Sering Terbangun dari Tidur di Malam Hari? 4 Hal Ini Penyebabnya

tidurbanguncover.jpg

Pukul 10 atau 11 malam, Anda dengan mudahnya tertidur lelap. Namun begitu pukul 3 pagi, Anda terbangun dengan mata terbuka lebar dan tidak sedikit pun merasa ngantuk. Sering atau bahkan setiap malam mengalami kejadian serupa? Kondisi ini disebut dengan mid-insomnia atau kesulitan menjaga tidur yang terbilang normal.

Dijelaskan James Findley, Ph.D., direktur klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania, ada tiga siklus tidur yang terjadi setiap malamnya. Dimulai dari tidur nyenyak yang dalam, tidur dengan kesadaran sedang hingga tidur ringan. Tapi ada kalanya ketika sedang tidur lelap, fase tidur tiba-tiba bergerak ke tahapan tidur yang lebih ringan sehingga besar kemungkinan akan terbangun. Alhasil banyak orang yang mengalami ‘tidur terpecah’ saat dini hari.

“Biasanya Anda akan bangun, mengubah posisi tidur dan kembali tidur. Itu hal yang normal dan bukan masalah,” ujar James, seperti dikutip dari Huffington Post.

Namun jika Anda terbangun di malam atau dini hari, dan sulit tertidur lagi lebih dari 30 menit selama tiga sampai empat hari dalam seminggu, maka kemungkinan Anda mengalami gangguan tidur yang lebih serius. Apa saja penyebabnya?

1. Faktor Usia
Seiring bertambahnya usia, jam tidur akan berkurang misalnya dari 7-8 jam sehari menjadi 4-5 jam sehari. Hal ini dikarenakan orang-orang yang paruh baya cenderung terbangun di tengah-tengah tidur. Frekuensi terbangun tiba-tiba ini lebih sering ketimbang yang usianya lebih muda. Semakin tua, kesulitan tidur biasanya akan semakin bertambah.

2. Gangguan Tidur
Orang yang menderita insomnia tidak hanya mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, tapi juga cenderung sering terbangun di malam hari. Terbangun di malam hari bisa juga karena sleep apnea, yaitu kondisi dimana seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik (jeda napas) ketika tidur. Jeda napas itulah yang membuat orang secara tak sadar membuka matanya.

“Orang dengan sleep apnea mungkin tidak menyadarinya kecuali pasangan tidurnya mengatakan kalau dia mengalami jeda napas saat tidur,” tutur James.

3. Kondisi Tubuh
Kondisi tubuh terkadang juga jadi salah satu penyebab Anda terbangun dari tidur di malam haru. Misalnya saja perut yang terasa melilit atau kembung akibat terlalu banyak makan di siang harinya. Orang dengan masalah kepanikan atau gangguan bipolar (perubahan mood yang tiba-tiba) juga bisa menjadi penyebabnya.

Pada pria, pembengkakan pada prostat juga memungkinkan untuk terbangun di tengah malam karena keinginan buang air kecil. Begitu pula dengan konsumsi obat-obatan yang bersifat diuretik yaitu memperbanyak frekuensi buang air kecil. Stres dan depresi pun bisa jadi penyebabnya. Ketika orang mengalami stres, mereka cenderung sering terbangun di malam hari karena ada sesuatu yang dipikirkannya di alam bawah sadar.

4. Faktor Lingkungan
Kondisi kamar amat menentukan kualitas tidur Anda. Lingkungan di sekitar tempat tidur yang bersih dan nyaman, akan menciptakan suasana kondusif untuk tidur lelap dari malam hingga keesokan paginya. Misalnya saja terpaan cahaya yang masuk dari ruangan lain ke kamar Anda, bisa membuat Anda terbangun tanpa menyadarinya.

“Kadang cahaya yang masuk lewat tirai kamar bisa menjadi masalah. Jadi sebaiknya Anda memasang tirai yang bahannya lebih tebal,” jelas James.

Cahaya dari lubang pintu atau jendela juga bisa membuat jam tidur jadi terganggu. Jadi sebaiknya hadapkan tubuh Anda ke sisi yang tidak terpapar cahaya. Selain cahaya, suara bising dari luar pun bisa menyebabkan Anda terjaga di malam hari. Misalnya saja bunyi kendaraan atau ambulans yang melintas di depan kompleks maupun rumah. Anda bisa memasang karpet peredam suara, atau menyetel suara pengantar tidur seperti bunyi air mengalir atau gemerisik dedaunan di hutan.

Apa yang bisa dilakukan ketika terbangun di malam hari agar segera tidur kembali? James memaparkan dua caranya. Pertama, jangan diam saja di tempat tidur. Jika Anda tidak bisa tidur lagi setelah lebih dari 20 menit terbangun, James merekomendasikan untuk bangkit dari tempat tidur dan lakukan relaksasi. Misalnya dengan peregangan otot, membaca buku atau memecahkan teka-teki puzzle.

Cara kedua, hindari melihat smarpthone atau tablet Anda. Layar dari perangkat elektronik tersebut memancarkan cahaya spektrum biru yang menstimulasi otak untuk lebih aktif. Akibatnya, mata pun semakin ‘segar’ dan semakin sulit terpejam.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penyakit Kuku Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Penyakit Kuku Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Kuku sering dikira sebagai bagian tubuh yang tidak mungkin terkena penyakit. Padahal perannya yang penting membuat penyakit kuku cukup mengganggu. Beberapa penyakit kuku bahkan dapat menjadi gejala penyakit serius. Seiring pertambahan usia, kuku akan menjadi lebih mudah rapuh. Perubahan yang bersifat alami tersebut umumnya tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus. Tetapi ada perubahan tertentu yang ternyata mengindikasikan kondisi-kondisi yang lebih serius. Penyakit yang Umum Terjadi pada Kuku Di bawah ini adalah dua penyakit kuku yang paling umum terjadi: Kuku kaki yang tumbuh ke dalam atau cantengan (Ingrown Toenails) Dalam keadaan normal, kuku kaki maupun tangan tumbuh lurus. Namun ada kalanya pada beberapa orang, bagian tepi kuku tumbuh ke dalam daging dan melukai jaringan lunak. Hal ini dapat menyebabkan bengkak, nyeri, dan kemerahan. Gangguan kuku ini sebenarnya paling sering terjadi dan jempol kaki adalah yang paling sering terkena. Apa saja penyebab kuku yang tumbuh ke dalam ini? Pemangkasan kuku yang kurang tepat seperti memotong terlalu dalam atau tidak menggunakan gunting kuku. Ujung-ujung jari kaki yang terlalu rapat dalam sepatu yang terlalu kecil, sehingga [...]

Bagaimana Cara Merawat Penis?

Bagaimana Cara Merawat Penis?

Penis merupakan organ vital pria. Merawat penis penting, tidak hanya untuk kesehatan organ reproduksi pria saja, melainkan untuk kepuasan pasangan juga. Terdapat beragam cara merawat kesehatan penis. Berikut merupakan beberapa di antaranya yang dapat Anda lakukan. Ereksi Secara Rutin Disarankan untuk melakukan ereksi secara rutin. Ereksi atau mengerasnya penis karena dipenuhi darah, dapat menyehatkan penis. Ini karena otot halus pada penis akan mendapat oksigen yang melimpah dari darah. Selain itu, ereksi secara rutin juga dapat menjaga bentuk penis tetap normal. Sebaliknya, jika kurang mengalami ereksi secara rutin, ukuran penis bisa berisiko menjadi lebih pendek 1-2 cm. Kondisi ini terjadi karena jaringan penis menjadi kurang elastis dan menyusut. Laki-laki pada umumnya mengalami beberapa kali ereksi pada malam hari dan sekitar sebelas kali pada siang hari. Ereksi bisa terjadi tanpa ada rangsangan sebelumnya. Jika pada siang hari pria tidak mengalami ereksi sama sekali, otak akan membantunya untuk ereksi di malam hari. Rangsangan dari otak untuk ereksi biasanya datang saat fase bermimpi dalam tidur. Apa pun mimpi Anda di malam hari, ereksi tetap akan terjadi. Namun, pria yang d [...]

Susu yang Terbuat dari Kacang Lebih Sehat dari Susu Hewani, Benarkah?

Susu yang Terbuat dari Kacang Lebih Sehat dari Susu Hewani, Benarkah?

Mengonsumsi susu sapi menjadi salah satu rutinitas yang masih dilakukan banyak orang, misalnya untuk sarapan. Namun ada juga yang memilih untuk tidak mengonsumsi minuman kaya kalsium ini karena intoleransi laktosa (tidak memiliki enzim untuk mencerna gula susu - laktosa) atau ingin menghindari susu yang mengandung lemak hewani.Sebagai gantinya, hadir susu alternatif yang terbuat dari kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, mete, edamame, dan lain sebagainya yang dipercaya memiliki kandungan lemak lebih rendah serta kaya akan asam lemak esensial yang baik untuk tubuh. Tapi benarkah susu yang terbuat dari kacang atau sari nabati ini lebih sehat dari susu hewani?Dipaparkan oleh ahli gizi Leona Victoria Djajadi, susu yang terbuat dari kacang-kacangan memang terbukti memiliki kadar kalori dan lemak yang lebih rendah. Susu hewani pada umumnya diperkaya dengan protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dipadatkan dalam bentuk cairan."Sementara kalau kacang-kacangan kan tujuannya dimakan utuh sebagai penganan. Sehingga kalau dijadikan susu, protein dan seratnya tidak semua menjadi bagian dari susu tersebut," ujarnya saat dihubungi Wolipop, Selasa (17/11/2015).Baca Juga: 50 Foto Before- [...]

Zat dalam Lipstik Turunkan Kecerdasan Anak Saat Ibu Mengandung, Benarkah?

Zat dalam Lipstik Turunkan Kecerdasan Anak Saat Ibu Mengandung, Benarkah?

Saat ini kehadiran produk kecantikan mulai meresahkan para wanita. Sebab mulai banyak berita di media massa yang mengungkapkan jika sejumlah bahan dalam kosmetik bisa membahayakan kesehatan. Sebelumnya, seorang penata rias membeberkan jika dirinya teracuni produk make-up. Make-up artist langganan Miranda Kerr tersebut mengaku sistem imunnya rusak karena sering terpapar produk tata rias wajah. ?Belum lagi, sebuah riset terbaru yang baru-baru ini menunjukkan jika riasan dapat mempercepat menopause.Kini ditemukan lagi fakta terbaru dari penelitian tentang bahaya kosmetik. Pemakaian lipstik diduga bisa memberi dampak negatif pada ibu hamil dan janinnya. Pertama kali, informasi ini dikeluarkan oleh majalah New York Post. Sayangnya, versi online dari artikel tersebut saat ini sudah dicabut. Dalam berita itu disebutkan jika sejumlah material yang terkandung dalam kosmetik seperti lipstik dan cat kuku dapat menurunkan kecerdasan bayi dalam kandungan. ?Informasi tersebut datang dari seb?uah penelitian yang dilakukan oleh Columbia University. Studi menguji hubungan antara eksposur zat phthalates? pada ibu hamil terhadap intelektual sang bayi ketika berusia 7 tahun. Riset tersebut pun mela [...]

Mengimbangi ‘Permainan’ di Ranjang

Mengimbangi ‘Permainan’ di Ranjang

Keharmonisan hubungan intim antar suami istri seringkali terganggu ketika hubungan seksual tidak memberikan kepuasan pada kedua belah pihak. Keluhan yang sering muncul adalah ketika istri belum mengalami orgasme ketika hubungan seksual sudah selesai atau ketika suami mengalami ejakulasi dini. Secara medis, hal ini sebenarnya wajar terjadi karena siklus respon seksual wanita dan pria memang sedikit berbeda. Nah lho, apa pula itu yang disebut dengan 'siklus respon seksual'? Sebelum kita bicara lebih lanjut mengenai teknik bagaimana mengimbangi 'permainan' di ranjang dari sisi medis, ada baiknya kita ketahui dahulu apa yang dimaksud dengan siklus respon seksual dan bagaimana hubungannya dengan trik mengimbangi aktivitas seksual menjadi mencapai kepuasan di dua belah pihak. Mengimbangi 'Permainan' di Ranjang Keharmonisan hubungan intim antar suami istri seringkali terganggu ketika hubungan seksual tidak memberikan kepuasan pada kedua belah pihak. Keluhan yang sering muncul adalah ketika istri belum mengalami orgasme ketika hubungan seksual sudah selesai atau ketika suami mengalami ejakulasi dini. Secara medis, hal ini sebenarnya wajar terjadi karena siklus respon [...]

Bahaya Headphone Bagi Pendengaran Anda

Bahaya Headphone Bagi Pendengaran Anda

Apakah Anda pernah menegur seseorang ketika menggunakan headphone dan suaranya terlalu keras sampai Anda juga dapat mendengarnya? Sepertinya Anda sudah melakukan hal yang benar dengan menyadari bahaya headphone jika digunakan dengan tidak benar. Saat ini, angka gangguan pendengaran lebih tinggi 30% dibandingkan tahun 1980. Para ahli percaya bahwa salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan angka ini adalah penggunaan headphone yang salah. Headphone merupakan gaya hidup anak muda saat ini. Karenanya, headphone hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran serta dengan model yang trendy, sehingga banyak remaja gemar menggunakan alat yang satu ini. Penggunaan headphone memberikan sensasi suara yang bersifat pribadi, sehingga suara yang didengarkan terasa lebih hidup dan dekat. Namun, apakah Anda mengetahui bahaya headphone bila digunakan dengan durasi dan volume yang salah sehingga dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen? Bahaya headphone bagi telinga Anda Penggunaan headphone diperlukan bagi banyak orang, khususnya mereka yang bekerja dengan menggunakan headphone. Namun, yang menjadi permasalahan adalah ketika seseorang menggunakan headphone, apakah mereka sadar akan bahaya [...]

Ketagihan, Wanita Ini Suka Makan dan Minum Saus Tomat Berbotol-botol

Ketagihan, Wanita Ini Suka Makan dan Minum Saus Tomat Berbotol-botol

Saus tomat merupakan bumbu penyedap untuk membuat makanan terasa lebih lezat. Bagi beberapa orang kehadiran saus tomat saat makan adalah hal wajib, tapi mungkin belum ada yang seobsesif wanita satu ini.Melissa Ibbitson telah 'kecanduan' saus tomat dan tidak bisa sehari saja absen mengonsumsinya. Setidaknya dalam sehari, wanita berusia 19 tahun ini harus makan saus tomat sebanyak tiga kali. Ia juga selalu menambahkan banyak saus tomat ke dalam setiap makanannya dan tidak akan mau masuk ke restoran yang tidak memiliki banyak stok saus berwarna merah itu. Melissa yang seorang mahasiswa teologi mengaku sudah cukup lama menggemari saus tomat. Namun ia baru mulai ketagihan saus tomat dalam empat tahun belakangan ini dan bisa menghabiskan tiga botol hanya dalam satu minggu. "Aku mulai makan saus tomat saat masih kecil dan pertamakali makan di McDonalds. Aku tidak ingat bagaimana itu bisa jadi semacam obsesi tapi sekarang aku tidak bisa hidup tanpa saus tomat," kata Melissa, seperti dikutip dari Daily Mail.Melissa juga menceritakan kalau teman-temannya kerap merasa malu saat makan bersama dengannya, sebab dia selalu meminta sedikitnya 12 sachet saus tomat untuk satu menu makanan. Wanita [...]

LASIK Xtra, Metode LASIK Baru dari Singapura untuk Sembuhkan Kerusakan Mata

LASIK Xtra, Metode LASIK Baru dari Singapura untuk Sembuhkan Kerusakan Mata

Memiliki mata minus ataupun plus bisa menjadi penghalang dalam beraktivitas. Mereka yang memiliki masalah kerusakan mata ini harus menggunakan kacamata atau lensa kontak agar dapat melihat lebih jelas. Tidak tahan dan merasa aktivitas terhambat karena kacamata? Sejak beberapa tahun belakangan ini ada metode LASIK yang cukup digemari untuk menyembuhkan kerusakan mata tersebut. Laser Assisted In Situ Keratomileusis (LASIK) menjadi metode favorit untuk mengoreksi kelainan refraksi, seperti mata minus, mata plus dan mata silidris. Metode ini bertujuan mengubah bentuk lapisan kornea agar pembiasan cahaya berlangsung sempurna.Seiring perkembangan zaman dan teknolongi, teknik LASIK pun semakin canggih. Kini diperkenalkan LASIK Xtra, proses pembedahan yang menggabungkan LASIK dengan Corneal Collagen Cross-Linking. LASIK Xtra ini merupakan penambahan pada prosedur LASIK normal yang bertujuan untuk menguatkan kornea dengan tindakan cross-linking.LASIK Xtra ini hadir untuk mengatasi masalah yang bisa timbul setelah prosedur LASIK pada umumnya. Menurut Direktur Medis Shinagawa LASIK & Eye Centre, Singapura, Dr. Lee Sao Bing, kornea (bagian depan mata) akan mengalami penipisan setelah LA [...]

Fakta tentang Dahak

Fakta tentang Dahak

Semua orang pasti pernah mengeluarkan dahak, dengan atau tanpa batuk. Pada pagi hari setelah bangun tidur pun seringkali kita mengeluarkan dahak. Seberapa banyak dahak yang normal? Apakah dahak merupakan pertanda infeksi? Apakah dahak bisa dikurangi atau dihilangkan? Berikut ini adalah penjelasannya. Dahak atau lendir dalam dunia kedokteran disebut mukus. Mukus sebetulnya merupakan bagian penting dari tubuh, sama seperti minyak pada mesin. Mulut, hidung, sinus, paru-paru, dan saluran cerna semuanya memproduksi lendir. Berikut ini adalah fungsinya: Melindungi permukaan saluran napas/saluran cerna agar tidak kering dan tetap lembab. Menangkap bakteri, debu, atau benda asing yang masuk ke saluran napas Mukus mengandung: Antibodi untuk melawan bakteri/virus Enzim untuk membunuh benda asing Protein untuk membuat lendir lengket Kenapa kita memproduksi banyak lendir? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikutnya: Fakta tentang Dahak Kenapa kita memproduksi banyak lendir? Sekalipun kita sehat, tubuh akan tetap memproduksi mukus/lendir 1-1,5 liter per hari dan paling banyak diproduksi saluran napas dan lendir tersebut akan turun melalui tenggorok [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *