Terlalu Lama Duduk dan Risiko Ginjal

lama_duduk.jpg

Penelitian-penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orang-orang yang sering duduk untuk waktu yang lama setiap harinya memiliki risiko yang lebih besar menderita diabetes, serangan jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa duduk untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit ginjal kronik, terutama pada perempuan.

Hubungan duduk lama dan penyakit ginjal

Pada penelitian ini, perempuan yang total waktu duduknya kurang dari tiga jam per hari, memiliki kemungkinan mengalami sakit ginjal kronik 30% lebih kecil dibandingkan perempuan yang duduk lebih dari 8 jam per hari. Duduk dalam waktu lama juga dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit ginjal pada pria, namun dengan persentase yang lebih rendah.

Aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, dihubungkan dengan penurunan risiko berkembangnya penyakit ginjal pada pria, tapi tidak pada perempuan. Temuan ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan untuk menutupi dampak negatif duduk lama lebih efektif pada pria dibandingkan pada perempuan, ujar peneliti Dr. Thomas Yates. Dr. Yates adalah pengajar senior University of Leicester di Inggris untuk topik aktivitas fisik, perilaku sedenter, dan kesehatan. Menurut beliau, penting bagi perempuan untuk menghindari duduk dalam waktu yang lama.

1 di antara 10 orang dewasa menderita penyakit ginjal

Ginjal memfilter darah untuk membuang produk sisa metabolisme tubuh dan memproduksi urin. Sekitar 10% orang dewasa di Amerika Serikat, atau lebih dari 20 juta orang, menderita penyakit ginjal kronik yang dikarakteristikkan dengan penurunan fungsi ginjal secara bertahap. Orang dengan penyakit ginjal memiliki peningkatan risiko menderita penyakit jantung, anemia, penyakit tulang, dan lain-lain.

Penelitian ini melibatkan 6000 orang dewasa yang memberikan informasi mengenai total waktu duduk mereka setiap hari dan banyaknya aktivitas fisik (moderat-berat) yang mereka lakukan.

Orang yang memiliki total waktu duduk yang paling sedikit memiliki risiko terkecil mengalami penyakit ginjal kronik, terlepas dari kebiasaan aktivitas fisik mereka atau status nutrisi mereka (berat badan berlebih atau obesitas).

Penelitian ini yang pertama kali dimuat di American Journal of Kidney Disesase bulan Oktober ini merupakan penelitian yang pertama yang mengamati hubungan antara duduk lama dengan penyakit ginjal kronik.

Terlalu banyak duduk dapat berbahaya bagi kesehatan Anda

Temuan yang didapatkan pada penelitian ini menambah bukti bahwa gaya hidup memiliki peran penting dalam berkembangnya penyakit ginjal, dan bahwa duduk dalam waktu yang lama memiliki dampak negatif pada kesehatan secara umum, ujar Yates.

Marc Hamilton, PhD dari Pennington Biomedical Research Center, telah meneiliti topik ini selama lebih dari satu dekade. Menurutnya, semakin jelas bahwa duduk dalam waktu yang lama memiliki efek negatif bagi semua orang, tanpa memandang status nutrisi dan tingkat aktivitas fisik mereka.

?Studi-studi eksperimental yang dilakukan oleh kami dan orang lain menunjukkan hasil yang konsisten yaitu bahwa duduk terlalu lama itu tidak sehat, bahkan pada orang yang tidak memiliki berat badan berlebih atau yang melakukan aktivitas fisik secara teratur,? kata Dr. Hamilton.

Namun belum jelas apakah tindakan berdiri (dari posisi duduk) setiap setengah jam akan menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian Dr. Hamilton sendiri menunjukkan bahwa ketika orang-orang duduk dalam waktu yang lama, baik saat kerja atau menonton TV di rumah, 40% dari waktu mereka digunakan untuk bergerak ke sana ke mari, sehingga ia tidak yakin bahawa saran untuk memperbanyak gerak ketika harus duduk lama akan bermanfaat.[][Oleh: dr. Puti Naindra Alevia]

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hadir di Indonesia, Semprotan Mulut Alami Ini Diklaim Bisa Cegah Flu

Hadir di Indonesia, Semprotan Mulut Alami Ini Diklaim Bisa Cegah Flu

Penyakit flu bisa membuat Anda tidak bisa beraktivitas. Oleh karena itu, ketika sudah merasa gejala flu mulai menyerang tubuh sebaiknya segera diobati dengan minuman herbal seperti perasan lemon hangat atau obat. Di zaman yang semakin praktis, flu tak hanya bisa dicegah dengan mengonsumsi minuman racikan dan obat saja namun kini sudah ada semprotan mulut yang dapat menjadi antivirus untuk mengatasi penyakit ringan tersebut.Spartan merupakan salah satu produk mouthspray alami yang mampu mencegah flu. Mengandung bahan-bahan dasar dari alam seperti rumput laut dan ekstrak tanaman Cistus atau dikenal sebagai Pink Rock Rose, produk penyemprot mulut yang dirilis oleh perusahaan farmasi Indonesia PT Interbat itu diklaim ampuh untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit.Rumput laut yang dipilih adalah jenis Kappaphycus dan kemudian dikembangkan melalui penelitian bersama perusahaan Indonesia dan Jerman. Formulasi dari rumput laut yang telah dikembangkan itu diberi nama Alskinova."Belum ada orang Indonesia yang mengelola rumput laut segar untuk menjadi produk. Kini kita telah berhasil membuat antivirus spray," tutur Dr. Rudy Susilo, PhD, selaku Pharmacologist dan Phytochemist dari B [...]

5 Fakta Penting Tentang Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

5 Fakta Penting Tentang Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Sudah cukupkah Anda minum air putih hari ini? Banyak orang yang malas minum air putih dengan alasan rasanya hambar, membosankan dan bagi beberapa orang membuat mual. Padahal tak dipungkiri lagi, mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih sangat penting bagi kesehatan.Air membantu meningkatkan metabolisme yang nantinya akan mempengaruhi cara tubuh kita menangani produksi energi dan penyimpanan lemak. Selain itu, masih banyak manfaat besar lainnya dari air putih. Sheela Krishnaswarmy, konsultan diet dan kesehatan memaparkan lima fakta kesehatan tentang air putih, seperti dilansir oleh Health Me Up.1. Mengerti Jumlah Ideal Air yang Harus Diminum Setiap HariTidak ada ukuran ?ideal? atau ukuran tetap jumlah air yang sesuai untuk dikonsumsi semua orang setiap hari. Nyatanya, kebutuhan orang akan air putih tidak selalu sama. Umumnya banyak orang menyarankan untuk minum sedikitnya delapan gelas per hari. Namun itu bisa saja kurang atau bahkan berlebih. Sebagai patokan, 30 ml air per kilogram berat badan akan mencukupi kebutuhan normal orang dewasa sehat. Faktor lain yang mempengaruhi jumlah asupan air adalah iklim, penyakit, usia, rasa haus, aktivitas fisik, dan sebagainya. Misalnya, olah [...]

Memilah Langkah Mencegah Perut Begah

Memilah Langkah Mencegah Perut Begah

Perut begah setelah mengonsumsi makanan tertentu memang membuat tidak nyaman. Meski pada umumnya kondisi ini tidak berisiko, namun perut begah yang terasa secara terus?menerus dapat menjadi gejala penyakit berbahaya. Perut begah umumnya disebabkan oleh angin yang tertelan atau gas yang terbentuk saat proses mencerna makanan. Pengidap gangguan ini sering merasa perutnya begah, terutama setelah acara makan besar atau setelah acara perayaan tertentu yang membuat frekuensi dan porsi makan kita bertambah. Untuk mencegah kondisi ini, biasakan untuk membatasi makanan berlemak, serta mulai mengonsumsi makanan kaya serat dan prebiotik. Angin yang tertelan ini dapat terjadi karena beberapa penyebab. Berikut kelompok penyebabnya beserta solusi yang dapat diterapkan. Konstipasi Jika konstipasi atau sembelit adalah masalah yang menjadi penyebab Anda merasakan perut begah, cobalah untuk: Mengonsumsi banyak cairan dan makanan kaya serat. Lebih banyak bergerak aktif, seperti berjalan kaki 20-30 menit tiap hari dapat memperlancar kerja usus. Intoleransi makanan Intoleransi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan perut begah ketika ada gas dari makanan yang terjebak dalam perut, usus ti [...]

Waspadai Gejala-gejala Diabetes Ini!

Waspadai Gejala-gejala Diabetes Ini!

Oleh: dr. Nadia Octavia Penderita diabetes melitus tipe 2 dapat mengontrol kadar gula darah dengan diet, olahraga, dan obat-obatan. Namun tanpa pengecekkan kadar gula darah setiap hari melalui alat cek gula darah, Anda tidak mungkin mendapatkan hasil yang akurat. Jika Anda adalah seorang penderita diabetes, waspadailah gejala-gejala ini: Sering haus dan buang air kecil Haus dan sering buang air kecil merupakan 2 gejala klasik diabetes yang disebabkan oleh terlalu tingginya kadar gula dalam darah. Di saat yang bersamaan ginjal Anda menyaring gula, ginjal juga menarik cairan lebih banyak dari jaringan, oleh karena itulah Anda sering buang air kecil. Haus adalah suatu bentuk permintaan dari tubuh untuk mengganti cairan yang hilang. Mudah lelah Ketika gula menetap pada aliran darah bukan pada sel-sel tubuh, maka otot tidak mendapatkan "bensin" yang cukup untuk menghasilkan energi. Terkadang penderita diabetes sering cepat lelah setelah makan cukup banyak Pusing berputar Perasaan pusing berputar atau gemetar bisa jadi merupakan tanda gula darah yang rendah atau hipoglikemi. Karena otak Anda membutuhkan glukosa untuk berfungsi, gula darah yang rendah berbahaya - [...]

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan. Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen. Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya. Eksim Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemud [...]

6 Minuman yang Baik untuk Kesehatan

6 Minuman yang Baik untuk Kesehatan

Hampir semua orang tahu bahwa rajin mengonsumsi air putih bisa berikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun selain air putih, ada enam minuman lain yang juga bisa membantu menjaga metabolisme tubuh. Apa saja?Seperti yang dikutip dari lifemojo, minuman seperti minuman bersoda, minuman ringan atau jus kemasan memang memiliki rasa yang nikmat namun berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaiknya, biasakan untuk lebih sering mengonsumsi enam minuman sehat seperti dibawah ini.1. Air putihManfaat air putih sudah banyak diketahui oleh hampir semua orang. Tidak hanya untuk bermanfaat untuk kecantikan, air putih juga dapat membantu fungsi otak, ginjal, hati dan mempercepat metabolisme. Bahkan meminum air putih sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan karena bisa menekan nafsu makan.2. KopiKopi juga merupakan minuman yang sehat bagi tubuh apabila dikonsumsi tidak berlebihan, kurang lebih dua gelas sehari. Kafein yang terdapat pada kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan juga menjaga tubuh dari penyakit jantung, kanker usus, Parkinson dan Alzheimer.Penelitian terakhir juga menunjukkan bahwa kadar kafein yang sesuai dapat mengurangi rasa nyeri pada otot, hingga 48 persen, terutama [...]

Sleepwell Tea, Teh untuk Atasi Susah Tidur dari Mustika Ratu

Sleepwell Tea, Teh untuk Atasi Susah Tidur dari Mustika Ratu

Susah tidur atau insomnia harus segera diatasi. Jika tidak, kesehatan bisa terganggu karena kurang tidur berpengaruh pada menurunnya sistem imun."Sistem imun bisa drop. Semua fungsi kelenjar yang menghasilkan imun turun. Akibatnya kita mudah terkena virus. Parahnya jangka panjangnya bisa kanker," Dwi Putri Yanthi selaku General Manager Marketing PT Mustika Ratu, Tbk saat media gathering di Taman Sari Royal Heritage Spa, Kamis (25/7/2013).Tidak perlu minum pil tidur untuk atasi insomnia, ada cara herbal yang lebih aman dan alami. Adalah Sleepwell Tea, yang merupakan teh herbal dari Mustika ratu yang dapat membantu meringankan gangguan tidur, mempercepat kantuk dan membuat tidur lebih nyenyak.Sleepwell Tea mengandung daun dan biji pala serta daun putri malu. Kedua bahan alami tersebut bersifat sedatif, yang dapat merelaksasi saraf otot dan menenangkan. Sehingga Anda akan lebih mudah tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas.Dari survei yang telah dilakukan oleh Mustika Ratu, 92% orang yang telah mencoba menyatakan mereka lebih mudah tidur setelah minum Sleepwell Tea.Dalam setengah samapi satu jam setelah minum Sleepwell Tea, tubuh langsung mengirimkan sinyal kantuk, sehingga An [...]

40 Persen Persalinan di Indonesia Masih di Rumah

40 Persen Persalinan di Indonesia Masih di Rumah

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia memaparkan keprihatinannya terhadap kondisi kualitas kesehatan ibu hamil dan melahirkan di Indonesia. Pada kesempatannya dalam memberikan sambutan pada acara Forum Diskusi Rekomendasi Perbaikan Gizi Nasional Terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan, pada Selasa (14/8) pagi lalu, Prof. dr Ali Ghufrom Mukti M.Sc.,Ph.D. menyampaikan masih banyak ibu hamil di seluruh Indonesia yang melakukan persalinan di rumah. Persalinan merupakan proses yang sangat membutuhkan atensi aspek kesehatan secara penuh. Dimana kehamilan dan persalinan yang tidak aman dapat menempatkan ibu maupun calon bayi dalam kondisi yang membahayakan nyawanya. "Tidak seperti banyak negara tetangga kita, di Indonesia 40% persalinan masih dilakukan di rumah," tutur pria yang dikenal media sebagai 'Pakar Jamkesmas'. Lebih lanjut Wamenkes menyampaikan harapannya terhadap proses peningkatan kualitas kesehatan ibu hamil, ibu melahirkan dan gizi anak di Indonesia dapat mencapai target MDG's 4 & 5. Pada kesempatan yang sama, dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K) juga menyampaikan hal keprihatinan yang senada dari aspek kesehatan anak di Indonesia. "Angka kematian balita d [...]

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang enak untuk dinikmati. Bahkan beberapa tidak bisa lepas dari kopi sehingga kerap dijuluki coffee addict. Namun ada pula yang merasa perutnya melilit dan perlu segera buang air besar setelah menyeruput kopi. Efek berbeda yang dirasakan sebagian orang ini ternyata memiliki alasan. Kopi tidak hanya meningkatkan keawasan setelah meminumnya, tapi juga level keasaman di perut. Asam yang cukup tinggi ini kemudian menimbulkan reaksi pada usus yang memicu keinginan untuk buang air besar.Para peneliti awalnya mengira reaksi perut mulas itu dikarenakan efek pencahar yang ditimbulkan kafein pada kopi. Dalam percobaan yang dilakukan American Chemical Society tersebut, tiga dari 10 orang melaporkan mengalami mulas dan ingin buang air besar setelah meminum kopi. Namun ternyata kafein bukanlah penyebabnya. Kopi yang dikurangi kandungan kafeinnya tetap menimbulkan efek yang sama. Sedangkan ketika meminum minuman soda diet, responden tidak mengalami hal yang sama. Dari situ, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa ada senyawa lain di dalam kopi yang jadi penyebabnya.Kemungkinan besar penyebabnya adalah sifat asam pada kopi yang memengaruhi perut se [...]

Sendi Sakit Akibat Cedera Lutut, Tangani Secepatnya

Sendi Sakit Akibat Cedera Lutut, Tangani Secepatnya

Cedera lutut bisa menerpa salah satu bagian dari struktur penyusun lutut. Bagian-bagian yang menyusun lutut, antara lain ligamen, tulang rawan, dan tulang keras. Beberapa cedera yang menimpa lutut sering sekali didapatkan saat seseorang berolahraga. ACL atau anterior cruciate ligament adalah bagian yang paling sering terkena. Yang Terjadi saat Mengalami Cedera Lutut Ketika lutut mengalami cedera, bisa menimbulkan rasa nyeri, memar, atau bengkak. Ketiga hal tersebut bisa diderita selang beberapa menit setelah seseorang mengalami cedera lutut. Terjepitnya jaringan saraf atau rusaknya pembuluh darah adalah dua kondisi yang umumnya terjadi dan menjadi penyebab rasa sakit. Akibat lain yang biasa ditimbulkan akibat cedera lutut adalah mati rasa pada kaki bagian bawah. Selain itu, kaki bagian bawah bisa jadi merasakan lemah, dingin, kesemutan, kebiruan, atau pucat. Penyebab lutut mengalami cedera secara tiba-tiba bisa dikarenakan oleh benturan langsung pada lutut. Selain itu, lutut bisa mengalami cedera karena menjadi tumpuan saat memutar tubuh, jatuh, atau menekuk lutut. Cedera lutut secara tiba-tiba biasa disebut cedera akut. Berbagai Jenis Cedera Lutut Karena lutut terdiri dari ber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *