Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Tingkatkan-Kecerdasan-Anak-dengan-Makanan-Ini.jpg

Tahukah Anda bahwa otak berkembang sejak 8-14 minggu setelah terjadi proses pembuahan? Proses perkembangan otak akan terus berlanjut dengan cepat hingga usia kehamilan trimester akhir. Setelah bayi lahir, otak akan terus berkembang hingga usia 3 tahun.

Perkembangan dan kematangan otak anak antara yang satu dan yang lainnya berbeda-beda, tergantung dari stimulasi yang ada di lingkungan sekitarnya dan juga nutrisi yang diberikan.

Nutrisi dalam makanan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, tapi juga bermanfaat untuk menstimulasi otak anak.

Seorang anak yang tidak diberikan makanan dengan nutrisi seimbang, maka pertumbuhannya akan terhambat dibandingkan dengan anak seusianya. Selain itu, pemberian nutrisi yang kurang tepat akan menurunkan daya konsentrasi, menurunkan kemampuan anak dalam mempelajari dan menangkap hal-hal baru.

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya:

  • Sayuran

Berbagai sayuran yang mengandung vitamin dan mineral dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Sayuran memiliki banyak warna, dan warna sayuran memiliki kandungan antioksidan yang bagus bagi tubuh. Misalnya: paprika merah, wortel, brokoli mengandung betakaroten yang dapat mendukung pertumbuhan otak; tomat mengandung likopen yang berfungsi melindungi selaput otak; bit mengandung antasianid yang mampu melindungi membran otak; dan bayam mengandung lysine yang mampu menambah nafsu makan anak serta vitamin B9 yang dapat meningkatkan daya ingat anak.

  • Buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi, seperti alpukat dan pisang. Kedua buah tersebut sangat baik untuk perkembangan otak anak.

  • Ikan

Ikan adalah sumber protein yang kaya omega-3, asam lemak DHA, asam lemak EPA yang dapat membantu pertumbuhan otak. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh anak di antaranya ikan yang tidak bersisik seperti lele, belut, baung, patin, sembilang, salmon, sarden, dan tuna.

  • Telur dan daging

Telur dan daging juga merupakan sumber protein. Dengan mengonsumsi telur secara teratur, khususnya bagian kuning, dapat meningkatkan daya ingat pada anak. Begitu juga daging, karena daging mengandung tinggi protein, mineral dan zat besi.

  • Susu

Susu merupakan penyempurna pada nutrisi makanan. Susu mengandung banyak protein dan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak sekaligus daya ingat.

  • Olahan kacang kedelai

Olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, ataupun susu kedelai memiliki kandungan yang tinggi protein, karbohidrat, vitamin, dan serat. Semua elemen tersebut sangat bagus untuk perkembangan otak anak, apalagi dalam masa emas pertumbuhannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Dapatkah Kolesterol Terjadi pada Anak?

Dapatkah Kolesterol Terjadi pada Anak?

Permasalahan kolesterol bukan hanya milik orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Selain faktor genetik, kehidupan modern yang serba cepat membuat para orangtua kesulitan untuk mempersiapkan dan mengontrol makanan yang dikonsumsi buah hati mereka.Bahkan, percaya atau tidak, ada penelitian yang menunjukkan bahwa penumpukan plak lemak dalam pembuluh darah (aterosklerosis) dapat dimulai sejak usia 8 tahun. Mengerikan, bukan? Oleh sebab itu, para dokter anak merekomendasikan agar orangtua memperhatikan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi oleh anak mereka sejak dini. Karena selain kolesterol tinggi, anak dapat terkena obesitas, hipertensi, dan diabetes melitus.Di samping rutin berolahraga, orangtua juga dapat mengajak anak untuk mengurangi makanan yang tinggi akan kolesterol. Terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (chicken nugget, hamburger, sosis), jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati, serta beberapa jenis makanan laut (udang, kepiting, cumi-cumi, dan kerang).Selain itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah). [...]

6 Cara Membatasi Si Kecil Bermain Game di Gadget

6 Cara Membatasi Si Kecil Bermain Game di Gadget

Si kecil terlalu asik main game di gadget sampai lupa waktu? itu artinya si kecil sudah adiktif. Membelikan gadget untuk si kecil memang menyenangkan. Tapi hati-hati. Anda sebagai orangtua harus perhatikan benar-benar waktu bermainnya. Karena bila terlalu sering, bisa berdampak negatif bagi perkembangan emosionalnya.Padahal pada usianya, si kecil harusnya juga bergerak dan bermain. Selain berguna untk melatih kemampuan motorik kasar anak, bermain dengan teman sebaya akan mengasah kemampuannya berkomunikasi.Nah, sebagai orangtua, kita harus lebih pro-aktif untuk membantunya mengurangi kebiasaan ini. Berikut beberapa saran untuk Anda, klik next. 6 Cara Membatasi Si Kecil Bermain Game di Gadget Batasi waktu bermain gadget Tentukan waktu untuk si kecil main game setiap harinya. Beberapa orangtua bahkan menerapkan larangan main game untuk anaknya pada hari sekolah dan diperbolehkan hanya pada hari l [...]

Gejala & Tanda Urtikaria

Gejala & Tanda Urtikaria

Urtikaria atau Kaligata sangat dikenal dengan sebutan biduran oleh masyarakat awam. Penyakit ini termasuk salah satu gejala yang paling sering terlihat di UGD di berbagai rumah sakit. Urtikaria biasanya dapat terjadi karena berbagai macam sebab, salah salah satu penyebab yang paling sering adalah alergi.Urtikaria memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Kulit pucat dan kemerahan dengan sedikit bengkak (edema) yang meradang. Daerah kulit yang terkena Urtikaria ini bervariasi dan dapat muncul di manapun. Bagian yang terkena Urtikaria pun terasa lebih panas dibanding permukaan kulit lainnya serta terasa gatal. Ketika bagian kulit yang terkena Urtikaria di garuk, maka biasanya bengkak akan semakin menyebar. Pada awalnya penderita akan merasa gatal pada bagian tertentu di kulit, kemudian akan muncul kulit kemerahan dan sedikit penonjolan pada kulit setelah itu barulah rasa nyeri (seperti tersengat atau tertusuk) datang. Beberapa penderita Urtikaria Akut biasanya mengalami masalah pernafasan atau asma, kesulitan menelan dan masalah pencernaan. Gejala Urtikaria muncul dengan cepat dan menghilang secara perlahan. Sedangkan bagi penderita Urtikaria Kronis biasanya membutuhkan waktu lama [...]

Anak Paling Mudah Rusak Gusinya

Anak Paling Mudah Rusak Gusinya

Oleh: drg. Arni Maharani Tidak hanya pada orang dewasa tetapi anak-anak juga mengalami masalah pada gusinya, terlebih lagi anak-anak yang masih kurang cakap dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan giginya. Hal yang mengerikannya lagi, salah satu penyebab terjadinya masalah gusi ini adalah kebersihan rongga mulut yang buruk. Masalah gusi yang dapat dijumpai pada anak berupa keradangan gusi, yang hal ini ditandai dengan gusi yang berwarna merah, bengkak dan berdarah pada saat ditekan. Pada keadaan yang lebih parah selain gusi akan menjadi kemerahan, bengkak juga dpat terjadi perdarahan spontan dan terdapat luka. Apa penyebab keradangan gusi pada anak? Karang gigi, kebersihan gigi yang kurang terjaga akan menyebabkan terbentuknya karang gigi. Namun terbentuknya karang gigi pada anak selain disebabkan hal tersebut biasaya disebabkan oleh kebiasaan mengunya satu sisi dimana sisi yang tidak dipakai mengunyah akan terbentuk karang gigi. Plak, sama halnya dengan karang gigi yang terbentuk karena kurang menjaga kebersihan gigi begitu pula dengan plak yang melekat pada permukaan gigi. Sisa Makanan, keadaan susunan gigi atau posisi gigi tertentu seperti gigi berdesakan, celah ant [...]

5 Penyebab Anak Sulit Konsentrasi

5 Penyebab Anak Sulit Konsentrasi

Kesulitan konsentrasi pada anak dapat diindikasi bila perhatian mereka mudah terpecah. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk faktor internal dan eksternal. Jika Anda mengidentifikasi kesulitan konsentrasi anak Anda secara dini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari jalan keluarnya.Jadi, apa saja sih penyebab anak kurang konsentrasi? Berikut penjelasan diantaranya:1. Asupan MakananPola makan sangat berpengaruh terhadap daya konsentrasi, karena anak-anak yang mengonsumsi makanan rendah nutrisi dapat mengalami penurunan fungsi kognitif. Hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula, atau makanan siap saji yang mengandung bahan perwarna, vetsin, dan zat-zat pengawet lainnya. Perbanyak makan buah dan sayur. Biasakan agar anak mau minum banyak air putih. Faktor Lainnya Penyebab Anak Sulit Konsentrasi 2. Kurang tidurHasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang kuran [...]

8 Tips Cegah Eksim Pada Anak

8 Tips Cegah Eksim Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Eksim adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita, kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada buah hati Anda. Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika. Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo [...]

Pertolongan Pertama pada Diare Anak

Pertolongan Pertama pada Diare Anak

Ibu: ?Ayah, ayah?gimana ini, si kecil gak berhenti mencrett..dia juga gak mau minum atau makan sama sekali.. Aduh, gimana ini??Ayah: ?Yah, gimana, ayah masih di jalan, macet..masih lama sampai di rumah..?Jika si kecil sakit, semua pasti panik. Bingung. Tidak tahu harus bagaimana. Percakapan di atas adalah percakapan telepon yang paling sering diceritakan kepada dokter di ruang praktik saat menerima kunjungan orang tua yang membawa anaknya berobat karena diare.Apa saja yang sebenarnya harus segera dilakukan pertama kali ketika Si Kecil mengalami diare sebagai pertolongan awal? Pertama-tama, baik ayah maupun ibu harus tetap tenang. Jika ayah dan ibu tenang, maka Si Kecil juga dapat merasa lebih tenang.Kedua, mengerti tentang penyakit diare dan komplikasinya. Anak dengan diare sangat rentan untuk mengalami dehidrasi yang dapat berakibat fatal. Untuk itu, orang tua perlu mengenali gejala dehidrasi dan memahami pentingnya REHIDRASI ORAL atau memberikan cairan dengan kandungan elektrolit secara cepat untuk menggantikan kehilangan cairan dan elektrolit yang besar pada saat anak diare.Jika tanpa dehidrasi, anak tetap perlu diberikan cairan rehidrasi oral sebanyak 5-10 mL setiap setelah dia [...]

Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Multivitamin untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Kalimat pendahuluan diatas diutarakan oleh Albert Szent-Gyorgyi, seorang peraih Nobel, penghargaan dunia di bidang fisiologi kedokteran. Vitamin merupakan komponen organik yan didapatkan dalam makanan sehari-hari sebab tubuh tidak dapat meproduksi dalam jumlah yang mencukupi.Penggunaan suplementasi di seluruh dunia sudah banyak digunakan. Di Tiongkok, sebanyak 32,4% anak mendapatkan suplementasi vitamin. Berbagai informasi beredar bahwa suplementasi multivitamin sebaiknya diberikan kepada anak. Di sisi lain, ada yang mengatakan bahwa pemberian vitamin belum diperlukan untuk anak. Bagaimana faktanya secara medis? Benarkah hal ini?Vitamin dalam jumlah yang cukup diperlukan tubuh untuk proses fisiologis antara lain melengkapi fungsi kerja hormon dan antioksidan, sebagai pengatur pertumbuhan jaringan, perkembangan janin, dan metabolisme kalsium. Vitamin memiliki peran penting dalam sistem imun. Beberapa vitamin selain berperan penting dalam sistem imun, juga memiliki peran lain seperti antioksidan (vitamin C dan vitamin E).Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. [...]

Penanganan Urtikaria

Penanganan Urtikaria

Pada dasarnya Urtikaria (Kaligata) atau biasa disebut Biduran tidak mengancam keselamatan jiwa dan dapat diatasi dengan obat-obatan. Untuk Anda yang mengalami Urtikaria akut tidak perlu panik karena gejala akan menghilang sendiri dalam beberapa hari.Urtikaria memang selalu muncul dengan ciri-ciri kulit kemerahan atau pucat dan sedikit mononjol dari permukaan kulit. Para penderita Urtikaria juga mengalami rasa gatal dan nyeri serta rasa panas pada bagian kulit yang mengalami Urtikaria. Untuk Anda yang tidak nyaman dan mengalami berbagai masalah seperti penjelasan di atas dapat langsung pergi menuju instalasi gawat darurat terdekat dan mendapat perawatan.Sedangkan untuk kasus Urtikaria Kronis seringkali sulit untuk diobati dan dapat berlangsung lama. Penderita Urtikaria Kronis biasanya akan mendapat suntikan dari dokter untuk membantu mempercepat pengobatan kemudian baru ditambah dengan berbagai obat-obatan lainnya. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati Urtikaria antara lain: [...]

Penyebab Bayi Sering Menangis

Penyebab Bayi Sering Menangis

Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi dengan dunia disekitarnya. Dan tugas kitalah untuk menerjemahkan makna tangis yang ada. Bagi orangtua yang baru memiliki anak, mendengar si kecil menangis dapat membuat risau dan panik.Tangisan bayi bisa menunjukan kondisi bayi saat itu. Bahkan saat bayi baru lahir tangisannya lah yang paling ditunggu-tunggu. Oleh sebab itu perlu dicari penyebabnya dan makna tangis si kecil. Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal yang mencetuskan bayi menangis.Beberapa penyebab bayi sering menangis: Beberapa penyebab bayi sering menangis: 1. Bayi lapar/ hausBayi tentunya tidak seperti anak yang lebih besar yang ketika lapar dapat mengatakan ?Mah, aku lapar..? sehingga satu-satunya cara bagi bayi untuk mengutarakan maksudnya adalah dengan menangis. Mungkin saat itu bayi lapar karena belum puas menyusu yang dapat disebabkan oleh posisi bayi yang kurang benar saat menyus [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *