Sel Punca, Masa Depan Dunia Kedokteran

Sel-Punca-Masa-Depan-Dunia-Kedokteran.jpg

Oleh dr. Alvin Nursalim

Dunia kedokteran terus berkembang, apa yang tidak dapat dilakukan 10 tahun lalu, dapat kita lakukan sekarang dengan mudah. Pemasangan cincin (ring) di pembuluh darah jantung telah dilakukan secara rutin untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat. Prosedur ini telah menyelamatkan banyak nyawa. Namun, prosedur seperti ini hanya impian di masa lalu, dimana saat itu penyebab penyakit jantung pun masih menjadi bahan perdebatan.

Kini, sebuah jendela pengetahuan baru juga mulai terbuka, yaitu sel punca atau stem cell. Sel Punca atau stem cell adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sel yang dapat berkembang menjadi berbagai jenis sel. Sel punca merupakan cikal bakal dari semua sel tubuh kita. Jadi kita bisa merangsang dan menumbuhkan sebuah jaringan tubuh tertentu dengan satu sel ini, misal jaringan kulit, otot atau sel darah.

Bayangkan jika seorang kerabat anda menderita sakit jantung, namun dapat kembali sehat karena diberikan sel punca yang dapat menggantikan sel jantungnya yang rusak. Sel punca juga dapat menggantikan jaringan kulit yang rusak pada penderita luka bakar yang luas. Bahkan baru-baru ini telah ditemukan di Jerman bagaimana transplantasi stem cell dapat menyembuhkan seorang penderita AIDS. Menarik bukan? Pentingnya teknologi sel punca mendorong penyelenggaraan kuliah dengan topik ini.

Pada tanggal 8 November 2013 diadakan sebuah kuliah tamu mengenai potensi dari sel punca yang bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kuliah tamu ini dihadiri oleh tiga pembicara yang diundang untuk berbicara seputar sel punca. Pembicara yang hadir meliputi Profesor Sheng Ding (Amerika Serikat), dr. Stephen E. Epstein (Amerika Serikat), dan dr. Boenjamin Setiawan, PhD (founder and honorary chairman Kalbe group).

Sesi kuliah dibuka oleh dr. Boenjamin Setiawan yang memaparkan pentingnya mengembangkan sel punca untuk masa depan kedokteran Indonesia. Selain itu, dr. Boenjamin juga memaparkan tentang berbagai kegunaan sel punca di dunia kedokteran. ?Sel punca adalah sel yang mempunyai kemampuan untuk membelah dan berkembang menjadi berbagai bentuk sel/jaringan lain?, ungkapnya. Manfaat sel punca banyak sekali diantaranya untuk penyembuhan luka, anti-ageing, patah tulang dan masih banyak lagi. Dr. Boenjamin mengakhiri dengan berpesan bahwa perkembangan sel punca di Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain, namun Indonesia masih bisa mengejar karena Indonesia memiliki sumber daya yang diperlukan untuk perkembangan teknologi sel punca ini.

Profesor Sheng Ding melanjutkan sesi kuliah dengan memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukannya. Profesor Sheng Ding telah mengidentifikasi berbagai molekul kimia yang dapat digunakan untuk mengatur nasib dari sel punca. Melalui berbagai molekul ini sel punca dapat diprogram sehingga bisa berkembang menjadi berbagai sel dewasa yang kita inginkan. Melalui wawancara eksklusif dengan redaksi Klikdokter, Prof. Sheng Ding juga memaparkan bahwa dirinya yakin dalam beberapa tahun ke depan kita sudah dapat merasakan manfaat dari teknologi sel punca ini.

Sesi kuliah ditutup oleh dr.Stephen E. Epstein. Beliau adalah seorang dokter spesialis jantung yang mendalami hubungan sel punca dengan penyakit jantung. Beliau memaparkan bahwa berbagai penelitian saat ini masih belum dapat menunjukkan manfaat yang signifikan dari terapi sel punca pada penyakit jantung. Namun dr. Stephen berpendapat bahwa hasil ini disebabkan peneliti masih belum menemukan cara yang tepat untuk menggunakan sel punca dengan maksimal. Jika peneliti sudah menemukan cara yang tepat untuk membuka misteri dari sel punca, maka manusia akan mendapatkan manfaat yang besar dai potensi sel punca yang sangat besar.

Kita baru saja memasuki era perkembangan sel punca, sehingga masih banyak yang perlu kita pelajari tentang sel punca ini. Sel punca memiliki potensi yang sangat besar, sel ini dapat menggantikan sel jantung yang rusak, mengganti tulang yang patah atau kerusakan organ lain yang masih belum ada pengobatannya. Ketika teknologi sel punca sudah berhasil, tentu akan banyak sekali nyawa manusia yang dapat diselamatkan.

(AN)

Baca Juga:

  • Penggunaan Sel Punca Mesenkimal untuk Terapi Osteoarthritis
  • Terapi stem Cell Harapan Masa Depan
  • Transplantasi Stems Cell Sembuhkan AIDS

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Cara Sederhana Cegah Serangan Jantung

7 Cara Sederhana Cegah Serangan Jantung

Serangan jantung biasanya disebabkan karena penyakit jantung koroner, yaitu gangguan dimana pembuluh darah jantung tersumbat oleh plak. Meskipun sampai saat ini belum ada cara untuk mengetahui pasti kapan serangan jantung dapat terjadi, akan tetapi faktor-faktor risiko terkait dengan gangguan ini telah diketahui. Faktor risiko utama yang diketahui dan dapat dikontrol adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dalam darah yang tinggi, obesitas, merokok, dan gaya hidup tidak aktif. Dengan melakukan usaha-usaha terkait mengurangi faktor risiko yang disebutkan di atas, maka risiko Anda terkena serangan jantung tentunya akan menurun. Usaha-usaha tersebut meliputi: Berhenti merokok atau hindari paparan dengan asap rokok. Merokok adalah faktor risiko yang paling berbahaya dan sebenarnya justru yang paling mudah dihilangkan efeknya. Risiko terkena serangan jantung pada perokok dua kali lebih besar daripada orang yang tidak merokok. Akan tetapi dengan berhenti merokok sekarang, risiko tersebut akan berangsur-angsur turun sehingga sama dengan non perokok. 7 Cara Sederhana Cegah Serangan Jantung Jagalah tekanan darah, kolesterol dan gula darah Anda dalam batas normal [...]

Benarkah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Benarkah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Diabetes atau dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan kelainan pada sistem metabolisme tubuh yang menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Menurut American Diabetes Association (ADA) tahun 2010, diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik peningkatan kadar gula dalam darah yang terjadi karena kelainan kerja insulin, produksi insulin, atau keduanya. Insulin adalah hormon yang membantu tubuh menurunkan jumlah glukosa dalam darah. Jika Anda memiliki diabetes, tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal atau Anda tidak merespon dengan baik untuk itu. Dari segi penyebabnya, diabetes melitus dapat dibagi ke dalam empat kelompok yaitu: 1. DM Tipe 1 Diabetes melitus yang disebabkan kerusakan pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin 2. DM Tipe 2 Diabetes melitus yang disebabkan adanya resistensi insulin. Jumlah insulin yang dihasilkan cukup namun tidak dapat bekerja maksimal untuk menurunkan gula darah. Resistensi insulin sendiri biasanya terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat 3. DM Tipe Lain Diabetes melitus yang disebabkan oleh faktor lain misal obat, infeksi, sindrom genetik [...]

Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok

Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok

Ada baiknya bila orangtua mulai memerhatikan anak Anda pada saat tidur. Tidur mengorok pada anak anak belum tentu berarti anak tertidur pulas. Justru sebaliknya, hal ini perlu menjadi perhatian khusus karena dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya; Tertutupnya jalan napas, Kelainan di sistem saraf pusat, Karena terdapatnya kelemahan otot-otot pernapasan. Inilah penyebab berbahaya tersering anak mengorok saat tidur. Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok Penyebab tersering mengorok pada anak yaitu tertutupnya jalan napas akibat pembesaran tonsil (amandel). Pada anak-anak dengan tonsillitis kronik, tonsil akan membesar hingga dapat menutupi jalan napas. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa hal dari yang ringan seperti tersedak, hingga yang terberatnya yakni kematian. Dampak pada anak yang tidur mengorok: Menurunnya kemampuan berkonsentrasi Anak yang mengalami gangguan tidur, biasanya sering terbangun saat malam hari karena sesak. Terkadang walau tidak sampai terbangun, namun kualitas tidur si kecil tidak maksimal sehingga pada saat siang hari akan terasa mengantuk. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak terhadap banyak hal, se [...]

Ancaman Potensi Bahaya Styrofoam

Ancaman Potensi Bahaya Styrofoam

Bahan pengemas styrofoam atau polystyrene telah menjadi salah satu pilihan yang paling populer dalam bisnis pangan. Tetapi, riset terkini membuktikan bahwa styrofoam diragukan keamanannya. Styrofoam yang dibuat dari kopolimer styrene ini menjadi pilihan bisnis pangan karena mampu mencegah kebocoran dan tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Selain itu, bahan tersebut juga mampu mempertahankan panas dan dingin tetapi tetap nyaman dipegang, mempertahankan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas, biaya murah, lebih aman, serta ringan. Prof. Dr. FG. Winarno mengemukakan, residu bahan pengemas baik dalam bentuk monomer, dimer; maupun trimer yang sering dicurigai mempunyai potensi bahaya terhadap kesehatan manusia?terutama dianggap sebagai karsinogenik?berdasarkan hasil penelitian belakangan ini semakin diyakini bahwa memang berpotensi demikian. Dalam kaitan itu, Guru Besar Teknologi Pangan IPB (Institut Pertanian Bogor) yang mantan President Codex Alimentarius Commission dan kini menjadi Advisory Board World Food Regulation Review tersebut mengutip hasil penelitian ilmiah terkini mengenai bahayanya dimer dan timer styrofoam yang dilaporkan World Food Regulation Review. Untuk pe [...]

6 Makanan Penghilang Rasa Pedas

6 Makanan Penghilang Rasa Pedas

Terlalu banyak makan cabai atau sambal membuat mulut Anda terasa terbakar. Banyak orang yang menetralkan rasa pedas dengan minum air mineral. Padahal cara tersebut salah, malah membuat rasa panas tersebar ke seluruh mulut. Seperti dilansir eHow, ini dia tipsnya untuk mengatasi rasa panas di mulut setelah makan pedas. 1. Susu atau Produk Susu LainnyaSusu, yogurt dan keju dapat menghilangkan rasa pedas. Hal itu karena kandungan lemak dalam produk susu dapat menetralkan rasa panas di mulut. 2. GulaHamburkan gula pada lidah lalu hisap selama 30 detik. Gula akan menyerap rasa pedas di mulut. 3. NasiMakan beberapa sendok nasi ketika Anda merasa sangat kepedasan. Butiran nasi dapat menarik rasa pedas di mulut. 4. Jeruk NipisPotong jeruk nipis dan hisaplah. Jeruk Nipis dipercaya dapat mendinginkan lidah yang terasa terbakar. 5. Selai KacangMakan selai kacang juga dapat membantu menetralkan rasa pedas. Sama seperti produk susu, selai kacang mengandung lemak yang dapat 'mendinginkan' mulut. 6. Jus BuahEfek dari makan pedas juga bisa membuat kepala terasa pusing. Jika sudah begitu berarti Anda sangat dehidrasi. Untuk mengatasinya segera minum jus buah untuk menetralkan pedas dan meredakan [...]

Pisang dan Pil Kalium

Pisang dan Pil Kalium

Kalium memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah, fungsi saraf dan otot. Potasium dan sodium bekerja sama dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh kita. Pisang merupakan salah satu sumber makanan kalium. Orang dewasa yang sehat membutuhkan sekitar 4.700 miligram potasium setiap harinya, tetapi beberapa orang, termasuk atlet dan orang-orang yang sedang menjalani pengobatan tertentu, mungkin membutuhkan lebih. Kebanyakan orang memperoleh kalium yang mereka butuhkan dari makanan dalam diet mereka, tetapi beberapa orang perlu mengkonsumsi suplemen kalium. Kalium di Pisang. Satu pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potassium. Jika pisang adalah satu-satunya sumber kalium kita, maka kita harus mengkonsumsi 11 buah pisang dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium harian. Untungnya, ada makanan lain yang juga mengandung kalium. Selain potasium, pisang mengandung serat dan vitamin C dan pisang bebas lemak dan bebas kolesterol. Pisang mudah untuk dikonsumsi, membuat pisang sebagai makanan yang nyaman. Dan pisang juga selalu tersedia sepanjang tahun. Pil Kalium. Suplemen kalium dalam bentuk pil, dijual dalam berbagai nama merek, sebagai conto [...]

Ini Manfaat Berhenti Mendengkur Bagi Pria

Ini Manfaat Berhenti Mendengkur Bagi Pria

Mendengkur bisa dialami oleh siapapun. Namun bagi pria yang berhasil menghentikan kebiasaan ini, peneliti mengklaim bahwa ia akan memiliki kehidupan seks yang menyenangkan.Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mendengkur dapat merusak kehidupan seksual bahkan kehidupan pernikahan. Menurut penelitian terbaru pun, gara-gara masalah itu, 1 dari 9 pasangan sampai harus pisah ranjang. Baca berita selengkapnya di sini. Namun kebiasan mendengkur tidak hanya merugikan pasangan saja. Orang yang mendengkur biasanya akan mengeluarkan suara serak, mendesis dan mendengus saat bernapas selama tidur. Gangguan tidur ini dilaporkan banyak merusak kehidupan seksual pria serta kesulitan melakukan foreplay.Peneliti mengungkapkan bahwa pria yang berhenti mendengkur punya manfaat bagus, yakni bisa membantu kehidupan seksualnya karena meningkatkan kekuatan ereksi."Semua jaringan di tubuh butuh oksigen agar bisa menjadi sehat dan jaringan penis termasuk salah satu yang sangat sensitif. Ketika seseorang mendengkur maka kondisi ini akan merampas oksigen yang dibutuhkan oleh penis," ujar Dr J. Stephen Jones, MD, FACS seorang urologis dari Cleveland Clinic, seperti dikutip dari Menshealth.Kurangnya asupa [...]

Cara Mengencangkan Lengan

Cara Mengencangkan Lengan

Memiliki lengan yang bergelambir adalah hal yang sangat dihindari oleh semua wanita. Melihat area lengan lembek, berukuran besar, dan ?dagingnya? ikut berayun dengan gerakan, menjadi salah satu ketakutan terbesar wanita. Tahukah Anda hal tersebut disebabkan oleh tumpukan lemak didaerah tersebut, ditambah otot yang kecil? Mari kita bahas bagaimana caranya membentuk lengan yang indah. Pertama, lengan yang ?lembek? disebabkan oleh tumpukan lemak di area lengan atas (humerus). Sayangnya, kita tidak bisa secara spesifik hanya mengurangi lemak di area tangan saja. Berbagai cara untuk mengurangi lemak ditempat tertentu masih belum 100% teruji efektivitasnya. Sulit bagi kita untuk memilih area mana yang ingin dibakar lemaknya. Mengapa begitu? Halaman berikut penjelasannya: Memahami Lemak Tubuh Manusia Lemak adalah cara tubuh untuk menyimpan kelebihan energi yang dikonsumsi oleh tubuh. Lemak tersimpan dalam sel lemak (sel adiposit). Penyebaran simpanan lemak ini berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Area penyimpanan lemak terbagi menjadi dua: Mengelilingi organ dalam Terletak di bawah kulit (subkutan). Lemak inilah yang terlihat dari luar dan menjadi [...]

Memilih Perawatan Rambut  Sesuai dengan Masalah

Memilih Perawatan Rambut Sesuai dengan Masalah

Rambut merupakan sebuah mahkota yang tak ternilai, namun kadang sering kali disepelekan kehadirannya. Jangan lupa, masalah pada rambut bisa mengganggu aktivitas sekaligus menimbulkan rasa tidak percaya diri. Ingat bukan, betapa terganggunya Anda ketika rambut Anda berketombe atau rusak karena bahan kimia pada cat. Menyadari akan pentingnya kesehatan rambut, Johnny Andrean Salon Premium menawarkan serangkaian perawatan rambut yang disebut JA Treatment Premium untuk mempercantik rambut serta membuatnya tampak lebih indah dan sehat. ?Johnny Andrean Salon ingin memberikan pelayanan yang terbaik, yang mendukung mereka yang ingin tetap tampil gaya tanpa harus takut mengalami kerusakan rambut,? ungkap Amadea Pradella, Brand Manager dari Johnny Andrean Salon, pada peluncuran cabang kedua Johnny Andrean Premium Salon di Grand Indonesia, Kamis (2/7/2015) lalu. Serangkaian JA Treatment Premium dihadirkan untuk berbagai jenis masalah rambut. Perawatan yang dimaksud yakni meliputi Anti Hair Loss, Anti Dandruff, Scalp Detox, Dry & Damage, Smooth serta Color Treatment. Sangat beragam, bukan? Selain dari segi pelayanan yang lebih baik daripada yang sudah ada sebelumnya, produk yang digunakan p [...]

Ini Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Saat Baru Buka Puasa

Ini Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Saat Baru Buka Puasa

Umumnya asupan makanan saat Ramadhan tidak terkontrol dari hari biasanya karena banyak orang tidak bisa menahan nafsu makan setelah berbuka puasa. Tidak sedikit orang yang kalap menyantap hidangan berbuka untuk 'balas dendam' setelah seharian menahan haus dan lapar.Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, menjelaskan, pola makan saat puasa harus tetap dikontrol demi kesehatan Anda. Perhatikan makanan yang akan dikonsumsi sebelum berbuka puasa. Ia menganjurkan sebaiknya memilih makanan ringan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks ketika baru berbuka."Makanan kecil dulu termasuk air putih, kurma, pepaya, dan segala macam buah," tutur pria yang akrab disapa Hardin itu saat berbincang-bincang dengan wolipop melalui telepon, Kamis (18/7/2013).Buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Namun ada beberapa buah yang harus dihindari karena memiliki kandungan asam tinggi. Buah-buahan yang mengandung asam bisa membuat lambung perih sehingga menimbulkan rasa sakit serta perasaan tidak nyaman. Selain buah yang asam, semua buah bisa menjadi pilihan namun tetap pada prinsip tidak makan berlebihan.Usai mengonsumsi makanan kecil, ayah tiga anak ini menyarankan sebaiknya memb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *