Terapi ‘Kematian’ untuk Atasi Depresi Populer di Korea

death315.jpg

Pria maupun wanita yang mengalami depresi lalu memutuskan bunuh diri kerap terjadi di Korea Selatan. Bahkan berdasarkan data terbaru, tingkat bunuh diri di Korea Selatan semakin meningkat. Hampir 40 orang melakukan bunuh diri setiap harinya.

Sebagai solusi, salah satu klinik di Korea, Seoul Hyowon Healing Center, memberikan jalan keluar dengan terapi ‘kematian’. Terapi tersebut menjadi populer dan diminati oleh para wanita dan pria dari seluruh kalangan di negara beribukota Seoul itu.

Seperti dilansir dari Oddity Central, pasien yang datang ke klinik Hyowon tidak hanya orangtua tapi juga para remaja. Sebagian besar orangtua yang menginginkan terapi ‘kematian’ karena memiliki beban keuangan. Sedangkan remaja yang datang ke klinik karena mendapatkan tekanan dari orangtua mereka.

Lalu apa yang dimaksud terapi ‘kematian’? Terapi ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengalaman ditinggalkan ‘sendiri’ dalam peti mati. Bagaimana ketika seseorang benar-benar meninggal lalu masuk ke dalam kegelapan.

Terapi diawali dengan berganti busana mengenakan busana serba putih lalu duduk di dalam peti mati. Kemudian mereka juga diminta menuliskan pesan terakhir untuk orang-orang tersayang menggunakan pena di atas kertas kecil. Terapi dilakukan dalam sebuah kelas yang semua pesertanya memiliki permasalahan hidup sehingga ingin bunuh diri.

Sebelum peti mati ditutup semua peserta akan diberikan ceramah singkat oleh mantan pekerja tempat makam, Jeong Yong-mun. Baru setelah itu semua peserta diminta berbaring dalam peti mati. Mereka diminta menutup mata dan peti juga ditutup.

Selama sekitar sepuluh menit mereka ditinggalkan dalam kegelapan. Pasca sepuluh menit selesai, para peserta diminta ungkapan perasaannya bagaimana ditinggalkan sendirian dalam kegelapan tanpa siapa pun.

Sebagian besar mengatakan mereka merasa lebih ‘segar’ dan beban pikiran berkurang setelah terapi ‘kematian’. “Anda telah sedikit merasakan seperti apa kematian, dan kini Anda masih hidup makanya Anda harus berjuang,” jelas Jeong Yong-mun memberikan semangat.

Terapi peti mati ini bukanlah konsep baru untuk meredakan depresi. Beberapa tahun lalu, seseorang dari Ukraina telah mencobanya. Beberapa klinik di Shenyang, China, juga sudah menyediakan pelayanan terapi kematian. Terapi ini diminati karena para peserta yang telah mencobanya merasa bisa berpikir lebih positif untuk menjalani hidup ke depannya.

(aln/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Untuk Manusia, Lebih Baik Susu Sapi  atau Susu Kacang?

Untuk Manusia, Lebih Baik Susu Sapi atau Susu Kacang?

Air susu ibu (ASI) tak diragukan lagi memiliki komponen paling sempurna sebagai makanan utama bagi bayi. Sampai saat ini belum ada makanan atau minuman pengganti lain untuk bayi, yang dapat memberikan gizi sebaik ASI. Fungsi bahan komponen ASI sangat beragam, yakni sebagai anti-infeksi, anti-radang, zat untuk pertumbuhan, dan prebiotik. Selain itu, ASI memiliki kandungan nutrisi yang dinamis, artinya kandungan nutrisinya akan berubah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi seiring pertumbuhannya. Anjuran pemberian ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan, artinya bayi tidak mendapat makanan apapun selain ASI sampai dengan usia 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi akan mendapat makanan padat sebagai pendamping ASI. Pemberian ASI kemudian diteruskan sampai anak berusia 2 tahun. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pada usia 2 tahun Si Kecil dapat diberikan susu selain ASI sebagai asupan tambahan.Susu yang berada di pasaran umumnya berasal dari sapi. Selain itu, susu yang bisa dikonsumsi oleh manusia ada yang berasal kambing, domba, kuda, banteng, dan unta. Namun susu dari sumber lain selain sapi tidak banyak diproduksi secara massal sehingga sulit didapatkan di pasaran. Bagaimana d [...]

Makanan dan Minuman Manis Menaikkan Resiko Penyakit Jantung Pada Remaja

Makanan dan Minuman Manis Menaikkan Resiko Penyakit Jantung Pada Remaja

Dalam edisi online Circulation pada tanggal 10 Januari 2011, peneliti dari Emory University melaporkan bahwa para remaja yang mengonsumsi makanan dan minuman manis menunjukkan tanda-tanda fisik bahwa mereka mempunyai resiko tinggi terkena penyakit jantung saat dewasa nantinya. Peneliti mengemukakan bahwa di antara 2.157 remaja yang ikut berpatisipasi dalam National Health and Nutrition Examination Survey, jumlah rata-rata dari tambahan gula yang dikonsumsi per harinya adalah 119 gram (476 kalori), dimana 21,4 persen dari keseluruhan kalori dikonsumsi oleh para remaja ini per harinya. Jean Welsh, pemimpin dari para peneliti dan juga seorang cendikiawan postdoctoral berkata, bahwa kita harus menjaga kadar gula yang kita konsumsi. Minuman ringan dan soda manis adalah kontributor utama dari bertambahnya gula dalam tubuh, juga merupakan sumber utama kalori yang tidak disertai dengan nutrisi penting lainnya. Kesadaran akan efek negatif dari penambahan gula tersebut dapat membantu orang-orang, terutama remaja, mengurangi jumlah gula yang mereka konsumsi. Tim peneliti Welsh menemukan bahwa para remaja yang banyak mengonsumsi gula mempunyai 9 persen level kolesterol LDL (kolesterol jahat) l [...]

4 Masalah Mata yang Paling Sering Muncul

4 Masalah Mata yang Paling Sering Muncul

Gangguan penglihatan merupakan suatu kelainan yang pasti suatu saat muncul dalam kehidupan seseorang. Entah gangguan yang terjadi pada masa muda ataupun masa tua. Mata merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita oleh karena itu menjaga kesehatan mata merupakan hal yang sangat penting. Berikut beberapa penyakit mata yang sering terjadi pada seseorang: Katarak Katarak ditandai dengan adanya kerusakan pada lensa mata, kebanyakan kasus katarak dihubungkan dengan usia dan sering terjadi pada orang-orang pada usia 50 tahun atau lebih. Katarak disebabkan oleh adanya trauma atau hilangnya protein di dalam mata yang menyebabkan kekeruhan pada lensa. Apabila tidak diobati katarakn dapat menyebabkan kebutaaan. Namun kabar baiknya adalah katarak merupakan penyakit yang sering terjadi jadi mudah diobati dengan operasi. Glaukoma Kondisi ini mengakibatkan kerusakan pada saraf mata dan dapat menyebabkan kerusakan semakin berat. Glaukoma biasanya tidak menimbulkan gejala atau hanya menimbulkan gejala yang sedikit. Pada beberap kasus penyakit ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan dalam bola mata. Bila tidak diobati glaukoma dapat menyebabkan hilangnya penglihatan. Saat terditeksi [...]

Liburan Panjang Buat Otak Kurang Produktif

Liburan Panjang Buat Otak Kurang Produktif

Musim liburan akan segera tiba, saatnya membuat rencana liburan panjang bersama keluarga. Tapi hati-hati, menurut survei kelamaan liburan bisa buat produktivitas otak menurun.Sejak tahun 2004 hingga 2008, The Hartford, sebuah perusahaan asuransi di Connecticut melakukan survei dan menganalisa lebih dari 1 juta kasus kemunduran otak atau short-term disability akibat liburan panjang. Para pakar menduga hal itu disebabkan karena pada saat liburan otak jarang diasah.Di Amerika, short-term disability diketahui banyak terjadi pada bulan November dan Desember. Namun pada bulan Januari dan Februari, penyakit kemunduran otak sesaat itu justru diikuti dengan berbagai penyakit seperti depresi, sakit pernapasan dan luka-luka. Sebanyak dua pertiga partisipan diketahui mengalami gejala tersebut.Gejala seperti itu bukan sesuatu yang aneh lagi di sana. Hal ini karena pada saat itu suhu cuaca rendah akibat musim dingin bisa bantu tingkatkan risiko flu, batuk, gangguan pernapasan, kecelakaan dan depresi."Orang-orang sangat senang ketika libur panjang tiba karena mereka bisa berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Tapi ketika bulan Januari datang dan mereka harus kembali menjalani rutinitas ker [...]

6 Penyebab Anemia

6 Penyebab Anemia

Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Bila Anda merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal maka kemungkinan besar Anda menderita anemia. Anemia pun dapat menjadi dasar dari gangguan ingatan atau gangguan perasaan Anda. Beberapa gejala anemia lainnya adalah kelemahan, pusing, kulit yang pucat dan nyeri kepala. Beberapa penyebab dari anemia adalah: Rendahnya konsumsi besiDiet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn?s dapat mempengaruhi penyerapan zat besi. Kekurangan vitaminTubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat. Pe [...]

Seberapa Jauh Akurasi Tes DNA?

Seberapa Jauh Akurasi Tes DNA?

Disebutkan bagaimana kekuatan hasil tes DNA menjadi bukti yang paling mendasar atas polemik kematian orang yang paling dicari pihak otoritas Amerika Serikat. Namun seberapa jauh akurasi hasil tes DNA tersebut, simak informasi serba-serbi tes DNA berikut ini: DNA terdapat pada inti sel dan mitokondria sel manusia. DNA membentuk suatu kesatuan untaian yang disebut kromosom di dalam inti sel. Setiap manusia memiliki setengah pasang kromoson dari ayah dan setengah pasang kromosom dari ibu. Hal inilah yang berdampak pada setiap individu membawa sifat yang diturunkan baik dari ibu maupun ayah. Dengan melakukan Tes Paternitas ataupun Tes Maternitas, dapat dilakukan pembandingan pola DNA pemilik DNA yang diselidiki dengan DNA kedua orangtua. Hampir semua sampel biologis dapat dipakai untuk tes DNA. Mulai dari sel mukosa di pipi bagian dalam, darah, kuku, sampai rambut. Sampel yang paling efektif adalah darah karena bisa dapat banyak DNA. Namun dewasa ini proses pengambilan sampel sudah sangat canggih. Berkat kehadiran teknologi yang dapat menggandakan sampai jutaan kali fragmen suatu DNA yang akan diperiksa, sampel dapat diambil dari fragmen sampel terkecil sekalipun. DNA juga bisa ditemuk [...]

Menu Program Diet Untuk Mempercepat Metabolisme

Menu Program Diet Untuk Mempercepat Metabolisme

Dalam program diet ini, makanan dipecah menjadi empat jenis 'kalori aktif' - makanan kenyal, makanan lezat, makanan energi, dan makanan pemanasan. Berikut adalah cara masing-masing mendorong tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Makanan Kenyal (Daging tanpa lemak, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran utuh). Kalori ini membuat tubuh Anda bekerja langsung pada saat memakannya. Makanan tinggi protein sebenarnya sekutu terbaik Anda dalam Diet Kalori Aktif karena makanan ini membuat mulut lebih banyak bekerja untuk mengunyah dan lebih lama untuk meninggalkan perut sehingga Anda mengambil lebih banyak waktu untuk makan dan memiliki meninggalkan rasa kenyang lebih lama. Makanan Sehat (Buah, sayuran, beras merah, gandum dan sereal). Selain kenyal, Kalori Aktif ini kaya akan serat, sehingga mengambil lebih banyak ruang di perut Anda (dibandingkan dengan makanan lain dengan jumlah kalori yang sama), dan meninggalkan sedikit ruang untuk porsi kedua. Makanan yang mengambil lebih banyak waktu untuk mengunyah, secara harfiah membuat mulut bekerja lebih keras (menambahkan pembakaran kalori sebesar 10 persen. Makanan Energi (Kopi, teh hitam dan hijau, dark chocolate). Anda bi [...]

3 Menu Sarapan untuk Penderita Diabetes

3 Menu Sarapan untuk Penderita Diabetes

Makanan sangat penting untuk mengontrol diabetes, termasuk makan pagi. Sarapan yang sehat dapat menjaga gula darah Anda tetap dalam keadaan baik. Apa saja?Untuk menjaga kadar gula darah, pasien diabetes harus konsisten menjaga waktu dan porsi makan. Sarapan pada waktu yang sama setiap hari dengan jumlah makanan yang konsisten, terutama karbohidrat, dapat membantu penderita diabetes mengatur gula darah lebih baik.Karbohidrat meliputi pati, buah, susu atau yoghurt. Dokter atau ahli gizi biasanya menentukan berapa banyak yang pasien butuhkan untuk sarapan. Tapi menurut American Diabetic Association, pasien diabetes bisa sarapan sebanyak 45 sampai 60 gram. Seperti yang dikutip dari detikhealth, berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk pasien diabetes.1. SerealSereal adalah sarapan yang sehat untuk pasien diabetes. Carilah sereal tawar dengan lebih dari 2,5 gram serat per porsi. Gunakan susu skim atau susu dengan 1 persen lemak untuk membatasi asupan kalori dan lemak jenuh. Orang dengan diabetes memiliki tingkat lebih tinggi menderita penyakit jantung sehingga harus membatasi asupan lemak jenuh. Sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat bisa berupa tiga perempat cangkir sereal gandum [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *