Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

tes-awal-kehamilan-dengan-testpack-alodokter.jpg

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal.

Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan.

Jenis-jenis Tes Kehamilan

Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar.

Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal.

Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandingkan melakukan tes urine dengan testpack. Adapun tes kehamilan yang memakai sampel darah ada dua macam, darah hCG kualitatif dan darah hCG kuantitatif.

Pada tes darah hCG kualitatif, akan diketahui apakah tubuh memproduksi hCG atau tidak. Jika hCG diproduksi, berarti seseorang sedang hamil dan begitu pula sebaliknya. Sementara itu, tes darah hCG kuantitatif mengukur seberapa banyak level hCG dalam darah seseorang. Tes darah hCG kuantitatif sendiri dinilai lebih akurat dibandingkan dengan tes darah hCG kualitatif dan tes hCG dengan sampel urine.

Saat Terbaik Melakukan Tes Kehamilan

Banyak yang masih kebingungan mengenai kapan pemakaian testpack untuk mengetahui kehamilan pantas untuk dilakukan. Pada prinsipnya, tes kehamilan bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan haid.

Pada beberapa testpack yang memiliki sensitivitas tinggi, pengecekan bisa dilakukan sebelum seseorang mengalami terlambat datang bulan. Pemakaian testpack ada yang bisa dilakukan secepat delapan hari sejak pembuahan terjadi.

Pengecekan pun bisa dilakukan kapan saja tidak sebatas pagi hari. Anda hanya perlu menampung urine secukupnya untuk dijadikan sampel. Yang perlu dipastikan adalah jangan sampai sampel urine dan penampungnya tercemar oleh substansi lain, seperti sabun.

Begini Cara Memakai Testpack

Hampir semua merek testpack menginstruksikan hal yang sama dalam hal pemakaian. Beberapa merek mungkin menginstruksikan agar stik testpack bersentuhan dengan urine yang mengalir. Merek lain mungkin menyuruh pengguna menampung terlebih dahulu urine yang dijadikan sampel, lalu mencelupkan stik testpack. Merek lain mungkin menginstruksikan untuk mengambil urine yang ditampung dalam wadah dengan pipet dan diteteskan pada testpack.

Inti dari instruksi tersebut adalah mewajibkan stik testpack bersentuhan dengan urine yang dijadikan sampel. Setelah stik tersebut bersentuhan dengan urine, tunggu beberapa saat hingga garis dalam stik muncul.

Jika garis tambahan tersebut muncul, tidak peduli seberapa samar kemunculannya, maka bisa hampir selalu dipastikan bahwa Anda hamil. Namun jika tidak muncul juga, maka kemungkinannya adalah Anda memang tidak hamil, prosedur tes yang dilakukan keliru, atau testpack yang Anda gunakan rusak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan tes kembali seminggu setelah mendapatkan hasil tes negatif atau ke dokter untuk memastikannya.

Hasil negatif yang ditunjukkan testpack tidak selamanya menunjukkan bahwa Anda tidak hamil. Sebab ada sekitar 10 persen perempuan yang memiliki kadar hCG di bawah normal sehingga, meskipun sedang hamil, tetap tidak dideteksi oleh testpack. Oleh karena itu, pengulangan tes perlu dilakukan apalagi jika Anda tetap tidak mengalami datang bulan.

Jika hasilnya menunjukkan positif, namun ternyata Anda tidak hamil, hal tersebut bisa saja terkait dengan konsumsi obat yang mengandung hCG. Hal lain yang bisa menyebabkan hasil palsu, meski sangat jarang, adalah adanya tumor atau kondisi lain yang mengakibatkan meningkatnya kadar hormon hCG.

Untuk memastikan hasil testpack, sebaiknya ulangi pengecekan kehamilan beberapa hari kemudian dengan mengikuti instruksi pemakaian secara saksama. Pengulangan tes sebaiknya dilakukan untuk memastikan hasil awal. Untuk menghilangkan keraguan akan kepastian apakah hamil atau tidak, Anda bisa temui dokter kandungan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Mengatasi depresi tak harus dengan pergi ke psikolog atau menenggak obat-obatan penenang. Menurut beberapa studi, depresi bisa diobati dengan berpelukan. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, 11 persen orang Amerika kerap kali meminum obat anti-depresan untuk mengatasi depresi. Obat tersebut mengandung senyawa kimia yang disebut oksitosin, senyawa yang juga diproduksi tubuh saat Anda sedang berpelukan atau berhubungan seks. Oksitosin terbukti bisa mengobati depresi.Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ketika tikus-tikus terpisah dari gerombolannya, tikus akan menunjukkan tanda-tanda kecemasan, stres dan depresi yang akan mereda setelah disuntik dengan oksitosin. Studi yang dipresentasikan pada tahun 2007 pada pertemuan Society for Neuroscience, menunjukkan efek hormon oksitosin terhadap situasi stres.Para ilmuwan di UC San Diego School of Medicine juga melakukan uji coba klinis secara acak, merasa optimis dengan pengaruh oksitosin terhadap depresi. "Ilmu dasar, apa yang kita lihat dalam penelitian yang melibatkan binatang dan manusia, mengindikasi ada alasan mengapa oksitosin memainkan peran dalam beberapa jenis depresi," [...]

Disukai Pecinta Gaya Hidup Sehat, Ini Kekurangan dari Susu Almond

Disukai Pecinta Gaya Hidup Sehat, Ini Kekurangan dari Susu Almond

Susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, dan mete kini banyak dikonsumsi oleh orang-orang sebagai bagian dari gaya hidup sehat yang dianutnya. Susu pengganti produk hewani yang sebenarnya bernama sari nabati ini dipercaya rendah lemak dan bebas kolestrol sehingga aman dikonsumsi terutama untuk penderita penyakit jantung atau stroke.Meski baik dikonsumsi, rupanya sari nabati ini memiliki beberapa kelemahan meskipun tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan dan harus lebih diperhatikan lagi dalam mengonsumsinya. Berikut enam di antaranya :1. Menimbulkan KembungDipaparkan oleh Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, sari nabati yang terdapat pada kacang-kacangan mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan susu hewani. Sehingga terkadang menimbulkan reaksi di tubuh seperti timbulnya gas dan perut kembut. Untuk orang-orang yang memiliki masalah pada pencernaannya, sebaiknya perhatikanlah asupannya.2. Mengandung Zat AntinutrisiLulusan S-2 Universitas Gadjah Mada ini memaparkan, salah satu kelemahan sari nabati adalah masih mengandung zat antinutrisi, yakni zat yang tidak bisa dicernah oleh tubuh. "Seperti kacang kedelai di dalamnya ada anti tripsin dan asa [...]

Obat Cacing dan Efek Sampingnya

Obat Cacing dan Efek Sampingnya

Penyakit cacingan disebabkan oleh cacing parasit yang hidup dan mengambil makanan dari dalam tubuh seseorang. Penyakit ini dapat diatasi dengan meminum obat cacing. Penyakit cacingan kebanyakan terjadi di negara beriklim tropis atau negara berkembang dengan makanan dan air yang tidak terjaga kebersihannya. Cacingan bisa diobati dengan meminum obat cacing atau disebut juga anthelmintic. Beberapa contoh obat cacing adalah mebendazole, praziquantel, niclosamide, piperazine, dan pyrantel. Mebendazole Biasa digunakan untuk mengobati infeksi cacing gelang, cacing tambang, cacing keremi atau cacing kerawit, cacing cambuk, dan infeksi cacing lainnya. Obat cacing ini bekerja dengan mencegah cacing menyerap gula (glukosa) tubuh. Hasilnya, cacing akan kehilangan energi lalu mati. Harap berhati-hati ketika ingin mengonsumsi obat ini bagi orang yang menderita penyakit Crohn, penyakit liver, dan kolitis ulseratif. Sebaiknya, penderita wanita menyusui dan anak-anak di bawah usia 2 tahun berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Disarankan untuk menghentikan konsumsi mebendazole jika mengalami reaksi alergi (seperti pembengkakan bibir, lidah atau wajah, sesak napas, tenggo [...]

Tips Tidur Sehat Saat Hamil

Tips Tidur Sehat Saat Hamil

Apakah Ibu mengalami kesulitan untuk tidur saat hamil? Pada awal kehamilan, kadar hormone progesteron dan metabolisme tubuh Ibu meningkat. Hal ini dapat membuat Ibu merasa lelah. Selain itu, tekanan darah yang lebih rendah dan peningkatan produksi darah dapat mengambil energi tubuh Ibu. Umumnya, rasa lelah atau fatigue akan berkurang setelah trimester pertama. Rasa lelah akan muncul kembali pada akhir kehamilan karena ukuran buah hati semakin besar. Kunci untuk mengurangi rasa lelah adalah beristirahat. Sayangnya, banyak gejala pada kehamilan yang dapat mengganggu tidur, seperti: mual dan muntah, peningkatan frekuensi berkemih, ansietas (kecemasan), nyeri punggung, pergerakan janin, rasa tidak nyaman pada perut, kram tungkai, dan heartburn. Perubahan pada sistem respirasi selama kehamilan juga dapat memperberat beberapa kondisi seperti sleep apnea. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat tidur: Tidurlah dengan posisi miring ke kiri. Penelitian menunjukkan bahwa berbaring miring dapat membantu aliran darah ke janin dan ke seluruh tubuh. Selain itu, coba pertahankan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Gunakan bantal antara lutut, di bawah perut dan punggung. Ele [...]

Awas! Lemak Berlebih di Perut Bisa Jadi Tanda Bahaya Kesehatan

Awas! Lemak Berlebih di Perut Bisa Jadi Tanda Bahaya Kesehatan

Lemak yang membuat perut buncit dan menggelambir sering dikeluhkan banyak wanita karena mengganggu penampilan. Tapi ternyata efek negatifnya tidak hanya itu. Lemak di perut, bisa jadi indikasi kalau ada sesuatu yang salah terjadi pada organ bagian dalam Anda.Lemak pada perut juga dikenal dengan lemak visceral, yaitu lemak tengah atau abdominal visceral. Di dalam perut dan bagian tengah tubuh berisi organ-organ dalam yang vital. Seperti jantung, pankreas, hati dan sedikit ke bawah terdapat ginjal."Lemak yang numpuk banyak di bawah kulit, berarti terjadi juga penumpukan lemak di pembuluh darah darah di jantung. Di liver," jelas ahli gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS, kepada wolipop di Indofood Tower, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2012).Pria yang biasa disapa Hardin ini menerangkan, timbunan lemak di perut bisa sebagai indikasi terjadinya juga penimbunan lemak di dalam. Ketika lemak sudah menutupi organ-organ dalam tubuh, maka fungsi kerjanya juga terganggu. Efek yang paling serius bisa terjadi kegagalan fungsi hati, ginjal bahkan serangan jantung.Seperti liver, fungsinya penting untuk detoksifikasi. Organ ini menyaring racun-racun yang masuk ke dalam tubuh seperti asap knalpot, [...]

Risiko Kesehatan dan Efek Samping Dari Terapi Pijat

Risiko Kesehatan dan Efek Samping Dari Terapi Pijat

Pijat dipercaya bisa memberikan manfaat fisik dan emosional. Mulai dari meredakan cedera otot hingga mengurangi stres dan cemas. Namun, terapi pijat juga memiliki efek samping yang berisiko pada kesehatan.Dikutip dari Live Strong, pijat pada umumnya aman. Tetapi bisa menimbulkan risiko pada sebagian orang. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dulu terutama, jika Anda sedang hamil atau mengalami pembekuan darah. Selain berkonsultasi, simak pula beberapa risiko dan efek samping terapi pijat.1. Rasa SakitBeberapa jenis teknik pijat bisa menimbulkan rasa nyeri sehari setelah melakukan pemijatan. Teknik pijat melibatkan berbagai tekanan, baik lembut dan kuat. Biasanya teknik itu bertujuan untuk mengobati luka atau jaringan otot. Pijat seharusnya tidak menyakitkan, terlepas dari apapun teknik pijatannya. Jika saat dipijat Anda merasakan sakit, sebaiknya segera beritahu terapis agar ia dapat memberikan tekanan yang bisa ditolerir oleh tubuh.2. AlergiSaat melakukan pijat, banyak terapis yang memadukannya dengan minyak pijat, lotion atau minyak aromaterapi yang ternyata bisa memicu reaksi alergi. Hal ini bisa diatasi dengan mencoba terlebih dulu minyak pijat pada [...]

Kenapa bisa Terjadi Sakit Perut Sebelah Kanan?

Kenapa bisa Terjadi Sakit Perut Sebelah Kanan?

Sakit perut merupakan keluhan yang umum terjadi. Lokasi bagian perut yang terasa sakit dapat menjadi petunjuk penyebabnya. Salah satu yang sering dikeluhkan adalah sakit perut sebelah kanan. Ada beberapa jenis rasa sakit yang dapat terasa pada perut. Mulai dari sakit yang tidak mengganggu, kram, hingga rasa sakit tajam yang terasa menusuk. Selain itu terdapat jenis sakit perut yang perlahan-lahan bisa terasa tidak tertahankan, lalu mereda kembali. Kondisi ini juga perlu dicermati apakah rasa sakit menjalar ke arah tertentu beserta gejala-gejala lain yang mengiringi. Alasan Utama Kondisi Ini Beberapa kondisi yang umumnya dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan, berbeda dengan sakit perut sebelah kiri. Radang usus buntu atau apendisitis. Kondisi ini terjadi ketika terjadi penyumbatan pada usus buntu akibat infeksi, sehingga terjadi pembengkakan yang perlu diatasi secepatnya. Apendisitis ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kanan bawah yang diiringi dengan mual, muntah, dan demam. Batu empedu. Batu ini terbentuk di dalam kantong empedu. Ada batu empedu kolesterol dan batu empedu pigmen yang berwarna coklat atau hitam. Batu empedu dapat menyebabkan rasa sakit pada pe [...]

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Oleh: dr. Ema Anindia Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Penggunaan kalsium sangat sering digunakan terutama oleh penderita osteoporosis dan populasi geriatri. Salah satu fungsi kalsium adalah untuk kesehatan tulang terutama untuk pencegahan dan pengobatan penyakit osteoporosis. Sudah beberapa tahun ini, banyak yang masih mempertanyakan efek kalsium untuk kesehatan jantung dan efek-efek lain dari kalsium diluar efek ke tulang. Seperti yang diterbitkan pada Medscape Education (4/3/2013), Dr. Qian Xiao dari National Cancer Institute, Bethesda menyebutkan bahwa ?Terdapat peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000 mg sumplemen kalsium perhari, namun efek ini tidak terlihat pada wanita?. Pendapat ini dibuktikan pula oleh data yang didapatkan dari NIH (National Institue of Health) yang meneliti 388.229 pria dan wanita usia 50 ? 70 tahun di Amerika selama 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan risiko kematian sebanyak 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000mg suplemen kalsium per hari dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi suplemen, namun tidak ditemukan asosiasi pada wanita. [...]

Mengenal Orang-orang Kepribadian Ganda Lebih Dekat

Mengenal Orang-orang Kepribadian Ganda Lebih Dekat

Gangguan kepribadian ganda adalah kondisi di mana terdapat dua atau lebih kepribadian yang berbeda di dalam satu tubuh. Dua sosok ini masing-masing berdiri sendiri. Kekerasan fisik, emosional, atau seksual yang terjadi secara berulang-ulang pada masa usia dini berisiko menyebabkan kondisi ini. Kepribadian ganda dikenal dengan sebutan Gangguan Identitas Disosiatif (Dissociative Identity Disorder). Sebenarnya, sebagian orang pernah mengalami disosiatif ringan, misalnya melamun atau hilang arah ketika sedang mengerjakan sesuatu. Namun, kepribadian ganda adalah bentuk dari disosiatif yang sudah berat. Tanda-Tanda Gangguan Kepribadian Ganda Masing-masing dari dua atau lebih kepribadian pada gangguan kepribadian ganda memiliki identitas berbeda satu sama lain. Setiap kepribadian berbeda dalam hal pola pikir, cara berbicara, perilaku, jenis kelamin, usia, dan ras. Masing-masing kepribadian dapat memegang kendali penuh atas tubuh si penderita secara bergantian. Perempuan dianggap lebih berisiko mengalami gangguan kepribadian ganda. Terbukti dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa jumlah pasien penyakit ini, antara laki-laki dan perempuan adalah 1:9. Penelitian mengenai hal ini masih [...]

Riset: Orang Bahagia Lebih Panjang Umur

Riset: Orang Bahagia Lebih Panjang Umur

Anda ingin memiliki umur panjang? Cobalah untuk selalu merasa bahagia. Menurut penelitian, orang yang bahagia dan memiliki cara pandang positif akan hidup lebih lama.Penelitian yang dilakukan pada lima tahun lalu menunjukkan bahwa mereka yang hidup dengan tingkat kepuasan tinggi cenderung terhindar dari kematian dini sebanyak 35 persen. Penelitian tersebut telah melibatkan hampir 4000 orang dengan rentang usia dari 52 hingga 79 tahun.Kini, penelitian terbaru yang diprakarsai oleh University College of London, telah menyempurnakan hasil studi terdahulu. Menurut penelitian itu, 'Positive well-being' berfungsi sebagai obat untuk atasi stres dan beberapa penyakit.Dalam penelitian tersebut, para peserta diminta untuk menilai perasaan mereka mengenai kebahagiaan dan juga kecemasan sebanyak empat kali dalam setahun. Para peneliti juga mengukur jumlah kematian yang terekam selama periode lima tahun.Setelah memperhitungkan beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat depresi dan penyakit yang diderita oleh peserta, para peneliti menemukan bahwa mereka yang selalu merasa bahagia memiliki risiko 35 persen lebih rendah terhadap kematian dini dibandingkan dengan peserta yang jarang m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *