Sering Terbangun dari Tidur di Malam Hari? 4 Hal Ini Penyebabnya

tidurbanguncover.jpg

Pukul 10 atau 11 malam, Anda dengan mudahnya tertidur lelap. Namun begitu pukul 3 pagi, Anda terbangun dengan mata terbuka lebar dan tidak sedikit pun merasa ngantuk. Sering atau bahkan setiap malam mengalami kejadian serupa? Kondisi ini disebut dengan mid-insomnia atau kesulitan menjaga tidur yang terbilang normal.

Dijelaskan James Findley, Ph.D., direktur klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania, ada tiga siklus tidur yang terjadi setiap malamnya. Dimulai dari tidur nyenyak yang dalam, tidur dengan kesadaran sedang hingga tidur ringan. Tapi ada kalanya ketika sedang tidur lelap, fase tidur tiba-tiba bergerak ke tahapan tidur yang lebih ringan sehingga besar kemungkinan akan terbangun. Alhasil banyak orang yang mengalami ‘tidur terpecah’ saat dini hari.

“Biasanya Anda akan bangun, mengubah posisi tidur dan kembali tidur. Itu hal yang normal dan bukan masalah,” ujar James, seperti dikutip dari Huffington Post.

Namun jika Anda terbangun di malam atau dini hari, dan sulit tertidur lagi lebih dari 30 menit selama tiga sampai empat hari dalam seminggu, maka kemungkinan Anda mengalami gangguan tidur yang lebih serius. Apa saja penyebabnya?

1. Faktor Usia
Seiring bertambahnya usia, jam tidur akan berkurang misalnya dari 7-8 jam sehari menjadi 4-5 jam sehari. Hal ini dikarenakan orang-orang yang paruh baya cenderung terbangun di tengah-tengah tidur. Frekuensi terbangun tiba-tiba ini lebih sering ketimbang yang usianya lebih muda. Semakin tua, kesulitan tidur biasanya akan semakin bertambah.

2. Gangguan Tidur
Orang yang menderita insomnia tidak hanya mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, tapi juga cenderung sering terbangun di malam hari. Terbangun di malam hari bisa juga karena sleep apnea, yaitu kondisi dimana seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik (jeda napas) ketika tidur. Jeda napas itulah yang membuat orang secara tak sadar membuka matanya.

“Orang dengan sleep apnea mungkin tidak menyadarinya kecuali pasangan tidurnya mengatakan kalau dia mengalami jeda napas saat tidur,” tutur James.

3. Kondisi Tubuh
Kondisi tubuh terkadang juga jadi salah satu penyebab Anda terbangun dari tidur di malam haru. Misalnya saja perut yang terasa melilit atau kembung akibat terlalu banyak makan di siang harinya. Orang dengan masalah kepanikan atau gangguan bipolar (perubahan mood yang tiba-tiba) juga bisa menjadi penyebabnya.

Pada pria, pembengkakan pada prostat juga memungkinkan untuk terbangun di tengah malam karena keinginan buang air kecil. Begitu pula dengan konsumsi obat-obatan yang bersifat diuretik yaitu memperbanyak frekuensi buang air kecil. Stres dan depresi pun bisa jadi penyebabnya. Ketika orang mengalami stres, mereka cenderung sering terbangun di malam hari karena ada sesuatu yang dipikirkannya di alam bawah sadar.

4. Faktor Lingkungan
Kondisi kamar amat menentukan kualitas tidur Anda. Lingkungan di sekitar tempat tidur yang bersih dan nyaman, akan menciptakan suasana kondusif untuk tidur lelap dari malam hingga keesokan paginya. Misalnya saja terpaan cahaya yang masuk dari ruangan lain ke kamar Anda, bisa membuat Anda terbangun tanpa menyadarinya.

“Kadang cahaya yang masuk lewat tirai kamar bisa menjadi masalah. Jadi sebaiknya Anda memasang tirai yang bahannya lebih tebal,” jelas James.

Cahaya dari lubang pintu atau jendela juga bisa membuat jam tidur jadi terganggu. Jadi sebaiknya hadapkan tubuh Anda ke sisi yang tidak terpapar cahaya. Selain cahaya, suara bising dari luar pun bisa menyebabkan Anda terjaga di malam hari. Misalnya saja bunyi kendaraan atau ambulans yang melintas di depan kompleks maupun rumah. Anda bisa memasang karpet peredam suara, atau menyetel suara pengantar tidur seperti bunyi air mengalir atau gemerisik dedaunan di hutan.

Apa yang bisa dilakukan ketika terbangun di malam hari agar segera tidur kembali? James memaparkan dua caranya. Pertama, jangan diam saja di tempat tidur. Jika Anda tidak bisa tidur lagi setelah lebih dari 20 menit terbangun, James merekomendasikan untuk bangkit dari tempat tidur dan lakukan relaksasi. Misalnya dengan peregangan otot, membaca buku atau memecahkan teka-teki puzzle.

Cara kedua, hindari melihat smarpthone atau tablet Anda. Layar dari perangkat elektronik tersebut memancarkan cahaya spektrum biru yang menstimulasi otak untuk lebih aktif. Akibatnya, mata pun semakin ‘segar’ dan semakin sulit terpejam.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tempat di mana kita tinggal ternyata berpengaruh pada proses penuaan kulit. Kabar buruk bagi para wanita yang tinggal di perkotaan, kulit mereka bisa menua lebih cepat ketimbang wanita yang hidup di pedesaan.Studi yang dilakukan oleh Procter & Gamble mengungkapkan fakta mengejutkan. Wanita yang hidup di pedesaan atau pinggiran kota terlihat awet muda lebih lama sementara yang tinggal di kota, terutama kota-kota besar menua 10 persen lebih cepat.Perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik dan produk perawatan rumah tangga itu meneliti 200 wanita dengan usia antara 30 dan 45 untuk membandingkan kualitas kesehatan kulit antara mereka yang tinggal di kota dan desa. Kedua kelompok wanita memiliki gaya hidup yang sama dan juga terekspos sinar matahari dalam jumlah sebanding.Wanita pedesaan dilaporkan memiliki risiko penuaan lebih tinggi akibat paparan sinar matahari. Hal ini kemungkinan disebabkan karena sebagian besar dari mereka keluar rumah tanpa menggunakan krim tabir surya. Namun yang mengejutkan, hasil studi menunjukkan proses penuaan justru lebih buruk terjadi pada kelompok wanita di perkotaan.Dari hasil studi yang dipimpin oleh Profesor Wei Liu, seorang dermatologis dari R [...]

WHO Kekurangan Dana Mengatasi TBC

WHO Kekurangan Dana Mengatasi TBC

Berdasarkan laporan WHO 2011 mengenai jumlah penderita Tuberculosis dan HIV di seluruh dunia yang dipublikasikan hari Rabu kemarin (11/10), sedikit banyak membawa kabar gembira bagi Indonesia. Tingkat TB di Indonesia yang sebelumnya menduduki peringkat ketiga jumlah pengidap penyakit tuberculosis atau TBC terbanyak sedunia selama hampir 10 tahun lamanya, kini semakin menurun dari peringkat ke-4 tahun lalu, menjadi peringkat ke-5. Seperti yang dilansir WHO berdasarkan hasil laporan, menunjukkan angka penderita TB sedunia menurun menjadi 8.8 juta di tahun 2010, dibandingkan puncak tertinggi yang pernah terjadi di tahun 2005 dengan jumlah penderita mencapai 9 juta orang dan angka kematian akibat TB yang sebelumnya mencapai 1.8 juta jiwa menjadi 1.4 juta jiwa di tahun 2010. Hal ini juga dapat dikatakan sebagai keberhasilan tersendiri oleh Menteri Kesehatan Indonesia. Meskipun tidak lantas menjadikan TB keluar dari daftar penyakit yang perlu diberantas di Indonesia sesegera mungkin.,Karena meskipun terlihat adanya penurunan jumlah penderita TB, namun ditemukan pula peningkatan penderita MDR TB atau dikenal sebagai Multi Drug-Resistant Tuberculosis, yaitu keadaan dimana bakteri Mycobacte [...]

5 Sebab Kenapa Tubuh Susah Gemuk

5 Sebab Kenapa Tubuh Susah Gemuk

Tubuh ideal merupakan impian setiap orang, namun tentu diperlukan usaha untuk mencapainya. Mungkin Anda sudah lelah dengan berbagai cara untuk menambah otot tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin menambah berat badan dan massa otot, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda menjadi atletis, berisi dan ideal. Mari kita simak apa saja cara untuk membentuk tubuh yang ideal. 1. Komposisi makanan yang tidak seimbang Jika tubuh Anda tidak bertambah besar, bisa jadi salah satu alasannya adalah bahwa Anda tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Untuk menambah berat badan dan besar otot Anda, maka komposisi makanan yang disarankan adalah makanan yang tinggi kalori. Namun demikian, makanan yang Anda konsumsi juga harus memiliki komposisi yang tepat, yaitu makanan dengan kandungan protein yang tinggi, mengandung cukup karbohidrat, dan serat. Contoh makanan yang tinggi protein adalah putih telur, daging dada ayam dan ikan salmon. Berikut penyebab lainnya kenapa tubuh sulit gemuk: Sebab Faktor Tubuh Sulit Gemuk 2. Olahraga tidak teratur Olahraga merupakan sebuah cara agar otot terstimulasi untuk tumbuh. Dengan melakukan olahraga, maka And [...]

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Kenapa wanita lebih mudah menangis daripada pria? Ternyata bukan karena sifat wanita yang cengeng, tapi anatomi tubuh dan faktor biologis yang membuatnya begitu. Masih ada beberapa fakta menarik lain tentang wanita yang belum tentu Anda tahu. Simak uraiannya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Indra Penciuman yang Lebih TajamTahukah Anda, wanita lebih mahir mendeteksi aroma dibandingkan pria? Peneliti indra penciuman Pamela Dalton, PhD, mengatakan bahwa wanita di usia produktif memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali aroma meskipun dalam konsentrasi yang paling kecil.Menurutnya, hal ini dikarenakan hormon estrogen yang biasanya lebih tinggi ketimbang remaja perempuan dan wanita usia paruh baya. Peneliti dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia ini juga menemukan kalau wanita bisa mengidentifikasi ketika seseorang --terutama kekasih mereka-- sedang stres hanya dengan mencium aroma pakaiannya.2. Wanita Lebih Merasakan Sakit Daripada PriaSebuah studi baru-baru ini menemukan, ketika pria dan wanita menderita gangguan penyakit yang sama --kanker, sakit punggung atau infeksi-- wanita lebih merasakan sakit yang signifikan. Para peneliti dari Stanford University [...]

Kedutan Pada Mata? Bisa Jadi Anda Sedang Stres

Kedutan Pada Mata? Bisa Jadi Anda Sedang Stres

Saat sedang sakit, tubuh seringkali mengirimkan sinyal untuk memberitahu Anda. Begitu juga saat mengalami stres. Seperti yang dikutip dari Woman'sDay, ahli kesehatan mengatakan bahwa stres bisa diketahui dari beberapa gejala ini.1. Otot KejangRasa sakit di leher setelah beberapa jam menggunakan komputer bisa jadi benar-benar gejala stres. "Stress sangat mempengaruhi systemmuskuloskeletal (jaringan ikat) yang bisa berakibat otot menjadi kencang, berkontraksi, dan atau kejang otot," jelas Elizabeth Lombardo, PhD, MS, PT, seorang psikolog dan terapis fisik di Wexford, Pennsylvania,Jika Anda mengalami otot kejang, cobalah untuk mengambil napas panjang sebanyak 5 hingga 10 kali dan fokus untuk melemaskan area yang tegang pada tubuh Anda. Setelah itu, buatlah gerakan memutar pada leher secara perlahan atau minta teman untuk memijit pundak yang tegang.2. Kedutan MataPernahkah Anda mengalami kedutan mata? Kondisi sementara namunseringkali menggangu ini merupakan salah satu gejala bahwa Anda sedang stres. Untuk mengatasinya, Debbie Mandel, pakar kesehatan dan penulis 'Addicted to Stress: A Woman?s 7-Step Program to Reclaim Joy and Spontaneity in Life', menyarankan Anda untuk menutup mata [...]

Kebocoran Plasma Pada Demam Berdarah

Kebocoran Plasma Pada Demam Berdarah

Demam Berdarah dapat dibagi menjadi Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue. Kenapa disebut sebagai Demam Berdarah Dengue atau DBD? Disebut demam berdarah oleh karena pada keadaan demam berdarah sudah terjadi hilangnya komponen darah serta kebocoran plasma. Apa yang dimaksud kebocoran plasma? Kebocoran plasma terjadi saat cairan di dalam pembuluh darah keluar ke dalam ruangan ketiga diantara sel kita. Kebocoran plasma ini merupakan hal yang sangat berbahaya karena kebocoran plasma yang berat dapat menyebabkan syok yang nantinya dapat menyebabkan kematian. (Baca: Demam Berdarah Mengintai) Apa yang terjadi saat kebocoran plasma? Saat kita terinfeksi oleh virus dengue maka virus tersebut akan mengeluarkan racun-racun yang dapat menyebabkan dinding pembuluh darah kita melebar. Ketika dinding ini melebar maka cairan dapat keluar ke ruangan ketiga tersebut. Kebocoran plasma ini akan mudah dilihat dari keadaan yang semakin buruk seperti keadaan lemas berlebihan pada tahap awal hingga keadaan syok. Keadaan syok ini dapat ditandai dengan badan yang sangat lemas, sesak nafas, pendarahan yang spontan, urin yang berkurang, peningkatan dari denyut nadi, penurunan dari tekanan darah hingga p [...]

5 Fakta Medis: Jatuh Cinta Menyehatkan

5 Fakta Medis: Jatuh Cinta Menyehatkan

Cinta dapat datang dalam berbagai bentuk, baik cinta pada pasangan, keluarga ataupun teman-teman Anda. Banyak manfaat yang didapatkan, berdasarkan riset ilmiah, bahwa jatuh cinta dapat membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat. Simak 5 fakta jatuh cinta berikut ini: Cinta dapat menurunkan tekanan darah Pada sebuah riset yang dilakukan oleh US Department of Health and Human Services, pasangan yang memiliki pernikahan yang bahagia memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang belum menikah, sedangkan pasangan yang memiliki pernikahan tidak bahagia memiliki tekanan darah lebih tinggi dibandingkan kedua grup. Cinta dapat menurunkan risiko depresi Seringlah tertawa dengan orang yang Anda cintai untuk tetap bahagia dan sehat baik secara mental maupun fisik. Sebuah studi yang dikeluarkan oleh Journal of Health and Social Behavior menunjukkan bahwa mereka yang baru saja menikah memiliki skor skala depresi 3,42 poin lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang belum menikah. Fakta lainnya jatuh cinta itu menyehatkan: Fakta Medis Lainnya JAtuh Cinta Menyehatkan Love is a natural painkiller Tahukah Anda bahwa jatuh cinta merupakan penghilang rasa [...]

Perawatan Pasca Melahirkan

Perawatan Pasca Melahirkan

Pada saat pasca kehamilan, ibu akan mengalami perubahan fisik di bagian kulit maupun di bagian alat reproduksi. Untuk itu, ibu memerlukan perawatan pasca melahirkan selama enam minggu atau 40 hari. Perawatan ini bisa dilakukan oleh ibu sesegera mungkin. Adapun beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat berada di masa pasca kehamilan, antara lain: Perawatan Payudara Hindari pembengkakan payudara pada masa pasca kehamilan, caranya adalah memenuhi kebutuhan bayi dengan memberikan ASI sedini mungkin dan sesuai kebutuhan bayi. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang menekan atau sempit. Apabila payudara terasa sakit, pijat ringan bagian payudara yang sakit dengan menggunakan breast oil dan air hangat. Pemijatan menggunakan breast oil ini juga berguna untuk merangsang kelancaran ASI dan merawat payudara ibu. Perhatikan Rahim Penciutan rahim terjadi pada hari pertama sampai hari ke-9 setelah melahirkan. Hal ini dapat diketahui dengan meraba bagian bulat agak keras di bawah pusat. Pada hari ke-10 sampai 14, rahim tidak teraba lagi. Penciutan rahim dibantu oleh oksitosin, yaitu hormon yang mengontraksikan otot-otot rahim yang keluar saat menyusui. Penciutan rahim ini terjadi kar [...]

Anak Sering Ngiler, Normal Gak Sih?

Anak Sering Ngiler, Normal Gak Sih?

Semua bayi dan anak-anak umumnya memiliki kebiasaan mengeluarkan air liur yang cukup banyak, atau yang biasa disebut ?ngiler? atau ?ngeces?. Apakah ini hal yang normal, atau merupakan sesuatu yang harus diwaspadai oleh orang tua? Ngeces atau ngiler pada bayi dan anak berusia di bawah 18 bulan atau 2 tahun sebetulnya merupakan hal normal yang dapat dijelaskan secara ilmiah, meski banyak mitos yang mengatakan bahwa kebiasaan ini berhubungan dengan sang ibu yang mengidam atau menginginkan sesuatu tidak kesampaian saat mengandung. Pada usia tersebut, anak sedang dalam masa tumbuh gigi yang merangsang keluarnya air liur. Selain itu, anak belum memiliki kemampuan yang baik untuk menelan dan dasar mulut masih dangkal, sehingga air liur tampak berlebihan dan mudah mengalir keluar mulut. Jadi jika sering ngiler di usia tersebut, maka tergolong normal. Namun yang jadi masalah, apakah normal jika terjadi pada anak yang berusia diatas dua tahun? Halaman berikut terdapat penjelasannya: Normalkah Anak Umur 2 Tahun Sering Ngiler? Saat anak sudah berusia lebih dari dua tahun, kemampuan menelan sudah semakin baik sehingga kebiasaan ngiler atau ngeces biasanya sudah jauh berku [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *