Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

gejala-kanker-ovarium-risiko.jpg

Di Indonesia, kanker merupakan penyebab kematian nomor enam. Setiap tahun terdapat 100 kasus penderita kanker baru dari 100.000 penduduk di Indonesia. Salah satu kanker yang perlu diwaspadai adalah kanker ovarium.

Kanker Ovarium atau kanker indung telur seringkali terlupakan oleh kita. Padahal, kanker ovarium menduduki peringkat ketiga kanker tersering pada wanita setelah kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim).

Beberapa tokoh yang mengidap penyakit ini dan akhirnya tutup usia karena perjalanan penyakit ini adalah Ibu Ainun, istri Bapak Habibie dan Ibu dari artis Holywood Angelina Jolie. Bahkan, keputusan Angelina Jolie untuk melakukan operasi pengangkatan kedua payudaranya didasari karena kekuatirannya terhadap sejarah medis Ibunya yang mengidap kanker ovarium.

Kanker ovarium ini sering terlupakan karena memang seringkali tidak memberikan gejala di awal-awal dan sampai saat ini belum ada metode deteksi dini yang mudah dilakukan seperti SADARI (periksa payudara sendiri) atau mamografi pada deteksi dini kanker payudara atau papsmear atau tes IVA (Inspeksi Asam Asetat) pada deteksi dini kanker serviks. Diperkirakan, sekitar 70% kasus kanker ovarium baru terdeteksi pada stadium lanjut (stadium 3 atau 4) karena gejala awalnya tidak khas.

Untuk mendiagnosis kanker ovarium, diperlukan serangkaian pemeriksaan dimulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan rongga panggul, pemeriksaan penanda kanker CA-125, ultrasonografi (USG) dan biposi jaringan.

Apakah gejala kanker ovarium? Klik next untuk mengetahuinya.

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Gejala Kanker Ovarium
Sebagai penyaring kewaspadaan, para wanita diharapkan untuk tidak meremehkan gejala-gejala ringan yang seringkali muncul dan menetap dalam waktu lama, karena gejala kanker ovarium pada stadium awal biasanya hanya berupa gejala-gejala ringan. Gejala kanker ovarium pada wanita yang perlu diwaspadai adalah:

  1. Perasaan kembung yang sering muncul, menetap dan tidak menghilang dalam waktu lama.
  2. Ukuran perut yang bertambah.
  3. Cepat merasa kenyang walau hanya makan sedikit.
  4. Sulit makan karena hilang nafsu makan, mual, dan rasa terbakar di dada.
  5. Nyeri perut.
  6. Nyeri daerah kewanitaan.
  7. Sering buang air kecil dan perubahan pola buang air besar.
  8. Mengalami rasa lelah berlebihan dan/atau nyeri punggung.

Kewaspadaan para wanita perlu semakin meningkat apabila terdapat anggota keluarga yang pernah didagnosis kanker payudara dan/atau kanker ovarium. Pada wanita-wanita yang pernah memiliki riwayat kanker payudara, kanker rahim, atau kanker usus juga perlu mewaspadai kanker ini karena risiko terjadi kanker ovarium semakin meningkat. Kejadian kanker ovarium juga meningkat pada wanita yang berusia di atas 55 tahun, tidak pernah hamil dan sedang menjalani terapi hormon estrogen saja selama lebih dari 10 tahun.

Nah, wanita Indonesia, sudahkah memperhatikan kesehatan Anda sejak dini?

Sumber:

  1. National Cancer Institute. (www.cancer.gov/cancertopics/wyntk/ovary)
  2. Ovarian Cancer National Alliance (www.ovariancancer.org)
  3. BEAT Ovarian Cancer (www.beatonline.info/)
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (www.depkes.go.id/index.php/berita/info-umum-kesehatan/539-kanker-penyebab-kematian -keenam-terbesar-di-indonesia.html)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Air kelapa merupakan cairan yang berasal dari kelapa muda. Dalam beberapa tahun ini ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk menganalisa efek dari air kelapa. Air kelapa mengandung banyak elektrolit (mineral), yang dapat berguna untuk menghidrasi tubuh manusia. Elektrolit juga berguna dalam menjaga keasaman darah serta berpengaruh terhadap kontraksi otot. Air kelapa memiliki kadar kalium yang tinggi, yang dapat mendukung kesehatan dari jantung dan otot. Berikut beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah pernah diteliti sebelumnya : Berolahraga : Air kelapa yang mengandung banyak natrium dapat berguna dalam rehidrasi sehabis olahraga seperti yang disebutkan oleh studi yang dipublikasikan dalam The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health tahun 2007. Studi ini meneliti 10 laki-laki sehabis berolahraga dimana dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok 1 hanya mengkonsumsi air biasa, kelompok 2 mengkonsumsi minuman elektrolit kelompok 3 mengkonsumsi air kelapa saja, dan kelompok 4 mengkonsumsi air kelapa yang mengandung banyak natrium. Setelah dilakukan pemeriksaan 2 jam kemudian terlihat bahwa rehidrasi laing tinggi t [...]

Risiko Mengonsumsi Obat Bebas

Risiko Mengonsumsi Obat Bebas

Selain mengandung risiko, obat-obatan bebas belum tentu sesuai untuk menyembuhkan penyakit Anda. Obat tanpa resep dokter atau obat bebas dapat dibeli secara bebas di toko obat. Umumnya obat ini dikonsumsi untuk menangani gejala ringan yang dianggap tidak membutuhkan konsultasi kepada dokter, seperti sakit kepala, flu, atau batuk yang ringan. Banyak orang yang sering menggunakan obat-obatan yang dijual bebas tanpa mencari tahu penyebab penyakitnya dengan memeriksakan diri ke dokter. Padahal dengan mengonsumsi obat-obatan jenis ini dapat membahayakan kesehatan jika tidak dikonsumsi dengan takaran yang tepat atau dalam jangka panjang. Perhatikan Dosis Penggunaan Obat Konsumsi obat-obatan bebas dengan dosis yang tidak tepat dapat mendatangkan risiko kesehatan serius. Tidak sedikit orang meninggal karena mengonsumsi obat-obatan bebas seperti paracetamol dalam dosis berlebihan. Baca petunjuk dosis pada label Berikut ini adalah beberapa panduan agar Anda terhindar dari risiko akibat mengonsumsi obat dalam dosis yang tidak tepat: Selalu baca label Baca dan ikuti informasi dosis pada label petunjuk penggunaan tiap kali akan mengonsumsi obat. Dosis tersebut sudah disesuaikan untuk mendatan [...]

Solusi Masalah Gatal Pada Kulit Selama Kehamilan

Solusi Masalah Gatal Pada Kulit Selama Kehamilan

Masa hamil merupakan salah satu masa dimana terjadinya perubahan hormonal pada tubuh sehingga memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan pada kulit. Hal umum yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah stretch mark, selulit, linea nigra hingga gatal-gatal. Selain perubahan kulit yang terlihat nyata, rasa gatal inilah yang sering menjadi keluhan lebih lanjut. Rasa gatal pada kulit sekitar paha, pantat, perut, pusar dan payudara, bisa muncul kapan saja mulai dari trimester pertama hingga trimester akhir kehamilan. Sehingga dapat dikatakan bahwa keluhan ini dialami sepanjang masa kehamilan yang seringkali membawa perubahan mood ibu. Keluhan ini muncul dikarenakan berbagai macam sebab, antara lain akibat meregangnya kulit untuk menyesuaikan perkembangan janin sehingga kulit menjadi lebih kering, hal lainnya yang menjadi penyebab adalah iritasi pada lipatan tubuh yang mengalami pergesekan seiring dengan bertambahnya berat badan ibu, juga dikarenakan perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang membuat terjadi penumpukan bilirubin pada kulit sehingga mengakibatkan rasa gatal. Untuk itu perlunya penanganan yang benar dalam menanggulangi masalah gatal ini dari awal sebelum berkembang [...]

Muda Anemia, Tua Demensia

Muda Anemia, Tua Demensia

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Sebuah penelitian yang dilakukan di Ajou University School of Medicine, Korea Selatan dan beberapa pusat studi di Amerika Serikat menemukan hubungan antara anemia dan kejadian demensia pada orang lanjut usia (usia 70 ? 79 tahun). Pada penelitian ini, 2550 lansia diobservasi selama 10 tahun. Lansia yang memiliki masalah anemia pada awal penelitian memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami demensia. Anemia disebabkan oleh penurunan kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, dan memiliki berbagai faktor risiko penyebab seperti kurangnya zat besi, ulkus lambung, penyakit ginjal kronis, dan lain-lain. ?Anemia merupakan kondisi yang umum ditemukan pada lansia dan terjadi pada sekitar 23% orang dewasa berusia 65 tahun atau lebih,? ujar Dr. Kristine Yaffe, peneliti utama yang juga merupakan seorang dokter psikiatri di University of California, San Francisco. Pemeriksaan laboratorium darah untuk mendeteksi adanya anemia dilakukan pada awal studi. Peserta penelitian kemudian menjalani tes-tes kognitif selama durasi penelitian. Hampir � dari 400 orang dengan anemia pada penelitian ini mengalami demensia. Para peneliti menegaskan bahwa [...]

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Overweight atau kegemukan bukan hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri. Riset terbaru mengungkapkan menurut orang-orang dengan tubuh kegemukan mereka setidaknya mengalami penghinaan satu kali dalam seminggu.Penelitian tersebut dilakukan terhadap 2.573 mantan orang overweight. Seperti dikutip Female First, para responden yang dulunya gemuk ini sudah berhasil menurunkan berat badannya. Seseorang dikatakan mengalami kegemukan jika indeks masa tubuhnya antara 25 sampai 30.Ribuan responden yang pernah gemuk ini ditanya apakah mereka pernah dihina atau dipermalukan karena bentuk tubuh mereka. Dan menurut hasil riset ada dua dari lima responden yang mengaku mengalami penghinaan setidkanya satu kali seminggu. Penghinaan ini paling sering datang dari penjaga toko baju, teman, orang yang lewat dekat mereka, lawan jenis dan anak remaja yang sengaja memotret mereka.Menyikapi hasil survei tersebut, Profesor James Stubss ketua dari jurusan perubahan perilaku dan manajemen berat badan di Universitas Derby dan peneliti senior di Slimming World, meminta agar masyarakat lebih bersimpati pada orang-orang overweight. Pe [...]

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Sebelumnya sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian. Kali ini, penelitian terbaru kembali mengungkap dampak negatif akibat duduk selama berjam-jam.Seperti yang dikutip dari Female First, sebuah penelitian di Amerika Serikat menjelaskan bahwa duduk terlalu lama tanpa jeda bisa memicu terjadinya penggumpalan darah yang berbahaya atau disebut Deep Vein Thrombosis (DVT). Berdasarkan penelitian tersebut, kondisi ini biasanya dialami oleh para wanita.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal British Medical menuliskan bahwa wanita yang duduk lama tiap harinya memiliki dua hingga tiga kali risiko mengalami DVT. Mereka yang duduk dalam posisi hampir tidak bergerak selama lebih dari 41 jam tiap minggunya memiliki risiko tertinggi.Misalnya saja seperti, pekerja yang menghabiskan waktu di depan komputer dan mereka yang melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan atau pesawat. Namun penelitian juga mengatakan bahwa operasi dan pil KB juga bisa menjadi faktor pemicu DVT."Sudah mulai banyak kesadaran mengenai risiko DVT yang terjadi akibat perjalanan udara, tetapi banyak orang yang belum sadar bahwa semua jenis kegiatan yang tidak [...]

Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Terlalu sering menggunakan smartphone bisa berakibat fatal bagi tulang belakang Anda. Berdasarkan penelitian, rata-rata orang memakai smartphone 110 kali sehari, dan itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tulang leher hingga punggung.Saat membaca pesan teks atau main game di smartphone, tablet dan gadget sejenisnya, kepala cenderung menunduk dan condong ke depan dan bisa menambah tekanan serta beban pada tulang belakang. Kondisi inilah yang membuat seseorang merasa pegal dan sakit di leher setelah memakai ponsel dalam waktu lama.Dr. Matt Herba mengatakan makin banyak pasien, terutama anak-anak yang mengeluh menderita sakit pada lehernya. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menjadi permanen."Studi menunjukkan ketika kepala condong ke depan, akan menambah beban hingga 4,5 kg pada tulang belakang," ujar Dr. Herba yang seorang ahli urut tulang di Florida, seperti dilansir Daily Mail.Ia menambahkan, anak muda zaman sekarang banyak yang menderita sakit leher akibat asyik memainkan ponsel atau smartphone mereka. Terlalu banyak menunduk bisa memicu kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tulang rawan dan jaringan di antara ruas-ruas tulang belakang. Para dokter gigi spesiali [...]

Inilah Gejala-gejala Sakit Tenggorokan

Inilah Gejala-gejala Sakit Tenggorokan

Apakah Anda pernah mengalami sakit tenggorokan? Sepertinya hampir setiap orang pernah mengalami sakit tenggorokan, ya. Sakit tenggorokan memang merupakan penyakit yang sering ditemui sehari-hari. Radang tenggorokan bisa disebabkan infeksi bakteri, virus (common cold), merokok, maupun alergi. Sebanyak 24-52% kasus infeksi saluran napas atas disebabkan oleh rhinovirus. Namun pada 57% infeksi saluran napas tidak ditemukan adanya kuman sama sekali. Common cold merupakan kumpulan keluhan pada saluran pernapasan bagian atas yaitu hidung, sinus, dan tenggorokan yang biasanya disebabkan oleh virus. Keluhan ini akan menyembuh dengan sendirinya apabila kondisi imunitas tubuh baik. Common cold ini biasanya menular melalui kontak langsung maupun tidak langsung dengan tangan seseorang yang terkontaminasi dengan virus atau udara yang terkontaminasi virus. Gejala akan muncul setelah 1-3 hari berkontak dengan virus dan bisa bertahan hingga 3 minggu. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya gejala klinis yang muncul: Inilah Gejala-gejala Sakit Tenggorokan Gejala klinis yang dirasakan antara lain : Nyeri atau sensasi sakit tenggorokan Hidung meler Hidung tersumbat Ba [...]

Awas! Sosis Bisa Sebabkan Kanker!

Awas! Sosis Bisa Sebabkan Kanker!

Untuk kesekian kalinya daging olahan seperti sosis, ham, dan bacon disebutkan menjadi salah satu penyebab beberapa penyakit paling sering di dunia. Salah satu studi terbesar yang dipublikasikan oleh BMC Medicine (7/3/2013) menemukan asosiasi positif antara pengkonsumsian daging olahan dengan kematian yang sudah terbukti untuk penyakit jantung namun juga terbukti untuk penyakit kanker. Risiko kematian akibat kanker lebih tinggi sebanyak 43% dan risiko kematian akibat penyakit jantung lebih tinggi 70% pada orang-orang yang mengkonsumsi daging olahan lebih dari 160g/hari dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi 10.0g/hari hingga 19.9 g/hari. Penelitian yang dilaporkan oleh EPIC (European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition) yang dilakukan di 10 negara dengan subjek sebanyak satu setengah juta orang menunjukkan bahwa angka kematian lebih tinggi bila penkonsumsian daging olahan sebanyak 50g/hari. Apa yang menyebabkan? Berikut penjelasannya: Daging Olahan & Kanker Para peneliti menegaskan bahwa daging olahan mengandung lemak tersaturasi, kolestrol dan bahan tambahan lain lebih tinggi dibandingkan jenis daging lain. Kandungan ini diperca [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *