Sehari Bersama Tegar Septian si Mantan Pengamen Cilik

tegar-belajar-140111b.jpg

Cita-citaku menjadi orang kaya
Dulu ku susah sekarang alhamdulillah
Bersyukurlah pada Yang Maha Kuasa
Memberi jalan untukku semua

Hidupku dulunya seorang pengamen
Pulang malam selalu bawa uang recehan
Mengejar cita-cita paling mulia
Membantu keluarga dirumah

Dua bait lagu di atas seperti menggambarkan kehidupan pengamen cilik bernama Tegar Septian.

Kemarin, Jumat 10 Januari tim Health Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk mengikuti aktivitasnya mulai dari apartemen sampai sirkuit motorcross.

Pagi pukul 08.00 sampai 10.30 merupakan jadwal Tegar sekolah. Walau hanya di apartemen dan bukan di gedung sekolah, antusias belajar mantan pengamen ini tinggi.

“Hari ini belajar Bahasa Inggris, tadi ujian juga. Paling susah itu pendidikan kewarganegaraan, kalau bahasa Inggris dan matematika mudah,” kata Tegar saat ditemui di apartemennya bilangan Grogol, Jakarta Barat.

Ditemani gurunya, Anggre dari Sun Homeschooling, Tegar berusaha mengikuti pelajaran mengenal anggota tubuh.

“Kalau hari ini belajar mengenal nama anggota tubuh yang ada di wajah, seperti mata, telinga, alis. Tegar termasuk orang yang pintar mengikuti mata pelajaran, dia cepat menangkap pelajarannya,” kata Anggre yang sabar mengajarkan Tegar.

Anggre meminta Tegar untuk menghafal anggota tubuh yang disebutkan, walaupun beberapa kali salah namun dirinya mampu hafal dengan cepat.

“Bentar-bentar aku tahu, hair itu rambut, nose itu hidung, eyes itu mata.. yeay,” jawab Tegar dengan antusiasnya.

Menurut Anggre masalah nilai, Tegar termasuk anak yang cepat tanggap sehingga nilai-nilainya tidak ada yang mengecewakan.

“Semuanya sih tidak ada yang mencemaskan, cuma ya gini terlalu gak bisa diam dan jadwalnya padat sekali. Kadang dia ngambek tapi semuanya bisa diatasi,” kata Anggre.

Ngamen untuk makan
Tegar sudah hampir satu tahun mengikuti pelajaran dengan program homeschooling, sebelumnya pernah bersekolah di sekolah yayasan pondok pesantren As Salafi Desa Krangkeng Kecamatan Krangkeng.

“Dulu pernah sekolah sampai kelas dua saja terus berhenti. Dan akhirnya ngamen uangnya untuk makan dan lain-lain,” cerita Tegar.

Nama Tegar mungkin diberikan orangtuanya agar bocah ini dapat menjadi anak yang memiliki sifat tegar.

“Iyah mungkin seperti itu yah, makanya dia tegar sekali dan fisiknya kuat mungkin karena sering di jalan. Dulu kan hidupnya di jalan dan dari keluarga yang strata di bawah,” kata Personal Assisten Tegar, Vijay.

Tegar diikutkan program homeschooling karena menurut Personal Managernya, Alfas harus menjadi anak yang memiliki masa depan cerah.

“Kami ingin sekali dia menjadi anak yang memiliki masa depan yang cerah. Pendidikan itu penting, dan kami bukan mengeksploitasi dia tapi kami hanya membantu mengembangkan bakatnya dan mencapai cita-citanya,” kata Alfas.

Alfas merupakan orang yang mendampingi Tegar dari nol sampai ke titik sukses sekarang.

Bulan ini Tegar akan berencana ke Amerika untuk mengisi acara di sana. “Alhamdulillah bulan ini rencananya ke Amerika nyanyi di sana. Maka dari itu aku antusias sekali di pelajaran bahasa inggris,”kata Tegar.

Menembus impian lewat kegigihannya
Pelantun “Aku yang Dulu Bukanlah yang Sekarang” ini mungkin sudah tidak asing lagi di dunia hiburan Indonesia. Bocah kelahiran Pemalang, 18 September 2001 ini terbilang beruntung bisa menembus industri musik Indonesia.

Lewat kegigihannya kini anak dari Ratna Dwi Sasi mampu mendatangi hampir pelosok negeri dan berbagai negara Asia untuk berjumpa dengan para fansnya dan menjadi pesohor cilik dengan suaranya yang mendayu-dayu layaknya orang Melayu.

Mantan pengamen cilik ini kini tidak hanya dikenal di dalam negeri saja, Tegar kini telah wara-wiri ke belahan wilayah Asia lainnya selain Indonesia. Di antaranya Hongkong, Singapur dan Malayasia.

“Alhamdulillah bisa ke Hongkong, Singapura, Malaysia. Senang sekali, dulu cuma keliling cari recehan sekarang sudah bisa belikan rumah dan keperluan keluarga,” kata bocah bernama lengkap Tegar Septian.

Alfas pun berbagi cerita awal perkenalannya dengan Tegar. “Waktu itu di sebuah ajang mencari bakat dia itu terlihat sekali antusiasnya, dia sampai tidur di tempat acara itu. Saat pertama melihatnya saya yakin dia bisa jadi orang terkenal karena dia unik dan saya pun berusaha,” kata Alfas.

Saat ini Tegar sudah bisa dibilang dapat membeli semua keinginannya dan perlahan mencapai cita-citanya.

“Alhamdulillah bisa beli ini itu, ipad, rumah, motor. Cita-cita saya bisa jadi orang yang sukses, penyanyi dan pembalap motor cros. Alhamdulillah perlahan sudah ada yang tercapai,” katanya.

Bakat dari mama
Sore harinya pun Tegar berlatih motorcross di sirkuit sekitar Kota kembang, Depok. Rasa tidak sabar sudah diperlihatkannya saat masih berada di apartemen.

“Ayo, nanti mba harus lihat aku sudah bisa loncat dan suara knalpotnya keren,” kata Tegar.

Kami pun menembus macetnya jalanan Jakarta dari Grogol menuju Depok. Di sepanjang jalan dirinya tidak berhenti bernyanyi.

Sepertinya harinya tidak bisa lepas dari menyanyi. “Bakat ini dari mama, dia juga bisa nyanyi. Alhamdulillah,” tuturnya.

Tegar pun sesekali melontarkan beberapa pertanyaan tebak-tebakan, kepada kami. “Ayo tebak mobil apa yang bisa terbang, ya mobil ang kapal kek, pesawat kek, helikopter,” katanya sambil tertawa.

Menurut Vijay, Tegar memang anak yang ceria dan hiperaktif dan sayang dengan keluarga.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Lain Brokoli, Efektif untuk Detoks

Manfaat Lain Brokoli, Efektif untuk Detoks

Sebuah studi yang dilakukan di Cina oleh peneliti dari Johns Hopkins University menemukan bahwa tunas hijau pada brokoli dapat membantu mengeluarkan polusi udara dari dalam tubuh. Penelitian yang dicatat dalam Cancer Prevention Research menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi brokoli selama 12 minggu, tingkat polutannya menurun."Dibanding kelompok yang mengonsumsi brokoli, polusi penyebab kanker melonjak 61 persen. Sedangkan tingkat untuk karsinogen seperti akrolein juga meningkat 23 persen," tulis peneliti, seperti dikutip Womenshealth, Selasa (1/7/2014).Dalam studi tersebut, para peneliti juga menulis bahwa senyawa dalam brokoli yang disebut glucoraphanin, telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. [...]

Ini Dia Ukuran Payudara Wanita yang Disukai Para Pria

Ini Dia Ukuran Payudara Wanita yang Disukai Para Pria

Mungkin kita sering dengar, para wanita sangat mempermasalahkan ukuran payudaranya dan datang ke tempat operasi plastik. Ada yang bilang terlalu besar, terlalu kecil hingga bentuk puting yang tidak sesuai. Memang seperti apa ya ukuran ideal payudara yang disukai kaum Adam? Di dalam penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Plastic and Reconstructive Surgery di Inggris ini mungkin ada jawabannya. Yang menarik, penelitian ini melibatkan ribuan orang, termasuk dokter bedah plastik. "Ada 1.315 orang (laki-laki, perempuan, dan ahli bedah plastik) yang terlibat dalam penelitian ini. Kami meminta mereka untuk melihat foto-foto payudara yang berbeda dan memilih payudara yang mereka sukai," tulis peneliti, Dr Patrick Mallucci, seperti dikutip Health, Jumat (14/11/2014). Dari rasio yang diteliti, hasilnya menunjukkan, payudara ideal yang paling banyak disukai kebanyakan pria ternyata bukanlah payudara besar. Melainkan payudara alami dengan bentuk garis puting seperti Dewi Venus de Milo dalam mitologi Yunani."Banyak yang ingin payudaranya besar layaknya para aktris. Mereka melakukan implan tanpa tahu tujuannya. Anehnya, kami menemukan, payudara sempurna yang pas dimiliki oleh usia 40 tahun [...]

Hindari 6 Kebiasaan Usai Putus Cinta yang Bikin Situasi Memburuk!

Hindari 6 Kebiasaan Usai Putus Cinta yang Bikin Situasi Memburuk!

Putus cinta menyakitkan dan menyebalkan. Tapi apakah Anda tahu apa yang membuatnya menjadi lebih buruk? Jawabannya adalah bila Anda melakukan hal-hal yang Anda tahu bisa memperpanjang penderitaan Anda.Seperti dikutip Situs YourTango, Jumat (6/2/2014), ditemukan 64 persen responden masih terobsesi dengan hubungan masa lalunya. Tapi, 86 persen setuju mereka akan jauh lebih baik dengan istirahat. Ada beberapa hal yang bisa Anda membuat Anda makin buruk usai putus cinta.1. Stalking di media sosialAnda tahu efeknya, jadi hentikan. Berhentilah menguntit mantan Anda. Anda tak ingin terus tertekan dan pencetlah `unfriend`. Lakukan sekarang, jangan menunda. Anda akan sulit melupakannya ketika melihat ia memiliki foto baru atau update status.2. Atur ulang rute AndaAnda harus mengatur ulang setiap rute yang dilalui. Tapi bukan berarti agar tidak lagi kembali lagi ke mantan selamanya. Menurut survei Break Up With Your Ex survey, lebih dari 50 persen responden mengatakan proses ketemu itu membuat ketagihan. Hindarilah semua yang berhubungan dengan mantan Anda.3. Ingin perpisahanMencoba membuat mantan kasihan tak akan bisa membantu. Itu hanya akan membuat Anda terlihat bodoh. Ingat, Anda adalah [...]

Berantas Narkoba, BPOM dan BNN Tandatangani Nota Kesepahaman

Berantas Narkoba, BPOM dan BNN Tandatangani Nota Kesepahaman

Agar masyarakat Indonesia terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) menandatangani nota kesepahaman, sebagai landasan kerjasama yang sinergis mengenai pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan, serta peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika. Selama ini, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Untuk kegiatan pemberantasan yang telah dilakukan pemerintah adalah dengan pengungkapan jaringan penyeludupan narkotika dan pengungkapkan pabrik narkotika. Sedangkan kegiatan pencegahan melalui kampanye nasional program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), serta rehabilitasi. Apalagi saat ini, dunia tengah digemparkan dengan peredaran 348 jenis narkotika baru yang dikenal dengan nama new phsycoactive substance (NPS). Di Indonesia, BNN telah menemukan sekitar 29 jenis NPS yang berdampak sama seperti ekstasi dan sabu-sabu.Bahkan, beberapa NPS memiliki dampak yang berbahaya, sampai mematikan.Maka itu, dengan nota kesepahaman ini, BPOM dan BNN telah [...]

5 Cara Agar Sikat Gigi Aman dari Bakteri

5 Cara Agar Sikat Gigi Aman dari Bakteri

Sikat gigi merupakan alat terpenting yang harus dimiliki tiap individu. Tanpa alat dengan batang dan bulu di bagian tengah, tidak mungkin kita dapat membersihkan sisa-sisa makanan dan segala kotoran yang ada menempel pada gigi dan gusi kita.Tidak banyak tahu bahwa pada sikat gigi yang terlihat bersih, menempel ratusan juta bakteri yang siap bermigrasi ke mulut kita. Untuk itu, jangan pernah anggap remeh sikat gigi yang selalu kita gunakan, dan biasakan untuk senantiasa merawatnya.Berikut cara merawat sikat gigi yang tepat, seperti yang dijelaskan Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed FICD: 1. Keringkan sikat gigiBakteri paling senang hidup dan berkembang di tempat yang lembab. Sikat gigi yang dalam keadaan basah tanpa dikeringkan terlebih dulu, akan berubah menjadi lembab, yang membuat bakteri berkembang dengan leluasa di sikat gigi yang tidak dikeringkan itu."Kita harus yakini betul bahwa sikat gigi yang kita gunakan sudah bersih. Rutin keringkan sikat gigi, dengan cara dikeprek-keprek dan bersihkan dengan tisu bulu-bulu yang ada di sikat gigi," kata Prof. Mel dalam diskusi bertema `FORMULA NANO CHARCOAL: Solusi untuk Sikat Gigi yang Lebih Higienis`, ditulis Health Liputan6 [...]

Derita Gigantomastia, Payudara Wanita Ini Jadi Sebesar Pepaya

Derita Gigantomastia, Payudara Wanita Ini Jadi Sebesar Pepaya

Seorang wanita menderita kondisi medis langka lantaran payudaranya terus tumbuh hingga sebesar buah pepaya. Kondisi ini juga membuat dirinya memiliki sakit punggung kronis dan nyeri bahu.Lin (50) dari Xiamen di Provinsi Fujian, Cina didiagnosis mengalami Gigantomastia, kondisi medis yang membuat pertumbuhan abnormal pada satu atau kedua payudara. "Payudara saya normal, tapi setelah saya melahirkan pada usia 20, keduanya terus tumbuh," kata Lin, seperti dikutip Express, Rabu (17/12/2014)Hingga usianya 30 tahun, rasa sakit pada tubuhnya menjadi tak tertahankan dan dia mulai mengalami nyeri punggung dan leher.Dr Ouyang Zhong dari Xiamen University 1st Hospital yang menangani Lin mengatakan, kondisi yang dialami Lin adalah kondisi langka. "Payudaranya menggantung bahkan di bawah pusar," katanya.Saat ini, Lin tengah menjalani prosedur medis. "Jumlah lemak di payudaranya memiliki berat seperti bayi yang baru lahir," kata Dr Zhong. [...]

Saat Manusia Keluarkan Emosi, Tubuh Berubah

Saat Manusia Keluarkan Emosi, Tubuh Berubah

Ilmuwan Prancis mencoba membuktikan bahwa emosi memberi efek bagi tubuh kita. Penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academies of Sciences mencermati 773 peserta untuk mencari tahu bagaimana emosi tertentu mengubah tubuh. Para ahli menyebutkan bahwa perubahan dalam tubuh ini terjadi secara konsisten.Mula-mula para peserta diberi kata-kata, cerita, film dan ekspresi kemudian ditanya kesannya. Sementara itu, komputer memindai seluruh tubuh dan memunculkannya dalam bentuk siluet area tubuh mana yang mengalami peningkatan atau penurunan aktivitas. Saat sensasi itu berlangsung intens, peserta diberi warna merah dan kuning saat perasaan yang muncul begitu kuat. Ketika sensasi jenuh dan bosan muncul, warna biru akan muncul dalam siluet itu.Dikutip dari Theverge.com, Kamis (2/1/2013) peta warna itu menjadi petunjuk bahwa emosi yang keluar sebagai respons atas rangsangan dari luar itu memang benar. Siluet untuk mereka yang sedang malu dari pipinya mengeluarkan efek warna kuning cerah, sementara yang mengalami rasa geli atau mual akan mengeluarkan warna merah.Para peneliti mengatakan hasil penelitian mencerminkan adanya hubungan antara pengetahuan semantik stereotip d [...]

4 Makanan Penangkal Kanker

4 Makanan Penangkal Kanker

Upaya untuk mencegah risiko kanker harus dijalani dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Seperti dikutip Healthmeup, Rabu (19/3/2014) selama dua dekade terakhir ini jumlah penderita kanker semakin meningkat, salah satunya di India.Sekitar 1,7 juta kasus baru terkait kanker terjadi di setiap tahunnya. Dibandingkan negara Barat, jumlah orang yang meninggal akibat kanker di India meningkat tajam. Tak hanya di India, di Indonesia juga demikian. Karena itu, untuk menghindari peningkatan jumlah penderita kanker, para peneliti menyarankan untuk rutin mengonsumsi makanan di bawah ini :1. TomatKandungan antioksidan lycopene pada warna merah tomat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Selain itu vitamin C yang cukup tinggi dalam tomat mencegah kerusakan sel yang memicu kanker. Dengan rutin mengonsumsi tomat para peneliti mengatakan ada kemungkinan penurunan risiko kanker payudara, prostat, pankreas dan kolorektal.2. Teh Hijau OrganikTeh hijau dapat membantu mencegah kerusakan sel dan berperan sebagai perisai melawan kanker. Dengan rutin mengonsumsi teh hijau dapat mencegah kanker kandung kemih, payudara dan kulit. Mengonsumsi teh hija [...]

Diabetesi, Jangan Minum Teh Manis Saat Sahur

Diabetesi, Jangan Minum Teh Manis Saat Sahur

Mengonsumsi teh manis saat sahur memang tidak disarankan, khususnya bagi diabetesi. Alasannya, bukan hanya bersifat diuretik yang membuat seseorang buang air kecil terus menerus hingga dehidrasi. Tapi mengonsumsi makanan atau minuman manis dapat membuat kurangnya asupan oksigen ke otak dan membuat cepat lapar.Begitu disampaikan Marketing Manager PT Roche Indonesia- Diabetes Care, Dr. Benny Kurniawan. Menurutnya, pada saat sahur, disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur atau buah yang mengandung banyak cairan seperti semangka atau tomat agar tidak membuat cairan tubuh terus keluar melalui urin."Minum 1-2 gelas air putih saat sahur. Dan kurangi makanan atau minuman manis karena selain membuat tubuh cepat kenyang, efeknya bisa terus mengantuk. Ini karena kurangnya asupan oksigen ke otak," kata Benny, ditulis Kamis (17/7/2014).Benny menambahkan, agar diabetesi kuat puasa, disarankan untuk mengganti nasi putih dengan nasi merah agar memberikan efek kenyang lebih lama. Dan hindari makanan pedas dan kaya bumbu karena dapat merangsang panas dan menimbulkan keringat yang dapat mengurangi cairan tubuh. [...]

Bahaya Paparan Radiasi Ponsel (II)

Bahaya Paparan Radiasi Ponsel (II)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini merilis efek jangka pendek dan jangka panjang dari paparan radiasi ponsel. Dikutip dari situs WHO, berikut ulasannya:Efek jangka pendekMekanisme utama yang sebenarnya dikhawatirkan adalah energi frekuensi radio dan tubuh manusia. Pada frekuensi yang digunakan oleh ponsel, sebagian besar energi akan diserap oleh kulit dan jaringan lainnya, namun kenaikan suhu tersbeut diabaikan dalam otak atau organ tubuh lainnya.Sejumlah studi saat ini telah meneliti efek dari medan frekuensi radio pada aktivitas listrik otak, fungsi kognitif, tidur, denyut jantung dan tekanan darah pada sukarelawan. Namun nyatanya, penelitian tidak menunjukkan bukti yang konsisten yang bisa memberikan efek kesehatan yang merugikan dari paparan medan frekuensi radio pada ponsel. Efek jangka panjangPenelitian epidemiologi sebelumnya telah memeriksa risiko jangka panjang dari paparan frekuensi pada ponsel. Ilmuwan menghubungkan antara tumor otak dan penggunaan ponsel. Hasilnya, sulit terdeteksi lantaran ponsel tidak banyak digunakan sampai awal 1990-an. Akhirnya, studi epidemiologi saat ini hanya dapat menilai kanker dihubungkan dalam efek jangka pendek.Analisis dari 13 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *