Tips Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Secara Alami

rambut sehat alami tradisional

Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia terutama untuk menunjang penampilan pada kaum wanita. Hal ini sangat menjadi hal yang sangat penting karena hal ini dapat dijadikan alasan kurang maksimal dalam menjaga penampilan. Namun dalam sisi lain, kesehatan rambut juga harus diperhatikan karena adanya beberapa hal yang dapat menganggu kenyamanan seseorang terkait dengan efek yang ditimbulkan akibat dari kurang sehatnya rambut dan kulit kepala seperti terjadinya rambut rontok, rambut kusam, rambut memerah sehingga sulit tumbuh panjang, menimbulkan rasa gatal, menimbulkan ketombe, beruban dengan cepat, rambut bercabang dan juga dapat menimbulkan tumbuhnya kutu rambut. Hal tersebut tentunya tidak hanya mengurangi penampilan anda, namun juga sangat menggangu kenyamanan anda akibat rasa gatal sangat tidak dapat tidak tertahankan. Oleh karena itu menjaga dan dan merawat kesehatan dan keindahan rambut sangat perlu untuk dilakukan oleh siapa saja.

Menjaga dan merawat kesehatan dan keindahan rambut dapat dilakukan dengan banyak cara seperti mencuci minimal 2 hari sekali dengan menggunakan shampoo, merawat rambut dengan membawa ke salon dengan menggunakan beberapa treatmen peralatan khusus dan juga ada yang menggunakan perawatan tradisional herbal untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu perlu diketahui beberapa tips untuk merawat rambut anda dengan memperhitungkan beberapa aspek yang ada dalam diri anda sehingga akan sesuai dengan kondisi rambut anda.

Tips Merawat Rambut :

Cara Normal :
Secara normal merawat rambut dapat dilakukan dengan cara mencuci dengan menggunakan shampoo sebanyak 2 hari sekali. Namun jika dalam membersihkannya tidak menggunakan shampoo, maka kotoran yang ada pada rambut tidak dapat hilang dengan maksimal sehingga akan melekat kuat pada bagian rambut sehingga dapat menimbulkan kerusakan rambut dan kulit rambut. Dalam perawatan ini dapat dilakukan sendiri pada saat mandi rutin. Untuk hasil yang lebih baik gunakan conditioner yang banyak tersedia dipasaran dan tambahkan vitamin rambut untuk hasil yang maksimal.

Cara Alami:
Perawatan rambut dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan perawatan rambut. Hal ini disarankan karena bahan yang digunakan adalah bahan alami dengan jangkauan harga yang relatif murah dan sedikit kemungkinan menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Beberapa bahan yang dapat digunakna untuk perawatan tradisional seperti :

1. Lidah Buaya
Lidah buaya dapat anda gunakan sebagai bahan perawatan rambut anda karena lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung nutrisi penting seperti protein, asam amino, Vitamin A, Vitamin C, dan E yang dapat meniturisi rambut dan kulit kepala ada. Vitamin C dan E dapat memberikan efek baik bagi kesehatan kulit kepada dan rambut anda dengan kasiat mengurangi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga mengurangi efek menipisnya volume rambut dan mengurangi terjadinya kebotakan akibat tidak adanya rambut baru yang tumbuh . Kandungan protein dan zat lain yang ada pada lidah buaya juga dapat membuat rambut anda menjadi tampak lebih berkilau.
Cara penggunaannya cukup mudah dengan cara mengambil sari atau bagian dalam lidah buaya dan menghaluskannya, usapkan kandungan lidah buaya sambil pijat bagian kulit kepala dan bagian rambut anda setelah anda keramas. Usapkan saat rambut sudah sedikit kering. Lakukan secara rutin maka kasiatnya akan segera terasa. Dalam pemakaian ini juga menimbulkan rasa dingin yang menyegarkan.

2. Daun Orang Aring
Daun orang aring adalah salah satu daun yang mengandung kasiat yang baik untuk kesehatan rambut anda terutama untuk kehitaman rambut. Dengan menggunakan daun orang-aring sebagai nutrisi kehitaman rambut anda, anda tidak memerlukan biaya yang sangat besar untuk menggunakan orang-aring ini sebagai nutrisi rambut. Dengan cara yang sederhana dan dengan gampangnya mendapatkan orang-aring, oleh sebab itu sangat disarankan menggunakan orang-aring sebagai nutrisi menghitamkan rambut anda. Bukan karena kandungan zat pewarna dalam orang-aring yang dapat menambah kehitaman rambut anda, namun kadungan orang-aring yang dapat menutrisi rambut anda menjadi hitam dan indah.

Cara menggunakannya sangat sederhana yaitu dengan mengumpukan beberapa tangakai daun orang-aring, biasanya tumbuhan ini banyak muncul didaerah perkebunan, peesawahan dan semak-semak. Bersihakn terlebih dahulu daun yang telah disiapkan dengan menggunakan air bersih biasa. Siapkan air hangat secukupnya, remas-remas daun orang-aring sampai hancur can tambahkan air hangat sedikit saja kedalam lumatan daun orang-aring. Anda dapat menggunakan langsung dengan mengusap dan sambil dipijat pada bagian kepala. Anda dapat menggunakannya saat setelah keramas dan rambut dalam kondiri setengah kering. Gunakan secara teratur agar hasilnya dapat maksimal.

3. Pohon Padi (Merang)
Untuk jenis yang satu ini memang sangat jarang didengar. Shampoo merang merupakan jenis shampoo herbal yang terbuat dari pohon padi. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang pada masa dahulu karena kandungan pohon padi (merang) dikenal dapat menyuburkan rambut dan dapat menjaga kesehatan rambut karena ekstrak merang dapat dijadikan sebagai penggant shampoo kemasan, karena ekstrak dari pohon padi ini dapat digunakan sebagai pembersih rambut. Kasiat dari ekstrak pohon merang dapat menghitamkan rambut, mejaga kebersian rambut sehingga dapat menghindarkan dari ketombe, rambut rontok dan gatal-gatal.

Cara pembuatan shampoo yaitu dengan cara siapkan beberapa batang pohon padi kemudian rebus hingga keluar sari-sari yang ada dalam pohon padi atau air berubah warna. Diamkan hingga dingin dan gunakan cairan hasil dari rebusan untuk mencuci rambut anda layaknya menggunakan shampoo. Untuk penggunaannya dapat digunakan setiap hari karena tidak mengandung zat kma berbahaya untuk kesehatan rambut anda.

Dalam merawat rambut dengan benar dan mendapatkan khasiat yang maksimal untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut anda, maka sebaiknya anda menggunakan cara dan perawatan yang maksimal jika perlu gunakan vitamin khusus rambut. Lebih utamanya anda dapat menggunakan bahan yang terbuat dengan bahan-bahan herbal karena bahan yang alami tidak menimbulkan efek yang tidak baik bagi rambut anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Tips Mengorek Telinga Agar Terhindar Dari Bahaya

4 Tips Mengorek Telinga Agar Terhindar Dari Bahaya

Pada kalangan masyarakat umumnya, kegiatan mengkorek telinga atau membersihkan kotoran telinga adalah kegiatan sudah biasa dan dilakukan oleh setiap manusia tanpa menghiraukan rutinitas dan bahan yang digunakan untuk mengkorek telinganya. Karena pada umumnya hal ini dilakukan untuk menghindari rasa gatal yang timbul dalam telinga tersebut. Namun tidak sedikit pula yang justru mengalami infeksi sampai harus melakukan perawatan medis. Dengan didukung banyaknya jenis alat pengorek telinga yang tersedia atau terjual dimasyarakat dengan banyak variasi bentuk dan bahan membuat kebanyakan masyarakat tidak menghiraukan jenis dan bahan dari alat tersebut mana yang baik digunakan dan mana yang membahayakan. Selain itu masyarakat juga sangat jarang yang menghiraukan tentang seberapa penting mengorek telinga dan seberapa sering mereka harus mengorek telinganya. Mengingat bahwa mengorek telinga merupakan hal rutinitas yang tidak boleh disepelekan, maka kami akan memberikan beberapa penjabaran seputar mengorek telinga. Artikel ini akan membahas beberapa tips cara mengorek telinga yang benar, bahan apa saya dan jenis apa yang baik digunakan untuk mengorek telinga, pola atau penjadwalan mengore [...]

Kenali Penyebab-penyebab Penuaan Dini

Kenali Penyebab-penyebab Penuaan Dini

Penuaan merupakan proses alami yang akan dialami setiap orang tanpa terkecuali. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mulai kehilangan kelembapan dan lebih rentan terhadap masalah kulit. Kemampuan untuk memproduksi sel-sel kulit baru akan berkurang begitu memasuki usia di atas 30 tahun. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara penuaan dini dan penuaan kulit sesuai usia. Ciri-ciri dari proses penuaan alami adalah: Permukaan kulit menjadi kasar. Kulit lebih berisiko terkena lesi pra-kanker. Elastisitas kulit berkurang, sehingga kulit menjadi kendur dan menggantung. Kulit menjadi lebih transparan akibat penipisan epidermis. Kulit menjadi lebih rapuh akibat lapisan antara epidermis dan dermis menjadi rata. Kulit menjadi lebih mudah lebam atau memar dikarenakan penipisan pembuluh darah yang terjadi karena faktor usia. Hilangnya lemak yang berada di bawah kulit wajah, seperti pipi, dahi, dagu, hidung dan area sekitar mata. Wajah pun terlihat sangat mengurus hingga menyerupai tengkorak. Struktur hidung mengalami perubahan akibat erosi atau penipisan kartilago atau tulang rawan. Tapi, tidak semua orang mengalami penuaan kulit sesuai dengan usianya. [...]

Jerawat, Masalah Sejuta Umat

Jerawat, Masalah Sejuta Umat

Mengatasi jerawat di wajah sudah jadi trending topic semua orang. Semua orang dibuat kesal sama masalah yang satu ini. Mengusir jerawat itu ibarat mati satu tumbuh seribu. Tak pernah selesai. Nah, sebenarnya sekarang sudah banyak klinik-klinik perawatan kulit yang bisa mengobati kulit wajah kamu. Tapi tentu harganya mahal. Kenapa tidak menyoba bahan herbal saja? Berikut ini adalah bahan-bahan herbal telah diteliti dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti peradangan, mengurangi aktivitas kelenjar minyak dan mempercepat luka bekas jerawat: Kunyit Berbagai penelitian menganjurkan kalau bahan aktif dalam kunyit, yaitu curcumin mengandung zat anti peradangan kulit, anti oksidan, dan mempercepat penyembukan luka akibat jerawat yang pecah. Kamu bisa menggunakan parutan kunyit sebagai masker wajah. Manggis Kulit buah manggis mengandung banyak bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri, dan anti oksidan. Untuk menggunakannya, cuci buah manggis hingga bersih lalu masukkan semuanya ke dalam blender termasuk daging, kulit dan bijinya. Haluskan dan tambahkan madu sebagai pemanis rasa lalu minum. Pepaya Buah ini mengandu [...]

Noda Kecokelatan pada Wajah

Noda Kecokelatan pada Wajah

Manusia sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat tentunya penting untuk memperhatikan penampilan terutama bila Anda adalah perempuan.Dalam menjaga penampilan bukan hanya dilakukan oleh anak-anak muda, tetapi juga pada orang-orang dewasa tua. Menjaga wajah untuk tetap terlihat sehat perlu dilakukan untuk menambah rasa percaya diri Anda dalam berhubungan dengan orang lain.Sayangnya, pada orang-orang berusia di atas 50 tahun, sering ditemukan mulai timbulnya bintik-bintik atau bercak kecokelatan pada wajahnya yang semakin lama akan semakin banyak. Dalam istilah kedokteran, keadaan tersebut dinamakan keratosis seboroik. Penyakit ini merupakan sejenis tumor jinak pada kulit yang paling sering ditemukan, terutama pada orang-orang berusia di atas 50 tahun.Silakan klik next untuk melanjutkan. Noda Kecokelatan pada Wajah Penyebab pasti penyakit ini belum dapat diketahui namun dikatakan dapat disebabkan [...]

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Bagaimanakah cara menghilangkan bekas jerawat? Acapkali jerawat yang telah berlalu di wajah meninggalkan bekas yang kerap permanen.Perlukaan tersebut tidak hanya menyebalkan, tetapi juga mempengaruhi kepercayaan diri bagi sebagian orang. Bisakah luka bekas jerawat dihilangkan? Jawabnya bisa.Untuk penanganan menghilangkan bekas jerawat, terdapat beberapa cara. Dan setiap teknik dan cara yang ada tergantung pada beberapa faktor, antara lain: Luas area bekas jerawat yang hendak dihilangkan. Dalamnya luka bekas jerawat. Beberapa Cara Menghilangkan & Menyamarkan Bekas Jerawat Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya: Dengan terapi laser Dermabrasi, dan lainnya. Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Kondisi bekas jerawat ringan dan cara memudarkan bekas jerawat: Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar han [...]

Sauna Lebih dari Sekadar Relaksasi

Sauna Lebih dari Sekadar Relaksasi

Sejak dulu sauna telah dilakukan oleh banyak orang, mulai dari bangsa Skandinavia hingga penduduk asli Amerika. Selain dipercaya dapat meredakan stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sauna juga dianggap mujarab untuk menunjang kesehatan kulit. Apa saja manfaat-manfaat sauna untuk kulit? Berikut rinciannya:Memperlancar aliran darahKetika Anda bersauna, sirkulasi darah dan produksi keringat meningkat secara dramatis. Lancarnya aliran darah ini membawa oksigen yang semakin banyak kepada kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih sehat dan segar.Memicu produksi kolagenKecantikan kulit tidak terlepas dari peran kolagen sebagai salah satu protein penting yang menyusun tubuh manusia. Dengan sauna, produksi kolagen akan semakin meningkat. Hal itu tentunya baik untuk mendorong terbuangnya kulit mati dan memicu peningkatan sel kulit baru yang sehat.Membuang racun dan kotoranUap panas yang dihasilkan sauna akan membuka pori-pori kulit, sehingga membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Efeknya, kulit akan terasa lebih bersih dan kencang. Namun demikian, ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui seputar sauna. Halaman berikut penjelasannya: [...]

5 Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

5 Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

Siapa sih yang tidak gemas melihat anjing atau kucing? Keberadaan mereka di rumah ternyata tak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga kesehatan fisiologis maupun psikologis. Dengan dukungan dari penelitian ilmiah, inilah 5 keuntungan memiliki hewan peliharaan:1. Membangkitkan suasana hatiBermain dengan hewan peliharaan mampu meningkatkan serotonin dan dopamin, dua zat kimia yang dapat menimbulkan rasa nyaman.2. Menurunkan tekanan darahKetika seseorang merasa tertekan, dukungan yang datang dari hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bagaimana tidak? Melihat tingkah mereka yang lucu, Anda pasti akan langsung tertawa dan melupakan masalah sejenak.3. Mengurangi risiko alergi Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan memiliki penurunan risiko terkena alergi pada hewan. Studi tersebut juga menemukan bahwa anak-anak yang dekat dengan hewan peliharaan memiliki risiko lebih rendah terserang asma.Berikut manfaat kesehatan memiliki hewan peliharaan lainnya: [...]

7 Cara Bebas Flek Wajah di Usia 30an

7 Cara Bebas Flek Wajah di Usia 30an

Seiring dengan pertambahan usia, proses regenerasi kulit pun melambat. Inilah salah satu hal yang menyebabkan para perempuan di usia 30 merasa was-was. Tanda-tanda penuaan pada wajah mulai terlihat secara signifikan. Sebut saja kerutan di sekitar mata karena aktivitas gerakan di sekitar mata yang tinggi, kerutan halus, serta penurunan kekencangan kulit.Proses penuaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya paparan sinar matahari, polusi, dan stres. Tapi jangan khawatir dulu. Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mencegah penuaan dini. Mengonsumsi vitamin C, karena Vitamin C merupakan antioksidan dan kofaktor penting pada sintesis kolagen. Memberikan asupan vitamin C kepada tubuh secara rutin akan mengurangi risiko terjadinya kerutan, kekeringan, dan skin atrophy pada perempuan. Bersihkan kulit setiap pagi sebelum mengaplikasikan riasan, dan pastikan untuk menghapusnya sebelum tidur. Senyawa-senyawa kimia pada riasan dan sisa-sisa riasan yang tidak dibersihkan secara tepat dapat mempercepat munculnya keriput. [...]

Penuaan Dini & Penyebabnya

Penuaan Dini & Penyebabnya

Oleh: dr. Jessica Florencia Penuaan dini merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri. Terjadinya secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini paling mudah terlihat dari kondisi kulit. Secara alami, kulit akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia, hal ini dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh kita. Namun, proses penuaan biasanya terjadi dengan ?anggun? dan perlahan. Kulit yang menua secara alami akan tetap halus dan tanpa pigmentasi dengan penegasan garis ekspresi wajah pada beberapa tempat. Faktor dari dalam tubuhFaktor dari dalam tubuh merupakan faktor yang tidak dapat dihindari karena berkaitan dengan pengaruh genetik dan hormon. Dengan bertambahnya usia maka kondisi tubuh, termasuk kulit akan mengalami penurunan. Berkurangnya hormon estrogen & kolagenHormon estrogen telah diteliti berperan dalam pembentukan kolagen kulit. Menurunnya produksi hormon estrogen seiring pertambahan usia menyebabkan turunnya produksi kolagen. Hal ini berkontribusi terhadap terjadinya kulit yang lebih tipis dan kering, munculnya keriput atau penegasan garis ekspresi wajah yang dan berkurangnya kek [...]

Efek dari Mewarnai Rambut

Efek dari Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut mungkin pernah atau sering Anda lakukan secara rutin. Mengecat rambut dengan warna coklat atau mewarnai rambut yang beruban memang dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih menawan. Pewarnaan rambut tersebut dapat bersifat permanen, semi permanen ataupun sementara. Namun tahukah Anda apa saja yang sebetulnya terjadi saat Anda mewarnai rambut? Klik ?next? untuk selanjutnya. Efek dari Mewarnai Rambut Mewarnai rambut mungkin pernah atau sering Anda lakukan secara rutin. Mengecat rambut dengan warna coklat atau mewarnai rambut yang beruban memang dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih menawan. Pewarnaan rambut tersebut dapat bersifat permanen, semi permanen ataupun sementara. Namun tahukah Anda apa saja yang sebetulnya terjadi saat Anda mewarnai rambut? Klik ?next? untuk selanjutnya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *