Tips Mencegah Tertular Sakit Mata

sakit-mata.jpg

Ketika seseorang di dalam ruangan mengalami sakit mata, Anda mungkin takut tertular. Mata yang berwarna merah muda, gatal, dan berair ini memang sangat menular apabila disebabkan bakteri dan virus. Karena alasan ini, penderita sebaiknya menjauhkan diri dengan tidak keluar dari rumah atau beraktivitas di luar demi menghindari penularan mata merah muda.

Penyakit mata ini dikenal juga sebagai konjungtivitis yang ditandai dengan mata merah muda, berair, mengeluarkan kotoran (belekan), dan peradangan. Mata merah muda dikaitkan dengan bakteri dan virus yang sama yang menyebabkan flu dan batuk. Ini juga bisa disebabkan iritasi lingkungan, alergi, dan penyakit menular seksual.

Penularan bisa melalui batuk, bersin, atau kontak apapun dengan yang disentuh penderita, berbagi handuk, berenang di kolam renang yang terkontaminasi.

Biasanya, jumlah waktu yang diperlukan untuk mata merah muda agar tak tertular tergantung jenis infeksi seperti dilansir eHow, Rabu (28/5/2014).

1. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri biasanya bisa diobati dengan obat tetes mata atau salep antibiotik. Setelah pengobatan, mata mulai menunjukkan perbaikan dan tak lagi menular. Menurut Mayo Clinic, proses biasanya memakan 24 jam dari penggunaan obat pertama

Tapi, apabila gejala tak membaik, mungkin ada penyebab lain seperti infeksi virus dan orang tersebut harus menunggu hingga melanjutkan aktivitas normal seperti bekerja atau sekolah.

2. Infeksi virus

Infeksi virus tak bisa disembuhkan sehingga pengobatannya dibuat agar pasien lebih nyaman. Menurut kids.emedtv.com, infeksi virus bisa memakan waktu hingga 14 hari agar tak menular.

Aturannya, apabila seseorang menunjukkan peningkatan seperti mata tak lagi berair atau menghasilkan hal ian, maka itu tak lagi menular.

Menurut MayoClinic, mereka yang mengalami infeksi virus biasanya mengalami gejala dalam waktu tiga sampai tujuh hari dari gejala awal. Saat itu, cobalah menjaga kebersihan seperti mencuci tangan setelah mata dan menggunakan desinfektan di setiap lokasi yang mungkin sudah disentuh.

Untuk mencegah penularan, ada beberapa yang perlu dilakukan:

1. Kunjungi dokter

Segera kunjungi dokter agar mata Anda diperiksa. Dokter akan segera memberikan obat setelah mendiagnosa.

2. Tinggal di rumah

Hindari kontak dengan orang lain saat mata Anda merah muda (konjungtivitis). Tetaplah di rumah, tidak pergi bekerja ataupun sekolah. Hindari daerah di rumah atau situasi di mana Anda dikelilingi banyak orang.

3. Cuci tangan

Cuci tangan setelah Anda menyentuh mata. Gunakan sabun antibakteri dan cuci setidaknya dua menit dengan air hangat.

Cobalah untuk mencegah tangan Anda mengenai mata karena bisa menularkan. Gunakan semprotan desinfektan untuk membersihkan semua permukaan yang telah disentuh.

4. Cuci sprei

Cuci sprei dengan air hangat untuk menghindari kembalinya terkena mata merah muda. Tambahkan produk pemutih dalam cucian Anda untuk membunuh bakteri yang mungkin menetap.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Cara Mudah Kontrol Nafsu Makan

5 Cara Mudah Kontrol Nafsu Makan

Idealnya makanan yang dikonsumsi itu beragam demi memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Namun rupanya makanan tidak menyehatkan seperti mi instan, gorengan, burger dan es krim lah yang kerap kita asup. Karena itu kontrol diri diperlukan. Jangan sampai Anda terbawa nafsu. Untuk itu, cobalah cara berikut seperti dilansir boldsky, Kamis (2/7/2014) : 1. Makan dalam porsi kecilJika rasa ingin makanan tertentu sudah tak terbendung, boleh saja makan tapi dalam porsi lebih sedikit dari biasanya. Ini berfungsi untuk melatih otak mampu mengontrol makanan yang dikonsumsi. 2. Kurangi gulaGula, jadi salah satu kandungan yang biasanya membuat orang jadi kecanduan dalam makanan tertentu. Oleh karena itu, jauhkan makanan manis dari hadapan Anda agar tak mudah tergoda. Ganti dengan buah atau sayuran. 3. Makan TeraturCobalah untuk makan teratur untuk menyingkirkan kecanduan makanan tertentu. 4. Lanjutkan dengan berolahragaBiasakan, usai makan makanan yang membuat Anda kecanduan untuk dilanjutkan berolahraga. Ini adalah salah satu cara yang mudah untuk membantu menyingkirkan kecanduan makanan. 5. Cari aktivitas alternatifJika kecanduan makanan karena sedang stres atau tertekan. Segera ali [...]

5 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Kita Sulit Tidur Nyenyak

5 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Kita Sulit Tidur Nyenyak

Sejumlah kesalahan sebelum tidur mungkin kerap kita lakukan, sehingga kita mengalami kesulitan untuk tidur malam dalam keadaan nyenyak dan berkualitas. Padahal, penting bagi kita untuk dapat tidur dalam keadaan nyenyak, dengan waktu berkualitas, agar dapat bangun dalam keadaan segar di pagi hari.Berikut ini sejumlah kesalahan yang mungkin kita lakukan sebelum tidur, seperti melansir laman Health Me Up, Kamis (4/12/2014)1. Makan berat pada saat makan malamJika sebelum tidur kita mengonsumsi makanan yang terlalu berat, dengan kandungan tinggi protein, maka kemungkinan untuk tidak bisa tidur semakin besar. Sebab, dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi tubuh untuk mencerna protein, sehingga akan mengganggu proses tubuh untuk tidur. 2. Konsumsi alkoholSegelintir orang percaya kalau mengonsumsi alkohol dapat membuat mereka tidur lebih nyenyak. Memang, alkohol dapat membuat kita tertidur lelap, tapi membuat kita menghabiskan tidur tanpa mimpi sama sekali.3. Minum kopiSecangkir kopi mengandung kafein yang cukup tinggi, sedangkan kafein merupakan stimulan yang membuat tubuh kita dalam keadaan waspada selama 12 jam terhitung dari kita mengonsumsinya. Maka itu, hindarilah meminum secangkir [...]

Kepala Bayi Nafi Jadi Dua Karena Tumor Ganas

Kepala Bayi Nafi Jadi Dua Karena Tumor Ganas

PeduliSehat.info, Pontianak Raut muka kusut. Matanya terlihat lelah. Itulah yang terlihat dari wajah ibu bayi malang Mailani (22) ini. Anak keduanya itu diberi nama Muhammad Nafi. Jenis kelamin laki-laki yang baru berusia 9 hari. Muhammad Nafi merupakan anak pasangan dari Buasin (32) dan Mailani. Bayi malang itu terserang tumor ganas di bagian kepala yang berkembang dengan cepat. Terlihat jelas dikepala bayi ini pembekakan pada wajah sebelah kanan menjadi dua keatas kepala. ?Saya bingung harus gimana lagi dengan anak saya ini. Saya hanya bisa pasrah saja,? tutur Mailani saat ditemui Liputan6.com di Rumah Sakit Umum ST Antonius Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (28/3/ 2014). Ayah sang bayi, Buasin pun merasa bingung dengan semua apa yang dihadapinya itu. Sebab, ia sehari-harinya hanya sebagai petani di Dusun Baru Lestari, RT 008, Desa Satai Lestari, Kecamatan Pulau Maya, Kabupaten Kayong Utara, itu tidaklah cukup biaya yang sangat mahal. ?Ya mau gimana lagi. Saya bingung. Pasrah saja,? lirihnya yang terlihat kebingungan itu. Ia bercerita, perjuangan untuk sang anak kesayangan ini selalu gigih. Betapa tidak, ia datang dari sebuah daerah terpencil dan terisolir dari daerah Dusun Bar [...]

Takut Kena Virus, Dahlan Iskan Larang Jenguk Tommy Soetomo

Takut Kena Virus, Dahlan Iskan Larang Jenguk Tommy Soetomo

Banyak pesan yang diberikan Menteri BUMN Dahlan Iskan kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura 1 (Persero), Tommy Soetomo, yang menjalani operasi transplantasi ginjal. Pesan tersebut diberikan Dahlan mengaca pengalamannya yang sukses menjalani transplantasi lever. "Saya larang dia keluar kota dan naik pesawat, naik kereta api. Saya masih minta dia di kantor pusat saja. Itu pun dengan berbagai persyarakat, misalnya kebersihan kantornya harus dijaga agar lebih bersih," kata Dahlan di Kantor Kementerian BUMN, Selasa (18/3/2014).Selain pesan-pesan tersebut, Dahlan juga meminta karyawan Tommy untuk tak menengoknya usai operasi. "Kan manajernya enggk nengok bosnya yang sakit, kan nggak enak. Pokoknya saya melarang Pak Tommy untuk ditengok. Terus yang terpenting setelah 2 minggu transplantasi, Anda akan merasa sangat sehat dan emosi Anda akan berkibar-kibar," ujar Dahlan.Benar saja, tiga munggu usai transplantasi, Tommy ingin ke kantor. Namun, lagi-lagi Dahlan melarangnya. "Saya SMS dia untuk tak boleh ke kantor. Saya sebagai menteri melarang Anda masuk kantor sampai dapat izin dari saya. Anda boleh ke kantor itu pun setelah saya tengok Anda dan tahu kondisi Anda. Sebelum saya tengok, belum [...]

Junk Food Tak Hanya Bikin Gendut, Tapi Juga Ganggu Hidung

Junk Food Tak Hanya Bikin Gendut, Tapi Juga Ganggu Hidung

Anjuran untuk tak sering-sering mengonsumsi junk food terkait obesitas pasti pernah Anda dengar. Sayangnya, seringkali tak digubris. Jika Anda tak segera menghentikan kebiasaan buruk ini tak hanya berat badan bertambah penciuman pun terganggu. Burger isi daging sapi atau ayam, hotdog, kentang goreng, fried chicken dan aneka junk food lain mengandung lemak tinggi. Yang ternyata menurut penelitian yang dilakukan akedemisi Florida State University, makanan tinggi lemak berpengaruh terhadap struktur dan fungsi hidung. Tikus dijadikan hewan percobaan untuk mengetahui fakta kaitan pola makan buruk dengan kemampuan mencium. Selama enam bulan tikus diberi pakan tinggi lemak. Di saat yang sama tikus juga diajari kemampuan mencium, jika mampu akan diberi air. Untuk menguji kemampuan tikus mencium, diberikan aroma baru. Ternyata, tikus yang sudah mengonsumsi pakan tinggi lemak tidak cepat beradaptasi yang menunjukkan penurunan kemampuan mencium. "Tikus yang memiliki pola makan tinggi lemak hanya memiliki 50% neuron yang beroperasi untuk memberi sinyal bau," tulis penelitian yang dipublikasikan Journal of Neuroscience seperti dilansir Daily Mail, Rabu (23/7/2014). Penelitian yang didanai [...]

Suhu Naga: Tahun Kuda Perang Saatnya bagi SBY Berjiwa Besar

Suhu Naga: Tahun Kuda Perang Saatnya bagi SBY Berjiwa Besar

Tahun 2014 menjadi tahun terakhir bagi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Pada Pemilu mendatang, pemilik shio Kerbau ini diharapkan untuk tidak kembali mencalonkan diri menjadi Presiden. Apa pasal?Suhu Naga selaku Pakar Psycocybernatic mengatakan, justru di tahun Kuda Perang, saatnya bagi ayah dua orang anak itu untuk berjiwa besar, dan jangan memorsir sesuatu yang sebenarnya sudah tidak pantas lagi untuk diembannya."Ditelaah dari shionya, kerbau, SBY tidak terlalu bagus tapi tidak juga terlalu buruk. Dia harus membuka mata dan telinga, dan ini saatnya bagi beliau untuk berjiwa besar. Jangan memorsir sesuatu di luar kemampuannya. Cukuplah," kata Suhu Naga saat berbincang dengan Health Liputan6.com di Plaza Festival, Rasuna Said, Jakarta, ditulis pada Kamis (30/1/2014)Lebih lanjut Suhu Naga mengatakan, saat ini SBY juga diharapkan untuk mulai memerhatikan kondisi kesehatannya. Ditelaah kembali dari shionya, Suhu Naga menganjurkan pria kelahiran Pacitan, 9 September 1949 ini memerhatikan kondisi dada dan bagian kepalanya."Saat ini, dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan beliau dan bila tidak memerhatikan kesehatannya itu, mudah jatuh dan k [...]

Vaksin Malaria Teranyar Segera Dipasarkan

Vaksin Malaria Teranyar Segera Dipasarkan

Perusahaan obat asal Inggris, GlaxoSmithKline (GSK) minggu lalu meminta persetujuan kepada Badan Obat-obatan Eropa (European Medicines Agency) agar dapat memasarkan vaksin malaria yang bernama RTS,S. Pengajuan ini didasarkan pada kemampuan vaksin buatan GSK ini mampu melindungi bayi kecil selama 18 bulan dan berhasil melalui waktu yang paling rentan, ungkap peneliti seperti dilansir laman NBC News, Rabu (30/7/2014). Setelah menguji vaksin ini kepada lebih dari 15.000 bayi berusia 6 minggu hingga 17 bulan menunjukkan hampir setengah dari mereka atau sekitar 46% terlindungi dari malaria selama 18 bulan. Vaksin diberikan dalam tiga seri dosis seperti diungkapkan Mary Hamel dari US Centers for Disease Control and Prevention. Bukti lain, vaksin ini berhasil melindungi 800 dari 1000 anak untuk terhindari penyakit ini seperti yang dilaporkan PLoS Medicine. Untuk diketahui, malarian adalah salah satu penyakit utama di dunia.WHO memperkirakan sekitar 200 juta kasus malaria per tahun dan membunuh 600.000 orang yang sebagian besar adalah anak-anak. [...]

Alumni IPB Kampanye Ayo Makan Ikan

Alumni IPB Kampanye Ayo Makan Ikan

Menyambut Hari Ikan Nusantara (Harkannas) yang pertama, Himpunan Alumni IPB (HA-IPB) mengampanyekan gemar makan ikan dengan slogan 'AYO KITA MAKAN IKAN (AKMI)' di Stadion Pajajaran Bogor, Minggu (23/11/2014). Sebagai bentuk mengkampanyekan gemar makan ikan tersebut, sebanyak 6500 anak-anak pendidikan usia dini (PAUD) melukis layang-layang bergambar ikan. Kegiatan tersebut dicatat oleh museum rekor Indonesia (Muri). Kampanye AKMI dibuka oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang diikuti sebanyak 6200 anak PAUD se Kota Bogor. Sedangkan target yang ditentukan HA-IPB, kegiatan ini akan diikuti sebanyak 6500 anak.Ketua HA-IPB, Bambang Hendroyono mengatakan, kampanye tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas rendahnya konsumsi ikan masyarakat Indonesia yang notabene negara yang meiliki peotensi laut dan perikanan yangsangat besar."Masyarakat Indonesia belum mengimbangi antara konsumsi dan produksi ikan. Padahal potensi produksi ikan nasional mencapai lebih dari 15,3 juta ton pertahun," kata Bambang di Stadion Pajajaran.Menurutnya, konsumsi ikan masyarakat saat ini hanya 34,7 kg per kapita per tahun. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia berada di peringkat keempat di Dunia setelah R [...]

Jangan Lupa Ucapkan `Terima Kasih` Setiap Saat

Jangan Lupa Ucapkan `Terima Kasih` Setiap Saat

Rasa syukur yang diucapkan setiap hari akan membuat hidup Anda lebih bahagia. Mengucapkan terima kasih bukan sesuatu yang berlebihan.Ketika orangtua mengajarkan Anda mengatakan Terima Kasih setiap kali seseorang melakukan sesuatu kepada Anda, tanpa disadari orangtua memberikan pelajaran yang berharga dalam hidup Anda.Mensyukuri apapun yang terjadi di dalam hidup ini dengan lebih sering mengatakan Terima Kasih menciptakan aura energi positif di sekitar Anda dan tak ada hal negatif yang bisa menembusnya.Hal ini membawa semua yang Anda inginkan dalam hidup ini lebih dekat dengan Anda dan membuka jalan buat kebahagiaan yang tak terbatas.Inilah lima alasan teratas mengapa seseorang bersyukur setiap saat sehingga kehidupan menjadi indah dan bahagia seperti dikutip Magforwomen, Senin (17/2/2014):1. Kesehatan tubuh dan pikiranKetika Anda bersyukur, Anda menyingkirkan semua emosi negatif seperti marah, frustasi, gelisah, cemas dan apapun yang membuat Anda menderita. Dengan tetap fokus dan menggunakan teknik pernapasan serta meditasi yang mendapat, Anda akan mencapai keuntungan dalam jangka panjang.Bersyukur juga akan meringankan tubuh Anda dari stres dan nyeri, dan membuat tubuh serta pikir [...]

Giliran Wamenkumham Resmi Jadi Anggota BPJS Kesehatan

Giliran Wamenkumham Resmi Jadi Anggota BPJS Kesehatan

Dalam lawatannya ke kantor BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan di kawasan Cempaka Putih, Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana juga berkesempatan menjadi peserta BPJS Kesehatan."Paling penting bantu proses ini tersebar luas ke masyarakat. Jaminan kesehatan ini luar biasa, kalau dibandingkan dengan sistem kesehatan di Amerika, sistem ini hanya tinggal final touch (sentuhan terakhir) saja," kata Denny yang ditemui di kantor BPJS Kesehatan, Senin (6/1/2014).Denny menyampaikan, bila masyarakat sudah paham dan mengerti tentang JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) ini, ia yakin bahwa minat mendaftar juga akan tinggi.Selain itu, menanggapi adanya posko 24 jam yang ada di kantor BPJS Kesehatan, Denny menyampaikan bahwa semua aplikasi di kantor BPJS Kesehatan sudah berbasis IT. Kemudian juga jangkauan antisipasi ke depan sudah kelihatan bahwa BPJS Kesejatan sudah melakukan kesiapan dengan baik."Penggunaan teknologi oleh BPJS Kesehatan juga mestinya menjadi backbone (tulang pungung) pelayanan. Dan BPJS Ketenagakerjaan juga tinggal beberapa langkah lagi untuk persiapan di Juli 2015," tambahnya.Dalam kunjungannya tersebut, Denny meninjau posko 24 jam BPJS Kesehatan yang di d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *