Selada Air, si Pengusir Kanker

065111600_1409506733-selada_air1.jpg

Selada air tergolong keluarga brassica. Tanaman air ini telah dikomersialkan sejak abad 18. Begitu banyak zat gizi yang dikandungnya, seperti vitamin C, betakaroten, kalsium, zat besi, juga antioksidan.

Menurut tulisan Xenophon dari Yunani, mengonsumsi selada air mentah dalam jumlah banyak sangat bermanfaat bagi pekerja berat. Sementara ahli herbal dari Eropa menganjurkan mengonsumsinya karena dapat membantu membersihkan darah dan memiliki efek stimulasi pada kerja limpa, hati, dan empedu.

Berbagai penelitian, menurut ahli gizi kuliner Toeti Sunardi juga menunjukkan bahwa selada air bermanfaat bagi kesehatan, karena mengandung zat besi, vitamin C, betakaroten, dan phytonutrient sebagai antioksidan. Pada penelitian terhadap perokok, asap tembakau penyebab kanker paru yang disebut NNK (Nicotine Derived Nitrosamine Ketone), mampu dikeluarkan sebagian dengan mengonsumsi 50 gr selada air, 3 kali sehari.

Ini adalah efek dari isothyocynate yang ada pada selada air. Juga disebabkan adanya kemampuan enzim dalam mengeluarkan zat penyebab kanker. Sekali mengonsumsi selada air sebanyak 50 gr, akan memberi zat pertahanan 5-10 mgr.
Selada air juga mengandung sejumlah antioksidan, yang mengurangi risiko penyebab kanker. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cruciferous, termasuk selada air, secara rutin dapat mengurangi risiko kanker kolon, rektum, dan kelenjar gondok.

Kram Otot dan Buta Senja
Dari hasil penelitian laboratorium, Toeti Sunardi mengungkapkan, isothyocynate dalam selada air mampu menghambat enzim yang membantu kerusakan DNA serta kanker. Mengonsumsi selada air secara rutin akan mengurangi risiko terhadap kanker. Selada air juga kaya akan kalsium, mineral yang berperan dalam memperkuat tulang, gigi, serta kesehatan saraf otot dan darah. Selada air juga mengandung zat besi, betakaroten, dan vitamin C yang membantu penyerapannya.

Buta senja juga dapat diperbaiki dengan mengonsumsi selada itu. Itu karena sayuran ini mengandung betakaroten yang dibutuhkan untuk pembentukan penglihatan, pigmen dalam retina, yang dapat membantu melihat dalam kegelapan.
Di Indonesia, selada air masih menjadi sayuran golongan sosial rendah. Mengingat kegunaannya, mari kita sosialisasikan dengan resep menarik dan bergaya modern.

Karena sayuran ini berwarna hijau, dapat diragamkan dengan sayuran hijau lainnya seperti bayam dan kangkung, yang sudah banyak digemari. Jika tidak suka menyantapnya secara segar, dapat di-blanching lebih dulu, agar bau langu hilang.
Banyak resep yang dapat dibuat dengan menggunakan selada air, sesuai dengan kebiasaan tiap-tiap daerah di Indonesia. @

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya akan nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, buah kesemek bisa didapat hanya saat musim gugur dan musim dingin saja. Berikut ini manfaat yang akan didapat bila rutin mengonsumsi buah kesemek, seperti dikutip Health Me Up, Senin (10/11/2014)1. Lindungi mataKesemek kaya vitamin A, yang membantu melindungi mata. Selain mencegah kerusakan retina, katarak, dan berkaitan dengan usia degenerasi makula, juga dapat membantu memperkuat bagian mata lain.2. Cegah kankerBuah kesemek yang dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 3. Awet mudaKesemek pun memiliki banyak nutrisi yang mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan memperlambat proses penuaan.4. Tingkatkan kekebalan tubuhMakan buah kesemek membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi. Sebab, buah ini sarat dengan sifat anti-inflamasi.5. Menurunkan berat badanKesemek yang merupakan buah rendah kalori dan lemak, juga memiliki banyak serat, sehingga mampu memuaskan rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama. Individu yang mengonsumsi buah kes [...]

Biji Tomat, Sahabat bagi Jantung Anda

Biji Tomat, Sahabat bagi Jantung Anda

Tak hanya buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung betakaroten yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia, biji tomat yang biasanya dibuang ketika diolah menjadi makanan ternyata mengandung zat penting bagi tubuh. Bagi Anda yang suka membuang biji tomat hendaknya tahu bahwa biji tomat ternyata baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh par ilmuwan dari Aberdeen Rowet Institute, Inggris, Senin (22/9/2014) menyebutkan bahwa biji tomat dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Lendir yang membungkus biji tomat bisa mengurangi risiko penggumpalan darah. Bahkan khasiat biji tomat ini sama efektif dengan aspirin. Penemuan ini melibatkan 43 orang selama tujuh bulan. Dalam penelitian tersebut, khasiat biji tomat dibandingkan dengan aspirin. ?Kami menemukan jika ektrak biji tomat memiliki khasiat yang sama seperti aspirin. Bahkan tanpa efek samping. Sedangkan aspirin memiliki efek samping seperti pendarahan pada perut,? ucap Stephen Moon dari Prvoxis, produsen yang memproduksi ektrak biji tomat. Jadi, jangan buang biji tomat ya. Lebih baik makan saja, toh tidak pahit bahkan enak. [...]

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Cara Alami Tuntaskan Sakit Tenggorokan

Bagi jutaan orang setiap tahun, sakit tenggorokan adalah peringatan bahwa mereka akan segera terkena flu, pilek atau infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. Tapi walaupun ada banyak obat sakit tenggorokan, solusi alami sepertinya dapat membantu.Selain murah, bahan alami di rumah bisa mengobati mengurangi rasa sakit dan menghilangkan gejala awal flu. Lebih jelasnya, berikut panduan untuk mengatasi sakit tenggorokan, seperti dikutip Doctoroz, Kamis (16/10/2014).1. Akar manis (licorice)Bahan alami ini telah digunakan dalam pengobatan sakit tenggorokan, membantu menghilangkan dahak atau lendir di hidung, tenggorokan dan paru-paru selama ribuan tahun. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa berkumur dengan air mengandung licorice dapat memulihkan pasien yang memiliki masalah tenggorokan. 2. Sup ayam Catat makanan ini dalam daftar makanan pokok ketika menjadi sakit. Penelitian menunjukkan, sup ayam dapat mengurangi gejala flu dan menenangkan tenggorokan.3. Cuka apelCuka apel diduga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Keasaman cuka aple dapat meningkatkan sel darah putih sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 4. M [...]

Atasi Kerutan dan Selulit dengan Minyak Zaitun

Atasi Kerutan dan Selulit dengan Minyak Zaitun

Semakin bertambah usia, kerutan pada wajah semakin terlihat dan membuat banyak wanita tidak percaya diri. Tak heran bila banyak yang menghabiskan dana lebih untuk memperlambat proses penuaan dini.Menurut anak dari cucu Raja Surakarta Hadiningrat ke-10 Sri Susuhunan Paku Buwono X l sekaligus Presiden Direktur PT. Mustika Ratu, Tbk, Putri Kuswisnu Wardani, merawat kecantikan tidak butuh biaya mahal. "Saat ini semua orang sepertinya ingin kembali ke perawatan alami dengan menggunakan tanaman herbal agar tubuh fit dan cantik. Tidak perlu mahal supaya cantik. Smakin bertambah usia, kerutan kan semakin terlihat nah biasanya orang Keraton itu menggunakan minyak zaitun," kata Putri, ditulis Jumat (21/2/2014).Putri yang sudah terbiasa dengan perawatan tubuh tradisional asli Keraton Solo ini mengatakan penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat menghilangkan kerutan dan selulit."Biasanya kalau kerutan itu bisa membuat selulit semakin terlihat. Nah pakai minyak zaitun setelah mandi. Biasanya pemakaiannya itu pagi dan malam hari secara rutin," kata Putri.Minyak zaitun memiliki kandungan utama yaitu vitamin E dan oleic acid, yang keduanya memiliki banyak khasiat untuk kulit. Oleic acid dapat m [...]

Bahaya Campur Kuning Telur dengan Jamu?

Bahaya Campur Kuning Telur dengan Jamu?

Tidak sedikit dari kita yang kerap mencampurkan telur saat akan meminum jamu. Lantas, salahkah bila jamu dicampur dengan telur?Profesor Riset ke-11 Bidang Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. dr. Lestari Handayani, M. Med, mengatakan, karena telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, maka tidak masalah mencampurkan telur ke dalam jamu. "Itu kan untuk kebutuhan protein, dan tubuh kita memang membutuhkan protein. Jadi, tidak masalah," kata Lestari ditulis Sabtu (29/11/2014)Lagipula, mencampurkan telur ke dalam segelas jamu akan membantu mereka yang ingin tahan lama di atas ranjang. "Karena ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat, protein sangat dibutuhkan. Namun, jangan lupa juga mengonsumsi makanan seimbang," kata dia menambahkan.Namun sayangnya, kebiasaan buruk masyarakat kita adalah selalu memilih kuning telur untuk dicampurkan ke dalam jamu. Memang tidak apa-apa, tapi kalau terlalu sering akan berbahaya bagi tubuh kita."Kuning telur itu kan kolesterolnya sangat tinggi. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi kuning telur yang mentah juga harus waspada terhadap bakteri yang ada di dalam telur," kata dia mengingatkan. [...]

Selain Lavender, Ini 3 Aromaterapi yang Bikin Tidur Lelap

Selain Lavender, Ini 3 Aromaterapi yang Bikin Tidur Lelap

Aroma lavender sudah dikenal luas bisa membantu seseorang lelap tertidur. Namun, di luar aroma tersebut masih tiga aroma lain yang membuat tidur lebih pulas. Berikut tiga aroma yang membuat tidur lebih nyenyak seperti dilansir Canadian Living, Jumat (19/9/2014). 1. ChamomileAroma bunga chamomile dikenal mampu meredakan ketegangan dan membuat rileks tubuh dan pikiran sehingga membuat tubuh nyaman. 2. Bunga melatiHarumnya aroma bunga melati dapat menenangkan pikiran yang sedang kalut. Juga bisa membantu mengatasi perasaan cemas dalam diri seseorang. Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan asisten profesor psikologi Dokter Bryan Raudenbush dari Wheeling Jesuit University mengungkapankan bahwa aroma bunga melati membuat tidur lebih dalam. Dampaknya, pada keesokan hari mata lebih waspada terhadap sekitar. 3. VanilaAroma manis ini tak membuat kue jadi lezat. Aroma vanila telah lama dikenal sebagai antidepresan yang memberikan rasa tenang. Selain itu digunakan juga untuk membantu terapi mereka yang ingin menurunkan tekanan darah. Bahkan, sebuah studi di Memorial Sloan Kettering Hospital di New York pada tahun 90-an mencoba untuk menguji kebenaran ini. Hasilnya, sebanyak 63 persen pa [...]

Bagaimana Menentukan Obat China yang Asli?

Bagaimana Menentukan Obat China yang Asli?

Pengguna obat tradisional Cina di Indonesia semakin banyak. Antara lain karena pemerintah harus tunduk pada era perdagangan bebas, sehingga para penggemar obat tradisional menjadi lebih mudah untuk mendapatkannya. Masalahnya, di mana membeli obat yang asli? Bagaimana cara mengetahui obat itu palsu atau tidak? Berikut ini beberapa saran sebagai panduan membeli obat China menurut doktor ilmu pengobatan China tradisional (Traditional Chinese Medicine) DR.dr. William Aditeja. - Pilih yang mencantumkan izin BPOM yang dicetak pada kemasannya - Periksa apakah nama/alamat perusahaan pengimpor tercantum jelas - Periksa apakah terdapat hologram nama perusahaan yang mengimpornya - Periksa apakah terdapat keterangan kandungan isi/komposisinya - Teliti indikasi dan kontraindikasinya (pantangan) - Jangan membeli yang tidak ada bahasa Indonesianya - Periksa apakah tercantum nomor telepon customer service dan konsultasi - Periksa apakah mencantumkan tanggal kedaluwarsanya - Bila kemasan dibuka, bau obat tradisional Cina berbeda dengan obat kimia sintetis (seperti jamu) - Bila kapsul dibuka, bubuk obat tradisional Cina lebih kasar - Bila kemasan dibuka, [...]

Resep Antimual bagi Wanita Hamil

Resep Antimual bagi Wanita Hamil

Mual yang dialami wanita hamil pada trimester pertama memang mengganggu. Apalagi jika rasa itumual muncul saat tengah berada di tempat umum atau keramaian.Untuk mencegah mual saat hamil, Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB memberikan tips mudah yang bisa dilakukan ibu hamil."Cuci jahe dan keprok hingga keluar minyak atisiri di dalamnya. Campur jahe dengan air hangat dan ditambah madu. Biarkan selama beberapa saat dan minum," kata Abrijanto saat ditemui di Demang resto, ditulis Jumat (11/7/2014).Cara ini, kata Abrijanto efektif untuk menghilangkan rasa mual. Dan semua orang boleh mencobanya bukan hanya ibu hamil. "Resep ini juga sering dibuat wanita hamil di Jerman," katanya. [...]

Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Peneliti Kembangkan Pisang Super yang Mengandung Vitamin A

Melihat defisiensi vitamin A yang membunuh ribuah anak di dunia dan ratusan di antaranya menderita kebutaan, peneliti pun mengembangkan pisang super yang mengandung alfa dan beta karoten.Pisang yang dibuat oleh Profesor James Dale dan timnya di Australia ini merupakan rekayasa hasil genetika.AFP melaporkan, tubuh yang mencerna pisang super ini akan mengubah alfa dan beta karoten menjadi vitamin A. Setelah lolos uji hewan, saat ini percobaan penelitian akan dilakukan kepada manusia dan pengawasannya dilakukan selama 6 minggu.Penelitian yang didukung oleh Bill dan Melinda Gates Foundation ini juga akan melihat tingkat vitamin A yang dicapai saat dicerna tubuh manusia. "Jika pisang ini mendapat lampu hijau di Uganda, tanaman mikronutrien ini dapat tumbuh di Rwanda, Kenya, dan Tanzania," kata Dale, seperti dikutip Foxnews, Selasa (17/6/2014). [...]

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik."Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia," kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. "Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia," kata dia menambahkan.Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya."Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabete [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *