Selaput Dara dan Tes Keperawanan

tes-perawan-keperawanan.jpg

Isu tentang keperawanan saat ini sedang kembali hangat dibicarakan. Belum luput dari ingatan kita isu tes keperawanan menghangat akibat usulan Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan untuk melakukan tes keperawanan terhadap siswi SMA dan yang sederajat. Kini isu tersebut kembali mengemuka setelah berbagai media membicarakan mengenai tes keperawanan terdapat pada proses persyaratan tetap rekrutmen polisi wanita.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Agus Rianto mengatakan, tes kesehatan tersebut bertujuan untuk mempersiapakan para calon anggota untuk menjadi personil Polri yang handal nantinya. Menanggapi hal ini kemudian banyak pihak yang bersuara, baik dalam nada yang mendukung ataupun menentang.

Lalu bagaimana apabila isu ini dilihat dari kacamata medis? Berikut penjelasannya:

Konsep Keperawanan

Istilah perawan secara umum dikaitkan erat dengan adanya selaput dara yang intak pada perempuan yang bersangkutan. Selaput dara atau dalam dunia medis disebut hymen adalah membran atau selaput yang terletak di pembukaan vagina atau bagian tepi bawah vagina.

Selaput dara dapat tipis atau tebal. Ketika seseorang melakukan hubungan seks, masuknya penis ke dalam liang vagina dapat merobek selaput dara. Hal ini yang kemudian dalam masyarakat dikenal dengan hilangnya keperawanan. Akan tetapi, sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidak semua perempuan dilahirkan dengan selaput dara. Pada kasus seperti ini tentunya definisi perawan tidak dapat ditentukan berdasarkan ada atau tidak selaput dara.

Selain itu, ada juga penelitian yang menemukan bahwa selaput dara seorang perempuan dapat robek akibat aktivitas yang tidak terkait dengan hubungan seks seperti olahraga berkuda atau kecelakaan yang mengakibatkan cedera di daerah pinggul. Melihat hal ini, definisi perawan berdasarkan intaknya selaput dara tentu menjadi dipertanyakan konteksnya sebab tidak selalu robeknya selaput dara tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas seksual.

Bagaimana bentuk keperawanan terpantau dari aspek medis?

Keperwanan Dalam Tinjauan Medis

Secara struktur, selaput dara perempuan seringkali dianggap sebagai selaput yang utuh tidak berlubang yang terletak di mulut vagina perempuan. Padahal struktur selaput dara sebenarnya sangat variatif dan karena letaknya yang agak masuk ke dalam vagina, seringali tidak terlihat dari luar. Oleh sebab itu, untuk melihat adanya selaput dara, bibir vagina atau di dunia medis disebut sebagai vulva harus dibuka dan juga dapat dilakukan pemeriksaan dalam.

Variasi bentuk selaput dara bermacam-macam, ada yang seperti bulan sabit atau selaput bundar yang berlubang atau seperti setengah lingkaran. Pada beberapa kasus, struktur selaput dara dapat sangat tebal sehingga ketika hendak melakukan hubungan seksual, selaput dara tidak dapat robek dan menyebabkan nyeri. Selaput dara yang sifatnya seperti ini dapat membutuhkan prosedur medis supaya dapat dirobek dengan baik.

Di lain pihak, karena adanya harapan yang ditetapkan pada seorang perempuan untuk memiliki selaput dara saat menikah, saat ini tersedia sebuah prosedur operasi yang bertujuan mengembalikan kondisi selaput dara hingga kembali intak. Tindakan untuk merestorasi selaput dara ini di dunia medis disebut dengan nama hymenoplasty.

Bagaimanakah hymenoplasty dapat ‘mengembalikan’ keperawanan? Berikut penjelasannya:

Kembali Perawan dengan Hymenoplasty

Hymenoplasty melibatkan tindakan menimbulkan adanya selaput di dalam liang vagina sehingga terlihat seperti selaput dara yang intak. Apabila dilakukan dengan benar, penampakan selaput buatan ini tidak ada bedanya dengan selaput dara. Operasi ini biasanya dilakukan oleh seorang dokter spesialis bedah plastik dan tidak jarang memerlukan biaya yang cukup besar.

Tentunya dalam kasus ini, berarti dapat terjadi kondisi dimana seorang perempuan sebenarnya sudah melakukan hubungan seksual tetapi karena adanya selaput buatan tersebut maka dapat dikatakan perawan menurut definisi yang dipakai oleh masyarakat terkait adanya selaput dara.

Setelah mengetahui sedikit lebih dalam mengenai selaput dara, wacana pelaksanaan tes keperawanan ini tentunya dapat dinilai secara lebih obyektif, bukan?

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Kebiasaan Sehat Orang Jepang yang Bisa Ditiru

6 Kebiasaan Sehat Orang Jepang yang Bisa Ditiru

Dengan perkembangan teknologi yang begitu maju, Jepang pun mampu membuat 'lompatan besar' dalam pengobatan kanker dan penyakit jantung. Namun nyatanya hal itu tidak semata-mata berkat teknologinya.Pola hidup mereka yang baik membuat orang Jepang panjang umur dan lebih sehat. Seperti yang dikutip dari Self, berikut beberapa kebiasaan sehat para orang Jepang yang bisa ditiru.1. Makan Rumput LautRumput laun merupakan salah satu bahan utama masakan orang Jepang. Secara haraviah, rumpu laut mengandung multivitamin yang berisi potasium, kalsium, magnesium, besi, yodium vitamin C, serat dan bea karoten.2. Makan IkanSudah menjadi kebiasaan orang Jepang untuk mengonsumsi ikan tuna, makarel dan salmon. Ketiganya dipercaya mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara.3. Minum Teh Hijau atau OchaMenurut penelitian, orang yang minum enam cangkir teh dalam sehari memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Kandungan antioksidannya juga dapat mengurangi risiko osteoporosis dan kanker.Sejumlah penelitian juga mengatakan bahwa senyawa kimia EGCG dan antioksidan catechin yang ditemukan dalam teh hijau, bisa mempercepat metab [...]

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Pada Telinga

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Pada Telinga

Bila Anda sedang terserang penyakit pilek, apakah Anda pernah merasakan rasa tidak nyaman pada telinga Anda seperti perasaan telinga seperti tersumbat? Mengapa bisa terjadi hal tersebut? Lubang hidung kita salurannya akan bermuara ke tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga kita dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar. (Baca: Waspadai Jika Telinga Berdengung) Hubungan Pilek dengan Gangguan Kesehatan Telinga Bila kita sedang pilek, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat mengakibatkan infeksi telinga. Penumpukan lendir pada tuba dapat merupakan tempat bakteri untuk berkembang biak. Bila sudah terjadi infeksi, terjadi penumpukan nanah di dalam tuba. Penumpukan nanah tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan nanah tersebut akan keluar merobek gendang telinga, hal ini akan menimbulkan ny [...]

Baca Ini Dulu Sebelum Makan Sate

Baca Ini Dulu Sebelum Makan Sate

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, tentu sangatlah mudah menemukan penjual sate. Sate sangat digemari para penduduk Indonesia karena rasanya yang enak dan harganya terjangkau semua kalangan. Apa saja sebetulnya kandungan gizi dalam sate? Sate mengandung protein yang tinggi karena umumnya terdiri dari daging. Selain itu sate juga mengandung lemak yang tinggi, terutama lemak jenuh yang berasal dari lemak dan minyak sayur yang digunakan sewaktu memprosesnya. Sebagai gambaran umum, pada sate ayam terkandung kadar lemak jenuh sebesar 20%, sate sapi 30% dan sate kambing 60%. Bagaimana dengan bumbu kacangnya? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan Bumbu Kacangnya? Bumbu kacang biasanya terdiri dari kacang, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan minyak. 29 gram bumbu kacang mengandung 77 kalori, dimana 70% nya berasal dari lemak. Selain itu juga mengandung 138 gram sodium atau garam. Kacang memang tinggi akan lemak tak jenuh, sedangkan bawang merah dan bawang putih mengandung antioksidan. Namun sate dan bumbu kacang yang berminyak menjadikan semua kandungan gizi tersebut menurun. Bagaimana dengan pelengkapnya seperti bawang merah? Bawang merah kaya akan flavo [...]

Tempat Penitipan Bisa Rusak Kesehatan Anak?

Tempat Penitipan Bisa Rusak Kesehatan Anak?

Bagi ibu yang sibuk, menitipkan anak ke tempat penitipan merupakan sebuah solusi. Namun menurut psikolog terkemuka, Aric Sigman, menaruh bayi atau balita Anda di tempat penitipan anak justru bisa merusak perkembangan otak dan kesehatan mereka di kemudian hari.Sigman menjelaskan bahwa anak yang dirawat oleh orang asing dalam jangka waktu lama di tahun-tahun pertamanya, bisa membuat kadar stres anak meningkat. Akibatnya, si kecil jadi lebih sering terkena penyakit ringan seperti pilek dan batuk. Sedangkan untuk jangka panjang, ia bisa menderita penyakit jantung ketika dewasa nanti.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, tempat penitipan anak tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik namun juga berdampak pada mental. Anak-anak yang kehilangan perhatian dari ibunya pada tahun penting perkembangan mereka, bisa membuat mereka kesulitan menjalin hubungan dengan orang dewasa.Dalam sebuah artikel yang dikutip dari Biologist Journal, Sigman mengutip penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan hormon stres ketika anak dititipkan di tempat penitipan. Peningkatan stres tersebut hanya muncul hingga usia anak mencapai tiga tahun atau lebih. Namun Sigman menjelaskan, dampaknya bisa terus di [...]

Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Mengonsumsi makanan kemasan ternyata tidak hanya berbahaya, tetapi juga memiliki efek yang buruk pada kesehatan dalam jangka panjang. Itulah mengapa Anda harus menjaga asupan makanan dan olahraga secara teratur. Hal ini penting untuk menjaga jantung Anda agar tetap sehat. Sebab, jantung adalah salah satu bagian yang paling menonjol dan sensitif dari dalam tubuh manusia.Jantung juga memainkan peran utama dalam memasok darah segar ke seluruh tubuh yang membuat kita sehat dan normal. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengikuti rutinitas sehat tertentu untuk menjaga jantung kita sehat. Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung, seperti dikutip dari Boldsky.Kesehatan Fisik:1. Olahraga TeraturBerolahraga secara teratur adalah salah satu hal paling dasar yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan latihan yang rutin, tentunya dapat membuang lemak ekstra yang disimpan dalam tubuh, terutama di sekitar garis pinggang. Ini juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.2. Menjaga Berat BadanTak sedikit orang mencoba mengurangi berat badan mereka dengan asumsi bahwa kelebihan berat badan mengarah ke penyakit ja [...]

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Kebanyakan orang tua merasa takut bahwa pendidikan seksual pada anak akan membuat anak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, apakah demikian? Kamus Besar Bahasa Indonesia, memberi 2 pemaknaan terhadap kata ?seksual?. Salah satunya adalah ?berkenaan dengan seks (jenis kelamin)?. Bila kita pikirkan lebih jauh, maka intisari dari pendidikan seksual pada anak adalah untuk mengajarkan anak mengenai jenis kelaminnya, mengenal diri sendiri lebih jauh dan bagaimana melindungi dan menjaga diri sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuannya sebenanrnya untuk kepentingan anak sendiri. Pernahkan kita memikirkan bahwa dengan memberikan pengetahuan dan bimbingan yang baik dan benar, pendidikan seksual sebenarnya malah dapat melindungi anak dari kerusakan fisik dan mental di masa depan? Hal ini merupakan satu hal yang perlu kita renungkan dan pikirkan matang-matang, terutama terkait dengan makin berkembangnya kengerian akan pelecehan seksual pada anak. Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting? Martin A. Finkel Karena sekitar 40% korban pelecehan seksual anak berada pada usia di bawah 6 tahun dan 20%nya berusia d [...]

Metode dan Manfaat Sunat

Metode dan Manfaat Sunat

Selain karena alasan agama dan budaya, sunat ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Sunat adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Di Indonesia, umumnya proses ini dilakukan saat anak laki-laki menduduki sekolah dasar. Sunat sama sekali tidak berdampak pada kesuburan pria. Kenapa Perlu Sunat? Dari sisi medis, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan orang yang menjalani proses sunat, yaitu: Berkurangnya risiko tertular infeksi penyakit seksual. Orang yang sudah menjalani sunat umumnya lebih sedikit risikonya untuk mengidap human papilloma virus (HPV), herpes, sifilis, atau penyakit menular seksual lain. Meski demikian, pria yang sudah menjalani sunat harus tetap melakukan hubungan seksual yang sehat dan aman. Mencegah terjadinya penyakit pada penis seperti peradangan pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis, yaitu kondisi saat kulup penis yang tidak disunat sulit untuk ditarik. Berkurangnya risiko infeksi saluran kemih yang dapat merujuk kepada masalah ginjal. Infeksi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang yang tidak menjalani sunat. Berkurangnya risiko kanker penis yang juga lebih jarang terjadi pada pria yang sudah disunat [...]

Bedakah Khasiat Obat Generik dengan Obat Lainnya?

Bedakah Khasiat Obat Generik dengan Obat Lainnya?

Banyak orang yang masih ragu dengan khasiat obat generik. Tak ayal, hal ini dikarenakan sulitnya melepaskan persepsi harga ekonomis dengan kualitas yang acapkali dianggap rendah. Padahal tidaklah demikian. Tak pelak lagi, banyak yang beranggapan obat paten lebih manjur daripada obat generik. Kenapa hal demikian bisa terjadi? Besar kemungkinan, kurangnya asupan informasi menjadi faktor utamanya. Salah kaprah persepsi ini dapat diluruskan dengan beberapa fakta di artikel ini. Untuk itu, berikut ini ada dua hal yang perlu Anda perhatikan mengenai obat paten dan Obat Generik Berlogo (OGB): Beberapa Komponen Obat Generik yang Perlu Anda Ketahui Sama Kualitasnya dengan Obat Lainnya Zat aktif Dari sisi komponen utama, obat generik (baik berlogo maupun bermerek dagang) memiliki unsur yang persis sama dengan obat paten. Namun obat generik lebih murah dibanding obat yang dipatenkan. Mutu Mutu obat generik tidak berbeda dengan obat paten karena bahan bakunya sama. Ibarat sebuah baju, fungsi dasarnya untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari dan udara dingin. Hanya saja, modelnya beraneka ragam. Begitu pula dengan obat. Kemasan obat generik dibuat biasa, karena yang t [...]

Penyebab Utama Kurangnya Waktu Tidur dan Masalah Kesehatan di Dalamnya

Penyebab Utama Kurangnya Waktu Tidur dan Masalah Kesehatan di Dalamnya

Setelah lelah melakukan rutinitas setiap hari, manusia membutuhkan istirahat cukup untuk mengembalikan staminanya. Salah satunya adalah tidur dengan waktu yang cukup. Namun menurut profesor asal Inggris Adrian Williams, sekarang ini banyak orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk tidur bukan karena mereka tidak bisa tidur."Orang-orang menjadi kurang tidur karena penggunaan ponsel dan gadget yang berlebihan di atas tempat tidur dan waktu bekerja yang terlalu tinggi. Kurang tidur juga bisa dikatikan dengan beberapa masalah kesehatan," ujar Adrian seperti dikutip dari Mirror.Profesor yang berbasis di London itu memaparkan, terjadi pertambahan jumlah angka dari orang-orang yang menderita kesulitan tidur. Salah satunya adalah sleep apnea atau gangguan tidur berupa sesak napas di malam hari. Jika hal seperti ini dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan akan mempengaruhi pertumbuhan gen di dalam tubuh.Baca Juga : 50 Inspirasi Batik ModernSuatu penelitian yang dilakukan di University of Surrey Inggris menunjukkan bahwa lebih dari 700 gen, termasuk gen yang terkait dengan sistem imunitas dan pembengkakan akan berubah ketika Anda tidur kurang dari enam jam dalam seminggu. Hal ini menunj [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *