Tips Aman Berenang di Kolam Renang Umum

kolamrenang.jpg

Berenang bisa menjadi kegiatan berlibur yang menyenangkan. Jika Anda memilih kolam renang umum sebagai destinasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman saat berenang di kolam renang umum.

Walau terlihat bersih, kolam renang umum bisa menularkan penyakit seperti flu, batuk, diare bahkan herpes. Berdasarkan laporan dari para peneliti di Universitas Yale dan Illinois, air kolam renang umum mengandung zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi, pernapasan akut, herpes bahkan mutasi gen. Zat klorin yang biasanya digunakan untuk disinfektan air pun disebut-sebut sebagai penyebabnya.

Namun jangan khawatir, seperti dikutip dari Danone, ada empat hal yang perlu dilakukan agar waktu berenang Anda dan keluarga tetap aman dan terhindar dari penyakit. Ini dia.

1. Mandilah sebelum berenang
Mencuci tubuh Anda sebelum berenang memberikan manfaat baik bagi orang lain. Dengan mandi, Anda dapat menghilangkan residu pada kulit Anda, seperti pelembab. Hal ini dapat mengurangi kontaminasi kuman dalam air.

2. Jangan menelan air kolam renang
Para ahli mengatakan untuk tidak menelan air kolam, berapapun jumlahnya. Air kolam sering terkontaminasi dengan parasit seperti Giardia dan Cryptosporidium yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

3. Bawa handuk bersih sendiri
Pastikan Anda selalu membawa handuk bersih dan kering milik sendiri. Hindarimengenakannya bersama orang lain. Dan yang terpenting, jangan biarkan handuk Anda jatuh ke lantai.

4. Pakailah kacamata renang
Mengenakan kacamata renang dapat melindungi mata Anda dari klorin. Hal ini sangat penting bagi anak-anak atau orang dewasa yang memiliki sensitivitas pada mata.

5. Rajin minum air putih
Para peneliti juga menyarankan agar sering-seringlah meminum air mineral saat berenang, karena Anda bisa terkena dehidrasi bila terlalu sering menghirup klorin.

6. Bersihkan diri setelah berenang
Jangan lupa untuk selalu membersihkan diri dengan benar sehabis berenang. Mandi dan keramas dapat menjauhkan Anda dari sisa-sisa zat kolam renang yang tidak baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.

(eya/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Cara Minum Obat yang Aman

4 Cara Minum Obat yang Aman

Obat dapat menyembuhkan, namun juga bisa menjadi racun bila tidak digunakan secara tepat. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat, harus diketahui sifat dan cara pemakaiannya. Informasi tentang obat, terutama obat bebas, dapat diperoleh dari brosur yang menyertai obat tersebut. Jika Anda sembarangan menggunakan obat tanpa membaca petunjuk, tentu hal itu akan berakibat fatal bagi kesehatan. Misalnya, Parasetamol (obat bebas) bila diminum dengan dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati. Halaman berikut ini adalah kiat-kiat untuk pemakaian obat yang aman: 4 Cara Minum Obat yang Aman Kenali & Teliti Obat Ketika hendak membeli obat, pertimbangkan bentuk sediaannya (tablet, sirup, kapsul, krim, dll) dan pastikan bahwa kemasan tidak rusak. Lihatlah dengan teliti kemasan luar maupun kemasan dalam produk obat. Jangan mengambil obat yang menunjukkan adanya kerusakan walaupun kecil. Selain kemasan, perhatikan juga bentuk fisik sediaan. Untuk yang bentuk sirup, hal yang harus diperhatikan adalah warna dan kekentalannya. Pastikan tidak ada partikel-partikel kecil di bagian bawah botol atau mengapung dalam sirup. Pada tablet, bentuk harus benar-benar utuh dan [...]

Kenali Penyebab & Cara Mencegah Perut Kembung

Kenali Penyebab & Cara Mencegah Perut Kembung

Hampir sebagian besar orang pernah merasakan perut kembung. Banyak yang percaya bahwa perut kembung diakibatkan karena masuk angin atau sakit maag. Lalu apa yang sebenarnya menyebabkan gas di perut berlebih?Penyebab dari perut kembung juga bisa bermacam-macam, seperti adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit. Jika disebabkan oleh penyakit tertentu biasanya menimbulkan perut kembung yang kronis.Beberapa makanan bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih seperti sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa.Seperti dikutip dari MSN, makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak dipecah hingga makanan tersebut mencapai usus besar dan dicerna oleh bakteri. Proses ini menimbulkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil.Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal harusnya gas-gas ini dikeluarkan sehingga tida [...]

Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Sakit flu sering kali menyebabkan penderitanya menjadi tidak berselera makan. Tapi sebenarnya ada cara jitu untuk menghadapinya. Melalui asupan makanan dan minuman yang tepat, gejala flu dapat lebih mudah diatasi. Saat flu, tubuh makin membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk vitamin dan mineral. Sebab tubuh membutuhkan energi yang banyak untuk menciptakan sel imunitas dalam jumlah besar demi melawan virus yang masuk ke tubuh. Memanfaatkan Asupan Nutrisi Meski selera makan Anda terganggu, pastikan asupan nutrisi dan cairan tubuh tetap terjaga. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan makan lebih sering, namun dalam porsi yang lebih kecil. Beberapa jenis makanan yang dapat memberikan tubuh energi ekstra guna meringankan gejala-gejala flu, antara lain: Minum air putih secukupnya untuk menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi jus buah. Minum perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit. Teh hangat yang ditambahkan dengan madu dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, sekaligus melegakan saluran pernapasan yang tersumbat. Minuman yang terbuat dari jahe dapat membantu mencegah tubuh dari dehidrasi, sekaligus meredakan mual serta [...]

Kampanye Selfie Tanpa Make-up Berhasil Galang Dana Rp 18 M untuk Kanker

Kampanye Selfie Tanpa Make-up Berhasil Galang Dana Rp 18 M untuk Kanker

Foto selfie bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai ajang pamer diri tanpa tujuan jelas. Namun kini, berkat sebuah kampanye amal untuk kanker, selfie bukan hanya sekadar ajang untuk mengisi waktu luang yang tidak bermanfaat.Sebuah organisasi bernama Cancer Research UK menggagas kampanye amal untuk penderita kanker dengan meminta orang berfoto selfie tanpa make-up. Kampanye tersebut sukses diikuti lebih dari 800 ribu peserta dan mengumpulkan lebih dari 1 juta poundsterling atau sekitat Rp 18 miliar.Kampanye tersebut dibuat dengan hashtag #nomakeupselfie. Cancer Research UK meminta orang-orang untuk melakukan selfie dan memberikan sumbangan sebesar tiga poundsterling."Ratusan ribu dari kalian telah membantu mengumpulkan lebih dari 1 juta poundsterling dan masih terus bertambah, dengan mengunggah foto #nomakeupselfie dan menyumbang untuk membantu melawan kanker lebih cepat. Kami sangat bahagia dengan dukungan luar biasa ini," tulis Cancer Research UK dalam akun Facebook-nya seperti dikutip NY Daily News.Organisasi amal tersebut sengaja menggunakan selfie yang kini sedang tren untuk membantu penderita kanker sembuh dari penyakit tersebut. Kampanye amal dengan meminta pengguna sit [...]

P3K Akibat Abu Vulkanik

P3K Akibat Abu Vulkanik

Material abu asap vulkanik yang keluar dari gunung berapi memiliki potensi bahaya kesehatan pernapasan. Materi mikro yang berterbangan di udara ini sangat mudah untuk bisa masuk ke dalam saluran pernapasan manusia dan membawa dampak fatal jika tidak ada pertolongan pertama ataupun lanjutan pada korban. Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika terpapar abu vulkanik, antara lain: MATA: JANGAN MENGGOSOK MATA. Jangan sekali-sekali menggosok / mengucek mata yang kemasukkan abu vulkanik. Jika dilakukan akan membawa potensi kepada risiko infeksi. Coba pejamkan mata beberapa saat, tindakan ini adalah berusaha mengandalkan pembersih alami yang dimiliki mata terhadap benda asing, yakni air mata CARI TEMPAT BERSIH / AMANSebelum mencoba cara kedua, yakni mengalirkan air bersih / obat tetes mata, pastikan Anda berdiri pada area yang tidak dilewati abu / kotoran di udara. BASUH DENGAN AIR BERSIH / OBAT TETES MATA.Jika tindakan ini masih tidak berhasil, celupkan mata ke dalam air bersih dan steril agar hanyut keluar. BAWA KE DOKTERBawa segera penderita / korban jika keluhan berlanjut untuk membawa perawatan khusus. PERNAPASAN CARI [...]

Jantung Sehat dengan Makan Ikan Dua Kali Seminggu

Jantung Sehat dengan Makan Ikan Dua Kali Seminggu

Hampir semua orang tahu bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi ikan. Menurut pakar kesehatan di Eropa, makan dua porsi dalam seminggu bisa cegah penyakit jantung.Sebuah pedoman kesehatan yang disusun oleh European Society of Cardiology dalam konferensi Euro Prevent di Dublin, Irlandia, menjelaskan bahwa seseorang harus mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu. Salah satunya boleh berupa suplemen, tetapi tetap harus memakan ikan.Memakan ikan jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi suplemen ikan. Hal ini karena ikan mengandung beberapa gizi lain yang tidak bisa ditemui di dalam suplemen tersebut. Omega 3 dipercaya menjadi kandungan yang berikan manfaat baik bagi jantung, namun para ahli belum bisa membuktikannya."Asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan manusia, apakah ini tentang otak atau kekebalan tubuh. Para pakar profesional memiliki peran penting untuk mendidik masyarakat tentang efek baik dari mengonsumsi ikan sebanyak 1 gram tiap harinya," ujar Philip Calder, ahli gizi dari University of Southampton, Inggris.Walau mengonsumsi suplemen ikan diperbolehkan, tetapi pakar kesehatan menyarankan untuk tetap memakan ikan. Hal tersebut diungkapkan [...]

Cepat Kurus dengan Pisang

Cepat Kurus dengan Pisang

Menurunkan berat badan seringkali menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang. Sudah tahan lapar mati-matian, tapi rupanya target berat badan belum juga tercapai. Tidak perlu khawatir lebih jauh lagi, ikuti tulisan ini maka Anda akan tahu rahasia besar yang dimiliki pisang yang dapat membantu menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan tidak dapat dianggap sepele. Semua aspek kesehatan harus diperhatikan, dari kondisi tubuh, target laju penurunan berat badan hingga pemilihan nutrisi dari pola makan. Karena turun berat badan terlalu cepat dalam waktu singkat tidak baik juga bagi kesehatan. Bagaimana pisang dapat membantu diet menurunkan berat badan Anda? Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak di konsumsi orang. Bahkan di Amerika, konsumsi pisang jauh lebih banyak dibandingkan konsumsi dari apel maupun jeruk. Selain karena rasanya yang enak, pisang juga mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja vitamin tersebut? Cepat Kurus dengan Pisang Nutrisi yang terkandung dalam pisang antara lain: � Vitamin A � Vitamin B6 � Riboflavin � Vitamin C � Karb [...]

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Jenis-jenis USG pada Kehamilan

Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D). Tahukah Anda apa bedanya? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Klik ?next? untuk mengetahui jenis dan perbedaan USG pada kehamilan. Jenis-jenis USG pada Kehamilan Pemeriksaan ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dan rutin dilakukan selama hamil. Berbeda dengan X-ray, USG tidak berbahaya bagi janin. Saat ini terdapat berbagai jenis USG, yaitu USG 2 dimensi (2D), tiga dimensi (3D), atau empat dimensi (4D). Tahukah Anda apa bedanya? Jika Anda belum tahu, maka artikel ini akan dapat membantu menambah pengetahuan Anda. Klik ?next? untuk mengetahui jenis dan perbedaan USG pada kehamilan. USG 2 Dimensi USG jenis ini akan menghasilkan gambaran dalam bentuk 2 dimensi atau 2 bidang datar (memanjang dan melintang). Perbedaan mendasar dengan USG 3D atau 4D adalah USG ini hanya menghasilkan bagian d [...]

Bahaya Minum Pil Penunda Haid Saat Puasa

Bahaya Minum Pil Penunda Haid Saat Puasa

Terdapat sebuah kebiasaan baru di kalangan wanita di Saudi, terutama yang belum menikah untuk mengonsumsi obat penunda haid di bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan agar kegiatan puasa mereka tidak terganggu dengan siklus haid yang datang tiap bulannya."Ini dikarenakan keinginan mereka untuk bisa menikmati puasa di bulan Ramadhan tanpa harus kehilangan beberapa hari akibat menstruasi. Banyak wanita yang melakukan hal ini, termasuk wanita yang belum menikah. Penjualan tablet penunda haid jadi meningkat seiring dengan datangnya bulan Ramadhan," ujar seorang apoteker di Taif, Mekkah pada jurnal harian Al-Watan.Sayangnya keputusan para wanita itu untuk membeli obat penunda haid seperti Primolut N, tidak didukung dengan pengetahuan mengenai efek samping. Menurut sang apoteker, para wanita di Saudi sengaja menjalin pertemanan dengan apoteker agar bisa membeli obat tanpa resep dokter.Primolut N sendiri mengandung bahan aktif produk sintesis hormon progesteron yang mirip dengan hormon alami wanita. Tablet ini biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan menstruasi dan untuk mengobati gangguan dalam pendarahan bulanan, keluhan pramenstruasi, keluhan siklus haid dan yang berhubungan dengan pay [...]

Bedanya Akut dan Kronis

Bedanya Akut dan Kronis

?Duh rasa ngantukku ini sudah kronis sekali?, tutur seorang siswa SMA kepada temannya. Fenomena di tengah masyarakat yang begitu sering kita dengar, kata ?akut? dan ?kronis? dipakai tanpa dipahami betul makna sesungguhnya, untuk itu artikel ini ditulis, supaya kita bsia menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat. Dalam dunia kedokteran, kata akut dan kronis adalah dua kata yang dipakai untuk menggambarkan proses atau perjalanan sebuah penyakit. Akut menggambarkan perjalanan penyakit yang cepat, biasanya terjadi dalam hitungan jam sampai hari, sementara kronis bicara mengenai perjalanan penyakit yang progresinya panjang dan cenderung lebih lambat dalam perburukannya. Anda akan lebih mengerti setelah membaca contoh berikut ini. Jika hari ini Anto sehat-sehat saja, kemudian besok ia mulai batuk, batuknya parah sekali sampai-sampai si Anto sulit bernafas, dan batuk ini terjadi selama beberapa hari kemudian Anto sembuh, dalam kasus ini bisa kita katakan si Anto menderita batuk akut, bukan batuk kronis. (Baca: 8 Penyebab Batuk Kronis) Di lain pihak, jika seseorang terkena gangguan fungsi hati, maka tidak serta merta jika orang tersebut minum alkohol hari ini, keesokan harinya ia lang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *