Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

oolongteacover.jpg

Teh oolong merupakan jenis teh yang tergolong unik. Mulai dari proses pembuatan, citarasa hingga manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.

Pembuatan teh yang berasal dari dataran tinggi di pegunungan Wuyi, Fujian, China ini ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu. Bisa dibilang jenis teh yang paling ‘muda’ jika dibandingkan dengan teh-teh lain yang sudah ditemukan sejak 5000 tahun lalu.

Kandungan antioksidan dalam teh oolong terbilang lebih lengkap dibandingkan teh hijau/putih atau teh merah/hitam. Hal itu karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan unik.

“Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami proses oksidasi (melibatkan oksigen sehingga warnanya menggelap) sama sekali. Sementara teh hitam 100 persen oksidasi. Nah, teh oolong ini semi oksidasi,” jelas pakar teh Ratna Somantri, dalam acara ‘Oolong Tea’ yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Gedung Panin Pusat, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2013).

Perbedaan proses pembuatan masing-masing jenis teh akan menghasilkan komponen antioksidan yang berbeda pula. Teh hijau/putih kaya akan polifenol yang baik untuk memelihara kesehatan dan kelenturan kulit. Namun tidak mengandung theaflavin dan thearubigin seperti pada teh merah/hitam yang mengalami proses oksidasi. Dua antioksidan ini baik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan berkhasiat sebagai proteksi terhadap kanker.

Sebaliknya, karena telah 100 persen mengalami oksidasi, teh merah/hitam kehilangan kandungan polifenol sehingga tidak memberikan manfaat perlindungan untuk kulit. Pada oolong tea yang didapatkan dari proses semi oksidasi, masih memiliki polifenol juga theaflavin dan thearubigin.

“Teh oolong punya dua-duanya yang tidak dimiliki teh hijau atau teh hitam,” ujar Nutrisionist Emilia E. Achmadi MS., RD.

Seperti apa uniknya pembuatan teh yang berasal dari zaman Dinasti Ming ini? Ini penuturan Ratna, yang mendalami dunia teh sejak tahun 2003.

“Di negara asalnya, teh dipetik mulai pukul 7 pagi. Hanya 3-5 pucuk daun teratas yang diambil karena antioksidannya paling tinggi, harum dan lebih manis,” ujar Ratna.

Setelah dipetik, daun-daun teh dilayukan dengan dua tahap. Pertama dijemur di bawah sinar matahari selama 1,5 – 2 jam. Pada tahap ini daun harus dibolak-balik agar layunya merata dan tidak merusak kualitas teh. Pelayuan berikutnya dilakukan di dalam ruangan dan didiamkan selama 8 – 12 jam.

Proses selanjutnya daun-daun tersebut di-shaking di anyaman yang permukaannya agak runcing. Tujuannya agar daun sobek atau terkoyak. Saat inilah terjadi proses oksidasi. Kemudian oksidasi dihentikan dengan cara dipanaskan di atas wajan sambil diaduk dengan tangan. Pada teh merah/hitam, oksidasi tidak dihentikan sehingga warnanya hitam.

Kemudian daun teh menjalani proses kneading (dihancurkan dengan cara digosok menggunakan tangan) agar aromanya keluar. Terakhir adalah baking (dipanaskan kembali) agar oksidasi benar-benar berhenti. Kemudian didapatlah daun teh kering yang siap diseduh.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ultrasound Sebagai Pengobatan Tulang Retak

Ultrasound Sebagai Pengobatan Tulang Retak

Alat medis yang dikenal erat dikalangan ibu hamil, ultrasound scan yang umumnya hanya sebagai alat bantu medis dalam memprojeksikan gambar melalui adaptasi sonar oleh Professor Ian Donald sejak 1950, kini dapat berguna sebagai alat penyembuh keretakan kompleks pada tulang. Penambahan fungsi dan kegunaan ultrasound ini dikemukakan pertama kali oleh ahli bedah tulang (orthopaedic surgeon) Angus MacLean dari Royal Infirmary?s Fracture Clinic, Glasgow, Skotlandia. Ia menceritakan betapa menariknya perkembangan sains dan bukti nyata akan ultrasound yang mampu menggetarkan sel-sel secara halus, sehingga mampu merangsang penyembuhan dan regenerasi dalam tulang. Kasus patah tulang kompleks yang biasanya dapat memakan waktu penyembuhan yang lama, yaitu sekitar 6-12 bulan atau bahkan dapat mengarah pada amputasi, kini dapat ditanggulangi dan diminimaliris sedemikian rupa hingga 40% hanya melalui treatment ultrasound selama 20 menit. Bahkan mampu memastikan penyembuhan pada tulang itu sendiri, tidak hanya pada penyambungan keretakan tulang, sehingga kemungkinan buruk yang kerap terjadi selanjutnya pada kasus patah tulang kompleks dapat dicegah. Cara kerja ultrasound yang terbilang mudah dan t [...]

Antidepresan Tidak Pengaruhi Pertumbuhan Janin

Antidepresan Tidak Pengaruhi Pertumbuhan Janin

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh peneliti Northwestern Medicine menemukan bahwa obat antidepresan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) yang dikonsumsi oleh perempuan selama kehamilan tidak mempengaruhi pertumbuhan bayi. Selama ini terdapat kekhawatiran bahwa pengobatan andidepresan selama kehamilan dapat menghambat pertumbuhan anak pada satu tahun pertama. Penelitian-penelitian terdahulu mengindikasikan adanya hambatan pertumbuhan janin dari ibu hamil yang mengalami depresi. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu hamil yang mendapatkan terapi SSRI selama kehamilannya memiliki berat, panjang, dan lingkar kepala yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang tidak memiliki masalah depresi dan tidak mengkonsumsi obat antidepresan. Selain itu, pertumbuhan bayi dari ibu yang mengalami depresi namun tidak mendapatkan pengobatan juga tidak jauh berbeda dengan populasi umum. Penelitian ini dipublikasikan pada tanggal 20 Maret 2013 di The American Journal of Psychiatry. ?Sebagian besar perempuan ingin mengetahui efek penyakit depresi dan/atau pengobatannya terhadap kehamilan, tidak han [...]

Berdiri 2 Jam Sehari, Bisa Turunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Berdiri 2 Jam Sehari, Bisa Turunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Mengubah kebiasaan sehari-hari, sekecil apa pun itu ternyata bisa berdampak besar terhadap kesehatan tubuh. Kebiasaan yang diubah tentu saja dari yang buruk menjadi baik. Jika terakhir kali memeriksakan diri ke dokter dan hasil kesehatan Anda adalah gula darah, trigliserida dan kolesterol tinggi, maka sudah saatnya memperbanyak aktivitas berdiri. Kenapa?Studi terbaru yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa lebih banyak berdiri akan jauh lebih sehat ketimbang menghabiskan waktu dengan duduk seharian. Studi melibatkan 800 responden, dan dari pemeriksaan diketahui kalau berdiri bisa meningkatkan kestabilan gula darah, mengurangi lemak dan kolesterol jahat secara signifikan.Seperti dikutip dari Women's Health, menyempatkan berdiri sekitar dua jam sehari akan mengurangi level gula darah sebanyak dua persen. Trigliserida (lemak yang mengalir di dalam darah) sekitar 11 persen, sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.Bagaimana caranya agar bisa lebih banyak berdiri dan membuatnya sebagai kebiasaan sehat setiap hari? Anda bisa mengubah posisi duduk jadi berdiri, selama beberapa waktu saat bekerja di kantor. Misalnya mengambil minum ke pantry sendiri atau mendatangi rek [...]

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Duduk Lama Bisa Sebabkan Penggumpalan Darah

Sebelumnya sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kematian. Kali ini, penelitian terbaru kembali mengungkap dampak negatif akibat duduk selama berjam-jam.Seperti yang dikutip dari Female First, sebuah penelitian di Amerika Serikat menjelaskan bahwa duduk terlalu lama tanpa jeda bisa memicu terjadinya penggumpalan darah yang berbahaya atau disebut Deep Vein Thrombosis (DVT). Berdasarkan penelitian tersebut, kondisi ini biasanya dialami oleh para wanita.Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal British Medical menuliskan bahwa wanita yang duduk lama tiap harinya memiliki dua hingga tiga kali risiko mengalami DVT. Mereka yang duduk dalam posisi hampir tidak bergerak selama lebih dari 41 jam tiap minggunya memiliki risiko tertinggi.Misalnya saja seperti, pekerja yang menghabiskan waktu di depan komputer dan mereka yang melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan atau pesawat. Namun penelitian juga mengatakan bahwa operasi dan pil KB juga bisa menjadi faktor pemicu DVT."Sudah mulai banyak kesadaran mengenai risiko DVT yang terjadi akibat perjalanan udara, tetapi banyak orang yang belum sadar bahwa semua jenis kegiatan yang tidak [...]

6 Mitos Seputar Depresi Pasca Melahirkan yang Dialami Hayden Panettiere

6 Mitos Seputar Depresi Pasca Melahirkan yang Dialami Hayden Panettiere

Hayden Panettiere secara mengejutkan mengaku kepada publik, bahwa dirinya pernah mengalami depresi pasca melahirkan (postpartum depression -PPD) yang mengharuskan dirinya dirawat di rehabilitasi. Dalam sebuah wawancara televisi bulan lalu, aktris berusia 26 tahun itu mengatakan bahwa masih banyak orang yang menganggap PPD atau baby blues tidaklah nyata dan tidak pernah benar-benar terjadi."Bahwa PPD adalah sesuatu yang dibentuk dari pikiran sendiri, bahwa, 'Oh, itu cuma hormon.' Mereka tidak peduli. Tapi itu adalah sesuatu yang tidak bisa terkontrol. Sangat menyakitkan dan menakutkan dan wanita perlu banyak dukungan mental," ungkap Hayden, seperti dikutip dari Women's Health US.Apa yang dikatakan Hayden bukanlah isapan jempol belaka. PPD, banyak ibu baru yang mengalaminya namun pemahaman orang terhadap gangguan mental pasca melahirkan itu masih sangat minim. Hal itu membuat banyak bermunculan mitos soal PPD dan baby blues yang seringkali keliru, dan beberapa faktanya. 1. Depresi Setelah Melahirkan Itu NormalSebanyak 80 persen ibu baru mengalami baby blues, yang ditandai dengan rasa sedih, stres dan marah karena kelahiran bayi. Baby blues biasanya hanya berlangsung beberapa mingg [...]

Atasi Emosi dengan Minum Jus Jeruk

Atasi Emosi dengan Minum Jus Jeruk

Biasanya mendengarkan musik atau mearik napas dalam-dalam menjadi solusi untuk meredam emosi atau amarah. Tapi kini ada juga cara yang terbilang unik namun terbukti cukup efektif, yakni minum segelas jeruk manis.Cara ini tidak akan mengubah seseorang menjadi benar-benar sabar dan pemaaf, sebab pada titik tertentu kemarahan itu tetap akan muncul. Namun setidaknya campuran gula dalam perasan jeruk membuat batas-batas kesabaran lebih longgar dari yang seharusnya.Kuncinya memang bukan pada air jeruk melainkan pada glukosa atau gula sederhana dalam minuman tersebut. Di dalam darah, glukosa dikirim juga ke otak sebagai sumber energi yang antara lain berguna untuk mengontrol temperamen dan emosi negatif lainnya.Kurangnya pasokan gula ke otak bisa menyebabkan emosi negatif tidak terkendali, sehingga menjadi lebih agresif dan mudah tersinggung. Itulah sebabnya hingga batas tertentu es jeruk yang dipermanis dengan gula bisa meredam kemarahan yang meledak-ledak.Manfaat minum jeruk manis bukan sekedar dugaan teoritis sebab tim dari Ohio State University telah membuktikannya baru-baru ini. Sebanyak 62 pelajar sekolah menengah dilibatkan dalam eksperimen pembuktian yang dipimpin oleh Prof Bra [...]

Teh Pelangsing, Benarkah Bikin Langsing?

Teh Pelangsing, Benarkah Bikin Langsing?

Teh pelangsing jadi salah satu solusi yang banyak dipilih wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Bahan-bahan apa yang sebenarnya terkandung dalam teh pelangsing dan bagaimana cara kerjanya? Simak pembahasan lengkapnya di sini.Sesuai dengan namanya, teh pelangsing memiliki fungsi menurunkan berat badan. Teh pelangsing memiliki bahan-bahan yang bisa menghacurkan lemak tubuh, tidak seperti teh biasa. Seperti yang dikutip dari hubpages, teh tanpa bahan aditif masih bisa disebut teh, namun teh dengan campuran obat pencahar dan diuretik dapat digolongkan sebagai teh pelangsing.Ada banyak teh pelangsing yang dijual di pasaran, namun ada tiga teh pelangsing yang paling terkenal dan dipercaya efektif, yaitu teh herbal (green tea), teh cina (fei yin tea) dan teh wulong. Teh-teh tersebut tidak memiliki perbedaan aroma dan rasa yang signifikan.Teh pelangsing berguna untuk melancarkan metabolisme tubuh dan juga mengandung bahan pembakaran lemak. Tetapi apakah teh pelangsing benar-benar bisa bekerja secara efektif? Sebagian orang percaya, namun yang lainnya tidak.Kebanyakan teh herbal tidak mengandung dari kafein sama sekali, walau begitu, tidak semua teh pelangsing dan teh Cina bebas d [...]

4 Penyakit Kronis yang Sering Menyerang Wanita, Ini Cara Mencegahnya!

4 Penyakit Kronis yang Sering Menyerang Wanita, Ini Cara Mencegahnya!

Kesehatan itu mahal, ungkapan ini benar adanya ketika Anda telah mengidap suatu masalah kesehatan, khususnya penyakit-penyakit kronis yang sering menyerang pada wanita. Oleh karenanya Anda perlu melakukan tindakan pencegahan.Tidak hanya karena biaya pengobatan yang mahal, tetapi tubuh yang sehat akan membuat hidup lebih bahagia. Mayoclinic yang merupakan situs kesehatan, merilis cara-cara sederhana untuk mencegah timbulnya penyakit kronis pada wanita. Simak ulasannya di bawah ini.Penyakit JantungMenurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit jantung menempati urutan pertama masalah kesehatan serius yang sering menyerang wanita di dunia. Penyakit yang berdampak fatal ini dapat dihindari dengan beberapa cara sederhana. Salah satunya adalah pola hidup sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran hijau, rutin berolahraga, tidak merokok dan membatasi minum alkohol Anda sudah melakukan pencegahan tanpa disadari. Dan yang terpenting adalah selalu mengontrol tingkat stres, dengan menikmati hal-hal yang Anda lakukan.KankerPenyebab kematian wanita kedua menurut CDC adalah kanker, terutama kanker mulut rahim atau yang biasa dikenal dengan [...]

Berawal dari Rencana Diet, Wanita Ini Sukses Berbisnis Susu Almond

Berawal dari Rencana Diet, Wanita Ini Sukses Berbisnis Susu Almond

Tidak hanya bisa disantap untuk camilan sehat, kacang almond kini banyak diolah menjadi susu. Minuman ini dipercaya rendah lemak dan bebas kolestrol sehingga aman dikonsumsi untuk orang-orang yang sedang diet dan memiliki intoleransi laktosa sehingga tidak bisa meminum susu hewani. Selain itu, mengonsumsi susu almond juga telah menjadi tren yang banyak dilakoni oleh para pecinta gaya hidup sehat.Melihat maraknya orang-orang yang mengonsumsi susu almond, seorang wanita yang berdomisili di Jakarta, Prafieta tertarik untuk menjadikan susu almond ini sebagai peluang usahanya. Pada Desember 2014, wanita 27 tahun ini mendirikan Mylkinc, sebuah brand minuman yang menjual berbagai minuman sehat, termasuk susu almond.Prafieta yang memiliki intoleransi laktosa sehingga tidak bisa mengonsumsi susu hewani ini awalnya hanya iseng bereksperimen di dapur kecilnya. Tanpa disangka, susu almond buatannya terasa enak."Aku coba meramu sendiri di dapur dan pakai resep sendiri. Kebetulan aku lagi diet juga, jadi aku nggak pakai gula. Ternyata rasanya enak, akhirnya aku coba jualan di bazar-bazar, alhamdulillah responnya bagus dan aku makin percaya diri untuk buka toko," tuturnya saat berbincang denga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *