Sakit Pinggang Sebelah Kanan Muncul Karena Ini

sakit-pinggang-sebelah-kanan-muncul-karena-ini-alodokter.jpg

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mendapat gangguan sakit pinggang sebelah kanan. Agar gangguan tersebut bisa diatasi, ketahuilah penyebabnya.

Mengetahui penyebab rasa sakit di bagian tubuh tertentu akan akan memudahkan kita untuk mengatasinya. Ingat, seringan apapun penyakit yang dirasakan tubuh, jika dibiarkan justru akan membuat penyakit tersebut semakin parah.

Rasa nyeri pada pinggang bagian kanan bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan. Beberapa kondisi yang memungkinkan munculnya sakit pinggang sebelah kanan antara lain;

  • Penyempitan tulang belakang

Salah satu yang sering menjadi pemicu rasa sakit di pinggang sebelah kanan adalah penyempitan tulang belakang. Penyebab terjadinya penyempitan pada bagian ini adalah artitis yang terkait dengan kian bertambahnya usia seseorang.

Sakit pinggang sebelah kanan yang dirasakan akibat kondisi ini biasanya akan kian menjadi saat beraktivitas. Rasa sakit ini akan reda saat penderitanya beristirahat.

  • Ginjal yang bermasalah

Apabila ginjal bermasalah, maka salah satu bagian pinggang akan terasa sakit. Letak ginjal yang berada tepat di pinggang membuat bagian ini takkan bisa bebas dari rasa sakit saat ginjal mengalami infeksi atau batu ginjal.

Jika ginjal bagian kanan yang menderita sakit, maka pinggang bagian kanan juga akan merasakan sakit, demikian juga sebaliknya. Biasanya, sakit yang menyerang pinggang dikarenakan penyakit di ginjal sudah akut atau kronis.

  • Cedera

Persendian pada tulang belakang seseorang terutama bagian piringannya rentan cedera terutama saat usia semakin tua. Jika piringan sendi ini cedera, maka ia akan menekan syaraf yang ada di sekitarnya sehingga memunculkan rasa sakit.

Cedera ini biasanya dirasakan saat seseorang mengangkat beban berat berlebihan. Sakit pinggang sebelah kanan yang diakibatkan oleh cedera ini bisa berlangsung hingga tiga hari.

  • Trauma pada otot

Layaknya otot di bagian lain, otot pada punggung juga bisa mengalami keseleo dan otot kaku. Gejala yang bisa menjadi pertanda terjadinya trauma jenis ini adalah kram otot dan kejang otot yang terjadi mendadak tanpa bisa dikendalikan.

Kesulitan lain yang akan timbul akibat kondisi ini adalah terbatasnya aktivitas yang bisa dilakukan. Pinggang akan susah diajak kompromi saat hendak berjalan, berdiri, dan membungkuk. Olahraga terlalu keras bisa juga menjadi penyebabnya.

  • Linu panggul

Linu panggul bisa dirasakan oleh siapa saja yang mengalami tekanan atau iritasi pada syaraf siatik. Syaraf siatik merupakan syaraf dengan ukuran paling panjang dalam tubuh yang menjalar melalui punggung, panggul, bokong, hingga ujung kaki.

  • Empedu bermasalah

Empedu adalah bagian dari hati yang salah satu fungsinya untuk mencerna lemak dalam tubuh. Letak empedu ada di perut atas bagian kanan.

Jika organ tubuh ini mengalami masalah, maka sakit yang ditimbulkannya mungkin saja bisa menjalar hingga ke pinggang sebelah kanan. Salah satu ciri sakit yang ditimbulkan terkait masalah di empedu adalah kian memburuknya rasa nyeri saat penderitanya makan.

Karena pinggang memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang aktivitas tubuh, maka jangan pernah menyepelekan rasa sakit yang menderanya. Melihat penyebab sakit pinggang bagian kanan di atas, beberapa di antaranya bisa berakibat fatal jika dibiarkan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menyusui Saat Hamil

Menyusui Saat Hamil

?Anak pertama saya masih menyusui ASI, namun saya sudah hamil lagi. Apakah pemberian ASI boleh terus diberikan saat hamil?? Apakah Ibu pernah bertanya-tanya tentang hal ini? Secara umum, menyusui saat hamil itu aman selama Ibu dapat menjaga asupan nutrisi yang sehat dan cukup minum. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa menyusui ASI dapat merangsang kontraksi rahim. Hal ini tidak akan menjadi masalah pada kehamilan yang normal. Namun, bila terdapat riwayat persalinan prematur atau bila ada nyeri rahim atau perdarahan, sebaiknya pemberian ASI tidak dilanjutkan. Beberapa hal yang perlu diketahui bila Ibu memutuskan untuk memberikan ASI saat hamil adalah perubahan-perubahan yang dapat disadari oleh anak pertama Ibu. Walaupun ASI yang keluar tetap bernutrisi selama kehamilan, kandungannya akan berubah sehingga rasanya pun berubah. (Baca: Serba-serbi Menyusui) Selain itu, jumlah produksi ASI akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan. Karena itu, secara alami anak pertama Ibu akan mengalami penyapihan sebelum adiknya dilahirkan. Kenyamanan Ibu juga akan terpengaruh. Selama kehamilan, tidak jarang terdapat keluhan nyeri pada puting dan payudara secara keseluruhan. Rasa nye [...]

Kemampuan Bersepeda Mampu Membedakan Penyakit Parkinson

Kemampuan Bersepeda Mampu Membedakan Penyakit Parkinson

Mulai maraknya kesadaran akan manfaat bersepeda dikalangan umum, memberikan dampak positif pada pola hidup yang sebelumnya lebih mengarah pada pola hidup yang merugikan. Salah satu manfaat bersepeda ternyata dikemukakan oleh salah seorang peneliti dari Jepang dalam Journal of Parkinson?s Disease, yaitu mengenai kemampuan seseorang bersepeda dapat menjadi acuan pembeda dari tipe penyakit Parkinson dan tipe Parkinsonisme diluar dari faktor situasi dan kondisi keadaan tempat bersepeda. Gangguan parkinsonisme merupakan gangguan syaraf yang pertama kali kemukakan oleh Dr. James Parkinson dimana berkurangnya zat dopamine yang berguna sebagai penghubung pada syaraf motorik . James sendiri menggunakan istilah Paralysis Agitans dikarenakan gangguan ini mempengaruhi gerak motorik seseorang sehingga gerakannya menjadi kaku bahkan menghilangkan refleks postural yang menyebabkan orang tersebut sering jatuh dan tidak mampu melakukan gerakan pencegahan yang umumnya secara otomatis dilakukan oleh tubuh. Semakin berkembangnya penelitian mengenai paralysis agitans, ditemukan mengenai penyakit Parkinson yang merupakan penyakit neurodegenerative progressive. Yaitu penyakit syaraf yang terus menurun na [...]

Tips Mencegah Diare Akibat Makan Telur

Tips Mencegah Diare Akibat Makan Telur

Walaupun telur kaya akan manfaat dan baik untuk tubuh, telur juga dapat menimbulkan masalah jika tidak diolah dengan benar. Karena jika salah-salah pengolahan dan penyimpanan, telur yang ada malah bukannya memberikan manfaat kesehatan tetapi justru menimbulkan masalah kesehatan lebih berbahaya lagi. Telur mentah dapat menyebabkan keracunan akibat bakteri Salmonella Enteriditis yang mengkontaminasi telur. Akibat dari infeksi bakteri ini, pemakan menimbulkan gejala diare yang membuat sengsara. Maka dari itu sangat penting untuk tahu cara memilih, menyimpan, dan mengolah telur dengan benar. Berikut ini adalah tips-tips mencegah infeksi salmonella yang bisa membantu: 1. Pilih Telur yang Bagus Untuk mendapatkan telur yang bagus perhatikan kondisi telur. Bagaimana mengetahui telur yang bagus dan telur yang buruk? Berikut dapat dijadikan panduan: Pilihlah telur yang memiliki cangkang yang utuh (tidak retak), Cermati dan hindari telur yang terlihat kotoran yang menempel, pastikan Anda hanya memilih telur yang bersih, Telur yang bagus adalah tenggelam dan tidak terapung saat direndam di dalam air. 2. Simpanlah Telur Pada [...]

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

Diet yang seimbang pastinya harus menjadi prioritas utama kita! Mengkonsumsi beragam jenis makanan dapat memberikan sumbangan nutrisi yang seimbang bagi tubuh kita yang memang membutuhkan beragam jenis nutrisi makro maupun mikro. Nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro yang diperlukan tubuh adalah berupa vitamin dan mineral dalam berbagai jenis. Dari berbagai jenis makanan yang ada di dunia, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah: Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Anda: 1. Apel Apel adalah makanan tinggi serat larut dan tidak larut. Salah satu serat larut yang penting adalah pektin yang membantu mengatasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Kulit apel juga bermanfaat karena mengandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan. 2. Pisang Pisang mengandung banyak kalium yang berguna untuk fungsi otot dan saluran cerna. Pisang juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. 3. Brokoli Brokoli adalah makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu [...]

Pola Makan yang Harus Diperhatikan Ketika Sahur

Pola Makan yang Harus Diperhatikan Ketika Sahur

Saat puasa, Anda juga tetap bisa menjalankan diet sehat. Tidak hanya pola makan saat berbuka puasa saja yang harus diatur. Saat sahur, Anda pun perlu memperhatikan asupan makanan.Pola makan yang dijalankan dengan benar saat puasa, maka bisa membantu Anda untuk menjaga berat tubuh, bahkan menurunkan jumlah lemak. Ini makanan yang dianjurkan dikonsumsi saat sahur dari pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS.1. Jangan BerlebihanSama seperti saat berbuka, ketika sahur juga tidak dianjurkan untuk makan terlalu banyak. Menurut Dr. Hardinsyah, secara fisiologis tubuh tidak bisa menerima makanan banyak. "Misalnya makan malam jam 7 atau 8 terus bangun sahur jam 2. Selama 4-5 jam sebenarnya makan malam masih diproses. Perut masih terasa kenyang. Kalau dipaksakan makan banyak tidak baik juga," ujar pakar gizi lulusan Queensland University, Australia itu saat berbincang dengan Wolipop lewat telepon, Kamis (10/7/2014).2. Makan SayurSaat sahur, pilihlah makanan yang seimbang. Ahli gizi yang akrab disapa Hardin itu menyarankan untuk lebih banyak makan sayur-sayuran karena saat puasa tubuh penting mendapatkan asupan serat. "Kalau kita karbonya dari serat dan sayur, gula darah naiknya pelan turunnya [...]

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Wortel tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan mata. Sayuran berwarna oranye dengan tekstur renyah ini juga memiliki khasiat yang hebat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kecantikan kulit hingga membantu mempercepat penyembuhan luka. Ini berbagai manfaat dengan rajin mengonsumsi wortel, yang dikutip dari Times of India.1. Mencegah PenuaanWortel kaya akan beta-karoten, salah satu jenis antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Beta-karoten juga dapat membuat rona wajah terlihat lebih berkilau dan memancarkan rona oranye yang sehat. Selain itu, wortel juga kaya vitamin A yang berfungsi memeliharan kesehatan kulit, rambut serta kuku.2. Mencegah Penyakit JantungSelain beta-karoten, wortel juga mengandung alpha-karoten dan lutein; tiga antioksidan ini berkhasiat melawan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Wortel bersifat fibrous, yaitu memiliki serat yang bekerja layaknya spons yang menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 3. Menyehatkan GigiRajin mengunyah wortel bisa meningkatkan kesehatan gigi. Tekstur wortel yang renyah, akan membantu gigi membersihkan sendiri sisa-sisa makanan yang tertingg [...]

Polusi Asap Turunkan Kecerdasan Anak

Polusi Asap Turunkan Kecerdasan Anak

Selain membahayakan saluran pernapasan, ternyata polusi asap juga dapat memberikan pengaruh negatif terhadap kecerdasan otak. Suatu penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang terpapar oleh polusi udara di kota sejak dalam kandungan akan memiliki IQ yang lebih rendah daripada anak-anak yang kurang terpapar. Penelitian tersebut dilakukan oleh Dr. Frederica P.Perera, Direktur Columbia Center for Children?s Environmental Health, dkk dan telah diterbitkan oleh Journal of American Academy of Pediatrics pada bulan juli tahun 2009. Menurut hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa IQ anak usia 5 tahun di kota New-York yang telah terpapar oleh polusi udara yang tinggi akan Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) sejak dalam kandungan akan lebih rendah 4 poin daripada anak-anak yang kurang terpapar terhadap PAH. Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) PAH merupakan suatu zat kimia yang terdapat di dalam udara akibat proses pembakaran batu bara, diesel, oli, gas, dan benda-benda lain yang mengandung karbon seperti rokok. Di daerah perkotaan, PAH terutama dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Meskipun penurunan IQ yang terjadi hanya 4 poin, namun hal tersebut sudah cukup mempengaruhi kema [...]

Bersikap Seperti Pria Buat Wanita Lebih Sehat & Bahagia

Bersikap Seperti Pria Buat Wanita Lebih Sehat & Bahagia

Pria diketahui memiliki pribadi yang santai dan tak pernah takut mencoba sesuatu yang ekstrim. Sebuah studi baru mengungkapkan, melakukan beberapa kebiasaan pria bisa membuat wanita jauh lebih bahagia, langsing dan bahkan sehat. Seperti yang dikutip dari Times of India, berikut sikap dan kebiasaan pria yang bisa Anda lakukan demi dapatkan hidup sehat:1. Bergabung dengan Grup OlahragaKebanyakan wanita yang sadar kesehatan, memilih untuk berolahraga di pusat kebugaran atau di rumah. Sedangkan pria cenderung bergabung dengan komunitas olahraga, seperti sepakbola atau mountain bike. Menurut beberapa pria, acara sosialisasi dalam klub tersebut bantu mereka lebih semangat untuk berolahraga. "Di lapangan (sepakbola), Anda memiliki tujuan yang sama dengan 10 orang lainnya. Hal ini juga membantu Anda menyesuaikan diri dalam lingkungan sosial dimana Anda diharuskan untuk saling menghormati dan menerima kontribusi orang lain," jelas psikiater Dr Dayal Mirchandani.2. Lupakan Bersih-bersihWanita memandang bahwa rumah bersih dan rapi adalah salah satu tugas utamanya. Sayangnya, wanita menganggapnya terlalu serius. Jadi tak jarang mereka berakhir dengan fisik dan mental lelah akibat terlalu ke [...]

Saat Anak Terkena Demam Berdarah Dengue

Saat Anak Terkena Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyebab kematian anak di sebagian negara Asia, termasuk Indonesia. Hindari mengabaikan demam pada anak. DBD dapat merenggut nyawanya dalam hitungan hari. Gejala DBD pada Anak Anak yang mengalami kasus ringan DBD umumnya tidak merasakan gejala apapun. Namun pada kasus yang lebih berat, anak dapat mengalami gejala yang umumnya berupa: Demam. Nyeri di bagian belakang mata. Nyeri pada tulang, otot, dan sendi. Sakit kepala. Mual dan muntah. Selain itu, anak dapat mengalami bintik-bintik merah pada beberapa bagian tubuh. Pada kondisi yang lebih jarang, dapat terjadi pendarahan ringan dari gusi dan hidung. Gejala ini umumnya terjadi pada 4 hingga 10 hari setelah anak tergigit nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Umumnya gejala di atas akan sembuh dalam waktu kurang lebih sepekan. Namun pada situasi tertentu, gejala dapat memburuk dan mengancam nyawa akibat kebocoran pembuluh darah dan penurunan jumlah trombosit. Situasi ini membawa risiko pendarahan dalam, gangguan pada paru-paru, ginjal, dan jantung serta sakit parah pada bagian perut. Bagaimana Penanganan yang Tepat? Segera bawa ke dokter jika anak Anda mengalami beberapa gejala di ata [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *