Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

gejala-kanker-ovarium-risiko.jpg

Di Indonesia, kanker merupakan penyebab kematian nomor enam. Setiap tahun terdapat 100 kasus penderita kanker baru dari 100.000 penduduk di Indonesia. Salah satu kanker yang perlu diwaspadai adalah kanker ovarium.

Kanker Ovarium atau kanker indung telur seringkali terlupakan oleh kita. Padahal, kanker ovarium menduduki peringkat ketiga kanker tersering pada wanita setelah kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim).

Beberapa tokoh yang mengidap penyakit ini dan akhirnya tutup usia karena perjalanan penyakit ini adalah Ibu Ainun, istri Bapak Habibie dan Ibu dari artis Holywood Angelina Jolie. Bahkan, keputusan Angelina Jolie untuk melakukan operasi pengangkatan kedua payudaranya didasari karena kekuatirannya terhadap sejarah medis Ibunya yang mengidap kanker ovarium.

Kanker ovarium ini sering terlupakan karena memang seringkali tidak memberikan gejala di awal-awal dan sampai saat ini belum ada metode deteksi dini yang mudah dilakukan seperti SADARI (periksa payudara sendiri) atau mamografi pada deteksi dini kanker payudara atau papsmear atau tes IVA (Inspeksi Asam Asetat) pada deteksi dini kanker serviks. Diperkirakan, sekitar 70% kasus kanker ovarium baru terdeteksi pada stadium lanjut (stadium 3 atau 4) karena gejala awalnya tidak khas.

Untuk mendiagnosis kanker ovarium, diperlukan serangkaian pemeriksaan dimulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan rongga panggul, pemeriksaan penanda kanker CA-125, ultrasonografi (USG) dan biposi jaringan.

Apakah gejala kanker ovarium? Klik next untuk mengetahuinya.

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Gejala Kanker Ovarium
Sebagai penyaring kewaspadaan, para wanita diharapkan untuk tidak meremehkan gejala-gejala ringan yang seringkali muncul dan menetap dalam waktu lama, karena gejala kanker ovarium pada stadium awal biasanya hanya berupa gejala-gejala ringan. Gejala kanker ovarium pada wanita yang perlu diwaspadai adalah:

  1. Perasaan kembung yang sering muncul, menetap dan tidak menghilang dalam waktu lama.
  2. Ukuran perut yang bertambah.
  3. Cepat merasa kenyang walau hanya makan sedikit.
  4. Sulit makan karena hilang nafsu makan, mual, dan rasa terbakar di dada.
  5. Nyeri perut.
  6. Nyeri daerah kewanitaan.
  7. Sering buang air kecil dan perubahan pola buang air besar.
  8. Mengalami rasa lelah berlebihan dan/atau nyeri punggung.

Kewaspadaan para wanita perlu semakin meningkat apabila terdapat anggota keluarga yang pernah didagnosis kanker payudara dan/atau kanker ovarium. Pada wanita-wanita yang pernah memiliki riwayat kanker payudara, kanker rahim, atau kanker usus juga perlu mewaspadai kanker ini karena risiko terjadi kanker ovarium semakin meningkat. Kejadian kanker ovarium juga meningkat pada wanita yang berusia di atas 55 tahun, tidak pernah hamil dan sedang menjalani terapi hormon estrogen saja selama lebih dari 10 tahun.

Nah, wanita Indonesia, sudahkah memperhatikan kesehatan Anda sejak dini?

Sumber:

  1. National Cancer Institute. (www.cancer.gov/cancertopics/wyntk/ovary)
  2. Ovarian Cancer National Alliance (www.ovariancancer.org)
  3. BEAT Ovarian Cancer (www.beatonline.info/)
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (www.depkes.go.id/index.php/berita/info-umum-kesehatan/539-kanker-penyebab-kematian -keenam-terbesar-di-indonesia.html)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Anak Laki-laki atau Perempuan?

Ingin Anak Laki-laki atau Perempuan?

Hari-hari ini dunia kedokteran begitu modern, seakan tidak bisa terbendung lagi, saking modernnya dokter kebidanan pun kita bisa menyusun ?program? untuk menentukan jenis kelamin bayi yang dikandung ibu, bagaimana mungkin? Meskipun Indonesia adalah negara yang mengusung program Keluarga Berencana, program ini belum sepenuhnya dijalankan secara merata. Pasalnya, tidak sedikit keluarga di Indonesia yang terus menambah keturunan dengan alasan belum mendapatkan jenis kelamin anak yang didambakan setelah hamil anak ketujuh sekalipun. Pola Makan Menentukan Jenis Kelamin Calon Bayi Dokter kebidanan memang tidak bisa menjanjikan jenis kelamin anak, tetapi ada saja usaha yang bisa dilakukan. Yaitu dengan mengatur pola asupan makanan si ayah, agar sperma yang nantinya membuahi telur adalah sperma yang bisa menghasilkan jenis kelamin yang diinginkan. Perlu Anda pahami bahwa laki-laki memiliki kromosom XY sementara perempuan memiliki kromosom XX. Kromosom bisa kita katakan menjadi identitas inilah yang menentukan jenis kelamin. Pembuahan selalu melibatkan sperma dan sel telur, kromosom yang dibawa sel telur selalu kromosom X, jadi sang sperma lah yang menentukan kromosom X atau Y yang nantin [...]

Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri dan mengangkat barang. Dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk, tubuh Anda mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan posisi tersebut. Tubuh harus beradaptasi dengan berat yang tertumpu pada pinggul dan panggul saat Anda duduk tegak, bungkuk atau posisi lainnya.Selain itu, ada pula proses pada otot yang bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, dan ketika berdiri bokong pun berubah menjadi lebih lemah dan kendur karena berada pada posisi yang rileks. Hal itu sering disebut 'muscle imbalance'.Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada punggung, dan bencana bagi me [...]

Mengenali Anatomi Vagina

Mengenali Anatomi Vagina

Bentuk dan karakteristik vagina berbeda-beda dan unik pada tiap orang, sehingga vagina yang berbeda belum tentu bisa disebut tidak normal. Beberapa orang memiliki vagina dengan ukuran kecil dan berbentuk oval. Sementara sebagian lain memiliki vagina berbentuk tabung dan lebih besar. Vagina adalah saluran elastis dengan panjang kurang lebih 8 sentimeter yang menghubungkan rahim dengan area luar tubuh. Dengan lapisan yang lembut dan fleksibel yang dapat memproduksi pelumas dan sensasi tertentu, vagina menjadi ruang masuk penis selama berhubungan seksual. Namun dalam proses persalinan, dinding saluran yang sangat elastis ini dapat mengembang dan menjadi jalan keluarnya bayi. Selain itu, vagina juga menjadi saluran keluarnya darah menstruasi. Jalan masuk ke vagina disebut vulva. Vulva adalah bagian eksternal dari organ kewanitaan yang meliputi bukaan vagina, bibir vagina atau labia dan klitoris yang terletak pada bagian terluar vagina. Labia atau bibir vagina pun berbeda antara satu wanita dengan wanita lain. Pada beberapa kasus yang sangat jarang, bibir vagina yang terlalu besar dapat memengaruhi kenyamanan wanita saat duduk. Sementara yang disebut selaput dara adalah lapisan memb [...]

Jangan Sepelekan Alergi pada Anak

Jangan Sepelekan Alergi pada Anak

Alergi merupakan reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap lingkungan atau hal-hal yang bisa dibilang tidak berbahaya, seperti debu atau makanan. Ada beberapa jenis alergi yang dapat muncul pada anak namun jenis alergi yang sering muncul yaitu alergi terhadap makanan, alergi yang muncul pada kulit, serta alergi pernafasan. Meski tampak sepele, alergi bisa sangat mengganggu dan menyebabkan gangguan dalam belajar, tidur, kegiatan anak sehari-hari, serta pertumbuhannya. Meningkatnya kasus alergi sering dikaitkan oleh hipotesis yang hingga saat ini masih diteliti, yaitu faktor perkembangan zaman ketika orang-orang sudah mengadopsi hidup perkotaan yang serba higienis sehingga dapat menyebabkan peningkatan kejadian alergi. Dari 3 jenis alergi yang paling sering muncul, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) mengungkapkan bahwa alergi terhadap makanan merupakan jenis alergi yang paling sering muncul pada anak-anak setelah kejadian kasus alergi pernapasan dan kulit. Angka kejadian alergi in pun diketahui terus bertambah. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan alergi makanan? Halaman berikut penjelasan selengkapnya. Jangan Sepelekan Alergi pada Anak Apa sebenarny [...]

10 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tertinggi

10 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tertinggi

Hampir sebagaian besar orang pernah merasakan stres dalam menghadapi pekerjaannya. Namun tahukah Anda bahwa ada jenis pekerjaan yang memang memiliki level stres lebih tinggi sehingga sering membuat depresi?"Ada aspek-aspek tertentu dalam setiap pekerjaan yang memberikan kontribusi atau memperburuk depresi. Orang-orang dengan pekerjaan yang berisiko tinggi mengalami stres dapat mengontrol stresnya jika mereka mau mengurus diri sendiri dan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan," ujar Deborah Legge, PhD, seorang konselor kesehatan mental di Buffalo, New York.Seperti yang dikutip dari Health, berikut 10 pekerjaan dengan tingkat stres tertinggi.1. Perawat Lansia dan BabysitterDilaporkan hampir 11% orang di dua bidang ini mengalami depresi berat dengan proporsi 13% di antara pada para pengangguran dan 7% pada populasi umum. Tiap harinya, kedua pekerjaan ini diharuskan memberi makan, memandikan dan merawat orang yang --kebanyakan-- tidak mampu mengungkapkan rasa terimakasih atau penghargaan karena terlalu sakit atau terlalu muda. "Inilah yang membuat stres, melihat orang-orang sakit dan tidak mendapat dukungan positif," ujar Christopher Willard, psikolog di Tufts University dan penu [...]

10 Makanan Kaya Serat

10 Makanan Kaya Serat

Serat merupakan komponen penting dalam makanan sehari-hari dan bermanfaat bagi kesehatan. Efek serat bagi kesehatan antara lain membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol darah. Hal-hal tersebut akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, sindroma metabolik, dan obesitas. Serat juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah makan terlalu banyak. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi tinggal di lambung lebih lama dan menyerap air lebih banyak sehingga membuat Anda merasa kenyang. Kabar baik lainnya adalah serat diduga dapat menurunkan risiko kanker kolorektal dan kanker gastrointestinal. Jadi, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari? Halaman berikut penjelasannya: Jadi, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari? Rekomendasi asupan serat untuk perempuan adalah 25 gram per hari 38 gram per hari bagi laki-laki. Sayangnya, rata-rata asupan makanan kita sehari-hari hanya mencakup 50% dari asupan serat yang direkomendasikan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menambahkan jenis makanan tertentu yang tinggi serat ke dalam pola makan Anda sehari-hari. 10 Makanan di bawah ini memiliki kandungan [...]

Ini Penyebab Semakin Bertambah Umur Makin Sulit Tidur

Ini Penyebab Semakin Bertambah Umur Makin Sulit Tidur

Tidur menjadi salah satu kegiatan penting yang pasti dilakukan oleh semua orang. Idealnya, waktu tidur yang diperlukan adalah tujuh sampai delapan jam setiap harinya. Tetapi, telah menjadi rahasia umum bahwa semakin bertambah usia seseorang, semakin sedikit waktu tidur yang didapat. Ada banyak alasan waktu tidur semakin berkurang seiring pertambahan umur. Penyebabnya di antaranya pengaruh obat, tekanan psikologis, masa pensiun atau sekadar teori sederhana yang menyatakan bahwa orang yang sudah berumur memang hanya memerlukan waktu tidur lebih sedikit.Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center yang bekerja sama dengan University of Toronto, Kanada mengatakan, terdapat alasan kuat di balik berkurangnya waktu tidur ini yang berkaitan dengan ilmu neurologi dalam bidang kedokteran. Alasan yang dijelaskan adalah terdapatnya sekelompok neuron atau sel-sel saraf yang terkait untuk mengatur pola tidur. Dalam istilah kedokteran biasanya disebut dengan nukleus preoptic ventrolateral. Sel-sel saraf ini perlahan-lahan menjadi tidak berfungsi seiring dengan bertambahnya usia."Semakin banyak Anda kehilangan sel saraf ini akibat penuaan, semakin suli [...]

Menelusuri Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Menelusuri Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi sering kali tidak mendapat perhatian khusus dibandingkan gigi pada mulut. Padahal gusi bengkak dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan gangguan mulut yang tidak ringan. Pada dasarnya, gusi yang sehat tidak akan berdarah karena gosok gigi atau jika tersentuh. Berwarna merah muda, kencang, dan dapat menahan gigi dengan kuat adalah ketiga ciri-ciri utama gusi yang ideal. Kenapa Gusi Bisa Bengkak? Gusi bengkak merupakan hal yang umum ditemui. Biasa ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Pada sebagian kasus, gusi bengkak yang terjadi bisa cukup besar hingga menutupi gigi secara keseluruhan. Umumnya penyebab gusi bengkak sebagai salah satu gangguan gusi adalah karena menumpuknya plak pada gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi. Selain itu, beberapa kondisi dimana gejalanya berupa gusi bengkak, antara lain gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kurang gizi, atau skorbut. Skorbut adalah kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C. Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yan [...]

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

4 Cara Efektif Lawan Stres di Pagi Hari yang Bisa Ganggu Pekerjaan

Sering lupa menaruh dompet atau kunci mobil saat akan berangkat kerja, yang menyebabkan Anda telat datang ke kantor? Atau selalu terburu-buru mengawali hari karena bangun terlalu siang akibat sulit tidur di malam hari? Itu berarti Anda sedang mengalami morning stress, atau stres di pagi hari.Retailer peralatan rumah tangga IKEA telah mengadakan survei di Inggris yang menunjukkan kalau 2/3 orang merasa stres saat tidur dan bangun di keesokan paginya. Stres di malam hari, sebagian besar disebabkan oleh sulitnya tidur terlelap dan khawatir bagaimana menjalani aktivitas di hari esok.Stres, dalam tahap seringan apa pun memang bisa mengganggu aktivitas harian. Kinerja di kantor pun bisa menurun begitu juga produktivitas kerja. Jika Anda sering mengalami hal yang sama seperti tersebut di atas, besar kemungkinan Anda juga menderita stres meskipun masih dalam tahap ringan. Namun jangan khawatir, Anda bisa menangkal datangnya stres di pagi hari dengan cara-cara berikut:1. Atur Suhu Ruangan Sebelum TidurSeperti dikutip dari Female First, temperatur ruangan yang paling tepat untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari adalah antara 18 sampai 22 derajat Celcius. Lebih rendah atau ti [...]

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis Oleh: drg. Martha Mozartha Oklahoma, salah satu negara bagian di Ameriksa Serikat, saat ini cukup digemparkan dengan adanya berita seorang dokter gigi yang dituduh menjalankan praktiknya tanpa mengindahkan kebersihan klinik dan sterilisasi alat-alat kedokteran giginya. Sebanyak 7000 pasien yang pernah menjadi pasien Dr. W. Scott Harrington selama 6 tahun terakhir telah dikirimkan surat dari Departemen Kesehatan Kota Tulsa. Surat tersebut berisi peringatan mengenai buruknya higienitas klinik sang dokter, dan pasien-pasien tersebut sangat disarankan untuk datang ke North Regional Health and Wellness Center Tulsa pada hari Sabtu lalu (30/3). Sebanyak 420 orang datang memenuhi panggilan tersebut dan telah menjalani pemeriksaan Hepatitis B, Hepatitis C serta HIV. Kaitlin Snider, juru bicara Departemen Kesehatan Tulsa, mengatakan Dr. Harrington telah menjalankan prakteknya selama 36 tahun. Petugas kesehatan menemukan bahwa instrumen kedokteran gigi yang digunakan di klinik tersebut tidak dibersihkan dan disterilisasi dengan benar, dan berpotensi untuk menularkan penyakit infeksi menular seperti Hepatitis dan AIDS. Selain itu, terdapat keluhan a [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *