Tetap Sejahtera Saat Sakit di Usia Senja

Tetap-Sejahtera-Saat-Sakit-di-Usia-Senja-Alodokter.jpg

Seiring dengan banyaknya risiko penyakit yang diderita, orang lanjut usia (lansia) adalah kelompok yang paling membutuhkan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan diperlukan agar tabungan yang sudah dikumpulkan seumur hidup tidak habis untuk biaya berobat di masa tua.

Umumnya perusahaan asuransi hanya memberikan pertanggungan hingga usia 65 tahun. Mereka yang baru mendaftar asuransi di usia tua, umumnya lebih merasa terbebani karena premi yang dibayar berkali-kali lipat dibandingkan pengguna yang sudah berasuransi sejak muda. Selain itu, karena dianggap lebih berisiko dibandingkan anak muda, lansia perlu menjalani pemeriksaan kesehatan yang kadang-kadang membuat aplikasi mereka tidak disetujui pihak asuransi.

Oleh karenanya, ketika membeli asuransi untuk lansia, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan.

Awali dengan memeriksa kelengkapan pertanggungan

Ketika membeli asuransi untuk balita atau dewasa muda, orang-orang pada umumnya kurang begitu memperhatikan kelengkapan biaya kesehatan yang ditanggung karena merasa masih sehat. Namun dalam pemilihan asuransi kesehatan lansia, perlu dipastikan kelengkapan mencakup seluruh kebutuhan yang meliputi:

  • Biaya rawat jalan: biaya konsultasi ke dokter dan atau biaya pembelian obat.
  • Biaya pemeriksaan lebih lanjut: tes laboratorium.
  • Rawat inap: untuk pasien yang memerlukan observasi sehingga harus menginap di rumah sakit. Meliputi biaya kamar, perawatan, obat-obatan, kunjungan, dan tindakan dokter.
  • Terapi atau penanganan khusus seperti fisioterapi, kemoterapi, atau penyembuhan pascaoperasi.

Perhatikan apakah komponen yang ditanggung mencakup hal-hal berikut:

  • Biaya kamar & menginap.
  • Biaya kamar ICU/ICCU.
  • Biaya aneka perawatan rumah sakit.
  • Biaya operasi/pembedahan (termasuk biaya pembiusan dan biaya kamar bedah, dan 31 hari sebelum/sesudah bedah).
  • Biaya kunjungan dokter di rumah sakit.
  • Biaya kunjungan dokter ahli di rumah sakit (per perawatan).
  • Biaya pemeriksaan laboratorium & tes diagnostik (7 hari sebelum rawat inap).
  • Biaya konsultasi lanjutan hingga 60 hari setelah lepas rawat.
  • Biaya ambulan.
  • Biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan.
  • Biaya rawat jalan darurat gigi akibat kecelakaan.
  • Biaya operasi/bedah plastik akibat kecelakaan.
  • Transplantasi organ tubuh (jantung, hati, paru-paru, ginjal,dan sumsum tulang).

Jujur menyatakan kondisi yang sudah ada sebelumnya

Tidak bersikap jujur dalam menginformasikan kondisi-kondisi yang telah dialami sebelumnya dapat membuat klaim Anda tidak dibayar. Kondisi yang dimaksud adalah penyakit yang sudah diderita sebelum seseorang mengisi formulir pendaftaran asuransi. Penyakit tersebut bisa berupa:

  • Penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, sakit jantung, asma.
  • Penyakit yang membahayakan nyawa, seperti kanker.
  • Kondisi tertentu, seperti suatu cedera atau cacat tubuh karena kecelakaan.

Yang perlu diperhatikan oleh pengidap kondisi-kondisi ini saat memilih asuransi adalah apakah semua biaya obat-obatan dalam jangka panjang serta biaya konsultasi ke dokter selama dan setelah perawatan juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Jangan lupa untuk mencermati asuransi penyakit kritis

Asuransi penyakit kritis umumnya membayarkan dana sebesar uang pertanggungan ketika pemegang polis asuransi terkena penyakit kritis. Penyakit kritis yang dimaksud adalah jenis penyakit yang dapat membahayakan nyawa, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, kanker, dan stroke.

Umumnya orang mengira bahwa dirinya akan langsung mendapat perlindungan begitu terdiagnosis penyakit kronis stadium awal, seperti kanker serviks stadium 1. Ternyata kebanyakan asuransi penyakit kritis baru akan membayar klaim saat penyakit seseorang sudah masuk ke stadium lanjut (stadium 4 ke atas).

Pahami tentang dana pertanggungan

Cermati juga uang pertanggungan yang bisa menjadi tumpang tindih. Misalnya ada asuransi yang menawarkan pertanggungan asuransi kritis 50 juta, pertanggungan jika terjadi cacat tubuh 50 juta, dan santunan jika meninggal 100 juta. Jangan sampai Anda tidak membaca syarat-syarat yang ternyata membuat Anda tidak menerima manfaat maksimal. Pastikan Anda membaca dengan saksama dan dengan pemahaman yang sama dengan yang tertulis di polis.

Jalan terbaik adalah berasuransi sejak muda, saat kondisi badan masih sehat dan premi asuransi belum begitu tinggi. Sehingga di masa tua segalanya sudah siap jika sewaktu-waktu mengalami sakit atau musibah.

Selain itu, karena kebanyakan asuransi hanya menanggung nasabah hingga usia 65 tahun, maka perlu juga menabung untuk dana kesehatan darurat agar dapat digunakan setelah usia tersebut. Langkah lainnya bisa juga menggunakan asuransi yang memberikan perlindungan hingga usia 80 tahun atau bahkan seumur hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

4 Makanan Sehat untuk Mengatasi Wasir

Wasir memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Potensi penyebabnya bermacam-macam di antaranya kehamilan, obesitas, duduk dalam jangka waktu yang lama, masalah pencernaan kronis serta diet rendah serat. Pada umumnya, wasir dapat hilang dengan sendirinya. Selain obat-obatan, perubahan pola makan berpotensi mencegah atau mengurangi gejala. Inilah empat jenis makanan yang dapat mengatasi wasir: 1. Yoghurt dan kefir Menurut penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, yoghurt dan kefir dapat mencegah dan mengobati wasir. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt juga dapat menjaga kesehatan dinding usus dan membantu fungsi kerja usus. Agar lebih efektif, cobalah mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif seperti lactobacillus bifidus. Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda: Berikut jenis makanan lainnya yang dapat membantu solusi wasir Anda: 2. Sayur dan buah-buahan Mengonsumsi sayur dan buah-buahan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, meringankan sembelit, mengurangi ketegangan dan rasa sakit saat buang air besar. Pilihlah sayur dan buah-buahan yang berserat tinggi seperti apel, pir, alpukat, k [...]

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

Sering lemas ketika berpuasa? Mungkin Anda kekurangan vitamin dan mineral dalam santapan sahur Anda. Berikut adalah jenis makanan yang bisa tingkatkan energi, seperti yang dikutip dari iDiva.1. OatmealDibanding makan nasi putih saat sahur, mengkonsumsi oatmeal akan membuat Anda kenyang lebih lama karena jenis makanan ini dicerna perlahan oleh tubuh. "Oatmeal akan menyediakan energi berjam-jam karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan ini juga menjaga gula darah pada tingkat yang optimal," seperti yang diungkapkan Smruti Gokhale, seorang ahli gizi.2. PisangPisang akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, dan disarankan untuk konsumsi buah ini beberapa jam sebelum Anda berpuasa agar tetap berenergi. Selain menjadi sumber karbohidrat, pisang juga efektif untuk memicu pelepasan dopamin atau zat kimia yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda.3. Kacang-kacanganTambahkan kacang-kacangan dalam menu sahur Anda. Kacang yang mengandung mineral dan zat besi ini akan membantu tubuh menghasilkan sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke otot ketika Anda beraktifitas dan juga membangun stamina.4. Sayuran HijauSelain sehat, sayuran hijau juga akan membantu [...]

4 Tahap Kehidupan Tulang

4 Tahap Kehidupan Tulang

Oleh: dr. Sophia B. Hage Selama fase kehidupan, kita melewati beberapa fase, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa dan usia lanjut. Seiring dengan perkembangan fase kehidupan terdapat perubahan-perubahan yang terjadi pada kita, baik dari aspek fisik maupun emosional. Nah, tulang kita pun mengalami hal yang serupa. Seiring dengan bertambahnya usia, tulang pun akan berubah. Apa saja perubahan yang terjadi tersebut? 1. Kehamilan/ dalam kandungan Selama dalam kandungan dan tahun pertama kehidupan kita, tulang-tulang dalam tubuh kita membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak untuk bertumbuh. Ini disediakan oleh ibu melalui sirkulasi pembuluh darah ketika dalam kandungan dan melalui ASI sesudah lahir. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi kalsium yang cukup lewat asupan sehari-hari. Apa yang terjadi apabila ibu hamil tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup? Tubuhnya akan menarik kalsium dari tulang ibu sendiri untuk memastikan asupan kalsium bagi bayi yang dikandungnya tetap terjaga. Hal ini tentunya dapat menjadi risiko osteoporosis bagi ibu. Untungnya, ibu pun dilindungi dari osteoporosis ketika kehamilan. Hal ini melalui: - Penyerapan kalsium melalui makanan [...]

Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan Cara Ini

Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan Cara Ini

Metabolisme tubuh yang baik dapat meningkatkan kesehatan Anda. Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.Anda bisa meningkatkan metabolisme dengan mengikuti lima tips berikut ini, seperti dikutip Ourvanity.Makan Sering Tapi SedikitPara ilmuwan menemukan bahwa rata-rata orang harus makan lima hingga enam kali sehari. Makan camilan sehat, seperti buah dan sayur sangat dianjurkan. Kandungan nutrisi dan gizi sangat diperhatikan pada saat sarapan dan makan malam.Minum Air 10 menit Sebelum Makan & 30 Menit SetelahnyaAir tiga kali lebih mudah mengalami pembuangan dibanding makanan. Jika Anda banyak minum akan lebih cepat mengencerkan makanan dalam tubuh, sehingga proses pembuangan lebih cepatMandi dengan ShowerMandi dengan shower bagus untuk proses metabolisme. Selain baik untuk metabolime, mandi dengan pancuran air dapat membuat kulit lembut dan meningkatkan sirkulasi darah.LemonLemon merupakan buah yang baik untuk meningkatkan imunitas. Selain itu buah asam ini juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.AromaterapiAromaterapi yang didapat dari minyak esensial dapat dapat meningkatkan metabolime t [...]

7 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Garam Laut

7 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Garam Laut

Meski memiliki nilai gizi dan komposisi yang sama, garam laut dipercaya lebih sehat daripada garam meja. Seperti yang dikutip dari healthmango, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi garam laut. Berikut tujuh manfaatnya!1. Sistem ImunGaram laut secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu menjadikan tubuh mampu melawan virus seperti, flu, demam, alergi serta penyakit autoimun lainnya.2. DepresiGaram laut juga terbukti dapat mengobati berbagai jenis depresi. Garam laut juga bantu mempertahankan dua hormon penting, serotonin dan melatonin. Kedua hormon itu bisa membuat Anda merasa relaks dan tidur lelap di malam hari.3. Otot KejangKandungan kalium dalam garam penting untuk membantu otot untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, garam juga bisa menjadikan tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dalam makanan. Jadi, garam sangat efektif untuk mencegah nyeri otot, kejang dan kram.4. OsteoporosisSaat kekurangan garam dan gula, tubuh 'menarik' sodium ke tulang dan hal itu bisa memicu terjadinya osteoporosis. Oleh karena itu konsumsi garam dan air secara rutin dalam jumlah yang tepat bisa bantu mencegah pengeroposan tulang.5. DiabetesGaram laut bisa bantu men [...]

12 Hal Penting Penanganan Luka Bakar di Rumah

12 Hal Penting Penanganan Luka Bakar di Rumah

Terjadinya luka bakar dalam rumah tangga cukup sering terjadi. Bisa disebabkan karena tersiram air panas saat membuat teh, tidak sengaja menyentuh wajan yang panas saat memasak, atau bahkan terciprat minyak panas saat menggoreng. Luka bakar yang terjadi dapat dibedakan menjadi 4 tingkatan, antara lain: Tingkat awal hanya berupa kemerahan pada kulit, disebut luka bakar derajat 1. Bila kulit yang terkena lebih dalam lagi, disebut luka bakar derajat 2, pada kulit tidak hanya kemerahan tetapi juga timbul bula atau yang biasa kita sebut dengan melepuh, yaitu lentingan di kulit yang terkena panas dan berisi cairan. Bila kulit yang terkena lebih dalam lagi di sebut luka bakar derajat 3. Bila lebih parah yaitu luka bakar derajat 4. Pada kecelakaan di rumah tangga, yang paling sering terjadi yaitu luka bakar derajat 1 dan 2. Bila hal ini dialami oleh Anda, janganlah panik. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan segera di rumah sesaat setelah kecelakaan tersebut sebelum dibawa ke klinik terdekat: Pertolongan Luka Bakar di Rumah Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan segera di rumah sesaat setelah kecelakaan tersebut sebelum dibawa ke klinik terdekat. Pertama, [...]

Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Apabila Anda mempunyai keluhan rambut rontok dan berat tubuh yang tidak dapat dikontrol meskipun berbagai macam cara telah dilakukan dengan benar, bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh hormon tiroid yang tidak seimbang. Mekanisme tubuh dalam menyeimbangkan hormon thyroid seringkali terganggu atau bahkan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang mengakibatkan munculnya gejala thyroid yang dapat mengganggu dalam kehidupan keseharian kita. Gangguan gejala ini terbagi menjadi dua yaitu hypothyroidism dan hyperthyroidism. Gejala hypothyroid merupakan keadaan dimana kurangnya produksi hormon thyroid yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut berbanding terbalik dengan gejala hyperthyroid yang mengasilkan hormon thyroid berlebih. Namun keduanya memberikan dampak negatif tersendiri bagi pengidap. Umumya gejala hypothyroid lebih banyak terjadi di masyarakat dengan mengakibatkan seseorang tetap mengalami penambahan berat badan meskipun telah melakukan diet yang benar. Kurangnya hormon thyroid pada tubuh akan mempengaruhi sistem metabolisme dalam membakar energi. Sehingga seringkali juga menyebabkan tubuh mudah lelah, lesu hingga mempengaruhi mood bahkan menjadi depresi. Gangguan thy [...]

4 Bahaya Kesehatan Akibat Sulit Tidur

4 Bahaya Kesehatan Akibat Sulit Tidur

Tidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat Anda merasa letih dan sensitif, bahkan berisiko mengalami masalah kesehatan. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut empat bahaya yang timbul akibat kebiasaan sulit tidur.1. Kewaspadaan Mental dan Kemampuan KognitifDalam jangka pendek, kurang tidur dapat mengurangi kewaspadaan mental. Menurut WebMD, hilangnya 90 menit waktu tidur dapat menurunkan kewaspadaan mental sebesar 32 persen. Jika kewaspadaan berkurang, dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan saat beraktivitas. Menurut National Highway Traffic Safety Commission, 100 ribu kecelakaan mobil terjadi akibat kurangnya kewaspadaan mental karena kurang waktu tidur.2. Kulitas HidupKurang tidur bisa mengurangi kualitas hidup, sehingga sulit bagi Anda untuk menikmati kegiatan sehari-hari. Jika kurang waspada dan mudah merasa lelah, Anda mungkin tidak dapat terlibat dalah aktivitas keluarga seperti travelling atau bermain dengan si kecil. Kebiasaan itu juga dapat merusak waktu tidur pasangan dan memaksa Anda untuk tidak tidur bersama. Sulit tidur juga bisa membaut seseorang merasa murung, tertekan, teg [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *