Sosiolog: Banjir Akibat Ketamakan Manusia

banjir-akibat-ketamakan140120b.jpg

Sosiolog Universitas Nasional (Unas) Nia Elvina MSi menilai bahwa penyebab banjir, khususnya di Jakarta, bukan sekadar persoalan ekologis.

“Karena persoalan banjir ini jika kita kaji sama seperti persoalan krisis ekonomi yang disebabkan oleh tindakan manusia. Lebih tepatnya karena tindakan manusia yang tamak, dan akumulasi keuntungan yang terus-menerus,” kata Nia Elvina di Jakarta, seperti dikutip dari Antara Senin (20/1/2014).

Nia tidak sepakat dengan pandangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang menyatakan bahwa persoalan banjir Jakarta hanya sebatas persoalan ekologis dan lebih disebabkan oleh daerah penyangga, terutama Bogor.

“Saya kira itu kurang tepat,” kata anggota Kelompok Peneliti Studi Perdesaan Universitas Indonesia (UI) itu.

Karena itu, dia menegaskan bahwa penyebab banjir bukan murni faktor alam, atau jika meminjam istilah ekonom, bukan bersifat eksogen.

Nia Elvina mengatakan bahwa persoalan banjir di Jakarta lebih banyak pada persoalan manusianya, kebijakan yang sangat berpihak kepada kepentingan manusia yang tamak.

Ia merujuk data dari Dinas Perhubungan dan Pekerjaan Umum Jakarta yang menyebutkan bahwa izin perluasan jalan tol semakin bertambah, yang sebagian besar area jalan tol tersebut notabene adalah daerah resapan air.

Tidak jarang juga, kata dia, perluasan jalan tol juga membabat taman kota. Kemudian pemberian izin pengembangan bisnis properti yang tidak mempertimbangkan daerah resapan air.

“Jadi, saya kira persoalan banjir di Jakarta lebih banyak pada persoalan pengaturan tindakan manusia yang tamak ini,” kata Sekretaris Program Sosiologi Unas itu.

Karena itu, selama kebijakan yang diambil oleh Gubernur DKI Jakarta masih cenderung mendukung berkembangnya manusia tamak, kata dia, selama itu juga persoalan banjir tidak akan selesai.

“Saya kira juga Gubernur Jakarta harus punya sikap ksatria dalam memimpin, yakni harus menghilangkan tendensi negatif yang berkembang dalam masyarakat sekarang bahwa Gubernur hanya berlindung image ‘ndeso’nya dan sentimentilnya, tetapi kebijakan yang Gubernur Jakarta ambil sangat borjuis,” katanya.

Ia melihat belum ada kebijakan yang progresif untuk membela kepentingan masyarakat kelas bawah atau masyarakat Jakarta secara luas.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenapa Wanita Lebih Suka Pria Berpostur Lebih Tinggi?

Kenapa Wanita Lebih Suka Pria Berpostur Lebih Tinggi?

Ketika bicara cinta, ukuran tubuh ternyata ikut menentukan. Kebanyakan wanita ternyata lebih menyukai pria berpostur tubuh lebih tinggi darinya.Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Rice University dan University of North Texas mengungkapkan, wanita merasa, pria yang berpostur lebih tinggi terkesan lebih melindungi. Juga membuat aman, sensitif, dan peduli pada wanita.Dalam dua bagian, penelitian dilakukan. Pada percobaan pertama, peneliti melihat preferensi kencan pria dan wanita dengan menggunakan data dari 925 iklan kencan pribadi yang diposting di Yahoo!.Dari 455 pria memiliki usia rata-rata 36 tahun dan tinggi 177 sentimeter (cm). Sedangkan 470 wanita memiliki tinggi 165 cm dengan usia 35 tahun.Dalam penelitian itu, diajukan pertanyaan terbuka dalam survei online untuk memastikan kesukaannya dengan tinggi. Peneliti menyimpulkan, 14 persen pria tertarik dengan wanita yang lebih pendek. Dan ketika datang ke perempuan, sekitar 47 persen mangatakan ingin berkencan dengan pria yang lebih tinggi dari dirinya."Sebagai seorang perempuan, saya ingin meraa aman pada saat yang sama. Sesuatu hanya merasa aneh dengan berpikir melihat lebih ke bawah ke mata pria," ujar salah satu [...]

8 Peserta SMA Ikuti Teater Jawa

8 Peserta SMA Ikuti Teater Jawa

Delapan peserta dari kelompok SMA dan sederajat akan mengikuti "Festival Teater Jawa" 2014 yang diselenggarakan di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, di Solo, mulai Jumat (14/11) hingga Minggu (16/11). Panitia pelaksana Festival Teater Jawa 2014, Yogi di Solo, Selasa, mengatakan delapan peserta dari setingkat SMA tersebut terdiri dari lima asal Kota Solo, dua asal Kabupaten Karanganyar, dan satu dari Semarang, sedangkan satu lainya asal Solo hanya eksebisi. Menurut Yogi, festival teater jawa tahun ini yang ketiga dan peserta memang difokuskan setingkat anak-anak muda, karena mereka sudah mulai mengalami pergeseran meninggalkan Bahasa Jawa. Oleh karena itu, kata Yogi dengan adanya Festival Teater Jawa tersebut diharapkan dapat kembali memberikan motivasi terutama kalangan anak muda untuk bisa berbahasa Jawa yang baik, sehingga dampaknya akan terlihat terhadap tingkah laku mereka untuk menjaga sopan santun. Yoga menjelaskan, festival tersebut diselenggarakan berkat dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta akibat semakin menipisnya anak-anak sekarang yang menggunakan Bahasa Jawa. Pada penyelenggaraan festival teater jawa tersebut, kata dia, setiap harinya [...]

Studi: Ciuman Saat Natal Menyehatkan

Studi: Ciuman Saat Natal Menyehatkan

Jika sebelumnya ilmuwan Belanda menyebutkan kalau ciuman bisa menjadi sumber penyakit karena bisa mentransfer 80 juta bakteri yang menyebabkan penyakit. Seorang ahli mikrobiologi justru berpikir sebaliknya.Seperti diberitakan Chicagotribune, Rabu (24/12/2014) kontroversi penelitian Belanda membuat para ahli ingin angkat bicara. Jelang natal seperti sekarang ini, ahli mikrobiologi Remco Kort justru mengatakan berciuman bisa meningkatkan daya tahan tubuh."Ketika berciuman, sebenarnya ada indikasi bahwa hal ini sebenarnya baik untuk kesehatan. Karena dengan mentrasfer bakteri, maka akan lebih banyak spesies yang memberikan perlawanan terhadap invasi organisme mikro penyebab penyakit," katanya.Remco menambahkan, mikro-organisme dalam tubuh sebenarnya sangat penting untuk mencernamakanan dan mencegah penyakit sehingga ciuman merupakan bakteri sehat. [...]

Sering Nyeri Payudara? Mungkin Ini Sebabnya

Sering Nyeri Payudara? Mungkin Ini Sebabnya

Jangan terlalu khawatir bila Anda-wanita sering merasa nyeri payudara. Bila nyeri tidak disertai benjolan, belum tentu kanker payudara. Namun beberapa alasan nyeri bisa terjadi. Seperti dikutip Healthmeup, Senin (10/11/2014), berikut ini kami rangkum beberapa alasan mengapa payudara terasa nyeri: 1. Perubahan hormonAlasan paling umum nyeri payudara adalah perubahan hormon. Coba deh cek kapan Anda biasanya menstruasi. Selain itu, nyeri payudara juga sering dikaitkan dengan kehamilan dan menopause. Sebelum atau selama menstruasi, biasanya wanita mengalami penurunan kadar estrogen yang menyebabkan nyeri payudara. Begitu juga saat menjelang menopause, estrogen yang rendah menyebabkan nyeri payudara, dan ini diperburuk jika Anda stres, karena stres menyebabkan penurunan lebih lanjut tingkat estrogen Anda. 2. Konsumsi obatPenggunaan alat kontrasepsi KB dan hormon, juga dapat menyebabkan nyeri payudara karena secara tidak langsung mempengaruhi kadar hormon Anda. Pil KB mengandung berbagai jumlah estrogen dan progesteron, yang mempengaruhi tingkat hormon alami tubuh Anda dan dengan demikian dapat mengakibatkan nyeri payudara. Antidepresan tertentu dan obat-obatan psikiatris lainnya [...]

Obati Jerawat dan Bekas Lukanya Pakai Perasan Jeruk Lemon

Obati Jerawat dan Bekas Lukanya Pakai Perasan Jeruk Lemon

Jerawat dan bekasnya bisa menjadi mimpi buruk bagi siapa saja. Bayangkan Anda terjebak dengan jerawat yang membuat Anda malu bertemu orang karena takut diejek.Jerawat dalam waktu tertentu memang akan menghilang, tapi belum tentu dengan bekas lukanya. Banyak orang yang sudah mencoba berbagai solusi tapi tak satupun yang berhasil. Anda bisa mencoba cara alami dengan mengoleskan perasan jeruk lemon di bekas jerawat Anda.Seperti dikutip Boldsky, Rabu (12/2/2014), bekas luka terjadi sebagai hasil dari kekurangan Vitamin C di dalam tubuh Anda. Anda bisa menggunakan sesuatu yang kaya Vitamin C untuk menyembuhkan bekas luka Anda.Cobalah perasan jeruk lemon sebagai solusi sempurna untuk jerawat dan bekas luka Anda. Tentu saja, Anda perlu menggunakannya secara teratur agar mendapatkan hasil yang terbaik.Kenapa Perasan Jeruk Lemon?Jeruk memiliki sifat disinfektan alami yang mempengaruhi infeksi di kulit. Asam alami dari perasan jeruk lemon menghancurkan jerawat yang berbahaya dan bakteri yang menyebabkan jerawat. Anda akan menemukan sifat asam dalam perasan lemon yang bertanggung jawab dalam membersihkan pori-pori, dan membuat kulit Anda bersih dari segala macam infeksi. Bahan utama dari asam [...]

5 Cara Kirim Pesan yang Rusak Kesehatan Anda

5 Cara Kirim Pesan yang Rusak Kesehatan Anda

Pernahkah Anda mendengar `text neck` atau suatu kondisi yang disebabkan oleh keseringan menunduk kirim pesan seperti chatting, sms-an, atau email dengan smartphone? Tekanan membungkuk pada bagian menyebabkan efek samping pada leher yang mencakup otot tegang, saraf terjepit, dan herniated disc atau keadaan bantalan (disc) yang berada diantara tulang vertebra keluar dari tempat normalnya. Dokter khawatir hal ini tidak dapat diperbaiki kembali dan menyebabkan distorsi pada leher. Mengirim pesan dapat membantu dalam mempermudah hubungan dan segala rencana, tetapi jangan lupa kirim pesan juga bisa membebani punggung, mengubah otak remaja, merusak hubungan romantis, merusak mata, dan memperpendek harapan hidup Anda. Panik? Berikut ulasan seperti yang dilansir dari Bustle.com, Senin (24/11/2014): 1. Cedera Punggung Leher bukan satu-satunya bagian tubuh yang mengalami ketegangan akibat posisi menunduk dan bungkuk saat menatap smartphone. Masalah yang ditimbulkan bisa seperti postur tubuh menjadi buruk, serta menyebabkan berbagai penyakit seperti sakit kepala, depresi, sembelit, dan bahkan penyakit jantung. Bagaiman menghindari hal ini? Dengan mengubah posisi menjadi tegak dan tegap [...]

Obesitas Bukan Lagi Tanda Kemakmuran, Tapi Tanda Bahaya

Obesitas Bukan Lagi Tanda Kemakmuran, Tapi Tanda Bahaya

Tak ada alasan lagi untuk segera mengupayakan agar berat badan Anda ideal sesuai Indeks Massa Tubuh. Ini karena Obesitas memiliki dampak buruk yang sangat membahayakan kesehatan Anda. "Hampir seluruh bagian tubuh kena dampak obesitas," terang dokter anak sekaligus pakar nutrisi Nataniel Viuniski di sela acara Simposium Herbalife Nutrition Day di Senayan City, Jakarta pada Selasa (28/10/2014). Menurut dokter Nataniel, aneka penyakit akan timbul karena obesitas seperti gangguan jantung, hipertensi, stroke hingga diabetes melitus. Tak berhenti di situ ada juga asma, batu ginjal dan infeksi empedu. "Salah satu risiko kegemukan yang membahayakan adalah perlemakan di hati. Keadaan ini akan membuat orang nantinya harus menjalani transplantasi hati," ungkap dokter yang juga Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife ini. Selain itu, kegemukan hadirkan gangguan tidur atau sleep apnea. Kondisi ini akan membuat seseorang dalam satu kali tidur bisa 400 kali terbangun. Ketika terbangun saat tidur, ini akan membuat tubuh menjadi jauh lebih lelah dibandingkan kondisi saat sebelum tidur, ungkapnya. "Kurang tidur akan menyebabkan produktivitas baik di tempat kerja atau sekolah terganggu. Selain itu, ba [...]

Para Pemenang Anugerah Jurnalistik Aqua

Para Pemenang Anugerah Jurnalistik Aqua

Sebagai bentuk apresiasi terhadap insan media dan masyarakat penggiat media sosial melalui satu karya yang mampu menginspirasi masyarakat Indonesia akan pentingnya air dalam kehidupan, AQUA Grup mengadakan ajang kompetisi bernama Anugerah Jurnalistik AQUA (AJA) yang pada 2014 telah memasuki tahun ke-4.AJA IV yang dimulai sejak Maret hingga Agustus 2014, berhasil mengumpulkan 1.238 karya yang terdiri atas; 439 karya tulis jurnalistik, 220 karya tulis umum, 298 karya foto jurnalistik, 203 karya foto umum, dan 50 liputan televisi. "Jumlah peserta dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Ini menandakan bahwa trendnya mengalami kenaikan," kata salah seorang juri yang juga Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Eko Maryadi di Erasmus Huis, Jl. H.R Rasuna Said Kav, S-3 Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (23/10/2014)Setelah melalui penjurian yang dilakukan oleh 7 orang pakar pada bidang masing-masing pada Agustus hingga September 2014, didapatlah 15 pememang yang berhak atas sejumlah hadiah.Di bawah ini daftar 15 pemenang Anugerah Jurnalistik AQUA IV;A. Kategori Karya Foto Jurnalistik dan UmumJurnalistik1. Fransiskus Parulin Simbolon dengan judul foto Air Bersih2. Sofyan Efendi dengan j [...]

Kenapa Philip Seymour Hoffman Kambuh Lagi Usai Jauhi Narkoba?

Kenapa Philip Seymour Hoffman Kambuh Lagi Usai Jauhi Narkoba?

Aktor berbakat Philip Seymour Hoffman meninggal di usia 46 tahun usai overdosis. Padahal, ia sudah berhenti dari kebiasaannya yang menggunakan obat-obatan terlarang selama bertahun-tahun. Namun, Hoffman kambuh lagi hingga akhirnya nyawanya tak tertolong.Ini merupakan fakta yang menyedihkan dari kecanduan karena orang bisa kambuh setelah bertahun-tahun sadar. Bahkan, seperti Hoffman, yang lebih dari satu dekade menjauhi narkoba. Lantas mengapa orang yang sudah mengenal narkoba begitu mudah kambuh lagi bahkan setelah berhenti dalam beberapa dekade?Ahli Addiction mengatakan, tak ada caranya mengetahui siapa yang akan kambuh dan tidak.Menurut National Institute on Drug Abuse, 40 sampai 60 persen pecandu narkoba yang pulih akhirnya kambuh lagi. Ini mungkin karena sifat kronis dari kecanduan."Tidak ada alasan ilmiah mengapa seseorang dalam pemulihan jangka panjang (mulai menggunakan) lagi dan orang lain tidak," kata Wakil Direktur Klinis di CRC Health Group, penyedia layanan pengobatan kecanduan, Dr Deni Carise seperti dikutip Dailynews, Selasa (4/2/2014).Sementara itu, asisten kepala dari unit psikiatri di Zucker Hillside Hospital di Queens Dr Scott Krakower menjelaskan, kecanduan meru [...]

Memperbaiki Kelemahan Itu Hanya Buang Waktu Saja

Memperbaiki Kelemahan Itu Hanya Buang Waktu Saja

Kebanyakan manusia bukan fokus pada potensi dirinya melainkan memperbaiki kelemahannya. Inilah yang membuang-buang waktu. Padahal, sukses bisa diperoleh apabila seseorang mengembangkan potensinya secara maksimal."Sifat nggak bisa berubah. Kalau diperbaiki agak susah. Tapi kita sebagai manusia cenderung memperbaiki kelemahan. Nggak bisa itu, harusnya potensi yang diasah. Karena kita tak punya waktu," ujar Penemu Talents Mapping, Rama Royani, di Kantor Redaksi Liputan6.com, dan ditulis Rabu (7/5/2014). Kelemahan, menurut Abah Rama harus disiasati. Misalnya kita bukan tipe orang yang teliti, ya bergabunglah dengan orang yang teliti untuk mengisi kelemahan kita.Orang sering menganggap bakat itu sudah ada sejak lahir. Namun, apabila tak diasah maka potensi di dalam diri tak akan menonjol. Karena itu, untuk mengembangkan bakat tersebut setiap orang bisa mengasahnya."Nggak mungkin Tuhan kasih kita, bakat langsung tajam. Potensi yang Tuhan kasih ke kita masih tumpul," kata pria yang akrab disapa Abah Rama. Abah Rama mengatakan, ada beberapa konsep yang menjelaskan potensi. Ada yang menyebutkan bakat dan potensi itu sudah ada 60 hari sebelum lahir hingga belasan tahun. Karena itu perlu me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *