Strategi Cerdas Menghindari Bahaya Suntik Putih

strategi-cerdas-menghindari-bahaya-suntik-putih-alodokter.jpg

Di Indonesia, produk maupun perawatan yang menjanjikan hasil kulit putih pasti akan banyak diburu. Suntik putih adalah salah satu opsi yang kerap dipilih untuk mendapatkannya.

Metode pemutihan kulit yang dilakukan adalah dengan menyuntikkan cairan khusus ke pembuluh darah Anda. Mengingat cara kerjanya yang memasukkan zat asing ke dalam tubuh, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya.

Menelaah Komposisi Cairan yang Digunakan untuk Suntik Putih

Cairan ini mengandung vitamin C dan kerap dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, seperti glutathione atau kolagen.

Vitamin C. Zat ini memiliki banyak manfaat, antara lain mencerahkan kulit dan kaya akan antioksidan untuk meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C bisa membantu agar kulit terlihat lebih muda serta menghilangkan bekas luka.

Glutathione. Zat ini sebenarnya diproduksi secara alami di dalam tubuh. Namun seiring pertambahan usia, produksi glutathione pada tubuh menurun. Keberadaannya pada tubuh bisa menghambat produksi melanin. Makin banyak melanin, maka makin gelap warna kulit Anda. Tidak hanya itu, glutathione juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kolagen. Pada cairan suntik putih, fungsi kolagen bukanlah untuk memutihkan, melainkan untuk menjaga kekenyalan wajah. Sama seperti glutathione, kolagen juga diproduksi oleh tubuh, namun jumlahnya bisa menurun seiring pertambahan usia. Akibatnya, elastisitas kulit menurun dan memunculkan jejak garis halus di wajah.

Penggunaan Dosis Terlalu Besar

Pada dasarnya ketiga zat yang dipakai untuk suntik putih memiliki manfaat tersendiri untuk kulit, apalagi dua di antaranya diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, dosis penggunaan yang terlalu besar akan menimbulkan berbagai masalah.

Dosis yang dipakai dalam satu ampul suntik putih (5 ml) sangat tinggi, yaitu sekitar 1000 hingga 1800 mg. Padahal tiap harinya, tubuh orang dewasa hanya memerlukan asupan vitamin C sebanyak 40 mg. Jadi, jika tiba-tiba ada asupan lebih dari 1000 mg dalam tubuh, bisa memberikan efek negatif seperti sakit kepala, sakit perut, mual, insomnia, diare, perut kembung, dan batu ginjal.

Penggunaan gluthatione dalam dosis tinggi, terutama melalui metode suntikan bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Kadar glutathione yang tinggi mungkin bisa mempunyai efek antioksidan, namun risiko terkena penyakit serius bisa saja terjadi jika penggunaan dosis tinggi ini dilakukan dalam jangka panjang.

Injeksi kolagen ke tubuh dalam jumlah besar, apalagi jika dilakukan dalam jangka panjang bisa saja berdampak panjang dan negatif pada tubuh. Hingga saat ini, penelitian mengenai efek jangka panjang injeksi kolagen ke dalam tubuh belum memadai.

Cara Aman Melakukan Suntik Putih

Jika Anda ingin mencerahkan kulit dengan suntik putih, lakukan dengan jalur yang aman. Berikut tips yang bisa Anda lakukan agar mendapat kulit cerah sesuai impian melalui metode suntik putih:

  • Pilih dokter yang berkualitas. Ini faktor terpenting ketika Anda memutuskan untuk melakukan suntik putih. Hanya dokter profesional terlatih yang boleh melakukan suntik ini. Jadi hindari mempercayakan tubuh Anda disuntik oleh pekerja salon kecantikan yang kerap menyediakan paket suntik putih, terlebih dengan harga murah.
  • Tes kesehatan. Dokter yang berkualitas pasti akan mengecek riwayat kesehatan Anda sebelum melakukan tindakan medis apa pun. Jika Anda memiliki asam urat, penyakit ginjal, penyakit hati, atau penyakit kronis lainnya, dokter akan memperingatkan Anda tentang risiko yang bisa terjadi akibat penggunaan dosis vitamin C yang tinggi. Selain itu, tes kulit juga akan dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh Anda cocok dengan unsur yang akan digunakan. Setelahnya Anda diminta untuk menunggu sekitar sebulan untuk melihat apakah ada reaksi negatif pada kulit Anda.
  • Produk terdaftar di BPOM. Sebelumnya, Anda harus tanya secara detail mengenai produk yang akan dipakai. Tanyakan pada dokter apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM RI atau belum. Pastikan produk yang dipakai telah terdaftar di lembaga tersebut.

Dibandingkan metode pemutihan kulit lainnya, suntik putih memang bisa lebih cepat mencerahkan tubuh Anda. Namun, Anda juga tidak perlu tergesa-gesa atau berlebihan melakukannya, mengingat prosedurnya yang memasukkan zat khusus pada tubuh. Ikuti saja prosedur yang telah ditetapkan oleh dokter agar tidak menimbulkan efek negatif.

Jika Anda ingin memiliki kulit putih namun takut mencoba jalur ini, Anda bisa mencoba melakukannya dengan cara alami seperti menggunakan buah-buahan. Tapi dibutuhkan kesabaran untuk mencapai hasil yang maksimal.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Oleh: drg. Martha Mozartha, Msi Begitu mendapati kabar gembira bahwa dirinya sedang hamil pada umumnya para wanita langsung terfokus pada kehamilannya, terutama dalam hal menjaga kesehatan kandungan dan mempersiapkan segala sesuatu bagi kedatangan sang buah hati. Satu hal yang kerap terabaikan adalah kesehatan gigi dan mulut. Padahal perawatan gigi dan mulut sangat penting, terutama pada masa kehamilan. Perubahan Hormonal Wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang drastis. Jumlah hormon progesteron meningkat dan hal ini membawa dampak yang besar bagi rongga mulut. Jaringan lunak mulut menjadi lebih rentan terhadap peradangan, terutama gusi, yang ditandai dengan gusi bengkak, berwarna merah terang, dan mudah berdarah. Penyebab utama dari radang gusi (gingivitis) adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Oleh karena itu, wanita hamil yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya akan semakin beresiko untuk mengalami gingivitis, meski tingkat keparahannya pada masing-masing orang berbeda-beda. Perubahan Pola Makan Selama kehamilan, para ibu umumnya cepat merasa lapar dan cenderung makan dan minum lebih banyak sepanjang hari. Ada juga para ibu yang memiliki kesukaan [...]

Air Kelapa untuk Olahraga dan Menurunkan Kolesterol

Air Kelapa untuk Olahraga dan Menurunkan Kolesterol

Darihasil penelitian beberapa tahun terakhir ini ditemukan fakta bahwa air kelapa mengandung banyak elektrolit (mineral). Jika Anda belum tahu apa itu elektrolit, elektrolit adalah mineral yang berguna mengganti cairan tubuh (hidrasi) tubuh manusia. Selain itu dilaporkan dalam penelitian yang senada, elektrolit juga berguna dalam menjaga tingkat keasaman darah, yang dapat memberikan manfaat kesehatan mengelola kontraksi otot. Tidak ketinggalan, air kelapa juga disebut sebagai cairan yang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Dimana dapat kalium sendiri dapat mendukung kesehatan otot pada umumnya dan kesehatan otot jantung pada khususnya. Berikut beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah pernah diteliti sebelumnya: Berikut beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah pernah diteliti sebelumnya: 1. Air Kelapa dan Berolahraga Sebuah studi yang diterbitkan di The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health tahun 2007 meneliti 10 laki-laki sehabis berolahraga. Dalam penelitian tersebut dibagi menjadi 4 kelompok; Kelompok pertama hanya mengkonsumsi air biasa, Kelompok kedua mengkonsumsi minuman elektrolit Kelompok keempat mengkons [...]

Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu

Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu

ASI adalah gizi paling lengkap bagi bayi. ASI memiliki jumlah lemak, gula, air, dan protein yang tepat untuk pertumbuhan bayi dan perkembangannya. Kebanyakan bayi lebih mudah mencerna ASI daripada susu formula serta banyak risiko kesehatan bagi bayi yang tidak diberi ASI. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa, bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan lebih, dapat mengembangkan berbagai penyakit menular, termasuk infeksi telinga, diare, penyakit pernafasan dan memiliki riwayat sering sakit. Serta, bayi yang tidak diberi ASI memiliki 21 persen lebih tingkat kematian. Studi di American Academy of Pediatrics, menunjukkan, bahwa bayi yang tidak diberi ASI memiliki tingkat kematian yang tinggi, dan tingkat lebih tinggi terkena leukemia, kelebihan berat badan dan obesitas, tingkat kolesterol serta asma. Selain menjauhkan bayi dari berbagai penyakit, ASI memberikan keuntungan lebih pada bayi dengan nilai tes IQ-nya lebih tinggi dibanding bayi yang tidak diberi ASI ekslusif serta ASI memiliki antibodi untuk membantu melindungi bayi dari bakteri dan virus. Keuntungan Memberikan ASI Eksklusif untuk Bayi ASI tidak hanya bermanfaat bagi bayi, namun juga berm [...]

Penyakit yang Bisa Ditularkan Lewat Dudukan Toliet

Penyakit yang Bisa Ditularkan Lewat Dudukan Toliet

Walau terlihat bersih, dudukan toilet umum tetap saja menimbulkan kekhawatiran. Bahkan tidak sedikit orang yang menghindari menggunakan toilet duduk karena takut tertular kuman bahkan penyakit kelamin seksual."Toilet duduk bukan media penularan penyakit menular seksual," ujar Dr Sophia Yen, MD, spesialis kesehatan remaja di Lucile Packard Children's Hospital di Palo Alto, California, seperti dikutip dari detikhealth.Walau tidak menularkan penyakit kelamin, dudukan toilet bisa memberikan risiko tertular penyakit lain. Misalnya saja iritasi kulit dan diare. Namun penyakit ini hanya bisa terjangkit jika ada kontak langsung pada tubuh melalui selaput lendir seperti, mata, hidung, mulut dan luka."Herpes dan HIV tidak akan ditularkan melalui toilet duduk karena kedua virus tadi tidak akan bertahan hidup di luar tubuh manusia. Tapi ada risiko kecil toilet umum duduk menularkan infeksi yang menggiring pada iritasi kulit ringan. Jika setelah dari toilet yang kotor tangan menyentuh mata, hidung dan mulut, maka bakteri dapat menyebabkan diare,? papar D Scott Smith MD, pemimpin penyakit infeksi di Kaiser Permanente Redwood City Medical Center di California, dikutip dari eHow.Untuk menghinda [...]

6 Khasiat Cokelat untuk Tubuh

6 Khasiat Cokelat untuk Tubuh

Apakah Anda termasuk penggemar cokelat? Jika iya, jenis cokelat apa yang menjadi favorit Anda? Apakah cokelat susu ataukah cokelat hitam? Beberapa orang menghindari konsumsi cokelat karena takut mengalami kegemukan. Padahal tidak semua jenis cokelat menyebabkan gemuk, contohnya cokelat hitam. Walaupun rasanya lebih pahit daripada cokelat susu, namun ternyata keunggulan cokelat hitam jauh lebih banyak. Cokelat hitam justru akan menurunkan kadar asam lemak dalam darah Anda. Selain itu, cokelat hitam juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat Anda dan menaikkan kadar kolesterol baik Anda. Menurut penelitian, cokelat mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya: 1. Mencegah stroke Sudah tidak sedikit penelitian yang memaparkan keuntungan manfaat cokelat terhadap kesehatan pembuluh darah dan peredaran darah. Sebuah penelitian melaporkan, orang yang mengkonsumsi cokelat 1,8 ons per minggu terbukti risiko terkena stroke lebih rendah 17% daripada orang yang mengkonsumsi cokelat hanya 0,4 ons per minggu. Jadi, cokelat selain dimakannya menyenangkan, dapat juga sekaligus membuat Anda terhindar serangan stroke. Klik 'next' untuk mengetahui bagaimana cokela [...]

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Benarkah Kita Harus Minum Air 8 Gelas per Hari?

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari? Pertanyaan ini mungkin terdengar sederhana, namun jawabannya tidak mudah. Studi menunjukkan bahwa kebutuhan air setiap orang tidaklah sama dan bergantung dari banyak faktor, termasuk: kesehatan, kondisi fisik, aktivitas dan dimana Anda tinggal. Manfaat air bagi tubuh Air merupakan suatu komponen kimia utama dan penting bagi tubuh dan membentuk sekitar 60% dari berat badan Anda. Setiap sistem dalam tubuh Anda bergantung dengan air. Sebagai contoh: air akan melarutkan racun dari organ-organ vital tubuh, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan memberikan lingkungan yang lembab bagi telinga, hidung dan tenggorokan. Kekurangan air dapat mengakibatkan dehidrasi, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan air untuk menjalankan fungsi normalnya. Jadi sebenarnya berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh? Berikut penjelasannya: Berapa Banyak Air yang Anda Butuhkan? Setiap hari Anda kehilangan air melalui pernafasan, keringat, urine dan feses. Agar tubuh Anda dapat berfungsi dengan baik, maka Anda harus mengganti cairan yang hilang tersebut dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung [...]

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Pernah merasa gigi ngilu saat menyantap es krim atau menyikat gigi? Bisa jadi Anda mengalami gigi sensitif. Gigi yang terasa ngilu atau disebut juga gigi sensitif mengakibatkan aktivitas sederhana sehari-hari seperti makan, minum, dan menyikat gigi menjadi menyakitkan. Namun dengan mendeteksi penyebabnya, kondisi ini dapat diatasi. Kenapa Gigi dapat Menjadi Sensitif? Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi Anda menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu. Faktor lain yang dapat menjadi pemicu gigi ngilu adalah: Lubang pada gigi. Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang. Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi. Radang pada gusi (gingivitis). Menyikat gigi terlalu kencang. Penumpukan plak. Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam. Mengusir Ngilu Gigi Memeriksakan [...]

Inilah Tes-tes Untuk Periksa Kanker Serviks

Inilah Tes-tes Untuk Periksa Kanker Serviks

Banyak wanita tidak menyadari bahaya kanker serviks sehingga cenderung cuek dan tidak terlalu peduli untuk melakukan deteksi dini. Padahal, pemeriksaan rutin dan dini pada daerah serviks wanita merupakan kunci untuk mencegah kematian karena kanker serviks. Hal ini berkaitan dengan sifat penyakit yang tidak memberikan gejala pada stadium awal. Lebih dini ditemukan maka kanker serviks dapat lebih cepat ditangani dan harapan hidup meningkat lebih besar ketimbang jika kanker serviks baru diketahui pada stadium lebih lanjut. Pemeriksaan perlu dilakukan walaupun wanita tersebut merasa sehat. Beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain adalah: Tes Deteksi Dini Kanker Serviks Beberapa tes untuk mendeteksi Kanker Serviks: Tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) Tes IVA merupakan salah satu pemeriksaan untuk mendeteksi dini kanker serviks yang sangat mudah dilakukan. Pemeriksaan dilakukan dengan pemulasan asam asetat 3-5% pada daerah leher serviks. Hasilnya dapat langsung disimpulkan dan hanya berlangsung selama 5 menit. Tes Pap (Pap Smear) Tes Pap memberikan hasil yang lebih akurat daripada tes IVA, namun prosedur pemeriksaan juga lebih rumit. [...]

Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah kewanitaan yang paling umum dialami selain keputihan adalah merasa kering di daerah kewanitaan. Kekeringan ini biasanya dialami oleh wanita yang sudah mengalami menopause. Menopause adalah berhentinya siklus menstruasi secara fisiologis yang dipengaruhi oleh tingkat usia seorang wanita.Pada wanita yang belum mengalami menopause, kulit dan jaringan di sekitar vagina akan terasa kenyal dan lembab. Hal ini dipengaruhi oleh cairan dan lendir yang dibuat oleh kelenjar di leher rahim. Kelenjar ini dipengaruhi oleh estrogen, yaitu hormon wanita yang dapat mempengaruhi jaringan di sekitar vagina sehingga menyebabkan lapisan vagina menjadi lebih tebal dan elastis.Dengan adanya hormon estrogen di dalam tubuh, membuat produksi lendir ini akan lebih optimal sehingga vagina terasa licin atau basah. Hormon estrogen juga merangsang sel-sel yang melapisi vagina untuk menghasilkan glikogen, yaitu suatu senyawa yang memicu adanya bakteri menguntungkan yang melindungi vagina dari infeksi.Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG selaku spesialis kebidanan dan kandungan, wanita yang sudah menopause akan mengalami berkurangnya hormon estrogen secara otomatis. Akibatnya, produksi lendir ju [...]

6 Tips Mencukur yang Sehat

6 Tips Mencukur yang Sehat

Apakah Anda tahu? Salah teknik mencukur dapat mengakibatkan beberapa kondisi medis yang membahayakan? Dari iritasi kulit, sampai ke infeksi bakteri dapat terjadi pada kulit Anda. Anda dapat meninjau lebih jauh mengenai bahaya dan risiko apa saja jika teknik mencukur Anda kurang tepat di artikel yang kami tulis berikut ini, Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah. Untuk mendapatkan proses cukur yang tepat teknik dan baik secara kesehatan, Inilah beberapa tips mencukur sehat: Sebelum mencukur, basuhlah wajah Anda dengan air hangat atau gunakan handuk yang telah dicelup di air hangat untuk membantu melembutkan janggut dan kumis Anda. Atau opsi lainnya Anda dapat mencukur selagi berada di shower air panas. Gunakan shaving gel (shaving cream dapat menyumbat pori-pori) dan biarkan selama sekitar 3 menit, baru mulai mencukur. Hal ini akan membantu melembutkan dan melunakkan rambut Cara Mencukur yang Sehat Berikut ini adalah cara mencukur yang baik dan benar lainnya: Selalu gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih. Jika Anda menggunakan pisau cukur yang disposable, gantilah secara reguler setelah 3 atau 4 kali mencukur. Jika Anda selalu mengalami iritasi k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *