Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

sakitpunggungcover.jpg

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.

Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri dan mengangkat barang. Dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk, tubuh Anda mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan posisi tersebut. Tubuh harus beradaptasi dengan berat yang tertumpu pada pinggul dan panggul saat Anda duduk tegak, bungkuk atau posisi lainnya.

Selain itu, ada pula proses pada otot yang bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, dan ketika berdiri bokong pun berubah menjadi lebih lemah dan kendur karena berada pada posisi yang rileks. Hal itu sering disebut ‘muscle imbalance’.

Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada punggung, dan bencana bagi mereka yang menderita segala jenis sakit punggung. Ini Beberapa langkah untuk mengatasi nyeri punggung.

1. Saat duduk
Cobalah berbagai posisi duduk dan menggantinya setiap saat. Misalnya duduk dengan kaki yang diluruskan atau ditekuk sehingga telapak kaki menyetuh roda kursi. Sesekali berjalan meninggalkan meja kerja dan berdiri saat mengangkat telpon atau membersihkan meja, juga merupakan cara lain untuk mengurangi nyeri punggung.

2. Saat Berdiri
Jika pekerjaan menuntut Anda untuk berdiri sepanjang hari, pastikan bahwa Anda mengenakan sepatu berkualitas yang mendukung kontur kaki. Mekanika tubuh dimulai ketika kaki Anda menyentuh tanah. Oleh karena itu penggunaan sepatu netral (tidak menggunakan hak) sangat dianjurkan.

Salah satu kebiasaan buruk seseorang ketika berdiri adalah menumpu berat badan pada salah satu kaki saat sedang berdiri lama. Posisi tersebut bisa mencelakai panggul dan tulang belakang. Jadi, usahakan selalu menumpu berat badan pada kedua kaki.

3. Saat Mengangkat Barang
Saat mengangkat barang dengan berat lebih dari 4,6 kilogram secara berulang-ulang, bisa buat punggung Anda dalam keadaan bahaya. Bukan karena kegiatannya, melainkan karena ketidakmampuan tubuh untuk mentolerir stres dari berat. Dengan kata lain, Anda bisa mengangkat benda appaun selama masih mampu mengangkatnya.

Namun ketika tidak mampu, dan tetap memaksa untuk mengangkatnya, maka akan terjadi ketidakseimbangan otot. Jika hal itu terjadi, hanya butuh waktu atau stres yang akhirnya membuat Anda merasakan nyeri pada punggung.

4. Stres
Ini merupakan hal yang tak terhindarkan dari kehidupan kantor, dan berperan sebagai penyebab otot tegang yang dapat membuat cider. Stres juga menurunkan toleransi Anda terhadap nyeri. Untuk beberapa kasus, mengatur pernapasan bisa meminimalkan stres. Selain itu, berjalan di taman, atau membicarakan masalah yang membuat frustrasi dengan teman, dipercaya bisa membantu.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Peran Klitoris saat Berhubungan Intim

Peran Klitoris saat Berhubungan Intim

Kepala klitoris kira-kira berukuran sebesar kacang polong dan diperkirakan memiliki sekitar 8000 ujung saraf sensorik sehingga menjadi bagian tubuh wanita paling sensitif terhadap rangsangan seksual. Dahulu, klitoris sempat dikenal sebagai bagian tubuh yang tidak berguna dan tidak bertumbuh. Padahal klitoris adalah bagian tubuh wanita yang paling sensitif dan merupakan sumber utama gairah seksual. Klitoris adalah tonjolan kecil dan lembut pada bagian depan jalan masuk ke vagina. Klitoris tidak terletak di dalam vagina, melainkan tepat di atasnya, diselubungi oleh lapisan yang disebut tudung klitoris. Klitoris terletak pada vulva, bagian terluar organ kewanitaan. Stimulasi paling efektif terhadap klitoris umumnya dilakukan melalui stimulasi oral atau manual, disebut juga stimulasi langsung. Sekitar 70-80 persen wanita membutuhkan stimulasi langsung pada klitoris untuk mencapai orgasme. Stimulasi dengan tangan dapat dilakukan dengan tangan yang sudah diolesi pelumas. Klitoris juga menjadi bagian yang menjadi pusat stimulasi saat masturbasi. Sementara penetrasi seksual dikategorikan sebagai aktivitas lanjutan untuk mencapai klimaks. Saat dilakukan penetrasi, posisi wanita di atas d [...]

Deodoran Memicu Kanker Payudara?

Deodoran Memicu Kanker Payudara?

Letak ketiak yang dekat dengan payudara menimbulkan dugaan bahwa apa pun yang digunakan di sekitar bagian ini akan berdampak kepada perubahan sel pada organ payudara. Ditemukannya unsur tertentu dari deodoran pada jaringan payudara memunculkan kekhawatiran bahwa deodoran menjadi pemicu kanker payudara. Ada berita yang mengemukakan bahwa deodoran mengandung bahan tertentu yang dapat diserap kulit dan memasuki tubuh melalui goresan terbuka yang mungkin timbul akibat mencukur bulu ketiak. Disebutkan pula bahwa pengolesan di area ini dapat berisiko menyebabkan kanker payudara karena lokasinya yang berdekatan dengan organ tersebut. Bahan yang dimaksud adalah senyawa berbasis aluminium yang terkandung di dalam beberapa produk deodoran. Bahan ini membentuk sumbatan sementara pada kelenjar keringat, sehingga menghentikan aliran keringat pada permukaan kulit. Penyerapan bahan ini oleh kulit disebut-sebut dapat menyebabkan efek yang serupa dengan yang diakibatkan oleh efek estrogen yang mampu mendukung pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain aluminium, unsur lain yang bernama parabens juga dicurigai dapat menimbulkan efek serupa di atas. Kamu dapat menemukannya di dalam label dengan n [...]

Cara Mengejutkan Otak dalam Mengontrol Logika dan Rasa Cinta

Cara Mengejutkan Otak dalam Mengontrol Logika dan Rasa Cinta

Orang kerap kali menganggap kalau otak dan jantung adalah dua organ yang fungsi kerjanya sangat bertolak belakang. Otak kerap dihubungkan dengan sesuatu yang serba logis dan masuk akal, sementara jantung --sering juga disebut dengan hati-- lebih berpengaruh terhadap emosi dan rasa cinta.Kenyataannya, otak tidak selalu berhubungan dengan pemikiran dan logika. Kenyataannya, organ utama manusia yang satu ini justru berpengaruh besar terhadap emosi yang Anda rasakan, khususnya saat jatuh cinta dan patah hati. Ini tiga fakta menarik yang mengungkapkan bagaimana otak bekerja dalam mengontrol emosi manusia, seperti dikutip dari Your Tango.1. Batas Tipis antara Cinta dan Benci ada pada OtakBukan hati, otak justru yang memengaruhi rasa cinta dan benci pada seseorang. Menurut studi yang dilakukan di University College London, 'sirkuit' cinta dan benci pada otak memiliki struktur yang identik. Kedua bentuk emosi ini dipengaruhi oleh bagian di dalam otak yang bernama putamen dan insula. Dua 'sirkuit' tersebut berhubungan dengan keinginan untuk menyerang, rasa tertekan sekaligus rasa cinta. Semakin dekat sebuah hubungan dan semakin besar rasa cintanya terhadap seseorang, maka potensi untuk l [...]

Obat Berhenti Merokok dan Cara Kerjanya

Obat Berhenti Merokok dan Cara Kerjanya

Menemui kesulitan saat ingin berhenti merokok? Studi terbaru dari Archives of General Psychiatry pada tanggal 3 Januari 2011 mengatakan, bahwa dua obat yang digunakan untuk membantu orang-orang berhenti merokok?Bupropion dan Varenicline?dapat mengubah cara otak bereaksi saat melihat orang lain merokok. Hal ini bisa menjadi penjelasan dari bagaimana cara kedua obat tersebut mengobati ketergantungan para perokok. Bupropion diresepkan ke seluruh dunia, membantu orang-orang untuk melawan keinginan merokok. Namun belum jelas benar bagaimana obat tersebut dapat melakukan hal ini. Dengan menggunakan brain scans, Christopher S. Culbertson dan rekan-rekannya dari University of California, Los Angeles, memeriksa apa yang terjadi pada 30 otak perokok yang menggunakan obat atau plasebonya selama delapan minggu. Plasebo adalah obat non-aktif yang dirancang untuk menyerupai suatu obat atau pengobatan, dan diberikan dengan cara yang sama seperti obat yang ditirunya. Para peneliti mengukur seberapa besar para partisipan menginginkan rokok dengan bertanya respon kepada mereka setelah mereka melihat petunjuk ?netral? yang tidak melibatkan rokok atau video 45 detik yang memperlihatkan aktor dan aktri [...]

5 Langkah Periksa Payudara

5 Langkah Periksa Payudara

Kanker Payudara seringkali tidak memberikan gejala pada awalnya. Untuk itu, sangat penting bagi para wanita yang sudah memasuki usia 20 tahun untuk mulai memeriksakan payudara sendiri sehingga setiap wanita mengetahui dengan persis kondisi payudara mereka yang normal dan dapat mengetahui dengan cepat setiap perubahan yang terjadi. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dalam 3 posisi, yaitu: Di depan kaca Saat sedang mandi Saat berbaring Langkah-langkah pemeriksaan payudara yang perlu dilakukan antara lain adalah: 5 Langkah Periksa Payudara 1. Di depan kaca, perhatikanlah adanya perubahan warna kulit, permukaan kulit, pembengkakan, ?lesung pipit?, atau perubahan pada puting susu. Gambar 1Sumber gambar: Copyright � 2002 McKesson Health Solutions, LLC 5 Langkah Periksa Payudara 2. Perhatikan payudara di depan kaca dalam posisi kedua lengan di samping, kedua lengan di pinggang, dan kedua lengan diangkat ke atas. Perhatikan dengan seksama bila ada perubahan yang terjadi hanya di salah satu payudara. Gambar 2Sumber gambar: Copyright � 2002 McKesson Health Solutions, LLC 5 Langkah Periksa [...]

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Kondisi tubuh yang sakit membuat Anda sama sekali tidak tergoda dengan makanan, bahkan kue-kue yang tadinya Anda suka jadi tampak tidak menarik. Seiring dengan pulihnya tubuh, nafsu makan pun mulai naik. Mengonsumsi makanan sehat setelah sakit merupakan hal yang penting, karena hal tersebut membantu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang ketika Anda sakit. Memilih makanan sehat juga membantu pemulihan lebih cepat dan menurunkan risiko untuk sakit lagi. Berikut ini makanan-makanan yang baik untuk pemulihan setelah sakit: 1. Sayur dan buah-buahan Zat antioksidan pada sayur dan buah-buahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk kembali ke fungsi normalnya. Pilihlah kismis, blueberry, plum, bayam, dan kale. 2. Protein Tubuh membutuhkan protein untuk menyembuhkan dan memperbaiki diri, terutama setelah sakit. Konsumsilah daging ayam, telur dan ikan. Hindari lemak yang berlebihan atau rempah-rempah yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih kacang-kacangan, selai kacang atau tahu. Menu untuk Energi Cepat Pulih 3. Probiotik Meskipun bakteri berbahaya dapat membuat sakit, tubuh tetap membutuhkan [...]

Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit

Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit

Penelitian terakhir mengemukakan fakta terbaru mengenai manfaat tambahan kopi disamping sebagai pendongkrak mood untuk kerja di pagi hari. Sebuah penelitian di University of Washington menemukan bahwa kafein pada kopi berfungsi dalam membunuh sejumlah kecil sel-sel yang berpotensi menjadi kanker (precancerous cells) akibat paparan sinar matahari. Bahkan pada penelitian yang sama, ditemukan pula kafein dapat membunuh sel yang sedang dalam proses pembelahan pada saat terpapar sinar matahari. Penelitian yang dipublikasikan dalam AACR (American Association for Cancer Research) oleh Yao-Ping Lu, You-Rong Lou, Qing-Yun Peng, Paul Nghiem, dan Allan H. Conney ini mengemukakan penemuan mereka hanya berlaku pada kasus kanker kulit basal cell carcinoma. Yaitu salah satu dari tiga jenis kanker kulit yang paling banyak diderita para pasien kanker kulit didunia, yang disebabkan rusaknya DNA pada kulit akibat sinar UVB matahari. Kafein pada kopi bekerja dengan cara menghalangi protein ATR (ataxia telangiectasia & Rad3- enzim terkait) yang memberikan efek dari paparan UV ke DNA sehingga menjadikan replikasi DNA tidak sempurna bahkan kebanyakan menjadi rusak dan menjadi tahap awal perubahan se [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *