Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

sakitpunggungcover.jpg

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.

Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri dan mengangkat barang. Dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk, tubuh Anda mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan posisi tersebut. Tubuh harus beradaptasi dengan berat yang tertumpu pada pinggul dan panggul saat Anda duduk tegak, bungkuk atau posisi lainnya.

Selain itu, ada pula proses pada otot yang bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, dan ketika berdiri bokong pun berubah menjadi lebih lemah dan kendur karena berada pada posisi yang rileks. Hal itu sering disebut ‘muscle imbalance’.

Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada punggung, dan bencana bagi mereka yang menderita segala jenis sakit punggung. Ini Beberapa langkah untuk mengatasi nyeri punggung.

1. Saat duduk
Cobalah berbagai posisi duduk dan menggantinya setiap saat. Misalnya duduk dengan kaki yang diluruskan atau ditekuk sehingga telapak kaki menyetuh roda kursi. Sesekali berjalan meninggalkan meja kerja dan berdiri saat mengangkat telpon atau membersihkan meja, juga merupakan cara lain untuk mengurangi nyeri punggung.

2. Saat Berdiri
Jika pekerjaan menuntut Anda untuk berdiri sepanjang hari, pastikan bahwa Anda mengenakan sepatu berkualitas yang mendukung kontur kaki. Mekanika tubuh dimulai ketika kaki Anda menyentuh tanah. Oleh karena itu penggunaan sepatu netral (tidak menggunakan hak) sangat dianjurkan.

Salah satu kebiasaan buruk seseorang ketika berdiri adalah menumpu berat badan pada salah satu kaki saat sedang berdiri lama. Posisi tersebut bisa mencelakai panggul dan tulang belakang. Jadi, usahakan selalu menumpu berat badan pada kedua kaki.

3. Saat Mengangkat Barang
Saat mengangkat barang dengan berat lebih dari 4,6 kilogram secara berulang-ulang, bisa buat punggung Anda dalam keadaan bahaya. Bukan karena kegiatannya, melainkan karena ketidakmampuan tubuh untuk mentolerir stres dari berat. Dengan kata lain, Anda bisa mengangkat benda appaun selama masih mampu mengangkatnya.

Namun ketika tidak mampu, dan tetap memaksa untuk mengangkatnya, maka akan terjadi ketidakseimbangan otot. Jika hal itu terjadi, hanya butuh waktu atau stres yang akhirnya membuat Anda merasakan nyeri pada punggung.

4. Stres
Ini merupakan hal yang tak terhindarkan dari kehidupan kantor, dan berperan sebagai penyebab otot tegang yang dapat membuat cider. Stres juga menurunkan toleransi Anda terhadap nyeri. Untuk beberapa kasus, mengatur pernapasan bisa meminimalkan stres. Selain itu, berjalan di taman, atau membicarakan masalah yang membuat frustrasi dengan teman, dipercaya bisa membantu.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Delapan Jenis Sakit Kepala Terus-menerus

Delapan Jenis Sakit Kepala Terus-menerus

Sakit kepala yang dirasakan bisa sangat mengganggu. Apalagi jika yang terjadi adalah sakit kepala terus-menerus. Sakit kepala terus-menerus atau kronis ditandai dengan sakit kepala yang berlangsung minimal 15 hari dalam satu bulan, yang terjadi selama tiga bulan berturut-turut. Berdasarkan penyebabnya, sakit kepala kronis dikelompokkan menjadi dua, yaitu sakit kepala kronis primer, yaitu sakit kepala murni tanpa adanya penyakit dasar lain yang memicu sakit kepala, dan sakit kepala kronis non-primer, yaitu sakit kepala kronis yang disebabkan atau dipicu dari penyakit lain. Mengenali Gejala yang Timbul Banyak kasus sakit kepala kronis primer yang tidak diketahui penyebabnya. Namun, sakit kepala kronis non-primer, memiliki beberapa kemungkinan penyebab, antara lain infeksi, peradangan atau gangguan pembuluh darah otak, tumor otak, cedera dan gangguan tekanan pada otak. Beberapa jenis sakit kepala terus-menerus yang umum dikeluhkan, antara lain : Sakit kepala tegang kronis Sakit kepala jenis ini ditandai dengan gejala rasa sakit yang menekan pada dua sisi kepala. Intensitasnya mulai dari ringan hingga menengah. Sakit kepala tegang yang terjadi secara kronis dapat terjadi tanpa pemi [...]

10 Makanan Agar Mata Sehat

10 Makanan Agar Mata Sehat

Wortel diketahui merupakan salah satu makanan yang memberikan nutrisi bagi mata. Pernyataan ini benar adanya. Oleh karena itu, pilihan makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Simak beberapa makanan yang kaya nutrisi untuk mata.Dikutip dari lifemojo, makanan bernutrisi seperti, vitamin A, C dan E, betakarotein, dan antioksidan yang disebut leutin sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko degenerasi makula karena faktor usia. Selain itu, kandungan omega-3 juga berperan penting untuk melindungi mata dari degenerasi retina dan mencegah mata kering.Untuk menghindari gangguan mata, Anda bisa memulainya dari mengatur pilihan makanan Anda. Berikut beberapa makanan yang bagus untuk mata indah Anda.1. Wortel: Wortel mengandung beta karoten yang disebut karotenoid. Tubuh Anda mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam proses bioelektrik di mata. Selain itu, juga bisa membantu tubuh melepaskan radikal bebas.2. Ubi Jalar: Ubi juga merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin A.3. Salmon: Ini mengandung asam lemak omega-3, yang berhubungan dengan rendahnya risiko degenerasi makula karena usia.4. Bayam: Bayam merupakan sumber makanan lain yang kaya [...]

7 Tips Menjaga Kesuburan

7 Tips Menjaga Kesuburan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Usia merupakan faktor penting bila akan membahas mengenai kehamilan, terutama bagi wanita, namun ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk menjaga ferilitas Anda. Dibawah ini merupakan 7 tips menjaga kesuburan yang diberikan oleh Profesor William Ledger seorang profesor ahli kandungan dari University of Sheffield. 1. Usia dan Fertilitas Usia memang sangat penting dalam membahas kesuburan. Di jaman sekarang banyak yang menunda kehamilan, namun sebenarnya fertilitas menurun dengan meningkatnya usia. Pria dan wanita sangat subur pada usia 20 tahun-an. Terutama pada wanita, kesuburan akan menurun saat usia meningkat, dan menurun cepat setelah usia 35 tahun. Penyebabnya ada banyak, namun penyebab paling sering adalah kualitas dari telur yang dikeluarkan oleh indung telur. Kesuburan pria juga menurun dengan menambahnya usia terutama di usia 40 tahun namun banyak pria yang masih dapat memiliki anak diatas usia 50 tahun. 2. Hindari PMS (Penyakit Menular Seksual) Penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea dapat merusak tuba falopi seorang wanita, yang mengakibatkan sulit menjadi hamil. 3. Hindari merokok Wanita yang merokok 20 batang sehari [...]

Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

Salah satu tantangan terbesar saat memutuskan untuk diet penurunan berat badan adalah mengurangi keinginan untuk makan camilan. Walaupun porsinya sedikit, namun camilan yang kurang sehat seperti keripik kentang atau berbagai makanan cepat saji lainnya justru akan membuat program diet Anda berantakan. Oleh karena itu, agar tidak ada perasaan bersalah saat ngemil dan hasrat makan juga bisa terpuaskan, tak ada salahnya untuk mengganti menu Anda dengan aneka camilan sehat. Idealnya, camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Apa saja?1. YoghurtYoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar,untuk membuat Anda kenyang lebih lama.2. Salad SayurGanti makanan cepat saji Anda dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandung [...]

Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang?

Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang?

Saat ini semakin banyak orang yang peduli akan kesehatannya. Bahkan tidak sedikit yang membeli berbagai multivitamin dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dan sebagainya. Di Amerika, hampir sepertiga penduduknya mengkonsumsi multivitamin atau suplemen mineral sebagai kebutuhan harian. Pertanyaannya, apakah benar multivitamin memiliki manfaat bagi kesehatan? Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang? Saat ini semakin banyak orang yang peduli akan kesehatannya. Bahkan tidak sedikit yang membeli berbagai multivitamin dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dan sebagainya. Di Amerika, hampir sepertiga penduduknya mengkonsumsi multivitamin atau suplemen mineral sebagai kebutuhan harian. Pertanyaannya, apakah benar multivitamin memiliki manfaat bagi kesehatan? Temuan Penelitian: Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang? Menurut jurnal Annals of Internal Medicine, konsumsi multivitamin tidak memiliki manfaat kesehatan jangka panjang dan justru harus dihindari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa multivitamin tidak memiliki efe [...]

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Melewatkan Sarapan Sehat

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Melewatkan Sarapan Sehat

Para pakar diet dan nutrisi sangat menyarankan Anda untuk mengisi perut di pagi hari, setelah lebih kurang delapan jam 'berpuasa' ketika tidur. Sarapan memang waktu makan terpenting dalam siklus tubuh manusia agar beraktivitas dengan baik sepanjang hari.Begitu bangun tidur, kadar gula dalam darah menurun drastis akibat tubuh tak mengasup makanan maupun minuman di malam harinya. Melewatkan sarapan, bisa mengakibatkan berbagai gangguan tubuh yang bisa memengaruhi produktivitas Anda dalam menjalani kegiatan. Lalu apa yang terjadi jika seseorang 'nekat' melewatkan sarapan?Seperti dikutip dari Daily Mail, ada beberapa gejala yang bisa dialami orang yang tidak sarapan karena alasan buru-buru atau tidak sempat menyiapkan makanan:- Wajah pucat- Tubuh gemetar- Kurang energi yang berakibat kelelahan, tubuh terasa lemah dan kurangnya koordinasi- Rasa lapar hebat- Mudah marah, gelisah dan gugup- Keringat berlebihan- Sulit konsentrasi- Mudah bingungPada intinya, otak akan bekerja lebih baik jika mendapatkan asupan makanan yang mudah dicerna. Jadi jika ingin performa kerja Anda lebih baik di kantor, maka jangan pernah melewatkan sarapan. Menu sarapan pun sebaiknya tidak sembarangan. Hindari m [...]

Batasan Usia Pemberian Vaksin HPV

Batasan Usia Pemberian Vaksin HPV

? Beberapa jurnal kedokteran memang menyarankan bahwa pemberian vaksin HPV hendaknya diberikan kepada setiap anak perempuan dalam rentang usia 9 ? 26 tahun, dan akan mencapai efektivitas maksimal apabila diberikan pada anak laki-laki serta perempuan di usia 11 atau 12 tahun. Mengapa usia 26 tahun? Karena pada usia Inilah para ahli menyimpulkan bahwa rata-rata populasi manusia belum terpapar oleh jenis HPV yang diberikan sebagai bentuk vaksin. Bila Anda berusia lebih dari 26 tahun, terdapat 2 pendapat medis yang hingga kini masih dipergunakan salah satunya, bergantung pada kondisi masing-masing kandidat penerima vaksin. Pendapat pertama menyarankan agar mereka yang berusia lebih dari 26 tahun, hanyalah memeriksakan diri melalui pap smear dan pemeriksaan HPV rutin lainnya. Pendapat kedua, setelah memastikan bahwa kandidat penerima vaksin tidak terbukti terpapar virus HPV apapun melalui pemeriksaan pap smear dan darah, maka ia tetap diperbolehkan menerima vaksin. Karena sejatinya, pemberian vaksin pada kandidat berusia lebih dari 26 tahun, tanpa adanya paparan HPV sebelumnya, tidak terbukti memberikan dampak negatif. Bagaimana dengan pria? Berikut penjelasannya: [...]

Bisakah Melahirkan Normal Setelah Operasi Sesar?

Bisakah Melahirkan Normal Setelah Operasi Sesar?

Seringkali menjadi pertanyaan wanita yang sudah melahirkan apakah dapat melahirkan normal setelah riwayat operasi sesar (seksio sesarea) sebelumnya. Tindakan ini dapat dilakukan, asal memenuhi syarat VBAC. VBAC (Vaginal Birth After C-Section) adalah proses melahirkan normal setelah melakukan seksio sesarea. Jarak persalinan normal dengan persalinan caesar sebelumnya idealnya 18-24 bulan. Ada pula yang mengatakan setelah 18 atau 24 bulan baru hamil lagi untuk lebih amannya. Akan tetapi semua tergantung bagaimana riwayat operasi caesar sebelumnya. Persentase berhasilnya 60-80%. Dan risiko utamanya adalah rupture uteri, sehingga diperlukan pemeriksaan kesehatan yang mendukung sebelum dilakukan VBAC. Apa saja kriteria yang menjadi syarat dapat dilakukan kelahiran normal setelah operasi sesar? Kriteria Syarat Dapat Melahirkan Normal Setelah Operasi Sesar Kriteria melakukan VBAC adalah: Riwayat 1 seksio sesarea. Semakin banyak melakukan seksio sesarea risiko rupture uteri bertambah besar. Pasien dengan risiko seksio sesarea 2 kali mempunyai risiko rupture uteri 5x lebih besar dari bekas seksio sesarea satu kali. Seksio sesarea dengan insisi segmen bawa [...]

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pap Smear

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker terganas nomor dua yang menyerang kaum wanita. Sayangnya, masih banyak wanita, khususnya di Indonesia, yang tidak rutin memeriksakan diri dengan melakukan pap smear. Pap smear merupakan sebuah tes yang dapat memeriksa keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan pemeriksaan rutin, perubahan sel-sel yang mungkin bisa berkembang menjadi kanker atau sudah menjadi kanker bisa terdeteksi. Prosedur Pemeriksaan Kanker Serviks Untuk memeriksa kanker serviks, dokter menggunakan alat bernama spekulum yang dimasukkan ke dalam mulut vagina. Alat ini bisa memperluas lapang pandang dengan membuka mulut vagina sehingga area serviks dan vagina bisa diperiksa lebih teliti. Setelah itu, sampel sel-sel pada serviks akan diambil memakai spatula (seperti sendok kecil bertangkai panjang) plastik dan sikat kecil. Sel-sel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium untuk diuji. Tes ini biasanya memakan waktu sekitar lima menit. Selama prosedur, Anda tidak perlu tegang karena kebanyakan wanita tidak merasakan rasa sakit saat melakukan pap smear. Saat melakukan pap smear, dokter bisa juga mengkombinasikannya dengan tes human papillomavirus (H [...]

Cara Mengatasi Nyeri pada Leher

Cara Mengatasi Nyeri pada Leher

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Nyeri pada leher atau kaku leher merupakan suatu keluhan yang cukup sering muncul. Pada sebagian kasus memang nyeri pada leher merupakan suatu kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan namun pada beberapa individu nyeri pada leher menjadi suatu keadaan yang sangat menggangu. Nyeri pada leher biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher. Cara mengatasi nyeri pada leher di rumah : Bila sangat nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau beberapa anti-nyeri yang dapat dioles. Cobalah untuk mengompres leher dengan kompres panas dan dingin � dapat mengurangi nyeri dan kekakuan otot. Tidur dengan jumlah bantal yang tidak tinggi � cobalah untuk tidur dengan 1 bantal saja, hindari tidur dengan 2 atau 3 bantal selama masih ada nyeri dan kaku leher Coba periksa postur tubuh Anda saat duduk, cobalah untuk selalu bersender dan tegap, namun hindari postur terlalu kaku. Hindari menyetir mobil selama leher Anda kaku da [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *