Terlalu Lama Duduk dan Risiko Ginjal

lama_duduk.jpg

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orang-orang yang sering duduk untuk waktu yang lama setiap harinya memiliki risiko yang lebih besar menderita diabetes, serangan jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa duduk untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit ginjal kronik, terutama pada perempuan.

Hubungan duduk lama dan penyakit ginjal

Pada penelitian ini, perempuan yang total waktu duduknya kurang dari tiga jam per hari, memiliki kemungkinan mengalami sakit ginjal kronik 30% lebih kecil dibandingkan perempuan yang duduk lebih dari 8 jam per hari. Duduk dalam waktu lama juga dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal pada pria, namun dengan persentase yang lebih rendah.

Aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, dihubungkan dengan penurunan risiko berkembangnya penyakit ginjal pada pria, tapi tidak pada perempuan. Temuan ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan untuk menutupi dampak negatif duduk lama lebih efektif pada pria dibandingkan pada perempuan, ujar peneliti Dr. Thomas Yates. Dr. Yates adalah pengajar senior University of Leicester di Inggris untuk topik aktivitas fisik, perilaku sedenter, dan kesehatan. Menurut beliau, penting bagi perempuan untuk menghindari duduk dalam waktu yang lama.

1 di antara 10 orang dewasa menderita penyakit ginjal

Ginjal memfilter darah untuk membuang produk sisa metabolisme tubuh dan memproduksi urin. Sekitar 10% orang dewasa di Amerika Serikat, atau lebih dari 20 juta orang, menderita penyakit ginjal kronik yang dikarakteristikkan dengan penurunan fungsi ginjal secara bertahap. Orang dengan penyakit ginjal memiliki peningkatan risiko menderita penyakit jantung, anemia, penyakit tulang, dan lain-lain.

Penelitian ini melibatkan 6000 orang dewasa yang memberikan informasi mengenai total waktu duduk mereka setiap hari dan banyaknya aktivitas fisik (moderat-berat) yang mereka lakukan.

Orang yang memiliki total waktu duduk yang paling sedikit memiliki risiko terkecil mengalami penyakit ginjal kronik, terlepas dari kebiasaan aktivitas fisik mereka atau status nutrisi mereka (berat badan berlebih atau obesitas).

Penelitian ini yang pertama kali dimuat di American Journal of Kidney Disesase bulan Oktober ini merupakan penelitian yang pertama yang mengamati hubungan antara duduk lama dengan penyakit ginjal kronik.

Terlalu banyak duduk dapat berbahaya bagi kesehatan Anda

Temuan yang didapatkan pada penelitian ini menambah bukti bahwa gaya hidup memiliki peran penting dalam berkembangnya penyakit ginjal, dan bahwa duduk dalam waktu yang lama memiliki dampak negatif pada kesehatan secara umum, ujar Yates.

Marc Hamilton, PhD dari Pennington Biomedical Research Center, telah meneiliti topik ini selama lebih dari satu dekade. Menurutnya, semakin jelas bahwa duduk dalam waktu yang lama memiliki efek negatif bagi semua orang, tanpa memandang status nutrisi dan tingkat aktivitas fisik mereka.

?Studi-studi eksperimental yang dilakukan oleh kami dan orang lain menunjukkan hasil yang konsisten yaitu bahwa duduk terlalu lama itu tidak sehat, bahkan pada orang yang tidak memiliki berat badan berlebih atau yang melakukan aktivitas fisik secara teratur,? kata Dr. Hamilton.

Namun belum jelas apakah tindakan berdiri (dari posisi duduk) setiap setengah jam akan menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian Dr. Hamilton sendiri menunjukkan bahwa ketika orang-orang duduk dalam waktu yang lama, baik saat kerja atau menonton TV di rumah, 40% dari waktu mereka digunakan untuk bergerak ke sana ke mari, sehingga ia tidak yakin bahawa saran untuk memperbanyak gerak ketika harus duduk lama akan bermanfaat.[][Oleh: dr. Puti Naindra Alevia]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan hampir sebagian besar wanita berharap dapat kembali ke bentuk tubuh semula dan menurunkan berat badan. Hampir sebagian besar wanita pasca melahirkan kehilangan setengah berat badan saat hamil dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Sisanya akan perlahan-lahan turun dalam bulan-bulan berikutnya. Diet sehat yang disertai olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk penyembuhan setelah melahirkan. Bila Anda langsung menurunkan berat badan proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Setidaknya beri jangka waktu 6 minggu sebelum program penurunan berat badan, bagi Anda yang menyusui disarankan menunggu hingga bayi Anda berusia setidaknya 2 bulan. Terlalu cepat menurunkan berat badan dapat mempengaruhi produksi air susu ibu. Menyusui dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga Anda akan takjub melihat penurunan berat badan Anda saat menyusui. Penurunan berat badan yang ideal setelah melahirkan adalah 1.5 pons atau sekitar 680 gr per minggu. Penurunan dengan jumlah tersebut tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Anda dapat mengikutinya dengan cara mengurangi 500 kalori asupan Anda per hari. Tentunya Anda disarankan b [...]

Kenali Gejala Stroke Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Stroke Sebelum Terlambat

Stroke merupakan suatu kegawatdaruratan medis yang harus segera dikenali dan ditangani. Stroke dapat disebabkan oleh karena penyumbatan pembuluh darah di otak atau yang dikenal dengan stroke iskemik atau bisa juga karena disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak atau yang dikenal juga dengan stroke hemorrhagik. (Baca: 5 Gejala Stroke) Seseorang yang mengalami serangan stroke harus sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit untuk mencegah berlanjutnya kerusakan di otak dan kemungkinan untuk pulih menjadi normal. Masa golden period adalah tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Karena pada masa ini penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke, bila langsung ditangani dengan benar. Hal ini dapat menolong penderita untuk mengalami stroke yang lebih berat. Bagaimana mengetahui gejalanya? Halaman berikut penjelasannya: Bagaimana Mengetahui Gejalanya? Keterlambatan dalam penanganan stroke dapat meningkatkan resiko kecacatan dan bahkan kematian. Waktu merupakan hal yang sangat penting sehingga semua orang harus mengetahui gejalanya dan bertindak cepat. Berikut adalah cara yang mudah untuk mengenali gejalanya. Ingatlah kata FAST, masing-masing terdir [...]

Mengapa Pusing Setelah Makan Daging?

Mengapa Pusing Setelah Makan Daging?

Tidak jarang orang merasa pusing setelah makan beberapa jenis daging seperti daging kambing. Mengapa bisa terjadi? Tenyata, hal tersebut disebabkan oleh kandungan zat besi dan tyramin yang ada pada daging.Gejala sakit kepala dan pusing adalah efek dari kurangnya asupan gula ke otak, yang merupakan makanan agar otak bisa bekerja dengan baik. Makan daging yang banyak kandungan proteinnya bisa mengurangi asupan gula ke otak. Tapi penyebab pusing yang paling banyak ditemukan pada seseorang yang makan daging kambing adalah kandungan zat tyramin serta zat besinya.Tubuh sebenarnya membutuhkan zat besi sebagai bahan baku untuk memproduksi protein hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen ke darah. Tapi kelebihan zat besi ternyata bisa jadi racun yang memicu pusing dan sakit kepala.Menurut National Poison Control Center, gejala yang biasa muncul karena kelebihan zat besi adalah pusing, mual, lemah, sakit kepala dan nafas pendek. Kelainan genetik yang disebut hemchromatosis juga bisa menyebabkan tubuh memproduksi zat besi berlebih. Orang yang punya kelainan genetik ini harus melakukan diet daging rendah zat besi, tidak boleh mengonsumsi suplemen zat besi atau melakukan penggantian dara [...]

4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat menjalankan puasa, umat Muslim tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, maka kecenderungan yang sering terjadi adalah kenaikan berat badan. Bagaimana bisa kegiatan pengurangan makan dan minum selama 12 jam ternyata dapat mencetus terjadinya kenaikan berat badan di bulan puasa? Hal ini disebabkan karena: Makanan pada saat sahur lebih sering terdiri dari makanan berat dengan kalori tinggi dan tinggi karbohidrat. Makanan pada saat berbuka juga lebih sering makanan berat dengan kalori tinggi, tinggi karbohidrat, tinggi lemak dan jumlah yang banyak. Pada malam hari, setelah berbuka, seringkali dilanjutkan dengan mengkonsumsi camilan atau makanan penutup dengan kalori yang tinggi. Rendah konsumsi buah dan sayuran. Alhasil, pada akhir bulan puasa, cukup banyak yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Nah, bagaimanakah solusinya? Simak artikel 7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa disini selengkapnya. Lebih idealnya, konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter sebelum berpuasa. Untuk kemudahan Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan tim dokter PeduliSehat.info.[](JF) [...]

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Kurang tidur menyebabkan kegemukan! Kalimat ini pasti bukan hal yang asing di telinga Anda. Cukup tidur memang merupakan aspek penting dalam mempertahankan berat badan yang ideal, selain olahraga dan asupan nutrisi yang seimbang. Akan tetapi, berapa jam tidur sehari yang dapat dikatakan cukup? Para ahli mengatakan bahwa jam tidur yang dikatakan cukup adalah 7-8 jam sehari. Lalu apa yang terjadi saat Anda tidak mendapatkan jam tidur yang dianjurkan tersebut? Apakah sebaiknya membayar hutang jam tidur keesokan harinya dengan tidur lebih dari 8 jam? Sebenarnya ketika kita berbicara tentang durasi tidur, yang memiliki risiko menimbulkan kegemukan atau obesitas bukan hanya durasi tidur yang pendek yaitu 5-6 jam. Akan tetapi, durasi tidur yang panjang yaitu 9-10 jam atau bahkan lebih dari itu juga meningkatkan risiko seseorang menjadi gemuk. Besar risiko terjadinya obesitas pada seseorang yang tidur dengan durasi pendek adalah sebesar 27%, sedangkan untuk yang tidur dengan durasi panjang adalah sebesar 21% (Chaput et al, 2007). Jadi, sebenarnya risiko kegemukan meningkat baik dengan jam tidur yang kurang maupun dengan jam tidur yang lebih panjang dari anjuran. Ada beberapa teori mengapa [...]

Filter Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Filter Air dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tubuh kita membutuhkan asupan air sekitar 2,5 liter tiap harinya agar kesehatan tetap terjaga. Tapi terpenuhinya kebutuhan harian tersebut juga perlu mendapat jaminan bahwa air yang kita konsumsi tidak terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya. Maka dari itu, peran filter air menjadi penting bagi kehidupan sehari-hari. Di zaman sekarang ini, sebagian masyarakat telah terbiasa dengan mengonsumsi air minum kemasan. Namun ada pula yang masih memakai air keran yang dimasak untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Tidak seperti air kemasan, air keran yang berasal dari PAM dan air tanah berisiko terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya, seperti kuman, pestisida, timbal, nitrat, dan lainnya. Saat dimasak, kuman memang dapat hilang dari air, tapi zat berbahaya masih terkandung di dalamnya dan proses memasak justru bisa meningkatkan jumlah zat-zat tersebut. Ini karena air menguap saat pemanasan sehingga konsentrasi senyawa berbahaya justru meningkat. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi air yang terkontaminasi kuman maupun senyawa berbahaya, antara lain: Diare. Kram perut. Mual. Hepatitis A. Kolera. Tifoid. Gangguan ginjal. Tekanan darah tinggi. Perkembangan fisik dan mental [...]

5 Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan

5 Pertolongan Pertama pada Keracunan Makanan

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat bermudik, salah satu bahaya kesehatan yang mungkin terjadi adalah keracunan makanan. Korban keracunan makanan harus segera mendapatkan pertolongan medis. Pada jalur pemudik, pemerintah biasanya menyediakan posko-posko kesehatan yang memberikan pelayanan 24 jam untuk menangani masalah kesehatan yang terjadi pada para pemudik. Namun, sebelum penderita keracunan makanan dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat, ada beberapa pertolongan pertama yang dapat kita lakukan: Bila penderita keracunan makanan banyak muntah dan diare, berikan cairan pengganti yang cukup seperti air putih, oralit atau campuran air putih-gula 2 sendok teh-garam � sendok teh atau air kelapa untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Berikan tablet karbon aktif untuk menyerap racun di dalam saluran pencernaan yang diminum dengan air putih. Bila tidak ada tablet karbon aktif, bisa mengkonsumsi susu untuk mengikat racun dalam saluran pencernaan dan merangsang penderita untuk muntah sehingga racun keluar dan tidak beredar dalam tubuh. Namun , jika penderita mengalami diare, sebaiknya tidak diberikan susu. Bila penderita kerac [...]

Mengapa Bisa Terjadi Obesitas?

Mengapa Bisa Terjadi Obesitas?

Obesitas adalah suatu kondisi yang kompleks, memiliki dimensi sosial dan psikologi yang serius, mempengaruhi hampir semua usia dan strata sosial-ekonomi, serta mengancam ? baik di negara maju maupun negara berkembang. Menurut WHO, prevalensi obesitas di seluruh dunia meningkat lebih dari dua kali lipat antara tahun 1980 dan 2014. Pada tahun 2014 terdapat lebih dari 1,9 miliar orang dewasa (di atas 18 tahun) mengalami kelebihan berat badan. Dari jumlah tersebut lebih dari 600 juta mengalami obesitas. Secara keseluruhan, sekitar 13% dari populasi dunia dewasa (11% laki-laki dan 15% perempuan) mengalami obesitas pada tahun 2014. Bagaimana dengan Indonesia? Menurut data Riskesdas 2013, secara nasional, prevalensi obesitas sentral adalah 26.6 persen, lebih tinggi dari prevalensi pada tahun 2007 (18,8%). Obesitas sentral merupakan faktor risiko beberapa penyakit kronis seperti diabetes melitus, penyakit jantung dan pembuluh darah, stroke, kanker, serta radang sendi. Dikatakan obesitas sentral apabila laki-laki memiliki lingkar perut >90 cm, sementara perempuan dengan lingkar perut >80 cm. Menurut pengukuran indeks massa tubuh (IMT), batas ambang IMT di Indonesia adalah sebagai ber [...]

Waspadai Alergi Jika Anak Pilek Terus-terusan

Waspadai Alergi Jika Anak Pilek Terus-terusan

Gejala hidung tersumbat, pilek, suara bindeng pada anak seringkali membuat anak tampak mengkhawatirkan. Anda berharap dapat segera mengurangi gejalanya, namun Anda tidak yakin apa penyebabnya. Apakah anak terkena flu atau alergi? Jika si kecil pilek berulang bisa jadi ia sebenarnya mengalami alergi. Gejala pilek karena alergi dan flu memang tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah perbedaannya: Flu/ Infeksi saluran napas atas Penyebab terseringnya adalah infeksi virus dan umumnya disertai demam. Selain flu, dapat juga muncul gejala batuk. Pada flu lendir biasanya berwarna kuning atau kehijauan. Alergi Gejala flu karena alergi biasanya berlangsung lebih lama, lebih dari 5 hari dan dapat terus berulang. Pilek karena alergi disebabkan oleh alergen yaitu benda yang dapat memicu alergi, seperti debu, asap, makanan, dan sebagainya. Pada alergi, lendir biasanya berwarna jernih dan encer. Penyebab lain Penyebab lain yang dapat menyebabkan keluhan pilek dan hidung tersumbat adalah hipertrofi adenoid, deviasi septum, dan sinusitis. Namun sinusitis biasanya terjadi pada anak yang lebih besar, biasanya anak usia > 7 tahun. Alergi biasanya menurun dari keluarga. Jika orang tuanya memili [...]

5 Alasan Mengapa Harus Rutin Memakan Buah & Sayur

5 Alasan Mengapa Harus Rutin Memakan Buah & Sayur

Makan buah-buahan dan sayuran adalah salah satu rekomendasi untuk diet sehat, tapi masih banyak orang yang tidak suka makan buah atau sayur. Mengapa makan buah dan sayur itu penting bagi tubuh?The National Cancer Institute merekomendasikan setiap orang setidaknya makan lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Ada banyak alasan mengapa buah dan sayur sangat penting bagi tubuh. Seperti dilansir dari HSPH dan FamilyEducation, berikut beberapa alasan mengapa buah dan sayur penting.1. Buah dan Sayur Melindungi KesehatanBuah-buahan dan sayuran dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh. Makan buah dan sayur setiap hari dapat memberi keuntungan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe II, terkena risiko kanker, melancarkan sistem pencernaan, bantu dapatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sitem kekebalan tubuh serta, mendapatkan tulang dan gigi yang kuat.2. Buah dan Sayur Melawan Berbagai Jenis PenyakitBuah dan sayur mengandung fitokimia yaitu senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, dan sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit. Fitokimia biasanya terkait dengan war [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *