Tanda-tanda Keguguran yang Perlu Diwaspadai

keguguran-150212b.jpg

Kehamilan memang momen bahagia dalam kehidupan seorang wanita. Tapi kadang-kadang tidak semua wanita hamil menjalani kehamilannya dengan tanpa masalah.

Seperti ditulis Idiva, Minggu (16/2/2014) Gynaecologist, IVF Specialist, Programme Director and Board Member, Profert IVF Fertility Clinic, Mumbai-India, Dr. Jaydeep Tank mengatakan, bahwa perlu ada perhatian medis selama kehamilan seperti diet sehat dan istirahat untuk mencegah keguguran.

Dr. Jaydeep mengatakan bahwa lebih dari 80 persen kasus keguguran terjadi dalam tiga bulan pertama kehamilan. “Keguguran cenderung terjadi setelah usia kehamilan 12 minggu, ini disebut trimester kedua keguguran. Selain itu, perempuan mungkin mengalami peningkatan risiko untuk keguguran ketika usianya bertambah”.

“Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko keguguran adalah 12 – 15 persen pada wanita berusia 20 tahunan dan meningkat menjadi sekitar 25 persen pada wanita usia 40. Peningkatan ini terjadi karena kelainan kromosom yang berkaitan dengan usia keguguran, “jelas Dr Jaydeep.

Berikut gejala keguguran, seperti disampaikan Dr Jaydeep dan Ginekolog, Dr Kunal Doshi:

1. Kram

Sebenarnya menurut Doshi, kram biasa itu normal dialami wanita hamil. Tapi meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati jika kram disertai dengan napas berat. Jika Anda menghadapi kram berat dan pendarahan, Anda harus pergi ke dokter segera.

“Kram kuat di perut bagian bawah atau daerah pinggul merupakan tanda awal keguguran,” ungkapnya.

2. Perdarahan

Dr. Jaydeep menerangkan, meskipun banyak wanita mengalami bercak selama kehamilan, namun perdarahan berat menunjukkan tanda-tanda keguguran. Situasi ini juga membutuhkan perhatian medis segera.

3. Nyeri

Dr Doshi menyampaikan, rasa sakit yang tajam di perut adalah tanda keguguran pada awal kehamilan. Rasa sakit bahkan bisa menyebar dan bisa dirasakan di daerah punggung bawah atau panggul.

4. Gumpalan darah

“Ketika bekuan darah melewati vagina pada masa awal kehamilan, itu adalah tanda keguguran dan jika Anda dapat melihat tanda ini Anda harus mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin karena akan membantu menyelamatkan janin,” ungkap Jaydeep.

5. Gerakan janin

Doshi menjelaskan, janin biasanya mulai bergerak pada bulan keempat kehamilan. Jadi jika gerakannya telah berhenti, dan tidak ada pengembangan lebih lanjut, bisa jadi itu tanda keguguran.

Dr Jaydeep menambahkan, sekitar 10-15 persen keguguran terjadi pada trimester kedua dan ini mungkin karena masalah anatomi rahim atau rahim melemah dan tidak bisa menahan kehamilan.

Selain perubahan hormonal, infeksi atau masalah kesehatan dengan ibu, keguguran juga disebabkan oleh kebiasaan gaya hidup tidak sehat seperti ibu merokok, malnutrisi, penggunaan narkoba, usia ibu dan sebagainya.

(Fit/Igw)

//

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ada Campuran Hewani, Vegetarian Jangan Santap 5 Makanan Ini

Ada Campuran Hewani, Vegetarian Jangan Santap 5 Makanan Ini

Seorang vegetarian diimbau agar lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan disantap. Ternyata, banyak makanan yang diberi label `sayuran` juga mengandung daging. Oleh karena itu, lebih baik para pelaku untuk mengolah sendiri makanan yang akan disantap.Di bawah ini, terdapat sejumlah jenis makanan yang berlabelkan `sayuran` ternyata juga mengandung daging, seperti dikutip dari situs Health Me Up, Rabu (10/12/2014);1. Makanan IndiaDi India, banyak produk makanan berlabel `vegetarian` asli dijual bebas. Namun kini, semenjak banyak produk hasil kiriman dari negara lain masuk ke sana, maka konsumen pun diminta untuk hati-hati, karena kemungkinan isi dalaman non-vegetarian sangat besar.2. Jus buahSeorang vegetarian kerap meminum jus buah yang dicampur sayuran ketika jam makan malam tiba. Sayang, tidak sedikit dari mereka yang justru membeli jus kemasan ketimbang membuat sendiri di rumah.Nah, bila diteliti dengan benar, di kemasan jus buah dan sayuran selalu tercantum `diperkaya dengan nutrisi seperti omega-3 asam lemak dan vitamin D`, di mana artinya kedua tambahan tersebut berasal dari hewan. 3. Campuran kueKetika menyantap kue juga harus berhati-hati, karena campuran kue mengan [...]

2 Hal yang Harus Dipahami dalam Diet Mayo

2 Hal yang Harus Dipahami dalam Diet Mayo

Diet mayo memiliki dua hal penting yang harus dipahami oleh para pelakunya. Sebab, diet mayo dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing, sesuai dengan situasi tubuh kita saat menjalaninya.Diet mayo yang ditemukan oleh pakar profesional dari Mayo Clinic merupakan jenis diet yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis, yang diterbitkan pada 2010.Para pakar profesional mengatakan bahwa mengontrol berat badan jangka panjang akan sukses bila kita tidak hanya berfokus pada apa yang dimakan saja. Pun saat kita menjalani diet mayo.Dengan diet mayo ini, diharapkan kita mampu mengubah gaya hidup secara menyeluruh, dan mengadopsi kebiasaan sehat yang baru.Ada pun dua bagian utama dalam diet mayo yang harus kita pahami adalah sebagai berikut, seperti dikutip Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014) 1. Lose it!Lose it merupakan fase dari diet mayo yang akan membuat kita tampak berbeda dalam waktu dua minggu. Pada fase ini, kita akan belajar bagaimana cara menghilangkan bobot tubuh sebanyak 6 sampai 10 pon (2,7 sampai 4,5 kilogram) dengan cara yang sehat.Para pakar profesional mengatakan, pada fase ini kita akan lebih fokus pada kebiasa [...]

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Saat ibu hamil orang selalu mengingatkan jangan membenci orang karena wajah anaknya bisa mirip dengan yang dibenci. Alasannya, pikiran ibu bisa memengaruhi fisik anak.Demikian disampaikan Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang dengan Redaksi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (2/2/2014)."Jangan benci orang berlebihan. Bukan cuma benci, emosi pikiran ke satu orang membuat anaknya jadi mirip," kata pria yang akrab disapa Kak Arief.Menurut Arief, antara benci dan cinta itu tipis. Cinta dan benci sama-sama membayangkan orangnya. "Kita bayangkan, visualisasikan menempel ke mindset kita, jadi mendarah daging dan jadi karakter kita," ujarnya.Ketika hamil, lanjut Arief, ibu membagi dua kebutuhan yakni fisik dan rohani. Emosi dan stres bisa mempengaruhi bayinya, termasuk fisiknya.Jika ibu stres maka anak ikut stres. "Saat itu kita tidak menyadarinya. Kerugian kelihatan saat dewasa. Saat remaja sudah kelihatan. Jadi ibu hamil perasaannya dijaga.Arief berpegang pada pernyataan `Jagalah pikiranmu karena pikiran menjadi kata-katamu. Jagalah kata-katamu karena kata-kata menjadi sikapmu. Jagalah sikapmu karena sikap menjadi sifat dan jagalah si [...]

Santapan Sehat Antigendut

Santapan Sehat Antigendut

Anoreksia adalah suatu kerusakan pola makan. Umumnya terjadi pada wanita yang takut gemuk atau bertambah berat badannya, walaupun sedikit. Mereka berusaha menghindari makanan dengan tanpa aturan. Penyakit psikis ini sangat merusak, bahkan bisa mematikan. Persepsi tubuh ideal yang digambarkan langsing, bahkan kurus, plus tinggi, telah merusak pikiran, terutama banyak wanita. Saking inginnya bertubuh bak bintang film atau peragawati, mereka kehilangan nafsu makan dan terkena anoreksia. Ini merupakan penyakit serius yang berakibat orang kekurangan gizi, mengalami ketidakseimbangan hormonal, sembelit, dan autointoksikasi. Padahal, kekurangan mineral dapat melemahkan jantung dan memicu gangguan jantung. Menjaga berat badan ideal sebetulnya tak harus dilakukan dengan menelantarkan tubuh. Pakai saja cara cerdas, misalnya mengatur makanan dengan kalori tertentu, agar tidak menambah berat badan. Dengan begitu tubuh tetap mampu berfungsi dengan sempurna karena kebutuhan akan semua zat gizi terpenuhi. Pengaturan makanan dapat dilakukan dengan cara: * Pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap tubuh. * Manfaatkan daun bawang, bawang putih, dan peterseli, yang kaya akan copper dan mine [...]

Perempuan yang Senang Makan Buah & Sayuran Jantungnya Sehat

Perempuan yang Senang Makan Buah & Sayuran Jantungnya Sehat

Kaum Hawa yang senang makan buah-buahan dan sayur-sayuran berbahagialah karena jantung Anda sehat. Sebuah penelitian menemukan, makan buah-buahan bisa mengurangi berkembangnya plak di arteri mereka pada 20 tahun kemudian dibandingkan yang jarang makan buah-buahan di masa dewasanya.Penumpukan plak bisa menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Anehnya, temuan ini tak menunjukkan manfaat yang sama pada pria."Temuan ini mengonfirmasi konsep bahwa perkembangakn plak merupakan proses seumur hidup dan proses itu bisa diperlambat dengan diet sehat di usia muda," kata Ahli Jantung di Minneapolis Heart Institute di Amerika Serikat, Michael D. Miedema, seperti dilansir Health.India, Senin (31/3/2014).Penelitian ini dilakukan terhadap 2.508 peserta dan dilihat hubungan antara asupan buah dan sayuran pada orang dewasa dengan kalsifikasi arteri koroner pada 20 tahun kemudian.Hasilnya, perempuan yang mengonsumsi delapan hingga sembilan porsi buah dan sayuran dalams ehari untuk diet 2.000 kalori di usia 20 tahunan sebanyak 40 persen lebih rendah memiliki kalsifikasi plak di arteri pada usia 40 tahun.Buah-buahan seperti apel, pisang, dan delima tinggi kandungan warna kuning dan m [...]

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Seperti wanita kebanyakan, setelah hamil dan melahirkan, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia sempat mengalami kenaikan berat badan hingga 65 kilogram dari bobot sebelum menikah 53 kilogram. Ingin kembali ke bentuk tubuh normal, akhirnya kakak ipar penyanyi Ashanty ini memutuskan untuk diet. Yang menarik, diet yang dilakukan Liza bukan diet ketat yang mengharuskannya tidak makan apa pun dan pantang pada jenis makanan tertentu. Karena pada akhir pekan, ia ingin makan bebas seperti orang kebanyakan. "Saya nggak diet khusus karena saya selalu makan apa yang saya mau. Kayak makan steak , es krim, pasta atau makanan berlemak itu tetap saya makan seminggu sekali. Tapi Senin sampai Jumat saya mencoba makan sehat," kata wanita berdarah Minangkabau dan Sunda itu pada Liputan6.com, ditulis Selasa (13/5/2014). Makanan sehat, lanjut Liza, bukan berarti harus pantang makanan. "Saya sendiri telah berhenti makan nasi putih dan menggantinya nasi merah. Selain itu mengurangi garam karena dapat mengikat lemak dan memperbanyak makanan yang direbus dan ditumis. Untuk minyak saya menggantinya dengan minyak zaitun atau olive oil. Dan untuk minuman, saya juga mengurangi yang manis. Tapi saya teta [...]

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Kalau Anda sadari, ada hal menarik yang membuat sosialita, Kim Kardashian memiliki pinggang kecil walaupun baru beberapa bulan melahirkan. Ya, dia sering menggunakan korset. Pakaian yang biasanya sering digunakan sebagai dalaman pakaian ini sering digunakan ibu North West ini. Banyak yang beranggapan, korset bisa menjaga bentuk tubuh tidak melar setelah melahirkan, benarkah? pelatih fitnes sekaligus dokter kandungan Michele Olson, PhD mengatakan korset ternyata tidak membantu pembakaran lemak. "Korset tidak bisa membakar lemak. Lemak perut memang dapat menyebabkan penyakit jantung, tapi dalam hal ini korset terlalu ketat bisa menghambat pernapasan, sirkulasi darah, dan pencernaan," katanya, seperti dilansir Fitnessmagazine, Sabtu (8/11/2014). Anggota fitnes lainnya yang juga dokter kandungan, Jennifer Ashton, MD, juga menampiknya. "Apa pun yang Anda kenakan, tidak akan menembus beberapa lapisan lemak dalam perut Anda," katanya. "Ada kemungkinan bahwa lemak itu bergeser, tapi tidak hilang. Menggunakannya setelah melahirkan biasanya berguna untuk kenyamanan dan penampilan," katanya.Intinya, lanjut Jennifer, bila Anda ingin pinggang langsing, lakukan diet dan olahraga untuk membak [...]

7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

Kehidupan super sibuk sering dijadikan mereka yang ingin menurunkan berat badan sebagai alasan tak sempat untuk berolahraga dan memasak makanan sehat di rumah. Kesibukan di kantor yang menguras waktu atau kesibukan kuliah ditambah perjalanan panjang rumah ke kantor pulang pergi membuat waktu hanya cukup untuk beristirahat. Tapi tenang, bagi Anda yang masih memiliki semangat tinggi untuk menurunkan berat badan masih ada cara untuk mendapatkan hal tersebutl lewat beberapa langkah kecil. Dilansir dari laman Women's Health pada Senin (24/11/2014) dengan melakukan beberapa hal kecil berikut bisa berdampak menurunkan berat badan Anda. 1. Singkirkan stok makanan atau minuman tak sehat Jauhkan makanan enak di lidah seperti keripik, kerupuk olahan, makanan beku. Lupakan juga aneka minuman kola dan manis lainnya. "Ketika sedang sibuk dan lapar, Anda akan mengambil makanan ini dibandingkan makanan sehat," terang ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, Alissa Rumsey, R.D. Lebih baik, siapkan makanan sehat seperti buah dan sayuran. 2. Tulis jadwal olahragaTulis dalam reminder Anda maupun notes, pada pukul berapa esok akan berolahraga. "Jika Anda menulis dengan spesifik be [...]

Ingin Diet Sukses? Tangkis Pikiran Negatif Dulu dengan Cara Ini!

Ingin Diet Sukses? Tangkis Pikiran Negatif Dulu dengan Cara Ini!

Kunci diet sukses apa sih? Rajin ikut fitnes dan menjaga pola makan telah dijalani, tapi mengapa masih sulit menurunkan berat badan? Pertanyaan ini juga mungkin sering Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Parahnya, semakin Anda mimikirkan berat badan yang tak kunjung turun, Anda akan semakin stres dan berat justru bertambah.Pemicu gagal diet seperti stres inilah yang dikatakan pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt perlu dihilangkan dengan teknik clearing. Menurutnya, teknik ini bertujuan untuk memotivasi diri untuk hidup lebih sehat dan diet agar lebih sukses.Caranya cukup mudah. Tony menyontohkan, bila Anda makan terus di kala stres, Anda hanya perlu menyugesti diri untuk tidak stres sehingga Anda tidak perlu makan berlebih. "Dengan memberi kata-kata positif sambil membuka jalur mental block, Anda akan mendapati diri lebih baik. Sambil berkata hal positif, ketukkan jari pada dahi, samping telinga, bawah mata dekat hidung, mulut, dada bagian atas dan pergelangan tangan. Setelah itu tarik napas dan rasakan perbedaannya," kata Tony saat ditemui di acara seminar Kamaratih-Totok Perut di D'cost, Kemang, Jakarta, seperti ditulis Senin (16/6/2014).Tony menambahkan, agar rilek [...]

Kontroversi Diet Cacing Pita: Seminggu Turun 2 Kg

Kontroversi Diet Cacing Pita: Seminggu Turun 2 Kg

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak di antara kita memilih cara yang cukup ekstrem untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Terlebih bila segala cara untuk menurunkan berat badan sudah ditempuh, tapi tidak menghasilkan apa yang diharapkan.Salah satu metode penurunan berat badan yang dikenal ekstrem dan tidak dianjurkan adalah menelan cacing pita. Memang, menelan cacing pita dan membiarkan mereka hidup di tubuh terdengar menjijikan. Tapi, cara seperti ini terbilang banyak peminatnya. [Baca Juga: Biar Langsing, Gadis Ini Disuruh Telan Pil Isi Telur Cacing Pita] Dan, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah paling banyak dalam penggunaan metode diet ekstrem ini. Advanced Diplopma of Herbal Medicine dari Sturt University, Mizpa Matus B.Hlth.Sc tidak menganjurkan para pelaku diet melakukan ini. Sebab, cacing pita yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk kista di hati, mata, otak, dan sumsum tulang belakang dengan konsekuensi yang berpotensi mematikan. Tak hanya itu, cacing pita juga berdampak pada terjadinya sumbatan di usus, yang membuat pelakunya mengalami malnutrisi.Dijelaskan Mizpa, cacing pita dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi di tubuh. Meski [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *