Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Tingkatkan-Kecerdasan-Anak-dengan-Makanan-Ini.jpg

Tahukah Anda bahwa otak berkembang sejak 8-14 minggu setelah terjadi proses pembuahan? Proses perkembangan otak akan terus berlanjut dengan cepat hingga usia kehamilan trimester akhir. Setelah bayi lahir, otak akan terus berkembang hingga usia 3 tahun.

Perkembangan dan kematangan otak anak antara yang satu dan yang lainnya berbeda-beda, tergantung dari stimulasi yang ada di lingkungan sekitarnya dan juga nutrisi yang diberikan.

Nutrisi dalam makanan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, tapi juga bermanfaat untuk menstimulasi otak anak.

Seorang anak yang tidak diberikan makanan dengan nutrisi seimbang, maka pertumbuhannya akan terhambat dibandingkan dengan anak seusianya. Selain itu, pemberian nutrisi yang kurang tepat akan menurunkan daya konsentrasi, menurunkan kemampuan anak dalam mempelajari dan menangkap hal-hal baru.

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya:

  • Sayuran

Berbagai sayuran yang mengandung vitamin dan mineral dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Sayuran memiliki banyak warna, dan warna sayuran memiliki kandungan antioksidan yang bagus bagi tubuh. Misalnya: paprika merah, wortel, brokoli mengandung betakaroten yang dapat mendukung pertumbuhan otak; tomat mengandung likopen yang berfungsi melindungi selaput otak; bit mengandung antasianid yang mampu melindungi membran otak; dan bayam mengandung lysine yang mampu menambah nafsu makan anak serta vitamin B9 yang dapat meningkatkan daya ingat anak.

  • Buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi, seperti alpukat dan pisang. Kedua buah tersebut sangat baik untuk perkembangan otak anak.

  • Ikan

Ikan adalah sumber protein yang kaya omega-3, asam lemak DHA, asam lemak EPA yang dapat membantu pertumbuhan otak. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh anak di antaranya ikan yang tidak bersisik seperti lele, belut, baung, patin, sembilang, salmon, sarden, dan tuna.

  • Telur dan daging

Telur dan daging juga merupakan sumber protein. Dengan mengonsumsi telur secara teratur, khususnya bagian kuning, dapat meningkatkan daya ingat pada anak. Begitu juga daging, karena daging mengandung tinggi protein, mineral dan zat besi.

  • Susu

Susu merupakan penyempurna pada nutrisi makanan. Susu mengandung banyak protein dan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak sekaligus daya ingat.

  • Olahan kacang kedelai

Olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, ataupun susu kedelai memiliki kandungan yang tinggi protein, karbohidrat, vitamin, dan serat. Semua elemen tersebut sangat bagus untuk perkembangan otak anak, apalagi dalam masa emas pertumbuhannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Agar Anak Berani ke Dokter Gigi

Cara Agar Anak Berani ke Dokter Gigi

Merawat kesehatan gigi sangatlah penting untuk dilakukan sejak dini. Apalagi mengingat banyaknya makanan dan minuman manis yang mungkin dikonsumsi oleh Si Kecil, terkadang sikat gigi saja tidaklah cukup. Diperlukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi untuk menjaga agar gigi Si Kecil tetap sehat dan bebas lubang.Namun yang menjadi kendala adalah rasa takut Si Kecil untuk pergi ke dokter gigi. Jangankan melihat kursi ?panas? dan peralatan dokter gigi, kadang melihat jas putih saja Si Kecil sudah menangis.Takut diperiksa oleh dokter gigi merupakan hal yang wajar bagi anak-anak. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk memperkenalkan Si Kecil kepada dokter gigi dengan cara yang halus dan menyenangkan. Dengan cara yang tepat, Bunda dapat membuat acara periksa oleh dokter gigi menjadi lebih nyaman bagi Si Kecil.Mulailah sejak diniMenurut para ahli, idealnya Bunda dapat memulai pemeriksaan gigi bagi Si Kecil sejak usia satu tahun. Karena semakin cepat ia diperkenalkan oleh aktivitas pemeriksaan gigi, akan semakin mudah dan cepat ia beradaptasi.Lakukan latihan sebelumnyaBunda dan Si Kecil dapat melakukan latihan kunjungan ke dokter gigi, di mana Bunda menjadi dokternya. Untuk lat [...]

Menghibur Bayi

Menghibur Bayi

Menangis merupakan satu-satunya bentuk komunikasi seorang bayi dengan dunia baru. Sebuah tangisan bayi memiliki banyak makna, tidak hanya sekedar sakit dan kesedihan. Ketika bayi tumbuh besar, jika perkembangan mental dan jiwanya terkategori sehat, maka bayi semakin sedikit memiliki alasan untuk menangis dan orangtua semakin mengetahui apa makna dari tangisan sang buah hati. Bagi orangtua baru, tangisan sang buah hati semuanya terdengar sama. Ketika dia sudah mulai menangis keras, acapkali orangtua bingung mengartikan apa yang disampaikan oleh bayi. Apakah dirinya lapar, lelah, sakit, gelisah atau perlu penggantian popok. Masalah meluas ketika arti tangis yang ada bermakna kesedihan, kekecewaan dan ketakutan. Disinilah posisi keluarga sebagai lingkungan pendidikan pertamanya mengambil peran penting membentuk kepribadian dan perkembangan kematangan jiwanya. Sebagaimana manusia dewasa pada umumnya, diperlukan bentuk dukungan yang menghibur untuk pelipur lara sang buah hati. Karena pada dasarnya, hiburan merupakan suatu kebutuhan yang mendasar selayaknya makanan dan keselamatan. Menghibur Bayi yang Ketakutan Pada bayi, ketakutan adalah sebuah naluri. Teriakan-teriakan k [...]

Cucilah Tangan untuk Mencegah Diare Pada Anak

Cucilah Tangan untuk Mencegah Diare Pada Anak

Diare pada anak masih merupakan masalah kesehatan dengan angka kematian yang masih tinggi. Menurut data dari UNICEF Commiting to Child Survivor: A Promise Renewed Progress Report 2013, angka kematian balita di Indonesia mencapai angka 152.000 pada tahun 2012. Cukup mengejutkan, bukan?Salah satu penyebab tingginya angka kematian karena diare adalah sulitnya akses air bersih dan kurangnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan, termasuk mencuci tangan yang baik dan benar.Ya, bisa dikatakan bahwa mencuci tangan merupakan cara yang paling efektif untuk menjaga anak dari beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui makanan termasuk diare.Halaman selanjutnya berikut adalah 12 langkah mencuci tangan yang tepat dan bisa Anda ajarkan pada anak: Cucilah Tangan untuk Mencegah Diare Pada Anak Berikut adalah 12 langkah mencuci tangan yang tepat dan bisa Anda ajarkan pada anak: Basahi ked [...]

Bahaya Utama Jika Anak Malas Cuci Tangan!

Bahaya Utama Jika Anak Malas Cuci Tangan!

Kita hidup bersama-sama dengan berbagai macam bakteri, virus, dan jamur di sekeliling kita. Terkadang kita kurang waspada terhadap bahayanya, karena organisme ini tidak dapat terlihat dengan kasat mata.Padahal, tahukah Anda bahwa 1 sel bakteri dapat memperbanyak dan membelah diri setiap 20 menit? Dan, setiap membelah diri, bakteri langsung ada dalam bentuk dewasa, dan mampu untuk membelah diri kembali dalam 20 menit kemudian? Sehingga, jika ada 2 bakteri dalam 20 menit, maka dalam 40 menit akan ada 4 bakteri, dan dalam 1 jam akan 8 bakteri.Dengan kecepatan ini, maka 1 sel bakteri dapat bertambah jumlah menjadi 1 triliun bakteri dalam 10 jam. Jadi, bayangkan apa yang terjadi jika Anda dan Si Kecil malas cuci tangan? Dalam 7 jam, dari 1 sel bakteri saja, di tangan Si Kecil akan terdapat 2.097.152 bakteri. Dan dalam 1 jam ke depan, jumlahnya akan bertambah menjadi 16.777.216! Bayangkan jika sebelumnya sudah ada 10 sel bakteri di tangan Anda atau si kecil! Apalagi, jika banyak bakteri jahat di antara koloni bakteri tersebut yang akan terus memperbanyak diri dan siap mendatangkan berbagai masalah kesehatan untuk Anda dan keluarga.Jangan juga kita lupakan virus dan jamur. Halaman berikut [...]

Bagaimana Penanganan Rhinitis Alergi Pada Anak?

Bagaimana Penanganan Rhinitis Alergi Pada Anak?

Penanganan rinitis alergi harus dilakukan dengan benar. Pemberian obat secara terus-menerus dan operasi bukanlah jalan terbaik dalam penanganan gangguan, karena cara yang paling ideal adalah menghindari penyebab yang bisa menimbulkan keluhan alergi tersebut. Berikut ini cara-cara penanganan rinitis alergi pada anak yang bisa Anda terapkan: Hindari alergen. Alergen adalah pencetus alergi. Tindakan ini adalah yang paling sederhana dan paling prinsipil dalam penanganan alergi. Medikamentosa. Pengobatan medikamentosa tergantung dari lama dan berat-ringannya gejala. Obat yang biasa digunakan adalah antihistamin H1 generasi I, antihistamin H1 generasi II, dan bila terdapat gejala hidung tersumbat dapat ditambah pseudoefedrin (dekongestan yang berfungsi untuk memperbaiki jalan napas dengan mengurangi hidung tersumbat karena menyebabkan penyempitan pembuluh darah, mengurangi volume darah dan pembengkakkan pada selaput lendir hidung). Pada rinitis alergi persisten, bisa diberikan antihistamin generasi II jangka lama. Bila gejala tidak membaik dapat diberikan kortikosteroid intranasal dengan pengawasan dokter, misalnya mometason atau flutikason. Tindakan bedah. Tindakan bedah hanya dilaku [...]

Bagaimanakah Mengobati Tulang Keropos?

Bagaimanakah Mengobati Tulang Keropos?

Tulang keropos atau Osteoporosis merupakan penyakit sistemik pada tulang yang ditandai dengan turunnya massa tulang dan kerusakan mikroskopik jaringan tulang, yang menyebabkan tulang menjadi lebih mudah patah.Osteoporosis merupakan kondisi yang sering tidak disadari, padahal osteoporosis demikian fatalnya karena dapat mengakibatkan kerusakan penunjang struktur tubuh manusia, yakni tulang patah. Terjadinya patah tulang bisa dengan cukup karena adanya sedikit benturan, misalnya jatuh. Meski, dapat juga patah tulang tanpa terjadi benturan sama sekali.Di Eropa, setidaknya 620.000 kasus patah tulang panggul, 574.000 kasus patah tulang lengan atas, 250.000 patah tulang humerus, dan 620.000 patah tulang belakang terjadi pada laki-laki dan wanita di atas usia 50 tahun akibat osteoporosis.Osteoporosis akan menyebabkan kecacatan dan berujung pada penurunan kemampuan beraktivitas dan kualitas hidup seseorang. Selain itu, osteoporosis juga meningkatkan angka kematian. Apabila sudah terlanjur terjadi patah tulang, maka proses penyembuhan dan rehabilitasi pun akan berjalan sangat lambat dikarenakan adanya faktor usia.Tulang memiliki massa tulang, yang dimana puncaknya dicapai pada usia 30 tahu [...]

4 Cara Paling Sering Anak Terinfeksi Penyakit

4 Cara Paling Sering Anak Terinfeksi Penyakit

Memahami bagaimana bermacam-macam penularan penyakit infeksi yang berbeda dapat berguna bagi orangtua agar Anda dapat mengembangkan langkah-langkah preventif yang dibutuhkan, dengan begitu Anda dapat melindungi kesehatan anak. Kenali 4 rute penyebaran infeksi terbanyak di sekolah berikut ini: Lewat saluran pencernaan Untuk dapat menyebar, kotoran yang mengandung kuman ini harus terbawa hingga ke mulut dan tertelan, bahkan meskipun dalam jumlah yang sangat kecil sehingga kita tidak sama sekali menyadari ada partikel kotoran manusia yang masuk ke dalam makanan kita.Mengajarkan anak untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun secara menyeluruh, dalam jangka waktu yang tepat (minimal 30 detik) adalah salah satu cara terbaik untuk pencegahannya. Lewat saluran pernapasan Beberapa penyakit infeksi disebarkan oleh kuman yang dapat hidup di mata, hidung, mulut, dan paru-paru. Contoh penyakit yang menyebar lewat metode ini adalah pilek, influenza, campak, cacar, tuberkulosis, rubela, dan pertusis. Kuman ini mudah berpindah dari hidung/ mulut seseorang ke tangan, dan tentunya ke objek-objek disekitar penderita.Selain mencuci tangan, ajarkan juga anak-anak untuk menutup bersin/ batuk [...]

Perlukah Anak Mengkonsumsi Suplemen Vitamin?

Perlukah Anak Mengkonsumsi Suplemen Vitamin?

Banyak orangtua yang bertanya, perlukah anak mereka mengonsumsi suplemen vitamin untuk kesehariannya?Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pediatric Clinics of North America pada tahun 2009, mendapatkan suplemen vitamin harian dengan dosis yang tepat dapat membantu anak tumbuh dan berkembang secara normal, baik secara fisik maupun kognitif.Penggunaan suplemen vitamin dibutuhkan jika anak Anda: Memiliki alergi makanan atau tidak nafsu makan Mengidap penyakit kronis tertentu Mengalami penurunan daya tahan tubuh Untuk tiga tipe anak di atas, pemberian suplemen vitamin untuk anak tetap diperlukan untuk memastikan terpenuhinya nutrisi. Manfaat lain dari suplemen vitamin adalah membentuk zat antibodi sehingga anak tidak mudah sakit.Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memberikan suplemen vitamin bagi anak berusia di bawah 1 tahun. Berikan vitamin atas pengawasan dari dokter, serta gunakan dosis sesuai dengan anjuran. Anda tidak perlu menggunakan dua jenis suplemen jika kedua suplemen tersebut memiliki kandungan yang hampir sama. Karena itu, sebelum memberikan suplemen vitamin untuk anak, ada baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu kandungan dan cara pakainya.Halaman berikut menjela [...]

7 Kebiasaan Makan Orangtua yang Berdampak Pada Anak

7 Kebiasaan Makan Orangtua yang Berdampak Pada Anak

Orangtua memiliki kontrol utama terhadap lingkungan dan pengalaman yang diperoleh anak. Salah satunya dalam pemilihan makanan, karena pola makan dan pemilihan jenis makanan orangtua dapat menjadi contoh bagi anak. Orangtua terutama ibu merupakan salah satu panutan utama anak dalam pembentukan pola makan mereka, karena umumnya ibu melakukan lebih banyak interaksi langsung dengan anak mereka pada beberapa situasi (termasuk ketika makan).Perilaku dan tingkat kepuasan orangtua terhadap tubuh mereka juga dapat mempengaruhi perilaku makan anak. Ibu yang memiliki masalah berat badan atau gangguan makan, umumnya cenderung lebih membatasi asupan makanan anak mereka, yang juga memicu masalah perilaku makan dan berat badan anak. Hubungan ini terkait persepsi anak terhadap tekanan yang tanpa disadari dialami ibu mereka untuk menurunkan berat badan.Berikut 7 kebiasaan pola makan orangtua yang bisa berdampak pada perkembangan anak di halaman selanjutnya. [...]

Cara Mencegah Anak Terlalu Gendut

Cara Mencegah Anak Terlalu Gendut

Kebanyakan kasus obesitas pada anak disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara asupan makanan dengan aktivitas fisik. Bila anak mengonsumsi kalori lebih banyak daripada kalori yang dibuang melalui kegiatan dan perkembangan fisik yang normal, maka dapat menyebabkan kelebihan berat badan.Namun, faktor keluarga juga bisa menjadi salah satu penyebab obesitas. Misalnya, jika Anda selalu mengonsumsi fast food, bukan tidak mungkin anak akan mengadopsi kebiasaan tersebut dan menganggapnya biasa. Karena itu, Anda memegang peranan yang sangat penting dalam mengatur dan mengontrol asupan nutrisi anak.Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah obesitas pada anak: Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah obesitas pada anak: 1. Sediakan selalu buah dan sayurPada dasarnya, setiap anak harus mengonsumsi 5 porsi buah atau sayur dengan jenis yang berbeda setiap harinya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *