Santapan Sehat Antigendut

Sup_Sosis_Makaroni.jpg

Anoreksia adalah suatu kerusakan pola makan. Umumnya terjadi pada wanita yang takut gemuk atau bertambah berat badannya, walaupun sedikit. Mereka berusaha menghindari makanan dengan tanpa aturan. Penyakit psikis ini sangat merusak, bahkan bisa mematikan.

Persepsi tubuh ideal yang digambarkan langsing, bahkan kurus, plus tinggi, telah merusak pikiran, terutama banyak wanita. Saking inginnya bertubuh bak bintang film atau peragawati, mereka kehilangan nafsu makan dan terkena anoreksia.

Ini merupakan penyakit serius yang berakibat orang kekurangan gizi, mengalami ketidakseimbangan hormonal, sembelit, dan autointoksikasi. Padahal, kekurangan mineral dapat melemahkan jantung dan memicu gangguan jantung.

Menjaga berat badan ideal sebetulnya tak harus dilakukan dengan menelantarkan tubuh. Pakai saja cara cerdas, misalnya mengatur makanan dengan kalori tertentu, agar tidak menambah berat badan. Dengan begitu tubuh tetap mampu berfungsi dengan sempurna karena kebutuhan akan semua zat gizi terpenuhi.

Pengaturan makanan dapat dilakukan dengan cara:

* Pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap tubuh.

* Manfaatkan daun bawang, bawang putih, dan peterseli, yang kaya akan copper dan mineral lain, yang dapat merangsang nafsu makan dan mencegah kelesuan. Jus lemon dan jahe juga dapat merangsang nafsu makan.

* Jus buah dan sayuran segar juga mengandung mineral yang dapat meningkatkan nafsu makan, tanpa menumpuk kalori.

* Makanlah teratur dengan mengurangi jumlah kalori, bagi yang kelebihan berat badan.

* Tetap makan tiga kali sehari, ditambah makanan selingan yang sehat.

Cobalah menu 500 kalori berikut, yang terdiri atas dari ahli kuliner Toeti Sunardi:

– schotel makaroni = 236 kalori

– sup tomat = 136 kalori

– selada saus kentang = 101 kalori

Schotel Makaroni

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 236 kalori)

Bahan:

125 gr makaroni, direbus, tiriskan

500 ml susu tanpa lemak

100 gr daging asap diiris kecil

3 btr telur ayam

1/2 sdt lada halus

1/2 sdt pala halus

25 gr margarin

Cara membuat:

  1. Campur makaroni dengan susu dan daging asap
  2. Kocok telur, masukkan ke dalam adonan makaroni, beri garam, lada, dan pala. Aduk rata.
  3. Ambil lima buah pyrex kecil tahan panas, olesi margarin. Tuang adonan ke dalam pyrex, atasnya diberi bintik-bintik kecil margarin. Panggang dalam oven sampai matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
  4. Hidangkan selagi panas.

Sup Tomat

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 136 kalori)

Bahan:

250 gr tomat concase

1 sdm margarin

30 gr margarin

30 gr tepung terigu

750 ml kaldu

100 gr jamur merang, potong dadu kecil

100 gr kacang polong

50 gr daging ayam, direbus, diiris dadu

garam secukupnya

1/2 sdt lada halus

1 sdt kaldu instan bubuk

2 sdm seledri cincang

Cara membuat:

  1. Buat kaldu tomat. Tumis tomat concase sampai layu, lalu tuangi kaldu, direbus sampai tomat hancur, angkat, diblender halus.
  2. Lumerkan margarin dalam wajan, tuangi tepung terigu, aduk, tuangi kaldu tomat sedikit demi sedikit sampai habis. Masukkan jamur, kacang polong, dan daging ayam, rebus sebentar. Beri garam, lada, dan kaldu instan, angkat.
  3. Hidangkan panas dengan ditaburi seledri cincang di atasnya.

Selada Saus Kentang

Untuk 5 porsi

(1 porsi = 101 kalori)

Bahan:

100 gr lettuce, dipotong kasar

100 gr ketimun, diserut kasar

250 gr tomat, diiris bulat

25 gr daging asap, diiris halus

50 gr bit, direbus, diserut kasar

Bahan dressing:

100 gr kentang rebus dihaluskan

1 btr kuning telur rebus dihaluskan

100 ml air masak

5 sdm mayones siap pakai

1 sdm air jeruk lemon

4 sdm saus tomat

1/2 sdt lada halus

1/2 sdt garam

1 bh kaldu blok instan

Cara membuat:

  1. Buat dressing. Campur kentang yang telah dihaluskan dan kuning telur, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Masukkan mayones, air jeruk lemon, saus tomat, lada halus, garam dan kaldu blok instan, aduk rata, sisihkan.
  2. Atur letture dalam piring, juga ketimun serut dan irisan tomat, siram dengan dressing, atasnya taburi dengan irisan bit dan daging asap.
  3. Hidangkan segera.

Sate Kerang Goreng

Untuk 12 tusuk

(1 tusuk = 113 kalori)

Bahan:

250 gr kerang rebus

1 sdm saus tiram

garam secukupnya

1 sdt nanas parut

1 sdm minyak untuk menumis

1 btr telur ayam

minyak untuk menggoreng

tusukan sate

Bahan adonan pembalut:

75 gr tepung terigu

20 gr tepung tapioka

1 bh kaldu blok instan

1/2 sdt garam

1/2 sdt baking powder

Semua bahan dicampur jadi satu

Cara membuat:

  1. Campur kerang dengan saus tiram, garam, dan nanas. Aduk rata dan diamkan selama �15 menit.
  2. Tumis dengan minyak, kerang yang telah dibumbui, hingga harum, lalu angkat.
  3. Tusuki kerang dengan tusukan sate, menjadi 12 tusuk.
  4. Buat adonan tepung pembalut. Campur tepung terigu dengan tepung tapioka dan bumbu lainnya, aduk rata.
  5. Telur ayam dikocok lepas, sisihkan. Sate dicelupkan ke dalam telur, lalu balur dengan tepung pembalut.
  6. Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan hingga kering, angkat.
  7. Hidangkan dengan sambal kecap.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingat, Teh Hijau Tak Bisa Bikin Anda Kurus!

Ingat, Teh Hijau Tak Bisa Bikin Anda Kurus!

Tubuh ideal merupakaan dambaan setiap orang. Untuk mencapai berat badan ideal, beragam cara dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi teh hijau.Tak dapat dimungkiri, masih banyak yang percaya bahwa konsumsi berlebih teh hijau ampuh membakar lemak dan menurunkan berat badan. "Tidak ada gunanya minum banyak teh hijau apabila pola makannya berantakan. Bisa saja sih kurus, tapi karena kekurangan cairan, bukan lemak. Jelas ini tidak sehat," kata Clinical Dietician, Emilia E. Achmadi MS., RD dalam acara `Ichi Ocha, Minuman Teh Hijau Dalam Kemasan Pertama dengan 1 Kali Proses Penyeduhan`, The Only One Club, FX Lifestyle X?enter, Jakarta, ditulis Kamis (6/2/2014)Menurut Emilia, teh hijau memiliki fungsi sebagai salah satu pendukung dihancurkannya lemak jahat dalam tubuh. Tapi, teh hijau tidak akan membuat kurus bila pengonsumsinya sendiri tidak menjaga pola makan dan hidupnya."Minum teh hijau idealnya sekitar 2 sampai 3 gelas sehari. Dan jangan lupa minum air putih. Kalau mau kurus, imbangi dengan pola makan, istirahat, dan aktivitas fisik," kata dia menambahkan.Selain antioksidan, tambah Emilia, di dalam teh hijau terkandung senyawa lain yang dapat menimbulkan efek diuretik, rasa ingin [...]

5 Makanan Penimbul Bahagia

5 Makanan Penimbul Bahagia

Agar kita merasa bahagia, tak hanya status pikiran yang bisa kita atur, tubuh fisik juga bisa diberi tambahan zat seperti dopamin dalam dosis yang cukup besar. Hormon ini akan meningkatkan mood, serta meningkatkan kesehatan mental, juga rasa bahagia.Dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2014), berikut beberapa makanan yang dapat membantu Anda menyuplai dopamin agar Anda bahagia secara alami.BrokoliBrokoli mengandung protein yang penting dalam meningkatkan metabolisme dan merangsang penurunan berat badan. Asam asmino yang merupakan protein, mampu meningkatkan suasana hati Anda.BitMengonsumsi buah bit secara rutin, mampu meningkatkan zat besi dalam tubuh. Dalam hal merangsang rasa bahagia, bit mengandung asam amino, betaine yang merupakan antidepresan dan merangsang produksi dopamin.WortelWortel mengandung vitamin A, C, E, K, kalium, thiamin, niacin, vitamin B6, folat dan mangan. Vitamin dan mineral ini bertanggung jawab untuk memperlambat terjadinya penuaan, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, wortel juga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan hari, dan mencegah infeksi.Vitamin E hadir yang ada di dalam wortel mampu mengurangi radikal bebas yang merusak sel-sel o [...]

Ada Campuran Hewani, Vegetarian Jangan Santap 5 Makanan Ini

Ada Campuran Hewani, Vegetarian Jangan Santap 5 Makanan Ini

Seorang vegetarian diimbau agar lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan disantap. Ternyata, banyak makanan yang diberi label `sayuran` juga mengandung daging. Oleh karena itu, lebih baik para pelaku untuk mengolah sendiri makanan yang akan disantap.Di bawah ini, terdapat sejumlah jenis makanan yang berlabelkan `sayuran` ternyata juga mengandung daging, seperti dikutip dari situs Health Me Up, Rabu (10/12/2014);1. Makanan IndiaDi India, banyak produk makanan berlabel `vegetarian` asli dijual bebas. Namun kini, semenjak banyak produk hasil kiriman dari negara lain masuk ke sana, maka konsumen pun diminta untuk hati-hati, karena kemungkinan isi dalaman non-vegetarian sangat besar.2. Jus buahSeorang vegetarian kerap meminum jus buah yang dicampur sayuran ketika jam makan malam tiba. Sayang, tidak sedikit dari mereka yang justru membeli jus kemasan ketimbang membuat sendiri di rumah.Nah, bila diteliti dengan benar, di kemasan jus buah dan sayuran selalu tercantum `diperkaya dengan nutrisi seperti omega-3 asam lemak dan vitamin D`, di mana artinya kedua tambahan tersebut berasal dari hewan. 3. Campuran kueKetika menyantap kue juga harus berhati-hati, karena campuran kue mengan [...]

6 Makanan Peluruh Lemak Usai Pesta Lebaran

6 Makanan Peluruh Lemak Usai Pesta Lebaran

Bersilahturahmi ke rumah saudara maupun tetangga saat Lebaran pasti dilengkapi suguhan khas Lebaran seperti sambal goreng ati, sayur labu dan pastinya opor ayam dengan kuah santan kental. Tak hanya di satu rumah, beberapa rumah yang dikunjungi pun menyajikan sajian serupa dan Anda pasti diminta menyantapnya. Jika merasa berlebih makan makanan yang kaya lemak, tak ada salahnya mengonsumsi makanan berikut yang mampu membantu tubuh mengusir lemak yang tak diperlukan. Seperi dilansir WebMD dan ABC News, Minggu (21/7/2014) berikut daftarnya. 1. Pisang Satu buah pisang mengandung 422 miligram potasium. Jenis mineral ini dapat membantu membatasi jumlah natrium di dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang didapatkan dalam garam dan daging, kelebihan natrium menyebabkan tubuh menahan air yang memengaruhi kegemukan. 2. Yogurt Pasti Anda sudah tahu bahwa secangkir yogurt mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan baik untuk mencegah perut kembung. Selain itu, yogurt terutama jenis greek yogurt yang mengandung karbohidrat dan protein membantu menstabilkan insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang memberitahu Anda ketika makan lemak terlalu tinggi. 3.Teh Hijau Ti [...]

Hati-hati Pilih Kudapan Saat Nonton Piala Dunia

Hati-hati Pilih Kudapan Saat Nonton Piala Dunia

Penggemar sepakbola hati-hati dengan asupan makanan Anda saat menyaksikan laga akbar Piala Dunia 2014 di Brasil. Maklum, makanan jenis ini pasti tidak akan lepas dan bakal menjadi teman setia saat menonton pertandingan di televisi. Departemen Diet dan Layanan Makanan di Rumah Sakit Kuala Lumpur Ridzoni Sulaiman mengatakan, asupan makanan yang tak sehat bisa terus-merenus kita konsumsi selama Laga Akbar Bola Dunia digelar. Umumnya penggemar bola ditemani camilan dengan kadar kalori yang tinggi, ditemani minuman karbonasi yang kaya gula. "Pertandingan akan digelar pada dinihari (karena perbedaan waktu dengan Brasil), yang membuat tak sehat karena kita jadi kurang aktif dan biasanya tidur lagi usai menonton (pertandingan)," kata Sulaiman seperti dilansir Bernama, Kamis (12/6/2014). Sulaiman yang juga Presiden Malaysian Dietitians Association menyarankan apabila tetap mengemil saat menonton, cobalah memilih makanan yang rendah lemak, rendah kalori dan gula, seperti yoghurt atau buah-buahan atau jagung (tanpa mentega). Profesor Azhar Mat Easa dari Fakultas Teknologi Industri di Universiti Sains Malaysia menganjurkan apabila menonton pertandingan di restoran pilihlah makanan yang seh [...]

Kontroversi Diet Cacing Pita: Seminggu Turun 2 Kg

Kontroversi Diet Cacing Pita: Seminggu Turun 2 Kg

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak di antara kita memilih cara yang cukup ekstrem untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Terlebih bila segala cara untuk menurunkan berat badan sudah ditempuh, tapi tidak menghasilkan apa yang diharapkan.Salah satu metode penurunan berat badan yang dikenal ekstrem dan tidak dianjurkan adalah menelan cacing pita. Memang, menelan cacing pita dan membiarkan mereka hidup di tubuh terdengar menjijikan. Tapi, cara seperti ini terbilang banyak peminatnya. [Baca Juga: Biar Langsing, Gadis Ini Disuruh Telan Pil Isi Telur Cacing Pita] Dan, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah paling banyak dalam penggunaan metode diet ekstrem ini. Advanced Diplopma of Herbal Medicine dari Sturt University, Mizpa Matus B.Hlth.Sc tidak menganjurkan para pelaku diet melakukan ini. Sebab, cacing pita yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk kista di hati, mata, otak, dan sumsum tulang belakang dengan konsekuensi yang berpotensi mematikan. Tak hanya itu, cacing pita juga berdampak pada terjadinya sumbatan di usus, yang membuat pelakunya mengalami malnutrisi.Dijelaskan Mizpa, cacing pita dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi di tubuh. Meski [...]

`Terpanggang` Panas Mentari Bikin Tubuh Tetap Langsing

`Terpanggang` Panas Mentari Bikin Tubuh Tetap Langsing

Paparan sinar matahari pagi yang berguna untuk memproduksi vitamin D, tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat tulang. Ternyata, juga dapat mengendalikan berat badan, utamanya pada wanita. Para ilmuwan seperti dikutip dari laman Health Me Up mengatakan, orang-orang yang tidak takut terhadap sinar matahari pagi dan selalu berjemur akan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah (BMI) ketimbang orang yang malas atau takut berhadapan dengan paparan sinar matahari pagi. Namun, Anda tidak harus berjemur terlalu lama agar mendapatkan BMI normal. Percuma, bila Anda tidak mengimbanginya dengan diet sehat, mengatur pola makan secara benar, dan rutin berolahraga. Dilansir dari laman Health Me Up, Sabtu (5/4/2014) paparan sinar matahari, hanya salah satu faktor yang ikut menyumbang dan memengaruhi berat badan ideal, yang harus diimbangi dengan hal-hal baik lainnya. Jika Anda tidak ingin berjemur tapi ingin mendapatkan paparan sinar mataharinya, Anda dapat melakukannya dengan sarapan di luar ruangan, seperti di teras. Dan cobalah dengan membaca koran sembari menikmati segelas teh. Atau, Anda bisa melakukannya dengan hanya duduk di dekat jendela terbuka selama 20 menit, dan nikmatilah cahaya [...]

Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

Kehamilan memang momen bahagia dalam kehidupan seorang wanita. Tapi kadang-kadang tidak semua wanita hamil menjalani kehamilannya dengan tanpa masalah.Seperti ditulis Idiva, Minggu (16/2/2014) Gynaecologist, IVF Specialist, Programme Director and Board Member, Profert IVF Fertility Clinic, Mumbai-India, Dr. Jaydeep Tank mengatakan, bahwa perlu ada perhatian medis selama kehamilan seperti diet sehat dan istirahat untuk mencegah keguguran.Dr. Jaydeep mengatakan bahwa lebih dari 80 persen kasus keguguran terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan. "Keguguran cenderung terjadi setelah usia kehamilan 12 minggu, ini disebut trimester kedua keguguran. Selain itu, perempuan mungkin mengalami peningkatan risiko untuk keguguran ketika usianya bertambah"."Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah 12 - 15 persen pada wanita berusia 20 tahunan dan meningkat menjadi sekitar 25 persen pada wanita usia 40. Peningkatan ini terjadi karena kelainan kromosom yang berkaitan dengan usia keguguran, "jelas Dr Jaydeep.Berikut gejala keguguran, seperti disampaikan Dr Jaydeep dan Ginekolog, Dr Kunal Doshi:1. KramSebenarnya menurut Doshi, kram biasa itu normal dialami wanita hamil. Tapi meski [...]

Mau Cepat Langsing, Pilih Teh Hijau Panas atau Dingin?

Mau Cepat Langsing, Pilih Teh Hijau Panas atau Dingin?

Banyak penelitian menyebutkan bahwa teh hijau dapat menurunkan berat badan. Sayangnya, hal ini mungkin tidak berefek bagi masyarakat Indonesia karena banyak yang tidak paham kalau kebiasaan minum teh lebih sering menggunakan gula. Mengutip laman Womenshealth, Senin (30/6/2014), Ahli gizi, Keri Glassman kembali mengingatkan kita tentang kandungan teh hijau, epigallocatechin gallate yang dapat membantu menurunkan berat badan. - Teh hijau jangan ditambah rasa Hal pertama yang perlu Anda ketahui, kata Keri, manfaat teh hijau akan hilang bila ditambah rasa, termasuk gula. Teh yang diberi gula akan mengandung banyak kalori. Maka itu, hindari mengonsumsi teh hijau dengan tambahan gula atau pemanis buatan. - Teh hijau bukan sumber vitamin Saking banyak manfaatnya, teh hijau seringkali diartikan sebagai vitamin sehingga wanita rela tidak makan apapun dan mengganti makannya dengan minum teh hijau. Padahal menurut Keri, teh bukanlah pengganti makanan. Meski begitu, Keri mengungkapkan, teh hijau terbaik belum tentu berasal dari merek mahal. Yang terpenting, katanya, untuk mencari teh yang menggunakan bahan-bahan alami dan tidak memiliki pengawet buatan.- Manfaat teh hijau akan lebih maksim [...]

6 Makanan Pembentuk Perut Six Pack

6 Makanan Pembentuk Perut Six Pack

Selain sit up dan push up, untuk mendapatkan perut yang rata, pria harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat mempercepat prosesnya dan meningkatkan metabolisme Anda, seperti dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2015)AlmondKacang dengan kandungan vitamin E ini mampu membantu Anda membangun otot dan mengurangi rasa lapar. Dan dalam banyak studi disebutkan bahwa kacang almon mampu membantu seseorang menurunkan berat badan dan menghancurkan lemak dalam tubuh.Kacang-kacanganKonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan serat dapat membuat usus menjadi bersih. Kacang-kacangan ini juga dapat membantu memperbaiki pencernaan Anda, membakar lemak, dan membentuk otot sesuai keinginan Anda.BayamBayam rendah kalori, sarat dengan vitamin dan serat, serta dapat membantu seseorang membangun ototnya.Alpukat atau avokadAlpukat dengan buah berwarna hijau mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu membakar lemak perut. Alpukat juga kayak akan vitamin, nutrisi, mineral, dan baik untuk kesehatan secara menyeluruhApelApel yang kaya akan serat mampu membuat kita kenyang. Konsumsi apel secara rutin, juga dapat meningkatkan metabolisme dan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *