Tips Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Secara Alami

rambut sehat alami tradisional

Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia terutama untuk menunjang penampilan pada kaum wanita. Hal ini sangat menjadi hal yang sangat penting karena hal ini dapat dijadikan alasan kurang maksimal dalam menjaga penampilan. Namun dalam sisi lain, kesehatan rambut juga harus diperhatikan karena adanya beberapa hal yang dapat menganggu kenyamanan seseorang terkait dengan efek yang ditimbulkan akibat dari kurang sehatnya rambut dan kulit kepala seperti terjadinya rambut rontok, rambut kusam, rambut memerah sehingga sulit tumbuh panjang, menimbulkan rasa gatal, menimbulkan ketombe, beruban dengan cepat, rambut bercabang dan juga dapat menimbulkan tumbuhnya kutu rambut. Hal tersebut tentunya tidak hanya mengurangi penampilan anda, namun juga sangat menggangu kenyamanan anda akibat rasa gatal sangat tidak dapat tidak tertahankan. Oleh karena itu menjaga dan dan merawat kesehatan dan keindahan rambut sangat perlu untuk dilakukan oleh siapa saja.

Menjaga dan merawat kesehatan dan keindahan rambut dapat dilakukan dengan banyak cara seperti mencuci minimal 2 hari sekali dengan menggunakan shampoo, merawat rambut dengan membawa ke salon dengan menggunakan beberapa treatmen peralatan khusus dan juga ada yang menggunakan perawatan tradisional herbal untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu perlu diketahui beberapa tips untuk merawat rambut anda dengan memperhitungkan beberapa aspek yang ada dalam diri anda sehingga akan sesuai dengan kondisi rambut anda.

Tips Merawat Rambut :

Cara Normal :
Secara normal merawat rambut dapat dilakukan dengan cara mencuci dengan menggunakan shampoo sebanyak 2 hari sekali. Namun jika dalam membersihkannya tidak menggunakan shampoo, maka kotoran yang ada pada rambut tidak dapat hilang dengan maksimal sehingga akan melekat kuat pada bagian rambut sehingga dapat menimbulkan kerusakan rambut dan kulit rambut. Dalam perawatan ini dapat dilakukan sendiri pada saat mandi rutin. Untuk hasil yang lebih baik gunakan conditioner yang banyak tersedia dipasaran dan tambahkan vitamin rambut untuk hasil yang maksimal.

Cara Alami:
Perawatan rambut dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan perawatan rambut. Hal ini disarankan karena bahan yang digunakan adalah bahan alami dengan jangkauan harga yang relatif murah dan sedikit kemungkinan menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Beberapa bahan yang dapat digunakna untuk perawatan tradisional seperti :

1. Lidah Buaya
Lidah buaya dapat anda gunakan sebagai bahan perawatan rambut anda karena lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung nutrisi penting seperti protein, asam amino, Vitamin A, Vitamin C, dan E yang dapat meniturisi rambut dan kulit kepala ada. Vitamin C dan E dapat memberikan efek baik bagi kesehatan kulit kepada dan rambut anda dengan kasiat mengurangi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga mengurangi efek menipisnya volume rambut dan mengurangi terjadinya kebotakan akibat tidak adanya rambut baru yang tumbuh . Kandungan protein dan zat lain yang ada pada lidah buaya juga dapat membuat rambut anda menjadi tampak lebih berkilau.
Cara penggunaannya cukup mudah dengan cara mengambil sari atau bagian dalam lidah buaya dan menghaluskannya, usapkan kandungan lidah buaya sambil pijat bagian kulit kepala dan bagian rambut anda setelah anda keramas. Usapkan saat rambut sudah sedikit kering. Lakukan secara rutin maka kasiatnya akan segera terasa. Dalam pemakaian ini juga menimbulkan rasa dingin yang menyegarkan.

2. Daun Orang Aring
Daun orang aring adalah salah satu daun yang mengandung kasiat yang baik untuk kesehatan rambut anda terutama untuk kehitaman rambut. Dengan menggunakan daun orang-aring sebagai nutrisi kehitaman rambut anda, anda tidak memerlukan biaya yang sangat besar untuk menggunakan orang-aring ini sebagai nutrisi rambut. Dengan cara yang sederhana dan dengan gampangnya mendapatkan orang-aring, oleh sebab itu sangat disarankan menggunakan orang-aring sebagai nutrisi menghitamkan rambut anda. Bukan karena kandungan zat pewarna dalam orang-aring yang dapat menambah kehitaman rambut anda, namun kadungan orang-aring yang dapat menutrisi rambut anda menjadi hitam dan indah.

Cara menggunakannya sangat sederhana yaitu dengan mengumpukan beberapa tangakai daun orang-aring, biasanya tumbuhan ini banyak muncul didaerah perkebunan, peesawahan dan semak-semak. Bersihakn terlebih dahulu daun yang telah disiapkan dengan menggunakan air bersih biasa. Siapkan air hangat secukupnya, remas-remas daun orang-aring sampai hancur can tambahkan air hangat sedikit saja kedalam lumatan daun orang-aring. Anda dapat menggunakan langsung dengan mengusap dan sambil dipijat pada bagian kepala. Anda dapat menggunakannya saat setelah keramas dan rambut dalam kondiri setengah kering. Gunakan secara teratur agar hasilnya dapat maksimal.

3. Pohon Padi (Merang)
Untuk jenis yang satu ini memang sangat jarang didengar. Shampoo merang merupakan jenis shampoo herbal yang terbuat dari pohon padi. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang pada masa dahulu karena kandungan pohon padi (merang) dikenal dapat menyuburkan rambut dan dapat menjaga kesehatan rambut karena ekstrak merang dapat dijadikan sebagai penggant shampoo kemasan, karena ekstrak dari pohon padi ini dapat digunakan sebagai pembersih rambut. Kasiat dari ekstrak pohon merang dapat menghitamkan rambut, mejaga kebersian rambut sehingga dapat menghindarkan dari ketombe, rambut rontok dan gatal-gatal.

Cara pembuatan shampoo yaitu dengan cara siapkan beberapa batang pohon padi kemudian rebus hingga keluar sari-sari yang ada dalam pohon padi atau air berubah warna. Diamkan hingga dingin dan gunakan cairan hasil dari rebusan untuk mencuci rambut anda layaknya menggunakan shampoo. Untuk penggunaannya dapat digunakan setiap hari karena tidak mengandung zat kma berbahaya untuk kesehatan rambut anda.

Dalam merawat rambut dengan benar dan mendapatkan khasiat yang maksimal untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut anda, maka sebaiknya anda menggunakan cara dan perawatan yang maksimal jika perlu gunakan vitamin khusus rambut. Lebih utamanya anda dapat menggunakan bahan yang terbuat dengan bahan-bahan herbal karena bahan yang alami tidak menimbulkan efek yang tidak baik bagi rambut anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hindari Ini Kalau Tidak Ingin Cepat Keriput

Hindari Ini Kalau Tidak Ingin Cepat Keriput

Demi memiliki kulit yang sehat, sebagian orang sering kali menghabiskan banyak uang untuk membeli produk kecantikan dan perawatan kulit. Padahal yang tak kalah penting adalah apa yang masuk ke dalam tubuh. Asupan makanan yang sehat merupakan kunci dari perawatan kulit.Maka dari itu, hindarilah mengonsumsi 5 hal berikut dalam jumlah tinggi karena dapat mengurangi keindahan kulit, memicu timbulnya garis keriput, dan membuat Anda tampak lebih tua:1. Karbohidrat dan GulaPada prinsipnya, apa pun yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah juga akan memicu proses peradangan pada tingkat seluler, yang menjadi cikal bakal penyakit seperti kanker, penyakit jantung, hingga kerusakan kulit. Ketika kadar gula naik secara cepat dan terus-menerus, gula tersebut akan menempel dengan protein jaringan seperti kolagen pada kulit, dan terjadilah proses glycation. Akibatnya, jaringan kolagen yang sehat akan kehilangan elastisitasnya, menjadi kaku, rapuh, dan mudah rusak. Kulit juga akan tampak keriput dan kendur.Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat seperti nasi putih, mi, tepung, pasta, biskuit; serta asupan tinggi gula seperti permen, cokelat, dan makanan manis lai [...]

Bahaya Polusi Terhadap Kulit

Bahaya Polusi Terhadap Kulit

Kulit merupakan organ terbesar manusia. Luas organ kulit pada orang dewasa dapat mencapai 2 meter persegi dengan berat mencapai 3,6 kilogram. Dengan ukurannya yang besar dan melindungi seluruh tubuh, fungsi kulit kita adalah sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrim, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh sinar matahari dan polusi udara. Hal tersebut dikemukakan dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa universitas terkemuka dan Environmental Protection Agency di Amerika Serikat. Polusi Udara Merusak Kulit Polusi udara yang semakin lama semakin merusak bumi juga dapat secara langsung merusak kulit manusia. Polusi yang berat dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon bumi sehingga dapat menyebabkan peningkatan radiasi sinar ultraviolet, terutama sinar ultraviolet B yang dapat menyebabkan kanker kulit. Setiap terjadi kerusakan ozon 1%, dapat menyebabkan peningkatan radiasi ultraviolet B sebanyak 2% dan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit sebanyak 2%. Selain itu, kulit juga dapat menyerap berbagai bahan polusi di udara. Bahan kimia yang melewati ku [...]

Efek dari Mewarnai Rambut

Efek dari Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut mungkin pernah atau sering Anda lakukan secara rutin. Mengecat rambut dengan warna coklat atau mewarnai rambut yang beruban memang dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih menawan. Pewarnaan rambut tersebut dapat bersifat permanen, semi permanen ataupun sementara. Namun tahukah Anda apa saja yang sebetulnya terjadi saat Anda mewarnai rambut? Klik ?next? untuk selanjutnya. Efek dari Mewarnai Rambut Mewarnai rambut mungkin pernah atau sering Anda lakukan secara rutin. Mengecat rambut dengan warna coklat atau mewarnai rambut yang beruban memang dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih menawan. Pewarnaan rambut tersebut dapat bersifat permanen, semi permanen ataupun sementara. Namun tahukah Anda apa saja yang sebetulnya terjadi saat Anda mewarnai rambut? Klik ?next? untuk selanjutnya. [...]

Manfaat Karbon Aktif Bagi Wajah

Manfaat Karbon Aktif Bagi Wajah

Pernahkan Anda bercermin dan berpikir, ?Oh, kenapa kulit jadi tambah kusam??, padahal sudah rajin membasuh wajah dengan air bersih? Salahkan pada polusi udara yang semakin tak terkendali. (Baca: Bahaya Polusi Terhadap Kulit) Tanpa disadari, setiap hari wajah kita terpapar debu, asap knalpot, dan radikal bebas yang didapat dari lingkungan. Hanya dengan membasuhnya dengan sabun cuci muka biasa tidak cukup. Anda perlu produk perawatan yang mengandung bahan karbon aktif. Tapi apa sih karbon aktif? Karbon aktif berasal dari zat karbon yang merupakan bahan kering didapat dari pemanasan zat organik. Lalu diproses menjadi zat karbon yang aktif sehinggal memiliki fungsi menyerap kotoran. Apa saja fungsi dari karbon aktif? Menyerap minyak dan kotoran yang menutup pori-pori. Dapat menghilangkan jerawat dan flek hitam. Mempertahankan kelembaban kulit wajah. Detoksifikasi. Nah keempat fungsi tadi amatlah berguna untuk merawat wajah tetap cantik berseri. Jadi pastikan Anda membersihkan wajah dengan karbon aktif dan biarkan khasiatnya bekerja. (HM/AN) Baca juga:Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan di WajahBahaya Polusi Terhadap Kulitdr.Alvin Nursalim Anggot [...]

Fungsi dari Kolagen

Fungsi dari Kolagen

Setiap harinya kita sering mendengar kata kolagen, namun sebenarnya apakah kolagen itu?Nama ?collagen? berasal dari bahasa Yunani yaitu ?kola? yang berarti gula dan ?gen? yang berarti produksi.Kolagen merupakan suatu protein penting yang dapat ditemukan di seluruh tubuh kita.Kolagen dapat ditemukan di kulit, tulang, hingga ke organ dalam tubuh sampai ke pembuluh darah.Terdapat 28 jenis kolagen di dalam tubuh, namun jenis kolagen tipe I hingga V merupakan jenis yang paling sering ditemukan.Tentu, kita sering mendengar fungsi kolagen terhadap kulit namun ternyata selain di kulit, kolagen juga berfungsi untuk organ atau jaringan lain yang penting di tubuh.Kolagen memiliki bermacam-macam fungsi. Apa saja itu?Silakan klik next untuk melanjutkan. Fungsi dari Kolagen Fungsi kolagen ada bermacam-macam, contohnya adalah : Tulang Kolagen memiliki fungsi penting untuk tulang. Struktur tulang terdiri dari berb [...]

Aroma Seperti Apa yang Dapat Menarik Perhatian Pria?

Aroma Seperti Apa yang Dapat Menarik Perhatian Pria?

Setiap manusia tanpa disadari memiliki aroma alami tubuh. Parfum, memberikan keharuman ekstra tubuh serta dapat meningkatkan kepercayaan diri, terutama pada wanita. Lalu bagaimana dengan kaum pria, aroma apakah yang dapat menarik perhatian mereka?Dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh Psychological Science, peneliti meminta empat orang perempuan yang memiliki siklus menstruasi berbeda, untuk mengenakan baju yang sama selama tiga malam berturut-turut saat tidur. Mereka tidak diperkenankan memakai parfum. Jika mereka mandi, mereka harus menggunakan produk yang tidak mengandung parfum. Kemudian mereka dilarang menyantap makanan dengan bau menyengat seperti bawang putih, cuka, serta menghindari rokok, alkohol, dan obat-obatan. Mereka pun tidak diperkenankan berhubungan seks atau berbagi tempat tidur selama penelitian.Lalu bagaimanakah hasil penelitian tersebut? Berikut lanjutannya: Aroma Seperti Apa yang Dapat Menarik [...]

Masker Gandum untuk Kulit Lebih Berseri

Masker Gandum untuk Kulit Lebih Berseri

Gandum telah lama diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, gandum dapat membantu menurunkan kolesterol sekaligus diyakini dapat mencegah dan menurunkan risiko kanker.Gandum juga diyakini lebih bermanfaat bila digunakan secara topical (oles permukaan kulit), karena itulah banyak orang memanfaatkannya sebagai masker wajah.Lalu, apa saja manfaat gandum bagi kesehatan kulit? Berikut penjelasannya:Gandum mengandung asam aminoGandum mengandung 18 asam amino yang berbeda, yang semuanya penting untuk kesehatan kulit. Asam amino berfungsi sebagai pembentuk sel-sel bangunan untuk tubuh, dan mampu mempercepat penyembuhan. Jika Anda ingin mengobati noda dan memperbaiki kerusakan kulit, masker gandum adalah bahan alami yang tepat. Halaman berikut manfaat masker gandum selanjutnya: Manfaat Masker Gandum Lainnya: Gandum tidak menimbulkan alergiBagi Anda yang memiliki kuli [...]

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

Adakah sebagian dari Anda yang mengalami pengelupasan kulit jari dengan sendirinya? Pengelupasan kulit jari tangan ini sudah lumrah dan umum dialami oleh sebagian besar orang. Pada area ujung sekitar jari memang merupakan area yang sensitif, jika tidak dirawat dengan baik, maka kulit jari tangan mengelupas pada Anda. Penyebab kulit jari tangan mengelupas ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: 1. Eksim 2. Sunburn atau paparan sinar matahari yang begitu intens 3. Psoriasis merupakan kelainan kulit yang menyebabkan pengganti atau pembaharuan pada kulit. 4. Suhu rendah atau dingin yang begitu ekstrem yang menyebabkan pengerutan pada kulit serta pengelupasan 5. Penggunaan bahan kimia 6. Pencucian tangan yang terkalu sering 7. Alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain lain. Gejala kulit jari tangan mengelupas umumnya di derita oleh sebagian besar orang. Namun bagi beberapa orang yang menderita gangguan kulit, misalnya eksim dan psoriasis akan mengalami pengelupasan secara terus menerus, sehingga menyebabkan kondisi kulit lebih sensitif. Selanjutnya ketika mencuci dengan menggunakan sabun yang keras atau obat salep akan menyebabkan kulit sekitar ujung jari menjadi [...]

Penuaan Dini & Penyebabnya

Penuaan Dini & Penyebabnya

Oleh: dr. Jessica Florencia Penuaan dini merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri. Terjadinya secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini paling mudah terlihat dari kondisi kulit. Secara alami, kulit akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia, hal ini dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh kita. Namun, proses penuaan biasanya terjadi dengan ?anggun? dan perlahan. Kulit yang menua secara alami akan tetap halus dan tanpa pigmentasi dengan penegasan garis ekspresi wajah pada beberapa tempat. Faktor dari dalam tubuhFaktor dari dalam tubuh merupakan faktor yang tidak dapat dihindari karena berkaitan dengan pengaruh genetik dan hormon. Dengan bertambahnya usia maka kondisi tubuh, termasuk kulit akan mengalami penurunan. Berkurangnya hormon estrogen & kolagenHormon estrogen telah diteliti berperan dalam pembentukan kolagen kulit. Menurunnya produksi hormon estrogen seiring pertambahan usia menyebabkan turunnya produksi kolagen. Hal ini berkontribusi terhadap terjadinya kulit yang lebih tipis dan kering, munculnya keriput atau penegasan garis ekspresi wajah yang dan berkurangnya kek [...]

Pentingnya Merawat Kulit Wajah Pada Malam Hari

Pentingnya Merawat Kulit Wajah Pada Malam Hari

Malam hari merupakan waktu yang tepat bagi kulit wajah untuk melakukan regenerasi di mana sel-sel kulit yang baru akan tumbuh lebih cepat. Karena itu, penting sekali untuk memperbaiki kerusakan karena polusi, matahari dan stres pada waktu tersebut. Berikut adalah lima perawatan yang perlu Anda lakukan pada malam hari:Mencuci muka Mencuci muka adalah hal yang paling vital bagi kulit. Untuk kulit yang sensitif, hendaknya menggunakan produk yang bebas pengharum dan hipoalergenik.Gunakan wasker wajahMasker wajah membantu produk wajah yang Anda gunakan lebih bekerja secara maksimal.Oleskan retinoidSetelah mencuci dan membersihkan wajah, keringkan dan oleskan sedikit retinoid untuk membuat kulit wajah lebih halus.Aplikasikan pelembapPenggunakan pelembap pada malam hari akan membuat kulit lebih kenyal. untuk pelembap malam, pilih yang mengandung antioksidan, peptides, vitamin C dan A.Jangan lupakan krim mataKrim mata akan melindungi dan menghidrasi kulit sekitar mata. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *