Tetap Fit Saat Lebaran dan Mudik dengan Konsumsi Saripati Ayam

Banner-klik-dokter.gif

?Lebaran sebentar lagi… Lebaran sebentar lagi…? Tak terasa hampir sebulan sudah kita berpuasa. Hari kemenangan sudah dekat di depan mata. Hari yang dinanti-nantikan ini identik dengan halal-bihalal antar saudara dan kerabat serta tak lupa ritual mudik.

Saat lebaran dan mudik berbagai masalah kesehatan dapat muncul seperti kambuhnya penyakit kronis (diabetes, hipertensi, kolesterol, asam urat), gangguan pencernaan (diare, maag, thypoid) serta keluhan-keluhan akibat kelelahan seperti pegal-pegal, radang tenggorok, flu, dan lain sebagainya. Bila kita tidak pintar menjaga kesehatan maka ditakutkan kita bisa jatuh dalam kondisi sakit.

Saripati ayam disinyalir memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Saripati ayam sudah lama digunakan dan dipercaya karena kandungannya yang tinggi protein, rendah gula dan lemak. Saripati ayam dapat menjadi salah satu solusi menjaga kesehatan tubuh saat lebaran terutama saat mudik.

Beberapa manfaat kesehatan dengan mengkonsumsi saripati ayam:

  1. Mengurangi stress dan kelelahan
    Kelelahan dan stres merupakan salah satu keluhan utama yang dirasakan saat lebaran dan mudik, baik sebagai penumpang dan sebagai pengendara kendaraan beroda saat mudik ataupun kelelahan akibat padatnya jadwal silahturahmi. Kaldu ayam dapat mengurangi stress dan kelelahan dengan menurunkan kadar hormon stress (kortisol) dalam darah. Hal ini berhubungan dengan adanya kandungan carnosine dan anserine dalam kaldu ayam yang secara langsung dan tidak langsung membantu mempercepat metabolisme kortisol.
  2. Menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah
    Siapa sih yang tidak tergoda dengan hidangan istimewa sat lebaran? Hidangan manis seperti kue lebaran, es buah, minuman-minuman manis serta makanan kaya garam, santan dan lemak jika berlebihan dpat menjadi bumerang bagi penderita penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Saripati ayam dapat menurunkan kadar gula darah.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Akibat kelelahan, stres dan kurangnya istirahat saat lebaran dapat menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh kita sehingga mudah sekali terserang penyakit. Penyakit yang paling sering dikeluhkan adalah penyakit yang berhubungan dengan saluran napas atas seperti flu, radang tenggorok dan batuk. Sebuah penelitian oleh Man and others (2005) menunjukan bahwa saripati ayam dapat meningkatkan kadar serum imunoglobulin (antibodi) pada hewan normal dan stres.

Ayam, Sumber Nutrisi Kaya Peptida

Dari sebuah penelitian yang di terbitkan di Journal of Physiological Anthropology, Jumat (28/2/2014), para peneliti menunjukkan bahwa daging ayam mengandung beberapa peptida penting yang berguna untuk menjaga fungsi otak. Seperti disebutkan dalam jurnal tersebut, di antaranya adalah CAR dan ANS.

Menurut para peneliti, asam amino yang terkandung dalam peptida tersebut dibutuhkan untuk mensitesis cerebral neurotransmitter. Makin banyak neurotransmitter terbentuk, kebugaran otak akan semakin terjaga sehingga tidak mudah kehilangan konsentrasi

Selain manfaat-manfaat di atas, saripati ayam juga baik untuk mengatasi kecemasan, memperbaiki metabolisme tubuh, meningkatkan produksi ASI saat menyusui pasca melahirkan.

Nah, melihat banyaknya manfaat saripati ayam bagi kesehatan, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengkonsumsi saripati ayam saat lebaran dan mudik. Tubuh sehat! Hati senang! Selamat mudik dan berlebaran!

di laman utama website kami.[](AAS)

Ditulis oleh:

dr: Anita Amalia S

Anggota Redaksi Medis

PeduliSehat.info

Sumber:

N Hajime, Harada M, dkk. Effects of Chicken Extract on The Recovery from Fatigue Cause by Mental Workload. Institute for Fundamental Research., Institute for Biomedical Research, Suntory Ltd., Faculty of Biology, University Kristen Satya Wacana., Dept. of Psychology, Kwansei Gakuin University. September 2001.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Permainan Aktif Dapat Meningkatkan Aktivitas Fisik Anak

Permainan Aktif Dapat Meningkatkan Aktivitas Fisik Anak

Banyak penelitian yang telah membuktikan tentang beberapa manfaat dari adanya aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak. Namun, tentu tidak mudah bagi Anda untuk mengajak anak beraktivitas fisik, sementara berbagai permainan online semakin marak dimainkan oleh anak-anak. Studi terbaru menemukan bahwa dengan menawarkan berbagai permainan aktif dalam waktu luang anak dapat meningkatkan aktivitas fisik anak-anak saat ini, tetapi strategi tersebut perlu disesuaikan menurut jenis kelamin mereka. Penelitian ini melibatkan sebelas grup, masing-masing grup terdiri dari anak-anak berusia 10 sampai 11 tahun dari 4 sekolah dasar di Bristol, UK. Fokus penelitian ini adalah; 1) persepsi ?bermain? bagi anak-anak, 2) berapa banyak dari permainan mereka yang termasuk permainan aktif, 3) konteks dari permainan aktif anak-anak. Peneliti menemukan persepsi anak tentang bentuk permainan seperti apa yang mereka mainkan pada umumnya, dan pengelompokkan perilaku aktif dan pasif secara fisik. Anak-anak yang berusia 10 sampai 11 tahun melaporkan bahwa mereka sering terlibat dalam permainan aktif yang diajarkan oleh generasi mereka sebelumnya, dan yang ternilai bermanfaat secara fisik dan juga sosial. Rowan [...]

Pegagan Khasiat Alaminya Bisa Menghilangkan Jerawat Loo..

Pegagan Khasiat Alaminya Bisa Menghilangkan Jerawat Loo..

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dihadapi oleh hampir setiap orang. Selain rasa yang kurang nyama, terkadang juga menimbulkan rasa sakit. Selain itu tentunya juga sangat menggangu penampilan. Dengan berbagai macam latar belakang yang mendukung timbulnya jerawat, penyembuhannya pun juga sangat bervariasi. Banyak kalangan remaja hingga dewasa mengalami tumbuhnya jerawat pada kulit. Terutama pada kulit wajah. Jerawat yang timbul disebabkan dari berbagai pemicu yang berbeda-beda. Ada yang mengalami tumbuhnya jerawat pada kulit karena kulit berminyak sehingga berpotensi untuk tumbuhnya jerawat, karena pola makan yang kurang sehat juga dapat menyebabkan jerawat, makanan yang biasanya menyebabkan timbulnya jerawat adalah bahan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging ayam, kacang-kacangan, susu, telur dan sabagainya. Hal lain yang dapat memicu timbulnya jerawat adalah dengan perawatan kulit yang kurang bersih. Selain itu juga dapat dipengaruhi oleh hormon yang terdapat pada diri seseorang dengan tingakatan yang berbeda-beda. Penyembuhan tidak dapat dilakukan dengan mudah memang.. Banyak yang melakukan perawatan menggunakan dokter kecantikan dengan [...]

Benarkah Payudara yang Kecil Tidak Dapat Menyusui?

Benarkah Payudara yang Kecil Tidak Dapat Menyusui?

Banyak wanita yang merasa bahwa ukuran payudara berpengaruh terhadap kesuksesan saat mereka dalam program menyusui anak nantinya. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena ukuran payudara seseorang tidak berhubungan dengan produksi ASI. Proses menyusui dalam istilah medis dikenal dengan proses laktasi yaitu proses produksi, sekresi, pengeluaran ASI sampai proses bayi menghisap dan menelan ASI. Perlu diketahui bahwa ukuran payudara dipengaruhi oleh faktor jaringan lemak didalamnya dimana jaringan lemak ini tidak mempunyai peran sama sekali dalam proses laktasi. Jadi pada intinya, ukuran payudara TIDAK BERPENGARUH pada kelancaran pemberian ASI. Namun demikian, ada beberapa faktor yang memegang peranan penting dalam kelancaran pemberian ASI, diantaranya: Faktor Kelancaran ASI: Berikut faktor yang berperan dalam proses laktasi (menyusui): Anatomi payudara Pada payudara terdapat fungsi untuk duktus laktiferus yang berfungsi untuk mengalirkan ASI, di ujung duktus terdapat tempat untuk memproduksi ASI yang dinamakan alveoli. Alveoli dan duktus dikelilingi oleh jaringan penyangga dan lemak. Hormon Faktor yang paling berperan dalam proses laktasi adalah pengaruh da [...]

Pilih Obat Sesuai Jenis Batuk

Pilih Obat Sesuai Jenis Batuk

Tidak semua batuk membutuhkan pengobatan. Pada umumnya, batuk bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, terutama batuk yang disebabkan oleh flu. Namun, batuk tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas atau waktu tidur. Obat batuk bisa membantu Anda meredakan gejala. Sebelum membeli obat batuk, penting bagi Anda untuk mengenali dulu jenis-jenisnya. Obat batuk ada yang bisa dibeli tanpa resep dokter, dan ada juga yang harus melalui resep dokter. Obat batuk yang bisa dibeli tanpa resep dokter terdiri dari dua jenis, yaitu: Antitusif Antitusif bekerja dengan menekan refleks batuk. Pada umumnya, obat batuk antitusif mengandung dextromethorphan dan hanya digunakan untuk batuk kering tanpa dahak. Saat ini obat dextromethorphan tidak dapat dibeli secara terpisah, namun sudah dalam bentuk kombinasi dengan obat antihistamin dan/atau dekongestan. Ekspektoran Ekspektoran bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran napas. Ekspektoran mengandung guaifenesin. Dahak merupakan benda asing yang memicu batuk, jika dahak keluar maka batukpun akan mereda. Sama halnya dengan antitusif, obat batuk ekspektoran juga biasanya tersedia dalam bentuk kom [...]

Gara-gara Anjing, Wanita Ini Sembuh dari Anoreksia

Gara-gara Anjing, Wanita Ini Sembuh dari Anoreksia

Tricia Webb merupakan wanita asal Inggris yang mengidap anoreksia cukup parah. Wanita berusia 35 tahun itu benar-benar kurus kering bagaikan tengkorak terbungkus kulit. Hii!Saat itu berat badan Tricia hanya 28,35 kg. Iapun harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami kolaps. Bahkan, tulang-tulangnya yang rapuh tak mampu lagi menahan bobot tubuhnya itu. Wanita berambut pendek ini juga pernah mematahkan tulang bahunya sendiri dan pingsan. Namun kini, hidup Tricia sudah berubah total. Ia berhasil menambah berat tubuhnya sebanyak 18 kg. Tricia pun sudah keluar dari rumah sakit selama satu bulan terakhir ini. Sembuhnya Tricia dari penyakit anoreksia ini ternyata gara-gara empat ekor anjingnya yang berjenis Cavalier King Charles spaniels. Bagaimana bisa?"Anjing-anjing saya ini mengubah hidup saya. Mereka menyelamatkan saya dari kematian," jelas Tricia yang sudah 20 tahun berjuang melawan anoreksia, seperti dikutip dari Daily Mail. Keempat anjing Tricia berusia antara 7 - 9 tahun. Anjing-anjingnya itu bernama Tyler, Bodie, Max, dan Sam. Tricia mengaku, bahwa binatang peliharaannya itu merupakan alasannya untuk hidup. "Tanpa kunjungan rutin mereka (keempat anjingnya) ke pusat rehabil [...]

6 Khasiat Cokelat untuk Tubuh

6 Khasiat Cokelat untuk Tubuh

Apakah Anda termasuk penggemar cokelat? Jika iya, jenis cokelat apa yang menjadi favorit Anda? Apakah cokelat susu ataukah cokelat hitam? Beberapa orang menghindari konsumsi cokelat karena takut mengalami kegemukan. Padahal tidak semua jenis cokelat menyebabkan gemuk, contohnya cokelat hitam. Walaupun rasanya lebih pahit daripada cokelat susu, namun ternyata keunggulan cokelat hitam jauh lebih banyak. Cokelat hitam justru akan menurunkan kadar asam lemak dalam darah Anda. Selain itu, cokelat hitam juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat Anda dan menaikkan kadar kolesterol baik Anda. Menurut penelitian, cokelat mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya: 1. Mencegah stroke Sudah tidak sedikit penelitian yang memaparkan keuntungan manfaat cokelat terhadap kesehatan pembuluh darah dan peredaran darah. Sebuah penelitian melaporkan, orang yang mengkonsumsi cokelat 1,8 ons per minggu terbukti risiko terkena stroke lebih rendah 17% daripada orang yang mengkonsumsi cokelat hanya 0,4 ons per minggu. Jadi, cokelat selain dimakannya menyenangkan, dapat juga sekaligus membuat Anda terhindar serangan stroke. Klik 'next' untuk mengetahui bagaimana cokela [...]

Manfaat Memakan Camilan Sehat Saat di Kantor

Manfaat Memakan Camilan Sehat Saat di Kantor

Memakan camilan di kantor tak selamanya bisa berakibat buruk. Namun pastikan terlebih dulu camilan yang dimakan adalah camilan sehat. Hindari memilih makanan cepat saji seperti mie instan atau snack dalam kemasan yang banyak mengandung kalori, garam, lemak dan gula.Mengonsumsi makanan camilan yang padat nutrisi justru dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral serta meningkatkan produktivitas saat bekerja. Seperti yang dikutip dari Livestrong, berikut manfaat mengonsumsi camilan sehat saat berada di kantor.1. Meningkatkan ProduktivitasDengan memakan camilan sehat berarti Anda mengisi otak dengan bahan bakar secara berkala sehingga meningkatkan konstrasi dan akhirnya berpengaruh pada produktivitas. Karbohidrat kompleks menawarkan energi tambahan untuk sel-sel otak yang memungkinkan seseorang bekerja lebih keras dan efisien. karbohidrat kompleks bisa ditemui di dalam buah-buahan, sayuran, dan makanan mengandung gandum.2. Mengontrol Berat BadanBanyak orang yang berpikir bahwa camilan bisa membuat berat badan naik. Tapi tahukah Anda bahwa 'ngemil' di antara waktu makan siang dan malam justru bisa mengontrol nafsu makan? Memakan makan seperti yoghurt rendah lemak, buah-b [...]

Penanganan Osteoartritis pada Obesitas

Penanganan Osteoartritis pada Obesitas

Obesitas merupakan kondisi medis paling serius yang kasusnya semakin meningkat dan memicu perkembangan berbagai penyakit kronis. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko yang jelas terhadap penyakit osteoartritis (OA). Wanita yang obesitas berisiko mengalami OA 4 kali lebih besar dibandingkan mereka yang tidak obesitas. Sementara pria memiliki risiko 5 kali lebih besar. Lutut dan panggul merupakan daerah persendian yang menahan beban tubuh, sehingga semakin berat beban yang ditopang, semakin besar beban kerja sendi tersebut?yang meningkatkan risiko seseorang mengalami OA. Kelebihan berat badan sebanyak 5 kg akan dirasakan oleh lutut sebagai beban 15-30 kg dalam setiap langkah. Selain itu, individu yang obesitas cenderung memiliki postur tubuh dan langkah kaki yang tidak sehat, yang ikut memicu terjadinya OA. Pada OA dengan obesitas, pengobatan dapat dilakukan melalui pendekatan bedah dan non bedah. Pendekatan nonbedah berupa terapi farmakologis, yakni obat-obatan antinyeri dan antiradang, terapi fisik, alat bantu, pengaturan nutrisi dan diet seimbang, ditambah dengan aktivitas fisik dengan tujuan menurunkan berat badan. Kombinasi aktivitas fisik, pengaturan nutrisi, dan penuru [...]

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

5 Penyakit yang Disebabkan oleh Fast Food

Makanan cepat saji bisa jadi merupakan penemuan terbaik bagi mereka yang mencari kenyamanan dan kecepatan saat memilih makanan. Namun, makanan cepat saji ini juga disalahkan sebagai penyebab masalah kesehatan yang semakin banyak. Saat ini, beberapa negara sudah melarang masyarakatnya untuk membeli makanan cepat saji, terutama bagi masyarakat yang memiliki berat badan lebih. Kita sudah sering dengar bagaimana himbauan risiko kesehatan pada bahayanya makanan cepat saji. Tapi sebenarnya apa saja sih bahaya persisnya? Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: Makanan Cepat Saji dan Bahaya Kesehatan Bagi Tubuh Kita Berikut ini adalah masalah kesehatan utama yang paling banyak disebabkan oleh makanan cepat saji: 1. Obesitas Makanan cepat saji memiliki kalori yang besar. Seringkali anak-anak diberikan porsi dewasa saat membeli makanan ini. Sekalipun beberapa restoran menyediakan porsi untuk anak-anak, tetap saja kalorinya cenderung lebih besar. Selain itu, makanan cepat saji sangat rendah serat, tinggi gula dan garam. Hal ini menyebabkan kita tidak cepat merasa kenyang, ingin makan lebih banyak lagi dan akhirnya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *