Selaput Dara dan Tes Keperawanan

tes-perawan-keperawanan.jpg

Isu tentang keperawanan saat ini sedang kembali hangat dibicarakan. Belum luput dari ingatan kita isu tes keperawanan menghangat akibat usulan Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan untuk melakukan tes keperawanan terhadap siswi SMA dan yang sederajat. Kini isu tersebut kembali mengemuka setelah berbagai media membicarakan mengenai tes keperawanan terdapat pada proses persyaratan tetap rekrutmen polisi wanita.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Agus Rianto mengatakan, tes kesehatan tersebut bertujuan untuk mempersiapakan para calon anggota untuk menjadi personil Polri yang handal nantinya. Menanggapi hal ini kemudian banyak pihak yang bersuara, baik dalam nada yang mendukung ataupun menentang.

Lalu bagaimana apabila isu ini dilihat dari kacamata medis? Berikut penjelasannya:

Konsep Keperawanan

Istilah perawan secara umum dikaitkan erat dengan adanya selaput dara yang intak pada perempuan yang bersangkutan. Selaput dara atau dalam dunia medis disebut hymen adalah membran atau selaput yang terletak di pembukaan vagina atau bagian tepi bawah vagina.

Selaput dara dapat tipis atau tebal. Ketika seseorang melakukan hubungan seks, masuknya penis ke dalam liang vagina dapat merobek selaput dara. Hal ini yang kemudian dalam masyarakat dikenal dengan hilangnya keperawanan. Akan tetapi, sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidak semua perempuan dilahirkan dengan selaput dara. Pada kasus seperti ini tentunya definisi perawan tidak dapat ditentukan berdasarkan ada atau tidak selaput dara.

Selain itu, ada juga penelitian yang menemukan bahwa selaput dara seorang perempuan dapat robek akibat aktivitas yang tidak terkait dengan hubungan seks seperti olahraga berkuda atau kecelakaan yang mengakibatkan cedera di daerah pinggul. Melihat hal ini, definisi perawan berdasarkan intaknya selaput dara tentu menjadi dipertanyakan konteksnya sebab tidak selalu robeknya selaput dara tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas seksual.

Bagaimana bentuk keperawanan terpantau dari aspek medis?

Keperwanan Dalam Tinjauan Medis

Secara struktur, selaput dara perempuan seringkali dianggap sebagai selaput yang utuh tidak berlubang yang terletak di mulut vagina perempuan. Padahal struktur selaput dara sebenarnya sangat variatif dan karena letaknya yang agak masuk ke dalam vagina, seringali tidak terlihat dari luar. Oleh sebab itu, untuk melihat adanya selaput dara, bibir vagina atau di dunia medis disebut sebagai vulva harus dibuka dan juga dapat dilakukan pemeriksaan dalam.

Variasi bentuk selaput dara bermacam-macam, ada yang seperti bulan sabit atau selaput bundar yang berlubang atau seperti setengah lingkaran. Pada beberapa kasus, struktur selaput dara dapat sangat tebal sehingga ketika hendak melakukan hubungan seksual, selaput dara tidak dapat robek dan menyebabkan nyeri. Selaput dara yang sifatnya seperti ini dapat membutuhkan prosedur medis supaya dapat dirobek dengan baik.

Di lain pihak, karena adanya harapan yang ditetapkan pada seorang perempuan untuk memiliki selaput dara saat menikah, saat ini tersedia sebuah prosedur operasi yang bertujuan mengembalikan kondisi selaput dara hingga kembali intak. Tindakan untuk merestorasi selaput dara ini di dunia medis disebut dengan nama hymenoplasty.

Bagaimanakah hymenoplasty dapat ‘mengembalikan’ keperawanan? Berikut penjelasannya:

Kembali Perawan dengan Hymenoplasty

Hymenoplasty melibatkan tindakan menimbulkan adanya selaput di dalam liang vagina sehingga terlihat seperti selaput dara yang intak. Apabila dilakukan dengan benar, penampakan selaput buatan ini tidak ada bedanya dengan selaput dara. Operasi ini biasanya dilakukan oleh seorang dokter spesialis bedah plastik dan tidak jarang memerlukan biaya yang cukup besar.

Tentunya dalam kasus ini, berarti dapat terjadi kondisi dimana seorang perempuan sebenarnya sudah melakukan hubungan seksual tetapi karena adanya selaput buatan tersebut maka dapat dikatakan perawan menurut definisi yang dipakai oleh masyarakat terkait adanya selaput dara.

Setelah mengetahui sedikit lebih dalam mengenai selaput dara, wacana pelaksanaan tes keperawanan ini tentunya dapat dinilai secara lebih obyektif, bukan?

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kesalahan Sahur yang Buat Anda Jadi Ngantuk dan Lemas

Kesalahan Sahur yang Buat Anda Jadi Ngantuk dan Lemas

Mengantuk dan lemas, itulah keluhan yang datang dari banyak orang setelah menjalani puasa selama beberapa hari belakangan ini. Apakah Anda termasuk? Belum terlambat untuk mengubah pola makan Anda saat sahur agar keluhan tersebut tak datang lagi.Kenapa pola makan? Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Jenis asupan yang dikonsumsi saat sahur oleh kebanyakan orang selama ini tinggi karbohidrat dan gula. Misalnya saja nasi putih yang sampai saat ini masih menjadi pilihan umum saat makan. Dijelaskan praktisi gaya hidup dr. Phaidon L. Toruan, nasi putih termasuk karbohidrat sederhana. Jenis kaborhidrat ini akan cepat menaikkan gula darah tapi dengan segera juga menurunkannya. Tubuh pun terasa lemas, ngantuk, cepat lapar, serta ingin makan dan makan lagi.Begitu juga dengan minuman seperti teh manis hangat yang kerap dikonsumsi orang saat sahur. Anggapan yang selama ini ada dengan minum teh manis puasa bisa menjadi lebih bertenaga. Kenyataannya anggapan itu salah.Menurut dr. Phaidon, mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, tapi menurut dr. Phaidon, itu adalah energi palsu."Gula me [...]

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

5 Hal Yang Dapat Merusak Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh (sistem imunitas) kita merupakan hal yang penting untuk kelangsungan tubuh. Sistem imunitas kita dapat membantu kita melawan berbagai serangan dari virus, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit berat untuk tubuh kita. Nah, apa saja sih hal-hal yang dapat merusak daya tahan tubuh kita? 1. Polusi Udara Polusi telah dibuktikan buruk untuk paru-paru serta sistem imunitas kita. Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa polusi udara dapat mensupresi komponen sistem imun yang dinamakan T-cell, dimana apabila hal ini terjadi dapat memicu peradangan di seluruh tubuh. 2. Duduk Sepanjang Hari Apabila perkerjaan Anda meliputi harus duduk sepanjang hari di kursi maka hal ini ternyata buruk bagi daya tahan tubuh Anda. Duduk sepanjang hari dapat menyebabkan perlambatan dari metabolisme yang menyebabkan penyerapan nutrisi berkurang. Selain dua faktor di atas, ada beberapa faktor lainnya, halaman berikut penjelasannya: Faktor Lainnya Anda Mudah Sakit: 3. Anda Kurang Tidur Apabila tubuh Anda kekurangan tidur dan tidak memproduksi melantonin yang cukup, maka sistem imun kita tidak dapat membuat sel darah putih yang cukup sehinnga tidak dapat membant [...]

5 Fakta Tentang Virus MERS

5 Fakta Tentang Virus MERS

Suatu jenis virus baru yang menimbulkan gejala seperti SARS yang dinamakan MERS (Middle Eastern Respiratory Syndrome) saat ini telah mulai menyebar ke seluruh dunia. Beberapa fakta terbaru tentang virus ini. 1. Virus ini Menyebar Virus ini bermulai di Suadi Arabia dengan 378 kasus dan 107 kematian. Hingga saat ini terdapat 14 negara yang sudah melaporkan kasus virus ini yaitu Mesir, Yordania, Kuwait, Qatar, Emirate Arab, Tunisia, Malaysia, Oman, Perancis, Yunani, Itali, Inggirs, Filipina dan Amerika. Virus ini menyebar dari kontak dekat orang-ke-orang , namun dapat menyebar juga ke manusia dari binatang. 5 Fakta Tentang Virus MERS Suatu jenis virus baru yang menimbulkan gejala seperti SARS yang dinamakan MERS (Middle Eastern Respiratory Syndrome) saat ini telah mulai menyebar ke seluruh dunia. Beberapa fakta terbaru tentang virus ini. 1. Virus ini Menyebar Virus ini bermulai di Suadi Arabia dengan 378 kasus dan 107 kematian. Hingga saat ini terdapat 14 negara yang sudah melaporkan kasus virus ini yaitu Mesir, Yordania, Kuwait, Qatar, Emirate Arab, Tunisia, Malaysia, Oman, Perancis, Yunani, Itali, Inggirs, Filipina dan Amerika. Virus ini menyebar dari ko [...]

Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Perut kembung merupakan suatu sensasi terdapat tekanan berlebih dari dalam perut. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana, misalnya merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan brokolimentah, makan terlalu cepat, dan sebagainya. Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna dan karena asupan garam berlebih. Asupan garam berlebih menyebabkan cairan menumpuk atau tertahan, sehingga perut menjadi kembung. Selain itu, saat kita makan makanan tertentu yang sulit dicerna, makanan tersebut akan berada lebih lama di lambung. Bakteri dalam saluran cerna dapat juga memanfaatkan gula dalam makanan tersebut, memecahnya dan menghasilkan gas, yang dapat mengakibatkan kembung. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kembung / pencegah perut kembung: 1. Sayuran Tertentu Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung. 2. Produk Susu (dairy products) Seperti keju, su [...]

3 Alasan Kenapa Jongkok Saat Berkemih Lebih Menyehatkan

3 Alasan Kenapa Jongkok Saat Berkemih Lebih Menyehatkan

Sudah hal yang lumrah cara kencing laki-laki dilakukan dengan cara berdiri, kencing berdiri selain secara etika kurang baik karena hewan pun melakukan kencing dengan berdiri. Sebagai manusia, haruslah ada pembeda perilaku antara manusia dan hewan salah satunya dengan cara kencing yang lebih sopan dan memiliki unsur menyehatkan. Sekarang ini di toilet mana pun, termasuk di pusat perbelanjaan macam mal hingga di tempat umum lainnya sampai terminal sekalipun, kita menemukan toilet khusus untuk kencing laki-laki pasti posisinya menggantung (urinal) dan ?memaksa? kaum lelaki melakukan kencing dengan berdiri. Kenyataannya, kebiasaan kencing dengan posisi berdiri memiliki risiko kesehatan. Berikut penjelasannya: Padahal Tahukah Anda? Kencing Berdiri Untuk Pria Ada Risiko Kencing Batu Bahwa kencing berdiri bisa menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh kita? Salah satunya kencing batu. Mungkin Anda sudah pernah mendengar nama penyakit yang satu ini, salah satu penyebabnya bisa saja karena cara kencing Anda yang salah, saat Anda kencing berdiri, terjadi stasis atau pengendapan air seni Anda di dalam kandung kemih yang menyebabkan konsentratnya mengendap dan membuat enda [...]

Enam Penyebab Sakit di Ulu Hati dan Tips Mengatasinya

Enam Penyebab Sakit di Ulu Hati dan Tips Mengatasinya

Pernah merasa sakit di bagian tengah atas perut yang diiringi mual atau perut kembung? Jika pernah, bisa jadi Anda mengalami gangguan ulu hati. Ada enam penyebab umum yang bisa memicu rasa sakit di ulu hati. Dalam ilmu medis, daerah ulu hati disebut dengan epigastrium. Letak ulu hati berada di bawah tulang dada dan di atas pusar, serta berada di antara tulang rusuk. Selain mual dan perut kembung, rasa sakit di ulu hati juga bisa diiringi oleh sendawa, kram, rasa lapar, penurunan berat badan, atau muntah. Rasa sakit dapat menyebar ke atas dada atau punggung. Berikut enam penyebab sakit di ulu hati: Sindrom iritasi usus. Selain rasa sakit di ulu hati, kondisi yang menyerang usus besar ini juga menyebabkan kram, perut kembung, buang gas dan perubahan frekuensi buang air besar. Kondisi ini mungkin terjadi karena dinding usus yang dilapisi oleh lapisan otot bergerak lebih kuat dan lama dibandingkan biasanya ketika membawa makanan dari perut melalui saluran usus menuju anus. Penyebab pasti kondisi ini sebenarnya belum bisa dipastikan, namun ada beberapa hal yang diduga bisa memicu sindrom iritasi usus. Mereka yang berisiko tinggi terkena sindrom ini di antaranya adalah wanita, orang-or [...]

4 Gangguan Tidur yang Menandakan Ada Masalah Serius pada Kesehatan

4 Gangguan Tidur yang Menandakan Ada Masalah Serius pada Kesehatan

Gangguan tidur di malam hari tidak hanya mengurangi kualitas tidur, sehingga Anda merasa lemas dan lesu begitu bangun keesokan paginya. Tapi juga bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Apakah Anda selalu banyak berkeringat, kaki kram atau gigi bergemeretak setiap kali tidur? Gejala tersebut patut mulai diwaspadai. Ini empat gangguan tidur yang mengindikasikan Anda punya masalah kesehatan serius, seperti dikutip dari Times of India.1. Gigi GemeretakMenggesek-gesekkan gigi atas dan bawah, serta rahang yang menegang kala tidur adalah salah satu gangguan tidur yang cukup banyak dialami orang. Sayangnya tidak sedikit orang yang menyadari punya kebiasaan tersebut, sampai teman tidur di sampingnya memberitahu.Gigi gemeretak adalah gangguan tidur paling umum setelah insomnia dan mendengkur. Tapi bisa juga menjadi sinyal Anda sedang stres, gelisah yang berlebihan atau terlalu banyak merokok, konsumsi kafein dan minum alkohol. Selain itu gigi yang bergemeretak juga kerap dihubungkan dengan gejala sleep apnea, kondisi dimana seseorang berhenti bernapas selama beberapa saat ketika tidur.2. Tubuh BerkeringatBangun tidur dengan pakaian yang selalu basah oleh keringat? [...]

Inilah Efek Samping dari Obat Kolesterol Statin

Inilah Efek Samping dari Obat Kolesterol Statin

Obat statin adalah golongan obat yang bekerja dengan menurunkan nilai kolesterol terutama kolesterol jahat yaitu LDL, selain itu obat statin juga penting dalam mencegah terjadinya kekakuan pembuluh darah yang meningkatkan kerentanan terhadap penyakit jantung, Karena alasan di atas maka angka penggunaan statin pun tinggi, dan ketika penggunaan sebuah obat tinggi, maka laporan akan adanya efek samping meminum obat biasanya meningkat. Salah satu efek samping yang cukup mengejutkan adalah memory loss atau hilangnya ingatan dan sulit dalam mengingat sesuatu yang baru. Beberapa pasien mengaku menjadi mudah lupa. Hal ini kemudian dipelajari dan semakin menimbulkan banyak kontroversi . Dengan kesimpulan akhir adalah obat statin golongan simvastatin memiliki faktor risiko yang lebih besar untuk gangguan ingatan dibandingkan dengan obat statin lainnya. Obat atorvastatin dan pravastatin tercatat aman dan tidak pernah dilaporkan menimbulkan memory loss. Karena itu Anda dapat cukup lega dalam mengkonsumsi obat statin jenis ini. Namun hendaknya Anda menjadi lebih memperhatikan tubuh Anda setelah membaca artikel ini. Seringkali kita meminum obat tanpa menyadari efek samping yang dialami tubuh ki [...]

Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Bahaya Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Anda pecinta sepatu hak tinggi? Banyak wanita gemar menggunakan sepatu hak tinggi atau lazim dikenal dengan istilah high-heels. Namun, penggunaan sepatu jenis ini dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan kaki. Mulai dari pertumbuhan kalus, nyeri kaki sampai gangguan pertumbuhan kuku kaki. Apa saja bahaya dari menggunakan sepatu berhak tinggi? Terdapat beberapa bahaya dari menggunakan sepatu hak tinggi, seperti: 1. Nyeri Tumit Nyeri tumit dan mata kaki merupakan salah satu keluhan yang paling umum ditemui. Penggunaan dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada daerah telapak kaki. Hal ini akan menyebabkan nyeri setelah seharian menggunakan sepatu hak tinggi. 2. Cedera otot Hak tinggi berpotensi menyebabkan cedera otot, khususnya jika sepatu yang Anda gunakan adalah sepatu degan ukuran yang kecil. Selain itu, cedera dapat terjadi akibat ketidakseimbangan tubuh ketika berjalan. Seseorang lebih rentan untuk jatuh dengan menggunakan sepatu hak tinggi dibandingkan sepatu tanpa hak. 3. Perubahan postur tubuh Penggunaan hak tinggi menyebabkan perubahan posisi tubuh. Seseorang dapat berjalan dengan posisi yang tidak seimbang dan menyebabkan tulang belakang yang tidak sejajar, yang pada akh [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *