Santapan Sehat Antigendut

Sup_Sosis_Makaroni.jpg

Anoreksia adalah suatu kerusakan pola makan. Umumnya terjadi pada wanita yang takut gemuk atau bertambah berat badannya, walaupun sedikit. Mereka berusaha menghindari makanan dengan tanpa aturan. Penyakit psikis ini sangat merusak, bahkan bisa mematikan.

Persepsi tubuh ideal yang digambarkan langsing, bahkan kurus, plus tinggi, telah merusak pikiran, terutama banyak wanita. Saking inginnya bertubuh bak bintang film atau peragawati, mereka kehilangan nafsu makan dan terkena anoreksia.

Ini merupakan penyakit serius yang berakibat orang kekurangan gizi, mengalami ketidakseimbangan hormonal, sembelit, dan autointoksikasi. Padahal, kekurangan mineral dapat melemahkan jantung dan memicu gangguan jantung.

Menjaga berat badan ideal sebetulnya tak harus dilakukan dengan menelantarkan tubuh. Pakai saja cara cerdas, misalnya mengatur makanan dengan kalori tertentu, agar tidak menambah berat badan. Dengan begitu tubuh tetap mampu berfungsi dengan sempurna karena kebutuhan akan semua zat gizi terpenuhi.

Pengaturan makanan dapat dilakukan dengan cara:

* Pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap tubuh.

* Manfaatkan daun bawang, bawang putih, dan peterseli, yang kaya akan copper dan mineral lain, yang dapat merangsang nafsu makan dan mencegah kelesuan. Jus lemon dan jahe juga dapat merangsang nafsu makan.

* Jus buah dan sayuran segar juga mengandung mineral yang dapat meningkatkan nafsu makan, tanpa menumpuk kalori.

* Makanlah teratur dengan mengurangi jumlah kalori, bagi yang kelebihan berat badan.

* Tetap makan tiga kali sehari, ditambah makanan selingan yang sehat.

Cobalah menu 500 kalori berikut, yang terdiri atas dari ahli kuliner Toeti Sunardi:

– schotel makaroni = 236 kalori

– sup tomat = 136 kalori

– selada saus kentang = 101 kalori

Schotel Makaroni

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 236 kalori)

Bahan:

125 gr makaroni, direbus, tiriskan

500 ml susu tanpa lemak

100 gr daging asap diiris kecil

3 btr telur ayam

1/2 sdt lada halus

1/2 sdt pala halus

25 gr margarin

Cara membuat:

  1. Campur makaroni dengan susu dan daging asap
  2. Kocok telur, masukkan ke dalam adonan makaroni, beri garam, lada, dan pala. Aduk rata.
  3. Ambil lima buah pyrex kecil tahan panas, olesi margarin. Tuang adonan ke dalam pyrex, atasnya diberi bintik-bintik kecil margarin. Panggang dalam oven sampai matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
  4. Hidangkan selagi panas.

Sup Tomat

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 136 kalori)

Bahan:

250 gr tomat concase

1 sdm margarin

30 gr margarin

30 gr tepung terigu

750 ml kaldu

100 gr jamur merang, potong dadu kecil

100 gr kacang polong

50 gr daging ayam, direbus, diiris dadu

garam secukupnya

1/2 sdt lada halus

1 sdt kaldu instan bubuk

2 sdm seledri cincang

Cara membuat:

  1. Buat kaldu tomat. Tumis tomat concase sampai layu, lalu tuangi kaldu, direbus sampai tomat hancur, angkat, diblender halus.
  2. Lumerkan margarin dalam wajan, tuangi tepung terigu, aduk, tuangi kaldu tomat sedikit demi sedikit sampai habis. Masukkan jamur, kacang polong, dan daging ayam, rebus sebentar. Beri garam, lada, dan kaldu instan, angkat.
  3. Hidangkan panas dengan ditaburi seledri cincang di atasnya.

Selada Saus Kentang

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 101 kalori)

Bahan:

100 gr lettuce, dipotong kasar

100 gr ketimun, diserut kasar

250 gr tomat, diiris bulat

25 gr daging asap, diiris halus

50 gr bit, direbus, diserut kasar

Bahan dressing:

100 gr kentang rebus dihaluskan

1 btr kuning telur rebus dihaluskan

100 ml air masak

5 sdm mayones siap pakai

1 sdm air jeruk lemon

4 sdm saus tomat

1/2 sdt lada halus

1/2 sdt garam

1 bh kaldu blok instan

Cara membuat:

  1. Buat dressing. Campur kentang yang telah dihaluskan dan kuning telur, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan mayones, air jeruk lemon, saus tomat, lada halus, garam dan kaldu blok instan, aduk rata, sisihkan.
  2. Atur letture dalam piring, juga ketimun serut dan irisan tomat, siram dengan dressing, atasnya taburi dengan irisan bit dan daging asap.
  3. Hidangkan segera.

Sate Kerang Goreng

Untuk 12 tusuk

(1 tusuk = 113 kalori)

Bahan:

250 gr kerang rebus

1 sdm saus tiram

garam secukupnya

1 sdt nanas parut

1 sdm minyak untuk menumis

1 btr telur ayam

minyak untuk menggoreng

tusukan sate

Bahan adonan pembalut:

75 gr tepung terigu

20 gr tepung tapioka

1 bh kaldu blok instan

1/2 sdt garam

1/2 sdt baking powder

Semua bahan dicampur jadi satu

Cara membuat:

  1. Campur kerang dengan saus tiram, garam, dan nanas. Aduk rata dan diamkan selama �15 menit.
  2. Tumis dengan minyak, kerang yang telah dibumbui, hingga harum, lalu angkat.
  3. Tusuki kerang dengan tusukan sate, menjadi 12 tusuk.
  4. Buat adonan tepung pembalut. Campur tepung terigu dengan tepung tapioka dan bumbu lainnya, aduk rata.
  5. Telur ayam dikocok lepas, sisihkan. Sate dicelupkan ke dalam telur, lalu balur dengan tepung pembalut.
  6. Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan hingga kering, angkat.
  7. Hidangkan dengan sambal kecap.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Es Krim Bisa Percepat Pertumbuhan Sel Kanker

Es Krim Bisa Percepat Pertumbuhan Sel Kanker

Siapa yang tidak suka camilan lezat dingin seperti es krim? Meski banyak orang menyukainya, Dokter Munetetsu Tei dari Nihon Pharmaceutical University, sebuah institusi yang menggabungkan pengobatan modern dengan pengobatan holistik justru menuliskan bahaya es krim bagi penderita kanker. Dalam bukunya, Gan No Iyagaru no Shokuji (Diet benci kanker), Dr. Tei menjelaskan, adanya keterkaitan antara es krim dan sistem kekebalan tubuh manusia. Karena ia memperhatikan beberapa pasien kanker yang suka melahap es krim sering kambuh. Seperti dugaannya, Dr Tei akhirnya melakukan studi kecil. Ia menemukan, beberapa makanan seperi es krim, gula, junk food memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat membuat penyebaran sel kanker berkembang lebih cepat. "Kanker berkembang pada makanan yang dingin dan manis. Jenis makanan tersebut bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Memberikan makanan ini ke pasien sama saja memberikan makan sel kanker," tulis Dr Tei, seperti ditulis Rocketnews24, Rabu (28/5/2014). Tak cukup sampai di situ, Dr Tei juga menuliskan, buah-buahan yang terlalu manis seperti apel juga kurang baik dikonsumsi penderita kanker. [...]

Salmon Panggang Apel ala Donna Agnesia Cocok di Hari Valentine

Salmon Panggang Apel ala Donna Agnesia Cocok di Hari Valentine

Makan malam romantis bersama pasangan di Hari Kasih Sayang tidak selalu harus di luar rumah. Momen-momen indah juga dapat tercipta di dalam rumah, dengan menyajikan masakan dan mendekorasi sendiri ruangan sesuai keinginan hati.Bagi Anda yang ingin menyajikan masakan enak sekaligus sehat di hari kasih sayang tersebut, dapat mencoba menu Salmon Panggang Apel ala presenter cantik, Donna Agnesia.Berikut bahan dan cara membuat masakan tersebut yang Health Liputan6.com dapatkan langsung dari Donna Agnesia pada Kamis (13/2/2013)Bahan: 1 sdm Blue Band200 gram Daging ikan salmon yang berkulit potong 31/4 sdt Garam1/4 sdt Merica hitam bubukSaus Apel:1 sdm Blue Band1 buah Apel, kupas, potong wedges, buang bajinya, iris tipis.50 gram Jamur kancing, iris tipis.50 ml Buahvita Apel1/4 sdm Gula pasirCara membuat:1. Saus Apel : Panaskan blue band di dalam wajan anti lengket, masukkan apel dan masak hingga empuk. Tambahkan jamur, aduk rata. Masukkan buahvita apel dan gula, aduk rata. Angkat, sisihkan.2. Panaskan Blue Band di dalam wajan antilengket. Taruh ikan salmon (bagian kulit menghadap ke bawah), masak hingga kecokelatan dan renyah.3. Balikkan ikan, taburi garam dan merica bubuk, masak hingga m [...]

5 Menu Sarapan Simpel yang Bisa Bikin Langsing

5 Menu Sarapan Simpel yang Bisa Bikin Langsing

Sebuah survei terbaru yang dilakukan para ilmuwan dari Pusat Kesehatan Nordic HELGA (Nordic Health - Whole Grain Food) di Copenhagen menemukan bahwa 1 dari 10 wanita akan melewatkan sarapan demi langsing. Padahal menurut ahli diet Gerladine Georgeou, menurunkan berat badan bukan berarti melewatkan makan. Mengutip laman Body and Soul, Senin (21/4 2014) Gerladine mengatakan, kunci untuk setiap program penurunan berat badan yang seimbang adalah mengonsumsi protein, karbohidrat serta lemak baik setiap kali makan. Maka itu Gerladine memilih lima sarapan sehat yang dapat menjadi awal yang lezat sekaligus membantu Anda menurunkan berat badan sebagai berikut: 1. Roti panggang (sandwich) tanpa keju Pilihan ini menawarkan karbohidrat rendah untuk memulai hari dengan energi lebih tahan lama dengan manfaat tambahan kalsium dan protein . 2. Telur rebus dengan tomat Sarapan combo ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Resep super lainnya juga mencakup sup jamur dan asparagus untuk memberikan hit untuk serat sekaligus membantu mencegah rasa lapar. 3. Omelet vegetarian Jamur, tomat , taburi dengan keju rendah lemak ditambah dua telur rebus dan sepotong roti panggang gandum. I [...]

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi, Bikin Tubuh Lebih Seksi

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi, Bikin Tubuh Lebih Seksi

Daripada mengonsumsi banyak karbohidrat, mengonsumsi sejumlah makanan berprotein tinggi dinilai bisa bantu turunkan berat badan. Seperti dilaporkan Dailymail, Sabtu (5/7/2014), pelaku diet yang ingin langsing justru disarankan untuk menikmati makanan kaya protein seperti ikan, telur dan daging. Karena seperti disampaikan Profesor Raubenheimer, protein merupakan sumber energi yang baik dan sangat penting untuk pertumbuhan yang sehat dan perbaikan jaringan tubuh, seperti otot jantung, organ internal dan kulit. Namun, ia memperingatkan diet harus tetap berdasakan gizi seimbang. "Sebuah aturan sederhana untuk makan sehat dan mudah langsing adalah menghindari makanan olahan dan mulai mengonsumsi makanan segar. Tubuh kita tidak disesuaikan untuk banyak mengonsumsi biskuit, kue, pizza dan minuman manis. Untuk itu, makanan instan juga baiknya dikurangi," ujarnya. Raubenheimer menambahkan, makanan yang menjadi sumber baik protein mencakup dada ayam, Ikan seperti tuna dan salmon, keju rendah lemak seperti cottage cheese atau mozzarella, daging sapi tanpa lemak dan daging sapi muda, Tahu, Kacang, Telur, Yoghurt, susu dan susu kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian. [...]

4 Cara Mudah Langsing Lebih Cepat

4 Cara Mudah Langsing Lebih Cepat

Untuk memangkas lemak dalam tubuh selain mengaurangi asupan makanan dan membakar kalori ada empat hal lagi yang tak kalah penting. Empat cara ini membuat Anda tak perlu usaha berlebih untuk dapatkan bentuk tubuh ideal. Dilansir dari Women's Health, Kamis (167/9/2014) lakukan empat hal ini untuk tubuh langsing. 1. Angkat beban"Semakin sedikit otot, semakin lambat metabolisme tubuh Anda," terang trainer Tia Falcone dari Amerika Serikat. Oleh karena itu, tambahkan latihan angkat beban yang membantu tubuh membentuk otot.Selain membuat tubuh kuat dan kencang, angkat beban memengaruhi hormon yang membantu tubuh membakar lemak setelah berolahraga. 2. Perbanyak konsumsi proteinMakanan tinggi protein membantu tubuh untuk mencerna dan membuat metabolisme lebih cepat terang ahli nutrisi Esther Blum, MD. Dapatkan makanan tinggi protein dari telur, ikan , bayam, kentang, jagung dan lainnya. 3. Tidur cukupJangan remehkan kekuatan tidur karena berperan penting membantu tubuh bermatabolisme dengan baik. " Jika Anda tidak cukup tidur, seluruh sistem tubuh berjalan tak baik," terang pelatih olahraga Jennifer Cohen. Pastikan dapat tidur nyenyak tujuh jam setiap malamnya. 4. Minum airMinum ban [...]

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bikin Anda Makin Tambun

7 Kebiasaan Buruk di Malam Hari yang Bikin Anda Makin Tambun

Kebiasaan makan di malam hari mungkin bukan ide yang bagus jika Anda sedang menjalani diet. Seperti disampaikan Nutritionist, Jaime Mass, R. D. Ada 7 kebiasaan buruk yang sering dilakukan di malam hari yang dapat membuat tubuh gemuk, seperti dikutip Womenshealth, Sabtu (2/8/2014) berikut ini: 1. Makan besar"Ketika Anda kekenyangan, tubuh akan kesulitan untuk mencerna. Selain itu, makan terlalu banyak dan mengunyah dengan cepat juga bisa membuat asam lambung naik dan menambah berat badan," kata Mass. 2. Makan sebelum tidurMenurut Mass, makan sebelum tidur itu bisa membuat susah tidur. Padahal kita tahu, tidur sangat dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Makan sebelum tidur, lanjut Mass, dapat meningkatkan gula darah, merusak keseimbangan hormon dan menambah energi. 3. Mengonsumsi Kafein"Mengonsumsi secangkir kopi dapat mengganggu tidur. Walaupun ada yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein dapat mengurangi berat badan," kata Mass. 4. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidratMakan terlalu banyak karbohidrat, dapat membuat gula darah tidak stabil. Mass mengatakan, karbohidrat dapat menyebabkan berat badan bertambah. Tak hanya itu, Jika gula darah naik sebelum tidur, Anda b [...]

Yang Bikin Orang Kalap dengan Makanan

Yang Bikin Orang Kalap dengan Makanan

Ketika berhasil menurunkan berat badan dengan menjaga pola makan yang benar, ada kalanya pelaku ingin mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Tapi, bila kebiasaan makan banyak itu terjadi terus menerus, banyak hal yang mempengaruhinya.Berikut hal-hal yang dapat mempengaruhi orang makan dalam jumlah yang banyak dan sulit untuk mengontrolnya, seperti dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2014):StresSuasana hati terkadang mampu mempengaruhi seseorang untuk makan dalam jumlah yang banyak, dan terus menerus. Umumnya, orang akan menyalahkan hormon dan gen dalam tubuhnya. Padahal, kondisi itu dialaminya karena orang tersebut sedang stres.KelelahanMenjalani program penurunan berat badan adalah sebuah komitmen yang sangat berat. Wajar bila akhirnya Anda pun merasa lelah. Kondisi ini dinilai tidak apa-apa, asalkan Anda mampu mengontrolnya.Anda dibebaskan untuk makan apa saja, asalkan Anda memilih makanan yang tergolong baik untuk tubuh sendiri.Coba-cobaSetelah sukses menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang cukup panjang, terbesit dalam benak Anda untuk mencoba makan dalam keadaan bebas. Sayangnya, kebanyakan orang justru sulit untuk mengembalikannya seperti semula, dan memilih untuk [...]

Facebook Bisa Bikin Orang Alami Gangguan Makan

Facebook Bisa Bikin Orang Alami Gangguan Makan

Selama bertahun-tahun Facebook jadi kambing hitam atas gangguan mental, depresi, cemburu dan ketidakpuasan emosional lain yang diderita manusia zaman kini. Peneliti bahkan menyebutkan, jejering sosial ini berkontribusi menimbulkan gangguan makan.Seorang Profesor Psikologi di Florida State University, Pamela K. Keel, melakukan survei terhadap 960 siswi. Keel membagi siswa dalam dua kelompok. Satu kelompok menghabiskan waktu 20 menit di Facebook dan lainnya membaca Wikipedia."Wanita yang menghabiskan 20 menit di Facebook dilaporkan memperhatikan berat dan bentuk tubuhnya dan meningkatkan kecemasan dibanding pada perempuan dalam kondisi kontrol, yang menunjukkan Facebook memengaruhi faktor risiki gangguan makan," kata Keel seperti dilansir Cnet, Selasa (11/3/2014).Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Eating Disorders dengan judul Do You 'Like' My Photo? Facebook Use Maintains Eating Disorder Risk.Keel meyakini alasan meningkatnya risiko gangguan makan karena wanita yang menghabiskan waktunya di Facebook membandingkan dirinya dengan penampilan perempuan lain. "Sekarang satu-satunya tempat Anda melihat foto wanita kurus dan ideal dengan pakaian renang bukan di sampul m [...]

Cara Cegah Anak Terobsesi Tubuh Barbie

Cara Cegah Anak Terobsesi Tubuh Barbie

Umumnya anak perempuan di dunia ini suka Barbie. Boneka mirip manusia dengan koleksi didominasi boneka berjenis kelamin perempuan ini yang tampil dengan tubuh sempurna mulai dari wajah cantik, leher dan kaki jenjang dan langsing. Apakah anak jadi ingin memiliki tubuh mirip Barbie? "Sebagai orangtua, coba kita lihat perspektif anak melihat mainan Barbie. Apakah anak melihat Barbie sebagai sosok perempuan yang sempurna atau senang bermain dengan boneka Barbie," ujar psikolog lulusan Universitas Indonesia ini di hadapan awak media di Jakarta (9/10/2014). JOleh karena itu, Ajeng menekankan pentingnya peran orangtua dalam mendampingi anak saat bermain. "Ketika menemani anak dan mendapati anak memiliki kecenderungan ke arah negatif, orang tua bisa memberikan penanaman pada anak bahwa Barbie adalah boneka, bukan manusia," tegasnya. Sambil bermain, anak bisa diberikan nasehat tanpa ia merasa dinasehati. Berikan pemahaman padanya bahwa setiap manusia pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tekankan bahwa anak adalah individu unik yang punya kelebihan sendiri, terang Ajeng. Ketika hal tersebut sudah ditanamkan pada anak sejak dini, ia bisa menghargai dan mencintai dirinya sen [...]

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Kalau Anda sadari, ada hal menarik yang membuat sosialita, Kim Kardashian memiliki pinggang kecil walaupun baru beberapa bulan melahirkan. Ya, dia sering menggunakan korset. Pakaian yang biasanya sering digunakan sebagai dalaman pakaian ini sering digunakan ibu North West ini. Banyak yang beranggapan, korset bisa menjaga bentuk tubuh tidak melar setelah melahirkan, benarkah? pelatih fitnes sekaligus dokter kandungan Michele Olson, PhD mengatakan korset ternyata tidak membantu pembakaran lemak. "Korset tidak bisa membakar lemak. Lemak perut memang dapat menyebabkan penyakit jantung, tapi dalam hal ini korset terlalu ketat bisa menghambat pernapasan, sirkulasi darah, dan pencernaan," katanya, seperti dilansir Fitnessmagazine, Sabtu (8/11/2014). Anggota fitnes lainnya yang juga dokter kandungan, Jennifer Ashton, MD, juga menampiknya. "Apa pun yang Anda kenakan, tidak akan menembus beberapa lapisan lemak dalam perut Anda," katanya. "Ada kemungkinan bahwa lemak itu bergeser, tapi tidak hilang. Menggunakannya setelah melahirkan biasanya berguna untuk kenyamanan dan penampilan," katanya.Intinya, lanjut Jennifer, bila Anda ingin pinggang langsing, lakukan diet dan olahraga untuk membak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *