Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

oolongteacover.jpg

Teh oolong merupakan jenis teh yang tergolong unik. Mulai dari proses pembuatan, citarasa hingga manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.

Pembuatan teh yang berasal dari dataran tinggi di pegunungan Wuyi, Fujian, China ini ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu. Bisa dibilang jenis teh yang paling ‘muda’ jika dibandingkan dengan teh-teh lain yang sudah ditemukan sejak 5000 tahun lalu.

Kandungan antioksidan dalam teh oolong terbilang lebih lengkap dibandingkan teh hijau/putih atau teh merah/hitam. Hal itu karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan unik.

“Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami proses oksidasi (melibatkan oksigen sehingga warnanya menggelap) sama sekali. Sementara teh hitam 100 persen oksidasi. Nah, teh oolong ini semi oksidasi,” jelas pakar teh Ratna Somantri, dalam acara ‘Oolong Tea’ yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Gedung Panin Pusat, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2013).

Perbedaan proses pembuatan masing-masing jenis teh akan menghasilkan komponen antioksidan yang berbeda pula. Teh hijau/putih kaya akan polifenol yang baik untuk memelihara kesehatan dan kelenturan kulit. Namun tidak mengandung theaflavin dan thearubigin seperti pada teh merah/hitam yang mengalami proses oksidasi. Dua antioksidan ini baik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan berkhasiat sebagai proteksi terhadap kanker.

Sebaliknya, karena telah 100 persen mengalami oksidasi, teh merah/hitam kehilangan kandungan polifenol sehingga tidak memberikan manfaat perlindungan untuk kulit. Pada oolong tea yang didapatkan dari proses semi oksidasi, masih memiliki polifenol juga theaflavin dan thearubigin.

“Teh oolong punya dua-duanya yang tidak dimiliki teh hijau atau teh hitam,” ujar Nutrisionist Emilia E. Achmadi MS., RD.

Seperti apa uniknya pembuatan teh yang berasal dari zaman Dinasti Ming ini? Ini penuturan Ratna, yang mendalami dunia teh sejak tahun 2003.

“Di negara asalnya, teh dipetik mulai pukul 7 pagi. Hanya 3-5 pucuk daun teratas yang diambil karena antioksidannya paling tinggi, harum dan lebih manis,” ujar Ratna.

Setelah dipetik, daun-daun teh dilayukan dengan dua tahap. Pertama dijemur di bawah sinar matahari selama 1,5 – 2 jam. Pada tahap ini daun harus dibolak-balik agar layunya merata dan tidak merusak kualitas teh. Pelayuan berikutnya dilakukan di dalam ruangan dan didiamkan selama 8 – 12 jam.

Proses selanjutnya daun-daun tersebut di-shaking di anyaman yang permukaannya agak runcing. Tujuannya agar daun sobek atau terkoyak. Saat inilah terjadi proses oksidasi. Kemudian oksidasi dihentikan dengan cara dipanaskan di atas wajan sambil diaduk dengan tangan. Pada teh merah/hitam, oksidasi tidak dihentikan sehingga warnanya hitam.

Kemudian daun teh menjalani proses kneading (dihancurkan dengan cara digosok menggunakan tangan) agar aromanya keluar. Terakhir adalah baking (dipanaskan kembali) agar oksidasi benar-benar berhenti. Kemudian didapatlah daun teh kering yang siap diseduh.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

Minum Kopi Menguntungkan Atau Merugikan?

Kini, minum kopi di pagi hari bukan lagi hanya merupakan sekedar rutinitas belaka. Karena ternyata, banyak hal baik dari kopi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya yaitu: Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung Kopi mengandung antioksidan yang dapat mengurangi oksidasi dari LDL. Selain itu terbukti menurunkan risiko penyakit jantung koroner, dan gagal jantung bila mengkonsumsi sekitar 2 cangkir setiap harinya. (Baca: 5 Tanda Gagal Jantung) Menurunkan risiko terjadinya stroke Mengkonsumsi kopi 1 hingga 6 cangkir setiap harinya terbukti menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 17%. Menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi insulin, merangsang metabolisme gula darah, dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kencing manis. (Baca: Kafein Pada Kopi Mencegah Kanker Kulit). Masih ada beberapa manfaat minum kopi dan kafein lainnya, ada di halaman selanjutnya: Manfaat Kopi Lainnya untuk Kesehatan 4. Menurunkan risiko terkena kanker Kopi juga dapat menurunkan risiko terkena kanker, termasuk kanker endometrium, kanker prostat, kanker kepala dan leher, [...]

Apa yang Bisa Didapatkan dari Tes DNA?

Apa yang Bisa Didapatkan dari Tes DNA?

Tes DNA adalah prosedur yang digunakan untuk mengetahui informasi genetika seseorang. Dengan tes DNA, seseorang bisa mengetahui garis keturunan dan juga risiko penyakit tertentu. DNA adalah deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat. DNA akan membentuk materi genetika yang terdapat di dalam tubuh tiap orang yang diwarisi dari kedua orang tua. Mencari informasi genetika Hasil dari tes genetika dapat mengonfirmasi ada atau tidaknya kondisi genetika, membantu menentukan risiko seseorang mewarisi penyakit genetika, dan lain sebagainya. Uji Pra-implantasi. Bertujuan mendeteksi perubahan pada embrio yang terbentuk dengan teknik tertentu, seperti fertilisasi in-vitro (FIV). Untuk melakukan pengujian ini, bagian kecil dari sel telur yang sudah dibuahi di luar rahim akan diambil. Kemudian diperiksa untuk ketidaknormalan genetika tertentu. Hanya embrio yang sehat yang akan dimasukkan ke dalam rahim sebagai upaya kehamilan. Uji Pra-kelahiran. Tes ini dianjurkan bagi mereka yang bayinya berkemungkinan lebih tinggi mengalami kondisi genetika tertentu. Namun, tes ini tidak bisa mendeteksi semua penyakit. Contoh uji DNA pr [...]

Apakah Nutrisi Si Kecil Sudah Tercukupi?

Apakah Nutrisi Si Kecil Sudah Tercukupi?

Pertumbuhan yang normal dari seorang anak perlu didukung oleh asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Anda dapat menandai pertumbuhan yang kurang baik dari dua hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh. Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga dipengaruhi oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO. Diet seimbang yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh anak secara keseluruhan, namun juga pada otak mereka. Makanan yang tepat dapat meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi anak. Makanan bergizi dan sarapan sangat vital untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak. Dalam penelitian Kleinman dkk. disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai, setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik, ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya. Komponen nutrisi dalam makanan anak Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral merupakan elemen penting dalam nutrisi anak. [...]

4 Asupan untuk Sahur Agar Tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

4 Asupan untuk Sahur Agar Tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

Tidak sedikit orang yang terlihat lemas saat baru menjalani hari pertama puasa. Hal itu dipengaruhi oleh perubahan pola makan Anda terutama bagi yang selalu makan teratur tiga hari sekali ditambah camilan. Agar tubuh tetap bugar dan tidak lemas di hari pertama puasa, konsumsi lima asupan ini saat sahur yang bisa meningkatkan energi Anda seharian.1. Air LemonMenurut pakar food combining, Erikar Lebang, dalam bukunya yang berjudul 'Food Combining di Bulan Ramadhan', mengonsumsi satu gelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Air lemon ampuh untuk mendetox liver. Selain itu, air lemon juga akan meningkatkan oksigen dan kalsium dalam hati yang akhirnya mempengaruhi kadar oksigen dalam darah.2. Minum Ekstra Air PutihSaat berpuasa Anda sering disarankan minum ekstra air putih oleh para ahli. Air putih berguna untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, sayangnya itu adalah energi palsu."Gula membuat kadar gula darah cepat naik, [...]

Ini Penyebab Anda Sering Terbangun dari Tidur di Tengah Malam

Ini Penyebab Anda Sering Terbangun dari Tidur di Tengah Malam

Tidur yang berkualitas adalah ketika orang berhasil terlelap di malam hari selama 6 hingga 8 jam hingga bangun di keesokan paginya. Tapi ada beberapa orang yang tiba-tiba terbangun di tengah malam atau pagi buta, dan itu bisa mengganggu siklus tidur harian normal yang menyebabkan kurang tidur dan tubuh lemas.Menurut Direktur Klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di the University of Pennsylvania James Findley, Ph.D, jika Anda terbangun hanya karena berganti posisi tidur kemudian terlelap lagi, itu tidak jadi masalah. Tapi apabila terbangun setiap 30 menit sekali, berarti ada yang salah dengan kondisi fisik atau lingkungan Anda. Ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Gangguan TidurAda beberapa gangguan tidur yang membuat seseorang sering terbangun di malam hari. Penderita insomnia misalnya, tidak hanya sulit untuk terlelap, tapi juga cenderung terbangun beberapa kali di malam hari. Gangguan tidur lainnya adalah sleep apnea, yaitu gangguan pernafasan yang terjadi saat tidur, yang berlangsung selama lebih dari 10 detik. Ditandai oleh penyempitan saluran pernafasan lebih dari 80% selama lebih dari 10 detik dan terjadi penurunan s [...]

Fakta Tentang Susu Botol

Fakta Tentang Susu Botol

Botol plastik memang lebih ringan dibandingkan botol kaca dan tidak dapat pecah. Namun, botol plastik seringkali tidak dapat bertahan lama. Dahulu, beberapa orangtua cenderung lebih memilih botol kaca dibandingkan botol plastik untuk menghindari suatu bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang terkandung dalam botol plastik. Yang Perlu Diketahui tentang Dot Kebanyakan dot terbuat dari silikon atau latex dan memiliki beragam bentuk serta memiliki aliran cairan yang berbeda-beda tergantung dari ukuran lubangnya. Periksalah dot secara berkala dan gantilah jika terdapat bagian yang sobek atau berubah warna. Sterilkan Botol Sebelum Digunakan Sebelum digunakan, rendamlah botol dan dot di dalam air panas selama 5 menit untuk mencegah resiko infeksi. Setelah digunakan, Anda dapat mencuci dengan sabun dan air hangat. Suhu Hangat atau Suhu Ruangan? Anda boleh memberikan anak Anda susu dengan suhu ruangan. Namun, jika anak Anda lebih suka susu yang hangat, Anda bisa merendam botol yang telah terisi susu di dalam air hangat selama 1-2 menit. Jangan gunakan microwave. Kocoklah botol terlebih dahulu sebelum diberikan kepada anak dan teteskan lebih dahulu pada jari Anda untuk mengetahui suhu [...]

Mitos tentang Vaksin Flu

Mitos tentang Vaksin Flu

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Virus yang menyebabkan flu ada banyak sekali, oleh karena itu dikeluarkan suatu keputusan yang menyarankan agar vaksin flu dilakukan sekali setiap tahun untuk semua orang diatas usia 6 bulan. Namun di Amerika yang dikutip dari NYTimes, hanya minoritas orang yang mengikuti anjuran ini dan hanya 2/3 petugas kesehatan mendapat vaksin tahun lalu. Mengapa seperti itu? Menurut CDC (Centers for Diseases Control and Prevention), virus flu dapat terbang hampir sepanjang 1,8 meter dalam tetesan dari batuk, bersin, atau berbicara. Orang yang terinfeksi dapat menyebarkan virus sebelum mereka timbul gejala dan selama seminggu setelah sakit. Walaupun orang-orang dengan risiko tinggi mendapatkan vaksin, namun tetap mereka terkena penyakit flu bahkan ada yang berkembang menjadi pneumonia atau suatu kondisi kronis. Namun bila semakin banyak orang yang diberi imunisasi, maka akan lebih sedikit orang yang sakit dan membuat orang sekitar menjadi sehat atau yang dikenal dengan ?herd immunity? . Dr. Thomas R. Talbot dan istri, Dr. H. Keipp Talbot, dari bagian infeksi Vanderbilt University School of Medicine, baru beberapa waktu ini menjawab pertanyaan mengenai vaksin influenz [...]

4 Hal yang Penting Diketahui Saat Memakai Panties

4 Hal yang Penting Diketahui Saat Memakai Panties

Memperhatikan pemakaian panties atau celana dalam sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan Miss V. Salah memilih bahan atau model, bisa menyebabkan area genital iritasi bahkan terinfeksi bakteri. Ini empat hal yang harus Anda perhatikan saat memakai panties, seperti dikutip dari Shape.1. Alasan Anda Harus Pakai PantiesSelain alasan kenyamanan, memakai celana dalam juga bisa melindungi area genital Anda dari bakteri dan jamur. Terutama saat Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat."Bakteri dan jamur paling suka tempat yang lembab dan hangat. Jadi cara paling mudah dan efektif untuk melindunginya adalah dengan memakai celana dalam untuk menyerap keringat dan menghindari kelembaban yang berlebihan," ujar Doerthe Brueggmann, M.D.Tapi jika celana atau busana yang Anda pakai sudah memiliki built-in panties, maka penggunaan celana tidak diperlukan lagi. Built-in panties biasanya diterapkan pada pakaian renang, pakaian fitnes atau kostum akrobatik dari lycra dan spandeks.2. Thong Membuat Anda Seksi, Tapi...Umumnya wanita memilih thong agar terlihat seksi saat akan berhubungan intim dengan pasangan, atau untuk menghindari 'penampakan' panty [...]

Saat Anak Terkena Demam Berdarah Dengue

Saat Anak Terkena Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyebab kematian anak di sebagian negara Asia, termasuk Indonesia. Hindari mengabaikan demam pada anak. DBD dapat merenggut nyawanya dalam hitungan hari. Gejala DBD pada Anak Anak yang mengalami kasus ringan DBD umumnya tidak merasakan gejala apapun. Namun pada kasus yang lebih berat, anak dapat mengalami gejala yang umumnya berupa: Demam. Nyeri di bagian belakang mata. Nyeri pada tulang, otot, dan sendi. Sakit kepala. Mual dan muntah. Selain itu, anak dapat mengalami bintik-bintik merah pada beberapa bagian tubuh. Pada kondisi yang lebih jarang, dapat terjadi pendarahan ringan dari gusi dan hidung. Gejala ini umumnya terjadi pada 4 hingga 10 hari setelah anak tergigit nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Umumnya gejala di atas akan sembuh dalam waktu kurang lebih sepekan. Namun pada situasi tertentu, gejala dapat memburuk dan mengancam nyawa akibat kebocoran pembuluh darah dan penurunan jumlah trombosit. Situasi ini membawa risiko pendarahan dalam, gangguan pada paru-paru, ginjal, dan jantung serta sakit parah pada bagian perut. Bagaimana Penanganan yang Tepat? Segera bawa ke dokter jika anak Anda mengalami beberapa gejala di ata [...]

Ketika Kaki Sulit Berhenti Bergerak

Ketika Kaki Sulit Berhenti Bergerak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pernahkah Anda merasa sulit menahan keinginan untuk menggerak-gerakkan kaki? Biasanya keadaan ini disebabkan atau didahului oleh adanya rasa tidak nyaman pada kaki, seperti ada sesuatu yang merangkak di bawah kulit. Rasa yang lain dapat berupa nyeri, gatal, dan kram pada tungkai. Rasa tidak nyaman ini hanya muncul saat beristirahat, terutama pada malam hari, saat sedang tidur. Jika ya, Anda tidak sendiri. Satu dari 10 orang dewasa mengalami kondisi yang disebut Restless Leg Syndrome (RLS) ini. Sindrom ini dapat muncul pada usia berapa pun dan umumnya memberat seiring dengan bertambahnya usia. Pada sebagian besar kasus RLS, tidak ada penyebab yang jelas. Beberapa ahli penyakit saraf mengatakan bahwa RLS berhubungan dengan dopamin yang bekerja mengontrol pergerakan otot. Penyakit-penyakit tertentu juga dapat menyebabkan RLS, seperti anemia defisiensi besi atau gagal ginjal. Sekitar satu dari lima ibu hamil akan mengalami gejala RLS pada triwulan ke-3 kehamilan yang akan hilang sendiri setelah melahirkan. Bagaimana mengatasinya? Jika tidak ada penyebab yang jelas, maka penderita RLS perlu melakukan perubahan gaya hidup, seperti: Menghindari konsumsi stim [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *