Tips Mencegah Timbulnya Stretch Marks

Tips-Mencegah-Stretch-Marks.jpg

Sepanjang masa kehamilan, kulit ibu hamil akan merasakan berbagai masalah, salah satunya adalah stretchmark. Stretch Marksatau dalam bahasa medisnya disebut dengan Stretch Gravidanum merupakan trauma bekas peregangan berlebihan pada kulit. Awalnya berupa guratan kemerahan dan lama kelamaan menjadi garis berwarna keputihan hingga kecoklatan, tergantung pada warna asli kulit.

Stretchmark memang mengurangi keindahan kulit pada ibu, namun ternyata riset membuktikan bahwa timbulnya stretchmark dapat dicegah. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinyastretchmark pada kulit ibu hamil:

  1. Konsumsilah protein yang cukup dan istirahatlah yang cukup. Selain bermanfaat bagi janin, protein juga berperan untuk meregenerasi sel termasuk sel kulit.

  2. Jaga berat badan Anda sesuai dengan perkembangan janin. Penambahan berat badan secara cepat dan berlebihan hanya akan memperparah kondisi stretchmark.

  3. Mulailah menjaga kelembapan kulit semenjak awal kehamilan. Oleskan pelembab khusus ibu hamil ke seluruh tubuh minimal dua kali sehari, khususnya bagian perut, lengan atas, paha, dan panggul. Hal ini berguna untuk mencegah sobeknya kolagen akibat perkembangan lapisan dermis saat kuht meregang dimasa hamil.

  4. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab anti stretch marks pada saat setelah mandi, karena pada saat ini kulit dalam kondisi bersih dan lembab, sehingga penyerapan cream menjadi optimal.

  5. Hindari menggaruk stretch marks, mengingat kulit di daerah tersebut biasanya kering dan rasa gatalnya memang tidak tertahankan. Menggaruk stretch marks justru dapat merusak kulit sehat ibu dan dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

  6. Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang secara teratur 2 kali seminggu guna melancarkan sirkulasi darah dan oksigen. Sebaiknya, sebelum berolahraga, konsultasikan dulu kondisi ibu pada dokter kandungan dan kebidanan yang menangani.

  7. Jalani hidup sehat dengan pola makan seimbang, minum air putih yang cukup, kurangi konsumsi lemak dan perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan antioksidan.

  8. Lulur dan pijatan ringan juga dapat meminimalkan risiko terbentuknya stretch marks, karena bentuk relaksasi ini juga bertujuan melancarkan peredaran darah.

Jangan khawatir, stretch marks biasanya akan memudar dengan sendirinya pasca kehamilan dan lagi stretch marks biasanya tidak berbahaya, namun tetap akan merusak kulit sehat Anda. Dengan mencegah timbulnya stretchmark sedini mungkin, kulit ibu hamil akan tampak lebih sehat dan cantik.

di laman utama website kami.[](JRA)

BACA JUGA:

  • Solusi Kulit Berjerawat
  • Stretch Marks di Saat Hamil
  • Mengatasi Stretch Marks
  • Tips Mencegah Timbulnya Stretchmark

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Stres Menyebabkan Kelainan Kulit

Stres Menyebabkan Kelainan Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit? Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang [...]

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

Wanita yang sempurna itu cantik lahir batin. Ketika puasa, kecantikan batin kita akan memancar seiring dengan pahala yang dikumpulkan sebulan penuh. Tapi bukan berarti kecantikan fisik kita jadi terlupakan. Meski puasa, kulit pun kita bisa dijaga agar tetap sehat segar berseri. Salah satu yang dikhawatirkan ketika bulan puasa adalah kulit menjadi kusam. Ini diakibatkan karena kita menahan lapar dan dahaga selama sehari, kita kekurangan cairan serta vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit tetap sehat. Akibatnya kulit menjadi kusam, mengering, bersisik dan keriput. Untuk mencegah hal ini terjadi, banyak wanita yang menggunakan obat-obatan kimiawi yang sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal ada cara yang lebih alami dan sederhana agar kulit cantik dipandang mata selama bulan puasa: Makan banyak sayuran dan buah-buahanKetika sahur kita cenderung makan banyak agar perut terasa kenyang. Begitu pun ketika berbuka, kita makan banyak untuk membalas lapar. Untuk mencegah ini, banyaklah makan sayuran dan buah-buahan ketika sahur dan puasa. Makanlah sayur dan buah yang banyak vitamin A, C, dan E karena bermanfaat sebagai antioksidan bagi kulit. Ini untuk melindungi kul [...]

Jerawat Pada Orang Dewasa

Jerawat Pada Orang Dewasa

Adult Acne (AA) merupakan suatu kejadian jerawat yang muncul di usia dewasa. Hal ini tentu tidak lazim karena kebanyakan kasus jerawat muncul pada usia remaja. Pada umumnya, jerawat muncul pada usia 16-19 tahun untuk pria, usia 14-17 tahun untuk wanita, dan masa di mana seseorang berjerawat akan berakhir di rata-rata usia 25 tahun. Namun ada sekitar 15% kasus di mana jerawat muncul di atas usia 25 tahun, yang kerap diberi nama Adult Acne atau Post Adolescent Acne. Jerawat sendiri timbul terutama akibat 4 hal yaitu adanya peradangan menahun di kelenjar minyak, aktifitas dari P. acnes, hiperkeratinisasi dan reaksi sistem imunitas di kulit kita. Keempat hal itu merupakan penyebab munculnya jerawat pada tubuh kita. Apa saja keempat klasifikasi jerawat yang terjadi pada orang dewasa? Klasifikasi Jerawat Pada Orang Dewasa Klasifikasi jerawat pada orang dewasa adalah late onset acne, persistent acne, d [...]

Cara Atasi Tumit Kering

Cara Atasi Tumit Kering

Setiap harinya kita menggunakan kaki untuk menjalankan aktivitas seperti berjalan atau bahkan berlari dengan menggunakan sepatu berhak tinggi. Tidak heran jika tumit yang kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Tidak hanya tumit kering membuat kaki Anda terlihat kurang bagus, namun juga dapat menyebabkan gatal, nyeri dan rasa terbakar, seperti pada kondisi seperti athlete's foot. Apa yang menyebabkan tumit saya kering?Seperti halnya pada bagian tubuh lain, xerosis atau kulit kering dapat terjadi karena kelembaban yang rendah, obat-obatan atau bahan-bahan tertentu pada sabun Anda.Kondisi medis tertentu seperti diabetes, psoriasis, penyakit tiroid, eksim dan athlete's foot juga dapat menyebabkan tumit kering dan pecah-pecah. Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Untuk mengatasi tumit yang kering dan kasar, Anda dapa [...]

Perawatan Kulit Segar

Perawatan Kulit Segar

Perawatan Kulit Segar Berikut tahap-tahap perawatan kulit wajah agar selalu tampak sehat dan segar : Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan susu pembersih dan sabun muka.Susu pembersih digunakan untuk membersihkan wajah dari berbagai riasan kosmetik yang menempel. Bersihkan sisa susu pembersih dengan washlap basah, bukan dengan kapas . Lap basah, terutama yang hangat dapat mengangkat sisa susu pembersih sampai ke pori-pori. Setelah sisa susu pembersih terangkat semua, lanjutkan dengan pemberian penyegar menggunakan kapas yang ditepuk-tepuk pada wajah. Sedangkan pembersih dengan sabun muka, sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Pilihlah produk yang pH balance, artinya produk tersebut memiliki pH yang seimbang dan sesuai untuk kulit, tidak terlalu asam maupun alkalis. Sabun dengan pH yang terlalu alkalis menyebabkan kulit muka terasa kencang dan kering. Melembabkan wajah dapat dilakukan dengan pemberian krim atau lotion pada kulit wajah agar terlindung dari masalah kekeringan.Pilihlah pelembab wajah yang mengandung loaded liposome, yaitu suatu partikel kecil berbentuk [...]

Mencuci Baju dengan Uap Menekan Risiko Alergi Kulit

Mencuci Baju dengan Uap Menekan Risiko Alergi Kulit

Mencuci pakaian ataupun sandang lainnya dengan metode penguapan di mesin cuci Anda dapat menekan risiko alergi pada kulit Anda. Kok bisa? Sebelum bicara lebih jauh, kita perlu mengenal terlebih dahulu seputar alergi pada tubuh kita. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu yang memicu alergi. Pemicu alergi disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya. Namun hal yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Beberapa pemicu alergi lainnya seperti: Jenis makanan Kondisi udara & cuaca Hewan liar ataupun hewan peliharaan Pemakaian produk kosmetik, sabun & shower gel Debu, kondisi ruangan & lingkungan yang kurang bersih Tidak rajin mandi (kebersihan kulit tida te [...]

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Telah diakui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat. Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya produk kecantikan maupun produk non-kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan dasar. Namun, apakah teh hijau baik untuk kesehatan kulit wajah? Berikut penjelasannya:Teh hijau banyak dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk India, Jepang, Korea, dan Cina. Seperti teh hitam dan teh oolong, teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tidak seperti dua varietas lainnya, daun teh hijau tidak difermentasi sebelum dikukus dan pengeringan sehingga tetap segar.Hasan Mukhtar, seorang profesor dermatologi dari Case Western Reserve University di Cleveland, menjelaskan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau memiliki kekuatan untuk melindungi kulit. "Dari semua antioksidan yang dikenal manusia, komponen teh hijau adalah yang paling ampuh,? ujar Mukhtar. Antioksidan adalah senyawa yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, yang merupakan agen dan penyebab kerusakan sel maupun jaringan. [...]

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kulit gatal, kemerahan, sensitif, bersisik, dan berbintil-bintil? Keluhan-keluhan tersebut adalah keluhan-keluhan yang sering didapatkan penyakit eksim (dermatitis).Eksim (dermatitis) merupakan kondisi kulit yang biasanya terjadi karena alergi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan dermatitis atopik. Tampilannya dapat berbeda-beda. Pada anak-anak, kelainan kulit dapat basah dan gatal. Sedangkan, pada orang dewasa biasanya memberikan tampilan eksim kering pada kulit.Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keparahan eksim. Berat badan yang berlebih dapat membuat gesekan kulit bertambah dan meningkatkan kelembapan sehingga dapat menyebabkan eksim bertambah parah, namun tidak menjadi penyebab langsung. Pada beberapa orang, makanan juga dapat menjadi pencetus munculnya eksim. Faktor-faktor ini biasanya sifatnya individual, berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.Berikut beberapa hal yang membuat kondisi eksim semakin parah: [...]

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Setiap makhluk hidup di permukaan bumi terpapar terhadap sinar ultraviolet (UV) yang merupakan bagian dari sinar matahari. Sinar matahari selain dibutuhkan sebagai sumber energi utama kehidupan, juga dapat memberikan pengaruh yang baik secara langsung bagi tubuh.Dalam porsi kecil, sinar matahari dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Meskipun demikian, sinar UV dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan bahan genetik tubuh (DNA) yang merupakan awal mula terjadinya kanker kulit. Paparan sinar UV yang berlebih juga dapat menyebabkan kulit terbakar, kulit menghitam, penuaan dini, munculnya kerutan lebih cepat, dan kanker kulit.Ironisnya, dengan semakin luasnya kerusakan ozon, paparan radiasi ultraviolet yang mencapai perbukaan bumi menjadi semakin meningkat sehingga dapat menyebabkan masalah kulit yang tidak dapat diabaikan.Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), yang masing-masing berbeda panjang gelombangnya. Meskipun UVA dapat menembus ke dalam kulit, UVB merupakan sinar yang lebih berperan dalam menyebabkan kerusakan kulit.Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu [...]

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

Saat bulan puasa, kita menahan lapar dan dahaga selama sebulan. Dari matahari terbit hingga terbenam kita tidak minum air agar puasa kita tidak batal. Tapi hati-hati. Alih-alih puasa lancar, tubuh kita bisa terkena dehidrasi yang membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Normalnya, kita akan kehilangan cairan tubuh antara 1000 ? 4500 ml/hari melalui keringat, BAB, atau buang air kecil. Makanya kita disarankan minum minimal 8 gelas per hari untuk menggantinya. Tapi ketika bulan puasa, kita harus menunggu waktu berbuka untuk minum air. Akibatnya, banyak orang mengalami dehidrasi ketika bulan puasa. Bagi kesehatan tubuh, hal ini dapat menyebabkan kita lemas, letih, mata berkunang-kunang, bahkan dapat jatuh pingsan. Begitu pula bagi kesehatan kulit. Karena kekurangan cairan untuk melembabkan, kulit akan kering, bersisik, bahkan hingga pecah-pecah karena dehidrasi. Nah, sebagai wanita, tentu kita perlu menjaga kulit tetap lembab dan segar berseri. Selama berpuasa pun, kulit bisa tetap tampil luar biasa dengan cara: Hindari suhu panas yang ekstremSalah satu penyebab kulit kering adalah suhu udara yang ekstrem. Pakailah pelindung kepala dan pakaian berlengan panjang ketika Anda [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *