Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

tes-awal-kehamilan-dengan-testpack-alodokter.jpg

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal.

Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan.

Jenis-jenis Tes Kehamilan

Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar.

Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal.

Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandingkan melakukan tes urine dengan testpack. Adapun tes kehamilan yang memakai sampel darah ada dua macam, darah hCG kualitatif dan darah hCG kuantitatif.

Pada tes darah hCG kualitatif, akan diketahui apakah tubuh memproduksi hCG atau tidak. Jika hCG diproduksi, berarti seseorang sedang hamil dan begitu pula sebaliknya. Sementara itu, tes darah hCG kuantitatif mengukur seberapa banyak level hCG dalam darah seseorang. Tes darah hCG kuantitatif sendiri dinilai lebih akurat dibandingkan dengan tes darah hCG kualitatif dan tes hCG dengan sampel urine.

Saat Terbaik Melakukan Tes Kehamilan

Banyak yang masih kebingungan mengenai kapan pemakaian testpack untuk mengetahui kehamilan pantas untuk dilakukan. Pada prinsipnya, tes kehamilan bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan haid.

Pada beberapa testpack yang memiliki sensitivitas tinggi, pengecekan bisa dilakukan sebelum seseorang mengalami terlambat datang bulan. Pemakaian testpack ada yang bisa dilakukan secepat delapan hari sejak pembuahan terjadi.

Pengecekan pun bisa dilakukan kapan saja tidak sebatas pagi hari. Anda hanya perlu menampung urine secukupnya untuk dijadikan sampel. Yang perlu dipastikan adalah jangan sampai sampel urine dan penampungnya tercemar oleh substansi lain, seperti sabun.

Begini Cara Memakai Testpack

Hampir semua merek testpack menginstruksikan hal yang sama dalam hal pemakaian. Beberapa merek mungkin menginstruksikan agar stik testpack bersentuhan dengan urine yang mengalir. Merek lain mungkin menyuruh pengguna menampung terlebih dahulu urine yang dijadikan sampel, lalu mencelupkan stik testpack. Merek lain mungkin menginstruksikan untuk mengambil urine yang ditampung dalam wadah dengan pipet dan diteteskan pada testpack.

Inti dari instruksi tersebut adalah mewajibkan stik testpack bersentuhan dengan urine yang dijadikan sampel. Setelah stik tersebut bersentuhan dengan urine, tunggu beberapa saat hingga garis dalam stik muncul.

Jika garis tambahan tersebut muncul, tidak peduli seberapa samar kemunculannya, maka bisa hampir selalu dipastikan bahwa Anda hamil. Namun jika tidak muncul juga, maka kemungkinannya adalah Anda memang tidak hamil, prosedur tes yang dilakukan keliru, atau testpack yang Anda gunakan rusak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan tes kembali seminggu setelah mendapatkan hasil tes negatif atau ke dokter untuk memastikannya.

Hasil negatif yang ditunjukkan testpack tidak selamanya menunjukkan bahwa Anda tidak hamil. Sebab ada sekitar 10 persen perempuan yang memiliki kadar hCG di bawah normal sehingga, meskipun sedang hamil, tetap tidak dideteksi oleh testpack. Oleh karena itu, pengulangan tes perlu dilakukan apalagi jika Anda tetap tidak mengalami datang bulan.

Jika hasilnya menunjukkan positif, namun ternyata Anda tidak hamil, hal tersebut bisa saja terkait dengan konsumsi obat yang mengandung hCG. Hal lain yang bisa menyebabkan hasil palsu, meski sangat jarang, adalah adanya tumor atau kondisi lain yang mengakibatkan meningkatnya kadar hormon hCG.

Untuk memastikan hasil testpack, sebaiknya ulangi pengecekan kehamilan beberapa hari kemudian dengan mengikuti instruksi pemakaian secara saksama. Pengulangan tes sebaiknya dilakukan untuk memastikan hasil awal. Untuk menghilangkan keraguan akan kepastian apakah hamil atau tidak, Anda bisa temui dokter kandungan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menelusuri Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Menelusuri Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi sering kali tidak mendapat perhatian khusus dibandingkan gigi pada mulut. Padahal gusi bengkak dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan gangguan mulut yang tidak ringan. Pada dasarnya, gusi yang sehat tidak akan berdarah karena gosok gigi atau jika tersentuh. Berwarna merah muda, kencang, dan dapat menahan gigi dengan kuat adalah ketiga ciri-ciri utama gusi yang ideal. Kenapa Gusi Bisa Bengkak? Gusi bengkak merupakan hal yang umum ditemui. Biasa ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Pada sebagian kasus, gusi bengkak yang terjadi bisa cukup besar hingga menutupi gigi secara keseluruhan. Umumnya penyebab gusi bengkak sebagai salah satu gangguan gusi adalah karena menumpuknya plak pada gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi. Selain itu, beberapa kondisi dimana gejalanya berupa gusi bengkak, antara lain gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kurang gizi, atau skorbut. Skorbut adalah kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C. Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yan [...]

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Salah satu penyakit yang bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi adalah mastitis. Penyakit ini sendiri adalah kondisi jaringan payudara yang mengalami peradangan. Mastitis biasanya menyerang ibu menyusui pada trimester awal tapi bisa juga terjadi saat proses menyusui sudah berjalan lama. Mastitis bisa membuat ibu mengalami kesulitan memberikan ASI karena kondisi payudara yang terasa sakit. Seperti Apa Tanda-tandanya? Mastitis pada saat masa menyusui biasa menyerang hanya satu payudara. Gejala penyakit ini sendiri bisa muncul dengan tiba-tiba. Berikut gejala-gejala mastitis yang harus diwaspadai: Payudara memar kemerahan. Sering terasa gatal di payudara. Payudara terasa perih saat menyusui. Terdapat benjolan di payudara yang terasa menyakitkan. Ukuran salah satu payudara lebih besar karena pembengkakan Payudara mudah merasa nyeri. Puting bernanah. Sering merasa lelah. Terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami gejala menyerupai flu sebelum Anda akhirnya menyadari ada perubahan pada payudara Anda. Apa Penyebab Mastitis? Infeksi pada payudara atau mastitis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab mastitis p [...]

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Pada Telinga

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Pada Telinga

Bila Anda sedang terserang penyakit pilek, apakah Anda pernah merasakan rasa tidak nyaman pada telinga Anda seperti perasaan telinga seperti tersumbat? Mengapa bisa terjadi hal tersebut? Lubang hidung kita salurannya akan bermuara ke tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga kita dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar. (Baca: Waspadai Jika Telinga Berdengung) Hubungan Pilek dengan Gangguan Kesehatan Telinga Bila kita sedang pilek, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat mengakibatkan infeksi telinga. Penumpukan lendir pada tuba dapat merupakan tempat bakteri untuk berkembang biak. Bila sudah terjadi infeksi, terjadi penumpukan nanah di dalam tuba. Penumpukan nanah tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan nanah tersebut akan keluar merobek gendang telinga, hal ini akan menimbulkan ny [...]

Kenapa Bisa Terjadi Sakit Perut Bagian Bawah?

Kenapa Bisa Terjadi Sakit Perut Bagian Bawah?

Anda pasti pernah merasakan sakit di bagian bawah perut, entah rasa sakit yang ringan, kram, atau terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Namun apakah Anda tahu penyebabnya? Dalam ilmu medis, sakit perut bagian bawah kerap dideskripsikan sebagai nyeri panggul. Rasa sakit ini bisa menyerang pria maupun wanita, meski lebih umum ditemui pada wanita. Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita Sakit perut bagian bawah lebih sering terjadi pada wanita karena berhubungan dengan organ reproduksi kaum hawa, seperti vagina, ovarium, rahim, serviks, atau tuba falopi. Berikut ini kemungkinan penyebabnya: Sakit perut akibat menstruasi. Ovulasi. Hamil di luar kandungan atau kehamilan ektopik. Keguguran. Penyakit radang panggul. Kista ovarium atau gangguan lain pada ovarium. Endometriosis. Abrupsi plasenta atau gangguan lain pada plasenta saat hamil. Fibroid. Gangguan pada serviks seperti infeksi, radang, atau kanker. Kanker rahim. Radang saluran tuba atau salpingitis. Sakit Perut Bagian Bawah pada Pria dan Wanita Rasa sakit pada bagian bawah perut juga tidak melulu berkaitan dengan organ reproduksi. Rasa sakit juga bisa ditimbulkan karena adanya infeksi pada organ non-reproduksi, seperti tulan [...]

Kurangi Garam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kurangi Garam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Apabila warga Amerika mengurangi asupan garam mereka sebanyak 1 g/hari, akan didapatkan 250.000 lebih sedikit kasus penyakit jantung dan berkurangnya 200.000 kematian dalam 1 dekade. Statistik yang terbaru ini dinyatakan di dalam the American Heart Association's Annual Conference on Cardiovascular Disease Epidemiology and Prevention. ?Pengurangan kadar asupan garam-hampir tidak terasa bedanya di makanan- dapat secara dramatis berpengaruh di dalam peningkatan kesehatan seseorang,? kata salah satu peneliti Kirsten Bibbinsa Domingo, MD, PhD, asisten profesor dalam epidemiologi di Universitas California. ? Merupakan suatu kejutan besar melihat betapa besarnya pengaruh pengurangan sedikit asupan garam terhadap kesehatan populasi sesuai dengan model penelitian yang sedang kami kerjakan.? Keuntungan dari pengurangan asupan garam ini terutama dapat dirasakan bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dimana tekanan darah mereka cukup sensitif terhadap asupan garam. Penelitian ini mendapatkan data pada warga Amerika bahwa dengan pengurangan asupan garam 3 g/hari akan mengurangi 6% kasus penyakit jantung dan mengurangi 3% kematian. Pada warga Afrika-Amerika, pengurangan asupan garam aka [...]

Berapa Kali Seharusnya Anda Memakai Handuk Sebelum Dicuci?

Berapa Kali Seharusnya Anda Memakai Handuk Sebelum Dicuci?

Setelah mengeringkan tubuh sehabis mandi, banyak orang yang membiarkan handuknya tidak dicuci selama berhari-hari bahkan lebih dari satu minggu. Padahal, handuk berpotensi menyimpan ratusan kuman dan bakteri.Seperti diketahui, kuman, bakteri, virus atau jamur senang berhinggap di tempat-tempat lembab. Handuk merupakan salah satu benda di rumah yang mudah lembab karena digunakan untuk mandi setiap harinya, pagi dan sore/malam. Belum lagi jika Anda juga menggunakan handuk untuk mengeringkan bagian intim seperti Miss V atau anus, tempat keluarnya kotoran.Bakteri yang tinggal di handuk bisa menyebabkan berbagai penyakit mulai dari gangguan kulit, flu, batuk hingga pilek. Risiko terkena penyakit menular akan lebih tinggi apabila handuk dipakai secara bersama-sama atau lebih dari satu orang.Untuk menjaga kehigienisan dan kebersihan tubuh, Anda harus rajin-rajin mencuci handuk. Tidak perlu setiap hari, tapi ternyata memang ada jangka waktu tertentu kapan handuk harus dibersihkan. Berapa lama?Keri Petersen, M.D., seorang spesialis penyakit dalam di Lenox Hill Hospital, New York City seperti dikutip Women's Health menyarankan untuk mencuci handuk setiap tiga hingga tiga kali pemakaian. L [...]

6 Zat di Produk Kecantikan Rambut yang Berbahaya bagi Kesehatan

6 Zat di Produk Kecantikan Rambut yang Berbahaya bagi Kesehatan

Setiap wanita tentunya ingin memiliki rambut yang sehat, indah dan berkilau. Penggunaan produk perawatan dan penataan rambut seperti shampo, kondisioner, serum , mousse atau hairspray pun kerap digunakan untuk mendapatkan tampilan rambut yang menarik.Namun yang perlu dicermati, beberapa produk rambut mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan. Dr. Nipun Jain, Senior Consultant in Dermatology dari Sri Balaji Action Medical Institute, New Delhi, menyarankan agar selalu membaca label pada kemasan terlebih dahulu sebelum membeli produk. Seperti dikutip dari Times of India, ini daftar zat kimia pada produk rambut yang sebaiknya dihindari.1. Isopropyl alcoholBahan pelarut ini biasa ditemukan pada produk pewarna rambut dan lotion. Jika terlalu sering terhirup bisa menyebabkan pusing, sakit kepala dan mual.2. Propylene glycolZat ini umumnya digunakan sebagai bahan dasar pada shampo dan conditioner. Propylene glycol mudah meresap ke dalam kulit dan bisa mengikis protein pada kulit. Penggunaan jangka panjang bisa membuat kulit kering dan kendur.3. Polyethylene glycolSering digunakan untuk produk-produk pembersih dan merupakan zat berbasis petroleum atau minyak t [...]

Sikap Indonesia Terhadap Ancaman Ebola

Sikap Indonesia Terhadap Ancaman Ebola

Saat ini dunia internasional sedang dihebohkan dengan adanya wabah virus ebola. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) sejak Maret 2014 hingga tanggal 1 Agustus 2014 telah tercatat 1603 kasus ebola dengan 887 orang meninggal. WHO menyebutnya sebagai wabah terburuk sepanjang masa. Bank Dunia telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 2,3 triliun untuk membantu negara-negara di Afrika barat yang sedang berjuang melawan wabah ebola. Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (31/7) mengeluarkan peringatan "Level 3" untuk menghindari perjalanan ke negara-negara Afrika Barat- Guinea, Liberia dan Sierra Leone- berkaitan dengan wabah Ebola. Pemerintah Korea Selatan pun telah mengeluarkan larangan berpergian ke wilayah Afrika bagi warganya. Indonesia turut menaruh perhatian terhadap mewabahnya virus ebola. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi (4/8), mengatakan pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peringatan perjalanan bagi orang-orang yang berencana pergi ke kawasan Afrika khususnya Sierra Leone, Liberia, Guinea dan Nigeria terkait wabah virus ebola. (Baca: Ebola Tidak Hanya Menular Lewat Seks) Hingga saat ini belum ada data mengenai warga Indonesia yang terjangkit [...]

Bagaimana Cara Merawat Penis?

Bagaimana Cara Merawat Penis?

Penis merupakan organ vital pria. Merawat penis penting, tidak hanya untuk kesehatan organ reproduksi pria saja, melainkan untuk kepuasan pasangan juga. Terdapat beragam cara merawat kesehatan penis. Berikut merupakan beberapa di antaranya yang dapat Anda lakukan. Ereksi Secara Rutin Disarankan untuk melakukan ereksi secara rutin. Ereksi atau mengerasnya penis karena dipenuhi darah, dapat menyehatkan penis. Ini karena otot halus pada penis akan mendapat oksigen yang melimpah dari darah. Selain itu, ereksi secara rutin juga dapat menjaga bentuk penis tetap normal. Sebaliknya, jika kurang mengalami ereksi secara rutin, ukuran penis bisa berisiko menjadi lebih pendek 1-2 cm. Kondisi ini terjadi karena jaringan penis menjadi kurang elastis dan menyusut. Laki-laki pada umumnya mengalami beberapa kali ereksi pada malam hari dan sekitar sebelas kali pada siang hari. Ereksi bisa terjadi tanpa ada rangsangan sebelumnya. Jika pada siang hari pria tidak mengalami ereksi sama sekali, otak akan membantunya untuk ereksi di malam hari. Rangsangan dari otak untuk ereksi biasanya datang saat fase bermimpi dalam tidur. Apa pun mimpi Anda di malam hari, ereksi tetap akan terjadi. Namun, pria yang d [...]

4 Makanan Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

4 Makanan Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Banyak orang mengalami sulit tidur ketika malam, dan penyebabnya bukan hanya sekadar stres atau terlalu lelah. Makanan yang Anda konsumsi juga bisa memengaruhi seberapa baik kualitas tidur.Beberapa makanan yang mengandung melatonin cukup tinggi bisa membantu Anda lebih mudah dan nyenyak tidur. Apa itu melatonin dan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi beberapa jam menjelang tidur? Ini dia, seperti dikutip dari Female First. 1. SalmonSalmon mengandung unsaturated docosahexaenoic acid (DHA), jenis asam lemak dari 'kerabat' omega-3. Asam lemak ini membantu menstimulasi produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin sangat berguna mengatur ritme sirkadian pada manusia, atau istilah lainnya siklus tidur.2. Kacang-kacanganTinggi akan vitamin B dan folic acid, kacang-kacangan seperti polong, kacang panjang, kacang merah dan kacang hijau membantu tubuh mengatur siklus tidur dan produksi serotonin. Hormon serotonin sangat penting dalam pembentukan melatonin sehingga jam tidur jadi lebih teratur dan berkualitas.3. CherryBuah kecil berwarna merah ini dikenal sebagai anti peradangan dan sumber alami melatonin. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistr [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *