Sakit Telinga Disebabkan Oleh Hal-hal Ini

penyebab-sakit-telinga-alodokter.jpg

Sakit telinga dapat disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga, namun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga sakit atau terasa tidak nyaman.

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam, dapat terjadi gangguan keseimbangan.

Jika merasakan gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga, mungkin Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi berikut.

Infeksi telinga

Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir berlebihan. Gangguan ini biasa menimpa anak-anak. Sekitar 75 persen anak di bawah usia 3 tahun pernah menderita gangguan ini.

Berkurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam telinga, dan keluar cairan menyerupai nanah dari telinga adalah beberapa gejalanya. Walau infeksi ringan dapat hilang dengan sendirinya, Anda bisa tangani dengan beberapa cara berikut.

  • Mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti ibuprofen, dekongestan, atau asetaminofen.
  • Menggunakan obat tetes telinga untuk meredakan nyeri.
  • Menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi.
  • Meski begitu, dianjurkan untuk memeriksakan telinga ke dokter jika mengalami sakit yang tidak mereda. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi telinga tersebut.

Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara dengungan atau deringan di dalam telinga. Suara tersebut berasal dari dalam tubuh.

Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Cara yang diterapkan antara lain:

  • Jika kondisi ini disebabkan gangguan pada pembuluh darah, maka akan ditangani dengan obat-obatan atau operasi.
  • Menghilangkan lilin telinga untuk mengurangi gejala tinnitus.
  • Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan tinnitus, sehingga mengganti obat dapat mengurangi kondisi ini.

Suara yang terlalu kencang dapat menjadi salah satu penyebab utama tinnitus, sehingga yang dapat dilakukan adalah sedapat mungkin menghindari bunyi yang terlalu keras, seperti volume TV, suara alat musik, atau kendaraan berat.

Penyakit Meniere

Kondisi yang umumnya terjadi pada satu telinga ini dapat disebabkan ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utamanya. Penyakit yang umumnya dialami orang yang berusia 40-50 tahun ini umumnya ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi. Namun tentu saja prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis.

Barotrauma telinga

Kondisi ini adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan air saat seseorang berkendara di gunung, bepergian dengan pesawat, atau melakukan penyelaman di kedalaman tertentu. Hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan juga kepala pening adalah gejala utamanya.

Pada beberapa kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, misalnya oleh karena penuaan, paparan bising, trauma, dan obat-obatan tertentu. Mengingat rentannya telinga terhadap gangguan-gangguan di atas, ada baiknya mencermati cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Berikut hal-hal yang mungkin sering terlewatkan:

  • Hindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara musik yang kencang untuk durasi lama.
  • Beri jeda sesekali jika Anda mendengarkan musik melalui earphone.
  • Jangan sekali-sekali tidur dengan earphone yang menyala melekat di telinga.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara.
  • Hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud atau jepit rambut.

Untuk menghindari risiko-risiko lebih buruk, segera periksakan telinga ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) begitu merasakan gangguan pendengaran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur sering dianggap sebagai kebiasaan buruk yang lumrah dialami seseorang saat sedang tidur. Suara yang ditimbulkannya biasa mengganggu pasangan atau teman sekamar. Namun ternyata dengkuran, yang merupakan salah satu gejala utama apnea tidur/sleep apnea, bisa dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko kondisi yang berbahaya. Mendengkur umumnya lebih banyak dialami pria, terutama dengan berat badan di atas rata-rata ideal. Sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung mengidap sleep apnea dengan ciri-ciri utamanya adalah mendengkur. Kondisi ini kemungkinan diakibatkan oleh kelebihan massa yang mengumpul di sekitar leher, menjadikan orang tersebut kesulitan bernapas di malam hari. Sebagian orang bisa jadi memiliki amandel besar yang dapat mempersempit jalan napas sehingga menyebabkan dengkuran saat tidur. Riwayat keluarga yang mendengkur dan mengonsumsi minuman keras juga dapat meningkatkan risiko mendengkur. Seiring pertambahan usia, dengkuran bisa menjadi makin parah. Pada kasus tertentu, penelitian menemukan bahwa mendengkur dapat dihubungkan kepada peningkatan risiko berbagai kondisi dan penyakit yang berbahaya, yaitu: Gangguan pernapasan Orang yang serin [...]

Pijat yang Aman untuk Penderita Radang Sendi

Pijat yang Aman untuk Penderita Radang Sendi

Pijat adalah teknik kuno yang bertujuan mengurangi rasa nyeri dan stres, yang telah dipraktikkan di berbagai budaya di seluruh dunia. Teknik ini tidak hanya melibatkan manipulasi fisik terhadap jaringan tubuh, namun juga metode relaksasi. Pijat dapat menurunkan produksi hormon stres dalam tubuh, meningkatkan produksi serotonin, dan memperbaiki suasana hati seseorang. Beberapa jenis pijat dapat membantu mengurangi keluhan pada Anda yang memiliki artritis. Namun sebelum memutuskan untuk dipijat, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda agar dapat dipastikan bahwa teknik pemijatan tersebut aman untuk kondisi Anda. Ketika mempertimbangkan untuk dipijat, waspadalah bila terdapat kondisi medis berikut: Kerusakan atau pengikisan sendi akibat artritis. Episode akut peradangan, demam, atau ruam pada kulit. Osteoporosis berat. Tekanan darah tinggi, terutama yang tidak terkontrol dengan pengobatan. Varises pembuluh darah vena. Beberapa jenis teknik pijat yang dapat dilakukan pada pasien artritis adalah myofascialrelease, refleksologi, hot stone/cold stone massage, trigger point massage, dan sebagainya. Program terapi fisik atau rehabilitasi medis pasien artritis yang dirancang oleh dokte [...]

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Jika Anda ragu meminum susu cokelat karena takut gemuk, cobalah untuk memikirkannya lagi. Meminum susu cokelat secara teratur ternyata bisa mengurangi penyakit peradangan atherosclerosis (plak yang menempel pada pembuluh darah yang memicu sakit jantung).Peneliti dari Spanyol menguji 47 relawan berusia 55 tahun ke atas yang berisiko terkena serangan jantung. Separuh relawan diberikan susu bubuk cokelat 20 gram yang dicampur dengan susu tanpa lemak (skim) untuk diminum dua kali sehari. Satu kelompok lagi, hanya mengonsumsi susu cokelat tanpa campuran susu skim.Setelah satu bulan dilakukan tes darah, hasilnya, partisipan yang hanya minum susu cokelat dua kali sehari selama 4 minggu mencatat penurunan risiko peradangan. Sementara kelompok yang minum susu cokelat ditambah skim tidak mengalami perubahan.Partisipan yang hanya minum susu cokelat juga mengalami kenaikan kadar kolesterol baik (HDL). Kajian tersebut telah dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Namun para peneliti mengakui masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut soal ini."Atherosclerosis adalah peradangan di pembuluh darah dalam kadar yang masih rendah. Tampaknya asupan cokelat secara reguler bisa [...]

Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil

Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil

Dampak buruk stres pada ibu hamil akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang umumnya dilatarbelakangi oleh keadaan stres selama masa kehamilan menjadi sebab utama di dunia kematian ibu dan janin. Perempuan hamil lebih tinggi berisiko stroke, 2,4 kali lebih besar daripada yang perempuan tidak hamil. Hal ini dikemukakan di jurnal kesehatan perempuan oleh peneliti Loyola di University Health System, Amerika. ?Diagnosis dari hasil penelitian dan identifikasi perempuan hamil berisiko stroke dianjurkan untuk melakukan terapi dari awal masa kehamilan dan hasil klinis menunjukkan tekanan darahnya normal, jika dilakukan dengan rutin,? ujar Loyola. Klik next untuk melanjutkan. Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil Kehamilan identik dengan naiknya tekanan darah tinggi termasuk pre-eklampsia, eklampsia dan penyakit yang jarang ditemui namun serius, disebut sindroma HELLP (hemolisis, peningkatan enzim hati dan jumlah trombosit rendah). Pre-eklampsia atau sering disebut toksemia ini adalah suatu kondisi yang bisa dialami oleh setiap perempuan hamil. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya tekanan darah yang diikuti oleh peningkatan kadar protein di dalam urine. Perempuan ham [...]

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Bawaan

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Jantung Bawaan

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata bayi lahir dengan ?jantung bocor?, jantung bayi di kanan, kelainan klep jantung bayi, dan lain sebagainya. Kelainan-kelainan tersebut dalam dunia medis masuk ke dalam kategori peyakit jantung bawaan (PJB) atau sebutan lainnya penyakit jantung kongenital. PJB adalah kelainan struktur jantung yang muncul sejak lahir dan terjadi sejak janin di dalam kandungan. Kelainan tersebut terjadi akibat jantung atau pembuluh darah disekitarnya tidak berkembang dengan sempurna dan/atau akibat kelainan posisi jantung dan pembuluh darah di sekitarnya. PJB merupakan penyebab umum kelainan bawaan dan penyebab utama kematian bayi akibat kelainan bawaan dalam satu tahun pertama kehidupan. Setidaknya 8 dari 1000 bayi lahir dengan cacat jantung setiap tahunnya. Diperkirakan sekitar 45 ribu bayi lahir di Indonesia dengan PJB setiap tahunnya. Terdapat berbagai macam jenis PJB. Secara garis besar PJB dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu PJB sianotik (biru) dan asianotik (tidak biru). Sianosis mengacu pada perubahan warna kebiruan pada kulit dan selaput lendir terutama pada bibir, lidah, dan ujung-ujung anggota gerak seperti kuku yang disebabkan oleh kurangnya kadar [...]

Vaksinasi Selama Kehamilan

Vaksinasi Selama Kehamilan

Tidak jarang muncul kebingungan dan kerancuan jika vaksinasi bertemu masa kehamilan. Pertanyaannya, boleh gak sih? Untuk pemberian obat-obatan selama kehamilan saja dibatasi, lalu apakah berlaku yang sama pada proses vaksinasi? Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bersama selengkapnya berikut ini. Vaksin apa yang harus saya peroleh selama kehamilan? Berikut adalah jenis-jenis vaksin yang aman untuk diberikan bagi wanita hamil: Hepatitis B: wanita hamil yang berisiko tinggi terhadap hepatitis B dapat memperoleh vaksin ini. Diberikan dalam 3 dosis; dosis kedua dan ketiga diulang setelah 1 dan 6 bulan setelah dosis pertama. Influenza (inaktif): wanita hamil dapat memperoleh vaksin ini setelah berkonsultasi dengan dokter. Tetanus/Difteri/Pertusis: direkomendasikan terutama pada kehamilan 27-36 minggu, untuk pencegahan bayi dari batuk rejan. Jika tidak diberikan sewaktu kehamilan, dapat diberikan segera setelah melahirkan. Klik 'next' untuk selengkapnya. Vaksin Apa yang Harus Saya Peroleh Selama Kehamilan? Tidak jarang muncul kebingungan dan kerancuan jika vaksinasi bertemu masa kehamilan. Pertanyaannya, boleh gak sih? Untuk pemberian obat-obatan selama k [...]

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

Mencukur rambut kemaluan adalah salah satu anjuran dalam suatu agama. Bahkan disarankan bahwa anjuran ini sebaiknya dilakukan secara rutin, yaitu setiap 40 hari sekali. Anjuran ini berlaku bagi pria maupun wanita. Sebagian orang mempertanyakan pentingnya praktik pencukuran ini, sebab dikaitkan dengan kejadian luka dan infeksi setelah mencukur, menghilangkan fungsi perlindungan alat kelamin dari debu/ kotoran lain, hingga adanya pendapat bahwa hal ini merepotkan dan tidak memberikan efek apapun. Ternyata, dibalik latar belakang tuntunan agama, mencukur rambut kemaluan yang dilakukan dengan cara yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat dari sisi kesehatan. Adapun manfaat-manfaat kesehatan yang ada terdapat di halaman berikut: Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan Dengan mencukur rambut kemaluan, proses pembersihan produk kelenjar minyak/ keringat dapat dilakukan dengan sempurna. Bila produk kelenjar ini tersisa di area rambut, maka menyebabkan area tersebut lembab dan bakteri mudah berkembang biak (menyebabkan gatal, bengkak, kemerahan, dll) Memastikan rambut kemaluan tetap tipis akan mencegah bersarangnya tungau/ kutu kelamin (jenis Phthirus pubis) [...]

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Cepat Turun Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Pernahkah Anda mendengar istilah operasi bariatrik? Operasi ini merupakan sebuah tindakan manipulasi saluran pencernaan dengan tujuan akhir penurunan berat badan. Namun tidak semua orang gemuk merupakan kandidat untuk dilakukan operasi bariatrik. Apa saja yang perlu kita ketahui tentang operasi ini? Mari kita simak artikel ini. Apa itu operasi bariatrik? Bariatrik berasal dari bahasa Yunani baros, yang memiliki arti berat badan. Operasi bariatrik adalah sebuah prosedur pembedahan saluran pencernaan untuk menurunkan berat badan. Terdapat beberapa macam operasi bariatrik yang ada, diantaranya adalah metode Roux-en-Y Gastric Bypass (RYGB) dan Laparoscopic Adjustable Gastric Banding (LAGB). Dalam prosedur Roux-en-Y, dilakukan operasi untuk menghubungkan secara langsung organ usus (jejunum) dengan lambung. Operasi ini akan menyebabkan ukuran lambung menjadi lebih kecil dan area absorpsi makanan menjadi lebih sedikit dibanding keadaan normal. Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Berikut penjelasannya: Mengapa operasi bariatrik dilakukan? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, operasi ini dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tidak semua orang kegemukkan d [...]

Sering Merasa Mual di Pagi Hari? Ini Dia Penyebabnya

Sering Merasa Mual di Pagi Hari? Ini Dia Penyebabnya

Biasanya rasa mual di pagi hari seringkali dikait-kaitkan dengan kehamilan, namun itu hanyalah salah satu penyebabnya. Mual biasanya disertai dengan rasa tidak nafsu makan dan muntah.Ada beberapa kondisi tubuh dan penyakit yang bisa menyebabkan mual di pagi hari. Seperti yang dikutip dari LiveStrong, berikut ini lima hal yang bisa membuat Anda mual saat bangun tidur.1. HormonHormon yang tidak stabil dapat mengakibatkan mual di pagi hari. Remaja wanita bisa mengalami mula karena naik turunnya progesteron --hormon yang berpengaruh pada siklus menstruasi--, sedangkan wanita menopouse juga bisa mengalami rasa mual karena progesteron menurun cukup drastis. Selain itu, wanita atau pria yang menderita penyakit addison --penyakit endokrin langka akibat kelenjar adrenalin memproduksi hormon steroid yang tidak cukup-- juga bisa merasakan mual di pagi hari.2. Sistem GastrointestinalGastrointestinal adalah organ dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Irritable bowel syndrome (IBS), Cyclic vomiting syndrome (CVS), gastroparesis adalah beberapa penyakit penceranaan yang dapat menimbulkan rasa tak nyaman di perut hingga menimbulkan rasa mual. Ketiga pen [...]

Hindari Makanan Ini Saat Sarapan!

Hindari Makanan Ini Saat Sarapan!

Kita semua kini tahu betapa pentingnya sarapan di pagi hari untuk kesehatan Anda sehari penuh dan kebaikan kesehatan tubuh jangka panjang. Dimana kita pun sudah tahu juga, menu yang kita makan selama 45 menit setelah kita bangun pagi adalah yang menentukan kondisi tubuh juga terpenting. (Baca: 5 Alasan untuk Sarapan) Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, memberi tenaga untuk aktivitas fisik yang akan kita lakukan hari itu, dan dapat pula menurunkan kadar kolesterol kita. Sarapan terutama sangat bagus untuk anak-anak dan remaja. Tapi sudah tahukah Anda, bahwa sebenarnya ada menu makanan yang biasa kita makan ternyata disarankan untuk dihindari ketika sarapan? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ini ada beberapa menu yang sebaiknya Anda hindari ketika sarapan: 1. Hindari Sereal Rendah Serat Ketika Sarapan Sereal yang tinggi karbohidrat dan gula dan rendah serat dapat mengakibatkan gula darah Anda naik dengan cepat dan kemudiaan akan cepat turun juga. Hal ini akan menyebabkan Anda mudah lapar dan moody. Menurut Prof dr R. Bambang Wirjatmadi MS MCN PhD SpGK, staf pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair, makanan atau minuman instan memang bisa dijadi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *