Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

keguguran-150212b.jpg

Kehamilan memang momen bahagia dalam kehidupan seorang wanita. Tapi kadang-kadang tidak semua wanita hamil menjalani kehamilannya dengan tanpa masalah.

Seperti ditulis Idiva, Minggu (16/2/2014) Gynaecologist, IVF Specialist, Programme Director and Board Member, Profert IVF Fertility Clinic, Mumbai-India, Dr. Jaydeep Tank mengatakan, bahwa perlu ada perhatian medis selama kehamilan seperti diet sehat dan istirahat untuk mencegah keguguran.

Dr. Jaydeep mengatakan bahwa lebih dari 80 persen kasus keguguran terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan. “Keguguran cenderung terjadi setelah usia kehamilan 12 minggu, ini disebut trimester kedua keguguran. Selain itu, perempuan mungkin mengalami peningkatan risiko untuk keguguran ketika usianya bertambah”.

“Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah 12 – 15 persen pada wanita berusia 20 tahunan dan meningkat menjadi sekitar 25 persen pada wanita usia 40. Peningkatan ini terjadi karena kelainan kromosom yang berkaitan dengan usia keguguran, “jelas Dr Jaydeep.

Berikut gejala keguguran, seperti disampaikan Dr Jaydeep dan Ginekolog, Dr Kunal Doshi:

1. Kram

Sebenarnya menurut Doshi, kram biasa itu normal dialami wanita hamil. Tapi meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati jika kram disertai dengan napas berat. Jika Anda menghadapi kram berat dan pendarahan, Anda harus pergi ke dokter segera.

“Kram kuat di perut bagian bawah atau daerah pinggul merupakan tanda awal keguguran,” ungkapnya.

2. Perdarahan

Dr. Jaydeep menerangkan, meskipun banyak wanita mengalami bercak selama kehamilan, namun perdarahan berat menunjukkan tanda-tanda keguguran. Situasi ini juga membutuhkan perhatian medis segera.

3. Nyeri

Dr Doshi menyampaikan, rasa sakit yang tajam di perut adalah tanda keguguran pada awal kehamilan. Rasa sakit bahkan bisa menyebar dan bisa dirasakan di daerah punggung bawah atau panggul.

4. Gumpalan darah

“Ketika bekuan darah melewati vagina pada masa awal kehamilan, itu adalah tanda keguguran dan jika Anda dapat melihat tanda ini Anda harus mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin karena akan membantu menyelamatkan janin,” ungkap Jaydeep.

5. Gerakan janin

Doshi menjelaskan, janin biasanya mulai bergerak pada bulan keempat kehamilan. Jadi jika gerakannya telah berhenti, dan tidak ada pengembangan lebih lanjut, bisa jadi itu tanda keguguran.

Dr Jaydeep menambahkan, sekitar 10-15 persen keguguran terjadi pada trimester kedua dan ini mungkin karena masalah anatomi rahim atau rahim melemah dan tidak bisa menahan kehamilan.

Selain perubahan hormonal, infeksi atau masalah kesehatan dengan ibu, keguguran juga disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup tidak sehat seperti ibu merokok, malnutrisi, penggunaan narkoba, usia ibu dan sebagainya.

(Fit/Igw)

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi, Bikin Tubuh Lebih Seksi

Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi, Bikin Tubuh Lebih Seksi

Daripada mengonsumsi banyak karbohidrat, mengonsumsi sejumlah makanan berprotein tinggi dinilai bisa bantu turunkan berat badan. Seperti dilaporkan Dailymail, Sabtu (5/7/2014), pelaku diet yang ingin langsing justru disarankan untuk menikmati makanan kaya protein seperti ikan, telur dan daging. Karena seperti disampaikan Profesor Raubenheimer, protein merupakan sumber energi yang baik dan sangat penting untuk pertumbuhan yang sehat dan perbaikan jaringan tubuh, seperti otot jantung, organ internal dan kulit. Namun, ia memperingatkan diet harus tetap berdasakan gizi seimbang. "Sebuah aturan sederhana untuk makan sehat dan mudah langsing adalah menghindari makanan olahan dan mulai mengonsumsi makanan segar. Tubuh kita tidak disesuaikan untuk banyak mengonsumsi biskuit, kue, pizza dan minuman manis. Untuk itu, makanan instan juga baiknya dikurangi," ujarnya. Raubenheimer menambahkan, makanan yang menjadi sumber baik protein mencakup dada ayam, Ikan seperti tuna dan salmon, keju rendah lemak seperti cottage cheese atau mozzarella, daging sapi tanpa lemak dan daging sapi muda, Tahu, Kacang, Telur, Yoghurt, susu dan susu kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian. [...]

Coba Rem Nafsu Makan Berlebihan dengan Bermain Tetris

Coba Rem Nafsu Makan Berlebihan dengan Bermain Tetris

Anda ingin mengurangi hasrat makan? Cobalah bermain tetris. Dengan permainan visual ini perhatian Anda bisa teralih dari keinginan makan dan berganti dengan gambar permainan di pikiran Anda."Anda melihat warna cerah dan harus memanipulasinya untuk membuat mereka pas," kata penulis penelitian Jackie Andrade , seorang profesor psikologi di Plymouth University, Inggris, kepada Daily News, Kamis (20/2/2014).Menurutnya, proses mental ini juga dibutuhkan saat membayangkan makanan, minuman, atau obat yang Anda inginkan. "Anda tak bisa melakukan keduanya sekaligus sehingga keinginan Anda tak terpenuhi, dan ini bagus jika Anda ingin menjauhkan diri dari nafsu makan Anda," ujar Andrade.Penelitian ini dilakukan terhadap 100 pria usia antara 18-30 tahun. Beberapa memiliki nafsu makan yang berbeda, beberapa tidak. Satu tim bermain Tetris yang lain menunggu program komputer yang sedang proses. Hasilnya, hasrat makan kelompok yang bermain Tetris berkurang menjadi 24 persen.Cara ini tak hanya berguna untuk Anda yang doyan makan berlebihan, tapi juga bisa untuk shopaholics, pecandu seks, narkoba, dan pengguna narkoba. "Tetris memang tak bisa menghilangkan keinginan makan sepenuhnya, tapi oke," kata [...]

Sayuran Mentah yang Aman Buat Ibu Hamil

Sayuran Mentah yang Aman Buat Ibu Hamil

Wanita hamil terkadang mengidam makanan tertentu. Ada beberapa ibu hamil yang ingin sayuran mentah saat hamil. Padahal, mitos lama menyebutkan sayuran mentah tak bagus untuk janin.Tapi, penelitian menunjukkan bahwa ketika wanita hamil mengonsumsi sayuran mentah, ia mengambil lebih banyak protein dan mineral.Meski demikian, banyak sayuran mentah yang mengandung bakteri dan hemagglutinins , yang mengganggu fungsi sel darah merah dalam tubuh. Sebelum Anda mengonsumsinya, yang terbaik rendam dalam air garam agar menghilangkan dan membunuh kuman di dalamnya.Ada beberapa sayuran mentah yang masih aman dikonsumsi selama kehamilan seperti dikutip Boldsky, Rabu (26/2/2014):1. BrokoliBrokoli aman dikonsumsi selama kehamilan karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan janin .2. AsparagusDalam satu porsi asparagus, Anda memberikan janin Anda Sejumlah folat yang diperlukan untuk perkembangan otak.3. Kacang polongSesendok kacang polong mentah aman selama kehamilan. Kacang polong mentah mengandung folat, yang membantu memperkuat tulang janin.4. BayamBayam tak hanya kaya zat besi, tapi juga kaya folat yang diperlukan dalam perkembangan janin.5. KaleSama seperti bayam, kale juga m [...]

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Tidak memiliki gejala yang berakibat pada kematian membuat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu menakutkan. Beragam cara pun dijalani, agar kita terhindar dari kondisi ini. Salah satunya dengan diet dash.Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ika K Dhanudiroto, SpPJ menjelaskan, diet dash memang dianjurkan untuk dilakukan terlebih bagi para penderita hipertensi. Dengan diet ini, pasien akan mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal, dan jauh dari risiko akan mengalaminya."Diet ini tidak hanya fokus pada satu elemen saja, tapi semuanya diperhatikan. Mulai dari karbohidrat, vitamin, sampai mineral," kata Ika menjelaskan dalam seminar bertajuk `Jakarta Cardiovascular Summit 2014`, The Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)Pelaku diet dash, lanjut Ika, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, rendah lemak, dengan biji-bijian. Bahkan, pelaku diharus untuk mengonsumsi 4 sampai 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.Dengan begitu, jumlah serat dalam tubuh akan sangat besar, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh pun akan rendah. "Untuk memenuhinya, karbohidratnya lebih fokus pada gandum, [...]

Perempuan Ini Makin Seksi Gara-gara Makan Pisang 51 Buah Sehari

Perempuan Ini Makin Seksi Gara-gara Makan Pisang 51 Buah Sehari

Sejak berat badannya naik setelah melahirkan, Freelee bertekad untuk mulai mengonsumsi 2000 dan 5000 kalori per hari. Tapi bukan itu yang menarik. Karena yang mengejutkan, ia melakukan diet pisang dan dapat makan 51 pisang dalam sehari. Melansir laman Dailymail, Senin (14/4/2014), Freelee mengaku dietnya memang lebih banyak mengutamakan pisang dan buah lainnya dibanding karbohidrat. Intip saja kesehariannya seperti berikut ini: Pagi-pagi, makan sejumlah buah tunggal, seperti dua nanas, lima mangga, dua liter jus jeruk, 1,4 kilogram aprikot, atau 20 pisang. Setelah pukul 16:00 Freelee mengonsumsi makanan yang dimasak seperti 3,5 kilogram kentang panggang atau buah. Setelah menderita anoreksia dan bulimia di masa lalu, Freelee mengklaim bahwa mengadopsi diet pisang bukan hanya membuat tubuhnya seksi tapi juga membersihkan jerawat, tak pernah lagi mengalami kelelahan kronis, dan terhindar dari gangguang fungsi tiroid dan pencernaan. Meski diet ini masih kontroversial, namun beberapa ahli diet di Inggris menyatakan konsumsi pisang yang berlebihan menimbulkan keprihatinan. Sementara itu, Juru bicara Asosiasi Diabetes Amerika, Aisling Pigott menyampaikan bahwa diet pisang ini mena [...]

Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

Saat Seorang Wanita Selalu Tak Puas dengan `Body`nya

Ada gangguan yang menyebabkan seseorang merasa takut dan risih dengan tubuhnya sendiri. Kecenderungan ini biasanya akan berakhir pada kondisi yang disebut anoreksia bervos atau bulimia. Di dunia medis, ketakutan seperti ini dikenal dengan sebutan gangguan tubuh dismorfik (Body dysmorphic disorder/BDD)BDD disebut sebagai gangguan yang membuat banyak perempuan merasa kurang akan bentuk tubuhnya. Padahal, bisa dikatakan perempuan itu sudah memiliki tubuh yang ideal. Penderita BDD biasanya menghabiskan banyak waktu untuk menatap diri di cermin, dan selalu beranggapan bahwa tubuhnya kurang permak ini itu. Tak jarang para penderita BDD mencari kepastian jawaban akan kekurangan yang dirasakannya kepada orang lain.Dilansir laman Health Me Up, Rabu (15/1/2014) penurunan tingkat serotonin di otak merupakan penyebab seorang wanita menderita gangguan seperti ini. Serotonin merupakan neurotransmitter yang terkait dengan perilaku depresi, nafsu makan, tidur, dan suasana hati.Meski banyak penderita gangguan ini dialami perempuan, dan tak sedikit juga laki-laki yang merasakan hal yang sama. Untuk pengobatannya sendiri, para penderita gangguan BDD dapat melakukan terapi perilaku kognitif dengan seo [...]

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Seperti wanita kebanyakan, setelah hamil dan melahirkan, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia sempat mengalami kenaikan berat badan hingga 65 kilogram dari bobot sebelum menikah 53 kilogram. Ingin kembali ke bentuk tubuh normal, akhirnya kakak ipar penyanyi Ashanty ini memutuskan untuk diet. Yang menarik, diet yang dilakukan Liza bukan diet ketat yang mengharuskannya tidak makan apa pun dan pantang pada jenis makanan tertentu. Karena pada akhir pekan, ia ingin makan bebas seperti orang kebanyakan. "Saya nggak diet khusus karena saya selalu makan apa yang saya mau. Kayak makan steak , es krim, pasta atau makanan berlemak itu tetap saya makan seminggu sekali. Tapi Senin sampai Jumat saya mencoba makan sehat," kata wanita berdarah Minangkabau dan Sunda itu pada Liputan6.com, ditulis Selasa (13/5/2014). Makanan sehat, lanjut Liza, bukan berarti harus pantang makanan. "Saya sendiri telah berhenti makan nasi putih dan menggantinya nasi merah. Selain itu mengurangi garam karena dapat mengikat lemak dan memperbanyak makanan yang direbus dan ditumis. Untuk minyak saya menggantinya dengan minyak zaitun atau olive oil. Dan untuk minuman, saya juga mengurangi yang manis. Tapi saya teta [...]

Diet Rendah Lemak Belum Tentu Sehatkan Jantung

Diet Rendah Lemak Belum Tentu Sehatkan Jantung

Seorang pakar kesehatan jantung baru-baru ini membuat pernyataan mengejutkan. Dalam sebuah kesempatan, ia menyatakan bahwa diet rendah lemak belum tentu menyehatkan jantung. Beliau adalah pakar jantung dan kardiovaskular (pembuluh darah) ternama yang juga peneliti jantung di Amerika Serikat, dr James DiNicolantonio. Dalam tulisannya yang diterbitkan di Jurnal Open Heart, ia mengatakan bahwa diet rendah lemak yang saat ini banyak dilakukan demi kesehatan jantung sama sekali tidak berdasar. "Tidak ada bukti yang pasti bahwa diet rendah lemak memiliki efek positif pada kesehatan. Memang, literatur menunjukkan kurangnya efek (baik atau buruk) dari pengurangan asupan lemak," kata dr DiNicolantonio. Sebaliknya, dr DiNicolantonio justru memperingatkan penyebab buruknya kesehatan adalah diet tinggi karbohidrat dan gula. Ia juga menyampaikan, lemak menyebabkan penyakit jantung didasarkan pada studi tahun 1950-an yang menggunakan data dari enam negara. Kurang setuju dengan pendapat dr DiNicolantonio, Profesor bidang nutrisi dari Aberdeen?s Robert Gordon University, Brian Ratcliffe justru mengatakan bahwa diet rendah lemak masih menjadi rekomendasi kesehatan. "DiNicolantonio bahkan tidak [...]

Apa Kata Aktris Hollywood Tentang Karbohidrat?

Apa Kata Aktris Hollywood Tentang Karbohidrat?

Kontroversial karbohidrat kompleks juga menimpa beberapa aktris Hollywood. Apalagi dengan aktivitasnya di layar kaca, kebanyakan selebritas menganggap karbohidrat sebagai musuh. Tapi benarkah seperti itu? Berikut, penelusuran The Frisky, Minggu (30/3/2014) pada selebritas cantik yang mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang karbohidrat. 1. Jennifer Aniston Jen mungkin mampu untuk menghindari karbohidrat ketika dia masih lajang. Tapi tunangannya Justin Theroux sangat menyukai hidangan ala Italian seperti Carbonara yang menurutnya bisa menambah beberapa kilogram bobot tubuhnya. 2. Gwyneth Paltrow Gwynnie terkenal suka memilih jenis makanan. Ia pernah mengatakan pada Daily Mail bahwa gluten dapat menyebabkan perut anak-anaknya 'bergemuruh'. "Setiap ahli gizi, dokter dan orang sadar kesehatan yang pernah saya temui tampaknya setuju bahwa gluten sulit dicerna dan yang paling buruk dari itu adalah alergi," katanya. Menurut Gwynnie, keluarganya tidak makan pasta, roti atau biji-bijian olahan seperti nasi putih dan menghindari karbohidrat. 3. Anna Kendrick Dalam sebuah wawancara dengan Huffington Post, Anna mengaku pernah datang ke pesta dan banyak makan karbohi [...]

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Saat ibu hamil orang selalu mengingatkan jangan membenci orang karena wajah anaknya bisa mirip dengan yang dibenci. Alasannya, pikiran ibu bisa memengaruhi fisik anak.Demikian disampaikan Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang dengan Redaksi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (2/2/2014)."Jangan benci orang berlebihan. Bukan cuma benci, emosi pikiran ke satu orang membuat anaknya jadi mirip," kata pria yang akrab disapa Kak Arief.Menurut Arief, antara benci dan cinta itu tipis. Cinta dan benci sama-sama membayangkan orangnya. "Kita bayangkan, visualisasikan menempel ke mindset kita, jadi mendarah daging dan jadi karakter kita," ujarnya.Ketika hamil, lanjut Arief, ibu membagi dua kebutuhan yakni fisik dan rohani. Emosi dan stres bisa mempengaruhi bayinya, termasuk fisiknya.Jika ibu stres maka anak ikut stres. "Saat itu kita tidak menyadarinya. Kerugian kelihatan saat dewasa. Saat remaja sudah kelihatan. Jadi ibu hamil perasaannya dijaga.Arief berpegang pada pernyataan `Jagalah pikiranmu karena pikiran menjadi kata-katamu. Jagalah kata-katamu karena kata-kata menjadi sikapmu. Jagalah sikapmu karena sikap menjadi sifat dan jagalah si [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *