Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

flu.jpg

Sakit flu disebabkan oleh virus influenza yang menimbulkan berbagai gejala seperti pilek, demam dan sakit kepala. Flu bukanlah penyakit berbahaya tapi ketika menyerang, bisa membuat stamina tubuh menurun dan sulit beraktivitas karena lemas.

Penyakit ini sebenarnya tidak perlu disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan apalagi antibiotik. Menurut pakar nutrisi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, flu bisa hilang dengan sendirinya asalkan cukup asupan nutrisinya.

“Orang yang sakit flu bisa sembuh sendiri asalkan cukup gizi. Daya tahan tubuh yang akan melawan virus tersebut,” ujarnya, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, belum lama ini.

Jadi sebelum buru-buru minum obat, sebaiknya jaga dulu asupan makanan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang efektif mempercepat penyembuhan dari serangan flu. Ini beberapa di antaranya.

1. Bawah Putih
Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Jahe
Sejak zaman nenek moyang, jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis atau bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat.

3. Bayam
Sayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat dimasak sebentar, kira-kira 10-15 menit.

4. Teh Hijau
Peneliti asal Jepang Hiroshi Yamada, MD, Ph.D menemukan dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yakni catechin dan theanine. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

5. Vitamin C
Vitamin C bermanfaat untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan flu. Jeruk bukanlah satu-satunya makan yang kaya akan vitamin C. Kentang, paprika hijau, stroberi dan nanas juga kaya akan vitamin C untuk melawan pilek yang disertai flu.

(hst/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas

Inilah 5 Biang Kerok Sering Lemas-lemas

Ketika Anda merasa lemas, Anda seringkali menyalahkan ?kekurangan tidur? sebagai biang keladi utama. Bila sudah begitu, Anda lebih memilih untuk minum kopi demi membuat tubuh ketimbang mengetahui penyebab pasti di belakangnya. Padahal, dengan memahami titik permasalahan, Anda bisa mengatasi lemas-lemas dengan mudah bahkan Anda tak perlu minum kopi setiap hari untuk membuat tubuh berenergi. Jadi, apa saja penyebab yang bisa membuat seseorang sering lemas? 1. Dehidrasi Menurut studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition pada tahun 2012, penurunan kadar air di dalam tubuh sebanyak 1,5% akan mengakibatkan kekacauan mood. Solusi: Minumlah lebih banyak. Singkiran aturan 8 gelas sehari, karena kebutuhan hidrasi seseorang bervariasi berdasarkan cuaca dan aktivitas. 2. Kekurangan B12 Tubuh Anda membutuhkan vitamin B12 untuk memproduksi sel-sel darah merah dan menjaga neuron berfungsi dengan baik. Ketika Anda kekurangan vitamin tersebut, tubuh pun akan cepat lemas. Solusi: Jika Anda merasa lemas disertai dengan cepat lupa, kaki gelisah dan kesemutan, mungkin penyebabnya adalah karena kekurangan B12. Tanyakan kepada dokter atau ahli gizi untuk melakukan tes darah. [...]

Jenis-jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya

Bagi kaum wanita, istilah keputihan atau vaginal discharge nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga. Menurut data penelitian, sebanyak 75% wanita di Indonesia pernah mengalami keputihan setidaknya sekali dalam hidupnya. Dalam dunia kedokteran, terdapat dua jenis keputihan, yaitu keputihan normal dan tidak normal.Salah satu ciri khas dari keputihan normal adalah keluarnya lendir yang sifatnya encer dan tidak berwarna atau jernih. Dalam keputihan normal juga tidak ada gejala-gejala seperti gatal, panas, atau perih. Sedangkan sebaliknya, gejala-gejala dari keputihan yang tidak normal adalah lendir yang berwarna seperti putih susu, kekuningan atau kehijauan. Apabila terdapat perubahan warna, biasanya diikuti juga dengan rasa gatal, perih, panas dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.Dalam bincang-bincangnya bersama Wolipop di kediamannya, Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan mengatakan bahwa keputihan yang tidak normal termasuk dalam kategori berbahaya. Namun, semua ini bergantung kepada penyebab keputihan seperti bakteri, jamur, parasit atau protozoa. Sebaiknya Anda tidak perlu khawatir, karena keputihan ini dapat diatasi dengan cara [...]

5 Makanan Penghambat Penuaan

5 Makanan Penghambat Penuaan

Proses penuaan merupakan proses yang tidak dapat dicegah. Setiap orang pasti akan mengalami proses penuaan, entah terlihat dari luar tubuh ataupun proses penuaan yang terjdi di dalam tubuh. Ternayata menurut beberapa penelitian, proses penuaan ini bisa lho kita bantu cegah. Pencegahan penuaan bisa dengan makanan, ataupun dengan cara lain seperti olahraga. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dibuktikan dapat menghambat proses penuaan. Minyak Zaitun (Olive Oil) Banyak peneliti yang menyebutkan bahwa kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun bertanggung jawab dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun juga mengandung polyphenols yang merupakan sumber anti-oksidan yang kuat untuk mencegah proses penuaan. Yogurt Yogurt kaya akan kandungan kalsium yang membantu melawan osteoporosis dan mengandung ?bakteri baik? yang membantu menjaga kesehatan usus dan mengurangi peningkatan risiko penyakit usus akibat penuaan. Ikan Ikan merupakan sumber omega-3 yang tinggi yang berguna mencegah gumpalan kolestrol di pembuluh darah serta membantu melindungi jantung terhadao kelainan irama jantung. Kacang Kacang merupakan makanan yang tin [...]

4 Faktor Penyebab Kulit Sangat Berminyak

4 Faktor Penyebab Kulit Sangat Berminyak

Kulit yang terlalu berminyak cenderung mudah berjerawat dan terlihat kusam. Kabar baiknya, orang yang memiliki kulit berminyak umumnya lebih awet muda ketimbang kulit kering karena memiliki elastisitas yang lebih baik.Mengapa beberapa orang memiliki kulit sangat berminyak, sementara yang lainnya normal dan cenderung kering? Dermatologist Joshua Zeichner, M.D. mengatakan, kadar minyak pada kulit dipengaruhi oleh faktor genetik. Dokter kulit yang menjabat sebagai direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinat Medical Center, New York ini mengatakan, kondisi yang disebabkan faktor genetik hampir mustahil untuk diubah tapi Anda bisa meminimalisir faktor-faktor yang bisa meningkatkan produksi minyak.Sebelum itu, ada baiknya mengetahui dulu hal-hal yang membuat kulit jadi lebih berminyak dari biasanya, sehingga Anda bisa mencari cara untuk mengatasinya. Ini penjelasannya, seperti dikutip dari Women's Health Mag. 1. Siklus MenstruasiJerawat jadi bertambah banyak menjelang haid? Salahkan hormon wanita Anda. Setiap bulannya, tubuh mengalami kenaikan produksi hormon. Kondisi tersebut bisa menstimulasi kelenjar minyak yang menyebabkan pori-pori kulit mudah tersumbat, debu cepat men [...]

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Makan sahur sangat penting agar tubuh tidak lemas dan kuat berpuasa lebih dari 12 jam lamanya. Makanan yang dikonsumsi saat sahur pun haruslah lengkap kandungan nutrisinya, tapi dalam jumlah yang cukup alias tidak berlebihan.Elemen nutrisi harus terpenuhi mulai dari karbohidrat, protein, serat juga vitamin dan dalam jumlah yang seimbang. Dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG menjelaskan, dalam satu piring berukuran sedang harus terdapat sedikitnya 1/4 karbohidrat dari nasi putih atau nasi merah, 1/4 protein, 2/3 sayur dan satu butir buah.Saat sahur, jumlah protein bisa diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama. Misalnya saja Anda sudah makan satu potong dada ayam sebagai lauk, maka bisa menambah protein dengan sebutir telur rebus, bisa juga sepotong tahu atau tempe. Dokter yang berpraktik di Melinda Hospital, Bandung ini mengatakan bahwa protein cenderung lambat dicerna tubuh."Protein membuat kenyang terasa lebih lama dibandingkan karbohidrat. Itu bantu kurangi rasa lapar," ujarnya saat diwawancara Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Sebagai tambahan energi, dokter Johannes juga menyarankan untuk minum susu sesaat sebelum waktu imsak. Su [...]

Penderitaan Wanita Berpayudara Besar: Gatal-gatal dan Bau Badan

Penderitaan Wanita Berpayudara Besar: Gatal-gatal dan Bau Badan

Tidak sedikit wanita yang mendambakan punya payudara besar. Kenyataannya payudara besar tak selalu seindah bayangan. Seperti dialami wanita asal Inggris ini. Gara-gara payudaranya terlalu besar dia jadi merasakan gatal dan bau badan.Tina Williams memperingatkan pada wanita yang tidak merasa puas dengan payudara mereka. Menurutnya payudara besar justru bisa menimbulkan masalah sendiri.Wanita 62 tahun itu memiliki payudara besar karena keturunan. Begitu besarnya, hingga ketika berat badannya tidak terlalu gemuk pun dia harus memakai cup D.Payudara besar itu awalnya tidak mendatangkan masalah untuknya. Hingga 20 tahun lalu saat usianya melewati 40 tahun, dia menemukan bercak kemerahan di bawah payudaranya."Luka kemerahan itu bisa menjadi sangat sakit dan kadang berdarah. Saat malam aku sampai mengangkat cup braku karena begitu menyakitkan," ujar Tina, pensiunan PNS asal Sheffield, seperti dikutip Daily Mail.Penderitaan yang dialami Tina itu dinamai intertrigo. Intertrigo merupakan kondisi yang umumnya dialami wanita berpayudara besar atau ketika payudara mulai kendur. Kondisi tersebut biasanya bermula dari iritasi di payudara bagian bawah. Iritasi ini disebabkan karena area tersebu [...]

Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Kemunculan alergi pada seseorang bisa sangat mengganggu kehidupan sehair-hari, tidak terkecuali pada ibu hamil. Ibu hamil dengan segala kemungkinan kelainan dalam kehamilannya, perlu benar-benar menjaga kesehatan agar alergi tidak perlu terjadi. Apa saja yang harus Anda ketahui mengenai alergi pada kehamilan? Isabella Pali-Sch�ll, Ph.D., dalam artikelnya yang bertajuk ?Asthma dan Allergic in Pregnancy? mengatakan bahwa asma dan alergi dalam kehamilan dapat menimbulkan banyak masalah. Misalnya saja dalam pemilihan obat alergi. Seperti yang kita ketahui bahwa wanita hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat karena efeknya dapat mempengaruhi janin. Idealnya, Anda tidak mengonsumsi obat apa pun yang dapat memicu masalah dalam perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan. Kemunculan asma dan alergi pada kulit dalam kehamilan sangat sering dijumpai. Bentuk alergi sangat bermacam-macam di antaranya: Kelainan kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan Kelainan pernapasan seperti batuk dan hidung meler Kelainan pencernaan seperti diare, konstipasi, dan nyeri perut Gejala berat seperti bengkak mata, mulut, dan kesulitan bernapas Memang, alergi tidak dapat dihila [...]

Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Apakah Anda sering mengalami mata merah? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi mata merah? Apakah Anda termasuk orang yang sering menggunakan tetes mata untuk mengatasi hal tersebut? Apakah sebelum menggunakan obat tetes mata Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter? (Baca: 9 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat) Mata merah sering terjadi di sekitar kita. Pada umumnya, orang yang sering mengalami mata merah adalah orang yang bekerja di luar ruangan sehingga sering terpapar dengan debu dan sinar matahari. Hal tersebut juga sering terjadi pada orang-orang yang matanya sensitif atau memiliki alergi. Mata merah sering pula disertai rasa gatal. Bila hanya karena iritasi ringan dan alergi, pertahanan tubuh kita mampu untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak dibutuhkan obat tetes mata apapun. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam) Lain hal nya bila yang terjadi adalah peradangan hebat. Pada kasus seperti ini dibutuhkan tetes mata yang mengandung zat anti radang contohnya seperti kortikosteroid. Namun dalam penggunaan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid harus berhati-hati. Obat ini tidak boleh digunakan sembarangan apalagi dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan tetes m [...]

Merokok Saat Hamil Rentan Lahirkan Bayi Gangguan Jantung

Merokok Saat Hamil Rentan Lahirkan Bayi Gangguan Jantung

Semua orang tahu bahwa merokok bukanlah kebiasaan baik, terutama bagi wanita hamil. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita hamil yang merokok cenderung melahirkan bayi dengan gangguan jantung bawaan.Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ibu hamil yang merokok pada trimester pertama, 20 persen hingga 70 persen kemungkinan besar bayinya akan terlahir dengan gangguan jantung bawaan. Seperti dikutip dari Times of India, gangguan jantung bawaan ini adalah jenis yang paling umum dari kelainan lahir dan berkontribusi sekitar 30 persen kematian bayi dari kelainan lahir setiap tahunnya.Penelitian yang dilakukan U.S. Center for Disease Control and Prevention (CDC) yang diterbitkan pada jurnal Pediatrics, menemukan adanya hubungan antara paparan tembakau dan beberapa jenis kelainan pada bayi. Kelainan tersebut seperti, hambatan aliran darah dari sisi kanan jantung ke paru-paru (hambatan saluran keluar ventrikel kanan) dan bukaan antara ruang atas dari jantung (atria septal cacat)."Wanita perokok mesti berpikir untuk menghentikan kebiasaan merokok dan bila mereka dinyatakan hamil maka mereka harus segera menghentikan kebiasaan tersebut, "ujar Direktur CDC Thomas R. Frieden."Berhas [...]

Dampak Hujan Asam terhadap Kesehatan

Dampak Hujan Asam terhadap Kesehatan

Beberapa daerah di Indonesia terindikasi mengalami hujan asam. Meski sifatnya masih berupa dugaan, tidak ada salahnya mengetahui seluk-beluk hujan asam, terutama efeknya terhadap kesehatan. Secara kasat mata hujan asam terlihat sama seperti hujan pada umumnya. Yang membedakan adalah kandungan yang terdapat pada tiap tetesan airnya. Hujan asam terjadi akibat adanya pembuangan senyawa sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke udara di sekitar kita. Kedua zat ini dapat terakumulasi di udara dan bereaksi dengan molekul air di atmosfer sehingga menghasilkan hujan dengan kadar asam tinggi. Dengan kata lain, tiap tetesan air hujan ini mengandung zat asam. Keberadaan zat sulfur dioksida dan nitrogen oksida dipicu oleh kegiatan sehari-hari manusia, seperti asap pembuangan dari penggunaan kendaraan bermotor, pembangkit tenaga listrik, dan penggunaan batu bara sebagai tenaga listrik. Selain itu, sambaran petir dan letusan gunung berapi juga turut berkontribusi terhadap kehadiran kedua zat ini. Efek langsung hujan asam terhadap kesehatan sebenarnya tidak ada. Anda masih aman jika terguyur atau terkena percikan air hujan asam. Namun, partikel yang dihasilkan oleh hujan asam, seperti sulfur dioks [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *