Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

tes-awal-kehamilan-dengan-testpack-alodokter.jpg

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal.

Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan.

Jenis-jenis Tes Kehamilan

Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar.

Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal.

Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandingkan melakukan tes urine dengan testpack. Adapun tes kehamilan yang memakai sampel darah ada dua macam, darah hCG kualitatif dan darah hCG kuantitatif.

Pada tes darah hCG kualitatif, akan diketahui apakah tubuh memproduksi hCG atau tidak. Jika hCG diproduksi, berarti seseorang sedang hamil dan begitu pula sebaliknya. Sementara itu, tes darah hCG kuantitatif mengukur seberapa banyak level hCG dalam darah seseorang. Tes darah hCG kuantitatif sendiri dinilai lebih akurat dibandingkan dengan tes darah hCG kualitatif dan tes hCG dengan sampel urine.

Saat Terbaik Melakukan Tes Kehamilan

Banyak yang masih kebingungan mengenai kapan pemakaian testpack untuk mengetahui kehamilan pantas untuk dilakukan. Pada prinsipnya, tes kehamilan bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan haid.

Pada beberapa testpack yang memiliki sensitivitas tinggi, pengecekan bisa dilakukan sebelum seseorang mengalami terlambat datang bulan. Pemakaian testpack ada yang bisa dilakukan secepat delapan hari sejak pembuahan terjadi.

Pengecekan pun bisa dilakukan kapan saja tidak sebatas pagi hari. Anda hanya perlu menampung urine secukupnya untuk dijadikan sampel. Yang perlu dipastikan adalah jangan sampai sampel urine dan penampungnya tercemar oleh substansi lain, seperti sabun.

Begini Cara Memakai Testpack

Hampir semua merek testpack menginstruksikan hal yang sama dalam hal pemakaian. Beberapa merek mungkin menginstruksikan agar stik testpack bersentuhan dengan urine yang mengalir. Merek lain mungkin menyuruh pengguna menampung terlebih dahulu urine yang dijadikan sampel, lalu mencelupkan stik testpack. Merek lain mungkin menginstruksikan untuk mengambil urine yang ditampung dalam wadah dengan pipet dan diteteskan pada testpack.

Inti dari instruksi tersebut adalah mewajibkan stik testpack bersentuhan dengan urine yang dijadikan sampel. Setelah stik tersebut bersentuhan dengan urine, tunggu beberapa saat hingga garis dalam stik muncul.

Jika garis tambahan tersebut muncul, tidak peduli seberapa samar kemunculannya, maka bisa hampir selalu dipastikan bahwa Anda hamil. Namun jika tidak muncul juga, maka kemungkinannya adalah Anda memang tidak hamil, prosedur tes yang dilakukan keliru, atau testpack yang Anda gunakan rusak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan tes kembali seminggu setelah mendapatkan hasil tes negatif atau ke dokter untuk memastikannya.

Hasil negatif yang ditunjukkan testpack tidak selamanya menunjukkan bahwa Anda tidak hamil. Sebab ada sekitar 10 persen perempuan yang memiliki kadar hCG di bawah normal sehingga, meskipun sedang hamil, tetap tidak dideteksi oleh testpack. Oleh karena itu, pengulangan tes perlu dilakukan apalagi jika Anda tetap tidak mengalami datang bulan.

Jika hasilnya menunjukkan positif, namun ternyata Anda tidak hamil, hal tersebut bisa saja terkait dengan konsumsi obat yang mengandung hCG. Hal lain yang bisa menyebabkan hasil palsu, meski sangat jarang, adalah adanya tumor atau kondisi lain yang mengakibatkan meningkatnya kadar hormon hCG.

Untuk memastikan hasil testpack, sebaiknya ulangi pengecekan kehamilan beberapa hari kemudian dengan mengikuti instruksi pemakaian secara saksama. Pengulangan tes sebaiknya dilakukan untuk memastikan hasil awal. Untuk menghilangkan keraguan akan kepastian apakah hamil atau tidak, Anda bisa temui dokter kandungan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Penyebab Sakit Kepala yang Tak Terduga

5 Penyebab Sakit Kepala yang Tak Terduga

Anda sering mengalami sakit kepala? Ada beberapa faktor yang dapat memicu sakit kepala, misalnya stres dan hidung tersumbat atau yang biasa disebut sinusitis. Namun ternyata pola diet atau konsumsi makanan tertentu, juga memiliki kontribusi tersendiri terhadap sakit kepala. Berikut lima hal tak terduga yang dapat memicu sakit kepala seperti yang dilansir oleh Times of India.1. DietDr. Sunita Tube mengemukakan bahwa ternyata pola makan dan konsumsi makanan tertentu juga dapat memicu sakit kepala. Salah satu penyebab paling umum penyebab sakit kepala saat diet adalah, terjadinya perubahan pola makan dengan mengurangi asupan kalori secara tiba-tiba."Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika Anda menjalani diet dengan mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sepenuhnya. Selain itu, jika Anda melewatkan waktu makan, kondisi ini dapat memicu sakit kepala. Bahkan asupan air yang sangat rendah dapat memicu sakit kepala,? kata Niti Desai, konsultan gizi asal India.2. Kandungan TyramineTyramine bekerja dengan cara mengurangi kadar serotonin di otak dan mempengaruhi pelebaran pembuluh darah sehingga dapat memicu sakit kepala. Tyramine, salah satu jenis asam amino yang menyebab [...]

Olahraga untuk Anak

Olahraga untuk Anak

Oleh: dr. Sophia B. Hage Saat ini di dunia, prevalensi obesitas di anak-anak meningkat pesat. Meskipun faktor resiko obesitas bersifat multifaktorial, mayoritas faktor tersebut terkait dengan gaya hidup dan dapat diintervensi. Termasuk di dalamnya adalah jumlah waktu tidak aktif, dan frekuensi, intensitas, jumlah serta tipe aktivitas fisik yang dilakukan. Pada tahun 2012, Canadian Paediatric Society mengeluarkan rekomendasi panduan aktivitas fisik bagi anak-anak. Panduan ini menyebutkan bahwa anak-anak saat ini cenderung tidak aktif karena maraknya penggunaan televisi, komputer, dan video game di kalangan masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut mengakibatkan anak-anak lebih banyak duduk dan diam. Anak-anak yang menonton televisi lebih dari 2 jam sehari memiliki risiko dua kali lipat menjadi overweight atau obesitas daripada mereka yang menonton televisi 1 jam sehari. Anak-anak yang mempunyai televisi di kamar mereka bahkan memiliki resiko yang lebih tinggi lagi. Panduan berolahraga bagi anak-anak yang direkomendasikan oleh Canadian Paediatric Society adalah sebagai berikut: Untuk tumbuh kembang yang baik, bayi yang berusia kurang dari 1 tahun sebaiknya diberi waktu aktif beberapa [...]

Wanita Berperut Buncit Berisiko Mudah Migrain

Wanita Berperut Buncit Berisiko Mudah Migrain

Tahukah Anda bahwa orang yang memiliki lemak berlebih pada perutnya memiliki kemungkinan terkena migrain lebih mudah ketimbang mereka yang berperut rata? Penelitian yang dilakukan terhadap 22.211 anak muda dan orang dewasa di Amerika Serikat menunjukkan, orang yang memiliki berat badan berlebih atau perut buncit ternyata berisiko lebih tinggi terkena penyakit migrain.Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang lebih mudah terkena migrain, yaitu usia, jenis kelamin dan bagaimana cara tubuh mendistribusikan lemak. Orang yang berusia 20 sampai 50 tahun dan memiliki lingkar pinggang yang besar, cenderung lebih mudah terkena migrain dibandingkan dengan orang yang memiliki lingkar pinggang kecil.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah, wanita yang memiliki lemak berlebih di bagian perut memiliki risiko terkena migrain sebesar 37 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak, yaitu sebesar 29 persen. Sedangkan pada pria berusia 20 sampai 55 tahun dengan lemak berlebih di perut sebesar 20 persen, dibandingkan dengan yang tidak sebesar 16 persen.Bagi wanita dan pria yang berusia di atas 55 tahun, total lemak tubuhnya sudah tidak dapat dihubungkan lagi dengan migrain. Kare [...]

Demi Ibu yang Sakit Kanker, Pelajar Ini Lulus Sekolah Lebih Cepat

Demi Ibu yang Sakit Kanker, Pelajar Ini Lulus Sekolah Lebih Cepat

Upacara kelulusan merupakan momen penting bagi hampir semua pelajar, karena menjadi titik perubahan dalam hidupnya. Termasuk bagi Evie Shumaker, seorang murid senior di SMA yang akan segera merayakan kelulusannya.Namun lulusnya Evie dari sekolahnya di New Jersey sekaligus menjadi momen yang sangat mengharukan dalam hidupnya. Sang ibu, Melissa Shumaker, yang seharusnya menemani dan menyaksikan kelulusan putrinya itu justru terbaring tak berdaya di rumah sakit karena kanker yang menggerogoti tubuhnya.Kanker pankreas yang diderita Melissa sudah mencapai stadium akhir, dan tidak ada yang tahu apakah dia sempat melihat putrinya saat kelulusan nanti. Melihat kondisi Melissa dan komitmen Evie untuk menyelesaikan pendidikan hingga akhir, staf di Newarl Digital Academy, tempat ia bersekolah akhirnya mengambil inisiatif untuk mempercepat tanggal kelulusan.Secara teknis Evie akan resmi lulus pada Musim Semi tahun ini. Namun dia telah memenuhi persyaratan dan kredit semester yang diperlukan untuk lulus. Untuk memastikan Evie bisa berbagi momen bahagia bersama sang ibu, sejumlah petugas administrasi di sekolah memutuskan untuk mengadakan acara spesial khusus untuk Evie yang diadakan di kamar [...]

Mengenal Depresi Pasca-Melahirkan

Mengenal Depresi Pasca-Melahirkan

Depresi pasca?melahirkan umumnya dialami 10 persen dari para ibu yang baru saja melahirkan. Namun banyak wanita yang bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang mengalami kondisi ini. Depresi yang biasa terjadi pada enam minggu pertama setelah melahirkan ini berbeda dengan baby blues yang umumnya dapat mereda dalam hitungan hari atau minggu. Jika tidak ditangani dengan baik, depresi pasca-melahirkan dapat berlangsung dalam jangka panjang dengan akibat yang tidak kalah berbahaya dibandingkan bentuk depresi serius lainnya. Apa Saja Gejalanya? Banyak wanita yang kerap mengabaikan perasaan buruknya karena khawatir terlihat tidak bahagia setelah menjadi ibu hingga tanpa disadari, mereka mengalami depresi pasca-melahirkan. Oleh karena itu mengenali gejala depresi ini tidak hanya penting bagi calon ibu, tetapi juga sama halnya bagi para kerabat dan sahabat dekat. Gejala-gejala yang patut diwaspadai antara lain: Sulit untuk dekat dan akrab dengan bayi. Terus-menerus merasa sedih dan menangis tanpa alasan jelas. Mengabaikan diri sendiri, misalnya tidak mengganti baju atau mandi. Kehilangan rasa humor dan minat pada hal yang selama ini disukai. Terus-menerus merasa khawatir bahwa ada sesua [...]

4 Saran Dokter Puasa Ngga Gampang Sakit

4 Saran Dokter Puasa Ngga Gampang Sakit

Ramadhan merupakan bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Saat Ramadhan juga berarti saat untuk menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga. Puasa di bulan Ramadhan dapat juga meningkatkan risiko dehidrasi karena makanan dan minuman dibatasi sebelum sahur dan sesudah maghrib. Oleh karena itu ada beberapa saran kesehatan tepat yang dapat membantu melancarkan ibadah puasa Anda: 4 Saran Dokter Puasa Ngga Gampang Sakit Ramadhan merupakan bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Saat Ramadhan juga berarti saat untuk menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga. Puasa di bulan Ramadhan dapat juga meningkatkan risiko dehidrasi karena makanan dan minuman dibatasi sebelum sahur dan sesudah maghrib. Oleh karena itu ada beberapa saran kesehatan tepat yang dapat membantu melancarkan ibadah puasa Anda: 1. Jangan Melewatkan Santap Sahur Seperti ibarat pepatah, makan pagi merupakan waktu makan yang terpenting sepanjang hari. Terlebih dalam bulan Ramadhan, hal ini menjadi sangatlah penting. Jika Anda melewatkan santap sahur, maka tubuh Anda akan mengalami waktu puasa ya [...]

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Von Willebrand (VWF) adalah gangguan pada perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan protein yang paling banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit turunan atau keluarga. Jenis penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF). Ini adalah protein dalam darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Gen yang membuat VWF bekerja pada dua jenis sel, yaitu : sel endotel yaitu yang melapisi pembulu darah trombosit Jika tidak terdapat cukup VWF dalam darah, atau tidak bekeja dengan baik, maka dalam proses pembekuan darah memerlukan waktu yang lebih lama. Dalam tubuh darah diangkut ke pembuluh darah. Jika ada cedara jaringan, terjadi kerusakan pembuluh darah dan akan menyebabkan kebocoran darah melalui lubang pada dinding pembuluh darah tersebut. Pembuluh dapat rusak dekat permukaan seperti saat terpotong. Atau ia dapat rusak di bagian dalam tubuh sehingga terjadi memar atau perdarahan dalam. Mengenal Penyakit Von Willebrand Trombosit adalah sel kecil yang beredar dalam darah. Setiap trombosit berukuran garis tengah kurang dari 1/10,000 centimeter. Terdapat 150 sampai 400 miliar trombosit dalam satu liter dara [...]

Mari Berpelukan di Hari Berpelukan Sedunia

Mari Berpelukan di Hari Berpelukan Sedunia

Sudahkah Anda berpelukan dengan orang tersayang hari ini? Jika belum, segeralah peluk mereka yang Anda kasihi. Selain karena berpelukan memiliki sejumlah manfaat, seperti menguatkan ikatan antar dua orang yang bersangkutan, hari ini, Rabu (21/1/2014) merupakan Hari Berpelukan Sedunia.Di Indonesia, Hari Berpelukan mungkin belum terlalu familiar. Namun di Amerika Serikat perayaan ini telah dimulai sejak 1986. Kevin Zaborney adalah orang di balik hari tersebut. Kala itu ia melihat bahwa orang-orang di negaranya cenderung malu untuk menunjukkan kasih sayang di depan umum. Berbeda dengan masyarakat Prancis yang menurut studi tiga kali lebih 'mesra' dari pada warga Amerika. Kevin pun berniat untuk mengubah budaya itu.Dikutip dari Medicaldaily, demi mempopulerkan gestur tersebut Kevin mendedikasikan satu hari khusus untuk berpelukan. Dipilihnya 21 Januari karena tanggal tersebut berada di tengah-tengah Natal serta tahun baru dan hari Valentine. 21 Januari juga jatuh pada puncak musim dingin di mana biasanya semangat orang-orang sedikit menurun.Sejak saat itu, Hari Berpelukan Sedunia menyebar ke seluruh dunia dan dianggap sebagai sebuah hari yang patut diperingati. Di Amerika sendiri Ha [...]

Begini Wajah Anda 20 Tahun ke Depan Jika Tidak Berhenti Merokok

Begini Wajah Anda 20 Tahun ke Depan Jika Tidak Berhenti Merokok

Merokok bisa merusak kesehatan dan tampilan kulit jadi lebih tua. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak bisa lepas dari kecanduan menghisap batangan mengandung nikotin ini.Nah, teknologi yang satu ini mungkin bisa membantu orang untuk berhenti merokok. Aplikasi smartphone terbaru telah diciptakan untuk menunjukkan pada para perkokok berat, akan seperti apa penampilan mereka di masa depan jika terus merokok.Aplikasi tersebut dapat memperlihatkan kerusakan kulit dan wajah akibat 4.000 bahan kimia yang ditemukan di setiap batang rokok, dalam 20 tahun ke depan. Diproduksi oleh NHS, aplikasi bernama Smoking Time Machine tersebut sengaja didesain untuk mendorong anak muda agar berhenti merokok sebelum terlambat.Kate Norman dari Cumbria Partnership NHS Trust, seperti dikutip dari Daily Mail mengatakan, "Anak muda dan remaja tidak terlalu peduli dengan konsekuensi yang mereka dapat akibat merokok seperti kanker dan penyakit paru-paru. Aplikasi ini menggunakan foto mereka dan menunjukkan bagaimana wajah mereka nantinya."Jika ingin tahu efek negatif yang terjadi akibat rokok, pengguna aplikasi harus memotret wajah mereka. Aplikasi tersebut kemudian 'memajukan' umur mereka 20 tahun d [...]

Perawatan Wajah Pada Wanita Aktif

Perawatan Wajah Pada Wanita Aktif

Perawatan wajah pada wanita aktif agar tetap sehat merona adalah penting bagi seorang wanita, karena selalu tampil cantk merupakan nilai kebanggaan tersendiri bagi setiap wanita. Kulit penting dirawat sejak dini, dimana perawatan kulit sebaiknya mulai dilakukan sejak masih akil balik. Bagi wanita berusia 30 tahun ke atas, perawatan kulit harus dilakukan karena pada usia itu kulit mulai memasuki tahap penuaan, karena kulit memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Selain sebagai estetika penampilan, kulit juga berfungsi untuk pertahanan dan pelindung tubuh. Kulit juga mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh dan mengatur suhu badan, yakni dengan pengeluaran keringat. Kulit juga menjadi tempat pembentukan vitamin D yang berguna untuk tulang. Proses penuaan kulit bukan cuma terjadi lantaran bertambahnya usia. Kalangan usia muda bisa cepat kelihatan tua akibat ekses photoaging. Photoaging adalah proses kerusakan kulit dari ekses sinar matahari langsung. Sinar ultra violet (UVB: ultra violet ?Bad?, dan UVA: ultra violet "Aging") bekerja menghancurkan pasokan collagen dan elastin kulit di dalam dermis. Untuk melakukan perawatan kulit secara benar, setiap orang dianjurkan agar meng [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *