Santapan Sehat Antigendut

Sup_Sosis_Makaroni.jpg

Anoreksia adalah suatu kerusakan pola makan. Umumnya terjadi pada wanita yang takut gemuk atau bertambah berat badannya, walaupun sedikit. Mereka berusaha menghindari makanan dengan tanpa aturan. Penyakit psikis ini sangat merusak, bahkan bisa mematikan.

Persepsi tubuh ideal yang digambarkan langsing, bahkan kurus, plus tinggi, telah merusak pikiran, terutama banyak wanita. Saking inginnya bertubuh bak bintang film atau peragawati, mereka kehilangan nafsu makan dan terkena anoreksia.

Ini merupakan penyakit serius yang berakibat orang kekurangan gizi, mengalami ketidakseimbangan hormonal, sembelit, dan autointoksikasi. Padahal, kekurangan mineral dapat melemahkan jantung dan memicu gangguan jantung.

Menjaga berat badan ideal sebetulnya tak harus dilakukan dengan menelantarkan tubuh. Pakai saja cara cerdas, misalnya mengatur makanan dengan kalori tertentu, agar tidak menambah berat badan. Dengan begitu tubuh tetap mampu berfungsi dengan sempurna karena kebutuhan akan semua zat gizi terpenuhi.

Pengaturan makanan dapat dilakukan dengan cara:

* Pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap tubuh.

* Manfaatkan daun bawang, bawang putih, dan peterseli, yang kaya akan copper dan mineral lain, yang dapat merangsang nafsu makan dan mencegah kelesuan. Jus lemon dan jahe juga dapat merangsang nafsu makan.

* Jus buah dan sayuran segar juga mengandung mineral yang dapat meningkatkan nafsu makan, tanpa menumpuk kalori.

* Makanlah teratur dengan mengurangi jumlah kalori, bagi yang kelebihan berat badan.

* Tetap makan tiga kali sehari, ditambah makanan selingan yang sehat.

Cobalah menu 500 kalori berikut, yang terdiri atas dari ahli kuliner Toeti Sunardi:

– schotel makaroni = 236 kalori

– sup tomat = 136 kalori

– selada saus kentang = 101 kalori

Schotel Makaroni

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 236 kalori)

Bahan:

125 gr makaroni, direbus, tiriskan

500 ml susu tanpa lemak

100 gr daging asap diiris kecil

3 btr telur ayam

1/2 sdt lada halus

1/2 sdt pala halus

25 gr margarin

Cara membuat:

  1. Campur makaroni dengan susu dan daging asap
  2. Kocok telur, masukkan ke dalam adonan makaroni, beri garam, lada, dan pala. Aduk rata.
  3. Ambil lima buah pyrex kecil tahan panas, olesi margarin. Tuang adonan ke dalam pyrex, atasnya diberi bintik-bintik kecil margarin. Panggang dalam oven sampai matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
  4. Hidangkan selagi panas.

Sup Tomat

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 136 kalori)

Bahan:

250 gr tomat concase

1 sdm margarin

30 gr margarin

30 gr tepung terigu

750 ml kaldu

100 gr jamur merang, potong dadu kecil

100 gr kacang polong

50 gr daging ayam, direbus, diiris dadu

garam secukupnya

1/2 sdt lada halus

1 sdt kaldu instan bubuk

2 sdm seledri cincang

Cara membuat:

  1. Buat kaldu tomat. Tumis tomat concase sampai layu, lalu tuangi kaldu, direbus sampai tomat hancur, angkat, diblender halus.
  2. Lumerkan margarin dalam wajan, tuangi tepung terigu, aduk, tuangi kaldu tomat sedikit demi sedikit sampai habis. Masukkan jamur, kacang polong, dan daging ayam, rebus sebentar. Beri garam, lada, dan kaldu instan, angkat.
  3. Hidangkan panas dengan ditaburi seledri cincang di atasnya.

Selada Saus Kentang

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 101 kalori)

Bahan:

100 gr lettuce, dipotong kasar

100 gr ketimun, diserut kasar

250 gr tomat, diiris bulat

25 gr daging asap, diiris halus

50 gr bit, direbus, diserut kasar

Bahan dressing:

100 gr kentang rebus dihaluskan

1 btr kuning telur rebus dihaluskan

100 ml air masak

5 sdm mayones siap pakai

1 sdm air jeruk lemon

4 sdm saus tomat

1/2 sdt lada halus

1/2 sdt garam

1 bh kaldu blok instan

Cara membuat:

  1. Buat dressing. Campur kentang yang telah dihaluskan dan kuning telur, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan mayones, air jeruk lemon, saus tomat, lada halus, garam dan kaldu blok instan, aduk rata, sisihkan.
  2. Atur letture dalam piring, juga ketimun serut dan irisan tomat, siram dengan dressing, atasnya taburi dengan irisan bit dan daging asap.
  3. Hidangkan segera.

Sate Kerang Goreng

Untuk 12 tusuk

(1 tusuk = 113 kalori)

Bahan:

250 gr kerang rebus

1 sdm saus tiram

garam secukupnya

1 sdt nanas parut

1 sdm minyak untuk menumis

1 btr telur ayam

minyak untuk menggoreng

tusukan sate

Bahan adonan pembalut:

75 gr tepung terigu

20 gr tepung tapioka

1 bh kaldu blok instan

1/2 sdt garam

1/2 sdt baking powder

Semua bahan dicampur jadi satu

Cara membuat:

  1. Campur kerang dengan saus tiram, garam, dan nanas. Aduk rata dan diamkan selama �15 menit.
  2. Tumis dengan minyak, kerang yang telah dibumbui, hingga harum, lalu angkat.
  3. Tusuki kerang dengan tusukan sate, menjadi 12 tusuk.
  4. Buat adonan tepung pembalut. Campur tepung terigu dengan tepung tapioka dan bumbu lainnya, aduk rata.
  5. Telur ayam dikocok lepas, sisihkan. Sate dicelupkan ke dalam telur, lalu balur dengan tepung pembalut.
  6. Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan hingga kering, angkat.
  7. Hidangkan dengan sambal kecap.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi, Bikin Tubuh Lebih Seksi

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi, Bikin Tubuh Lebih Seksi

Daripada mengonsumsi banyak karbohidrat, mengonsumsi sejumlah makanan berprotein tinggi dinilai bisa bantu turunkan berat badan. Seperti dilaporkan Dailymail, Sabtu (5/7/2014), pelaku diet yang ingin langsing justru disarankan untuk menikmati makanan kaya protein seperti ikan, telur dan daging. Karena seperti disampaikan Profesor Raubenheimer, protein merupakan sumber energi yang baik dan sangat penting untuk pertumbuhan yang sehat dan perbaikan jaringan tubuh, seperti otot jantung, organ internal dan kulit. Namun, ia memperingatkan diet harus tetap berdasakan gizi seimbang. "Sebuah aturan sederhana untuk makan sehat dan mudah langsing adalah menghindari makanan olahan dan mulai mengonsumsi makanan segar. Tubuh kita tidak disesuaikan untuk banyak mengonsumsi biskuit, kue, pizza dan minuman manis. Untuk itu, makanan instan juga baiknya dikurangi," ujarnya. Raubenheimer menambahkan, makanan yang menjadi sumber baik protein mencakup dada ayam, Ikan seperti tuna dan salmon, keju rendah lemak seperti cottage cheese atau mozzarella, daging sapi tanpa lemak dan daging sapi muda, Tahu, Kacang, Telur, Yoghurt, susu dan susu kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian. [...]

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Sedang Menyusui Kok Hamil, Harus Bagaimana?

Kaum ibu yang memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kerap tak menyadari dirinya tengah berbadan dua lagi. Mungkin ini disebabkan menstruasi yang berhenti dalam beberapa bulan. Akibatnya, sang ibu kewalahan mengatur kebutuhan gizi untuk buah hati yang telah dilahirkan dan yang ada di dalam kandungannya.Menurut Dokter Spesialis Kandungan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Dr. Febriansyah Darus, SpOG(K), kebutuhan gizi yang harus diterapkan sama saja seperti kehamilan biasanya, tanpa harus ada yang diistimewakan."Kebobolan setelah melahirkan itu memang wajar. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sama saja seperti yang sebelumnya. Tak perlu ada yang diisitimewakan," kata Febriansyah menjelaskan dalam acara 'Kesiapan Nutrisi Serta Dukungan Tepat Sejak Persiapan Kehamilan Penting Untuk Kesehatan Masa Depan' di Rumah Imam Bonjol, Jalan Imam Bonjol No. 66, Menteng, Jakarta, ditulis Selasa (25/2/2014)Namun, yang harus diperhatikan adalah berat badan ibu yang masih belum turun secara maksimal. Itulah yang harus turut diperhatikan juga. [...]

Avokad, Kudapan Siang Bikin Langsing dan Tahan Lapar

Avokad, Kudapan Siang Bikin Langsing dan Tahan Lapar

Sebuah studi baru yang dilakukan peneliti di Loma Linda University, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa menyisipkan buah avokad saat makan siang dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti dikutip laman Health, Senin (5/5/2014) mengonsumsi setengah avokad di siang hari dapat membantu mengurangi rasa lapar di sore hari. Peneliti bahkan mengatakan bahwa serat dan lemak tak jenuh tunggal dalam avokad bisa membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Penulis studi, Dr. Michelle Wien, PH juga menuliskan manfaat avokad yang kaya serat dan lemak tak jenuh sehingga membuat seseorang bisa kenyang tahan lama. Sebelumnya, Ahli Gizi dari Loma Linda University, California, Dr. Joan Sabate menjelaskan bahwa rasa kenyang dalam diet merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Cara lain kenyang yang sehat yakni dengan menambahkan setengah porsi avokad pada saat makan siang. [...]

Jangan Tonton Acara Pencarian Bakat Bila Tak Ingin Gemuk

Jangan Tonton Acara Pencarian Bakat Bila Tak Ingin Gemuk

Waspadalah ketika Anda menyaksikan acara pencarian bakat di televisi. Menurut suatu penelitian, mereka yang gemar menyaksikan acara pencarian bakat dengan beragam labelnya cenderung mengalami kenaikan berat badan.Sebab, ketika asyik menyaksikan acara itu, tanpa disadari tangan Anda secara perlahan akan memasukan camilan tinggi kalori seperti cokelat dan keripik ke dalam mulut. Jika acara berlangsung selama lebih dari satu jam, satu sampai dua bungkus keripik berhasil dihabiskan.Dari hasil penelitian yang dilakukan perusahaan kenamaan yang berkaitan dengan penurunan berat badan, Forza Supplements, 62 persen dari responden mengaku kerap melakukan itu. Bahkan, 74 persen pria juga mengalami hal sama, ketika mereka menyaksikan pertandingan olahraga di televisi. "Dari temuan ini jelas diketahui bahwa Simon Cowell akan membuat Anda gemuk," kata Managing Director Forza Supplement, Lee Smith, dilansir dari Daily Mail, Sabtu (29/11/2014)Lebih lanjut dia mengatakan, berada pada lingkungan seperti ini jelas merupakan momok menakutkan bagi para pelaku diet. "Sebab, akan ada semangkuk besar keripik yang dapat dibagikan ke semua orang, termasuk ke mereka yang tidak menginginkan makanan itu sama s [...]

Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makanan dan Minuman Harian yang Bisa Bikin Gemuk

Makan menjadi kebutuhan hidup setiap individu. Sejumlah makanan bisa bermanfaat untuk kesehatan. Tapi, menurut para ahli gizi terkadang orang tak menyadari ada beberapa makanan yang bisa membahayakan. Contohnya saja, mengonsumsi sejumlah makanan tertentu tanpa disadari bisa menambah banyak kalori yang tak diperlukan.Berikut beberapa jenis makanan yang bisa menambah berat badan Anda seperti dilansir GeniusBeauty, Sabtu (29/3/2014):1. KopiKopi sendiri tak mengandung kalori. Selain itu, minuman ini memiliki banyak sifat yang luar biasa. Namun, berbagai perasa bisa mengubah minuman pagi ini menjadi produk yang berbahaya.Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa banyak kandungan krim dan gula dalam secangkir kopi? Minuman yang ditawarkan di coffe shop terkadang mengandung setengah dari kalori harian orang dewasa (satu gelas besar).2. SupMakanan ini sering direkomendasikan sebagai asupan makanan. Ini benar tapi hanya pada sup tertentu.Sup tradisional buatan sendiri biasanya mengandung banyak kalori dan lemak.Ahli Gizi percaya bahwa sup murni atau sup dengan susu merupakan musuh dari diet pelangsing. Hidangan ini cukup berlemak dan mengandung lebih dari 300 kalori per porsi. Apalagi jika sup d [...]

Makanan Pedas Efektif Bakar Kalori, Pas untuk Diet

Makanan Pedas Efektif Bakar Kalori, Pas untuk Diet

Bagi Anda pecinta pedas, mungkin ini bisa menjadi kabar baik. Sebuah penelitian yang ditebitkan Jurnal Nutrition Today menemukan bahwa konsumsi cabai paprika seperti jalapeno atau habanero bisa membantu mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh.Penelitian yang diujicobakan pada tikus ini menganasilis 12 studi sebelumnya yang berkaitan dengan konsumsi makanan pedas dan perbaikan metabolisme dalam tubuh. Percobaan lain yang dikaitkan dengan salah satu studi menemukan, mereka yang mengonsumsi makanan pedas, 12 persen lebih cepat terasa kenyang. "Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas, maka capsaicin-kandungan dalam cabai akan mengikat satu jenis reseptor rasa di lidah Anda, yang kemudian memicu pelepasan neurotransmiter di otak Anda dan mengontrol rasa lapar dan perasaan kenyang," jelas peneliti, seperti dikutip Prevention, Senin (3/11/2014). Tinjauan studi menyimpulkan 2,25-30 gram capsaicin atau sekitar 0,1-1 ons cabai dapat menambah manfaat kesehatan Anda [...]

5 Makanan Sehat untuk Menu Diet Mayo Anda

5 Makanan Sehat untuk Menu Diet Mayo Anda

Diet Mayo yang dirancang oleh para pakar kesehatan dari Mayo Clinic ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan dapat dilakukan seumur hidup. Diet ini membantu meningkatkan kesehatan para pelakunya dengan cara memilih makananan sehat dan mengembangkan gaya hidup sehat. Berikut 5 makanan sehat yang bisa dijadikan menu diet mayo Anda seperti yang dilansir Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic, pada Senin (20/10/2014): 1. Apel Apel dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Selain itu, apel juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga kesehatan kapiler dan pembuluh darah lainnya, dan membantu dalam penyerapan zat besi. Tunggu apa lagi, ayo masukkan apel di dalam menu diet mayo Anda! 2. Brokoli Selain merupakan sumber asam folat, brokoli juga mengandung fitonutrien. Makanan sehat yang satu ini juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin A pada brokoli juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. 3. Kacang Merah Kacang merah merupakan sumber fosfor dan kalium ya [...]

Konsumsi Gula Berlebih Kurangi Kesempatan Hamil

Konsumsi Gula Berlebih Kurangi Kesempatan Hamil

Gula bisa menjadi salah satu hal yang paling berbahaya di tubuh Anda. Gula juga bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan dibanding lemak. Bagi Anda yang baru memulai bahtera rumah tangga, mengonsumsi terlalu banyak gula mengurangi kesempatan hamil.Konsumsi gula yang tinggi menyebabkan lemak menumpuk di bagian tengah tubuh Anda. Dan ini menjadi berita buruk bagi pria dan perempuan ketika ingin memiliki anak.Pada pria, lemak di sekitar perut melepaskan estrogen yang bisa memengaruhi jumlah spermanya. Sedangkan pada perempuan, ada risiko yang lebih besar dari gangguan hormon yang memengaruhi siklus menstruasi."Kelebihan berat badan sering menjadi alasan utama mengapa pasangan berjuang memiliki anak," kata Ahli Gizi Kesuburan di Harley Street Fertility Clinik, Melanie Brown, seperti dilansir HandBag, Rabu (12/3/2014)."Terlalu banyak lemak yang disimpan di sekitar perut pada kedua jenis kelamin seperti ladang ranjau hormonal yang beracun," katanya lagi.Untuk mengatasinya, Brown menganjurkan agar pasangan memperhatikan betul makanan yang seharusnya sehat tapi menyimpan gula tersembunyi seperti granola dan jus buah. Selain itu, hindari karbohidrat olahan dan produk berlabel `rendah lemak` [...]

5 Cara Efektif Pangkas Bobot Tubuh

5 Cara Efektif Pangkas Bobot Tubuh

Banyak cara mudah yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal terpenting yang harus Anda tanamkan di dalam benak Anda adalah niat dan usaha yang dikerjakan dengan serius. Pasti akan menampakkan hasil.Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan seperti dikutip dari Health Me Up, Jumat (6/6/2014)1. Jangan lupa untuk sarapanSalah satu keuntungan terbesar dari sarapan adalah membantu membuat stabil hormon dan menjaga potensi agar tidak makan berlebih dan banyak pada jam-jam tertentu. 2. Masak sendiriSetiap makanan yang disantap dapat memiliki nilai gizi tinggi bila itu diolah dan dimasak sendiri. Makan lebih banyak buah dan sayuran adalah cara paling ideal untuk menurunkan berat badan. Dalam memilih buah dan sayuran, coba pilih yang benar-benar segar tanpa ada bintik-bintik dan busuk di beberapa bagian.3. Pilih karbohidrat tepatSelain serat, karbohdirat yang baik juga akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Jenis makanan ini memiliki tingkat indeks glikemik rendah yang membantu mengatur gula darah dan tingkat produksi insulin. Bahan makanan yang kaya karbohidrat menyehatkan adalah sayur-sayuran, gandum, buah-buahan, kentang, beras berah, dan kacang-kacangan.4. [...]

Trik Bikin Pizza yang Nggak Bikin Gemuk

Trik Bikin Pizza yang Nggak Bikin Gemuk

Pizza kerap dikaitkan dengan makanan yang dapat menaikan berat badan, karena mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi. Tak heran bila pizza dihindari oleh mereka yang sedang berdiet. Membuat pizza sendiri di rumah pun tak jarang menemukan hambatan. Biasanya akan kebingungan menentukan pilihan, bahan apa saja yang cocok digunakan agar dari hal-hal yang selama ditakutkan."Kalau buat pizza sendiri di rumah, mungkin penggunaan mentega dan kejunya saja yang harus diganti atau dikurangi," Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rahmi Dwi Hapsari, S. Si. T, S.Gz kepada Health-Liputan6.com ditulis Senin (24/11/2014)Selain susu, di pasar swalayan juga dijual keju untuk mereka yang sedang berdiet, atau jika terlalu mahal bisa menggantinya dengan keju yang low-fat dengan harga terjangkau. Pun dengan mentega, ada baiknya diganti dengan menggunakan margarin yang jauh lebih sehat dan aman bila dikonsumsi. Menurut Rahmi, mentega mengandung lemak yang jenuh karena berasal dari hewani. Bila dikonsumsi terlalu banyak, maka terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Sedangkan margarin, berasal dari nabati (tumbuh-tumbuhan) yang mengandung lemak tak jenuh, dan sangat dianjurkan bagi mereka yang s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *