Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Tingkatkan-Kecerdasan-Anak-dengan-Makanan-Ini.jpg

Tahukah Anda bahwa otak berkembang sejak 8-14 minggu setelah terjadi proses pembuahan? Proses perkembangan otak akan terus berlanjut dengan cepat hingga usia kehamilan trimester akhir. Setelah bayi lahir, otak akan terus berkembang hingga usia 3 tahun.

Perkembangan dan kematangan otak anak antara yang satu dan yang lainnya berbeda-beda, tergantung dari stimulasi yang ada di lingkungan sekitarnya dan juga nutrisi yang diberikan.

Nutrisi dalam makanan tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan anak, tapi juga bermanfaat untuk menstimulasi otak anak.

Seorang anak yang tidak diberikan makanan dengan nutrisi seimbang, maka pertumbuhannya akan terhambat dibandingkan dengan anak seusianya. Selain itu, pemberian nutrisi yang kurang tepat akan menurunkan daya konsentrasi, menurunkan kemampuan anak dalam mempelajari dan menangkap hal-hal baru.

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya, selengkapnya di halaman selanjutnya:

Tingkatkan Kecerdasan Anak dengan Makanan Ini

Beberapa nutrisi yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak di antaranya:

  • Sayuran

Berbagai sayuran yang mengandung vitamin dan mineral dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Sayuran memiliki banyak warna, dan warna sayuran memiliki kandungan antioksidan yang bagus bagi tubuh. Misalnya: paprika merah, wortel, brokoli mengandung betakaroten yang dapat mendukung pertumbuhan otak; tomat mengandung likopen yang berfungsi melindungi selaput otak; bit mengandung antasianid yang mampu melindungi membran otak; dan bayam mengandung lysine yang mampu menambah nafsu makan anak serta vitamin B9 yang dapat meningkatkan daya ingat anak.

  • Buah-buahan

Pilihlah buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E yang tinggi, seperti alpukat dan pisang. Kedua buah tersebut sangat baik untuk perkembangan otak anak.

  • Ikan

Ikan adalah sumber protein yang kaya omega-3, asam lemak DHA, asam lemak EPA yang dapat membantu pertumbuhan otak. Jenis ikan yang bisa dikonsumsi oleh anak di antaranya ikan yang tidak bersisik seperti lele, belut, baung, patin, sembilang, salmon, sarden, dan tuna.

  • Telur dan daging

Telur dan daging juga merupakan sumber protein. Dengan mengonsumsi telur secara teratur, khususnya bagian kuning, dapat meningkatkan daya ingat pada anak. Begitu juga daging, karena daging mengandung tinggi protein, mineral dan zat besi.

  • Susu

Susu merupakan penyempurna pada nutrisi makanan. Susu mengandung banyak protein dan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak sekaligus daya ingat.

  • Olahan kacang kedelai

Olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, ataupun susu kedelai memiliki kandungan yang tinggi protein, karbohidrat, vitamin, dan serat. Semua elemen tersebut sangat bagus untuk perkembangan otak anak, apalagi dalam masa emas pertumbuhannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Pentingkah Gula untuk Kebutuhan Nutrisi Anak?

Pentingkah Gula untuk Kebutuhan Nutrisi Anak?

Secara alami anak-anak menyukai makanan manis, seperti kue, permen, cokelat, dan lain-lain. Tentu saja makanan-makanan manis tersebut berasal dari gula. Namun, meski gula merupakan bahan bakar bagi energi yang paling utama, jika dikonsumsi secara berlebihan oleh anak tentu memiliki potensi untuk membahayakan kesehatan.Lantas, seberapa pentingkah gula untuk kebutuhan nutrisi anak?Sebelumnya, Anda harus memahami bahwa pemberian nutrisi pada anak haruslah baik dan tepat. Artinya: Tepat kombinasi zat gizinya. Kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral serta kebutuhan cairan tubuh anak harus seimbang, yaitu 1-1,5 liter per hari. Tepat jumlah atau porsinya, sesuai yang diperlukan tubuh berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian. Tepat dengan tahap perkembangan anak, artinya kebutuhan kalori anak didasarkan pada berat badan dan usia anak. Bagaimana cara menghitung kebutuhan energi atau kalori, karbohidrat, lemak dan protein yang dibutuhkan anak? Halaman selanjutnya selengkapnya: [...]

Yoga untuk Ibu dan Si Kecil

Yoga untuk Ibu dan Si Kecil

Akibat tren yang tumbuh di masyarakat dan kesadaran akan manfaat yoga, saat ini sudah banyak jenis yoga yang menjamur masyarakat, salah satunya adalah yoga untuk anak dan ibu. Manfaat yoga bagi anak tidak banyak berbeda dari manfaat yoga pada umumnya. Pada anak-anak, seringkali manfaat tersebut dapat terlihat melalui anak yang menjadi lincah, cepat belajar hal baru, jarang tantrum (jarang rewel) ataupun jarang sakit. Sebenarnya tidak ada aturan tertentu kapan seorang anak dapat mulai melakukan yoga. Akan tetapi apabila kelas yoga tandem yang dilakukan melibatkan si kecil untuk juga melakukan gerakan-gerakan yoga yang sama, maka harus dipikirkan aspek perkembangan kemampuan motorik si kecil. Jangan sampai gerakan-gerakan yang dilakukan terlalu rumit atau justru membahayakan si kecil. Secara umum, biasanya anak usia 3 tahun ke atas sudah dapat melakukan pose-pose yoga sederhana dengan mencontoh. Pada usia 5 tahun ke atas, anak baru dapat mengikuti instruksi dengan lebih baik dan koordinasi sudah lebih terasah untuk melakukan kebanyakan gerakan yoga. Tentunya untuk memastikan bahwa kelas yoga yang diikuti sudah sesuai dengan perkembangan umur si kecil, maka sebaiknya ikuti kelas yo [...]

Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Berpuasa mungkin hal yang baru bagi anak Anda. Untuk itu, melatih anak berpuasa bisa dilakukan secara bertahap, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan anak. Apalagi jika Anda sendiri masih tidak ?tega? untuk menyuruh anak berpuasa karena kekhawatiran seputar kesehatannya, misalnya berat badan yang berkurang.Penelitian Fenneni menyebutkan bahwa anak yang belajar berpuasa pada bulan Ramadan untuk pertama kalinya, kemampuan mereka untuk berolahraga otomatis akan berkurang. Namun penelitian yang sama menyebutkan bahwa tidak ada perubahan berat badan antara sebelum, saat dan sesudah menjalankan puasa.Umumnya, konsumsi makanan pada saat berpuasa memang akan berkurang dan pemenuhan kalori sehari-hari menurun sekitar 20-40%. Tapi janganlah khawatir. Pada sebagian orang yang menjalani puasa, penurunan konsumsi makanan diimbangi dengan penurunan aktivitas sehari-hari sehingga keseimbangan kalori yang masuk dan yang terbuang tetap terjaga.Sebagai orangtua, selain ingin mengajari anak berpuasa, tentunya Anda juga tidak ingin berat badannya berkurang saat berpuasa. Lantas, bagaimana untuk menyiasati hal ini? Selengkapnya di halaman selanjutnya. [...]

Kenali Gejala Cluster Type Headache Pada Anak

Kenali Gejala Cluster Type Headache Pada Anak

Sakit kepala di area mata sebagian merupakan jenis sakit kepala yang dikenal dalam medis dengan istilah cluster type headache. Sakit kepala ini dapat terjadi secara berulang dalam waktu yang sama selama beberapa hari, minggu dan kemudian akan mereda kembali. Biasanya tidak muncul sampai anak menginjak usia 10, dan lebih umum terjadi pada remaja laki-laki.Ciri-ciri sakit kepala ini jika terjadi pada anak adalah: Umumnya berkembang dari wilayah sekitar mata dan menyebar ke seluruh wajah, yang hilang dalam waktu 15-180 menit Keluhan sakit kepala disertai oleh salah satu dari tanda berikut: ptosis (kelopak mata menurun), miosis (pupil mengecil), injeksi konjungtiva (mata merah), lakrimasi (air mata menetes), pilek, dan wajah kemerahan, bengkak, atau berkeringat. Semua keluhan tersebut muncul pada satu sisi Cluster type headache atau sakit kepala klaster terjadi karena pelebaran pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal dan bisa saja berhubungan dengan faktor genetik. Penyebab pastinya tidak diketahui.Lalu bagaimanakah langkah pengobatannya? Halaman selanjutnya penjelasannya: [...]

4 Permainan yang Dapat Membuat Anak Cerdas

4 Permainan yang Dapat Membuat Anak Cerdas

Jangan anggap remeh kegiatan bermain pada anak. Banyak hal yang bisa dirinya pelajari dari bermain, bahkan sejak dalam kandungan pun kita sudah mengajak mereka bermain sebagai rangsangan awal. Ketika si kecil mulai besar pun rangsangan bermain terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Agar lebih menyenangkan, rangsangan itu dilakukan rutin dalam suasana yang nyaman dan penuh kasih sayang. Ini supaya semua panca inderanya berkembang dan merangsang pembentukan sel-sel otaknya. Permainan yang bisa Anda lakukan tidak perlu mahal. Yang penting meningkatkan keakraban Anda dan si kecil. Berikut beberapa contoh permainan yang bisa Anda lakukan bersama si kecil: PuzzleIni untuk merangsang kecerdasan si kecil melalui problem solving. Dengan memasang bagian-bagian puzzle, si kecil bisa belajar tentang gambar. Ketika puzzle sudah selesai, coba lakukan lagi untuk melatih kemampuan kognitifnya. Kognitif adalah kemampuan berpikir dan memberikan rasional, termasuk proses mengingat, menilai, orientasi, persepsi dan memperhatikan. Ketika mereka berhasil, kasih apresiasi dalam bentuk pujian untuk membangun percaya diri si kecil. Permainan ini mengasah dan memberikan stimulasi pad [...]

Menghibur Bayi

Menghibur Bayi

Menangis merupakan satu-satunya bentuk komunikasi seorang bayi dengan dunia baru. Sebuah tangisan bayi memiliki banyak makna, tidak hanya sekedar sakit dan kesedihan. Ketika bayi tumbuh besar, jika perkembangan mental dan jiwanya terkategori sehat, maka bayi semakin sedikit memiliki alasan untuk menangis dan orangtua semakin mengetahui apa makna dari tangisan sang buah hati. Bagi orangtua baru, tangisan sang buah hati semuanya terdengar sama. Ketika dia sudah mulai menangis keras, acapkali orangtua bingung mengartikan apa yang disampaikan oleh bayi. Apakah dirinya lapar, lelah, sakit, gelisah atau perlu penggantian popok. Masalah meluas ketika arti tangis yang ada bermakna kesedihan, kekecewaan dan ketakutan. Disinilah posisi keluarga sebagai lingkungan pendidikan pertamanya mengambil peran penting membentuk kepribadian dan perkembangan kematangan jiwanya. Sebagaimana manusia dewasa pada umumnya, diperlukan bentuk dukungan yang menghibur untuk pelipur lara sang buah hati. Karena pada dasarnya, hiburan merupakan suatu kebutuhan yang mendasar selayaknya makanan dan keselamatan. Menghibur Bayi yang Ketakutan Pada bayi, ketakutan adalah sebuah naluri. Teriakan-teriakan k [...]

Bagaimanakah Mengobati Tulang Keropos?

Bagaimanakah Mengobati Tulang Keropos?

Tulang keropos atau Osteoporosis merupakan penyakit sistemik pada tulang yang ditandai dengan turunnya massa tulang dan kerusakan mikroskopik jaringan tulang, yang menyebabkan tulang menjadi lebih mudah patah.Osteoporosis merupakan kondisi yang sering tidak disadari, padahal osteoporosis demikian fatalnya karena dapat mengakibatkan kerusakan penunjang struktur tubuh manusia, yakni tulang patah. Terjadinya patah tulang bisa dengan cukup karena adanya sedikit benturan, misalnya jatuh. Meski, dapat juga patah tulang tanpa terjadi benturan sama sekali.Di Eropa, setidaknya 620.000 kasus patah tulang panggul, 574.000 kasus patah tulang lengan atas, 250.000 patah tulang humerus, dan 620.000 patah tulang belakang terjadi pada laki-laki dan wanita di atas usia 50 tahun akibat osteoporosis.Osteoporosis akan menyebabkan kecacatan dan berujung pada penurunan kemampuan beraktivitas dan kualitas hidup seseorang. Selain itu, osteoporosis juga meningkatkan angka kematian. Apabila sudah terlanjur terjadi patah tulang, maka proses penyembuhan dan rehabilitasi pun akan berjalan sangat lambat dikarenakan adanya faktor usia.Tulang memiliki massa tulang, yang dimana puncaknya dicapai pada usia 30 tahu [...]

Cara Agar Anak Menghabiskan Bekal Kotak Makannya

Cara Agar Anak Menghabiskan Bekal Kotak Makannya

Bekal dapat membantu anak-anak usia sekolah tetap konsentrasi belajar. Pada masa tersebut, anak memerlukan zat gizi yang seimbang dan lengkap, baik protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serat dan air untuk memaksimalkan pertumbuhan.Di sekolah, anak-anak cenderung suka jajan. Kebiasaan ini sering kali berdampak buruk terhadap kesehatan. Apalagi terkadang makanan jajan kurang terjaga kebersihannya sehingga anak bisa terkena diare bahkan keracunan. Belum lagi zat kimia seperti pemanis, pengawet, dan lain-lain. Nah, sebelum menyajikan bekal ada baiknya Anda membaca panduan berikut agar bekal tidak hanya menyehatkan, tetapi juga tampak menarik bagi anak:Selengkapnya di halaman berikutnya: Cara Agar Anak Menghabiskan Bekal Kotak Makannya Gunakan tempat makan dan alat makan bergambar tokoh kartun kesayangannya. Jika perlu, biarkan anak memilih sendiri tempat bekalnya. Hal ini dapat membuat anak lebih [...]

Bolehkah Anak-anak Memutihkan Gigi?

Bolehkah Anak-anak Memutihkan Gigi?

Metode dental bleaching atau pemutihan gigi memang memiliki beberapa keuntungan dari segi estetika karena tidak mengambil jaringan keras gigi. Selain itu, teknik perawatannya pun relatif lebih mudah dibandingkan dengan pembuatan suatu mahkota tiruan. Bleaching dapat dilakukan pada gigi vital maupun gigi non vital yang mengalami perubahan warna.Banyak orang dewasa yang melakukannya, tetapi bagaimana dengan anak-anak? Apakah anak-anak memiliki risiko jika mereka memutuskan untuk memutihkan gigi?Salah satu bahan aktif pemutih gigi, hidrogen peroksida, ditemukan dalam lingkungan dan tubuh manusia, bahkan digunakan dalam pengolahan makanan serta minuman seperti jus buah, anggur, dan kopi. Meski hidrogen peroksida dianggap aman dan efektif dalam dunia kedokteran gigi sebagai pemutih gigi untuk orang dewasa, namun studi mengenai keamanannya untuk anak-anak terbilang masih kecil. Memutihkan Gigi Pada Anak O [...]

7 Kebiasaan Makan Orangtua yang Berdampak Pada Anak

7 Kebiasaan Makan Orangtua yang Berdampak Pada Anak

Orangtua memiliki kontrol utama terhadap lingkungan dan pengalaman yang diperoleh anak. Salah satunya dalam pemilihan makanan, karena pola makan dan pemilihan jenis makanan orangtua dapat menjadi contoh bagi anak. Orangtua terutama ibu merupakan salah satu panutan utama anak dalam pembentukan pola makan mereka, karena umumnya ibu melakukan lebih banyak interaksi langsung dengan anak mereka pada beberapa situasi (termasuk ketika makan).Perilaku dan tingkat kepuasan orangtua terhadap tubuh mereka juga dapat mempengaruhi perilaku makan anak. Ibu yang memiliki masalah berat badan atau gangguan makan, umumnya cenderung lebih membatasi asupan makanan anak mereka, yang juga memicu masalah perilaku makan dan berat badan anak. Hubungan ini terkait persepsi anak terhadap tekanan yang tanpa disadari dialami ibu mereka untuk menurunkan berat badan.Berikut 7 kebiasaan pola makan orangtua yang bisa berdampak pada perkembangan anak di halaman selanjutnya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *