Tetap Sejahtera Saat Sakit di Usia Senja

Tetap-Sejahtera-Saat-Sakit-di-Usia-Senja-Alodokter.jpg

Seiring dengan banyaknya risiko penyakit yang diderita, orang lanjut usia (lansia) adalah kelompok yang paling membutuhkan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan diperlukan agar tabungan yang sudah dikumpulkan seumur hidup tidak habis untuk biaya berobat di masa tua.

Umumnya perusahaan asuransi hanya memberikan pertanggungan hingga usia 65 tahun. Mereka yang baru mendaftar asuransi di usia tua, umumnya lebih merasa terbebani karena premi yang dibayar berkali-kali lipat dibandingkan pengguna yang sudah berasuransi sejak muda. Selain itu, karena dianggap lebih berisiko dibandingkan anak muda, lansia perlu menjalani pemeriksaan kesehatan yang kadang-kadang membuat aplikasi mereka tidak disetujui pihak asuransi.

Oleh karenanya, ketika membeli asuransi untuk lansia, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan.

Awali dengan memeriksa kelengkapan pertanggungan

Ketika membeli asuransi untuk balita atau dewasa muda, orang-orang pada umumnya kurang begitu memperhatikan kelengkapan biaya kesehatan yang ditanggung karena merasa masih sehat. Namun dalam pemilihan asuransi kesehatan lansia, perlu dipastikan kelengkapan mencakup seluruh kebutuhan yang meliputi:

  • Biaya rawat jalan: biaya konsultasi ke dokter dan atau biaya pembelian obat.
  • Biaya pemeriksaan lebih lanjut: tes laboratorium.
  • Rawat inap: untuk pasien yang memerlukan observasi sehingga harus menginap di rumah sakit. Meliputi biaya kamar, perawatan, obat-obatan, kunjungan, dan tindakan dokter.
  • Terapi atau penanganan khusus seperti fisioterapi, kemoterapi, atau penyembuhan pascaoperasi.

Perhatikan apakah komponen yang ditanggung mencakup hal-hal berikut:

  • Biaya kamar & menginap.
  • Biaya kamar ICU/ICCU.
  • Biaya aneka perawatan rumah sakit.
  • Biaya operasi/pembedahan (termasuk biaya pembiusan dan biaya kamar bedah, dan 31 hari sebelum/sesudah bedah).
  • Biaya kunjungan dokter di rumah sakit.
  • Biaya kunjungan dokter ahli di rumah sakit (per perawatan).
  • Biaya pemeriksaan laboratorium & tes diagnostik (7 hari sebelum rawat inap).
  • Biaya konsultasi lanjutan hingga 60 hari setelah lepas rawat.
  • Biaya ambulan.
  • Biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan.
  • Biaya rawat jalan darurat gigi akibat kecelakaan.
  • Biaya operasi/bedah plastik akibat kecelakaan.
  • Transplantasi organ tubuh (jantung, hati, paru-paru, ginjal,dan sumsum tulang).

Jujur menyatakan kondisi yang sudah ada sebelumnya

Tidak bersikap jujur dalam menginformasikan kondisi-kondisi yang telah dialami sebelumnya dapat membuat klaim Anda tidak dibayar. Kondisi yang dimaksud adalah penyakit yang sudah diderita sebelum seseorang mengisi formulir pendaftaran asuransi. Penyakit tersebut bisa berupa:

  • Penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, sakit jantung, asma.
  • Penyakit yang membahayakan nyawa, seperti kanker.
  • Kondisi tertentu, seperti suatu cedera atau cacat tubuh karena kecelakaan.

Yang perlu diperhatikan oleh pengidap kondisi-kondisi ini saat memilih asuransi adalah apakah semua biaya obat-obatan dalam jangka panjang serta biaya konsultasi ke dokter selama dan setelah perawatan juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Jangan lupa untuk mencermati asuransi penyakit kritis

Asuransi penyakit kritis umumnya membayarkan dana sebesar uang pertanggungan ketika pemegang polis asuransi terkena penyakit kritis. Penyakit kritis yang dimaksud adalah jenis penyakit yang dapat membahayakan nyawa, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, kanker, dan stroke.

Umumnya orang mengira bahwa dirinya akan langsung mendapat perlindungan begitu terdiagnosis penyakit kronis stadium awal, seperti kanker serviks stadium 1. Ternyata kebanyakan asuransi penyakit kritis baru akan membayar klaim saat penyakit seseorang sudah masuk ke stadium lanjut (stadium 4 ke atas).

Pahami tentang dana pertanggungan

Cermati juga uang pertanggungan yang bisa menjadi tumpang tindih. Misalnya ada asuransi yang menawarkan pertanggungan asuransi kritis 50 juta, pertanggungan jika terjadi cacat tubuh 50 juta, dan santunan jika meninggal 100 juta. Jangan sampai Anda tidak membaca syarat-syarat yang ternyata membuat Anda tidak menerima manfaat maksimal. Pastikan Anda membaca dengan saksama dan dengan pemahaman yang sama dengan yang tertulis di polis.

Jalan terbaik adalah berasuransi sejak muda, saat kondisi badan masih sehat dan premi asuransi belum begitu tinggi. Sehingga di masa tua segalanya sudah siap jika sewaktu-waktu mengalami sakit atau musibah.

Selain itu, karena kebanyakan asuransi hanya menanggung nasabah hingga usia 65 tahun, maka perlu juga menabung untuk dana kesehatan darurat agar dapat digunakan setelah usia tersebut. Langkah lainnya bisa juga menggunakan asuransi yang memberikan perlindungan hingga usia 80 tahun atau bahkan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 5 Cara Ini

Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 5 Cara Ini

Stress berlebihan tak jarang membuat seseorang mengalami gangguan tidur saat malam. Banyak hal yang tengah dipikirkan membuatnya sulit tidur bahkan terjaga semalaman. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas di siang hari karena tubuh menjadi lelah dan mengantuk. Tak hanya itu, kurang tidur pun dapat mempengaruhi kesehatan yang membuat penderita jadi mudah jatuh sakit. Lalu adakah cara mudah untuk membebaskan beban pikiran ketika akan tidur? Simak lima tipsnya berikut ini yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber:1. LavenderSalah satu cara termudah untuk menenangkan diri ketika akan beristirahat adalah dengan memasang wewangian aromatik. Lavender dipercaya menjadi aroma yang tepat untuk membuat Anda lebih tenang sehingga cepat tidur. Beberapa studi pun telah membuktikan bahwa wangi bunga tersebut handal dalam merileksasi tubuh serta membantu mengatasi insomnia.2. Lakukan RelaksasiAgar pikiran tidak tegang, lakukanlah gerakan-gerakan yang merelaksasi, seperti meditasi atau olahraga yoga. Mempraktekan teknik-teknik relaksasi sebelum tidur dapat meredakan banyaknya pikiran yang tengah berkecamuk. ?Agar hasil lebih maksimal, pasang aroma terapi lavender saat melakukannnya.3. Corat- [...]

Minuman Mengandung Kafein Lebih Disukai Remaja

Minuman Mengandung Kafein Lebih Disukai Remaja

Para peneliti menemukan bahwa banyak remaja menyukai minuman yang dicampur atau ditambahkan kafein di dalamnya. Penelitian ini dikembangkan oleh The Society for Study of Ingestive Behavior (SSIB), dimana penelitian ini masuk ke dalam semua aspek perilaku makanan dan minuman, yang dimana ditambahkan kafein membuat para remaja tertarik dan menyukainya. "Produsen Soda mengklaim bahwa kafein ditambahkan ke produk mereka untuk meningkatkan rasa namun, mayoritas orang yang mencoba tidak dapat merasakan perbedaan rasa antara soda berkafein dan soda non-kafein. Hal ini menyebabkan kita mencurigai bahwa kafein dapat ditambahkan ke minuman untuk alasan lain,? kata peneliti Jennifer Temple, Ph.D. Lanjutnya, ?dugaan kami menyatakan, bahwa remaja yang sudah sering mengkonsumsi atau baru mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, akan ingin meminumnya lagi dan lagi. Berbeda dengan remaja yang baru meminum minuman tanpa kafein, maka akan menunjukkan tidak adanya perubahan dalam selera mereka.? Untuk menguji teori ini, remaja berusia 12-17 tahun beberapa kali harus mengunjungi laboratorium. Setiap kunjungan, mereka yang minum soda sampel minuman baru dan diberi nilai sesuai dengan keinginan mer [...]

Penyebab Utama Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Penyebab Utama Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Bau kaki bisa membuat seseorang tidak percaya diri, juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan orang-orang sekitar. Apa sebenarnya faktor utama penyebab bau kaki? American Chemical Society telah merilis video yang menjelaskan darimana datangnya bau mengganggu itu sekaligus cara mengatasinya.Bau kaki disebabkan oleh bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri tersebut memakan keringat pada kaki dan memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap."Bau kaki bisa membuat Anda malu jika harus membuka sepatu di bagian keamanan bandara, tapi zat-zat kimia tertentu bisa membantu Anda menghilangkan baunya," begitu seperti yang terungkap dalam video yang dilansir Daily Mail.Kenapa seseorang bisa memiliki bau kaki? Tubuh manusia ditutupi kelenjar yang mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca panas. Beberapa bagian tubuh memiliki konsentrasi kelenjar keringat yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Dan kaki, menjadi salah satu bagian tubuh yang paling banyak kelenjar keringatnya."Keringat di kaki sebenarnya tidak berbau tapi berperan besar menyebabkan bau," ungkap American Chemical Society.Mengenakan sepatu lengkap dengan kaos kaki juga tidak membantu [...]

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Menabung kalsium untuk kesehatan tulang sangatlah penting untuk masa depan nanti. Asupan kalsium mempengaruhi pencapaian massa tulang puncak dan juga zat ini mampu dengan baik mempertahankan kerangka tulang sepanjang hidup. Kalsium adalah zat gizi yang penting, yang melibatkan sangat banyak proses metabolisis dan memberikan kekuatan mekanis pada tulang. Sebanyak 90 persen beban tubuh menempel dan disanggah oleh tulang. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang yang menjadi pilar utama tubuh juga berfungsi melindungi jantung, paru-paru, otak dan organ lainnya dari luka akibat benturan. Apalagi ada fakta yang menyebutkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan tulang hanya terjadi sampai usaia 20 tahun, sedangkan mulai usia 30 tahun proses pertumbuhan tulang akan menurun, kalah dengan proses perusakannya. Fakta inilah yang sering ditekankan oleh para ahli medis kesehatan tulang agar kita serius menjaga kesehatan tulang, salah satunya dengan cara menabung kalsium sejak dini. Tulang merupakan jaringan yang hidup sangat dinamis dan akan selalu mengalami proses perusakan serta pembentukan kembali. Berkurangnya pembentukan massa tulang juga dipengaruhi oleh [...]

Jangan Jadikan Anak Anda Perokok Pasif!

Jangan Jadikan Anak Anda Perokok Pasif!

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di medical journal Lancet British mengatakan, 1 persen kematian dari seluruh dunia disebabkan karena menjadi perokok pasif. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari tahun 2004 dan mencakup 192 negara, terdapat sekitar 600.000 perokok pasif meninggal setiap tahunnya. Angka kematian ini juga harus ditambah dengan sekitar 5,1 juta penduduk di seluruh dunia yang meninggal setiap tahunnya karena menjadi perokok aktif. Menurut para peneliti dari studi yang dibiayai oleh Swedish National Board of Health and Welfare and Bloomberg Philanthropies ini, merokok pasif menyebabkan sekitar 379.000 kematian karena jantung, 165.000 kematian karena penyakit pernapasan, 36.900 kematian karena asma, dan 21.400 kematian karena kanker paru-paru dalam setahun. Studi ini dapat membantu kita untuk lebih mengerti dan peduli akan dampak dan korban dari perokok. Kadang para orang tua sering kali menjaga anaknya agar terhindar dari hal-hal yang berbahaya seperti meninggalkan anaknya di ujung jalan sendiri, namun ironisnya, merokok di depan anak mereka dianggap tidak berbahaya bagi mereka. Telah tercatat 40% anak-anak dan 30% perempuan maupun pria yang tidak [...]

Rajin Sikat Gigi untuk Menghindari Gusi Berdarah

Rajin Sikat Gigi untuk Menghindari Gusi Berdarah

Anda pernah mengalami gusi berdarah pada saat sikat gigi atau setelah makan sesuatu? Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda adanya masalah dengan gusi Anda. Gusi berdarah bisa menjadi tanda dari adanya penyakit atau masalah dengan gusi Anda. Gusi atau dalam istilah medis disebut dengan gingiva merupakan jaringan lunak yang mengelilingi dan melindungi gigi. Jika Anda sehat, maka gusi akan berwarna merah muda. Tapi jika terjadi sesuatu pada kesehatan gusi Anda, warnanya akan berubah menjadi merah, biru, atau putih dan dapat disertai dengan keluarnya darah. Darah ini biasanya akan keluar ketika Anda menggosok gigi. Penyebab Gusi Berdarah Gusi berdarah umumnya disebabkan oleh adanya plak pada gusi. Plak merupakan campuran antara bakteri mulut Anda dengan ludah dan sisa makanan yang menempel pada gigi Anda. Untuk menghilangkan plak, Anda dapat menyikat gigi Anda secara teratur. Tapi jika Anda tidak teratur dalam menyikat gigi Anda, maka plak ini bisa berubah menjadi karang dan untuk menghilangkannya akan diperlukan bantuan dokter gigi. Plak yang telah berubah menjadi karang dapat memicu gusi berdarah pada saat Anda menyikat gigi. Jika terus dibiarkan maka akan terjadi peradangan pada [...]

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Salah satu penyakit yang bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi adalah mastitis. Penyakit ini sendiri adalah kondisi jaringan payudara yang mengalami peradangan. Mastitis biasanya menyerang ibu menyusui pada trimester awal tapi bisa juga terjadi saat proses menyusui sudah berjalan lama. Mastitis bisa membuat ibu mengalami kesulitan memberikan ASI karena kondisi payudara yang terasa sakit. Seperti Apa Tanda-tandanya? Mastitis pada saat masa menyusui biasa menyerang hanya satu payudara. Gejala penyakit ini sendiri bisa muncul dengan tiba-tiba. Berikut gejala-gejala mastitis yang harus diwaspadai: Payudara memar kemerahan. Sering terasa gatal di payudara. Payudara terasa perih saat menyusui. Terdapat benjolan di payudara yang terasa menyakitkan. Ukuran salah satu payudara lebih besar karena pembengkakan Payudara mudah merasa nyeri. Puting bernanah. Sering merasa lelah. Terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami gejala menyerupai flu sebelum Anda akhirnya menyadari ada perubahan pada payudara Anda. Apa Penyebab Mastitis? Infeksi pada payudara atau mastitis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab mastitis p [...]

9 Kebiasaan Penyebab Gemuk

9 Kebiasaan Penyebab Gemuk

Bila mengurangi berat badan merupakan hal mudah, maka tidak akan ada banyak orang yang kelebihan berat badan. Namun pada kenyataannya mengurangi berat badan merupakan hal yang cukup sulit bukan? Tentu kentang goreng akan lebih nikmat dibandingkan dengan salad, atau ayam lebih gurih dan nikmat kalau digoreng bukan? Di sisi lain, memiliki berat badan yang ideal akan membuat tubuh merasa lebih nyaman dibandingkan dengan kelebihan berat badan. Oleh karena itu ada baiknya kita merubah pola hidup berubah menjadi kebiasaan hidup sehat. Namun untuk memulainya, pernahkah Anda tersadar sebetulnya banyak sekali kebiasaan-kebiasaan keseharian yang ternyata justru malah membuat tubuh menjadi mudah gemuk. Simak lebih lanjut 9 kebiasaan berikut ini: Kebiasaan 1 : Buruknya persiapan Mempersiapkan diri Anda dengan makanan yang sehat seperti sayur, buah, lemak yang sehat dan kabohidrat dengan bahan gandum. Maksud dari mempersiapkan adalah menyediakan bahan-bahan ini di lemari es atau lemari makanan di rumah, serta mempersiapkan bekal dari rumah. Selalu ingat ?kelemahan? Anda, bila ?kelemahan? Anda adalah makanan dan minuman manis yang kaya akan kalori, siapkanlah buah yang dapa [...]

Varises Saat Hamil

Varises Saat Hamil

Keluhan varises atau melebarnya pembuluh darah hingga terlihat dari permukaan kulit merupakan salah satu keluhan yang tidak jarang dikeluhkan oleh perempuan yang sedang hamil. Keluhan ini biasanya akan mulai muncul di trimester kedua kehamilan. Selain pembengkakan di daerah kaki, biasanya yang membuat perempuan makin kecewa terhadap penampilannya adalah melihat kakinya sekarang dihiasi gambaran biru pembuluh darah yang terlihat menonjol. Kondisi varises ini terjadi pada 40% perempuan hamil sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila kondisi ini pun terjadi pada Anda. Bagaimana varises terjadi? Varises muncul akibat gabungan beberapa faktor, di antaranya adalah: - Adanya hormon-hormon kehamilan di aliran darah. - Peningkatan volume darah saat hamil. Jadi, wajarkah hal ini terjadi? Halaman berikut penjelasannya: Normalkah Muncul Varises Ketika Hamil? Kedua hal tersebut di atas menyebabkan dinding pembuluh darah melebar dari ukuran seharusnya. Pelebaran ini menyebabkan katup yang terdapat di dalam pembuluh darah tidak dapat menutup dengan sempurna. Katup ini berfungi untuk mencegah aliran darah yang kembali ke jantung untuk turun ke bagian ujung tubuh se [...]

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Kenapa wanita lebih mudah menangis daripada pria? Ternyata bukan karena sifat wanita yang cengeng, tapi anatomi tubuh dan faktor biologis yang membuatnya begitu. Masih ada beberapa fakta menarik lain tentang wanita yang belum tentu Anda tahu. Simak uraiannya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Indra Penciuman yang Lebih TajamTahukah Anda, wanita lebih mahir mendeteksi aroma dibandingkan pria? Peneliti indra penciuman Pamela Dalton, PhD, mengatakan bahwa wanita di usia produktif memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali aroma meskipun dalam konsentrasi yang paling kecil.Menurutnya, hal ini dikarenakan hormon estrogen yang biasanya lebih tinggi ketimbang remaja perempuan dan wanita usia paruh baya. Peneliti dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia ini juga menemukan kalau wanita bisa mengidentifikasi ketika seseorang --terutama kekasih mereka-- sedang stres hanya dengan mencium aroma pakaiannya.2. Wanita Lebih Merasakan Sakit Daripada PriaSebuah studi baru-baru ini menemukan, ketika pria dan wanita menderita gangguan penyakit yang sama --kanker, sakit punggung atau infeksi-- wanita lebih merasakan sakit yang signifikan. Para peneliti dari Stanford University [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *