Tips Kontrol Gula Darah Selama Puasa

diabetic.jpg

Tidak mudah bagi penderita diabetes untuk berpuasa selama Ramadan. Pedoman diabetes pernah menyatakan bahwa pasien diabetes dengan kondisi khusus tetap memaksa berpuasa meskipun disarankan untuk tidak berpuasa.

Tapi masalahnya, Menurut Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD, beberapa risiko bisa dihadapi penderita diabetes bila memaksa berpuasa seperti rendahnya kadar gula darah (hipoglikemia), meningkatnya kadar gula darah (hiperglikemia), pembekuan darah dan dehidrasi.

Mungkin Anda juga berpikir, siapa yang mau melewatkan bulan suci Ramadan. Apalagi banyak penelitian menyebutkan puasa justru membuat metabolisme tubuh membaik. Maka itu, Pradana memberikan beberapa tips puasa bagi penderita diabetes sebagai berikut:

1. Cek gula darah

Sebelum memasuki bulan puasa, cek selalu gula darah Anda. Saat puasa, baiknya monitoring gula darah saat mau sahur, sebelum buka dan setelah buka puasa.

Bagi Anda yang berisiko tinggi diabetes yang sebenarnya dilarang puasa dan tetap ingin puasa, sebaiknya memiliki glikometer untuk mengecek gula darah selalu. Sedangkan penderita diabetes yang menggunakan insulin, suntikkan insulin sebelum sahur dan buka puasa. Dan selalu periksa atau kontrol ke dokter setidaknya dua atau tiga kali seminggu.

2. Perhatikan konsumsi obat dan insulin

Tanyakan pada dokter beberapa jenis obat pengontrol gula darah yang harus dikonsumsi termasuk kapan dan apakah ada pengurangan obat dan sebagainya. Karena obat seperti Metformin 500 miligram yang biasanya dikonsumsi 3 hari sekali, selama bulan puasa ditambah dosisnya 1.000 miligram saat berbuka dan 500 miligram saat sahur.

Untuk pengguna insulin pun demikian. Jika biasanya insulin digunakan sebanyak 30 unit pada pagi hari dan 20 unit pada sore hari, selama Ramadan, gunakan 30 unit insulin pada saat berbuka dan hanya 10 unit saat sahur.

3. Tetap olahraga dan diet sehat

Bulan Ramadan bukan alasan seseorang tidak olahraga. Pradana menjelaskan, aktivitas fisik saat puasa bukan hanya berupa olahraga seperti jalan sore atau bersepeda. Karena setelah buka puasa, tanpa Anda sadari, salat tarawih juga bagian dari aktifitas fisik.

Selain aktivitas fisik, diet sehat perlu dilakukan dengan menerapkan gizi seimbang. Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur termasuk buah. Sebelum dan setelah berbuka juga disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur.

4. Menjalani pemeriksaan medis pra Ramadan

The American Diabetes Association dan the South Asian Guidelines for Management of Endrocrine Dosorders menyarankan pemeriksaan medis pra Ramadan guna meninjau ulang rencana pengobatan dan perubahan minum obat atau insulin selama Ramadan. Hal ini dilakukan untuk menghindari komplikasi diabetes selama puasa serta mengindari fluktuasi kadar glukosa darah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apa Saja Fasilitas yang Tersedia di RS Pertamedika?

Apa Saja Fasilitas yang Tersedia di RS Pertamedika?

Baru kemarin, Senin 20 Januari, Rumah Sakit Pertamedika Sentul City yang diklaim sebagai pusat lever dan jantung di kawasan Bogor resmi dibuka. Beragam fasilitas pelayanan juga diperkenalkan. Berikut beragam fasilitas yang dimiliki RS Pertamedika:1. Ruang rawat inapVVIP, terdiri dari 1 tempat tidur, 1 sofa, televisi 55 inch, 1 kamar mandi (shower hot/cold), dapur, meja makan, kulkas, microwave, dispenser (Rp 1.550.000)VIP, terdiri dari 1 tempat tidur, 1 sofa bed, tv 42 inch, 1 kamar mandi (dingin panas, kulkas water jug (Rp 950 ribu)Kelas 1, terdiri dari 1 tempat tidur, 1 sofa bed, tv 32 inch, 1 kamar mandi, kulkas kecil, water jug (Rp 600 ribu)Kelas 2, terdiri dari 2 tempat tidur, 1 sofa single, tv 27 inch, water jug, 1 kamar mandi shower panas/dingin (Rp 400 ribu)Kelas 3, terdiri dari 6 tempat tidur, 1 sofa singe, tv 32 inch water jug, 2 kamar mandi (Rp 175 ribu)2. Ruang khusus ICU, ICCU, NICU, PICU, ruang OKMRI, CT Scan, cath lab, echocardiography, electro encephalo graphy, laparoscopy, endoscopy, x-ray fluorscopy, digital panoramic cephalometry, audiometry & spirometry, USG 3&4 D, mamography(Fit/Abd)BACA JUGA:RS Pertamedika Memang Lain dari Rumah Sakit Lain Di RS Perta [...]

Pria Perokok Lebih Rentan Kena Kanker daripada Perempuan

Pria Perokok Lebih Rentan Kena Kanker daripada Perempuan

Jika melihat ke sekitar, perokok tak hanya lagi didominasi oleh kaum pria namun perempuan pun sudah banyak yang menghisap tembakau. Sayangnya, para pria agak kurang beruntung karena risiko terkena kanker paru-paru lebih besar dibandingkan perokok perempuan. Seperti dilaporkan dalam jurnal Science merokok mengurangi jumlah kromosom Y dalam sel darah. Kromosom Y sendiri hanya ada dalam tubuh pria. Pada penelitian sebelumnya menunjukkan ketika sel-sel darah kehilangan kromosom Y, potensi kanker berkembang lebih besar. Meski masih belum jelas hubungan antara kromosom Y dan kanker, diduga kromosom ini berperan dalam menahan perkembangan kanker. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Uppsala University di Swedia ini menguji hal-hal apa saja yang bisa memengaruhi kehilangan kromosom Y. Seperti umur, olahraga, diabetes, kolesterol, pendidikan, kebiasaan merokok dan alkohol. Ternyata, yang menyebabkan penurunan jumlah kromosom hanya kebiasaan merokok dan umur. Lalu, diuji coba juga ketika para responden pria ini berhenti merokok. Ternyata, kromosom Y jumlahnya meningkat di dalam sel darah pria. "Hal ini menunjukkan bahwa merokok menyebabkan hilangnya kromosom Y dan memberhentikan kebi [...]

3 Manfaat Nonton Film Biru Bersama Pasangan

3 Manfaat Nonton Film Biru Bersama Pasangan

Bagi pria, menonton film biru atau pornografi adalah hal biasa. Untuk wanita ada beragam, ada yang sering menonton ada juga yang tidak. Lalu, apakah Anda dan pasangan pernah terpikir untuk menonton film biru bersama? Untuk meningkatkan hubungan, Anda bisa memasukkan menonton film biru bersama pasangan. Bahkan, pakar hubungan dan seks Christie Hartman, Ph.D mengungkapkan ada tiga manfaat dengan menonton film biru bersama seperti dilansir dari Women's Health pada Sabtu (11/10/2014). 1. Timbulkan percakapan jujur Kebanyakan orang menonton film biru sendirian karena kebiasaan tersebut.Tapi saat sudah menjadi suami istri tak ada salahnya, menonton bersama-sama artinya baik suami maupun istri tak perlu menyembunyikan sesuatu. "Menjadi terbuka dan jujur memperkuat ikatan diantara kalian berdua," terang Hartman. 2. Variasi menuju hubungan bercintaMenonton film biru akan membawa suasana jadi lebih hangat memicu menuju hubungan bercinta yang bervariasi. 3. Rekomendasi posisi bercintaAda banyak posisi bercinta yang unik pada film-film biru. Jika mendapatkan posisi yang unik namun masih bisa dilakukan dalam kehidupan nyata, tak ada salahnya mencoba. "Menonton film biru bersama-sama mend [...]

Warna-warni Makanan Bikin Sehat & Awet Muda

Warna-warni Makanan Bikin Sehat & Awet Muda

Coba cek apa yang ada dalam lemari es Anda. Apakah bahan makanan yang terdapat didalamnya mencakup berbagai sayuran dan buah-buahan yang bermacam warna. Bila iya, berarti Anda sangat baik dalam menjaga kesehatan. Seperti diungkapkan ahli kesehatan dan penulis buku terlaris New York Times, Frances Largeman-Roth, RDN, dalam bukunya 'Eating In Color: Delicious, Healthy Recipes for You and Your Family' bahwa makanan yang warna-warni sangat baik untuk kesehatan anak maupun dewasa. Menurut Frances, buah-buahan dan sayuran berwarna dapat membantu melindungi Anda dari penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, beberapa jenis kanker, diabetes dan obesitas. Coba saja cek, apa saja yang terkandung dalam sayur dan buah berwarna, seperti dikutip Foxnews, Rabu (30/4/2014) Merah Buah yang isinya berwarna merah seperti semangka mengandung tingkat tinggi lycopene. Beberapa studi telah menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi lycopene memiliki resiko kanker lebih rendah. Bukti paling kuat hingga saat ini adalah rendahnya risiko kanker paru-paru, perut, dan prostat, serviks dan payudara. Belum lagi, semangka mengandung 92 persen air sehingga sangat baik untuk kulit. Kuning Buah y [...]

Ini Cara Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami

Ini Cara Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami

Bagi sebagian perempuan, kulit putih merupakan salah satu tanda kecantikan. Untuk itu, para perempuan melakukan berbagai cara untuk memiliki kulit yang putih, apalagi menggunakan bahan alami. Berikut beberapa cara memutihkan kulit seperti dilansir dari Top 10 Home Remedies, Rabu (15/10/2014). Perbanyak Air Putih Air putih membantu meningkatkan kelembaban kulit. Untuk itu, minumlah setidaknya 8 gelas per hari agar asupan cairan tubuh tidak kurang dan selalu terjaga. Dengan pola hidup seperti ini, Anda akan merasakan bahwa kulit Anda mulai lembab, cerah dan awet muda. Perbanyak Makan Ini Selain air putih, banyak sekali asupan lain yang dapat membantu memutihkan kulit Anda dari dalam. Diantara makanan yang dapat memutihkan kulit adalah wortel, pepaya, tomat, kiwi, bayam, strawberry, teh hijau dan kacang kedelai. Makanan-makanan ini berperan dalam kesehatan kulit karena memiliki kandungan vitamin A dan C. Gunakan Juga Obat Luar Ini Selain mengkonsumsi makanan di atas, ada juga beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk obat luaran. Cara menggunakan bahan ini adalah dengan mengoleskannya langsung pada kulit Anda. Diantara obat luaran yang dapat memutihkan kulit adalah [...]

Cara BPOM Tingkatkan Mutu Pelayanan di 2014

Cara BPOM Tingkatkan Mutu Pelayanan di 2014

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan perlindungan masyarakat di 2014, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meluncurkan lima program unggulan."Di usianya yang ke 13, BPOM terus berkomitmen melindungi masyarakat dari risiko obat dan makanan lewat lima program unggulan," kata Kepala BPOM, Dr. Roy A. Sparinga, Rabu (5/2/2014).Kelima program tersebut yaitu e-registrasi ulang obat tradisional dan suplemen kesehatan, Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF), e-meso, contact center, dan food safety masuk desa. Aplikasi sistem e-registrasi ulang obat tradisional merupakan lanjutan dari sistem sebelumnya.Pembangunan sistem tersebut merupakan salah satu program percepatan yang dilakukan oleh BPOM untuk membangun kepercayaan masyarakat. "Selain itu aplikasi tersebut bertujuan untuk mewujudkan clean government dan good governance," katanya.Sementara INRASFF merupakan sistem yang dikembangkan untuk melindungi masyarakat dari pangan dan pakan yang berisiko di pasar domestik atau impor. "Dengan diluncurkannya INRASFF ini diharapkan kepercayaan masyarakat regional dan internasional terhadap produk pangan Indonesia akan meningkat sehingga meningkat pula daya sain [...]

Seriusnya Amerika Hadapi Ebola

Seriusnya Amerika Hadapi Ebola

Presiden Amerika Serikat baru saja menetapkan seorang Utusan Khusus tentang Ebola, Czar Ebola, karena besarnya perhatian pada Ebola di Amerika Serikat.? CNN bahkan menulis berita panjang berjudul "poor messaging fuels ebola concern" yang menggambarkan situasi di Amerika Serikat hari-hari ini. Di Texas, sekitar 100 petugas kesehatan diminta tidak naik transportasi umum, pergi ke tempat umum dan berkumpul, ke toko, serta restoran selama 21 hari. Kalau melanggar maka mereka akan dikarantina sesuai aturan hukum yang ada. Seorang perawat yang sakit, sebelum dirawat, ternyata pernah terbang dari Dallas ke Cleveland di USA. Akibatnya sekitar 300 orang penumpang pesawat itu perlu menjalani karantina.Beberapa orang petugas kesehatan di Amerika Serikat dan Spanyol tertular Ebola dari pasien yang mereka rawat. Artinya, walau bekerja di negara maju dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) amat lengkap , mereka tetap tidak terlindung dan tertular. Masalahnya ternyata ada tiga : 1. SOP memasang APD, jangan ada sedikitpun bagian tubuh yang tidak tertutup APD2. SOP melepas APD. Justru tahap ini amat penting karena orang cenderung mau buru2 karena sudah selesai kontak dengan pasien3. Kemungkin [...]

Akibat Tumor Seberat 21,5 Kg, Perut Marcey DiCaro Membesar

Akibat Tumor Seberat 21,5 Kg, Perut Marcey DiCaro Membesar

Liputan6.com, Tucson Marcey DiCaro, seorang wanita di Arizona harus menjalani operasi selama 10 jam demi mengangkat tumor seberat 21,5 kilogram (kg). Selama operasi, napas dan jantung DiCaro berhenti. Tapi, operasi tersebut akhirnya menyelamatkan jiwa wanita tersebut.Ahli bedah dari University of Arizona Medical Center berjuang keras untuk mengangkat liposarcoma, kanker pada otot perut, yang menyerang vena cava inferior (vena terbesar di tubuh). Tumor itu sudah menutupi ginjalnya bersama kantung empedunya sehingga harus dihilangkan. "Jika tumor tak segera diangkat, itu akan membunuh saya," kata wanita dari Tucson seperti dilansir Huffingtonpost, Jumat (13/6/2014).Pada tahun 2011, DiCaro menyadari bahwa perutnya semakin membesar dan dia merasa sakit seketika. Pada Maret 2012, hasil scan mengungkapkan ada tumor tapi DiCaro tidak mempunyai asuransi kesehatan. Alhasil, rumah sakit membatalkan operasi yang dijadwalkan pada 2013. Saat itu perusahaan asuransi hanya bisa membayar sedikit saja dari biaya total.Pihak rumah sakit menjelaskan, DiCaro bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang mengatasi kondisinya itu setelah tahun ini ada perubahan aturan kesehatan yang ditandatangani Barack O [...]

Sering Cemas Tanda Anda Cerdas?

Sering Cemas Tanda Anda Cerdas?

Apa Anda termasuk orang yang sering cemas? Sebuah penelitian menunjukkan orang yang cenderung cemas bisa menjadi petanda kecerdasan.Temuan ini diterbitkan dalam Jurnal Personality and Individual Differences. Tim yang dipimpin Alexander Penney dari Lakehead University, Ontario, melakukan survei dan memberikan kuesioner untuk mengukur kecerdasan dan seberapa banyak peserta stres di dalam hidupnya.Misalnya saja, peserta ditanyakan seberapa kuat mereka setuju dengan pernyataan seperti, "Saya selalu cemas tentang sesuatu`. Setelah itu peneliti menganalisa hasilnya. Hasilnya, Penney dan timnya menemukan hubungan antara cemas dengan kecerdasan verbal.Korelasi ini bukan sebab akibat, tapi ini bukan pertama kalinya ditemukan hubungan antara kecemasan dan kecerdasan. Di sisi lain, Penney dan tim menemukan hubungan yang menunjukkan semakin sering responden mengatakan mereka mengingat peristiwa masa lalu, semakin rendah peringkat kecerdasan nonverbal.Dengan penjelasan tersebut, Penney dan rekannya menjelaskan ada kemungkinan semakin seseorang cerdas secara verbal maka ia semakin mampu memperhitungkan peristiwa masa lalu dan masa depan secara lebih rinci, yang mengarah kepada seringnya merenun [...]

Waspada, 5 Penyakit Mematikan Selain Ebola

Waspada, 5 Penyakit Mematikan Selain Ebola

Meski laporan Organisasi Kesehatan Dunia mencatat perkembangan kasus ebola begitu tinggi, tapi Indonesia mestinya harus lebih hati-hati terhadap 4 penyakit ini. Pasalnya, penyakit-penyakit ini sering menimbulkan infeksi serius. Seperti dikatakan profesor kedokteran di divisi penyakit menular di University of California, San Diego, Joseph Vinetz, MD bahwa ada penyakit yang penularannya juga mengkhawatirkan seperti ebola, yaitu:1. Chikungunya Virus ini cepat menyebar di negara-negara di Afrika, Asia, Eropa, dan Samudra Hindia dan Pasifik. Di Indonesia, kejadian luar biasa (KLB) chikungunya dilaporkan pada 1982, dilaporkan pertama kali di Samarinda pada tahun 1973, kemudian berjangkit di Kuala Tungkal, Martapura, Ternate, Yogyakarta (1983), Muara Enim (1999), Aceh dan Bogor (2001). Awal 2001, kejadian luar biasa demam chikungunya juga terjadi di Muara Enim dan Aceh. Disusul Bogor bulan Oktober. Setahun kemudian, demam chikungunya berjangkit lagi di Bekasi (Jawa Barat), Purworejo dan Klaten (Jawa Tengah). Diperkirakan sepanjang tahun 2001-2003 jumlah kasus chikungunya mencapai 3.918 jiwa meski penderitanya tidak ada yang meninggal. Menurut Joseph, nyamuk yang menularkan virus ini be [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *