Sakit Telinga Disebabkan Oleh Hal-hal Ini

penyebab-sakit-telinga-alodokter.jpg

Sakit telinga dapat disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga, namun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telinga sakit atau terasa tidak nyaman.

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian tengah, luar, dan dalam. Seluruh bagian ini memiliki peran masing-masing untuk membuat Anda dapat mendengar dengan baik. Gangguan pada salah satu bagian dapat membuat pendengaran terganggu. Bila gangguan terjadi telinga dalam, dapat terjadi gangguan keseimbangan.

Jika merasakan gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga, mungkin Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi berikut.

Infeksi telinga

Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika saluran Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir berlebihan. Gangguan ini biasa menimpa anak-anak. Sekitar 75 persen anak di bawah usia 3 tahun pernah menderita gangguan ini.

Berkurangnya pendengaran, nyeri pada bagian dalam telinga, dan keluar cairan menyerupai nanah dari telinga adalah beberapa gejalanya. Walau infeksi ringan dapat hilang dengan sendirinya, Anda bisa tangani dengan beberapa cara berikut.

  • Mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti ibuprofen, dekongestan, atau asetaminofen.
  • Menggunakan obat tetes telinga untuk meredakan nyeri.
  • Menempatkan kain hangat pada telinga yang terinfeksi.
  • Meski begitu, dianjurkan untuk memeriksakan telinga ke dokter jika mengalami sakit yang tidak mereda. Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi telinga tersebut.

Tinnitus

Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang mendengar suara dengungan atau deringan di dalam telinga. Suara tersebut berasal dari dalam tubuh.

Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Cara yang diterapkan antara lain:

  • Jika kondisi ini disebabkan gangguan pada pembuluh darah, maka akan ditangani dengan obat-obatan atau operasi.
  • Menghilangkan lilin telinga untuk mengurangi gejala tinnitus.
  • Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan tinnitus, sehingga mengganti obat dapat mengurangi kondisi ini.

Suara yang terlalu kencang dapat menjadi salah satu penyebab utama tinnitus, sehingga yang dapat dilakukan adalah sedapat mungkin menghindari bunyi yang terlalu keras, seperti volume TV, suara alat musik, atau kendaraan berat.

Penyakit Meniere

Kondisi yang umumnya terjadi pada satu telinga ini dapat disebabkan ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utamanya. Penyakit yang umumnya dialami orang yang berusia 40-50 tahun ini umumnya ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi. Namun tentu saja prosedur ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis.

Barotrauma telinga

Kondisi ini adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan air saat seseorang berkendara di gunung, bepergian dengan pesawat, atau melakukan penyelaman di kedalaman tertentu. Hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri, dan juga kepala pening adalah gejala utamanya.

Pada beberapa kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, misalnya oleh karena penuaan, paparan bising, trauma, dan obat-obatan tertentu. Mengingat rentannya telinga terhadap gangguan-gangguan di atas, ada baiknya mencermati cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Berikut hal-hal yang mungkin sering terlewatkan:

  • Hindarkan telinga bagian dalam dari paparan suara musik yang kencang untuk durasi lama.
  • Beri jeda sesekali jika Anda mendengarkan musik melalui earphone.
  • Jangan sekali-sekali tidur dengan earphone yang menyala melekat di telinga.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara.
  • Hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud atau jepit rambut.

Untuk menghindari risiko-risiko lebih buruk, segera periksakan telinga ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) begitu merasakan gangguan pendengaran.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini yang Terjadi Bila Sel Telur Bermasalah

Ini yang Terjadi Bila Sel Telur Bermasalah

Sel telur pada setiap wanita berguna untuk meneruskan generasi dan menentukan jenis kelamin generasi selanjutnya. Normalnya sel telur terdiri dari lapisan-lapisan yang nantinya dapat berguna bagi perkembangan janin. Contohnya zona pellucida sebagai lapisan terluar yang berfungsi melindungi sel telur sepanjang perkembangannya, sitoplasma yang merupakan area berprotein sebagai nutrisi bagi sel telur, dan nukleus atau inti sel yang nantinya berfungsi sebagai pembawa pita-pita berisi sifat-sifat individu baru. Namun tidak semua sel telur dapat terbentuk sempurna. Bila sel telur mengalami masalah maka dampaknya dapat mempengaruhi kehamilan dan penciptaan calon generasi berikutnya. Kerusakan pada Sel Telur Salah satu gangguan yang terjadi ketika sel telur bermasalah adalah kelainan kromosom atau pita-pita pembawa sifat yang berada di dalam inti sel. Kerusakan ini mengakibatkan kehamilan tanpa embrio, atau kehamilan tanpa calon janin. Normalnya, ketika seorang wanita hamil, telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim. Pada sekitar awal kehamilan atau usia kandungan sekitar 6 minggu, seharusnya embrio sudah mulai tumbuh bersama dengan kantung kehamilan sebagai tempat berkem [...]

4 Tips Solusi Lingkaran Hitam Mata

4 Tips Solusi Lingkaran Hitam Mata

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Lingkaran hitam di bawah mata merupakan satu masalah yang cukup menganggu penampilan. Kedua lingkaran tersebut membuat wajah terlihat kurang sehat atau sehat. Munculnya lingkaran ini ada yang bersifat sementara namun ada juga yang membandel, sulit dihilangkan. Bila lingkaran hitam atau kantung bawah mata tidak hilang-hilang, mungkin hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: Genetika Masalah pigmentasi yang diwarisi seperti pada orang keturunan Asia atau Afrika. Usia Usia juga berkontribusi terhadap timbulnya lingkaran hitam bawah mata. Seiring dengan peningkatan usia, kulit di sekitar mata menipis sehingga pembuluh darah kecil di bawah mata menjadi terlihat. Perubahan Volume Area Sekitar Mata Pada sebagian besar kasus, lingkaran hitam tersebut disebabkan oleh penurunan volume pada area sekitar mata. Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya? 1. Samarkan dengan Tata Rias Make-up dapat membantu menutupi lingkatan hitam. Gunakan concealer yang serupa dengan warna kulit Anda. Jika lingkaran hitam tidak terlalu berat, gunakan formula berbahan cair. Jika bayangan hitam tersebut sangat terlihat, gunakan concealer dalam bentuk krim. [...]

Akupuntur Dari Sisi Medis

Akupuntur Dari Sisi Medis

Oleh: dr. Alvin Nursalim Akupuntur adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum pada titik tertentu pada tubuh. Akupuntur merupakan teknik pengobatan tradisional Cina, namun akhir-akhir ini mulai mendapatkan tempat dalam kedokteran barat. Menurut ajaran ilmu akupunktur, pengobatan akupuntur akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan baik untuk mengobati rasa sakit. Bahkan dewasa ini telah berkembang akupuntur untuk pengobatan gagal ereksi pada pria. Apa itu akupuntur?Akupuntur melibatkan penusukan jarum yang tipis ke dalam kulit pada berbagai titik strategis di kulit. Teori akupuntur didasarkan pada pengobatan tradisional Cina yang telah digunakan selama ribuan tahun lamanya Bagaimana prosedur akupuntur?Sebuah jarum tipis akan dimasukkan secara perlahan pada berbagai titik yang terletak pada seluruh tubuh Anda. Praktisi akupuntur akan memberitahukan bagian mana dari tubuh Anda yang akan ditusuk jarum. Kadang daerah tusukan terletak jauh dari lokasi nyeri yang Anda rasakan. Dalam sekali prosedur pengobatan akupuntur dapat digunakan sebanyak lima sampai 20 jarum. Jarum yang ditusukkan juga dapat dimanipulasi menggunakan listrik. Apa saja kegunaan akupuntur?Akupuntur dapat digun [...]

Sebenarnya, Apa yang Dimaksud Premenstrual Syndrome?

Sebenarnya, Apa yang Dimaksud Premenstrual Syndrome?

Wanita sebelum menstruasi suka merasakan nyeri payudara serta cenderung emosional. Mereka sering menyebut gejala yang timbul sebelum haid ialah Premenstrual Syndrome atau PMS. Apa benar itu yang dinamakan PMS?Seperti yang dilansir dari WebMD, PMS adalah beragam gejala yang terjadi sebelum menstruasi. The American College of Obstetrics dan Gynecology mendefinisikan bahwa PMS merupakan tanda-tanda fisik yang cukup mengganggu serta bersifat konsisten sebelum masa 'datang bulan'. Dalam arti, gejala tersebut timbul setiap bulan sebelum haid.Seolah membenarkan pernyataan itu, Sylvia D Elvira selaku dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia mengatakan bahwa PMS adalah gejala atau sakit yang timbul sebelum periode menstruasi dan terjadi setiap bulan. "Yang dimaksud dengan PMS jika mengalami gejalanya selama tiga bulan berturut-turut. Jadi kalau bulan ini sakit tapi bulan depan tidak maka tidak bisa disebut dengan PMS," ujar dr. Sylvia, SpKJ(K), yang dikutip dari detikhealth beberapa hari lalu.Silvia menambahkan, gejala yang dimaksud bisa berupa fisik ataupun psikis. Gejala fisik yang dialami oleh wanita PMS umumnya merasa kembung, pusing, atau payudara men [...]

Penelitian: Wanita Terlalu Gemuk Berisiko Mati Muda

Penelitian: Wanita Terlalu Gemuk Berisiko Mati Muda

Memiliki tubuh gemuk, baik pria maupun wanita, memang berisiko terkena bermacam-macam penyakit. Namun menurut penelitian terbaru, wanitalah yang sebenarnya lebih berisiko meninggal di usia muda.Penelitian tersebut dipublikasikan secara online di British Medical Journal. Penelitian itu mengungkapkan obesitas menjadi faktor risiko terbesar pada kematian wanita gemuk yang tidak merokok.Ada 3.600 wanita dengan usia 45-64 tahun di Skotlandia yang menjadi responden penelitian tersebut. Seluruh responden itu tidak pernah merokok dan terus dipantau kehidupannya selama 28 tahun.Selama diteliti, 1/2 dari respoden meninggal karena terkena sakit jantung. Dari para responden yang meninggal itu, mereka yang mengalami obesitas paling banyak jumlahnya.Ahli Nutrisi dr Dian Griesel saat dimintai komentarnya soal hasil penelitian di atas, mengaku tidak terkejut. "Cukup banyak lemak mematikan dan tidak penting ada di tubuh wanita dan ini membuat jantung bekerja semakin berat dan kemampuan jantung untuk bekerja dalam jangka waktu lama pun bisa menurun," ujarnya.Griesel menjelaskan lagi, seiring waktu berjalan, kelebihan lemak di tubuh ini akan merusak fungsi tubuh seseorang. "Hingga akhirnya memicu [...]

12 Hal Penting Penanganan Luka Bakar di Rumah

12 Hal Penting Penanganan Luka Bakar di Rumah

Terjadinya luka bakar dalam rumah tangga cukup sering terjadi. Bisa disebabkan karena tersiram air panas saat membuat teh, tidak sengaja menyentuh wajan yang panas saat memasak, atau bahkan terciprat minyak panas saat menggoreng. Luka bakar yang terjadi dapat dibedakan menjadi 4 tingkatan, antara lain: Tingkat awal hanya berupa kemerahan pada kulit, disebut luka bakar derajat 1. Bila kulit yang terkena lebih dalam lagi, disebut luka bakar derajat 2, pada kulit tidak hanya kemerahan tetapi juga timbul bula atau yang biasa kita sebut dengan melepuh, yaitu lentingan di kulit yang terkena panas dan berisi cairan. Bila kulit yang terkena lebih dalam lagi di sebut luka bakar derajat 3. Bila lebih parah yaitu luka bakar derajat 4. Pada kecelakaan di rumah tangga, yang paling sering terjadi yaitu luka bakar derajat 1 dan 2. Bila hal ini dialami oleh Anda, janganlah panik. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan segera di rumah sesaat setelah kecelakaan tersebut sebelum dibawa ke klinik terdekat: Pertolongan Luka Bakar di Rumah Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan segera di rumah sesaat setelah kecelakaan tersebut sebelum dibawa ke klinik terdekat. Pertama, [...]

Beginilah Cara-cara HIV Menular

Beginilah Cara-cara HIV Menular

Pasti Anda pernah mendengar tentang virus HIV bukan? HIV merupakan kependekan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan sistem imun penderita dan menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Pasien dengan AIDS rentan terhadap berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi kesehatan penderita HIV dapat mengalami perburukan dan berakhir pada kematian. Bagaimana cara penularan virus HIV? Mari kita lihat satu per satu. 1. Hubungan seksual bebas Hubungan seksual merupakan salah satu cara penularan virus HIV yang paling umum. Virus HIV dapat masuk melalui celah mukosa vagina saat berhubungan seksual. Hubungan seksual per anal memiliki risiko yang lebih besar untuk terjadi penularan virus HIV. Berhubungan seksual dengan banyak pasangan yang berbeda (seks bebas) juga meningkatkan risiko seorang terkena virus ini. Berikut beberapa cara penularan HIV lainnya: Beberapa Cara Tertularnya HIV 2. Penggunaan jarum suntik Penggunaan jarum suntik merupakan cara lain penularan virus HIV. Pengguna jarum suntik yang menggunakan jarum seacra bersamaan memiliki risiko untuk tertular penyakit HIV. M [...]

Tak Selalu Mengganggu, Ini Manfaat Kesehatan Punya Bulu di Seluruh Tubuh

Tak Selalu Mengganggu, Ini Manfaat Kesehatan Punya Bulu di Seluruh Tubuh

Memiliki bulu-bulu di sekitar tubuh bagi sebagian wanita merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu penampilan. Tak heran mereka rutin melakukan perawatan tubuh seperti waxing atau mencukur bulu. Tetapi ternyata, bulu-bulu atau rambut halus tersebut memiliki manfaat dari segi kesehatan.Pakar biologi di University of Bradford Inggris, Des Tobin menuturkan, memiliki rambut di bagian tubuh penting untuk mempertahankan kesehatan kulit. "Setiap folikel rambut tidak hanya memproduksi serat rambut, tetapi juga memiliki pembuluh darah, saraf, dan lemak," ujarnya.Folikel rambut pada tubuh juga diperkaya dengan sel-sel induk yang tidak akan pernah kekurangan kapasitas untuk memperbaharui diri mereka. Sehingga bisa membantu menyembuhkan kondisi kulit apabila terjadi luka.Tobin mengatakan, luka pada tubuh bagian luar lebih cepat sembuh karena terdapat folikel rambut yang lebih besar dan banyak, dibandingkan dengan luka pada dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan regenerasi sel yang dibawa oleh aliran darah.Demikian pula pada kulit kepala yang sudah tidak ditumbuhi dengan rambut. Ia kurang mampu mengatasi goresan luka atau memar akibat benturan karena kurangnya folikel y [...]

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Terlepas dari masalah mabuk atau mengantuk, wanita kerap kali disebut-sebut sebagai gender dengan kemampuan menyetir terburuk. Hal itu bahkan dibuktikan secara ilmiah oleh sebuah penelitian dari Amerika.University of Michigan menemukan bahwa wanita lebih sering mengalami kecelakaan kendaraan bermotor ketimbang pria, walaupun mereka lebih jarang menyetir. Wanita juga berkontribusi sebesar 10 persen atas kecelakaan mobil ketika pria menyetir karena suka mengomel saat berada dalam mobil.Sebanyak 60 persen pria mengendarai mobil. Sedangkan wanita hanya mencapai 40 persen. Meski begitu, terdapat 6,5 laporan kecelakaan mobil yang melibatkan wanita sebagai pengemudinya. Menurut Askmen, jumlah tersebut lebih tinggi dari yang diharapkan.Tempat yang paling sering menjadi lokasi kecelakaan saat mengemudi adalah jalan raya, area penyeberangan dan persimpangan jalan. Dalam hal ini diperkirakan bahwa wanita cenderung ragu saat mengambil keputusan untuk berhenti atau belok, sehingga terjadi kecelakaan.Banyak teori yang menjelaskan alasan mengapa wanita lebih sering kecelakaan ketimbang pria. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa wanita seringkali dandan sambil mengemudi dan bertubuh lebih pen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *