Terlalu Lama Duduk dan Risiko Ginjal

lama_duduk.jpg

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orang-orang yang sering duduk untuk waktu yang lama setiap harinya memiliki risiko yang lebih besar menderita diabetes, serangan jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa duduk untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit ginjal kronik, terutama pada perempuan.

Hubungan duduk lama dan penyakit ginjal

Pada penelitian ini, perempuan yang total waktu duduknya kurang dari tiga jam per hari, memiliki kemungkinan mengalami sakit ginjal kronik 30% lebih kecil dibandingkan perempuan yang duduk lebih dari 8 jam per hari. Duduk dalam waktu lama juga dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal pada pria, namun dengan persentase yang lebih rendah.

Aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, dihubungkan dengan penurunan risiko berkembangnya penyakit ginjal pada pria, tapi tidak pada perempuan. Temuan ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan untuk menutupi dampak negatif duduk lama lebih efektif pada pria dibandingkan pada perempuan, ujar peneliti Dr. Thomas Yates. Dr. Yates adalah pengajar senior University of Leicester di Inggris untuk topik aktivitas fisik, perilaku sedenter, dan kesehatan. Menurut beliau, penting bagi perempuan untuk menghindari duduk dalam waktu yang lama.

1 di antara 10 orang dewasa menderita penyakit ginjal

Ginjal memfilter darah untuk membuang produk sisa metabolisme tubuh dan memproduksi urin. Sekitar 10% orang dewasa di Amerika Serikat, atau lebih dari 20 juta orang, menderita penyakit ginjal kronik yang dikarakteristikkan dengan penurunan fungsi ginjal secara bertahap. Orang dengan penyakit ginjal memiliki peningkatan risiko menderita penyakit jantung, anemia, penyakit tulang, dan lain-lain.

Penelitian ini melibatkan 6000 orang dewasa yang memberikan informasi mengenai total waktu duduk mereka setiap hari dan banyaknya aktivitas fisik (moderat-berat) yang mereka lakukan.

Orang yang memiliki total waktu duduk yang paling sedikit memiliki risiko terkecil mengalami penyakit ginjal kronik, terlepas dari kebiasaan aktivitas fisik mereka atau status nutrisi mereka (berat badan berlebih atau obesitas).

Penelitian ini yang pertama kali dimuat di American Journal of Kidney Disesase bulan Oktober ini merupakan penelitian yang pertama yang mengamati hubungan antara duduk lama dengan penyakit ginjal kronik.

Terlalu banyak duduk dapat berbahaya bagi kesehatan Anda

Temuan yang didapatkan pada penelitian ini menambah bukti bahwa gaya hidup memiliki peran penting dalam berkembangnya penyakit ginjal, dan bahwa duduk dalam waktu yang lama memiliki dampak negatif pada kesehatan secara umum, ujar Yates.

Marc Hamilton, PhD dari Pennington Biomedical Research Center, telah meneiliti topik ini selama lebih dari satu dekade. Menurutnya, semakin jelas bahwa duduk dalam waktu yang lama memiliki efek negatif bagi semua orang, tanpa memandang status nutrisi dan tingkat aktivitas fisik mereka.

?Studi-studi eksperimental yang dilakukan oleh kami dan orang lain menunjukkan hasil yang konsisten yaitu bahwa duduk terlalu lama itu tidak sehat, bahkan pada orang yang tidak memiliki berat badan berlebih atau yang melakukan aktivitas fisik secara teratur,? kata Dr. Hamilton.

Namun belum jelas apakah tindakan berdiri (dari posisi duduk) setiap setengah jam akan menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian Dr. Hamilton sendiri menunjukkan bahwa ketika orang-orang duduk dalam waktu yang lama, baik saat kerja atau menonton TV di rumah, 40% dari waktu mereka digunakan untuk bergerak ke sana ke mari, sehingga ia tidak yakin bahawa saran untuk memperbanyak gerak ketika harus duduk lama akan bermanfaat.[][Oleh: dr. Puti Naindra Alevia]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Rambut Rontok? Ini Sebabnya!

Rambut Rontok? Ini Sebabnya!

Apakah Anda mengalami rambut rontok? Apakah yang menyebabkan rambut Anda rontok? Pernahkah Anda menghitung berapa helai rambut Anda yang rontok setiap harinya? Kerontokan rambut yang mencapai 100 helai perhari masih dianggap wajar. Kerontokan rambut pasti sangat sering terjadi di sekitar kita. Rontoknya rambut yang berlebihan tentunya akan membuat Anda cemas dan akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari terutama karena mengganggu penampilan sehingga akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor keturunan. Bila Anda memiliki riwayat keluarga dengan rambut rontok, dapat dipastikan Anda pun akan memiliki kecenderungan untuk mengalami hal serupa. Stres psikologik juga dapat menyebabkan timbulnya masalah ini. Banyak pikiran karena masalah pekerjaan, keluarga, atau hubungan asmara harus pandai Anda atasi karena ternyata berpengaruh buruk terhadap kesehatan rambut Anda. Kerontokan juga dapat disebabkan karena konsumsi obat-obatan contohnya pada kemoterapi karena kanker. Obat kemoterapi yang menyerang sel-sel kanker ternyata juga menyerang sel-sel lain pada tubuh kita salah satunya yaitu sel folikel rambut. [...]

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Di zaman yang semakin modern ini, memang sangat sulit untuk menghindari bekerja dengan menggunakan perangkat digital. Bekerja berjam-jam di depan layar digital memang sudah menjadi kehidupan sehari-hari masyarakat masa kini. Namun, sayangnya, aktivitas ini juga menciptakan konsekuensi baru bagi kesehatan mata kita. Mata menjadi tegang, lelah dan pegal karena harus menatap layar komputer terus-menerus. Masalah mata lelah yang disebabkan karena layar digital sering disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS ini bukan merupakan suatu masalah penglihatan yang spesifik, namun lebih kepada kumpulan gejala pada mata, mulai dari rasa pegal hingga sakit pada pengguna komputer secara khusus, atau perangkat digital lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa 50-90% pengguna komputer akan memiliki keluhan mata. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak dan dewasa, terutama jika pencahayaan dan posisi komputer tidak ideal. Bagaimana layar komputer mempengaruhi penglihatan? Berikut penjelasannya: Bagaimana Layar Komputer Mempengaruhi Penglihatan? Computer vision syndrome sebenarnya sama dengan penyakit carpal tunnel syndrome (sindroma terowongan karpal) dan cedera jenis lainn [...]

Atasi Mulut Kering dan Berbau Saat Bangun Tidur

Atasi Mulut Kering dan Berbau Saat Bangun Tidur

Sesegera mungkin atasi mulut kering dan berbau saat bangun tidur. Setiap harinya, saliva (air liur) diekskresi hingga 0.5 ? 1.5 liter oleh tiga kelenjar liur besar yang berada di sekitar mulut dan tenggorokan. Aliran saliva menurun saat sedang tidur, terutama saat tidur malam. Oleh karena itu kita sering merasa mulut kering dan berbau kurang sedap saat baru bangun tidur. Di sinilah pentingnya menyikat gigi sebelum tidur, supaya sisa makanan bersih tuntas dan tidak mengalami pembusukan oleh bakteri saat kita sedang tidur. [...]

Kesalahan Sahur yang Buat Anda Jadi Ngantuk dan Lemas

Kesalahan Sahur yang Buat Anda Jadi Ngantuk dan Lemas

Mengantuk dan lemas, itulah keluhan yang datang dari banyak orang setelah menjalani puasa selama beberapa hari belakangan ini. Apakah Anda termasuk? Belum terlambat untuk mengubah pola makan Anda saat sahur agar keluhan tersebut tak datang lagi.Kenapa pola makan? Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Jenis asupan yang dikonsumsi saat sahur oleh kebanyakan orang selama ini tinggi karbohidrat dan gula. Misalnya saja nasi putih yang sampai saat ini masih menjadi pilihan umum saat makan. Dijelaskan praktisi gaya hidup dr. Phaidon L. Toruan, nasi putih termasuk karbohidrat sederhana. Jenis kaborhidrat ini akan cepat menaikkan gula darah tapi dengan segera juga menurunkannya. Tubuh pun terasa lemas, ngantuk, cepat lapar, serta ingin makan dan makan lagi.Begitu juga dengan minuman seperti teh manis hangat yang kerap dikonsumsi orang saat sahur. Anggapan yang selama ini ada dengan minum teh manis puasa bisa menjadi lebih bertenaga. Kenyataannya anggapan itu salah.Menurut dr. Phaidon, mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, tapi menurut dr. Phaidon, itu adalah energi palsu."Gula me [...]

Fakta di Balik 5 Mitos Tentang Tidur yang Ternyata Tidak Benar

Fakta di Balik 5 Mitos Tentang Tidur yang Ternyata Tidak Benar

Tak sedikit mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tentang kesehatan, termasuk tentang tidur. Beberapa pernyataan yang tidak benar mengenai tidur ini tak jarang menyesatkan sejumah orang yang mempercayainya. Agar Anda tak tertipu dengan fakta yang ternyata salah, para ahli pun telah mengumpulkan beragam mitos untuk diluruskan. Berikut lima fakta dibalik mitos tentang tidur yang tak perlu dipercaya, dikutip dari ABC Australia: 1. Menghitung Domba Buat Cepat TidurMenghitung domba kerap diajarkan sebagai obat insomnia sejak kita kecil. Ide dibalik cara ini adalah dengan mengimaginasikan sesuatu yang menenangkan akan membuat tidur lebih cepat. Teknik itu pun belum pernah dibuktikan dengan penelitian. Ampuhkah sebenarnya cara ini? Menurut psikolog tidur Australia, Dianne Ricards cara ini bisa ampuh, bisa juga tidak. Hal tersebut dikarenakan perbedaan penerimaan tentang sesuatu yang dianggap menenangkan bisa berbeda untuk setiap orang. Karena bisa jadi menghitung adalah sesuatu yang membuat stress berdasarkan pengalaman seseorang namun tidak untuk orang lainnya. Ternyata menghitung domba pun bisa menyebabkan istirahat semakin sulit. Karena otak Anda akan merasa bosan saat menghitun [...]

Ketahui 5 Kandungan Berbahaya yang Ada di Dalam Shampo

Ketahui 5 Kandungan Berbahaya yang Ada di Dalam Shampo

Kebanyakan orang membeli shampo berdasarkan jenis rambut serta aromanya. Mereka tidak terlalu memperhatikan kandungan dalam shampo tersebut. Padahal ada beberapa bahan yang perlu diwaspadai karena cukup berbahaya untuk kulit kepala.Untuk itu, Anda perlu cermat sebelum membeli shampo. Sebaiknya baca kandungannya terlebih dahulu demi menjaga kesehatan rambut dan kulit. Seperti yang dilansir dari Healthmeup, ini dia lima bahan berbahaya yang ada di dalam shampo.1. Sodium Lauryl/Laureth SulfateShampo yang mengandung bahan ini perlu diwaspadai karena bahan kimia Sodium Lauryl sering dipakai untuk deterjen dan digunakan sebagai bahan pembersih di beberapa industri. Selain itu, dampak terburuknya bisa berubah menjadi karsinogenik (zat penyebab kanker).2. DietanolaminaBahan kimia ini dapat membentuk karsinogenik yang memicu kanker. Karsinogenik bisa menyebabkan kanker secara langsung dengan cara bermutasi pada DNA sel tubuh atau secara tidak langsung melalui pembelahan sel sehingga gagal menciptakan sel yang sempurna. Kegagalan itu menyebabkan timbulnya sel kanker.3. ParabensKandungan Parabens memang dapat mempengaruhi tingkat estrogen yang membuat hormon menjadi tidak seimbang. Paraben [...]

Madu untuk Hilangkan Batuk dan Sakit Tenggorokan, Benarkah Efektif?

Madu untuk Hilangkan Batuk dan Sakit Tenggorokan, Benarkah Efektif?

Madu banyak dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan batuk dan biasanya diminum sebelum tidur. Penggunaan madu untuk menyembuhkan batuk biasanya lebih banyak diterapkan pada anak-anak karena rasanya yang manis sehingga lebih mudah diminum.Benarkah madu efektif meredakan batuk, khususnya pada anak-anak? World Health Organisation dan American Academy Pediatrics sama-sama menyatakan kalau madu memang bisa membantu menghilangkan batuk. Dr Ronald McCoy dari Royal Australian College of General mengatakan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan memberikan satu sendok makan penuh madu setiap beberapa jam sekali bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan. Efektivitas madu akan lebih terasa pada anak kecil ketimbang orang dewasa."The World Health Organisation merekomendasikan madu untuk redakan batuk pada penderita di negara-negara berkembang, dimana akses untuk mendapatkan pengobatan masih terbatas. Jadi meskipun buktinya belum cukup kuat, tetap ada efek menyembuhkan terutama pada anak kecil," ujar Dr Ronald seperti dikutip dari ABC Australia. Pendapat tersebut diperkuat dengan hasil studi di Amerika yang menunjukkan bahwa madu bisa menyembuhkan radang tenggorokan dan batuk [...]

Obat Migren Botox Belum Memiliki Bukti Berkhasiat

Obat Migren Botox Belum Memiliki Bukti Berkhasiat

Obat anti-kerut "Botox" sepertinya tidak akan direkomendasikan untuk pengobatan migren kronis pada National Health Service (NHS) di Inggris dan Wales, kata pengawas badan obat-obatan itu. The National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE) telah menerbitkan suatu rancangan panduan yang mengatakan tidak ada cukup bukti untuk pengobatan tersebut. NICE menginginkan produsen produk ?Botox?, Allergan, untuk memberikan data yang lebih baik sebelum NICE membuat keputusan akhir di bulan Juni tahun ini. The Migraine Trust mengatakan keputusan itu mengecewakan. Migren adalah sakit kepala parah, yang sering disertai mual dan muntah. Migrain yang kronis didefinisikan sebagai sakit kepala yang terjadi setidaknya 15 hari dalam sebulan, delapan diantaranya pasti migren. Pada bulan Juli 2010, Botox telah disetujui sebagai pengobatan pencegahan untuk migrain kronis di Inggris oleh Badan Regulasi Obat-obatan dan Produk-produk Kesehatan. NICE memutuskan, apakah injeksi harus ditawarkan melalui NHS di Inggris dan Wales. ?Botox? disuntikkan ke setidaknya 31 titik di sekitar kepala dan leher setiap 12 minggu sekali. Namun, tentang bagaimana cara kerja racun saraf yang mungkin mencegah migra [...]

Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Doktrin yang mengatakan bahwa orang-orang dengan sifat optimis cenderung akan hidup lama daripada orang-orang pesimis ternyata bukanlah sekedar anggapan belaka. Menurut studi yang dipublikasikan pada tanggal 28 Februari dalam jurnal Archives of Internal Medicine, pasien berpenyakit jantung lebih mungkin untuk bertahan hidup jika mereka memiliki pandangan yang positif (optimis). Penelitian ini berawal dari kuisioner psikologis yang dijawab oleh 2.800 pasien berpenyakit jantung mengenai kepercayaan mereka terhadap kemampuan diri sendiri untuk pulih dari penyakitnya, dan juga segera kembali ke aktivitas sehari-harinya. Setelah 15 tahun, 1.637 pasien meninggal, 885 (54 persen) adalah akibat dari penyakit jantung. Para peneliti dari Duke University Medical Center mengatakan bahwa hanya terdapat kurang dari 30 persen dari orang-orang yang bersikap optimis meninggal selama penelitian. Peningkatan risiko kematian di antara pasien yang mempunyai sifat pesimis tetap berlaku, bahkan setelah para peneliti meneliti hal tersebut dengan sejumlah faktor, termasuk tingkat keparahan penyakit jantung, usia, jenis kelamin, pendapatan, depresi, dan dukungan sosial. John. C. Barefoot, penulis utama dal [...]

Ingin Sehat, Dian Pelangi Ikuti Yoga Tanpa Ritual Agama

Ingin Sehat, Dian Pelangi Ikuti Yoga Tanpa Ritual Agama

Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Yoga merupakan salah satu latihan favorit yang sering dilakukan oleh wanita untuk merasa lebih rileks dan melenturkan tubuh. Seiring berjalannya waktu, gerakan yoga semakin beragam mulai dari latihan pernapasan hingga kini yang digemari banyak wanita maupun pria adalah acroyoga. Meskipun digemari banyak orang termasuk para hijabers, tapi ada beberapa yoga yang terkait dengan agama sehingga gerakan dalam latihan tersebut diharamkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 2009, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang ditelurkan dalam ijtima ulama itu, yakni:1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari'ah).3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh).Melihat hal itu, desainer busana muslim yang baru-baru ini menjalani latihan yoga, Dian Pelangi, mengatakan bahwa semuanya kembali ke niat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *