Tips Kontrol Gula Darah Selama Puasa

diabetic.jpg

Tidak mudah bagi penderita diabetes untuk berpuasa selama Ramadan. Pedoman diabetes pernah menyatakan bahwa pasien diabetes dengan kondisi khusus tetap memaksa berpuasa meskipun disarankan untuk tidak berpuasa.

Tapi masalahnya, Menurut Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD, beberapa risiko bisa dihadapi penderita diabetes bila memaksa berpuasa seperti rendahnya kadar gula darah (hipoglikemia), meningkatnya kadar gula darah (hiperglikemia), pembekuan darah dan dehidrasi.

Mungkin Anda juga berpikir, siapa yang mau melewatkan bulan suci Ramadan. Apalagi banyak penelitian menyebutkan puasa justru membuat metabolisme tubuh membaik. Maka itu, Pradana memberikan beberapa tips puasa bagi penderita diabetes sebagai berikut:

1. Cek gula darah

Sebelum memasuki bulan puasa, cek selalu gula darah Anda. Saat puasa, baiknya monitoring gula darah saat mau sahur, sebelum buka dan setelah buka puasa.

Bagi Anda yang berisiko tinggi diabetes yang sebenarnya dilarang puasa dan tetap ingin puasa, sebaiknya memiliki glikometer untuk mengecek gula darah selalu. Sedangkan penderita diabetes yang menggunakan insulin, suntikkan insulin sebelum sahur dan buka puasa. Dan selalu periksa atau kontrol ke dokter setidaknya dua atau tiga kali seminggu.

2. Perhatikan konsumsi obat dan insulin

Tanyakan pada dokter beberapa jenis obat pengontrol gula darah yang harus dikonsumsi termasuk kapan dan apakah ada pengurangan obat dan sebagainya. Karena obat seperti Metformin 500 miligram yang biasanya dikonsumsi 3 hari sekali, selama bulan puasa ditambah dosisnya 1.000 miligram saat berbuka dan 500 miligram saat sahur.

Untuk pengguna insulin pun demikian. Jika biasanya insulin digunakan sebanyak 30 unit pada pagi hari dan 20 unit pada sore hari, selama Ramadan, gunakan 30 unit insulin pada saat berbuka dan hanya 10 unit saat sahur.

3. Tetap olahraga dan diet sehat

Bulan Ramadan bukan alasan seseorang tidak olahraga. Pradana menjelaskan, aktivitas fisik saat puasa bukan hanya berupa olahraga seperti jalan sore atau bersepeda. Karena setelah buka puasa, tanpa Anda sadari, salat tarawih juga bagian dari aktifitas fisik.

Selain aktivitas fisik, diet sehat perlu dilakukan dengan menerapkan gizi seimbang. Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur termasuk buah. Sebelum dan setelah berbuka juga disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur.

4. Menjalani pemeriksaan medis pra Ramadan

The American Diabetes Association dan the South Asian Guidelines for Management of Endrocrine Dosorders menyarankan pemeriksaan medis pra Ramadan guna meninjau ulang rencana pengobatan dan perubahan minum obat atau insulin selama Ramadan. Hal ini dilakukan untuk menghindari komplikasi diabetes selama puasa serta mengindari fluktuasi kadar glukosa darah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
2 Problem Kesehatan Mulut akibat Minuman Beralkohol

2 Problem Kesehatan Mulut akibat Minuman Beralkohol

Tak hanya minuman dan makanan manis yang bisa menyebabkan bahaya pada kesehatan mulut. Kini, dokter gigi pun mewanti-wanti adanya bahaya minum segelas alkohol pada malam hari. Dilansir dari Daily Mail, Jumat (8/8/2014) ini bahaya yang bisa ditimbulkan usai minum alkohol. 1. Bau Mulut Alkohol membuat mulut dehidrasi yang ini membuat aliran air liur berkurang. Padahal air liur membantu melawan bakteri dalam mulut, sehingga saat mulut kering mikroorganisme berkembang yang meninggalkan plak pada area mulut dan menyebabkan bau mulut. Tak sekedar itu saja, plak mengiritasi gusi, dimana gusi bisa bengkak, sakit, atau terinfeksi yang membuat pendarahan saat menggosok gigi. Risiko lainnya, gigi pun bisa rusak akibat plak ini. Dr Nigel Carter, Chief Executive British Dental Health Foundation menyatakan, alkohol bisa membuat dehidrasi berlebih pada perempuan menopause dan orang tua yang memang jumlah air liurnya semakin berkurang. Oleh karena itu disarankan untuk segera minum banyak air putih usai minum minuman beralkohohol. Bisa juga makan permen dan permen karet untuk merangsang produksi air liur yang membantu menjaga kelembaban mulut. 2. Risiko Kanker Meningkat Menurut Cancer R [...]

Warren Mantan Pemilik Kantung Zakar `Raksasa` Meninggal

Warren Mantan Pemilik Kantung Zakar `Raksasa` Meninggal

Wesley Warren Jr, mantan pemilik kantung zakar (skrotum) `raksasa` meninggal dunia di usia yang masih muda yakni 49 tahun. Ia pernah menjadi tenar di seluruh dunia karena skrotumnya tumbuh membesar hingga 132 pound atau 59 kilogram (kg).Belum ada penyebab resmi kematian yang terjadi Jumat kemarin. Tapi teman sekamar Warren, Joey Hurtado mengatakan kepada Las Vegas Review-Journal bahwa Warren baru-baru ini sudah dua kali mengalami serangan jantung."Dia berada di rumah sakit selama lima setengah minggu," tulis Hurtado seperti dilansir Huffingtonpost, Sabtu (15/3/2014)."Ia mengalami infeksi yang saya pikir karena diabetes dan kemduian ia mengalami serangan janting," katanya lagi.Hurtado menegaskan, ia tak percaya apabila operasi pengangkatan testisnya itu pada tahun lalu yang menjadi faktor kematiannya.Ketika Warren menjalani operasi pada April lalu, ia masuk ke ruang operasi dengan berat 250 kg. Tiga belas jam kemudian, beratnya lebih ringan 200 kg. Warren mengatakan, skrotumnya pertama kali menjadi besar pada Mei 2008 ketika ia mengalami cedera pada testis kanannya. "Saya terbangun keesokan harinya dan skrotum saya seukuran melon," katanya.Usai kecelakaan tersebut, setiap bulannya s [...]

Uji Klinis Sukses, Vaksin DBD Siap Digunakan 2015

Uji Klinis Sukses, Vaksin DBD Siap Digunakan 2015

Perusahaan farmasi asal Perancis, Sanofi SA akhirnya mengumumkan kesiapannya meluncurkan vaksin Demam Berdarah Dengue (DBD) pada 2015. Setelah berhasil melewati uji klinis, Kepala Unit Vaksin DBD, Guillaume Leroy mengungkapkan vaksin ini akan diuji efektivitasnya pada lebih dari 200.000 orang di Amerika Latin."Kami berada pada tonggak yang penting. Akhir tahun ini kita akan mendapat analisis lengkap hasil vaksin," kata Leroy, seperti dikutip China Daily, Selasa (17/6/2014).Sebelumnya, Sanofi telah meneliti lebih dari 20 tahun dalam pembuatan vaksin DBD. Vaksin ini sulit dibuat mengingat DBD memiliki empat strain yang berbeda. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mencatat endemik DBD terjadi di lebih dari 100 negara, 4 dari 10 orang bahkan beresiko terinfeksi. Lebih dari dua pertiga kasus DBD di dunia berasal dari Asia, dengan Asia Tenggara sebagai kontributor utama. [...]

Hipertensi Mata, Risiko Kesehatan Utama pada Wartawan

Hipertensi Mata, Risiko Kesehatan Utama pada Wartawan

Individu yang berkecimpung di dunia jurnalistik berisiko terkena glukoma dan hipertensi okular. Selain karena mata yang terlalu sering terpapar cahaya dari perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer, disebutkan juga bahwa tingkat emosional seorang jurnalis relatif lebih tinggi.Demikian disampaikan Chief Executive Officer SMEC (Sumatera Eye Centre) Group, Dr. Imsyah Satari, SpM dalam acara `Cek Mata Yuk: Gaya Hidup Modern Versus Mata Kita` di Ruang Ikat, Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Kamis (16/10/2014)"Iya, dong. Ketika membaca kasus korupsi atau pelecehan seksual, pasti emosionalnya membuncah. Pada saat membuat berita, mereka kan juga harus baca dulu. Pada saat baca, meliput, dan menulisnya turut memengaruhi emosional seorang jurnalis," kata Dr. Imsyah.Karena kondisi seperti itu, lanjut Imsyah, yang membuat seorang jurnalis berisiko mengalami glukoma dan hipertensi okular.Dikutip dari situs Mayo Clinic, glukoma adalah satu kondisi di mana terjadinya kerusakan saraf optik, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Biasanya, tekanan terlalu tinggi di dalam mata (intraocular pressure), menyebabkan terjadinya kerusakan mata ini. Sedangkan hipertensi okular mengacu p [...]

Makanan Ini Harus Dihindari Para Pria, Kalau Tidak Bahaya!

Makanan Ini Harus Dihindari Para Pria, Kalau Tidak Bahaya!

Sudah sejak lama mengonsumsi daging merah olahan seperti sosis dikaitkan dengan peningkatan risiko gagal jantung atau kematian pada pria. Dalam studi baru yang diterbitkan dalam Jurnal Circulation: Heart Failure, peneliti dari The Cohor Study of Men Swedia di Karolinska Insitute di Stockholm menganalisa 37.035 pria sehat berusia antara 45 sampai 79 tahun yang dimulai dari 1998 sampai 2010.Selama masa studi, 2.891 pria mengembangkan penyakit gagal jantung dan 266 orang meninggal karena penyakit ini. Dalam laporannya, pria yang mengaku mengonsumsi daging merah sebanyak 75 gram per hari atau lebih, 28 persen lebih mungkin untuk mengembangkan gagal jantung dibandingkan pria yang mengonsumsi 25 gram atau kurang daging olahan per hari.Pria yang mengonsumsi daging olahan juga dua kali lebih mungkin meninggal dunia akibat gagal jantung dibandingkan dengan pria yang sedikit dalam mengonsumsinya.Menurut para peneliti, setiap kenaikan harian 50 gram konsumsi daging olahan, setara dengan satu atau dua iris tambahan daging ham, risiko untuk mengalami gagal jantung meningkat sekitar 8 persen dan risiko kematian akibat gagal jantung meningkat sebesar 38 persen."Untuk mengurangi risiko gagal jantu [...]

Denise Masih Susui Putrinya yang Enam Tahun

Denise Masih Susui Putrinya yang Enam Tahun

Anak-anak umumnya menyusui maksimal hingga dua tahun. Tapi, Belle masih menyusui hingga berusia enam tahun. Sang ibu tak akan berhenti menyusui sampai putrinya memintanya.Belle mungkin menjadi anak tertua di Inggris yang masih menyusui dari ibunya Denise Sumpter. Di usianya yang sudah 6,5 tahun, Belle akan menyusui apabila ia lelah, sakit atau ingin bermanja dengan ibunya. Ia bisa berkali-kali meminta menyusui dalam sehari atau hanya sekali atau dua kali dalam seminggu.Kadang-kadang ia menyusui sendiri atau bersama adik laki-lakinya Beau yang berusia 18 bulan."Saya akan menyusui Belle selama ia masih meminta," kata Denise (44) ."Saya tidak tahu berapa lama lagi. Mungkin sama dengan Beau. Saya tak berpikir ini aneh," katanya lagi seperti dilansir Mirror, Senin (29/12/2014).Belle memang lebih tinggi dibanding teman-teman sekelasnya dan dia jarang sakit. Ibunya mengatakan ini semua karena ASI dan anaknya pun pintar. Belle seorang pemain biola berbakat, penyanyi, dan penari, serta nilainya tertinggi di kelasnya."Saya memiliki dua anak yang sehat, pintar, percata diri dan saya benar-benar mempercayai manfaat dari ASI dan akan terus melakukannya," ujar mahasiswi PhD Ancient Science. Men [...]

Risiko Kanker Payudara Intai Wanita Pekerja Shift Malam

Risiko Kanker Payudara Intai Wanita Pekerja Shift Malam

Wanita pekerja shift malam disarankan untuk pintar dalam mengatur pola hidupnya. Suatu penelitian menyebutkan bahwa paparan cahaya berulang yang diterima pekerja wanita shift malam, meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 17 persen. Terkadang, menggunakan perangkat seperti komputer atau ponsel hingga larut malam, tidak akan menyebabkan kerusakan apa pun. Tapi paparan berulang dari komputer atau ponsel, telah dikaitkan dengan peningkatkan risiko kanker, terlebih kanker payudara.Dalam satu laporan dari European Journal of Cancer Prevention, para ilmuwan telah menganalisa 16 studi tentang paparan cahaya di malam hari. Dan salah satu hasilnya, paparan yang diterima pekerja wanita shift malam, dapat meningkatkan risiko kanker payudara lebih besar.Dikutip dari Daily Mail, Selasa (21/10/2014) para peneliti telah menemukan bahwa perawat yang bekerja pada malam hari berada pada risiko yang lebih tinggi dari suatu penyakit, dan paparan cahaya yang mereka menimbulkan terjadinya pertumbuhan tumor.Para peneliti sendiri masih belum jelas, mengapa cahaya buatan pada malam hari memiliki efek mengerikan seperti ini. Satu teori yang dipegang teguh oleh mereka adalah paparan cahaya buata pada mal [...]

Trik Tingkatkan Gairah Bercinta, Paling Banyak Diminati

Trik Tingkatkan Gairah Bercinta, Paling Banyak Diminati

Keinginan untuk menciptakan suasana intim dan menggairahkan pasangan memang menjadi keinginan setiap orang. Tak heran artikel tentang hal ini mendapat perhatian utama.Agar Gairah Bercinta Meningkat, Ciptakan Suasana Ini!Beberapa ruangan dan pernak-pernik di rumah dapat memengaruhi keinginan pasangan untuk melakukan hubungan intim. Supaya bercinta di rumah sukses, coba perhatikan hal-hal berikut ini yang dikutip Womansday, Jumat (3/12/2013), yaitu :4 Januari, Tepat 8 Tahun Ariel Sharon Koma Akibat Pendarahan OtakStroke yang menyerang Perdana Menteri Israel, Ariel Sharon (85) pada tahun 2005 dan pendarahan otak parah pada 4 Januari 2006, membuat ia mengalami kritis dan koma berkepanjangan. Tercatat, sudah delapan tahun pria bersajaha itu terbaring lemah tak berdaya di atas tempat tidur rumah sakit Tel Hashomer.Lokasi Pendaftaran JKN di Seluruh IndonesiaSejak diresmikannya, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada 1 Januari 2014, terhitung sekitar 116.122.065 jiwa penduduk secara otomatis resmi menjadi pesertanya. Namun, PT Askes (Persero) masih membuka kesempatan kepada masyarakat luas yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta.Saat Manusia Keluarkan Emosi, Tubuh BerubahIlmuw [...]

Cara Alami Usir Bau Badan dan Bau Mulut

Cara Alami Usir Bau Badan dan Bau Mulut

Bau mulut dan bau badan menjadi hambatan bagi seseorang untuk bersosialisasi dengan yang lainnya. Biasanya, untuk mengatasinya kita mengunyah permen mint yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Sedangkan untuk bau badan, disiasati menggunakan wewangian yang disemprotkan ke badan.Sebenarnya, ada cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk menghindari diri sendiri dari dua hal yang tak diinginkan tersebut, yaitu dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau secara rutin.Sayuran hijau merupakan sumber yang kaya akan vitamin K dan klorofil, yang dapat membantu darah untuk memberikan oksigen ke semua sel dalam tubuh, dan juga membantu melawan radikal bebas.Kandungan klorofil yang tinggi, membuat sayuran hijau dipercaya ampuh mengusir bau mulut dan bau badan. Maka itu, bagi Anda yang sering mengalami kedua hal tersebut, mulailah rutin mengonsumsi sayuran berdaun hijau.Dikutip dari laman Health Me Up, Selasa (18/2/2014) sayuran berdaun hijau juga mengandung kalsium dengan jumlah yang cukup besar. Selain itu, klorofil juga membantu darah memberikan oksigen ke semua sel tubuh yang dapat membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.Jadi, banyak orang yang percaya ba [...]

Jangan Salah Artikan Kegagalan Kehamilan

Jangan Salah Artikan Kegagalan Kehamilan

Infertilitas atau lebih dikenal dengan ketidak suburan seringkali diartikan keliru. Padahal infertilitas merupakan kelainan reproduksi pasangan yang harus dicari tahu sebabnya. Seperti disampaikan ahli kandungan, Dr. Andrie Ronggani, Sp.OG dari Klinik Teratai RS Gading Pluit bahwa infertilitas terdiri atas dua, yakni: 1. Infertilitas primer Infertilitas primer terjadi bila seorang wanita (istri) belum pernah hamil walaupun telah bersenggama dan dihadapkan dengan kemungkinan untuk hamil selama 12 bulan. 2. Infertilitas sekunder Infertilitas sekunder merupakan keadaan seorang wanita (istri) yang pernah hamil. Namun tidak dapat hamil kembali. Andrie menjelaskan, infertilitas bisa jadi akibat kelainan dari pria atau wanita. Keduanya memiliki peran ketidaksuburan masing-masing 35 persen. Tapi bisa terjadi akibat faktor lain. "Terkadang disertai dengan faktor lain yang 10 persennya tidak diketahui. Ada beberapa pasangan yang tidak memiliki kelainan apapun tidak bisa hamil, ini bisa masuk yang kemungkinan 10 persen tadi," jelasnya. Meski begitu, Andrie menerangkan yang paling memegang peranan penting dalam infertilitas adalah jumlah sperma, kecepatan sperma dan gaya hidup. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *