Tanya Jawab tentang Kartu Indonesia Sehat yang Dikelola BPJS

057246600_1415011642-z1.jpg

Hari ini, pemerintah secara resmi membagi Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di lima kantor pos, Jakarta. Namun banyak yang belum mengetahui apa itu KIS dan apa bedanya dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang baru berlaku awal tahun ini yang dikelola BPJS.

Berikut ini tanya jawab seputar Kartu Indonesia Sehat yang dirampung Health-Liputan6.com, Senin (3/11/2014):

1. Apa itu KIS?

KIS adalah singkatan dari Kartu Indonesia Sehat, program untuk mendapatkan jaminan sosial yang berlaku nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera.

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fahmi Idris menyampaikan, dengan KIS maka akan ada perluasan manfaat secara kualitas dan kuantitas. Kualitas dalam maksud, masyarakat prasejahtera akan mendapat layanan kesehatan mulai dari preventif (pencegahan) dan promotif. Sedangkan secara kualitas, akan ada penambahan jumlah orang yang sebelumnya tidak bisa ditampung dalam SJSN yang tercatat sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yaitu 86,4 juta jiwa.

2. Bagaimana dengan peserta yang memiliki kartu Askes, Jamkesmas, Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk DKI dan sebagainya?

Selain KIS, untuk sementara kartu lainnya masih berlaku (kartu lainnya akan segera terintegrasi dengan kartu kepersertaan BPJS Kesehatan).

3. Bagaimana mendapatkan Kartu Indonesia Sehat?

Menurut Kepala Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Irfan Humaedi, untuk sementara, Kartu Indonesia Sehat (KIS) diperuntukkan bagi mereka pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang datanya telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial.

“Jika yang bersangkutan tidak mampu, dan belum terdaftar sebagai masyarakat miskin maka dia bisa melaporkan ke Kemensos, Dinas Sosial atau Pemda terkait. Nanti akan dicek apakah dia benar-benar tidak mampu oleh mereka,” kata Irfan.

Di tempat terpisah, Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Bambang Widianto menyampaikan, KKS merupakan pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebagai penanda keluarga kurang mampu. Kartu ini berbentuk Kartu HP (SIM card) yang berisi uang elektronik yang digunakan untuk mengakses Simpanan Keluarga Sejahtera, mencakup Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Simpanan Keluarga Sejahtera adalah bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu, yang diberikan dalam bentuk rekening simpanan sebagai bagian dari strategi nasional keuangan inklusif.

Sementara di daerah, pemerintah mendorong Layanan Keuangan Digital (LKD) sarana simpanan dan transaksi non-tunai yang menggunakan nomor ponsel sebagai rekening tempat menyimpan dana. Penggunaan LKD untuk penyaluran bantuan sosial sudah diujicobakan dengan hasil yang baik kepada 1.600 rumah tangga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di 4 provinsi.

“Melalui LKD, pemerintah juga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penerima bantuan. Setelah mendapatkan Kartu HP dengan uang elektronik tersebut, selanjutnya masyarakat tidak perlu antri untuk mengambil bantuan, karena bantuan tunai sudah disalurkan melalui rekening di nomor ponselnya. Selain itu, mereka pun tidak perlu mengambil langsung bantuannya dalam bentuk tunai sehingga aman bagi mereka,” kata Bambang.

4. Bagaimana alur pelayanan kesehatan untuk peserta KIS?

Irfan mengatakan, alur pelayanan KIS dengan pasien pengguna kartu BPJS Kesehatan sejauh ini sama. Mereka akan dilayani di fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas terlebih dahulu baru kemudian bila menurut dokter perlu perawatan, bisa dirujuk ke Rumah Sakit. Khusus untuk gawat darurat, pasien bisa mendapatkan layanan di RS.

5. Apakah ada kemungkinan dobel data bagi masyarakat miskin yang mendapatkan KIS dan peserta PBI?

Menurut Irfan, kemungkinan dobel data sangat kecil mengingat semua kebenaran data akan divalidasi oleh Kementerian Sosial dan BPJS Kesehatan. “Kalau nggak sesuai, kita tolak. Nanti mereka yang datanya sesuai akan dibagikan KIS dan distribusi kartu, salah satunya bisa dilakukan di kantor pos.”

Baca juga:

Ini Beda Kartu Indonesia Sehat dan BPJS

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ekspedisi Kemensos Peduli Orang dengan Kecacatan

Ekspedisi Kemensos Peduli Orang dengan Kecacatan

Orang Dengan Kecacatan (ODK) seperti yang sulit berjalan, berbicara dan melakukan tindakan, membuatnya membutuhkan perhatian khusus. Sejumlah ODK memilih tinggal di panti rehabilitasi. Mereka termasuk yang mendapat perhatian dari Tim Ekspedisi Kemanusiaan Kelompok Marjinal (EKKM) 2014 Kementerian Sosial Republik Indonesia. "Penyebab mereka menderita ODK beraneka ragam ada yang cacat bawaan, karena demam atau sakit yang tidak segera dibawa ke rumah sakit. Ada yang yatim piatu, ada yang punya keluarga namun terkadang karena kemiskinan jadi dititipkan tinggal di panti," kata Suster Teresia dari Panti Asuhan Bhakti Luhur Jalan Soevardi Kelurahan Tuak, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Tim ekspedisi beserta lembaga sosial seperti Yayasan Tuna Daksa dan Surya Kebenaran Internasional pada Kamis (27/2/2014) mengunjungi para penderita ODK di Kupang."Salah satu bakti sosial yang dilakukan ini masuk ke dalam lingkup kegiatan ekspedisi. Dalam satu bulan lebih ini kami menelusuri 16 provinsi, sama seperti di Kupang kami membagikan pemenuh kebutuhan yang diperlukan," kata dr. Lilyana dari Yayasan Tuna Daksa.Kunjungan hari ini dipimpin oleh ketua ekspedisi yaitu Direktur Direktorat Jenderal Rehabilit [...]

Diet ala Kate Middleton, Mau Coba?

Diet ala Kate Middleton, Mau Coba?

Melihat perkembangan berat badan yang susut begitu cepat setelah melahirkan Pangeran George, Kate Middleton pun terus menjadi buah bibir. Semua orang akhirnya mencari tahu seperti apa diet yang dijalaninya.Sebelumnya Dailymail melaporkan, diet Kate Middleton bermanfaat untuk membuat kulit bersinar, rambut sehat dan kuku yang kuat. Kate kabarnya menjalani diet raw food atau mengonsumsi makanan mentah. Baginya makanan Amerika latin adalah favoritnya, seperti hidangan ikan mentah yang direndam dalam perasan jeruk dan rempah-rempah.Sedangkan untuk camilan, Kate mengonsumsi semangka, gazpacho (sup sayuran mentah), goji berry, tabbouleh (hidangan vegetarian), dan susu almond.Mengomentari Kate, Womenshealth, Jumat (20/6/2014) menjelaskan bahwa penulis buku The Small Change Diet, Keri Gans, MS, RD sangat percaya Kate mengonsumsi makanan sehat. Meski dietnya cukup ketat, Keri mengatakan, kita semua tidak perlu diet seperti itu. Karena yang terpenting adalah memanfaatkan kandungan makanan mentah dan mempertahankan nutrisinya. "Setiap diet yang Anda jalani, sebaiknya kurangi konsumsi gula atau karbohidrat sederhana lainnya," kata Keri. [...]

Jangan Tertipu Iklan Perawatan Antipenuaan!

Jangan Tertipu Iklan Perawatan Antipenuaan!

Banyaknya iklan, produk, serta klinik kecantikan yang mengatasnamakan preventive medicine cukup membuat Presiden World Council for Preventive, Regenerative and Anti-Aging Medicine (WOCPM) asal Indonesia, Dr. Deby Vinski resah. Menurut Deby, keresahan yang dirasakannya saat ini karena tak sedikit masyarakat yang tertipu dan terbujuk `rayuan` produk-produk tersebutUntuk itu, di saat dirinya menjabat sebagai Presiden WOCPM yang berkedudukan di Paris, Dr. Deby akan melakukan penertiban klinik, praktik, dan produk yang mengatasnamakan preventive medicine tapi tidak melalui prosedur yang benar.""Akan dikeluarkan official listed dari WOCPM. Jadi, dunia akan menggunakan itu. Siapa pun bisa apply, termasuk universitas," kata Deby Vinsky dalam acara 'Dipilihnya Jusuf Kalla Sebagai Penasehat Dunia WOCPM`di Kediaman Jusuf Kalla yang terletak di Jl. Brawijaya Nomor 6, Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (23/1/2014)Wanita cantik yang dijuluki sebagai The queen of AntiAging ini mengatakan, masyarakat harus berhati-hati agar tidak tertipu iklan antiaging. Menurutnya, preventive medicine yang sesungguhnya bukanlah anti kerut semata, dan embel-embel antiaging untuk menarik minat semata."Padahal, prevent [...]

BPJS: Aturan Baru dibuat Untuk Menarik Masyarakat Sehat Ikut BPJS

BPJS: Aturan Baru dibuat Untuk Menarik Masyarakat Sehat Ikut BPJS

Setelah Peraturan baru yang dikeluarkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan nomor 4/2014 tentang tatacara pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menuai kontroversi karena pemberlakuan kartu aktif 7 hari. Kini muncul lagi peraturan Peraturan Direksi BPJS Pusat nomor 211/2014 yang memuat secara teknis tata cara pendaftaran peserta BPJS.Dihubungi Liputan6.com, Senin (8/12/2014), Kepala Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Irfan Humaedi menuturkan bahwa peraturan nomor 211 ini dikeluarkan BPJS memang untuk menarik masyarakat yang sehat ketimbang yang sakit."Banyak yang daftar BPJS itu kan yang sakit. Padahal kami ingin masyarakat yang sehat juga ikut. Peraturan baru ini juga menuliskan beberapa kelonggaran," kata Irfan.Menurut Irfan, di peraturan Direksi nomor 211 tahun 2014, kelonggaran yang diberikan seperti masa aktif kartu yang berlaku 7 hari ditekankan hanya untuk kelas I dan II. Sedangkan golongan Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan kelas III, masa aktif kartu langsung berlaku.Selain itu, masalah status kepesertaan pasien yang masuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau RS, menurut Irfan, BPJS memberikan kesempa [...]

Kembang Kol, Sayur Murah Penjaga Imun Tubuh

Kembang Kol, Sayur Murah Penjaga Imun Tubuh

Coba tengok harga kembang kol di pasar tradisional atau pasar swalayan. Harganya relatif murah bukan? Namun jangan remehkan sayur dengan harga murah ini. Kembang kol mampu menjaga imun atau kekebalan tubuh terhadap serangkaian penyakit. Hal ini disebabkan karena mengandung Vitamin B dan Vitamin C, serta kalium dan fosfor. Selain itu bermanfaat pula untuk mendukung perbaikan tubuh, memelihara sistem saraf menurut ahli pakar gizi Rossanna Lee. Selain itu, masih ada 3 manfaat kembang kol lain yang baik untuk tubuh seperti dilansir Huffington Post, Senin (22/9/2014). 1. Tinggi antioksidan.Kembang kol punya tinggi kandungan antioksidan yang membantu mencegah radikal bebas yang mampu merusak sel-sel sel. Lee pun menyebutkan bahwa mengonsumsi kembang kol secara rutin mampu mencegah perkembangan sel kanker dan penyakit kronis umum. 2. Kaya seratSebagai sumber serat yang baik, mengonsumsi kembang kol dapat membantu pencernaan lancar. "Meningkatkan asupan serat adalah salah satu cara untuk mengendalikan nafsu makan dan mengelola berat badan," terang Lee. 3. Rendah sodiumBagi yang memiliki masalah jantung dan tekanan darah tinggi, mengonsumsi kembang kol disarankan karena mengandung so [...]

Makan Sebelum Jam 8 Malam, Apa Pentingnya?

Makan Sebelum Jam 8 Malam, Apa Pentingnya?

Gaya hidup modern telah mengubah secara signifikan pola hidup manusia kota. Termasuk kebiasaan jam makan malam yang makin larut. Hal ini, ternyata berdampak besar pada kesehatan tubuh. Di daerah pedesaan bisa jadi hal ini tidak terjadi. Masyarakat pedesaan cenderung makan sebelum larut malam dan tidur cepat. Untuk masyarakat yang tinggal di kota, apakah mungkin makan sekitar pukul enam atau delapan malam? Pada jam tersebut masih banyak yang berada di kantor maupun dalam perjalanan pulang. Namun, ada baiknya jangan sampai larut malam untuk makan malam, ada empat alasan makan sebelum pukul 20.00 yang dilansir dari Boldsky, Rabu (31/12/2014). [...]

Top 5 Health: Makanan Bikin Ereksi Lebih Lama Jadi Favorit

Top 5 Health: Makanan Bikin Ereksi Lebih Lama Jadi Favorit

Bagi pria, mempertahankan ereksi untuk berhubungan intim lebih lama sangat penting. Dalam beberapa kasus, kebanyakan pria menggunakan obat 'kuat' untuk mempertahankan ereksi. Tapi, sekarang waktunya membahas makanan yang membantu menghasilkan lebih banyak testosteron dalam tubuh Anda. Selain itu, informasi mengenai bahaya memberikan makanan gula dan garam kepada bayi juga mencuri perhatian pembaca. Berikut, 5 informasi yang paling mencuri perhatian pembaca Health-Liputan6.com edisi Senin, 24 November 2014 dalam Top 5 Health: 1. Lupakan Obat Kuat, 11 Makanan Ini Bikin Ereksi Lebih Lama Selain meningkatkan hormon, sejumlah makanan juga diklaim bisa membantu mempertahankan ereksi lebih lama karena kandungannya yang dapat meningkatkan aliran darah ke bagian genital. Penasaran? 2. Bahaya Bayi Diberi Makanan dengan Gula-Garam Terlalu Awal Banyak ibu yang merasa bingung kapan harus memberikan garam-gula usai bayi memasuki MPASI (Makanan Pengganti ASI). Konsultan pediatri dari Apollo Cradle, Bangalore, dr. Sowmya C.C, M.B.B.S, DNB menyatakan bahwa setelah bayi berusia lebih dari sembilan bulan baru boleh diberikan gula dan garam. 3. 5 Kesalahan Menggunakan Kondom Jika Anda pikir, t [...]

Mutasi Gen Diklaim Dapat Turunkan Risiko Sakit Jantung

Mutasi Gen Diklaim Dapat Turunkan Risiko Sakit Jantung

Dua penelitian, satu dari University of Maryland dan penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjuk mutasi genetik sebagai langkah baru medis dalam mengobati penyakit jantung. Sebelumnya, Prevention, Selasa (1/7/2014) mewartakan bahwa risiko penyakit jantung koroner secara genetik akan turun kepada anak sekitar 40 persen. Sedangkan dalam penelitian tersebut, mutasi genetik dilakukan guna menurunkan jumlah lipoprotein dalam darah Anda."Lipoprotein ini menempel pada dinding arteri jantung yang dapat menyebabkan penyumbatan dan serangan jantung. Jadi pertahanan genetik terhadap trigliserida dan lipoprotein akan membantu menurunkan risikonya," kata Direktur kardiologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Sekar Kathiresan, MD.Menurutnya, mutasi ini sifatnya memblokir gen APOC3 akan mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung. Sejauh ini mutasi genetik dilakukan untuk mengembangkan obat dan perawatan. Jadi peneliti berharap, mutasi gen ini efektif dalam pengobatan jantung.Kathiresan menambahkan, untuk saat ini, menjaga berat badan yang sehat, tetap aktif secara fisik, dan mengurangi asupan karbohidrat adalah cara-cara yang telah terbukti untuk menyehatk [...]

Menkes: RS Tipe B Wajib Penelitian atau Tak Naik Kelas

Menkes: RS Tipe B Wajib Penelitian atau Tak Naik Kelas

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengimbau seluruh Rumah Sakit tipe B yang berada disetiap ibukota provinsi dan menjadi tempat pelayanan rujukan di rumah sakit kabupaten untuk melakukan pendidikan dan penelitian. "Selain pelayanan, kita mengharapkan adanya pendidikan dan penelitian di RS tipe B. Pendidikan karena kita masih butuh tenaga medis, dokter, dokter gigi maupun tenaga paramedis seperti perawat, bidan dan sebagainya di daerah kecil dan terpencil. Karena nggak bisa terus dipusatkan di Jakarta biar nggak perlu lagi ada anak kanker dari pulau Alor periksa diri di Jakarta," kata Menkes di sela-sela acara pembukaan layanan kesehatan kanker anak gratis oleh Tahir Foundation di RS Mayapada, Senin (26/5/2014). Berdasarkan pengalaman, lanjut Menkes, masalah pendidikan kedokteran juga masih mengkhawatirkan. Para dokter masih banyak yang tidak mau ke daerah. "Kita beri tugas, terus setelah selesai, dia teken kontrak dan lebih baik bayar balik agar RS swasta yang membelinya. RS swasta kita hargai, peran dalam pendidikan dan penelitian juga kita hargai. Tapi please, jangan membeli tenaga medis atau spesialis yang sudah disekolahkan dari daerah dan membuat mereka tidak mau kembali. Saya [...]

WHO Gelontorkan Rp 1 Triliun untuk Perangi Ebola

WHO Gelontorkan Rp 1 Triliun untuk Perangi Ebola

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengalokasikan dana sebesar 100 juta dolar atau sekitar Rp 1 triliun untuk memerangi virus mematikan ebola. Hal ini dilakukan mengingat saat ini penyebaran virus semakin luas.Seperti ditulis Liputan6.com dari Forbes, Rabu (6/8/2014), WHO menilai perlu adanya upaya pencegahan karena penyakit ini terus meluas. Direktur Jenderal WHO, Dr Margaret Chan menilai, saat ini di Afrika wabah Ebola menyebar begitu cepat tanpa bisa dibayangkan. Penyakit ini bahkan menjadi tantangan kesehatan yang serius di empat negara Afrika Barat, khususnya di Guinea, Sierra Leone, Liberia, dan Nigeria. Bayangkan, dalam delapan hari antara 24 Juli dan 1 Agustus, telah terjadi 285 kasus baru Ebola di Afrika dan 118 orang meninggal. "Wabah ini bergerak lebih cepat dari yang kita perkirakan. Dengan dana tersebut, segala kewaspadaan dan infrastruktur dapat dilakukan. Termasuk dalam pengembangan obat," katanya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *