Terapi ‘Kematian’ untuk Atasi Depresi Populer di Korea

death315.jpg

Pria maupun wanita yang mengalami depresi lalu memutuskan bunuh diri kerap terjadi di Korea Selatan. Bahkan berdasarkan data terbaru, tingkat bunuh diri di Korea Selatan semakin meningkat. Hampir 40 orang melakukan bunuh diri setiap harinya.

Sebagai solusi, salah satu klinik di Korea, Seoul Hyowon Healing Center, memberikan jalan keluar dengan terapi ‘kematian’. Terapi tersebut menjadi populer dan diminati oleh para wanita dan pria dari seluruh kalangan di negara beribukota Seoul itu.

Seperti dilansir dari Oddity Central, pasien yang datang ke klinik Hyowon tidak hanya orangtua tapi juga para remaja. Sebagian besar orangtua yang menginginkan terapi ‘kematian’ karena memiliki beban keuangan. Sedangkan remaja yang datang ke klinik karena mendapatkan tekanan dari orangtua mereka.

Lalu apa yang dimaksud terapi ‘kematian’? Terapi ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengalaman ditinggalkan ‘sendiri’ dalam peti mati. Bagaimana ketika seseorang benar-benar meninggal lalu masuk ke dalam kegelapan.

Terapi diawali dengan berganti busana mengenakan busana serba putih lalu duduk di dalam peti mati. Kemudian mereka juga diminta menuliskan pesan terakhir untuk orang-orang tersayang menggunakan pena di atas kertas kecil. Terapi dilakukan dalam sebuah kelas yang semua pesertanya memiliki permasalahan hidup sehingga ingin bunuh diri.

Sebelum peti mati ditutup semua peserta akan diberikan ceramah singkat oleh mantan pekerja tempat makam, Jeong Yong-mun. Baru setelah itu semua peserta diminta berbaring dalam peti mati. Mereka diminta menutup mata dan peti juga ditutup.

Selama sekitar sepuluh menit mereka ditinggalkan dalam kegelapan. Pasca sepuluh menit selesai, para peserta diminta ungkapan perasaannya bagaimana ditinggalkan sendirian dalam kegelapan tanpa siapa pun.

Sebagian besar mengatakan mereka merasa lebih ‘segar’ dan beban pikiran berkurang setelah terapi ‘kematian’. “Anda telah sedikit merasakan seperti apa kematian, dan kini Anda masih hidup makanya Anda harus berjuang,” jelas Jeong Yong-mun memberikan semangat.

Terapi peti mati ini bukanlah konsep baru untuk meredakan depresi. Beberapa tahun lalu, seseorang dari Ukraina telah mencobanya. Beberapa klinik di Shenyang, China, juga sudah menyediakan pelayanan terapi kematian. Terapi ini diminati karena para peserta yang telah mencobanya merasa bisa berpikir lebih positif untuk menjalani hidup ke depannya.

(aln/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Oleh: dr.Dewi Ema Anindia Risiko kelahiran bayi prematur yaitu kelahiran bayi sebelum usia kehamilan 37 minggu ternyata dapat meningkat bila sang ibu adalah seorang obesitas atau overweight (kelebihan berat badan) seperti yang dikemukakan oleh sebuah studi di Swedia. Sven Cnattingius, MD, PhD yang melakukan studi ini mengatakan ?Risiko dalam kehamilan saat ini lebih sering terjadi pada ibu yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan?. Telah lama disebutkan bahwa obesitas pada ibu dapat meningkatkan risiko pre-eklampsia, keguguran, diabetes gestasional, dan kelahiran dengan operasi sesar (sectio caesare), namun penelitian ini menemukan bahwa kelebihan berat badan pada ibu pun diakitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah. Penelitian ini menganalisa 1,599,551 kelahiran di Swedia pada tahun 1992 hingga 2010, dan menganalisa IMT (Index Masa Tubuh) pada setiap ibu pada saat visit antenatal. Selanjutnya para peneliti membagi kelahiran ibu-ibu tersebut menjadi 3 kelompok yaitu, extremely premature (usia kehamilan 22?27 minggu), very premature ( usia kehamilan 28?31 minggu) dan premature (usia kehamilan 32?36 minggu). Penelitian ini menemukan bahwa bila dibandingk [...]

Hati-hati saat Mengonsumsi Obat Pencahar

Hati-hati saat Mengonsumsi Obat Pencahar

Susah buang air besar atau konstipasi dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Tidak sedikit penderitanya yang memutuskan untuk menggunakan obat pencahar sebagai solusi. Namun konsumsi obat ini perlu dilakukan dengan cermat untuk menghindari risiko dan efek samping. Terdapat berbagai jenis pencahar yang bekerja dengan cara berbeda. Efektivitasnya pun bisa berbeda. Berikut ini tiga di antaranya yang paling umum: Obat pencahar osmotik: merangsang tubuh untuk meningkatkan jumlah cairan dalam usus sehingga tinja dilunakkan dan didorong keluar tubuh. Contoh: laktulosa dan macrogol. Obat pencahar pembentuk tinja: membuat tinja menyerap cairan dan menjadi lunak sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah. Contoh: sekam ispaghula dan metilselulosa. Obat pencahar stimulan: merangsang dan membantu otot yang melapisi saluran pencernaan untuk mendorong tinja dalam usus besar menuju anus. Contoh: senna, bisacodyl, dan sodium picosulphate. Pada umumnya obat pencahar osmotik dan pembentuk tinja lebih ringan cara kerjanya dibandingkan obat pencahar stimulan. Namun penggunaan semua obat pencahar sebaiknya dilakukan dengan cermat dan lebih dulu dikonsultasikan dengan dokter. Pandua [...]

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Penelitian tentang yoga dilakukan lebih dari satu abad. Meski begitu masih banyak misteri yang belum terkuak tentang awal hadirnya yoga. Yang diketahui publik, yoga berasal dari India sekitar lima ribu tahun lalu.Sampai sekarang, banyak sarjana barat berpikir yoga berasal jauh sebelum itu, barangkali sekitar 500 Silam Masehi. Itu adalah masa Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha.Namun kemudian, di awal tahun 1920-an, para arkeolog mengejutkan dunia dengan penemuan yang disebut sebagai peradaban budaya Indus. Sebuah peradaban di atas lahan seluas 300 ribu mil persegi.Itu adalah peradaban terbesar di awal zaman kuno. Di bawah reruntuhan kota-kota besar Mohenjo Daro dan Harappa, mesin eskavator menemukan gambar ukiran tokoh menyerupai yogi pada cap batu.Banyak temuan lain yang menunjukkan keberlangsungan menakjubkan antara peradaban tersebut, dan kemudian antara masyarakat dan budaya Hindu.Tidak ada yang primitif dari peradaban yang saat ini disebut sebagai Indus-Sarasvati ini, dinamai dari dua sungai besar mengalir di India bagian Timur.Populasi Indus-Sarasvati adalah peradaban yang menikmati bangunan bertingkat, sistem pembuangan limbah modern yang tak bisa ditandingi mulai d [...]

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan. Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung. Berikut diantaranya: Buah?buahan dan sayuran Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih. Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata. Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit. Makanan lainnya yang dapat membantu Anda awet muda lainnya adalah: Makanan yang Membuat Awet Muda Lainnya: Gandum. Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Ikan. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan [...]

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Pernahkah suara Anda tiba-tiba serak setelah melakukan aktivitas tertentu? Sebenarnya, mengapa suara bisa mengalami serak? Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Kelelahan bersuara merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis pada laring. Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau. Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara. Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Cara Atasi Suara Serak Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan [...]

5 Makanan Penyembuh Sakit Flu

5 Makanan Penyembuh Sakit Flu

Musim hujan seperti ini, penyakit yang sering dihadapi adalah flu. Memang flu bukanlah penyakit yang berbahaya, namun ketika flu menyerang bisa membuat kinerja menurun. Sebenarnya flu bisa dilawan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang tidak alami. Anda bisa menangkal dan menyembuhkan flu dengan bahan makan yang mudah didapatkan. Dirangkum dari iVillage, berikut ini makanan untuk mencegah flu.Bawah Putih Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. JaheSejak zaman nenek moyang dulu jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis. Bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat. BayamSayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Ba [...]

Terapi Panas Dapat Mengobati Ejakulasi Dini?

Terapi Panas Dapat Mengobati Ejakulasi Dini?

Ejakulasi dini mempengaruhi 20 sampai 38 persen pria, hal ini menjadi disfungsi seksual para pria yang paling umum di seluruh dunia. Pilihan pengobatan yang tersedia untuk saat ini masih terbatas, termasuk oral medication, seperti inhibitor serotonin reuptake yang selektif tetapi memiliki efek samping pada seluruh tubuh dalam jangka waktu yang panjang. topical anesthetics, dan terapi perilaku. Namun studi terbaru dari University Hospitals Case Medical Center mengatakan, bahwa ?terapi panas? dapat menjadi solusi yang lebih tepat dalam mengatasi ejakulasi dini. Prosedur ini disebut dengan modulasi image-guided neurothermal. Terapi baru ini bekerja dengan mengaktifkan kembali saraf yang mengirimkan sinyal kenikmatan ke otak selama melakukan seks. Pertama-tama, pasien dibius secara lokal dan dengan dosis yang kecil, Kemudian pasien menjalani computed tomography (CT) untuk membimbing elektroda kecil seukuran jarum ke saraf belakang penis yang ada di panggul, saraf ini mengontrol sensitivitas dan menghubungkannya ke sumsum tulang belakang untuk menyampaikan sinyalnya ke otak. Gelombang radio akan sesekali dipancarkan melalui elektroda tersebut untuk memperkecil sensasi yang dibawa oleh s [...]

Cara Mencegah Turun Berok

Cara Mencegah Turun Berok

Berjuta-juta orang di dunia mengalami turun berok, terutama pria. Turun berok tak hanya dapat dialami oleh pria namun wanita pun dapat mengalaminya. Turun berok atau yang dalam istilah medis dikenal sebagai hernia merupakan suatu kondisi dimana bagian dari organ di rongga perut keluar dari tempat yang seharusnya, penyebabnya adalah dinding rongga perut yang tidak kuat. Kondisi ini bila terjadi di selangkangan disebut sebagai hernia inguinalis. Biasanya yang dikeluhkan adalah adanya benjolan, bila masih ringan maka benjolan dapat kembali atau naik dengan sendirinya namun bila sudah parah benjolan dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Turun berok tidak bisa dipandang sebelah mata karena bila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kematian usus. Turun berok dapat membuat sensasi yang sangat tidak nyaman bagi yang mengalaminya. Apakah Turun Berok Dapat Dicegah? Bisa. Berikut caranya: Apakah Turun Berok Dapat Dicegah? Turun berok disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam perut. Kondisi seperti sering mengangkat benda berat dan batuk kronis terkadang merupakan penyebab awal kondisi ini dan/atau memperparah keluhan turun berok. Memang tak banyak yang dapat [...]

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Kelainan Bayi, Ini Cara Mencegahnya

Oleh: dr. Alvin Nursalim Kelainan bawaan lahir atau dalam istilah media dikenal dengan kelainan kongenital. Kelainan kongenital menyerang 1 dari 33 anak, dan diperkirakan 270.000 bayi meninggal dalam 28 hari pertama kehidupan mereka akibat kelainan kongenital. Apa saja tiga jenis kelainan kongenital yang umum ditemui? Apa saja hal yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya? 1. Gangguan Jantung kongenital Jantung yang sehat harus terdiri dari 4 ruangan yang terpisah dan dibatasi oleh empat katub jantung. Dalam keadaan yang tidak normal, ruangan jantung bisa saling terhubung oleh lubang pada dinding pemisah jantung atau bocornya katub jantung. Hal ini akan menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal, sehingga darah tidak sampai pada organ-organ tubuh dengan baik. Anak akan mengeluh cepat lelah, lemas atau terlihat kebiruan akibat kurangnya oksigen yang sampai ke jaringan tubuh. 2. Defek tabung saraf (neural tube defect) Defek tabung saraf merupakan kelainan akibat penutupan yang tidak sempurna dari sum-sum tulang dan otak. Hal ini dapat menyebabkan bagian dari sum-sum tulang atau otak tidak dilapisi oleh kulit atau tulang tengkorak dan menonjol dari luar tubuh. Pen [...]

Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Cedera Otot, Ini Pertolongannya

Oleh: dr. Nadia Octavia Salah satu pertanyaan umum dalam penanganan cedera adalah apakah menggunakan es atau kompres hangat untuk penatalaksanaan cedera. Jawabannya adalah tergantung kondisinya. Pertolongan dengan Es Pilihan pertama yang paling aman untuk penatalaksanaan cedera adalah es. Namun metode ini paling baik dilakukan pada cedera atau nyeri yang terjadi dalam kurun kurang dari 24 jam atau cedera yang berlanjut menjadi bengkak. Es akan mengurangi nyeri dan menyebabkan terjadi vasokonstriksi (penyempitan dan penutupan pembuluh darah kecil) sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri. Tips: Gosokkan batu es pada area yang mengalami cedera hingga es meleleh atau rendamlah handuk tipis pada air dingin dan letakkan batu es di dalam handuk tersebut Untuk tangan atau kaki, rendam di dalam ember atau mangkok berisi es selama 10-15 menit Baik es maupun kompres dingin tidak boleh digunakan selama lebih dari 30 menit Untuk mengurangi bengkak, posisikan area tubuh yang terkena lebih tinggi Kompres hangat Panas akan menyebabkan relaksasi otot dan paling baik digunakan pada otot-otot postural seperti pada punggung dan leher. Nyeri, kaku otot ataupun kekakuan pada osteoart [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *