Tantangan yang Dihadapi Orangtua yang Dua-duanya Bekerja

orangtua.jpg

Tantangan yang dihadapi orangtua terlalu banyak. Anak-anak generasi saat ini lebih cepat dan cerdas. Dan dunia juga penuh dengan gangguan seperti internet, ponsel, tablet, dan masih banyak lagi. Jadi bayangkan bagaimana tantangan pasangan orangtua yang bekerja sambil mengurus anak-anaknya di saat yang sama.

Saat ini kebanyakan dalam rumah tangga kedua orangtua bekerja. Mereka meninggalkan anak-anaknya dengan pengasuh, asisten rumah tangga atau pusat penitipan anak. Kondisi inilah yang membuat anak-anak memiliki sedikit waktu dengan orangtuanya.

Anda sebagai orangtua juga tak bisa mengharapkan anak-anak mengerti bahwa Anda lelah usai pulang dari kantor. Kunci mengelola situasi ini adalah keseimbangan kehidupan kerja yang optimal. Berikut tantangan yang sering dihadapi pasangan orangtua bekerja seperti dikutip Boldsky, Jumat (28/2/2014):

1. Berikan waktu yang cukup

Sebagian besar orangtua lelah usai pulang kantor. Tapi sebagai orangtua Anda harus memberikan waktu ke anak setelah pulang. Ini adalah pengorbanan yang besar.

2. Perhatikan pengasuh

Anda bisa menyewa pengasuh untuk menjaga anak Anda tapi siapa yang akan memperhatikan pengasuh? Anda perlu mengawasi apakah pengasuh memperlakukan anak Anda dengan benar. Ia seharusnya tak lebih memanjakan anak atau menyalahgunakan anak Anda dengan cara apapun.

3. Memilih fasilitas penitipan yang terbaik

Salah satu tantangan utama pasangan pekerja adalah memilih fasilitas penitipan yang baik dan tepat. Idelanya, tempat tersebut tak harus jauh dari kantor atau rumah.

4. Waspada dengan kegiatan anak

Apa yang anak Anda lakukan ketika Anda di tempat kerja? Apakah mencari situs yang tak pantas di internet? Ataukan anak Anda jadi kecanduan televisi? Sebagai orangtua, Anda harus waspada dan tahu semua ini.

5. Dekat dengan anak

Jika Anda bekerja 10-12 jam sehari, anak Anda tak akan memiliki waktu untuk mengenal Anda. Tapi, Anda mencurahkan seluruh energi Anda untuk menjadi teman anak Anda.

6. Saling mendukung

Orangtua pekerja harus memahami masing-masing jam kerjanya. Jika ayah tak bisa menghadiri pertemuan orangtua, maka ibu yang mewakili.

7. Mengelola waktu di saat genting

Ketika Anda menjadi orangtua dan mengadapi situasi yang genting misalnya anak sakit atau jatuh saat bersekolah, Anda harus memprioritaskan kebutuhan anak sebelum Anda.

8. Merawat anak sakit

Sebagian besar orangtua yang bekerja di perusahaan tentu tahu tak mudah meninggalkan pekerjaan. Jadi apa yang terjadi jika anak Anda sakit dan membutuhkan perawatan? Ini adalah salah satu tantangan yang kerap dihadapi orangtua pekerja.

9. Tak memanjakan anak

Sebagai orangtua yang jarang bertemu anaknya, mereka cenderung terlalu memanjakan anaknya. Anda harus memastikan Anda mendisiplinkan anak Anda bila diperlukan.

10. Orangtua bersatu

Anda harus mengatasi perbedaan pola pengasuhan. Jika Anda bertengkar karena anak, itu merupakan kesalahan besar orangtua.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kelamin Dan Metzgar `Tegang` 8 Bulan Usai Operasi Impotensi

Kelamin Dan Metzgar `Tegang` 8 Bulan Usai Operasi Impotensi

Awalnya, Dan Metzgar (45) ingin menyembuhkan impotensi yang dialaminya. Tapi, pengobatan yang dilakukannya membuatnya tak bisa berhenti ereksi selama delapan bulan dan ukuran kelaminnya setengah dari aslinya.Disfungsi ereksi memang menjadi masalah yang dialami 2,3 juta pria Inggris. Prosedur dengan krim dan suntikan tak selalu efektif sehingga membuat pria mengambil risiko dengan beralih ke operasi demi mengobati kesengsaraannya.Metzgar yang merupakan sopir truk dari Maryland mencoba melakukan operasi yang bukan tanpa risiko. Ia menanamkan pompa penis, solusi bedah umum untuk pria dengan disfungsi ereksi. Tapi, pompa penis itu membuatnya mengalami ereksi permanen."Ini sangat memalukan berjalan-jalan dengan ereksi yang tak berhenti, belum lagi menyakitkan," kata Metzgar seperti dikutip Dailymail, Kamis (16/1/2014).Putus Asa Usai OperasiMasalah yang dialami Metzgar bermula pada 2006 ketika ia mengalami masalah ereksi dan kehilangan kepercayaan diri."Saya melihatnya seperti merengguh hidupnya karena, Anda tahu, merasa tak seperti pria," kata istrinya, Donna."Dia putus asa."Setelah gagal mencoba krim dan pil, Metzgar dan Donna memutuskan menggunakan tabungannya US$ 42 ribu untuk melaku [...]

Kanker Payudara Masih di Urutan Teratas

Kanker Payudara Masih di Urutan Teratas

Kanker bisa menyerang siapa saja tidak peduli usia dan jenis kelamin. Menurut Himpunan Onkologi Ginekologi Ibdobesia, Dr. dr. Lauka Nuranna, So.OG (K) ada beberapa jenis kanker yang paling sering ditemukan. Salah satunya adalah kanker payudara."Untuk pria, kanker yang sering menyerang yaitu kanker paru, colocetrun, prostat, hati dan nasopharing. Wanita yakni kanker payudara, leher rahin, colocetrum, ovariun dan kanker paru. Pada anak sering terjadi kanker retinoblastona dab kanker darah," kata dr. Laila, Selasa (4/2/2014).Menurut dr. Laila, saat ini kanker payudara masih menjadi persoalan serius karena tidak sedikit ditemukan kasus kematian yang disebabkan kanker tersebut."Dari semua kanker di lapangan itu, kanker payudara masih sering ditemukan dan mencapai urutan pertama penyebab kematian," katanya.Berdasarkan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2010, kanker payudara dan leher rahim merupakan jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh rumah sakit di Indonesia.Dengan jumlah pasien kanker payudara sebanyak 12.014 orang, kanker leher rahim sebanyak 5.349 orang, leukemia 4.342 orang, lymphoma 3.486 orang dan kanker paru 3.244 orang."Walaupun dat [...]

Top 5 Health: Alasan Bayi Harus Tidur Sendiri Mencuri Perhatian

Top 5 Health: Alasan Bayi Harus Tidur Sendiri Mencuri Perhatian

Berbagai opini mencuat mengenai masalah ini. Sebab, semua orangtua ingin yang terbaik bagi anaknya. Jadi, sebenarnya solusi yang terbaik mengenai masalah ini sangat bergantung pada orangtua dan bayi. Bayi tidur sendiri memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain artikel mengenai alasan bayi harus tidur sendiri, berikut terdapat 5 artikel yang juga mencuri perhatian pembaca Liputan6.com edisi Jumat (26/12/2014). 1. Ini Alasan Mengapa Bayi Harus Tidur Sendiri Sebenarnya hal yang perlu dipertimbangkan adalah usia bayi agar siap tidur sendiri. Jika mereka sudah siap maka sebaiknya mereka tidur sendiri di kamar. Mengapa? Ini dia ulasannya. 2. Sexpedia: Ciri Wanita yang Menikmati Seks Kabarnya, wanita lebih sulit untuk mencapai kenikmatan saat berhubungan seks. Penandanya pun masih simpang siur. Lantas, wanita yang menikmati seks itu yang seperti apa? Jika wanita tidak mengeluarkan cairan selama hubungan seks, apakah itu normal? 3. 5 Pilihan Junk Food yang Sehat unk Food atau makanan cepat saji merupakan makanan yang paling susah dihindari di dunia saat ini. Kenikmatan rasa dari makanan ini membuat kita terlena dan tak lupa akan bahaya makanan ini. Tak perlu khawatir mengkon [...]

Akibat Daging Sapi, 8 Cacing Pita Bersarang di Perut Wanita Ini

Akibat Daging Sapi, 8 Cacing Pita Bersarang di Perut Wanita Ini

Seorang wanita asal China harus menjalani perawatan khusus setelah terkontaminasi daging sapi di Asia Tenggara, Januari lalu.Pasien berusia 30 tahun, Li mengaku, awalnya ingin memeriksakan diri ke dokter. Tapi ternyata ia didiagnosis mengalami teniasis atau infeksi cacing pita di usus. Menurut dokter, daging yang dimakannya tidak dimasak dengan benar sehingga parasit yang terbentuk di hewan, tumbuh di ususnya. "Ini menjijikkan dan hampir membuat saya pingsan," kata Mrs Li, seperti dikutip laman Mirror, Kamis (19/6/2014). Sebelumnya, WebMD melaporkan, ada beberapa jenis cacing pita yang dapat menginfeksi manusia, seperti misalnya Taenia saginata dari daging sapi, Taenia solium dari daging babi, dan Diphyllobothrium latum dari ikan.Gejala cacing pita meliputi: - Mual- Kelemahan- Diare- Nyeri perut- Kelaparan atau kehilangan nafsu makan- Kelelahan dan berat badan berkurang Namun, tidak jarang, cacing pita tidak menimbulkan gejala. Satu-satunya tanda infeksi cacing pita mungkin cacing akan bergerak ketika akan buang air besar.Meski kasus ini jarang terjadi, tapi cacing pita dapat menyebabkan komplikasi serius, termasuk infeksi usus. Terutama jika telur cacing pita babi tertelan, hal [...]

Kuasa Hukum: Dokter Ayu cs Bisa Keluar dari Penjara Malam Ini

Kuasa Hukum: Dokter Ayu cs Bisa Keluar dari Penjara Malam Ini

Dr Ayu dan dua rekannya yang ditahan karena malapraktik kemungkinan akan segera menghirup udara bebas pada Jumat malam ini (7/2/2014). Peninjauan kembali (PK) yang diajukan kantor Sabas Sibaga, Ramli Siagian Associates terkait kasus dokter Ayu dan rekannya akhirnya dikabulkan Mahkamah Agung (MA)."Dari awal kami yakin PK ini akan dikabulkan. Pengadilan Negeri pun sudah menyatakan mereka tidak bersalah karena sudah sesuai dengan prosedur," kata Kuasa Hukum dr. Hendry, Sabas Sinaga, SH, MH, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (7/2/2014).Menurut sabas, pada Jumat malam ini rencanaya ketiga dokter tersebut yang terdiri dari dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendi Siagian, dan dr Hendry Simanjuntak bisa menghirup udara kebebasan. "Kami sedang berkoordinasi dengan Kajari dan Karutan. Kami usahan malam ini mereka semua sudah bebas," kata Sabas.Kabar bebasnya ketiga dokter ini diperoleh dari Ketua Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur."Perkara PK atas nama terpidana dr Ayu dkk dikabulkan," tulis Ridwan lewat pesan singkatnya.Walaupun MA belum mengeluarkan pemberitahuan resmi terkait bebasnya dokter Ayu cs, Sabas optimistis dengan kebebasan ketiga dokter tersebut."Kai masih menunggu surat pem [...]

Atasi Cemas Berlebih dengan Tidur Lebih Awal

Atasi Cemas Berlebih dengan Tidur Lebih Awal

Tekanan pekerjaan yang tak ada hentinya, kondisi keuangan yang belum mapan dan aneka problema kehidupan lainnya sering membuat cemas banyak orang. Hal tersebut memang biasa terjadi pada banyak orang, namun ketika rasa cemas berubah jadi berlebihan harus segera Anda atasi. Tidur lebih awal, itu caranya menurut psikolog. Bukan tanpa sebab psikolog menyarankan hal tersebut. Menurut sebuah penelitian teranyar ditemukan fakta bahwa orang yang kurang tidur dan tidur larut malam menghadirkan pikiran-pikiran negatif dibandingkan mereka yang tidur pada jam dan jumlah normal.Mereka yang larut malam tidur atau kurang tidur memunculkan pikiran pesimis dalam diri. Tak hanya sekali, perasaan ini muncul terus menerus yang tak dapat dikontrol. Berbagai kekhawatiran yang acapakali berlebihan baik tentang masa depan, masa lalu dan aneka pikiran yang mengganggu. Hal ini menandai gejala kecemasan dan depresi. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cognitive Therapy and Research ini hadir setelah aneka studi lainnya yang mendapatkan fakta pentingnya tidur teratur dalam jangka waktu tujuh hingga delapan jam per hari bagi orang dewasa. Serta penyakit yang menyertai bagi mereka yang tidur kurang dari juml [...]

Sebuah Sekolah Ditutup Karena ‘Wabah Ciuman’

Sebuah Sekolah Ditutup Karena ‘Wabah Ciuman’

Sebuah sekolah kecil bernama Woodland Public Schools yang terletak di distrik Oklahoma, AS, meliburkan siswanya hingga Desember nanti dan melarang mereka untuk mendekati ruang kelas apapun alasannya. Seperti dilansir dari Fox News pada kamis (24/11/2014), keputusan untuk meliburkan siswa dilakukan karena di sekolah tersebut tersebar wabah mononucleosis atau 'wabah ciuman'. Total, siswa yang diliburkan mencapai 200 orang. "Penutupan ini disebabkan frekuensi infeksi mononucleosis yang tinggi di daerah tersebut," kata Dewan Sekolah. "Selama penutupan, semua gedung sekolah akan didesinfeksi untuk mencegah penyebaran virus," tambahnya. Mononucleosis sendiri disebut dengan wabah ciuman karena penyakit tersebut tersebar saat seseorang terkena air liur orang lain, sebagaimana yang terjadi saat berciuman. Selain itu, nama lain dari penyakit ini adalah mono atau Glandular Fever yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan demam kelenjar. Dalam kasus ini, penyakit tersebar melalui batuk, pilek, dan berbagi tempat makan atau minum dengan mereka yang telah tertular. Adapun gejala penyakit ini termasuk mudah lelah, sakit tenggorokan dan demam. [...]

Kenapa Ketiak Bisa Menghitam?

Kenapa Ketiak Bisa Menghitam?

Ketiak merupakan salah satu daerah paling sensitif. Pigmentasi atau menggelapnya kulit ketiak dapat terjadi di daerah ini karena sejumlah alasan.Ahli Kesehatan dari Situs Health Me Up, Dr. Kiran Lohia, MD memberitahu bagaimana cara mengelola pigmentasi seperti dikutip dari Health Me Up, Senin (20/1/2014) :1. Hindari gesekanGesekan merupakan penyebab terbesar kenapa muncul pigmentasi, dan merupakan hasil dari keringat berlebihan, kurangnya antiperspiran, pakaian ketat, cuaca panas, atau dari kelebihan berat badan.Cobalah jaga ketiak agar tetap kering dengan sering menggunakan deodoran setelah mandi, dan mengganti pakaian kerap kali berkeringat. Carilah pakaian yang terbuat dari katun agar dapat bernapas dengan mudah. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan, sudah sepantasnya untuk segera menurunkan berat badan.2. Kenali infeksi jamurJamur sangat sering tumbuh di daerah lembab dan gelap seperti di ketiak. Jamur ini menyebabkan kemerahan, gatal-gatal dan juga pigmentasi. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter kulit, dan obati infeksi jamur tersebut.3. Periksa diabetesBanyak orang yang rentan diabetes atau sudah mengalami diabetes seringkali memiliki p [...]

Telinga Gadis Ini Ditumbuhkan dari Pergelangan Tangan

Telinga Gadis Ini Ditumbuhkan dari Pergelangan Tangan

Nasib malang menimpa, Charlotte Ponce, 11, saat bayi ia diserang mamalia khas Amerika Utara, rakun. Ganasnya serangan hewan berukuran sedang ini sampai-sampai membuat telinga kanan, hidung, dan bibirnya rusak parah. Beruntung, teknologi operasi bedah yang makin canggih membuatnya pada April lalu menjalani operasi transplantasi telinga buatan. Selama tujuh jam, ia dioperasi untuk memasang telinga kanan yang terbuat dari tulang rawannya yang ditumbuhkembangkan di pergelangan tangan kanannya. "Kondisinya sekarang baik dan kami terus memantau aliran darah ke telinga barunya," tutur Dr Kongkrit Chiayasate, dokter bedah plastik yang mengoperasi Charlotte dari Beaumont Children's Hospital. Seperti dilansir laman ABC News, Minggu (13/7/2014), ini adalah operasi ke 10 sejak tahun 2012 untuk mengembalikan telinga kanannya. Menurut Chiayasate, Charlotte masih butuh pembedahan lagi untuk memperbaiki beberapa bagian."Dua tahun lalu ia tidak mau melakukan kontak mata dan bicara sama sekali. Namun dua tahun terakhir ini ia memiliki kepercayaan diri," tambah Chiayasate. [...]

Membiasakan Hidup Bersih dan Sehat Saja Kok Sulit?

Membiasakan Hidup Bersih dan Sehat Saja Kok Sulit?

Kesadaran masyarakat Jakarta dengan lingkungan bersih dan sehat perlu ditingkatkan. Untuk itu, dibutuhkan perubahan perilaku menyeluruh dan bertahap. Tidak hanya masyarakat kalangan bawah, kalangan atas pun harus memiliki pola pikir yang sama.Dr. Linda Darmajanti, MT, Sosiolog FISIP Universitas Indonesia mengatakan bahwa dari aspek sosiologis, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus menjadi bagian dari perilaku sosial setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat."Kalau dilihat dari segi sosial, kayaknya PHBS ini mudah sekali. Tapi, ketika itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ternyata susah juga. Terlebih masyarakat kita ini tergolong heterogen," kata Linda menjelaskan dalam acara 'Wipol Aksi Anti Kuman' Tingkatkan Kesadaran Perilaku Hidup Bersih Sehat Masyarakat, ditulis Kamis (13/3/2014).Andai saja semua individu sudah memiliki pola pikir yang sama tentang apa itu PHBS dan bagaimana cara menerapkannya, tambah Linda, maka akan dengan mudah bila masyarakatnya mendapatkan musibah seperti banjir yang terjadi di awal 2014 ini.Lebih lanjut Linda menjelaskan bahwa PHBS merupakan modal dasar bagi masyarakat untuk mewujudkan kota yang sehat (Healthy City). "Healthy [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *