Sudah Lama Sel Punca Lemak Dipakai untuk Mempercantik Muka

2.jpg

Keterkaitan antara bedah plastik dan stem cell (sel punca) sudah ada sejak lama. Hanya saja, banyak masyarakat tidak mengetahuinya. Jadi, kalau kini ada orang yang ingin mempercantik diri dengan memanfaatkan sel punca yang dimilikinya, cara seperti itu bukanlah hal baru.

Salah satu jenis sel punca yang dapat digunakan untuk mempercantik diri adalah sel punca yang berasal jaringan lemak. Dulu, saat orang tidak mengetahui penemuan dahsyat ini, banyak yang membuang lemak dalam tubuhnya. Seperti diketahui, salah satu musuh dari wanita adalah lemak.

“Dulu saat pasien melakukan operasi sedot lemak, lemak yang ada dibuang-buang. Lalu, para ilmuwan melakukan penelitian terhadap lemak dan diketahui ternyata lemak memiliki banyak manfaat, terlebih sel punca yang terkandung di dalamnya. Manfaatnya luar biasa,” kata Spesialis Bedah Plastik Kraniofasial dari Ultimo Aesthetic & Dental Center, dr. Enrina Diah, Sp. BP kepada Health Liputan6.com di Plaza Asia Lantai 18, Jalan Jenderal Sudirman Kav 59, Jakarta Selatan, Jumat (14/3/2014).

Dulu, sudah banyak orang yang melakukan transfer lemak ke payudara, agar ukurannya terlihat lebih besar. Pun dengan transfer lemak ke wajah, sehingga membuat mereka tampak lebih bersinar dan awet muda.

Saking banyaknya sel punca yang berada di dalam lemak, tidak perlu lagi dilakukan proses memperbanyak jumlah sel di laboratorium khusus sel punca. Sedangkan sel punca yang berasal dari bagian tubuh lainnya, harus diperbanyak sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam tubuh untuk suatu pengobatan.

“Setelah dilakukan penelitian, sel punca yang ada di darah sangat sedikit. Mungkin 1 cc-nya hanya 300 sel. Di gigi juga ada sel punca, dan di kulit juga ada. Di sumsum tulang (bone narrow), 1 cc hanya 60.000 sel punca. Sedangkan lemak, terdapat hampir 500.000 sampai 1 juta jumlah sel punca,” kata dr. Enrina.

“Jadi, kalau dari lemak tidak perlu dikultur. Sedangkan kalau dari daerah lainnya perlu dikultur. Diambil, lalu dibawa ke laboratorium untuk diperbanyak jumlah selnya. Setelah itu barulah diproses dan dimasukkan ke dalam tubuh,” kata dia menambahkan.

Saat di Amerika, Enrina pernah bertemu dengan beberapa ahli bedah ortopedi yang sudah melakukan 3.000 kali tindakan terapi Osteoarthritis (OA) menggunakan sel punca. “Jadi di sana, sudah sangat terbuka untuk hal-hal seperti ini. Saya pun jadi tahu, kalau di sana terapi sel punca banyak dilakukan,” kata dia menerangkan.

Pasien yang ingin melakukan terapi untuk menyembuhkan lutut di klinik kecantikan milik dr. Enrina, tinggal datang, diperiksa, dan nantinya tinggal disuntikkan ke lututnya. Semuanya dilakukan selama satu hari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Biarkan Anak Tidur Saat Pesawat akan Mendarat, Bahaya

Jangan Biarkan Anak Tidur Saat Pesawat akan Mendarat, Bahaya

Kebiasaan orangtua yang membiarkan buah hatinya tidur saat pesawat mendarat sepertinya perlu dihindari. Sebab tekanan udara saat pesawat mendarat dapat menyebabkan tuli. Seperti disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Penerbangan dr Soemardoko Tjokrowidigdo SpM, SpKP, anak-anak tidak memiliki fasilisator untuk menghindari tekanan udara ke rongga telinga. Sehingga jika tekanan udara terjadi saat flu, maka gendang telinganya bisa sakit dan berisiko pecah. "Pada saat pesawat akan mendarat dari ketinggian jelajah, anak harus dibangunkan. Kalau perlu disusui, karena memfasilitasi masuknya udara ke rongga telinga bagian tengah. Jika masuknya udara tersebut terganggu, maka gendang telinganya akan sakit dan kemungkinan bisa pecah dan bisa menyebabakan ketulian," kata Soemardoko saat diwawancarai Liputan6.com, ditulis Senin (15/12/2014). Soemardoko menerangkan, kecepatan normal pesawat mendarat misalnya 2.000 feet per menit, kalau dipake standar militer 5.000 feet per menit, maka anak akan mengalami yang dinamai air sinus block atau rasa sakit luar biasa di telinganya. Rasa sakit berat tersebut akan berhenti saat tekanan udara kembali normal. "Bayi kurang dari 14 hari merupa [...]

Pertama di Dunia, Dua Pecinta Binatang Tertular TB dari Kucing

Pertama di Dunia, Dua Pecinta Binatang Tertular TB dari Kucing

Selama ini penularan penyakit tuberculosis atau TB melalui udara dari manusia ke manusia. Tapi, di Inggris dua pemilik kucing yang tak disebutkan identitasnya tertular dari hewan peliharaannya.Ini merupakan kasus pertama penyebaran dari kucing ke manusia di seluruh dunia. Keduanya ditemukan terinfeksi penyakit paru-paru yang bisa mematikan. Pada Desember 2012 dan April 2013, dokter hewan mengidentifikasi mycobacterium bovis (M. bovis) di sembilan kucing peliharaan di Berkshire dan Hampshire. Akibatnya, 30 orang diminta skrining TB dan 24 menerimanya. Pada pemeriksaan, dua orang terinfeksi aktif dan dua orang lainnya memiliki TB lain, di mana mereka terkena penyakit tapi tak mengalami gejala apapun.Menurut Kesehatan Masyarakat Inggris, dua orang yang terkena TB sudah pulih dan risiko penyebaran lebih lanjut dari kucing ke manusia sangat rendah."Risiko terkena TB dari kucing tetap sangat rendah, ini adalah pengingat bahwa TB merupakan masalah di Inggris."TB merupakan penyakit yang disebabkan bakteri. Penyakit ini membunuh lebih dari satu juta orang setiap tahunnya di seluruh dunia. TB terutama memengaruhi paru-paru, tapi juga bisa bagian tubuh lainnya seperti tulang dan sistem saraf [...]

Cara Baru Meningkatkan Kepercayaan dan Harga Diri

Cara Baru Meningkatkan Kepercayaan dan Harga Diri

Bekerja suka rela terbukti mendatangkan manfaat psikologis dalam kehidupan. Mengutip sebuah hasil penelitian, Self-Help & Psychology Magazine Agustus ini menulis, para sukarelawan, terutama para pensiunan yang bekerja tanpa dibayar untuk kegiatan kelompok masyarakat tertentu, ternyata rasa percaya diri dan penghargaan dirinya meningkat. Menurut para peneliti, bekerja secara suka-rela rupanya telah memberikan semacam tujuan hidup dan ikatan sosial yang erat dalam hidup sehari-hari para relawan. Temuan ini pun menunjang hasil suatu penelitian lain. Januari lalu, jurnal Epidemiology di AS mengatakan, orang yang memiliki ikatan sosial kuat ternyata sanggup hidup dengan usia lebih panjang. Adapun ikatan sosial yang dimaksud, antara lain terlibat dalam pergaulan yang sehat, selalu berada di antara teman-teman yang baik, bergabung dengan perkumpulan-perkumpulan sosial atau menjadi sukarelawan dengan memberikan waktunya untuk bekerja bagi kepentingan orang lain. [...]

Cukur Rambut Buat Amal Kanker, Vine Harus Pakai Wig ke Sekolah

Cukur Rambut Buat Amal Kanker, Vine Harus Pakai Wig ke Sekolah

Jess Vine (15), seorang remaja yang rela mencukur habis rambutnya untuk kanker. Tapi, ia harus memakai wig ke sekolah atau berisiko dapat hukuman disiplin.Ibunya, Wendy, mengatakan bahwa putrinya itu dilarang masuk ke kelas tanpa wig. "Ini konyol setelah apa yang dilakukan untuk amal," kata Wendy seperti dilansir Metro, Rabu (9/4/2014).Vine memotong rambutnya yang sudah sepinggang untuk beramal lebih dari 400 Poundsterling demi Cancer Research setelah kehilangan kakeknya karena penyakit tersebut.Ryde Academy di Isle of Wight mengonfirmasi Jess harus memakai wig sebagai bagian dari kebijakan untuk penyeragaman. [...]

Cara Perempuan Lihat Pria

Cara Perempuan Lihat Pria

Sebelum perempuan menjalin hubungan serius dengan pria, ketahuilah apakah si dia benar-benar serius dengan perasaannya atau hanya ingin bersenang-senang.Jika perempuan dan si pria sama-sama sudah tahu keduanya mencari hal yang menyenangkan akan lebih baik. Namun, masalah bisa muncul jika pasangan tak memiliki harapan yang sama.Untuk menyelamatkan diri Anda dari patah hati, ada beberapa cara untuk mengetahui pria itu hanya ingin bersenang-senang atau serius seperti dikutip Magforwomen, Jumat (28/2/2014):1. Dia tak menceritakan apa-apa tentang kehidupan pribadinyaJika Anda melihat si pria mengalihkan topik pembicaraan jika Anda bertanya tentang kehidupan pribadinya, itu peringatan. Bisa saja ini menjadi indikasi bahwa ia hanya menginginkan hubungan fisik dengan Anda dan bukan secara emosional.Ini adalah salah satu cara agar Anda tahu bahwa ia hanya mencari hal yang menyenangkan, tidak lebih.2. Dia terganggu ketika Anda berbicara dengannyaKetika pria hanya ingin bersenang-senang dengan Anda, dia tak terlihat tertarik mendengarkan kehidupan pribadi atau masalah Anda.Anda akan melihat ia tak benar-benar peduli dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda. Jika ia tak memberikan perhatian pe [...]

Kunci Rahasia Sehatkan Jiwa

Kunci Rahasia Sehatkan Jiwa

Hidup tak hanya bekerja, atau belajar di sekolah, atau sekedar di rumah sebagai ibu rumah tangga. Terlalu fokus pada suatu hal bisa membuat hidup tak seimbang. Padahal, kunci jiwa sehat adalah hidup seimbang. Seimbang artinya, manusia sebagai makhluk biososial mampu menyeimbangkan antara memenuhi kebutuhan biologis atau hal-hal mendasar seperti makan, minum, udara. Namun di sisi lain sebagai makhluk sosial, manusia juga perlu bersosialisasi. Hal itulah yang dipaparkan psikolog Dra. Tiwin Herman, M.Psi di sela acara Peringatan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia di Jakarta (15/9/2014). "Misalnya, orang dewasa harus mampu menyeimbangkan antara tiga lingkungan yaitu keluarga, kerja, dan sosial. Membagi waktu untuk ketiga hal tersebut sangat penting dampaknya untuk kesehatan jiwa," tambahnya. "Tiga hal tersebut tak bisa dilepas dan diabaikan. Namun seseorang diminta untuk mampu mengatur diri sendiri, mengatur mana yang prioritas baru menjalankan hal lainnya," terang psikolog ini. Jadi, ketika prioritas Anda adalah bekerja, segera selesaikan pekerjaan karena itu tanggungjawab Anda. Namun usai bekerja, sempatkan waktu untuk bercengkrama bersama keluarga atau berkumpul be [...]

Inhotch : Pembuangan Pasien Rusak Citra Dunia Kesehatan

Inhotch : Pembuangan Pasien Rusak Citra Dunia Kesehatan

Terkait kasus pembuangan pasien yang dilakukan beberapa oknum di sebuah rumah sakit di Bandar Lampung, Indonesia Hospital and Clinic Watch (Inhotch) mengatakan perlu adanya penindakan hukum pada para pelaku.Direktur Inhotch, dr. Fikri Sudu menyayangkan kejadian pembuangan pasien yang mengakibatkan meninggalnya lelaki berusia 63 tahun di Lampung."Kejadian memalukan ini merupakan preseden buruk yang menghancurkan citra dunia kesehatan di Indonesia. Prinsipnya kejadian ini merupakan bentuk demoralisasi yang melanda semua sendi-sendi kehidupan bernegara akibat lemahnya Kepemimpinan Nasional Indonesia," kata dr. Suadu, Rabu (11/2/2014).Fikri juga mengatakan kejadian ini merupakan Kejahatan Kemanusiaan. "Parahnya Kejahatan Kemanusiaan ini terjadi di institusi yang dibangun diatas prinsip-prinsip kemanusiaan itu sendiri," katanya.Untuk itu Inhotch berharap adanya penindakan hukum terkait hal ini. "Seluruh oknum yang terlibat dalam kejahatan kemanusiaan itu harus ditindak tegas dengan hukuman yang berat. Direktur RSUD Dadi Tjokrodipo (RSUDDT) maupun Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung harus diberhentikan," kata dr. Fikri.Fikri juga berharap Menteri Kesehatan Republik Indonesia meminta ma [...]

Suami Istri Punya Peran Sama Bila Sulit Punya Anak

Suami Istri Punya Peran Sama Bila Sulit Punya Anak

Siapa bilang kegagalan dalam mencapai kehamilan hanya akibat dari ketidaksuburan yang dimiliki wanita atau pria. Karena komitmen memiliki anak merupakan peran pasangan. Seperti disampaikan ahli kandungan, Dr. Andrie Ronggani, Sp.OG dari Klinik Teratai RS Gading Pluit, Jakarta bahwa baik suami atau istri, keduanya memiliki masalah dan peran yang sama dalam menentukan seorang istri hamil dan memiliki anak. "Persentasi kejadian sama untuk suami atau istri. Karena dalam infertilitas yang paling penting spermatozoa, ovum dan pembuahan. Sehingga kekompakan pasangan suami istri sangat dibutuhkan. Mereka harus saling memahami dan mengetahui masalahnya. Tanpa adanya itu sulit karena semua pasangan di seluruh dunia memiliki tingkat keberhasilan dan kegagalan yang sama dalam memiliki anak," jelas Andrie saat seminar bayi tabung di Hotel Aston, Kuningan, Jakarta, ditulis Minggu (27/4/2014). Menurut Andrie, data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa satu dari setiap empat pasangan di negara berkembang memiliki masalah kegagalan kehamilan. Begitu pula dengan penelitian yang diakukan di Indonesia oleh Sarwono bahwa 32,7 persen istri hamil setelah 1 bulan menikah, 57,0 persen hamil da [...]

Meski Pendapatan BPJS Kurang, Layanan Kesehatan Harus Tetap Prima

Meski Pendapatan BPJS Kurang, Layanan Kesehatan Harus Tetap Prima

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) membenarkan bila biaya klaim BPJS sejauh ini melebihi jumlah iuran yang diterima. Namun mereka jamin, masalah ini tidak akan mengganggu pelayanan kesehatan. Seperti diungkapkan Direktur Hukum Komunikasi & Hubungan Antara Lembaga (Dirhukomhal), Purnawarman Basundoro bahwa klaim rasio BPJS tidak akan berpengaruh pada pelayanan kesehatan. Bila diperlukan,Aset Asuransi Kesehatan atau Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) akan digunakan. "Antisipasi aset Askes masih ada 5,6 triliyun, kalau perlu bisa pakai APBN. Jadi tidak akan berpengaruh pada layanan kesehatan," kata Purnawarman pada wartawan, Kamis (19/12/2014). Di sisi lain, Ketua Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK), Prof. Dr. Hasbullah Thabrany, MPH, DrPH mengatakan, klaim rasio tidak boleh menjadi patokan BPJS dalam melayani masyarakat. Sebab masalah pendapatan ini sudah diantisipasi dari awal. "Pendapatan BPJS yang kurang tidak boleh mengganggu kualitas pelayanan karena klaim rasio itu sudah bisa diantisipasi dari awal. Kalaupun klaimnya lebih tinggi, BPJS harus talangin dulu. Nanti tahun depan, iurannya kita naikin. Tapi jangan lihat uang sebagai patokan dan [...]

IDI Harap Menkes Bangun Regulasi Penempatan Dokter

IDI Harap Menkes Bangun Regulasi Penempatan Dokter

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Provinsi Riau Nurzelly Husnedi mengharapkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mampu membangun regulasi dalam pemerataan penempatan dokter hingga ke pelosok desa di Tanah Air. "Saya cukup mengenal Menkes Nila F Moeloek yang merupakan orang berpengalaman, pertama kami mengucapkan selamat atas terpilihnya beliau," kata Nurzelly Husnedi kepada Antara di Pekanbaru, seperti dikutip dari Antara, Jumat (31/10/2014). Nurzelly mengatakan bahwa pihaknya sangat mengharapkan Menkes mengembangkan kesehatan ke depan agar jauh lebih baik, salah satunya adalah pemerataan jumlah dokter di daerah-daerah. Nila F Moeloek resmi ditunjuk sebagai menteri kesehatan Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk periode 2014-2019. Wanita berusia 61 tahun tersebut disebut presiden Joko Widodo sebagai sosok kaya pengalaman. Dia adalah istri dr Farid Anfasa Moeloek, Menteri Kesehatan di era Presiden B.J. Habibie pada 1997 hingga 1999. Nila juga aktif mengajar di program doktor pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan dalam lima tahun terakhir, dia juga berkiprah besar untuk MDGs (Millenium Development Goals). MDGs mengemba [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *