Tips Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Secara Alami

rambut sehat alami tradisional

Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia terutama untuk menunjang penampilan pada kaum wanita. Hal ini sangat menjadi hal yang sangat penting karena hal ini dapat dijadikan alasan kurang maksimal dalam menjaga penampilan. Namun dalam sisi lain, kesehatan rambut juga harus diperhatikan karena adanya beberapa hal yang dapat menganggu kenyamanan seseorang terkait dengan efek yang ditimbulkan akibat dari kurang sehatnya rambut dan kulit kepala seperti terjadinya rambut rontok, rambut kusam, rambut memerah sehingga sulit tumbuh panjang, menimbulkan rasa gatal, menimbulkan ketombe, beruban dengan cepat, rambut bercabang dan juga dapat menimbulkan tumbuhnya kutu rambut. Hal tersebut tentunya tidak hanya mengurangi penampilan anda, namun juga sangat menggangu kenyamanan anda akibat rasa gatal sangat tidak dapat tidak tertahankan. Oleh karena itu menjaga dan dan merawat kesehatan dan keindahan rambut sangat perlu untuk dilakukan oleh siapa saja.

Menjaga dan merawat kesehatan dan keindahan rambut dapat dilakukan dengan banyak cara seperti mencuci minimal 2 hari sekali dengan menggunakan shampoo, merawat rambut dengan membawa ke salon dengan menggunakan beberapa treatmen peralatan khusus dan juga ada yang menggunakan perawatan tradisional herbal untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu perlu diketahui beberapa tips untuk merawat rambut anda dengan memperhitungkan beberapa aspek yang ada dalam diri anda sehingga akan sesuai dengan kondisi rambut anda.

Tips Merawat Rambut :

Cara Normal :
Secara normal merawat rambut dapat dilakukan dengan cara mencuci dengan menggunakan shampoo sebanyak 2 hari sekali. Namun jika dalam membersihkannya tidak menggunakan shampoo, maka kotoran yang ada pada rambut tidak dapat hilang dengan maksimal sehingga akan melekat kuat pada bagian rambut sehingga dapat menimbulkan kerusakan rambut dan kulit rambut. Dalam perawatan ini dapat dilakukan sendiri pada saat mandi rutin. Untuk hasil yang lebih baik gunakan conditioner yang banyak tersedia dipasaran dan tambahkan vitamin rambut untuk hasil yang maksimal.

Cara Alami:
Perawatan rambut dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan perawatan rambut. Hal ini disarankan karena bahan yang digunakan adalah bahan alami dengan jangkauan harga yang relatif murah dan sedikit kemungkinan menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Beberapa bahan yang dapat digunakna untuk perawatan tradisional seperti :

1. Lidah Buaya
Lidah buaya dapat anda gunakan sebagai bahan perawatan rambut anda karena lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung nutrisi penting seperti protein, asam amino, Vitamin A, Vitamin C, dan E yang dapat meniturisi rambut dan kulit kepala ada. Vitamin C dan E dapat memberikan efek baik bagi kesehatan kulit kepada dan rambut anda dengan kasiat mengurangi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga mengurangi efek menipisnya volume rambut dan mengurangi terjadinya kebotakan akibat tidak adanya rambut baru yang tumbuh . Kandungan protein dan zat lain yang ada pada lidah buaya juga dapat membuat rambut anda menjadi tampak lebih berkilau.
Cara penggunaannya cukup mudah dengan cara mengambil sari atau bagian dalam lidah buaya dan menghaluskannya, usapkan kandungan lidah buaya sambil pijat bagian kulit kepala dan bagian rambut anda setelah anda keramas. Usapkan saat rambut sudah sedikit kering. Lakukan secara rutin maka kasiatnya akan segera terasa. Dalam pemakaian ini juga menimbulkan rasa dingin yang menyegarkan.

2. Daun Orang Aring
Daun orang aring adalah salah satu daun yang mengandung kasiat yang baik untuk kesehatan rambut anda terutama untuk kehitaman rambut. Dengan menggunakan daun orang-aring sebagai nutrisi kehitaman rambut anda, anda tidak memerlukan biaya yang sangat besar untuk menggunakan orang-aring ini sebagai nutrisi rambut. Dengan cara yang sederhana dan dengan gampangnya mendapatkan orang-aring, oleh sebab itu sangat disarankan menggunakan orang-aring sebagai nutrisi menghitamkan rambut anda. Bukan karena kandungan zat pewarna dalam orang-aring yang dapat menambah kehitaman rambut anda, namun kadungan orang-aring yang dapat menutrisi rambut anda menjadi hitam dan indah.

Cara menggunakannya sangat sederhana yaitu dengan mengumpukan beberapa tangakai daun orang-aring, biasanya tumbuhan ini banyak muncul didaerah perkebunan, peesawahan dan semak-semak. Bersihakn terlebih dahulu daun yang telah disiapkan dengan menggunakan air bersih biasa. Siapkan air hangat secukupnya, remas-remas daun orang-aring sampai hancur can tambahkan air hangat sedikit saja kedalam lumatan daun orang-aring. Anda dapat menggunakan langsung dengan mengusap dan sambil dipijat pada bagian kepala. Anda dapat menggunakannya saat setelah keramas dan rambut dalam kondiri setengah kering. Gunakan secara teratur agar hasilnya dapat maksimal.

3. Pohon Padi (Merang)
Untuk jenis yang satu ini memang sangat jarang didengar. Shampoo merang merupakan jenis shampoo herbal yang terbuat dari pohon padi. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang pada masa dahulu karena kandungan pohon padi (merang) dikenal dapat menyuburkan rambut dan dapat menjaga kesehatan rambut karena ekstrak merang dapat dijadikan sebagai penggant shampoo kemasan, karena ekstrak dari pohon padi ini dapat digunakan sebagai pembersih rambut. Kasiat dari ekstrak pohon merang dapat menghitamkan rambut, mejaga kebersian rambut sehingga dapat menghindarkan dari ketombe, rambut rontok dan gatal-gatal.

Cara pembuatan shampoo yaitu dengan cara siapkan beberapa batang pohon padi kemudian rebus hingga keluar sari-sari yang ada dalam pohon padi atau air berubah warna. Diamkan hingga dingin dan gunakan cairan hasil dari rebusan untuk mencuci rambut anda layaknya menggunakan shampoo. Untuk penggunaannya dapat digunakan setiap hari karena tidak mengandung zat kma berbahaya untuk kesehatan rambut anda.

Dalam merawat rambut dengan benar dan mendapatkan khasiat yang maksimal untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut anda, maka sebaiknya anda menggunakan cara dan perawatan yang maksimal jika perlu gunakan vitamin khusus rambut. Lebih utamanya anda dapat menggunakan bahan yang terbuat dengan bahan-bahan herbal karena bahan yang alami tidak menimbulkan efek yang tidak baik bagi rambut anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mengobati Jerawat

Cara Mengobati Jerawat

Pengobatan dari kondisi kerawat memang terkadang merupakan hal yang cukup sulit. Pengobatan dari jerawat sangat tergantung dari kondisi jerawat Anda, entah Anda memiliki kondisi jerawat ringan, sedang atau berat, obat yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi jerawat Anda.(Baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan cara mengobati jerawat) Jerawat Ringan Cara mengobati jerawat ringan (komedo hitam, komedo putih, jerawat) termasuk: Memberishkan kulit secara ringan menggunakan air hangat dan sabun yang lembut Menggunakan benzoyl peroxide Menggunakan salicylic acid Jerawat Sedang-Berat Terkadang untuk kondisi jerawat yang berat diperlukan kombinasi dari beberapa obat. Jerawat yang dalam sekali (bentuk papula atau kista) dapat menimbulkan bekas. Beberapa cara mengobati jerawat tipe ini adalah: Menggunakan benzoyl peroxide Drainase jerawat besar dan kista (jerawat nanah) oleh dokter. Menggunakan obat antibiotik krim atau gel Menggunakan retinoid Menggunakan azelaic acid Mengkonsumsi antibiotik Mengkonsumsi retinoid oral (minum) Bekas Jerawat Ada banyak cara yang dapat dilakukan s [...]

4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit

4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit

Kulit tercantik bukan ditentukan oleh warnanya, tapi dari kondisinya. Bayangkan saja jika wajah putih tapi kulitnya terlihat kusam atau berjerawat, tentu tidak menarik bukan? Kulit wajah yang sehat ditandai dengan kondisi kulit yang lembap, kenyal, dan cerah. Namun cerah disini bukan berarti putih, melainkan segar dan tidak terlihat kusam. Cara paling mudah untuk mengecek kesehatan kulit adalah dengan mencubitnya, jika terasa lentur dan bentuknya langsung kembali seperti semula, itu tandanya kulit cukup sehat. Karenanya gunakan selalu moisturizer atau pelembap yang cocok dengan kondisi kulit agar kelembapannya selalu terjaga. Sebelum memilih pelembap, sebaiknya pilih dulu mana yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda dan cermati kandungan yang dimiliki produk yang ada. Berikut ini adalah 4 panduan untuk dapat memilih pelembab lebih cermat: Panduan Memilih Pelembap Kulit 1. Pastikan Memiliki Sun P [...]

6 Rahasia Kulit Wajah Cantik Berseri

6 Rahasia Kulit Wajah Cantik Berseri

Memiliki kulit wajah cantik berseri tentunya menjadi dambaan setiap orang. Namun masih banyak yang salah kaprah memahami bagaimana kulit wajah cantik berseri sepantasnya didapat. Bukan dari tata rias, apalagi mengandalkan kosmetik. Namun justru membangun kecantikan kulit wajah dari dalam, yakni membangun kulit wajah yang sehat melalui pola hidup yang sehat dan cantik. Yuk simak tips-tips untuk memiliki kulit wajah sehat dan bersinar seperti model iklan: 1. Stop merokok Bahan beracun yang terkandung dalam rokok seperti nikotin, karbonmonoksida, amonia dan bahan berbahaya lainnya dapat berefek langsung terhadap berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, kerutan dan keriput, terhambatnya proses penyembuhan kulit dan tumbuhnya sel kulit baru, jerawat, bisul, bahkan kanker kulit. Berikut beberapa tips kulit cantik lainnya: Rahasia Cara Kulit Cantik & Sehat: 2. Gunakan selalu tabir surya Selain menye [...]

Sauna Lebih dari Sekadar Relaksasi

Sauna Lebih dari Sekadar Relaksasi

Sejak dulu sauna telah dilakukan oleh banyak orang, mulai dari bangsa Skandinavia hingga penduduk asli Amerika. Selain dipercaya dapat meredakan stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sauna juga dianggap mujarab untuk menunjang kesehatan kulit. Apa saja manfaat-manfaat sauna untuk kulit? Berikut rinciannya:Memperlancar aliran darahKetika Anda bersauna, sirkulasi darah dan produksi keringat meningkat secara dramatis. Lancarnya aliran darah ini membawa oksigen yang semakin banyak kepada kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih sehat dan segar.Memicu produksi kolagenKecantikan kulit tidak terlepas dari peran kolagen sebagai salah satu protein penting yang menyusun tubuh manusia. Dengan sauna, produksi kolagen akan semakin meningkat. Hal itu tentunya baik untuk mendorong terbuangnya kulit mati dan memicu peningkatan sel kulit baru yang sehat.Membuang racun dan kotoranUap panas yang dihasilkan sauna akan membuka pori-pori kulit, sehingga membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Efeknya, kulit akan terasa lebih bersih dan kencang. Namun demikian, ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui seputar sauna. Halaman berikut penjelasannya: [...]

Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Tahukah Anda, belakangan ini marak dibicarakan bagaimana jeruk nipis dapat menyembuhkan jerawat? Jeruk nipis disebut-sebut memiliki kandungan yang dapat membantu masalah jerawat. Yakni antibiotik alami.Benarkah Demikian?Sayangnya tidak mudah demikian. Untuk memahaminya, ada baiknya kita mengenal dahulu masalah jerawat lebih jauh.JerawatBagi sebagian orang, jerawat adalah masalah pada kulit wajah yang paling merepotkan. Perubahan yang tidak menyenangkan kerap menyertainya, yakni berupa bengkak, benjol-benjol, bernanah, dan menimbulkan rasa sakit.Jika jerawat tersebut digaruk atau dipencet akan menimbulkan bekas luka bewarna hitam yang sulit dihilangkan. Memberantasnya pun bukan termasuk perkara mudah.Penyebab pasti timbulnya jerawat belum diketahui, tetapi berbagai faktor diduga berperan sebagai penyebab timbulnya jerawat, antara lain dijelaskan di halaman berikut ini: Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Jerawat: [...]

Ritual Bangun Tidur yang Baik untuk Kulit

Ritual Bangun Tidur yang Baik untuk Kulit

Apa yang Anda lakukan ketika bangun tidur dapat mempengaruhi seluruh hari Anda. Kebiasaan-kebiasaan berikut tidak hanya bermanfaat untuk tubuh dan suasana hati, namun juga kecantikan kulit Anda. Berikut penjelasan lengkapnya:1. Minum air hangatMinum air hangat setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, membantu pembuangan racun, serta memberikan efek rileks pada tubuh.2. Bersihkan wajah dan tubuhSelama kita tidur, minyak dan bakteri menumpuk pada kulit sehingga kulit perlu dibersihkan. Membersihkan hanya dengan air tidaklah cukup untuk menyingkirkan kelebihan minyak pada kulit. Sebaiknya pilihlah pembersih yang lembut, larut dalam air, dan sesuai jenis kulit Anda, baik itu untuk pembersih wajah maupun sabun mandi untuk seluruh tubuh. Untuk kulit wajah kombinasi dan berminyak, basuh wajah dengan air hangat, kemudian tepuk-tepuk ringan kulit wajah setelah dibersihkan. Untuk kulit kering, hindari pembersih yang mengandung alkohol atau pewangi karena dapat membuat kulit semakin kering. Hindari penggunaan air yang terlalu hangat. Untuk kulit berminyak, gunakan pembersih yang bersifat oil-free, kemudian basuh dengan air hangat. Setelah itu Anda dapat menggunakan [...]

6 Kebiasaan yang Membuat Jerawat Semakin Gawat

6 Kebiasaan yang Membuat Jerawat Semakin Gawat

Bagi remaja, jerawat adalah masalah yang sulit untuk dihindari. Sekitar 6 dari 10 remaja di Indonesia mengaku mengalami 10 masalah kulit seperti kulit kering atau jerawat. Nah, masalahnya lagi adalah tanpa disadari justru kebiasaan buruk mereka yang justru memicu jerawat di wajah. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang akan mengakibatkan jerawat datang dan datang lagi: Handphone yang KotorWajah Anda memproduksi minyak dan keringat yang menempel di handphone ketika Anda menelepon. Nah, bayangkan sisa minyak, keringat, atau kotoran itu menempel di wajah Anda. Akibatnya wajah jadi penuh bakteri pemicu jerawat. Terlalu Banyak Menggunakan Produk RambutDalam beberapa acara, Anda pasti menggunakan hair spray atau pomade untuk menata rambut. Usahakan jangan menggunakannya secara berlebihan. Beberapa produk rambut dapat memicu tumbuhnya jerawat, khususnya di area kening. Terlalu Sering Membersihkan WajahSalah satu mitos tentang jerawat adalah jerawat muncul karena wajah yang kotor, makanya harus sering dibersihkan. Tapi menurut penelitian, membersihkan wajah terlalu sering dapat mengikis minyak di wajah. Hal ini justru memicu wajah memproduksi minyak secar [...]

Langkah-Langkah untuk Memulihkan Kulit Kusam

Langkah-Langkah untuk Memulihkan Kulit Kusam

Kulit yang tampak kusam adalah kulit yang kehilangan kilau aslinya, terlihat tidak segar, dan menggelap. Pada kulit yang kusam akan tampak bekas jerawat, pori-pori yang tidak rata, produksi minyak berlebih, atau keriput pada kulit.Penyebab kulit kusam bermacam-macam, seperti proses penuaan, kurang tidur, kelelahan tubuh, maupun faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari dan cuaca.Untuk menjaga agar kulit tetap berkilau dan terlihat segar, banyak cara sederhana yang dapat Anda lakukan saat ini, antara lain:Langkah pertama, mulailah membiasakan pola hidup sehat seperti: Konsumsi makanan bernutrisi Batasi konsumsi makanan cepat saji, makanan berminyak, minuman beralkohol, dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran agar kulit dapat ternutrisi dengan baik. Cukupi kebutuhan cairan Kulit yang mengalami dehidrasi tampak lebih kusam dan kering. Minum setidaknya 2 L/hari (sesuaikan dengan aktivitas Anda) agar sel-sel kulit tetap terjaga kelembabannya. Olahraga Olahraga memperbaiki sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh, serta membantu mengeluarkan zat toksin dari tubuh sehingga kulit tampak lebih segar. Hindari rokok, alkohol, dan polusi udara Ketiga hal ini dapat memicu penumpukan [...]

Cara Pudarkan Flek Hitam Tanpa Krim Wajah

Cara Pudarkan Flek Hitam Tanpa Krim Wajah

Kulit adalah penghalang alami antara lingkungan internal dan eksternal tubuh, sehingga perannya amat penting dalam fungsi biologis yakni sebagai pelindung terhadap mikroorganisme, kerusakan mekanik dan kimiawi, serta kerusakan akibat sinar ultraviolet. Agar fungsi perlindungan tersebut senantiasa kuat, maka nutrisi untuk kulit perlu diperhatikan.Tanda kerusakan pada kulit yang sudah telanjur muncul seperti jerawat atau flek juga dapat diperbaiki melalui konsumsi nutrisi yang tepat, agar metabolisme sel kulit dapat membaik dan perbaikan sel dapat berlangsung optimal.Selain dari pengaruh eksternal, kerusakan kulit berupa flek atau hiperpigmentasi juga dapat diasosiasikan dengan beberapa kondisi medis yang berlangsung di dalam tubuh seperti kekurangan vitamin A, vitamin C, atau vitamin B12. Hal ini dapat terjadi akibat konsumsi makanan yang buruk, penyakit kronis, dan kondisi pascaoperasi.Berikut adalah beberapa jenis makanan yang mengandung zat-zat penting untuk mengatasi masalah kulit tersebut, selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

10 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

10 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

Jika jerawat sudah muncul, serasa mood akan rusak selamanya. Dampaknya tidak hanya kepada kepercayaan diri, tapi juga dapat berpengaruh pada kelancaran kehidupan sosial. Bagi Anda yang khawatir dengan munculnya jerawat, berikut ini ada 10 tips dari medis sebagai cara mengobati jerawat di kemudian waktu: Usahakan Wajah Selalu Bersih Entah Anda memliki kondisi jerawat atau tidak sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan wajah Anda. Bersihkan wajah Anda 2 kali dalam sehari untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati, kotoran, dan minyak di permukaan kulit. Disarankan mencuci muka dua kali dalam sehari. Gunakan air hangat bukan panas dan pembersih wajah. Gunakan sabun yang lembut oleh karena sabun keras dapat membuat radang dan memperberat jerawat. Hindari mengusap wajah terlalu keras, bersihkan wajah secara lembut dan perlahan. (Baca: cara mengobati jerawat)t Cara-cara Mudah Mengatasi Jerawat: Beberapa kiatnya adalah sebagai berikut: Pelembab Beb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *