Tanya Jawab tentang Kartu Indonesia Sehat yang Dikelola BPJS

057246600_1415011642-z1.jpg

Hari ini, pemerintah secara resmi membagi Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di lima kantor pos, Jakarta. Namun banyak yang belum mengetahui apa itu KIS dan apa bedanya dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang baru berlaku awal tahun ini yang dikelola BPJS.

Berikut ini tanya jawab seputar Kartu Indonesia Sehat yang dirampung Health-Liputan6.com, Senin (3/11/2014):

1. Apa itu KIS?

KIS adalah singkatan dari Kartu Indonesia Sehat, program untuk mendapatkan jaminan sosial yang berlaku nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera.

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fahmi Idris menyampaikan, dengan KIS maka akan ada perluasan manfaat secara kualitas dan kuantitas. Kualitas dalam maksud, masyarakat prasejahtera akan mendapat layanan kesehatan mulai dari preventif (pencegahan) dan promotif. Sedangkan secara kualitas, akan ada penambahan jumlah orang yang sebelumnya tidak bisa ditampung dalam SJSN yang tercatat sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yaitu 86,4 juta jiwa.

2. Bagaimana dengan peserta yang memiliki kartu Askes, Jamkesmas, Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk DKI dan sebagainya?

Selain KIS, untuk sementara kartu lainnya masih berlaku (kartu lainnya akan segera terintegrasi dengan kartu kepersertaan BPJS Kesehatan).

3. Bagaimana mendapatkan Kartu Indonesia Sehat?

Menurut Kepala Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Irfan Humaedi, untuk sementara, Kartu Indonesia Sehat (KIS) diperuntukkan bagi mereka pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang datanya telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial.

“Jika yang bersangkutan tidak mampu, dan belum terdaftar sebagai masyarakat miskin maka dia bisa melaporkan ke Kemensos, Dinas Sosial atau Pemda terkait. Nanti akan dicek apakah dia benar-benar tidak mampu oleh mereka,” kata Irfan.

Di tempat terpisah, Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Bambang Widianto menyampaikan, KKS merupakan pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebagai penanda keluarga kurang mampu. Kartu ini berbentuk Kartu HP (SIM card) yang berisi uang elektronik yang digunakan untuk mengakses Simpanan Keluarga Sejahtera, mencakup Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Simpanan Keluarga Sejahtera adalah bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu, yang diberikan dalam bentuk rekening simpanan sebagai bagian dari strategi nasional keuangan inklusif.

Sementara di daerah, pemerintah mendorong Layanan Keuangan Digital (LKD) sarana simpanan dan transaksi non-tunai yang menggunakan nomor ponsel sebagai rekening tempat menyimpan dana. Penggunaan LKD untuk penyaluran bantuan sosial sudah diujicobakan dengan hasil yang baik kepada 1.600 rumah tangga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di 4 provinsi.

“Melalui LKD, pemerintah juga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penerima bantuan. Setelah mendapatkan Kartu HP dengan uang elektronik tersebut, selanjutnya masyarakat tidak perlu antri untuk mengambil bantuan, karena bantuan tunai sudah disalurkan melalui rekening di nomor ponselnya. Selain itu, mereka pun tidak perlu mengambil langsung bantuannya dalam bentuk tunai sehingga aman bagi mereka,” kata Bambang.

4. Bagaimana alur pelayanan kesehatan untuk peserta KIS?

Irfan mengatakan, alur pelayanan KIS dengan pasien pengguna kartu BPJS Kesehatan sejauh ini sama. Mereka akan dilayani di fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas terlebih dahulu baru kemudian bila menurut dokter perlu perawatan, bisa dirujuk ke Rumah Sakit. Khusus untuk gawat darurat, pasien bisa mendapatkan layanan di RS.

5. Apakah ada kemungkinan dobel data bagi masyarakat miskin yang mendapatkan KIS dan peserta PBI?

Menurut Irfan, kemungkinan dobel data sangat kecil mengingat semua kebenaran data akan divalidasi oleh Kementerian Sosial dan BPJS Kesehatan. “Kalau nggak sesuai, kita tolak. Nanti mereka yang datanya sesuai akan dibagikan KIS dan distribusi kartu, salah satunya bisa dilakukan di kantor pos.”

Baca juga:

Ini Beda Kartu Indonesia Sehat dan BPJS

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ada Ruang Khusus Pria di Mal Saat Tunggu Istri Belanja

Ada Ruang Khusus Pria di Mal Saat Tunggu Istri Belanja

Pria dan wanita berbeda jika soal belanja. Kaum wanita bisa menghabiskan waktu berjam-jam saat ke mal. Sayangnya, pria tak betah berlama-lama menemani sang istri `mengelilingi` mal. Karena itulah di pusat perbelanjaan China menawarkan ruang khusus untuk suami.Di ruangan tersebut, sang suami bisa tidur sambil menunggu istri berbalanja. Ada beberapa fasilitas yang tersedia di ruang khusus suami seperti kursi, meja, wifi, dan sebuah bar sehingga pria bisa duduk-duduk, tidur, dan menghabiskan waktu mencari hal-hal yang menyenangkan hati.Di tempat itu kaum pria akan merasa lebih senang ketimbang mengelilingi mal seperti dikutip Dailymail, Selasa (7/1/2014).Seluruh pusat perbelanjaan di China itu memperkenalkan ruangan laogong jicun chu dan terbukti sukses besar.Dari gambar yang beredar, kebanyakan pria menggunakannya hanya untuk istirahat.Ruang khusus suami itu pertama kali muncul di Shenzen pada 2010, tapi sekarang semakin populer di seluruh negara dan ditemukan di mal di Kota Guigang, Qiqihaer, dan Tianchang.(Mel/*) [...]

BKKBN : Tren Pernikahan Dini Meningkat

BKKBN : Tren Pernikahan Dini Meningkat

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prof Fasli Jalal mengatakan, tren pernikah dini di Tanah Air semakin meningkat terutama di perkotaan. "Pada 2007, ada kenyataan bahwa setiap 1000 remaja ada 26 di antaranya yang sudah menikah. Dan, lima tahun kemudian pada 2012, angka itu naik enam poin menjadi 32 dari 1000 remaja," ujar Fasli dalam acara malam penghargaan Eagle Junior Documentary 2014 di Jakarta, Jumat. Remaja yang dimaksud berusia 15 sampai 19 tahun.Padahal usia yang terbaik untuk menikah, menurut Fasli, berusia 20 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki. Selama ini ada anggapan, pernikahan dini kerap terjadi di pedesaan karena paksaan dari keluarga. Tapi saat ini yang terjadi, pernikahan dini juga banyak terjadi di perkotaan. "Kami mempertanyakan ada apa ini? Inilah yang kita upayakan agar remaja tidak melakukan pernikahan di usia yang terlalu dini melalui program Generasi Berencana (GenRe)," tambah dia. GenRe adalah program BKKBN yang memang diarahkan kepada remaja dan generasi muda. Tujuannya agar kalangan generasi muda terutama remaja tidak melakukan pernikahan pada usia dini, dengan kata lain GenRe adalah demi membangun pengert [...]

Kematian Kanker Anak pada 2030‏ Bisa Capai 13,1 Juta

Kematian Kanker Anak pada 2030‏ Bisa Capai 13,1 Juta

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyayangkan bila penanganan kanker pada anak terlambat dan menyebabkan kematian. Pasalnya, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, 7,6 juta kematian dunia disebabkan kanker pada anak. Dan bila hal ini tidak dikendalikan, jumlah kematian kanker anak akan membengkak hingga 13,1 juta jiwa pada 2030. "Data kanker menunjukkan jumlah kasus kanker baru meningkat. Pada 2008, ada 12,7 juta kasus baru dengan 7,6 juta kematian. Kini, kasus baru kanker mencapai 14,1 juta dengan 8,2 juta kematian. Ini disebabkan oleh datangnya mereka pada tahap akhir dan rata-rata dari keluarga kurang mampu," kata Menkes di sela-sela acara peresmian layanan kesehatan kanker gratis oleh Tahir Foundation bersama RS Mayapada di Jakarta, Senin (26/5/2014). Menkes juga menyesalkan, fasilitas kesehatan untuk kanker hanya bisa dijangkau di kota-kota besar seperti Jakarta. Sehingga hal ini memperlambat proses pengobatan dan pasien datang pada stadium lanjut. "Keponakan saya leukemia tapi cepat ditangani dan kini telah sembuh. Yang saya khawatirkan, anak Indonesia sekarang lebih takut periksa karena tidak ada biaya. Memang betul tidak murah. Untuk pengobatannya saja bisa sam [...]

Waspada Bahaya Kesehatan pada Mobil Rental

Waspada Bahaya Kesehatan pada Mobil Rental

Saat merental mobil, yang sering dipikirkan adalah harga dan jenis mobil yang disewa. Tapi pernahkan Anda memikirkan apakah mobil tersebut bersih? Apakah sebelumnya digunakan oleh orang sehat atau sakit? Mobil rental digunakan secara berganti-ganti oleh banyak orang dengan beragam kondisi kesehatan. Jika seseorang yang menggunakan mobil rental sedang sakit, bakterinya masih tertinggal di mobil. Laman Today mengadakan uji laboratorium akan hal ini bersama para ahli. Dari enam mobil yang diuji, hanya dua yang dinyatakan bersih. Empat mobil lain kotor dan ada salah satu mobil yang ditemukan banyak bakteri, termasuk bakteri yang terdapat dalam kotoran manusia ada dalam setir mobil. "Ini adalah masalah kesehatan publik yang serius yang seharusnya jadi perhatian," tutur Dr Robert Glatter dokter dari New York City's Lenox Hill Hospital seperti yang dikutip laman Today, Selasa (8/7/2014). Bob Minelli, salah seorang pemilik rental mobil di Amerika Serikat mengatakan bahwa sebagai seseorang yang merental mobil jangan pernah mengasumsikan bahwa mobil yang dirental bersih. "Para pemilik mobil rental sepertinya hanya fokus memikirkan profit, dibanding kesehatan dan keselama [...]

Susah Toilet, Perempuan Bisa Pipis Berdiri dengan GoGirl

Susah Toilet, Perempuan Bisa Pipis Berdiri dengan GoGirl

Perempuan tak seperti pria yang mudah buang air kecil di manapun dengan berdiri. Ketika mendapatkan dudukan toilet yang tak bersih atau antrean panjang perempuan biasanya berpikir memakainya.Tapi, kini ada perangkat yang memungkinkan perempuan buang air kecil berdiri, tapi tetap bersih dan rapi.Perangkat tersebut disebut GoGirl yang berwarna merah muda tersebut bisa dipakai wanita manapun dan penggunaannya juga mudah. Perangkat tersebut terbuat dari silikon kelas medis.Produk bersegel tersebut memastikan penggunanya tetap bersih dan bebas percikan dari air seni (urine) ketika sedang bepergian atau berada di dalam mobil.Perangkat GoGirl fleksibel dan dilengkapi dengan tabung sehingga Anda bisa menyimpannya dan membuangnya setelah digunakan. Anda juga bisa dengan mudah menyimpannya di tas, laci, dan saku. Selain itu, produk GoGirl bisa digunakan kembali, tapi pastikan Anda mencucinya dengan hati-hati.Apabila Anda wanita yang sering bepergian tapi membenci toilet duduk, Anda beruntung. Mungkin ini terlihat sebagai konsep yang baru buat Anda. Tapi, menurut situsnya, perempuan di Eropa sudah menggunakan perangkat buang air kecil ini selama bertahun-tahun.Setelah Anda berlatih menggunaka [...]

Dokter Penerbangan Berharap Tes Kesehatan Pilot Tak dipersulit

Dokter Penerbangan Berharap Tes Kesehatan Pilot Tak dipersulit

Selama ini, tes kesehatan pilot komersial dianggap kurang efektif. Pasalnya, Balai Kesehatan Penerbangan hanya ada di Jakarta sehingga pilot yang berada di daerah harus ke Jakarta. Seperti disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Penerbangan dr Soemardoko Tjokrowidigdo SpM, SpKP bahwa pilot sebenarnya tidak harus ke Jakarta untuk melakukan tes kesehatan lantaran Balai Kesehatan atau primary care di Bandara, di beberapa daerah bisa dibangun. Sehingga tidak buang waktu pilot ke Jakarta hanya untuk check up."Primary care di Bandara lebih efektif, tidak usah penerbang hanya untuk license check up harus ke Jakarta. Cukup di daerah saja, nanti hasilnya bisa dikirim online bila telah diterbitkan. Jam kerjanya lebih efektif. Kalau sekarang, primary care diluar jakarta dikerjakan TNI AU di pangkalan udara masing-masing jadi dokter komersil di Papua misalnya harus ke Jakarta dulu," katanya. "Kita mau meningkatkan indonesia memenuhi syarat internastional. Kalau masih tidak berubah juga, di era Open Sky 2015, kita tidak bisa mendapatkan ijin terbang ke Amerika atau Eropa. Sekarang saja hanya ijin khusus untuk pesawat tertentu. Jadi tidak semua pesawat sipil, terbang ke Eropa," uja [...]

Yang Membuat Anda Makin Tidak Produktif

Yang Membuat Anda Makin Tidak Produktif

Saat sedang fokus bekerja, tiba-tiba ada dering pesan WhatsApp. Tak berapa lama muncul notifikasi email masuk. Dan, biasanya kita akan reflek untuk membaca pesan beberapa menit, lalu kembali bekerja lagi. Gangguan kerja seperti ini memang sering terjadi. Tapi tahukah, hasil kerja Anda bisa lebih baik daripada saat tak ada gangguan? Dalam studi terbaru, peneliti mendapati bahwa gangguan kerja menurunkan kualitas kerja. Tak dipungkiri memang bahwa kini gangguan kerja makin banyak muncul. Mulai dari notifikasi sosial media, email masuk, dering telepon, dan ajakan obrolan teman sebelah. Akibatnya menyelesaikan pekerjaan lebih lama dan kurang optimal. "Penelitian ini melihat langsung bahwa kualitas pekerjaan terkait dengan yang terjadi di dunia nyata,"tutur Erik Altmann, profesor psikologi dari Michigan Stae University yang terlibat dalam penelitian ini seperti dikutip laman Today, Jumat (18/7/2014). Gangguan kurang dari satu menit sudah cukup memengaruhi memori jangka pendek. Bahkan, menurut Altmann, gangguan yang terjadi 2,7 detik sudah cukup menggandan tingkat kesalahan karena mengganggu serangkaian berpikir. Jika biasanya kesalahan sebesar 2 persen kini berlipat jad [...]

Orangtua Juga Harus Mengerti tentang Kesehatan Reproduksi

Orangtua Juga Harus Mengerti tentang Kesehatan Reproduksi

Pendidikan kesehatan reproduksi (Kespro) tak hanya perlu bagi anak-anak, tetapi wajib. Bahkan orangtua pun harus mendapatkannya. Apalagi banyak orangtua yang menganggap pendidikan kesehatan reproduksi itu sebagai hal yang tabu.Demikian disampaikan Ketua Pusat Kajian Gender dan Seksualitas Universitas Indonesia, Irwan Hidayana seperti ditulis Selasa (28/1/2014)."Seksualitas dan kesehatan reproduksi sepertinya masih menjadi tabu. Padahal ini penting sekali untuk mencegah perilaku berisiko. Tidak hanya anak, orangtua juga butuh pendidikan kespro," kata IrwanMenurut Irwan kebanyakan anak lebih terbuka dengan teman sebaya dibandingkan dengan keluarga untuk masalah reproduksi."Biasanya komunikasi anak dengan orangtua tentang masalah reproduksi tidak intens karena dipikir ini hal yang tabu. Anak mencari informasi akhirnya mencari tempat lain untuk bertanya misalnya teman atau internet yang bisa memicu perilaku berisiko," kata Irwan.Irwan berharap para orangtua lebih peduli dan meningkatkan pengetahuannya tentang seksualitas dan reproduksi untuk anak."Bisa jadi anak jadi tidak terbuka saat ada gangguan kesehatan reproduksinya. Atau Jangan-jangan orangtua sebenarnya bingung menjawab pertany [...]

Hati Hati, Sinar Matahari Tingkatkan Risiko Sakit Mata

Hati Hati, Sinar Matahari Tingkatkan Risiko Sakit Mata

Sebagian besar masyarakat hidup dengan berkegiatan di luar ruangan. Misalnya untuk makan, bekerja, hingga sekedar jalan-jalan. Tapi tahukah Anda bahwa sering berkegiatan di luar pada siang hari meningkatkan potensi sakit mata? Dilansir dari Health Day pada Rabu (8/10/2014), penelitian terbaru menunjukkan bahwa radiasi ultraviolet berpotensi untuk meningkatkan risiko penyakit mata, seperti katarak dan glaukoma. Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari Harvard Medical School, Massachusetts Eye dan Ear Infirmary ini berkesimpulan bahwa mereka yang tinggal jauh dari garis khatulistiwa berpotensi 11 persen mengalami katarak dan galaukoma. Penelitian juga menunjukkan bahwa jika setiap jam per minggu dihabiskan di luar ruangan selama musim panas, maka risiko mengalami penyakit mata akan meningkat 4 persen. Meskipun demikian, para peneliti juga mengatakan bahwa selain sinar UV, penyakit mata juga disebabkan karena faktor genetik dan lingkungan. Dengan hasil penelitian ini, para ilmuwan menyimpulan bahwa penggunaan kacamata anti-UV semakin harus segara diterapkan untuk mencegah semakin meluasnya penyakit mata. [...]

Ingin Disiplinkan Murid, Guru Selotip Mulut Elise yang Cerewet

Ingin Disiplinkan Murid, Guru Selotip Mulut Elise yang Cerewet

Setiap guru memiliki cara tersendiri demi mendisiplinkan muridnya. Tapi pengalaman Elise Smith (11) yang dihukum gurunya membuat sang ayah naik pitam. Guru pria ini menempelkan selotip di bibir Elise selama 15 menit karena terlalu banyak bicara.Gubernur William Allitt School di Derbyshire, Jean Mead, mengkritik tindakan guru itu sebagai perbuatan yang sesat, tapi tak ada hukuman disiplin untuk si guru."Guru tersebut langsung menyesali perbuatannya dan meminta maaf," kata Mead.Sebenarnya, guru yang tak disebutkan identitasnya itu sudah meminta maaf kepada Elise dan orangtuanya tapi keduanya ingin dia dikeluarkan dari sekolah. "Semua anak berbicara di kelas dan diberitahu agar tenang, tapi anak saya terus berbicara,"Guru seharusnya hanya menyuruhnya keluar. Putri saya mengatakan kepada saya ketika saya pulang dan keesokan paginya saya ke sekolah," kata Marc Smith, ayah Elise seperti dilansir Metro, Selasa (10/6/2016). [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *