tidak sesulit yang dibayangkan selama ini.

“Kan orangtua dapat memberikan makanan pada anak-anaknya dengan bahan tepung sagu, tepung beras, dan sekarang sudah banyak kok produk-produk yang diperuntukkan bagi anak autisme. Tinggal diolah saja oleh orangtua,” kata dia menjelaskan.

Sedangkan untuk anak dengan kondisi autisme tergolong ringan, jelas Kresno, orangtua cukup memberikan motivasi pada anaknya. “Katakan pada mereka, kalau sekarang agak tenang dulu. Nanti di sana, mereka boleh kok lompat-lompat lagi,” kata Kresno.

Menurut Kresno, peran orangtua sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini. Dan, sudah pasti, motivasi besar yang diberikan orangtua akan membuat anak merasa tenang.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apa yang Terjadi di Otak Saat Orang Bermimpi?

Apa yang Terjadi di Otak Saat Orang Bermimpi?

Isi dalam mimpi terkadang membuat orang bingung. Mengapa saya mimpi ini? Apabila Anda mengalaminya, Anda tak sendirian karena para ilmuwan juga bertanya hal yang sama.Michael J. Breus , Ph.D. melalui Psychology Today, Senin (28/4/2014), menjelaskan, di era digital ini kita tak memiliki semua jawaban tentang mimpi. Pengetahuan tentang prinsip dasar mimpi terbatas. Bahkan, sampai saat ini kita tak mengetahu mekanisme mimpi, fungai mimpi dan tujuannya. Sampai 2014 ini saja, mimpi menjadi misteri besar.Apa yang terjadi di otak saat mimpi? Inilah yang ingin diungkapkan dalam penelitian terbaru. Para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Laboratory di Kyoto, Jepang, terus mempelajari mimpi. Tim menggunakan scan otak untuk melihat visual yang terlihat dalam mimpi dan mengumpulkan wawasan baru tentang aktivitas otak ketika dalam keadaan bermimpi.Untuk memprediksi konten visual dari mimpi , teknik menggunakan pengukuran aktivitas otak. Dengan meneliti aktivitas otak selama tidur, para ilmuwan berharap bisa melihat isi mimpi.Peneliti melibatkan tiga pria dewasa yang tidur ketika peneliti memantau aktivitas otaknya dnegan menggunakan MRI dan EEG. Untuk menghubungkan aktivitas otak denga [...]

Pernah Alami Varises di Pita Suara, Indah Vokalis Maliq n D’essential, Sekarang Mulai Nyanyi Lagi

Pernah Alami Varises di Pita Suara, Indah Vokalis Maliq n D’essential, Sekarang Mulai Nyanyi Lagi

Setelah lebih dari enam bulan tidak menyanyi, Vokalis cantik band Maliq n D'essential, Rivani Indriya Suwendi sudah mulai unjuk gigi lagi.Absennya Indah, demikian biasa disapa, ini akibat gangguan pita suara. Ada varises di sekitar pita suara, kata dokter. "Sekarang masih masa penyembuhan. Menurut dokter, kemungkinan gangguan pita suara pada penyanyi biasanya akibat adanya varises di sekitar pita suara. Sehingga saya kesulitan untuk menyanyi, so far sih baik-baik saja," kata wanita kelahiran Jakarta, 26 Maret 1980 ini.Kembalinya Indah membuat semua rekan di Maliq n D'essential lebih menjaga kesehatan dan membantu proses penyembuhannya."Sekarang di antara kami, Indah yang hidupnya paling sehat. Kami terus menjaga agar penyakit Indah tidak lagi kambuh. Mengingatkannya untuk banyak istirahat, tidak memaksakan kalau memang tidak sanggup," kata Vokalis Maliq n D'essential, Angga saat diwawancarai Liputan6.com, Senin (10/3/2014).Sebagai partner Indah di band yang terkenal dengan lagu berjudul Setapak Sriwedari itu, Angga berusaha menyesuaikan bila kondisi rekannya tidak memadai untuk tampil."Kalau memang Indah sedang tidak bisa menyanyi, ya kami memaksimalkan dua backing vocalist peremp [...]

Ini Alasan Ebola Jadi Perhatian Dunia

Ini Alasan Ebola Jadi Perhatian Dunia

Afrika bagian Barat terutama negara Guinea, Sierra Leone, dan Liberia kini telah bergulat memerangi wabah virus mematikan Ebola. Tak hanya menyerang warga di pedesaan, wabah ini pun muncul di perkotaan. Hal ini tentu saja meningkatkan kekhawatiran wabah makin meluas yang berpotensi merenggut nyawa banyak orang. Seperti dilansir Financial Times, Selasa (29/7/2014) seseorang yang terserang virus Ebola menyebabkan risiko kematian yang tinggi hingga 60% sampai 90%. Hingga berita ini diturunkan, virus ini telah menyebabkan 670 orang meninggal terinfeksi virus Ebola di Afrika bagian Barat. Selain belum ditemukan obat yang mampu melumpuhkan virus ini di tubuh manusia, infrastruktur kesehatan yang buruk serta budaya masyarakat untuk enggan membawa pasien terinfeksi Ebola ke rumah sakit memudahkan penularan virus ini. Upacara pemakaman jadi sumber masalah lain meningkatnya penyebaran virus Ebola. Adanya kontak fisik saat memandikan orang yang meninggal, membuat virus Ebola menginfeksi pada makin banyak orang. [...]

Kisah Dokter Ayu yang Tak Bisa Tenang Selama 4 Tahun

Kisah Dokter Ayu yang Tak Bisa Tenang Selama 4 Tahun

Masih teringat mungkin di benak Anda, seorang dokter wanita di Manado yang terjerat kasus hukum sehingga membuat seluruh sejawat dokter melakukan aksi protes pembebasan hingga tidak melakukan praktik setengah hari pada 27 November lalu.Kini, dokter bernama lengkap Dewa Ayu Sasiary Prawani atau yang akrab dipanggil dokter Ayu (39) serta kedua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian sudah bisa menghirup udara bebas setelah sempat dipenjara sekitar dua bulan.Dalam temu media yang dilakukan di Kantor IDI Pusat, Jakarta, Kamis (12/2/2014), dokter wanita berkacamata itu mengaku hidupnya tidak tenang selama 4 tahun sejak kematian pasien bernama Julia Fransiska Makatey."Sudah 4 tahun, hidup kami tidak tenang, bolak-balik ke penyidik, lapor kejaksaan. Dan di sela-sela residen, selain sambil menunaikan tugas ilmiah, kami juga harus ke pengadilan," kata wanita kelahiran Denpasar, Bali 23 April 1975.Saat tersandung masalah hukum, dokter Ayu memang sedang ujian akhir. Tapi ketika itu, ia dan kedua rekannya optimistis bahwa kasusnya dapat segera diselesaikan."Waktu itu saya sedang ujian akhir. Itu awal persidangan di pengadillan negeri. Kalau saya ingat jadi sedih. Saya ujian sambil [...]

Kandungan ASI Buat Bayi Laki-laki dan Perempuan Beda?

Kandungan ASI Buat Bayi Laki-laki dan Perempuan Beda?

Seorang ibu akan mengeluarkan Air Susu Ibu (ASI) usai melahirkan. Namun, ASI itu memiliki kandungan yang berbeda jika itu anak perempuan atau laki-laki."Ibu memproduksi resep biologis yang berbeda untuk putra dan putri," kata Katie Hinde, Ahli Biologi Evolusi di Harvard University seperti dikutip dari Emirates247, Minggu (16/2/2014).Pada studi manusia, monyet, dan mamalia lainnya ditemukan perbedaan baik isi dan kualitas ASI yang dihasilkan.Pada ASI untuk anak pertama laki-laki biasanya sangat kaya, yang mengandung lemak dan protein yang tinggi. Sebaliknya, susu untuk anak perempuan kurang kaya tapi lebih dari yang di kandungan anak laki-laki. Termasuk lebih tinggi dalam kandungan kalsium pembentuk tulang.Ada banyak teori mengapa hal itu terjadi. Hinde menjelaskan misalnya monyet menghasilkan lebih banyak kalsium dalam susu untuk anak-anak perempuannya. "Ini bisa dalam rangka adaptif yang memungkinkan induknya memberikan lebih banyak susu untuk anak-anak perempuannya yang akan mempercepat perkembangannya dan memungkinkan mereka mulai berkembang biak di usia dini," kata Hinde.Berbeda dengan lelaki (jantan) yang tak perlu mencapai kematangan seksual secepat perempuan.Dr Hinde juga me [...]

5 Tips Ajari Anak Hindari Predator Seksual

5 Tips Ajari Anak Hindari Predator Seksual

Orangtua tidak selamanya bisa mengawasi anak saat 'predator seksual' (istilah yang dipakai untuk menyebut para pelaku pencabulan anak) senantiasa mengamati dan menanti waktu yang tepat untuk beraksi. Tapi, sebagai orangtua Anda bisa mengajarkan anak menandai mana yang 'predator' dan mana yang bukan.Berikut tips sederhana yang dapat Anda ajarkan pada anak seperti disampaikan Psikolog Nunki Suwardi yang juga merupakan Pendiri Pusat Studi & Aplikasi Psikologi Komunikasi Bawah Sadar pada Tim Health Liputan6.com, Senin (28/4/2014):1. Pelaku kerap mengamati aktivitas targetnya saat anak-anak beraktivitas atau bermainHindari risiko mengundang pelaku dengan meminta anak mengenakan pakaian yang sopan. "Jangan gunakan busana yang ketat, pendek, dan tipis. Jika baju anak basah karena keringat saat olah raga atau terkena hujan, segera minta ia menggantinya," kata Nunki. Baju yang basah membuat lekuk tubuh anak terlihat nyata dan membangkitkan syahwat pemangsa. Jika anak Anda perempuan, kenakan celana rok di bagian dalam gaun sehingga aman saat gaunnya tersingkap ketika berlari atau bermain.2. Ajarkan anak menandai sentuhan yang normal dan tidak normal serta bagian mana dari tubuhnya yang b [...]

Gelandangan & Pengemis Belum Masuk PBI Tak Ditanggung JKN?

Gelandangan & Pengemis Belum Masuk PBI Tak Ditanggung JKN?

Keluhan terhadap jumlah peserta yang tergolong tidak mampu dinilai masih kurang dan perlu ditambah. Apalagi yang terkaver dalam JKN (Jaminan Kesehatan nasional) baru 86,4 jiwa, tak sebanding dengan total jumlah orang miskin dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) yang terus bertambah hingga 28,55 juta orang per September 2013. Bagaimana dengan gelandangan dan pengemis yang belum masuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) ?Untuk saat ini, pihak Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa masalah peserta tidak mampu dan belum terkaver dalam JKN, masih ditanggung pemerintah daerah."Masalah kepersertaan yang muncul seperti adanya gelandangan dan pengemis, penghuni lapas, mereka yang lahir dari anak orang miskin sudah kita jelaskan bahwa anggaran Kementerian Kesehatan hanya untuk 86,4 juta jiwa. Sementara mereka yang belum terkaver, belum ditanggung," kata Sekjen Kementerian Kesehatan, Supriyantoro saat temu media di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta (3/2/2014).Supriyantoro menilai, masalah ini memang masih menjadi dinamika tapi Kementerian Kesehatan sedang mengajukan anggaran lagi untuk menambah kuota orang miskin."Saat ini kami masih dalam pengajuan anggaran kembali. Tapi untuk penghuni panti, [...]

Jalan Lahir Robek Tak Dijahit Benar, Dingaan BAB Lewat Miss V

Jalan Lahir Robek Tak Dijahit Benar, Dingaan BAB Lewat Miss V

Vagina Kgomotso Dingaan (24) robek parah saat melahirkan. Kondisi ini membuatnya menderita fistula rektovaginal karena dokter diduga tak menjahit dengan benar.Fistula rektovaginal adalah koneksi abnormal antara rektum dan vagina. Jika pembukaan antara rectum dan vagina terlalu lebar memungkinkan perut kembung dan feses keluar dari vagina, sehingga menyebabkan inkontinensia feses (keluar air besar tanpa terkontrol).Dingaan mengalami robek tingkat keempat saat melahirkan dua bulan lalu di Rahima Moosa Mother and Child Hospital, Coronationville, Johannesburg, Afrika Selatan. Kini, ia memakai tas yang disebut colostomy bag. Ia menimpakan kesalahan pada Departemen Kesehatan.Tapi, juru bicaranya Simon Zwane membantah fistula rektovaginal yang dialami Dingaan bukan karena kesalahan staf medisnya.Dingaan yang lulusan dari Somatology mengatakan, ia memang mengalami kesulitan saat melahirkan. Detak jantung anaknya lemah sehingga seorang perawat katanya naik ke tempat tidur."Dia menaruh tangannya di perut saya kemudian menekan sangat keras dan bayi keluar," katanya seperti dikutip IndependentOnline, Kamis (6/3/2014).Saat dijahit, perawat menyadari robekan yang dialaminya buruk sehingga mesti [...]

Jenis Kanker Baru Akibat Implan Payudara Mewabah di Inggris

Jenis Kanker Baru Akibat Implan Payudara Mewabah di Inggris

Para ilmuwan memperingatkan seluruh wanita di Inggris untuk hati-hati terhadap jenis kanker baru yang dipicu oleh implan payudara. Setidaknya ada 150 kasus penyakit yang disebut dengan limfoma anaplastik sel besar (AICI) telah dilaporkan terjadi di sana.Bahkan para ahli menyebutkan, sembilan dari sepuluh kasus penyakit yang berkaitan dengan kanker, diderita para wanita yang menjadi pasien penerima implan payudara dengan kulit bagian luar yang bertekstur. Permukaan yang kasar ini adalah tempat paling ideal untuk bakteri menebar benih-benih kanker. Sejumlah wanita dengan AICI membutuhkan pemulihan penuh setelah menjalani operasi. Dalam beberapa kasus, para pasien ini juga membutuhkan kemoterapi dan radioterapi. Parahnya, ada satu pasien yang dinyatakan meninggal dunia.Seperti dikutip dari laman Daily Mail, Senin (5/5/2014) ada satu pasien berasal dari Easth Lothian di Skotlandia, yang meninggal pada Juli 2012, karena menerima Poly Implant Prothese (PIP). Adalah Susan Grieve, 40 tahun, meninggal enam tahun setelah ia menerima implan PIP. Saat itu, keluarga percaya bahwa kanker yang merenggut nyawa Susan disebabkan oleh bahan kimia beracun yang masuk ke dalam tubuh, setelah implan di [...]

Bila Pria Berpayudara Mirip Wanita, Waspada

Bila Pria Berpayudara Mirip Wanita, Waspada

Kegemukan atau obesitas ternyata bukan hanya memengaruhi penyakit seperti jantung dan stroke. Menurut Pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, obesitas bisa menyebabkan munculnya penyakit yang lebih kompleks. Seperti yang Samuel sampaikan pada wartawan, ditulis Kamis (10/7/2014), penyakit yang sering menghampiri penyandang obesitas antara lain kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Tapi secara spesifik, pada wanita obesitas risiko kanker payudara lebih tinggi. "Wanita jangan pernah gemuk. Lemak akan menstimulan estrogen. Hormon ini memicu kanker payudara," kata Samuel. Selain itu, kata Samuel, obesitas pada wanita juga dapat memengaruhi ketidaksuburan atau infertilitas. "Karena gemuk, sel telur wanita tidak akan pernah masak. Saya pernah menangani pasien yang tak kunjung hamil, begitu berat badannya turun 10-15 kilogram, tahu-tahu dia hamil. Sayangnya, banyak wanita ketika melihat dirinya cantik, langsing dan turun 10-15 kilogram, ia akan berkaca dan menganggap lebih baik nggak hamil. Mungkin karena wanita sangat mendewakan penampilan." Di sisi lain, pada pria, obesitas juga menjadi masalah. Pernah melihat pria gemuk yang memiliki payudara besar hampir mirip dengan kepun [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *