Tidur Telentang atau Tengkurap, Mana yang Lebih Baik?

tidur.jpg

Manusia membutuhkan waktu sepertiga dari hidupnya untuk tidur agar fungsi tubuh dapat bekerja dengan semestinya secara maksimal. Kualitas tidur ditentukan oleh sejumlah faktor salah satunya posisi Anda saat tidur di malam hari. Beberapa posisi tidur baik untuk menunjang kesehatan namun ada pula yang sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu kinerja fungsi tubuh.

Umumnya manusia tidur dengan posisi yang dianggapnya nyaman tanpa memikirkan apakah itu baik atau tidak terhadap kesehatan. Posisi tidur yang satu pun belum tentu cocok untuk semua orang, tergantung dari kondisi kesehatan dan gaya hidupnya. Ini berbagai posisi tidur yang paling umum, dan tentukan sendiri mana yang paling sesuai untuk Anda.

1. Telentang
Sebagian besar ahli kesehatan akan menyarankan Anda untuk tidur telentang atau berbaring. Posisi ini paling ideal untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan leher. Kasur akan menopang tulang belakang dengan baik, punggung pun tetap lurus dan tidak mengerut. Akan lebih baik lagi jika Anda tidur dengan bantal tipis atau tanpa bantal karena membuat tulang leher dalam posisi netral. Terlalu banyak memakai bantal untuk menoopang kepala bisa membuat Anda sulit bernapas.

Tidur telentang juga mencegah terbentuknya garis-garis halus dan kerutan pada wajah, sehingga membantu memperlambat tanda-tanda penuaan karena kulit wajah tidak terkena kontak langsung dengan kain. Saat wajah bersentuhan dengan sprei, biasanya akan meninggalkan bekas-bekas kerutan pada kulit dan jika berlangsung terus menerus bukan tidak mungkin kerutan itu akan menjadi permanen. Namun posisi tidur ini mungkin bisa membuat orang dengan gangguan pernapasan lebih sering mendengkur.

2. Menyamping
Ini adalah posisi tidur yang paling umum. Tidur menyamping baik dan disarankan untuk wanita hamil karena membantu meningkatkan sirkulasi darah ke jantung. Hal itu bisa menguntungkan baik bagi ibu maupun bayi dalam kandungan. Posisi menyamping ke kiri, dianjurkan untuk meringankan heartburn (rasa seperti terbakar pada dada) dan menurunkan asam lambung.

Namun di sisi lain tidur menyamping bisa meningkatkan tekanan pada perut dan paru-paru yang membuat sulit bernapas. Posisi ini juga bisa membuat tangan kesemutan atau mati rasa karena menghambat kelancaran aliran darah dan bisa berbahaya bagi otot dan urat syaraf. Selain itu juga membuat tekanan tubuh berpusat pada bahu yang bisa membuat leher dan otot bahu sakit setelah bangun pagi. Tidur menyamping bahkan bisa membuat payudara tampak turun akibat efek gravitasi. Tidur dengan posisi ini sebaiknya tidak dilakukan setiap hari dan terus menerus, terutama bagi Anda yang memiliki masalah pada paru-paru atau peredaran darah kurang lancar.

3. Tengkurap
Tidur tengkurap bisa membantu mengurangi frekuensi dengkuran dan mengatasi beberapa kasus sleep apnea (jeda napas, atau napas berhenti sejenak saat tidur). Namun kerugian dari tidur dengan posisi ini lebih banyak, bahkan sejumlah pakar, seperti dikutip dari Health Me Up menyebut kalau tengkurap merupakan posisi tidur paling buruk. Posisi ini mengakibatkan sakit pada beberapa bagian tubuh terutama punggung dan tulang belakang, sebab saat tidur tengkurap, berarti tulang bagian belakang tidak tertopang dengan baik. Selain itu posisi tidur ini juga membuat otot dan tulang leher menegang, serta mempercepat penuaan dini seperti timbulnya kerutan dan jerawat.

4. Meringkuk
Meringkuk seperti janin di dalam kandungan adalah posisi tidur yang paling menyamankan dan menjamin Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari. Tapi posisi ini adalah yang terburuk kedua setelah tengkurap. Tidur semalaman dengan tubuh meringkuk akan membuat leher dan punggung sakit, timbul kerutan dan payudara kendur. Jika Anda terlalu meringkuk juga bisa membuat sesak napas, membuat tulang dan syaraf punggung tegang dan mengakibatkan sakit pada persendian terutama jika lutut dan dagu Anda terlalu menekan dada.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tidak Hanya Kurang Serat, Ini Penyebab Lain Anda Sulit BAB

Tidak Hanya Kurang Serat, Ini Penyebab Lain Anda Sulit BAB

Sembelit, konstipasi atau sulit buang air besar tidak selalu dikarenakan kurangnya asupan serat dari sayur dan buah. Ada sejumlah penyebab lain yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Ini empat penyebab paling umum terjadinya sembelit, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. StresAnda bisa saja mengalami masalah pencernaan akibat stres berkepanjangan. Saat stres, sistem syaraf pada usus besar juga ikut terpengaruh sehingga menyebabkan kontraksi pada perut berkurang. Hal ini mengakibatkan Anda lebih jarang merasakan keinginan untuk buang air besar dan pengeluaran racun-racun serta sisa makanan yang tidak tercerna pun terhambat.2. Berhenti Olahraga RutinOrang yang rutin berolahraga, lalu berhenti melakukan rutinitasnya juga bisa mengalami susah buang air besar. Mengubah rutinitas yang telah terbiasa dialami tubuh akan memengaruhi berbagai sistem syaraf dan itu bisa membuat usus juga berubah dalam memproses makanan. Olahraga secara rutin adalah hal baik, jadi sebaiknya jangan dihentikan karena akan lebih banyak hal negatif yang akan Anda alami. Mulai dari kegemukan hingga sembelit contohnya.3. DehidrasiAir sangat penting agar tubuh bisa terus menjalankan fungsi organn [...]

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

4 Fakta & Mitos Penyebab Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah Anda tahu jika terjadi kegemukan maka risiko untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan Anda? Lalu kenapa orang bisa mengalami kegemukan? Selain faktor makan berlebihan dan kurang olahraga, apakah benar memang 'dari sononya' orang bisa gemuk? Atau karena faktor tulangnya besar? Sebelum kita ketahui lebih jauh apa pencetus kegemukan sebenarnya, ada benarnya kita telusuri terlebih dahulu apa itu kegemukan dalam dunia medis. Kegemukan = Obesitas Obesitas adalah keadaan di mana terdapat kelebihan lemak dalam tubuh. Standar definisi dari obesitas dan overweight dilihat berdasarkan indeks massa tubuh (IMT). IMT diukur dengan satuan berat badan dan tinggi badan ((Berat badan/tinggi badan (kg/m2)). Obesitas dapat meningkatkan mortalitas (angka kematian) seseorang dengan penyakit kronis yang mengancam jiwa seperti diabetes melitus tipe 2, penyakit jantung dan pembuluh darah, kantung empedu, sensitifitas hormon dan kanker saluran cerna. Nah, berikut ini adalah paparan-paparan 4 fakta dan mitos penyebab kegemukan lebih jelasnya. [...]

Kurangi Garam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kurangi Garam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Apabila warga Amerika mengurangi asupan garam mereka sebanyak 1 g/hari, akan didapatkan 250.000 lebih sedikit kasus penyakit jantung dan berkurangnya 200.000 kematian dalam 1 dekade. Statistik yang terbaru ini dinyatakan di dalam the American Heart Association's Annual Conference on Cardiovascular Disease Epidemiology and Prevention. ?Pengurangan kadar asupan garam-hampir tidak terasa bedanya di makanan- dapat secara dramatis berpengaruh di dalam peningkatan kesehatan seseorang,? kata salah satu peneliti Kirsten Bibbinsa Domingo, MD, PhD, asisten profesor dalam epidemiologi di Universitas California. ? Merupakan suatu kejutan besar melihat betapa besarnya pengaruh pengurangan sedikit asupan garam terhadap kesehatan populasi sesuai dengan model penelitian yang sedang kami kerjakan.? Keuntungan dari pengurangan asupan garam ini terutama dapat dirasakan bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dimana tekanan darah mereka cukup sensitif terhadap asupan garam. Penelitian ini mendapatkan data pada warga Amerika bahwa dengan pengurangan asupan garam 3 g/hari akan mengurangi 6% kasus penyakit jantung dan mengurangi 3% kematian. Pada warga Afrika-Amerika, pengurangan asupan garam aka [...]

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Stres rasanya jika wajah ditumbuhi oleh jerawat batu. Ukurannya yang besar, berwarna kemerahan dan dipenuhi nanah pastinya mengganggu penampilan kita. Belum lagi efeknya yang mungkin bisa menimbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menyingkirkan ?tamu tidak diundang? ini dari wajah Anda. Jerawat bisa timbul ketika pori-pori wajah Anda tersumbat dengan sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri ikut menyusup ke dalamnya dan membuat area tersebut menjadi merah dan bengkak. Sementara jerawat batu terjadi ketika infeksi ini telah masuk jauh ke dalam kulit wajah Anda. Tidak hanya pada wajah, jerawat batu juga bisa muncul pada dada, pundak, punggung, atau lengan atas. Sebenarnya tidak ada penyebab pasti kenapa Anda memiliki jerawat batu, namun hormon androgen bisa ditunjuk sebagai pemicunya. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Kalangan yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi adalah remaja. Namun itu bukan berarti kalangan remaja saja yang bisa mengidap jerawat batu. Anak-anak berusia 8 tahun atau orang tua berusia paruh b [...]

Tips Keracunan Makanan

Tips Keracunan Makanan

Berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa sangat berguna di masa depan, jika Anda dihadapi situasi lingkungan yang terdapat korban keracunan makanan. Berikut gejala-gejala yang perlu diwaspadai pada keracunan makanan: Tanda-tanda dehidrasi seperti: mulut kering, produksi urin berkurang, pusing, mata cekung; Diare; Kram perut; Muntah; Demam; BAB berdarah atau berwarna hitam. Setelah mengonsumsi makanan yang diduga terkontaminasi, dapat timbul gejala-gejala tersebut. Gejala tersebut dapat berlangsung dari 30 menit sejak makanan tersebut dikonsumsi dan bervariasi bergantung pada organisme penyebabnya. Pada kontaminasi stafilokokus (infeksi yang ditimbulkan karena terdapatnya bakteri gram positif stafilokokus) dapat terjadi dalam kurun waktu 1 jam, hingga 10 hari dalam kasus campylobacter (infeksi saluran pencernaan atau infeksi darah yang disebabkan oleah bakteri Campylobacter). Bahkan pada infeksi parasit seperti Giardia, gejala dapat berlangsung dari 1 hari hingga beberapa bulan tergantung tipe infeksinya. Berikut ini adalah pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keracunan makanan: Cara Menghindari Keracunan Makanan Pastikan bahwa [...]

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Alami untuk Kurangi Sakit Punggung Kronis

Sebelum ke Dokter, Ini Cara Alami untuk Kurangi Sakit Punggung Kronis

Sakit pada tulang belakang bisa sangat mengganggu aktivitas, terlebih lagi jika sudah mencapai tahap yang kronis. Sakit yang menjalar dari punggung hingga pinggul ini bisa berlangsung beberapa jam bahkan minggu. Memeriksakan diri ke dokter sangat dianjurkan bahkan penting untuk mengetahui penyebab pastinya.Sementara itu, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi rasa sakit pada tulang belakang sebelum pergi ke dokter. Aktivitas ini bisa dilakukan saat di kantor maupun rumah.1. Ubah Posisi DudukSeperti dilansir Health Me Up, ketika bekerja di kantor, ubahlah posisi duduk Anda sesering mungkin dengan tetap menjaga lengkungan alami punggung. Jangan duduk terus sepanjang waktu. Sesekali berdirilah dan lakukan peregangan ringan atau sempatkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan di sekitar kantor.2. Saat TidurKetika tidur dalam posisi berbaring atau menyamping, tempatkan bantal di bawah lutut. Apabila tidur tengkurap, taruh bantal tepat di bawah perut untuk mencegah punggung terlalu melengkung ke bawah.3. Hindari Angkat Beban BeratOrang dengan sakit tulang belakang kronis harus menghindari mengangkat beban berat, terutama mengangkat di atas kepala. Jika terpaksa harus melakukan [...]

5 Jurus Meredakan Batuk dengan Cepat

5 Jurus Meredakan Batuk dengan Cepat

Perubahan suhu pada musim hujan membuat bakteri dan virus penyakit semakin mudah berkembang. Itulah salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh, salah satunya batuk. Seperti gejala-gejala ringan lainnya, batuk bisa disembuhkan dengan penanganan sendiri. Berikut ini adalah 5 cara untuk menghilangkan batuk yang bisa Anda lakukan di rumah: 1. Minum cukup Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek atau flu dapat menyebabkan postnasal drip (akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan yang menyebabkan lendir menetes ke bawah dari belakang hidung). Minum cukup akan membantu menipiskan lendir di lapisan hidung. Selain itu, minum baik untuk menjaga selaput lendir tetap lembap. 2. Mandi air hangat Mandi air hangat dapat membantu melonggarkan lendir dan dahak. Jika batuk Anda kering, cara ini akan melembapkan saluran pernapasan dan membuat lega tenggorokan yang gatal. Cara Cepat Sembuh Batuk Lainnya 3. Aromaterapi Minyak esensial tertentu mampu merangsang paru-paru untuk mengusir lendir dan melawan infeksi. Salah satu cara paling sederhana dalam menggunakan aromaterapi adalah dengan menyiapkan bak ukuran sedang yang telah diisi uap air la [...]

5 Alasan Perlunya Makan Telur

5 Alasan Perlunya Makan Telur

Walaupun telur pernah mendapat reputasi buruk karena dapat meningkatkan kadar kolestrol, bukti yang disebutkan dalam penelitian oleh the British Medical Journal menyebutkan bahwa mengonsumsi telur dalam jumlah sedang ternyata tidak memiliki efek terhadap penyakit jantung atau stroke. Meskipun pasien penyakit jantung disarankan untuk mengurangi konsumsi kuning telur menjadi dua kali dalam seminggu, namun tidak disarankan untuk pantang telur. Studi terkini juga tidak menemukan kaitan antara makan enam kuning telur setiap minggu dengan kejadian serangan jantung atau stroke pada orang sehat. Nah, berikut 5 alasan kenapa mengonsumsi telur baik untuk tubuh: 1. Telur Membantu Bayi Sehat Hal ini terutama untuk wanita hamil. Telur mengandung choline, merupakan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan otak bayi. Suplementasi choline ternyata juga membantu dalam mengurangi risiko timbulnya penyakit down syndrome. Telur juga diketahui sebagai sumber vitamin B12, vitamin B6, dan folat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan melindungi sel-sel saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan sel-sel saraf. Wanita hamil yang kekurangan vitamin B12 m [...]

5 Faktor Yang Buat Anda Sulit Tidur

5 Faktor Yang Buat Anda Sulit Tidur

Mengonsumsi banyak kafein, bisa menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya tidur Anda di malam hari. Namun, ternyata ada berbagai faktor lain yang bisa mempengaruhi pola tidur Anda. Ini 5 di antaranya!Seperti yang dikutip dari health, ada lima faktor yang biasanya menjadi penyebab utama kurangnya tidur seseorang. Sebelum mencari tahu solusinya, kenali lebih dalam faktor penyebabnya terlebih dulu:1. SakitDalam sebuah penelitian, 15 persen orang Amerika dilaporkan menderita penyakit kronis dan dua per tiganya dilaporkan mengalami masalah tidur. Sakit punggung, sakit kepala dan sindrom sendi rahang (masalah dengan otot rahang) merupakan penyebab utama kurangnya tidur Anda.2. StresInsomnia adalah suatu gejala dan penyebab depresi dan kecemasan. Hal ini disebabkan, otak menggunakan neurotransmitter yang sama saat tidur dan juga suasana hati. Situasi yang membuat stres seperti masalah keuangan atau rumah tangga seringkali menjadi penyebab insomnia yang bisa menjadi masalah kurangnya waktu tidur dalam jangka waktu lama.3. Jet lagTubuh dan otak Anda sudah terbiasa dengan jam internal, tidur di malam hari dan bangun di waktu pagi. Tubuh hanya bisa bertahan tiga hari ketika harus menyes [...]

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala sering dikaitkan dengan stres atau tubuh yang kurang istirahat. Padahal sakit kepala juga dapat dipicu oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hanya saja, sensitivitas tiap orang terhadap jenis makanan atau minuman tertentu akan beragam. Sakit kepala akibat makanan juga sulit dikenali karena efek tersebut terjadi sekitar 30 menit hingga 72 jam setelah mengonsumsi makanan. Pengaruh Pola Makan Risiko sakit kepala dapat dipengaruhi oleh pola makan dalam dua cara : Beberapa makanan tertentu dianggap sebagai pemicu sakit kepala. Kebiasaan makan yang kurang baik, seperti terlambat makan atau kurang asupan cairan yang juga dapat memengaruhi risiko sakit kepala. Khusus bagi wanita, masa pramenstruasi bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap makanan pemicu sakit kepala. Satu jenis makanan mungkin tidak akan menimbulkan sakit kepala ketika dikonsumsi setelah haid, dibandingkan satu minggu sebelumnya. Pemicu Sakit Kepala Sakit kepala terkadang muncul tanpa diduga. Mulai dari nyeri yang terasa sesaat, hingga rasa sakit berdenyut selama berjam-jam. Bisa jadi hal itu berawal dari konsumsi Anda beberapa waktu sebelumnya. Berikut ini adalah jenis makanan dan minuman yan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *