Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

oolongteacover.jpg

Teh oolong merupakan jenis teh yang tergolong unik. Mulai dari proses pembuatan, citarasa hingga manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.

Pembuatan teh yang berasal dari dataran tinggi di pegunungan Wuyi, Fujian, China ini ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu. Bisa dibilang jenis teh yang paling ‘muda’ jika dibandingkan dengan teh-teh lain yang sudah ditemukan sejak 5000 tahun lalu.

Kandungan antioksidan dalam teh oolong terbilang lebih lengkap dibandingkan teh hijau/putih atau teh merah/hitam. Hal itu karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan unik.

“Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami proses oksidasi (melibatkan oksigen sehingga warnanya menggelap) sama sekali. Sementara teh hitam 100 persen oksidasi. Nah, teh oolong ini semi oksidasi,” jelas pakar teh Ratna Somantri, dalam acara ‘Oolong Tea’ yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Gedung Panin Pusat, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2013).

Perbedaan proses pembuatan masing-masing jenis teh akan menghasilkan komponen antioksidan yang berbeda pula. Teh hijau/putih kaya akan polifenol yang baik untuk memelihara kesehatan dan kelenturan kulit. Namun tidak mengandung theaflavin dan thearubigin seperti pada teh merah/hitam yang mengalami proses oksidasi. Dua antioksidan ini baik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan berkhasiat sebagai proteksi terhadap kanker.

Sebaliknya, karena telah 100 persen mengalami oksidasi, teh merah/hitam kehilangan kandungan polifenol sehingga tidak memberikan manfaat perlindungan untuk kulit. Pada oolong tea yang didapatkan dari proses semi oksidasi, masih memiliki polifenol juga theaflavin dan thearubigin.

“Teh oolong punya dua-duanya yang tidak dimiliki teh hijau atau teh hitam,” ujar Nutrisionist Emilia E. Achmadi MS., RD.

Seperti apa uniknya pembuatan teh yang berasal dari zaman Dinasti Ming ini? Ini penuturan Ratna, yang mendalami dunia teh sejak tahun 2003.

“Di negara asalnya, teh dipetik mulai pukul 7 pagi. Hanya 3-5 pucuk daun teratas yang diambil karena antioksidannya paling tinggi, harum dan lebih manis,” ujar Ratna.

Setelah dipetik, daun-daun teh dilayukan dengan dua tahap. Pertama dijemur di bawah sinar matahari selama 1,5 – 2 jam. Pada tahap ini daun harus dibolak-balik agar layunya merata dan tidak merusak kualitas teh. Pelayuan berikutnya dilakukan di dalam ruangan dan didiamkan selama 8 – 12 jam.

Proses selanjutnya daun-daun tersebut di-shaking di anyaman yang permukaannya agak runcing. Tujuannya agar daun sobek atau terkoyak. Saat inilah terjadi proses oksidasi. Kemudian oksidasi dihentikan dengan cara dipanaskan di atas wajan sambil diaduk dengan tangan. Pada teh merah/hitam, oksidasi tidak dihentikan sehingga warnanya hitam.

Kemudian daun teh menjalani proses kneading (dihancurkan dengan cara digosok menggunakan tangan) agar aromanya keluar. Terakhir adalah baking (dipanaskan kembali) agar oksidasi benar-benar berhenti. Kemudian didapatlah daun teh kering yang siap diseduh.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Dia Efek Tidur Yang Terlalu Lama dan Terlalu Singkat

Ini Dia Efek Tidur Yang Terlalu Lama dan Terlalu Singkat

Waktu istirahat merupkan waktu yang sangat dibutuhkan oleh semua orang. Tidur merupakan kegiatan yang dapatdibilang penting karena juga dapat berfungsi untuk mengembalikan sumber energi dalam tubuh. Tidur juga dapat mengurangi stress akibat terlalu banyaknya aktifitas yang dilakukan oleh otot-otot dan organ tubuh. Jika seseorang tidak melakukan istirahat atau tidur makan akan menimbulkan penyakit karena kinerja organ dalam tubuh bekerja secara terus menerus. Hal ini juga sangat tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat merusak sistem kerja tubuh. Namun pada keseharian manusia kegiatan tidur banyak dilakukan dengan tidak mempedulikan kapan dan berapa lama mereka harus melakukan tidur yang menimbulkan dampak baik pada tubuhnya sehingga tidak menimbulkan penyakit. Terkadang pada kalangan masyarakat menganggap bahwa kegiatan tidur dilakukan saat seseorang merasa kelelahan atau mengantuk, namun pada sebagaian orang melakukan tidur pada jangka waktu yang cukup lama dan pada waktu yang sembarangan. Hal ini biasanya diakibatkan dari kurangnya kegiatan yang sedang dilakukan. Dan sebaliknya, untuk orang yang memiliki kegiatan yang padat biasanya juga kurang memperhatikan jam lama tidur [...]

Seks Bisa Buat Orang Rajin Gosok Gigi

Seks Bisa Buat Orang Rajin Gosok Gigi

Menurut sebuah penelitian, kebersihan mulut bukanlah prioritas utama bagi sebagian orang. Satu dari sepuluh orang akui malas menggosok gigi. Tapi kebiasaan buruk ini ternyata bisa dihilangkan dengan rajin bercinta.Dikutip dari female first, penelitian terbaru di Inggris menemukan hasil yang mengejutkan. Terdapat 700 ribu orang mengakui bahwa mereka jarang menyikat gigi selama lebih dari sebulan. Lalu, ada 17 persen orang berkegiatan di luar rumah tanpa menyikat gigi selama tiga hari atau lebih. Temuan-temuan ini menujukkan bahwa banyak orang yang tidak memberikan perhatian pada kesehatan mulutnya.Tom Elton, dari Listerine mengatakan,"sebagian besar orang tidak tahu bahwa terdapat 7,3 miliar kuman di dalam mulut seseorang. Jumlah ini melebihi jumlah manusia di planet ini. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mulut.""Penelitian ini jelas menunjukkan bahwa kebersihan mulut merupakan hal yang paling sering diabaikan di Inggris dan banyak orang yang menetapkan standar kebersihan mulut mereka sendiri. Maka tidak mengherankan bahwa data statistik mengungkapkan 45 persen individu dari populasi di Inggris masing-masing memiliki lima atau lebih tambalan gigi," tambah E [...]

Mau Tahu Tips Meredakan Hidung Tersumbat?

Mau Tahu Tips Meredakan Hidung Tersumbat?

Menderita rasanya ketika mengalami hidung tersumbat. Aktivitas sehari-hari jadi terganggu akibat sulit bernapas. Belum lagi saat waktu tidur tiba, tidur menjadi tidak nyenyak akibat harus mengubah posisi tidur ke arah kanan dan kiri demi bisa bernapas. Sudah pernah atau sedang mengalami hal serupa? Tenang, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meredakannya. Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung menjadi bengkak akibat adanya cairan berlebih. Kondisi ini mungkin disertai pula dengan keluarnya ingus. Beberapa kondisi yang mungkin bisa membuat hidung Anda tersumbat, antara lain pilek, flu, alergi, dan sinusitis. Ketika mengalami hidung tersumbat, hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga kelembapan saluran hidung dan sinus. Berikut langkah-langkah mudah untuk meredakan hidung tersumbat: Minum banyak cairan. Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan juga bisa menjaga tenggorokan tetap lembap. Sering buang ingus. Sangat penting untuk melakukan hal ini secara teratur jika hidung Anda tersumbat, namun lakukan secara tepat. Mengeluarkan ingus [...]

Waspada Kematian Mendadak Hipertensi

Waspada Kematian Mendadak Hipertensi

Oleh: dr. Alvin Nursalim Tekanan darah tinggi sudah menjadi momok bagi sebagian orang karena minimnya gejala namun berpotensi menyebabkan berbagai komplikasi mematikan. Tahukah Anda bahwa tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit metabolik yang paling umum ditemui? Tekanan darah tinggi yang biasa disebut ?hipertensi?, tidak memiliki gejala yang khas dan kadang tidak menimbulkan gejala apapun. Namun apabila tidak diberikan obat darah tinggi yang tepat, sakit jantung dan stroke bisa menanti Anda di masa depan. Terlebih lagi jika terdapat penyakit lain seperti kencing manis (Diabetes Melitus tipe 2) dan kolesterol tinggi (Dislipidemia), komplikasi jantung dan stroke bisa lebih cepat terjadi. Bagaimana Anda mengobati tekanan darah tinggi/ hipertensi? Dalam artikel ini tidak akan dibahas mengenai obat darah tinggi, karena obat darah tinggi merupakan ranah medis yang memerlukan konsultasi dengan dokter, selain itu sebenarnya langkah awal pengobatan tekanan darah tinggi tidak lain berupa perubahan pola hidup. Perubahan pola hidup seperti apa yang akan menurunkan tekanan darah tinggi, dan akhirnya melindungi Anda dari berbagai komplikasi jantung dan pembuluh darah? Per [...]

Berbaring di Tempat Tidur Terlalu Lama Bisa Buat Anda Cepat Pikun

Berbaring di Tempat Tidur Terlalu Lama Bisa Buat Anda Cepat Pikun

Selain hang out dan liburan, akhir pekan juga banyak dimanfaatkan untuk bersantai di rumah. Dengan alasan 'mumpung libur', orang cenderung lebih suka berleha-leha di tempat tidur agar bisa bangun satu atau dua jam lebih siang dari hari-hari kerja.Tapi kebiasaan bersantai sambil berbaring di tempat tidur, sofa atau tempat lainnya ternyata punya dampak tidak baik bagi kesehatan. Menurut hasil studi terbaru, terlalu sering tiduran bisa mempercepat kehilangan ingatan dan meningkatkan risiko demensia atau pikun.Seperti dikutip dari Daily Mail, sejumlah peneliti melakukan studi selama tiga tahun kepada 2.700 responden dengan usia 60-70an tahun. Di awal pengamatan, masing-masing responden diperiksa menggunakan mini-metal state examination (MMSE) --tes yang dirancang untuk menilai perubahan pada fungsi otak. Selama tiga tahun, peneliti terus mengamati rekaman mendetail dari pola tidur responden.Hasilnya ditemukan bahwa ada 49 persen responden dengan pola tidur 'normal', yaitu tidur selama enam hingga delapan jam per malam. Sementara ada 40 persen yang tidur lebih lama hingga sembilan jam dalam semalam. Sisanya sebanyak 9 persen, tidur hanya lima jam atau kurang.Di akhir eksperimen, resp [...]

Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja

Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja

Ibu yang bekerja pasti tetap ingin dapat memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Meskipun harus bekerja, ibu masih tetap dapat memberikan ASI bagi bayi Ibu. Pada bulan-bulan pertama kehidupan, seorang bayi butuh menyusui sebanyak 8-12 kali dalam 24 jam. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut maka Ibu yang bekerja harus memompa ASI sekitar 2-3 kali sehari dalam 8 jam bekerja. Ketika memompa ASI, pastikanlah bahwa kebersihan tangan dan tempat menyimpan ASI terjaga dengan benar. Jangan lupa untuk memberikan label tanggal agar pemberian ASI dapat disesuaikan dengan memberikan ASI yang lebih lama terlebih dahulu. Agar sukses memompa ASI, usahakanlah agar Ibu: Carilah tempat yang nyaman dan tenang untuk memompa ASI Tetaplah rileks dan merasa nyaman Lakukan pemijatan pada payudara untuk merangsang refleks oksitosin Lakukan pemijatan puting payudara untuk merangsang refleks oksitosin Pikirkanlah tentang bayi Anda dan kasih sayang Anda padanya untuk membuat Ibu lebih percaya diri dan nyaman Setelah memompa ASI, Ibu juga perlu memastikan agar penyimpanan ASI jangan sampai merusak ASI. Bagaimanakah penyimpanan ASI yang baik dan benar? Penyimpanan ASI ASI d [...]

Stop Percaya 6 Mitos Tentang Alergi Ini!

Stop Percaya 6 Mitos Tentang Alergi Ini!

Alergi adalah suatu reaksi abnormal di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik). Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang lain.Reaksi alergi tidak bisa ditebak, bisa saja detik ini Anda baik-baik saja dan beberapa jam kemudian Anda harus terbaring lemah di rumah sakit. Anda mungkin memiliki obat-obatan untuk membantu mengatasi alergi. Namun, percayakah Anda tentang mitos-mitos mengenai alergi? Berikut beberapa fakta yang dapat membantu Anda memisahkan mana yang fakta dan hanya mitos, seperti yang dikutip dari Health Me Up.Mitos 1: Anda Membutuhkan Bantal dan Sprei Khusus Untuk Menangkal AlergiHarap jangan tertipu dengan strategi pemasaran ini! Tidak ada bantal yang benar-benar bebas dari debu, jamur atau residu lain, kecuali Anda tidur dalam sebuah bola plastik. Salah satu cara untuk mengurangi debu di tempat tidur adalah dengan mencuci sprei dengan air panas dan vakum kamar Anda secara teratur.Mitos 2: Semua Hewan Peliharaan dapat Menyebabkan Anda AlergiTidak [...]

Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Perut kembung merupakan suatu sensasi terdapat tekanan berlebih dari dalam perut. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana, misalnya merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan brokolimentah, makan terlalu cepat, dan sebagainya. Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna dan karena asupan garam berlebih. Asupan garam berlebih menyebabkan cairan menumpuk atau tertahan, sehingga perut menjadi kembung. Selain itu, saat kita makan makanan tertentu yang sulit dicerna, makanan tersebut akan berada lebih lama di lambung. Bakteri dalam saluran cerna dapat juga memanfaatkan gula dalam makanan tersebut, memecahnya dan menghasilkan gas, yang dapat mengakibatkan kembung. Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kembung / pencegah perut kembung: 1. Sayuran Tertentu Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung. 2. Produk Susu (dairy products) Seperti keju, su [...]

Stres Berlebih Bisa Buat Wanita Terkena Stroke

Stres Berlebih Bisa Buat Wanita Terkena Stroke

Tekanan yang didapatkan dari kesibukan sehari-hari dapat membuat siapapun terkena stres yang akhirnya mempengaruhi kesehatan tubuh. Tahukah Anda, wanita yang mengalami stres berlebihan bisa terkena penyakit stroke?Menurut survey yang dikutip Times of India, wanita cenderung lebih rentan terhadap stres. Hal ini didapat dari sebuah penelitian yang melibatkan 2000 orang. Hasilnya, seperlima dari wanita merasa tingkat stres mereka tidak bisa terkontrol. Sedangkan pria yang tidak dapat mengontrol stresnya, jauh di bawah angka tersebut.Seorang ahli mengatakan stres dapat menaikkan tekanan darah dan mengakibatkan stroke. Serangan stroke juga dipengaruhi oleh diet yang tidak sehat dan kurangnya olahraga. Hal ini didukung kuat dengan adanya survey yang dilakukan Stroke Association dan Siemens yang menemukan hampir seperlima dari orang-orang stroke jarang berolahraga.Stroke juga menjadi penyebab kematian terbesar ketiga di Inggris dan Wales, setelah penyakit jantung dan kanker. Penyakit ini menewaskan lebih dari 67.000 orang setiap tahun. Lebih dari seperempat orang yang berusia antara 45 hingga 54 tahun menyatakan mereka tidak pernah berolahraga dan memiliki tingkat stres yang tinggi.Sec [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *