Terapi ‘Kematian’ untuk Atasi Depresi Populer di Korea

death315.jpg

Pria maupun wanita yang mengalami depresi lalu memutuskan bunuh diri kerap terjadi di Korea Selatan. Bahkan berdasarkan data terbaru, tingkat bunuh diri di Korea Selatan semakin meningkat. Hampir 40 orang melakukan bunuh diri setiap harinya.

Sebagai solusi, salah satu klinik di Korea, Seoul Hyowon Healing Center, memberikan jalan keluar dengan terapi ‘kematian’. Terapi tersebut menjadi populer dan diminati oleh para wanita dan pria dari seluruh kalangan di negara beribukota Seoul itu.

Seperti dilansir dari Oddity Central, pasien yang datang ke klinik Hyowon tidak hanya orangtua tapi juga para remaja. Sebagian besar orangtua yang menginginkan terapi ‘kematian’ karena memiliki beban keuangan. Sedangkan remaja yang datang ke klinik karena mendapatkan tekanan dari orangtua mereka.

Lalu apa yang dimaksud terapi ‘kematian’? Terapi ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengalaman ditinggalkan ‘sendiri’ dalam peti mati. Bagaimana ketika seseorang benar-benar meninggal lalu masuk ke dalam kegelapan.

Terapi diawali dengan berganti busana mengenakan busana serba putih lalu duduk di dalam peti mati. Kemudian mereka juga diminta menuliskan pesan terakhir untuk orang-orang tersayang menggunakan pena di atas kertas kecil. Terapi dilakukan dalam sebuah kelas yang semua pesertanya memiliki permasalahan hidup sehingga ingin bunuh diri.

Sebelum peti mati ditutup semua peserta akan diberikan ceramah singkat oleh mantan pekerja tempat makam, Jeong Yong-mun. Baru setelah itu semua peserta diminta berbaring dalam peti mati. Mereka diminta menutup mata dan peti juga ditutup.

Selama sekitar sepuluh menit mereka ditinggalkan dalam kegelapan. Pasca sepuluh menit selesai, para peserta diminta ungkapan perasaannya bagaimana ditinggalkan sendirian dalam kegelapan tanpa siapa pun.

Sebagian besar mengatakan mereka merasa lebih ‘segar’ dan beban pikiran berkurang setelah terapi ‘kematian’. “Anda telah sedikit merasakan seperti apa kematian, dan kini Anda masih hidup makanya Anda harus berjuang,” jelas Jeong Yong-mun memberikan semangat.

Terapi peti mati ini bukanlah konsep baru untuk meredakan depresi. Beberapa tahun lalu, seseorang dari Ukraina telah mencobanya. Beberapa klinik di Shenyang, China, juga sudah menyediakan pelayanan terapi kematian. Terapi ini diminati karena para peserta yang telah mencobanya merasa bisa berpikir lebih positif untuk menjalani hidup ke depannya.

(aln/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Bentuk dan Variasi Puting Payudara

Inilah Bentuk dan Variasi Puting Payudara

Sama seperti payudara, puting mempunyai bentuk yang bervariasi. Namun bentuk puting dapat mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhan seseorang, faktor hormonal, kehamilan atau menyusui. Area puting sangat sensitif terhadap perubahan suhu panas, dingin, rangsangan atau tekanan. Jika terjadi keluhan nyeri disekitar puting bisa disebabkan adanya abses subareolar yang memerlukan tindakan medis dengan segera. Keluhan gatal disekitar puting juga sering terjadi dan merupakan hal yang wajar, namun jika keluhan menetap dan terdapat iritasi kemerahan atau posisi puting berubah segera hubungi dokter Anda, hal ini bisa disebabkan penyakit paget atau salah satu gejala kanker payudara. Perubahan pada puting dapat terjadi seiring dengan pertumbuhan dan bertambahnya usia kita. Puting dan areola mempunyai peranan dalam proses menyusui karena berhubungan langsung dengan kelenjar susu. Berikut bentuk dan variasi puting : Berikut bentuk dan variasi puting: 1. Bentuk puting payudara normal Puting payudara normal mempunyai letak ditengah areola (bagian hitam yang melingkari puting). Puting akan berubah mengeras jika terdapat rangsangan. 2. Puting payudara flat Puting masuk agak [...]

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) menunjukkan tren yang semakin meningkat di Indonesia. Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu narkoba. Untuk itu ada beberapa tahapan rehabilitasi narkoba yang perlu dilakukan. Data yang diperoleh dari survei Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Pusat Penelitian Kesehatan UI tahun 2008 mengungkap, angka prevalensi pengguna narkoba sekitar 1,9% dari seluruh penduduk Indonesia, dengan kisaran usia 10 sampai 60 tahun. Hanya dalam tiga tahun kemudian, angka prevalensi meningkat menjadi 2,2%. Yang berarti sekitar 4 juta penduduk Indonesia tercatat sebagai penyalahguna narkoba. Penyalahgunaan narkoba sebagian besar diawali dengan upaya coba-coba dalam lingkungan sosial. Semakin lama pemakaian, maka risiko kecanduan semakin tinggi. Jika terus dilanjutkan, maka dosis narkoba yang digunakan juga akan semakin besar untuk mencapai kondisi yang diinginkan (teler). Hingga pada titik tak mampu melewatkan satu hari tanpa narkoba. Beberapa gejala yang menandakan seseorang sudah dalam tahap kecanduan antara lain keinginan untuk mengonsumsi narkoba setiap hari atau beberapa kali dalam [...]

Cara Mengetahui Kapan Tubuh Tertular Flu

Cara Mengetahui Kapan Tubuh Tertular Flu

Virus influenza yang menyebabkan flu memiliki periode inkubasi saat sudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Kapan tubuh ketahuan tertular flu?Para ahli setuju orang dewasa yang terkena flu atau pilek bisa menular 1 hari sebelum mulai timbul gejala, seperti yang dikutip dari detikhealth.Selama masa inkubasi ini, virus akan masuk ke dalam sel-sel sehat dan mengganggu kelangsungan hidup sel sehat dari dalam. Saat sel mulai terinfeksi, biasanya belum menunjukkan gejala apapun.Baru ketika virus sudah menyebar ke seluruh tubuh maka setiap air liur atau bersin yang dikeluarkan orang flu akan mengandung virus tersebut. Karena itulah virus flu sangat mudah menyebar melalui cairan tubuh.Saat virus sudah menyebar ke seluruh tubuh akan timbul gejala seperti sakit tenggorokan, badan terasa tidak enak dan pusing. Namun jika belum timbul gejala, sangat sedikit kemungkinannya menularkan ke orang lain.Jika seseorang sudah terkena flu, maka periode menularnya ke orang lain bisa berlangsung 5-7 hari. Sedangkan bagi anak-anak, masa menularnya bisa berlangsung hingga dua minggu.Seperti dikutip dari Howstuffworks, pada umumnya masa inkubasi virus flu pada seseorang akan berlangsung selama 2 hari. Namun [...]

Manfaat Memakan Camilan Sehat Saat di Kantor

Manfaat Memakan Camilan Sehat Saat di Kantor

Memakan camilan di kantor tak selamanya bisa berakibat buruk. Namun pastikan terlebih dulu camilan yang dimakan adalah camilan sehat. Hindari memilih makanan cepat saji seperti mie instan atau snack dalam kemasan yang banyak mengandung kalori, garam, lemak dan gula.Mengonsumsi makanan camilan yang padat nutrisi justru dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral serta meningkatkan produktivitas saat bekerja. Seperti yang dikutip dari Livestrong, berikut manfaat mengonsumsi camilan sehat saat berada di kantor.1. Meningkatkan ProduktivitasDengan memakan camilan sehat berarti Anda mengisi otak dengan bahan bakar secara berkala sehingga meningkatkan konstrasi dan akhirnya berpengaruh pada produktivitas. Karbohidrat kompleks menawarkan energi tambahan untuk sel-sel otak yang memungkinkan seseorang bekerja lebih keras dan efisien. karbohidrat kompleks bisa ditemui di dalam buah-buahan, sayuran, dan makanan mengandung gandum.2. Mengontrol Berat BadanBanyak orang yang berpikir bahwa camilan bisa membuat berat badan naik. Tapi tahukah Anda bahwa 'ngemil' di antara waktu makan siang dan malam justru bisa mengontrol nafsu makan? Memakan makan seperti yoghurt rendah lemak, buah-b [...]

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan salah satu bahan bumbu masakan yang digunakan di seluruh dunia untuk menambah cita rasa makanan. Bawang putih yang dikenal memiliki bau tajam ini ternyata sering digunakan untuk pengobatan sejak ratusan tahun yang lalu. Pada saat perang dunia ke-1, para prajurit menggunakan bawang putih sebagai antiseptik untuk mencegah infeksi, membersihkan luka sampai mengobati disentri. Beberapa Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia Berdasarkan hal tersebut maka mulai banyak ilmuwan yang meneliti manfaat dari bawang putih ini. Bawang putih kaya akan vitamin B6, mangan, selenium, vitamin c, dan mineral lainnya. Kandungan Allicin/sulfur dalam bawang putih dipercaya sebagai zat kimia yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, zat ini juga yang menimbulkan bau tajam pada bawang putih. Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan: Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan: 1, Menurunkan risiko penyakit jantung dan hipertensi Bawang putih merupakan salah satu herbal yang sering disebut untuk mencegah penyakit jantung, hipertensi aterosklerosis. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 4 tahun menun [...]

Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik

Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik

Lebaran sebentar lagi mendekat. Anda dan keluarga mungkin sudah mempersiapkan rencana untuk bermudik baik dengan kendaraan darat, laut maupun udara. Aktivitas lalu-lalang lalu lintas di jalur pemudik pasti akan ramai dan padat. Sudah siapkah Anda untuk bermudik? Ketika bermudik pernahkan Anda atau istri atau anak atau saudara mengeluh mual, pusing dan kembung dalam perjalanan? Kemungkinan Anda dan orang terkasih mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan dalam dunia medis disebut dengan motion sickness yaitu suatu kondisi di mana seseorang merasa pusing, kembung, mual dan muntah selama perjalanan. Hal ini terjadi ketika ada perbedaan informasi yang diterima antara. mata dan bagian dalam telinga tempat kendali keseimbangan berada. Ini menyebabkan otak menerima informasi yang berbeda sehingga dapat memicu perasaan pusing, kembung, mual dan muntah. Hal ini dapat dirasakan pada perjalanan darat, laut maupun udara. (Baca: Persiapan Mudik Wanita Hamil) Ingin tahu lebih lanjut mengenai tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan? Klik next. Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik Dalam masyarakat, diperkirakan bahwa setiap 3 dari 10 oran [...]

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Oleh: dr. Ema Anindia Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Penggunaan kalsium sangat sering digunakan terutama oleh penderita osteoporosis dan populasi geriatri. Salah satu fungsi kalsium adalah untuk kesehatan tulang terutama untuk pencegahan dan pengobatan penyakit osteoporosis. Sudah beberapa tahun ini, banyak yang masih mempertanyakan efek kalsium untuk kesehatan jantung dan efek-efek lain dari kalsium diluar efek ke tulang. Seperti yang diterbitkan pada Medscape Education (4/3/2013), Dr. Qian Xiao dari National Cancer Institute, Bethesda menyebutkan bahwa ?Terdapat peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000 mg sumplemen kalsium perhari, namun efek ini tidak terlihat pada wanita?. Pendapat ini dibuktikan pula oleh data yang didapatkan dari NIH (National Institue of Health) yang meneliti 388.229 pria dan wanita usia 50 ? 70 tahun di Amerika selama 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan risiko kematian sebanyak 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000mg suplemen kalsium per hari dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi suplemen, namun tidak ditemukan asosiasi pada wanita. [...]

Memiliki Binatang  Peliharaan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Memiliki Binatang Peliharaan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Oleh: dr. Ema Anindia Selain dapat menyenangkan ternyata binatang peliharaan dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pernyataan ini diungkit oleh Perkumpulan Peneliti di American Heart Association (AHA) dimana mereka menganalisa studi-studi sebelumnya yang menghubungkan kesehatan jantung dengan kepemilikan binatang peliharaan, dimana mereka menemukan bahwa jika seseorang memiliki binatang peliharaan maka dapat mengurangi risiko penyakit jantung bagi mereka tanpa riwayat jantung, dan bagi mereka yang memiliki riwayat jantung dapat mengurangi angka kematian. Perkumpulan ini yang diketuai oleh dr. Glenn Levine, seorang profesor dari Baylor College of Medicine, yang menyatakan bahwa memiliki kucing atau anjing dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara membantu pemilik untuk lebih aktif secara fisik yang dapat mengurangi tekanan darah dan mengurangi efek dari stres. Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa hubungan dan pertemanan antara pemilik dan binatang peliharaan dapat meningkatkan level hormon anti-stres yang dapat membuat seseorang lebih tahan terhadap situasi traumatik atau stres. Namun, dr. Levine berkata ?Bila seseorang memelihara binatang namun tetap hanya dudu [...]

No Bra Day: Pemakaian Bra Menyebabkan Kanker Payudara Tidak Sepenuhnya Benar

No Bra Day: Pemakaian Bra Menyebabkan Kanker Payudara Tidak Sepenuhnya Benar

No Bra Day beberapa tahun belakangan ini dikenali sebagai hari untuk membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker payudara yang diperingati selama sebulan penuh di bulan Oktober. Selain dari pita merah mudah dan ?memerahmudakan? segala sesuatu di bulan Oktober, kegiatan No Bra Day ini makin populer digaung-gaungkan di dunia maya melalui sosial media. Tidak diketahui siapa yang mencetuskannya pertama kali dan bagaimana menjadi tersebar, kegiatan yang mengajak wanita untuk tidak memakai bra selama satu hari penuh ini nampaknya dimaksudkan untuk mengingatkan wanita untuk sadar terhadap kesehatan payudaranya dan ancaman bahaya kanker. Selain itu, nampaknya kegiatan ini juga muncul dari adanya ?kepercayaan? bahwa pemakaian bra dapat menyebabkan kanker payudara. Apakah hal ini benar? ?Mitos? yang beredar adalah bahwa pemakaian bra sepanjang hari dapat mengganggu aliran getah bening dari payudara ke kelenjar getah bening terdekat (daerah ketiak) sehingga dapat menyebabkan penumpukan racun di dalam jaringan payudara dan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Bagaimana mulanya? Berikut penjelasannya: Bagaimana Mulanya? Sebuah penelitian pada tahun 1991 mem [...]

Mengenal penyakit Vertigo

Mengenal penyakit Vertigo

Vertigo atau yang disebut juga dizziness dan giddiness adalah gejala pusing yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari gejala yang ringan hingga yang cukup berat. Vertigo bisa ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik. Akibatnya penderita mengalami rasa pusing yang sangat dan tidak akan mampu bangun karena rasa pusingnya. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jiga berbaring diam, tetapi vertigo bisa berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali. Jenis vertigo yang sering ditemui adalah benign paroxysmal positional vertigo, dimana akan terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari satu menit. Perubahan posisi kepala, biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang, yang biasanya memicu terjadinya vertigo selanjutnya. Penyakit ini disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanal semisirkularis di dalam telinga bagian dalam. Vertigo jenis ini mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Serta tidak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *