Sakit Telinga Disebabkan Oleh Hal-hal Ini

penyebab-sakit-telinga-alodokter.jpg

Sakit telinga dapat disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga, namun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga sakit atau terasa tidak nyaman.

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam, dapat terjadi gangguan keseimbangan.

Jika merasakan gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga, mungkin Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi berikut.

Infeksi telinga

Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir berlebihan. Gangguan ini biasa menimpa anak-anak. Sekitar 75 persen anak di bawah usia 3 tahun pernah menderita gangguan ini.

Berkurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam telinga, dan keluar cairan menyerupai nanah dari telinga adalah beberapa gejalanya. Walau infeksi ringan dapat hilang dengan sendirinya, Anda bisa tangani dengan beberapa cara berikut.

  • Mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti ibuprofen, dekongestan, atau asetaminofen.
  • Menggunakan obat tetes telinga untuk meredakan nyeri.
  • Menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi.
  • Meski begitu, dianjurkan untuk memeriksakan telinga ke dokter jika mengalami sakit yang tidak mereda. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi telinga tersebut.

Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara dengungan atau deringan di dalam telinga. Suara tersebut berasal dari dalam tubuh.

Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Cara yang diterapkan antara lain:

  • Jika kondisi ini disebabkan gangguan pada pembuluh darah, maka akan ditangani dengan obat-obatan atau operasi.
  • Menghilangkan lilin telinga untuk mengurangi gejala tinnitus.
  • Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan tinnitus, sehingga mengganti obat dapat mengurangi kondisi ini.

Suara yang terlalu kencang dapat menjadi salah satu penyebab utama tinnitus, sehingga yang dapat dilakukan adalah sedapat mungkin menghindari bunyi yang terlalu keras, seperti volume TV, suara alat musik, atau kendaraan berat.

Penyakit Meniere

Kondisi yang umumnya terjadi pada satu telinga ini dapat disebabkan ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utamanya. Penyakit yang umumnya dialami orang yang berusia 40-50 tahun ini umumnya ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi. Namun tentu saja prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis.

Barotrauma telinga

Kondisi ini adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan air saat seseorang berkendara di gunung, bepergian dengan pesawat, atau melakukan penyelaman di kedalaman tertentu. Hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan juga kepala pening adalah gejala utamanya.

Pada beberapa kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, misalnya oleh karena penuaan, paparan bising, trauma, dan obat-obatan tertentu. Mengingat rentannya telinga terhadap gangguan-gangguan di atas, ada baiknya mencermati cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Berikut hal-hal yang mungkin sering terlewatkan:

  • Hindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara musik yang kencang untuk durasi lama.
  • Beri jeda sesekali jika Anda mendengarkan musik melalui earphone.
  • Jangan sekali-sekali tidur dengan earphone yang menyala melekat di telinga.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara.
  • Hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud atau jepit rambut.

Untuk menghindari risiko-risiko lebih buruk, segera periksakan telinga ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) begitu merasakan gangguan pendengaran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
5 Penyakit yang Sering Muncul Saat Liburan

5 Penyakit yang Sering Muncul Saat Liburan

Saat merencanakan liburan, kebanyakan orang hanya fokus pada kegiatan seru dan destinasi menarik sehingga mengesampingkan kesehatan. Padahal ada beberapa penyakit yang mengintai kita semua saat sedang travelling.Ketika pergi berlibur, orang cenderung menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan yang dapat membuat kekebalan tubuh menurun. Belum lagi penggunaan fasilitas umum dan kontak dengan banyak orang. Artinya Anda terpapar banyak kuman yang bisa mengakibatkan tubuh lebih mudah terserang penyakit infeksi.Seperti yang dikutip dari detikhealth, ada beberapa penyakit yang seringkali muncul sat liburan. Apa saja?1. Infeksi Saluran PernapasanIni merupakan salah satu penyakit yang menyerang ketika seseorang sedang pergi berlibur. Mengapa bisa terjadi? Biasanya infeksi saluran pernapasan terjadi ketika Anda sering melakukan kontak pada banyak orang, cuaca dingin, dan juga debu.2. DiarePenyakit ini bisa disebabkan oleh penggunaan fasilitas umum. Misalnya toilet umum, pegangan di angkutan umum atau kran air. Selain itu, makanan dan minuman yang terkontaminasi juga bisa menjadi penyebab lainnya. Sebagai solusi, bawalah sellau cairan pembersih tangan dan perhatian makanan yang akan disan [...]

Hangover Usai Pesta Tahun Baru? 9 Cara Ini Bisa Mengatasinya

Hangover Usai Pesta Tahun Baru? 9 Cara Ini Bisa Mengatasinya

Pergi pesta sambil menikmati minuman beralkohol kerap kali membuat Anda merasa pusing, mual dan muntah keesokan harinya. Inilah yang disebut hangover. Seperti yang dikutip Menshealth, berikut tujuh cara untuk mengatasi hangover.1. Minum AirAlkohol merupakan diuretik yang dapat membuat tubuh dehidrasi, itulah alasan mengapa Anda seringkali buang air kecil setelah meminum alkohol. Daniel K. Hall-Flavin, M.D., seorang konsultan psikiatri kecanduan di Mayo Clinic, menyarankan agar meminum setengah liter air sebelum tidur. Selain itu, ia juga merekomendasikan agar Anda memesan segelas air setelah meminum bir. Hal ini berguna untuk menggantikan cairan yag hilang akibat alkohol.2. Hindari Minuman Berenergi"Meskipun efek diuretik alkohol dapat menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit, tapi tidak harus digantikan dengan segera,"ujar Samir Zakhari, direktur divisi metabolisme dan kesehatan di National Institute. Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman penambah energi tidak lebih baik daripada air.3. Minum Air setelah Meminum KopiBanyak orang yang mengalami hangover dan memilih kopi untuk membuat mereka tetap terjaga di kantor. Walau kopi dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migrain [...]

Tidur Berlebihan Bisa Sebabkan Stroke

Tidur Berlebihan Bisa Sebabkan Stroke

Selama ini yang banyak dipermasalahkan orang adalah bahaya kurang tidur. Tapi tidur berlebihan juga berbahaya bagi tubuh salah satunya bisa membuat tubuh menjadi lelah dan berisiko terkena stroke.Banyak orang berpikir tidur berlebih saat akhir pekan merupakan bonus bagi tubuh, sehingga orang berusaha untuk menikmati hal tersebut dan berpikir akan merasa lebih baik setelahnya. Tetapi menurut, Dr Daniel Kripke, direktur Scripps Clinic Sleep Center di La Jolla, California mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur saat akhir pekan tidak akan membuat seseorang merasa lebih baik."Orang yang tidak mendapatkan tidur cukup baik itu kurang atau berlebih berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas, perubahan berat badan, penurunan produktivitas serta terganggunya sistem kekebalan tubuh," ujar Kripke, seperti dikutip dari CNN.Orang yang biasa tidur sedikit pada hari kerja (sekitar 5 jam) dan tidur berlebih saat akhir pekan yaitu lebih dari 8 jam, akan merasa lelah pada beberapa fungsi tubuhnya sehingga membutuhkan waktu peregangan yang lebih lama ketika bangun tidur. Hal ini biasanya dinamakan 'sleep drunkenness'."Jika 'sleep drunkenness' sangat parah bisa membuat orang sulit untuk mengambil k [...]

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Mengatasi depresi tak harus dengan pergi ke psikolog atau menenggak obat-obatan penenang. Menurut beberapa studi, depresi bisa diobati dengan berpelukan. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, 11 persen orang Amerika kerap kali meminum obat anti-depresan untuk mengatasi depresi. Obat tersebut mengandung senyawa kimia yang disebut oksitosin, senyawa yang juga diproduksi tubuh saat Anda sedang berpelukan atau berhubungan seks. Oksitosin terbukti bisa mengobati depresi.Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ketika tikus-tikus terpisah dari gerombolannya, tikus akan menunjukkan tanda-tanda kecemasan, stres dan depresi yang akan mereda setelah disuntik dengan oksitosin. Studi yang dipresentasikan pada tahun 2007 pada pertemuan Society for Neuroscience, menunjukkan efek hormon oksitosin terhadap situasi stres.Para ilmuwan di UC San Diego School of Medicine juga melakukan uji coba klinis secara acak, merasa optimis dengan pengaruh oksitosin terhadap depresi. "Ilmu dasar, apa yang kita lihat dalam penelitian yang melibatkan binatang dan manusia, mengindikasi ada alasan mengapa oksitosin memainkan peran dalam beberapa jenis depresi," [...]

Terapi Warna untuk Kurangi Stres dan Mood Labil pada Wanita Hamil

Terapi Warna untuk Kurangi Stres dan Mood Labil pada Wanita Hamil

Kehamilan merupakan proses hidup terindah bagi wanita. Tapi di waktu yang sama, wanita bisa mengalami depresi, emosi yang labil dan darah tinggi karena kehamilan. Umumnya, wanita akan mengonsumsi obat untuk mengatasi gejala tersebut. Tapi sebenarnya gejala tidak mengenakkan saat hamil bisa diatasi tanpa obat yang mungkin bisa menimbulkan efek samping pada janin, yaitu dengan terapi warna.Ya, warna bisa digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan gejala negatif pada masa kehamilan. Warna apa saja yang bisa dijadikan terapi bagi wanita hamil? Ginekolog Dr. Poornima Ramakrishna memaparkannya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. OranyeWarna perpaduan kuning dan merah ini bisa membangkitkan energi dan punya efek memberi rasa nyaman. Oranye juga membantu membuat rahim ibu hamil terasa hangat. Selain itu, oranye juga membangkitkan semangat ketika wanita merasa depresi dan kesepian, dua gejala yang kerap dialami wanita selama hamil. Warna oranye bisa diterapkan pada salah satu dinding kamar tidur.2. BiruSeperti oranye, warna biru juga punya efek menyamankan dan menenangkan. Warna biru akan membantu wanita tetap tenang dan mood-nya terkontrol selama fase aktif dalam masa kehamilan. Bi [...]

4 Langkah Pencegahan Tipes

4 Langkah Pencegahan Tipes

Tipes atau Tifus. Dalam khazanah medis akrab dikenal dengan sebutan typhoid. Tidak main-main, ibu negara Republik Indonesia bahkan pernah terserang demam tipes beberapa waktu lalu. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dimana saja, kapan saja, jadi mari kita simak tips untuk terhindar dari demam typhoid berikut ini. Apa Sih Tipes Itu? Demam typhoid adalah infeksi yang terjadi pada usus halus manusia yang disebabkan oleh bakteri bernama Salmonella typhii, meskipun kita memiliki asam lambung yang dapat membunuh kuman, ternyata kuman penyebab tifus ini kebal terhadap pertahanan asam lambung, sehingga dalam jumlah tertentu seseorang akan terkena infeksi. Kuman ini biasanya terdapat di makanan yang tidak higienis, tentu Anda tidak heran di Indonesia angka kejadian demam typhoid begitu tinggi, banyak sekali jajanan yang tidak terjamin kebersihannya di lingkungan kita. (Baca: Demam Tifoid Pada Anak) Apa yang dapat kita lakukan? Ketahui dengan pasti makanan yang Anda makan dimasak sematang mungkin Ketika Anda merasa bahwa tubuh Anda sedang kurang fit, hindari jajan sembarangan karena pada dasarnya penyakit apapun akan lebih mudah menyerang saat tubuh kita dalam kondisi yang ku [...]

Masalah Payudara Setelah Menyusui

Masalah Payudara Setelah Menyusui

Jalinan ikatan kasih yang Anda dapat selama Anda menyusui anak Anda tidak dapat tergantikan. Semua ahli setuju bahwa ASI merupakan nutrisi yang paling ideal untuk bayi Anda. Namun terkadang muncul beberapa pertanyaan seputar payudara setelah Anda menyusui, pertanyaan seperti apakah yang paling sering muncul? Simak beberapa hal berikut ini: Apakah Payudaraku akan ?kempes? atau ?turun?? Saat Anda menyusui, aliran ASI dapat melebarkan kulit dan otot pada payudara. Hal ini dapat membuat payudara terlihat kosong saat ASI sudah habis dan menyebabkan bentuk payudara Anda kembali ke bentuk semula sebelum hamil. Jadi memang kondisi ?kempes? atau ?turun? dapat terjadi setelah menyusui. Namun ada hal lain yang dapat menimbulkan hal ini: Index Masa Tubuh (IMT) yang t urun drastis Jumlah kehamilan Ukuran payudara besar sebelum hamil Usia Riwayat merokok Apakah menyusui dapat menyebabkan payudaraku berubah bentuk? Masalah Payudara Setelah Menyusui Payudara kanan dan kiri merupakan dua organ yang berbeda. Jadi apa yang terjadi pada payudara kanan dan kiri setelah menyusui dapat berbeda. Pembengkakan payudara atau nyeri akibat banyaknya ASI dapat membua [...]

Your Babies Are What You Eat

Your Babies Are What You Eat

Nutrisi selama masa kehamilan sangat menentukan masa depan sang bayi. Semua sangat tergantung pada masa kehamilan. "Kecenderungan potensi penyakit degeneratif dari yang bayi miliki kelak mencapai dewasa sangat tergantung dari pola asupan nutrisi semasa ibu mengandung," demikian disampaikan dr. Aditya Kusuma, Sp.OG ketika mengemukakan hipotesis Barker; Fetal Origins of Adult Disease pada acara talkshow yang diselenggarakan oleh @selamatkanibu. Dilain sisi, status asupan nutrisi masa kehamilan juga menentukan bakat potensi bayi pasca kelahiran pada paparan gizi buruk. Meninjau lambatnya laju angka penurunan kasus gizi buruk di Indonesia dibandingkan tahun-tahun yang lalu, juga merupakan parameter fenomena rendahnya kesadaran ibu selama masa kehamilan pada esensi pentingnya nutrisi selama masa kehamilan demi kesehatan janin. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2010, prevalensi anak balita pendek 35,6% atau turun 1,2% dibandingkan 2007, sebesar 36,8% berdasarkan hasil riset serupa. Dilain aspek, prevalensi anak balita gizi kurang dan buruk hanya turun 0,5% dari 18,4% pada 2007 menjadi 17,9%pada 2010. Prevalensi anak balita kurus 13,3%, turun 0,3% dari 2007. Tidak dapa [...]

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah Anda tahu jika terjadi kegemukan maka risiko untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan Anda? Lalu kenapa orang bisa mengalami kegemukan? Selain faktor makan berlebihan dan kurang olahraga, apakah benar memang 'dari sononya' orang bisa gemuk? Atau karena faktor tulangnya besar? Sebelum kita ketahui lebih jauh apa pencetus kegemukan sebenarnya, ada benarnya kita telusuri terlebih dahulu apa itu kegemukan dalam dunia medis. Kegemukan = Obesitas Obesitas adalah keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh. Standar definisi dari obesitas dan overweight dilihat berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). IMT diukur dengan satuan berat badan dan tinggi badan ((Berat badan/tinggi badan (kg/m2)). Obesitas dapat meningkatkan mortalitas (angka kematian) seseorang dengan penyakit kronis yang mengancam jiwa seperti diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung dan pembuluh darah, kantung empedu, sensitifitas hormon dan kanker saluran cerna. Nah, berikut ini adalah paparan-paparan 4 fakta dan mitos penyebab kegemukan lebih jelasnya. [...]

5 Tanda Kelainan Penis

5 Tanda Kelainan Penis

Penis merupakan organ vital bagi setiap pria. Organ ini tidak hanya berguna untuk membuang zat sisa tubuh berupa air kencing, namun juga penting dalam sistem reproduksi manusia. Namun ada beberapa kelainan penis yang dapat mengganggu fungsi penis Anda, apa saja itu? Yuk, kita simak beberapa kelainan penis. Disfungsi Ereksi Disfungsi ereksi berarti ketidakmampuan seorang untuk mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama. Seorang dengan disfungsi ereksi dapat mengalami gangguan dalam hal hubungan seksual dengan pasangan atau masalah kepuasan seksual. Beberapa penyebab dari disfungsi ereksi adalah penggunaan obat tertentu, faktor psikogenik (cemas dalam berhubungan) dan faktorpenuaan. 2. Priapisme Berlawanan dengan disfungsi ereksi, pada kelainan priapisme justru seorang mengalami ereksi untuk waktu yang lama. Penis pria dengan priapisme justru terus menerus ereksi. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah gangguan darah dan pembuluh darah. Kelainan ini merupakan keadaan emergensi yang membutuhkan penanganan segera. Priapismus terjadi ketika darah yang mengisi penis untuk membuatnya ereksi tidak dapat mengalir keluar lagi. Kondisi ini da [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *