Terapi ‘Kematian’ untuk Atasi Depresi Populer di Korea

death315.jpg

Pria maupun wanita yang mengalami depresi lalu memutuskan bunuh diri kerap terjadi di Korea Selatan. Bahkan berdasarkan data terbaru, tingkat bunuh diri di Korea Selatan semakin meningkat. Hampir 40 orang melakukan bunuh diri setiap harinya.

Sebagai solusi, salah satu klinik di Korea, Seoul Hyowon Healing Center, memberikan jalan keluar dengan terapi ‘kematian’. Terapi tersebut menjadi populer dan diminati oleh para wanita dan pria dari seluruh kalangan di negara beribukota Seoul itu.

Seperti dilansir dari Oddity Central, pasien yang datang ke klinik Hyowon tidak hanya orangtua tapi juga para remaja. Sebagian besar orangtua yang menginginkan terapi ‘kematian’ karena memiliki beban keuangan. Sedangkan remaja yang datang ke klinik karena mendapatkan tekanan dari orangtua mereka.

Lalu apa yang dimaksud terapi ‘kematian’? Terapi ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengalaman ditinggalkan ‘sendiri’ dalam peti mati. Bagaimana ketika seseorang benar-benar meninggal lalu masuk ke dalam kegelapan.

Terapi diawali dengan berganti busana mengenakan busana serba putih lalu duduk di dalam peti mati. Kemudian mereka juga diminta menuliskan pesan terakhir untuk orang-orang tersayang menggunakan pena di atas kertas kecil. Terapi dilakukan dalam sebuah kelas yang semua pesertanya memiliki permasalahan hidup sehingga ingin bunuh diri.

Sebelum peti mati ditutup semua peserta akan diberikan ceramah singkat oleh mantan pekerja tempat makam, Jeong Yong-mun. Baru setelah itu semua peserta diminta berbaring dalam peti mati. Mereka diminta menutup mata dan peti juga ditutup.

Selama sekitar sepuluh menit mereka ditinggalkan dalam kegelapan. Pasca sepuluh menit selesai, para peserta diminta ungkapan perasaannya bagaimana ditinggalkan sendirian dalam kegelapan tanpa siapa pun.

Sebagian besar mengatakan mereka merasa lebih ‘segar’ dan beban pikiran berkurang setelah terapi ‘kematian’. “Anda telah sedikit merasakan seperti apa kematian, dan kini Anda masih hidup makanya Anda harus berjuang,” jelas Jeong Yong-mun memberikan semangat.

Terapi peti mati ini bukanlah konsep baru untuk meredakan depresi. Beberapa tahun lalu, seseorang dari Ukraina telah mencobanya. Beberapa klinik di Shenyang, China, juga sudah menyediakan pelayanan terapi kematian. Terapi ini diminati karena para peserta yang telah mencobanya merasa bisa berpikir lebih positif untuk menjalani hidup ke depannya.

(aln/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Fakta Kesehatan Tentang Alpukat yang Belum Tentu Anda Tahu

Fakta Kesehatan Tentang Alpukat yang Belum Tentu Anda Tahu

Alpukat tidak hanya lezat untuk dijadikan campuran es teler atau es campur. Tapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang masih 'satu saudara' dengan berry ini kaya akan lemak sehat dan tak jenuh yang membantu proses pembakaran lemak berlebih serta memperkuat struktur dinding sel. Ini sejumlah khasiat lain dari alpukat, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Alpukat Mengandung Potassium Lebih Banyak dari PisangSelama ini potassium lebih diketahui banyak terkandung dalam pisang. Tapi alpukat ternyata memiliki potassium yang lebih tinggi. Dalam satu butir alpukat, terdapat 975 miligram potassium sementara pisang (ukuran sedang) hanya setengahnya, sekitar 487 miligram. Potassium merupakan jenis elektrolit yang sangat penting untuk hidrasi tubuh. Salah satu jenis elektrolit ini juga berkhasiat menurunkan tekanan darah serta membantu kesuburan, fungsi otak dan syaraf.2. Alpukat Buah Berprotein TinggiSatu butir alpukat memiliki empat gram protein, menjadikannya sebagai buah yang paling tinggi kandungan proteinnya. Protein pada alpukat pun merupakan protein sehat yang tidak mengandung lemak trans, lemak jenuh dan mudah dicerna. Jadi jika Anda vegetarian atau menghindari prote [...]

Riset: Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Riset: Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Wanita butuh tidur 20 menit lebih banyak ketimbang pria. Otak wanita yang lebih kompleks dan gemar mengerjakan banyak hal secara bersamaan, membuatnya harus istirahat lebih banyak.Hal tersebut dikatakan oleh Profesor Jim Horn dari Sleep Research Centre, Loughborough University. Menurutnya semakin sering otak digunakan, semakin banyak sel-sel otak yang harus diistirahatkan."Wanita lebih banyak melakukan pekerjaan dalam satu waktu. Mereka juga menggunakan otaknya lebih sering daripada pria. Untuk itulah, waktu tidurnya pun harus lebih banyak," kata Professor Jim Horn, seperti dikutip dari New York Daily News.Sebenarnya, pria juga butuh waktu tidur lebih banyak ketika ia melakukan banyak pekerjaan yang membutuhkan pemikiran berat. Tetapi walau bagaimanapun, tetap saja tidak sebesar dan seberat yang dilakukan wanita."Wanita punya lebih banyak komitmen untuk mengerjakan sesuatu, contohnya seorang istri baru bisa tidur setelah semua pekerjaan rumahnya selesai," ujar Michael Breus, pengarang buku 'Beauty Sleep: Look Younger, Lose Weight, and Feel Great Through Better Sleep'.Dalam jurnal The American Academy of Sleep Medicine, peneliti dari North Carolina menyebutkan bahwa wanita lebih [...]

Anak 7 Tahun Pengidap Anoreksia: ‘Aku Selalu Lapar dan Tidak Bisa Makan’

Anak 7 Tahun Pengidap Anoreksia: ‘Aku Selalu Lapar dan Tidak Bisa Makan’

Anoreksia umumnya terjadi pada remaja di atas usia 15 tahun. Namun Anne tidak pernah menyangka kalau gangguan makan itu dialami putrinya, Sophie, saat baru berusia 7 tahun.Kepada ABC News, Anne --menggunakan nama samaran untuk melindungi privasi keluarga-- mengungkapkan bahwa putri kecilnya pernah berkata padanya di suatu malam, "Aku selalu lapar dan tidak bisa makan. Suara di kepalaku menyuruhku untuk tidak makan."Meskipun tinggi dan berat badan Sophie terlihat normal pada grafik pertumbuhan, dia akhirnya mengaku kalau selama ini selalu membuang bekal makan siangnya. Tak hanya itu, dia juga memaksa dirinya untuk berolahraga saat jam istirahat sekolah.Anne dan suaminya tahu bahwa Sophie memang anak yang perfeksionis. Namun mereka tidak menyangka anak kesayangannya bisa mengalami kondisi yang dinamakan anoreksia nervosa di usia yang masih sangat muda. Anne pun mencoba berbagai cara untuk mengetahui kenapa anaknya bisa mengalami kondisi ini."Guru Sophie pernah bilang padanya kalau dia harus makan sehat. Dan dia (Sophie) merupakan tipe anak yang sangat menaati peraturan dan berusaha menjalankannya lebih baik dari orang lain. Dia anak yang mudah gelisah," urai Anne.Perilaku Sophie y [...]

Facebook Bisa Buat Orang Khawatirkan Bentuk Tubuh

Facebook Bisa Buat Orang Khawatirkan Bentuk Tubuh

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuka Facebook tidak hanya dapat berdampak buruk bagi produktivitas Anda saja. Menurut penelitian, kebiasaan itu bisa membahayakan kesehatan Anda juga.Dalam survei, ditemukan bahwa ada 51 persen dari pengguna Facebook yang merasa terlalu khawatir dengan tubuhnya setelah melihat foto diri mereka di situs jejaring sosial itu. Hasil survei tersebut didapat dari The Center for Eating Disorders."Facebook membuat orang menghabiskan waktu lebih banyak untukmengkritik tubuh mereka sendiri dan berharap mereka tampak seperti orang lain," ujar Direktur 'The Center for Eating Disorders', Dr Harry Brandt dalam laporannya."Dalam era teknologi modern dan akses yang konstan yang bisa didapat dari SmartPhone, itu membuat orang susah menghapus diri dari imej dan pemicu lainnya yang mempromosikan citra tubuh negatif, rendah diri dan akhirnya mengalami gangguan makan," tambah Brandt lagi.80 persen dari peserta survei yang berusia 14 hingga 40 tahun itu, mengatakan bahwa mereka "minimal sehari sekali" membuka situs jejaring Facebook. Sehingga tak mungkin bagi mereka untuk tidak melihat fotonya sendiri atau foto teman-temannya.Penelitian juga menemukan, 44% orang [...]

Tubuh Makin Lemas Setelah Bangun Tidur? Ketahui 6 Sebabnya

Tubuh Makin Lemas Setelah Bangun Tidur? Ketahui 6 Sebabnya

Bangun tidur, tubuh justru merasa lemas dan lelah? Mungkin sebagian besar dari Anda pernah atau bahkan sering mengalaminya. Waktu istirahat seharusnya membut tubuh merasa segar dan bersemangat ketika bangun di pagi harinya. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Mata terasa berat, tubuh pegal-pegal atau segera ingin beranjak tidur lagi.Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan yang Anda lakukan selama beraktivitas di siang hari atau menjelang tidur. Apa saja kebiasaan yang membuat tubuh lemas dan lunglai di pagi hari? 1. Malas OlahragaOlahraga membantu tidur lebih nyenyak dan tubuh terasa lebih segar saat bangun di keesokan paginya. Olahraga juga bisa meredakan stres dan membangkitkan mood positif Anda, dan menghasilkan tidur yang lelap dan tenang. Jenis olahraga yang cocok untuk meningkatkan kualitas tidur diantaranya yoga, stretching atau olahraga yang meningkatkan detak jantung.2. Memainkan Smartphone Sampai Larut MalamBanyak orang sulit meninggalkan smartphone-nya untuk berselancar di dunia social media seperti Twitter, Path, Instagram atau Facebook. Mengecek status teman, update status dan melihat postingan gambar seringkali membuat lupa diri dan akhirnya Anda baru bisa tidur saa [...]

Usir Takut Sebelum Operasi Angkat Payudara, Wanita Ini Ber-Gangnam Style

Usir Takut Sebelum Operasi Angkat Payudara, Wanita Ini Ber-Gangnam Style

Menjalani operasi pengangkatan payudara atau mastektomi bukan momen menyenangkan bagi para wanita pengidap penyakit kanker atau tumor payudara. Namun seorang mantan pasien bernama Doretta Norris tak mau menghadapinya dengan kemurungan. Demi mengusir rasa gugup dan takut sesaat sebelum melakukan operasi pengangkatan dua payudaranya, wanita asal Amerika Serikat ini memilih menghibur diri dengan menari sambil diiringi lagu Gangnam Style.Doretta telah menderita penyakit kanker beberapa tahun lalu. Namun setelah dokter menemukan tumor di sebelah kanan payudara pada November 2013, dia memutuskan untuk mengangkat keduanya. Terinspirasi dari seorang mantan pasien kanker lain yang melakukan hal serupa, wanita ini meminta pada dokter bedah agar para staf menari bersama daripada melakukan meditasi sesaat sebelum tindakan.Dalam sebuah video berdurasi dua menit yang diunggah oleh pihak rumah sakit ke situs Youtube pada Juni 2014 lalu, terlihat bagaimana Dorreta dan para perawat menari dengan gembira. Sesaat setelah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Piedmont Henry tersebut keluar ruangan untuk menuju ruang operasi, para perawat sudah berbaris dan menunggunya. Beberapa saat kemudian terdengar [...]

Daging Ayam & Telur Bisa Lindungi Otak dari Penuaan

Daging Ayam & Telur Bisa Lindungi Otak dari Penuaan

Menurut penelitian, diet kolin dipercaya bisa melindungi otak Anda dari pengaruh penuaan. Kolin adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak dan fungsi pembelajaran atau memori. Nutrisi ini merupakan bahan dasar untuk membuat zat kimia pembentuk memori otak yang dikenal dengan acetylkolin.Senyawa kimia itu berperan pada proses penyimpanan dan pemanggilan kembali memori, perhatian (atensi), maupun konsentrasi seseorang. Kolin banyak ditemukan dalam telur, daging ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak, gandum, alpukat dan pisang.Para peneliti dari Boston University menemukan, orang yang mengonsumsi banyak kolin memiliki hasil tes memori yang baik dan perubahan otak akibat penuaan tak telalu banyak terjadi. Hasil penemuan tersebut juga melaporkan bahwa diet yang Anda lakukan dapat mempengaruhi usia otak."Saya pikir pesannya adalah memakan makanan sehat dan seimbang pada pertengahan usia adalah hal penting," ujar Dr Rhoda Au, peneliti senior seperti yang dikutip dari Daily Mail.Hasil tersebut didapat dari survei kesehatan yang dipelajari oleh Dr Au. Ia memberikan kuisioner diet kepada 1.400 orang dewasa berusia 36-83 antara 1991 dan 1995. Kemudian, antara tahun 1998 dan 2001, mereka [...]

6 Keuntungan dengan Rajin Minum Air Hangat Tiap Hari

6 Keuntungan dengan Rajin Minum Air Hangat Tiap Hari

Kebanyakan orang lebih suka minum air dingin karena memberi sensasi segar pada tenggorokan. Meskipun sama-sama merehidrasi tubuh, tidak banyak yang tahu kalau air hangat ternyata memberi manfaat yang lebih banyak bagi kesehatan tubuh ketimbang air dingin. Ini dia beberapa keuntungan dengan minum air panas atau hangat, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Membantu Turunkan Berat BadanMinum air hangat akan membuat temperatur tubuh meningkat sehingga metabolisme tubuh juga lebih baik. Metabolisme tubuh yang tinggi akan membuat penurunan berat badan berlangsung lebih cepat. Disarankan minum air hangat yang dicampur perasan dari setengah lemon ketika bangun pagi. Campuran ini akan membantu memecah adipose, jaringan di dalam tubuh yang sebagian besar berisi lemak.2. DetoksifikasiKetika minum air hangat, suhu tubuh juga meningkat sehingga membuat Anda lebih banyak berkeringat. Dengan keluarnya keringat, maka toksin-toksin di dalam tubuh yang menumpuk pun ikut terbawa keluar dari sistem pencernaan.3. Menyamankan TenggorokanSaat flu atau pilek, Anda disarankan minum air hangat ketimbang dingin. Ini ada alasannya. Air hangat membantu melegakan sistem pernapasan dengan mengencerk [...]

6 Kebiasaan Sehat untuk Melawan Penuaan

6 Kebiasaan Sehat untuk Melawan Penuaan

Penuaan dini tidak hanya terjadi pada kulit saja. Tubuh secara keseluruhan pun bisa mengalami yang namanya penuaan. Proses ini memang alami dan merupakan bagian dari lingkarang kehidupan. Tapi tentunya Anda ingin ketika sudah mencapai usia senja, kulit masih elastis, wajah masih segar, tubuh sehat dan bugar serta daya ingat masih kuat. Cara mendapatkannya, dengan melakukan enam kebiasaan sehat yang dikutip dari Canadian Living.1. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Sering & LamaTerkena paparan sinar matahari terlalu sering dan lama bisa mengakibatkan kanker kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti noda kecoklatan dan kerutan. Agar kulit sehat dan tampak muda lebih lama, hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan selalu gunakan sunscreen. Kenakan juga topi dan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV.2. Diet Sehat Seiring bertambahnya usia, tubuh semakin rentan terkena gangguan kesehatan. Jadi salah satu strategi agar sehat lebih lama adalah mengonsumsi variasi makanan sehat yang rendah lemak, kaya serat, sumber vitamin, mineral dan antioksidan. Menurut konsultan diet Cathy Pearson, diet sehat bisa meningkatkan tingkat energi, kesehatan ment [...]

Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik

Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik

Disabilitas fisik dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Hal ini dapat terjadi sejak lahir atau pada saat pertumbuhan. Anak dengan disabilitas perlu belajar agar menjadi lebih siap dalam menjalani hidupnya. Oleh karena itu, orang tua juga perlu mengumpulkan banyak informasi mengenai disabilitas dan apa yang perlu diperhatikan dalam menemani dan mengajarkan anak dengan disabilitas. Disabilitas secara umum merupakan istilah yang digunakan kepada seseorang yang mengalami cacat atau keterbatasan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Disabilitas fisik terjadi dikarenakan adanya penurunan kemampuan bagian tubuh, hilangnya fungsi bagian tubuh, atau mengalami gangguan dengan struktur tubuh. Agar tidak terlalu mengalami kesulitan dalam menjalani kegiatan sehari-hari, seorang anak dengan disabilitas fisik memerlukan perhatian dan pengajaran khusus. Hal-hal seperti mengajarkan makan, pergi ke toilet, dan sebagainya dapat menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Meski begitu, bukan berarti mengajarkan anak dengan disabilitas fisik tidak bisa menyenangkan. Menangani Anak dengan Disabilitas Fisik Ketika diagnosis mengenai kondisi anak Anda sudah jelas, Anda perlu mengumpulkan berag [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *