Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Gigi Cepat Rusak

sakitgigi.jpg

Malas gosok gigi dan tidak pernah kontrol ke dokter merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi. Tapi tak hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat gigi rapuh bahkan keropos. Dokter gigi Bill Kohn dari Delta Dental Plans Association menjelaskan hal-hal apa saja yang sering dilakukan orang dalam merawat gigi, tapi justru berpotensi merusaknya.

1. Menyikat Gigi Dua Arah
Orang terbiasa menyikat gigi dengan gerakan horizontal, yaitu menyamping ke kanan dan kiri. Cara ini ternyata bisa mengikis e-mail gigi karena gerakannya statis, sehingga hanya bagian itu saja yang disikat. Bill menyarankan untuk menyikat gigi dengan gerakan memutar, dan perhatikan juga membersihkan di garis antara gigi dan gusi. Jangan hanya fokuskan penyikatan pada bagian depan saja tapi juga bagian belakang dan sela-sela gigi.

2. Kurang Lama
Kebanyakan orang berpendapat, asalkan sudah menyikat gigi maka gigi sudah bersih dan bebas dari keropos atau gigi berlubang. Padahal sikat gigi perlu waktu yang cukup lama. Dokter spesialis kosmetik gigi, drg. Hilly Gayatri mengatakan, perlu setidaknya sikat gigi selama 15 menit agar bersih sempurna. Waktu 15 menit sudah termasuk flossing, menyikat dan berkumur.

“Flossing dulu, untuk menyingkirkan sisa makanan di sela-sela gigi lalu berkumur. Setelah itu baru sikat gigi,” jelasnya.

Saat menyikat, Hilly menyarankan untuk menggunakan sikat gigi dengan kepala kecil dan berbentuk bulat, karena membantu membersihkan gigi lebih detail. Sikatlah gigi satu per satu dengan gerakan memutar dan tekanan yang ringan. Akan lebih baik jika sikat yang digunakan adalah sikat gigi elektrik.

“Jadi tidak perlu memberi tekanan terlalu keras saat menyikat. Karena kalau terlalu keras enamel gigi bisa menipis. Sikatlah sampai gigi terasa licin dan bersih. Kalau menyikatnya secara benar, gigi akan terasa bersih dan aroma mulut juga segar lebih lama, bisa sampai 24 jam,” tuturnya.

3. Menggunakan Gigi Sebagai ‘Alat’
Banyak orang memilih menyobek bungkusan camilan dengan gigi taring ketimbang mencari gunting untuk membukanya. Bahkan yang lebih ekstrem lagi, membuka tutup botol dengan gigi. Kebiasaan itu sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut.

“Gigi Anda tidak diciptakan untuk melakukan aksi-aksi yang ekstrem,” ujar Bill, seperti dikutip dari Women’s Health USA.

Seiring bertambahnya usia, kondisi gigi akan menurun dan lebih rapuh. Jika sejak muda Anda sudah memperlakukannya dengan tidak wajar, maka bukan tidak mungkin gusi dan gigi akan terluka dan kerusakannya lebih cepat.

4. Mengunyah Es Batu
Beberapa orang suka menggigit atau mengunyah es batu. Kebiasaan ini kelihatannya tidak berbahaya bagi gigi tapi sebenarnya gigi tidak punya ketahanan untuk menerima tekanan sekuat itu. Es batu yang sangat dingin bukanlah suhu yang ideal bagi bagian dalam mulut yang cenderung hangat. Ketika ditempa benda keras dengan suhu dingin yang ekstrem, tekanan seringan apa pun bisa membuat enamel mengalami keretakan kecil. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka retakan itu akan melebar dan menyebabkan gigi sensitif.

5. Minum Minuman Manis Setiap Hari
Minuman manis yang tinggi gula bisa menyebabkan penyebaran bakteri di dalam mulut, terlebih lagi jika Anda malas menyikat gigi sebelum tidur. Jika tetap tidak bisa menghindari minuman manis, segera sikat gigi setelahnya atau jika tidak sempat, bilas mulut Anda dengan meminum air putih. Bisa juga dengan berkumur air putih setelahnya. Tapi Bill tetap menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan maupun minuman manis sedini mungkin.

“Perlu waktu 20 menit untuk mengembalikan tingkat keasaman gigi Anda menjadi pH normal setelah memakan sesuatu yang manis,” jelas Bill.

Jika Anda terus menerus minum sesuatu yang manis seperti kopi dengan gula, sirup atau sari buah maka mulut tidak punya cukup waktu untuk menghindari pembentukan bakteri yang timbul akibat makanan/minuman manis. Cara paling tepat adalah membersihkan mulut dan gigi segera setelah mengonsumsinya.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengapa Kita Gemar Membuat Foto Selfie?

Mengapa Kita Gemar Membuat Foto Selfie?

Tren fotografi dunia saat ini sedang dipenuhi oleh foto-foto ?selfie?. Kita dapat menemukan foto ?selfie? di foto profil smartphone, foto profil berbagai media sosial atau di koleksi foto berbagai akun sosial media. Sebagai kosakata terpopuler tahun 2013 versi Oxford Dictionary, ?selfie? sendiri diartikan sebagai suatu foto diri sendiri yang diambil oleh kamera digital, kamera smartphone atau webcam yang akan diunggah ke berbagai media sosial di dunia maya. Mengambil foto ?selfie? jaman sekarang menjadi semakin mudah karena adanya perkembangan dunia digital yang sangat pesat. Tren ini menjadi semakin mendunia dan terkenal bahkan di kalangan para pemimpin dunia. Sebenarnya, mengapa kita begitu terobsesi untuk mengambil foto ?selfie?? Apa yang sebenarnya terjadi dalam pikiran kita sehingga kita begitu tertarik untuk mengambil foto ?selfie? dan membagikannya di berbagai media sosial di dunia maya? Salah satu penjelasan datang dari Ahli Ilmu Saraf, James Kilner dari University College London. Menurutnya, dalam keseharian kita, kita sebenarnya lebih banyak memperhatikan dan menginterpretasikan wajah dan ekspresi wajah orang lain. Kita belajar mengenai ekspresi wajah dari orang lain dan [...]

Obesitas Berdasarkan Ukuran Pinggang

Obesitas Berdasarkan Ukuran Pinggang

Dikatakannya seseorang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, umumnya dapat dilihat melalui Body Mass Index (BMI) yang dihitung oleh para ahli nutrisi dengan rumus tersendiri. Penggunaan rumus ini seringkali menyulitkan seseorang untuk lebih paham akan keadaan tubuh mereka sendiri tanpa bantuan ahli, sehingga pencegahan sejak dini sering kali terlewatkan. Kini masalah tersebut mampu ditanggulangi dengan dipergunakannya metode baru yang lebih mudah dalam mengukur obesitas seseorang dilihat dari perbandingan ukuran pinggang mereka dengan ukuran pinggul. Kedua ukuran ini menjadi penting diketahui sebagai acuan fisikal bentuk tubuh akan penumpukan lemak. Apabila ukuran pinggang yang mengikuti lengkungan perut lebih besar daripada ukuran pinggul yang notabene dipengaruhi oleh ukuran tulang pinggul, maka mereka termasuk dalam rasio obesitas. Selisih ukuran pinggang wanita yang lebih kecil sekitar 20 cm dari ukuran pinggul, menjadi acuan batas normal penumpukan lemak seseorang dengan lebar pinggul hingga 100 cm dan selisih ukuran pinggang yang lebih kecil sekitar 30 cm dari ukuran pinggul yang mencapai 180 cm. Lebih dari itu akan menjadi kasus khusus. Berbeda dengan pengukuran pada [...]

Inilah Salah Satu Penyebab Pria Tergila-gila Pada Payudara

Inilah Salah Satu Penyebab Pria Tergila-gila Pada Payudara

Salah satu bagian tubuh wanita yang mengundang perhatian pria kepada wanita adalah payudara. Bahkan, dalam suatu penelitian, pria cenderung menatap payudara dan pinggang lebih lama ketimbang wajah pada pandangan pertama ataupun ketika berbicara kepada lawan bicara yang berlawanan jenis kelamin. Mengapa pria sangat tertarik dengan payudara wanita? Apakah karena faktor pergaulan yang kelewat vulgar? Apakah karena budaya? Atau dikarenakan tidak lain adalah panggilan alamiah yang termuncul dari pria? Berikut penjelasannya: Dalam bukunya yang berjudul The Chemistry Between Us: Love, Sex, and the Science of Attraction, Larry Young dan Brian Alexander mencoba menggali alasan-alasan di balik kekaguman pria terhadap payudara wanita. Mereka mengatakan bahwa ketertarikan tersebut muncul karena pengaruh hormon yang dilepaskan saat menyusui ketika para pria masih bayi. Alasan Ilmiah Pria Terobsesi Payudara Wanita Ketika seorang wanita melahirkan, bayi akan terlibat dalam beberapa manipulasi yang cukup rumit pada payudara ibunya. Proses ini mampu mengirimkan sinyal di sepanjang saraf dan otak serta memicu pelepasan hormon oksitosin di hipotalamus otak. Oksitosin ini pada ak [...]

Tenggorokan Kering, Karena Kurang Minum atau Tonsilitis?

Tenggorokan Kering, Karena Kurang Minum atau Tonsilitis?

Semua orang mungkin pernah merasakan gatal atau kering pada tenggorokan. Kelihatannya memang sepele, tapi keluhan ini bisa sangat mengganggu. Pada umumnya tenggorokan kering akan sembuh dengan sendirinya, namun pada beberapa kondisi memerlukan pengobatan. Apa saja penyebab tenggorokan kering? Berikut di antaranya: 1. Dehidrasi Kurangnya asupan cairan tidak hanya membuat kulit bagian luar tubuh menjadi kering, tapi juga lapisan mukosa tubuh seperti mulut dan tenggorokan. Jadi, minumlah cairan dalam jumlah cukup untuk mencegah dehidrasi. Gejala akan segera menghilang setelah Anda meminum air. 2. Alergi Alergi terhadap binatang, debu, serbuk sari, asap, bisa menyebabkan lapisan mukosa saluran napas teriritasi dan sakit pada tenggorokan. Selain itu, zat yang bersifat iritan seperti rokok, makanan pedas, dan alkohol juga dapat memicu tenggorokan kering. 3. Udara Kering Udara yang kering, terutama saat Anda bernapas melalui mulut, misalnya pada pagi hari saat bangun tidur dapat menyebabkan tenggorokan kering. Berikut beberapa penyebab tenggorokan kering lainnya di halaman selanjutnya. Tenggorokan Kering, Karena Kurang Minum atau Tonsilitis? 4. Tonsilitis Tonsiliti [...]

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

Kata orang, perjuangan ibu itu tiada taranya, sungguh memang, proses kehamilan dan persalinan bukan hal yang mudah, dan bukan sekedar sukar, rangkaian proses ini seringkali harus mengancam nyawa sang ibu, salah satunya adalah ketika kehamilan disertai dengan pre-eklampsia dan eklampsia. (Baca: Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan) Pre-eklampsia adalah keadaan hamil yang disertai dengan beberapa tanda berikut: Tekanan darah yang tinggi (lebih dari 140/90 mmHg) Bengkak pada bagian-bagian tubuh secara menyeluruh (jika urin diperiksa akan menunjukkan terdapat protein dalam jumlah besar pada urin) nyeri kepala mulai dari sedang sampai hebat (tergantung derajat pre eklampsia ringan atau berat) nyeri pada ulu hati penglihatan yang terganggu (biasanya dikeluhkan sebagai pandangan yang kabur dan berbayang) Sampai hari ini sebab dari pre-eklampsia ini masih diperdebatkan, hanya saja beberapa orang dapat kita waspadai untuk masuk dalam keadaan ini, yakni mereka yang memiliki berat badan berlebih dan riwayat tekanan darah tinggi pada keluarga, juga pada mereka yang pada kehamilan sebelumnya menderita pre-eklampsia. Lalu apa yang dimaksud dengan eklampsia? Eklampsia adal [...]

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Kondisi tubuh manusia bisa berubah-ubah setiap waktu. Tubuh manusia memiliki siklus yang dinamakan ritme sirkadian, yaitu naik-turunnya hormon (fluktuasi) yang terjadi pada jam-jam tertentu. Fluktuasi ini berpengaruh terhadap suhu tubuh dan tekanan darah yang bisa mengubah mood, emosi hingga tingkat energi. Menurut sejumlah ahli dan penelitian, ritme sirkadian ini juga menentukan waktu-waktu terbaik kapan Anda harus bangun pagi, ketika ingin hamil atau kapan wajah Anda terlihat paling menarik.(hst/hst) [...]

Berhenti Merokok Bisa Bantu Tingkatkan Memori

Berhenti Merokok Bisa Bantu Tingkatkan Memori

Banyak manfaat yang bisa didiapat dari menghentikan kebiasaan merokok. Salah satunya adalah membantu meningkatkan memori sehari-hari Anda.Tim peneliti dari Northumbria University di Newcastle, Inggris melakukan percobaan dnegan cara memberikan tes memori kepada 27 perokok, 18 mantan perokok dan 24 orang yang tidak merokok. Tes yang menguji memori ini dilakukan di berbagai universitas yang berbeda lokasi.Hasilnya pun dilaporkan bahwa para perokok hanya bisa mengingat 59 persen dari tugas mereka, bila dibandingkan dengan 74 persen mantan perokok. Sedangkan mereka yang tidak merokok bisa mengingat 81 persen dari tugasnya."Kita sudah tahu bahwa berhenti merokok memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, tetapi studi lain menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat memiliki manfaat terhadap fungsi kognitif otak juga," ujar Tom Heffernan dari Collaboration for Drug and Alcohol Research Group, seperti yang dikutip dari msn.Penelitian ini dirilis online, sebelum akhirnya dipublikasi cetak pada jurnal Drug and Alcohol Dependence. Heffernan mengatakan bahwa percobaan ini merupakan yang pertama kalinya dalam meneliti pengaruh berhenti merokok terhadap ingatan seseorang."Mengingat bahwa perokok d [...]

Fakta Medis Dibalik Perselingkuhan

Fakta Medis Dibalik Perselingkuhan

Perselingkuhan merupakan fenomena tanpa akhir yang kerap sekali terjadi di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya laki-laki, namun wanita pun terkadang juga selingkuh. Masalah psikologis memang tetap menjadi salah satu penyebab kuat datangnya orang ketiga. Tidak puas dengan pasangan hingga rasa penasaran untuk mencari sesuatu yang baru. Dari sisi medis, perselingkuhan terjadi karena adanya hormon testosteron pada laki-laki. Saat ia tertarik pada seorang wanita, hormon ini biasanya bergejolak dan memicu rangsangan seksual pada laki-laki tersebut. Seiring berjalannya waktu, biasanya kadar hormon testosteron akan menurun dan digantikan oleh oksitosin, si hormon persahabatan. Lalu bagaimana dengan perempuan? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan wanita? Untuk kaum hawa, bila testosteron meningkat dan menurunkan kadar oksitoksin, maka sama seperti yang terjadi pada pria, wanita tersebut akan menjadi tidak setia pada pasangannya. Para wanita akan memproduksi hormon testosteron lebih banyak jika menemukan pria yang membuat penasaran dan tidak bisa memberikan komitmen penuh serta merasa kurang tertarik dengan pria yang dengan setia menunggunya di rumah. Jagalah kesetiaa [...]

Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Oleh: dr. Nadia Octavia Salah satu pertanyaan umum dalam penanganan cedera adalah apakah menggunakan es atau kompres hangat untuk penatalaksanaan cedera. Jawabannya adalah tergantung kondisinya. Pertolongan dengan Es Pilihan pertama yang paling aman untuk penatalaksanaan cedera adalah es. Namun metode ini paling baik dilakukan pada cedera atau nyeri yang terjadi dalam kurun kurang dari 24 jam atau cedera yang berlanjut menjadi bengkak. Es akan mengurangi nyeri dan menyebabkan terjadi vasokonstriksi (penyempitan dan penutupan pembuluh darah kecil) sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri. Tips: Gosokkan batu es pada area yang mengalami cedera hingga es meleleh atau rendamlah handuk tipis pada air dingin dan letakkan batu es di dalam handuk tersebut Untuk tangan atau kaki, rendam di dalam ember atau mangkok berisi es selama 10-15 menit Baik es maupun kompres dingin tidak boleh digunakan selama lebih dari 30 menit Untuk mengurangi bengkak, posisikan area tubuh yang terkena lebih tinggi Kompres hangat Panas akan menyebabkan relaksasi otot dan paling baik digunakan pada otot-otot postural seperti pada punggung dan leher. Nyeri, kaku otot ataupun kekakuan pada osteoart [...]

Rokok Menyebabkan Susah Tidur

Rokok Menyebabkan Susah Tidur

Insomnia merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan adanya kesulitan untuk tidur maupun terjaga tetap tidur. Penderita insomnia seringkali mengalami satu atau lebih gejala berikut: Kesulitan untuk tidur Sering terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali tidur Terbangun terlalu pagi/dini hari Merasa lelah padahal sudah cukup tidur. Mengantuk di siang hari Sulit berkonsentrasi dan mengingat Halaman berikut membantu menjelaskan Anda apa saja penyebab insomnia: Penyebab insomnia: Stress (kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, dll) Penyakit yang menyertai (misalnya: arthritis) Gangguan emosi dan fisik Faktor lingkungan (terlalu bising, lampu, ataupun temperatur yang ekstrim) Obat - obatan tertentu (misalnya obat asma, darah tinggi, alergi) Gangguan jadwal tidur normal (misalnya jet lag) Depresi Cemas Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas? Halaman berikut penjelasannya: Tips Tidur Sehat & Berkualitas Bebas Insomnia Tidur yang berkualitas dapat menghindari Anda dari insomnia, berikut adalah tips-tips yang dapat dicoba: Usahakan untuk sela [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *