Terapi Untuk Penderita Autis

terapi_autis.jpg

Terapi untuk penderita autis menentukan apakah seorang anak menderita autis atau tidak, hal ini sangatlah sulit. Orang tua merupakan orang pertama yang mengetahui apabila terjadi masalah pada anak, misalnya anak belum juga berbicara pada seusianya, tidak terlalu tertarik terhadap orang lain, atau bertingkah laku yang tak biasanya. Biasanya sudah tampak sebelum berusia 3 tahun, yaitu; anak autis tidak adanya kontak mata dan tidak menunjukkan respon terhadap lingkungan.

Jika kemudian tidak diadakan upaya terapi oleh orang tua, maka setelah usia 3 tahun perkembangan anak terhenti atau bahkan mundur, seperti tidak mengenal suara orang tuanya dan tidak mengenal namanya. Sedangkan menurut pakar, penderita autis memiliki 3 gejala yaitu: gangguan interaksi sosial, hambatan dalam komunikasi verbal dan non verbal, dan kegiatan yang aneh suka dilakukan.

Autisme adalah gangguan perkembangan fungsi otak atau suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau berkomunikasi dengan normal.

Salah satu masalah dalam penanganan penderita autisme adalah tidak adanya standar baku dalam hal terapi untuk autis. Hal ini karena penyebab autis sendiri tidak banyak diketahui, terlebih lagi tiap penderita biasanya menunjukan hal yang berbeda-beda baik secara fisik, emosional, tingkah laku dan sosialnya. Walaupun demikian dapat ditemukan berbagai jenis terapi untuk mengatasi masalah autis, yaitu:

  1. Terapi Fisik/fisioterapi. Autis merupakan gangguan perkembangan pervasif (pervasive developmental disorders / PDD). Dimana mengacu pada keterlambatan perkembangan otak motorik seseorang. Banyak penderita autis yang memiliki penundaan perkembangan motorik dan beberapa penderita mempunyai massa otot yang rendah (lemah). Terapi fisik pada penderita autis dapat melatihnya dengan kekuatan otot, koordinasi dan kemampuan dasar berolahraga.

  2. Terapi Bermain. Terapi bermain walaupun terdengar aneh, tetapi anak penderita autis memerlukan bantuan untuk bermain. Bermain juga dapat digunakan sebagai alat untuk melatih percakapan, kemampuan berkomunikasi dan sosial. Terapi bermain ini dapat digabungkan dengan terapi berbicara, terapi okupasi dan terapi fisik.

  3. Terapi Visual. Banyak penderita autis merupakan pemikir visual, sehingga metode pembelajaran berkomunikasi melalui gambar dapat dilakukan. Salah satu caranya adalah melalui PECS (Picture Exchange Communication). Selain itu pembelajaran melalui video juga dapat dilakukan baik dengan video modeling, video games ataupun sistem komunikasi elektronik lain. Metode ini dapat menampung kelebihan penderita autis di bidang visual untuk digunakan membangun keterampilan dan komunikasinya menjadi lebih baik.

  4. Terapi Wicara. Hampir semua penderita autisme mempunyai masalah bicara ataupun bahasa sehingga diharapkan dengan terapi bicara ataupun berbahasa dapat membantu penderita autis untuk berkomunikasi dengan orang lain.

  5. Terapi Okupasi. Terapi okupasi ini berfokus untuk membentuk kemampuan hidup sehari-hari. Karena kebanyakan penderita autis mengalami perkembangan motorik yang lambat, maka terapi okupasi sangatlah penting. Seorang terapis okupasi juga dapat memberikan latihan sensorik terintegrasi, yaitu suatu teknik yang dapat membantu penderita autis untuk mengatasi hipersensitifitas terhadap suara, cahaya maupun sentuhan.

  6. Terapi Biomedis. Terapi biomedis termasuk juga penggunaan obat-obatan untuk penanganan autis, walaupun kebanyakan perawatan biomedis yang dilakukan berdasarkan metode pendekatan DAN (Defeat Autism Now). Dokter yang telah menjalani pelatihan mengenai metode DAN ini akan menentukan diet khusus, suplemen ataupun perawatan alternatif lain untuk penanganan penderita autis.

  7. Terapi Tingkah Laku. Anak yang menderita autis seringkali terlihat frustasi. Mereka kesulitan untuk mengkomunikasikan kebutuhan mereka dan menderita akibat hipersensitifitas terhadap suara, cahaya ataupun sentuhan sehingga terkadang mereka berlaku kasar atau mengganggu. Seorang terapis tingkah laku dilatih untuk dapat mengetahui penyebab dibalik prilaku negatif tersebut dan merekomendasikan perubahan terhadap lingkungan ataupun keseharian anak untuk dapat memperbaiki tingkah lakunya.

  8. Terapi Kemampuan Sosial. Salah satu akibat dari autis adalah sedikitnya kemampuan sosial dan komunikasi. Banyak anak yang menderita autis memerlukan bantuan untuk menciptakan kemampuan supaya dapat mempertahankan percakapan, berhubungan dengan teman baru atau bahkan mengenal tempat bermainnya. Seorang terapis kemampuan sosial dapat membantu untuk menciptakan atau menfasilitasi terjadinya interaksi sosial.

  9. Terapi Perkembangan. Terapi perkembangan atau developmental therapies bertujuan untuk membangun minat, kekuatan dan perkembangan anak sendiri untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan, emosional dan sosialnya. Terapi perkembangan seringkali bertolak belakang dengan terapi tingkah laku, yang biasanya paling baik dilakukan untuk mengajarkan keterampilan khusus pada anak, seperti misalnya mengikat tali sepatu, cara menggunakan sendok dan garpu saat makan, cara memakai baju, atau menggosok gigi dll.[](SN)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Buah Merah, Buah Khas Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan

Buah Merah, Buah Khas Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan berbagai jenis tanaman. Ada tak kurang dari 16 ribu spesies tanaman yang tumbuh di Tanah Papua, dan yang kini cukup populer karena khasiatnya adalah Buah Merah.Buah Merah, atau bahasa latinnya Pandanus Conoideus adalah sejenis buah tradisional Papua. Termasuk ke dalam kelompok tanaman pandan-pandanan karena pohon dan daunnya menyerupai pandan, namun memiliki buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun. Saat matang, buah ini akan berwarna merah marun dan karena itulah dinamakan Buah Merah.Pandanus conoideus termasuk dalam kelompok superfruit, yaitu sebutan untuk buah-buahan yang secara alami memiliki kandungan vitamin, mineral dan tinggi antioksidan. Fungsi utamanya adalah melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang merusak sel. Acai Berry, apel, blueberry, cherry, citrus, cranberry dan buah naga merupakan beberapa buah yang masuk dalam kategori ini. "Tanaman ini memproduksi zat-zat yang menjadi semacam senjata untuk membantu tubuh melindungi diri. Ada tiga tingkatan antioksidan di dalam buah ini; primer, sekunder dan tersier," ujar Dr. I Nyoman Artha, peneliti dan kepala Center for Beverages bagian Clus [...]

Mengatasi Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Mengatasi Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Anda bekerja keras sepanjang minggu, jadi ketika akhir pekan tiba, Anda ingin menghabiskan waktu dengan bermain. Seperti bermain golf, mendaki di pegunungan, atau latihan yang intens di gym untuk menghidupkan kembali tubuh Anda. Akan tetapi, semua kegiatan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa kaku yang akan muncul dalam satu atau dua hari kemudian. Jangan biarkan nyeri otot yang Anda rasakan itu menghambat aktifitas Anda. Cari tahu penyebab dan berikanlah perawatan yang tepat sehingga Anda dapat terus menikmati aktivitas-aktivitas tersebut. Lalu kemudian, apa yang kemudian menjadi penyebab nyeri otot? Berikut penjelasannya: Apakah Penyebab Nyeri Otot? Adalah normal untuk mengalami nyeri otot begitu Anda selesai fitness, selesai melakukan permainan olahraga, atau bahkan setelah melakukan pekerjaan rumah tangga, terutama jika: Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa anda lakukan (seperti lari maraton ketika Anda biasanya hanya melakukan lari ringan beberapa kilometer) Anda tiba-tiba meningkatkan level intensitas latihan anda atau meningkatkan lamanya ada latihan. Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperp [...]

Benarkah Air Rebusan Daun Sirih Dapat Mengatasi Keputihan?

Benarkah Air Rebusan Daun Sirih Dapat Mengatasi Keputihan?

Berbicara tentang keputihan, hampir setiap wanita pasti pernah mengalaminya. Banyak sekali masalah-masalah yang menjadi penyebab utama dari keputihan, seperti aktivitas sehari-hari, faktor lingkungan, dampak psikologis sampai masalah kesuburan.Keputihan merupakan hal umum yang banyak dijumpai dalam masyarakat khususnya wanita karena terdapat banyak aspek-aspek di dalamnya. Oleh karena itu, banyak dijumpai mitos-mitos yang beredar seputar keputihan. Mitos tersebut bisa saja dibenarkan oleh para ahli namun ada juga beberapa mitos yang sebenarnya tidak tepat. Salah satu mitos tentang keputihan yang paling sering dibicarakan adalah mengobati keputihan dengan air rebusan daun sirih. Apakah mitos tersebut benar? Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, air rebusan daun sirih mempunyai sifat anti bakteri. Apabila digunakan dalam kondisi yang tepat, bisa saja membantu membunuh kuman-kuman penyebab keputihan, seperti bakteri, jamur, virus dan parasit atau protozoa. Namun sering kali, penggunaan daun sirih yang dijual sebagai pembersih kewanitaan tidaklah tepat dan bisa menimbulkan kerugian.Di dalam vagina terdapat bakteri bernama lactob [...]

8 Penyakit yang Bisa Datang Akibat Stres

8 Penyakit yang Bisa Datang Akibat Stres

Tak hanya berpengaruh pada mental, stres juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Bahkan ada beberapa penyakit tertentu yang datang ketika seseorang mengalami stres. Apa saja?Banyak yang menganggap bahwa stres tidak perlu diobati, terutama jika hanya disertai dengan keluhan ringan seperti migrain atau perut mulas. Kebanyakan orang berharap penyakit tersebut akan sembuh setelah stresnya hilang. Sayangnya hal itu tidak selamanya benar. Berikut ini beberapa keluhan kesehatan yang sering dialami saat stres melanda, dikutip dari detikhealth.1. Sakit kepala serta migrainDaya tahan tubuh bisa menurun karena stres lalu memicu migrain menurut Todd Schwedt, MD, direktur pusat sakit kepala di Washington University. Untuk menghindarinya, pastikan pola makan dan tidur dalam sepekan selalu terjaga.2. Kram yang sangat sakitKetidakseimbangan hormon saat stres bisa mengakibatkan kram yang sangat menyakitkan, terutama pada wanita. Saat stres, risiko mengalami kram 2 kali lebih besar karena aktivitas syaraf simpatis lebih tinggi. Olahraga secara teratur dapat mencegahnya.3. Sakit di sekitar mulutRahang terasa nyeri merupakan tanda bahwa stres tengah melanda. Tanpa disadari, gigi atas dan bawah sal [...]

Tindakan Pertolongan Ketika Keracunan Minuman Keras Oplosan

Tindakan Pertolongan Ketika Keracunan Minuman Keras Oplosan

Belakang ini ada fenomena keracunan massal akibat minuman keras oplosan. Metanol merupakan salah satu penyebab keracunan yang marak dioplos menjadi minuman keras oplosan. Kandungan lain dalam miras oplosan selain methanol terdiri dari berbagai campuran antara lain alkohol (>55% etanol), obat-obatan, minuman bersoda / softdrink, suplemen kesehatan, bahan kimia seperti spirtus. Berbeda dari minuman alkohol yang beredar saat ini, pada miras oplosan tidak bisa ditentukan berapa persen kandungan pasti etanol nya. Berdasarkan kandungan alkoholnya, minuman beralkohol yang beredar di Indonesia dikelompokkan menjadi 3, yaitu : Minuman beralkohol Golongan A : adalah minuman yang mengandung etil alkohol dengan kadar sampai 5 %. Minuman beralkohol Golongan B : adalah minuman yang mengandung etil alkohol lebih dari 5% hingga 20 %. Minuman beralkohol Golongan C : adalah minuman yang mengandung etil alkohol lebih dari 20% hingga 55% Dampak Keracunan Etanol dari Miras Oplosan: Pada miras oplosan yang ada, kandungan etanolnya justru sangat rendah namun metanolnya sangat tinggi bahkan bisa melebihi 50%. Metanol dan etanol mempunyai bau dan bentuk cairan yang sama, oleh kare [...]

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

? Hasil pemeriksaan kesehatan menyebutkan Anda memiliki masalah kolesterol? Pastinya kemudian akan terpikirkan bagaimana cara untuk menjaga makan. Simak empat makanan berikut ini yang dapat membantu usaha Anda menyusun menu diet menurunkan kolesterol Anda. 1. Oatmeal dan makanan tinggi serat Oatmeal mengandung seratyang mudah dicerna yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol ?jahat?. Serat yang mudah dicerna ini juga dapat ditemukan pada apel, pir dan buah prune. Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Dengan mengonsumsi 5 hingga 10gram serat sehari maka dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL Anda. Klik next untuk tahu berbagai makanan lainnya. 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol 2. Ikan dan asam lemak omega 3 Mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penimbunan plak yang dapat berujung pada serangan jantung, stroke dan kematian.American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam satu minggu. Asam lemak omega 3 tertinggi dapat ditemukan pada ikan: Mackarel Sarden Salmon Tuna Nam [...]

Liver Melintir Karena Minum Bir

Liver Melintir Karena Minum Bir

Pada prinsipnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Namun untuk urusan bir ataupun minuman beralkohol lainnya, tahukah Anda bahwa sedikit atau banyak, hasilnya sama saja merusak liver Anda? Sekalipun hanya dalam sepekan Anda minum 1 botol bir ukuran sedang (300 ml), Anda sudah berisiko memiliki kondisi perlemakan di organ hati Anda (fatty liver). Perlemakan hati adalah kondisi dimana liver Anda mengalami penumpukan lemak melebihi 5% dari berat total organ hati Anda, (lihat gambar). Dampaknya apa? Tentunya jika dibiarkan fatal nan maut akibatnya. Perlahan namun pasti, tubuh Anda mengalami kegagalan penyerapan beberapa nutrisi dari makanan yang dimakan. Jika demikian, produk sisa metabolisme dapat menumpuk dan merusak ke otak Anda. Bahaya bukan? Gejalanya seperti apa? Halaman selanjutnya penjelasannya. Gejala Perlemakan Hati Perlemakan hati yang terjadi umumnya tidak menimbulkan gejala yang khas. Namun paling umum adalah biasanya penderita akan merasa badannya lemas-lemas, cepat lelah dan sering muncul rasa tidak nyaman pada perut kanan atas. Pemeriksaan tambahan: Cek laboratorium: Jika Anda mencurigai gejala-gejala tersebut dan kemudian Anda melanjutkan [...]

5 Langkah Menghindari Stres

5 Langkah Menghindari Stres

Oleh: dr. Alvin Nursalim Pak Mujidin, 60 tahun adalah seorang pengusaha sukses. Sepintas, kehidupannya terlihat sempurna dan sering kali membuat tetangganya terkagum. Rumah mewah dan kendaraan mewah menjadi bagian hidupnya yang tidak terpisahkan. Tak pelak lagi, semua orang yang melihat akan menilai bahwa pak Mujidin adalah orang yang sukses. Namun, pak Mujidin memendam perasaan stres akibat tekanan tinggi pada pekerjaannya. Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, beban pekerjaannya menyebabkan pak Mujidin lelah secara fisik dan mental. Suatu pagi, ketika sedang bersiap untuk kerja, pak Mujidin merasakan nyeri dada yang tidak tertahankan bagai tertimpa benda berat. Hal ini mmbuatnya pingsan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Dokter jantung mengatakan bahwa pak Mujidin menderita penyakit jantung koroner, sebuah penyakit yang menyerang pembuluh darah jantung. Dua buah pembuluh darah jantung pak Mujidin sudah tertutup hampir 60%. Hal inilah yang menyebabkan nyeri dada yang dialami pak Mujidin. Ilustrasi kasus diatas merupakan kisah yang menggambaran kehidupan urban yang sering dialami oleh masyarakat. Stres, yang diakibatkan oleh tekanan pekerjaan atau masalah keluarg [...]

Deteksi Dini Kanker, Inilah Cara Mendeteksi Berdasarkan Jenisnya

Deteksi Dini Kanker, Inilah Cara Mendeteksi Berdasarkan Jenisnya

Deteksi Dini Kanker Berdasarkan Jenisnya. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Mungkin yang terbayang adalah banyak makan sayur dan buah, hidup teratur, jaga berat badan ideal, pantang merokok. Betul sekali dan lakukanlah. Namun disayangkan, banyak yang tahu tapi juga tidak melakukannya. Tahukah Anda kanker adalah penyakit kronis? Kanker tidak timbul mendadak. Kanker timbul dari satu sel yang berkembang biak secara tidak terkendali, dari sangat kecil, makin lama makin banyak, hingga membesar, dan umumnya setelah menimbulkan gangguan, barulah terdeteksi. Dan itu butuh waktu cukup panjang. Tapi mengapa mereka yang terkena kanker umumnya terdeteksi di tahap yang lanjut? Adakah terpikir apabila terdeteksi di awal, maka kanker bisa diatasi dengan tingkat ketahanan hidup yang tinggi? Dengan kata lain, kanker itu dapat dicegah dengan deteksi dini. Di Indonesia, 70% kanker terdeteksi di stadium lanjut. Hal ini berlaku untuk sebagian besar kanker baik kanker [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *