Sudah Lama Sel Punca Lemak Dipakai untuk Mempercantik Muka

2.jpg

Keterkaitan antara bedah plastik dan stem cell (sel punca) sudah ada sejak lama. Hanya saja, banyak masyarakat tidak mengetahuinya. Jadi, kalau kini ada orang yang ingin mempercantik diri dengan memanfaatkan sel punca yang dimilikinya, cara seperti itu bukanlah hal baru.

Salah satu jenis sel punca yang dapat digunakan untuk mempercantik diri adalah sel punca yang berasal jaringan lemak. Dulu, saat orang tidak mengetahui penemuan dahsyat ini, banyak yang membuang lemak dalam tubuhnya. Seperti diketahui, salah satu musuh dari wanita adalah lemak.

“Dulu saat pasien melakukan operasi sedot lemak, lemak yang ada dibuang-buang. Lalu, para ilmuwan melakukan penelitian terhadap lemak dan diketahui ternyata lemak memiliki banyak manfaat, terlebih sel punca yang terkandung di dalamnya. Manfaatnya luar biasa,” kata Spesialis Bedah Plastik Kraniofasial dari Ultimo Aesthetic & Dental Center, dr. Enrina Diah, Sp. BP kepada Health Liputan6.com di Plaza Asia Lantai 18, Jalan Jenderal Sudirman Kav 59, Jakarta Selatan, Jumat (14/3/2014).

Dulu, sudah banyak orang yang melakukan transfer lemak ke payudara, agar ukurannya terlihat lebih besar. Pun dengan transfer lemak ke wajah, sehingga membuat mereka tampak lebih bersinar dan awet muda.

Saking banyaknya sel punca yang berada di dalam lemak, tidak perlu lagi dilakukan proses memperbanyak jumlah sel di laboratorium khusus sel punca. Sedangkan sel punca yang berasal dari bagian tubuh lainnya, harus diperbanyak sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam tubuh untuk suatu pengobatan.

“Setelah dilakukan penelitian, sel punca yang ada di darah sangat sedikit. Mungkin 1 cc-nya hanya 300 sel. Di gigi juga ada sel punca, dan di kulit juga ada. Di sumsum tulang (bone narrow), 1 cc hanya 60.000 sel punca. Sedangkan lemak, terdapat hampir 500.000 sampai 1 juta jumlah sel punca,” kata dr. Enrina.

“Jadi, kalau dari lemak tidak perlu dikultur. Sedangkan kalau dari daerah lainnya perlu dikultur. Diambil, lalu dibawa ke laboratorium untuk diperbanyak jumlah selnya. Setelah itu barulah diproses dan dimasukkan ke dalam tubuh,” kata dia menambahkan.

Saat di Amerika, Enrina pernah bertemu dengan beberapa ahli bedah ortopedi yang sudah melakukan 3.000 kali tindakan terapi Osteoarthritis (OA) menggunakan sel punca. “Jadi di sana, sudah sangat terbuka untuk hal-hal seperti ini. Saya pun jadi tahu, kalau di sana terapi sel punca banyak dilakukan,” kata dia menerangkan.

Pasien yang ingin melakukan terapi untuk menyembuhkan lutut di klinik kecantikan milik dr. Enrina, tinggal datang, diperiksa, dan nantinya tinggal disuntikkan ke lututnya. Semuanya dilakukan selama satu hari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
RI Dibanjiri Kosmetik Berbahaya dari Luar Negeri

RI Dibanjiri Kosmetik Berbahaya dari Luar Negeri

Sepanjang 2014 Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan pengawasan kosmetik dengan nilai temuan lebih dari Rp 32 miliar. Sayangnya, BPOM menemukan bahwa sekitar 54 persen berupa produk kosmetik impor ilegal dan beberapa di antaranya mengandung bahan berbahaya.Banyaknya produk kosmetik impor ilegal dan berbahaya beredar akibat tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk-produk kecantikan. "Berdasarkan data, keperluan penggunaan kosmetik meningkat tajam di Indonesia diperkuat data dari Eropa bahwa pertumbuhan (pembelian kosmetik) hingga lebih dari 20 persen," terang Kepala BPOM, Roy Sparringa dalam konferensi pers Public Warning Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya di Gedung C BPOM, Jakarta, ditulis Minggu (21/12/2014). Sparringa menjelaskan bahwa produk-produk tersebut bisa masuk ke Indonesia lewat pelabuhan tikus (pelabuhan liar) dan daerah perbatasan. "Batam misalnya, pintu masuk barang impor kan ada banyak titik. Banyak pelabuhan tidak resmi di sana. Bahkan sepanjang pantainya adalah pelabuhan. Pantai timur Sumatera juga sangat terbuka," ungkap Sparingga.Selain itu, produk impor tersebut bisa masuk ke Indonesia melalui jalur resmi namun menggunakan dokumen [...]

Cinta Ditolak, Otak Jadi Rusak

Cinta Ditolak, Otak Jadi Rusak

Ditolak oleh orang yang kita sukai memang rasanya menyakitkan. Pasalnya, dalam beberapa kasus rasa sakit hati akibat penolakan ini menjadi situasi mengerikan karena memengaruhi kondisi sosial baik di sekolah, keluarga bahkan pekerjaan. Profesor Psikologi di Columbia University, Geraldine Downey, Ph.D dalam penelitiannya bahkan menyebutkan, penolakan dapat membuat seseorang merasa tidak dicintai atau tidak diinginkan. "Ini membuat Anda terlihat buruk di depan diri Anda sendiri dan merasa seperti tak seorang pun ingin berada di dekat Anda. Inilah yang sering membuat Anda merasa marah atau melakukan penyimpangan," kata Prof Downey, seperti dilansir News, Senin (21/4/2014). Di sisi lain, Psikolog dan penulis Guy Winch, Ph.D mencatat, penolakan cinta setidaknya dapat membuat kerusakan otak hingga 50 persen. "Mulai dari cara biacara negatif dan sulit dikritik." "Semakin menyakitkan pengalaman penolakan, maka semakin besar manusia bisa mengubah perilaku mereka. Sementara orang-orang yang tidak pernah mengalami penolakan lebih mudah memperbaiki perilaku mereka," kata Winch. Winch juga mengatakan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penolakan memicu aksi aktif di beberapa jalur otak ya [...]

Top 5 Health: Racikan Infused Water Mencuri Perhatian

Top 5 Health: Racikan Infused Water Mencuri Perhatian

Meminum air adalah salah satu hal terbaik yang dilakukan untuk merawat kesehatan tubuh. Air putih dapat mengatur temperatur tubuh hingga melindungi organ vital. Tetapi, jika meminum air putih terasa membosankan, cobalah infused water. Tak hanya artikel mengenai mengatasi kebosanan minum air dengan infused water, masih ada empat artikel lainnya yang berhasil masuk ke dalam jajaran 5 artikel terpopuler pada Jumat (12/12/2014): 1. 4 Campuran Buah untuk Racik Infused Water Untuk membuat infused water, Anda hanya perlu sediakan air putih, buah, sayur atau tanaman obat sebagai campurannya dan botol minuman. Tetapi, perlu diketahui bahwa hanya buah yang mengandung asam saja yang cocok diracik dengan air. Lantas, apa saja racikan yang pas untuk membuat infused water? 2. Selain Gangguan Ereksi, Ini 3 Masalah yang Kerap Dialami Pria Disfungsi ereksi (DE) merupakan salah satu gangguan urologi yang kerap terjadi pada pria dan paling ditakuti oleh pria berusia dewasa. Namun, masalah pada organ intim pria bukan DE saja, melainkan masih banyak kondisi lain yang patut untuk diwaspadai. Penasaran? Simak artikel ini selengkapnya. 3. 4 Cara Alami Kurangi Lemak Payudara Oleh karena itu, di bal [...]

Masih Banyak PR Masalah Sosial di Indonesia, Apa Saja?

Masih Banyak PR Masalah Sosial di Indonesia, Apa Saja?

Saat ini, Indonesia menghadapi permasalahan sosial serius, sehingga butuh penanganan yang fokus dan terencana dengan baik lima tahun ke depan. Masalah sosial tersebut adalah keterlantaran, ketunaan, kecacatan, kebencanaan, korban tindak kekerasan dan keterpencilan. Ditargetkan bisa menghasilkan penyelesaian masalah sosial secara signifikan. ?Insya Allah saya akan bekerja secara tim dan menggabungkan pengalaman yang dimiliki,? kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat serah terima jabatan (Sertijab) di kantor Kementerian Sosial (Kemensos) Jakarta, Selasa (28/10/2014). Lima tahun ke depan, Kemensos mendorong daerah pro aktif untuk mengatasi masalah sosial di daerahnya. Penanganan tersebut, bukanlah belas kasihan, tapi perlu strategi karena menyangkut kemaslahatan bangsa. ?Harus diakui perkembangan jaman telah menyisakan berbagai masalah sosial baru, seperti konflik sosial, ketimpangan, kemiskinan baru dan keterbelakangan,? tandasnya. Salah satu yang segera perlu dilakukan adalah membangun Sistem Kesejahteraan Sosial Nasional (SKSN). Hal ini penting, sebab satu dari tiga indikator kesejahteraan dan kejayaan suatu bangsa selain pendidikan dan kesehatan. Kemensos akan foku [...]

Hari Tanpa Tembakau, Menkes Harap Cukai Rokok Naik‏

Hari Tanpa Tembakau, Menkes Harap Cukai Rokok Naik‏

Sesuai dengan tema global Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh tepat Sabtu g31/5/2014), Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengaku telah mengajukan surat permohonan kepada Kementerian Keuangan untuk menaikkan cukai rokok. Disampaikan langsung oleh Menkes di sela-sela acara Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH), Jumat (30/5). Menkes mengatakan, menaikkan cukai rokok diharapkan bisa menjadi langkah efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu. "Saya sudah tulis surat ke Kementerian Keuangan untuk menaikkan cukai rokok supaya keluarga tidak mampu insyaallah akan mikir 2-3 kali sebelum beli rokok. Karena perokok itu bodoh. Mau aja dibodohin, dia beli racun bayar pajak lagi," ujar Menkes. Dengan meningkatkan cukai rokok, Menkes juga berharap tingkat konsumsi rokok dan jumlah perokok terutama perokok pemula menurun. Karena ia memantau dampak buruk akibat tembakau dan merokok pada masyarakat di Indonesua jelas mengalami kenaikan. "Hasil kajian Badan Litbangkes 2013 menunjukkan telah terjadi kematian akibat penyakit terkait tembakau dari 190.260 pada 2010 menjadi 240.618 pada 2013. Selain itu kenaikan penderita penyakit akibat konsumsi tembakau dari 384.058 [...]

5 Selebriti Tampan yang Punya Masalah Kebotakan

5 Selebriti Tampan yang Punya Masalah Kebotakan

Baik pria maupun wanita nantinya akan mengalami penipisan rambut, namun hal ini lebih jadi momok menakutkan bagi pria. Bayang-bayang kebotakan bisa jadi mimpi buruk bagi kehidupan pria. Sebenarnya tidak dapat ditentukan kapan seorang pria mengalami penipisan rambut. Umumnya, risiko kehilangan rambut sebanding dengan usia. "Rambut rontok terdapat pada 20% pria usia 20-an tahun, 30% pada pria usia 30-an tahun dan seterusnya," kata Dr. Alan Bauman dari Bauman Medical Group di Florida. Tak hanya orang biasa, para publik figur pria pun mengalami permasalahan ini. Ada yang mengatasi dengan berbagai usaha untuk menutupi kebotakan namun ada juga yang tetap percaya diri. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya, Senin (11/8/2014): 1. Jude Law Selain kepiawaiannya berakting, bintang film Sherlock Holmes ini pun digandrungi banyak perempuan karena ketampanan dan keseksiannya. Sayang, ketampanannya agak sedikit berkurang karena saat usianya baru 40 tahun, garis depan rambutnya semakin mundur ke belakang. Kebotakan pada bagian depan rambut pun terlihat jelas. Menurut ahli bedah yang banyak melakukan transplantasi rambut pada kalangan selebriti dr Ashim Shahmalak, kebotakan pada sisi depan r [...]

3 Posisi Tidur Pengaruhi Kesehatan

3 Posisi Tidur Pengaruhi Kesehatan

Seringkali kita meremehkan posisi tidur. Ada yang tengkurap, terlentang, miring ke kiri dan kanan. Padahal, semua posisi tersebut dapat memengaruhi kesehatan. Jadi bagaimana posisi tidur yang benar?Mengutip laman Huffingtonpost, Senin (30/6/2014), Direktur medis dari Martha Jefferson Sleep Center di Charlottesville, Virginia, Dr. W. Christopher Winter, M. D mengungkapkan risiko kesehatan yang dihadapi saat tidur sebagai berikut:1. TerlentangMenurut Winter, tidur terlentang dapat berisiko mendengkur. Tapi posisi ini lebih baik karena dapat meminimalisir nyeri payudara (pada wanita) dan nyeri punggung serta pinggang. 2. Miring kanan-kiriWinter mengungkapkan, tidur miring ke kanan atau ke kiri bisa mengurangi risiko mendengkur dan penekanan perut saat hamil. Tapi sayangnya, posisinya ini dapat menyebabkan penekanan payudara serta memungkinkan sakit pundak dan pinggul.3. TengkurapTidur tengkurap juga bisa mengurangi dengkuran. Tapi posisi ini dapat menyebabkan nyeri payudara dan sakit pinggang. [...]

Pasien Kanker yang Kemoterapi Lebih Sering Meninggal di RS

Pasien Kanker yang Kemoterapi Lebih Sering Meninggal di RS

Pasien kanker yang melakukan kemoterapi dikatakan lebih mungkin untuk meninggal di rumah sakit, ketimbang meninggal dalam damai di rumahnya sendiri. Apa benar?Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak dokter mengalami kesulitan untuk memulai percakapan terhadap hidup akhir para pasiennya, terutama kaum muda. Asisten Profesor Kedokteran di Dana Farber Cancer Institute sekaligus penulis utama penelitian, Dr Alexi Wright mengatakan, memang dokter cukup sulit untuk memulai sebuah pembicaraan tentang kematian, terutama pada pasien yang lebih muda, karena akan membuat pasien berpikir dokter menyerah terhadap hidupnya.Dalam sebuah kesempatan Wright dan timnya melakukan penelitian dan melibatnya 386 orang pasien yang mengalami sakit parah. Ditemukan sebanyak 56 persen yang menjalani kemoterapi, cenderung lebih muda, lebih berpendidikan, lebih kaya, lebih optimis tentang hidupnya.Para pasien yang tersebut, rata-rata meninggal empat bulan setelah berpartisipasi dalam penelitian ini. Wright menyebut, 65 persen meninggal di tempat yang disukai, dibandingkan dengan 80 persen dari pasien yang memilih untuk menghentikan pengobatannya.Dikutip dari Daily Mail, Senin (9/3/2013) para pene [...]

Pesepakbola Disarankan Pakai Helm Saat Bertanding

Pesepakbola Disarankan Pakai Helm Saat Bertanding

Sulitnya pesepakbola yang melakukan tendangan atas secara tepat ternyata terkait dengan kurangnya kemampuan otak, akibat sering menyundul bola. Begitu disampaikan para peneliti di Kanada. Peneliti utama, dr Tom Schweizer dari Rumah Sakit St Michael, Toronto melihat ada hubungan yang erat antara keseringan menyundul bola dengan kemampuan berpikir dan memori pesepak bola.Seperti dikutip laman Mirror, Selasa (11/2/2014), bahkan peneliti menyarankan penggunaan helm bagi pesepak bola. Hal ini semata-mata dilakukan untuk melindungi otaknya."Pesepak bola harus mengenakan helm. Apalagi studi menunjukkan ada 60 persen kasus pesepak bola mengalami gegar otak akibat sering menyundul bola," kata Tom.Tom mengatakan, berbagai penyakit terkait otak bisa dialami pesepak bola sehingga dapat mengganggu karirnya. Yang parahnya, sering menyundul bola juga bisa menyebabkan penurunan kognitif.Neuroscientist, Monica Maher juga menyetujui penggunaan pelindung kepala kepada para pemain sepak bola untuk mencegah kasus cedera kepala dan efek jangka panjang . Meski begitu, sejumlah kontroversi di Kanada muncul dan menyatakan bahwa bola saat ini tidak seberat dulu. (Fit/Igw) [...]

5 Cara Sederhana Hindari Kanker

5 Cara Sederhana Hindari Kanker

Tiap mendengar kata 'kanker', yang terbesit pertama kali dalam pikiran adalah penyakit mematikan. Karena itu beragam cara dilakukan, agar kita terhindar dari penyakit yang sebagian besar masih misterius ini. Berikut beberapa cara untuk terhindar dari penyakit kanker, seperti dikutip Fox News, Senin (9/3/2014)1. Hindari gorenganAnda doyan mengonsumsi gorengan? Hati-hati, penggemar gorengan berisiko 37 persen lebih tinggi terkena kanker prostat. Menurut sebuah studi terbaru dari Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson di Seattle, Amerika Serikat minyak yang dipanaskan sampai suhu tertinggi mampu mengembangkan senyawa karsinogenik dalam makanan. Anda mungkin tidak tahu, kalau ternyata Anda kehilangan nutrisi penting dari makanan yang masuk ke tubuh Anda.2. Konsumsi jus delimaPeneliti di University of Wisconsin di Madison menemukan bahwa jus delima dapat menghambat terjadinya pertumbuhan kanker paru-paru. Sebelumnya, penelitian menunjukkan penundaan kanker prostat pada tikus dan menstabilkan kadar PSA pada pria yang telah dirawat karena kanker.Bila Anda meminum jus deloma setiap harinya, kandungan seperti polifenol, isoflavon, dan asam ellagic mampu bekerja sama melawan kanker.3. Ngemi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *