Tips Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Secara Alami

rambut sehat alami tradisional

Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia terutama untuk menunjang penampilan pada kaum wanita. Hal ini sangat menjadi hal yang sangat penting karena hal ini dapat dijadikan alasan kurang maksimal dalam menjaga penampilan. Namun dalam sisi lain, kesehatan rambut juga harus diperhatikan karena adanya beberapa hal yang dapat menganggu kenyamanan seseorang terkait dengan efek yang ditimbulkan akibat dari kurang sehatnya rambut dan kulit kepala seperti terjadinya rambut rontok, rambut kusam, rambut memerah sehingga sulit tumbuh panjang, menimbulkan rasa gatal, menimbulkan ketombe, beruban dengan cepat, rambut bercabang dan juga dapat menimbulkan tumbuhnya kutu rambut. Hal tersebut tentunya tidak hanya mengurangi penampilan anda, namun juga sangat menggangu kenyamanan anda akibat rasa gatal sangat tidak dapat tidak tertahankan. Oleh karena itu menjaga dan dan merawat kesehatan dan keindahan rambut sangat perlu untuk dilakukan oleh siapa saja.

Menjaga dan merawat kesehatan dan keindahan rambut dapat dilakukan dengan banyak cara seperti mencuci minimal 2 hari sekali dengan menggunakan shampoo, merawat rambut dengan membawa ke salon dengan menggunakan beberapa treatmen peralatan khusus dan juga ada yang menggunakan perawatan tradisional herbal untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut. Oleh karena itu perlu diketahui beberapa tips untuk merawat rambut anda dengan memperhitungkan beberapa aspek yang ada dalam diri anda sehingga akan sesuai dengan kondisi rambut anda.

Tips Merawat Rambut :

Cara Normal :
Secara normal merawat rambut dapat dilakukan dengan cara mencuci dengan menggunakan shampoo sebanyak 2 hari sekali. Namun jika dalam membersihkannya tidak menggunakan shampoo, maka kotoran yang ada pada rambut tidak dapat hilang dengan maksimal sehingga akan melekat kuat pada bagian rambut sehingga dapat menimbulkan kerusakan rambut dan kulit rambut. Dalam perawatan ini dapat dilakukan sendiri pada saat mandi rutin. Untuk hasil yang lebih baik gunakan conditioner yang banyak tersedia dipasaran dan tambahkan vitamin rambut untuk hasil yang maksimal.

Cara Alami:
Perawatan rambut dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan perawatan rambut. Hal ini disarankan karena bahan yang digunakan adalah bahan alami dengan jangkauan harga yang relatif murah dan sedikit kemungkinan menimbulkan efek yang tidak diinginkan. Beberapa bahan yang dapat digunakna untuk perawatan tradisional seperti :

1. Lidah Buaya
Lidah buaya dapat anda gunakan sebagai bahan perawatan rambut anda karena lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung nutrisi penting seperti protein, asam amino, Vitamin A, Vitamin C, dan E yang dapat meniturisi rambut dan kulit kepala ada. Vitamin C dan E dapat memberikan efek baik bagi kesehatan kulit kepada dan rambut anda dengan kasiat mengurangi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut sehingga mengurangi efek menipisnya volume rambut dan mengurangi terjadinya kebotakan akibat tidak adanya rambut baru yang tumbuh . Kandungan protein dan zat lain yang ada pada lidah buaya juga dapat membuat rambut anda menjadi tampak lebih berkilau.
Cara penggunaannya cukup mudah dengan cara mengambil sari atau bagian dalam lidah buaya dan menghaluskannya, usapkan kandungan lidah buaya sambil pijat bagian kulit kepala dan bagian rambut anda setelah anda keramas. Usapkan saat rambut sudah sedikit kering. Lakukan secara rutin maka kasiatnya akan segera terasa. Dalam pemakaian ini juga menimbulkan rasa dingin yang menyegarkan.

2. Daun Orang Aring
Daun orang aring adalah salah satu daun yang mengandung kasiat yang baik untuk kesehatan rambut anda terutama untuk kehitaman rambut. Dengan menggunakan daun orang-aring sebagai nutrisi kehitaman rambut anda, anda tidak memerlukan biaya yang sangat besar untuk menggunakan orang-aring ini sebagai nutrisi rambut. Dengan cara yang sederhana dan dengan gampangnya mendapatkan orang-aring, oleh sebab itu sangat disarankan menggunakan orang-aring sebagai nutrisi menghitamkan rambut anda. Bukan karena kandungan zat pewarna dalam orang-aring yang dapat menambah kehitaman rambut anda, namun kadungan orang-aring yang dapat menutrisi rambut anda menjadi hitam dan indah.

Cara menggunakannya sangat sederhana yaitu dengan mengumpukan beberapa tangakai daun orang-aring, biasanya tumbuhan ini banyak muncul didaerah perkebunan, peesawahan dan semak-semak. Bersihakn terlebih dahulu daun yang telah disiapkan dengan menggunakan air bersih biasa. Siapkan air hangat secukupnya, remas-remas daun orang-aring sampai hancur can tambahkan air hangat sedikit saja kedalam lumatan daun orang-aring. Anda dapat menggunakan langsung dengan mengusap dan sambil dipijat pada bagian kepala. Anda dapat menggunakannya saat setelah keramas dan rambut dalam kondiri setengah kering. Gunakan secara teratur agar hasilnya dapat maksimal.

3. Pohon Padi (Merang)
Untuk jenis yang satu ini memang sangat jarang didengar. Shampoo merang merupakan jenis shampoo herbal yang terbuat dari pohon padi. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang pada masa dahulu karena kandungan pohon padi (merang) dikenal dapat menyuburkan rambut dan dapat menjaga kesehatan rambut karena ekstrak merang dapat dijadikan sebagai penggant shampoo kemasan, karena ekstrak dari pohon padi ini dapat digunakan sebagai pembersih rambut. Kasiat dari ekstrak pohon merang dapat menghitamkan rambut, mejaga kebersian rambut sehingga dapat menghindarkan dari ketombe, rambut rontok dan gatal-gatal.

Cara pembuatan shampoo yaitu dengan cara siapkan beberapa batang pohon padi kemudian rebus hingga keluar sari-sari yang ada dalam pohon padi atau air berubah warna. Diamkan hingga dingin dan gunakan cairan hasil dari rebusan untuk mencuci rambut anda layaknya menggunakan shampoo. Untuk penggunaannya dapat digunakan setiap hari karena tidak mengandung zat kma berbahaya untuk kesehatan rambut anda.

Dalam merawat rambut dengan benar dan mendapatkan khasiat yang maksimal untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut anda, maka sebaiknya anda menggunakan cara dan perawatan yang maksimal jika perlu gunakan vitamin khusus rambut. Lebih utamanya anda dapat menggunakan bahan yang terbuat dengan bahan-bahan herbal karena bahan yang alami tidak menimbulkan efek yang tidak baik bagi rambut anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hati-Hati, Stres Bisa Merusak Kulit!

Hati-Hati, Stres Bisa Merusak Kulit!

Stres bukanlah permasalahan yang bisa disepelekan. Karena sekali ia menghampiri, maka semua aspek tubuh pun akan ikut berpengaruh, tak terkecuali kulit Anda. Pernahkah Anda berkaca dan menyadari kalau kulit tak bercahaya seperti biasanya? Atau, ditemukan kerusakan kulit yang sebelumnya tidak pernah ada dan makin membuat rona wajah tak cerah? Sebelum menyalahkan skin care yang Anda gunakan atau polusi udara, coba teliti dulu bagaimana gaya hidup Anda belakangan ini. Jika stres menghampiri dan tidak segera diatasi, inilah yang menjadi jawaban kenapa kulit Anda berubah. Betul, stres memang patut dihindari. Selain merusak kesehatan karena mempengaruhi keseluruhan sistem kerja organ tubuh, juga terlihat pada penampilan. Ketika seseorang stres, maka tubuh akan memproduksi kortisol untuk menekan tingkat stres dan mengisyaratkan pada kelenjar sebasea untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Inilah yang akhirnya menyebabkan datangnya jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya ketika seseorang dihimpit stres. Layaknya sebuah siklus, masalah kulit yang ditimbulkan akibat stres pun membuat masalah baru, yaitu hilangnya rasa percaya diri dan menimbulkan stres baru lain, yang akhirnya malah mempe [...]

Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Tahukah Anda, belakangan ini marak dibicarakan bagaimana jeruk nipis dapat menyembuhkan jerawat? Jeruk nipis disebut-sebut memiliki kandungan yang dapat membantu masalah jerawat. Yakni antibiotik alami.Benarkah Demikian?Sayangnya tidak mudah demikian. Untuk memahaminya, ada baiknya kita mengenal dahulu masalah jerawat lebih jauh.JerawatBagi sebagian orang, jerawat adalah masalah pada kulit wajah yang paling merepotkan. Perubahan yang tidak menyenangkan kerap menyertainya, yakni berupa bengkak, benjol-benjol, bernanah, dan menimbulkan rasa sakit.Jika jerawat tersebut digaruk atau dipencet akan menimbulkan bekas luka bewarna hitam yang sulit dihilangkan. Memberantasnya pun bukan termasuk perkara mudah.Penyebab pasti timbulnya jerawat belum diketahui, tetapi berbagai faktor diduga berperan sebagai penyebab timbulnya jerawat, antara lain dijelaskan di halaman berikut ini: Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Jerawat: [...]

All About Suntik Kolagen

All About Suntik Kolagen

Oleh: dr. Indiradewi Hestiningsih Suntik kolagen sering digunakan untuk mempercantik kulit wajah dengan menghilangkan garis tertawa, kerut, kulit yang pecah?pecah pada tumit, membuat bibir dan pipi terlihat penuh. Sebenarnya suntik kolagen ini, cepat dan aman bila dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik dan harus dibicarakan dengan Anda sebelumnya. Kolagen adalah protin yang terdapat pada tulang, tulang rawan, kulit dan tendon. Kolagen pada kulit berguna untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Makin lama kolagen akan makin berkurang sehingga kuli akan timbul kerut dan kantong mata. Untuk melawan proses penuaan, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mempertahankan kulit tetap seperti semula. - Terapi ini tepat untuk orang yang berusia antara 35 sampai dengan usia 60 tahun, - Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis tertawa. Dapat juga untuk membuat daerah terlihat penuh seperti bibir, dahi, pipi dan sekitar mulut. - Waktu yang dibutuhkan untuk penyuntikan sekitar 30 ? 60 menit dan pasien dapat kembali ke rumah tidak perlu rawat inap. Kolagen ada 2 macam: bovine dan filler dengan berbahan dasar human/manusia. Karena banyak pasien yang alergi terhadap ko [...]

Hal-Hal yang Penting Diketahui Soal Proses Penuaan Dini

Hal-Hal yang Penting Diketahui Soal Proses Penuaan Dini

Kulit yang halus dan lembut seperti kulit bayi menjadi idaman banyak orang. Baik pada anak maupun dewasa, kulit memiliki fungsi yang sama yakni sebagai pelindung, reseptor cahaya, regulasi suhu, bagian dari imunitas tubuh, sintesis hormon, mencegah hilangnya kadar air tubuh, dan persepsi sensoris.Kulit manusia terdiri atas serat protein kolagen dan elastin yang berlapis-lapis, yang memiliki peran dalam menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Ketika kulit diregangkan, kerangka protein ini akan mengembalikan bentuk kulit seperti semula.Pada bayi yang baru lahir, kulitnya memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu menyerap lebih banyak air dan mengeluarkan air lebih cepat dibandingkan kulit dewasa. Lapisan kulit anak kecil juga lebih tipis dibandingkan dengan dewasa. Sel-sel tubuh termasuk kulit anak membelah dan beregenerasi dalam kecepatan yang lebih tinggi dari dewasa untuk membantu proses pertumbuhan mereka.Namun di balik kelembutan dan kehalusan kulit bayi, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kulit bayi lebih rentan mengalami masalah seperti iritasi, infeksi, dan masuknya racun ke tubuh melalui kulit.Beda halnya ketika kulit memasuki masa pubertas pada manusia. Halaman [...]

Menghilangkan Bekas Hitam Bekas Jerawat

Menghilangkan Bekas Hitam Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat - Setelah kita berjerawat terkadang timbul bekas hitam di wajah yang dalam dunia medis disebut sebagai post Inflammatory hyperpigmentation (PIH). PIH ini biasanya timbul setelah ada peradangan pada jerawat. Biasanya PIH ini berbentuk makula (kelainan kulit berupa lesi datar dimana terjadi perubahan warna). Semakin berat peradangan jerawat maka semakin berat lesi kulit ini. Memecahkan jerawat atau memegang jerawat dapat memperberat keadaan PIH ini. Cara penanganannya pun berbeda dengan bekas jerawat yang meninggalkan luka (scar / bopeng). Cara Penanganan Bekas Hitam Jerawat Menangani Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH). PIH bukan merupakan bekas yang dikenal sebagai scar (bopeng), keadaan ini dapat hilang dengan berjalannya waktu walaupun tanpa pengobatan. Agar bekas ini hilang terkadang dibutuhkan waktu hingga 24 minggu. Hilangnya bekas ini sangat tergantung da [...]

Efek dari Mewarnai Rambut

Efek dari Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut mungkin pernah atau sering Anda lakukan secara rutin. Mengecat rambut dengan warna coklat atau mewarnai rambut yang beruban memang dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih menawan. Pewarnaan rambut tersebut dapat bersifat permanen, semi permanen ataupun sementara. Namun tahukah Anda apa saja yang sebetulnya terjadi saat Anda mewarnai rambut? Klik ?next? untuk selanjutnya. Efek dari Mewarnai Rambut Mewarnai rambut mungkin pernah atau sering Anda lakukan secara rutin. Mengecat rambut dengan warna coklat atau mewarnai rambut yang beruban memang dapat membuat penampilan Anda menjadi lebih menawan. Pewarnaan rambut tersebut dapat bersifat permanen, semi permanen ataupun sementara. Namun tahukah Anda apa saja yang sebetulnya terjadi saat Anda mewarnai rambut? Klik ?next? untuk selanjutnya. [...]

Sauna Lebih dari Sekadar Relaksasi

Sauna Lebih dari Sekadar Relaksasi

Sejak dulu sauna telah dilakukan oleh banyak orang, mulai dari bangsa Skandinavia hingga penduduk asli Amerika. Selain dipercaya dapat meredakan stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sauna juga dianggap mujarab untuk menunjang kesehatan kulit. Apa saja manfaat-manfaat sauna untuk kulit? Berikut rinciannya:Memperlancar aliran darahKetika Anda bersauna, sirkulasi darah dan produksi keringat meningkat secara dramatis. Lancarnya aliran darah ini membawa oksigen yang semakin banyak kepada kulit. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih sehat dan segar.Memicu produksi kolagenKecantikan kulit tidak terlepas dari peran kolagen sebagai salah satu protein penting yang menyusun tubuh manusia. Dengan sauna, produksi kolagen akan semakin meningkat. Hal itu tentunya baik untuk mendorong terbuangnya kulit mati dan memicu peningkatan sel kulit baru yang sehat.Membuang racun dan kotoranUap panas yang dihasilkan sauna akan membuka pori-pori kulit, sehingga membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Efeknya, kulit akan terasa lebih bersih dan kencang. Namun demikian, ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui seputar sauna. Halaman berikut penjelasannya: [...]

3 Tips Awet Muda

3 Tips Awet Muda

Awet muda adalah impian banyak orang. Kulit tetap kencang dan stamina terjaga meski usia kian bertambah. Proses penuaan sejatinya mutlak. Namun demikian masih menyisakan misteri yang perlu ditelusuri oleh para ilmuwan. Hal apa yang menyebabkan seorang menjadi lemah, berkeriput dan pada akhirnya meninggal dunia? Itu adalah pertanyaan misteri yang belum terjawab.Proses penuaan bagai proses alami yang mutlak tidak dapat diubah. Namun, kini secercah harapan mulai terlihat dan menguak misteri penuaan pada manusia. Proses yang mendasari penuaan manusia diyakini karena pemendekan dari sebuah untaian tali genetik DNA manusia, bernama Telomer.Pada prinsipnya sel manusia senantiasa membelah atau berduplikasi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Setiap sel yang berduplikasi dipercaya mengakibatkan telomer menjadi semakin pendek. Tak ayal semakin tua seseorang dan semakin banyak duplikasi sel yang terjadi, maka telomer akan semakin pendek. Pemendekan telomer ini akan berujung pada penuaan dan pada akhirnya kematian. [...]

10 Cara Agar Wajah Terlihat Lebih Muda

10 Cara Agar Wajah Terlihat Lebih Muda

Ketika sedang bercermin, seringkah Anda memperhatikan kulit Anda? Baik itu kulit yang berjenis normal ataupun kulit yang bermasalah, tentunya semua orang ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas masalah.Memasuki usia 30, 40, atau 50 tahun, proses penuaan menjadi salah satu perhatian utama. Apabila Anda ingin memiliki kulit yang sehat agar selalu tampak muda, Anda dapat mulai dengan cara-cara berikut:1. Lindungi Diri dari Sinar MatahariSinar matahari merupakan sumber utama terjadinya kerusakan pada kulit. Untuk melindungi kulit anda, terapkan kiat-kiat berikut: Gunakan tabir surya spektrum luas yang memberikan perlindungan terhadap gelombang UVA dan UVB dari sinar matahari. Oleskan ulang bila anda banyak berkeringat atau terkena air. Hindari paparan sinar matahari pada jam 10 pagi hingga jam 4 sore, ketika radiasi ultraviolet terjadi paling tinggi. Gunakan pakaian yang melindungi kulit jika harus terpapar matahari, seperti pakaian lengan panjang, celana atau rok panjang, dan topi yang lebar. Bahan dengan tenunan yang ketat seperti denim memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan bahan dengan tenunan longgar. Berikut beberapa kiat lainnya untuk terlihat lebih muda. Halaman s [...]

Kenali Penyebab-penyebab Penuaan Dini

Kenali Penyebab-penyebab Penuaan Dini

Penuaan merupakan proses alami yang akan dialami setiap orang tanpa terkecuali. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mulai kehilangan kelembapan dan lebih rentan terhadap masalah kulit. Kemampuan untuk memproduksi sel-sel kulit baru akan berkurang begitu memasuki usia di atas 30 tahun. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara penuaan dini dan penuaan kulit sesuai usia. Ciri-ciri dari proses penuaan alami adalah: Permukaan kulit menjadi kasar. Kulit lebih berisiko terkena lesi pra-kanker. Elastisitas kulit berkurang, sehingga kulit menjadi kendur dan menggantung. Kulit menjadi lebih transparan akibat penipisan epidermis. Kulit menjadi lebih rapuh akibat lapisan antara epidermis dan dermis menjadi rata. Kulit menjadi lebih mudah lebam atau memar dikarenakan penipisan pembuluh darah yang terjadi karena faktor usia. Hilangnya lemak yang berada di bawah kulit wajah, seperti pipi, dahi, dagu, hidung dan area sekitar mata. Wajah pun terlihat sangat mengurus hingga menyerupai tengkorak. Struktur hidung mengalami perubahan akibat erosi atau penipisan kartilago atau tulang rawan. Tapi, tidak semua orang mengalami penuaan kulit sesuai dengan usianya. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *