Tak Bisa Berhenti Makan, Batita ini Beratnya 70 Kg

063806400_1412047950-m3.jpg

Umumnya, bayi berusia tiga tahun beratnya berada pada kisaran 15 Kg. Tapi tidak dengan Misael, batita asal Brasil yang menginjak ulang tahun ketiga berat badannya sudah setara laki-laki dewasa yaitu 70 Kg.

Sebenarnya, pada saat lahir berat badannya normal sekitar 2,9 Kg, namun berat badan Misael terus bertambah tiga kilogram per bulannya. Akibatnya, kini tubuhnya membulat sampai-sampai membuatnya sulit untuk berjalan.

Bukan tanpa sebab Misael mencapai berat badan berlebih seperti ini. Menurut dokter batita ini menderita sindrom Prader-Willi, sebuah kondisi langka yang membuat seseorang selalu kelaparan dan terus ingin makan.

Jika biasanya anak-anak normal makan tiga kali sehari ditambah snack, untuk mereka yang menderita sindrom langka ini bisa makan tiga hingga enam kali dibandingkan anak lain di usia yang sama. Meskipun sudah makan banyak kali, rasa lapar tetap melanda.

Sindrom Prader-Willi ini akan berlangsung seumur hidup dengan perasaan lapar yang permanen. Pertambahan berat badan berbahaya sudah pasti, selain itu, tonus otot berkurang dan sulit belajar.

Penderita sindrom ini pun memiliki masalah mental. Dimana memiliki sifat amarah dan keras kepala.

Saat pergi ke dokter dengan transportasi umum, tubuhnya yang besar menarik perhatian orang. “Orang-orang berhenti dan mengambil foto Misael serta bertanya berapa berat badan, tinggi badan dan umurnya. Mereka menyatakan tak pernah melihat bocah seperti ini,” terang Michael, ayah Misael seperti dilansir Daily Mail pada Selasa (30/9/2014).

Namun, mengingat tabiat Misael yang pemarah, orang tuanya lebih memilih untuk naik taksi saat memeriksakan anaknya ini ke dokter.

Hingga kini, belum ada obat yang bisa mengatasi sindrom Prader-Willi. Sehingga pengobatan yang dilakukan sekedar untuk mengelola gejala dan masalah terkait.

Selain itu, orang tua juga memiliki peran penting untuk membatasi asupan makanan yang masuk ke tubuh penderita. Meski tidak mengancam kehidupan, sindrom ini mengakibatkan kenaikan berat badan sangat berlebih. Dimana orang yang berlebihan berat badan risiko terkena diabetes tipe 2 dan gagal jantung meningkat saat dewasa.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Begini Kunci Hubungan Agar Langgeng

Begini Kunci Hubungan Agar Langgeng

Semua pasangan menginginkan hubungan percintaan mereka tidak ada hambatan dan berjalan lancar. Untuk itu diperlukan upaya, yuk lakukan beberapa kunci penting ini agar hubungan selalu langgeng.Dikutip Wikihow, Minggu (5/1/2014) untuk manjaga hubungan tetap awer, lakukan hal berikut ini :1. Jujur Satu Sama lainKejujuran adalah kunci penting untuk hubungan jangka panjang. Mulailah saling terbuka dan jujur kepada pasangan, antara Anda dan pasangan perlu saling berbagi. Menjaga komunikasi yang baik dengan saling jujur satu sama lain dapat menjaga hubungan Anda, lakukan :- Jangan takut memberitahu bila Anda kecewa atau sakit hati. Dengan jujur seperti itu maka pasangan akan melakukan perubahan yang lebih baik agar Anda tidak kecewa atau sakit hati.- Berbagi rasa, jangan membiasakan menyimpannya sendiri. Ketika ada emosi yang dipendam dikhawatirkan akan keluar suatu saat nanti dan Anda akan marah tanpa sebab.- Jujur memang baik, namun Anda perlu memilih mana yang perlu diceritakan dan tidak. Kalau kejujuran justru membuat Anda dan pasangan bertengkar jangan lakukan.- Perhatikan kondisi emosi pasangan juga perlu dilakukan saat ingin mengatakan hal jujur. Emosi yang sedang tidak teratur ak [...]

Efek Samping dari kehamilan Kedua

Efek Samping dari kehamilan Kedua

Segala hal mengenai kehamilan pertama memang akan menarik. Namun, hal ini sedikit berbeda dengan kehamilan kedua. Kehamilan kedua akan memiliki kecenderungan suasana lebih santai dibandingkan kehamilan pertama. Segala persiapan biasanya dilakukan dekat dengan waktu kelahiran. Meskipun demikian, memberikan nutrisi yang sama atau bahkan lebih baik untuk calon buah hati tetap harus dilakukan. Untuk itu, perawatan kehamilan kedua tidak boleh dikompromikan. Atasi sebisa mungkin efek samping dari kehamilan kedua seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Sabtu (6/12/2014): 1. Kelelahan Anda sudah mempunyai anak pertama. Mengurus anak tentunya cukup menguras tenaga. Beri diri Anda waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidur. Juga, ingatkan pasangan Anda untuk memanjakan seperti saat kehamilan pertama. 2. Nyeri Rasa nyeri punggung memang umum terjadi di tiap kehamilan. Namun, hal ini menjadi lebih terasa jika otot perut tidak dilatih untuk kembali ke bentuk normal setelah kelahiran pertama. Untuk itu, diperlukan upaya memperkuat otot-otot dan mengurangi nyeri punggung. Usaha lebih banyak bergerak dan jika membungkuk, pastikan Anda menekuk bagian lutut bukan punggung. 3. Va [...]

Klinik SP 12 Papua, Gratis dan Tak Perlu Antri

Klinik SP 12 Papua, Gratis dan Tak Perlu Antri

Klinik SP 12 Utikini Baru tak pernah sepi dari kunjungan warga setempat. Bagaimana tidak, klinik yang terdapat di Kampung Utikini, Distrik Kuala Kencana, Timika, Papua selalu memberikan pelayanan gratis. Mulai dari pengobatan hingga pengambilan obat bagi pasien.Bahkan sejumlah warga masih kesulitan dalam berobat jika sakit dan kadang massih dipersulit dengan menggunakan jaminan kesehatan nasional (JKN). Sejumlah klinik di wilayah Kabupaten Timika malahan memberikan pengobatan gratis sejak 1996.Karina Waker (24) warga Blok IV, Kampung Utikini merasa tak pernah terbebani jika dia dan keluarganya sedang sakit. Dirinya mengaku hanya tinggal berjalan sekitar 50 meter dari tempat tinggalnya untuk menuju ke lokasi klinik itu.Setiba di klinik, dirinya juga mengaku tak perlu mengantri dan bersusah payah untuk mendaftar jika ingin berobat."Setelah mendaftar, petugas klinik akan memanggil nama kita satu persatu dan untuk menunggu giliran masuk ke ruang pemeriksaan. Setelah diperiksa kami langsung diberikan resep obat dan obatnya pun gratis," paparnya, ketika ditemui didalam klinik itu, Senin (24/11/2014).Seperti siang itu, dia sedang memeriksakan anaknya, Darcon Kogoya (2) yang sedang sakit d [...]

Risiko Bila Kelebihan Vitamin B

Risiko Bila Kelebihan Vitamin B

Untuk menjaga kesehatan saraf dan mencegah neuropati atau kerusakan saraf, diperlukan vitamin neurotropik yang terdiri dari vitamin B1, B6 dan B12. Tapi bagaimana dosis yang dianjurkan?Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat yang juga konsultan neurologis dari Departemen Neurologi FKUI-RSCM, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp. S (K) menjelaskan, untuk dosisnya, tergantung dari usia, kondisi kesehatan dan gaya hidup."Semakin tua usia atau menderita suatu penyakit sistemik seperti diabetes, diperlukan lebih banyak vitamin B12 karena vitamin tersebut hanya diserap tubuh kurang dari 2 persen," kata Luthy, ditulis Jumat (6/6/2014).Luthy juga menyarankan agar tidak khawatir bila Anda merasa kelebihan mengonsumsi vitamin B. Ini karena vitamin B larut dalam air. Sehingga bila Anda kelebihan vitamin B, zat ini secara otomatis akan keluar melalui urin. "Tubuh kita luar biasa, tidak perlu khawatir kelebihan vitamin B. Karena secara otomatis, setelah mengonsumsi vitamin B, kita akan mengeluarkan kelebihannya melalui urin. Itu kenapa kalau habis mengonsumsi vitamin B, pipis kita bau," ujarnya [...]

Selain Cantik dan Pintar, Miss World Muslimah Harus Sehat

Selain Cantik dan Pintar, Miss World Muslimah Harus Sehat

RS. Pertamedika Sentul City kali ini boleh berbangga karena dapat melibatkan diri didalam event dunia yaitu kontes kecantikan dunia bagi Wanita Muslimah (Miss World Muslimah) yang diikuti oleh wanita-wanita muda berusia 18-27 tahun. Para kontestan ini pada Selasa (11/11) akan mengunjungi RS. Pertamedika Sentul City guna melakukan serangkaian test kesehatan. Tentu, memiliki kepintaran dalam membaca Al Qur?an, menggunakan hijab secara benar merupakan syarat mutlak bagi Finalis. Tapi selain itu, prestasi di bidang akademik, seni, kebudayaan atau dibidang olah raga dan kesehatan juga persyaratan lain yang harus dimiliki oleh mereka. Direktur Rumah Sakit Pertamedika Sentul City mengatakan, dalam ajang kontes kecantikan ini, RS. Pertamedika akan membantu memberikan metode penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia berupa karakter Sholehah, cerdas dan stylish yang dituangkan dalam screening medical check up untuk memastikan kesehatan fisik para peserta yang mana nantinya akan mengemban tugas sebagai duta WMA."Skrining Mental para finalis WMA 2014 menggunakan Psikotest EPPS (Edward Personal Performance Schedule) dan akan dikombinasi dengan metode Talent Spectrum [...]

Kisah Santa Klaus, Pria Baik Hati Idola Anak-anak

Kisah Santa Klaus, Pria Baik Hati Idola Anak-anak

Setiap malam Natal, para anak-anak antusias untuk menyambut hari Natal. Mereka pun berharap mendapatkan kado Natal impian mereka dari Santa Klaus, kakek baik hati dari Kutub Utara. Lalu, siapa sebenarnya kakek yang ditampilkan berbadan besar dengan janggut panjang berpakaian merah ini? Dilansir dalam laman Biography pada Kamis (25/12/2014), Santo Nicholas adalah sosok dibalik karakter populer Santa Klaus. Santo Nicholas adalah sosok pria yang peduli terhadap orang miskin dan sakit. Setelah ia meninggal, kebiasaannya suka memberi menjadi legenda. Dari sinilah adanya transformasi dari Santa Nicholas menjadi Santa Klaus yang senang membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak saat Natal. Ada banyak legenda yang menceritakan tentang Santo Nicholas. Salah satunya, kebaikannya dalam membantu tiga gadis kakak beradik yang miskin. Ayah mereka tidak mempunyai cukup uang untuk membayar mas kawin dan meminta mereka untuk menjadi budak. Santo Nicholas pun pergi diam-diam ke rumah mereka pada malam hari dan meletakkan uang di dalam kantong. Akhirnya sang ayah pun bisa menggunakan uang ini untuk menikahkan salah satu putrinya. Pada, kali ketiga Santo Nicholas memasukkan uang sang ayah melihat keja [...]

Cara Ortu Bantu Remaja Lelaki Bertahan dari Patah Hati

Cara Ortu Bantu Remaja Lelaki Bertahan dari Patah Hati

Patah hati akan menyakiti siapapun pada usia berapapun, apakah perempuan atau lelaki. Tak ada seorangpun yang kebal. Saat patah hati begitu banyak perasaan bercampur aduk.Karena itu ketika remaja mengenal cinta, harus disiapkan agar siap juga untuk patah hati. Tak hanya para gadis, para pria muda pun harus dididik untuk berani mengalamik kepahitan ditolak dan tidak diterima dengan sikap gentleman.Meski begitu, bagaimana pun juga remaja laki-laki bukanlah pria dewasa. Mereka masih muda dan rentan lemah. Anak laki-laki sering mendapat pesan yang berbeda bahwa mereka harus tegar dalam situasi yang emosional. Sangat penting bagi orangtua memahami keadaan untuk menentukan seberapa besar rasa sakit yang mungkin dialami remaja lelaki Anda.Bagi orangtua, tak ada pukulan yang lebih keras ketimbang melihat anaknya menderita. Dorongan untuk melindungi dan mengamankan anaknya tentu sudah menjadi insting orangtua. Menyaksikan anaknya mengelola sendiri patah hati pertama kalinya bisa jadi juga membuat orangtua hancur.Lantas bagaimana orangtua bisa membantu remaja lelakinya mengelola kemarahan, kecemasan, rasa sakit, dan kecewa saat patah hati? Berikut beberapa tips dari Ahli Parenting Jennifer P [...]

Sebut Rokok Tidak Membahayakan, Cameron Diaz Tuai Kritik

Sebut Rokok Tidak Membahayakan, Cameron Diaz Tuai Kritik

Aktris cantik Hollywood, Cameron Diaz dikritik habis oleh aktivis antirokok akibat pernyataannya di sebuah acara talk show televisi. Kala itu, Ia mengatakan bahwa sesekali merokok tidak akan membunuhmu. Selain itu, seperti dikutip laman Mirror, Jumat (7/3/2014), aktris berusia 41 tahun yang juga model asal San Diego, California, AS ini juga mengatakan bahwa rokok lebih menyehatkan daripada 'Diet Coke'. Aktivis antirokok pun menyatakan, Cameron Diaz telah menipu dirinya sendiri karena ia merokok lima kali sehari dan itu berisiko kanker. Ia juga mengaku sempat berhenti 20 hari karena khawatir dapat menerapkan contoh buruk bagi anak muda tapi itu karena diminta orangtuanya. "Cameron sebelumnya mengatakan dia berhenti merokok karena orang tuanya. Kemudian ia bilang rokok memangsa hati nuraninya dan membunuh dirinya sendiri," ujar aktivis tersebut. [...]

Apa Arti SPF 15 dan SPF 30 pada Produk Sunblock?

Apa Arti SPF 15 dan SPF 30 pada Produk Sunblock?

Tahukah Anda arti dari simbol SPF 15 dan SPF 30 yang tercantum di kemasan produk tabir surya? Ternyata, itu merupakan kode dari waktu berapa lama penggunaan tabir surya di tubuh kita. SPF 15, kekuatannya hanya 2 jam terhitung saat kita memakainya."Jadi, kalau misalnya kita ke pantai dan menggunakan SPF 15, artinya tiap 2 jam harus mengoleskannya ke tubuh. Karena itu hanya bertahan selama 2 jam," kata Wakil Ketua Bidang Kerjasama PERDOSKI, Dr. Sri Ellyani, Sp.KK, dalam diskusi Kampanye Edukasi Masyarakat Tentang Perlindungan Terhadap Sinar UV di Soehanna Hall, Energy Building, Jakarta, ditulis Rabu (12/11/2014)Sedangkan untuk kulit orang Indonesia, jelas dia, penggunaan SPF tidak perlu yang terlalu besar. SPF 15 atau SPF 30 saja sudah cukup untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari.Selain diukur melalui SPF, tabir surya yang bagus atau tidak juga dapat dilihat dari apakah dia tahan atau tidak tahan air sama sekali. Pun dengan PA yang biasanya juga dicantumin simbol-simbol. Semakin banyak simbol plusnya, maka semakin tinggi tingkat proteksinya terhadap sinar UV A. [...]

Deteksi Dini Penyakit Bahaya Tanpa Radiasi dengan MRI

Deteksi Dini Penyakit Bahaya Tanpa Radiasi dengan MRI

Deteksi tubuh sendiri sedini mungkin merupakan langkah yang tepat untuk meminimimalisir risiko penyakit berbahaya yang tak diinginkan, mulai dari tumor, kanker, hingga kelainan janin. Saat ini, masyarakat dapat melakukan pengecekan dini menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging).Dokter Spesialis Radiologi Rumah Sakit Puri Indah (RSPI) dr. Rahmi Alfiah Nur Alam, Sp. Rad (K) menjelaskan bahwa MRI merupakan teknik diagnostik medis yang mampu menghasilkan gambaran untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan yang ada di dalam tubuh, dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi."MRI dapat menghasilkan gambaran-gambaran dengan potongan sangat tipis dari bagian tubuh manapun dalam waktu singkat. Selain itu, MRI tidak menggunakan sinar X, sehingga tidak menyebabkan radiasi," kata dr. Rahmi dalam acara `Deteksi Dini Lebih Akurat Dengan MRI 3 Tesla Skyra` di Ruang Casablanca Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2014)Tak hanya itu, terdapat kegunaan lain dari MRI yang tentunya sangat berguna bagi pasien untuk mengetahui penyakit apa saja yang ada di dalam tubuh tiap pasien itu.Berikut beberapa kegunaan MRI, seperti diutarakan dr. Rahmi Alfiah Nur Alam: Memberikan gambaran y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *