Sosiolog: Banjir Akibat Ketamakan Manusia

banjir-akibat-ketamakan140120b.jpg

Sosiolog Universitas Nasional (Unas) Nia Elvina MSi menilai bahwa penyebab banjir, khususnya di Jakarta, bukan sekadar persoalan ekologis.

“Karena persoalan banjir ini jika kita kaji sama seperti persoalan krisis ekonomi yang disebabkan oleh tindakan manusia. Lebih tepatnya karena tindakan manusia yang tamak, dan akumulasi keuntungan yang terus-menerus,” kata Nia Elvina di Jakarta, seperti dikutip dari Antara Senin (20/1/2014).

Nia tidak sepakat dengan pandangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang menyatakan bahwa persoalan banjir Jakarta hanya sebatas persoalan ekologis dan lebih disebabkan oleh daerah penyangga, terutama Bogor.

“Saya kira itu kurang tepat,” kata anggota Kelompok Peneliti Studi Perdesaan Universitas Indonesia (UI) itu.

Karena itu, dia menegaskan bahwa penyebab banjir bukan murni faktor alam, atau jika meminjam istilah ekonom, bukan bersifat eksogen.

Nia Elvina mengatakan bahwa persoalan banjir di Jakarta lebih banyak pada persoalan manusianya, kebijakan yang sangat berpihak kepada kepentingan manusia yang tamak.

Ia merujuk data dari Dinas Perhubungan dan Pekerjaan Umum Jakarta yang menyebutkan bahwa izin perluasan jalan tol semakin bertambah, yang sebagian besar area jalan tol tersebut notabene adalah daerah resapan air.

Tidak jarang juga, kata dia, perluasan jalan tol juga membabat taman kota. Kemudian pemberian izin pengembangan bisnis properti yang tidak mempertimbangkan daerah resapan air.

“Jadi, saya kira persoalan banjir di Jakarta lebih banyak pada persoalan pengaturan tindakan manusia yang tamak ini,” kata Sekretaris Program Sosiologi Unas itu.

Karena itu, selama kebijakan yang diambil oleh Gubernur DKI Jakarta masih cenderung mendukung berkembangnya manusia tamak, kata dia, selama itu juga persoalan banjir tidak akan selesai.

“Saya kira juga Gubernur Jakarta harus punya sikap ksatria dalam memimpin, yakni harus menghilangkan tendensi negatif yang berkembang dalam masyarakat sekarang bahwa Gubernur hanya berlindung image ‘ndeso’nya dan sentimentilnya, tetapi kebijakan yang Gubernur Jakarta ambil sangat borjuis,” katanya.

Ia melihat belum ada kebijakan yang progresif untuk membela kepentingan masyarakat kelas bawah atau masyarakat Jakarta secara luas.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
BPJS Ancam Putuskan Kerja Sama dengan RS yang Tolak KIS

BPJS Ancam Putuskan Kerja Sama dengan RS yang Tolak KIS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) DKI Jakarta mengancam putuskan kerja sama dengan rumah sakit swasta yang menolak mengobati pasien yang memegang Kartu Indonesia Sehat (KIS). "Kami akan putusan kerja sama. Pasti sanksi yang diberikan itu tidak menguntungkan pihak rumah sakit," kata Kepala Humas BPJS Irfan Humaidi saat menghadiri peluncuran KIS, Kartu Indonesia Pintar, Kesejahteraan Sosial dan E-Money di Kantor Pos Jakarta Pusat, Senin (3/11/2014). Irfan mengatakan sikap BPJS itu sudah dibuktikan, bukan hanya isapan jempol belaka. Baru-baru ini BPJS memutuskan untuk tidak bekerja sama lagi dengan salah satu rumah sakit swasta di Tebet, Jakarta. "Rumah sakit itu tidak mau mengobati pasien yang memegang kartu jaminan kesehatan dari BPJS," ujarnya. Sedangkan rumah sakit negeri yang menolak pasien pemegang KIS akan dilaporkan ke institusi yang lebih tinggi. Seharusnya rumah sakit negeri melaksanakan kebijakan pemerintah tersebut, dan memastikan para medisnya tidak menolak pasien pemegang KIS. "Kalau ada kasus yang menyebabkan pemegang KIS dirugikan, kami akan berkoordinasi agar hal serupa tidak terulang lagi," ucapnya. Menurut dia, penolakan dokter atau perawat terhadap pa [...]

Demi Persahabatan, Bocah Ini Rela Habisi Rambutnya

Demi Persahabatan, Bocah Ini Rela Habisi Rambutnya

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memberitahu apa makna dari persahabatan yang sebenarnya. Itu juga yang dilakukan Vincent Butterfield (8) untuk sahabatnya, Zac Gossage (8).Zac didiagnosa oleh dokter menderita leukemia Lymphoblastic akut. Karena penyakitnya itu, Zac harus rela kehilangan rambut akibat kemoterapi yang ia jalani. Demi menunjukkan dukungannya dan mengungkapkan rasa cintanya, Vincent memutuskan mencukur habis rambutnya sendiri dam membiarkan kepalanya plontos.Menurut Vincent, apa yang dilakukannya itu sebagai bentuk ia tidak akan meningalkan Zac seorang diri, meskipun Zac botak karena penyakit kronis yang dideritanya."Saya memotongnya untuk membuat Zac merasa dia bukan satu-satunya orang tanpa rambut di sekolah ini," kata Vincent.Sewaktu mendengar penyakit yang diderita sahabatnya itu, Vincent mencari tahu apa sebenarnya leukemia itu di internet."Leukemia itu ketika sel darah putih dan sel darah merah tak bersatu," katanya singkat.Dikutip dari laman NyDaily News, Rabu (22/1/2014), Vincent rela berjualan syal buatan ibunya ketika tahu Zac membutuhkan biaya yang tak sedikit untuk kemoterapi. Karena kerja kerasnya, Vincent berhasil mengumpulkan uang sebesar $200 (Rp [...]

[VIDEO] Hamil 9 Bulan, Wanita Ini Masih Asyik Berselancar

[VIDEO] Hamil 9 Bulan, Wanita Ini Masih Asyik Berselancar

Seperti tidak peduli usia kandungannya, wanita aktif kelahiran Kanada yang tinggal di Australia ini masih asyik berselancar di usia kehamilan 9 bulan. Ia bahkan terus berlatih selancar setiap empat kali seminggu sejak dinyatakan hamil.Seperti dilansir Nydailynews, Sabtu (1/2/2014) Kristi Olivares memang hobi berselancar sejak remaja. Ia mengatakan dalam sebuah posting blog Shesurfs.com bahwa secara bertahap ia memodifikasi teknik berselancar bayinya tetap aman. Olivares juga meminta beberapa panduan berselancar prenatal dan meminta salah satu temannya untuk membawa papan selancarnya ke pantai. Tak hanya itu, calon ibu ini juga menceritakan rasanya surfing selama 30 minggu kehamilannya."Berselancar saat hamil itu menyenangkan. Saya selalu melindunginya dan entah mengapa saya selalu ingin tersenyum. Dan kebanyakan orang bereaksi positif dan mendukung saya untuk melanjutkan surfing," kata OlivaresOlivares mengaku, dokter kandungannya sendiri telah memuji keputusannya untuk tetap berselancar sebagai bagian dari gaya hidup sehat saya. "Dokter saya bijaksana dan hanya bilang hati-hati terhadap kehamilan saya, "tulisnya.Saat ini Olivares telah melahirkan anaknya yag sehat bernama Alexande [...]

Satu Lagi Keunggulan Kopi: Jaga Kesehatan Mata

Satu Lagi Keunggulan Kopi: Jaga Kesehatan Mata

Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University dan Pusat Fungsi Makanan di Korea Institute of Science and Technology menambah sederet manfaat kopi bagi kesehatan. Tapi berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menghubungkan kopi dengan penderita penyakit kronis, penelitian kali ini menemukan kopi juga baik untuk kesehatan mata. Mengutip laman Foxnews, Minggu (11/5/2014) penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini menyebutkan kalau kopi dapat mencegah kerusakan mata dan kebutaan akibat dari degenerasi retina akibat glaukoma, penuaan dan diabetes. Peneliti juga mengungkapkan, manfaat kopi bagi mata terkait dengan asam chlorogenic yang merupakan antioksidan kuat yang ditunjukkan untuk mencegah degenerasi retina pada tikus. Retina merupakan lapisan tipis di jaringan mata yang ditutupi jutaan sel yang sensitif terhadap cahaya. Jaringan retina yang aktif ini membutuhkan banyak oksigen, yang dapat membuatnya rentan terhadap stres. Kurangnya oksigen dan radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan hilangnya penglihatan. Ingin menguji sifat oksidatif dari chlogenic, tim peneliti merancang percobaan. Mereka mencoba melakukan penelitian te [...]

Ibu dan Anak Tertular TB dari Kucing

Ibu dan Anak Tertular TB dari Kucing

Dokter Inggris dikejutkan dengan penemuan seorang remaja di Inggris, Jessica Living yang harus menjalani perawatan medis setelah dokter mendiagnosis tuberkulosis paru akibat terpapar kucing. "Saya kehilangan setengah berat badan dalam lima minggu. Rasanya sangat sakit di sekujur tubuh, demam, keringat dingin dan halusinasi," kata Jessica, melansir Mirror, Minggu (30/3/2014). Ibunya, Jessica Claire ternyata juga tertular penyakit TB laten akibat kucing. Menurutnya, pasangan ini mengadopsi anak kucing lima minggu sebelumnya dan diperkirakan telah terinfeksi saat membersihkan luka pada hewan peliharaannya. Direktur Klinik dari Falkland Veterinary Clinic di Newbury, Vet Carl Gorman mengatakan, hewan juga bisa jatuh sakit dengan kondisi paru-paru kronis dan luka yang mencurigakan. Namun belum ada penelitian khusus apakah TB pada kucing juga menularkan manusia. "Ini sangat tidak biasa untuk kucing untuk mendapatkan TB tetapi itu cukup langka bila sekelompok kucing mendapatkannya," ujar Gorman. Belum lama sebelum kasus ini terjadi, media setempat juga melaporkan adanya seorang anak berusia di bawah 10 tahun juga ketahuan mengidap tuberkulosis paru akibat anjing kesayangannya. [...]

8 Cara agar Ginjal Anda Tetap Sehat

8 Cara agar Ginjal Anda Tetap Sehat

Jumlah kasus gagal ginjal di Indonesia kian memprihatinkan. Dengan penduduk sekitar 250 juta, prevalensi gagal ginjal diperkirakan sebesar 400 per 1 juta penduduk dan angka insiden (yang sudah dinyatakan gagal ginjal) sebesar 100 per 1 juta penduduk.Begitu disampaikan Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Prof. Dr. dr. Endang Susalit, SpPD-KGH, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, setidaknya ada 100.000 pasien gagal ginjal dan 25.000 pasien baru setiap tahun yang memerlukan terapi pengganti. Mengingat pentingnya menjaga kesehatan ginjal, tahukah Anda kalau ginjal hanya seukuran kepalan tangan. Organ tubuh ini terletak tepat di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang dan memiliki fungsi yang paling penting bagi tubuh seperti membersihkan racun yang masuk ke tubuh. Tugas ginjal untuk menyaring racun, urea dan garam berlebih dalam tubuh. Racun ini dikeluarkan melalui urin. Selain itu, ginjal juga berperan dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah dan asam dalam tubuh. Jika ginjal tidak dirawat dengan baik, tentu fungsinya akan menurun. Untuk menjaga ginjal dengan baik, berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga ginjal tetap sehat, seperti dikutip Bolds [...]

Menghitung Mundur 100 Domba Bikin Mudah Tidur, Benarkah?

Menghitung Mundur 100 Domba Bikin Mudah Tidur, Benarkah?

Anda yang sulit tidur atau mengalami insomnia biasanya akan dianjurkan untuk mengonsumsi susu atau bisa juga diajari menghitung mundur seratus domba. Tapi, ampuhkah cara ini (menghitung domba) sehingga orang bisa mudah tidur?"Ide dan cara ini sebenarnya salah satu kisah lama," kata Michael Decker, Ph.D, seorang Spesialis Tidur dan Profesor di Case Western School of Nursing seperti dikutip HuffingtonPost, Senin (21/4/2014).Menurut Decker, anekdot tersebut berasal ketika penggembala domba tak bisa tidur di malam hari karena terlalu khawatir dengan dombanya yang ada di ladang. Jadi, ia menenangkan dirinya dengan menghitung kawanan domba untuk memastikan semua aman.Teknik menghitung domba mungkin tak akan manjur di zaman modern ini. Saat hendak tidur, akan lebih membantu apabila pikiran diisi dengan sesuatu yang santai dan pasif, bukan aktif. Menghitung domba hanya akan membuat Anda berpikir. "Dibutuhkan waktu dan energi untuk menghitung mereka semua (domba)," ujar Decker.Akan lebih baik jika menggunakan kekuatan otak untuk memikirkan adegan santai seperti pantai yang menenangkan. Bahkan, penelitian tahun 2001 yang diterbitkan dalam jurnal Behavior Research and Therapy menunjukkan, bah [...]

Hebat, Nenek 105 Tahun Masih Bisa Main Baseball

Hebat, Nenek 105 Tahun Masih Bisa Main Baseball

Untuk mencapai usia 90 tahun dengan kondisi sehat dan bugar sepertinya sulit di zaman sekarang. Namun tidak dengan Agnes McKnee. Untuk merayakan hari jadinya ke 105 tahun ia malah melakukan lemparan pertama dalam pertandingan baseball di taman Petco Park, San Diego, Amerika Serikat. Dengan menggunakan jersey baseball bernomor 105, sesuai usianya, dengan semangat McKee melemparkan bola baseball dalam pertandingan Padre. "Ini saat yang sangat menyenangkan, saya bangga mampu melakukan ini," tutur McKee seperti dilansir Huffington Post, Rabu (21/7/2014). Dibandingkan baseball atau olahraga lainnya, McKee sebenarnya lebih menyukai bidang lain seperti kesenian, permainan bridge dan classic martini. Namun, demi suaminya yang sudah meninggal enam tahun lalu yang menyukai baseball ia melakukan ini. "Suamiku pasti akan bangga disana," tutur Mckee seperti dilansir Daily Mail, Rabu (23/7/2014). Semangat McKee untuk terus aktif di usia senja jadi inspirasi banyak orang. Dulu, saat usianya 101 tahun, ia aktif di kelas ballroom dancing, juga suka bermain Wii virtual bowling dan ski diving. Hebat! [...]

24 Juni, Semua Bungkus Rokok Harus Bergambar Seram!

24 Juni, Semua Bungkus Rokok Harus Bergambar Seram!

Perokok seakan-akan tak jera meski rokok sering dikaitkan dengan sejumlah penyakit. Dengan alasan tersebut industri rokok wajib memberikan peringatan kesehatan bergambar. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 109/2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan pasal 15-18 dan Permenkes No 28/2013 Tentang Pencantuman Peringatan Kesehatan dan Informasi Kesehatan pada Kemasan Produk Tembakau, industri rokok wajib memberikan peringatan kesehatan bergambar (pictorial health warning) sejak 24 Juni 2014 . Pernyataan tegas ini disampaikan Ketua Tobacco Control Support Center Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI) Kartono Muhammad, mengingat adanya isu yang beredar mengenai kesalahpahaman kata `produksi` pada PP 109 tahun 2012. "24 Juni semua gambar rokok harus berubah. Jangan diotak-atik lagi, kalau melanggar kirimi surat, tarik dari peredaran, dan kalau masih melanggar cabut izinnya oleh Badan POM," tegas Kartono pada wartawan di sela-sela acara Indonesia Conference on Tobacco or Health (ICTOH) di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, ditulis Sabtu (31/5/2014). Kartono mengungkapkan, masa pembuatan bungkus rokok juga tidak [...]

10 Kota Tersehat di Dunia (I)

10 Kota Tersehat di Dunia (I)

Sebuah kota yang benar-benar sehat bukan hanya dapat membuat warganya menjalankan gaya hidup sehat. Lebih dari itu, kota sehat artinya juga kota dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh warganya. Dikutip dari CNN pada Senin (10/11/2014), ada 10 kota yang tergolong sebagai kota tersehat di dunia. Di kota-kota ini, pemerintah menerapkan kebijakan yang menjamin warganya dapat akses kesehatan, bahkan hingga makanan bergizi dan transportasi umum yang layak. Partisipasi dari warga juga tergolong tinggi di 10 kota ini. Kota apa saja itu? Berikut ulasannya. Sebagai tambahan, penomoran kota sehat ini bukanlah peringkat. 1. Copenhagen, Denmark "> Hanya 2% pekerja di Copenhagen yang menghabiskan 40 jam seminggu untuk bekerja. Sisanya, lebih rendah dari itu. Hal ini membuat mereka memiliki waktu yang banyak untuk keluarga, berorganisasi dan berpartisipasi dalam program masyarakat lainnya. Dengan 249 km jalur sepeda, warga Copenhagen lebih suka berpergian menggunakan sepeda atau jalan kaki. Apalagi, solidaritas sosial di kota ini sangat tinggi. 2. Okinawa, Jepang "> Warga Okinawa memiliki tingkat harapan hidup tertinggi di dunia. Harapan h [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *