Tips Aman Berenang di Kolam Renang Umum

kolamrenang.jpg

Berenang bisa menjadi kegiatan berlibur yang menyenangkan. Jika Anda memilih kolam renang umum sebagai destinasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman saat berenang di kolam renang umum.

Walau terlihat bersih, kolam renang umum bisa menularkan penyakit seperti flu, batuk, diare bahkan herpes. Berdasarkan laporan dari para peneliti di Universitas Yale dan Illinois, air kolam renang umum mengandung zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi, pernapasan akut, herpes bahkan mutasi gen. Zat klorin yang biasanya digunakan untuk disinfektan air pun disebut-sebut sebagai penyebabnya.

Namun jangan khawatir, seperti dikutip dari Danone, ada empat hal yang perlu dilakukan agar waktu berenang Anda dan keluarga tetap aman dan terhindar dari penyakit. Ini dia.

1. Mandilah sebelum berenang
Mencuci tubuh Anda sebelum berenang memberikan manfaat baik bagi orang lain. Dengan mandi, Anda dapat menghilangkan residu pada kulit Anda, seperti pelembab. Hal ini dapat mengurangi kontaminasi kuman dalam air.

2. Jangan menelan air kolam renang
Para ahli mengatakan untuk tidak menelan air kolam, berapapun jumlahnya. Air kolam sering terkontaminasi dengan parasit seperti Giardia dan Cryptosporidium yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

3. Bawa handuk bersih sendiri
Pastikan Anda selalu membawa handuk bersih dan kering milik sendiri. Hindarimengenakannya bersama orang lain. Dan yang terpenting, jangan biarkan handuk Anda jatuh ke lantai.

4. Pakailah kacamata renang
Mengenakan kacamata renang dapat melindungi mata Anda dari klorin. Hal ini sangat penting bagi anak-anak atau orang dewasa yang memiliki sensitivitas pada mata.

5. Rajin minum air putih
Para peneliti juga menyarankan agar sering-seringlah meminum air mineral saat berenang, karena Anda bisa terkena dehidrasi bila terlalu sering menghirup klorin.

6. Bersihkan diri setelah berenang
Jangan lupa untuk selalu membersihkan diri dengan benar sehabis berenang. Mandi dan keramas dapat menjauhkan Anda dari sisa-sisa zat kolam renang yang tidak baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.

(eya/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Kanker payudara masih menjadi monster yang menakutkan bagi perempuan. Di antara banyak pengobatan yang hadir untuk mencegahnya, sebuah penelitian di UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory mengungkapkan bahwa meremas atau memijat payudara dapat mencegah kanker. Mengapa bisa demikian? Gautham Venugopalan, salah satu ilmuwan terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, ?Tekanan fisik dapat mempengaruhi tubuh. Ketika kita mengangkat beban, otot kita menjadi lebih besar. Gaya gravitasi sangat penting untuk menjaga tulang kita kuat. Di sini kami menunjukkan bahwa tekanan fisik dapat memainkan peran dalam pertumbuhan sel kanker.? Memijat Payudara dan Risiko Kanker Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan juga memasukkan sel kanker payudara ganas pada silikon. Mereka kemudian mencoba menekan dan meremas silikon berisi sel kanker ganas. Setelah beberapa lama, sel kanker yang mendapatkan tekanan fisik mulai tumbuh secara normal dan tidak ganas. Mereka pun menjelaskan bahwa kegiatan meremas dan memijat payudara mungkin tak bisa dikembangkan menjadi bentuk terapi. Meski begitu, penemuan ini memberikan petunjuk baru untuk melacak molekul dan struktur sel [...]

Fakta Medis Dibalik Perselingkuhan

Fakta Medis Dibalik Perselingkuhan

Perselingkuhan merupakan fenomena tanpa akhir yang kerap sekali terjadi di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya laki-laki, namun wanita pun terkadang juga selingkuh. Masalah psikologis memang tetap menjadi salah satu penyebab kuat datangnya orang ketiga. Tidak puas dengan pasangan hingga rasa penasaran untuk mencari sesuatu yang baru. Dari sisi medis, perselingkuhan terjadi karena adanya hormon testosteron pada laki-laki. Saat ia tertarik pada seorang wanita, hormon ini biasanya bergejolak dan memicu rangsangan seksual pada laki-laki tersebut. Seiring berjalannya waktu, biasanya kadar hormon testosteron akan menurun dan digantikan oleh oksitosin, si hormon persahabatan. Lalu bagaimana dengan perempuan? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan wanita? Untuk kaum hawa, bila testosteron meningkat dan menurunkan kadar oksitoksin, maka sama seperti yang terjadi pada pria, wanita tersebut akan menjadi tidak setia pada pasangannya. Para wanita akan memproduksi hormon testosteron lebih banyak jika menemukan pria yang membuat penasaran dan tidak bisa memberikan komitmen penuh serta merasa kurang tertarik dengan pria yang dengan setia menunggunya di rumah. Jagalah kesetiaa [...]

Inilah Salah Satu Penyebab Pria Tergila-gila Pada Payudara

Inilah Salah Satu Penyebab Pria Tergila-gila Pada Payudara

Salah satu bagian tubuh wanita yang mengundang perhatian pria kepada wanita adalah payudara. Bahkan, dalam suatu penelitian, pria cenderung menatap payudara dan pinggang lebih lama ketimbang wajah pada pandangan pertama ataupun ketika berbicara kepada lawan bicara yang berlawanan jenis kelamin. Mengapa pria sangat tertarik dengan payudara wanita? Apakah karena faktor pergaulan yang kelewat vulgar? Apakah karena budaya? Atau dikarenakan tidak lain adalah panggilan alamiah yang termuncul dari pria? Berikut penjelasannya: Dalam bukunya yang berjudul The Chemistry Between Us: Love, Sex, and the Science of Attraction, Larry Young dan Brian Alexander mencoba menggali alasan-alasan di balik kekaguman pria terhadap payudara wanita. Mereka mengatakan bahwa ketertarikan tersebut muncul karena pengaruh hormon yang dilepaskan saat menyusui ketika para pria masih bayi. Alasan Ilmiah Pria Terobsesi Payudara Wanita Ketika seorang wanita melahirkan, bayi akan terlibat dalam beberapa manipulasi yang cukup rumit pada payudara ibunya. Proses ini mampu mengirimkan sinyal di sepanjang saraf dan otak serta memicu pelepasan hormon oksitosin di hipotalamus otak. Oksitosin ini pada ak [...]

Akibat Susu Dot Pada Gigi Anak

Akibat Susu Dot Pada Gigi Anak

Kebiasaan minum susu melalui botol dot pada anak sebelum tidur adalah suatu kebiasaan yang banyak kita jumpai. Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan itu berkontribusi besar terhadap risiko terjadinya gigi berlubang? Bahkan bukan hanya susu lho. Minuman atau makanan lainnya yang mengandung gula yang diberikan dengan botol merupakan penyebab terjadinya lubang atau karies pada gigi anak. Terlebih lagi diberikan pada saat menjelang waktu tidur. Kok Bisa? Jadi begini, pada saat tidur kandungan gula dari minuman akan tersimpan dan tergenang lebih lama di dalam mulut, sehingga mengakibatkan pertumbuhan bakteri penyebab lubang pada gigi lebih subur. Ditambah pula, biasanya ketika tidur aliran air liur itu berkurang. Jadinya, genangan air minum berkandungan gula yang mudah merusak gigi itu menjadi tertahan oleh dot diantara lidah, gigi, langit-langit juga sekitar bibir. Alhasil, kerusakan gigi yang ditimbulkan adalah gigi anak menjadi berlubang. Sindrom ini di dalam medis dikenal dengan istilah nursing bottle caries. Biasanya gigi yang biasanya terserang pada karies botol ini adalah gigi-gigi depan atas terutama bagian depannya (labial) dan gigi geraham atas terutama pada bagian yang menghada [...]

Prinsip Olahraga saat Hamil

Prinsip Olahraga saat Hamil

Prinsip Olahraga saat Hamil Oleh: dr. Sophia B. Hage Kehamilan adalah kondisi yang menyebabkan perubahan fisiologis pada tubuh seorang wanita. Perubahan fisiologis ini dapat menyebabkan perubahan respon tubuh terhadap olahraga, akan tetapi perubahan ini tidak diharapkan menjadi hambatan bagi seorang ibu untuk berolahraga. Penting untuk diingat oleh para ibu hamil bahwa tujuan berolahraga saat hamil bukanlah untuk menurunkan berat badan ibu. Tujuannya adalah mempertahankan tingkat kebugaran ibu hamil seperti sebelum hamil sehingga dapat mempersiapkan kondisi fisik ibu hamil untuk menjalani proses persalinan dengan baik. Prinsip olahraga saat hamil: Lakukan olahraga secara teratur Perhatikan intensitas olahraga/latihan fisik: start LOW go SLOW, sesuai rekomendasi Hentikan olahraga sebelum kelelahan Perhatikan suhu tubuh Anda: rehidrasi 500 ml/jam, pakaian ringan, lingkungan sejuk. Hentikan olahraga secara bertahap: turunkan intensitas perlahan-lahan Lakukan olahraga yang mudah atau biasa Anda lakukan Hentikan olahraga bila Anda mengalami tanda-tanda bahaya dan segera konsultasikan dengan dokter Tanda-tanda bahaya: Perdarahan melalui vagina Keluarnya cairan seperti ke [...]

Jangan Takut dengan Kista Ovarium

Jangan Takut dengan Kista Ovarium

Tiap wanita pasti takut jika mendengar penyakit bernama kista ovarium. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan karena kehadirannya di tubuh bisa berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan. Pada dasarnya kista ovarium tidaklah berbahaya. Yang membuatnya berkembang menjadi ganas adalah ketika kehadirannya tidak ditangani dengan benar. Deteksi Sedini Mungkin Kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Hadirnya kista di ovarium memang sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Kista baru menampakkan gejala ketika telah berkembang. Kenali gejala-gejala kista ovarium Pada kebanyakan kasus, biasanya kita tidak akan menyadari kehadiran kista ovarium di tubuh. Karena pada dasarnya kehadiran kista sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun Anda akan merasakan gejalanya jika memiliki kista yang telah membesar, pecah, atau menutupi aliran darah ke ovarium. Berikut ini gejala-gejala yang bisa timbul akibat adanya kista: Sering buang air kecil. Nyeri saat buang air besar. Meras [...]

Serba-serbi Stroke

Serba-serbi Stroke

Jika Anda tinggal di sekitar ibukota Jakarta atau Tangerang, Anda akan melihat iklan salah satu rumah sakit di wilayah Tangerang ketika melintas di sebuah jalan tol, di iklan itu tertulis ?in stroke, time is brain? yang artinya dalam kasus stroke, waktu berarti bagi penyelamatan otak, semakin lambat ditangani, kerusakan jaringan otak yang terjadi akan semakin signifikan dan menimbulkan kematian. Apa itu Stroke Sesungguhnya? Anda tentu pernah mendengar penyakit jantung koroner, yang tak lain adalah penyakit jantung dimana pembuluh darah yang memperdarahi jantung tidak dapat melakukan tugasnya karena tersumbat, sehingga penderita akan mengalami gagal jantung, karena si jantung yang tidak memperoleh oksigen akan serta merta mogok kerja menyuplai darah ke tubuh Anda. Nah jika Anda memahami penyakit jantung koroner, tidak sulit bagi Anda untuk mengerti apa yang sesungguhnya terjadi pada penyakit stroke. Pada stroker, pembuluh darah yang tersumbat adalah yang memperdarahi otak, apa yang kemudian muncul sebagai gejala pada pasien tinggal bergantung pada daerah otak mana yang tidak mendapat suplai darah dengan baik, jika pembuluh darah yang terlibat bertugas menyuplai otak yang fungsinya [...]

Jenis-jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya

Bagi kaum wanita, istilah keputihan atau vaginal discharge nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga. Menurut data penelitian, sebanyak 75% wanita di Indonesia pernah mengalami keputihan setidaknya sekali dalam hidupnya. Dalam dunia kedokteran, terdapat dua jenis keputihan, yaitu keputihan normal dan tidak normal.Salah satu ciri khas dari keputihan normal adalah keluarnya lendir yang sifatnya encer dan tidak berwarna atau jernih. Dalam keputihan normal juga tidak ada gejala-gejala seperti gatal, panas, atau perih. Sedangkan sebaliknya, gejala-gejala dari keputihan yang tidak normal adalah lendir yang berwarna seperti putih susu, kekuningan atau kehijauan. Apabila terdapat perubahan warna, biasanya diikuti juga dengan rasa gatal, perih, panas dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.Dalam bincang-bincangnya bersama Wolipop di kediamannya, Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan mengatakan bahwa keputihan yang tidak normal termasuk dalam kategori berbahaya. Namun, semua ini bergantung kepada penyebab keputihan seperti bakteri, jamur, parasit atau protozoa. Sebaiknya Anda tidak perlu khawatir, karena keputihan ini dapat diatasi dengan cara [...]

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

Salah satu tantangan terbesar bagi seorang wanita hamil adalah menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dibawa sejak sebelum hamil, tidak sedikit yang akhirnya menyerah dan tetap melanjutkan merokok dengan segala risiko yang mungkin diterima anak dalam kandungannya. Sebagian wanita malah tidak tahu sama sekali bahaya merokok bagi janinnya, simak bahaya merokok bagi wanita hamil berikut ini, baru kemudian pikirkan lagi apakah Anda ingin melanjutkan merokok? Jangankan pada wanita hamil, pada orang sehat pun merokok bukanlah kebiasaan yang baik karena sifatnya yang merusak, berikut ini adalah secara spesifik dampak negatif rokok bagi kandungan: Sebab 1: Tanggung Jawab 2 Nyawa Ibu yang sedang hamil memiliki tanggung jawab ganda untuk menyuplai nutrisi bukan hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi janinnya. Untuk itulah diciptakan perederan darah khusus bagi ibu dan janin selama kehamilan. Ketika ibu merokok, maka gas kotor yang dihasilkan dari rokok juga ikut masuk ke peredarahan darah janin, sehingga bukannya mendapatkan oksigen, si bayi justru mendapatkan gas yang menyulitkannya bernafas. Dapat kita katakan ibu bagai memberikan racun bagi janinnya. Bahkan [...]

Diabetes Mengancam

Diabetes Mengancam

Apabila sebelumnya badan kesehatan dunia, WHO, memprediksikan kasus diabetes akan meningkat hingga mencapai 438 juta manusia seluruh dunia di tahun 2030 pada the World Diabetes Atlas 2009, kini kemungkinan itu meningkat menjadi 522 juta sesuai data terbaru dari The International Diabetes Federation. Bahkan dikatakan bahwa 1 dari 10 orang merupakan penderita diabetes baik itu diabetes tipe 1 maupun 2. Bahkan WHO memprediksikan 21,3 juta penduduk Indonesia terancam terserang diabetes mellitus pada tahun 2030 seperti dilansir dalam Jawa Pos minggu kemarin (13/11). Hal ini memberikan kekhawatiran tersendiri bagi Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2-PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama, karena membawa Indonesia menduduki rangking 4 dunia dalam tingginya kasus diabetes setelah Amerika Serikat, Tiongkok dan India. Hal ini perlu menjadi perhatian publik akan perlunya mencegah prediksi tersebut dengan mengubah pola hidup dan pola makan yang sehat. Meskipun diabetes merupakan salah satu penyakit turunan, namun penyakit ini semakin berkembang dan banyak diderita orang banyak akibat semakin maraknya makanan dan minuman siap saji dengan penggunaan gula maupun pemanis buatan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *