Sakit Telinga Disebabkan Oleh Hal-hal Ini

penyebab-sakit-telinga-alodokter.jpg

Sakit telinga dapat disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga, namun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga sakit atau terasa tidak nyaman.

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam, dapat terjadi gangguan keseimbangan.

Jika merasakan gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga, mungkin Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi berikut.

Infeksi telinga

Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir berlebihan. Gangguan ini biasa menimpa anak-anak. Sekitar 75 persen anak di bawah usia 3 tahun pernah menderita gangguan ini.

Berkurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam telinga, dan keluar cairan menyerupai nanah dari telinga adalah beberapa gejalanya. Walau infeksi ringan dapat hilang dengan sendirinya, Anda bisa tangani dengan beberapa cara berikut.

  • Mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti ibuprofen, dekongestan, atau asetaminofen.
  • Menggunakan obat tetes telinga untuk meredakan nyeri.
  • Menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi.
  • Meski begitu, dianjurkan untuk memeriksakan telinga ke dokter jika mengalami sakit yang tidak mereda. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi telinga tersebut.

Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara dengungan atau deringan di dalam telinga. Suara tersebut berasal dari dalam tubuh.

Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Cara yang diterapkan antara lain:

  • Jika kondisi ini disebabkan gangguan pada pembuluh darah, maka akan ditangani dengan obat-obatan atau operasi.
  • Menghilangkan lilin telinga untuk mengurangi gejala tinnitus.
  • Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan tinnitus, sehingga mengganti obat dapat mengurangi kondisi ini.

Suara yang terlalu kencang dapat menjadi salah satu penyebab utama tinnitus, sehingga yang dapat dilakukan adalah sedapat mungkin menghindari bunyi yang terlalu keras, seperti volume TV, suara alat musik, atau kendaraan berat.

Penyakit Meniere

Kondisi yang umumnya terjadi pada satu telinga ini dapat disebabkan ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utamanya. Penyakit yang umumnya dialami orang yang berusia 40-50 tahun ini umumnya ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi. Namun tentu saja prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis.

Barotrauma telinga

Kondisi ini adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan air saat seseorang berkendara di gunung, bepergian dengan pesawat, atau melakukan penyelaman di kedalaman tertentu. Hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan juga kepala pening adalah gejala utamanya.

Pada beberapa kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, misalnya oleh karena penuaan, paparan bising, trauma, dan obat-obatan tertentu. Mengingat rentannya telinga terhadap gangguan-gangguan di atas, ada baiknya mencermati cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Berikut hal-hal yang mungkin sering terlewatkan:

  • Hindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara musik yang kencang untuk durasi lama.
  • Beri jeda sesekali jika Anda mendengarkan musik melalui earphone.
  • Jangan sekali-sekali tidur dengan earphone yang menyala melekat di telinga.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara.
  • Hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud atau jepit rambut.

Untuk menghindari risiko-risiko lebih buruk, segera periksakan telinga ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) begitu merasakan gangguan pendengaran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Terlalu sering menggunakan smartphone bisa berakibat fatal bagi tulang belakang Anda. Berdasarkan penelitian, rata-rata orang memakai smartphone 110 kali sehari, dan itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tulang leher hingga punggung.Saat membaca pesan teks atau main game di smartphone, tablet dan gadget sejenisnya, kepala cenderung menunduk dan condong ke depan dan bisa menambah tekanan serta beban pada tulang belakang. Kondisi inilah yang membuat seseorang merasa pegal dan sakit di leher setelah memakai ponsel dalam waktu lama.Dr. Matt Herba mengatakan makin banyak pasien, terutama anak-anak yang mengeluh menderita sakit pada lehernya. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menjadi permanen."Studi menunjukkan ketika kepala condong ke depan, akan menambah beban hingga 4,5 kg pada tulang belakang," ujar Dr. Herba yang seorang ahli urut tulang di Florida, seperti dilansir Daily Mail.Ia menambahkan, anak muda zaman sekarang banyak yang menderita sakit leher akibat asyik memainkan ponsel atau smartphone mereka. Terlalu banyak menunduk bisa memicu kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tulang rawan dan jaringan di antara ruas-ruas tulang belakang. Para dokter gigi spesiali [...]

8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat. Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, [...]

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Handphone 3G Lebih Berisiko Menyebabkan Kanker Otak

Saat ini handphone bukan menjadi barang mewah lagi, namun sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakati di dunia. Hampir setiap orang memiliki handphone dari orang dewasa sampai anak kecil. Ketergantungan terhadap handphone disebabkan karena manfaatnya yang bukan hanya sebagai alat komunikasi tapi juga dapat digunakan untuk mencari informasi, urusan bisnis, dan sebagainya. Dibalik manfaatnya, handphone ternyata dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Hospital di Orebro, Swedia, penggunaan handphone dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko terkena glioma. Glioma adalah salah satu jenis tumor otak yang paling sering ditemukan. Dan ketahuilah, risiko paling tinggi pada penggunaan handphone 3G. Berikut penjelasannya. Bahaya HP 3G Semakin maraknya penggunaan komunikasi wireless meningkatkan paparan terhadap radiofrequency electromagnetic fields (RM-EMF). Otak merupakan target utama dari RM-EMF saat handphone digunakan. Risiko paling tinggi ditemukan pada penggunaan handphone 3G dibandingkan handphone jenis lainnya. Tumor tersebut biasanya tumbuh pada sisi otak yang paling sering terpapar. Mis [...]

Purple Day: Pertolongan Pertama pada Kejang Epilepsi

Purple Day: Pertolongan Pertama pada Kejang Epilepsi

Epilepsi adalah sebuah gangguan saraf yang disebabkan adanya gangguan aktivitas listrik di otak. Sel-sel saraf di otak berkomunikasi dengan mengirimkan sinyal-sinyal listrik dalam pola teratur. Pada epilepsi terjadi abnormalitas sinyal-sinyal listrik tersebut yang dapat disebabkan oleh perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Epilepsi ditandai dengan adanya kejadian kejang berulang karena setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Walaupun demikian tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru dapat ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan EEG dan pemeriksaan penunjang lainnya. Jika menemukan seseorang di sekitar Anda mengalami kejang epilepsi, janganlah panik. Di bawah ini adalah pertolongan pertama yang harus dilakukan bila seseorang mengalami kejang epilepsi. Tetap tenang dan jangan panik. Jauhkan barang-barang berbahaya yang ada di dekat penderita kejang. Beri alas kepala. Longgarkan pakaian agar memudahkan pernafasan. Miringkan badan ke salah satu sisi. Selama penderita mengalami k [...]

Benjolan dan Tumor Payudara Belum Tentu Kanker

Benjolan dan Tumor Payudara Belum Tentu Kanker

Jangan takut apabila Anda menemukan benjolan di sekitar payudara. Benjolan payudara tidak semua menandakan kanker. Pada beberapa kasus, benjolan ini adalah kondisi atau tumor payudara nonkanker yang umumnya tidak berbahaya. Tumor jinak pada payudara umumnya membentuk benjolan pada payudara. Kondisi ini terjadi ketika ada sel-sel payudara yang berkembang secara tidak normal dan cepat. Namun tidak semua benjolan payudara adalah tumor atau kanker. Ada beberapa penyebab benjolan pada payudara yang jauh lebih umum daripada tumor dan kanker. Benjolan payudara bisa memiliki karakter seperti berikut: Kista payudara berisi cairan. Benjolan menyebabkan nyeri. Jika berukuran besar, benjolanpayudara dapat mengubah bentuk dan ukuran payudara. Jika berkembang pada jaringan dalam saluran susu, maka dapat menyebabkan munculnya cairan dari puting. Jenis dan Penyebab Benjolan Secara umum benjolan payudara dapat disebabkan beberapa hal sebagai berikut: Fibroadenoma Merupakan tumor jinak pada payudara yang paling umum terjadi. Fibroadenoma umumnya memilliki ciri-ciri di antaranya, tidak terasa nyeri, dan jika diraba terasa padat, bulat, sekaligus kenyal dan dapat bergeser. Tumor jinak paling seri [...]

Plus Minus Melakukan Brazilian Wax

Plus Minus Melakukan Brazilian Wax

Semenjak memasuki masa puber, para wanita mengalami beberapa perubahan pada tubuh, diantaranya adalah mulai tumbuhnya rambut pubik yang tumbuh di sekitar ?Miss V?. Rambut pubik yang lebat dapat menyebabkan organ vital terasa lembab dan kurang nyaman, namun rambut pubik juga memiliki fungsi tersendiri dalam melindungi organ vital yang sensitif. Dengan adanya dua pandangan ini tentu Anda akan berpikir-pikir lagi untuk membuat janji melakukan brazilian wax ke salon kesayangan Anda. Ada beberapa dokter yang tidak menyarankan pasiennya untuk melakukan waxing, terutama brazilian wax yang dilakukan pada daerah genital yang sensitif. Salah satu kasus yang muncul di New York, adalah Jennifer (bukan nama sebenarnya) yang melakukan brazilian wax di salah satu salon ternama di New York. Ternyata salon ternama bukan jaminan, setelah melakukan brazilian wax, Jennifer menderita demam tinggi sampai 102 derajat celcius dan nyeri pada paha kirinya. Dokter mendiagnosis bahwa Jennifer terkena bakteri yang berpotensi mengancam nyawa dan dapat menginfeksi kulit dan jaringan kulit yang mendasarinya, bakteri-bakteri ini menyebabkan cellulitis, yaitu penyakit infeksi kulit dan jaringan sekitar organ vital. [...]

7 Tips Mengatasi Hangover Pasca Pesta di Hari Raya

7 Tips Mengatasi Hangover Pasca Pesta di Hari Raya

Meminum banyak minuman beralkohol saat pesta, kerap kali membuat Anda merasa pusing dan mual keesokan harinya. Inilah yang disebut hangover. Seperti yang dikutip dari Menshealth, berikut tujuh cara untuk mengatasi hangover.1. Minum AirAlkohol merupakan diuretik yang dapat membuat dehidrasi, itulah alasan mengapa Anda seringkali buang air kecil setelah meminum alkohol. Menurut Daniel K. Hall-Flavin, M.D., seorang konsultan psikiatri kecanduan di Mayo Clinic, menyarankan agar meminum setengah liter air sebelum tidur. Selain itu, ia juga merekomendasikan agar Anda memesan segelas air saat meminum bir. Hal ini berguna untuk menggantikan cairan yag hilang akibat alkohol.2. Hindari Minuman Berenergi"Meskipun efek diuretik alkohol dapat menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit, tapi tidak harus digantikan dengan segera,"ujar Samir Zakhari, direktur divisi metabolisme dan kesehatan di National Institute. Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman penambah energi tidak lebih baik daripada air.3. Minum Air Setelah Meminum KopiBanyak orang yang mengalami hangover dan memilih kopi untuk membuat mereka tetap terjaga di kantor. Walau kopi dapat membantu mengurangi sakit kepala dan migrain, teta [...]

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Selain perdebatan mengenai perlu atau tidaknya penggunaan obat antibiotik pada anak-anak, tim medis dari Inggris mengangkat kembali kekhawatiran mereka akan pemberian dosis obat yang seharusnya di tinjau ulang. Hal ini di kemukakan dalam The British Medical Journal berdasarkan hasil survei mereka yang dilakukan sejak tahun 2009 menunjukkan bahwa berat badan anak semakin meningkat dibandingkan dengan anak-anak diusia yang sama 50 tahun yang lalu. Dengan demikian mereka berpendapat bahwa patokan dosis obat yang diberikan kepada anak-anak yang di cantumkan dalam BMJ tahun 1963, seharusnya direvisi kembali. Sebab dari hasil penelitian mereka, terlihat penambahan ukuran badan beserta berat badan anak-anak yang lahir jaman ini sebanyak 20% dibandingkan dengan rata-rata ukuran badan anak pada tahun 1963. Meskipun mereka tidak menemukan bukti yang dapat membahayakan dari kemungkinan kekurangan dosis obat yang dibutuhkan, namun Dr. Paul Long salah satu peneliti dari King?s College, London mengharapkan bahwa perkembangan kemajuan berbagai macam obat selayaknya disesuaikan dengan jumlah dosis yang relevan juga khususnya dalam pemberian obat antibiotik penicillin pada anak-anak. Karena peninja [...]

Stres Sebabkan Alergi

Stres Sebabkan Alergi

Inilah alasan mengapa penderita alergi harus tetap tenang: ?Stres ternyata berkaitan dengan timbulnya alergi.? Sebuah studi yang dipublikasi dalam the Journal Annals of Allergy, Asthma & Immunology, menunjukkan ada hubungan antara stres dengan timbulnya alergi. Gejala seperti bersin, hidung meler dan mata yang berair dapat meningkatkan stres pada penderita alergi namun ternyata stres ini justru akan memperberat gejala menurut peneliti dari The Nationwide Children?s Hospital and The Ohio Sate University. Studi ini meliputi 179 orang yang mengisi questioner saat gejala stres dan depresi muncul yang bertahan hingga 12 minggu. Para peserta ini juga mencatat tulisan mengenai jenis alergi yang mereka derita serta pada penelitian ini diambil juga sampel ludah untuk menghitung kadar hormon kortisol. Sebanyak 69 peserta melaporkan bahwa gejala alergi mereka meningkat selama studi. Kadar dari hormon kortisol ternyata tidak berhubungan dengan alergi. Namun jelas pada penelitian ini dibuktikan bahwa pada penderita dengan keadaan stres yang tinggi 64% diantara mereka timbul gejala alergi. Jadi, sangat disarankan kita harus lihai mengelola diri untuk dapat mengatasi tekanan yang dialami a [...]

Tidak Makan Daging Bisa Terhindar dari Kanker, Mitos atau Fakta?

Tidak Makan Daging Bisa Terhindar dari Kanker, Mitos atau Fakta?

Apa tujuan seseorang menjadi vegetarian? Kebanyakan orang menghindari makan daging dan beralih ke sayuran untuk mendapatkan hidup yang sehat. Salah satunya untuk terhindari dari penyakit kanker.Sejumlah pendapat memang menyatakan bahwa konsumsi sayuran dan buah, atau bahan-bahan lain yang berasal dari nabati lebih sehat ketimbang hewani. Tapi benarkah tidak makan daging sama sekali bisa mencegah kanker?Menurut Ketua Cancer Council Australia Kathy Chapman, diet berbabis nabati seperti buah, sayuran dan gandum utuh memang bisa melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker tertentu. Namun belum ada bukti pasti bahwa menghindari semua makanan yang terbuat dari daging akan mengurangi risiko terkena kanker."Kami di Cancer Council jelas menyarankan orang untuk banyak makan buah dan sayuran. Jika Anda ingin menjalani diet vegetarian maka Anda harus memastikan bahan-bahannya memang sehat. Tapi jika tujuannya untuk menurunkan risiko kanker, itu tidak selalu," terang Kathy yang juga anggota komite nutrisi dan aktivitas fisik Australia, seperti dikutip dari ABC Australia.Jika tujuannya untuk hidup sehat maka mengonsumsi banyak sayur dan buah adalah hal yang tepat. Namun sekali lagi Kathy mene [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *