Stok Menipis, Harga Darah Naik Rp 360 Ribu Per Kantung

darah.jpg

Ketersediaan stok darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD-PMI) cabang Sulawesi Tengah (Sulteng) kian menipis, Selasa (12/8/2014). Bahkan harga darah sudah mengalami kenaikan dari Rp 250 ribu ke Rp 360 ribu per kantung isi 350 cc.

Kepala Laboratorium UDD-PMI cabang Sulteng, Kamaria menerangkan, saat ini pihaknya hanya mempunyai 88 stok kantung darah, yang terdiri dari golongan darah A sebanyak 36 kantung, darah B delapan kantung, darah O 41 kantung, dan golongan darah AB tiga kantung.

“Jumlah ini terbilang memang sedikit, apa lagi kalau permintaan pasien itu lebih dari satu kantung. Karena biasanya satu pasien bisa sampai empat sampai lima kantung sekali mengajukan permintaan kepada kami,” terang dia kepada Liputan6.com di Palu.

Dia menyebutkan, kurangnya ketersedian stok darah karena masih minimnya pendonor apa lagi bertepatan usai Bulan Ramadan dan Idul Fitri 1435 Hijriah, sementara permintaan darah dari pasien di sejumlah rumah sakit terus mengalami peningkatan tiap harinya.

“Sehari 30 hingga 40 kantung darah kami keluarkan untuk pasien. Jumlah itu untuk semua jenis darah dan yang paling mendominasi dari permintaan pasien itu golongan darah A dan O. Wajar kalau stok berkurang,” terang dia kepada Liputan6.com saat ditemui di ruang kerjanya.

Kendati ketersedian darah sangat kurang, pihak UDD-PMI cabang Sulteng, terus berupaya untuk mendapatkan pendonor agar bisa meyeimbangkan tingginya permintaan pasien dengan ketersedian stok yang dimikili. Salah satu upaya itu, dengan menyurat ke sejumlah instansi pemerintahan maupun swasta hingga ke TNI-Polri yang ada di daerah itu.

“Semua instansi disurati. Jika sudah ada yang siap, kami tinggal mendatangi untuk melakukan pendonoran. Kami yakin kurangnya stok ini tidak akan berlangsung lama, karena pasti dalam beberapa hari kedepan kami akan mendapat banyak pendonor. Dan kami menarget kedepan bisa mendapatkan 900 kantung per bulan,” ungkap Kamaria.

Ditanya soal kenaikan harga per kantung darah, Kamaria tidak membantah. Ia mengakui, kenaikan itu sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada tanggal 1 Juni 2014 lalu.

“Kebijakan itu berlaku untuk semua UDD-PMI seluruh Indonesia. Dan kami juga sudah menerapkan, hanya saja baru untuk pasien BPJS yang membayar Rp 360 ribu per kantung, sementara untuk pasien umum masih di harga nolmal Rp 250 per kantung. Tapi dalam waktu dekat harga darah untuk pasien umum juga pasti akan naik, karena kami tinggal menunggu surat persetujuan dari Gubernur Sulteng, saja,” imbuhnya. (M Taufan SP Bustan)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sakit Kepala Karena Bercinta, Waspadai Gangguan Kesehatan

Sakit Kepala Karena Bercinta, Waspadai Gangguan Kesehatan

Hubungan intim pasangan suami istri biasanya diakhiri dengan rasa bahagia. Tapi, waspadai jika Anda sakit kepala yang berhubungan dengan seks karena ini bisa menjadi tanda ada masalah di kesehatan Anda.Peneliti mengungkapkan, kebanyakan pria yang mengalami sakit kepala setelah menjalani malam yang bergairah. Jumlahnya bisa tiga sampai empat kali lebih banyak. Sementara sekitar satu persen orang yang mengalami sakit kepala selama dan setelah berhubungan seksual (Headaches Associated with Sexual Activity/HAS) dikenal dengan cephalalgia orgasmik, setidaknya sekali dalam seumur hidupnya. "Ini bisa menjadi tanda-tanda peringatan yang mengancam jiwa," kata Ahli Saraf dan Spesiali Sakit Kepala Dr Jose Biller seperti dilansir Mailonline, Kamis (12/6/2014). Dr Biller mengatakan sebenarnya jumlah orang yang mengalami sakit kepala usai bercinta itu lebih banyak tapi mereka memilih tak mengakuinya. "Kebanyakan orang yang mengalami sakit kepala selama aktivitas seksual terlalu malu untuk menyampaikan ke dokter dan dokter sering tak menanyakannya," kata Dr Biller. Sakit kepala karena seks biasanya disebabkan gangguan seperti migrain atau ketegangan, dan kebanyakan tak berbahaya. Namun, seba [...]

Pengungsi Korban Longsor Mulai Terserang Penyakit

Pengungsi Korban Longsor Mulai Terserang Penyakit

Sebagian pengungsi bencana tanah longsor Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mulai terserang penyakit. "Sejak dua hari terakhir, lebih dari 50 orang pengungsi memeriksakan kesehatannya di sini," kata petugas Posko Kesehatan, dr. Reza Rahardian di Desa Ambal, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Senin. Menurut dia, sebagian besar pengungsi itu mengeluhkan sakit flu, batuk, dan pusing-pusing. Bahkan, kata dia, banyak pengungsi berusia lanjut yang mengalami tekanan darah tinggi. Kendati mulai banyak pengungsi yang terserang penyakit, dia mengatakan bahwa persediaan obat-obatan di Posko Kesehatan masih mencukupi kebutuhan. "Pasokan obat selain dari Dinas Kesehatan, dari Puskesmas juga mengalir," kata dia yang berasal dari Pusat Kesehatan Umum (PKU) Muhammadiyah Temanggung. Salah seorang pengungsi, Badriah (45) mengaku demam dan pusing sejak Minggu (14/12) malam. "Namun sekarang sudah mulai membaik," kata dia yang kehilangan 12 orang keluarganya akibat longsor. Pengungsi lainnya, Toflani (60) mengaku sakit flu dan batuk sejak dua hari terakhir dan hingga sekarang belum sembuh meskipun telah minum obat dari dokter. "Mungkin karena capek dan banyak [...]

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat

Memiliki jerawat memang sungguh mengganggu. Cara-cara tradisional ataupun modern telah Anda lakukan. Tak jarang, meskipun jerawat sudah hilang, tetapi ternyata bekas jerawatnya masih sangat jelas terlihat di wajah Anda. Nah, berikut cara menghilangkan bekas jerawat seperti dilansir LetHow, Jumat (10/10/2014). 1. Air Bunga Mawar dan Kayu Cendana Seriut kayu cendana sehingga menjadi bubuk, lalu campurkan dengan air bunga mawar hingga menjadi cairan yang cukup kental. Setelah itu, oleskan pada bekas jerawat dan diamkan semalaman dan bilas saat pagi hari. 2. Minyak Zaitun Mudah saja menggunakannya. Anda tinggal mengoleskan sedikit minyak zaitun pada bekas bekas jerawat yang telah dibersihkan sebelumnya. Tunggu hingga 2 jam, lalu bersihkan dengan air. Ulangi terus proses ini. 3. Kentang Selain enak untuk dimakan, kentang juga ternyata berguna untuk menghilangkan bekas jerawat. Anda tinggal perlu untuk mengoleskan kentang mentah yang bersih ke bagian bekas jerawat. Selain dioleskan langsung, pengobatan ini juga dapat dilakukan menggunakan jus kentang. 4. Tepung Gram Tepung gram atau besan berguna untuk mengupas kulit mati dan mempercepat pertumbuhan kulit baru. Campurkan [...]

3 Obat Penggembos Nafsu si Predator Seks

3 Obat Penggembos Nafsu si Predator Seks

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan kerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam upaya penanganan para pedofilia di Indonesia. Mulai dari penanganan secara psikologis sampai mental bagi pelaku yang menjalani masa tahanan atau rehabilitasi masyarakat.Penjelasan ini disampaikan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr Nafsiah Mboi, Sp. A, MPH dalam diskusi bersama media dengan tema `Peran Media Menuju Indonesia Bebas Kejahatan Seksual Terhadap Anak` di Hotel Mandarin Oriental, Thamrin, Jakarta, ditulis Health Liputan6.com pada Selasa (8/7/2014)"Upaya preventif dan promotif terus dilakukan Kemenkes dengan jajarannya dan pihak terkait dalam menyelesaikan masalah ini," kata Menkes menerangkan.Menurut Menkes, ada dua cara penanganan dan pemulihan pedofilia di Indonesia. Yaitu, Farmakoterapi dan Psikoterapi. Farmakoterapi, kata Menkes, bertujuan untuk menurunkan gairah seks pedofilia dengan mengendalikan aktivitas dari hormon testosteronnya. "Kalau orang menyebutnya kebiri. Padahal bukan kebiri. Ini diberikan sebagai salah satu cara mengurangi gairah seks si pelaku," kata Menkes.Menkes juga mengatakan, ada tiga obat yang dapat diberikan pada pelaku kejahatan seksual ag [...]

Selain Ebola, Warga Amerika Diserang Enterovirus D68

Selain Ebola, Warga Amerika Diserang Enterovirus D68

Selain ebola, Warga Amerika juga tengah dilanda virus Enterovirus D68 (EV-D68). Meski tidak memakan banyak korban seperti ebola, tapi gejalanya sangat umum seperti pilek, bersin, batuk dan demam dan menyebabkan kematian.Virus yang sering muncul di musim panas ini biasanya menyerang warga AS setiap tahun dengan berbagai tipe. Tapi masalahnya, anak dan remajalah yang paling banyak terserang penyakit ini. Walaupun dewasa tidak menutup kemungkinan terkena virus ini bila kekebalan tubuhnya lemah.Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan, anak dengan penyakit bawaan seperti asma berisiko tinggi terkena Enterovirus D68.Dokter anak di Pusat Medis Mercy di Baltimore, Ashanti W. Woods, MD, mengatakan, virus ini muncul beberapa bulan terakhir dan merupakan ancaman serius karena menyebabkan gejala flu parah dan membuat anak kesulitan bernapas. Dalam beberapa kasus, virus ini juga mengakibatkan kelumpuhan dan kematian."Sama seperti pilek dan flu, EV-D68 ditularkan melalui cairan seperti air liur, lendir hidung, dan ludah. Ketika orang batuk atau bersin, partikel virus bisa masuk dan memicu infeksi." kata Ashanti, seperti dikutip Womenshealthmag, Rabu (15/10/2014)Agar terhin [...]

Korban Perkosaan Kok Dikawinkan dengan Pelaku Perkosaan!

Korban Perkosaan Kok Dikawinkan dengan Pelaku Perkosaan!

Proses pemeriksaan terhadap pelaku kasus asusila, pelecehan seksual, dan tindak perkosaan di Indonesia masih dinilai lambat. Bahkan ada kesan polisi hanya menjadi mediator, yang mendamaikan pelaku dan korban.Parahnya, ada yang mengatakan bahwa penyelesaian kasus seperti ini dengan cukup mengawinkan si korban dan pelaku."Banyak yang bilang cukup mengawinkan antara korban dan pelaku (di mana yang dimaksud adalah SS dan RW). Itu satu hal yang sangat picik," kata Ifa Kusuma selaku Kuasa Hukum dari RW, korban asusila penyair Sitok Srengenge kepada Health Liputan6.com ditulis Senin (10/2/2014)Menurut Ifa, bagaimana mungkin korban disuruh hidup dengan pelaku, yang jelas-jelas sudah merusak hidupnya serta menambah beban korban selama hidupnya. Apalagi bila korban sampai hamil, dan melahirkan. "Secara psikis tentu memberatkan si korban. Korban sudah mendapatkan beban mental, mendapatkan diskriminasi dari orang-orang sekitar, eh, malah disuruh hidup sama pelaku. Ini yang harus diluruskan," kata Ifa menambahkan.Maka itu, selaku kuasa hukum RW, Irfa meminta kepada pihak kepolisian untuk mengubah undang-undang yang ada. Pasalnya, meski sudah banyak saksi dan alat bukti yang diperiksa oleh pihak [...]

Cuci Riasan Mata Sebelum Tidur Agar Mata Tak Infeksi

Cuci Riasan Mata Sebelum Tidur Agar Mata Tak Infeksi

Riasan mata memang makin diminati kaum Hawa. Karena selain dapat menambah kecantikan, kosmetik mata juga bisa menyempurnakan warna mata serta menarik perhatian. Untuk menjaga mata tetap sehat dengan riasan mata, Direktur Medis Shinagawa LASIK & Eye Centre dari Singapura, Dr. Lee Sao Bing menyampaikan tips berikut: 1. Gunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan "Banyak wanita peduli terhadap kebutuhan untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari. Namun. beberapa tidak menyadari bahwa terpapar sinar matahari dan sinar UV yang berkepanjangan juga dapat meningkatkan risiko terserang katarak dan penyakit mata lainnya. Jadi, jangan mengabaikan pentingnya menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan, dan selalu pilih lensa kacamata yang dapat menangkal sinar UVA dan UVB," tulis Dr. Lee pada surat elektronik yang dikirimkan ke Liputan6.com, Selasa (22/4/2014) 2. Hapus riasan mata sebelum tidur Hapus riasan mata dan cuci wajah sebelum tidur malam, karena banyak unsur dari riasan mata yang dapat menyebabkan iritasi jika digunakan terlalu lama. Kebiasaan ini juga dapat memelihara kesehatan kulit di sekitar mata. 3. Lepas lensa kontak sebelum tidur Ikuti [...]

Psikolog Atlet Harusnya Dekat dengan Atlet dan Bukan Pejabat

Psikolog Atlet Harusnya Dekat dengan Atlet dan Bukan Pejabat

Telah lama Pemerintah Indonesia mengikutsertakan psikolog pada ajaberbagai ng kejuaraan olahraga dunia. Bertujuan untuk meningkatkan perfoma atlet, psikolog diharapkan dekat dan bisa berbagi dengan para pejuang negeri. Sayangnya, tidak semua psikolog memiliki visi dan misi yang sama sehingga tak jarang dari mereka justru malah menemani pejabat bukan dengan atlet.Seperti disampaikan terapis sport massage yang telah ikut bersama Tim Nasional selama lebih dari 25 tahun, Sugiat. Menurutnya, peran psikolog sangat dibutuhkan oleh atlet sebelum atau setelah bertanding. Gunanya untuk memotivasi atau memberi dukungan secara psikis. Namun hampir semua psikolog yang dibawa, malah menjaga jarak dengan atlet."Biasanya psikolg wanita. Mereka merasa kedudukannya sama dengan dokter, sekolah tinggi tidak seperti saya. Sehingga ketika atlet butuh teman curhat mereka sering tidak ada. Psikolog itu maunya duduk bareng pejabat kalau di luar negeri, padahal tugasnya untuk mendekatkan diri dengan atlet," kata Sugiat saat ditemui di bilangan Sunter, Jakarta, Jumat (3/10/2014).Menurut Sugiat, kedekatan antara dirinya dan atlet terjaga karena sering bercanda saat melakukan sport massage. Tentu saja, ia meny [...]

Cara Widi B3 Atasi Batuk dan Suara Serak

Cara Widi B3 Atasi Batuk dan Suara Serak

Sebagai penyanyi yang merintis karir sejak kecil, Widi Mulia mengaku selalu paranoid bila mengalami batuk dan serak. Ia bahkan tak segan 'menodong' dokter untuk selalu memberikan antibiotik bila sedang sakit."Sebelum jadi ibu, kegiatan berobat sering saya lakukan, apalagi kalau batuk dan mulai serak besoknya mau nyanyi. Haduh nggak bisa ni, nanti nyanyinya jelek. Itu sering jadi alasan ke dokter bilang, 'saya harus sembuh dok', besok saya harus nyanyi, kalau suara ilang, nggak lucu. saya minta antibiotik," kata wanita yang tergabung dalam B3 ini pada wartawan, ditulis Senin (20/10/2014).Karena kebiasaannya tersebut, tidak heran bila ibu satu anak ini selalu membawa bekal antibiotik di tas. Dan, bukannya sembuh, Widi malah mengaku jadi sering sakit."Lucunya, bawa bekel antibiotik jadi sering sakit. Tapi alhamdulillah, mata saya terbuka bahwa antibiotik itu nggak menyelesaikan masalah. Karena sakit flu itu akibat virus hanya wait and see. Cukup istirahat dan minum yang banyak. Memang begitu, sakit sekian hari, abis itu sembuh," jelasnya.Menurut istri aktor Dwi Sasono ini, istirahat, minum banyak adalah cara yang tepat untuk membuat kondisinya pulih sebelum bernyanyi. "Kalau mau nyan [...]

Perempuan Lebih Sulit Tidur Dibanding Pria

Perempuan Lebih Sulit Tidur Dibanding Pria

Tidur pria dan perempuan ternyata berbeda. Perempuan membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan lebih merasa ngantuk. Mereka juga kurang tidur dan berisiko tinggi mengalami insomnia dibanding pria. Mengapa itu terjadi?Menurut Society for Women's Health Research (SWHR), pemahaman mengapa jenis kelamin memengaruhi perbedaan tidur masih dipelajari. Sebagian besar literatur medis tidur berfokus pada sleep apnea yang sering dialami pria.Direktur SWHR, Monica Mallampalli, Ph.D., MSc, menjelaskan, ketika membicarakan perempuan dan tidur, tak ada momentum di dalamnya."Perempuan dan laki-laki menggambarkan pengalaman mereka dengan gangguan tidur yang berbeda. Misalnya, dengan sleep apnea, pria melaporkan mendengkur, terengah-engah dan mengantuk. Sementara itu, wanita cenderung melaporkan kelelahan, insomnia dan depresi," kata Mallampalli. Menurut para pakar, perempuan yang kurang tidur di malam hari kemungkinan diasumsikan karena pramenstruasi atau menopause. "Perubahan hormonal tampaknya berperan besar pada gangguan tidur perempuan," kata Mallampalli.Ia mengatakan, perempuan berisiko tinggi mengalami insomnia ketika menstruasi dan selama menopause. Sementara, pada perempuan hamil yan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *