Terobsesi Makan Makanan Sehat, Waspadai Alami Gangguan Kejiwaan Orthorexia

vegan420.jpg

Jordan Younger, seorang mantan blogger vegan kini mendapat serangan dari pecinta vegan karena mengaku menderita orthorexia. Apa itu orthorexia? Kenapa Jordan yang vegan bisa mengalami gangguan kejiwaan tersebut?

Jordan bukan satu-satunya wanita yang menderita orthorexia. Wanita lain bernama Nisha Moodley yang diwawancara Health, seperti dikutip CNN, juga pernah mengalami hal serupa. Enam tahun lalu dia benar-benar membatasi asupan makanannya, benar-benar tidak mau makan yang menurutnya tidak sehat.

“Aku tidak akan makan makanan yang terkena radiasi, makanan yang dibakar, makanan yang mengandung pewarna, perasa, pemanis, MSG, nasi putih, gula, garam meja dan apapun yang dikemas dalam kalengan,” ujarnya.

Ketika membatasi asupan makannya hanya pada makanan sehat, menu sarapan yang biasa dikonsumsi misalnya soba dan rumput laut, raw cacao powder, flax oil (minyak dari biji flax) dan flax seeds (sejenis biji-bijian). Sedangkan makan siangnya adalah nasi merah dengan kacang lentil, sayuran segar dan kale. Untuk snack sore, dia mengonsumsi flax seed dan biskuit soba. Dan untuk makan malam, dia makan kacang garbanzo, alpukat, wortel, bit dan jamur.

Komitmennya untuk makan makanan sehat ini kemudian menjadi obsesi yang hampir mengancam nyawanya. Dia menjadi takut makan makanan yang menurut pikirannya tidak sehat. Dia khawatir makanan tersebut menyebabkan kanker atau penyakit lainnya. Gara-gara obsesinya itu Moodley pun jadi tidak pernah lagi makan bareng teman-temannya atau menghadiri undangan makan malam.

Obsesi Moodley ini sama seperti Younger yang membatasi diri makan makanan tidak sehat dan hanya mengonsumsi apa yang mereka kategorikan sehat. Dan obsesi tersebut merupakan tanda adanya gangguan makan orthorexia. Orthorexia ini berbeda dari ‘saudaranya’ anorexia. Jika orang yang anorexia terobsesi menurunkan berat badan, tujuan mereka yang mengalami orthorexia adalah karena ingin benar-benar sehat.

Istilah Orthorexia pertamakali diperkenalkan oleh Steven Bratman, M.D., pada 1997 pada sebuah esai untuk Yoga Journal. Dia menyebut gangguan makan tersebut sebagai hasrat untuk makan makanan yang benar. Bratman yang juga mengidap orthorexia menggunakan kata ortho untuk menyebut penyakitnya itu karena diambilnya dari bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani, orthi berarti benar atau murni. Pria tersebut kemudian menjelaskan secara detail mengenai orthorexia pada bukunya Health Food Junkies. Sayangnya buku tersebut kurang populer dan sulit dipahami.

Orthorexia ini berbeda dengan penganut pola makan sehat pada umumnya seperti vegan, raw food dan fruitarianism. Kunci perbedaannya adalah orthorexia menyebabkan orang tersebut mengalami tekanan dan kesulitan untuk menjalani kehidupannya sehari-hari. Orthorexia ini pun berdampak buruk pada kesehatan pelakunya.

Dalam bukunya Bratman menulis, beberapa pasien orthorexia bisa mengalami malnutrisi dan terlalu kurus yang sifatnya membahayakan. Pada beberapa kasus orthorexia ini pun bisa menjadi anorexia terselubung. “Hal ini menjadi agenda tersembunyi yang sangat umum di balik orthorexia. Teori diet bisa membuat wanita mencari hal-hal yang membuat mereka bisa diterima dari sisi kecantikan tanpa mengakui hal itu pada dirinya sendiri. Kamu bisa ‘tidak sengaja’ hidup seperti Barbie, tanpa mengakui sedang menjalani kehidupan seperti itu,” tulis Bratman dala bukunya.

(eny/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apa Saja yang Memicu Rematik Asam Urat?

Apa Saja yang Memicu Rematik Asam Urat?

Menghindari faktor pemicu rematik asam urat memang bukan bertujuan mengobati penyakit tersebut, tapi dapat membantu mengontrol serangan. Secara umum, ada beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu serangan rematik asam urat. Jika berat badan berlebih, mengurangi berat badan adalah langkah utama dalam menangani asam urat. Selain itu, jika Anda memang telah terdeteksi atau berpotensi mengidap rematik asam urat, ada baiknya untuk membatasi diri dari konsumsi hal-hal berikut ini. Minuman keras seperti bir atau apa pun minuman yang mengandung alkohol kecuali wine dapat memicu tingginya kadar asam urat dan rematik atau gout. Selain itu, minuman jenis ini dapat memicu dehidrasi. Dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kemampuan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat menjadi berkurang. Maka jika Anda kekurangan air minum, Anda berisiko mendapat serangan rematik asam urat. Makanan yang mengandung kadar purin tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Purin adalah bahan yang terkandung secara alami dalam beberapa makanan dan diproses dalam tubuh menjadi asam urat. Purin umumnya ditemukan dalam makanan berprotein tinggi, seperti daging merah (daging sapi dan kambing), h [...]

Makanan Manis Buat Tubuh Ditumbuhi Banyak Bulu

Makanan Manis Buat Tubuh Ditumbuhi Banyak Bulu

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan manis seperti kue dan biskuit, tampaknya perlu berhati-hati. Menurut pakar kesehatan, kebiasaan tersebut bisa membuat tubuh ditumbuhi oleh bulu.Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan riset, Mintel, menemukan bahwa bulu dan rambut yang berlebihan pada tubuh merupakan faktor kedua yang membuat orang tak menyukai diri mereka. Faktor pertama ditempati oleh berat badan berlebih.Dalam survei yang melibatkan 2000 wanita itu mengungkapkan, satu dari sepuluh wanita mengalami pertumbuhan rambut yang berlebihan. Menurut Dr Dina Davinson, seorang endokrinologi dari Whipps Cross University Hospital di London, Inggris, masalah ras dan keturunan adalah penyebab yang paling banyak ditemukan."Ras dan keturunan keluarga sering menjadi penyebab, bukan masalah medis. Orang yang berasal dari Asia Selatan atau Mediterania cenderung memiliki rambut atau bulu lebih banyak ketimbang orang Barat atau orang berkulit hitam. Ini juga memungkinkan untuk memiliki 'keluarga berbulu' diluar faktor ras," terang Davinson.Namun ternyata tak hanya faktor ras atau keturunan yang bisa menyebabkan seseorang memiliki bulu tubuh yang lebat. Makanan juga jadi salah satu peny [...]

Sel Punca, Masa Depan Dunia Kedokteran

Sel Punca, Masa Depan Dunia Kedokteran

Oleh dr. Alvin Nursalim Dunia kedokteran terus berkembang, apa yang tidak dapat dilakukan 10 tahun lalu, dapat kita lakukan sekarang dengan mudah. Pemasangan cincin (ring) di pembuluh darah jantung telah dilakukan secara rutin untuk membuka pembuluh darah yang tersumbat. Prosedur ini telah menyelamatkan banyak nyawa. Namun, prosedur seperti ini hanya impian di masa lalu, dimana saat itu penyebab penyakit jantung pun masih menjadi bahan perdebatan. Kini, sebuah jendela pengetahuan baru juga mulai terbuka, yaitu sel punca atau stem cell. Sel Punca atau stem cell adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sel yang dapat berkembang menjadi berbagai jenis sel. Sel punca merupakan cikal bakal dari semua sel tubuh kita. Jadi kita bisa merangsang dan menumbuhkan sebuah jaringan tubuh tertentu dengan satu sel ini, misal jaringan kulit, otot atau sel darah. Bayangkan jika seorang kerabat anda menderita sakit jantung, namun dapat kembali sehat karena diberikan sel punca yang dapat menggantikan sel jantungnya yang rusak. Sel punca juga dapat menggantikan jaringan kulit yang rusak pada penderita luka bakar yang luas. Bahkan baru-baru ini telah ditemukan di Jerman bagaimana transpl [...]

Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Sikap Optimis Baik Untuk Jantung

Doktrin yang mengatakan bahwa orang-orang dengan sifat optimis cenderung akan hidup lama daripada orang-orang pesimis ternyata bukanlah sekedar anggapan belaka. Menurut studi yang dipublikasikan pada tanggal 28 Februari dalam jurnal Archives of Internal Medicine, pasien berpenyakit jantung lebih mungkin untuk bertahan hidup jika mereka memiliki pandangan yang positif (optimis). Penelitian ini berawal dari kuisioner psikologis yang dijawab oleh 2.800 pasien berpenyakit jantung mengenai kepercayaan mereka terhadap kemampuan diri sendiri untuk pulih dari penyakitnya, dan juga segera kembali ke aktivitas sehari-harinya. Setelah 15 tahun, 1.637 pasien meninggal, 885 (54 persen) adalah akibat dari penyakit jantung. Para peneliti dari Duke University Medical Center mengatakan bahwa hanya terdapat kurang dari 30 persen dari orang-orang yang bersikap optimis meninggal selama penelitian. Peningkatan risiko kematian di antara pasien yang mempunyai sifat pesimis tetap berlaku, bahkan setelah para peneliti meneliti hal tersebut dengan sejumlah faktor, termasuk tingkat keparahan penyakit jantung, usia, jenis kelamin, pendapatan, depresi, dan dukungan sosial. John. C. Barefoot, penulis utama dal [...]

6 Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

6 Cara Meredakan Batuk di Malam Hari

Flu dan batuk dapat muncul kapan saja, namun biasanya akan memberat pada malam hari. Hal ini terjadi karena pada malam hari, udara lebih dingin dan kering sehingga akan mengiritasi hidung dan tenggorokan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi batuk pada malam hari: 1. Minum Teh Hangat dan Madu Segelas teh hangat dan madu dapat mengurangi lendir dan membuat saluran napas lebih lembap. Madu juga efektif untuk menekan batuk. Tambahkan 1-2 sendok teh madu ke dalam teh hangat. Namun, jangan berikan madu untuk anak usia di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan infeksi botulism. 2. Minum Obat Batuk Terdapat dua jenis obat batuk, yakni expectorant yang bekerja dengan mengurangi produksi dahak, serta cough suppressant yang bekerja dengan cara memblok refleks batuk sehingga dapat mengurangi batuk. Bacalah label pada kemasan dengan baik. Obat batuk yang diminum harus sesuai dengan indikasi dan gejala. 3. Perhatikan Posisi Tidur Penyebab lain batuk semakin memberat pada malam hari selain udara dingin dan kering adalah gravitasi. Saat tidur terlentang, lendir yang tertelan pada siang hari akan naik kembali ke tenggorokan dan membuat iritasi pada saluran napas atas, [...]

Lawan Rasa Kantuk dengan 5 Makanan Ini

Lawan Rasa Kantuk dengan 5 Makanan Ini

Letih dan kantuk yang tidak tertahankan di siang hari hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Mengantuk memang hal yang alamiah, tapi jika terus berlangsung selama jam sibuk dapat mengganggu performa kerja Anda.Banyak penyebab rasa lemas dan ngantuk timbul di tengah hari. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi yang memicu ngantuk berlebih. Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk pada siang hari? Berikut tipsnya dari Health Me Up.YoghurtYoghurt dapat memberikan semangat. Gula alami dan protein yang terkandung membuat tubuh lebih bugar. Apalagi mengonsumsi yoghurt dingin, rasa kantuk langsung hilang. Selain itu, yoghurt bermanfaat untuk kesehatan. Probiotik bakteri dalam yoghurt bermanfaat untuk sistem pencernaan.OatmealOatmeal yang diseduh dengan susu atau air dapat meningkatkan energi. Kandungan mineral seperti magnesium dan fosfor dapat mencegah kelelahan. Selain itu kombinasi dari karbohidrat dan serat dapat mengenyangkan lebih lama.Air dan Jus LemonSalah satu penyebab utama lelah dan kantuk adalah dehidrasi. Untuk itu, rajinlah minum air putih yang banyak. Anda juga bisa menambahkan lemon, gula dan sedikit garam pada air minum untuk meng [...]

3 Cara Lindungi Si Kecil dari Ancaman Kekerasan

3 Cara Lindungi Si Kecil dari Ancaman Kekerasan

Dalam kurun waktu satu bulan saja, ada begitu banyak kasus kekerasan anak, itu yang muncul ke permukaan media, belum lagi yang tidak dilaporkan, kekerasan ini terjadi di lingkungan yang justru menjanjikan ?rumah? kedua bagi si anak. Ironis memang. Tiga kasus terakhir yang disorot antara lain, kasus pelecehan seksual di JIS, kasus kekerasan yang membunuh Dimas di STIP, dan yang terakhir seorang bocah kelas 5 SD yang dibunuh seniornya (kelas 6 SD) karena tak sengaja menumpahkan es seharga 1000 rupiah. Belum lama kita memperingati momentum Hari Keluarga Mei lalu, mari kita tinjau kembali peranan kita sebagai keluarga, supaya kita tahu betul setiap jejak pertumbuhan anak-anak kita dimana pun mereka berada. Berikut ini kami sajikan tips untuk memantau anak Anda, ketika Anda sebagai orang tua tidak bisa 7x24 jam berada di sisinya. 1. Seks Edukasi Bagaimana anak Anda membawa dirinya keluar rumah mencerminkan apa yang dipelajarinya di rumah, jadi pastikan Anda mengarahkan anak Anda dengan tepat, karena keluarga sesungguhnya institusi pendidikan pertama bagi si anak. Pendidikan disini termasuk edukasi seksual, janganlah menganggap tabu pembicaraan mengenai alat kelamin dan fungsi seksual [...]

Puasa Bagi Lansia

Puasa Bagi Lansia

Bulan puasa telah tiba. Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk menghimpun pahala dengan mengerjakan berbagai amalan ibadah, salah satunya yaitu berpuasa. Tidak mau ketinggalan, orang-orang yang sudah berusia lanjut pun banyak yang masih ingin menunaikan ibadah puasa. Tapi bagaimana tinjauan kesehatan untuk lansia berpuasa? Apakah perlu dibatasi? Pada lansia, tidak ada larangan untuk melakukan puasa. Namun karena kondisi fisik dan fungsi tubuh lansia sudah menurun bila dibandingkan usia yang lebih muda, maka masa berpuasa bagi lansia harus diperhatikan secara cermat. Kami akan membahas mengenai menu sahur yang sehat untuk para lansia yang ingin berpuasa. Puasa Bagi Lansia Menu Sahur untuk Lansia Berpuasa Pada lansia, jumlah cairan tubuh sudah berkurang. Selain itu, rasa haus dan asupan makan pada lansia juga sudah mulai berkurang. Untuk menjaga supaya lansia dapat melakukan puasa namun tetap sehat, makanan dan minuman saat sahur dan berbuka harus diperhatikan, diantaranya: Saat sahur lansia dianjurkan untuk minum air yang cukup dan mengkonsumsi jus buah antara waktu berbuka dan waktu tidur. (Baca: 5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter) Hal ini dimak [...]

Flash Kamera Menyebabkan Kebutaan Pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Flash Kamera Menyebabkan Kebutaan Pada Bayi, Mitos atau Fakta?

Kelahiran bayi adalah peristiwa yang sangat Anda nantikan. Berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan bayi merupakan prioritas orang tua. Salah satu perkembangan organ yang masih terjadi pada usia awal bayi adalah organ penglihatan. Salah satu informasi yang berkembang saat ini adalah bahwa flash atau blitz kamera memiliki pengaruh yang buruk terhadap penglihatan bayi sehingga dapat menyebabkan kebutaan pada bayi. Namun apakah informasi ini benar atau sekedar mitos belaka? Flash kamera menyebabkan kebutaan pada bayi, benarkah? Walaupun perkembangan visual anak masih terjadi pada awal kehidupannya, namun masih belum ada bukti nyata bahwa flash kamera menyebabkan kebutaan pada bayi. Jika anggapan tersebut benar, maka sudah banyak sekali laporan terkait kebutaan akibat flash kamera. Flash kamera terkesan lebih terang karena berada di dalam lingkungan kamar yang gelap. Satu-satunya cahaya yang perlu diwaspadai dan perlu buah hati Anda hindari adalah paparan cahaya matahari secara langsung. Jadi, pastikan bahwa Anda menjaga agar wajah bayi Anda tidak terpapar cahaya matahari langsung untuk waktu yang lama. Selain itu, bayi yang menjalani terapi cahaya (fototerapi), juga memerlukan per [...]

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Wasir

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Wasir

Bila Anda menderita wasir, berarti Anda harus lebih menjaga pola makan. Salah langkah bisa memperparah penyakit Anda. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar sistem pencernaan tetap bagus, sehingga sakit pada wasir pun bisa dikendalikan. Berikut ini 6 makanan pantangan untuk penderita wasir yang wajib diketahui: 1. Obat pencahar Obat pencahar memang dapat mencegah sembelit, namun juga memiliki efek yang menyakitkan untuk penderita wasir karena memiliki kandungan asam yang tinggi. 2. Alkohol Minum alkohol dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut. Untuk mengatasi rasa sakit pada wasir, sebaiknya hindari mengonsumsi lebih dari satu atau dua gelas minuman beralkohol. Berikut menu makanan dan minuman lainnya yang wajib dihindari penderita wasir: Berikut menu makanan dan minuman lainnya yang wajib dihindari penderita wasir: 3. Makanan olahan Makanan olahan seperti junk food memiliki kandungan serat yang rendah, sehingga dapat mengakibatkan sembelit. 4. Garam Terlalu banyak garam dapat memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan usus lebih menyakitkan. Selain itu, penumpukan garam dalam darah dapat menyebabkan kembu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *