Tetap Fit Saat Lebaran dan Mudik dengan Konsumsi Saripati Ayam

Banner-klik-dokter.gif

?Lebaran sebentar lagi… Lebaran sebentar lagi…? Tak terasa hampir sebulan sudah kita berpuasa. Hari kemenangan sudah dekat di depan mata. Hari yang dinanti-nantikan ini identik dengan halal-bihalal antar saudara dan kerabat serta tak lupa ritual mudik.

Saat lebaran dan mudik berbagai masalah kesehatan dapat muncul seperti kambuhnya penyakit kronis (diabetes, hipertensi, kolesterol, asam urat), gangguan pencernaan (diare, maag, thypoid) serta keluhan-keluhan akibat kelelahan seperti pegal-pegal, radang tenggorok, flu, dan lain sebagainya. Bila kita tidak pintar menjaga kesehatan maka ditakutkan kita bisa jatuh dalam kondisi sakit.

Saripati ayam disinyalir memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Saripati ayam sudah lama digunakan dan dipercaya karena kandungannya yang tinggi protein, rendah gula dan lemak. Saripati ayam dapat menjadi salah satu solusi menjaga kesehatan tubuh saat lebaran terutama saat mudik.

Beberapa manfaat kesehatan dengan mengkonsumsi saripati ayam:

  1. Mengurangi stress dan kelelahan
    Kelelahan dan stres merupakan salah satu keluhan utama yang dirasakan saat lebaran dan mudik, baik sebagai penumpang dan sebagai pengendara kendaraan beroda saat mudik ataupun kelelahan akibat padatnya jadwal silahturahmi. Kaldu ayam dapat mengurangi stress dan kelelahan dengan menurunkan kadar hormon stress (kortisol) dalam darah. Hal ini berhubungan dengan adanya kandungan carnosine dan anserine dalam kaldu ayam yang secara langsung dan tidak langsung membantu mempercepat metabolisme kortisol.
  2. Menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah
    Siapa sih yang tidak tergoda dengan hidangan istimewa sat lebaran? Hidangan manis seperti kue lebaran, es buah, minuman-minuman manis serta makanan kaya garam, santan dan lemak jika berlebihan dpat menjadi bumerang bagi penderita penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Saripati ayam dapat menurunkan kadar gula darah.
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Akibat kelelahan, stres dan kurangnya istirahat saat lebaran dapat menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh kita sehingga mudah sekali terserang penyakit. Penyakit yang paling sering dikeluhkan adalah penyakit yang berhubungan dengan saluran napas atas seperti flu, radang tenggorok dan batuk. Sebuah penelitian oleh Man and others (2005) menunjukan bahwa saripati ayam dapat meningkatkan kadar serum imunoglobulin (antibodi) pada hewan normal dan stres.

Ayam, Sumber Nutrisi Kaya Peptida

Dari sebuah penelitian yang di terbitkan di Journal of Physiological Anthropology, Jumat (28/2/2014), para peneliti menunjukkan bahwa daging ayam mengandung beberapa peptida penting yang berguna untuk menjaga fungsi otak. Seperti disebutkan dalam jurnal tersebut, di antaranya adalah CAR dan ANS.

Menurut para peneliti, asam amino yang terkandung dalam peptida tersebut dibutuhkan untuk mensitesis cerebral neurotransmitter. Makin banyak neurotransmitter terbentuk, kebugaran otak akan semakin terjaga sehingga tidak mudah kehilangan konsentrasi

Selain manfaat-manfaat di atas, saripati ayam juga baik untuk mengatasi kecemasan, memperbaiki metabolisme tubuh, meningkatkan produksi ASI saat menyusui pasca melahirkan.

Nah, melihat banyaknya manfaat saripati ayam bagi kesehatan, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengkonsumsi saripati ayam saat lebaran dan mudik. Tubuh sehat! Hati senang! Selamat mudik dan berlebaran!

di laman utama website kami.[](AAS)

Ditulis oleh:

dr: Anita Amalia S

Anggota Redaksi Medis

PeduliSehat.info

Sumber:

N Hajime, Harada M, dkk. Effects of Chicken Extract on The Recovery from Fatigue Cause by Mental Workload. Institute for Fundamental Research., Institute for Biomedical Research, Suntory Ltd., Faculty of Biology, University Kristen Satya Wacana., Dept. of Psychology, Kwansei Gakuin University. September 2001.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

6 Makanan untuk Mencegah Dehidrasi

Ketika Anda sedang haus, segelas penuh minuman dingin sangat menggoda. Ternyata, tidak hanya minuman yang bisa jadi alternatif untuk merehidrasi tubuh saat kekurangan cairan, tapi juga makanan.?Buah dan sayuran mengandung 90 persen air. Meskipun tidak cukup besar kadar airnya untuk tubuh kita, tapi menjadi sumber yang baik saat sedang butuh cairan,? ungkap Roberta Anding, seorang juru bicara Akademi Gizi dan Diet, serta direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital.Seperti yang dilansir dari The Huffington Post, berikut ini enam makanan dengan kadar air tinggi yang baik untuk membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh.1.SemangkaSemangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Buah merah dan segar ini kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh setelah olahraga.2.KetimunSebagian besar kandungan dari ketimun adalah air. Ketimun juga mengandung vitamin C dan dapat membuat kulit lebih cerah. Kandungan serat makanan di dalamnya dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga melancarkan prose [...]

Jangan Tertipu Watak Seorang Psikopat

Jangan Tertipu Watak Seorang Psikopat

Psikopat amat pandai berpura-pura dan tindakan yang dilakukannya bisa merugikan orang lain. Mengetahui gejala dan ciri-ciri psikopat dapat membuat Anda lebih waspada. Secara sederhana, psikopat sering didefinisikan sebagai gangguan kepribadian yang ditandai dengan beberapa ciri. Di antaranya perilaku antisosial, tidak memiliki empati, dan tindakannya berani sampai tak terkendali. Ciri psikopat lainnya adalah tiadanya rasa sesal jika melakukan kesalahan, termasuk melakukan tindakan kriminal. Seiring perkembangan zaman, definisi psikopat kian luas dan kadang saling bertentangan satu sama lain. Pembeda psikopat dari manusia normal adalah unsur hati nurani. Psikopat dikenal sebagai orang yang tidak memiliki hati nurani sehingga tindakan yang dilakukan biasanya merugikan orang lain. Dunia medis sendiri secara resmi tidak akan mendiagnosa seseorang sebagai psikopat. Kalangan dokter akan menyebut psikopat sebagai gangguan kepribadian antisosial. Gejala yang Mungkin Muncul Beberapa gejala dan tanda yang mungkin dimiliki oleh psikopat antara lain adalah pengabaian konsep benar atau salah. Tindakan mereka cenderung bermusuhan, mudah marah, mudah menyerang orang lain, tidak mudah mengi [...]

Puasa Bagi Lansia

Puasa Bagi Lansia

Bulan puasa telah tiba. Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk menghimpun pahala dengan mengerjakan berbagai amalan ibadah, salah satunya yaitu berpuasa. Tidak mau ketinggalan, orang-orang yang sudah berusia lanjut pun banyak yang masih ingin menunaikan ibadah puasa. Tapi bagaimana tinjauan kesehatan untuk lansia berpuasa? Apakah perlu dibatasi? Pada lansia, tidak ada larangan untuk melakukan puasa. Namun karena kondisi fisik dan fungsi tubuh lansia sudah menurun bila dibandingkan usia yang lebih muda, maka masa berpuasa bagi lansia harus diperhatikan secara cermat. Kami akan membahas mengenai menu sahur yang sehat untuk para lansia yang ingin berpuasa. Puasa Bagi Lansia Menu Sahur untuk Lansia Berpuasa Pada lansia, jumlah cairan tubuh sudah berkurang. Selain itu, rasa haus dan asupan makan pada lansia juga sudah mulai berkurang. Untuk menjaga supaya lansia dapat melakukan puasa namun tetap sehat, makanan dan minuman saat sahur dan berbuka harus diperhatikan, diantaranya: Saat sahur lansia dianjurkan untuk minum air yang cukup dan mengkonsumsi jus buah antara waktu berbuka dan waktu tidur. (Baca: 5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter) Hal ini dimak [...]

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

Stres tidak selalu membawa pengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat metabolisme dan memproduksi energi dengan cepat. Tapi ketika dua hormon tersebut diproduksi berlebihan, akan memicu tubuh untuk mengeluarkan asam amino, porassium, fosfor dan magnesium dari dalam tubuh. Proses ini membuat otot melemah dan bisa mengganggu sistem imun, pencernaan dan reproduksi.Akibatnya berbagai gangguan kesehatan timbul seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, sakit kepala hingga insomnia. Jika stres sudah pada tingkat yang mengkhawatirkan bisa memicu depresi, oleh karena itu harus segera diatasi. Salah satunya dengan menambah produksi hormon serotonin dan endorphin di dalam tubuh. Keduanya merupakan hormon bahagia yang membuat tubuh lebih relaks, bahagia dan cepat tidur nyenyak. Produksi serotonin bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ini dia tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Gandum UtuhJauhi junk food, makanan olahan dan hasil proses dari pabrik. Ganti menu Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti oatmeal, roti dan sereal gandum atau bahan makanan lain yang sebagian besar bahan [...]

Keselek Bisa Mematikan

Keselek Bisa Mematikan

Oleh: dr. Adithia Kwee Seorang bocah berusia 3 tahun hampir tak terselamatkan nyawanya saat berusaha menirukan adegan sulap dengan memasukkan koin ke dalam mulutnya. Untungnya sang kakak yang kebetulan telah diajari berbagai pertolongan pertama di sekolahnya dengan sigap menepuk punggung si adik hingga koin terlempar keluar dari mulut kemudian si adik pun terselamatkan. Itulah secuplik kehebohan yang terjadi pada sebuah keluarga di London. Indonesia tidak punya data pasti mengenai berapa jumlah korban meninggal karena keselek (keselak/ tersedak). Namun kita harus selalu waspada akan hal ini, tidak kenal jenis kelamin, ataupun usia, siapa saja dimana saja bisa tersedak, dan tanpa pertolongan yang tepat dapat berakibat fatal. Apa yang sebenarnya terjadi saat kita tersedak? Di belakang mulut kita, terbuka 2 saluran yang mengarah ke tempat yang berbeda, yang pertama adalah trakea yang mengarahkan ke saluran napas, yang kedua adalah esophagus yang mengarahkan ke saluran pencernaan. Seseorang dikatakan tersedak ketika ada benda asing berupa makanan, benda, atau apapun bentuknya yang masuk ke saluran pernapasan dan menyumbat jalan napas. Henti napas inilah yang seringkali dapat membunuh [...]

Merokok Saat Hamil, Janin Akan Sakit Jantung!

Merokok Saat Hamil, Janin Akan Sakit Jantung!

Sekitar 0,8% bayi lahir dengan kelainan jantung. Sebagian besar kelainan jantung disebabkan oleh gangguan pada saat awal pembentukan dan perkembangan jantung janin. Enam minggu pertama kehamilan merupakan saat pembentukan jantung. Pembuluh darah utama yang mengalirkan darah ke dan dari jantung juga mengalami pembentukan saat masa kandungan ini. Penyakit jantung bawaan (PJB) jika tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan masalah emosi, sosial dan finansial di kemudian hari. Hingga saat ini dokter dan peneliti masih melakukan investigasi penyebab PJB. Meskipun dipikirkan bahwa genetik atau faktor keturunan berperan menimbulkan kelainan jantung, hanya beberapa gen yang ditemukan berhubungan dengan kelainan jantung. Konsumsi obat-obatan dan infeksi saat kehamilan dapat menyebabkan kelainan jantung. Pengaruh lingkungan seperti merokok juga mempengaruhi timbulnya kelainan jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko PJB: Pengaruh Rokok & Kesehatan Jantung Janin Pengaruh lingkungan seperti merokok juga mempengaruhi timbulnya kelainan jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko PJB: Riwayat Keluarga: Memiliki anak dengan riwayat PJB sebelumnya meningka [...]

Pentingnya Zat Besi untuk Tubuh

Pentingnya Zat Besi untuk Tubuh

Zat besi adalah nutrisi yang berperan penting dalam pertumbuhan manusia semenjak dalam kandungan. Kenapa Zat Besi Penting? Zat besi merupakan bagian penting dari hemoglobin. Hemoglobin adalah komponen sel darah merah yang berperan dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan membawa karbondioksida kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan. Paduan pola makan yang kurang diperhatikan dengan gaya hidup yang serba cepat dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan cadangan zat besi. Jika kadar zat besi menurun, kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat pun ikut menurun. Kondisi ini disebut anemia akibat kekurangan zat besi. Jika dibiarkan berkelanjutan, kinerja organ-organ dan pertahanan kekebalan tubuh akan menurun. Sementara pada ibu hamil, kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan hambatan atau bahkan gangguan pada pertumbuhan janin, termasuk otak dan sarafnya. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia sehingga penderitanya mulai lemas dan lesu. Tubuh kita pada dasarnya mendapatkan kebutuhan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih makanan yang beragam agar kebutuhan dasar akan vitamin dan minera [...]

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Beberapa dekade terakhir oatmeal semakin popular untuk dijadikan bagian asupan sehari-hari. Hal ini bukan tanpa alasan, selain rasanya yang enak, oatmeal juga memiliki manfaat kesehatan yang sudah terbukti. Mari kita lihat apa saja manfaat kesehatan dari oatmeal. Apa itu oatmeal? Oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Sejarah oatmeal sudah tercatat cukup panjang, khususnya dari daratan Eropa. Oatmeal tercatat berkembang di daerah Skotlandia, dimana tanaman ini cocok tumbuh di daerah tersebut. Berbagai jenis makanan turunan oatmeal juga ditemukan di daerah tersebut. Apa saja manfaat oatmeal bagi kesehatan? Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Apa saja manfaat oatmeal bagi kesehatan? � Menurunkan kolesterol Oatmeal dapat menurunkan kolesterol dengan menurunkan absorpsi kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat larut yang dapat menurunkan absorbsi kolesterol ini. � Menurunkan risiko tekanan darah tinggi Konsumsi oatmeal secara teratur juga dapat mengurangi risiko seorang terkena tekanan darah tinggi. Penurunan kejadian tekanan darah [...]

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Pada saat berbuka puasa hindarilah makan-makanan yang terlalu manis atau terlalu tinggi kalorinya seperti makan makanan yang bersantan seperti kolak atau terlalu dingin atau panas. Lebih baik makan makanan manis yang ringan seperti es buah yg tidak terlalu dingin atau makan makanan ringan atau makan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami (seperti korma atau pisang dan buah-buahan lainnya). Batasi pola makan ketika berbuka. Hindari pula langsung memakan menu utama pada waktu berbuka puasa. Serta usahakan untuk makan malam tidak terlalu larut malam. Intinya, hindari langsung tidur karena kekenyangan setelah makan malam. Karena justru hanya akan memperbanyak timbunan lemak yang ada. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *