Tidur Telentang atau Tengkurap, Mana yang Lebih Baik?

tidur.jpg

Manusia membutuhkan waktu sepertiga dari hidupnya untuk tidur agar fungsi tubuh dapat bekerja dengan semestinya secara maksimal. Kualitas tidur ditentukan oleh sejumlah faktor salah satunya posisi Anda saat tidur di malam hari. Beberapa posisi tidur baik untuk menunjang kesehatan namun ada pula yang sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu kinerja fungsi tubuh.

Umumnya manusia tidur dengan posisi yang dianggapnya nyaman tanpa memikirkan apakah itu baik atau tidak terhadap kesehatan. Posisi tidur yang satu pun belum tentu cocok untuk semua orang, tergantung dari kondisi kesehatan dan gaya hidupnya. Ini berbagai posisi tidur yang paling umum, dan tentukan sendiri mana yang paling sesuai untuk Anda.

1. Telentang
Sebagian besar ahli kesehatan akan menyarankan Anda untuk tidur telentang atau berbaring. Posisi ini paling ideal untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan leher. Kasur akan menopang tulang belakang dengan baik, punggung pun tetap lurus dan tidak mengerut. Akan lebih baik lagi jika Anda tidur dengan bantal tipis atau tanpa bantal karena membuat tulang leher dalam posisi netral. Terlalu banyak memakai bantal untuk menoopang kepala bisa membuat Anda sulit bernapas.

Tidur telentang juga mencegah terbentuknya garis-garis halus dan kerutan pada wajah, sehingga membantu memperlambat tanda-tanda penuaan karena kulit wajah tidak terkena kontak langsung dengan kain. Saat wajah bersentuhan dengan sprei, biasanya akan meninggalkan bekas-bekas kerutan pada kulit dan jika berlangsung terus menerus bukan tidak mungkin kerutan itu akan menjadi permanen. Namun posisi tidur ini mungkin bisa membuat orang dengan gangguan pernapasan lebih sering mendengkur.

2. Menyamping
Ini adalah posisi tidur yang paling umum. Tidur menyamping baik dan disarankan untuk wanita hamil karena membantu meningkatkan sirkulasi darah ke jantung. Hal itu bisa menguntungkan baik bagi ibu maupun bayi dalam kandungan. Posisi menyamping ke kiri, dianjurkan untuk meringankan heartburn (rasa seperti terbakar pada dada) dan menurunkan asam lambung.

Namun di sisi lain tidur menyamping bisa meningkatkan tekanan pada perut dan paru-paru yang membuat sulit bernapas. Posisi ini juga bisa membuat tangan kesemutan atau mati rasa karena menghambat kelancaran aliran darah dan bisa berbahaya bagi otot dan urat syaraf. Selain itu juga membuat tekanan tubuh berpusat pada bahu yang bisa membuat leher dan otot bahu sakit setelah bangun pagi. Tidur menyamping bahkan bisa membuat payudara tampak turun akibat efek gravitasi. Tidur dengan posisi ini sebaiknya tidak dilakukan setiap hari dan terus menerus, terutama bagi Anda yang memiliki masalah pada paru-paru atau peredaran darah kurang lancar.

3. Tengkurap
Tidur tengkurap bisa membantu mengurangi frekuensi dengkuran dan mengatasi beberapa kasus sleep apnea (jeda napas, atau napas berhenti sejenak saat tidur). Namun kerugian dari tidur dengan posisi ini lebih banyak, bahkan sejumlah pakar, seperti dikutip dari Health Me Up menyebut kalau tengkurap merupakan posisi tidur paling buruk. Posisi ini mengakibatkan sakit pada beberapa bagian tubuh terutama punggung dan tulang belakang, sebab saat tidur tengkurap, berarti tulang bagian belakang tidak tertopang dengan baik. Selain itu posisi tidur ini juga membuat otot dan tulang leher menegang, serta mempercepat penuaan dini seperti timbulnya kerutan dan jerawat.

4. Meringkuk
Meringkuk seperti janin di dalam kandungan adalah posisi tidur yang paling menyamankan dan menjamin Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Tapi posisi ini adalah yang terburuk kedua setelah tengkurap. Tidur semalaman dengan tubuh meringkuk akan membuat leher dan punggung sakit, timbul kerutan dan payudara kendur. Jika Anda terlalu meringkuk juga bisa membuat sesak napas, membuat tulang dan syaraf punggung tegang dan mengakibatkan sakit pada persendian terutama jika lutut dan dagu Anda terlalu menekan dada.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD

Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD

Fogging adalah salah satu usaha untuk memberantas demam berdarah dengue (DBD). Diantara usaha pemberantasan DBD lainnya selain fogging adalah yang populer dengan istilah sebutan 3M (menutup, menguras, mengubur). Sekilas mengenai DBD, adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh Aedes aegypti sebagai vektor (perantara) utama. Sampai saat ini, DBD merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat utama akibat infeksi di Indonesia. DBD dapat mengenai segala usia mulai bayi hingga dewasa. Cegah Demam Berdarah Dengue dengan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk Pengendalian vektor DBD merupakan cara yang tepat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD yang bertujuan untuk memutuskan mata rantai penularan DBD. Salah satu cara pengendalian vektor DBD adalah gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) atau 3M Plus. Memberantas sarang nyamuk dilakukan sehingga telur tidak berubah menjadi jentik. Dibandingkan dengan fogging hal ini tentunya lebih bermanfaat dan tepat sasaran karena fogging hanya membunuh nyamuk bukan jentik. Jadi demikiannya, fogging juga diikuti tindakan pemberantasan sarang nyamuk lainnya, seperti tindakan-tindakan berikut ini: [...]

Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Pernapasan dari Segi Medis

Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Pernapasan dari Segi Medis

Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada awalnya, herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Saat ini, cordyceps juga diklaim dapat meringankan gangguan pernapasan dan berbagai kondisi lainnya. Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad 15. Tumbuhan ini adalah jamur yang melekat sebagai parasit pada ulat dan berasal dari dataran tinggi Sikkim Utara, India. Herba ini mulai diteliti setelah ditengarai dapat memberikan manfaat pada hewan ternak. Selanjutnya cordyceps digunakan sebagai obat herba yang dikonsumsi terpisah maupun dipadukan dengan tanaman herba lain untuk menangani berbagai penyakit. Melalui penelitian di laboratorium, bahan ini kemudian dikembangkan menjadi suplemen. Cordyceps mengandung banyak nutrisi, seperti protein, asam amino esensial, peptida, vitamin (B1, B2, B12, E, K), asam lemak, dan zat-zat lain. Cordyceps kemungkinan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel-sel dan bahan kimia tertentu. Jamur ini juga mungkin dapat memerangi sel kanker dan memperkecil ukuran t [...]

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Keputihan

Meski sebenarnya sebagian besar keputihan adalah hal yang normal, namun kondisi ini sering membuat tidak nyaman dan resah. Bagaimana cara mengatasinya? Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. Kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi. Menangani Keputihan Tidak Normal Keputihan yang normal sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus. Yang perlu dijaga adalah agar keputihan tidak berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini dapat disebabkan beberapa hal seperti: infeksi vaginosis bakterial, penggunaan antibiotik, infeksi penyakit menular seksual seperti klamidia, kanker serviks, penggunaan pil kontrasepsi, infeksi parasit trikomoniasis, ataupun infeksi jamur. Tanda dari keputihan yang tidak normal adalah perubahan warna dan konsistensi, adanya bau, dan adanya gatal atau nyeri. Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan secara mandiri seperti: Kompres dingin [...]

Ini Bentuk Sentuhan yang Bisa Kurangi Rasa Sakit

Ini Bentuk Sentuhan yang Bisa Kurangi Rasa Sakit

Sentuhan bisa membantu meringankan rasa sakit pada luka, bengkak atau sakit lainnya secara fisik. Penelitian terbaru menemukan, mengelus-elus secara lembut kulit yang berjarak satu atau dua inci dari area yang terluka bisa mengurangi intensitas rasa sakit.Efek ini ditimbulkan dari serat-serat syaraf di permukaan kulit yang memroses rangsangan sentuhan antara bagian yang disentuh dan yang sakit, sehingga berfungsi seperti analgesik alami. Penemuan ini didapat setelah dilakukan percobaan kepada beberapa sukarelawan.Partisipan penelitian ditutup matanya dan diminta memakai headphone. Gunanya untuk menahan sensor lain yang mungkin mengganggu respon partisipan terhadap rasa sakit. Kemudian laser ditembakkan ke bagian lengan untuk menimbulkan rasa sakit pada partisipan.Pada beberapa partisipan, selain disinari laser, mereka juga diberi stimulasi sentuhan menggunakan kuas nilon di dekat area yang dilaser, berjarak 1 cm. Hasilnya menunjukkan, ketika penyinaran laser dan sentuhan dilakukan secara terus menerus dan bersamaan, partisipan tidak merasakan sakit yang menusuk atau tajam. Sementara pada kelompok yang hanya disinari laser, rasa sakitnya 93 persen lebih tinggi. Tapi ketika diberi [...]

Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok

Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok

Ada baiknya bila orangtua mulai memerhatikan anak Anda pada saat tidur. Tidur mengorok pada anak anak belum tentu berarti anak tertidur pulas. Justru sebaliknya, hal ini perlu menjadi perhatian khusus karena dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya; Tertutupnya jalan napas, Kelainan di sistem saraf pusat, Karena terdapatnya kelemahan otot-otot pernapasan. Inilah penyebab berbahaya tersering anak mengorok saat tidur. Waspadai Kebiasaan Anak Tidur Mengorok Penyebab tersering mengorok pada anak yaitu tertutupnya jalan napas akibat pembesaran tonsil (amandel). Pada anak-anak dengan tonsillitis kronik, tonsil akan membesar hingga dapat menutupi jalan napas. Hal ini dapat mengakibatkan beberapa hal dari yang ringan seperti tersedak, hingga yang terberatnya yakni kematian. Dampak pada anak yang tidur mengorok: Menurunnya kemampuan berkonsentrasi Anak yang mengalami gangguan tidur, biasanya sering terbangun saat malam hari karena sesak. Terkadang walau tidak sampai terbangun, namun kualitas tidur si kecil tidak maksimal sehingga pada saat siang hari akan terasa mengantuk. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak terhadap banyak hal, se [...]

6 Kebiasaan Sehat untuk Melawan Penuaan

6 Kebiasaan Sehat untuk Melawan Penuaan

Penuaan dini tidak hanya terjadi pada kulit saja. Tubuh secara keseluruhan pun bisa mengalami yang namanya penuaan. Proses ini memang alami dan merupakan bagian dari lingkarang kehidupan. Tapi tentunya Anda ingin ketika sudah mencapai usia senja, kulit masih elastis, wajah masih segar, tubuh sehat dan bugar serta daya ingat masih kuat. Cara mendapatkannya, dengan melakukan enam kebiasaan sehat yang dikutip dari Canadian Living.1. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Sering & LamaTerkena paparan sinar matahari terlalu sering dan lama bisa mengakibatkan kanker kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti noda kecoklatan dan kerutan. Agar kulit sehat dan tampak muda lebih lama, hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan selalu gunakan sunscreen. Kenakan juga topi dan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV.2. Diet Sehat Seiring bertambahnya usia, tubuh semakin rentan terkena gangguan kesehatan. Jadi salah satu strategi agar sehat lebih lama adalah mengonsumsi variasi makanan sehat yang rendah lemak, kaya serat, sumber vitamin, mineral dan antioksidan. Menurut konsultan diet Cathy Pearson, diet sehat bisa meningkatkan tingkat energi, kesehatan ment [...]

Penanganan Terkini untuk Jerawat Meradang

Penanganan Terkini untuk Jerawat Meradang

Kongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin 2014 Acne vulgaris merupakan suatu jenis jerawat yang ditandai dengan peradangan kronis dari kelenjar minyak. Acne vulgaris juga muncul akibat kerja dari bakteri P. acnes yang meningkat, penyumbatan dari saluran akar rambut, produksi minyak yang berlebihan serta reaksi sistem kekebalan tubuh kita (imunitas). Untuk mengobati jerawat terdapat beberapa jenis obat yang sering digunakan seperti antibitoik, asam retinoid, benzoyl peroxide, serta asam salysilat. Namun terkadang setelah pengobatan yang lama dan berganti-ganti obat, hasil yang ditunjukkan tidak maksimal terutama untuk beberapa kasus jerawat yang sangat berat dan terkadang pun tidak sembuh. ?Terapi imun yang sedang diteliti merupakan suatu jenis vaksin, yaitu vaksin untuk bakteri P. acnes. Vaksin ini memiliki beberapa target yaitu membubuh bakteri P.acnes serta mengobati kasus-kasus jerawat yang resistant terhadap obat-obatan lainnya,? jelas Prof. dr. Hari Sukanto, Sp.KK(K) ketika ditemui PeduliSehat.info pada kesempatan ketika mengisi simposium Imunoterapi untuk Acne Vulgaris diKongres Nasional Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Bandun [...]

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

Apa yangAndapikirkan ketika mendengar istilah awet muda? Kulit tetap kencang? Kulit wajah bebas keriput? Ketahuilah, awet muda tidak melulu soal penampilan kulit bertahan di usia 20-an hingga 30-an. Karena pada prinsipnya, jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini, keuntungan penampilan kulit tersebut menjadi ?bonus? dan penampilan Anda secara keseluruhan dapat menjadi 5 hingga 10 tahun lebih muda. Melawan proses penuaan merupakan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun demikian manfaatnya banyak sekali. Karena dengan demikian Anda tidak hanya mendapatkan kulit bertahan semata, tetapi justru secara esensi Anda justru melawan beberapa penyakit degeneratif nan kronis yang mengintai, seperti halnya: Penyakit jantung, Kanker, diabetes, Hipertensi Dimana penyakit-penyakit tersebut adalah biang kerok yang mempercepat penuaan dan merupakan penyebab kematian muda yang paling sering terjadi. Meskipun proses penuaan mutlak terjadi dan kita tidak dapat menghindarinya, hal yang dapat Anda lakukan adalah menunda penuaan tersebut dengan melakukan beberapa kiat berikut ini: Kebiasaan Awe Muda#1: Konsumsi Sayur dan Buah Orang-orang yang mengkonsumsi ber [...]

Kurangi 5 Makanan Tak Sehat Ini Untuk Anak

Kurangi 5 Makanan Tak Sehat Ini Untuk Anak

Sudah seharusnya bahwa orang tua memperhatikan benar apa yang dikonsumsi oleh anak. Jangan hanya karena alasan sibuk, orang tua malah memberikan makanan yang tidak sehat. Untuk menghindarinya, simak lima makanan yang sebaiknya tidak Anda sajikanuntuk si kecil, seperti yang dikutip dari Lifemojo.1. Chicken nuggetsMakanan ini merupakan salah satu makanan favorit anak-anak. Sayangnya, makanan ini mengandung banyak garam, perasa buatan dan bahan pengawet. Belum lagi chicken nugget dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak yang kaya akan lemak trans (salah satu jenis lemak yang tidak baik bagi kesehatan karena bisa mengikis kolesterol baik) Memakannya dengan saus tomat atau sambal botolan tentu semakin memperparah keadaan.Tak diragukan lagi, makanan ini memang lezat namun sedikit sekali nutrisi yang bisa diambil oleh tubuh. Sebaiknya, ganti chicken nugget dengan dada ayam bakar yang dibentuk lucu, mungkin diperlukan usaha dan kreatif lebih untuk membuatnya tapi ini berguna agar si kecil termotivasi untuk mengonsumsinya.2. Sereal manisSereal manis dengan berbagai rasa seperti cokelat atau marshmellow juga menjadi santapan favorit si kecil saat sarapan. Sebagian sereal tersebut meng [...]

Antibiotika Saat Hamil: Amankah?

Antibiotika Saat Hamil: Amankah?

Apakah saya perlu minum antibiotika, Dok? Apa tidak pengaruh ke janin?? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan oleh ibu hamil yang kebetulan sakit. Antibiotika umum diberikan pada ibu hamil. Beberapa antibiotika aman dikonsumsi selama kehamilan, dan beberapa antibiotika lain tidak boleh diberikan. Keamanan antibiotika tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tipe antibiotika, usia kehamilan, berapa banyak antibiotika yang dikonsumsi dan berapa lama. (Baca: Awas! Sembarangan Minum Antibiotik Bisa Bahaya!) Di bawah ini adalah beberapa contoh antibiotika yang secara umum aman dikonsumsi selama kehamilan: � Amoxicillin � Ampicillin � Klindamisin � Eritromisin � Penisilin � Sefalosporin Antibiotika yang sebaiknya dihindari contohnya adalah tetrasiklin seperti doksisiklin dan minosiklin karena dapat menyebabkan kerusakan sel hati ibu hamil dan menyebabkan perubahan warna gigi janin. (Baca: Ketika Harus Minum Antibiotik Sebelum Perawatan Gigi) Hal apa lagi yang perlu diperhatikan dalam hal ini? Berikut penjelasannya: Hal yang Diperhatikan: Selain itu, perlu diket [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *