Selada Air, si Pengusir Kanker

065111600_1409506733-selada_air1.jpg

Selada air tergolong keluarga brassica. Tanaman air ini telah dikomersialkan sejak abad 18. Begitu banyak zat gizi yang dikandungnya, seperti vitamin C, betakaroten, kalsium, zat besi, juga antioksidan.

Menurut tulisan Xenophon dari Yunani, mengonsumsi selada air mentah dalam jumlah banyak sangat bermanfaat bagi pekerja berat. Sementara ahli herbal dari Eropa menganjurkan mengonsumsinya karena dapat membantu membersihkan darah dan memiliki efek stimulasi pada kerja limpa, hati, dan empedu.

Berbagai penelitian, menurut ahli gizi kuliner Toeti Sunardi juga menunjukkan bahwa selada air bermanfaat bagi kesehatan, karena mengandung zat besi, vitamin C, betakaroten, dan phytonutrient sebagai antioksidan. Pada penelitian terhadap perokok, asap tembakau penyebab kanker paru yang disebut NNK (Nicotine Derived Nitrosamine Ketone), mampu dikeluarkan sebagian dengan mengonsumsi 50 gr selada air, 3 kali sehari.

Ini adalah efek dari isothyocynate yang ada pada selada air. Juga disebabkan adanya kemampuan enzim dalam mengeluarkan zat penyebab kanker. Sekali mengonsumsi selada air sebanyak 50 gr, akan memberi zat pertahanan 5-10 mgr.
Selada air juga mengandung sejumlah antioksidan, yang mengurangi risiko penyebab kanker. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cruciferous, termasuk selada air, secara rutin dapat mengurangi risiko kanker kolon, rektum, dan kelenjar gondok.

Kram Otot dan Buta Senja
Dari hasil penelitian laboratorium, Toeti Sunardi mengungkapkan, isothyocynate dalam selada air mampu menghambat enzim yang membantu kerusakan DNA serta kanker. Mengonsumsi selada air secara rutin akan mengurangi risiko terhadap kanker. Selada air juga kaya akan kalsium, mineral yang berperan dalam memperkuat tulang, gigi, serta kesehatan saraf otot dan darah. Selada air juga mengandung zat besi, betakaroten, dan vitamin C yang membantu penyerapannya.

Buta senja juga dapat diperbaiki dengan mengonsumsi selada itu. Itu karena sayuran ini mengandung betakaroten yang dibutuhkan untuk pembentukan penglihatan, pigmen dalam retina, yang dapat membantu melihat dalam kegelapan.
Di Indonesia, selada air masih menjadi sayuran golongan sosial rendah. Mengingat kegunaannya, mari kita sosialisasikan dengan resep menarik dan bergaya modern.

Karena sayuran ini berwarna hijau, dapat diragamkan dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung, yang sudah banyak digemari. Jika tidak suka menyantapnya secara segar, dapat di-blanching lebih dulu, agar bau langu hilang.
Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air, sesuai dengan kebiasaan tiap-tiap daerah di Indonesia. @

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Sebelum Hubungan Intim, Minum Jamu Ini Bisa Greng

Sebelum Hubungan Intim, Minum Jamu Ini Bisa Greng

Selain mencegah dan menyembuhkan kita dari suatu penyakit berbahaya bagi tubuh, mengonsumsi jamu tradisional secara rutin juga bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas seksual di atas ranjang. Saat melakukan penelitian 'Budaya Minum Jamu Dalam Mendukung Pelayanan Kesehatan di Indonesia', Profesor Riset ke-11 Bidang Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. dr. Lestari Handayani, M. Med turut meneliti jamu tradisional yang ada di Madura."Di sana ibu-ibunya sangat memperhatikan itu. Mereka rutin mengonsumsi jamu agar mampu melayani suami dengan sangat baik," kata Lestari Handayani ditulis Senin (01/12/2014).Ada pun jamu yang dikonsumsi oleh ibu-ibu di Madura, lanjut Lestari, adalah jamu rapet. "Biasanya memang jamu itu. Tapi, jamu yang berasal dari kunir dan temulawak juga dapat bermanfaat seperti itu," kata dia menerangkan.Karena kerap menggunakan jamu setiap kali akan berhubungan seksual, tidak hanya para ibunya saja yang rutin mengonsumsinya. Para bapak di sana juga melakukan hal yang sama."Bapaknya juga perduli, dengan pergi ke kios jamu. Sedangkan si ibu membuatnya sendiri di rumah. Sirih direbus dengan kunyit juga bisa digunakan," kata dia menekankan. [...]

5 Rempah Pencegah Kanker

5 Rempah Pencegah Kanker

Tidak sedikit yang masih percaya dengan obat herbal atau rempah-rempah guna meningkatkan kesehatan. Lima rempah yang dikutip dari Dummies, Jumat (14/2/2014) ini dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.1. JaheJahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati segala sesuatu dari pilek hingga sembelit. Jahe dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk bubuk (bumbu jahe) atau manisan.Dengan mengonsumsi jahe dapat membantu memberikan kenyamanan pada perut dan menghilangkan rasa mual. Jahe juga dapat menjadi pelengkap untuk pengobatan kanker.2. RosemaryTanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Masakan mediterania banyak yang menggunakan herbal ini untuk menambah rasa pada sup atau masakan olahan daging. Banyak yang percaya rosemary dapat mencegah kanker, para peneliti sedang melakukan pengujian terkait hal itu.Rosemary dapat membantu proses detoksifikasi, melancarkan saluran pencernaan, menghilangkan kembung, dan meningkatkan nafsu makan.3. KunyitKandungan curcumin yang ada pada kunyit memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi atau peradangan serta bersifat anti oksidan yang dapat melindungi diri dari perkembangan kanker.Selain [...]

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

Program detoksifikasi yang sering disingkat detoks kini sedang jadi tren. Para selebriti dan ahli kesehatan sepertinya sedang ramai-ramai menyebarkan virus detoks. Detoks sendiri berfungsi membersihkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk detoks tubuh, namun belum tentu cocok dan sehat untuk tubuh sendiri. Anda tak perlu mengikuti program detoks yang macam-macam karena tubuh sendiri sudah mampu membersihkan tubuh. Namun, Anda bisa membantu kerja organ tubuh membersihkan tubuh lebih baik dengan 8 makanan terbaik berikut ini seperti dikutip dari laman fitnea (30/6). 1. AlpukatTak perlu merasa bersalah untuk menikmati buah yang satu ini meski kandungan lemak nabatinya tinggi. Alpukat mengandung antioksidan yang lengkap termasuk glutathione. Kandungan ini akan membantu mengelurakkan racun berbahaya dari tubuh. 2.CranberiCranberi sangat baik untuk mencegah infeksi saluran kemih juga menyingkirkan racun dalam tubuh. 3. KubisJangan meremehkan manfaat kubis. Kandungan belerang dalam kubis berperan mendorong keluar bahan kimia yang tidak dibutuhkan tubuh. Ada juga kandungan sulfur dalam kubis untuk membersihkan tubuh dari bahan pestisida yang [...]

Ekstrak Pepaya Efektif Obati DBD

Ekstrak Pepaya Efektif Obati DBD

Sebuah penelitian yang diterbitkan diterbitkan dalam jurnal Annals of Medical & Health Sciences Research menemukan bahwa ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan trombosit sehingga efektif obati DBD.Mengutip laman Medindia, Kamis (28/8/2014), peneliti menemukan beberapa pasien yang sembuh dari demam berdarah dengan mengonsumsi ekstrak daun pepaya. (baca: Tak Hanya Nanas dan Daun Pepaya, Kiwi pun Bisa Lunakkan Daging)"Walaupun banyak studi tidak memiliki bukti ilmiah, tapi satu studi ini dilakukan lebih ilmiah menggunakan standar ekstrak daun pepaya. Dan ternyata menunjukkan hasil yang baik," kata peneliti.Peneliti mengungkapkan, pasien DBD yang menerima ekstrak daun pepaya menunjukkan perkembangan positif dalam hal peningkatan jumlah trombosit. (baca: Ibu Hamil Makan Pepaya, Amankah?)Untuk memperkuat temuan ini, peneliti akan melakukan studi jangka panjang lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dan keamanan penggunaan ekstrak daun pepaya sebelum dapat digunakan sebagai obat. [...]

Jangan Sembarangan Minum Obat Campuran Herbal dan Kimia!

Jangan Sembarangan Minum Obat Campuran Herbal dan Kimia!

Demi mempercepat penyembuhan, tak jarang kita menggabungkan pemakaian obat entah dua-duanya obat berbahan kimia sintentik atau herbal, atau obat berbahan kimia sintetik digabung dengan obat herbal. Parahnya, tidak semua obat kimia sintetik cocok bila dikombinasi dengan obat herbal. Demikian disampaikan Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014) "Misalnya saja, ada orang beranggapan bahwa mengonsumsi statin bersamaan dengan obat herbal hasilnya lebih bagus. Tapi, penelitian tidak menyebutkan hal itu," ujar Arijanto menjelaskan. Arijanto mengatakan, penelitian menunjukan, konsumsi obat herbal secara bersamaan dengan statin menghasilkan efek yang buruk. "Justru hasilnya akan lebih baik, jika obat herbal tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan statin," katanya menambahkan. Mengapa demikian? Karena, di dalam obat herbal, ada tanin yang mengikat zat aktif dari obat-obat statin tersebut, sehingga tidak akan bekerja maksimal. Maka itu, untuk menyiasatinya, Arijanto menganjurkan, konsumsi obat herbal di pagi hari d [...]

Banyak Orang Indonesia Rasakan Manfaat Jamu

Banyak Orang Indonesia Rasakan Manfaat Jamu

Dari hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hampir enam puluh persen rakyat Indonesia pernah mengonsumsi obat tradisional seperti jamu sebagai penyembuh dan pencegahan berbagai macam penyakit."Saat itu yang ditanyakan adalah apakah sudah pernah mengonsumsi obat tradisional? Mereka menjawab pernah," kata Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, dr. Danang Ardianto kepada Health-Liputan6.com saat menjadi peserta `Saintifikasi Bahan Herbal Media Trip Bersama SOHO Global Health`, di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, ditulis Rabu (10/12/2014)Dan dari 60 persen, 90 persen mengatakan manfaat jamu memang terbukti. "Apalagi kalau di Klinik Saintifikasi Jamu ini, semua pasien akan diberi jamu," kata dia menambahkan.Menurut Danang, kepercayaan masyarakat Indonesia, secara khusus masyarakat Tawangmangu, telah mempercayai bahwa mengonsumsi jamu benar-benar menyehatkan, tidak seperti yang selama ini ditakutkan."Sebelum datang ke sini, dari rumah pun mereka sudah percaya kalau diberi jamu baik bagi kesehatan mereka," kata Danang.Bahkan, penikmat jamu bukan hanya berasal dari penduduk lokal di sana saja, semua pasien yang b [...]

Baking Soda Bisa Jadi Obat Jerawat Sampai Bau Badan

Baking Soda Bisa Jadi Obat Jerawat Sampai Bau Badan

Baking soda tidak hanya untuk bahan membuat kue. Lebih dari itu, baking soda juga dapat digunakan untuk merawat tubuh Anda, terlebih para wanita. Caranya?Berikut beberapa cara yang dapat digunakan dalam merawat kecantikan Anda, seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (29/3/2014)* Anda dapat mencampur tiga sendok baking soda ke dalam air dan membuatnya menjadi pasta. Setelah itu, oleskan di wajah Anda untuk dijadikan scrub. Campuran ini berguna untuk menghaluskan kulit wajah Anda.* Baking soda juga dapat dijadikan deodoran alami, ketika Anda menggosokkannya di bagian ketiak. Campurkan seperdelapan sendok teh baking soda dan satu sendok makan air. Lalu, oleskan di ketiak untuk menghilangkan keringat pada ketiak.* Baking soda juga bisa digunakan untuk melembutkan kutikula. Tambahkan sedikit baking soda dengan air sampai membetuk pasta. * Selain itu, baking soda juga dapat menyingkirkan jerawat pada bagian wajah Anda. Campurkan beberapa sendok baking soda dengan perasan jeruk lemon dan mengoleskan ke wajah Anda.* Untuk memutihkan gigi, baking soda juga dapat jadi bahan andalan Anda. Celupkan sikat gigi Anda ke dalam campuran baking soda yang Anda racik. [...]

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya akan nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, buah kesemek bisa didapat hanya saat musim gugur dan musim dingin saja. Berikut ini manfaat yang akan didapat bila rutin mengonsumsi buah kesemek, seperti dikutip Health Me Up, Senin (10/11/2014)1. Lindungi mataKesemek kaya vitamin A, yang membantu melindungi mata. Selain mencegah kerusakan retina, katarak, dan berkaitan dengan usia degenerasi makula, juga dapat membantu memperkuat bagian mata lain.2. Cegah kankerBuah kesemek yang dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 3. Awet mudaKesemek pun memiliki banyak nutrisi yang mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan memperlambat proses penuaan.4. Tingkatkan kekebalan tubuhMakan buah kesemek membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi. Sebab, buah ini sarat dengan sifat anti-inflamasi.5. Menurunkan berat badanKesemek yang merupakan buah rendah kalori dan lemak, juga memiliki banyak serat, sehingga mampu memuaskan rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama. Individu yang mengonsumsi buah kes [...]

Kesempatan Indonesia Internasionalkan Jamu

Kesempatan Indonesia Internasionalkan Jamu

Dalam kunjungan ke Jenewa mengikuti pertemuan penelitian di WHO minggu ini, saya mendapat informasi dari Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di Jenewa bahwa Indonesia (diwakili PTRI) menjadi Ketua Like Minded Countries (LMC) ?yang membahas Genetic Resources, Traditional Knowledge, Folklore (GRTKF). Pembahasan di tingkat PBB di Jenewa dikabarkan masih cukup ketat dan membutuhkan waktu diskusi panjang. Dalam kaitan dengan kesehatan, database jamu dan tanaman obat kita (yang dimiliki Balitbangkes) mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu bahan diskusi GRTKF di UN Geneve ini, seperti hasil Ristoja, koleksi herbarium nasional yang sudah terdaftar, dan masih banyak lagi. Saya akan koordinasikan hal ini di tanah air, lalu komunikasikan dengan PTRI Jenewa. ?Saat ini kita juga sedang dalam proses memulai penelitian Randomozed Case Control Trial (RCT) tentang 3 saintifikasi Jamu, yaitu untuk jamu untuk osteoarthritis, dispepsia dan hemorhoid. Pelatihan para 94 dokter yang akan menjadi pelaksana (utamanya di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur) telah selesai pada minggu lalu. Randomisasi untuk penelitian ini akan kami lakukan terpusat, artinya bisa saja 1 dokter mendapat plasebo saja [...]

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Tambahkan Bubuk Jintan Pada Makanan Saat Diet

Satu lagi bahan herbal alami yang bisa membantu Anda suskes diet. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa bubuk jinten dapat membantu penurunan berat badan, mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan kadar kolesterol tidak sehat secara alami.Para peneliti di Shahid Sadoughi University of Medical Sciences, Iran membagi 88 wanita yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas menjadi 2 kelompok. Selama 3 bulan, kedua kelompok tersebut menerima konseling gizi dan penurunan asupan sehari-hari mereka hingga 500 kalori. Tapi satu kelompok diresepkan untuk mengonsumsi kurang dari 1 sendok teh bubuk jintan per hari.Pada akhir percobaan 3 bulan, kelompok yang diberikan resep bubuk jintan kehilangan bobot tubuh hingga 3 kilogram lebih dibandingkan kelompok non-jinten. Yang lebih mengesankan, persentase lemak tubuh kelompok jintan menurun 14,64 persen atau hampir tiga kali lipat dari non jintan.Tak hanya itu, sejumlah lemak darah berbahaya, atau trigliserida juga turun 23 poin, padahal kelompok non jintan hanya turun sekitar 5 poin. Lantas bagaimana kelompok jintan mendapatkan perubahan dramatis seperti itu? peneliti mengungkapkan, jintan kaya pitosterol, bahan kimia tanaman yang dikenal [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *