Terapi ‘Kematian’ untuk Atasi Depresi Populer di Korea

death315.jpg

Pria maupun wanita yang mengalami depresi lalu memutuskan bunuh diri kerap terjadi di Korea Selatan. Bahkan berdasarkan data terbaru, tingkat bunuh diri di Korea Selatan semakin meningkat. Hampir 40 orang melakukan bunuh diri setiap harinya.

Sebagai solusi, salah satu klinik di Korea, Seoul Hyowon Healing Center, memberikan jalan keluar dengan terapi ‘kematian’. Terapi tersebut menjadi populer dan diminati oleh para wanita dan pria dari seluruh kalangan di negara beribukota Seoul itu.

Seperti dilansir dari Oddity Central, pasien yang datang ke klinik Hyowon tidak hanya orangtua tapi juga para remaja. Sebagian besar orangtua yang menginginkan terapi ‘kematian’ karena memiliki beban keuangan. Sedangkan remaja yang datang ke klinik karena mendapatkan tekanan dari orangtua mereka.

Lalu apa yang dimaksud terapi ‘kematian’? Terapi ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengalaman ditinggalkan ‘sendiri’ dalam peti mati. Bagaimana ketika seseorang benar-benar meninggal lalu masuk ke dalam kegelapan.

Terapi diawali dengan berganti busana mengenakan busana serba putih lalu duduk di dalam peti mati. Kemudian mereka juga diminta menuliskan pesan terakhir untuk orang-orang tersayang menggunakan pena di atas kertas kecil. Terapi dilakukan dalam sebuah kelas yang semua pesertanya memiliki permasalahan hidup sehingga ingin bunuh diri.

Sebelum peti mati ditutup semua peserta akan diberikan ceramah singkat oleh mantan pekerja tempat makam, Jeong Yong-mun. Baru setelah itu semua peserta diminta berbaring dalam peti mati. Mereka diminta menutup mata dan peti juga ditutup.

Selama sekitar sepuluh menit mereka ditinggalkan dalam kegelapan. Pasca sepuluh menit selesai, para peserta diminta ungkapan perasaannya bagaimana ditinggalkan sendirian dalam kegelapan tanpa siapa pun.

Sebagian besar mengatakan mereka merasa lebih ‘segar’ dan beban pikiran berkurang setelah terapi ‘kematian’. “Anda telah sedikit merasakan seperti apa kematian, dan kini Anda masih hidup makanya Anda harus berjuang,” jelas Jeong Yong-mun memberikan semangat.

Terapi peti mati ini bukanlah konsep baru untuk meredakan depresi. Beberapa tahun lalu, seseorang dari Ukraina telah mencobanya. Beberapa klinik di Shenyang, China, juga sudah menyediakan pelayanan terapi kematian. Terapi ini diminati karena para peserta yang telah mencobanya merasa bisa berpikir lebih positif untuk menjalani hidup ke depannya.

(aln/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jaga Kesehatan Mata dengan Mengonsumsi 7 Makanan Ini

Jaga Kesehatan Mata dengan Mengonsumsi 7 Makanan Ini

Sebagai salah satu indera manusia yang paling penting, kesehatan mata harus selalu dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, protein, dan asam lemak omega-3 yang terpada pada makanan. Berikut 7 makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata seperti dikutip dari About Health :1. WortelWortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berguna untuk penglihatan. Vitamin A membentuk rhodopsin, suatu protein yang akan menyerap cahaya di retina. Vitamin A juga diperlukan mata agar kornea dapat berfungsi dengan normal. Selain itu, wortel juga kaya akan serat dan rendah kalori serta bebas lemak sehingga bisa dikonsumsi setiap saat.2. JerukMengandung vitamin C, kalsium, dan serat yang tinggi, jeruk dipercaya sebagai salah satu makanan yang bisa menjaga kesehatan mata. Vitamin C juga berfungsi sebagai anti oksidan yang diperlukan tubuh untuk melancarkan peredaran darah, termasuk juga mengalirkan darah di area mata. 3. StroberiSama seperti jeruk, stroberi juga mengandung vitamin C yang juga bisa mengatasi masalah penglihatan, terutama yang disebabkan karena usia. Buah ini juga kaya akan folat dan serat sehingga bisa menjaga [...]

Albumin Ditemukan Dalam Beras

Albumin Ditemukan Dalam Beras

Sebuah penelitian hasil kerjasama para ilmuwan di Wuhan University, Cina; The National Research Council of Canada; dan University at Albany, New York mampu membuat protein albumin dari beras yang mempunyai bentuk fisik dan susunan kimia yang sama dengan human serum albumin (HSA) dalam darah manusia. Albumin merupakan protein turunan dari darah manusia yang berfungsi dalam mengobati luka bakar, syok traumatik, dan penyakit hati yang biasa dijadikan vaksin ataupun berupa obat. Selama ini pasokan albumin di dunia hanya bergantung dari donor darah manusia dengan kekhawatiran akan potensi penularan penyakit hepatitis dan HIV, sehingga terobosan terbaru akan penemuan albumin dalam beras menjadi sebuah harapan kemudahan memasok albumin yang aman dan tidak mahal. Penemuan ini di publikasikan dalam jurnal sains PNAS, Amerika Serikat, dengan melakukan rekayasa genetika pada benih padi untuk menghasilkan HSA tingkat tinggi kemudian dilakukan proses pemurnian protein albumin dan berhasil mengumpulkan sebanyak 2,75 gram dalam 1 kg beras seperti dilansir oleh Washington AFP (1/11). Meskipun penemuan ini masih termasuk dini, namun hasil lab pada tikus percobaan yang mempunyai riwayat penyakit ha [...]

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Ingin hidup lebih lama? Maka konsumsilah banyak sayur dan buah setiap hari. Studi terbaru menemukan, orang yang makan tujuh sajian sayur dan buah dalam sehari, risiko kematiannya bisa berkurang hingga 42 persen. Antara sayur dan buah, ternyata sayuran yang lebih penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.Seperti dikutip dari CNN, para peneliti di Inggris menganalisa data lebih dari 65 ribu orang dewasa yang berusia 35 tahun ke atas. Mereka sebelumnya menjadi partisipan dalam Health Surveys for England (HSE) untuk sebuah studi yang dilakukan antara tahun 2001 dan 2008. Peneliti HSE menanyakan kepada partisipan bagaimana konsumsi sayur dan buah mereka selama 24 jam. Kecukupan porsi sayur dan buah yang disarankan Department of Health di Inggris, diperkirakan antara 80 gram per sajian. Hasilnya diketahui bahwa rata-rata partisipan mengonsumsi 3,8 sajian buah dan sayur per hari. Wanita yang berusia lebih dewasa dan tidak merokok cenderung makan makanan sehat ini lebih banyak dibandingkan kelompok partisipan lainnya. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayur dan buah memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Dari temuan tersebut [...]

Seberapa Amankah Penggunaan Obat Kolesterol?

Seberapa Amankah Penggunaan Obat Kolesterol?

Banyak yang merasa khawatir ketika baru saja didiagnosis dengan hiperkolesterolemia (peningkatan kadar kolesterol di dalam darah). Bagaimana tidak? Kadar kolesterol yang berlebih merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Meskipun Anda tak dapat memutar balik waktu, namun Anda dapat mengontrol kadar kolesterol Anda. Saat ini sudah banyak pengobatan yang aman dan baik untuk mengatasi peningkatan kadar kolesterol. Obat-obatan tersebut dapat secara langsung menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kematian. Akan tetapi, gaya hidup sehat tetap merupakan lini terdepan untuk melawan kadar kolesterol tinggi. Bagi sebagian orang, membuat perubahan dalam gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga sudah cukup untuk menurunkan kadar kolersterol. Namun, diet yang baik dan berolahraga terkadang belum cukup untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, karena tak sedikit pula yang membutuhkan tambahan obat-obatan. Oleh karena itu, kombinasi perubahan gaya hidup dan obat-obatan merupakan penanganan yang paling tepat. Berikut adalah manfaat obat-obatan penurun kolesterol: Menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) kolesterol, atau yang dikenal se [...]

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

Banyak pakar gizi yang menyerukan pentingnya makan sehat di pagi hari. Sarapan kaya nutrisi, ternyata memang punya banyak manfaat dan penting bagi kesehatan. Mulai dari bantu turunkan berat badan hingga meningkatkan daya ingat. Apa lagi keuntungan yang akan didapat dari sarapan? Ini ulasannya, seperti yang dikutip dari Huffington Post.1. Lebih LangsingHasil studi kepada 499 responden yang dimuat dalam American Journal of Epidomiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan 4,5 kali berisiko mengalami obesitas ketimbang mereka yang makan pagi tiap hari. Sarapan sehat dan bernutrisi akan mencegah Anda ngemil dan makan berlebihan saat tiba jam makan siang nantinya.2. Lebih SehatAmerican Heart Association mengumumkan bahwa orang yang sarapan setiap hari, kadar gula darahnya cenderung stabil dan lebih mampu mengontrol nafsu makan dibandingkan yang jarang/tidak pernah sarapan. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sarapan adalah jam makan paling penting dalam sehari. Sarapan penting untuk mengurangi risiko diaberes tipe 2 dan penyakit jantung, "ujar Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School, yang memimpin penelitian.3. Lebih BerenergiMakan sarapan yang mengandung [...]

Survei: Pemilik Anjing Suka Kerja Keras, Pemelihara Kucing Orang Pemalu

Survei: Pemilik Anjing Suka Kerja Keras, Pemelihara Kucing Orang Pemalu

Hewan peliharaan ternyata bisa menjelaskan sifat pemiliknya. Menurut hasil sebuah penelitian, pemelihara anjing memiliki sifat yang suka bekerja keras dan sebagian besar ingin punya hubungan yang berkomitmen atau menikah.Sementara pemilik kucing digambarkan sebagai pribadi yang pemalu, lebih suka menjomblo dan cenderung berantakan. Selain anjing dan kucing, studi juga meneliti para pemilik kelinci. Dalam hasil studi tersebut diketahui pencinta kelinci adalah orang-orang yang kreatif, santai tapi suka lengah.Selain itu para pemilik anjing dan kucing mengaku kalau mereka terbiasa tidur awal dan bangun pagi, sedangkan yang memelihara kucing di rumahnya cenderung suka bergadang. Hasil penelitian ini didapat berdasarkan polling yang dilakukan oleh perusahaan asuransi khusus hewan di Inggris, Petplan sebagai bagian dari perayaan diluncurkannya situs mereka, Find a Pet.Seperti dikutip dari Daily Mail, anjing menjadi hewan peliharaan paling populer dengan 77 persen responden yang memilih mereka. Kucing berada di urutan kedua dengan 21 persen sedangkan hanya 2 persen yang memiliki kelinci.Dalam survei tersebut, partisipan diminta untuk mendeskripsikan diri mereka sendiri dalam tiga kata. [...]

PMS Bukan Mitos, 85% Wanita Usia Melahirkan Mengalaminya!

PMS Bukan Mitos, 85% Wanita Usia Melahirkan Mengalaminya!

Premenstrual syndrome atau PMS bisa membuat wanita yang mengalaminya merasakan berbagai hal mulai dari kembung hingga mudah marah. Sebenarnya PMS ini benar-benar ada atau hanya perasaan wanita saja?"PMS itu bukanlah mitos, memang terbukti terjadi pada wanita," ujar konsultan seks wolipop, dr. Vanda Mustika saat diwawancara wolipop Jumat (11/1/2013).Dokter kelahiran 11 November 1978 ini menjelaskan, hampir sekitar 85% wanita usia melahirkan mengaku pernah mengalami gejala fisik yang terkait dengan siklus menstruasi. Sebagian besar wanita mengeluhakan gejala yang ringan saja sedangkan sekitar 20-30% mengalami gejala yang sedang hingga berat.Bagi yang tidak tahu, PMS ini bisa dianggap sebagai mitos belaka karena sebabnya yang tidak jelas. Apalagi banyak faktor yang memengaruhi terjadinya PMS ini mulai dari pertambahan usia hingga stres emosional."Sehingga seringkali wanita yang mengeluhkan PMS ini dianggap terlalu membesar-besarkan keluhannya," tukas dr. Vanda lagi.Oleh karena itu bagi Anda yang merasa tidak yakin apakah memang mengalami PMS atau tidak, dr. Vanda menyarankan cara terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara medis yang dilanjutkan d [...]

Inovasi Baru, Bra Getar yang Bisa Buat Payudara Jadi Lebih Besar

Inovasi Baru, Bra Getar yang Bisa Buat Payudara Jadi Lebih Besar

Memiliki payudara dengan ukuran yang lebih besar menjadi dambaan sebagian wanita. Mereka pun melakukan berbagai cara untuk mewujudkan impiannya itu, misalnya dengan operasi plastik. Berangkat dari keinginan wanita itulah seorang ilmuwan asal Serbia, Milan Milic menciptakan sebuah bra inovatif yang disebutnya vibrating bra atau bra bergetar. Seperti apa?Milan mengklaim bra hasil karyanya bisa membuat payudara wanita jadi lebih besar dan kencang hanya dalam waktu tujuh hari. Ukuran payudara disebutnya bisa bertambah satu ukuran dengan memakai bra getarnya.Pria bergelar insiyur itu awalnya menciptakan bra tersebut karena kekasihnya, Jelena Sabic yang ingin memiliki payudara lebih besar. Namun Jelena tak mau operasi plastik karena takut jika ada benda asing yang masuk ke tubuhnya. "Jadi kami mulai melakukan penelitian bagaimana kita bisa melakukannya tanpa operasi. Setelah mencoba, kami membuat prototipe pertama dari bra baru ini," ujar Milan seperti dikutip Mail Online.Baca juga: 50 Inspirasi Model Kebaya Jelena pun menjadi wanita pertama yang menjadi bahan percobaan untuk menggunakan bra bergetar tersebut. Milan mengatakan tadinya dia sama sekali tidak menyangka kalau bra hasil ka [...]

10 Tips Menghadapi Anak Sulit Makan

10 Tips Menghadapi Anak Sulit Makan

Apakah buah hati Anda pilih-pilih makanan? Atau apakah ia lebih suka main atau menonton televisi dibandingkan makan? Cobalah tips-tips di bawah ini untuk menghindari ?perang? di waktu makan si kecil. Hargai nafsu makan anak Anda. Bila anak tidak lapar, jangan paksa ia makan. Selain itu, jangan paksa anak untuk memakan makanan tertentu atau menghabiskan makanannya. Hal ini justru dapat memperkuat ?perlawanan? anak terhadap makanan. Ia juga dapat mengasosiasikan waktu makan dengan rasa cemas dan frustasi. Sajikan makanan dalam porsi kecil dan berikan kesempatan baginya untuk meminta tambah. Jangan keluar dari rutinitas. Sajikan makanan dan cemilan pada waktu yang kira-kira sama setiap harinya. Berikan jus buah atau susu bersama dengan makanan dan tawarkan air putih di antara waktu makan dan cemilan. Bersabarlah dengan makanan baru. Anda mungkin memerlukan pajanan terhadap makanan baru berulang kali sebelum akhirnya mau memakannya. Bicarakan mengenai warna, bentuk, aroma, dan tekstur makanan. Sajikan makanan baru dengan makanan favorit anak. Jadikan makan kegiatan yang menyenangkan. Potong-potong makanan ke dalam berbagai bentuk yang menarik. Sajikan makanan de [...]

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Akhir-akhir hijab telah menjadi tren fashion di kalangan muslimah Indonesia. Semakin banyak perempuan muda yang tertarik untuk berhijab karena dapat mengikuti aturan agama tetapi tetap cantik dan modis.Di Manchester ada seorang perempuan berusia 40 tahun memutuskan untuk mengenakan hijab karena mengidap penyakit Polymorphic Light Eruption (PMLE) atau yang biasa dikenal dengan alergi matahari.Dennis Queen yang merupakan ibu dari empat anak ini akan merasakan gatal yang luar biasa dan kulitnya memerah setelah beberapa saat terpapar matahari secara langsung.Awalnya Queen berusaha mengatasi alerginya dengan menggunakan sunblock dan mengenakan topi untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Namun cara tersebut dianggap tidak ampuh karena kulitnya tetap memerah dan ia akan merasa gatal.Merasa tidak tahan dengan ruam kulit akibat alerginya, Queen sempat menghindar untuk keluar rumah. Tidak dapat terus menerus berdiam di rumah, Queen mulai mencari cara agar ia tetap dapat keluar rumah pada siang hari tanpa perlu membuat kulitnya memerah dan gatal.Awalnya ia ingin membeli baju yang didesain khusus untuk kulit yang alergi tetapi harganya sangat mahal. Ketika diamati model-mode [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *