Tanpa Obat, Flu Bisa Cepat Sembuh dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

flu.jpg

Sakit flu disebabkan oleh virus influenza yang menimbulkan berbagai gejala seperti pilek, demam dan sakit kepala. Flu bukanlah penyakit berbahaya tapi ketika menyerang, bisa membuat stamina tubuh menurun dan sulit beraktivitas karena lemas.

Penyakit ini sebenarnya tidak perlu disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan apalagi antibiotik. Menurut pakar nutrisi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG, flu bisa hilang dengan sendirinya asalkan cukup asupan nutrisinya.

“Orang yang sakit flu bisa sembuh sendiri asalkan cukup gizi. Daya tahan tubuh yang akan melawan virus tersebut,” ujarnya, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, belum lama ini.

Jadi sebelum buru-buru minum obat, sebaiknya jaga dulu asupan makanan Anda. Ada beberapa jenis makanan yang efektif mempercepat penyembuhan dari serangan flu. Ini beberapa di antaranya.

1. Bawah Putih
Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Jahe
Sejak zaman nenek moyang, jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis atau bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat.

3. Bayam
Sayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Bayam juga mengandung serat, antioksidan, seperti vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat dimasak sebentar, kira-kira 10-15 menit.

4. Teh Hijau
Peneliti asal Jepang Hiroshi Yamada, MD, Ph.D menemukan dua zat utama dalam teh hijau yang mampu menjaga tubuh dari ancaman flu yakni catechin dan theanine. Keduanya adalah antioksidan yang sangat berguna untuk melawan penyakit.

5. Vitamin C
Vitamin C bermanfaat untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan flu. Jeruk bukanlah satu-satunya makan yang kaya akan vitamin C. Kentang, paprika hijau, stroberi dan nanas juga kaya akan vitamin C untuk melawan pilek yang disertai flu.

(hst/aln)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips P3K di Rumah

Tips P3K di Rumah

Ketika Anda ataupun orang-orang terkasih Anda mengalami suatu keadaan yang berpotensi mengancam jiwa, tentu Anda tahu bahwa yang perlu Anda lakukan adalah mencari bantuan medis. Kita tidak pernah tahu atau memprediksi kapan kita akan membutuhkan bantuan darurat. Sehingga ada baiknya jika nomor telefon atau kontak ambulans ataupun rumah sakit terdekat selalu tertera di dekat telepon, kulkas, ataupun tempat yang mudah dijangkau. Namun satu hal yang pasti dalam kegawatdaruratan, jika Anda menemukan seseorang tergeletak, prioritaskan dahulu hal-hal berikut ini: Apakah orang tersebut bernafas atau tidak? Apakah terdapat luka-luka? Apakah orang tersebut pernah mengalami trauma (benturan) ataupun kondisi kronis? Sementara Anda menunggu bantuan medis, yang perlu Anda lakukan adalah: Tips P3K di Rumah Ketika Anda ataupun orang-orang terkasih Anda mengalami suatu keadaan yang berpotensi mengancam jiwa, tentu Anda tahu bahwa yang perlu Anda lakukan adalah mencari bantuan medis. Kita tidak pernah tahu atau memprediksi kapan kita akan membutuhkan bantuan darurat. Sehingga ada baiknya jika nomor telefon atau kontak ambulans ataupun rumah sakit terdekat selalu terter [...]

Kuning Telur Bisa Menaikkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?

Kuning Telur Bisa Menaikkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?

Ada banyak mitos yang berdear mengenai makanan yang dikonsumsi tiap harinya. Ada beberapa makanan dengan reputasi buruk dan baik namun tak sesuai kenyataan. Berikut empat mitos tersebut, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.1. Keju tidak baik bagi kesehatanJawabannya tergantung dari keju jenis apa yang Anda konsumsi. Ada keju kemasan, keju olahan, dan ada juga keju Eropa dan keju tradisional dari sapi pemakan rumput. Keju Eropa atau keju tradisional dari sapi yang memakan rumput memiliki kadar lemak omega-3 (anti-inflamasi) yang lebih tinggi yang baik untuk Anda.Keju merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Tetapi, keju yang dihasilkan dari sapi yang diberi hormon pertumbuhan dan antibiotik, malah dapat mengganggu kesehatan. Sesuai dengan mitos, keju ini sebaiknya dihindari.2. Telur membuat kolesterol Anda naikYang menarik dari mitos ini adalah banyak orang menghindari makan kuning telur telur, tetapi tetap memakan kue kering kemasan. Penelitian jangka panjang tidak menemukan hubungan antara konsumsi telur dan penyakit jantung.Penelitian menemukan bahwa lemak trans yang digunakan untuk memperpanjang jangka waktu makanan, memiliki hubungan dengan penyakit jantung. Jadi [...]

Tidak Hanya Susu, Minyak Zaitun Juga Berkhasiat Jaga Kesehatan Tulang

Tidak Hanya Susu, Minyak Zaitun Juga Berkhasiat Jaga Kesehatan Tulang

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Berbagai tahapan pengolahan memberikan beragam varietas minyak zaitun, seperti extra virgin, virgin, pure, dan pomace.Selain sehat bagi jantung dan membantu menjaga berat badan tetap ideal, minyak zaitun ternyata juga baik untuk kesehatan tulang. Hal tersebut sudah dibuktikan lewat penelitian di Madrid University, Spanyol.Dalam proyek penelitian yang dikerjakan selama dua tahun, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin memiliki kadar osteocalcin yang lebih tinggi pada tubuhnya, dibandingkan dengan yang tidak. Apa itu osteocalcin?Seperti dikutip dari Daily Mail, osteocalcin merupakan jenis protein yang diproduksi oleh sel-sel pembentuk tulang. Kadar osteocalcin yang tinggi merupakan penanda kesehatan tulang yang baik.Selain itu, osteocalcin juga membantu mencegah resistensi insulin, yaitu kondisi dimana tubuh menjadi imun terhadap efek hormon tersebut. Selain menyebabkan diabetes, resistensi insulin juga menjadi salah satu penyebab tulang rapuh dan [...]

Terobsesi Higienis, Wanita Ini Bersih-bersih Sepuluh Jam Sehari

Terobsesi Higienis, Wanita Ini Bersih-bersih Sepuluh Jam Sehari

Berada di lingkungan yang bersih dan juga sehat tentunya membuat siapaun yang berada di sekitarnya merasa nyaman. Namun, bagaimana jika ada orang yang sangat mencintai kebersihan dan melakukan kegiatan bersih-bersih 10 jam dalam sehari? Apakah Anda membersihkan keyboard Anda lima kali sehari? Atau mencuci buah-buahan dan menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan handphone Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Pecinta kerapihan yang memiliki kebiasaan melakukan sanitasi yang aneh, tapi terlihat biasa saja bagi orang yang terobsesi akan kebersihan.Alfreta, wanita yang bukan hanya rajin membersihkan kamar mandinya sendiri, namun juga toilet umum, bahkan rumah orang lain yang ia kunjungi. "Saya bebersih sehari sekali, namun saya lakukan sepanjang hari," ujarnya pasa saat One Hour Show yang akan tayang pada Rabu 5 Desember ini.Ia menggunakan setengah botol pembersih setiap kali membersihkan toilet yang ia tuangkan bukan hanya pada dudukan toilet, namun juga ke dalam tangki pembersihannya. Ia juga terobsesi menggunakan cairan pembersih ketika berada di dapur. Ia mengungkapkan bahwa cairan pembersih adalah teman bagi setiap orang.Ia menuangkan satu tutup botol pembersih pada seman [...]

Ini Menu Sarapan yang Bisa Buat Umur Anda Lebih Panjang

Ini Menu Sarapan yang Bisa Buat Umur Anda Lebih Panjang

Pentingnya mengawali hari dengan sarapan sudah tak diragukan lagi. Selain mencegah kegemukan juga meningkatkan produkitivitas kerja di siang harinya. Kini manfaat sarapan bertambah satu lagi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sarapan semangkuk kecil bubur setiap pagi adalah kunci untuk panjang umur dan hidup sehat.Studi yang dilakukan terhadap lebih dari 100 ribu orang dalam kurun 14 tahun itu menemukan bahwa bubur yang terbuat dari oatmeal atau gandum utuh bisa mengurangi risiko meninggal akibat sakit jantung. Sarapan 28 gram bubur gandum, diyakini bisa mengurangi risiko kematian dini hingga lima persen setiap mangkuknya.Hasil ini didapatkan setelah para peneliti menganalisa pola makan 74.900 responden wanita dan 43 ribu pria, serta pengaruhnya terhadap kesehatan jangka panjang. Dari analisa diketahui bahwa mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh mengurangi risiko kematian karena sakit jantung.Untuk lebih memastikan hasil studi, para peneliti juga memasukkan faktor-faktor lain seperti usia, kebiasaan merokok dan indeks massa tubuh yang mungkin bisa memengaruhi harapan hidup seseorang. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa responden yang rajin makan gandum utuh cender [...]

Pola Hidup yang Harus Dijalani Sebulan Penuh Agar Semangat Puasa

Pola Hidup yang Harus Dijalani Sebulan Penuh Agar Semangat Puasa

Selama berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan maupun cairan sekitar 14 jam. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan pola makan dan tidur agar bisa menjalani puasa dengan baik tanpa terasa lemas, ngantuk atau lesu. Simak delapan tips sehat selama puasa seperti yang dikutip dari About.1. Konsultasi dengan DokterSebelum mulai berpuasa, ada baiknya untuk mengonsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Tanyakan mengenai pola makan, waktu yang tepat untuk meminum obat atau multivitamin dan juga jenis olahraga yang boleh dilakukan selama berpuasa.2. Makan Sahur yang TepatPeran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein nabati, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina Anda selama puasa.3. Hindari Makanan BerminyakHindari mengonsumsi makanan berminyak. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang har [...]

Ibu Sehat, Bayi Sehat

Ibu Sehat, Bayi Sehat

Perjalanan menjadi Ibu merupakan perjalanan yang panjang dan penuh tantangan. Perjalanan tersebut telah dimulai ketika proses pertama kehidupan di dalam rahim Ibu terjadi. Selama masa kehamilan, banyak pengorbanan yang perlu dilakukan oleh Ibu untuk memastikan agar janinnya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selama kehamilan tersebut, Ibu harus sedapat mungkin memastikan kesehatan tubuhnya dan juga kesehatan janinnya. Menjaga kehamilan merupakan ibadah, memastikan agar titipan Yang Maha Kuasa terjaga dengan baik. Untuk memastikan hal tersebut, Ibu perlu memperhatikan hal-hal penting seperti menjaga asupan nutrisi dengan gizi seimbang dan menjaga kebugaran melalui olah raga ringan yang dapat membantu Ibu tetap fit. Selain itu, Ibu perlu mewaspadai beberapa hal yang sebaiknya dihindari selama kehamilan agar tidak membahayakan diri dan janinnya. Dalam rangka menjaga asupan nutrisi yang seimbang, Ibu disarankan untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap protein, karbohidrat, lemak dan zat gizi penting lainnya seperti asam folat, zat besi dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan janin. Selain itu, Ibu juga perlu menghindari beberapa makanan yang memiliki potensi untuk membahay [...]

Asupan Sarat Serat Penghalau Konstipasi

Asupan Sarat Serat Penghalau Konstipasi

Apakah Anda mengalami perubahan saat buang air besar (BAB) pada beberapa hari terakhir? Apakah rutinitas tersebut menjadi lebih jarang dari biasanya atau Anda harus mengejan ekstra ketika BAB ? Konstipasi atau sembelit adalah kondisi ketika Anda mengalami kesulitan BAB. Tinja menjadi keras dan kering sehingga sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, perut sering terasa kembung dan sakit atau tidak nyaman. Menelusuri Penyebab Konstipasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti : Pola makan yang kurang asupan serat Makanan tinggi lemak dan kurang cairan atau dehidrasi Kurang olahraga Kehamilan Penggunaan obat pencahar secara berlebihan Efek samping obat contohnya obat antidepresi dan antasida Beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti hipotiroid Ada pula jenis makanan yang dituding sebagai penyebab konstipasi, misalnya, susu, daging, kafein, dan cokelat. Memerhatikan Asupan Serat Jika Anda memang mengalami gangguan BAB, jangan terburu-buru menggunakan obat pencahar. Sebagian besar orang yang mengalami konstipasi ringan tidak membutuhkannya. Sebaiknya, lihat kembali pola makan Anda. Serat dibutuhkan tubuh sebagai bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna. Asupan serat yang d [...]

Jangan Jadikan Anak Anda Perokok Pasif!

Jangan Jadikan Anak Anda Perokok Pasif!

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di medical journal Lancet British mengatakan, 1 persen kematian dari seluruh dunia disebabkan karena menjadi perokok pasif. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari tahun 2004 dan mencakup 192 negara, terdapat sekitar 600.000 perokok pasif meninggal setiap tahunnya. Angka kematian ini juga harus ditambah dengan sekitar 5,1 juta penduduk di seluruh dunia yang meninggal setiap tahunnya karena menjadi perokok aktif. Menurut para peneliti dari studi yang dibiayai oleh Swedish National Board of Health and Welfare and Bloomberg Philanthropies ini, merokok pasif menyebabkan sekitar 379.000 kematian karena jantung, 165.000 kematian karena penyakit pernapasan, 36.900 kematian karena asma, dan 21.400 kematian karena kanker paru-paru dalam setahun. Studi ini dapat membantu kita untuk lebih mengerti dan peduli akan dampak dan korban dari perokok. Kadang para orang tua sering kali menjaga anaknya agar terhindar dari hal-hal yang berbahaya seperti meninggalkan anaknya di ujung jalan sendiri, namun ironisnya, merokok di depan anak mereka dianggap tidak berbahaya bagi mereka. Telah tercatat 40% anak-anak dan 30% perempuan maupun pria yang tidak [...]

6 Cara Agar Anak Remaja Anda Terbebas dari Rokok

6 Cara Agar Anak Remaja Anda Terbebas dari Rokok

Tidak sedikit orangtua yang khawatir karena menilai pergaulan jaman sekarang yang sedemikian memprihatinkannya. Dimana banyak beranggapan rokok dalam hal ini merupakan pintu awal masuknya remaja berlanjut kepada tahap-tahap kenakalan berikutnya, sebut diantaranya narkoba, minuman keras, bahkan beberapa diantaranya dikaitkan pada gaya hidup seks bebas. Tidak heran jika demikian terjadi. Pasalnya rokok dalam dunia kesehatan juga menjadi pencetus utama sebagai angka kematian tertinggi di dunia pada gagal jantung dan kanker. Jangan kaget pula, pasalnya Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia berbahaya yang dapat merusak tubuh. Bahan-bahan kimia dalam rokok terutama akan menimbulkan kelainan pembuluh darah yang selanjutnya akan meningkatkan risiko untuk terkena serangan jantung, stroke, hipertensi,dll hingga 2-4 kali lipat. Lalu bagaimana caranya untuk memastikan anak remaja Anda untuk terbebas rokok? Berikut ada beberapa saran yang dapat diberikan kepada orangtua pada khususnya. 1. Berikan Contoh yang Baik Anak remaja yang merokok biasanya juga memiliki orangtua perokok. Jika Anda tidak merokok, maka pertahankanlah. Namun jika Anda perokok, maka ber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *