Terobsesi Makan Makanan Sehat, Waspadai Alami Gangguan Kejiwaan Orthorexia

vegan420.jpg

Jordan Younger, seorang mantan blogger vegan kini mendapat serangan dari pecinta vegan karena mengaku menderita orthorexia. Apa itu orthorexia? Kenapa Jordan yang vegan bisa mengalami gangguan kejiwaan tersebut?

Jordan bukan satu-satunya wanita yang menderita orthorexia. Wanita lain bernama Nisha Moodley yang diwawancara Health, seperti dikutip CNN, juga pernah mengalami hal serupa. Enam tahun lalu dia benar-benar membatasi asupan makanannya, benar-benar tidak mau makan yang menurutnya tidak sehat.

“Aku tidak akan makan makanan yang terkena radiasi, makanan yang dibakar, makanan yang mengandung pewarna, perasa, pemanis, MSG, nasi putih, gula, garam meja dan apapun yang dikemas dalam kalengan,” ujarnya.

Ketika membatasi asupan makannya hanya pada makanan sehat, menu sarapan yang biasa dikonsumsi misalnya soba dan rumput laut, raw cacao powder, flax oil (minyak dari biji flax) dan flax seeds (sejenis biji-bijian). Sedangkan makan siangnya adalah nasi merah dengan kacang lentil, sayuran segar dan kale. Untuk snack sore, dia mengonsumsi flax seed dan biskuit soba. Dan untuk makan malam, dia makan kacang garbanzo, alpukat, wortel, bit dan jamur.

Komitmennya untuk makan makanan sehat ini kemudian menjadi obsesi yang hampir mengancam nyawanya. Dia menjadi takut makan makanan yang menurut pikirannya tidak sehat. Dia khawatir makanan tersebut menyebabkan kanker atau penyakit lainnya. Gara-gara obsesinya itu Moodley pun jadi tidak pernah lagi makan bareng teman-temannya atau menghadiri undangan makan malam.

Obsesi Moodley ini sama seperti Younger yang membatasi diri makan makanan tidak sehat dan hanya mengonsumsi apa yang mereka kategorikan sehat. Dan obsesi tersebut merupakan tanda adanya gangguan makan orthorexia. Orthorexia ini berbeda dari ‘saudaranya’ anorexia. Jika orang yang anorexia terobsesi menurunkan berat badan, tujuan mereka yang mengalami orthorexia adalah karena ingin benar-benar sehat.

Istilah Orthorexia pertamakali diperkenalkan oleh Steven Bratman, M.D., pada 1997 pada sebuah esai untuk Yoga Journal. Dia menyebut gangguan makan tersebut sebagai hasrat untuk makan makanan yang benar. Bratman yang juga mengidap orthorexia menggunakan kata ortho untuk menyebut penyakitnya itu karena diambilnya dari bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani, orthi berarti benar atau murni. Pria tersebut kemudian menjelaskan secara detail mengenai orthorexia pada bukunya Health Food Junkies. Sayangnya buku tersebut kurang populer dan sulit dipahami.

Orthorexia ini berbeda dengan penganut pola makan sehat pada umumnya seperti vegan, raw food dan fruitarianism. Kunci perbedaannya adalah orthorexia menyebabkan orang tersebut mengalami tekanan dan kesulitan untuk menjalani kehidupannya sehari-hari. Orthorexia ini pun berdampak buruk pada kesehatan pelakunya.

Dalam bukunya Bratman menulis, beberapa pasien orthorexia bisa mengalami malnutrisi dan terlalu kurus yang sifatnya membahayakan. Pada beberapa kasus orthorexia ini pun bisa menjadi anorexia terselubung. “Hal ini menjadi agenda tersembunyi yang sangat umum di balik orthorexia. Teori diet bisa membuat wanita mencari hal-hal yang membuat mereka bisa diterima dari sisi kecantikan tanpa mengakui hal itu pada dirinya sendiri. Kamu bisa ‘tidak sengaja’ hidup seperti Barbie, tanpa mengakui sedang menjalani kehidupan seperti itu,” tulis Bratman dala bukunya.

(eny/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wabah Ebola Tidak Hanya Menular Lewat Seks

Wabah Ebola Tidak Hanya Menular Lewat Seks

Ebola pertama kali ditemukan pada tahun 1976 di Sudan dan Kongo. Ebola mulai mewabah di Guinea pada maret 2014 lalu menyebar ke Liberia dan Sierra Leone. Virus ebola merupakan suatu penyakit yang mematikan. Virus ebola mematikan hampir 90% orang yang terjangkiti. Virus ebola ditularkan melalui kontak langsung (melalui kulit yang terluka atau membran mukosa) dengan darah, organ dan cairan tubuh orang yang terinfeksi atau kontak tidak tidak langsung dengan lingkungan yang terkontaminasi. Laki-laki yang terinfeksi ebola masih dapat menularkan virus melalui cairan semen (air mani) hingga 7 hari setelah sembuh. (Baca: 3 Tanda Anda Tertular Penyakit Menular Seks) Masa inkubasi (waktu yang dibutuhkan virus menginfeksi hingga timbul gejala) berkisar antara 2 hingga 21 hari. Demam, lemas, nyeri otot, sakit kepala dan nyeri tenggorokan merupakan gejala awal terinfeksi virus ebola. Selanjutnya dapat diikuti dengan gejala muntah, diare, gangguan fungsi ginjal dan hati serta pada beberapa kasus terjadi perdarahan internal (organ dalam) dan eksternal (mata,gusi). Pencegahan agar tidak terjangkit virus ebola adalah dengan menghindari kontak dengan darah dan cairan tubuh yang terinfeksi ataupun [...]

Ini Dia, Beragam Manfaat Kacang Untuk Tubuh

Ini Dia, Beragam Manfaat Kacang Untuk Tubuh

Kacang seringkali disebut-sebut sebagai solusi untuk berdiet karena kaya akan serat. Namun ternyata manfaat kacang tidak berhenti sampai disitu saja, kacang pun memiliki manfaat positif lain untuk kesehatan tubuh. Apa saja?Salah satu jenis kacang yang menawarkan manfaat kesehatan pada tubuh adalah kecang tanah. Seperti yang dikutip dari Times of India, kacang tanah merupakan sumber vitamnin E, niacin float, mangan dan protein yang membantu kelancaran fungsi tubuh.Resveratrol, zat anti-oksidan yang biasanya ditemukan pada buah anggur, ternyata juga bisa didapati di kacang tanah. Zat ini berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung.Kacang-kacangan termasuk kacang tanah merupakan solusi tepat bagi para pria maupun wanita yang ingin melakukan diet. Serat yang dikandungnya sangat baik untuk memaksimalkan fungsi perut dan pencernaan. Selain berguna untuk diet, memakan kacang tanah secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar serta pembentukan batu empedu.Ingin memiliki gigi dan tulang yang kuat? kacang tanahlah jawabannya. Kalsium dan vitamin D yang etrkandung di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi bahkan bisa membantu mencegah osteoporosis di [...]

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Pusing Abis Makan? Ini Sebabnya

Apakah Anda pernah atau sering merasakan pusing setelah makan? Mungkin Anda mengalami Postprandial Hypotension yaitu tekanan darah yang tiba-tiba rendah setelah makan. Hal ini terjadi pada sepertiga wanita dan pria di dunia. Apa yang terjadi dalam tubuh saat kita makan? Ketika kita makan, di dalam tubuh kita terjadi interaksi kerja antara berbagai sistem termasuk di antaranya adalah sistem pencernaan, sistem persarafan dan sistem peredaran darah (jantung dan pembuluh darah). Pada saat terjadi proses pencernaan, aliran darah difokuskan pada daerah lambung dan usus kecil. Agar mekanisme ini tidak mengganggu aliran darah ke otak, kaki dan bagian tubuh lainnya, jantung akan berdetak lebih cepat dan pembuluh darah di daerah saluran pencernaan akan mengecil. Pada beberapa orang, mekanisme ini tidak berjalan dengan baik sehingga tekanan darah menjadi rendah di bagian lain tubuh kecuali sistem pencernaan. Hal ini dapat menimbulkan keluhan: - Pusing - Gangguan penglihatan - Mual - Pingsan - Nyeri dada Dan bahkan pada kondisi yang cukup berat dapat menyebabkan terjadinya stroke kecil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Kena Batuk? Tentukan Obatnya dengan Ketahui Gejalanya

Kena Batuk? Tentukan Obatnya dengan Ketahui Gejalanya

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dianggap biasa oleh banyak masyarakat, karena pada dasarnya penyakit ini pernah dialami oleh setiap orang dan penyembuhaannya pun banyak variasi caranya. Beberapa orang menganggap penyakit batuk merupakan penyakit yang biasa karena tidak menimbulkan efek yang terlihat oleh kasat mata dimana penyakit yang dialami merupakan jenis batuk ringan. Mengingat hal tersebut, disini akan dibahas beberapa tipe penyakit batuk dan penyembuhannya karena pada dasaranya penyakit ini jangan dianggap enteng. Beberapa hal yang menjadikan alasan untuk tidak menggangap batuk sebagai penyakit yang biasa yaitu Dalam tingkatan batuk ringan, batuk dapat menggangu penampilan anda. Bayangkan ketika anda sedang berkumpul dengan teman-teman dan anda disibukkan dengan batuk anda tentunya hal tersebut sangat menggangu. Batuk ringan juga sangat mengganggu waktu anda istirahat, batuk selalu datang saat malam dimana anda sedang tidur. Bukan hanya mengganggu diri anda sendiri, bahkan orang lain Bayangkan seseorang yang ada disamping anda atau bahkan orang yang sedang istirahat di ruangan lainnya. Suara dari batuk itu sendiri sangat menggangu ketenangan istirahat o [...]

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Nyeri Sendi Menyerang

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Nyeri Sendi Menyerang

Nyeri yang timbul akibat radang sendi (arthritis) umumnya berlangsung secara kronik atau dalam jangka waktu lama. Terkadang nyeri datang dan pergi sebelum Anda dapat memahami pola kekambuhannya. Konsumsi obat rutin mungkin juga belum mampu mengatasi keluhan Anda. Lantas, apa yang harus dilakukan jika nyeri sendi menyerang? Jika Anda belum pernah berobat terkait dengan radang sendi Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan Anda. Ceritakan riwayat kesehatan dan pengobatan apa saja yang pernah Anda terima, lalu tanyakan jenis radang sendi yang Anda alami agar Anda dapat memahami dengan baik terapi dan penyebabnya. Sementara itu jika nyeri menyerang, Anda dapat melakukan hal-hal berikut di rumah, seperti yang dijelaskan pada halaman berikut ini: Hal yang Harus Dilakukan Ketika Nyeri Sendi Menyerang 1. Kompres panas atau dingin Kompres panas membantu mengurangi ketegangan otot, sementara kompres dingin membantu mengurangi nyeri dan radang. Hindari kontak langsung antara panas atau dingin dengan kulit agar kulit tidak terluka. Sebaiknya gunakan kompres khusus atau handuk untuk ditempelkan ke kulit. 2. Latihan fisik Bila terdapat rasa kaku [...]

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Film-film melodrama seringkali membuat para penontonnya menangis tersedu-sedu. Tidak ada yang menyangka, kalau film bertema sedih ternyata justru bisa mendatangkan rasa bahagia.Penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa mood seseorang bisa berubah setelah menangis saat menonton film drama melankolis. Hal itu terbukti lewat percobaan terhadap 60 responden.Para responden diminta menonton dua judul film; 'La Vita e Bella' dan 'Hachi: A Dog's Tale'. Setiap responden kemudian harus mendeskripsikan perasaan mereka saat mulai dan setelah nonton kedua film tersebut.Sekitar 60 persen responden menangis saat menonton 'Hachi: A Dog's Tale', film tentang kesetiaan anjing terhadap majikannya yang diangkat dari kisah nyata. Sementara 'La Vita e Bella' atau dikenal juga dengan 'Life Is Beautiful' berhasil membuat 45 persen responden menangis. Responden wanita dilaporkan lebih menangis tersedu-sedu dan frekuensinya juga lebih sering ketimbang responden pria.Poin menarik dari hasil studi ini adalah perasaan para responden setlah menangis. Mereka yang menangis saat film berlangsung, merasa lebih bahagia secara signifikan selama 90 menit setelah filmnya berakhir.Dr Asmir Gracanin, peneli [...]

Mengatasi Jerawat Saat Kehamilan

Mengatasi Jerawat Saat Kehamilan

Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi setiap wanita. Selain kegembiraan karena kehamilan, terkadang ada berbagai kondisi tambahan yang dapat memperberat dan menyulitkan kehamilan seorang wanita. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, termasuk kulit. Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat. (Baca: Cara Mengobat Jerawat) Dalam keadaan tanpa kehamilan saja, jerawat merupakan masalah yang cukup mengganggu bagi seorang wanita. Apalagi pada saat kehamilan, ketika seluruh bagan tubuh terpengaruhi. Meskipun sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi, namun kondisi kulit berjerawat dapat sangat mempengaruhi kondisi psikis Ibu hamil. Seringkali berbagai usaha dilakukan untuk dapat mengendalikan kemunculan jerawat di kulit. Namun, pada saat kehamilan, berbagai usaha ini perlu lebih diperhatikan karena tidak setiap penanganan jerawat aman untuk janin di dalam kandungan. (Baca: Cara Mengobat Jerawat) Jerawat dalam Kehamilan Jerawat dalam kehamilan seringkali muncul pada 3 bulan pertama usia kehamilan. Hal ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormon Ibu hamil sehingga terjadi peningkatan produksi minyak pada ku [...]

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya!

Operasi Vagina? Ketahui Risikonya! Dengan semakin banyaknya perempuan muda mencari operasi untuk memangkas, memahat dan menyempurnakan wilayah pribadi mereka, tren "desainer vagina" pun semakin diminati. Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Obstetrics and Gynaecology, banyak perempuan melakukannya tanpa sepenuhnya paham akan resiko dari prosedur tersebut. Wanita paling sering mencari labioplasty (pemangkasan kembali labia yang menonjol, yang memakan biaya besar karena mereka beranggapan bahwa penampilan fisik mereka menimbulkan rasa malu dan rasa tidak nyaman di depan pasangan seksual, atau bahwa jaringan yang berlebihan menyebabkan ketidaknyamanan fisik yang dirasakan mereka. Namun, penulis mengatakan, analisis sementara mereka berdasarkan dari 40 artikel penelitian tentang prosedur labioplasty mengungkapkan bahwa kebanyakan pasien melaporkan kepuasan dengan hasil dan hanya sedikit yang mengeluhkan adanya komplikasi. Telah ada sedikit penelitian mengenai efek jangka panjang dari operasi ini, termasuk bagaimana operasi ini dapat mempengaruhi masa depan seksual kepuasan atau apakah operasi ini akan memunculkan komplikasi potensial lainnya pada saat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *