Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Tingkatkan-Kecerdasan-Anak-dengan-Makanan-Ini.jpg

Tahukah Anda bahwa otak berkembang sejak 8-14 minggu setelah terjadi proses pembuahan? Proses perkembangan otak akan terus berlanjut dengan cepat hingga usia kehamilan trimester akhir. Setelah bayi lahir, otak akan terus berkembang hingga usia 3 tahun.

Perkembangan dan kematangan otak anak antara yang satu dan yang lainnya berbeda-beda, tergantung dari stimulasi yang ada di lingkungan sekitarnya dan juga nutrisi yang diberikan.

Nutrisi dalam makanan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, tapi juga bermanfaat untuk menstimulasi otak anak.

Seorang anak yang tidak diberikan makanan dengan nutrisi seimbang, maka pertumbuhannya akan terhambat dibandingkan dengan anak seusianya. Selain itu, pemberian nutrisi yang kurang tepat akan menurunkan daya konsentrasi, menurunkan kemampuan anak dalam mempelajari dan menangkap hal-hal baru.

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya:

  • Sayuran

Berbagai sayuran yang mengandung vitamin dan mineral dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Sayuran memiliki banyak warna, dan warna sayuran memiliki kandungan antioksidan yang bagus bagi tubuh. Misalnya: paprika merah, wortel, brokoli mengandung betakaroten yang dapat mendukung pertumbuhan otak; tomat mengandung likopen yang berfungsi melindungi selaput otak; bit mengandung antasianid yang mampu melindungi membran otak; dan bayam mengandung lysine yang mampu menambah nafsu makan anak serta vitamin B9 yang dapat meningkatkan daya ingat anak.

  • Buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi, seperti alpukat dan pisang. Kedua buah tersebut sangat baik untuk perkembangan otak anak.

  • Ikan

Ikan adalah sumber protein yang kaya omega-3, asam lemak DHA, asam lemak EPA yang dapat membantu pertumbuhan otak. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh anak di antaranya ikan yang tidak bersisik seperti lele, belut, baung, patin, sembilang, salmon, sarden, dan tuna.

  • Telur dan daging

Telur dan daging juga merupakan sumber protein. Dengan mengonsumsi telur secara teratur, khususnya bagian kuning, dapat meningkatkan daya ingat pada anak. Begitu juga daging, karena daging mengandung tinggi protein, mineral dan zat besi.

  • Susu

Susu merupakan penyempurna pada nutrisi makanan. Susu mengandung banyak protein dan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak sekaligus daya ingat.

  • Olahan kacang kedelai

Olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, ataupun susu kedelai memiliki kandungan yang tinggi protein, karbohidrat, vitamin, dan serat. Semua elemen tersebut sangat bagus untuk perkembangan otak anak, apalagi dalam masa emas pertumbuhannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Pilih Suplemen Multivitamin yang Aman untuk Anak

Cara Pilih Suplemen Multivitamin yang Aman untuk Anak

Apa yang harus dicermati sebelum memilih suplemen multivitamin untuk anak? Perlu diketahui bahwa berbeda dari obat-obatan yang harus diuji efektivitasnya secara klinis lewat serangkaian prosedur, suplemen tidak memerlukan uji klinis seperti itu.Karenanya, sebelum memberikan suplemen kepada anak, ada beberapa hal yang harus perhatikan. Pastikan Anda mengetahui suplemen yang dibutuhkan oleh anak, dan sebaiknya yang memang khusus diformulasikan untuk anak serta mudah dikonsumsi. Berikut adalah 6 cara memilih suplemen multivitamin yang aman dan tepat: Cari produk yang bersegel resmi. Produk-produk yang disetujui oleh pemerintah, seperti Departemen Kesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), biasanya aman dan memenuhi standar mutu. Hati-hati dengan barang tiruan. Jangan terlalu memedulikan tambahan-tambahan lainnya. Tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk suplemen multivitamin yang bebas alergen bila anak jelas tidak alergi terhadap kandungan tersebut. Beda lagi jika anak mempunyai alergi khusus. Selalu periksa tanggal kedaluwarsa suplemen multivitamin yang dibeli. Usahakan membeli suplemen multivitamin yang masih jauh dari tanggal kedaluwarsa, karena jika sudah h [...]

Anak Mulai Bersekolah? Jaga Kesehatannya Dengan Langkah Ini!

Anak Mulai Bersekolah? Jaga Kesehatannya Dengan Langkah Ini!

Saat seseorang berkontak dengan kuman dalam jumlah yang cukup banyak, ditambah dengan daya tahan tubuh yang sedang menurun, maka kemungkinan terjadinya penyakit infeksi sangat besar. Saat terkena penyakit infeksi, gangguan kesehatan yang terjadi dapat memaksa seseorang untuk hanya mampu terkulai lemas di rumah dan aktivitas pun terganggu. Bagaimana bila hal ini dialami oleh buah hati tercinta? Tentunya sangat melukai hati orangtua manapun.Penyakit infeksi dapat diperoleh dimanapun, termasuk saat buah hati sedang berada di sekolah. Banyaknya anak-anak yang saling berkontak erat misalnya saling bercanda tawa, saling bersentuhan, saling tukar menukar makanan dan minuman, bermain di segala macam tempat, jajan sembarangan, dll., menjadi salah satu risiko mudahnya penyebaran kuman pada sang buah hati. Belum lagi ada kemungkinan buah hati bertemu dengan temannya yang sedang sakit, ataupun ada temannya yang belum mampu menjalankan kebiasaan diri yang sehat.Oleh sebab itu, sangat penting bagi para orangtua untuk ?mempersiapkan? anak sebelum mereka mulai bersekolah. Imunisasi/ vaksinasi dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi kejadian penyakit infeksi yang dapat dicegah (preventable d [...]

Informasi Bagi Orangtua

Informasi Bagi Orangtua

Penting adanya program vaksinasi bagi bagi bayi pada masa perkembangannya. Pastikan bayi Anda sudah menjalani proses vaksinasi tepat pada jadwalnya. Dimana disinilah peran krusiil dari tanggung jawab seorang orangtua. Imunisasi atau vaksinasi yang biasanya diberikan oleh pihak kesehatan yang berkompetensi wajib diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi adalah suatu prosedur rutin yang bertujuan menjaga kesehatan anak anda. Kebanyakan dari imunisasi ini adalah untuk memberi perlindungan menyeluruh terhadap penyakit-penyakit yang berbahaya dan sering terjadi pada tahun-tahun awal kehidupan seorang anak. Walaupun pengalaman sewaktu mendapatkan vaksinasi tidak menyenangkan untuk bayi anda, tapi rasa sakit yang sementara akibat suntikan ini adalah untuk kesehatan anak dalam jangka waktu panjang. Salah satu ancaman terhadap manusia adalah penyakit, terutama penyakit infeksi yang dibawa oleh berbagai macam mikroba seperti virus, bakteri, parasit, jamur. Walau tubuh manusia memiliki sistem imun sendiri untuk mengatasi penyakit sampai batas tertentu, tidak bisa tidak, di awal masa tumbuh kembang manusia tetap memerlukan asupan imun untuk mendukung kesempurnaan kiner [...]

Jangan Sembarangan Kasih Multivitamin Anak, Kenali Dulu Kandungannya

Jangan Sembarangan Kasih Multivitamin Anak, Kenali Dulu Kandungannya

Bagaimana cara menentukan multivitamin terbaik untuk anak? Vitamin apa yang sebenarnya dibutuhkan anak? Apakah multivitamin yang saat ini digunakan sudah tepat?Mikronutrien seperti vitamin dan mineral merupakan kedua zat yang penting bagi tubuh untuk menjalankan fungsi fisiologis tubuh yang optimal. Sayangnya, ternyata fakta menunjukkan kekurangan mikronutrien terjadi secara global di seluruh dunia, terutama pada wanita hamil dan anak di bawah usia 5 tahun.Mikronutrien yang paling sering ditemukan dalam jumlah yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh antara lain zat besi, yodium, vitamin A, dan zink. Padahal kekurangan mikronutrien tersebut dapat menyebabkan perkembangan terhambat, perkembangan intelektual terganggu, komplikasi penyakit, dan meningkatkan angka kesakitan dan angka kematian. Selain itu, Bailey dkk. menyebutkan dalam penelitiannya bahwa pada anak usia 2-8 tahun ditemukan bahwa asupan mikronutrien yang didapatkan dari makanan seperti fosfor, selenium, asam folat, B6, dan B12 tidak mencukupi kebutuhan harian anak.Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. [...]

6 Makanan Penyebab Anak Diare

6 Makanan Penyebab Anak Diare

Salah satu masalah yang mengincar tubuh anak adalah diare. Banyak faktor yang menyebabkan Si Kecil mengalaminya. Pertama, faktor lingkungan yang kurang bersih. Kedua, faktor penyediaan air bersih yang belum memadai. Ketiga, infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau parasit lainnya.Keempat, anak keracunan bahan makanan atau alergi terhadap zat dalam makanan.Gejala yang menyertai diare dapat berupa mual dan muntah, yang disebabkan oleh infeksi.Infeksi bakteri atau parasit biasanya menyebabkan buang air besar yang berdarah dan juga terjadi demam.Untuk mencegahnya, Anda perlu mengetahui makanan-makanan apa saja yang dapat membuat anak diare. Apa saja? Berikut penjelasannya: Pencegahan Diare Pada Anak Untuk mencegahnya, Anda perlu mengetahui makanan-makanan apa saja yang dapat membuat anak diare. Apa saja? Makanan yang digoreng. Rendahnya kadar serat dan tingginya kadar lemak membuat makanan yang digo [...]

Cara Membiasakan Makan Sehat Pada Anak

Cara Membiasakan Makan Sehat Pada Anak

Dengan mengajari anak kebiasaan makan yang sehat, Anda dapat membantunya tumbuh dan berkembang secara normal. Selain itu, kebiasaan makan yang teratur sejak dini akan mempengaruhi gaya hidup mereka ketika mereka dewasa.Beberapa aspek yang paling penting dari kebiasaan makan sehat adalah pengontrolan porsi serta lemak yang terkandung. Cara sederhana untuk mengurangi asupan lemak dalam diet anak Anda mencakup: Produk susu rendah lemak atau tanpa lemak Ayam tanpa kulit Roti gandum dan sereal Camilan sehat seperti buah dan sayuran Mengurangi gula dan garam Pendekatan lain yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat pada anak, di antaranya: Pendekatan lain yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat pada anak, di antaranya: Membimbing ketimbang mendikte Menyuruh anak terus-menerus untuk mengonsumsi makanan yang sehat tidak akan membuat mereka sadar. Anda harus [...]

Gejala & Tanda Urtikaria

Gejala & Tanda Urtikaria

Urtikaria atau Kaligata sangat dikenal dengan sebutan biduran oleh masyarakat awam. Penyakit ini termasuk salah satu gejala yang paling sering terlihat di UGD di berbagai rumah sakit. Urtikaria biasanya dapat terjadi karena berbagai macam sebab, salah salah satu penyebab yang paling sering adalah alergi.Urtikaria memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Kulit pucat dan kemerahan dengan sedikit bengkak (edema) yang meradang. Daerah kulit yang terkena Urtikaria ini bervariasi dan dapat muncul di manapun. Bagian yang terkena Urtikaria pun terasa lebih panas dibanding permukaan kulit lainnya serta terasa gatal. Ketika bagian kulit yang terkena Urtikaria di garuk, maka biasanya bengkak akan semakin menyebar. Pada awalnya penderita akan merasa gatal pada bagian tertentu di kulit, kemudian akan muncul kulit kemerahan dan sedikit penonjolan pada kulit setelah itu barulah rasa nyeri (seperti tersengat atau tertusuk) datang. Beberapa penderita Urtikaria Akut biasanya mengalami masalah pernafasan atau asma, kesulitan menelan dan masalah pencernaan. Gejala Urtikaria muncul dengan cepat dan menghilang secara perlahan. Sedangkan bagi penderita Urtikaria Kronis biasanya membutuhkan waktu lama [...]

Sudah Sesuaikah Tumbuh Kembang Anak Anda dengan Usianya?

Sudah Sesuaikah Tumbuh Kembang Anak Anda dengan Usianya?

Sebagai orangtua, Anda akan sering bertanya-tanya apakah tumbuh kembang anak Anda tergolong normal. Saat ini, banyak terdapat faktor yang dapat menghambat anak bertumbuh sesuai usianya, baik itu lingkungan sosial, kemajuan teknologi, hingga banyaknya informasi yang dapat diakses lewat internet atau media.Hal-hal berikut perlu Anda ketahui agar anak tetap dapat bertumbuh kembang optimal sesuai usianya:1. Anak cenderung tumbuh seperti orangtuanyaProses tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh faktor genetik, seperti karakter fisik orangtua. Selain itu, pilihan akivitas dan makanannya pun banyak dipengaruhi oleh pilihan yang juga dibuat oleh orangtua dan orang di sekitarnya. Oleh karena itu, selalu berikan contoh yang baik bagi mereka.Berikut kiat lainnya cara memantau tumbuh kembang anak, selengkapnya di halaman selanjutnya. Sudah Sesuaikah Tumbuh Kembang Anak Anda dengan Usianya? 2. Perhatikan pola pertum [...]

Gendong Bayi Jangan Diayun-ayun!

Gendong Bayi Jangan Diayun-ayun!

Kita semua tentu ingin menjadi orangtua yang baik dan memiliki anak yang normal dan sehat. Merawat dan membesarkan anak bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan pengetahuan tentang cara merawat bayi.Seringkali kita melihat para ibu menggendong sambil mengayun bayi agar tidur atau agar mereka berhenti menangis. Bahkan ada pula orang tua yang mengguncang tubuh bayi saat menangis karena merasa kesal. Ingatlah, mengayun atau mengguncang bayi sangat berbahaya! Mengayun, menggoyang, atau mengguncang bayi dapat menyebabkan masalah serius yang disebut shaken baby syndrome. Akibat yang ditimbulkan diantaranya: Kematian Kerusakaan otak atau perdarahan otak dan mata Kebutaan Kelumpuhan Epilepsi/ kejang Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Halaman beikut penjelasannya: Kenapa Hal Tersebut Bisa Terjadi? Ukuran kepala bayi cenderung l [...]

4 Permainan yang Dapat Membuat Anak Cerdas

4 Permainan yang Dapat Membuat Anak Cerdas

Jangan anggap remeh kegiatan bermain pada anak. Banyak hal yang bisa dirinya pelajari dari bermain, bahkan sejak dalam kandungan pun kita sudah mengajak mereka bermain sebagai rangsangan awal. Ketika si kecil mulai besar pun rangsangan bermain terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Agar lebih menyenangkan, rangsangan itu dilakukan rutin dalam suasana yang nyaman dan penuh kasih sayang. Ini supaya semua panca inderanya berkembang dan merangsang pembentukan sel-sel otaknya. Permainan yang bisa Anda lakukan tidak perlu mahal. Yang penting meningkatkan keakraban Anda dan si kecil. Berikut beberapa contoh permainan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil: PuzzleIni untuk merangsang kecerdasan si kecil melalui problem solving. Dengan memasang bagian-bagian puzzle, si kecil bisa belajar tentang gambar. Ketika puzzle sudah selesai, coba lakukan lagi untuk melatih kemampuan kognitifnya. Kognitif adalah kemampuan berpikir dan memberikan rasional, termasuk proses mengingat, menilai, orientasi, persepsi dan memperhatikan. Ketika mereka berhasil, kasih apresiasi dalam bentuk pujian untuk membangun percaya diri si kecil. Permainan ini mengasah dan memberikan stimulasi pad [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *