Sering Sakit Perut Setelah Makan? Ini Dia Penyebabnya

sakitperut.jpg

Setiap manusia tentu membutuhkan makan sebagai penyedia energi. Saat makanan dicerna, perut dan usus kecil mengeluarkan enzim dan hormon. Enzim tersebut memecah karbohidrat, protein, dan lemak yang kita konsumsi menjadi materi berguna bagi sel-sel tubuh.

Sebagian berguna sebagai penambah energi, penghasil panas, atau disimpan sebagai glikogen maupun lemak. Namun, sebagian lagi berkontribusi menimbulkan gas yang membuat perut menjadi kembung, peradangan atau segala bentuk ketidaknyamanan pada perut.

Agar perut lebih tenang dan rasa sakitnya berkurang, konsumsilah makanan yang bersahabat dengan kondisi perut Anda, dan jauhkan segala macam makanan dan minuman yang dapat menyebabkan perut sakit. Seperti yang dilansir Health Me Up, berikut adalah cara memilih makanan yang bersahabat bagi perut.

1. Perhatikan Kebiasaan Makan
Jika Anda mengalami sakit perut setelah makan, ubahlah jenis makanan yang dikonsumsi dan kebiasaan Anda makan. Santaplah makanan ringan seperti buah atau roti saat sarapan. Bukan makanan berat seperti nasi lengkap dengan lauk pauknya.

Hindari makan 2-3 jam sebelum tidur. Berbaring pada saat perut penuh dapat menekan lower esophageal sphincter Anda, yaitu untuk menjaga asam lambung dari makanan dan datang kembali ke kerongkongan.

2. Isi Perut dengan Serat yang Cukup
Mengonsumsi makanan dengan banyak serat sangat baik untuk pernceranaan dan mencegah sembelit. Untuk usus yang sehat, Anda memerlukan berbagai serat seperti roti gandum, beras merah, buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Beberapa orang tidak cocok dengan sereal dan biji-bijian karena dapat menyebabkan kembung dan iritasi pada usus besar. Jika itu yang terjadi, konsumsilah serat dari buah dan sayuran sebagai gantinya.

3. Konsumsi Banyak Cairan
Penting sekali bagi Anda untuk terus mengonsumsi air, khususnya air putih. Hal itu baik dilakukan karena dapat melancarkan pencernaan dan sistem pembuangan. Serat bekerja seperti spons, menyerap air. Jika tanpa cairan, serat tidak dapat melakukan pekerjaan dan dapat menyebabkan sembelit. Konsumsilah banyak air. Minumlah dua gelas air putih sebelum dan setelah makan. Hindari kafein karena dapat menyebabkan perut mules.

4. Perhatikan Komposisi
Jika makanan pedas membuat perut Anda panas, sakit perut atau bahkan diare, hindarilah. Beberapa orang juga tidak cocok dengan makanan tertentu. Makanan asam seperti tomat, jeruk dan minuman bersoda dapat memicu rasa sakit pada perut. Jika Anda tidak bisa mencerna laktosa (gula dalam susu), yang terjadi adalah perut menjadi kembung dan diare setelah minum atau makan produk yang mengandung susu. Seperti krim, keju, yoghurt dan cokelat susu.

5. Pilih Minuman yang Tepat
Meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda dapat meningkatkan asam pada lambung dan menyebabkan sakit perut pada beberapa orang. Untuk mengurangi masalah pencernaan, pilihlah minuman yang tidak bersoda dan tidak mengandung kafein. Seperti teh herbal, dan air putih. Jika Anda harus mengonsumsi teh atau kopi, batasi asupannya. Satu atau dua cangkir per hari sudah cukup.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Jenis Teh Herbal & Manfaatnya Bagi Tubuh

6 Jenis Teh Herbal & Manfaatnya Bagi Tubuh

Teh herbal telah digunakan lebih dari ribuan tahun lalu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit dan jaga kesehatan. Sayangnya, pengobatan modern telah membuat banyak orang melupakankhasiat terh herbal. Seperti yang dikutip dari All Women Stalk, berikut tujuh pilihan teh herbal dan manfaatnya bagi kesehatan.1. Teh ChamomileJika Anda sering merasa gelisah, cobalah untuk meminum teh chamomile karena bisa buat Anda merasa lebih tenang. Selain berguna sebagai antidepresan, teh chamomile juga bermanfaat bagi Anda yang memilikimasalah susah tidur.Chamomile merupakan obat anti-inflamasi (anti radang) yang sangat kuat, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara diminum, dihirup uapnya atau merendamkan kain yang kemudian diletakan pada area sakit. Chamomile juga berguna mengobati kram menstruasi pada wanita.2. PeppermintJika Anda merasa perut penuh dengan gas atau kembung, yang perlu Anda lakukan adalah menyeduh secangkir teh peppermint. Teh ini juga merupakan obat ideal untuk menghilangkan rasa sakit kepala. Ambil 1-2sendok teh daun peppermint kering. Tambahkan air panas ke daun, kemudian tutup cangkir Anda dan biarkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu, s [...]

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Diabetes atau dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan kelainan pada sistem metabolisme tubuh yang menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Menurut American Diabetes Association (ADA) tahun 2010, diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik peningkatan kadar gula dalam darah yang terjadi karena kelainan kerja insulin, produksi insulin, atau keduanya. Insulin adalah hormon yang membantu tubuh menurunkan jumlah glukosa dalam darah. Jika Anda memiliki diabetes, tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal atau Anda tidak merespon dengan baik untuk itu. Dari segi penyebabnya, diabetes melitus dapat dibagi ke dalam empat kelompok yaitu: 1. DM Tipe 1 Diabetes melitus yang disebabkan kerusakan pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin 2. DM Tipe 2 Diabetes melitus yang disebabkan adanya resistensi insulin. Jumlah insulin yang dihasilkan cukup namun tidak dapat bekerja maksimal untuk menurunkan gula darah. Resistensi insulin sendiri biasanya terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. 3. DM Tipe Lain Diabetes melitus yang disebabkan oleh faktor lain misal obat, infeksi, sindrom gene [...]

Ini Reaksi yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Patah Hati

Ini Reaksi yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Patah Hati

Patah hati karena putus cinta atau cinta ditolak bukan sekadar kiasan. Nyatanya, seseorang bisa merasakan sakit secara fisik karena masalah cinta.Putus cinta memang berat untuk dihadapi, terutama jika Anda di pihak yang diputuskan. Patah hati umumnya ditandai dengan rasa sakit pada jantung. Seolah-olah seperti ada beban berat yang menekan dada hingga ke jantung.Ternyata sensasi yang Anda rasakan akibat patah hati ini ada alasannya dan tidak selalu berhubungan dengan kondisi mental. Tapi ada hormon dalam tubuh yang berperan menimbulkan rasa sakit tersebut.Naomi Eisenberger, PhD dari University of California mengatakan, ketika putus hubungan dengan seseorang, otak sulit mengatasinya sendirian. Akibatnya, otak akan mengirimkan sinyal-sinyal ke tubuh untuk memberitahu bahwa yang Anda alami saat itu adalah rasa sakit.Seperti dikutip dari Female First, otak Anda memiliki banyak hormon seperti oksitosin dan dopamin, yang merupakan hormon pembangkit rasa bahagia. Ketika seseorang merasa sedih atau marah, otak akan terganggu dan dua hormon tersebut akan pergi. Meninggalkan hormon stres di otak.Dan ketika stres, otak akan mengirimkan kortisol dan epinephrine, hormon yang menimbulkan reaks [...]

Fakta Kesehatan Tentang Alpukat yang Belum Tentu Anda Tahu

Fakta Kesehatan Tentang Alpukat yang Belum Tentu Anda Tahu

Alpukat tidak hanya lezat untuk dijadikan campuran es teler atau es campur. Tapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang masih 'satu saudara' dengan berry ini kaya akan lemak sehat dan tak jenuh yang membantu proses pembakaran lemak berlebih serta memperkuat struktur dinding sel. Ini sejumlah khasiat lain dari alpukat, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Alpukat Mengandung Potassium Lebih Banyak dari PisangSelama ini potassium lebih diketahui banyak terkandung dalam pisang. Tapi alpukat ternyata memiliki potassium yang lebih tinggi. Dalam satu butir alpukat, terdapat 975 miligram potassium sementara pisang (ukuran sedang) hanya setengahnya, sekitar 487 miligram. Potassium merupakan jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Salah satu jenis elektrolit ini juga berkhasiat menurunkan tekanan darah serta membantu kesuburan, fungsi otak dan syaraf.2. Alpukat Buah Berprotein TinggiSatu butir alpukat memiliki empat gram protein, menjadikannya sebagai buah yang paling tinggi kandungan proteinnya. Protein pada alpukat pun merupakan protein sehat yang tidak mengandung lemak trans, lemak jenuh dan mudah dicerna. Jadi jika Anda vegetarian atau menghindari prote [...]

Bersepeda Mencegah Depresi

Bersepeda Mencegah Depresi

Bersepeda merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik dan apabila dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Secara umum, aktivitas fisik, dalam hal ini termasuk bersepeda, yang dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan seperti: Menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler, diabetes, dan hipertensi Dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes Dapat membantu mengontrol tekanan darah pada pasien hipertensi Membantu menjaga berat badan ideal Mendorong kesehatan jiwa atau mental dengan menurunkan resiko depresi dan ansietas Mempertahankan tingkat kebugaran Namun demikian, sedikit berbeda dengan aktivitas olahraga lainnya, ternyata bersepeda memiliki keuntungan tersendiri. Bersepeda Mencegah Depresi Bersepeda merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik dan apabila dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Secara umum, aktivitas fisik, dalam hal ini termasuk bersepeda, yang dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan seperti: Menurunkan risiko terkena penyakitkardiovaskuler, diabetes, dan hipertensi Dapat membantu mengontrol [...]

5 Tanda Gagal Jantung

5 Tanda Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui.. Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.(Baca: Penyakit Jantung) Apa saja gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung? 5 Tanda Gagal Jantung Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui. Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.(Baca: Penyakit Jantung) Apa saja gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung? Tanda #1: Mudah Lelah Pasien dengan gagal jantung umumnya mengeluh cepat lelah.Pada kasus gagal jantung tahap awal, maka kelelahan yang terjadi masih minimal. Namun seiring semakin berat keadaan gagal jantung pasien, maka keluhan mudah lelah juga akan semakin berat. Umumnya pasien mengel [...]

5 Alasan Mengapa Hubungan Asmara Baik untuk Kesehatan

5 Alasan Mengapa Hubungan Asmara Baik untuk Kesehatan

Tidak hanya menyenangkan, ternyata menjalin hubungan asmara dengan seseorang juga bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Seperti yang dikutip dari myhealthnewsdaily, berikut lima manfaatnya.1. Berkurangnya Masalah Kesehatan MentalMenurut penelitian yang dilakukan Florida State University pada 2010, orang yang menjalin hubungan dan berkomitmen jauh lebih sedikit terkena masalah kesehatan mental dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki pasangan. Dalam penelitian tersebut juga dijelaskan bahwa mereka yang memiliki pasangan namun tidak berkomitmen tetap berisiko terkena penyakit mental dan fisik.Hal ini pun diperkuat dengan penelitian dalam jurnal American Journal of Sociology tahun 2002, yang menjelaskan bahwa pria atau wanita yang tidak memiliki pasangan cenderung lebih sering depresi, cemas, mood berubah-ubah bahkan rasa ingin bunuh diri akibat tekanan psikologis.2. Mengurangi Rasa NyeriSebuah penelitian di tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal PLos ONE meneliti adanya hubungan antara rasa nyeri, perasaan cinta dan aktivasi sistem reward dalam otak. Peneliti ini meminta agar 15 mahasiswa menyentuh balok panas dengan telapak tangan mereka, sambil melihat foto orang la [...]

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Hampir semua orang pernah mengalami rasa cemas yang berlebihan. Baik itu karena masalah kantor yang belum juga teratasi, problem keuangan, persoalan rumah tangga dan sebagainya. Jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus menerus karena bisa memicu depresi. Cobalah beberapa tips mudah ini untuk mengatasi kecemasan Anda, yang dikutip dari Real Simple.1. Katakan Berulang Kali Hal yang Membuat Anda KhawatirKetika takut naik lift, Anda harus menghadapi ketakutan tersebut dengan berulangkali naik lift itu sampai Anda bosan. Awalnya mungkin akan merasa panik, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa menghadapi hal tersebut. Begitu juga dalam mengatasi kecemasan, cobalah untuk mengatakan hal yang membuat Anda khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan Anda itu akan hilang.2. Abaikan Rasa GelisahKadang Anda terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Anda yakin perasaan tersebut dapat memicu terjadinya bencana atau masalah besar. Abaikan perasaan tersebut, karena semakin Anda memikirkannya, justru musibah itu bisa hadir dari pikiran Anda sendiri.3. Anggap Rasa Gelisah Seperti Cerita DramaBukan menyarankan [...]

6 Faktor yang Memicu Terjadinya Mimpi Buruk

6 Faktor yang Memicu Terjadinya Mimpi Buruk

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan atau indra lainnya pada saat tidur. Mimpi lebih sering terjadi jika seseorang tidur yang disertai dengan gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM).Berdasarkan United States National Library of Medicine, ada beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya mimpi buruk, seperti dikutip detikHealth, yaitu: 1. Kecemasan dan stress 2. Alkohol 3. Obat-obatan 4. Kandungan lemak pada makanan 5. Kondisi fisik yang sedang sakit 6. Perubahan gaya hidup yang terlalu drastis.Ilmuwan mencoba untuk mengungkapkan makna di balik mimpi-mimpi buruk yang bisa mengganggu tidur dan membuat orang menjadi panik. Ilmuwan percaya mimpi buruk tidak secara langsung berhubungan dengan kehidupannya saat terjaga, tapi lebih kepada pencerminan emosi atau masalah yang tengah dihadapinya.Terdapat lima tema mimpi buruk yang paling umum yaitu terjatuh, dikejar-kejar sesuatu yang menakutkan, merasa lumpuh, terlambat menghadiri sesuatu dan kematian orang yang dicintai.Selain itu kehilangan gigi atau rambut juga bisa menjadi mimpi yang tidak menyenangkan terutama untuk anak-anak muda.Sebuah laporan dalam jurna [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *