Sakit Telinga Disebabkan Oleh Hal-hal Ini

penyebab-sakit-telinga-alodokter.jpg

Sakit telinga dapat disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga, namun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga sakit atau terasa tidak nyaman.

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam, dapat terjadi gangguan keseimbangan.

Jika merasakan gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga, mungkin Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi berikut.

Infeksi telinga

Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir berlebihan. Gangguan ini biasa menimpa anak-anak. Sekitar 75 persen anak di bawah usia 3 tahun pernah menderita gangguan ini.

Berkurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam telinga, dan keluar cairan menyerupai nanah dari telinga adalah beberapa gejalanya. Walau infeksi ringan dapat hilang dengan sendirinya, Anda bisa tangani dengan beberapa cara berikut.

  • Mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti ibuprofen, dekongestan, atau asetaminofen.
  • Menggunakan obat tetes telinga untuk meredakan nyeri.
  • Menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi.
  • Meski begitu, dianjurkan untuk memeriksakan telinga ke dokter jika mengalami sakit yang tidak mereda. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi telinga tersebut.

Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara dengungan atau deringan di dalam telinga. Suara tersebut berasal dari dalam tubuh.

Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Cara yang diterapkan antara lain:

  • Jika kondisi ini disebabkan gangguan pada pembuluh darah, maka akan ditangani dengan obat-obatan atau operasi.
  • Menghilangkan lilin telinga untuk mengurangi gejala tinnitus.
  • Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan tinnitus, sehingga mengganti obat dapat mengurangi kondisi ini.

Suara yang terlalu kencang dapat menjadi salah satu penyebab utama tinnitus, sehingga yang dapat dilakukan adalah sedapat mungkin menghindari bunyi yang terlalu keras, seperti volume TV, suara alat musik, atau kendaraan berat.

Penyakit Meniere

Kondisi yang umumnya terjadi pada satu telinga ini dapat disebabkan ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utamanya. Penyakit yang umumnya dialami orang yang berusia 40-50 tahun ini umumnya ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi. Namun tentu saja prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis.

Barotrauma telinga

Kondisi ini adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan air saat seseorang berkendara di gunung, bepergian dengan pesawat, atau melakukan penyelaman di kedalaman tertentu. Hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan juga kepala pening adalah gejala utamanya.

Pada beberapa kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, misalnya oleh karena penuaan, paparan bising, trauma, dan obat-obatan tertentu. Mengingat rentannya telinga terhadap gangguan-gangguan di atas, ada baiknya mencermati cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Berikut hal-hal yang mungkin sering terlewatkan:

  • Hindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara musik yang kencang untuk durasi lama.
  • Beri jeda sesekali jika Anda mendengarkan musik melalui earphone.
  • Jangan sekali-sekali tidur dengan earphone yang menyala melekat di telinga.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara.
  • Hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud atau jepit rambut.

Untuk menghindari risiko-risiko lebih buruk, segera periksakan telinga ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) begitu merasakan gangguan pendengaran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Khasiat Kurma untuk Kesehatan

Khasiat Kurma untuk Kesehatan

Bulan puasa identik dengan musim kurma, tapi tahukah anda Khasiat kurma untuk kesehatan? Terbukti dari merebaknya penjual kurma dadakan di mana-mana. Kurma sendiri merupakan tanaman sejenis Palma yang dapat dikonsumsi baik berupa kurma lunak, kurma kering, maupun kurma setengah kering. Sebenarnya, apa saja khasiat kurma hingga ia disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka? Nilai gizi utama kurma terletak di dalam kandungan gulanya yang terdiri atas glukosa dan fruktosa antara 60-70% (tergantung varietas). Khasiat Kurma untuk Kesehatan Selain gula, kurma juga mengandung air (20%), protein (2-3%), serat (8,5%), dan sedikit sekali kandungan lemak jenuh. Selain itu kurma dilengkapi oleh vitamin A, B1, B2, B6, C, serta berbagai jenis mineral dan asam organik. Dengan mengonsumsi kurma 3-5 buah ketika berbuka, maka stamina tubuh akan cepat pulih karena kurma sangat baik sebagai sumber energi. Anda dapat penuhi asupan nutrisi dengan kurma di kala sahur dan berbuka! [...]

Pola Makan yang Perlu Diperhatikan Setelah Usia Tak Lagi Muda

Pola Makan yang Perlu Diperhatikan Setelah Usia Tak Lagi Muda

Seiring dengan bertambahnya usia, secara tak sadar berbagai permasalahanan kesehatan mulai berdatangan. Mulai dari yang ringan seperti mudah lelah, kekurangan zat besi, hipertensi, kolestrol hingga yang cukup berat seperti osteoporosis, diabetes, hingga kanker.Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan yang disantap setiap harinya agar selalu dalam kondisi bugar. Seperti apa?1. Hindari Makanan Cepat SajiMengonsumsi makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tak jenuh di dalamnya dapat mengakibatkan pembengkakkan pada tubuh. Selain itu, makanan cepat saji juga menjadi salah satu penyebab utama dari obesitas atau kelebihan berat badan. Kandungan sodium tinggi yang terdapat di makanan cepat saji juga bisa membuat tekanan darah meningkat dan kerja jantung menjadi melemah.Sehingga tak ada salahnya Anda menghindari makanan cepat saji dan bertanya kepada restoran tentang daftar kandungan yang terdapat pada makanan yang disajikan. Baca juga info produk dalam setiap kemasan yang dibeli di supermarket untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.2. Kurangi Makanan ManisMeski makanan m [...]

Tubuh Makin Lemas Setelah Bangun Tidur? Ketahui 6 Sebabnya

Tubuh Makin Lemas Setelah Bangun Tidur? Ketahui 6 Sebabnya

Bangun tidur, tubuh justru merasa lemas dan lelah? Mungkin sebagian besar dari Anda pernah atau bahkan sering mengalaminya. Waktu istirahat seharusnya membut tubuh merasa segar dan bersemangat ketika bangun di pagi harinya. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Mata terasa berat, tubuh pegal-pegal atau segera ingin beranjak tidur lagi.Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan yang Anda lakukan selama beraktivitas di siang hari atau menjelang tidur. Apa saja kebiasaan yang membuat tubuh lemas dan lunglai di pagi hari? 1. Malas OlahragaOlahraga membantu tidur lebih nyenyak dan tubuh terasa lebih segar saat bangun di keesokan paginya. Olahraga juga bisa meredakan stres dan membangkitkan mood positif Anda, dan menghasilkan tidur yang lelap dan tenang. Jenis olahraga yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidur diantaranya yoga, stretching atau olahraga yang meningkatkan detak jantung.2. Memainkan Smartphone Sampai Larut MalamBanyak orang sulit meninggalkan smartphone-nya untuk berselancar di dunia social media seperti Twitter, Path, Instagram atau Facebook. Mengecek status teman, update status dan melihat postingan gambar seringkali membuat lupa diri dan akhirnya Anda baru bisa tidur saa [...]

Alami Perut Kembung? Simak 6 Cara Mengatasinya

Alami Perut Kembung? Simak 6 Cara Mengatasinya

Perut kembung kerap kali membuat tidak nyaman dan gangu aktivitas. Beberapa makan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata dapat membuat perut terasa kembung, meskipun makanan tersebut tampak sudah cukup sehat.Penyebab dari perut kembung juga bisa bermacam-macam. Misalnya, reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit. Beberapa makanan bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih adalah sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa. Seperti dikutip dari MSN, makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak dipecah hingga makanan tersebut mencapai usus besar dan dicerna oleh bakteri. Proses ini menimbulkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil. Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung.Namun tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, seperti yang dirangkum dari situs canadianliving di [...]

Gandum untuk Si Kecil?

Gandum untuk Si Kecil?

Setiap makanan yang kita konsumsi, tentu tidak hanya rasanya yang kita perhatikan, tetapi juga fungsinya untuk tubuh kita dan kerugian yang kita dapat bila mengkonsumsi makanan tersebut. Begitu pula dengan si kecil. Asupan makanan yang diterimanya harus diperhatikan dampaknya terhadap kesehatannya. (Baca: 3 Fakta yang Mungkin Anda Belum Tahun Seputar Nafsu Makan Anak) Saat ini banyak sekali sereal dan bubur susu yang diperuntukkan bagi si kecil sebagai makanan pendamping ASI-nya terbuat dari tepung gandum. Gandum memang baik untuk perkembangan si kecil karena banyak mengandung mineral zink. Namun dalam pemberiannya kepada buah hati kita perlu diperhatikan saat yang tepat dalam pemberian makanan-makanan yang mengandung gandum. (Baca: Mari Beralih Ke Gandum) Pemberian ASI eksklusif yaitu keadaan dimana si anak hanya mendapatkan ASI tanpa makanan tambahan hingga usia anak 6 bulan sangat dianjurkan. Namun pada kenyataannya, banyak bayi yang mendapat makanan tambahan sebelum usianya genap 6 bulan. Padahal, pemberian makanan tambahan sebelum waktunya dapat berdampak buruk pada kesehatan si anak. Contohnya pemberian gandum pada anak. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, tern [...]

Tips Aman Berenang di Kolam Renang Umum

Tips Aman Berenang di Kolam Renang Umum

Berenang bisa menjadi kegiatan berlibur yang menyenangkan. Jika Anda memilih kolam renang umum sebagai destinasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman saat berenang di kolam renang umum.Walau terlihat bersih, kolam renang umum bisa menularkan penyakit seperti flu, batuk, diare bahkan herpes. Berdasarkan laporan dari para peneliti di Universitas Yale dan Illinois, air kolam renang umum mengandung zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi, pernapasan akut, herpes bahkan mutasi gen. Zat klorin yang biasanya digunakan untuk disinfektan air pun disebut-sebut sebagai penyebabnya.Namun jangan khawatir, seperti dikutip dari Danone, ada empat hal yang perlu dilakukan agar waktu berenang Anda dan keluarga tetap aman dan terhindar dari penyakit. Ini dia.1. Mandilah sebelum berenangMencuci tubuh Anda sebelum berenang memberikan manfaat baik bagi orang lain. Dengan mandi, Anda dapat menghilangkan residu pada kulit Anda, seperti pelembab. Hal ini dapat mengurangi kontaminasi kuman dalam air.2. Jangan menelan air kolam renangPara ahli mengatakan untuk tidak menelan air kolam, berapapun jumlahnya. Air kolam sering terkontaminasi dengan parasit seperti Giardia dan Cryptosporid [...]

Cepat Kurus dengan Pisang

Cepat Kurus dengan Pisang

Menurunkan berat badan seringkali menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang. Sudah tahan lapar mati-matian, tapi rupanya target berat badan belum juga tercapai. Tidak perlu khawatir lebih jauh lagi, ikuti tulisan ini maka Anda akan tahu rahasia besar yang dimiliki pisang yang dapat membantu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan tidak dapat dianggap sepele. Semua aspek kesehatan harus diperhatikan, dari kondisi tubuh, target laju penurunan berat badan hingga pemilihan nutrisi dari pola makan. Karena turun berat badan terlalu cepat dalam waktu singkat tidak baik juga bagi kesehatan. Bagaimana pisang dapat membantu diet menurunkan berat badan Anda? Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak di konsumsi orang. Bahkan di Amerika, konsumsi pisang jauh lebih banyak dibandingkan konsumsi dari apel maupun jeruk. Selain karena rasanya yang enak, pisang juga mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja vitamin tersebut? Cepat Kurus dengan Pisang Nutrisi yang terkandung dalam pisang antara lain: � Vitamin A � Vitamin B6 � Riboflavin � Vitamin C � Karb [...]

4 Tes Kesehatan Seksual yang Wajib Dilakukan

4 Tes Kesehatan Seksual yang Wajib Dilakukan

Kebanyakan orang hanya melakukan tes kesehatan seputar organ dalam tubuh saja. Padahal tes kesehatan seksual sangat penting.Menurut Agency for Healthcare Research and Quality (AHRQ), seperti yang dikutip dari Disaboom, ada empat tes kesehatan seksual yang harus dilakukan oleh para wanita. Tes ini diwajibkan untuk memastikan kesehatan seksual tubuh.1. Pap Smear atau test PAPTes PAP adalah salah satu cara untuk mendeteksi penyakit kanker pada mulut rahim atau kanker serviks. Tes ini sangat dianjurkan dilakukan oleh wanita yang sudah melakukan hubungan seksual atau berusia 21 tahun. Menurut AHRQ, wanita harus melakukan tes ini setiap satu hingga tiga tahun sekali sampai usianya memasuki 65 tahun. Setelah itu, Anda harus tanyakan kepada dokter seberapa sering Anda harus melakukan tes PAP untuk mencegah kanker serviks sedari dini.Bagaimana jalannya pemeriksaan pap smear? Pasien wanita nantinya diminta duduk di kursi ginekolog (duduk mengangkang), lalu dokter akan mengambil sampel lendir dari mulut rahim menggunakan spatula. Sampel ini akan diperiksa di bawah mikroskop. Pengambilan lendir ini bisa berjalan cepat dan tidak sakit jika si pasien rileks.2. Tes ChlamydiaChlamydia adalah ba [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *