Stok Menipis, Harga Darah Naik Rp 360 Ribu Per Kantung

darah.jpg

Ketersediaan stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD-PMI) cabang Sulawesi Tengah (Sulteng) kian menipis, Selasa (12/8/2014). Bahkan harga darah sudah mengalami kenaikan dari Rp 250 ribu ke Rp 360 ribu per kantung isi 350 cc.

Kepala Laboratorium UDD-PMI cabang Sulteng, Kamaria menerangkan, saat ini pihaknya hanya mempunyai 88 stok kantung darah, yang terdiri dari golongan darah A sebanyak 36 kantung, darah B delapan kantung, darah O 41 kantung, dan golongan darah AB tiga kantung.

“Jumlah ini terbilang memang sedikit, apa lagi kalau permintaan pasien itu lebih dari satu kantung. Karena biasanya satu pasien bisa sampai empat sampai lima kantung sekali mengajukan permintaan kepada kami,” terang dia kepada Liputan6.com di Palu.

Dia menyebutkan, kurangnya ketersedian stok darah karena masih minimnya pendonor apa lagi bertepatan usai Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1435 Hijriah, sementara permintaan darah dari pasien di sejumlah rumah sakit terus mengalami peningkatan tiap harinya.

“Sehari 30 hingga 40 kantung darah kami keluarkan untuk pasien. Jumlah itu untuk semua jenis darah dan yang paling mendominasi dari permintaan pasien itu golongan darah A dan O. Wajar kalau stok berkurang,” terang dia kepada Liputan6.com saat ditemui di ruang kerjanya.

Kendati ketersedian darah sangat kurang, pihak UDD-PMI cabang Sulteng, terus berupaya untuk mendapatkan pendonor agar bisa meyeimbangkan tingginya permintaan pasien dengan ketersedian stok yang dimikili. Salah satu upaya itu, dengan menyurat ke sejumlah instansi pemerintahan maupun swasta hingga ke TNI-Polri yang ada di daerah itu.

“Semua instansi disurati. Jika sudah ada yang siap, kami tinggal mendatangi untuk melakukan pendonoran. Kami yakin kurangnya stok ini tidak akan berlangsung lama, karena pasti dalam beberapa hari kedepan kami akan mendapat banyak pendonor. Dan kami menarget kedepan bisa mendapatkan 900 kantung per bulan,” ungkap Kamaria.

Ditanya soal kenaikan harga per kantung darah, Kamaria tidak membantah. Ia mengakui, kenaikan itu sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada tanggal 1 Juni 2014 lalu.

“Kebijakan itu berlaku untuk semua UDD-PMI seluruh Indonesia. Dan kami juga sudah menerapkan, hanya saja baru untuk pasien BPJS yang membayar Rp 360 ribu per kantung, sementara untuk pasien umum masih di harga nolmal Rp 250 per kantung. Tapi dalam waktu dekat harga darah untuk pasien umum juga pasti akan naik, karena kami tinggal menunggu surat persetujuan dari Gubernur Sulteng, saja,” imbuhnya. (M Taufan SP Bustan)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Katarak Amy Sembuh Tanpa Operasi Berkat Past Life Regression

Katarak Amy Sembuh Tanpa Operasi Berkat Past Life Regression

Kehidupan masa lampau (past life) bukanlah satu-satunya cara untuk menyembuhkan gangguan atau persoalan yang sulit diselesaikan di zaman kini. "Kalau penyebab gangguan masa kininya hanya masa lampau saat dia masih bayi atau di kandungan ibunya sudah selesai, ya selesai masalahnya. Paling kalau ada kaitannya dengan masa lampau sebelum kehidupan, akan dicari apakah terkait dengan masa kini," ujar Hipnoterapis klinis, Heri Siswanto MM, CHt. Salah satu contoh kehidupan masa lampau yang pernah dialami seseorang adalah yang dialami oleh Amy Weiss, putri dari pakar past life regression dari Amerika, Dr. Brian Weiss. Setahun lalu, dokter mendiagnosa pekerja sosial ini menderita katarak yang bakal membuat buta total. Karena heran dengan penyakit yang harusnya menimpa orang yang sudah lanjut usia dan menimpa dia yang masih usia 26 tahun, ayahnya dimintanya meregresi dirinya. Saat sudah masuk sesi hipnoterapi atau sesi regresi ke masa lampau (past life) Amy melihat dirinya sebagai sosok pria tua dengan rambut putih panjang dan hidup di zaman pertengahan. "Dia hidup sendiri di sebuah gubuk di hutam dan jauh dari desa dan orang-orang. Pada dasarnya saya adalah seorang pertapa. Namun, rupan [...]

Calon Jamaah Haji atau Umrah Tidak Harus Vaksin Influenza

Calon Jamaah Haji atau Umrah Tidak Harus Vaksin Influenza

Saat akan divaksin meningitis, biasanya petugas kesehatan akan menawari calon jamaah haji atau umrah untuk sekaligus disuntik vaksin influenza. Sebenarnya, perlukah vaksin influenza diberikan?"Tidak ada anjuran resmi untuk itu. Tapi, jika dilakukan tidak masalah. Itu kan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh si calon jamaah itu," kata Kepala Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP (M), DTM&H, MARS di Ruang Audiotorium Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Utara, ditulis Kamis (8/5/2014).Mengingat saat ini tengah merebak virus MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus), tidak ada salahnya bagi para calon jamaah mendapatkan vaksin influenza. Apalagi, virus berjenis RNA itu menyerang sistem kekebalan tubuh.Sebenarnya, tambah dia, kewajiban untuk mendapatkan vaksin itu diberlakukan saat wabah flu H1N1 merajalela beberapa tahun silam. Padahal, tidak diketahui juga apakah vaksin itu benar-benar dapat mencegah serangan infeksi flu H1N1 atau tidak. Terpenting, sistem kekebalan tubuh terjaga, dan risiko untuk menular pun berkurang.Lebih lanjut Tjandra Yoga menjelaskan, virus ini paling mudah menyerang orang berusia [...]

Vaksin Kanker Payudara Mulai Masuk Tahap Uji Klinis

Vaksin Kanker Payudara Mulai Masuk Tahap Uji Klinis

Selangkah lagi, penyakit yang paling banyak hinggap pada wanita usia produktif akan segera tertangani. Pasalnya, vaksin kanker payudara saat ini tengah memasuki tahap uji klinis. Seperti dikutip laman Foxnews, Selasa (2/12/2014) hasil dari uji klinis awal menunjukkan bahwa vaksin kanker payudara saat ini masih diuji di Washington University School of Medicine di St Louis pada pasien dengan kanker payudara metastatik.Menurut ilmuwan, keberhasilan penemuan vaksin ini akan dipublikasikan dalam Clinical Cancer Research dan diumumkan dalam siaran pers tidak lama lagi.Peneliti mengatakan, vaksin kanker payudara ini dikembangkan untuk menargetkan mammaglobin-A, protein yang ditemukan di jaringan payudara. Nantinya, cara kerja vaksin ini semacam sel darah putih yang akan meningkatkan sistem kekebalan adaptif tubuh, dan menghancurkan sel-sel dengan mammaglobin-A."Mampu menargetkan mammaglobin ini menarik karena protein ini 80 persen ada di jaringan kanker payudara. Jika ini berhasil, kita berarti telah mengobati sebagian besar pasien kanker payudara dengan efek samping yang lebih sedikit," kata penulis studi senior dan ahli bedah kanker payudara, William E. Gillanders.Para peneliti juga m [...]

Perbandingan Gaji Dokter Seluruh Dunia dan Indonesia

Perbandingan Gaji Dokter Seluruh Dunia dan Indonesia

Di negara maju seperti Amerika Serikat, menjadi dokter bukan hanya kebanggaan tapi juga profesi yang menjanjikan. Tak heran bila disana, dokter justru menjadi salah satu profesi yang memiliki gaji tertinggi. Melihat sekolah kedokteran begitu mahal dan sistem kerja mereka yang menolong setiap keluarga, dokter kerap dianggap mulia namun jarang dihargai. Penasaran dengan imbalan para dokter, Liputan6.com membandingkan gaji dokter di seluruh dunia dengan Indonesia seperti dikutip Healthcare-salaries, Kamis (16/10/2014) berikut ini:1. ASTernyata dokter-dokter di Amerika memiliki gaji paling tinggi diantara negara lain di dunia. Rata-rata gaji untuk dokter umum saja mencapai 186.044 dolar atau sekitar Rp 2,2 (kurs: Rp 12 ribu) miliar per tahun. Sedangkan untuk gaji spesialis 339.738 dolar atau sekitar Rp 4,1 miliar per tahun. Total gaji ini juga bisa lebih tinggi apabila dokter berpraktek di RS Swasta.2. InggrisDi Inggris, gaji rata-rata dokter keluarga 75.500 pound sterling atau sekitar Rp 1,4 miliar per tahun. Yang menarik, selain gaji dihitung per jam pada umumnya, gaji juga dihitung berdasarkan usia. Semakin tua seorang dokter misalnya 40-50 tahun upahnya bisa mencapai Rp 1 triliun [...]

Top 5 Health: Ukuran Payudara yang Disukai Pria Bikin Penasaran

Top 5 Health: Ukuran Payudara yang Disukai Pria Bikin Penasaran

Mungkin kita sering dengar, para wanita sangat mempermasalahkan ukuran payudaranya dan datang ke tempat operasi plastik. Ada yang bilang terlalu besar, terlalu kecil hingga bentuk puting yang tidak sesuai. Artikel ini ternyata menarik pembaca setia Liputan6.com edisi Jumat (14/11/2014). Selain itu, simak juga artikel lainnya yang kami rangkum berikut ini: 1. Ini Dia Ukuran Payudara Wanita yang Disukai Para Pria Memang seperti apa ya ukuran ideal payudara yang disukai kaum Adam? Simak artikel menarik mengenai ulasan penelitian yang melibatkan ribuan orang, termasuk dokter bedah plastik. 2. 5 Kalimat Penolong si Pengidap Gangguan Kecemasan Untuk beberapa orang tidak mengidap gangguan kecemasan, mungkin akan sangat sulit untuk membayangkan dirinya jika berada di posisi si pengidap.Jadi, kalimat apa yang kalian ucapan bagi orang yang disayang ketika mereka mengalami stres luar biasa? Bagaimana cara Anda membantu mereka merasa lebih baik? 3. 4 Hal yang Harus Dilakukan Pria dalam Tradisi Jawa Menurut budaya Jawa, perempuan memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat menentukan atas kualitas anak yang akan dilahirkannya. Lantas apa yang harus dilakukan para pria dalam tradisi jaw [...]

5 Kebiasaan Pemicu Depresi, Hindarilah

5 Kebiasaan Pemicu Depresi, Hindarilah

Siapa yang ingin terkena depresi? Tentu tak ada. Depresi bisa merusak hidup seseorang mulai dari kehilangan konsentrasi, kebahagiaan hingga lunturnya semangat hidup. Akibatnya apa pun yang dilakukan dalam hidup sehari-hari jadi tak menyenangkan. Depresi bisa terjadi karena banyak hal. Seperti dikutip dari life span (1/7/2014), kebiasaan berikut mampu memicu hadirnya depresi dalam diri seseorang. 1. Kurang BerolahragaBerolahraga sangat penting untuk menjaga tubuh serta pikiran. Hanya bekerja atau tinggal seharian di rumah tentu membosankan. Padahal dengan berolahraga merangsang hormon serotonin dan dopamin yang membuat bahagia. Olahraga 40 menit per hari dapat membantu Anda lebih aktif dan semangat. 2. Diet Tak SehatDiet tak sehat membuat tak hanya mengganggu sistem kerja tubuh juga pikiran Anda. Lemak, acapkali jadi makanan yang dihindari pelaku diet. Padahal dalam lematk terdapat omega-3 yang penting untuk jaringan otak yang sehat. Jika kekurangan nutrisi ini depresi rentan terjadi. Lebih baik, atur pola diet dengan cara sehat. Cara makan sehat membuat pikiran pun sehat. 3. Kurang TidurJika Anda sering tidak cukup tidur menciptakan situasi yang ideal untuk depresi. Kondisi [...]

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentimun

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Mentimun

Kini, beberapa orang mulai mempertanyakan bagaimana cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami. Seperti yang dilansir dari a.scarsoff.com, Rabu (5/11/2014), terdapat fakta bahwa tidak ada bahan alami yang benar-benar bisa menghilangkan bekas luka. Bahan-bahan alami hanya bisa berguna untuk memudarkan bekas luka sehingga penampilan terlihat lebih baik. Jadi sebelum menjadi kebingungan memikirkan bagaimana cara menghilangkan bekas luka, sebaiknya kita perlu memeriksa bahan masakan di dapur apa yang bisa dijadikan obat alami penghilang bekas luka. Mentimun bisa menjadi salah satu bahan alami yang bagus untuk menghilangkan bekas luka. Hal ini disebabkan oleh mentimun yang tidak memiliki kandungan asam sehingga bisa meminimalisir terjadinya iritasi yang timbul pada kulit. Mentimun dapat ditempelkan pada bekas luka tanpa adanya batasan waktu dan tidak memperburuk kondisi bekas luka tersebut. Menghilangkan bekas luka dengan mentimun pun sangat mudah dan murah. Mentimun sangat mudah didapat ketika mengunjungi pasar atau pusat perbelanjaan. Harga mentimun cukup murah sekitar Rp 3rb per kilo-nya. Seperti yang dilansir dari wikihow.com, Rabu (5/11/2014), langkah awal menghilangkan b [...]

Metode Bungkus Badan dengan Plastik Kecilkan Pinggul Para Cewek

Metode Bungkus Badan dengan Plastik Kecilkan Pinggul Para Cewek

Sejumlah wanita kini tak ingin berlama-lama diet demi tubuh yang langsing. Salah satu yang dipilih adalah teknik membungkus tubuh dengan plastik jenis film selama satu jam.Perawatan cara membungkus tubuh dengan plastik tersebut diklaim bisa memangkas atau melelehkan lemak hingga enam inci, mulai dari bawah, pinggul dan perut hanya dalam waktu satu jam.Itulah yang dilakukan Kathryn. Ia rela membayar 55 Poundsterling atau Rp 1 juta untuk membungkus tubuhnya selama satu jam. Awalnya ia memiliki ukuran besar yakni 12 usai terlalu banyak makan di Natal. Kini dengan perawatan Shrinking Violet ukuran pinggulnya sudah turun lebih dari satu inchi."Sejak memiliki putra Mckenzie (6), saya mengalami yoyo dari ukuran 14 kembali ke 10 seperti ukuran sebelum punya bayi. Hari ini ukuran saya 12 setelah musim dingin," kata Kathryn seperti dikutip Dailymail, Senin (17/2/2014).Ia melakukan terapi Shrinking Violet dengan bantuan seorang terapis kecantikan Vicky Kerrigan. Awalnya, ia kaget dengan biaya yang cukup mahal. Namun, itu jauh lebih murah dibanding sedot lemak.Untuk perawatan kecantikan tersebut, kulit Kathryn diolesi minyak dengan bahan untuk pengelupasan kulit (Exfoliation). Kemudian, tubuhn [...]

Kondisi Anak Indonesia Memprihatinkan, FCTC Harus Diaksesi

Kondisi Anak Indonesia Memprihatinkan, FCTC Harus Diaksesi

Kondisi anak Indonesia dengan zat adiktif saat ini memang sangat memprihatinkan. Karena kondisi ini, pemerintah diminta untuk segera mengaksesi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC)Bayangkan saja, jumlah perokok anak setiap tahun terus mengalami peningkatan. Bahkan, dalam 10 terakhir ini peningkatan itu cukup drastis. "Pastinya saat ini ada 36,5 persen perokok remaja usia 13 sampai 15 tahun. Bahkan, di kelompok usia yang lebih muda, 10 sampai 15 tahun terjadi peningkatan hampir sekitar 75 persen," kata Direktur Eksekutif Lentera Anak Indonesia, Heri Chariansyah.Dalam konferensi pers `Urgensi FCTC untuk Perlindungan Anak' di Hotel Akmani, Jl. Wahid Hasyim, Jakarta, pada Senin (15/9/2014), Heri menjelaskan bahwa Indonesia memang perlu mengaksesi FCTC segera, karena tergolong darurat nasional yang berkaitan erat antara anak dengan zat adiktif perokok. "Kita bisa melihat bahwa anak-anak dengan mudah mendapatkan rokok di mana saja, kapan saja, dengan harga yang murah. Bahkan ada yang jual batangan. Maka itu, anak-anak dengan dengan mudah mendapatkan rokok tersebut," kata dia menambahkan.Tampaknya, alasan itu sudah cukup kuat agar pemeri [...]

Jamaah Haji, Jangan Saling Pinjam Peralatan Pribadi!

Jamaah Haji, Jangan Saling Pinjam Peralatan Pribadi!

Agar terhindar dari korona virus atau MERS, mantan dokter yang pernah bekerja di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Mulyadi Tedjapranata, MD FIAS menyarankan, para jamaah haji atau umrah untuk tidak meminjam peralatan pribadi pada jamaah lainnya. Mulai dari peralatan makan, mandi, dan lain-lainnya.Ini merupakan bentuk antisipasi, serta menjaga virus tidak masuk ke dalam tubuh. Memang, akan terkesan tidak sopan dan sombong. Tapi, mau bagaimana lagi? Semua itu demi kebaikan bersama."Minta maaf sama-Nya dalam hati saja. Kan tidak maksud seperti itu. Lagian, Dia juga tahu kok, apa yang kita perbuat ini demi suatu hal yang positif," kata Dr Mulyadi pada Health Liputan6.com, ditulis Jumat (16/5/2014)Bahkan, terang dia, keluarga sendiri yang ingin meminjam peralatan pribadi milik kita pun, sebisa mungkin untuk tidak menurutinya. Karena kita tidak pernah tahu, apakah keluarga sendiri benar-benar sehat, atau justru sebaliknya. Menurut pria yang juga spesialis infeksi pencernaan, membentengi diri sendiri adalah cara mudah agar terhindari dari virus berjenis RNA ini. Terlebih belum diketahui pasti, apakah penularannya dari unta ke manusia atau dari manusia ke manusia."CDC (Center for Diseas [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *