Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

oolongteacover.jpg

Teh oolong merupakan jenis teh yang tergolong unik. Mulai dari proses pembuatan, citarasa hingga manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.

Pembuatan teh yang berasal dari dataran tinggi di pegunungan Wuyi, Fujian, China ini ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu. Bisa dibilang jenis teh yang paling ‘muda’ jika dibandingkan dengan teh-teh lain yang sudah ditemukan sejak 5000 tahun lalu.

Kandungan antioksidan dalam teh oolong terbilang lebih lengkap dibandingkan teh hijau/putih atau teh merah/hitam. Hal itu karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan unik.

“Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami proses oksidasi (melibatkan oksigen sehingga warnanya menggelap) sama sekali. Sementara teh hitam 100 persen oksidasi. Nah, teh oolong ini semi oksidasi,” jelas pakar teh Ratna Somantri, dalam acara ‘Oolong Tea’ yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Gedung Panin Pusat, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2013).

Perbedaan proses pembuatan masing-masing jenis teh akan menghasilkan komponen antioksidan yang berbeda pula. Teh hijau/putih kaya akan polifenol yang baik untuk memelihara kesehatan dan kelenturan kulit. Namun tidak mengandung theaflavin dan thearubigin seperti pada teh merah/hitam yang mengalami proses oksidasi. Dua antioksidan ini baik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan berkhasiat sebagai proteksi terhadap kanker.

Sebaliknya, karena telah 100 persen mengalami oksidasi, teh merah/hitam kehilangan kandungan polifenol sehingga tidak memberikan manfaat perlindungan untuk kulit. Pada oolong tea yang didapatkan dari proses semi oksidasi, masih memiliki polifenol juga theaflavin dan thearubigin.

“Teh oolong punya dua-duanya yang tidak dimiliki teh hijau atau teh hitam,” ujar Nutrisionist Emilia E. Achmadi MS., RD.

Seperti apa uniknya pembuatan teh yang berasal dari zaman Dinasti Ming ini? Ini penuturan Ratna, yang mendalami dunia teh sejak tahun 2003.

“Di negara asalnya, teh dipetik mulai pukul 7 pagi. Hanya 3-5 pucuk daun teratas yang diambil karena antioksidannya paling tinggi, harum dan lebih manis,” ujar Ratna.

Setelah dipetik, daun-daun teh dilayukan dengan dua tahap. Pertama dijemur di bawah sinar matahari selama 1,5 – 2 jam. Pada tahap ini daun harus dibolak-balik agar layunya merata dan tidak merusak kualitas teh. Pelayuan berikutnya dilakukan di dalam ruangan dan didiamkan selama 8 – 12 jam.

Proses selanjutnya daun-daun tersebut di-shaking di anyaman yang permukaannya agak runcing. Tujuannya agar daun sobek atau terkoyak. Saat inilah terjadi proses oksidasi. Kemudian oksidasi dihentikan dengan cara dipanaskan di atas wajan sambil diaduk dengan tangan. Pada teh merah/hitam, oksidasi tidak dihentikan sehingga warnanya hitam.

Kemudian daun teh menjalani proses kneading (dihancurkan dengan cara digosok menggunakan tangan) agar aromanya keluar. Terakhir adalah baking (dipanaskan kembali) agar oksidasi benar-benar berhenti. Kemudian didapatlah daun teh kering yang siap diseduh.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Saat ini sudah sering kita dengar banyaknya produk makanan organik. Ya, makanan organik memang sedang marak dikembangkan. Para petani tanaman organik mulai banyak didapatkan dan produksi mereka pun mulai meningkat karena permintaan konsumen yang meningkat pula. Saat ini sudah banyak orang-orang yang mulai beralih dari makanan konvensional ke makanan organik. Namun apakah benar makanan organik lebih sehat daripada makanan konvensional? Apakah kelebihan makanan organik dibandingkan makanan umum lainnya? Hal apa yang membuat banyak orang lebih memilih makanan organik akhir-akhir ini? Kelebihan Makanan Organik Air yang terkandung dalam sayuran organik ternyata tidak sebanyak dalam sayuran konvensional sehingga dalam penyimpanannya akan tidak cepat busuk. Selain itu, sayuran organik sering dijual dalam keadaan masih segar sehingga akan lebih lezat saat disantap. Sayuran organik juga ditanam tanpa menggunakan pestisida. Sayuran ini menggunakan pupuk kompos sehingga bebas dari bahan-bahan kimia. Dengan mengkonsumsi sayuran organik, maka akan semakin mengurangi jumlah zat kimia yang dikonsumsi sehingga paparan zat radikal bebas terhadap sel-sel tubuh juga akan berkur [...]

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Tidak selamanya makanan pedas berdampak negatif bagi tubuh. Menurut penelitian, banyak ragam cabai yang ternyata dapat menurunkan darah tinggi dan membuat jantung sehat.Para peneliti mengatakan bahwa senyawa yang terdapat dalam cabai cayennes, jalapenos dan jenis cabai lainnya dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Peneliti juga menemukan bahwa cabai memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.Penelitian yang dilakukan di Chinese University of Hong Kong tersebut fokus pada zat yang dikenal sebagai 'Capsaicinoids'. Zat yang memberikan rasa pedas itu ternyata berfungsi untuk mencegah pembekuandarah."Kami sekarang mengetahui lebih detail dan jelas mengenai efek terdalamnya yang dapat mempengaruhi kolesterol dan kesehatan pembuluh darah. Penelitian ini memberikan informasi tersebut," ujar salah satupeneliti Dr Zhen-Yu Chen, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Kesimpulan itu didapat dari pengujian terhadap dua kelompok hamster yang melakukan diet kolesterol tinggi. Salah satu kelompok hamster diberi makanan yang mengandung banyak mengandung Capsaicinoids,sedangkan kelompok hamster lainnya diberi makanan tanpa mengandung Capsaicinoids.Pene [...]

Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit. Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan. Memerangi Sel-sel Berbahaya Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk: Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit. Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang l [...]

Hutang Tidur Tidak Bisa Digantikan

Hutang Tidur Tidak Bisa Digantikan

Hutang tidur, bisa digantikan atau tidak ya? Memotong jam tidur dengan alasan menyelesaikan tugas atau menuntaskan penasaran menonton DVD favorit atau hanya untuk berkumpul bersama teman-teman berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Waktu yang kita habiskan dengan terjaga di malam hari tidak bisa dibayar dengan tidur panjang di akhir pekan. Studi dari Brigham and Women Hospital di Boston menunjukkan, efek gangguan tidur jangka panjang, misalnya akibat shift malam atau belajar untuk ujian selama beberapa hari, tidak bisa dibayar hanya dengan satu atau dua malam walaupun tidur nyenyak. "Banyak orang mengira bahwa mereka bisa dengan cepat mengganti hutang tidur kronis hanya dengan sehari atau dua hari dengan kapasitas tidur nyenyak. Padahal keyakinan tersebut salah," tutur peneliti Daniel Cohen, MD, seperti dikutip situs webmd.com. Efek kurang tidur kronis ini, terang Cohen, akan tetap membayangi dan merusak performa saat anda terjaga dan beraktivitas. Peneliti menemukan, bahwa satu malam tidur panjang bisa menyembunyikan efek gangguan tidur dan mengembalikan performa ke level normal. Tetapi, efek ini hanya bersifat sementara waktu, bertahan sekitar enam jam setelah bangun. Selanjutny [...]

7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa

7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa

Tidak sedikit orang yang mengakui justru mengalami kenaikan berat badan selama bulan puasa. Bagaimana bisa kegiatan pengurangan makan dan minum selama 12 jam ternyata dapatmencetus terjadinya kenaikan berat badan di bulan puasa? Untuk mencegah kenaikan berat badan setelah bulan puasa, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini: 1. Makan makanan bergizi seimbang dengan jumlah yang wajar. 2. Atur jadwal makan berimbang sebanyak 3 kali pada saat sahur, berbuka dan 5 jam setelah berbuka sesaat sebelum tidur. 3. Menghindari makanan tinggi kalori, tinggi karbohidrat dan tinggi garam (junk food). 7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa 4. Konsumsi makanan dengan serat tinggi. 5. Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran. 6. Banyak mengkonsumsi cairan. 7. Jangan melewatkan makan sahur, karena hanya makan sekali saja dalam sehari tidak baik untuk kadar lemak dalam darah karena dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah. Lebih idealnya, konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter sebelum berpuasa. Untuk kemudahan Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan tim dokter PeduliSehat.info. Mari gunakan bulan puasa ini sebagai bulan untuk semaki [...]

Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak

Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak

Katarak merupakan kondisi medis yang kerap terjadi seiring penuaan. Operasi katarak diperlukan jika kondisi katarak terlihat cukup signifikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana prosedur operasi katarak? Katarak adalah kekeruhan yang terjadi pada lensa mata. Normalnya, lensa mata berupa struktur jernih dan tembus pandang. Pada penderita katarak, lensa yang keruh akan menimbulkan gangguan penglihatan seperti berikut. Penglihatan buram atau berkabut. Sensitif terhadap cahaya. Terkadang ketika melihat lampu seperti ada lingkaran cahaya (halo). Ketika melihat dengan satu mata, benda dapat terlihat ganda. Saat melihat, warna benda dapat terlihat seperi kekuningan atau kecoklatan. Lama-kelamaan penderita katarak akan sulit membedakan warna biru dan ungu. Gangguan penglihatan ini bisa berangsur-angsur memburuk, sehingga dapat sering berganti-ganti kacamata. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti mengapa katarak bisa terbentuk. Penuaan adalah salah satu faktor resiko. Katarak akibat proses penuaan disebut katarak senilis. Tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia, walaupun jarang, katarak juga bisa terjadi pada anak-anak atau bayi yang baru lahir. Penyebabnya antara [...]

5 Akibat Karena Darah Tinggi

5 Akibat Karena Darah Tinggi

Yuk, kita mengenal lebih jauh mengenai ancaman bahaya karena hipertensi. Banyak penderita hipertensi menganggap remeh penyakitnya, karena mayoritas penderita hipertensi tidak mengalami keluhan apa-apa. Sebagian kecil mengalami keluhan pusing, sakit kepala, dan leher terasa tegang. Karena keluhan tidak terasa berat, hipertensi sering kali dipandang sebelah mata. Mengenal bahaya hipertensi sangat diperlukan agar penderita hipertensi memiliki motivasi yang kuat untuk menghindari komplikasi hipertensi. Komplikasi hipertensi meningkat seiring dengan peningkatan tekanan darah. Halaman berikut ini merupakan komplikasi dari hipertensi: Dampak dari Hipertensi 1. Penyakit Jantung: Penyakit Jantung Koroner, Gagal Jantung. Penyakit Jantung Koroner disebabkan karena timbul plak pada pembuluh darah koroner (atherosklerosis). Bila terjadi gangguan pada plak (pecah), maka dapat terjadi sumbatan pada pembuluh darah koroner yang menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak. Penderita penyakit jantung koroner biasanya mengeluhkan nyeri dada seperti tertimpa benda berat pada bagian tengah dada dan dapat menjalar ke lengan kiri. Gagal Jantung terjadi karena otot jantung men [...]

Mendukung Istri Saat Hamil Dengan Pijatan

Mendukung Istri Saat Hamil Dengan Pijatan

Oleh: dr. Sophia B. Hage Saat hamil seorang perempuan mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun mental. Dari segi fisik akan mulai timbul keluhan seperti nyeri punggung, nyeri perut atau kembung, leher kaku atau pegal, bahkan kaki bengkak. Melakukan relaksasi dengan beristirahat atau tiduran atau berendam di bak mandi tentu membantu, tetapi tentunya tidak ada yang lebih baik daripada dipijat atau disayang oleh suami bukan? Justru saat-saat seperti inilah yang akan memperkuat hubungan suami-istri dan peran seorang suami siaga tentunya akan membuat istri makin bangga akan suami. Lalu adakah hal-hal tertentu yang harus diketahui oleh suami sebelum memijat istri? Simak beberapa tips berikut ini: Pastikan dokter memperbolehkan istri Anda untuk dipijat saat hamil. Pada umumnya, melakukan pemijatan di luar wilayah perut saat sedang hamil tidak akan menimbulkan bahaya. Akan tetapi, pada beberapa keadaan tertentu, misalnya varises atau pemasangan pen yang menyebabkan pemijatan tidak boleh dilakukan. Pastikan kamar atau ruangan yang dipakai untuk memijat cukup hangat dan nyaman. Tidak ada salahnya mematikan lampu utama dan menyalakan lambu baca, serta memasang lagu yang menen [...]

GBS dan Polio: Penyebab Lumpuh Kaki pada Anak

GBS dan Polio: Penyebab Lumpuh Kaki pada Anak

GBS atau Guillain-Barr� syndrome dan penyakit polio sama-sama bisa membuat penderitanya menjadi lumpuh. Namun kedua penyakit ini disebabkan oleh dua hal yang berbeda. GBS dan polio adalah penyakit yang dapat menyerang anak-anak. Dua penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada kaki. Guillain-Barr� syndrome (GBS) Guillain-Barr� syndrome (GBS) atau sindrom Guillain-Barr� adalah gangguan langka pada sistem saraf. GBS membuat kerusakan saraf, otot melemah, dan mati rasa atau kesemutan di kaki, lengan, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Kaki lemah dan kesemutan biasanya menjadi gejala awal GBS. Pada kebanyakan kasus, kelemahan otot terjadi secara khas, yaitu dimulai dari kaki dan kemudian menyebar ke tangan dan wajah. Penyebab pasti GBS belum diketahui namun para ahli berpendapat bahwa GBS terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang saraf. GBS sering didahului oleh penyakit menular, seperti infeksi pernapasan. Kebanyakan penderita GBS harus dirawat di rumah sakit guna mendapatkan perawatan. Penyakit langka ini dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. GBS belum dapat disembuhkan sepenuhnya, namun gejala dan la [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *