Strategi Cerdas Menghindari Bahaya Suntik Putih

strategi-cerdas-menghindari-bahaya-suntik-putih-alodokter.jpg

Di Indonesia, produk maupun perawatan yang menjanjikan hasil kulit putih pasti akan banyak diburu. Suntik putih adalah salah satu opsi yang kerap dipilih untuk mendapatkannya.

Metode pemutihan kulit yang dilakukan adalah dengan menyuntikkan cairan khusus ke pembuluh darah Anda. Mengingat cara kerjanya yang memasukkan zat asing ke dalam tubuh, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya.

Menelaah Komposisi Cairan yang Digunakan untuk Suntik Putih

Cairan ini mengandung vitamin C dan kerap dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, seperti glutathione atau kolagen.

Vitamin C. Zat ini memiliki banyak manfaat, antara lain mencerahkan kulit dan kaya akan antioksidan untuk meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C bisa membantu agar kulit terlihat lebih muda serta menghilangkan bekas luka.

Glutathione. Zat ini sebenarnya diproduksi secara alami di dalam tubuh. Namun seiring pertambahan usia, produksi glutathione pada tubuh menurun. Keberadaannya pada tubuh bisa menghambat produksi melanin. Makin banyak melanin, maka makin gelap warna kulit Anda. Tidak hanya itu, glutathione juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kolagen. Pada cairan suntik putih, fungsi kolagen bukanlah untuk memutihkan, melainkan untuk menjaga kekenyalan wajah. Sama seperti glutathione, kolagen juga diproduksi oleh tubuh, namun jumlahnya bisa menurun seiring pertambahan usia. Akibatnya, elastisitas kulit menurun dan memunculkan jejak garis halus di wajah.

Penggunaan Dosis Terlalu Besar

Pada dasarnya ketiga zat yang dipakai untuk suntik putih memiliki manfaat tersendiri untuk kulit, apalagi dua di antaranya diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, dosis penggunaan yang terlalu besar akan menimbulkan berbagai masalah.

Dosis yang dipakai dalam satu ampul suntik putih (5 ml) sangat tinggi, yaitu sekitar 1000 hingga 1800 mg. Padahal tiap harinya, tubuh orang dewasa hanya memerlukan asupan vitamin C sebanyak 40 mg. Jadi, jika tiba-tiba ada asupan lebih dari 1000 mg dalam tubuh, bisa memberikan efek negatif seperti sakit kepala, sakit perut, mual, insomnia, diare, perut kembung, dan batu ginjal.

Penggunaan gluthatione dalam dosis tinggi, terutama melalui metode suntikan bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Kadar glutathione yang tinggi mungkin bisa mempunyai efek antioksidan, namun risiko terkena penyakit serius bisa saja terjadi jika penggunaan dosis tinggi ini dilakukan dalam jangka panjang.

Injeksi kolagen ke tubuh dalam jumlah besar, apalagi jika dilakukan dalam jangka panjang bisa saja berdampak panjang dan negatif pada tubuh. Hingga saat ini, penelitian mengenai efek jangka panjang injeksi kolagen ke dalam tubuh belum memadai.

Cara Aman Melakukan Suntik Putih

Jika Anda ingin mencerahkan kulit dengan suntik putih, lakukan dengan jalur yang aman. Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar mendapat kulit cerah sesuai impian melalui metode suntik putih:

  • Pilih dokter yang berkualitas. Ini faktor terpenting ketika Anda memutuskan untuk melakukan suntik putih. Hanya dokter profesional terlatih yang boleh melakukan suntik ini. Jadi hindari mempercayakan tubuh Anda disuntik oleh pekerja salon kecantikan yang kerap menyediakan paket suntik putih, terlebih dengan harga murah.
  • Tes kesehatan. Dokter yang berkualitas pasti akan mengecek riwayat kesehatan Anda sebelum melakukan tindakan medis apa pun. Jika Anda memiliki asam urat, penyakit ginjal, penyakit hati, atau penyakit kronis lainnya, dokter akan memperingatkan Anda tentang risiko yang bisa terjadi akibat penggunaan dosis vitamin C yang tinggi. Selain itu, tes kulit juga akan dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh Anda cocok dengan unsur yang akan digunakan. Setelahnya Anda diminta untuk menunggu sekitar sebulan untuk melihat apakah ada reaksi negatif pada kulit Anda.
  • Produk terdaftar di BPOM. Sebelumnya, Anda harus tanya secara detail mengenai produk yang akan dipakai. Tanyakan pada dokter apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM RI atau belum. Pastikan produk yang dipakai telah terdaftar di lembaga tersebut.

Dibandingkan metode pemutihan kulit lainnya, suntik putih memang bisa lebih cepat mencerahkan tubuh Anda. Namun, Anda juga tidak perlu tergesa-gesa atau berlebihan melakukannya, mengingat prosedurnya yang memasukkan zat khusus pada tubuh. Ikuti saja prosedur yang telah ditetapkan oleh dokter agar tidak menimbulkan efek negatif.

Jika Anda ingin memiliki kulit putih namun takut mencoba jalur ini, Anda bisa mencoba melakukannya dengan cara alami seperti menggunakan buah-buahan. Tapi dibutuhkan kesabaran untuk mencapai hasil yang maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Posisi Tidur Mana yang Terbaik?

Posisi Tidur Mana yang Terbaik?

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Terkadang muncul pertanyaan bagaimanakah posisi yang baik dan benar saat tidur. Posisi tidur yang salah ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan. Karena sulit dipungkiri juga, ternyata posisi tidur juga mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa posisi tidur dan hubungannya dengan manfaat ataupun dampak kesehatan ke tubuh Anda. 1. Tidur Miring Ini merupakan posisi tidur yang paling umum. Sekitar 57% manusia memulai tidur dengan posisi ini. Tidur miring merupakan posisi yang ideal bagi mereka yang menderita refluks asam lambung (gastroesophageal reflux disease/GERD) atau nyeri punggung. Bagi yang suka mendengkur posisi ini dapat mengurangi suara dengkuran. Bagi ibu hamil, posisi tidur terbaik adalah miring ke kiri untuk meningkatkan aliran darah ke uterus. Namun, tidur dengan posisi miring akan meningkatkan tekanan pada bagian paha dan pundak sehingga dapat menyebabkan nyeri pada leher. 2. Tengkurap Posisi tidur seperti ini sering kali menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti nyeri punggung dan leher. Selain itu, posisi ini ju [...]

6 Trik Agar Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

6 Trik Agar Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

Liburan panjang akhirnya selesai, Anda pun harus kembali melakukan kegiatan seperti normal. Tetapi rasa lelah dan tak bersemangat seringkali menghampiri. Seperti yang dikutip dari healthtrick, berikut ini beberapa cara yang buat Anda bersemangat kembali ke kantor seusai liburan panjang.1. Rencanakan Acara dengan TemanKetimbang mengeluh karena harus kembali melakukan aktivitas normal, lebih baik buat acara menyenangkan bersama teman setelah jam kantor. Misalnya dengan mencoba kafe atau restoran baru. Adanya alasan itu, mungkin bisa membuat Anda jadi lebih senang menghadapi hari kerja.2. SarapanMelewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah di siang hari. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar Anda terhindar dari memakan cemilan saat menunggu waktu makan siang tiba.3. Hindari KafeinSaat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasitubuh dan meningka [...]

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Kolesterol yang selama ini seakan menjadi momok bagi kesehatan, sebenarnya terdiri atas beberapa susunan jenis yang memeliki kemampuan masing-masing. Salah satunya adalah kolesterol HDL yang biasa disebut sebagai kolesterol baik. Kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein ini, mempunyai peran dalam membersihkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dari darah ke organ hati untuk dilakukan proses lebih lanjut, sehingga mampu menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. Para peneliti Kaiser Permanente mengungkapkan hasil penelitian mereka pada 30,067 pasien diabetes tipe 2 berdasarkan kadar kolesterol HDL untuk melihat keterkaitan pasien dengan resiko serangan jantung atau stroke. Dari penelitian tersebut mereka menemukan bahwa setengah dari pasien memiliki kadar HDL yang rendah, dengan perbandingan dibawah 50 mg/dL untuk wanita dan dibawah 40 mg/dL untuk pria. Berdasarkan penelitian terbaru, agar mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke pada penderita diabetes tipe 2 , HDL sangat perlu ditingkatkan dengan kadar diatas 50 mg/dL. Hal ini sesuai dengan The National Cholesterol Education Program, a project of the National Hear [...]

Bersihkan Sisa Makanan Sebaik-baiknya

Bersihkan Sisa Makanan Sebaik-baiknya

Ranjau-ranjau berbahaya yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap di antaranya adalah sela-sela gigi dan lidah. Sisa makanan yang terjebak di sela gigi dan permukaan lidah lama kelamaan akan membusuk oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur, penyebab bau mulut. Sikat gigi saja tidak cukup! Bersihkan juga sela gigi dengan dental floss dan sikat permukaan lidah perlahan setelah sikat gigi, Anda akan terkejut menyadari perbedaannya. Jika kita teledor melewatkan satu kotoran di gigi maka paapran paling dekat adalah Gusi berdarah yang merupakan indikator utama peradangan gusi (gingivitis). Gingivitis terutama disebabkan kebersihan mulut buruk, adanya akumulasi plak di sekitar leher gigi karena kotoran gigi tidak dibersihkan dengan baik, dan karang gigi (dental calculus).Bila tidak dibersihkan, karang gigi dapat merusak jaringan pendukung gigi termasuk gusi dan tulang. Lama-lama gigi menjadi goyang. Segera kunjungi dokter gigi Anda untuk mendapatkan perawatan scaling (pembersihan karang gigi). [...]

4 Cara Menolong Korban Serangan Jantung

4 Cara Menolong Korban Serangan Jantung

Serangan jantung bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Jika Anda mencurigai atau melihat seseorang yang mengalami serangan jantung, tindakan cepat dapat menolong menyelamatkan nyawanya. Simak langkah-langkah pertolongan pertama ini.Dikutip dari BBC, serangan jantung merupakan kondisi dimana salah satu pembuluh arteri yang membawa darah tersumbat, biasanya hal ini disebabkan oleh gumpalan darah. Risiko utama dari kondisi ini akan membuat jantung berdetak tidak normal dan bahkan berhenti.American Heart Association (AHA) mencatat lebih dari 1 juta orang mengalami serangan jantung setiap tahun dan setengahnya meninggal karena serangan jantung tersebut. Oleh karena itu, penting bagi semua orang untuk mengetahui bagaimana cara menyelamatkan orang yang terkena serangan jantung, seperti yang dikutip dari Detikhealth.1. Dudukkan atau baringkan. Jika pria, buka ikat pinggang yang sedang ia kenakan, jika wanita buka bra miliknya agar ia bisa bernafas lebih lega.2. Berikan aspirin jika ia tidak punya alergi. Aspirin akan membantu mengencerkan darah yang menggumpal dan membantu darah tetap mengalir ke arteri. Mengunyah aspirin selama serangan jantung bisa menurunkan risiko kematian hing [...]

Polusi Asap Turunkan Kecerdasan Anak

Polusi Asap Turunkan Kecerdasan Anak

Selain membahayakan saluran pernapasan, ternyata polusi asap juga dapat memberikan pengaruh negatif terhadap kecerdasan otak. Suatu penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang terpapar oleh polusi udara di kota sejak dalam kandungan akan memiliki IQ yang lebih rendah daripada anak-anak yang kurang terpapar. Penelitian tersebut dilakukan oleh Dr. Frederica P.Perera, Direktur Columbia Center for Children?s Environmental Health, dkk dan telah diterbitkan oleh Journal of American Academy of Pediatrics pada bulan juli tahun 2009. Menurut hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa IQ anak usia 5 tahun di kota New-York yang telah terpapar oleh polusi udara yang tinggi akan Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) sejak dalam kandungan akan lebih rendah 4 poin daripada anak-anak yang kurang terpapar terhadap PAH. Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) PAH merupakan suatu zat kimia yang terdapat di dalam udara akibat proses pembakaran batu bara, diesel, oli, gas, dan benda-benda lain yang mengandung karbon seperti rokok. Di daerah perkotaan, PAH terutama dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Meskipun penurunan IQ yang terjadi hanya 4 poin, namun hal tersebut sudah cukup mempengaruhi kema [...]

Kenali Kelainan Seksual Parafilia untuk Melindungi Diri

Kenali Kelainan Seksual Parafilia untuk Melindungi Diri

Beberapa pengidap kelainan seksual tertentu tidak segan melakukan aksinya di tempat umum dan di tengah keramaian. Sebagian lain tidak terlihat dari luar sehingga bisa jadi tetangga atau teman dekat Anda sendiri. Kenali kecenderungan mereka untuk melindungi diri Anda. Parafilia adalah sekelompok gangguan dorongan dan perilaku seksual yang menyimpang dan muncul secara berulang kali. Disebut menyimpang karena hasrat dan perilaku ini umumnya melibatkan suatu bentuk aktivitas, orang lain, benda, ataupun situasi yang pada orang normal tidak merangsang secara seksual. Mengenali berbagai jenis kelainan seksual parafilia ini dapat membuat Anda lebih waspada, mampu mengantisipasi, dan barangkali membantu pengidapnya untuk sembuh. Berikut beberapa jenis kelainan seksual paraphilia yang umum terjadi di tengah masyarakat. Pedofilia Orang dengan pedofilia memiliki fantasi, ketertarikan, ataupun perilaku seksual menyimpang yang dilakukan terhadap anak kecil kurang lebih 13 tahun atau lebih muda. Perilaku ini meliputi mengajak anak untuk melihat si Pelaku melakukan masturbasi, mengajak anak untuk telanjang, menyentuh organ kelamin anak, atau bahkan melakukan aktivitas seksual kepada anak. Sebag [...]

Periksa Kuku Anda! Waspadai Jika Ada 8 Tanda Ini

Periksa Kuku Anda! Waspadai Jika Ada 8 Tanda Ini

Saat melakukan perawatan manikur/pedikur, memotong atau mewarnai kuku, sempatkanlah memperhatikan kondisi kuku Anda. Apakah ada perubahan warna, mudah patah atau permukaannya kasar? Kuku bisa menjadi indikator kondisi kesehatan Anda, apakah semuanya baik-baik saja atau ada gangguan fungsi organ. Anda patut waspada dan sebaiknya segera periksakan ke dokter apabila menemukan satu dari delapan tanda berikut ini pada kuku, seperti dikutip dari Times of India.1. Kuku CekungPermukaan kuku seperti melengkung ke dalam akibat penipisan. Ini biasa terjadi pada orang yang mengalami psoriasis, yaitu penyakit kulit yang menimbulkan ruam-ruam merah pada kulit. Bisa juga karena ada gangguan pada jaringan kulit dan tanda awal alopecia (kerontokan rambut).2. Kuku Menguning atau MenebalOrang yang memiliki kuku kuning, menebal dan rapuh biasanya karena mengalami infeksi jamur. Umumnya disebabkan karena gaya hidup yang tidak higienis atau membiarkan luka terlalu lama di kutikula kuku.3. Kuku PucatKuku yang sehat berwarna merona atau agak pink. Tapi jika kuku berwarna pucat, menandakan Anda mengalami anemia atau kurang darah. Tapi apabila kuku sangat pucat, sebaiknya periksa ke dokter karena bisa ju [...]

Peneliti IPB Tidak Mengetahui Merek Susu yang Diteliti

Peneliti IPB Tidak Mengetahui Merek Susu yang Diteliti

Penemuan bakteri E. sakazakii bermula ketika ketidaksengajaan DR. drh. Sri Estuningsih (50) pada saat fokus meneliti korelasi susu formula bubuk dan keadaan diare pada bayi. ?Awalnya saya tidak mencari mengenai E. sakazakii karena di Indonesia belum ada kasus. Saya lebih menyoroti Salmonella, Shigella, dan E. coli karena ada kejadian diare pada bayi, walaupun tidak mewabah. Ketika bayi diare dikatakan susu atau makanannya tidak cocok, saya pikir ada hubungannya dengan produk yang dikonsumsi. Produk yang berkaitan dengan bayi hanya ada dua, susu formula dan follow-on formula. Jadi mungkin ada relevansi antara kontrol higiene dengan produk tersebut,? tuturnya. Pada awalnya, dosen ilmu Patalogi yang mengajar sejak 1990 ini sangat tertarik meneliti streptococcus agalactiae yang menjadi hambatan utama dalam peningkatan produksi susu sapi perah. Beliau juga menjelaskan, bahwa bakteri ini adalah penyebab penyakit sepsis dan meningitis neonatal pada manusia. Namun, Dr drh Sri Estuningsih mengaku bahwa ia tidak tahu menahu tentang merek susu yang ditelitinya. ?Saya melakukan penelitian awal di Jerman karena laboratoriumnya terakreditasi dan Jerman ditunjuk oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia) s [...]

Punya Riwayat Penyakit, Bisakah Saya Operasi?

Punya Riwayat Penyakit, Bisakah Saya Operasi?

Menjalani operasi bukanlah suatu hal yang ringan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, baik fisik maupun mental demi kelancaran proses operasi yang akan dijalani. Terkadang kita bertanya-tanya, saya pernah mengalami penyakit X, bisakah saya menjalani suatu operasi? Anda tidak perlu khawatir, tidak semua bentuk penyakit memiliki dampak dalam proses operasi. Jangan sampai riwayat penyakit tertentu menghambat Anda untuk menjalani suatu operasi yang Anda butuhkan. Namun Anda sendiri harus waspada, kenalilah keadaan-keadaan yang berpotensi memberikan hasil yang tidak diharapkan. Bila Anda ingin tahu jenis kondisi apa yang dapat mempengaruhi jalannya operasi, simak penjelasan di halaman berikut: Faktor yang Mempengaruhi Jalannya Operasi: Usia Pada pasien lanjut usia, umumnya ketahanan dan fungsi organ-organ tubuh telah mengalami penurunan. Hal yang dikhawatirkan berkurangnya kompensasi tubuh terhadap manipulasi organ yang dilakukan selama operasi. Selain itu, seringkali dalam usia lanjut telah ada beberapa penyakit yang kemungkinan belum terdeteksi. Oleh sebab itu pemeriksaan pasien lanjut usia yang akan menjalani operasi dilakukan secara lebih lengkap. Penyakit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *