Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Gigi Cepat Rusak

sakitgigi.jpg

Malas gosok gigi dan tidak pernah kontrol ke dokter merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi. Tapi tak hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat gigi rapuh bahkan keropos. Dokter gigi Bill Kohn dari Delta Dental Plans Association menjelaskan hal-hal apa saja yang sering dilakukan orang dalam merawat gigi, tapi justru berpotensi merusaknya.

1. Menyikat Gigi Dua Arah
Orang terbiasa menyikat gigi dengan gerakan horizontal, yaitu menyamping ke kanan dan kiri. Cara ini ternyata bisa mengikis e-mail gigi karena gerakannya statis, sehingga hanya bagian itu saja yang disikat. Bill menyarankan untuk menyikat gigi dengan gerakan memutar, dan perhatikan juga membersihkan di garis antara gigi dan gusi. Jangan hanya fokuskan penyikatan pada bagian depan saja tapi juga bagian belakang dan sela-sela gigi.

2. Kurang Lama
Kebanyakan orang berpendapat, asalkan sudah menyikat gigi maka gigi sudah bersih dan bebas dari keropos atau gigi berlubang. Padahal sikat gigi perlu waktu yang cukup lama. Dokter spesialis kosmetik gigi, drg. Hilly Gayatri mengatakan, perlu setidaknya sikat gigi selama 15 menit agar bersih sempurna. Waktu 15 menit sudah termasuk flossing, menyikat dan berkumur.

“Flossing dulu, untuk menyingkirkan sisa makanan di sela-sela gigi lalu berkumur. Setelah itu baru sikat gigi,” jelasnya.

Saat menyikat, Hilly menyarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan kepala kecil dan berbentuk bulat, karena membantu membersihkan gigi lebih detail. Sikatlah gigi satu per satu dengan gerakan memutar dan tekanan yang ringan. Akan lebih baik jika sikat yang digunakan adalah sikat gigi elektrik.

“Jadi tidak perlu memberi tekanan terlalu keras saat menyikat. Karena kalau terlalu keras enamel gigi bisa menipis. Sikatlah sampai gigi terasa licin dan bersih. Kalau menyikatnya secara benar, gigi akan terasa bersih dan aroma mulut juga segar lebih lama, bisa sampai 24 jam,” tuturnya.

3. Menggunakan Gigi Sebagai ‘Alat’
Banyak orang memilih menyobek bungkusan camilan dengan gigi taring ketimbang mencari gunting untuk membukanya. Bahkan yang lebih ekstrem lagi, membuka tutup botol dengan gigi. Kebiasaan itu sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut.

“Gigi Anda tidak diciptakan untuk melakukan aksi-aksi yang ekstrem,” ujar Bill, seperti dikutip dari Women’s Health USA.

Seiring bertambahnya usia, kondisi gigi akan menurun dan lebih rapuh. Jika sejak muda Anda sudah memperlakukannya dengan tidak wajar, maka bukan tidak mungkin gusi dan gigi akan terluka dan kerusakannya lebih cepat.

4. Mengunyah Es Batu
Beberapa orang suka menggigit atau mengunyah es batu. Kebiasaan ini kelihatannya tidak berbahaya bagi gigi tapi sebenarnya gigi tidak punya ketahanan untuk menerima tekanan sekuat itu. Es batu yang sangat dingin bukanlah suhu yang ideal bagi bagian dalam mulut yang cenderung hangat. Ketika ditempa benda keras dengan suhu dingin yang ekstrem, tekanan seringan apa pun bisa membuat enamel mengalami keretakan kecil. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka retakan itu akan melebar dan menyebabkan gigi sensitif.

5. Minum Minuman Manis Setiap Hari
Minuman manis yang tinggi gula bisa menyebabkan penyebaran bakteri di dalam mulut, terlebih lagi jika Anda malas menyikat gigi sebelum tidur. Jika tetap tidak bisa menghindari minuman manis, segera sikat gigi setelahnya atau jika tidak sempat, bilas mulut Anda dengan meminum air putih. Bisa juga dengan berkumur air putih setelahnya. Tapi Bill tetap menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan maupun minuman manis sedini mungkin.

“Perlu waktu 20 menit untuk mengembalikan tingkat keasaman gigi Anda menjadi pH normal setelah memakan sesuatu yang manis,” jelas Bill.

Jika Anda terus menerus minum sesuatu yang manis seperti kopi dengan gula, sirup atau sari buah maka mulut tidak punya cukup waktu untuk menghindari pembentukan bakteri yang timbul akibat makanan/minuman manis. Cara paling tepat adalah membersihkan mulut dan gigi segera setelah mengonsumsinya.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Tips Mencegah Wasir

6 Tips Mencegah Wasir

Wasir adalah pembengkakan atau pendarahan di mana pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Wasir biasanya terjadi karena mengedan saat buang air besar. Wasir bukanlah penyakit serius, namun patut diwaspadai. Karena jika bertambah parah bisa berujung di meja operasi. Beberapa penyebab wasir adalah sakit diare atau sembelit yang mengakibatkan terjadinya penekanan pada anus. Selain itu kelebihan berat badan pun bisa menjadi penyebab wasir. Wasir biasanya dialami pula oleh wanita hamil pada 6 bulan terakhir kehamilan. Hal ini dikarenakan beban janin semakin berat sehingga menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan. Dorongan sedikit saja di bagian anus mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya pecah sehingga terjadi wasir. Untuk pencegahan wasir, Anda dapat lakukan: Cukupi kebutuhan cairan tubuh Cukupi kebutuhan makanan berserat Rutin olahraga Hindari mengejan terlampau kuat saat BAB Bagi wanita hamil, usahakan untuk berbaring selama 20 menit setiap 4 hingga 6 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan. Menjaga berat badan tidak berlebihan. di laman website kami.[](HM/DA) Baca juga: Pertolongan Pertama Ke [...]

Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Kematian

Duduk Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Kematian

Sering duduk lebih dari 6 jam sehari? Anda harus berhati-hati. Penelitian terbaru menunjukan duduk terlalu lama bisa berakibat buruk terhadap kesehatan.Penelitian ini bukan main-main. Dikutip dari CNN, Senin (27/06/2011) penelitian ini dilakukan oleh American Cancer Society terhadap lebih dari 123 ribu orang yang dipantau kesehatannya selama lebih dari 14 tahun.Salah satu yang diobservasi dalam penelitian ini adalah wanita yang duduk kurang dari 3 jam sehari dan wanita yang duduk lebih dari 6 jam sehari. Hasilnya, jumlah wanita yang meninggal selama kurun waktu penelitian, 40% lebih banyak pada grup yang duduk lebih dari 6 jam sehari.Penelitian yang lebih spesifik menemukan, penyebab kematian orang yang duduk lebih dari 6 jam sehari, rata-rata terkena penyakit Cardiovascular, kegemukan, diabetes, dan depresi. Penelitian ini juga menemukan semakin lama waktu duduk maka semakin meningkat risikonya terkena berbagai penyakit.Studi lain yang diterbitkan The American Journal of Epidemiology awal tahun ini menemukan, mereka yang memiliki pekerjaan yang lebih banyak duduk dan jarang berpindah meningkatkan risiko terkena kanker kolon hingga dua kali lipat. Yang menarik penelitian ini men [...]

Cara Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga

Cara Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, seringkali Anda merasakan nyeri dan pegal-pegal pada beberapa otot tubuh. Hal ini normal terjadi, terutama bagi Anda yang sudah lama tak olahraga atau baru pertama kali.Ketika Anda melakukan latihan yang cukup berat, jaringan otot pun meregang. Inilah yang membuat beberapa area tubuh menjadi sakit. Ketimbang mengabaikan rasa sakitnya, sebaiknya cobalah untuk mengobati oto-otot tersebut dengan hari-hati. Seperti yang dikutip dari Live Strong, berikut beberapa cara mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga.Langkah 1Makanlah camilan yang mengandung protein sekitar 15 menit setelah latihan. Mengonsumsi protein akan bantu membangun kembali sel-sel dalam otot, yang akhirnya bisa bentu tubuh memperbaiki otot yang sakit lebih cepat. Makan roti dengan selai kacang atau segenggam kacang almond, bisa menjadi pilihan tepat.Langkah 2Istirahatkan otot Anda. Jika nyeri otot terasa ketika Anda baru saja memulai olahraga, sebaiknya segera berhenti. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh otot yang tegang dan keseleo. Jika rasa nyeri datang setelah latihan, hindari kegiatan fisik yang berat sampai rasa sakit mereda.Langkah 3Kompres area tubuh yang nyeri dengan menggunakan es selama [...]

Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak!

Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak!

Anda sering menggunakan laptop sambil meletakkannya di pangkuan? Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini karena Anda dapat mengalami masalah kulit dan pembuluh darah yang dalam dunia medis disebut dengan Erythema ab igne. Seperti terlihat pada gambar disamping, kulit yang terpapar laptop mengalami gangguan Erythema ab igne. Kulit muncul bercak merah-merah, sehingga pada beberapa orang menimbulkan kekhawatiran dan menurunkan rasa percaya diri karena berpengaruhnya pada penampilan. Apakah Erythema ab igne Penyakit Baru? Bukan. Penyakit ini pernah muncul zaman dahulu. Walau pencetusnya bukanlah karena laptop, yang notabene teknologi jaman dahulu belum memungkinkan ada laptop. Jaman dahulu, masalah kulit ini sering terjadi pada mereka yang bekerja dekat dengan api dan sering terpapar panas seperti bekerja di depan kompor atau tungku api. Jaman sekarang ini, kejadian Erythema ab igne lebih sering terjadi pada penggunaan laptop di pangkuan, alat-alat penghangat bahkan ikan pinggang sauna yang sering digunakan untuk menghilangkan lemak di perut. Jadi apa itu Erythema ab igne? Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak! Anda sering menggunakan laptop sambi [...]

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah Anda tahu jika terjadi kegemukan maka risiko untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan Anda? Lalu kenapa orang bisa mengalami kegemukan? Selain faktor makan berlebihan dan kurang olahraga, apakah benar memang 'dari sononya' orang bisa gemuk? Atau karena faktor tulangnya besar? Sebelum kita ketahui lebih jauh apa pencetus kegemukan sebenarnya, ada benarnya kita telusuri terlebih dahulu apa itu kegemukan dalam dunia medis. Kegemukan = Obesitas Obesitas adalah keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh. Standar definisi dari obesitas dan overweight dilihat berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). IMT diukur dengan satuan berat badan dan tinggi badan ((Berat badan/tinggi badan (kg/m2)). Obesitas dapat meningkatkan mortalitas (angka kematian) seseorang dengan penyakit kronis yang mengancam jiwa seperti diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung dan pembuluh darah, kantung empedu, sensitifitas hormon dan kanker saluran cerna. Nah, berikut ini adalah paparan-paparan 4 fakta dan mitos penyebab kegemukan lebih jelasnya. [...]

6 Tanda Ginjal Anda Bermasalah

6 Tanda Ginjal Anda Bermasalah

Ginjal merupakan organ penting bagi tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun yang berada didalam tubuh. Jadi jika ginjal kita bermasalah akan menyebabkan berbagai gejala sistemik yang bervariasi. Keluhan tersebut timbul khususnya jika penyakit ginjal sudah masuk kedalam tahap lanjut. Sakit ginjal merupakan sebuah penyakit dengan banyak penyebab, diantaranya: sakit kencing manis, tekanan darah tinggi atau sumbatan saluran kencing. Mau tau berbagai gejala sakit ginjal, mari kita lihat apa saja gejala penyakit satu ini. 6 Tanda Ginjal Anda Bermasalah Ginjal merupakan organ penting bagi tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun yang berada didalam tubuh. Jadi jika ginjal kita bermasalah akan menyebabkan berbagai gejala sistemik yang bervariasi. Keluhan tersebut timbul khususnya jika penyakit ginjal sudah masuk kedalam tahap lanjut. Sakit ginjal merupakan sebuah penyakit dengan banyak penyebab, diantaranya: sakit kencing manis, tekanan darah tinggi atau sumbatan saluran kencing. Mau tau berbagai gejala sakit ginjal, mari kita lihat apa saja gejala penyakit satu ini. 1. Pucat dan lemas Ginjal merupakan organ yang bertugas merangsang produksi s [...]

Risiko yang Harus Dihadapi Saat Siklus Haid Tidak Normal

Risiko yang Harus Dihadapi Saat Siklus Haid Tidak Normal

Hampir semua wanita mengalami menstruasi setiap bulan. Namun tidak semuanya memiliki siklus yang normal. Haid yang tidak normal tentu memiliki risiko tersendiri. Ada empat risiko yang perlu Anda ketahui, seperti mengganggu kenyamanan, tidak dapat melaksanakan tugas sebagai istri, hingga gangguan penyakit.Hal itu mungkin disebabkan karena kondisi tubuh serta aktivitas yang padat. Siklus yang normal berkisar antara 21 sampai 35 hari dari haid sebelumnya dengan masa haid dua hingga delapan hari. Jika di luar itu, maka bisa disebut tidak normal dan perlu diperiksakan ke dokter.Dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), mengatakan, haid yang tidak normal bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat wanita tidak merasa nyaman."Kalau untuk wanita yang belum kawin, terganggulah aktivitasnya. Berdarah terus risih ya," papar dokter Frits saat berbincang dengan wolipop melalui telepon, Rabu (1/5/2013).Selain itu, bagi yang sudah berkeluarga tentu tidak bisa melakukan kewajibannya sebagai istri. Fungsi pasangannya terganggu karena menstruasi berlebihan. Jika yang terhambat biasanya akan timbul kekhawatiran apa punya penyakit atau tidak.Dokter yang mengambil Sp [...]

Perhatikan Berbagai Penyakit  Akibat Malnutrisi di Bawah Ini

Perhatikan Berbagai Penyakit Akibat Malnutrisi di Bawah Ini

Busung lapar bukanlah satunya-satunya penyakit yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau malnutrisi. Waspadalah ada penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh malnutrisi. Malnutrisi adalah kondisi medis serius pada seseorang akibat tidak mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Atau dengan kata lain mengalami gizi buruk. Seseorang bisa kekurangan gizi meski mengonsumsi banyak makanan.. Mengapa? Karena makanan yang dikonsumsi tidak mengandung mikronutrien (vitamin dan mineral) yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Selain itu, malnutrisi juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan tubuh yang tidak dapat menyerap nutrisi, masalah pada kesehatan mental, dan kecanduan narkotika dan alkohol. Malnutrisi membuat orang sulit tumbuh besar, susah melakukan pekerjaan fisik, kemampuan belajar kurang, dan mudah terserang penyakit. Penyakit yang Disebabkan Oleh Malnutrisi Berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan oleh malnutrisi: Kwashiorkor Kwashiorkor terjadi karena tidak cukupnya asupan protein dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Protein diperlukan untuk memperbaiki sel, membuat sel baru, serta penting untuk pertumbuhan selama masa kanak-kanak da [...]

Strategi Cerdas Menghindari Bahaya Suntik Putih

Strategi Cerdas Menghindari Bahaya Suntik Putih

Di Indonesia, produk maupun perawatan yang menjanjikan hasil kulit putih pasti akan banyak diburu. Suntik putih adalah salah satu opsi yang kerap dipilih untuk mendapatkannya. Metode pemutihan kulit yang dilakukan adalah dengan menyuntikkan cairan khusus ke pembuluh darah Anda. Mengingat cara kerjanya yang memasukkan zat asing ke dalam tubuh, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Menelaah Komposisi Cairan yang Digunakan untuk Suntik Putih Cairan ini mengandung vitamin C dan kerap dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, seperti glutathione atau kolagen. Vitamin C. Zat ini memiliki banyak manfaat, antara lain mencerahkan kulit dan kaya akan antioksidan untuk meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C bisa membantu agar kulit terlihat lebih muda serta menghilangkan bekas luka. Glutathione. Zat ini sebenarnya diproduksi secara alami di dalam tubuh. Namun seiring pertambahan usia, produksi glutathione pada tubuh menurun. Keberadaannya pada tubuh bisa menghambat produksi melanin. Makin banyak melanin, maka makin gelap warna kulit Anda. Tidak hanya itu, glutathione juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Kolagen. Pada ca [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *