Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

beckdepan.jpg

Sebagian wanita senang memakai tas tangan untuk berpergian. Tidak sedikit dari mereka yang menyukai tas besar untuk menyimpan berbagai perlengkapan, seperti kosmetik atau gadget. Banyak juga wanita yang meniru gaya Victoria Beckham yang selalu tampil dengan tentengan tas besar di bahunya ke manapun.

Banyak wanita tidak memperhatikan bahwa tas yang mereka bawa terlalu berat atau melebihi kapasitasnya. Ternyata hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Para ahli mengungkapkan bahwa berat beban tas tangan yang sering dibawa wanita bisa menyebabkan ‘poshitis’.

Poshitis adalah suatu kondisi di mana otot menjadi rusak serta nyeri bahu yang berkelanjutan karena membawa tas berat terlalu lama. Para ahli medis menyebut kondisi tersebut dengan nama poshitis karena terinspirasi dari Victoria Beckham. Victoria mendapat julukan ‘Posh’ di grup band Spice Girl.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Halo menemukan bahwa masalah kesehatan semakin banyak dialami oleh wanita. Hal itu dikarenakan wanita modern saat ini berpergian lebih lama dari sebelumnya dengan membawa tas berat di tangannya.

Brand kecantikan tersebut melakukan survei terhadap 1.500 wanita dengan usia sekitar 25 sampai 45 tahun. Hasilnya satu dari sepuluh wanita berpergian lebih dari 15 jam per hari. Seperlima dari responden mengaku membawa beban tas yang cukup berat sekitar empat setengah pon.

Dua pertiga dari mereka juga mengatakan sering sakit otot, punggung, serta nyeri bahu karena membawa tas yang oversize. Sebagian besar wanita yang mengikuti survei menuturkan, beban tas yang terlalu berat disebabkan oleh peralatan kosmetik dan gadget mereka, seperti parfum, deodoran, make-up kit, dry shampoo, charger dan ponsel.

Bintang Made In Chelsea, Binky Felstead, merasa terkejut dengan masalah poshitis yang baru-baru ini dialami banyak wanita. “Aku suka tas besar tapi sekarang aku tahu poshitis bisa berbahaya untuk jangka panjang maka aku akan ekstra hati-hati,” ujar Binky yang dikutip dari Female First.

Binky menambahkan, ia selalu pergi membawa handphone, flat shoes, tisu, sebotol air mineral, dan make-up kit sehingga isi tasnya selalu penuh. Ia juga kerap mengalami nyeri di bahu dan lengan tapi Binky berpikir bahwa ia hanya kelelahan.

Namun setelah tahu bahwa poshitis bisa menyebabkan kerusakan otot jangka panjang maka Binky memilih untuk berhati-hati saat membawa tasnya. Ia lebih memilih tas yang nyaman dibawa atau mengurangi barang bawaannya.

Manager Halo Andrew Freeman mengatakan, penelitian ini akan berharap bisa menyadarkan wanita bahwa membawa tas jinjing yang terlalu berat bisa berbahaya bagi kesehatan otot. “Membawa tas berat dalam waktu yang lama akan berdampak besar pada postur tubuh dan pergerakan lengan Anda. Maka dari itu penting untuk mengatur barang bawaan di dalam tas,” tutupnya.

(aln/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Efek Buruk di Balik Kebiasaan Multitasking

Efek Buruk di Balik Kebiasaan Multitasking

Banyak orang berpikir bahwa kebiasaan multitasking bisa membuat pekerjaan jadi lebih cepat selesai, fokus dan efisien. Tetapi pada kenyataannya, banyak peneliti percaya bahwa otak manusia tidak bisa mengerjakan dua atau lebih tugas secara bersamaan, seperti yang dikutip dari health.Para peneliti menjelaskan bahwa temuan tersebut hanya berlaku pada kegiatan yang membutuhkan pemikiran. Melakukan dua kegiatan yang tak perlu berpikir, seperti berjalan atau mengunyah permen karet tidak akan berakibat buruk terhadap kinerja otak. Beda halnya dengan nelpon sambil menyetir."Pasti ada sesuatu yang dikorbankan. Anda tidak bisa berkonsentrasi pada satu pekerjaan, entah itu pembicaraan di telepon atau menyetir," ujar David E. Meyer, PhD, ketua Brain, Cognition, and Action Laboratory di University of Michigan.Selain mengatakan bahwa multitasking tidak efisien, Meyer juga menemukan bukti dimana multitasking justru memperlambat gerakan Anda. Dalam sebuah peneltian yang diterbitkan beberapa tahun lalu, Meyer dan koleganya, bahwa multitasking justru membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan satu tugas, terutama ketika tugas tersebut rumit.Para pakar kesehatan menjelaskan bahwa kebias [...]

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala sering dikaitkan dengan stres atau tubuh yang kurang istirahat. Padahal sakit kepala juga dapat dipicu oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hanya saja, sensitivitas tiap orang terhadap jenis makanan atau minuman tertentu akan beragam. Sakit kepala akibat makanan juga sulit dikenali karena efek tersebut terjadi sekitar 30 menit hingga 72 jam setelah mengonsumsi makanan. Pengaruh Pola Makan Risiko sakit kepala dapat dipengaruhi oleh pola makan dalam dua cara : Beberapa makanan tertentu dianggap sebagai pemicu sakit kepala. Kebiasaan makan yang kurang baik, seperti terlambat makan atau kurang asupan cairan yang juga dapat memengaruhi risiko sakit kepala. Khusus bagi wanita, masa pramenstruasi bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap makanan pemicu sakit kepala. Satu jenis makanan mungkin tidak akan menimbulkan sakit kepala ketika dikonsumsi setelah haid, dibandingkan satu minggu sebelumnya. Pemicu Sakit Kepala Sakit kepala terkadang muncul tanpa diduga. Mulai dari nyeri yang terasa sesaat, hingga rasa sakit berdenyut selama berjam-jam. Bisa jadi hal itu berawal dari konsumsi Anda beberapa waktu sebelumnya. Berikut ini adalah jenis makanan dan minuman yan [...]

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Fluktuasi hormon diduga menjadi penyebab naik dan turunnya mood saat sedang haid. Sering merasa lebih emosional menjelang masa datang bulan? Kenali penyebab dan cara mencegah fluktuasi mood saat haid tiba. PMS dan Hormon Perubahan mood sering menjadi ciri utama Premenstrual Syndrome (PMS). PMS adalah gejala-gejala akibat perubahan hormon menjelang masa menstruasi. Umumnya periode ini terjadi 10 hari sebelum masa datang bulan, saat kadar hormon estrogen dan progesteron berubah drastis. Sejak masa awal pubertas, ovarium wanita mulai melepaskan hormon estrogen. Dalam satu siklus menstruasi, estrogen terus dilepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi. Setelah itu kadar estrogen menurun drastis sebelum akhirnya pelan-pelan meningkat lagi. PMS sering diidentikkan dengan depresi, kecemasan, perasaan yang sensitif, melankoli, atau bahkan kemarahan dan membenci diri sendiri. Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mempersepsikan segala hal atau komentar dari sudut pandang negatif, meski fakta nyatanya tidak demikian. Selain suasana hati yang terpengaruh perubahan kadar hormon, gejala PMS lain adalah diare, payudara terasa nyeri, dan kram. Kadar nor [...]

4 Fakta Keringat

4 Fakta Keringat

Tidak sedikit kita diantara kita yang pernah bertemu kesulitan dengan namanya keringat. Contohnya seperti kejadian-kejadian seperti berikut ini: Anda berhenti membeli baju putih karena bekas keringat yang tidak dapat hilang. Kenaikan suhu sedikit saja dapat membuat Anda berkeringat. Anda merasa ?deg-deg?-an saat akan bersalaman dengan orang oleh karena tangan Anda selalu berkeringat. Anda merasa takut dekat dengan orang lain karena Anda merasa ada bau badan yang tidak sedap. Apakah hal-hal ini membuat Anda abnormal? Atau apakah memang ada orang-orang tertentu yang berkeringat lebih banyak dibandingkan dengan orang lain? Berikut penjelasannya: Hal yang Perlu Anda Tahu Soal Keringat: 1. Pertama, memang semua orang berkeringat Keluarnya cairan dari kelenjar keringat kita merupakan fungsi tubuh yang normal. Hal ini merupakan suatu fungsi tubuh untuk mejaga temperature tubuh. Keringat sebagian besar terdiri dari air, namun juga mengandung gula, garam, dan beberapa jenis bahan kimia seperti ammonia. Keringat pada umumnya tidak ada baunya, namun bila bercampur dengan bakteri yang ada di kulit akan menimbulkan bau yang tidak sedap. (Baca: Men [...]

6 Minuman yang Baik untuk Kesehatan

6 Minuman yang Baik untuk Kesehatan

Hampir semua orang tahu bahwa rajin mengonsumsi air putih bisa berikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun selain air putih, ada enam minuman lain yang juga bisa membantu menjaga metabolisme tubuh. Apa saja?Seperti yang dikutip dari lifemojo, minuman seperti minuman bersoda, minuman ringan atau jus kemasan memang memiliki rasa yang nikmat namun berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaiknya, biasakan untuk lebih sering mengonsumsi enam minuman sehat seperti dibawah ini.1. Air putihManfaat air putih sudah banyak diketahui oleh hampir semua orang. Tidak hanya untuk bermanfaat untuk kecantikan, air putih juga dapat membantu fungsi otak, ginjal, hati dan mempercepat metabolisme. Bahkan meminum air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan karena bisa menekan nafsu makan.2. KopiKopi juga merupakan minuman yang sehat bagi tubuh apabila dikonsumsi tidak berlebihan, kurang lebih dua gelas sehari. Kafein yang terdapat pada kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan juga menjaga tubuh dari penyakit jantung, kanker usus, Parkinson dan Alzheimer.Penelitian terakhir juga menunjukkan bahwa kadar kafein yang sesuai dapat mengurangi rasa nyeri pada otot, hingga 48 persen, terutama [...]

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Stres rasanya jika wajah ditumbuhi oleh jerawat batu. Ukurannya yang besar, berwarna kemerahan dan dipenuhi nanah pastinya mengganggu penampilan kita. Belum lagi efeknya yang mungkin bisa menimbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menyingkirkan ?tamu tidak diundang? ini dari wajah Anda. Jerawat bisa timbul ketika pori-pori wajah Anda tersumbat dengan sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri ikut menyusup ke dalamnya dan membuat area tersebut menjadi merah dan bengkak. Sementara jerawat batu terjadi ketika infeksi ini telah masuk jauh ke dalam kulit wajah Anda. Tidak hanya pada wajah, jerawat batu juga bisa muncul pada dada, pundak, punggung, atau lengan atas. Sebenarnya tidak ada penyebab pasti kenapa Anda memiliki jerawat batu, namun hormon androgen bisa ditunjuk sebagai pemicunya. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Kalangan yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi adalah remaja. Namun itu bukan berarti kalangan remaja saja yang bisa mengidap jerawat batu. Anak-anak berusia 8 tahun atau orang tua berusia paruh b [...]

Normalkah Kentut 20 Kali Dalam Sehari?

Normalkah Kentut 20 Kali Dalam Sehari?

Kentut atau gas atau dalam medis dikenal dengan istilah ?flatus?, serta sendawa serta kembung merupakan hal yang wajar dan tentu pernah kita alami. Gas dihasilkan oleh lambung dan usus kita ketika makanan dipecah sehingga menghasilkan energi. Terjadinya kentut dan sendawa seringkali berbenturan dengan kebiasaan bermasyarakat, acapkali menjadi hal yang memalukan. Kembung merupakan suatu perasaan penuh di perut yang sering menimbulkan perasaan tidak nyaman. Mengubah pola makan dan minum Anda dapat mengurangi gas dan menghilangkan rasa tidak nayman karena terjadi penumpukan gas. Bersendawa merupakan suatu proses dimana kita mengeluarkan udara dari lambung atau kerongkongan melalui mulut. Bersendawa sebanyak 3 hingga 4 kali setelah mengkonsumsi makanan merupakan proses yang wajar sering disebabkan karena kita menelan udara. Beberapa penyebab sendawa lainny adalah keadaan cemas, atau beberapa penyakit seperti adanya luka pada lambung atau ada masalah di kandung emepedu. Semua orang pada normalnya akan kentut, namun ada beberapa orang yang dapat kentut lebih banyak. Pada normalnya Anda dapat kentut sebanyal 6 hingga 20 kali dalam sehari. Beberapa penyebab kentut dan kembung, diantaranya [...]

6 Cara Agar Anak Remaja Anda Terbebas dari Rokok

6 Cara Agar Anak Remaja Anda Terbebas dari Rokok

Tidak sedikit orangtua yang khawatir karena menilai pergaulan jaman sekarang yang sedemikian memprihatinkannya. Dimana banyak beranggapan rokok dalam hal ini merupakan pintu awal masuknya remaja berlanjut kepada tahap-tahap kenakalan berikutnya, sebut diantaranya narkoba, minuman keras, bahkan beberapa diantaranya dikaitkan pada gaya hidup seks bebas. Tidak heran jika demikian terjadi. Pasalnya rokok dalam dunia kesehatan juga menjadi pencetus utama sebagai angka kematian tertinggi di dunia pada gagal jantung dan kanker. Jangan kaget pula, pasalnya Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia berbahaya yang dapat merusak tubuh. Bahan-bahan kimia dalam rokok terutama akan menimbulkan kelainan pembuluh darah yang selanjutnya akan meningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung, stroke, hipertensi,dll hingga 2-4 kali lipat. Lalu bagaimana caranya untuk memastikan anak remaja Anda untuk terbebas rokok? Berikut ada beberapa saran yang dapat diberikan kepada orangtua pada khususnya. 1. Berikan Contoh yang Baik Anak remaja yang merokok biasanya juga memiliki orangtua perokok. Jika Anda tidak merokok, maka pertahankanlah. Namun jika Anda perokok, maka ber [...]

Baca Ini Dulu Sebelum Mengonsumsi Multivitamin

Baca Ini Dulu Sebelum Mengonsumsi Multivitamin

Diperkirakan bahwa sebagian besar orang dewasa sering mengalami kekurangan vitamin C, D, A, serta mineral kalsium dan magnesium. Mengonsumsi multivitamin dianggap sebagian orang menjadi jalan keluar yang mudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Orang yang mengonsumsi multivitamin beranggapan bahwa pola makan yang sehat sekalipun masih belum mencukupi kebutuhan tubuh akan beragam nutrisi. Jika Anda berniat mengonsumsi multivitamin secara teratur, baca dulu fakta-fakta berikut. Klaim Manfaat Multivitamin Sebuah lembaga penelitian kesehatan menyarankan untuk rutin mengonsumsi multivitamin dengan vitamin D untuk mencukupi kebutuhan tubuh harian. Jika pola makan Anda tidak kaya akan sumber kalsium dan vitamin D seperti ikan, susu, dan sayuran, maka Anda perlu mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium tersendiri. Hal ini dikarenakan pada umumnya kedua nutrisi tersebut tidak terkandung di dalam multivitamin. Penelitian menemukan bahwa pada waktu-waktu tertentu, multivitamin memang dibutuhkan untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan tubuh, antara lain: Wanita hamil perlu mengonsumsi multivitamin atau suplemen yang mengandung asam folat untuk menghindari kelainan pada bayi. Lansia mungk [...]

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Indonesia Ranking 3 Penderita Kusta Terbanyak di Dunia

Oleh dr. Alvin Nursalim Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak penderita kusta di dunia. Dengan jumlah penderita sebanyak 18,994 orang di tahun 2012, mengikuti Brazil di urutan kedua yang memiliki angka penderita sebanyak 33.303 orang pada tahun 2012, dan India di urutan pertama dunia yang berjumlah 134,752 penderita. Demikian data yang dipaparkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) edisi terakhirnya (2013). Mendengar kata Kusta, bagai momok tersendiri di telinga sebagian masyarakat. Padahal layaknya manusia lainnya, penyandang Kusta juga memerlukan perhatian dan pengobatan yang layak. Bulan Januari kembali mengingatkan kita akan pentingnya merangkul dan mengani kasus Kusta dengan baik, karena pada tanggal 27 Januari diperingati sebagai hari Kusta sedunia. Mari kita kenal lebih jauh tentang penyakit satu ini. Apa itu penyakit Kusta?Kusta adalah penyakit yang disbebkan oleh infeksi Mycobacterium leprae. Kusta menyerang berbagai bagian tubuh, diantaranya saraf, dan kulit. Nama lain dari penyakit ini adalah Lepra atau Morbus Hansen. Kusta umumnya ditemukan pada negara berkembang, seperti Indonesia. Apa saja gejala dari penyakit Kusta?Kusta terkenal sebagai penyakit yang paling ditakuti [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *