Sambiloto dan Penyakit Pilek

sambiloto-dan-penyakit-pilek-alodokter.jpg

Musim hujan telah tiba. Berbagai penyakit khas musim ini pun bisa dengan mudahnya menjangkiti Anda. Contohnya pilek. Menurut kepercayaan masyarakat, pilek bisa dicegah dengan mengonsumsi sambiloto. Tidak hanya mencegah, konon tanaman yang berasal dari India ini pun bisa mengobatinya.

Apakah benar? Jika benar, apa khasiat yang terkandung di dalam sambiloto?

Cegah Pilek dengan Sambiloto?

Sambiloto memiliki zat aktif bernama andrografolida. Zat ini diambil dari batang dan daun sambiloto. Rasanya sangat pahit. Zat tersebut dianggap bisa merangsang sistem kekebalan tubuh dan bisa mencegah Anda terserang penyakit.

Menurut beberapa penelitian awal, mengonsumsi sambiloto mungkin bisa mencegah Anda terserang pilek jika dikonsumsi beberapa bulan. Namun hal ini belum dibuktikan sepenuhnya oleh penelitian medis. Jika Anda ingin mencoba mencegah pilek memakai tanaman ini, disarankan Anda memilih suplemen sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng. Selain itu, pastikan produk herba terdaftar di BPOM sebelum Anda mulai mengonsumsinya.

Sebagai bentuk pengobatan, penelitian awal juga menemukan bahwa ekstrak sambiloto yang dikombinasikan dengan ginseng mungkin bisa meringankan gejala pilek seperti bersin-bersin, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat kemudian beringus, dan batuk-batuk. Biasanya, gejala akan berkurang setelah dua hari mengonsumsi sambiloto. Gejala pilek juga bisa hilang setelah empat hingga lima hari mengonsumsi sambiloto. Menurut penelitian lain, pengobatan sambiloto sama efektifnya seperti mengonsumsi paracetamol dalam meringankan gejala pilek. Walau demikian, masih diperlukan pengujian lebih lanjut dan besar lagi untuk membuktikan signifikan sambiloto dalam menyembuhkan pilek.

Peringatan Sebelum Konsumsi Sambiloto

Jika dikonsumsi melalui mulut dengan dosis yang tepat dan dalam jangka waktu yang pendek, sepertinya sambiloto tidak berbahaya. Meski begitu, ada efek samping yang berpotensi terjadi seperti diare, muntah, sakit kepala, hidung berair, ruam, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan.

Jangan mengonsumsi sambiloto melebihi dosis dan dalam jangka panjang untuk menghindari reaksi alergi serius, pembengkakan kelenjar getah bening, peningkatan enzim hati, dan lainnya. Ikuti aturan pemakaian yang tertera pada kemasan obat.

Pembuatan suplemen sambiloto ada yang dikombinasikan dengan ginseng. Menurut penelitian, kombinasi ini aman dikonsumsi untuk jangka waktu tiga bulan.

Sebaiknya hindari mengonsumsi sambiloto jika Anda:

  • Hamil dan menyusui. Ada kekhawatiran sambiloto mungkin bisa membuat Anda keguguran. Untuk ibu menyusui belum diketahui dengan jelas apa dampaknya. Jadi untuk berjaga-jaga, lebih baik hindari pemakaiannya jika Anda sedang hamil atau sedang menyusui.
  • Memiliki tekanan darah rendah. Menurut penelitian, sambiloto mungkin bisa menurunkan tekanan darah.
  • Mengidap penyakit autoimun. Sambiloto mungkin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal tersebut bisa memperparah kondisi jika dikonsumsi penderita autoimun.
  • Ingin memiliki anak. Menurut penelitian, sambiloto sepertinya bisa mengganggu tingkat kesuburan. Namun hal itu terjadi pada hewan, bukan manusia. Untuk berjaga-jaga, lebih baik hindari sambiloto jika Anda ingin memiliki anak atau sulit memiliki anak.
  • Memiliki gangguan pendarahan. Proses pembekuan darah mungkin akan terhambat jika Anda mengonsumsi sambiloto. Hal ini bisa menyebabkan memar dan pendarahan pada orang yang memiliki gangguan ini.

Khasiat sambiloto dalam mencegah dan menangani pilek memang belum teruji 100 persen. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyatakan keefektivitasannya. Namun dari penelitian yang sudah dilakukan, ada beberapa orang yang merasakan khasiatnya. Anda pun boleh mencobanya. Tapi dengan catatan, ikuti dosis dan peringatan yang tertera di kemasan.

Pastikan juga produk yang Anda konsumsi telah tercatat di BPOM RI. Jika Anda masih ragu, konsultasikan hal ini kepada dokter demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Delapan Mitos Mata Menyesatkan

Delapan Mitos Mata Menyesatkan

Mitos mengenai penyakit mata dan pengobatannya telah lama beredar di tengah masyarakat Indonesia. Mitos ini disampaikan dari generasi ke generasi sehingga sebagian besar masyarakat percaya akan mitos tersebut. Fakta mengenai mitos-mitos tersebut penting untuk diketahui agar masyarakat memiliki persepsi dan pemahaman yang tepat mengenai penyakit mata. Berikut ini kami akan mengupas beberapa fakta dari mitos seputar penyakit mata yang telah lama beredar di masyarakat. 1. Bintitan Timbul Karena Sering Mengintip Tidak Benar Bintitan atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama hordeolum sebenarnya merupakan suatu infeksi pada kelenjar yang terdapat di kelopak mata. Umumnya infeksi ini disebabkan oleh suatu mikroorganisme yang dikenal dengan nama Staphylococcus aureus. Jika kelenjar di kelopak mata ini terinfeksi oleh bakteri tersebut maka akan terbentuk bisul. Bisul pada kelopak mata inilah yang oleh masyarakat dikenal sebagai bintitan. Penyakit ini biasanya akan sembuh sendiri dalam 1-2 minggu. Namun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan antara lain dengan tetap menjaga kebersihan kelopak mata dan memberikan kompres hangat 4x/hari masing-masing s [...]

Hati-hati Belanja Baju Second, Kalau Tak Dicuci Bersih Bisa Kena Kutu

Hati-hati Belanja Baju Second, Kalau Tak Dicuci Bersih Bisa Kena Kutu

Bisa mendapatkan baju second yang bagus saat berbelanja di pasar barang-barang vintage memang menyenangkan. Tapi ada yang perlu Anda waspadai. Kalau baju-baju tersebut tak dicuci bersih, awas tubuh digigit kutu. Hiii...Seperti dikutip Lemon Drop, kutu bisa ditemukan di barang-barang vintage seperti sofa, tas dan baju. Khusus untuk baju, lokasi-lokasi yang perlu Anda waspadai sebagai tempat kutu berada di antaranya kantong, jahitan di sepanjang celana, dan manset.Kutu juga senang bersembunyi di tempat yang gelap dan lembab. Bahan-bahan pakaian yang berisiko jadi tempat kutu di antaranya adalah jaket bulu dan sweater wool.Hal serupa juga berlaku untuk tas second. Jika Anda beli tas terutama yang terbuat dari bulu periksa dengan teliti. Kutu sangat senang bersembunyi di bagian dalam kantong tas, apalagi di area sudut.Jika kutu-kutu tersebut dibiarkan karena ketidaktelitian Anda memeriksa baju atau tas yang dibeli, kesehatan tubuh bisa terganggu. Saat kutu sudah menggigit, tubuh akan terasa gatal-gatal dan pada area yang digigit berwarna kemerahan.Selain kutu, yang juga mengganggu dari baju-baju vintage ini adalah aromanya. Beberapa baju second bisa mengeluarkan aroma tidak sedap ka [...]

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Cara memasak ternyata bisa memengaruhi kondisi kulit seseorang. Mengolah makanan dengan cara memanggang, membuat kulit lebih cepat keriput dibandingkan mengukusnya.Sebuah scanner teknologi baru telah mengungkap kerusakan kulit yang terjadi akibat memasak dengan cara panggang dan goreng. Alat scanner tersebut memeriksa kondisi kesehatan kulit dengan cara mengukur tingkat Advannced Glycation End-products (AGEs) dalam tubuh. AGEs merupakan senyawa yang bersifat merusak. Dalam konsentrasi tinggi, AGEs bisa mempercepat penuaan kulit dan biasanya terbentuk ketika makanan dimasak dalam temperatur tinggi --disebabkan reaksi antara karbohidrat (gula dan pati) dan protein atau lemak bersuhu tinggi.Seperti halnya indeks massa tubuh dan tekanan darah, tingkat AGEs juga menjadi penanda kondisi kesehatan. Penting untuk mengetahui level AGEs karena membantu Anda memilih gaya hidup yang lebih sehat. Penelitian yang dilakukan Morinda --brand penyedia produk kesehatan asal Amerika-- menunjukkan bahwa AGEs diserap ke dalam tubuh melalui makanan. Jika terlalu banyak, senyawa ini akan menyebabkan keriput dan kulit mengendur karena kerusakan kolagen dan elastin, dua komponen yang membuat kulit terlih [...]

Kenali Penyebab & Cara Mencegah Perut Kembung

Kenali Penyebab & Cara Mencegah Perut Kembung

Hampir sebagian besar orang pernah merasakan perut kembung. Banyak yang percaya bahwa perut kembung diakibatkan karena masuk angin atau sakit maag. Lalu apa yang sebenarnya menyebabkan gas di perut berlebih?Penyebab dari perut kembung juga bisa bermacam-macam, seperti adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit. Jika disebabkan oleh penyakit tertentu biasanya menimbulkan perut kembung yang kronis.Beberapa makanan bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih seperti sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa.Seperti dikutip dari MSN, makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak dipecah hingga makanan tersebut mencapai usus besar dan dicerna oleh bakteri. Proses ini menimbulkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil.Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal harusnya gas-gas ini dikeluarkan sehingga tida [...]

Ganti Soda dengan Air Putih Bisa Turunkan Risiko Terkena Diabetes

Ganti Soda dengan Air Putih Bisa Turunkan Risiko Terkena Diabetes

Minuman bersoda dan jus buah dingin memang sangat menyegarkan. Namun mengganti minuman manis tersebut dengan air mineral bisa berakibat baik bagi tubuh, salah satunya menurunkan risiko terkena diabetes.Menurut penelitian yang diprakarsai oleh peneliti dari Harvard School of Public Health, rajin meminum air mineral dapat bantu mencegah terjadinya gangguan metabolisme dalam tubuh. Namun, hasil tersebut baru bisa didapat jika Anda benar-benar mengganti minuman manis itu, bukan hanya sekedar meminum air mineral lebih banyak.Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian terhadap kebiasaan minum dari 83 ribu wanita selama satu dekade (10 tahun). Seiring berjalannya waktu, 2.700 wanita mulai memiliki kemungkinan terkena diabetes.Wanita yang minum minuman bersoda dan jus buatan memiliki risiko diabetes lebih tinggi, sekitar 10 persen lebih tinggi untuk setiap gelas yang dikonsumsi setiap hari. Tim peneliti memperkirakan bahwa jika wanita mengganti satu gelas minuman bersoda atau jus buah buatan dengan satu gelas air putih, maka risiko diabetes akan turun sekitar 7 hingga 8 persen."Kenyataanya adalah jus buah mengandung jumlah kalori yang sama dengan gula sebagai minuman ringan. Meskipun p [...]

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

Banyak pakar gizi yang menyerukan pentingnya makan sehat di pagi hari. Sarapan kaya nutrisi, ternyata memang punya banyak manfaat dan penting bagi kesehatan. Mulai dari bantu turunkan berat badan hingga meningkatkan daya ingat. Apa lagi keuntungan yang akan didapat dari sarapan? Ini ulasannya, seperti yang dikutip dari Huffington Post.1. Lebih LangsingHasil studi kepada 499 responden yang dimuat dalam American Journal of Epidomiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan 4,5 kali berisiko mengalami obesitas ketimbang mereka yang makan pagi tiap hari. Sarapan sehat dan bernutrisi akan mencegah Anda ngemil dan makan berlebihan saat tiba jam makan siang nantinya.2. Lebih SehatAmerican Heart Association mengumumkan bahwa orang yang sarapan setiap hari, kadar gula darahnya cenderung stabil dan lebih mampu mengontrol nafsu makan dibandingkan yang jarang/tidak pernah sarapan. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sarapan adalah jam makan paling penting dalam sehari. Sarapan penting untuk mengurangi risiko diaberes tipe 2 dan penyakit jantung, "ujar Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School, yang memimpin penelitian.3. Lebih BerenergiMakan sarapan yang mengandung [...]

6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi dari Mata

6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi dari Mata

Kondisi mata dapat mendeteksi penyakit di tubuh Anda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dan memeriksakan mata secara teratur supaya bisa mengetahui penyakit yang mungkin bersarang di tubuh sejak dini. "Mata adalah salah satu panca indera yang dimanfaatkan dokter untuk melihat pembuluh darah dan arteri tanpa perlu kamera atau operasi," ujar Shantan Reddy, dokter spesialis mata dari New York University Langone Medical Center.Oleh karena itu, dokter mata kerap kali menjadi orang pertama yang menemukan penyakit serius pada pasien. Bahkan, 65 persen dokter mata mampu mengenali pasien yang mempunyai kolesterol tinggi sebelum mengecek kesehatan mereka ke dokter umum. Seperti yang dilansir dari Women?s Health, ada enam macam penyakit yang bisa dideteksi dari mata. 1. Tekanan Darah TinggiAnda mempunyai darah tinggi bila arteri pada mata berwarna keperakan. Lebih dari 20 persen orang yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak menyadarinya. "Kondisi hipertensi bisa dilihat melalui mata karena keadaan itu menyebabkan arteri retina menjadi agak keperakan," papar Reddy. Jika tidak segera diobati, dapat membuat pembuluh darah mengeras yang meningkatkan risiko serangan [...]

Siap-siap Kena Penyakit Ini Jika Selalu Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Siap-siap Kena Penyakit Ini Jika Selalu Makan Gorengan Saat Buka Puasa

Gorengan dan es buah seakan menjadi teman setia saat berbuka puasa. Padahal kedua makanan tersebut tidak baik dikonsumsi saat baru berbuka. Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, tidak menganjurkan berbuka dengan makanan berlemak serta minuman dingin.Pria yang akrab disapa Hardin itu menuturkan, makanan yang berlemak akan sulit dicerna oleh tubuh jika disantap saat baru buka puasa. Gorengan termasuk makanan berlemak karena digoreng menggunakan minyak. Maka dari itu, gorengan sebaiknya disisihkan untuk menu malam hari."Kita kan berbuka untuk memulihkan energi setelah 14 jam tidak makan dan usus kita mulai diajak bekerja, harus perlahan diajak kerjanya nggak bisa langsung berat. Kalau goreng-gorengan dia bekerja lebih berat. Makan makanan gorengan, berlemak, buat tubuh harus adaptasi lagi," tutur Hardin kepada wolipop, Kamis (18/7/2013).Selain tubuh sulit mencerna makanan tersebut, gorengan juga dapat menimbulkan penyakit seperti batuk atau radang. Hal itu mungkin saja terjadi karena makanan yang mengandung minyak, pedas, serta minuman dingin dapat menimbulkan luka kecil di tenggorokan. Luka atau iritasi yang terjadi di tenggorokan bisa memicu datangnya bakteri. Bakteri yan [...]

Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Begitu pula ketika memilih sabun mandi, ada yang lebih nyaman menggunakan sabun cair dan beberapa masih lebih menyukai memakai sabun batang. Sebenarnya mana yang lebih baik, sabun cair atau batang?Menurut dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, dr Atika, sabun cari dan batang memiliki fungsi yang sama. Kedua jenis sabun memiliki kandungan serupa hanya soal kenyamanan saja."Keduanya mempunyai fungsi yang sama hanya bagaimana kenyamanan setiap orang, kan ada yang sukanya pakai sabun cari tapi ada juga yang lebih suka pakai batangan. Jadi tergantung selera, berganti sabun pun nggak masalah," tutur Atika saat berbincang di acara Lifebuoy, Kembang Goela, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).Hal yang sama juga dipaparkan oleh Senior Brand Manager Lifebuoy, Indriani. Indri mengatakan sabun cair dan batang memang memiliki kandungan yang sama namun kenyamanannya berbeda. Indri mengklaim bahwa dengan memakai sabun cair, kulit terasa lebih segar dan memberikan ketenangan. Berbeda dengan sabun batangan yang hanya membersihkan saja. Meski demikian, pilihan tetap jatuh pada keputusan masing-masing."Mungkin kalau sa [...]

4 Cara Untuk Mencegah Kanker Kandungan

4 Cara Untuk Mencegah Kanker Kandungan

Kanker merupakan tumor ganas yang bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, misalnya pada kandungan (uterus) yang terdiri dari tiga bagian; leher rahim, badan rahim dan dua saluran telur.Selain dapat menyebabkan kematian, kanker jenis ini bekerja dengan sangat cepat karena sel-sel kanker itu sendiri dapat menyebar dan merusak organ maupun jaringan yang berada di dekatnya.Dalam acara Talkshow Kesehatan dan Kecantikan bersama Dewi Sri Spa dan Rudy Hadisuwarno Cosmetic, seorang ahli onkologi, Dr. Toto Imam, Sp. OG (K) Onk mengatakan, "Penyebab kanker umumnya datang dari lingkungan (carcinogens). Misalnya chemicals yang bisa datang dari bahan kosmetik maupun makanan. Kemudian virus dan radiasi ultra violet."Sel-sel yang tadinya normal, bisa rusak akibat pengaruh bahan-bahan tersebut. Namun, sel tersebut tidak hanya bisa rusak bahkan bisa membuat sel menjadi tidak berfungsi lagi (mati). Lalu bagaimana carcinogens tersebut bisa masuk ke tubuh?- Penyerapan melalui tubuh, seperti di usus (akibat makanan dan minuman)- Inhalasi, karena menghirup gas, asap dan uap air (polusi udara).- Kontak seksual (virus)Ada beberapa penyebab terjadinya kanker kandungan, yaitu karena riwayat kesehatan (pern [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *