Terapi Untuk Penderita Autis

terapi_autis.jpg

Terapi untuk penderita autis menentukan apakah seorang anak menderita autis atau tidak, hal ini sangatlah sulit. Orang tua merupakan orang pertama yang mengetahui apabila terjadi masalah pada anak, misalnya anak belum juga berbicara pada seusianya, tidak terlalu tertarik terhadap orang lain, atau bertingkah laku yang tak biasanya. Biasanya sudah tampak sebelum berusia 3 tahun, yaitu; anak autis tidak adanya kontak mata dan tidak menunjukkan respon terhadap lingkungan.

Jika kemudian tidak diadakan upaya terapi oleh orang tua, maka setelah usia 3 tahun perkembangan anak terhenti atau bahkan mundur, seperti tidak mengenal suara orang tuanya dan tidak mengenal namanya. Sedangkan menurut pakar, penderita autis memiliki 3 gejala yaitu: gangguan interaksi sosial, hambatan dalam komunikasi verbal dan non verbal, dan kegiatan yang aneh suka dilakukan.

Autisme adalah gangguan perkembangan fungsi otak atau suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau berkomunikasi dengan normal.

Salah satu masalah dalam penanganan penderita autisme adalah tidak adanya standar baku dalam hal terapi untuk autis. Hal ini karena penyebab autis sendiri tidak banyak diketahui, terlebih lagi tiap penderita biasanya menunjukan hal yang berbeda-beda baik secara fisik, emosional, tingkah laku dan sosialnya. Walaupun demikian dapat ditemukan berbagai jenis terapi untuk mengatasi masalah autis, yaitu:

  1. Terapi Fisik/fisioterapi. Autis merupakan gangguan perkembangan pervasif (pervasive developmental disorders / PDD). Dimana mengacu pada keterlambatan perkembangan otak motorik seseorang. Banyak penderita autis yang memiliki penundaan perkembangan motorik dan beberapa penderita mempunyai massa otot yang rendah (lemah). Terapi fisik pada penderita autis dapat melatihnya dengan kekuatan otot, koordinasi dan kemampuan dasar berolahraga.

  2. Terapi Bermain. Terapi bermain walaupun terdengar aneh, tetapi anak penderita autis memerlukan bantuan untuk bermain. Bermain juga dapat digunakan sebagai alat untuk melatih percakapan, kemampuan berkomunikasi dan sosial. Terapi bermain ini dapat digabungkan dengan terapi berbicara, terapi okupasi dan terapi fisik.

  3. Terapi Visual. Banyak penderita autis merupakan pemikir visual, sehingga metode pembelajaran berkomunikasi melalui gambar dapat dilakukan. Salah satu caranya adalah melalui PECS (Picture Exchange Communication). Selain itu pembelajaran melalui video juga dapat dilakukan baik dengan video modeling, video games ataupun sistem komunikasi elektronik lain. Metode ini dapat menampung kelebihan penderita autis di bidang visual untuk digunakan membangun keterampilan dan komunikasinya menjadi lebih baik.

  4. Terapi Wicara. Hampir semua penderita autisme mempunyai masalah bicara ataupun bahasa sehingga diharapkan dengan terapi bicara ataupun berbahasa dapat membantu penderita autis untuk berkomunikasi dengan orang lain.

  5. Terapi Okupasi. Terapi okupasi ini berfokus untuk membentuk kemampuan hidup sehari-hari. Karena kebanyakan penderita autis mengalami perkembangan motorik yang lambat, maka terapi okupasi sangatlah penting. Seorang terapis okupasi juga dapat memberikan latihan sensorik terintegrasi, yaitu suatu teknik yang dapat membantu penderita autis untuk mengatasi hipersensitifitas terhadap suara, cahaya maupun sentuhan.

  6. Terapi Biomedis. Terapi biomedis termasuk juga penggunaan obat-obatan untuk penanganan autis, walaupun kebanyakan perawatan biomedis yang dilakukan berdasarkan metode pendekatan DAN (Defeat Autism Now). Dokter yang telah menjalani pelatihan mengenai metode DAN ini akan menentukan diet khusus, suplemen ataupun perawatan alternatif lain untuk penanganan penderita autis.

  7. Terapi Tingkah Laku. Anak yang menderita autis seringkali terlihat frustasi. Mereka kesulitan untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka dan menderita akibat hipersensitifitas terhadap suara, cahaya ataupun sentuhan sehingga terkadang mereka berlaku kasar atau mengganggu. Seorang terapis tingkah laku dilatih untuk dapat mengetahui penyebab dibalik prilaku negatif tersebut dan merekomendasikan perubahan terhadap lingkungan ataupun keseharian anak untuk dapat memperbaiki tingkah lakunya.

  8. Terapi Kemampuan Sosial. Salah satu akibat dari autis adalah sedikitnya kemampuan sosial dan komunikasi. Banyak anak yang menderita autis memerlukan bantuan untuk menciptakan kemampuan supaya dapat mempertahankan percakapan, berhubungan dengan teman baru atau bahkan mengenal tempat bermainnya. Seorang terapis kemampuan sosial dapat membantu untuk menciptakan atau menfasilitasi terjadinya interaksi sosial.

  9. Terapi Perkembangan. Terapi perkembangan atau developmental therapies bertujuan untuk membangun minat, kekuatan dan perkembangan anak sendiri untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan, emosional dan sosialnya. Terapi perkembangan seringkali bertolak belakang dengan terapi tingkah laku, yang biasanya paling baik dilakukan untuk mengajarkan keterampilan khusus pada anak, seperti misalnya mengikat tali sepatu, cara menggunakan sendok dan garpu saat makan, cara memakai baju, atau menggosok gigi dll.[](SN)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Belanja Bikin Sehat!

Belanja Bikin Sehat!

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda mungkin berpikir hobi berbelanja merupakan suatu hal yang hedonistik, menghabiskan banyak uang dan tidak bermanfaat. Namun ternyata hobi berbelanja memiliki banyak manfaat yang juga positif. Shopping dapat memperpanjang umur Suatu studi yang dilakukan pada pria dan wanita dewasa di Taiwan menemukan bahwa mereka yang berbelanja setiap hari memiliki angka mortalitas 27% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang berbelanja. Berbelanja dalam hal ini tidak selalu berbelanja barang-barang yang mahal. Riset tersebut juga menemukan bahwa orang tua yang lebih sering keluar rumah dan berbelanja, fisiknya lebih aktif dan terjaga dan secara mental juga lebih baik. Berbelanja merupakan suatu bentuk aktivitas fisik Salah satu survey yang dilakukan oleh lembaga di Inggris pada tahun 2013, menemukan bahwa wanita berjalan rata-rata 300 km/tahun sewaktu mereka berbelanja, yaitu sama dengan mengikuti 7 kali marathon. Sering berjalan-jalan ataupun mendorong kereta bayi juga dapat menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes hingga kanker payudara. Berbelanja meningkatkan dopamin Sewaktu Anda berbelanja, Anda pasti merasa senang. Para ilmuwan membuktik [...]

Kenali Penyakit Kulit dari Warna Mata Anda

Kenali Penyakit Kulit dari Warna Mata Anda

Ada banyak cara untuk mendeteksi penyakit, salah satunya melalui warna mata. Menurut penelitian terbaru, kecenderungan mengidap penyakit kulit bisa diketahui lewat warna mata seseorang.Seperti yang dikutipdari WebMD, hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang dengan mata berwarna biru cenderung lebih sedikit mengalami ganguan vitiligo --penyakit kulit yang menimbulkan bercak putih pada kulit dan rambut. Sedangkan, mereka yang memiliki mata coklat lebih mungkin terkena penyakit kulit yang sama.Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menjelaskan bahwa warna mata juga memiliki pengaruh terhadap risiko penyakit kulit melanoma. Dikutip dari detikhealth, melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit yang berbahaya. Melanoma tidak hanya mempengaruhi kulit, lebih dari itu dapat menyebar ke organ lain dan juga tulang."Secara genetik, dalam beberapa hal vitiligo dan melanoma adalah kutub yang berlawanan. Beberapa variasi genetik membuat seseorang berisiko terkena vitiligo dan orang lain cenderung tidak mudah terkena melanoma, begitu juga sebaliknya," ujar peneliti Richard Spritz, MD, Human Medical Genetics and Genomics Program di University of Colorado School of Medicine. [...]

Satu dari Delapan Orang Menderita Gigi Sensitif

Satu dari Delapan Orang Menderita Gigi Sensitif

Satu dari Delapan Orang Menderita Gigi Sensitif Sebuah survey yang dilakukan di Amerika baru-baru ini mengungkapkan hal yang cukup mengejutkan; satu dari delapan orang mengalami gigi sensitif. Apakah Anda juga mengalaminya? Survey tersebut melibatkan 37 klinik gigi umum di Washington, Oregon, Idaho, Montana dan Utah, dengan responden sebanyak 787 orang dan telah dipublikasikan di Journal of the American Dental Association (JADA). Responden tersebut diperiksa oleh dokter gigi, apakah belakangan ini merasakan ngilu atau ketidaknyamanan pada gigi maupun gusi. Didapati 12 % pasien merasa ngilu atau sensitifitas yang tidak berhubungan dengan masalah pada gigi seperti gigi berlubang, gusi bengkak ataupun masalah lainnya. Oleh karena itu, kondisi tersebut didiagnosa sebagai gigi sensitif. Apa sebenarnya gigi sensitif? Secara medis, kondisi ini disebut Dentin Hypersensitivity, yaitu rasa ngilu tajam yang biasanya disebabkan karena tereksposnya daerah akar gigi ke lingkungan mulut. Akar gigi tidak terlapisi oleh email, dan memiliki lapisan dentin lebih tipis. Normalnya, daerah ini tertutup gusi. Oleh karena itu, jika terjadi resesi gusi yang menyebabkan akar terekspos maka daerah terseb [...]

Penyebab Ketidaksuburan Perempuan

Penyebab Ketidaksuburan Perempuan

Jika Anda sulit mendapatkan momongan, Anda tidak sendiri. Sekitar satu dari tujuh pasangan memiliki masalah ini. Ketidaksuburan atau infertilitas sering dianggap sebagai masalah perempuan, padahal 1/3 dari kasus infertilitas disebabkan oleh masalah pada laki-laki, seperti jumlah sperma yang sedikit. Pada 20 ? 30% kasus, penyebabnya tidak dapat diidentifikasi. Inilah pemaparan kami mengenai berbagai penyebab infertilitas yang dapat ditemukan pada perempuan. Penyebab Ketidaksuburan Perempuan Di bawah ini adalah penyebab infertilitas yang dapat ditemukan pada perempuan: Faktor ?U? (Usia) Memasuki usia 35 tahun, kesuburan perempuan akan menurun, 95% diantaranya bisa hamil hanya setelah melakukan hubungan intim tanpa proteksi yang teratur selama tiga tahun. Pada usia 37 tahun kesuburan akan menurun drastis sampai masuk ke masa menopause yaitu usia 40-45 tahun. Gangguan Ovulasi Ovulasi adalah proses dikeluarkannya sel telur dari indung telur setiap bulannya. Gangguan ovulasi dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti sindrom ovarium polikistik dan gangguan kelenjar tiroid (hipertiroidisme atau hipotirioidisme). Endometriosis Sel selaput lendir [...]

Kotoran Telinga Sebabkan Sumbatan di Telinga

Kotoran Telinga Sebabkan Sumbatan di Telinga

Kotoran telinga normalnya dapat keluar dari telinga secara alami. Tapi seringkali Anda merasakan adanya sumbatan pada telinga atau mengalami gangguan pendengaran. Hal itu mungkin saja disebabkan oleh kotoran telinga atau serumen, yang mengeras dan menyumbat telinga Anda. Gangguan ini dalam dunia medis disebut juga dengan serumen prop. Kotoran Telinga Sebabkan Sumbatan di Telinga Kotoran telinga normalnya dapat keluar dari telinga secara alami. Tapi seringkali Anda merasakan adanya sumbatan pada telinga atau mengalami gangguan pendengaran. Hal itu mungkin saja disebabkan oleh kotoran telinga atau serumen, yang mengeras dan menyumbat telinga Anda. Gangguan ini dalam dunia medis disebut juga dengan serumen prop. Klik 'next' untuk selanjutnya. Apa itu kotoran telinga? Kotoran telinga merupakan produk yang dihasilkan oleh kelenjar di liang telinga yang akan melapisi kulit liang telinga serta melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi. Karena sifatnya yang kental dan lengket, maka serumen mampu menangkap debu dan bakteri serta mencegahnya masuk ke bagian telinga yang lebih dalam. Serumen terdiri dari asam lemak tersaturasi dan keasamannya [...]

Konsumsi Yogurt Saat Sahur Bisa Cegah Bau Mulut & Memperlama Rasa Kenyang

Konsumsi Yogurt Saat Sahur Bisa Cegah Bau Mulut & Memperlama Rasa Kenyang

Di bulan Ramadan, kebanyakan orang hanya memperhatikan santapan untuk berbuka. Sementara makanan atau minuman saat sahur sering dihadirkan seadanya. Hal tersebut tentu kurang tepat karena bisa membuat Anda merasa lebih cepat lapar kala menjalankan puasa.Sahur yang dilakukan tengah malam memang sering membuat orang malas menyiapkan makanan yang lengkap. Sebagian orang bahkan lebih memilih asupan yang cepat dan kurang bergizi karena lebih praktis, misalnya mie instan.Bagi Anda yang ingin asupan sahur lebih ?bernutrisi atau untuk menambah gizi makanan instan sehingga lebih kenyang, bisa mengkonsumsi yogurt. Susu fermentasi tersebut dapat memenuhi kebutuhan kalori, lemak, dan protein harian sehingga mengurangi sensasi lapar saat menjalankan puasa di siang hari."Yogurt mengandung nutrisi lengkap. Maka dari itu, yogurt juga bisa membantu menjaga kadar gula darah sehingga sensasi lapar berkurang," ungkap Dr Marya Haryono, M.Gizi, SpGK ketika mengisi talkshow yang diadakan Heavenly Blush ?di kawasan Menteng, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.?Selain mengkonsumsi yogurt, Marya pun menyarankan agar orang-orang yang berpuasa banyak mengkonsumsi asupan berkarbohidrat kompleks. Misalnya na [...]

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Ladies, kapan terakhir kali Anda membongkar tas kosmetik dan menyortir peralatan makeup yang lama tak terpakai? Sebagian wanita punya kebiasaan membeli kosmetik baru meskipun koleksi alat makeup lama masih cukup banyak. Alhasil karena terlalu lama tidak dipakai, kosmetik pun jadi kedaluwarsa.Meski begitu, masih ada saja yang menyimpan bahkan menggunakannya tanpa sadar akan bahaya yang mengintai. Sebuah tes laboratorium yang dilakukan di London ini mungkin akan membuat para wanita segera menyingkirkan peralatan kosmetiknya yang sudah tak layak pakai. Produk makeup yang sudah lama ternyata menyimpan bakteri berbahaya, salah satunya bakteri penyebab meningitis (radang selaput otak) yang mematikan yaitu enterococcus faecils.Para peneliti dari London Metropolitan University telah memeriksa lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation dan lip gloss dan menemukan bahwa mereka menyimpan banyak bakteri berbahaya.Selain enterococcus faecalis, peralatan kosmetik kedaluwarsa juga menyimpan bakteri berbahaya lainnya yaitu eubacterium yang bisa menyebabkan bacterial vaginosis (ketidakseimbangan flora dan bakteri pada Miss V) dan aeronoma, penyebab gastroenteritis dan infeksi pada luka. T [...]

Tanda-tanda Anda Telah Menjadi Pecandu Kopi

Tanda-tanda Anda Telah Menjadi Pecandu Kopi

Konsumsi kopi terlalu berlebihan memang bisa mengakibatkan kecanduan dan dapat menimbukan efek bahaya bagi tubuh. Karena kopi adalah minuman yang dapat merangsang dan memiliki efek langsung pada tubuh dan pikiran yaitu menyegarkan serta menambah energi baik secara fisik maupun mental.Kopi juga merangsang otak dan membuat tubuh melepaskan hormon stres dalam darah. Jika stimulasi yang diberikan terlalu berlebihan akan menyebabkan tubuh terjaga dan secara praktis merampas pikiran dan energi.Seperti dikutip dari Hubpages, kecanduan kopi biasanya terjadi jika timbul suatu keinginan yang kuat untuk minum kopi setelah dihentikan beberapa waktu. Saat pecandu kopi tak minum kopi, mereka akan merasakan tanda-tanda seperti:1. Rasa lelah sepanjang hari2. Perut mulas3. Mudah marah4. Terjadi gangguan tidur5. Rasa tidak nyaman di leher, bahu, punggung, perut, tangan dan kaki6. Sembelit7. Perasaan khawatir dan gelisah8. Sulit konsentrasi9. Pusing.Gejala yang timbul ini merupakan bagian dari penarikan kafein (withdrawal) yang akan timbul setelah 12 hingga 24 jam dari waktu terakhir kali orang tersebut mengonsumsi kopi.Salah satu fakta yang paling menarik mengenai kecanduan kopi adalah meningkatn [...]

Dokter Menempel Tangan di Kaki Pasien

Dokter Menempel Tangan di Kaki Pasien

Tim Dokter dari Changsha Hospital, di Propinsi Hunan, China, tengah berusaha menyambung kembali tangan seorang pemuda yang terputus akibat mengalami kecelakaan kerja di tempat kerjanya. Xiao Wei, kini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Changsha, propinsi Hunan, China. Dalam proses penyambungannya, tim dokter yang menanganinya menempelkan tangan yang terputus di kaki kiri Xiao Wei untuk sementara. Hal ini dikarenakan kecelakaan yang dialami Xiao Wei mengakibatkan lengan kanannya ikut remuk dan memutuskan tangan kanannya. Untuk menyambung kembali, tim dokter merekonstruksi lengannya yang remuk terlebih dahulu, untuk kemudiannya setelah memungkinkan untuk melakukan penyambungan tangan Xiao Wei kembali. Selama proses rekonstruksi lengan Xiao Wei yang remuk, tangan yang terputus ditopang dari pembuluh darah dari kaki Xiao Wei. Oleh karena itu tim dokter memutuskan untuk melakukan proses microsurgery dengan implantasi ektopik sementara. Meskipun terdengar aneh, namun bukan berarti tidak mungkin. Tim dokter di China agaknya memiliki keahlian handal mengenai microsurgery, setelah belum lama ini sukses melakukan rekonstruksi organ hidung Xiaolian (22) yang rusak akibat infeksi pasca kecel [...]

Mengatasi Stres Ketika Jalanan Macet

Mengatasi Stres Ketika Jalanan Macet

Oleh: dr. Adithia Kwee Fenomena macet di Jakarta atau pun beberapa kota besar di Indonesia akhir-akhir ini memang tidak bisa dielakkan lagi, Anda dan saya pasti mengalaminya. Macet tidak hanya membuang waktu kita percuma, macet juga membuat kita lelah, baik lelah fisik maupun mental. Bisa Anda bayangkan karyawan dengan upah dua sampai tiga juta per bulan, harus menghadapi macet saat berangkat dan pulang dari tempat kerja, sebandingkah dengan apa yang mereka dapat? Pertanyaan retorika tersebut seakan semakin tidak terjawab ketika dihadapi langsung dengan fakta biaya kesehatan yang muncul ketika stres yang ada terakumulasi menjadi buah penyakitdi tubuh. Apapun jawaban pertanyaan tersebut, tidak berpengaruh, karena sebagian besar orang tidak punya pilihan. Lalu apa yang bisa kita buat? Diam saja dan membiarkan diri dipenuhi amarah dan stres? Itu tidak baik untuk kesehatan, berikut ini kami akan memberikan tips beberapa hal yang dapat dilakukan di kala macet untuk mengurangi stres, mari disimak! Pertama, putarlah musik yang nyaman dan menenangkan hati, musik jazz misalnya, musik secara signifikan mempengaruhi kondisi kejiwaan kita. Percayalah, macet dan musik keras (metal, heavy [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *