Sering Terbangun dari Tidur di Malam Hari? 4 Hal Ini Penyebabnya

tidurbanguncover.jpg

Pukul 10 atau 11 malam, Anda dengan mudahnya tertidur lelap. Namun begitu pukul 3 pagi, Anda terbangun dengan mata terbuka lebar dan tidak sedikit pun merasa ngantuk. Sering atau bahkan setiap malam mengalami kejadian serupa? Kondisi ini disebut dengan mid-insomnia atau kesulitan menjaga tidur yang terbilang normal.

Dijelaskan James Findley, Ph.D., direktur klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania, ada tiga siklus tidur yang terjadi setiap malamnya. Dimulai dari tidur nyenyak yang dalam, tidur dengan kesadaran sedang hingga tidur ringan. Tapi ada kalanya ketika sedang tidur lelap, fase tidur tiba-tiba bergerak ke tahapan tidur yang lebih ringan sehingga besar kemungkinan akan terbangun. Alhasil banyak orang yang mengalami ‘tidur terpecah’ saat dini hari.

“Biasanya Anda akan bangun, mengubah posisi tidur dan kembali tidur. Itu hal yang normal dan bukan masalah,” ujar James, seperti dikutip dari Huffington Post.

Namun jika Anda terbangun di malam atau dini hari, dan sulit tertidur lagi lebih dari 30 menit selama tiga sampai empat hari dalam seminggu, maka kemungkinan Anda mengalami gangguan tidur yang lebih serius. Apa saja penyebabnya?

1. Faktor Usia
Seiring bertambahnya usia, jam tidur akan berkurang misalnya dari 7-8 jam sehari menjadi 4-5 jam sehari. Hal ini dikarenakan orang-orang yang paruh baya cenderung terbangun di tengah-tengah tidur. Frekuensi terbangun tiba-tiba ini lebih sering ketimbang yang usianya lebih muda. Semakin tua, kesulitan tidur biasanya akan semakin bertambah.

2. Gangguan Tidur
Orang yang menderita insomnia tidak hanya mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, tapi juga cenderung sering terbangun di malam hari. Terbangun di malam hari bisa juga karena sleep apnea, yaitu kondisi dimana seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik (jeda napas) ketika tidur. Jeda napas itulah yang membuat orang secara tak sadar membuka matanya.

“Orang dengan sleep apnea mungkin tidak menyadarinya kecuali pasangan tidurnya mengatakan kalau dia mengalami jeda napas saat tidur,” tutur James.

3. Kondisi Tubuh
Kondisi tubuh terkadang juga jadi salah satu penyebab Anda terbangun dari tidur di malam haru. Misalnya saja perut yang terasa melilit atau kembung akibat terlalu banyak makan di siang harinya. Orang dengan masalah kepanikan atau gangguan bipolar (perubahan mood yang tiba-tiba) juga bisa menjadi penyebabnya.

Pada pria, pembengkakan pada prostat juga memungkinkan untuk terbangun di tengah malam karena keinginan buang air kecil. Begitu pula dengan konsumsi obat-obatan yang bersifat diuretik yaitu memperbanyak frekuensi buang air kecil. Stres dan depresi pun bisa jadi penyebabnya. Ketika orang mengalami stres, mereka cenderung sering terbangun di malam hari karena ada sesuatu yang dipikirkannya di alam bawah sadar.

4. Faktor Lingkungan
Kondisi kamar amat menentukan kualitas tidur Anda. Lingkungan di sekitar tempat tidur yang bersih dan nyaman, akan menciptakan suasana kondusif untuk tidur lelap dari malam hingga keesokan paginya. Misalnya saja terpaan cahaya yang masuk dari ruangan lain ke kamar Anda, bisa membuat Anda terbangun tanpa menyadarinya.

“Kadang cahaya yang masuk lewat tirai kamar bisa menjadi masalah. Jadi sebaiknya Anda memasang tirai yang bahannya lebih tebal,” jelas James.

Cahaya dari lubang pintu atau jendela juga bisa membuat jam tidur jadi terganggu. Jadi sebaiknya hadapkan tubuh Anda ke sisi yang tidak terpapar cahaya. Selain cahaya, suara bising dari luar pun bisa menyebabkan Anda terjaga di malam hari. Misalnya saja bunyi kendaraan atau ambulans yang melintas di depan kompleks maupun rumah. Anda bisa memasang karpet peredam suara, atau menyetel suara pengantar tidur seperti bunyi air mengalir atau gemerisik dedaunan di hutan.

Apa yang bisa dilakukan ketika terbangun di malam hari agar segera tidur kembali? James memaparkan dua caranya. Pertama, jangan diam saja di tempat tidur. Jika Anda tidak bisa tidur lagi setelah lebih dari 20 menit terbangun, James merekomendasikan untuk bangkit dari tempat tidur dan lakukan relaksasi. Misalnya dengan peregangan otot, membaca buku atau memecahkan teka-teki puzzle.

Cara kedua, hindari melihat smarpthone atau tablet Anda. Layar dari perangkat elektronik tersebut memancarkan cahaya spektrum biru yang menstimulasi otak untuk lebih aktif. Akibatnya, mata pun semakin ‘segar’ dan semakin sulit terpejam.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Sehat, Dian Pelangi Ikuti Yoga Tanpa Ritual Agama

Ingin Sehat, Dian Pelangi Ikuti Yoga Tanpa Ritual Agama

Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Seiring berjalannya waktu, gerakan yoga semakin beragam mulai dari latihan pernapasan hingga kini yang digemari banyak wanita maupun pria adalah acroyoga. Meskipun digemari banyak orang termasuk para hijabers, tapi ada beberapa yoga yang terkait dengan agama sehingga gerakan dalam latihan tersebut diharamkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 2009, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang ditelurkan dalam ijtima ulama itu, yakni:1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari'ah).3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).Melihat hal itu, desainer busana muslim yang baru-baru ini menjalani latihan yoga, Dian Pelangi, mengatakan bahwa semuanya kembali ke niat [...]

5 Makanan Penyembuh Sakit Flu

5 Makanan Penyembuh Sakit Flu

Musim hujan seperti ini, penyakit yang sering dihadapi adalah flu. Memang flu bukanlah penyakit yang berbahaya, namun ketika flu menyerang bisa membuat kinerja menurun. Sebenarnya flu bisa dilawan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang tidak alami. Anda bisa menangkal dan menyembuhkan flu dengan bahan makan yang mudah didapatkan. Dirangkum dari iVillage, berikut ini makanan untuk mencegah flu.Bawah Putih Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. JaheSejak zaman nenek moyang dulu jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis. Bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat. BayamSayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Ba [...]

Cara Menjaga Paru-Paru Agar Tetap Kuat

Cara Menjaga Paru-Paru Agar Tetap Kuat

Bernapas merupakan proses vital dalam kehidupan. Organ yang mempunyai peran utama dalam sistem pernapasan adalah paru-paru. Apabila paru-paru berfungsi kurang baik, maka dapat menurunkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta menaikkan risiko terkena penyakit paru-paru lainnya. Saran terbaik untuk siapa pun yang ingin memiliki paru-paru sehat adalah, tentu saja, tidak merokok. Selain itu, diet yang sehat juga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru Anda. Berikut adalah 6 cara lain yang dapat Anda terapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru: Mengonsumsi antioksidan Buah-buahan, terutama yang tinggi vitamin C, dapat melindungi paru-paru dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidan. Meningkatkan udara di dalam ruangan Pastikan udara masuk ke dalam rumah secara cukup. Bukalah jendela saat Anda membersihkan perabotan rumah atau melakukan kegiatan pembersihan lainnya. Melakukan olahraga Bagi yang jarang berolahraga, mulailah rutinitas ini secara bertahap. Lakukanlah setidaknya 3 kali selama seminggu, mulai dari olahraga yang ringan seperti jalan kaki. Menghindari paparan polusi Sebisa mungkin, hindari paparan polusi seperti debu, asap, abu, dsb. Gunakan masker saat Anda mengendarai m [...]

Tidak Perlu Meragukan Kualitas Obat Generik

Tidak Perlu Meragukan Kualitas Obat Generik

Obat generik adalah jenis obat yang memiliki kesamaan dengan obat yang bermerek baik dari sisi kegunaan maupun formulanya. Kesamaan lainnya mencakup kekuatan, dosis, kualitas, dan keamanan produk bagi pemakainya. Meski memiliki kesamaan, obat generik dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan obat bermerek. Faktor yang paling memengaruhi rendahnya harga jual obat generik adalah karena tanpa merek. Merek obat berasal dari perusahaan obat yang pertama kali mematenkannya. Dengan hak paten, perusahaan obat dapat menjadi satu-satunya perusahaan yang menjual obat tersebut dengan merek yang mereka ciptakan. Lepasnya masa berlaku hak paten dilakukan untuk menghilangkan hak monopoli pada penjualan obat. Ada pula obat generik yang sengaja tidak dipatenkan oleh pembuatnya. Dengan hilangnya merek, maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan obat bisa ditekan. Salah satu yang paling banyak menyedot dana adalah biaya iklan dan promosi. Oleh karena itu, obat yang tidak menggunakan iklan untuk promosi adalah istilah yang biasa disematkan pada obat generik. Selain biaya iklan, penyedot dana yang tak kalah besarnya adalah penelitian dan pengembangan obat. Lepasnya paten membuat obat g [...]

Hati-hati, Nyeri Hebat di Perut Saat Haid Bisa Jadi Tanda Ada Penyakit

Hati-hati, Nyeri Hebat di Perut Saat Haid Bisa Jadi Tanda Ada Penyakit

Saat sedang menstruasi, tidak sedikit wanita yang merasa pinggangnya pegal atau nyeri di perut. Apa yang menyebabkan rasa sakit itu?Dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), memaparkan, nyeri dan pegal pada pinggang merupakan efek dari menstruasi bila sakit yang dirasakan tidak berlebihan. Jika berlebihan kemungkinan adanya penyakit dalam tubuhnya."Itulah semua reaksi haid ya, pelepasan dinding rahim yang menebal pada saat lepas terjadi reaksi-rekasi fisiologi tubuh, penarikan-penarikan sel-sel atau organ di sekitarnya itu sakit semuanya, sakit yang minimal ya," papar dokter Frits ketika dihubungi wolipop, Rabu (1/5/2013).Pria yang tergabung dalam Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) itu menjelaskan bahwa dalam kedokteran rasa sakit memiliki empat tingkat. Tingkat pertama sakit yang ringan tidak menyebabkan apa pun, tingkat dua harus minum obat dahulu baru hilang, tingkat tiga butuh tidur dan istirahat yang cukup selama beberapa hari disertai obat, dan terakhir tingkat empat adalah yang terburuk harus dirawat di rumah sakit.Jika wanita yang merasa nyeri hingga tingkat tiga perlu datang ke dokter untuk konsultasi karena sudah ada gangguan pe [...]

Perawatan untuk Kebotakan

Perawatan untuk Kebotakan

Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya, Perawatan untuk Kebotakan Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya, Perawatan Kebotakan #1: Minoxidil Suatu jenis obat yang dijual bebas di pasaran dan telah disetujui oleh FDA. Kerjanya adalah dengan menstimulasi pertumbuhan rambut. � Efektivitas: Minoxidil ternyata terbukti bermanfaat untuk 2 diantara 3 pria. Obat ini sangat efektif bagi Anda yang berusia dibawah 40 tahun atau bagi Anda yang [...]

Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan Cara Ini

Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan Cara Ini

Metabolisme tubuh yang baik dapat meningkatkan kesehatan Anda. Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.Anda bisa meningkatkan metabolisme dengan mengikuti lima tips berikut ini, seperti dikutip Ourvanity.Makan Sering Tapi SedikitPara ilmuwan menemukan bahwa rata-rata orang harus makan lima hingga enam kali sehari. Makan camilan sehat, seperti buah dan sayur sangat dianjurkan. Kandungan nutrisi dan gizi sangat diperhatikan pada saat sarapan dan makan malam.Minum Air 10 menit Sebelum Makan & 30 Menit SetelahnyaAir tiga kali lebih mudah mengalami pembuangan dibanding makanan. Jika Anda banyak minum akan lebih cepat mengencerkan makanan dalam tubuh, sehingga proses pembuangan lebih cepatMandi dengan ShowerMandi dengan shower bagus untuk proses metabolisme. Selain baik untuk metabolime, mandi dengan pancuran air dapat membuat kulit lembut dan meningkatkan sirkulasi darah.LemonLemon merupakan buah yang baik untuk meningkatkan imunitas. Selain itu buah asam ini juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.AromaterapiAromaterapi yang didapat dari minyak esensial dapat dapat meningkatkan metabolime t [...]

Penanganan Osteoartritis pada Obesitas

Penanganan Osteoartritis pada Obesitas

Obesitas merupakan kondisi medis paling serius yang kasusnya semakin meningkat dan memicu perkembangan berbagai penyakit kronis. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko yang jelas terhadap penyakit osteoartritis (OA). Wanita yang obesitas berisiko mengalami OA 4 kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidak obesitas. Sementara pria memiliki risiko 5 kali lebih besar. Lutut dan panggul merupakan daerah persendian yang menahan beban tubuh, sehingga semakin berat beban yang ditopang, semakin besar beban kerja sendi tersebut?yang meningkatkan risiko seseorang mengalami OA. Kelebihan berat badan sebanyak 5 kg akan dirasakan oleh lutut sebagai beban 15-30 kg dalam setiap langkah. Selain itu, individu yang obesitas cenderung memiliki postur tubuh dan langkah kaki yang tidak sehat, yang ikut memicu terjadinya OA. Pada OA dengan obesitas, pengobatan dapat dilakukan melalui pendekatan bedah dan non bedah. Pendekatan nonbedah berupa terapi farmakologis, yakni obat-obatan antinyeri dan antiradang, terapi fisik, alat bantu, pengaturan nutrisi dan diet seimbang, ditambah dengan aktivitas fisik dengan tujuan menurunkan berat badan. Kombinasi aktivitas fisik, pengaturan nutrisi, dan penuru [...]

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus. Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya. Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis. Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Beberapa Tipe Aborsi Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Abortus Iminens Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *