Selaput Dara dan Tes Keperawanan

tes-perawan-keperawanan.jpg

Isu tentang keperawanan saat ini sedang kembali hangat dibicarakan. Belum luput dari ingatan kita isu tes keperawanan menghangat akibat usulan Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan untuk melakukan tes keperawanan terhadap siswi SMA dan yang sederajat. Kini isu tersebut kembali mengemuka setelah berbagai media membicarakan mengenai tes keperawanan terdapat pada proses persyaratan tetap rekrutmen polisi wanita.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Agus Rianto mengatakan, tes kesehatan tersebut bertujuan untuk mempersiapakan para calon anggota untuk menjadi personil Polri yang handal nantinya. Menanggapi hal ini kemudian banyak pihak yang bersuara, baik dalam nada yang mendukung ataupun menentang.

Lalu bagaimana apabila isu ini dilihat dari kacamata medis? Berikut penjelasannya:

Konsep Keperawanan

Istilah perawan secara umum dikaitkan erat dengan adanya selaput dara yang intak pada perempuan yang bersangkutan. Selaput dara atau dalam dunia medis disebut hymen adalah membran atau selaput yang terletak di pembukaan vagina atau bagian tepi bawah vagina.

Selaput dara dapat tipis atau tebal. Ketika seseorang melakukan hubungan seks, masuknya penis ke dalam liang vagina dapat merobek selaput dara. Hal ini yang kemudian dalam masyarakat dikenal dengan hilangnya keperawanan. Akan tetapi, sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidak semua perempuan dilahirkan dengan selaput dara. Pada kasus seperti ini tentunya definisi perawan tidak dapat ditentukan berdasarkan ada atau tidak selaput dara.

Selain itu, ada juga penelitian yang menemukan bahwa selaput dara seorang perempuan dapat robek akibat aktivitas yang tidak terkait dengan hubungan seks seperti olahraga berkuda atau kecelakaan yang mengakibatkan cedera di daerah pinggul. Melihat hal ini, definisi perawan berdasarkan intaknya selaput dara tentu menjadi dipertanyakan konteksnya sebab tidak selalu robeknya selaput dara tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas seksual.

Bagaimana bentuk keperawanan terpantau dari aspek medis?

Keperwanan Dalam Tinjauan Medis

Secara struktur, selaput dara perempuan seringkali dianggap sebagai selaput yang utuh tidak berlubang yang terletak di mulut vagina perempuan. Padahal struktur selaput dara sebenarnya sangat variatif dan karena letaknya yang agak masuk ke dalam vagina, seringali tidak terlihat dari luar. Oleh sebab itu, untuk melihat adanya selaput dara, bibir vagina atau di dunia medis disebut sebagai vulva harus dibuka dan juga dapat dilakukan pemeriksaan dalam.

Variasi bentuk selaput dara bermacam-macam, ada yang seperti bulan sabit atau selaput bundar yang berlubang atau seperti setengah lingkaran. Pada beberapa kasus, struktur selaput dara dapat sangat tebal sehingga ketika hendak melakukan hubungan seksual, selaput dara tidak dapat robek dan menyebabkan nyeri. Selaput dara yang sifatnya seperti ini dapat membutuhkan prosedur medis supaya dapat dirobek dengan baik.

Di lain pihak, karena adanya harapan yang ditetapkan pada seorang perempuan untuk memiliki selaput dara saat menikah, saat ini tersedia sebuah prosedur operasi yang bertujuan mengembalikan kondisi selaput dara hingga kembali intak. Tindakan untuk merestorasi selaput dara ini di dunia medis disebut dengan nama hymenoplasty.

Bagaimanakah hymenoplasty dapat ‘mengembalikan’ keperawanan? Berikut penjelasannya:

Kembali Perawan dengan Hymenoplasty

Hymenoplasty melibatkan tindakan menimbulkan adanya selaput di dalam liang vagina sehingga terlihat seperti selaput dara yang intak. Apabila dilakukan dengan benar, penampakan selaput buatan ini tidak ada bedanya dengan selaput dara. Operasi ini biasanya dilakukan oleh seorang dokter spesialis bedah plastik dan tidak jarang memerlukan biaya yang cukup besar.

Tentunya dalam kasus ini, berarti dapat terjadi kondisi dimana seorang perempuan sebenarnya sudah melakukan hubungan seksual tetapi karena adanya selaput buatan tersebut maka dapat dikatakan perawan menurut definisi yang dipakai oleh masyarakat terkait adanya selaput dara.

Setelah mengetahui sedikit lebih dalam mengenai selaput dara, wacana pelaksanaan tes keperawanan ini tentunya dapat dinilai secara lebih obyektif, bukan?

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenali Penyakit dari Pola Buang Air Kecil

Kenali Penyakit dari Pola Buang Air Kecil

Apakah Anda termasuk orang yang sulit menahan buang air kecil? Jika ya, mungkin Anda mengidap masalah pada kandung kemih. Simak kebiasaan buang air kecil yang menandai adanya masalah pada kandung kemih Anda.Masalah pada kandung kemih cukup merepotkan dan tak jarang disertai kondisi yang lebih serius sehingga perlu diwaspadai. Seperti yang dikutip dari Caring, terdapat tujuh kebiasaan yang dapat mendiagnosa masalah buang air kecil. Ini dia.1. Terlalu sering buang air kecilMenurut para dokter, jika frekuensi buang air di atas 8 kali sehari berarti ada kemungkinan Anda mengidap overactive bladder atau hasrat ingin buang air kecil terus menerus. Hal ini biasanya disebabkan karena terlalu sering minum atau mengonsumsi beberapa makanan dan obat-obatan yang memicu overactive bladder.2. Tidak bisa menahan buang air kecilTidak bisa menahan hasrat buang air kecil juga merupakan salah satu tanda Anda mengidap overactive bladder. Kebiasaan buang air kecil ini kebanyakan diidap oleh orang lanjut usia dan orang yang menderita dimensia.3. Terasa terbakar saat buang air kecilSensasi terbakar saat buang air kecil merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih (ISK), baik pada wanita maupun pr [...]

Ramalan Kesehatan Berdasarkan Zodiak (Bagian 1)

Ramalan Kesehatan Berdasarkan Zodiak (Bagian 1)

Tidak hanya soal percintaan, karir dan seks, masalah kesehatan juga bisa dipengaruhi oleh zodiak. Kenali masalah kesehatan Anda dan cara pencegahannya berdasarkan zodiak, seperti yang dikutip dari Gzstuff.AriesBiasanya, penyakit zodiak aries selalu berada pada area kepala. Aries lebih rentan terhadap sakit kepala terutama migrain. Di balik kegemarannya mencoba segala hal baru, Aries menyimpan stres dan selalu merasa tegang. Hal inilah yang membuat Aries lebih sering sakit kepala. Cobalah untuk lebih banyak meluangkan waktu bersantai dan berlibur.TaurusOrang yang berzodiak Taurus sangat rentan terhadap masalah tenggorokan. Misalnya saja, infeksi tenggorokan, gondok dan masalah tiroid. Area tenggorokan itu berkaitan dengan cara mereka mengekspresikan kemampuan dan keunikan mereka. Namun jika mereka membatasi kreativitasnya, Taurus bisa menghadapi masalah pada area wajah.GeminiPenyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan pernafasan menjadi masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh Gemini. Jika Anda terlalu sibuk baik pikiran maupun fisik maka Anda akan lebih mudah terserang flu dan asma. Oleh karena itu, meditasi adalah jalan keluar yang tepat.CancerBiasanya masalah keseh [...]

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

5 Penyebab Keputihan pada Wanita

Apakah penyebab keputihan? Hampir 85% wanita mengalami masalah dengan keputihan. Terkadang hal ini menyebabkan berbagai kecemasan karena menyangkut kesehatan organ intim. Keputihan atau dalam kedokteran disebut fluor albus, adalah kumpulan cairan dan sel-sel yang keluar dari kemaluan wanita. Fungsinya adalah untuk membersihkan dan melindungi daerah kewanitaan. Sebenarnya jika keputihan yang Anda alami warnanya bening atau kuning terang bila menempel pada pakaian dalam, berupa lendir yang dapat encer atau kental tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan gatal, perih, nyeri dan jumlahnya tidak terlalu banyak maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Keputihan Anda termasuk wajar. Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh berbagai macam infeksi, mulai dari infeksi bakteri, parasit, atau jamur. Anda perlu merasa khawatir dan segera mengunjungi dokter jika menemukan keputihan Anda mengalami ciri-ciri seperti di bawah ini: Keputihan yang Tidak Wajar Anda perlu merasa khawatir dan segera mengunjungi dokter jika menemukan keputihan Anda mengalami ciri-ciri seperti di bawah ini: Keputihan yang disebabkan infeksi Jamur (Kandidos [...]

Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat

Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat

Istilah ?Tawa adalah obat yanng mujarab?, bisa jadi ada benarnya. Tertawa adalah kegiatan yang tidak menggunakan biaya namun dapat membuat pikiran menjadi santai dan tidak terbeban dengan masalah. Ternyata kegiatan menyenangkan ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit lho. Tertawa diyakini memberikan manfaat dua manfaat kesehatan sekaligus bagi manusia. Manfaat sehat yang pertama adalah untuk kesehatan fisik dan mental, dimana secara biologi dan kejiwaan tertawa memberikan kebaikan bagi kesehatan jiwa dan raga. Sementara aspek berikutnya adalah untuk ?kesehatan sosial?. Dengan aktivitas tertawa diyakini memberikan energi positif kepada individu dan proses interaksi sosialnya. Dimana lingkungan akan memiliki nuansa positif diikuti lingkungan yang lebih memiliki kecenderungan positif. Tidak percaya? Nih, simak selanjutnya bagaimana tertawa dapat memberikan manfaat ?obat? kuat fisik dan mental. Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat Istilah ?Tawa adalah obat yanng mujarab?, bisa jadi ada benarnya. Tertawa adalah kegiatan yang tidak menggunakan biaya namun dapat membuat pikiran menjadi santai dan tidak terbeban dengan masalah [...]

Tidur Pakai Bra Tidak Sebabkan Kanker

Tidur Pakai Bra Tidak Sebabkan Kanker

Memakai bra saat tidur menurut berita yang beredar di masyarakat dapat memicu kanker payudara, apakah benar? Jawabannya adalah tidak. Tidak ada keterkaitan penggunaan bra saat tidur dengan munculnya kanker payudara. Sampai saat ini tidak ada penelitian yang menerangkan keterkaitan kedua hal tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah ukuran bra yang kita pakai. Ukuran bra yang tidak tepat akan membuat payudara mengendur atau yang terlalu sempit akan membuat payudara tertekan, akibatnya aliran darah di sekitar payudara menjadi tidak lancar dan menimbulkan gangguan pegal dan nyeri di sekitar payudara. Sebenarnya tidak ada ketentuan dalam pemakaian bra saat tidur. Sesuaikan dengan apa yang menjadi nyaman bagi Anda. Beberapa wanita merasa nyaman tetap memakai bra saat tidur, sementara beberapa yang lain enggan memakainya saat tidur. Jika Anda memilih tidur dengan memakai bra, pakailah bra yang tidak terlalu ketat. Berikut masalah yang terjadi pada payudara saat Anda memakai bra yang ketat: Masalah yang Dapat Ditimbulkan Tidur dengan Bra Berikut masalah yang terjadi pada payudara saat Anda memakai bra yang ketat: Mengenakan bra yang ketat saat tidur dapat m [...]

Mitos dan Fakta Tentang Efek Kafein Terhadap Kesehatan Tubuh

Mitos dan Fakta Tentang Efek Kafein Terhadap Kesehatan Tubuh

Benarkah kafein bisa membantu untuk lebih fokus bekerja? Menghilangkan selulit dan mengencangkan kulit? Banyak informasi seputar khasiat kafein serta efeknya terhadap tubuh. Namun tak semuanya benar atau telah terbukti secara ilmiah. Ini beberapa mitos dan fakta populer soal kafein, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Kafein Buat Pikiran Lebih FokusSejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang tidak minum kopi secara rutin, bisa menjadi lebih waspada dan fokus saat mengerjakan tugas yang sifatnya kognitif (membutuhkan nalar) dan motorik, apabila diberikan kafein dalam dosis yang cukup. Konsumsi kafein bagus untuk meningkatkan performa saat mengerjakan tugas yang membosankan, misalnya mengetik. Namun efeknya tidak terlalu terasa pada orang yang minum kopi setiap hari.2. Memaksimalkan OlahragaBisa ya, bisa tidak. Tergantung jenis olahraga yang dilakukan. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan ketahanan stamina pada pelari. Kopi juga memicu metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak lemak. Tapi konsumsi kafein kurang efektif untuk latihan angkat beban, efeknya kurang signifikan dalam pembakaran lemak.3. Membantu Meringankan Sakit KepalaKonsumsi kafein dalam jumla [...]

Apakah Anda Sudah Tahu Ada Jadwal Imunisasi Anak yang Baru?

Apakah Anda Sudah Tahu Ada Jadwal Imunisasi Anak yang Baru?

Pada tahun 2014, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengeluarkan jadwal imunisasi baru. Jadwal ini memiliki beberapa perubahan dari versi lama. Simak keterangan di bawah ini, agar buah hati mendapatkan perlindungan yang optimal: Hepatitis B: Paling baik diberikan dalam waktu 12 jam setelah lahir dan didahului pemberian vitamin K (untuk mencegah terjadinya perdarahan akibat defisiensi vitamin K). Bila bayi lahir dari ibu HBsAg positif, diberikan juga immunoglobulin hepatitis B (HBIg) pada ekstremitas (tungkai) yang berbeda. Polio: Vaksin polio oral (OPV-0) harus diberikan pada saat lahir atau saat bayi dipulangkan. Vaksin polio selanjutnya (polio-1, polio-2, polio-3, dan polio booster) dapat diberikan dalam bentuk oral (OPV) yang lewat mulut) atau inaktivasi (IPV) yang diberikan secara disuntikkan dalam otot. Namun, sebaiknya paling sedikit diberikan 1 dosis IPV. (Baca: Imunisasi Polio) BCG: Dianjurkan sebelum 3 bulan, optimal usia 2 bulan. Apabila diberikan sesudah umur 3 bulan, diperlukan uji tuberkulin (tes mantoux). DTP: Pertama kali diberikan paling cepat umur 6 minggu. Dapat diberikan vaksin DTwP atau DTaP atau kombinasi dengan vaksin lain. Untuk anak um [...]

Survei: Memandangi Foto Selfie Teman Buat Wanita Makin Tak Percaya Diri

Survei: Memandangi Foto Selfie Teman Buat Wanita Makin Tak Percaya Diri

Suka selfie dan asyik berlama-lama di social media? Hati-hati, 'hobi mainstream' ini bisa membuat Anda, para wanita merasa khawatir dengan bentuk tubuh sendiri.Penelitian terbaru menemukan, melihat foto-foto teman di Facebook, Path, Twitter atau Instagram akan membuat wanita cenderung tidak percaya diri dengan tubuhnya. Semakin sering wanita melihat foto selfie dan foto lainnya di social media, akan semakin sering juga mereka memandang negatif dirinya. Menariknya, foto-foto teman atau orang yang mereka kenal jauh lebih besar memengaruhi imej tubuh ketimbang melihat selfie selebriti. Studi ini merupakan yang pertama kali meneliti tentang korelasi antara durasi menggunakan social media dan imej tubuh yang negatif.Sejak dulu media massa memang sudah diketahui memiliki pengaruh besar terhadap cara orang memandang penampilan dirinya. Namun masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana social media memengaruhi pandangan seseorang tentang tubuhnya sendiri.Dari penelitian yang dilakukan di University of Strathclyde, Ohio University dan University of Iowa diketahui bahwa wanita muda merupakan pengguna social media yang paling banyak dan mereka mem-posting foto selfie di internet lebih b [...]

Inilah Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Rutin Donor Darah

Inilah Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Rutin Donor Darah

Anda pasti sudah sering mendengar banyaknya institusi yang mengadakan program donor darah untuk umum. Donor darah bukan hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan, namun juga memberikan keuntungan bagi kesehatan bagi para pendonornya. Selain Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis (sebelum donor darah, dokter harus memeriksa kesehatan Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda dapat mendonorkan darah atau tidak), Anda juga akan mendapatkan lima manfaat ini, seperti dirangkum Bold Sky. 1. Menurunkan KolesterolDarah merah mengandung kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Ketika Anda mendonorkan darah, Anda juga sekaligus menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.2. Mengontrol Tekanan Darah TinggiKetika darah didonorkan, volume darah akan menjadi seimbang. Hal ini dapat mencegah terjadinya darah tinggi dan baik untuk pencegahan penyakit jantung.3. Mempercepat Proses Pemulihan LukaKetika Anda mendonorkan darak, akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan ketika tubuh Anda mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sehingga penyembukan luka jadi lebih cepat. 4. Menyeimbangkan Z [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *