Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

keguguran-150212b.jpg

Kehamilan memang momen bahagia dalam kehidupan seorang wanita. Tapi kadang-kadang tidak semua wanita hamil menjalani kehamilannya dengan tanpa masalah.

Seperti ditulis Idiva, Minggu (16/2/2014) Gynaecologist, IVF Specialist, Programme Director and Board Member, Profert IVF Fertility Clinic, Mumbai-India, Dr. Jaydeep Tank mengatakan, bahwa perlu ada perhatian medis selama kehamilan seperti diet sehat dan istirahat untuk mencegah keguguran.

Dr. Jaydeep mengatakan bahwa lebih dari 80 persen kasus keguguran terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan. “Keguguran cenderung terjadi setelah usia kehamilan 12 minggu, ini disebut trimester kedua keguguran. Selain itu, perempuan mungkin mengalami peningkatan risiko untuk keguguran ketika usianya bertambah”.

“Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah 12 – 15 persen pada wanita berusia 20 tahunan dan meningkat menjadi sekitar 25 persen pada wanita usia 40. Peningkatan ini terjadi karena kelainan kromosom yang berkaitan dengan usia keguguran, “jelas Dr Jaydeep.

Berikut gejala keguguran, seperti disampaikan Dr Jaydeep dan Ginekolog, Dr Kunal Doshi:

1. Kram

Sebenarnya menurut Doshi, kram biasa itu normal dialami wanita hamil. Tapi meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati jika kram disertai dengan napas berat. Jika Anda menghadapi kram berat dan pendarahan, Anda harus pergi ke dokter segera.

“Kram kuat di perut bagian bawah atau daerah pinggul merupakan tanda awal keguguran,” ungkapnya.

2. Perdarahan

Dr. Jaydeep menerangkan, meskipun banyak wanita mengalami bercak selama kehamilan, namun perdarahan berat menunjukkan tanda-tanda keguguran. Situasi ini juga membutuhkan perhatian medis segera.

3. Nyeri

Dr Doshi menyampaikan, rasa sakit yang tajam di perut adalah tanda keguguran pada awal kehamilan. Rasa sakit bahkan bisa menyebar dan bisa dirasakan di daerah punggung bawah atau panggul.

4. Gumpalan darah

“Ketika bekuan darah melewati vagina pada masa awal kehamilan, itu adalah tanda keguguran dan jika Anda dapat melihat tanda ini Anda harus mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin karena akan membantu menyelamatkan janin,” ungkap Jaydeep.

5. Gerakan janin

Doshi menjelaskan, janin biasanya mulai bergerak pada bulan keempat kehamilan. Jadi jika gerakannya telah berhenti, dan tidak ada pengembangan lebih lanjut, bisa jadi itu tanda keguguran.

Dr Jaydeep menambahkan, sekitar 10-15 persen keguguran terjadi pada trimester kedua dan ini mungkin karena masalah anatomi rahim atau rahim melemah dan tidak bisa menahan kehamilan.

Selain perubahan hormonal, infeksi atau masalah kesehatan dengan ibu, keguguran juga disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup tidak sehat seperti ibu merokok, malnutrisi, penggunaan narkoba, usia ibu dan sebagainya.

(Fit/Igw)

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Langsing dan Cantik Dengan Diet Madu

Langsing dan Cantik Dengan Diet Madu

Menurut sebuah penelitian, madu tidak hanya dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan saja, melainkan juga untuk menurunkan berat badan. Bahkan disebutkan, hanya dengan rutin mengonsumsi madu selama tiga minggu, bobot tubuh pun berkurang.Pencetus diet madu, Mike Mclness, menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi makanan kaya fruktosa seperti madu akan lebih banyak banyak membakar lemak, dan mengalami peningkatan kadar stamina dalam tubuh. Madu bertindak sebagai bahan baka untuk membuat hati menghasilkan glukosa. Glukosa ini membuat kadar gula otak tinggi dan memaksanya untuk melepaskan hormon pembakaran lemak.Untuk mendapatkan manfaat dari diet madu, cukup mengganti asupan gula dengan madu sepanjang hari. Selain itu, Anda juga harus mengonsumsi tiga sendok madu dengan air panas setiap malam sebelum tidur. Mike menganjurkan untuk kita mengombinasikan ini dengan latihan tiga kali dalam seminggu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal."Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme di otak yang menyebabkan kecanduan gula bisa meutup sepenuhnya," kata Mike seperti dilansir laman Health Me Up, Sabtu (28/6/2014)Sedangkan cara kerjanya, Mike mengatakan, Anda harus mengonsumsi madu sebe [...]

Meski Sedot Lemak, Olahraga Tetap Harus Jalan

Meski Sedot Lemak, Olahraga Tetap Harus Jalan

Sedot lemak menjadi jalan pintas bagi individu yang sulit menurunkan bobot tubuhnya. Meski sedot lemak memiliki nilai plus, tetap saja banyak pihak yang berkecimpung di dunia kesehatan yang melarang untuk melakukan pengambilan lemak yang tidak boleh terlalu banyak.Sama halnya dengan yang dilakukan Etty Budhi. Sebagai seorang Personal Trainer, wanita yang terlihat aktif di usia yang tidak lagi muda, tidak pernah menganjurkan siapa pun untuk melakukan sedot lemak."Tapi, jika orang tersebut sudah benar-benar over weight atau obesitas, dan jalan satu-satunya adalah sedot lemak, ya mau bagaimana lagi, itu adalah jalan pintas," kata Etty Budhi di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (2/10/2014)Tapi harus diingat bahwa usai melakukan sedot lemak, mereka pun tetap harus melakukan olahraga secara rutin. Apalagi bagi mereka yang melakukan sedot lemak untuk mentransfer lemak itu ke bagian lain di tubuhnya, sudah sangat jelas harus berolahraga."Misalnya saja ada orang yang kelebihan lemak di perut, kemudian disedot dan ditransfer ke bokong. Nilai plusnya, perutnya flat (rata), pantatnya berbentuk. Tapi, kalau tidak berolahraga, tetap saja perut yang rata itu akan kembali (berlemak [...]

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Masih ingat dengan diet yang jadi kontroverial ala mentalis Deddy Corbuzier pada Agustus 2013 lalu? Ya, dalam Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) kita dianjurkan untuk berpuasa tapi boleh makan apa saja serta berolahraga ketika berpuasa.Dalam Hypnoslimming, ternyata pola diet OCD hampir sama. Bedanya, sebelum diet, pelaku diet disarankan melakukan teknik clearing atau membersihkan pikiran dari segala macam stres.Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt saat ditemui di acara seminar Kamaratih belum lama ini. Ia menyampaikan, Hypnoslimming merupakan seni dalam mengendalikan pikiran seseorang agar bisa langsing tanpa suplemen dan sebagainya.Cara dietnya sebenarnya cukup mengandalkan pikiran manusia. Karena menurut Tony, pikiranlah yang memengaruhi tubuhnya. "Hypnoslimming mengajarkan peserta untuk rileks. Saat rileks, saya kasih program untuk membuat mereka lebih langsing dan motivasi diet."Pada prakteknya, dalam Hypnoslimming dikenalkan pula High Human Growth Hormone (HGH). Hormon ini merupakan hormon peremajaan yang diproduksi sel aktif saat perut kosong. Hormon ini berfungsi untuk memaksimalkan peningkatan metabolisme tubuh saat berolahraga sehingga pelaku [...]

6 Makanan Peluruh Lemak Usai Pesta Lebaran

6 Makanan Peluruh Lemak Usai Pesta Lebaran

Bersilahturahmi ke rumah saudara maupun tetangga saat Lebaran pasti dilengkapi suguhan khas Lebaran seperti sambal goreng ati, sayur labu dan pastinya opor ayam dengan kuah santan kental. Tak hanya di satu rumah, beberapa rumah yang dikunjungi pun menyajikan sajian serupa dan Anda pasti diminta menyantapnya. Jika merasa berlebih makan makanan yang kaya lemak, tak ada salahnya mengonsumsi makanan berikut yang mampu membantu tubuh mengusir lemak yang tak diperlukan. Seperi dilansir WebMD dan ABC News, Minggu (21/7/2014) berikut daftarnya. 1. Pisang Satu buah pisang mengandung 422 miligram potasium. Jenis mineral ini dapat membantu membatasi jumlah natrium di dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang didapatkan dalam garam dan daging, kelebihan natrium menyebabkan tubuh menahan air yang memengaruhi kegemukan. 2. Yogurt Pasti Anda sudah tahu bahwa secangkir yogurt mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan baik untuk mencegah perut kembung. Selain itu, yogurt terutama jenis greek yogurt yang mengandung karbohidrat dan protein membantu menstabilkan insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang memberitahu Anda ketika makan lemak terlalu tinggi. 3.Teh Hijau Ti [...]

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Cara Turunkan Berat Badan dalam Seminggu

Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Tidak sedikit yang memilih untuk menghindari makanan tertentu dan ada juga yang berolahraga mati-matian. Namun terkadang usaha tersebut tidak mencapai target yang diinginkan. Ingin berat badan turun dalam satu minggu? Coba cara yang satu ini seperti dikutip Boldsky, Jumat (11/4/2014) :Hari PertamaAwali hari dengan buah-buahan yang mengandung banyak air. Jangan biarkan tubuh merasakan dehidrasi. Selain buah, konsumsi air secukupnya.Hari KeduaLakukan diet sayuran secara ketat, konsumsi sayuran (salad) berbagai jenis dan warna sayur. Hindari makanan yang mengandung minyak, konsumsi air secukupnya. Tambahkan kentang sebagai pengganti nasi, imbangi dengan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KetigaCampurkan menu sayuran dan buah konsumsi tiga kali dalam satu hari. Hari ketiga ini sebaiknya menghindari kentang atau pisang sama sekali. Sekali lagi cukupkan minum air kurang lebih delapan gelas.Hari KeempatDi hari ini, Anda hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu. Kreatif Anda di hari ini diuji, konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung pisang dan susu namun hindari minyak.Hari KelimaHari ini Anda diperbolehkan mengonsumsi [...]

Mau Cepat Langsing, Pilih Teh Hijau Panas atau Dingin?

Mau Cepat Langsing, Pilih Teh Hijau Panas atau Dingin?

Banyak penelitian menyebutkan bahwa teh hijau dapat menurunkan berat badan. Sayangnya, hal ini mungkin tidak berefek bagi masyarakat Indonesia karena banyak yang tidak paham kalau kebiasaan minum teh lebih sering menggunakan gula. Mengutip laman Womenshealth, Senin (30/6/2014), Ahli gizi, Keri Glassman kembali mengingatkan kita tentang kandungan teh hijau, epigallocatechin gallate yang dapat membantu menurunkan berat badan. - Teh hijau jangan ditambah rasa Hal pertama yang perlu Anda ketahui, kata Keri, manfaat teh hijau akan hilang bila ditambah rasa, termasuk gula. Teh yang diberi gula akan mengandung banyak kalori. Maka itu, hindari mengonsumsi teh hijau dengan tambahan gula atau pemanis buatan. - Teh hijau bukan sumber vitamin Saking banyak manfaatnya, teh hijau seringkali diartikan sebagai vitamin sehingga wanita rela tidak makan apapun dan mengganti makannya dengan minum teh hijau. Padahal menurut Keri, teh bukanlah pengganti makanan. Meski begitu, Keri mengungkapkan, teh hijau terbaik belum tentu berasal dari merek mahal. Yang terpenting, katanya, untuk mencari teh yang menggunakan bahan-bahan alami dan tidak memiliki pengawet buatan.- Manfaat teh hijau akan lebih maksim [...]

6 Hal Penting dalam Pembentukan Otot Saat Diet

6 Hal Penting dalam Pembentukan Otot Saat Diet

Selama proses menurunkan berat badan usahakan untuk tidak hanya fokus pada pengurangan lemak saja. Dr Punet Nayak, CMD dan Konsultan Obesitas dari Klinik Penurunan Berat Badan di India mengatakan, Anda pun harus memperhatikan otot-otot tubuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga ketika Anda mengenakan pakaian longgar, tak terlihat seperti `tongkat`.Dikutip dari Health Me Up, Jumat (13/6/2014) ada beberapa tips yang diberikan Dr Punet tentang bagaimana cara untuk membangun otot di bagian tubuh yang terdapat banyak lemak;1. Genetika tubuhPunet mengatakan, genetika berperan penting dalam proses pembentukan otot. Perlu diingat bahwa pembentukan otot bukanlah upaya semalam. Butuh proses agar kita mencapainya.Makan makanan yang tepat, bentuk latihan yang tepat, dedikasi dan konsistensi akan memberikan kontribusi cukup besar dalam proses pembentukan otot. 2. DietDiet merupakan penyempurna latihan selama membentuk otot tubuh. Semakin banyak tubuh menyimpan protein, semakin besar pula otot yang akan terbangun. Untuk itu, Punet menyarankan, perbanyaklah konsumsi protein dalam diet sehari-hari. Selain itu, tingkatkan asupan kalori, tapi pastikan yang Anda makan adalah sesuatu yang [...]

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

Normalnya, puasa memang membuat berat badan turun. Karena secara tidak sadar, Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit dibanding biasanya. Tapi ternyata tidak semua orang bisa begitu. Kebanyakan diantaranya malah bertambah berat badannya. Seperti disampaikan pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK bahwa selama bulan puasa, tanpa sadar Anda telah mengurangi asupan makanan. Itulah sebabnya, saat berbuka, beberapa orang cepat kenyang hanya dengan minum saja. Ini juga tandanya, lambung mulai mengecil dan sering dimanfaatkan untuk sekalian menurunkan berat badan. "Mengurangi seperempat porsi makan saja, berat badan bisa turun setengah sampai 1 kilogram. Tapi ada orang yang sewaktu puasa berat badannya naik. Inilah yang disebut teori balas dendam," katanya, seperti ditulis Kamis (10/7/2014). Samuel menerangkan, rumus untuk gemuk hanya dua. Lemak dan gula. Yang terjadi ketika buka puasa apa? Banyak orang yang mengonsumsi gorengan dan es campur atau es buah, cendol, kolak. Itu semua gula. Ubi, pisang merupakan bahan makanan yang mengandung gula. Masih ditambah gula pasir atau gula merah untuk pemanis. Bila minum es cincau pun, gula pasti disertakan dalam jumlah banyak. Sementara kegi [...]

Sayuran Mentah yang Aman Buat Ibu Hamil

Sayuran Mentah yang Aman Buat Ibu Hamil

Wanita hamil terkadang mengidam makanan tertentu. Ada beberapa ibu hamil yang ingin sayuran mentah saat hamil. Padahal, mitos lama menyebutkan sayuran mentah tak bagus untuk janin.Tapi, penelitian menunjukkan bahwa ketika wanita hamil mengonsumsi sayuran mentah, ia mengambil lebih banyak protein dan mineral.Meski demikian, banyak sayuran mentah yang mengandung bakteri dan hemagglutinins , yang mengganggu fungsi sel darah merah dalam tubuh. Sebelum Anda mengonsumsinya, yang terbaik rendam dalam air garam agar menghilangkan dan membunuh kuman di dalamnya.Ada beberapa sayuran mentah yang masih aman dikonsumsi selama kehamilan seperti dikutip Boldsky, Rabu (26/2/2014):1. BrokoliBrokoli aman dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan janin .2. AsparagusDalam satu porsi asparagus, Anda memberikan janin Anda Sejumlah folat yang diperlukan untuk perkembangan otak.3. Kacang polongSesendok kacang polong mentah aman selama kehamilan. Kacang polong mentah mengandung folat, yang membantu memperkuat tulang janin.4. BayamBayam tak hanya kaya zat besi, tapi juga kaya folat yang diperlukan dalam perkembangan janin.5. KaleSama seperti bayam, kale juga m [...]

Jam Tangan Ini Bisa Bantu Program Diet Anda

Jam Tangan Ini Bisa Bantu Program Diet Anda

Sadar melakukan diet tidak mudah, peneliti dari Clemson University menciptakan alat untuk mendeteksi berapa kunyahan yang Anda lakukan setiap kali makan. Menurut peneliti, akurasi alat yang mirip jam tangan ini mencapai 90 persen.Dikutip dari laman Dailymail, Rabu (13/8/2014), Profesor psikologi yang menciptakan alat ini, Eric Muth mengatakan, The Bite Monitor dapat membantu Anda mendeteksi setiap gigitan makanan. Untuk menghitung jumlah ideal, para ahli melacak jumlah gigitan dari 77 orang selama dua minggu. Hasilnya, alat ini cukup efetif membantu diet.Penelitian yang diterbitkan pada Journal of Academy of Nutrition and Dietetics ini juga menemukan, 100 gigitan per hari berarti mengurangi 1.700 kalori untuk pria dan 1.100 kalori untuk perempuan. Meski belum ada rekomendasi untuk mengunyah sebanyak 100 kali, tapi para ahli umumnya merekomendasikan mengunyah 10 dan 20 kali untuk pencernaan yang lebih baik dan penurunan berat badan, serta mengurangi masalah refluks asam lambung.Ahli endokrinologi dan ahli obesitas di Mayo Clinic, Michael Jensen mengatakan pada Mayo Clinic bahwa mengunyah makanan terlalu cepat, cenderung akan membuat Anda obesitas. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *