Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

tes-awal-kehamilan-dengan-testpack-alodokter.jpg

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal.

Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan.

Jenis-jenis Tes Kehamilan

Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar.

Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal.

Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandingkan melakukan tes urine dengan testpack. Adapun tes kehamilan yang memakai sampel darah ada dua macam, darah hCG kualitatif dan darah hCG kuantitatif.

Pada tes darah hCG kualitatif, akan diketahui apakah tubuh memproduksi hCG atau tidak. Jika hCG diproduksi, berarti seseorang sedang hamil dan begitu pula sebaliknya. Sementara itu, tes darah hCG kuantitatif mengukur seberapa banyak level hCG dalam darah seseorang. Tes darah hCG kuantitatif sendiri dinilai lebih akurat dibandingkan dengan tes darah hCG kualitatif dan tes hCG dengan sampel urine.

Saat Terbaik Melakukan Tes Kehamilan

Banyak yang masih kebingungan mengenai kapan pemakaian testpack untuk mengetahui kehamilan pantas untuk dilakukan. Pada prinsipnya, tes kehamilan bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan haid.

Pada beberapa testpack yang memiliki sensitivitas tinggi, pengecekan bisa dilakukan sebelum seseorang mengalami terlambat datang bulan. Pemakaian testpack ada yang bisa dilakukan secepat delapan hari sejak pembuahan terjadi.

Pengecekan pun bisa dilakukan kapan saja tidak sebatas pagi hari. Anda hanya perlu menampung urine secukupnya untuk dijadikan sampel. Yang perlu dipastikan adalah jangan sampai sampel urine dan penampungnya tercemar oleh substansi lain, seperti sabun.

Begini Cara Memakai Testpack

Hampir semua merek testpack menginstruksikan hal yang sama dalam hal pemakaian. Beberapa merek mungkin menginstruksikan agar stik testpack bersentuhan dengan urine yang mengalir. Merek lain mungkin menyuruh pengguna menampung terlebih dahulu urine yang dijadikan sampel, lalu mencelupkan stik testpack. Merek lain mungkin menginstruksikan untuk mengambil urine yang ditampung dalam wadah dengan pipet dan diteteskan pada testpack.

Inti dari instruksi tersebut adalah mewajibkan stik testpack bersentuhan dengan urine yang dijadikan sampel. Setelah stik tersebut bersentuhan dengan urine, tunggu beberapa saat hingga garis dalam stik muncul.

Jika garis tambahan tersebut muncul, tidak peduli seberapa samar kemunculannya, maka bisa hampir selalu dipastikan bahwa Anda hamil. Namun jika tidak muncul juga, maka kemungkinannya adalah Anda memang tidak hamil, prosedur tes yang dilakukan keliru, atau testpack yang Anda gunakan rusak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan tes kembali seminggu setelah mendapatkan hasil tes negatif atau ke dokter untuk memastikannya.

Hasil negatif yang ditunjukkan testpack tidak selamanya menunjukkan bahwa Anda tidak hamil. Sebab ada sekitar 10 persen perempuan yang memiliki kadar hCG di bawah normal sehingga, meskipun sedang hamil, tetap tidak dideteksi oleh testpack. Oleh karena itu, pengulangan tes perlu dilakukan apalagi jika Anda tetap tidak mengalami datang bulan.

Jika hasilnya menunjukkan positif, namun ternyata Anda tidak hamil, hal tersebut bisa saja terkait dengan konsumsi obat yang mengandung hCG. Hal lain yang bisa menyebabkan hasil palsu, meski sangat jarang, adalah adanya tumor atau kondisi lain yang mengakibatkan meningkatnya kadar hormon hCG.

Untuk memastikan hasil testpack, sebaiknya ulangi pengecekan kehamilan beberapa hari kemudian dengan mengikuti instruksi pemakaian secara saksama. Pengulangan tes sebaiknya dilakukan untuk memastikan hasil awal. Untuk menghilangkan keraguan akan kepastian apakah hamil atau tidak, Anda bisa temui dokter kandungan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Risiko dari Tindik di Lidah

Risiko dari Tindik di Lidah

Tindik lidah mungkin dapat seseorang membuat tampil beda, dan makin dipopulerkan oleh para superstar yang menindik lidah mereka. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melubangi lidah Anda dan menghiasinya dengan perhiasan apapun, ada baiknya Anda ketahui dulu risiko apa saja yang mungkin Anda hadapi di kemudian hari. Meski risiko ini belum tentu pasti dialami oleh semua orang, ada baiknya Anda waspada. Masalah yang paling umum terjadi setelah tindik lidah adalah perdarahan berlebihan, selain itu juga dapat menyebabkan infeksi, gangguan bicara, masalah pada pernafasan dan bahkan dapat menyebabkan patahnya gigi geligi. Tindik lidah lebih berpotensi untuk terjadi infeksi dibandingkan tempat lainnya yang lazim ditindik misalnya daun telinga, mengingat letaknya yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan mengandung banyak pembuluh darah. Jika terjadi infeksi pada lidah maupun dasar mulut (daerah di bawah lidah),dapat menyebabkan pembengkakan pada lidah yang berujung pada kesulitan bernafas. Infeksi juga rentan terjadi karena banyaknya bakteri di dalam rongga mulut. Jika peralatan/perhiasan yang digunakan pada saat penindikan tidak steril, maka risiko terjadi infeksi meningkat berkali-ka [...]

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 45 juta penderita kebutaan di dunia dan sepertiganya berada di Asia Tenggara. Selain itu, diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran menjaga kondisi mata.Mata yang kurang sehat akan membuat Anda mengalami sakit ringan seperti gangguan konsentrasi, sakit kepala, atau masalah penglihatan. Jangan biarkan hal ini terus-menerus terjadi karena akan memperburuk keadaan mata. Untuk itu, simak tujuh langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Diet yang SeimbangUntukdapatkan mata yang sehat, lakukanlah program penurunan berat badan dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Perbanyak memakan makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karenadapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, ikan salmon juga memberikan efek yang baik untuk mata.2. Hindari Kebiasaan Hidup BurukHindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Para ahli mengatakan, merokok bisa menyebabkan katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), dan keru [...]

‘Menopause’ Pada Pria

‘Menopause’ Pada Pria

Menopause pada pria atau yang sering kali dikenal dengan andropause, merupakan kondisi penurunan hormon testosteron yang berkaitan seiring terjadinya proses penuaan. Sangat jauh berbeda dengan menopause yang terjadi pada wanita, andropause merupakan situasi yang signifikan berbeda. Jika menopause pada wanita terjadinya karena kondisi ovulasi yang terhenti yang diikuti produksi hormon menurun dalam waktu yang sangat singkat. Lain halnya andropause pada pria. Andropause terjadi karena produksi hormon dan bioavailabilitas testosteron menurun secara bertahap. Dampaknya, seperti terjadinya perubahan fungsi seksual, kemampuan tingkat energi atau bahkan perubahan mood yang seringkali tidak diperhatikan dalam kurun waktu yang lama. Bagaimana gejala awalnya? Berikut penjelasan selengkapnya: Gejala dan tanda penurunan testosteron Hormon testosteron sangat bervariasi pada pria. Penurunan hormon testosteron akan menurun secara perlahan. Setelah pria berusia di atas 30 tahun, hormon testosteron akan menurun sebanyak kira-kira 1% per tahun. Dan pada usia 70 tahun, penurunan kadar hormon testosteron akan mencapai sebanyak 50%. Kadar hormon testosteron yang rendah dapat menim [...]

Mudah Merasa Lelah? Ini Cara untuk Meningkatkan Energi

Mudah Merasa Lelah? Ini Cara untuk Meningkatkan Energi

Lemah, lesu, mudah ngantuk di siang hari dan cepat lelah merupakan tanda-tanda Anda kurang energi. Lelah bisa disebabkan karena banyak hal, seperti kurang tidur, anemia, diet yang salah atau terlalu banyak mengonsumsi gula. Banyak dari Anda yang berusaha meningkatkan energi dengan mengkonsumsi kafein. Padahal kafein bukan cara sehat untuk mengatasi rasa lelah. Dilansir Live Strong, ini dia cara mengatasi lelah dengan meningkatkan energi. BerolahragaMenurut Healthbeat, sebuah media publikasi yang dimiliki oleh Harvard Medical school menyatakan bahwa hormone pinefrin dan norepinefrin yang dihasilkan selama dan setelah berolahraga adalah cara alami untuk mendapatkan energi tambahan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym, jalan cepat bisa menjadi solusinya.Minum Banyak Air PutihDengan banyaknya kandungan air putih dalam tubuh akan membantu Anda menjadi lebih semangat untuk menghadapi hari-hari yang padat kegiatan. Mayo Clinic, sebuah klinik ternama di Minnesota ini menyarankan kepada seluruh pasiennya untuk minum sedikitnya 8 gelas perhari, dan jika Anda yang berkegiatan disuhu yang lebih panas maka dibutuhkan lebih dari 8 gelas air putih setiap harinya.Makan dengan Pors [...]

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

Oleh: dr. Sophia B. Hage Keberadaan permainan tradisional yang sering kita mainkan di masa kecil saat ini sudah jarang ditemui di perkotaan. Permainan-permainan seperti meloncat di tanah yang bergambar yang biasa disebut petak jungkit atau main jingkat, bentengan (tak benteng), petak umpet dan gobak sodor sudah mulai asing kita dengar. Padahal, permainan tradisional ini merupakan aktivitas sosial yang menyenangkan, melatih fungsi kognitif dan juga membakar kalori. Tidak ada salahnya kita mulai kembali memasyarakatkan permainan tradisional Indonesia tersebut dengan mengajarkan anak kita bagaimana bermain permainan-permainan tersebut sambil membakar kalori dengan cara yang menyenangkan. Bentengan atau Tak Benteng merupakan permainan yang cukup populer saat kita masih kecil. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus sarana bersosialisasi yang cukup baik dengan teman sepermainan. Satu sesi tak benteng dapat berdurasi pendek ataupun panjang tergantung dari jumlah peserta dan kecepatan permainan. Selain itu, satu sesi tak benteng dapat melibatkan aktivitas lari yang cukup banyak ataupun jarang, tergantung dari tipe permainan yang dilakukan. Karena variasi yang c [...]

Banyak Tertawa Buat Pekerjaaan Anda Lebih Produktif

Banyak Tertawa Buat Pekerjaaan Anda Lebih Produktif

Ingin kerja lebih produktif? Sering-seringlah menonton film, video atau variety show bertema komedi. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa tertawa bisa membuat seseorang bekerja lebih produktif.Hasil studi yang dipresentasikan dalam konferensi tahunan Experimental Biology tersebut menemukan, ketika orang tertawa, otak mereka akan diaktifkan sama seperti ketika sedang meditasi dengan konsentrasi penuh. Para peneliti di Loma Linda University, California, Amerika Serikat telah memeriksa aktivitas otak dari 31 orang ketika mereka menonton video komedi dan video yang menegangkan. Aktivitas pada sembilan area otak responden kemudian diteliti.Dari hasil scan terlihat bahwa saat responden menonton video komedi, seluruh bagian otaknya menjadi aktif dengan aktivitas gelombang gamma yang tinggi. Semakin tinggi gelombang Gamma, maka semakin besar pula peningkatan hormon dopamine yang berperan menjaga otak agar selalu terjaga dan waspada. Tinggi rendahnya gelombang gamma ini bisa diketahui melalui alat yang disebut electroencephalography (EEG).EEG ini melacak aktivitas elektrik di seluruh permukaan kulit kepala. Pergerakan listrik ini yang kemudian diterjemahkan menjadi aktivitas syaraf o [...]

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Setiap tahunnya minggu pertama di bulan Agustus selalu diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Tahun ini pekan ASI sedunia mengangkat tema ?Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan?. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), jutaan bayi meninggal setiap tahunnya di Asia Tenggara disebabkan oleh penyakit-penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak seperti diare dan pneumonia. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian ASI eksklusif. Pekan ASI Sedunia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kekuatan ASI dalam menurunkan risiko kematian bayi baru lahir dan balita akibat penyakit-penyakit tersebut sehingga dapat membantu tercapainya salah satu target Tujuan Pembanguan Milenium/Millennium Development Goal?s (MDG?s) yaitu untuk menurunkan angka kematian anak hingga 2/3 pada tahun 2015. Menurut Anthony Lake, Executive Director of the UN Children?s Fund (UNICEF), ?Pemberian ASI pada satu jam pertama setelah melahirkan dapat mencegah satu dari lima penyebab kematian yang tidak diinginkan atau mencegah kematian 500.000 anak setiap tahunnya.? Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan balita yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan [...]

Tidur 8 Jam Sehari Agar Tubuh Sehat, Wajib atau Tidak?

Tidur 8 Jam Sehari Agar Tubuh Sehat, Wajib atau Tidak?

Benarkah kualitas tidur yang baik itu harus delapan jam sehari? Belum tentu. Masih ada beberapa mitos seputar tidur yang keliru tapi banyak dipercaya orang. Agar mendapatkan tidur berkualitas dan terhindari dari mitos tidak jelas yang bisa merugikan kesehatan tubuh, ini lima mitos seputar tidur yang perlu Anda ketahui faktanya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Setiap Orang Perlu Tidur 8 Jam SehariKebutuhan jam tidur setiap orang bisa berbeda-beda. Beberapa orang perlu lebih dari delapan jam dan sebagian lagi mungkin kurang dari itu. Jadi, bagaimana mengetahui apakah jam tidur kita sudah cukup atau belum? Menurut Robert Oexman, D.C. direktur Sleep to Live Institute, salah satu tanda Anda kekurangan tidur apabila langsung terlelap begitu naik ke tempat tidur.Pada orang yang siklus tidurnya normal, baru akan tertidur setelah 15 menit berbaring. Namun perlu diwaspadai bila Anda tidur kurang dari 5 jam sehari karena bisa meningkatkan risiko stroke, kerusakan tulang dan nyeri pada jantung.2. Lebih Banyak Tidur, Semakin BagusTerlalu banyak tidur sama bahayanya dengan kekurangan tidur. Dijelaskan Michael A. Grandner, Ph.D., insinyur psikiatri dan anggota Behavioral Sleep Medicine [...]

Cara Mengobati Nanah pada Gusi

Cara Mengobati Nanah pada Gusi

Jangan panik jika Anda menemukan nanah pada gusi. Lakukan langkah penanganan yang tepat untuk mengobatinya. Nanah bisa dikenali berupa cairan kental yang berwarna putih kekuningan, kuning ataupun kuning kecoklatan. Munculnya nanah lantaran area tertentu mengalami peradangan atau inflamasi saat terjadi infeksi. Infeksi Bakteri Pertumbuhan bakteri yang dibiarkan akan membentuk abses pada gigi, sehingga menyebabkan infeksi, akan menyebar ke area gusi sekitarnya. Hal ini akan memicu terjadinya pengumpulan nanah pada gusi. Abses tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Dokter gigi akan melakukan penanganan untuk mengatasi abses dengan mengeringkan nanah atau sekaligus mencabut gigi yang terinfeksi. Jika rasa sakit tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol ataupun ibuprofen yang dapat dibeli bebas. Namun, sebagian orang, membutuhkan obat pereda nyeri yang lebih kuat dan hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Setelah nanah sudah dikeluarkan, umumnya gejala yang dikeluhkan akan segera hilang. Sedangkan, jika abses pecah sebelum sempat ke dokter gigi, segera berkumur dengan air hangat untuk membersihkan mulut sekaligus mendorong keluarnya nanah hingga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *