Teh Oolong, Teh Kaya Antioksidan dengan Proses Pembuatan Unik

oolongteacover.jpg

Teh oolong merupakan jenis teh yang tergolong unik. Mulai dari proses pembuatan, citarasa hingga manfaatnya yang beragam untuk kesehatan.

Pembuatan teh yang berasal dari dataran tinggi di pegunungan Wuyi, Fujian, China ini ditemukan sekitar 400 tahun yang lalu. Bisa dibilang jenis teh yang paling ‘muda’ jika dibandingkan dengan teh-teh lain yang sudah ditemukan sejak 5000 tahun lalu.

Kandungan antioksidan dalam teh oolong terbilang lebih lengkap dibandingkan teh hijau/putih atau teh merah/hitam. Hal itu karena proses pembuatannya yang cukup rumit dan unik.

“Teh hijau adalah teh yang tidak mengalami proses oksidasi (melibatkan oksigen sehingga warnanya menggelap) sama sekali. Sementara teh hitam 100 persen oksidasi. Nah, teh oolong ini semi oksidasi,” jelas pakar teh Ratna Somantri, dalam acara ‘Oolong Tea’ yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Gedung Panin Pusat, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/05/2013).

Perbedaan proses pembuatan masing-masing jenis teh akan menghasilkan komponen antioksidan yang berbeda pula. Teh hijau/putih kaya akan polifenol yang baik untuk memelihara kesehatan dan kelenturan kulit. Namun tidak mengandung theaflavin dan thearubigin seperti pada teh merah/hitam yang mengalami proses oksidasi. Dua antioksidan ini baik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan berkhasiat sebagai proteksi terhadap kanker.

Sebaliknya, karena telah 100 persen mengalami oksidasi, teh merah/hitam kehilangan kandungan polifenol sehingga tidak memberikan manfaat perlindungan untuk kulit. Pada oolong tea yang didapatkan dari proses semi oksidasi, masih memiliki polifenol juga theaflavin dan thearubigin.

“Teh oolong punya dua-duanya yang tidak dimiliki teh hijau atau teh hitam,” ujar Nutrisionist Emilia E. Achmadi MS., RD.

Seperti apa uniknya pembuatan teh yang berasal dari zaman Dinasti Ming ini? Ini penuturan Ratna, yang mendalami dunia teh sejak tahun 2003.

“Di negara asalnya, teh dipetik mulai pukul 7 pagi. Hanya 3-5 pucuk daun teratas yang diambil karena antioksidannya paling tinggi, harum dan lebih manis,” ujar Ratna.

Setelah dipetik, daun-daun teh dilayukan dengan dua tahap. Pertama dijemur di bawah sinar matahari selama 1,5 – 2 jam. Pada tahap ini daun harus dibolak-balik agar layunya merata dan tidak merusak kualitas teh. Pelayuan berikutnya dilakukan di dalam ruangan dan didiamkan selama 8 – 12 jam.

Proses selanjutnya daun-daun tersebut di-shaking di anyaman yang permukaannya agak runcing. Tujuannya agar daun sobek atau terkoyak. Saat inilah terjadi proses oksidasi. Kemudian oksidasi dihentikan dengan cara dipanaskan di atas wajan sambil diaduk dengan tangan. Pada teh merah/hitam, oksidasi tidak dihentikan sehingga warnanya hitam.

Kemudian daun teh menjalani proses kneading (dihancurkan dengan cara digosok menggunakan tangan) agar aromanya keluar. Terakhir adalah baking (dipanaskan kembali) agar oksidasi benar-benar berhenti. Kemudian didapatlah daun teh kering yang siap diseduh.

(hst/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengetahui Penyebab dan Cara Menangani Alergi Kulit

Mengetahui Penyebab dan Cara Menangani Alergi Kulit

Alergi kulit bisa diminimalisasi dengan menghindari faktor penyebabnya. Seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat mudah terkena alergi. Beberapa tanda yang bisa dikenali di antaranya kulit memerah, muncul ruam-ruam, gatal dan bengkak. Dalam istilah kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen adalah unsur asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi. Alergen hanya berdampak pada mereka dengan alergi. Penyebab Alergi Kulit Ada beberapa hal yang umumnya dapat memicu alergi kulit antara lain: Produk kosmetik; misalnya perias wajah, losion, deodoran, sabun, sampo, serta pewarna rambut. Produk pembersih; seperti pembersih lantai, sabun cuci, disinfektan dan sejenisnya. Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti krim antigatal atau antibiotik. Aksesoris yang terbuat dari logam, misalnya nikel atau emas. Tanaman, dapat mencakup daun, batang, atau serbuk sari. Lateks, yaitu bahan yang digunakan untuk sarung tangan karet, kondom dan balon. Semprotan serangga. Parfum. Reaksi alergi tidak muncul ketika pertama kali tubuh bersentuhan d [...]

Ini Menu Sarapan yang Bisa Buat Umur Anda Lebih Panjang

Ini Menu Sarapan yang Bisa Buat Umur Anda Lebih Panjang

Pentingnya mengawali hari dengan sarapan sudah tak diragukan lagi. Selain mencegah kegemukan juga meningkatkan produkitivitas kerja di siang harinya. Kini manfaat sarapan bertambah satu lagi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sarapan semangkuk kecil bubur setiap pagi adalah kunci untuk panjang umur dan hidup sehat.Studi yang dilakukan terhadap lebih dari 100 ribu orang dalam kurun 14 tahun itu menemukan bahwa bubur yang terbuat dari oatmeal atau gandum utuh bisa mengurangi risiko meninggal akibat sakit jantung. Sarapan 28 gram bubur gandum, diyakini bisa mengurangi risiko kematian dini hingga lima persen setiap mangkuknya.Hasil ini didapatkan setelah para peneliti menganalisa pola makan 74.900 responden wanita dan 43 ribu pria, serta pengaruhnya terhadap kesehatan jangka panjang. Dari analisa diketahui bahwa mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh mengurangi risiko kematian karena sakit jantung.Untuk lebih memastikan hasil studi, para peneliti juga memasukkan faktor-faktor lain seperti usia, kebiasaan merokok dan indeks massa tubuh yang mungkin bisa memengaruhi harapan hidup seseorang. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa responden yang rajin makan gandum utuh cender [...]

Kerja Dalam Keadaan Sakit Bisa Buat Otak Rusak

Kerja Dalam Keadaan Sakit Bisa Buat Otak Rusak

Otak merupakan organ tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Seperti yang dikutip dari detikhealth, otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar saraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu saraf lain. Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem saraf pusat.Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Untuk itulah otak perlu dijaga dan dirawat, jika tidak penyakit-penyakit yang merusak otak pun bisa terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui sembilan kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat otak menjadi rusak lalu cobalah untuk menghindarinya.1. Tidak sarapanOrang yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah dan memicu ketidakcukupan nutrisi pada otak, padahal otak butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa bekerja. Akibat kurang suplai nutrisi terutama glukosa, akhirnya kemampuan otak pun cepat menurun.2. MerokokSemua orang tahu merokok it [...]

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Apakah Anda pernah atau sering merasakan pusing setelah makan? Mungkin Anda mengalami Postprandial Hypotension yaitu tekanan darah yang tiba-tiba rendah setelah makan. Hal ini terjadi pada sepertiga wanita dan pria di dunia. Apa yang terjadi dalam tubuh saat kita makan? Ketika kita makan, di dalam tubuh kita terjadi interaksi kerja antara berbagai sistem termasuk di antaranya adalah sistem pencernaan, sistem persarafan dan sistem peredaran darah (jantung dan pembuluh darah). Pada saat terjadi proses pencernaan, aliran darah difokuskan pada daerah lambung dan usus kecil. Agar mekanisme ini tidak mengganggu aliran darah ke otak, kaki dan bagian tubuh lainnya, jantung akan berdetak lebih cepat dan pembuluh darah di daerah saluran pencernaan akan mengecil. Pada beberapa orang, mekanisme ini tidak berjalan dengan baik sehingga tekanan darah menjadi rendah di bagian lain tubuh kecuali sistem pencernaan. Hal ini dapat menimbulkan keluhan: - Pusing - Gangguan penglihatan - Mual - Pingsan - Nyeri dada Dan bahkan pada kondisi yang cukup berat dapat menyebabkan terjadinya stroke kecil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

Tes deteksi HIV sebaiknya dilakukan oleh tiap orang yang mencurigai dirinya tertular HIV tanpa menunggu kemunculan gejala-gejala tertentu. Agar dapat mendeteksi HIV dengan tepat, tes deteksi HIV perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Umumnya, virus HIV baru akan terdeteksi dalam tubuh empat minggu setelah terjadi pajanan terhadap virus ini. Banyak orang masih merasa enggan untuk melakukan tes HIV karena stigma yang ada terhadap penyakit ini. Padahal, makin cepat terdeteksi dan ditangani, maka makin efektif hasil pengobatan HIV. Selain itu, dengan mengetahui status HIV, penderitanya dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus ini. Siapa yang Sebaiknya Memeriksakan Diri? Sebagian pengidap tidak menyangka bahwa virus HIV telah bersarang dalam tubuh mereka karena tidak merasakan gejala apa-apa. Ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan diri dengan tes HIV, sehingga yang terdeteksi positif dapat menjalani pengobatan sedini mungkin dan mengurangi risiko penyebaran virus kepada bayinya. Berikut ini adalah kelompok orang yang dikategorikan berisiko mengidap HIV. Mengidap TB, hepatitis atau penyakit menular seksual seperti herpes, sifilis, klamidia, trikomoniasis, ata [...]

Hati-hati saat Mengonsumsi Obat Pencahar

Hati-hati saat Mengonsumsi Obat Pencahar

Susah buang air besar atau konstipasi dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Tidak sedikit penderitanya yang memutuskan untuk menggunakan obat pencahar sebagai solusi. Namun konsumsi obat ini perlu dilakukan dengan cermat untuk menghindari risiko dan efek samping. Terdapat berbagai jenis pencahar yang bekerja dengan cara berbeda. Efektivitasnya pun bisa berbeda. Berikut ini tiga di antaranya yang paling umum: Obat pencahar osmotik: merangsang tubuh untuk meningkatkan jumlah cairan dalam usus sehingga tinja dilunakkan dan didorong keluar tubuh. Contoh: laktulosa dan macrogol. Obat pencahar pembentuk tinja: membuat tinja menyerap cairan dan menjadi lunak sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah. Contoh: sekam ispaghula dan metilselulosa. Obat pencahar stimulan: merangsang dan membantu otot yang melapisi saluran pencernaan untuk mendorong tinja dalam usus besar menuju anus. Contoh: senna, bisacodyl, dan sodium picosulphate. Pada umumnya obat pencahar osmotik dan pembentuk tinja lebih ringan cara kerjanya dibandingkan obat pencahar stimulan. Namun penggunaan semua obat pencahar sebaiknya dilakukan dengan cermat dan lebih dulu dikonsultasikan dengan dokter. Pandua [...]

Olahraga Mencegah Pikun untuk Lansia

Olahraga Mencegah Pikun untuk Lansia

Oleh: dr. Adithia Kwee Pemerintah Indonesia menetapkan bahwa mereka yang berusia di atas 65 tahun digolongkan sebagai lansia, atau orang yang lanjut usia. Dari tinjauan bahasa, sebagian kelompok masyarakat lebih nyaman memilih istilah ?usia indah? daripada ?usia lanjut?. ?Kalau lanjut kesannya kami ini tua sekali,? demikian tukas seorang nenek ketika dimintai komentarnya mengapa memilih sebutan usia indah. Menarik. Salah satu musuh terbesar lansia adalah berkembangnya penyakit demensia atau yang lebih dikenal dengan istilah pikun. Penyakit stroke, faktor genetik, dan faktor-faktor lainnya bisa jadi penyebab dari demensia. Tetapi ingat, tidak setiap penurunan daya ingat disebut demensia, seseorang dikatakan menderita demensia jika fungsinya dalam melakukan aktivitas sehari ?hari terganggu. Kabar baik untuk para lansia, sebuah penelitian baru-baru ini dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran UNIKA Atma Jaya, penelitian bertajuk lansia dan demensia ini menemukan bahwa lansia yang memiliki mobilitas yang tinggi, cenderung memiliki risiko yang kecil untuk terkena demensia. Mobilitas yang tinggi bisa diartikan sebagai keaktifan dalam berolahraga, bergerak dalam memenuhi kebutuhan hid [...]

Perubahan yang Terjadi Pada Gigi Jika Kumur dengan Mouthwash dalam 21 Hari

Perubahan yang Terjadi Pada Gigi Jika Kumur dengan Mouthwash dalam 21 Hari

Berkumur dengan obat kumur setelah sikat gigi merupakan kebiasaan yang disarankan para ahli. Sayangnya belum banyak orang yang rutin melakukannya karena berbagai alasan. Sebagian dari mereka kurang suka dengan aroma menyengat yang ditimbulkan cairan pembersih mulut tersebut. Banyak pula yang merasa obat kumur itu belum terlalu penting apalagi harganya mahal. Padahal kebanyakan dokter gigi menyarankan ?penggunaan obat kumur sebagai bagian dari perawatan mulut. Salah satunya adalah Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes yang merupakan anggota aktif Pusat Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Menurutnya, gosok gigi hanya bisa menjangkau 25% rongga mulut. Sementara obat kumur dapat membantu membunuh bakteri di celah-celah serta gusi yang belum terjangkau.Kebanyakan orang kadang tidak sadar pentingnya kebersihan mulut jika belum mengalami sakit gigi. Bila Anda ingin melakukan pencegahan, ada baiknya mulai membiasakan diri untuk berkumur setelah menyikat gigi mulai dari sekarang. Menurut Tri, menjadikan hal tersebut sebagai sebuah rutinitas memang tak mudah. Dibutuhkan waktu minimal 21 hari untuk membuatnya menjadi kebiasaan."?Secara ilmu perilaku, seseorang tidak bisa mengubah kebiasaan seper [...]

Kaki Pecah-pecah Membuat Minder? Ini Solusinya!

Kaki Pecah-pecah Membuat Minder? Ini Solusinya!

Tidak percaya diri memakai sandal atau sepatu dengan bagian tumit terbuka karena kaki pecah-pecah? Kini Anda tidak perlu minder karena ada solusi untuk mengatasi hal tersebut. Kaki pecah-pecah terjadi karena kulit di daerah kaki sangat kering. Kulit kering ini tidak bisa menunjang tekanan keras ketika Anda menapakkan kaki. Akibatnya, kulit kering tersebut bisa retak. Kulit retak ini selain mengganggu penampilan, juga bisa menimbulkan rasa perih pada kaki. Lembapkan Kulit Kaki Anda Kunci utama menangani kaki pecah-pecah adalah menjaga kelembapannya. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan agar kelembapan kulit selalu terjaga. Gunakan krim kaki. Pilih krim yang kaya pelembap atau mengandung zat dimethicone di dalamnya. Krim dengan kandungan zat tersebut bisa melembapkan kulit kering. Krim ini memang bisa membuat kulit Anda berminyak, namun efek itu sangat baik untuk kulit pecah-pecah. Untuk penyerapan yang optimal, krim ini harus segera Anda olesi di tumit setelah mandi. Jangan biarkan sisa sabun menempel di kaki. Sabun dengan bahan-bahan kimia yang keras bisa membuat kulit kaki semakin kering. Namun itu bukan berarti Anda tidak boleh membersihkan kaki dengan sabun. Anda dapat [...]

Hubungan Softdrink dan Kegemukan

Hubungan Softdrink dan Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah anda tahu jika anda kegemukan maka risiko anda untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan? Berbagai faktor diduga turut menyumbang pada peningkatan angka obesitas di dunia. Selain faktor genetik, pola makan yang kaya kalori dan jarang berolahraga diduga berperan penting dalam peningkatan kasus kegemukan di dunia. Salah satu bentuk minuman yang digemari saat ini adalah soft drink atau minuman ringan. Soft drink merupakan minuman dengan pemanis yang umum ditemui dimana-mana. Salah satu bentuk soft drink yang biasa ditemui adalah minuman bersoda. Sayangnya soft drink memiliki nilai nutrisi yang rendah. Selain itu, soft drink identik dengan makanan cepat saji berkalori tinggi. Keduanya merupakan bentuk makanan yang dapat menambah risiko kegemukan jika dikonsumsi terus menerus. Lalu, apa yang membuat soft drink berbahaya? Hubungan Softdrink dan Kegemukan Apa yang membuat soft drink berbahaya? Semakin banyak bukti yang mendukung hubungan peningkatan konsumsi soft drink dengan berbagai penyakit kronis sepert [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *