Tertarik Merelaksasi Tubuh dengan Minyak Atsiri?

tertarik-merelaksasi-tubuh-dengan-minyak-atsiri-alodokter.jpg

Anda pasti sudah tidak asing mendengar kata aromaterapi. Ya, terapi yang mengeluarkan aroma harum ini kerap dijadikan pilihan untuk merelaksasi tubuh, terutama bagi kaum hawa. Aroma harum tersebut bersumber dari minyak atsiri.

Benarkah minyak yang berasal dari sari tanaman tersebut bisa membantu Anda merelaksasi tubuh?

Bagian tanaman yang dijadikan bahan baku pembuatan minyak atsiri terdiri dari batang tanaman, bunga, daun, kulit kayu, biji, atau akar tumbuhan. Setelahnya bahan-bahan tersebut disuling sehingga menghasilkan uap. Uap tanaman ini kemudian mengembun dan kembali menjadi cairan yang kemudian dikumpulkan pada sebuah wadah.

Sebutan lain minyak atsiri adalah minyak aromatik, minyak esensial, atau minyak eterik.

Kegunaan Minyak Atsiri

Minyak atsiri pada aromaterapi digunakan untuk merelaksasi tubuh karena sepertinya minyak ini bekerja dengan cara merangsang reseptor bau di hidung. Setelah itu reseptor mengirim pesan melalui sistem saraf ke bagian otak yang mengontrol emosi, yaitu sistem limbik.

Biasanya minyak atsiri yang dipakai untuk merelaksasi tubuh berasal dari tanaman lavender, kamomil, melati, mawar, bergamot, kayu cendana, dan vanila. Namun, masih banyak tanaman lain yang kerap dijadikan sumber pembuatan minyak atsiri.

Sebagian ahli pun telah mengaji khasiat minyak atsiri. Hasil penelitian ada yang menunjukkan bahwa minyak ini efektif untuk merelaksasi tubuh, seperti mengatasi rasa cemas, depresi, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kualitas hidup. Namun ada pula penelitian yang tidak menemukan khasiatnya.

Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat minyak atsiri yang sebenarnya.

Bagaimana Cara Menikmatinya?

Jika Anda ingin mencoba merelaksasi tubuh dengan minyak ini, ada dua cara yang bisa dilakukan. Minyak atsiri bisa dinikmati dengan cara dihirup atau dioleskan pada kulit.

  • Dihirup. Minyak atsiri bisa dipanaskan pada tungku khusus aromaterapi atau dicampur pada semangkok air panas. Setelahnya minyak atsiri akan menguap dan siap untuk Anda hirup.
  • Dioleskan pada kulit. Olesi kulit dengan minyak atsiri kemudian pijat dengan lembut. Tidak perlu mandi setelah pemijatan karena minyak baru bisa diserap kulit dengan sempurna setelah 6 hingga 8 jam.

Untuk menikmati hal tersebut, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang menyediakan jasa aromaterapi, seperti salon kecantikan, tempat pijat, dan spa. Anda juga bisa menikmatinya sendiri di rumah dengan membeli minyak atsiri yang dijual bebas.

Disarankan untuk menyetel musik-musik yang bisa menenangkan selama terapi, seperti musik klasik.

Apakah Minyak Atsiri Aman Digunakan?

Pada dasarnya minyak atsiri aman digunakan jika telah melalui proses penyulingan. Pastikan juga produk sudah terdaftar di BPOM RI. Meski aman, ada beberapa laporan kasus, walau jarang terjadi, terkait penggunaannya seperti alergi dan dermatitis.

Jika Anda ingin memakai minyak atsiri di rumah, ikuti petunjuknya dengan benar. Hindari mengaplikasikannya di daerah sekitar mata atau mulut agar terhindar dari iritasi. Pilihlah terapis yang sudah berpengalaman ketika Anda ingin melakukan terapi minyak atsiri di tempat-tempat yang menyediakan jasa pengobatan aromaterapi.

Ingat, jangan menelan minyak ini karena bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

Saat ini penggunaan minyak atsiri pada anak-anak berusia di bawah 5 tahun, ibu hamil dan menyusui, pengidap asma, atau memiliki gangguan ginjal masih belum jelas. Namun untuk berjaga-jaga, sebaiknya hindari penggunaannya.

Jika Anda tertarik ingin merelaksasi tubuh memakai minyak atsiri, konsultasikan hal ini kepada dokter terlebih dahulu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ahok Kena DBD

Ahok Kena DBD

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dikabarkan terpapar demam berdarah dengue (DBD). Setelah sebelumnya mantan Bupati Belitung Timur tersebut mengeluhkan pusing dan demam. Setelah pemeriksaan di rumah sakit sekitar kediamannya, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, hasil tes darah menunjukan Gubernur DKI menderita demam berdarah dengue. Hingga berita ini diturunkan orang nomor satu DKI itu masih beristirahat untuk proses penyembuhan. Menurut keterangan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidajat pada Senin (9/3) kemarin, diduga paparan DBD adalah dari daerah sekitar kediaman Gubernur DKI, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Hal ini dikuatkan pula pada terjangkitnya putra bungsu Ahok tengah dalam proses pemulihan DBD. Fogging di Wilayah Kediaman Ahok Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto pada Senin (9/3) kemarin juga telah menjelaskan sudah ada tindakan rutin fogging setiap pekan dari Dinas Kesehatan DKI. Namun pihaknya menemui kendala pada pemeriksaan jentik pada setiap lingkungan, karena tertutupnya lingkungan tersebut. Karena sebagaimana kita ketahui, fogging saja pada prnisipnya tidak dapat menghentikan DBD. (Baca: Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD). K [...]

Benarkah Vitamin E Dapat Mencerahkan Kulit?

Benarkah Vitamin E Dapat Mencerahkan Kulit?

Vitamin E merupakan antioksidan larut lemak yang paling banyak ditemukan pada kulit manusia. Pada kulit, kadar vitamin E di lapisan epidermis lebih tinggi dari lapisan dermis. Karena sifatnya yang larut lemak, vitamin E dapat menembus ke semua lapisan kulit dan ikut menjaga kelembaban kulit. Vitamin E terakumulasi dalam kelenjar sebasea, kemudian diteruskan ke permukaan kulit melalui sebum. Oleh karena itu, kadar vitamin E lebih tinggi pada individu yang memproduksi sebum lebih banyak, misalnya pada jenis kulit berminyak. Kadar vitamin E pada kulit dapat berkurang. Salah satunya akibat paparan sinar ultraviolet dari matahari, yang menurunkan jumlah vitamin E pada lapisan terluar kulit. Faktor lainnya adalah usia. Semakin bertambah usia seseorang, konsentrasi vitamin E dalam epidermis ikut menurun. Peran utama vitamin E pada kulit adalah sifat antioksidannya yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Molekul dalam vitamin E dapat menyerap cahaya spektrum UVB, namun efek tabir surya dari vitamin E dianggap terbatas karena tidak dapat menyerap sinar UVA (cahaya dalam panjang gelombang yang lebih tinggi dari sinar UVB). Dengan demikian, efek protektif utama dari vitamin E adal [...]

Ancaman Potensi Bahaya Styrofoam

Ancaman Potensi Bahaya Styrofoam

Bahan pengemas styrofoam atau polystyrene telah menjadi salah satu pilihan yang paling populer dalam bisnis pangan. Tetapi, riset terkini membuktikan bahwa styrofoam diragukan keamanannya. Styrofoam yang dibuat dari kopolimer styrene ini menjadi pilihan bisnis pangan karena mampu mencegah kebocoran dan tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Selain itu, bahan tersebut juga mampu mempertahankan panas dan dingin tetapi tetap nyaman dipegang, mempertahankan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas, biaya murah, lebih aman, serta ringan. Prof. Dr. FG. Winarno mengemukakan, residu bahan pengemas baik dalam bentuk monomer, dimer; maupun trimer yang sering dicurigai mempunyai potensi bahaya terhadap kesehatan manusia?terutama dianggap sebagai karsinogenik?berdasarkan hasil penelitian belakangan ini semakin diyakini bahwa memang berpotensi demikian. Dalam kaitan itu, Guru Besar Teknologi Pangan IPB (Institut Pertanian Bogor) yang mantan President Codex Alimentarius Commission dan kini menjadi Advisory Board World Food Regulation Review tersebut mengutip hasil penelitian ilmiah terkini mengenai bahayanya dimer dan timer styrofoam yang dilaporkan World Food Regulation Review. Untuk pe [...]

4 Cara untuk Dapatkan Tidur yang Berkualitas

4 Cara untuk Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur merupakan waktu istirahat untuk organ-organ internal seperti mata dan otak. Tidur yang berkualitas sangatlah penting karena dapat mengembalikan pasokan energi yang telah habis digunakan sehari-hari. Seperti yang dikutip dari Health, simak empat aturan untuk dapatkan waktu tidur yang berkualitas.1. Buat Kamar Tidur Anda GelapTubuh manusia telah diprogram untuk bisa tertidur ketika hari sudah gelap. Adanya cahaya justru bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang membuat orang tertidur. Bahkan jika sedang tidur, cahaya pun dapat dideteksi menembus kelopak mata.Menurut Joyce Walsleben, PhD, profesor di New York University School of Medicine, "Otak yang memproduksi melatonin akan bingung antara siang dan malam. Anda butuh kegelapan yang cukup di kamar tidur."Selain itu, penelitian di Amerika membuktikan bahwa paparan cahaya yang terlalu banyak di malam hari bisa membuat seseorang depresi. Menurut Profesor Psikolog dan Neuroscience Randy Nelson, cahaya lampu bisa membuat sel-sel tidak bisa beristirahat dengan baik."Banyak orang sering menggunakan lampu di malam hari, padahal itu bisa meningkatkan energi panas dalam tubuh yang akan membuat sel-sel tubuh yang harusnya beristi [...]

Beginilah Cara-cara HIV Menular

Beginilah Cara-cara HIV Menular

Pasti Anda pernah mendengar tentang virus HIV bukan? HIV merupakan kependekan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan sistem imun penderita dan menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Pasien dengan AIDS rentan terhadap berbagai penyakit, khususnya penyakit infeksi. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi kesehatan penderita HIV dapat mengalami perburukan dan berakhir pada kematian. Bagaimana cara penularan virus HIV? Mari kita lihat satu per satu. 1. Hubungan seksual bebas Hubungan seksual merupakan salah satu cara penularan virus HIV yang paling umum. Virus HIV dapat masuk melalui celah mukosa vagina saat berhubungan seksual. Hubungan seksual per anal memiliki risiko yang lebih besar untuk terjadi penularan virus HIV. Berhubungan seksual dengan banyak pasangan yang berbeda (seks bebas) juga meningkatkan risiko seorang terkena virus ini. Berikut beberapa cara penularan HIV lainnya: Beberapa Cara Tertularnya HIV 2. Penggunaan jarum suntik Penggunaan jarum suntik merupakan cara lain penularan virus HIV. Pengguna jarum suntik yang menggunakan jarum seacra bersamaan memiliki risiko untuk tertular penyakit HIV. M [...]

Tahukah Anda, Wanita Bisa Alergi Sperma?

Tahukah Anda, Wanita Bisa Alergi Sperma?

Sudahkan Anda mengetahui bahwa alergi sperma dapat terjadi pada beberapa pasangan yang sudah menikah, meskipun sangat jarang terjadi namun persentasenya sebanyak 12% perempuan dapat mengalami alergi sperma. Kondisi ini dikenal sebagai seminal plasma hypersensitivity yang dipicu oleh alergi ini disebabkan oleh protein (glikoprotein) dari prostat yang bertentangan dengan sel sperma. Gejala alergi sperma sering disalahartikan dengan gejala penyakit menular seksual. Hal ini bisa dibedakan dengan melihat apakah gejala terjadi saat sedang menggunakan kondom atau tidak, jika saat tidak memakai kondom lalu suami Anda melakukan ejakulasi didalam gejala muncul,sedangkan gejala tersebut tidak muncul pada saat memakai kondom , maka kemungkinan keluhan tersebut berkaitan dengan alergi sperma. Gejala alergi sperma yang dapat timbul dalam waktu 20-30 menit setelah terpapar dengan air mani antara lain: Gejala Alergi Sperma Gejala alergi sperma yang dapat timbul dalam waktu 20-30 menit setelah terpapar dengan air mani antara lain: Pembengkakan daerah sekitar vagina Gatal di vagina Rasa terbakar atau panas disekitar vagina Lecet pada vagina Sulit bernafas Reaksi anafilak [...]

Apa Saja Kondisi Penyebab Kencing Darah?

Apa Saja Kondisi Penyebab Kencing Darah?

Sebaiknya jangan abaikan jika terdapat darah dalam kencing, kecuali pada wanita yang sedang haid. Kencing darah bisa merupakan pertanda ada masalah pada ginjal, saluran kencing, atau prostat Anda. Atau sebaliknya, bisa juga bukan kondisi serius. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan medis dan tes laboratorium. Darah yang ada di dalam urine berasal dari ginjal atau saluran kemih. Jika mengandung darah, urine yang muncul berwarna kecokelatan, merah, atau merah muda terang. Namun, darah dalam urine tidak selalu dapat terlihat dengan kasat mata karena pada beberapa kasus akan diperlukan pemeriksaan di bawah mikroskop. Berikut adalah beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan kencing darah. Infeksi Saluran Kemih Infeksi saluran kemih sering kali disebabkan oleh bakteri E. Coli. Secara umum gejalanya berupa rasa sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, bau urine menyengat dan bisa mengandung darah. Pada wanita, biasanya terasa sakit pada bagian panggul. Sedangkan pada pria, pada bagian rektal atau dubur. Jika infeksi terjadi di uretra, yaitu saluran kencing dari kandung kemih ke anus, Anda akan merasa perih ketika kencing. Sedangkan jika infeksi terjadi di kandung k [...]

Tips Sahur yang Sehat

Tips Sahur yang Sehat

Konsumsilah makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama dibandingkan mengonsumsi makanan yang cepat dicerna. Makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama atau sekitar 8 jam pencernaan diantaranya adalah karbohidrat kompleks (gandum, beras merah). Sedangkan makanan yang cepat dicerna (3-4 jam) dan sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat sederhana Perbanyak makan sayuran karena sayuran mengandung serat yang cukup lama dicerna sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama Tingkatkan asupan cairan dalam jumlah cukup (3-4 gelas air) Jangan minum minuman yang mengandung kafein karena bersifat diuretik dan dapat menimbulkan keluhan sakit kepala akibat dari efek adiksi Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral Hindari makanan yang digoreng (deep fried) karena dapat menimbulkan keluhan kesehatan seperti mual, heart burn, kembung, dan peningkatan berat badan Konsumsilah makanan dan minuman dalam jumlah cukup dan seimbang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *