Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

tes-awal-kehamilan-dengan-testpack-alodokter.jpg

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal.

Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim.

Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan.

Jenis-jenis Tes Kehamilan

Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar.

Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal.

Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandingkan melakukan tes urine dengan testpack. Adapun tes kehamilan yang memakai sampel darah ada dua macam, darah hCG kualitatif dan darah hCG kuantitatif.

Pada tes darah hCG kualitatif, akan diketahui apakah tubuh memproduksi hCG atau tidak. Jika hCG diproduksi, berarti seseorang sedang hamil dan begitu pula sebaliknya. Sementara itu, tes darah hCG kuantitatif mengukur seberapa banyak level hCG dalam darah seseorang. Tes darah hCG kuantitatif sendiri dinilai lebih akurat dibandingkan dengan tes darah hCG kualitatif dan tes hCG dengan sampel urine.

Saat Terbaik Melakukan Tes Kehamilan

Banyak yang masih kebingungan mengenai kapan pemakaian testpack untuk mengetahui kehamilan pantas untuk dilakukan. Pada prinsipnya, tes kehamilan bisa dilakukan sesegera mungkin, bahkan pada hari pertama seseorang mengalami keterlambatan haid.

Pada beberapa testpack yang memiliki sensitivitas tinggi, pengecekan bisa dilakukan sebelum seseorang mengalami terlambat datang bulan. Pemakaian testpack ada yang bisa dilakukan secepat delapan hari sejak pembuahan terjadi.

Pengecekan pun bisa dilakukan kapan saja tidak sebatas pagi hari. Anda hanya perlu menampung urine secukupnya untuk dijadikan sampel. Yang perlu dipastikan adalah jangan sampai sampel urine dan penampungnya tercemar oleh substansi lain, seperti sabun.

Begini Cara Memakai Testpack

Hampir semua merek testpack menginstruksikan hal yang sama dalam hal pemakaian. Beberapa merek mungkin menginstruksikan agar stik testpack bersentuhan dengan urine yang mengalir. Merek lain mungkin menyuruh pengguna menampung terlebih dahulu urine yang dijadikan sampel, lalu mencelupkan stik testpack. Merek lain mungkin menginstruksikan untuk mengambil urine yang ditampung dalam wadah dengan pipet dan diteteskan pada testpack.

Inti dari instruksi tersebut adalah mewajibkan stik testpack bersentuhan dengan urine yang dijadikan sampel. Setelah stik tersebut bersentuhan dengan urine, tunggu beberapa saat hingga garis dalam stik muncul.

Jika garis tambahan tersebut muncul, tidak peduli seberapa samar kemunculannya, maka bisa hampir selalu dipastikan bahwa Anda hamil. Namun jika tidak muncul juga, maka kemungkinannya adalah Anda memang tidak hamil, prosedur tes yang dilakukan keliru, atau testpack yang Anda gunakan rusak. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan tes kembali seminggu setelah mendapatkan hasil tes negatif atau ke dokter untuk memastikannya.

Hasil negatif yang ditunjukkan testpack tidak selamanya menunjukkan bahwa Anda tidak hamil. Sebab ada sekitar 10 persen perempuan yang memiliki kadar hCG di bawah normal sehingga, meskipun sedang hamil, tetap tidak dideteksi oleh testpack. Oleh karena itu, pengulangan tes perlu dilakukan apalagi jika Anda tetap tidak mengalami datang bulan.

Jika hasilnya menunjukkan positif, namun ternyata Anda tidak hamil, hal tersebut bisa saja terkait dengan konsumsi obat yang mengandung hCG. Hal lain yang bisa menyebabkan hasil palsu, meski sangat jarang, adalah adanya tumor atau kondisi lain yang mengakibatkan meningkatnya kadar hormon hCG.

Untuk memastikan hasil testpack, sebaiknya ulangi pengecekan kehamilan beberapa hari kemudian dengan mengikuti instruksi pemakaian secara saksama. Pengulangan tes sebaiknya dilakukan untuk memastikan hasil awal. Untuk menghilangkan keraguan akan kepastian apakah hamil atau tidak, Anda bisa temui dokter kandungan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Memperbesar Payudara dengan Implan

Cara Memperbesar Payudara dengan Implan

Dewasa ini semua hal dapat dilakukan demi mendapatkan estetika tubuh. Salah satu diantaranya adalah untuk mendapatkan bentuk payudara yang didambakan. Ukuran payudara memang relatif dan acapkali berbenturan dengan persoalan selera. Karena tidak dapat dipungkiri, segala usaha 'koreksi' organ payudara yang mayoritas dilakukan kaum hawa ini semata untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai selera. Salah satu menyesuaikan bentuk dan ukuran payudara yang ada adalah melalui tindakan implan payudara. Pun, dalam prosesnya penanaman implan di payudara memiliki dua jenis implan. Yakni implan payudara saline dan implan payudara silikon. Apa perbedaan antara implan payudara saline dan silikon? Apa Perbedaan Antara Implan Payudara Saline dan Silikon? Implan payudara, baik saline maupun silikon, keduanya sama-sama terbungkus oleh kantung silikon, hanya berbeda bahan dan konsistensinya saja. Saline Implan payudara berbahan saline terdiri dari cairan garam steril. Ketika dimasukkan ke dalam payudara, implan payudara berbahan saline kosong dan kemudian diisi di dalam payudara Silikon Implan payudara berbahan silikon terdiri dari silikon gel, yaitu suatu cairan tebal [...]

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. Hubungan Seksual Pada Saat Masa Kehamilan Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. [...]

Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri. Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka S [...]

5 Dampak Negatif AC Terhadap Kesehatan Tubuh

5 Dampak Negatif AC Terhadap Kesehatan Tubuh

Di iklim tropis seperti Indonesia, pendingin udara atau Air Conditioner (AC) dirasa penting bagi sebagian besar orang. Bahkan AC hampir digunakan setiap saat, baik di rumah dan di kantor.Tetapi tahukan Anda bahwa ternyata AC punya dampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari globaltvedmonton, berikut lima dampak negatif AC terhadap kesehatan tubuh.1. Terkena Penyakit & Kelelahan RutinPenelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu bekerja dalam ruangan ber-AC memiliki kemungkinan untuk mengalami sakit kepala kronis dan rasa lelah yang terus menerus terjadi. Mereka yang bekerja di dalam gedung terus menerus terkena udara dingin sehingga mungkin alami iritasi membran mukosa dan kesulitan bernapas. Hal itu membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu dan penyakit lainnya.2. Kulit KeringBerjam-jam menghabiskan waktu di lingkungan ber-AC dapat menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembaban. Apalagi jika Anda tidak membantu kelembaban kulit dengan mengaplikasikan lotion. Beberapa kasus kulit kering yang parah bisa mengakibatkan eksim atau penyakit kulit lainnya.3. Membuat Kondisi Penyakit Semakin ParahPendingin udara dengan sistem sentral diketahui dapat membua [...]

Dampak Negatif yang Didapat Tubuh Usai Liburan Panjang

Dampak Negatif yang Didapat Tubuh Usai Liburan Panjang

Bagi kebanyakan orang, waktu liburan panjang sangat menyenangkan karena dapat pergi berwisata atau sekedar beristirahat dan melepas penat. Namun ternyata, ada dampak negatif yang didapat oleh tubuh setelah seseorang selesai berlibur. Apakah itu?1. Buat Otak Kurang ProduktifSejak tahun 2004 hingga 2008, The Hartford, sebuah perusahaan asuransi di Connecticut melakukan survei dan menganalisa lebih dari 1 juta kasus kemunduran otak atau short-term disability akibat liburan panjang. Para pakar menduga hal itu disebabkan karena ketika liburan otak jarang diasah.Di Amerika, short-term disability diketahui banyak terjadi pada bulan November dan Desember. Namun pada bulan Januari dan Februari, penyakit kemunduran otak sesaat itu justru diikuti dengan berbagai penyakit seperti depresi, sakit pernapasan dan luka-luka. Sebanyak dua pertiga partisipan diketahui mengalami gejala tersebut.Gejala seperti itu bukan sesuatu yang aneh, karena pada saat itu suhu cuaca rendah akibat musim dingin bisa bantu tingkatkan risiko flu, batuk, gangguan pernapasan, kecelakaan dan depresi. Ketimbang musim panas, masalah pernafasan terjadi dua kali lebih banyak pada musim dingin. Mereka yang punya masalah per [...]

Delapan Mitos Mata Menyesatkan

Delapan Mitos Mata Menyesatkan

Mitos mengenai penyakit mata dan pengobatannya telah lama beredar di tengah masyarakat Indonesia. Mitos ini disampaikan dari generasi ke generasi sehingga sebagian besar masyarakat percaya akan mitos tersebut. Fakta mengenai mitos-mitos tersebut penting untuk diketahui agar masyarakat memiliki persepsi dan pemahaman yang tepat mengenai penyakit mata. Berikut ini kami akan mengupas beberapa fakta dari mitos seputar penyakit mata yang telah lama beredar di masyarakat. 1. Bintitan Timbul Karena Sering Mengintip Tidak Benar Bintitan atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama hordeolum sebenarnya merupakan suatu infeksi pada kelenjar yang terdapat di kelopak mata. Umumnya infeksi ini disebabkan oleh suatu mikroorganisme yang dikenal dengan nama Staphylococcus aureus. Jika kelenjar di kelopak mata ini terinfeksi oleh bakteri tersebut maka akan terbentuk bisul. Bisul pada kelopak mata inilah yang oleh masyarakat dikenal sebagai bintitan. Penyakit ini biasanya akan sembuh sendiri dalam 1-2 minggu. Namun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan antara lain dengan tetap menjaga kebersihan kelopak mata dan memberikan kompres hangat 4x/hari masing-masing s [...]

Diet Tinggi Protein, Amankah?

Diet Tinggi Protein, Amankah?

Menurunkan berat badan hanya dengan makan steak, burger, keju dan sosis? Terdengar sangat menyenangkan bukan? Namun, berhati-hatilah jika Anda menjalani pola diet tinggi protein. Karena sudah saatnya Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini: Berapa banyak protein yang dibutuhkan? Kebanyakan orang mendapatkan 12-18% kalori mereka dari protein. Dengan diet tinggi protein, kalori yang didapatkan tentu akan jauh lebih banyak. Kebanyakan dari mereka yang menjalani diet tinggi protein memperoleh sumber protein dari protein hewani seperti daging, telur dan keju. Bagaimana kerja diet tinggi protein? Ketika Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat, Anda akan kehilangan berat badan lebih cepat karena Anda kehilangan air. Jadi, tanpa tambahan karbohidrat, tubuh akan membakar lemak lebih cepat untuk menjadi energi. Hal ini disebut juga dengan ketosis. Namun ketosis sendiri dapat menyebabkan nyeri kepala, gelisah, mual, gangguan ginjal dan berdebar-debar. Apakah diet tinggi protein aman? Berikut penjelasannya: Amankah Diet Tinggi Protein? American Heart Association sendiri tidak merekomendasikan diet tinggi protein. Mengkonsumsi daging berlemak dan produk olahan [...]

Kena Batuk? Tentukan Obatnya dengan Ketahui Gejalanya

Kena Batuk? Tentukan Obatnya dengan Ketahui Gejalanya

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dianggap biasa oleh banyak masyarakat, karena pada dasarnya penyakit ini pernah dialami oleh setiap orang dan penyembuhaannya pun banyak variasi caranya. Beberapa orang menganggap penyakit batuk merupakan penyakit yang biasa karena tidak menimbulkan efek yang terlihat oleh kasat mata dimana penyakit yang dialami merupakan jenis batuk ringan. Mengingat hal tersebut, disini akan dibahas beberapa tipe penyakit batuk dan penyembuhannya karena pada dasaranya penyakit ini jangan dianggap enteng. Beberapa hal yang menjadikan alasan untuk tidak menggangap batuk sebagai penyakit yang biasa yaitu Dalam tingkatan batuk ringan, batuk dapat menggangu penampilan anda. Bayangkan ketika anda sedang berkumpul dengan teman-teman dan anda disibukkan dengan batuk anda tentunya hal tersebut sangat menggangu. Batuk ringan juga sangat mengganggu waktu anda istirahat, batuk selalu datang saat malam dimana anda sedang tidur. Bukan hanya mengganggu diri anda sendiri, bahkan orang lain Bayangkan seseorang yang ada disamping anda atau bahkan orang yang sedang istirahat di ruangan lainnya. Suara dari batuk itu sendiri sangat menggangu ketenangan istirahat o [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *