Sakit Telinga Disebabkan Oleh Hal-hal Ini

penyebab-sakit-telinga-alodokter.jpg

Sakit telinga dapat disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga, namun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga sakit atau terasa tidak nyaman.

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam, dapat terjadi gangguan keseimbangan.

Jika merasakan gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga, mungkin Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi berikut.

Infeksi telinga

Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir berlebihan. Gangguan ini biasa menimpa anak-anak. Sekitar 75 persen anak di bawah usia 3 tahun pernah menderita gangguan ini.

Berkurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam telinga, dan keluar cairan menyerupai nanah dari telinga adalah beberapa gejalanya. Walau infeksi ringan dapat hilang dengan sendirinya, Anda bisa tangani dengan beberapa cara berikut.

  • Mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti ibuprofen, dekongestan, atau asetaminofen.
  • Menggunakan obat tetes telinga untuk meredakan nyeri.
  • Menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi.
  • Meski begitu, dianjurkan untuk memeriksakan telinga ke dokter jika mengalami sakit yang tidak mereda. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi telinga tersebut.

Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara dengungan atau deringan di dalam telinga. Suara tersebut berasal dari dalam tubuh.

Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Cara yang diterapkan antara lain:

  • Jika kondisi ini disebabkan gangguan pada pembuluh darah, maka akan ditangani dengan obat-obatan atau operasi.
  • Menghilangkan lilin telinga untuk mengurangi gejala tinnitus.
  • Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan tinnitus, sehingga mengganti obat dapat mengurangi kondisi ini.

Suara yang terlalu kencang dapat menjadi salah satu penyebab utama tinnitus, sehingga yang dapat dilakukan adalah sedapat mungkin menghindari bunyi yang terlalu keras, seperti volume TV, suara alat musik, atau kendaraan berat.

Penyakit Meniere

Kondisi yang umumnya terjadi pada satu telinga ini dapat disebabkan ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utamanya. Penyakit yang umumnya dialami orang yang berusia 40-50 tahun ini umumnya ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi. Namun tentu saja prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis.

Barotrauma telinga

Kondisi ini adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan air saat seseorang berkendara di gunung, bepergian dengan pesawat, atau melakukan penyelaman di kedalaman tertentu. Hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan juga kepala pening adalah gejala utamanya.

Pada beberapa kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, misalnya oleh karena penuaan, paparan bising, trauma, dan obat-obatan tertentu. Mengingat rentannya telinga terhadap gangguan-gangguan di atas, ada baiknya mencermati cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Berikut hal-hal yang mungkin sering terlewatkan:

  • Hindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara musik yang kencang untuk durasi lama.
  • Beri jeda sesekali jika Anda mendengarkan musik melalui earphone.
  • Jangan sekali-sekali tidur dengan earphone yang menyala melekat di telinga.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara.
  • Hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud atau jepit rambut.

Untuk menghindari risiko-risiko lebih buruk, segera periksakan telinga ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) begitu merasakan gangguan pendengaran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Khasiat Cokelat untuk Tubuh

6 Khasiat Cokelat untuk Tubuh

Apakah Anda termasuk penggemar cokelat? Jika iya, jenis cokelat apa yang menjadi favorit Anda? Apakah cokelat susu ataukah cokelat hitam? Beberapa orang menghindari konsumsi cokelat karena takut mengalami kegemukan. Padahal tidak semua jenis cokelat menyebabkan gemuk, contohnya cokelat hitam. Walaupun rasanya lebih pahit daripada cokelat susu, namun ternyata keunggulan cokelat hitam jauh lebih banyak. Cokelat hitam justru akan menurunkan kadar asam lemak dalam darah Anda. Selain itu, cokelat hitam juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat Anda dan menaikkan kadar kolesterol baik Anda. Menurut penelitian, cokelat mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya: 1. Mencegah stroke Sudah tidak sedikit penelitian yang memaparkan keuntungan manfaat cokelat terhadap kesehatan pembuluh darah dan peredaran darah. Sebuah penelitian melaporkan, orang yang mengkonsumsi cokelat 1,8 ons per minggu terbukti risiko terkena stroke lebih rendah 17% daripada orang yang mengkonsumsi cokelat hanya 0,4 ons per minggu. Jadi, cokelat selain dimakannya menyenangkan, dapat juga sekaligus membuat Anda terhindar serangan stroke. Klik 'next' untuk mengetahui bagaimana cokela [...]

7 Cara Aneh untuk Redakan Rasa Sakit

7 Cara Aneh untuk Redakan Rasa Sakit

Mengobati rasa sakit tidak harus selalu menggunakan obat-obatan. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan ada tujuh cara alami yang aneh namun efektif mengurangi rasa nyeri. Seperti yang dikutip dari prevention, ini dia delapan cara tersebut.1. Mengeluarkan Sumpah SerapahMengeluarkan kata sumpah serapah memang bukan hal yang baik, tapi jika dilakukan pada saat yang tepat justru bermanfaat. Para ilmuwan dari Keele University menemukan bahwa membiarkan seseorang melontarkan sumpah serapah bisa memiliki efek penghilang rasa sakit yang kuat, terutama bagi orang yang tidak biasa melakukannya.Detak jantung akan dipercepat ketika seseorang mengulang kata-kata makian sehingga menunjukkan peningkatan agresi yang akan menurunkan kelemahan dari tubuh. Kondisi ini akan membuat seseorang lebih toleran terhadap rasa sakit.2. Memandangi Foto Orang yang DicintaiIni dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA) dengan melibatkan 25 wanita. Mereka mendapatkan rangsangan panas yang cukup menyakitkan sekaligus diperlihatkan foto sebuah kursi, orang yang tidak dikenal dan foto kekasih mereka. Dari tes ini, para partisipan mengaku [...]

Katabolisme, Cara Kerja Tubuh dalam Menghasilkan Energi

Katabolisme, Cara Kerja Tubuh dalam Menghasilkan Energi

Berkat energi, kita bisa menjalani segala aktivitas sehari-hari. Namun pernahkah Anda berpikir bagaimana cara tubuh memproduksi energi? Energi pada tubuh dihasilkan oleh proses biokimia bernama katabolisme. Secara garis besar, proses biokimia yang terjadi dalam tubuh kita dinamakan metabolisme. Reaksi metabolisme sendiri terbagi dua, yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah proses memecah molekul-molekul kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, kebanyakan diubah menjadi energi. Bentuk sederhana ini kemudian disintesis menjadi molekul-molekul yang lebih kompleks oleh reaksi anabolisme. Reaksi Katabolisme di Tubuh Bingung dengan cara kerja katabolisme? Berikut penjelasannya. Di dalam tubuh terdapat protein. Reaksi katabolisme akan menyederhanakan bentuk protein menjadi asam amino. Asam amino ini dioksidasi menjadi urea dan karbondioksida. Reaksi ini menghasilkan energi. Selain memecah protein, katabolisme juga bisa memecah karbohidrat kompleks (polisakarida) menjadi karbohidrat sederhana (glukosa, fruktosa, dan ribosa). Karbohidrat sederhana ini akan dipecah lagi melalui sebuah reaksi yang dinamakan glikolisis. Dari reaksi inilah energi dihasilkan. Sedangkan lemak [...]

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

RSUD dr.Soetomo, Surabaya pada Maret 2012 lalu telah mensukseskan operasi jantung invasif minimal secara perdana di Indonesia kepada dua pasiennya. Dimana hal tersebut merupakan titik cerah harapan baru bagi penderita jantung. Karena bagi pasien yang tidak ingin mendapatkan sayatan panjang di tubuhnya, metode pembedahan ini dapat menjadi alternatif pilihan baru yang inovatif. Metode operasi yang juga disebut dengan video-assisted thoracoscopy endoscopic cardiac surgery (operasi bedah jantung endoskopik) itu telah sukses mengoperasi jantung Tafif Rusilawati dan Mohammad Hasan. Proses operasi tersebut pun merupakan hasil kerjasama RSUD dr. Soetomo dengan tim RS Yodak Shanghai, China. Metode operasi jantung yang paling populer saat ini adalah dengan melakukan pola sayatan standar bedah jantung yang harus membuka tulang dada. Termasuk penggunaan mesin jantung-paru yang lazim disebut heart lung machine (HLM) saat operasi jantung terbuka. Berbeda dengan prosedur pembedahan operasi jantung yang saat ini populer, operasi jantung invasif minimal yang dilakukan tidak memerlukan sayatan besar hingga membelah tulang dada. Cukup melakukan dengan membuat tiga lubang di tubuh untuk membuka akses [...]

Pubertas Mengubah Tubuhku

Pubertas Mengubah Tubuhku

Pubertas merupakan suatu tahap perkembangan seorang anak menjadi dewasa secara seksual. Pubertas berlangsung pada kisaran usia 10-14 tahun untuk perempuan dan kisaran usia 12-16 tahun untuk laki-laki. Ketika menginjak masa pubertas, remaja laki-laki dan perempuan mengalami perubahan fisik. Yuk, kenali lebih jauh perubahan yang terjadi ketika mengalami pubertas. Berikut adalah beberapa tahap pubertas yang terjadi pada perempuan. Payudara mulai tumbuh, diawali dari area sekitar puting, umumnya mulai terjadi pada usia 8-13 tahun. Bila payudaramu sudah membesar, pakailah bra yang nyaman dengan disesuaikan ukuran yang pas. Mungkin payudara yang satu tumbuh lebih dulu dibandingkan payudara lainnya. Jadi, bila ukuran payudaramu yang kiri sedikit berbeda dengan yang kanan, jangan khawatir karena kondisi semacam itu dianggap normal. Yang perlu diwaspadai adalah bila perbedaannya sangat mencolok atau terdapat benjolan di payudaramu. Untuk mengetahui kondisi payudara normal, kamu bisa secara rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Caranya, lihat dan raba payudaramu, apakah ada perubahan yang jelas. Langkah ini bertujuan untuk mendeteksi kondisi serius sejak dini pada payudar [...]

Presiden SBY Resmikan RS Pusat Otak Nasional di Jakarta

Presiden SBY Resmikan RS Pusat Otak Nasional di Jakarta

Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) Pada hari Senin (14/7/2014) presiden SBY meresmikan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) yang terletak di daerah Cawang, Jakarta Timur. RS PON diharapkan dapat menjadi pusat rujukan nasional dalam penanganan kasus gangguan otak dan saraf (neurologi) serta dapat menjadi sarana untuk pengembangan riset dan pendidikan di bidang neurologi. Pendirian RS PON merupakan gagasan dan cita-cita SBY sejak lama. "Akhirnya berdirilah Rumah Sakit Pusat Otak Nasional yang pertama kali di negeri kita ini dan Insya Allah akan terus berkembang di tahun-tahun yang akan datang," ucap Presiden SBY. RS PON dilengkapi dengan berbagai peralatan mutakhir, salah satunya CT scan 250 slice. Presiden SBY berharap agar RS PON dapat bersaing secara global dan menjadi rumah sakit bertaraf internasional. Terdapat hampir 446 kamar tidur di dalam bangunan RS PON yang terbagi menjadi kamar president suite, VVIP, VIP, kamar tidur kelas I, kamar tidur kelas II, serta kamar tidur kelas III. Meskipun pada saat peluncuran baru 150 unit yang bisa difungsikan. Sebagai rumah sakit yang bertarget top referral hospital di Indonesia, RS PON menargetkan idealnya dapat dilengkapi 850 perso [...]

Tak Hanya Lindungi Payudara, Ini Daftar Manfaat dari Memakai Bra

Tak Hanya Lindungi Payudara, Ini Daftar Manfaat dari Memakai Bra

Bra sebenarnya sudah diperkenalkan secara tidak langsung sejak masih kecil. Meskipun tidak dalam bentuk bra tapi selalu diberikan pakaian yang menutupi dada. Hal itu karena bra mempunyai berbagai fungsi untuk payudara Anda. Apa saja fungsinya? Simak penjelasan dari Dr Alfiah Amiruddin, MD, MS, selaku ahli bedah payudara di RS Mitra Kemayoran.1. Melindungi PayudaraFungsi pertama dari bra adalah melindungi payudara dan puting Anda dari gesekan yang mungkin terjadi ketika sedang beraktivitas. Bra menjadi penutup yang baik untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari.2. Penyangga PayudaraBra tentu memiliki fungsi penopangan untuk menjaga payudara tetap pada tempatnya. Jika wanita lebih sering tidak memakai bra, seiring berjalannya waktu bentuk payudaranya akan tampak berbeda dengan mereka yang rutin pakai bra. "Dari segi penampilan, bentuk, dan modelnya nanti itu akan berpengaruh," tutur dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin itu.3. Menjaga Elastisitas PayudaraFungsi bra lainnya adalah menjaga elastisitas payudara. Pemakaian bra yang tepat sejak dini bisa mempengaruhi keindahan payudara hingga tua nanti. "Menjaga kelenturan payudaranya sendiri ya," ujar wanita 45 t [...]

Suntik Botox Bisa Obati Kanker?

Suntik Botox Bisa Obati Kanker?

Penggunaan botox dalam dunia kecantikan memang sudah biasa. Umumnya cairan ini disuntikkan pada bagian wajah yang mengendur dan ingin dikencangkan. Selain itu, botox juga handal dalam mengatasi keringat berlebihan. Namun, tahukah Anda jika botox juga memiliki kemungkinan menyelamatkan nyawa seorang pasien kanker?Penelitian yang baru-baru ini ?dilakukan mengatakan demikian. Dikutip dari BCC, sebuah riset yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa botox dapat membantu menghambat pertumbuhan kanker perut. Studi yang dipublikasi di Science Translational Medicine itu juga menyebutkan botox pun dapat membuat kerja kemoterapi menjadi lebih responsif.Meski begitu, lembaga Cancer Research UK mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk menyatakan cairan ijeksi tersebut bisa menyelamatkan nyawa seorang pasien kanker perut. Apalagi botox kerap diduga sebagai pemicu salah satu penyakit kanker lain.?Namun, seorang peneliti bernama Dr Timothy Wang memiliki pendapat yang berbeda. Ia setuju dengan penitian yang menunjukkan bahwa botox memang akan memiliki manfaat jika disuntikan pada kanker atau tumor perut. Walau mungkin tidak benar-benar menyembuhkan, cairan itu akan membantu pasien dalam tahap [...]

4 Cara Mencegah Serangan Jantung

4 Cara Mencegah Serangan Jantung

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh. Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup. Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup. Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain: 1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10% Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dala [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *