Sambiloto dan Penyakit Pilek

sambiloto-dan-penyakit-pilek-alodokter.jpg

Musim hujan telah tiba. Berbagai penyakit khas musim ini pun bisa dengan mudahnya menjangkiti Anda. Contohnya pilek. Menurut kepercayaan masyarakat, pilek bisa dicegah dengan mengonsumsi sambiloto. Tidak hanya mencegah, konon tanaman yang berasal dari India ini pun bisa mengobatinya.

Apakah benar? Jika benar, apa khasiat yang terkandung di dalam sambiloto?

Cegah Pilek dengan Sambiloto?

Sambiloto memiliki zat aktif bernama andrografolida. Zat ini diambil dari batang dan daun sambiloto. Rasanya sangat pahit. Zat tersebut dianggap bisa merangsang sistem kekebalan tubuh dan bisa mencegah Anda terserang penyakit.

Menurut beberapa penelitian awal, mengonsumsi sambiloto mungkin bisa mencegah Anda terserang pilek jika dikonsumsi beberapa bulan. Namun hal ini belum dibuktikan sepenuhnya oleh penelitian medis. Jika Anda ingin mencoba mencegah pilek memakai tanaman ini, disarankan Anda memilih suplemen sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng. Selain itu, pastikan produk herba terdaftar di BPOM sebelum Anda mulai mengonsumsinya.

Sebagai bentuk pengobatan, penelitian awal juga menemukan bahwa ekstrak sambiloto yang dikombinasikan dengan ginseng mungkin bisa meringankan gejala pilek seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat kemudian beringus, dan batuk-batuk. Biasanya, gejala akan berkurang setelah dua hari mengonsumsi sambiloto. Gejala pilek juga bisa hilang setelah empat hingga lima hari mengonsumsi sambiloto. Menurut penelitian lain, pengobatan sambiloto sama efektifnya seperti mengonsumsi paracetamol dalam meringankan gejala pilek. Walau demikian, masih diperlukan pengujian lebih lanjut dan besar lagi untuk membuktikan signifikan sambiloto dalam menyembuhkan pilek.

Peringatan Sebelum Konsumsi Sambiloto

Jika dikonsumsi melalui mulut dengan dosis yang tepat dan dalam jangka waktu yang pendek, sepertinya sambiloto tidak berbahaya. Meski begitu, ada efek samping yang berpotensi terjadi seperti diare, muntah, sakit kepala, hidung berair, ruam, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

Jangan mengonsumsi sambiloto melebihi dosis dan dalam jangka panjang untuk menghindari reaksi alergi serius, pembengkakan kelenjar getah bening, peningkatan enzim hati, dan lainnya. Ikuti aturan pemakaian yang tertera pada kemasan obat.

Pembuatan suplemen sambiloto ada yang dikombinasikan dengan ginseng. Menurut penelitian, kombinasi ini aman dikonsumsi untuk jangka waktu tiga bulan.

Sebaiknya hindari mengonsumsi sambiloto jika Anda:

  • Hamil dan menyusui. Ada kekhawatiran sambiloto mungkin bisa membuat Anda keguguran. Untuk ibu menyusui belum diketahui dengan jelas apa dampaknya. Jadi untuk berjaga-jaga, lebih baik hindari pemakaiannya jika Anda sedang hamil atau sedang menyusui.
  • Memiliki tekanan darah rendah. Menurut penelitian, sambiloto mungkin bisa menurunkan tekanan darah.
  • Mengidap penyakit autoimun. Sambiloto mungkin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal tersebut bisa memperparah kondisi jika dikonsumsi penderita autoimun.
  • Ingin memiliki anak. Menurut penelitian, sambiloto sepertinya bisa mengganggu tingkat kesuburan. Namun hal itu terjadi pada hewan, bukan manusia. Untuk berjaga-jaga, lebih baik hindari sambiloto jika Anda ingin memiliki anak atau sulit memiliki anak.
  • Memiliki gangguan pendarahan. Proses pembekuan darah mungkin akan terhambat jika Anda mengonsumsi sambiloto. Hal ini bisa menyebabkan memar dan pendarahan pada orang yang memiliki gangguan ini.

Khasiat sambiloto dalam mencegah dan menangani pilek memang belum teruji 100 persen. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyatakan keefektivitasannya. Namun dari penelitian yang sudah dilakukan, ada beberapa orang yang merasakan khasiatnya. Anda pun boleh mencobanya. Tapi dengan catatan, ikuti dosis dan peringatan yang tertera di kemasan.

Pastikan juga produk yang Anda konsumsi telah tercatat di BPOM RI. Jika Anda masih ragu, konsultasikan hal ini kepada dokter demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Petunjuk Pola Hidup Sehat

10 Petunjuk Pola Hidup Sehat

Oleh: dr. Sophia B. Hage Gaya hidup saat ini , khususnya di kota-kota besar, sangatlah padat dan akhirnya kita jarang sekali memiliki waktu untuk merawat diri kita sendiri. Oleh sebab itu, saat ini di Indonesia terjadi peningkatan jumlah penyakit tidak menular, yaitu penyakit yang timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti kencing manis/diabetes, penyakit jantung koroner, dan stroke. Untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut di atas, Prof. Dr. dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD, K-EMD memberikan pedoman yang ia sebut sebagai ?Sepuluh Petunjuk Pola Hidup Sehat?. Beliau menyingkat pedoman ini menjadi GULOH SISAR dengan harapan mudah diingat oleh setiap orang. GULOH SISAR ini mencakup: Gula: kurangi konsumsi gula dalam asupan sehari-hari, khusus bagi penderita kencing manis pantangi gula. Urat: untuk mengontrol kadar asam urat, batasilah asupan jeroan, alkohol, ikan sarden, burung dara, unggas lainnya, kaldu, emping dan tape. Lemak : untuk mengontrol asupan lemak, batasilah telur, keju, kepiting, udang, kerang, cumi, susu dan santan. Obesitas: hindarilah terjadinya peningkatan berat badan berlebih, usahakan berat badan ada di kadar ideal da [...]

Siap-siap Kena Penyakit Ini Jika Selalu Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Siap-siap Kena Penyakit Ini Jika Selalu Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Gorengan dan es buah seakan menjadi teman setia saat berbuka puasa. Padahal kedua makanan tersebut tidak baik dikonsumsi saat baru berbuka. Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, tidak menganjurkan berbuka dengan makanan berlemak serta minuman dingin.Pria yang akrab disapa Hardin itu menuturkan, makanan yang berlemak akan sulit dicerna oleh tubuh jika disantap saat baru buka puasa. Gorengan termasuk makanan berlemak karena digoreng menggunakan minyak. Maka dari itu, gorengan sebaiknya disisihkan untuk menu malam hari."Kita kan berbuka untuk memulihkan energi setelah 14 jam tidak makan dan usus kita mulai diajak bekerja, harus perlahan diajak kerjanya nggak bisa langsung berat. Kalau goreng-gorengan dia bekerja lebih berat. Makan makanan gorengan, berlemak, buat tubuh harus adaptasi lagi," tutur Hardin kepada wolipop, Kamis (18/7/2013).Selain tubuh sulit mencerna makanan tersebut, gorengan juga dapat menimbulkan penyakit seperti batuk atau radang. Hal itu mungkin saja terjadi karena makanan yang mengandung minyak, pedas, serta minuman dingin dapat menimbulkan luka kecil di tenggorokan. Luka atau iritasi yang terjadi di tenggorokan bisa memicu datangnya bakteri. Bakteri yan [...]

5 Langkah Sederhana Mencegah Kanker

5 Langkah Sederhana Mencegah Kanker

Kanker telah menjadi penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Menurut data yang diambil dari situs Parkway Cancer Center, dari total 58 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2005, kanker merupakan penyebab dari 7,6 juta kematian (sekitar 13% dari seluruh kematian). Begitu seriusnya dampak dari kanker membuat sebagian besar orang dengan riwayat keluarga pengidap kanker mencoba berbagai cara untuk menghindari penyakit ini. Meskipun Anda tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya tersebut, namun tidak ada salahnya Anda hidup sehat untuk cegah kanker dan berbagai penyakit lainnya, dengan melakukan cara-cara berikut yang dirangkum dari Women?s Day.1. Menjaga Berat Badan SeimbangPenelitian terbaru menunjukkan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker esophagus (kanker kerongkongan), kanker endometrium (kanker di luar jaringan rahim), dan kanker payudara pasca-menopause. BMI atau Body Mass Index merupakan perhitungan untuk menentukan berat badan ideal dengan membandingkan jumlah berat badan dan tinggi badan. Orang yang sehat memiliki jumlah BMI 18,5 hingga 24,9. Sedangkan risiko kanker ditemukan pada orang dengan jum [...]

Debat Ganja Sebagai Anti Nyeri

Debat Ganja Sebagai Anti Nyeri

Di Inggris baru-baru ini, ide ganja (cannabis sativa) untuk digunakan sebagai anti nyeri kembali meramaikan dunia medis. Kendati legalitas penggunaannya masih dilarang di beberapa negara, tidak menjadikan penelitian dari University College London berhenti. Pakar pengobatan nyeri University College London, Tony Dickenson mengemukakan dengan merokok ganja dengan pipa efektif untuk meredakan nyeri pada pasien yang menderita kerusakan saraf. Lebih lanjut ditemukan indikasi pada pasien adanya perbaikan kualitas tidur dan peredaan terhadap kecemasan. Namun demikian, para peneliti harus melakukan kajian lebih lanjut, hal ini dikarenakan dampak dari ganja tersebut masih terbilang potensi kecil. Mengkonsumsi ganja dapat mempengaruhi perubahan struktur otak. Nah lho? Berikut ini penjelasannya: Ganja : Abnormalitas Struktur Otak Walau demikian, masih perlu dipertimbangkan mengenai ancaman paparan ganja dalam waktu yang lama dan jumlah yang banyak. Yakni berkaitan dengan abnormalitas struktur otak. Peneliti dari Universitas Melbourne, Australia, menemukan bahwa hipokampus dan amygdala (salah satu bagian di otak), berukuran lebih kecil pada pengguna ganja berat dibandingka [...]

Waspadai Preeklampsia di Masa Kehamilan

Waspadai Preeklampsia di Masa Kehamilan

Mengetahui penyebab dan gejala preeklampsia dapat mengurangi risiko yang membahayakan bagi ibu dan janin. Preeklampsia biasanya muncul pada usia kandungan lebih dari 20 minggu. Preeklampsia adalah gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine. Kondisi ini dapat membahayakan organ-organ lainnya, seperti ginjal, hati, dan mata. Eklampsia adalah kondisi preeklamsia yang disertai kejang. Hal ini dapat berakibat fatal bagi ibu dan janin, bahkan dapat menyebabkan kematian. Pada bayi, preeklampsia dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan pertumbuhan bayi yang terhambat. Maka dari itu penting bagi ibu hamil untuk mengetahui gejala, penyebab, dan bagaimana cara mencegah serta mengatasi preeklampsia. Penyebab Preeklampsia Plasenta adalah salah satu organ penting yang berfungsi untuk menyalurkan darah dari ibu ke bayi di dalam kandungan. Munculnya preeklampsia diduga karena adanya gangguan perkembangan pada plasenta, yang disebabkan oleh masalah pada pembuluh darah pemasok plasenta. Faktor genetik atau adanya riwayat keluarga yang pernah mengalami preeklampsia juga diduga berperan dalam mekanisme penyakit ini. Namun, penyebab pas [...]

Benarkah Air Rebusan Daun Sirih Dapat Mengatasi Keputihan?

Benarkah Air Rebusan Daun Sirih Dapat Mengatasi Keputihan?

Berbicara tentang keputihan, hampir setiap wanita pasti pernah mengalaminya. Banyak sekali masalah-masalah yang menjadi penyebab utama dari keputihan, seperti aktivitas sehari-hari, faktor lingkungan, dampak psikologis sampai masalah kesuburan.Keputihan merupakan hal umum yang banyak dijumpai dalam masyarakat khususnya wanita karena terdapat banyak aspek-aspek di dalamnya. Oleh karena itu, banyak dijumpai mitos-mitos yang beredar seputar keputihan. Mitos tersebut bisa saja dibenarkan oleh para ahli namun ada juga beberapa mitos yang sebenarnya tidak tepat. Salah satu mitos tentang keputihan yang paling sering dibicarakan adalah mengobati keputihan dengan air rebusan daun sirih. Apakah mitos tersebut benar? Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, air rebusan daun sirih mempunyai sifat anti bakteri. Apabila digunakan dalam kondisi yang tepat, bisa saja membantu membunuh kuman-kuman penyebab keputihan, seperti bakteri, jamur, virus dan parasit atau protozoa. Namun sering kali, penggunaan daun sirih yang dijual sebagai pembersih kewanitaan tidaklah tepat dan bisa menimbulkan kerugian.Di dalam vagina terdapat bakteri bernama lactob [...]

6 Makanan Penghilang Rasa Pedas

6 Makanan Penghilang Rasa Pedas

Terlalu banyak makan cabai atau sambal membuat mulut Anda terasa terbakar. Banyak orang yang menetralkan rasa pedas dengan minum air mineral. Padahal cara tersebut salah, malah membuat rasa panas tersebar ke seluruh mulut. Seperti dilansir eHow, ini dia tipsnya untuk mengatasi rasa panas di mulut setelah makan pedas. 1. Susu atau Produk Susu LainnyaSusu, yogurt dan keju dapat menghilangkan rasa pedas. Hal itu karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas di mulut. 2. GulaHamburkan gula pada lidah lalu hisap selama 30 detik. Gula akan menyerap rasa pedas di mulut. 3. NasiMakan beberapa sendok nasi ketika Anda merasa sangat kepedasan. Butiran nasi dapat menarik rasa pedas di mulut. 4. Jeruk NipisPotong jeruk nipis dan hisaplah. Jeruk Nipis dipercaya dapat mendinginkan lidah yang terasa terbakar. 5. Selai KacangMakan selai kacang juga dapat membantu menetralkan rasa pedas. Sama seperti produk susu, selai kacang mengandung lemak yang dapat 'mendinginkan' mulut. 6. Jus BuahEfek dari makan pedas juga bisa membuat kepala terasa pusing. Jika sudah begitu berarti Anda sangat dehidrasi. Untuk mengatasinya segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan [...]

Pilih Makanan Agar Tidak Bertambah Melar

Pilih Makanan Agar Tidak Bertambah Melar

Pilih makanan agar tidak bertambah melar tubuh kita sangat baik sekali demi terjaganya kesehatan tubuh. Pilih-pilih makanan adalah salah satu syarat utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau sekedar mempertahankan bobot ideal. Dalam menjaga berat badan ideal dan sehat, sebaiknya hindari jenis-jenis makanan yang memengaruhi gula darah secara negatif dan hanya akan menimbulkan rasa lapar. Ini ada beberapa jenis makanan yang akan membuat tubuh anda bertambah besar dan melar, antara lain; Roti Putih Roti putih ini adalah jenis makanan yang mengandung serat sangat minim sehingga tidak akan membuat anda kenyang tahan lama. Hal yang akan terjadi setelah memakan roti putih adalah gula darah melonjak dengan cepat, dan akan merasa lapar lagi dalam waktu singkat. Makanan Versi Diet Banyak produk kini diberi label rendah lemak, rendah gula, atau khusus diet. Namun, hal yang perlu diingat adalah makanan berlabel ini mengandung zat kimia tambahan pangan seperti, pewarna, penambah rasa, atau gula buatan yang tentu memiliki risiko bagi kesehatan kita. Hal yang perlu diingat adalah, makanan ini akan berisiko membuat gula darah menjadi anjlok sehingga anda cepat merasa lapar. [...]

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Cuaca dingin sangat mempengaruhi kesehatan yang menyebabkan flu. Setelah perubahan musim, akan muncul gejala gatal dan sakit pada tenggorokan yang disertai batuk. Biasanya, banyak orang yang mencegah dan mengobatinya dengan minum teh herbal atau sirup batuk. Akan tetapi, ada cara untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan menghindari makanan tertentu agar tidak semakin parah. Ini dia, seperti yang dilansir dari Boldsky.Makanan AsamBuah jeruk, jus lemon, permen karet yang mengandung asam manis dapat memicu gatal ketika Anda sakit tenggorokan. Jangan pula Anda memakan makanan yang mengandung cuka atau vinegar, makanan jenis tersebut akan memperparah rasa sakit dikerongkongan pada saat menelan.Makanan PedasBanyak yang berasumsi bahwa makanan pedas dapat membantu menyingkirkan rasa gatal dan batuk yang disebabkan sakit tenggorokan. Sebaiknya Anda berhenti sementara untuk mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika dan rempah-rempah lainnya. Makanan pedas hanya memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.Produk SusuJika ada kerabat yang menyarankan Anda untuk meminum segelas susu panas untuk menyembuhkan nyeri pada tenggorokan, jangan Anda minum. Banyak orang yang [...]

Tepat Menyikapi BAB Berdarah Saat Hamil

Tepat Menyikapi BAB Berdarah Saat Hamil

Darah yang keluar saat buang air besar (BAB) kerap memicu kepanikan. BAB berdarah saat hamil merupakan salah satu kondisi yang harus diperhatikan, meski tidak perlu dilakukan secara berlebihan. Ada dua penyebab utama BAB berdarah saat hamil yaitu wasir dan fisura ani. Penyebab Utama Wasir tergolong umum ditemukan pada ibu hamil, terutama pada trimester terakhir serta beberapa minggu setelah persalinan. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di bagian anus mengembang seperti bengkak. Pembuluh darah yang bengkak tersebut ketika dilalui tinja yang keras atau mengejan saat buang air besar, dapat robek dan terjadi perdarahan. Selain itu, tindakan mengelap anus yang mengalami pembuluh darah bengkak dengan tisu, juga dapat memicu perdarahan. Selain wasir, BAB berdarah saat hamil juga bisa disebabkan fisura ani, yaitu kondisi di mana dinding anus mengalami robekan. Hampir serupa dengan wasir, kondisi ini biasanya dipicu tinja yang keras lantaran konstipasi. Faktanya, konstipasi sangat sering terjadi pada saat kehamilan. Cara Mengatasi di Rumah Pada umumnya, BAB berdarah saat hamil yang disebabkan oleh wasir maupun fisura ani akan berhenti dengan sendirinya. Tapi Anda tetap perlu memeriksak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *