Sehari Bersama Tegar Septian si Mantan Pengamen Cilik

tegar-belajar-140111b.jpg

Cita-citaku menjadi orang kaya
Dulu ku susah sekarang alhamdulillah
Bersyukurlah pada Yang Maha Kuasa
Memberi jalan untukku semua

Hidupku dulunya seorang pengamen
Pulang malam selalu bawa uang recehan
Mengejar cita-cita paling mulia
Membantu keluarga dirumah

Dua bait lagu di atas seperti menggambarkan kehidupan pengamen cilik bernama Tegar Septian.

Kemarin, Jumat 10 Januari tim Health Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk mengikuti aktivitasnya mulai dari apartemen sampai sirkuit motorcross.

Pagi pukul 08.00 sampai 10.30 merupakan jadwal Tegar sekolah. Walau hanya di apartemen dan bukan di gedung sekolah, antusias belajar mantan pengamen ini tinggi.

“Hari ini belajar Bahasa Inggris, tadi ujian juga. Paling susah itu pendidikan kewarganegaraan, kalau bahasa Inggris dan matematika mudah,” kata Tegar saat ditemui di apartemennya bilangan Grogol, Jakarta Barat.

Ditemani gurunya, Anggre dari Sun Homeschooling, Tegar berusaha mengikuti pelajaran mengenal anggota tubuh.

“Kalau hari ini belajar mengenal nama anggota tubuh yang ada di wajah, seperti mata, telinga, alis. Tegar termasuk orang yang pintar mengikuti mata pelajaran, dia cepat menangkap pelajarannya,” kata Anggre yang sabar mengajarkan Tegar.

Anggre meminta Tegar untuk menghafal anggota tubuh yang disebutkan, walaupun beberapa kali salah namun dirinya mampu hafal dengan cepat.

“Bentar-bentar aku tahu, hair itu rambut, nose itu hidung, eyes itu mata.. yeay,” jawab Tegar dengan antusiasnya.

Menurut Anggre masalah nilai, Tegar termasuk anak yang cepat tanggap sehingga nilai-nilainya tidak ada yang mengecewakan.

“Semuanya sih tidak ada yang mencemaskan, cuma ya gini terlalu gak bisa diam dan jadwalnya padat sekali. Kadang dia ngambek tapi semuanya bisa diatasi,” kata Anggre.

Ngamen untuk makan
Tegar sudah hampir satu tahun mengikuti pelajaran dengan program homeschooling, sebelumnya pernah bersekolah di sekolah yayasan pondok pesantren As Salafi Desa Krangkeng Kecamatan Krangkeng.

“Dulu pernah sekolah sampai kelas dua saja terus berhenti. Dan akhirnya ngamen uangnya untuk makan dan lain-lain,” cerita Tegar.

Nama Tegar mungkin diberikan orangtuanya agar bocah ini dapat menjadi anak yang memiliki sifat tegar.

“Iyah mungkin seperti itu yah, makanya dia tegar sekali dan fisiknya kuat mungkin karena sering di jalan. Dulu kan hidupnya di jalan dan dari keluarga yang strata di bawah,” kata Personal Assisten Tegar, Vijay.

Tegar diikutkan program homeschooling karena menurut Personal Managernya, Alfas harus menjadi anak yang memiliki masa depan cerah.

“Kami ingin sekali dia menjadi anak yang memiliki masa depan yang cerah. Pendidikan itu penting, dan kami bukan mengeksploitasi dia tapi kami hanya membantu mengembangkan bakatnya dan mencapai cita-citanya,” kata Alfas.

Alfas merupakan orang yang mendampingi Tegar dari nol sampai ke titik sukses sekarang.

Bulan ini Tegar akan berencana ke Amerika untuk mengisi acara di sana. “Alhamdulillah bulan ini rencananya ke Amerika nyanyi di sana. Maka dari itu aku antusias sekali di pelajaran bahasa inggris,”kata Tegar.

Menembus impian lewat kegigihannya
Pelantun “Aku yang Dulu Bukanlah yang Sekarang” ini mungkin sudah tidak asing lagi di dunia hiburan Indonesia. Bocah kelahiran Pemalang, 18 September 2001 ini terbilang beruntung bisa menembus industri musik Indonesia.

Lewat kegigihannya kini anak dari Ratna Dwi Sasi mampu mendatangi hampir pelosok negeri dan berbagai negara Asia untuk berjumpa dengan para fansnya dan menjadi pesohor cilik dengan suaranya yang mendayu-dayu layaknya orang Melayu.

Mantan pengamen cilik ini kini tidak hanya dikenal di dalam negeri saja, Tegar kini telah wara-wiri ke belahan wilayah Asia lainnya selain Indonesia. Di antaranya Hongkong, Singapur dan Malayasia.

“Alhamdulillah bisa ke Hongkong, Singapura, Malaysia. Senang sekali, dulu cuma keliling cari recehan sekarang sudah bisa belikan rumah dan keperluan keluarga,” kata bocah bernama lengkap Tegar Septian.

Alfas pun berbagi cerita awal perkenalannya dengan Tegar. “Waktu itu di sebuah ajang mencari bakat dia itu terlihat sekali antusiasnya, dia sampai tidur di tempat acara itu. Saat pertama melihatnya saya yakin dia bisa jadi orang terkenal karena dia unik dan saya pun berusaha,” kata Alfas.

Saat ini Tegar sudah bisa dibilang dapat membeli semua keinginannya dan perlahan mencapai cita-citanya.

“Alhamdulillah bisa beli ini itu, ipad, rumah, motor. Cita-cita saya bisa jadi orang yang sukses, penyanyi dan pembalap motor cros. Alhamdulillah perlahan sudah ada yang tercapai,” katanya.

Bakat dari mama
Sore harinya pun Tegar berlatih motorcross di sirkuit sekitar Kota kembang, Depok. Rasa tidak sabar sudah diperlihatkannya saat masih berada di apartemen.

“Ayo, nanti mba harus lihat aku sudah bisa loncat dan suara knalpotnya keren,” kata Tegar.

Kami pun menembus macetnya jalanan Jakarta dari Grogol menuju Depok. Di sepanjang jalan dirinya tidak berhenti bernyanyi.

Sepertinya harinya tidak bisa lepas dari menyanyi. “Bakat ini dari mama, dia juga bisa nyanyi. Alhamdulillah,” tuturnya.

Tegar pun sesekali melontarkan beberapa pertanyaan tebak-tebakan, kepada kami. “Ayo tebak mobil apa yang bisa terbang, ya mobil ang kapal kek, pesawat kek, helikopter,” katanya sambil tertawa.

Menurut Vijay, Tegar memang anak yang ceria dan hiperaktif dan sayang dengan keluarga.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apa Saja Fasilitas yang Tersedia di RS Pertamedika?

Apa Saja Fasilitas yang Tersedia di RS Pertamedika?

Baru kemarin, Senin 20 Januari, Rumah Sakit Pertamedika Sentul City yang diklaim sebagai pusat lever dan jantung di kawasan Bogor resmi dibuka. Beragam fasilitas pelayanan juga diperkenalkan. Berikut beragam fasilitas yang dimiliki RS Pertamedika:1. Ruang rawat inapVVIP, terdiri dari 1 tempat tidur, 1 sofa, televisi 55 inch, 1 kamar mandi (shower hot/cold), dapur, meja makan, kulkas, microwave, dispenser (Rp 1.550.000)VIP, terdiri dari 1 tempat tidur, 1 sofa bed, tv 42 inch, 1 kamar mandi (dingin panas, kulkas water jug (Rp 950 ribu)Kelas 1, terdiri dari 1 tempat tidur, 1 sofa bed, tv 32 inch, 1 kamar mandi, kulkas kecil, water jug (Rp 600 ribu)Kelas 2, terdiri dari 2 tempat tidur, 1 sofa single, tv 27 inch, water jug, 1 kamar mandi shower panas/dingin (Rp 400 ribu)Kelas 3, terdiri dari 6 tempat tidur, 1 sofa singe, tv 32 inch water jug, 2 kamar mandi (Rp 175 ribu)2. Ruang khusus ICU, ICCU, NICU, PICU, ruang OKMRI, CT Scan, cath lab, echocardiography, electro encephalo graphy, laparoscopy, endoscopy, x-ray fluorscopy, digital panoramic cephalometry, audiometry & spirometry, USG 3&4 D, mamography(Fit/Abd)BACA JUGA:RS Pertamedika Memang Lain dari Rumah Sakit Lain Di RS Perta [...]

Pakai Kantung Kolostomi, Pria Ini Juara Pemilihan Model Fitnes

Pakai Kantung Kolostomi, Pria Ini Juara Pemilihan Model Fitnes

Siapa sangka, meskipun menggunakan kantung kolostomi di bagian perutnya Blake Beckford (33) mampu miliki badan binaragawan. Sehingga membuatnya memenangi juara pertama dalam kategori male transformastion di Pure Elite Ebent di Winter Gardens. Ia menggunakan kantong kolostomi karena didiagnosa ulcerative colitis di tahun 2003. Para dokter mengungkapkan bahwa tak mungkin ia meraih bentuk tubuh dengan kondisi tersebut. Namun ia tak terpengaruh dan pada bula Januari tahun ini ia mulai meningkatkan latihannya. Kerja kerasnya terbayar, ia menang kejuaraan tersebut sebagai juara pertama. Beckford berharap bahwa keberhasilannya menjuarai hal ini bisa menginspirasi orang lain yang mengalami masalah kesehatan serius, seperti dilansir Daily Mail pada Selasa (11/11/2014). "Ini benar-benar menakjubkan, saya bisa mengikuti kompetisi ini bahkan mengalahkan orang-orang yang tak mengalami kondisi seperti saya," ungkapnya. [...]

Kenalkan Lucy, Kucing Penyelamat Milik Pesepakbola Ethan Zohn

Kenalkan Lucy, Kucing Penyelamat Milik Pesepakbola Ethan Zohn

Pesepakbola yang kini aktif menjadi duta kanker bagi generasi muda, Etha Zohn mengaku kondisinya lebih baik setelah bertemu kucingnya-Lucy. Sebelumnya, Ethan mengalami penyakit Limfoma Hodgkin, kondisi medis yang ditandai dengan kanker pada sistem getah bening (bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengalirkan saluran getah bening menuju jantung). "Saya tidak pernah merasa terhubung secara emosional dengan hewan peliharaan. Tapi kami, keluarga Zohn memiliki dua kucing, beberapa ikan dan anjing Wirehaired bernama Jiki. Jiki memiliki beberapa masalah, seperti makan rumput, menggonggong pada komputer saya dan menyembunyikan sesuatu di seluruh ruang bermain," katanya, seperti ditulis Everydayhealth, Sabtu (29/3/2014). Lucy, lanjutnya, adalah seekor kucing Persia berbulu emas. "Lucy diberikan pacar saya untuk menghibur saya ketika saya tidak ada lagi harapan hidup sebagai survivor kanker. Kepribadian magnetik dia seolah memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Bahkan, dengan beberapa sendok yogurt favoritnya, Ia mungkin bisa mengakhiri kemiskinan global, memperbaiki ekonomi kami dan menang The Bachelorette (reality show di Amerika)." "Sebagai survivor kanker, beberapa pengalaman me [...]

Jalan 3 Bulan, Program BPJS Menguntungkan Rumah Sakit

Jalan 3 Bulan, Program BPJS Menguntungkan Rumah Sakit

Meskipun banyak anggapan miring dengan minimnya tarif paket pada pola pembayaran rumah sakit (InaCBGs), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap bahwa kebanyakan rumah sakit (RS) yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan justru mengalami keuntungan.Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Akmal Taher, Sp.U(K) menyebutkan, dari data sementara rawat inap periode 1-31 Januari dari 13 RS yang melakukan klaim ke BPJS Kesehatan, ada 9 RS yang mengalami untung (surplus).Rumah Sakit tersebut diantaranya adalah:1. RSUP Wahidin, Makassar, Sulawesi Selatan2. RSUP Fatmawati, Jakarta3. RSUP Kariadi, Semarang, Jawa Tengah4. RS Ulin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan5. RS Persahabatan, Jakarta6. RS Herjan, Jakarta7. RSCM, Jakarta8. RSJP Harapan Kita, Jakarta9. RS Orthopedi, Surakarta, Jawa TengahDirektur Pelayanan BPJS Kesehatan Fadjri Adinur yang ditemui di tempat yang sama juga menanggapi positif tarif paket atau InaCBGs sebagai bentuk upaya dalam membantu biaya pengelolaan RS."Bisa dilihat, tidak semua RS bermasalah dengan biaya RS. Karena ini tergantung kemampuan manajemen RS," ujar Fadjri di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (12/3/2014).Fadjri melanjutkan, BP [...]

SBY Menjawab di Instagram Ibu Ani Paling Menarik Perhatian

SBY Menjawab di Instagram Ibu Ani Paling Menarik Perhatian

Berita tentang Presiden SBY dan Ibu Ani selalu menarik perhatian. Kali ini SBY memberi jawaban atas keluhan para dokter dalam program BPJS. Berita ini paling banyak dilihat.Dokter BPJS Mengeluh, SBY: Jawaban Saya Melalui Instagram Bu Ani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan bahwa pelayanan kesehatan di banyak rumah sakit saat ini terus membaik, termasuk di dalamnya kinerja dokter dalam melayani pasien. Hal ini bukan berdasarkan laporan, namun hasil pengamatan langsung di lapangan. Ada Cairan Penghancur Lemak, Sekali Suntik 5 Juta Rupiah Dampak buruk dari berat badan berlebih membuat masyarakat di London berbondong-bondong untuk menurunkannya. Namun sayang, banyak di antaranya yang lebih memilih cara instan ketimbang cara alami. Seperti baru-baru ini, menurunkan berat badan dengan cara menyuntikkan cairan, Aqualyx ke dalam tubuh. Cara Tepat Memakai Celana Legging Meski kadang penggunaan legging sebagai pengganti celana panjang terlihat lebih seksi, tapi bagaimana sih sebenarnya padu padan yang tepat dalam menggunakan legging? Karena seringkali banyak orang salah dalam menerapkan legging sehingga membuat lekukan bokong dan paha yang besar terlihat karena baha [...]

Cegah Keratitis, Gunakan Lensa Kontak dengan Benar

Cegah Keratitis, Gunakan Lensa Kontak dengan Benar

Infeksi mata yang sering menyerang pengguna lensa kontak adalah keratitis. Penyakit ini merupakan peradangan atau inflamasi pada bagian kornea mata yang bisa berakibat pada kebutaan.Mengutip laman Health, Jumat (21/11/2014), infeksi ini terjadi karena penggunaan lensa kontak yang lama dan jarang dicuci.Ahli epidemiologi medis CDC, Dr Jennifer Cope mengatakan, keratitis dapat menjadi infeksi yang menakutkan. Namun bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan sehat dan menjaga mata dan lensa kontak tetap bersih," katanya."Beberapa kebiasaan buruk, seperti tidur dengan lensa kontak, malas membersihkan dan mengganti lensa kontak, dan membiarkan lensa kontak terpapar air di kamar mandi atau air di kolam renang bisa meningkatkan risiko keratitis," kata Cope.Ahli ophthalmology di Johns Hopkins University Wilmer Eye Institute, Prof Dr Alfred Sommer bahkan menggambarkan keratitis sebagai cedera atau peradangan pada kornea yang berbahaya."Tidak diragukan, banyak orang lebih suka menggunakan lensa kontak bukan kacamata. Padahal bagaimanapun, lensa kontak tinggi risiko infeksi dan dalam kasus yang ekstrim, menyebabkan kebutaan, "kata Sommer.Jika keratitis tidak diobati dengan cepat dan efektif, lan [...]

Mahasiswi Kedokteran Lelang Keperawanan Rp 4 Miliar

Mahasiswi Kedokteran Lelang Keperawanan Rp 4 Miliar

Kaum perempuan akan memilih pria yang tepat untuk melepas keperawanannya. Tapi, Elizabeth Raine (27) seorang mahasiswi kedokteran di Amerika Serikat rela melelang keperawanannya secara online demi mendapatkan US$ 400 ribu (Rp 4 miliar). Menurutnya, cara itu yang bisa membuatnya mendapatkan uang dengan cepat. Ia pun sudah memulai membuat blog, Musings of a Virgin Whore, beberapa bulan lalu."Saya tak memiliki ikatan emosional apapun dengan keperawanan saya dan tak pernah memilikinya, sehingga saya begitu mudah melakukannya," kata Raine kepada MailOnline, Kamis (20/3/2014).Raine bisa memahami beberapa wanita menganggap kehilangan keperawanannya merupakan momen yang penting dalam hidupnya. Tapi, baginya tindakan fisik tersebut tak lebih dari sebuah transaksi bisnis."Seks adalah seks," katanya.Raine belum pernah melakukan hubungan seks dalam bentuk apapun, termasuk membiarkan seorang pria melihatnya telanjang. "Saya sudah berkencan tapi tak lebih dari dua atau tiga bulan dan tak pernah memiliki pacar karena saya tak pernah memiliki perasaan yang kuat kepada siapapun dan kepada siapa saja yang membuat saya berpikir seks lebih dari tindakan fisik," kata Raine.Raine mengakui dirinya menyuk [...]

Nafsiah Mboi Tak Kesal Dijuluki Ratu Kondom

Nafsiah Mboi Tak Kesal Dijuluki Ratu Kondom

Tidak terbesit rasa kesal dalam benak Nafsiah Mboi saat dijuluki Ratu Kondom oleh sejumlah pihak sewaktu masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Menurutnya, enam tahun berkecimpung di Komisi Penanggulangan AIDS, membuat Nafsiah terbiasa dan tidak marah ketika ada orang menjulukinya seperti itu."Kesal? Saya sudah biasa. Saya sudah lama berurusan dengan hal seperti ini. Dari zaman HIV-AIDS itu masih distigma, kondom juga masih distigma, seks saja tidak boleh diomongin, tapi saya ngomong terbuka saja. Jadi, saya sudah biasa saja," kata Nafsiah Mboi kepada sejumlah jurnalis di Restoran Tesate, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/10/2014)Bahkan saat `markas` Nafsiah Mboi di Jalan H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, diserbu oleh pihak yang mengatasnamakan Front Pembela Islam beberapa waktu lalu, wanita Bugis yang terkenal keras justru mengajak sejumlah orang dari FPI untuk duduk bersama, dan membicarakan yang sebenarnya terjadi."Saya katakan kepada mereka `Maaf jika ibu bapak ini tidak senang dengan pernyataan saya. Saya berjanji tidak pernah ngomong seperti itu. Kalau tidak percaya, saya bisa menunjukan video wawancaranya`. Namun begitu, saya bersedia mendengarkan ap [...]

Begini Rahasia Indahnya Tarian Barongsai

Begini Rahasia Indahnya Tarian Barongsai

Gerakan yang selaras dengan iringan musik, membuat penampilan barongsai semakin menarik. Kekompakan para pemain menjadikan tiap gerakan barongsai terlihat menari indah."Setiap gerakan barongsai itu punya makna. Semua ekspresi kehidupan digambarkan oleh barongsai seperti senang, mengantuk, sedih, emosi, berani dan lain-lain," kata Pembina Tim Barongsai Kun Seng Keng Indonesia, Denny Kurniawan, ditulis Rabu (29/1/2014). Menurut Pemain dan Pelatih tim barongsai Kun Seng Keng, Michael menjaga kekompakan memang kunci permainan barongsai."Kunci keberhasilan dalam sebuah permainan barongsai ialah kedekatan individu antartim. Dan kerja keras, saling mempercayai, mendukung, dan menyayangi," kata Michael. Agar kompak pemain harus rela hal-hal yang sulit dan senang bersama, serta juga menyelesaikan masalah di dalam tim secara bersama-sama. Ini menjaga kedekatan emosi antarindividu. "Dalam sebuah latihan pun kami telah melatih kebersamaan, mulai dari membereskan barang bersama. Menghormati yang lebih tua dengan panggilan tertentu," kata Michael. Selain itu, Denny menambahkan, latihan menjadi kunci penting keberhasilan. "Rutin latihan itu sangat diperlukan, juara dunia pun kalau tidak latihan s [...]

Menkes: Pentingnya Deteksi Dini Penyakit Tak Menular

Menkes: Pentingnya Deteksi Dini Penyakit Tak Menular

Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi menerangkan bahwa diperkirakan penyakit tidak menular seperti kanker dan stroke akan meningkat pesat jumlahnya dalam tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu ia menyarankan kepada masyarakat agar mengubah gaya hidup menjadi sehat dan melakukan deteksi dini. "Penyakit menular itu bisa dicegah, kalaupun tak bisa dicegah bisa dideteksi secara sangat dini. Sehingga pengobatan jauh lebih mudah dan murah daripada sudah terlambat," terang Mboi pada kesempatan acara kampanye deteksi dini kanker payudara "Jakarta Goes Pink" di Balai Kota DKI Jakarta pada Minggu siang(12/10/2014). Dengan mampu mendeteksi dini upaya untuk melakukan penyembuhan bisa dilakukan. "Paling tidak bisa hidup secara normal," terang Mboi semangat. Salah satu cara untuk mengajak masyarakat melakukan deteksi dini penyakit tidak menular bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan gerakan kampanye masyarakat seperti kampanye kanker payudara Jakarta Goes Pink yang berlangsung hari Minggu (12/10/2014) ini. "Gerakan seperti ini dimana ada tokoh-tokoh utama adalah para survivor dan warriors sehingga bisa lebih mampu menyampaikan ke masyarakat bahwa penyakit ini tidak menular 'G [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *