Sel Punca, Masa Depan Dunia Kedokteran

Sel-Punca-Masa-Depan-Dunia-Kedokteran.jpg

Oleh dr. Alvin Nursalim

Dunia kedokteran terus berkembang, apa yang tidak dapat dilakukan 10 tahun lalu, dapat kita lakukan sekarang dengan mudah. Pemasangan cincin (ring) di pembuluh darah jantung telah dilakukan secara rutin untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat. Prosedur ini telah menyelamatkan banyak nyawa. Namun, prosedur seperti ini hanya impian di masa lalu, dimana saat itu penyebab penyakit jantung pun masih menjadi bahan perdebatan.

Kini, sebuah jendela pengetahuan baru juga mulai terbuka, yaitu sel punca atau stem cell. Sel Punca atau stem cell adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sel yang dapat berkembang menjadi berbagai jenis sel. Sel punca merupakan cikal bakal dari semua sel tubuh kita. Jadi kita bisa merangsang dan menumbuhkan sebuah jaringan tubuh tertentu dengan satu sel ini, misal jaringan kulit, otot atau sel darah.

Bayangkan jika seorang kerabat anda menderita sakit jantung, namun dapat kembali sehat karena diberikan sel punca yang dapat menggantikan sel jantungnya yang rusak. Sel punca juga dapat menggantikan jaringan kulit yang rusak pada penderita luka bakar yang luas. Bahkan baru-baru ini telah ditemukan di Jerman bagaimana transplantasi stem cell dapat menyembuhkan seorang penderita AIDS. Menarik bukan? Pentingnya teknologi sel punca mendorong penyelenggaraan kuliah dengan topik ini.

Pada tanggal 8 November 2013 diadakan sebuah kuliah tamu mengenai potensi dari sel punca yang bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kuliah tamu ini dihadiri oleh tiga pembicara yang diundang untuk berbicara seputar sel punca. Pembicara yang hadir meliputi Profesor Sheng Ding (Amerika Serikat), dr. Stephen E. Epstein (Amerika Serikat), dan dr. Boenjamin Setiawan, PhD (founder and honorary chairman Kalbe group).

Sesi kuliah dibuka oleh dr. Boenjamin Setiawan yang memaparkan pentingnya mengembangkan sel punca untuk masa depan kedokteran Indonesia. Selain itu, dr. Boenjamin juga memaparkan tentang berbagai kegunaan sel punca di dunia kedokteran. ?Sel punca adalah sel yang mempunyai kemampuan untuk membelah dan berkembang menjadi berbagai bentuk sel/jaringan lain?, ungkapnya. Manfaat sel punca banyak sekali diantaranya untuk penyembuhan luka, anti-ageing, patah tulang dan masih banyak lagi. Dr. Boenjamin mengakhiri dengan berpesan bahwa perkembangan sel punca di Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain, namun Indonesia masih bisa mengejar karena Indonesia memiliki sumber daya yang diperlukan untuk perkembangan teknologi sel punca ini.

Profesor Sheng Ding melanjutkan sesi kuliah dengan memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukannya. Profesor Sheng Ding telah mengidentifikasi berbagai molekul kimia yang dapat digunakan untuk mengatur nasib dari sel punca. Melalui berbagai molekul ini sel punca dapat diprogram sehingga bisa berkembang menjadi berbagai sel dewasa yang kita inginkan. Melalui wawancara eksklusif dengan redaksi Klikdokter, Prof. Sheng Ding juga memaparkan bahwa dirinya yakin dalam beberapa tahun ke depan kita sudah dapat merasakan manfaat dari teknologi sel punca ini.

Sesi kuliah ditutup oleh dr.Stephen E. Epstein. Beliau adalah seorang dokter spesialis jantung yang mendalami hubungan sel punca dengan penyakit jantung. Beliau memaparkan bahwa berbagai penelitian saat ini masih belum dapat menunjukkan manfaat yang signifikan dari terapi sel punca pada penyakit jantung. Namun dr. Stephen berpendapat bahwa hasil ini disebabkan peneliti masih belum menemukan cara yang tepat untuk menggunakan sel punca dengan maksimal. Jika peneliti sudah menemukan cara yang tepat untuk membuka misteri dari sel punca, maka manusia akan mendapatkan manfaat yang besar dai potensi sel punca yang sangat besar.

Kita baru saja memasuki era perkembangan sel punca, sehingga masih banyak yang perlu kita pelajari tentang sel punca ini. Sel punca memiliki potensi yang sangat besar, sel ini dapat menggantikan sel jantung yang rusak, mengganti tulang yang patah atau kerusakan organ lain yang masih belum ada pengobatannya. Ketika teknologi sel punca sudah berhasil, tentu akan banyak sekali nyawa manusia yang dapat diselamatkan.

(AN)

Baca Juga:

  • Penggunaan Sel Punca Mesenkimal untuk Terapi Osteoarthritis
  • Terapi stem Cell Harapan Masa Depan
  • Transplantasi Stems Cell Sembuhkan AIDS

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Kini Harga Obat Kanker Lebih Terjangkau Karena Diproduksi Dalam Negeri

Sebuah titik cerah di dunia kesehatan Indonesia kembali terbit, setelah sejak 2014 PT. Kalbe Farma telah resmi mengoperasikan pabrik obat kanker di kawasan Pulogadung, Jakarta. Demikiannya hal ini berdampak pada lebih terjangkaunya harga obat kanker di Indonesia. Sebagaimana disampaikan Michael Buyung Nugroho, Direktur PT. Kalbe Farma Tbk., "Dengan adanya pabrik tersebut, harga obat kanker dapat ditekan sampai dengan 40 persen," pada kesempatan jumpa pers di Kalbe Oncology Forum Sabtu (2/5/2015). Usaha produksi mandiri ini dapat terealisasi setelah Kalbe melakukan transfer teknologi dengan Samyang Pharmaceutical, Korea Selatan. Dengan produk obat kanker yang telah tersedia untuk kemoterapi dan terapi penunjang kemo, serta nutrisi untuk pasien, Kalbe memberikan harapan pada dunia kesehatan Indonesia, pada khususnya onkologi. Pasalnya, kanker telah lama menjadi momok yang diderita masyarakat Indonesia. Sebagaimana terlansir dari data Jamkesmas pada tahun 2012, pengobatan kanker telah menghabiskan Rp.144,7 miliar. Demikiannya kehadiran obat kanker dengan harga yang lebih terjangkau dapat membantu meringankan beban biaya rakyat Indonesia dalam mengupayakan penanganan penyakit kanker. O [...]

Botox Bisa Hilangkan Kemampuan Berempati

Botox Bisa Hilangkan Kemampuan Berempati

Botox kerap digunakan untuk mencegah keriput di wajah. Tapi berhati-hatilah terhadap efek sampingnya. Menurut sebuah penelitian, botox bisa menghilangkan kemampuan berempati seseorang.Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Social Psychology and Personality Science'. Penelitian itu menemukan bahwa botox tidak hanya membuat otot-otot wajah jadi mati rasa, tetapi juga membuat Anda tidak peka terhadap emosi orang lain.Menurut David Neal, profesor psikologi dari University of Southern California, "jika sinyal otot dari wajah ke otak dibasahi, Anda jadi kurang bisa membaca emosi. Kita bisa mengidentifikasi emosi dengan cara meniru ekspresi wajahnya. Jadi ketika kita tidak bisa meniru ekspresi seseorang karena botox, maka ia akan sulit memahami emosi seseorang."Neal dan tim penelitiannya membandingkan efek botox dengan Restylane (trend terbaru dalam bidang operasi plastik yang menggunakan asam hyaluroic dalam tubuh, khususnya jaringan tubuh). Hasil yang ditemukan,"ketika otot-otot wajah basah, Anda buruk terhadap persepsi emosi, dan ketika otot-otot wajah diperkuat, Anda justru lebih baik terhadap persepsi emosi."Penelitian Neal ini tampaknya saling [...]

Lahir dengan Bantuan Vakum Membuat Anak Bodoh?

Lahir dengan Bantuan Vakum Membuat Anak Bodoh?

Anda pasti sudah tahu bahwa proses persalinan bisa dilakukan secara normal melalui alat kelamin sang wanita, ataupun secara operasi seksio sesarea atau yang lebih dikenal dengan operasi sesar saja. Nah pada persalinan dengan cara normal, yaitu melalui vagina ibu, ada kalanya kepala bayi sulit untuk dilahirkan, sehingga dibutuhkan alat bantu, alat bantu itu salah satunya berupa vakum. Mendengar kata vakum mungkin terlintas di benak Anda vacuum cleaner yang biasa dipakai dalam membersihkan ruangan. Ya, kurang lebih begitulah bentuk vakum yang digunakan untuk menghisap kepala bayi agar lebih mudah dikeluarkan. Saat vakum ini menempel, dengan tekanannya maka secara alamiah kepala bayi akan menjadi lonjong, tetapi tidak perlu ditakutkan, karena lonjongnya kepala ini bersifat sementara dan akan menghilang dalam beberapa hari. Hal yang kemudian menjadi pertanyaan, betulkah penggunaan vakum ini akan mempengaruhi kecerdasan anak di kemudian hari? Berikut jawabannya: Benarkah Membuat Anak Bodoh? Jawabannya tidak, mitos yang selama ini beredar salah, tidak ada dampak penggunaan vakum pada kualitas otak anak. (Baca: 10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas) Namun demi [...]

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Keunggulan Sikat Gigi Elektrik

Oleh: drg. Arni Maharani Berbagai macam merk sikat gigi elektrik dapat dengan mudah kita temukan di pasaran, dengan berbagai macam bentuk dan design. Penggunaan sikat gigi merupakan kegiatan sehari-hari dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan gigi kita. Penggunaan sikat gigi manual lebih dikenal dan familiar dalam masyarakat, dimana dalam memilih sikat gigi ini lebih baik diutamakan yang berbulu lembut dan ujung kepala yang mengecil. Sikat gigi elektrik pertama kali dibuat oleh suatu perusahaan di Amerika pada tahun 1960 yang memiliki bentuk kepala sikat seperti sikat gigi manual dengan gerakan vertikal dan horizontal. Tetapi sekarang design sikat gigi elektrik memiliki kepala sikat yang berputar dan oscilasi. Perputaran dan pergerakan sikat gigi elektrik dirancang mengikuti pergerakan tangan dengan jumlah putaran 3000-7000 permenit. Telah dilakukan beberapa penelitian terkait kekurangan dan keunggulan sikat gigi elektrik dibandingkan sikat gigi biasa. Keunggulan sikat gigi elektrik meliputi : Pembuangan plak lebih baik dibandingkan sikat gigi manual. Plak pada bagian selah-selah gigi (proksimal) lebih dapat dihilangkan oleh sikat gigi elektrik, dimana pada sikat gigi man [...]

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

Ketika Anda sedang haus, segelas penuh minuman dingin sangat menggoda. Ternyata, tidak hanya minuman yang bisa jadi alternatif untuk merehidrasi tubuh saat kekurangan cairan, tapi juga makanan.?Buah dan sayuran mengandung 90 persen air. Meskipun tidak cukup besar kadar airnya untuk tubuh kita, tapi menjadi sumber yang baik saat sedang butuh cairan,? ungkap Roberta Anding, seorang juru bicara Akademi Gizi dan Diet, serta direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital.Seperti yang dilansir dari The Huffington Post, berikut ini enam makanan dengan kadar air tinggi yang baik untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.1.SemangkaSemangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Buah merah dan segar ini kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh setelah olahraga.2.KetimunSebagian besar kandungan dari ketimun adalah air. Ketimun juga mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit lebih cerah. Kandungan serat makanan di dalamnya dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga melancarkan prose [...]

‘Demam’ Orang Dewasa yang Hobi Mewarnai, Buku Gambar Kini Laris Manis

‘Demam’ Orang Dewasa yang Hobi Mewarnai, Buku Gambar Kini Laris Manis

Mewarnai buku gambar kini sedang tren di kalangan orang dewasa, khususnya wanita. Buku-buku mewarnai pun laris manis di situs belanja online. Beberapa bulan terakhir, tepatnya April 2015, dua dari daftar buku terlaris di Amazon adalah buku mewarnai.Hal yang sama juga terjadi di Booktopia, toko buku online terbesar di Australia. Menurut Head of Product dan Chief Buyer Booktopia John Purcell, penjualan buku mewarnai untuk orang dewasa ini meningkat tajam sejak dipasarkan pada Maret 2015. Kepada Business Insider, John mengatakan bahwa kini Booktopia telah memasok ratusan eksemplar buku mewarnai. Dalam sebulan, toko buku online tersebut bisa menjual hingga puluhan ribu buku saat ini."Penjualan di tahun lalu bahkan tidak ada. Jadi ada peningkatan persentase yang sangat, sangat besar di sini," ujar John.Dia menambahkan kini hampir semua perusahaan penerbit, baik besar atau kecil membuat buku mewarnai khusus dewasa. John pun memprediksi bahwa hobi mewarnai buku gambar ini akan berlangsung cukup lama, bukan sekadar tren yang 'numpang lewat'. "Saya tidak melihat tren ini akan cepat berlalu. Kan ada Natal, liburan musim panas. Di Prancis, asal mula berkembangnya tren ini, bertahan hingga [...]

Benarkah Makan Roti Bakar Bisa Memicu Kanker?

Benarkah Makan Roti Bakar Bisa Memicu Kanker?

Tidak dipungkiri lagi, apa yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Sayangnya ada banyak mitos dan kesalahpahaman antara makanan yang aman dan sehat untuk dikonsumsi, dengan yang bisa menimbulkan penyakit. Seperti dikutip dari ABC Australia, ini empat anggapan soal makanan yang belum terbukti benar.1. Makan Roti Bakar Bisa Sebabkan KankerHal ini bisa saja terjadi, karena beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam roti panggang atau bakar ada hubungannya dengan pemicu kanker. Namun belum ada studi yang menginvestigasi apakah orang yang sering makan roti panggang berisiko lebih tinggi terkena kanker. Sejumlah eksperimen pada tikus pun belum ada yang bisa membuktikan apakah roti panggang benar-benar bisa memicu tumor maupun kanker. Namun menurut Dr Paul Brent, seorang ilmuwan di Food Standards Australia and New Zealand, memang ada sejumlah senyawa kimia di dalam roti panggang yang berkaitan dengan faktor-faktor penyebab kanker. Maka dari itu sebaiknya jangan makan roti panggang untuk sarapan atau sebagai camilan setiap hari. Roti yang dipanggang atau dibakar sebaiknya jangan terlalu gosong dan ketika sudah gosong, hindari memakan bagian yang menghitam.2. Makan [...]

5 Penyebab Gangguan Ereksi

5 Penyebab Gangguan Ereksi

Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria megalami masalah untuk mempertahankan ereksi yang konsisten dan berulang. Bila tidak dilakukan terapi maka DE akan menyebabkan kesulitan dalam berhubungan seksual. Kejadian ini dilaporkan pada 1 diantara 5 pria dan angkanya bertambah dengan usia. Ada banyak sekali masalah seksual pada pria seperti libido yang rendah dan gangguan ejakulasi. Namun DE disebut sebagai gangguan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi. Pria dengan gangguan ereksi biasanya memiliki libido yang sehat namun kesulitan untuk mencapai ereksi. Gangguan ereksi akan semakin sering terjadi dengan meningkatnya usia pada pria,biasanya pada usia 40-70 tahun. Sebelum kita membahas hal apa saja yang menjadi penyebab disfungsi ereksi, ada baiknya kita mengenali lebih dulu dan mendalam mengenai disfungsi ereksi berikut ini: Gejala dari gangguan ereksi termasuk: Ereksi yang terlalu lembek untuk hubungan seksual Ereksi yang terlalu sebentar untuk hubungan seksual Kesulitan mencapai ereksi Kenapa hal ini bisa terjadi? Ereksi terjadi saat adanya peningkatan suplai darah ke organ yang dinamakan corpora cavernosa. Hal ini menyebabkan penis membesar dan [...]

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Jadikan Ini Sebagai Pedoman Cemilan Sehat Untuk Anak

Banyaknya kegiatan anak, mulai dari bersekolah hingga bercengkerama dengan teman-temannya, menyebabkan ia membutuhkan porsi makanan yang mampu menyediakan asupan energi yang cukup. Untuk itu, selain asupan dari makanan utama, kita juga perlu memberikan cemilan sehat untuk anak. Cemilan sehat untuk anak perlu disiapkan untuk memberikan bahan bakar yang cukup bagi mereka menjalani aktivitas yang padat. Berkat cemilan sehat, tingkat energi dan pikiran bisa tetap terjaga. Umumnya, anak-anak menyukai cemilan yang didominasi oleh kandungan lemak, gula, dan garam. Untuk mengalihkan kegemaran anak dari jenis cemilan semacam itu, orang tua harus melakukannya secara bertahap. Perubahan secara bertahap ini akan memudahkan mereka dan termasuk Anda sendiri dalam mengubah kebiasaan anak. Tujuannya adalah agar anak dapat merasakan perubahan tanpa mereka sadari. Mulailah dengan membatasi asupan cemilan untuk anak, misalnya menjadi hanya dua kali sehari, pagi satu dan sore satu. Jangan lupa untuk mengawasi jumlah makanan ringan yang dikonsumsi. Anak-anak biasanya menyukai cokelat yang sayangnya mengandung banyak lemak dan gula. Oleh sebab itu, usahakan agar mereka tidak terlalu banyak mengonsumsi [...]

Deteksi & Perawatan Eksim Anak

Deteksi & Perawatan Eksim Anak

Oleh: dr. Nadia Octavia Saat bayi Anda gatal dan memiliki kulit yang kering dan membuatnya terus menggaruk setiap saat, tentu Anda akan melakukan segala cara untuk mengurangi ketidaknyamanannya. Mandikan anak secara rutin Kebanyakan dokter kulit menyarankan agar bayi Anda dimandikan setiap hari jika memiliki eksim. Dengan mandi atau berendam, akan menambahkan kelembaban pada kulit bayi yang kering dan mengurangi resiko infeksi dari bakteri. Gunakan sabun yang bebas pengharum dan memang ditujukan untuk kulit yang sensitif. Mandikan bayi selama 5-10 menit, keringkan dan berikan pelembab. Gunakan pelembab secara rutin Untuk mengurangi kulit kering dan bayi terus menggaruk, aplikasikan pelembab pada kulit bayi setidaknya dua kali sehari. Kulit yang kering akan membuat eksim dan peradangan bertambah parah. Pelembab akan mengurangi lingkaran "gatal dan menggaruk". Pelembab berbahan dasar krim dan salep akan bekerja lebih baik pada kulit bayi Anda dibandingkan dengan lotion. Jika dokter Anda meresepkan krim untuk mengurangi gatal, gunakan terlebih dahulu sebelum pemakaian pelembab. Hindari bahan 'natural' Produk berbahan organik dan alami memang populer digunakan, tetapi kebanyakan produ [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *