Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

wanita-bokong-seksi-140105b.jpg

Ada gangguan yang menyebabkan seseorang merasa takut dan risih dengan tubuhnya sendiri. Kecenderungan ini biasanya akan berakhir pada kondisi yang disebut anoreksia bervos atau bulimia. Di dunia medis, ketakutan seperti ini dikenal dengan sebutan gangguan tubuh dismorfik (Body dysmorphic disorder/BDD)

BDD disebut sebagai gangguan yang membuat banyak perempuan merasa kurang akan bentuk tubuhnya. Padahal, bisa dikatakan perempuan itu sudah memiliki tubuh yang ideal.

Penderita BDD biasanya menghabiskan banyak waktu untuk menatap diri di cermin, dan selalu beranggapan bahwa tubuhnya kurang permak ini itu. Tak jarang para penderita BDD mencari kepastian jawaban akan kekurangan yang dirasakannya kepada orang lain.

Dilansir laman Health Me Up, Rabu (15/1/2014) penurunan tingkat serotonin di otak merupakan penyebab seorang wanita menderita gangguan seperti ini. Serotonin merupakan neurotransmitter yang terkait dengan perilaku depresi, nafsu makan, tidur, dan suasana hati.

Meski banyak penderita gangguan ini dialami perempuan, dan tak sedikit juga laki-laki yang merasakan hal yang sama.

Untuk pengobatannya sendiri, para penderita gangguan BDD dapat melakukan terapi perilaku kognitif dengan seorang dokter yang terlatih. Terapi ini membuat orang lebih memahani situasi sosialnya tanpa menutupi cacat yang dirasakannya.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Gangguan Makanan Pengaruhi Kesuburan Wanita
Alami Anoreksia Ekstrem, Wanita Ini Hanya Berbobot 25 Kg
Kisah Wanita Anoreksia yang Diselamatkan Junk Food

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Resep Menu dari Bahan Selada Air

Resep Menu dari Bahan Selada Air

Karena sayuran ini berwarna hijau, dapat diragamkan dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung, yang sudah banyak digemari. Jika tidak suka menyantapnya secara segar, dapat di-blanching lebih dulu, agar bau langu hilang.Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air, sesuai dengan kebiasaan tiap-tiap daerah di Indonesia. Berikut resep dari ahli gizi kuliner, Toeti Sunardi Selada Air Dressing KacangUntuk 5 porsi (1 porsi = 204 kalori)Bahan:250 gram selada air, dipotong daunnya100 gram ketimun, diiris halus panjang1 butir telur rebus, diirisBahan Dressing Kacang:5 sendok makan mayones siap pakai2 sendok makan saus tomat2 sendok makan air masak100 gram pindakas (selai kacang)1 butir kuning telur rebus1/2 sendok teh garam1 sendok makan air jeruk lemon1 sendok makan gula pasirCara membuat:1. Buat dressing kacang. Campur mayones dengan saus tomat, sisihkan. Campur air dengan pindakas dan kuning telur rebus, aduk rata. Campur adonan mayones dengan adonan pindakas, aduk, beri garam, air jeruk lemon, dan gula. Aduk rata, sisihkan.2. Selada air di-blanching (direbus dengan air mendidih selama 3 menit), angkat, rendam dalam air es, tiriskan.3. Atur dalam [...]

Trik Olla Ramlan Tetap Langsing Meski Gemar Makan Cokelat

Trik Olla Ramlan Tetap Langsing Meski Gemar Makan Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat dan es krim? Kedua makanan ini merupakan pilihan kudapan paling dicari dan disukai oleh hampir semua orang. Masalahnya, kedua jenis makanan mengandung lemak dan gula yang tinggi. Aktris dan presenter Olla Ramlan pun mengaku sangat menyukai kedua jenis makanan ini. Menurut wanita yang mulai berkecimpung sebagai produser eksekutif rekaman ini, ia tidak bisa meninggalkan makan cokelat dan es krim karena keduanya merupakan makanan favoritnya. Lantas, bagaimana Olla menjaga tubuhnya tetap ramping meski suka makanan manis?"Perempuan itu suka banget makan cokelat es krim, tapi gimana ya. Paling nggak, untuk tetap ramping saya juga suka skip makan malam atau siang kalau sudah makan manis. Ya, harus pinter-pinter ngejaga berat badan sih," kata Olla saat ditemui di The Plaza, Kamis (23/1/2014).Walaupun Olla senang makanan manis, ternyata ia juga sering merasa bersalah (feeling guilty) setelah makan. Tapi untuk menyiasatinya, ia mengaku akan memperbanyak makan sayur keesokan harinya dan olahraga."Pastilah ada feeling guilty. Tapi sebagai perempuan, pleasure-nya macam-macam. Shopping banyak juga feeling guilty, sama aja kayak makan es krim. Cuma sudahlah, nikmati [...]

Konsumsi Serat Bikin Lansing Tanpa Pusing

Konsumsi Serat Bikin Lansing Tanpa Pusing

Bukan hanya membantu langsing, kebutuhan serat yang tercukupi menghindarkan dari penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker usus. Maka penting untuk menjaga agar kebutuhan serat tercukupi. Sayangnya, masih banyak masyarakat umum yang makan kurang serat. "Perempuan masih mengonsumsi serat sekitar 15 mg padahal setiap hari dibutuhkan 25 mg," tutur Keri Gans, ahli diet dari New York City serta penulis The Small Change Diet seperti dikutip laman womens health, Kamis, (3/7/2014). Jika Anda mengalami hal berikut, tandanya Anda kurang serat. 1. Tidak ke belakang sehari sekaliInilah tanda yang paling banyak diketahui banyak orang dan memang benar. Serat berperan menciptakan gerak peristaltik pada usus. Proses pembuangan pun berlangsung lancar, tak lama-lama berhenti di usus besar. 2. Kolesterol tinggiKadar kolesterol dan serat punya hubungan erat. Dalam berbagai penelitian menunjukkan bahwa serat membantu menurunkan kadar kolesterol. "Jadi jika kebutuhan serat tercukupi dalam tubuh maka kadar kolesterol dalam tubuh normal," tutur Gans. 3. Lapar lagi usai 45 menit makan"Serat dicerna lama dan membuat kenyang lebih lama," ungkap Gans. Jadi, jika cepat lapar usai makan besar artiny [...]

Langsing dan Cantik Dengan Diet Madu

Langsing dan Cantik Dengan Diet Madu

Menurut sebuah penelitian, madu tidak hanya dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan saja, melainkan juga untuk menurunkan berat badan. Bahkan disebutkan, hanya dengan rutin mengonsumsi madu selama tiga minggu, bobot tubuh pun berkurang.Pencetus diet madu, Mike Mclness, menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi makanan kaya fruktosa seperti madu akan lebih banyak banyak membakar lemak, dan mengalami peningkatan kadar stamina dalam tubuh. Madu bertindak sebagai bahan baka untuk membuat hati menghasilkan glukosa. Glukosa ini membuat kadar gula otak tinggi dan memaksanya untuk melepaskan hormon pembakaran lemak.Untuk mendapatkan manfaat dari diet madu, cukup mengganti asupan gula dengan madu sepanjang hari. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi tiga sendok madu dengan air panas setiap malam sebelum tidur. Mike menganjurkan untuk kita mengombinasikan ini dengan latihan tiga kali dalam seminggu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal."Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme di otak yang menyebabkan kecanduan gula bisa meutup sepenuhnya," kata Mike seperti dilansir laman Health Me Up, Sabtu (28/6/2014)Sedangkan cara kerjanya, Mike mengatakan, Anda harus mengonsumsi madu sebe [...]

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Seperti wanita kebanyakan, setelah hamil dan melahirkan, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia sempat mengalami kenaikan berat badan hingga 65 kilogram dari bobot sebelum menikah 53 kilogram. Ingin kembali ke bentuk tubuh normal, akhirnya kakak ipar penyanyi Ashanty ini memutuskan untuk diet. Yang menarik, diet yang dilakukan Liza bukan diet ketat yang mengharuskannya tidak makan apa pun dan pantang pada jenis makanan tertentu. Karena pada akhir pekan, ia ingin makan bebas seperti orang kebanyakan. "Saya nggak diet khusus karena saya selalu makan apa yang saya mau. Kayak makan steak , es krim, pasta atau makanan berlemak itu tetap saya makan seminggu sekali. Tapi Senin sampai Jumat saya mencoba makan sehat," kata wanita berdarah Minangkabau dan Sunda itu pada Liputan6.com, ditulis Selasa (13/5/2014). Makanan sehat, lanjut Liza, bukan berarti harus pantang makanan. "Saya sendiri telah berhenti makan nasi putih dan menggantinya nasi merah. Selain itu mengurangi garam karena dapat mengikat lemak dan memperbanyak makanan yang direbus dan ditumis. Untuk minyak saya menggantinya dengan minyak zaitun atau olive oil. Dan untuk minuman, saya juga mengurangi yang manis. Tapi saya teta [...]

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Jangan pernah menyerah untuk memiliki bentuk badan yang ideal. Menjelang bulan Ramadhan, ketika tubuh berpuasa lebih dari 12 jam, ternyata ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat tubuh lebih ramping. Seperti diungkapkan Founder Totok Perut Kamaratih, Ratih Dewanti, berpuasa semestinya menjadi kesempatan besar untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Ini karena High Human Growth Hormone (HGH) akan lebih sering aktif."Kita kan puasa sekitar 12 jam lebih, saat HGH aktif, olahraga sebelum berbuka bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat. Dua kali lebih cepat pembakarannya dibanding saat tidak puasa," kata Ratih saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).Selain itu, wanita 55 tahun yang memiliki berat 60 kilogram tersebut juga mengatakan trik agar mudah langsing di bulan Ramadhan yaitu olahraga pada pukul 4 sore, saat berbuka minum dengan air hangat dan minum atau makan setelah shalat maghrib. Sedangkan totok perut disarankan dilakukan saat puasa untuk mempertahankan berat badan. [...]

Ancaman Membahayakan untuk si Perut Buncit

Ancaman Membahayakan untuk si Perut Buncit

Tak pandang pria atau wanita, bila Anda memiliki obesitas perut (buncit) atau ukuran perut melebihi dada, mungkin Anda perlu segera memeriksakan kesehatan. Pasalnya, Anda dapat berisiko mengalami sindroma metabolik atau kumpulan gangguan metabolisme dari diabetes.Seperti disampaikan Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo, dr. Em Yunir Sp. PD-KEMD bahwa seorang diabetesi yang memiliki obesitas perut dan minimum 2 gangguan metabolik seperti kadar lemak (trigliserida), tekanan darah tinggi sudah dapat dinyatakan terkena sindroma metabolik."Sindroma metabolik biasanya berkaitan dengan semakin parahnya resistensi insulin (pintu sel tidak bisa ditempeli insulin sehingga tidak bisa dibuka). Dengan demikian, glukosa tidak bisa masuk ke sel tubuh dan glukosa menumpuk dalam aliran darah. Akibatnya, dibutuhkan produksi insulin semakin banyak sehingga kadar lemak trigliserida meningkat," katanya.Resistensi insulin ini, kata Yunir merupakan penyebab utama gangguan metabolisme yang paling sering kita ketahui adalah diabetes. Padahal, resistensi ini juga menyebabkan kolesterol, asam urat naik, kegemukan, dan [...]

Lezatnya Kepompong dan Ulat Pohon Mahoni Melebihi Daging Ayam

Lezatnya Kepompong dan Ulat Pohon Mahoni Melebihi Daging Ayam

Bagi sebagian orang, enthung, ungker (Jawa) atau kepompong ulat mungkin terlihat menjijikkan. Namun, rupanya kepompong yang bisa kita dapati di beberapa pohon seperti jati, mahoni, randu, atau kelapa berasa lezat dan gurih bila kita jadikan lauk. Di beberapa daerah dan desa, bahan makanan ini bisa menjadi sumber protein alternatif selain ayam, daging sapi, dan ikan. Setidaknya itu yang ditemukan dan diteliti oleh para mahasiswa dan peneliti dari Universitas Negeri Yogyakarta. Sayangnya, tidak setiap musim bahan makanan yang dibilang ekstrem ini tidak selalu tersedia alias ada. Bahan makanan ini bisa jadi alternatif untuk diet Anda karena tinggi protein dan rendah kalori. Penelitian dengan sampel 20 biji kepompong ulat Cricula trifenestrata ( 10 biji basah dan 10 biji kering ) yang diambil dari pohon avokad yang ada Di desa Binangun, Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Dari penelitian ini didapatkan hasil kadar protein kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 19,59 persen, berat kering 58,346 persen sedangkan kadar lemak pada kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 0,1362 persen, berat kering 0,7 [...]

4 Cara Hindari Lapar Waktu Tengah Malam

4 Cara Hindari Lapar Waktu Tengah Malam

Masalah terbesar yang dihadapi oleh para pelaku diet, yang sedang berjuang dengan berat badannya adalah menahan rasa lapar di tengah malam. Walaupun sudah makan sehat di pagi, siang, dan malam hari, bukan berarti lepas dari rasa lapar yang terjadi di tengah malam tidak akan terjadi.Jika Anda menghadapi masalah in, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan itu semua, seperti dikutip Health Me Up, Rabu (19/3/2014) Alihkan perhatian AndaAnda juga bisa melakukan cara lain, yaitu dengan menelepon sahabat atau pacar.Tunda makan malamRasa lapar di tengah malam terjadi karena adanya celah panjang di antara waktu makan malam dan tidur Anda. Untuk itu, jika Anda merasa ingin tidur lebih larut, undurlah waktu makan malam yang biasa Anda lakukan. Bila biasanya Anda makan malam pada pukul 18:00 karena tidur di pukul 22:00, maka dapat menggantinya dengan makan pada pukul 19:30 dan tidur di pukul 23:30.Dengan begitu, kesenjangan waktu antara makan malam dan tidur tidak terlalu jauh.Sikat gigiMenyikat gigi setelah makan malam tidak hanya membantu melindungi gigi Anda, tapi juga ampuh menangkal setiap keinginan Anda untuk mengemil. Dengan mulut yang sudah bersih, sayang rasanya [...]

Alasan Kenapa Anda Harus Diet Garam

Alasan Kenapa Anda Harus Diet Garam

Garam merupakan bahan yang digunakan untuk menambahkan cita rasa dalam masakan yang disajikan. Tanpa garam, masakan akan terasa hambar. Meski besar manfaatnya, kita harus tahu bahwa konsumsi garam berlebihan berakibat buruk bagi kesehatan.American Heart Association (AHA) menunjukan, orang yang sehat tanpa tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit kardiovaskular, ada baiknya tidak mengonsumsi lebih dari 3,75 gram garam per hari. Berikut alasan Anda harus membatasi pemakaian garam dalam diet harian, seperti dikutip dari laman Health Me Up, Jumat (16/5/2014)Tekanan darahKonsekuensi yang akan Anda terima jika mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih adalah meningkatnya tekanan darah. Jika ini sampai terjadi, Anda pun berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.Dalam sebuah studi, orang yang mengurangi sepertiga asupan natrium, dapat mengurangi 22 persen terjadi stroke, dan 16 persen serangan jantung di Inggris.OsteoporosisOsteoporosis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kesehatan tulangnya, sehingga rapuh dan lemah. Kalsium adalah mineral utama yang memberikan kontribusi besar untuk kesehatan tulang. Sedangkan bila Anda masih mengonsumsi garam dengan asupan yang cukup tinggi, j [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *