Tertarik Merelaksasi Tubuh dengan Minyak Atsiri?

tertarik-merelaksasi-tubuh-dengan-minyak-atsiri-alodokter.jpg

Anda pasti sudah tidak asing mendengar kata aromaterapi. Ya, terapi yang mengeluarkan aroma harum ini kerap dijadikan pilihan untuk merelaksasi tubuh, terutama bagi kaum hawa. Aroma harum tersebut bersumber dari minyak atsiri.

Benarkah minyak yang berasal dari sari tanaman tersebut bisa membantu Anda merelaksasi tubuh?

Bagian tanaman yang dijadikan bahan baku pembuatan minyak atsiri terdiri dari batang tanaman, bunga, daun, kulit kayu, biji, atau akar tumbuhan. Setelahnya bahan-bahan tersebut disuling sehingga menghasilkan uap. Uap tanaman ini kemudian mengembun dan kembali menjadi cairan yang kemudian dikumpulkan pada sebuah wadah.

Sebutan lain minyak atsiri adalah minyak aromatik, minyak esensial, atau minyak eterik.

Kegunaan Minyak Atsiri

Minyak atsiri pada aromaterapi digunakan untuk merelaksasi tubuh karena sepertinya minyak ini bekerja dengan cara merangsang reseptor bau di hidung. Setelah itu reseptor mengirim pesan melalui sistem saraf ke bagian otak yang mengontrol emosi, yaitu sistem limbik.

Biasanya minyak atsiri yang dipakai untuk merelaksasi tubuh berasal dari tanaman lavender, kamomil, melati, mawar, bergamot, kayu cendana, dan vanila. Namun, masih banyak tanaman lain yang kerap dijadikan sumber pembuatan minyak atsiri.

Sebagian ahli pun telah mengaji khasiat minyak atsiri. Hasil penelitian ada yang menunjukkan bahwa minyak ini efektif untuk merelaksasi tubuh, seperti mengatasi rasa cemas, depresi, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kualitas hidup. Namun ada pula penelitian yang tidak menemukan khasiatnya.

Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat minyak atsiri yang sebenarnya.

Bagaimana Cara Menikmatinya?

Jika Anda ingin mencoba merelaksasi tubuh dengan minyak ini, ada dua cara yang bisa dilakukan. Minyak atsiri bisa dinikmati dengan cara dihirup atau dioleskan pada kulit.

  • Dihirup. Minyak atsiri bisa dipanaskan pada tungku khusus aromaterapi atau dicampur pada semangkok air panas. Setelahnya minyak atsiri akan menguap dan siap untuk Anda hirup.
  • Dioleskan pada kulit. Olesi kulit dengan minyak atsiri kemudian pijat dengan lembut. Tidak perlu mandi setelah pemijatan karena minyak baru bisa diserap kulit dengan sempurna setelah 6 hingga 8 jam.

Untuk menikmati hal tersebut, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang menyediakan jasa aromaterapi, seperti salon kecantikan, tempat pijat, dan spa. Anda juga bisa menikmatinya sendiri di rumah dengan membeli minyak atsiri yang dijual bebas.

Disarankan untuk menyetel musik-musik yang bisa menenangkan selama terapi, seperti musik klasik.

Apakah Minyak Atsiri Aman Digunakan?

Pada dasarnya minyak atsiri aman digunakan jika telah melalui proses penyulingan. Pastikan juga produk sudah terdaftar di BPOM RI. Meski aman, ada beberapa laporan kasus, walau jarang terjadi, terkait penggunaannya seperti alergi dan dermatitis.

Jika Anda ingin memakai minyak atsiri di rumah, ikuti petunjuknya dengan benar. Hindari mengaplikasikannya di daerah sekitar mata atau mulut agar terhindar dari iritasi. Pilihlah terapis yang sudah berpengalaman ketika Anda ingin melakukan terapi minyak atsiri di tempat-tempat yang menyediakan jasa pengobatan aromaterapi.

Ingat, jangan menelan minyak ini karena bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

Saat ini penggunaan minyak atsiri pada anak-anak berusia di bawah 5 tahun, ibu hamil dan menyusui, pengidap asma, atau memiliki gangguan ginjal masih belum jelas. Namun untuk berjaga-jaga, sebaiknya hindari penggunaannya.

Jika Anda tertarik ingin merelaksasi tubuh memakai minyak atsiri, konsultasikan hal ini kepada dokter terlebih dahulu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kemampuan Linguistik Anak, Indikator Intelektual

Kemampuan Linguistik Anak, Indikator Intelektual

Dua bangsa dua bahasa Di era global dan digital ini, kita sering menemukan anak-anak kecil yang sudah mahir berbicara dengan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal ini terkadang membuat kita sangat kagum akan kemampuan mereka. Tentunya bagi orang tua yang memiliki anak pandai berbahasa seperti itu akan merasa sangat bangga. Kalau memperhatikan tuntutan globalisasi yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan dunia yang lebih luas, penguasaan dua bahasa ini memang sangat perlu bagi anak-anak. Tapi tentu saja ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan orang tua sebelum menggunakan bilingual sejak dini. Itulah yang disebut smart language yaitu kecerdasan yang menekankan pada kemampuan menggunakan kata-kata dan bahasa dalam kegiatan berbicara, membaca dan menulis. Menurut dr. Rosemini A.P.,MPsi kemampuan ini akan membantu anak untuk bisa memahami informasi atau instruksi yang disampaikan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh dr Paul Thompson bahwa otak berkembang mengikuti pola tertentu. Menurut dr Thompson, usia 3-6 tahun yang berkembang adalah otak bagian depan. Usia 6-13 tahun yang berkembang adalah otak bagian belakang, termasuk untuk perkembangan bahasa. Apa artinya ?Jad [...]

Mengatasi Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Mengatasi Nyeri Otot dan Nyeri Sendi

Anda bekerja keras sepanjang minggu, jadi ketika akhir pekan tiba, Anda ingin menghabiskan waktu dengan bermain. Seperti bermain golf, mendaki di pegunungan, atau latihan yang intens di gym untuk menghidupkan kembali tubuh Anda. Akan tetapi, semua kegiatan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa kaku yang akan muncul dalam satu atau dua hari kemudian. Jangan biarkan nyeri otot yang Anda rasakan itu menghambat aktifitas Anda. Cari tahu penyebab dan berikanlah perawatan yang tepat sehingga Anda dapat terus menikmati aktivitas-aktivitas tersebut. Lalu kemudian, apa yang kemudian menjadi penyebab nyeri otot? Berikut penjelasannya: Apakah Penyebab Nyeri Otot? Adalah normal untuk mengalami nyeri otot begitu Anda selesai fitness, selesai melakukan permainan olahraga, atau bahkan setelah melakukan pekerjaan rumah tangga, terutama jika: Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa anda lakukan (seperti lari maraton ketika Anda biasanya hanya melakukan lari ringan beberapa kilometer) Anda tiba-tiba meningkatkan level intensitas latihan anda atau meningkatkan lamanya ada latihan. Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperp [...]

Bedanya Akut dan Kronis

Bedanya Akut dan Kronis

?Duh rasa ngantukku ini sudah kronis sekali?, tutur seorang siswa SMA kepada temannya. Fenomena di tengah masyarakat yang begitu sering kita dengar, kata ?akut? dan ?kronis? dipakai tanpa dipahami betul makna sesungguhnya, untuk itu artikel ini ditulis, supaya kita bsia menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat. Dalam dunia kedokteran, kata akut dan kronis adalah dua kata yang dipakai untuk menggambarkan proses atau perjalanan sebuah penyakit. Akut menggambarkan perjalanan penyakit yang cepat, biasanya terjadi dalam hitungan jam sampai hari, sementara kronis bicara mengenai perjalanan penyakit yang progresinya panjang dan cenderung lebih lambat dalam perburukannya. Anda akan lebih mengerti setelah membaca contoh berikut ini. Jika hari ini Anto sehat-sehat saja, kemudian besok ia mulai batuk, batuknya parah sekali sampai-sampai si Anto sulit bernafas, dan batuk ini terjadi selama beberapa hari kemudian Anto sembuh, dalam kasus ini bisa kita katakan si Anto menderita batuk akut, bukan batuk kronis. (Baca: 8 Penyebab Batuk Kronis) Di lain pihak, jika seseorang terkena gangguan fungsi hati, maka tidak serta merta jika orang tersebut minum alkohol hari ini, keesokan harinya ia lang [...]

Tetap Fit Setelah Begadang

Tetap Fit Setelah Begadang

Pekerjaan yang menumpuk atau ada pertandingan klub sepakbola kesayangan pada dini hari mungkin memaksa Anda harus begadang. Padahal, di pagi harinya Anda harus menjalani aktivitas seperti biasa. Tenang, Anda masih bisa menjalani berbagai kegiatan dengan tubuh fit meski tidak mendapat waktu tidur cukup pada malam harinya. Agar tubuh dapat berfungsi dengan baik, Anda disarankan untuk tidur malam selama delapan jam. Meski begitu, ada beberapa orang yang membutuhkan waktu tidur lebih banyak dan juga lebih sedikit. Ketika begadang, otomatis jam tidur Anda berkurang drastis. Hal ini dapat memengaruhi fungsi tubuh Anda, khususnya otak. Di pagi harinya, kemungkinan Anda akan diserang oleh rasa kantuk yang luar biasa. Tidak hanya itu, daya konsentrasi Anda pun dapat menurun karena tubuh tidak mendapat waktu istirahat yang cukup. Menurut beberapa penelitian, kinerja tubuh orang yang begadang semalaman kemungkinan sama dengan seseorang yang sedang mabuk. Jika Anda tidak punya pilihan lain selain begadang, tapi tetap ingin fit pada pagi hari hingga aktivitas harian berakhir, coba ikuti tips di bawah ini: Konsumsi kafein. Mengonsumsi minuman mengandung kafein seperti kopi atau minuman berener [...]

Rajin Makan Selada Bisa Bantu Cegah Kanker

Rajin Makan Selada Bisa Bantu Cegah Kanker

Suka makan salad? Kalau begitu pastikan selada selalu ada dalam campuran salad Anda. Sayuran hijau yang renyah ini ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya mencegah kanker.Suka makan salad? Pastikan selada selalu ada dalam campuran salad Anda. Sayuran hijau yang renyah ini ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan, karena menyimpan banyak nutrisi.Beberapa nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari 'the king of salad' ini di antaranya klorofil, vitamin K, C, A, kalsium, serat, folat dan zat besi. Bukan itu saja, selada juga merupakan sumber vitamin B6, lycopene, potasium dan alkaloid (zat yang menyembuhkan). Jenis selada tertentu, seperti selada merah bahkan punya kandungan anti-oksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas (penyebab rusaknya sel tubuh).Masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan rajin mengonsumsi selada. Ini dia enam manfaatnya, seperti dikutip dari Lifemojo.1. Mencegah KankerMenurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, vitamin A dan C bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus. Selada, mengandung banyak dua vitamin tersebut dan direkomendasikan para ahli untuk dikonsu [...]

10 Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

10 Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

Kematian memang merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Terdapat jutaan manusia meninggal setiap tahunnya karena berbagai penyebab. Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit paru kronik. Sisanya disebabkan oleh penyakit infeksi menular, masalah maternal (ibu), perinatal (bayi/anak), nutrisi, dan kecelakaan lalu lintas. Berikut ini adalah penyebab kematian terbanyak di dunia menurut WHO: 1. Penyakit jantung koroner 2. Stroke 3. Infeksi saluran napas bawah 4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) 5. Diare 6. HIV/AIDS 7. Kanker paru 8. Diabetes melitus 9. Kecelakaan lalu lintas 10. Prematuritas Penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) telah membunuh 17 juta manusia di dunia, berarti 3 dari 10 kematian disebabkan oleh penyakit ini. WHO menyebutkan bahwa rokok bertanggung jawab atas jumlah kematian tersebut. Tidak hanya penyakit kardiovaskular, rokok juga menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik dan kanker paru. Dalam hal ini, rokok be [...]

5 Makanan Penyembuh Sakit Flu

5 Makanan Penyembuh Sakit Flu

Musim hujan seperti ini, penyakit yang sering dihadapi adalah flu. Memang flu bukanlah penyakit yang berbahaya, namun ketika flu menyerang bisa membuat kinerja menurun. Sebenarnya flu bisa dilawan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang tidak alami. Anda bisa menangkal dan menyembuhkan flu dengan bahan makan yang mudah didapatkan. Dirangkum dari iVillage, berikut ini makanan untuk mencegah flu.Bawah Putih Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. JaheSejak zaman nenek moyang dulu jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis. Bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat. BayamSayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Ba [...]

Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes

Penangangan diabetes atau dikenal dengan istilah kencing manis, penyakit gula dan juga diabetes melitus mengharuskan orang yang mengalaminya untuk menggunakan pola hidup sehat dengan tujuan untuk mengontrol kadar gula di dalam darah. Secara singkat pengaturan makan pada penyandang diabetes dapat disimpulkan dapat dilakukan dengan 3 hal utama, yaitu : Jadwal makan: makan teratur 3 kali makan besar dan 3 kali makan kecil (6 kali sehari) Jenis makanan: pilih makanan sehat dengan serat, protein nabati, lemak baik, karbohidrat kompleks Jumlah kalori: asupan makanan sesuai kebutuhan kalori per hari. (45-65% karbohidrat, 15-20% protein, <30% lemak, vitamin, mineral, serat) dalam jumlah yang cukup. Silakan konsultasikan kondisi ke dokter Anda. Namun ketika disajikan dengan belasan jenis makanan yang membuat kita menelan ludah, tentunya akan membuat kita ingin mencoba bukan? Bagi Anda penyandang diabetes, jangan lupakan kondisi Anda, ya dan ikuti tips berikut. Boleh saja mencoba makanan namun dalam batas wajar, sesuai kebutuhan kalori harian Anda. Kebutuhan kalori harian 25-30 kal/kg BB disesuaikan dengan aktivitas Anda. Cermat pilih menu makanan dengan indeks glikemik rendah [...]

Bahan Dapur untuk Mengobati Penyakit Ringan Secara Alami

Bahan Dapur untuk Mengobati Penyakit Ringan Secara Alami

Gigitan serangga dan paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, kemerahan atau iritasi. Jangan dulu memakai salep atau obat berbahan kimia untuk menyembuhkannya. Atasi dulu dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau dapur Anda. Ini dia bahan alami untuk mengatasi iritasi kulit, seperti dikutip dari She Knows.1. Kulit Pisang Sebuah metode pengobatan kuno dari China menggunakan bagian dalam kulit pisang untuk mengurangi peradangan dan iritasi. Pertama bersihkan area yang terkena gigitan serangga dengan hand sanitizer atau cuci dengan sabun dan air. Kemudian tempelkan bagian dalam kulit pisang pada luka selama lima menit. Biarkan sisa-sisa kulit pisang menempel dan tidak perlu dibilas.2. CukaSetelah lama bermain di luar ruangan pada siang hari, seringkali kulit terasa perih dan memerah karena terbakar. Salah satu bahan di dapur Anda, yaitu cuka dapat mengobati kulit yang terbakar. Cuka mengandung asam acetic yang merupakan salah satu komponen obat seperti aspirin, dan telah terbukti dapat mengurangi rasa sakit, gatal, dan peradangan akibat kulit terbakar. Cuka dapat membantu kulit itu menyeimbangkan pH dan mempercepat pengobatan. Para dokter k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *