Tips Menjaga Kesehatan Kulit Berdasarkan Jenis Kulitnya

menjaga-kulit-sehat

Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai pokok kebutuhan yang harus terpenuhi kesehatan juga menjadi faktor penunjang penamilan. Menyinggung masalah kesehatan sebagai penunjang penampilan, salah satunya dengan menjaga kesehatan kulit. Kesehatan kulit merupakan kesehatan yang sangat penting bagi tubuh manusia dengan menyangkut masalah penunjang penampilan seseorang. Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Antara lain kulit sebagai pelindung anggota tubuh dari paparan sinar matahari dan juga melindungi tubuh dari faktor polusi dan virus. Namun dalam skala besar masyarakat kurang memperhatikan akan hal tersebut. Seperti hanya membiarkan kulit dengan kondisi alami tanpa memberikan vitamin, nutrisi kulit maupun pelindung dari paparan sinar matahari dan juga virus. Seperti halnya kulit pada bagian tangan dan kaki yang sangat sering terkena paparan sinar matahari. Banyak kalangan yang mengabaikan tentang kelangsungan sinar matahari yang merepa dalam kulit sehingga kulit sampai mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan dan kadang sampai mengering pecah-pecah. Dalam kondisi seperti ini akan mengganggu penampilan dan kesehatan kulit anda karena perubahan warna kulit yang tidak merata akan berdampak hal yang kurang indah untuk dipandang.

Kulit memiliki beberapa karakter dan jenisnya, seperti kulit kering, kulit nornal, kulit sensitif dan kulit berminyak. Pada kondisi ini ada beberapa orang yang mengalami jenis kulit tertentu karena efek dari makanan yang telah dikonsumsi dan juga dari kondisi cuaca yang dapat menimbulkan penyakit speerti gatal-gatal dan alergi.

1. Kulit Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit yang memiliki karakteristik kullit yang mudah mengalami kering seperti pecah-pecah baik dalam volume kecil maupun besar pada bagian permukaan kulit. Biasanya kulit kering sering ditampilkan pada bagian pemukaan kulit lengan kaki, lengan tangan, telapak tangan , telapak kaki dan bagian muka. Pada kondisi ini disarankan seseorang menggunakan pelembab sebagai penyeimbang kondisi kulit agar tidak mengalami kering, jika hal ini dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan beberapa efek seperti pecah-pecah pada bagian permukaan kulit dalam volume besar dan akan tidak indah penampilannya, disarankan untuk menggunakan pelembab secara teratur atau sering sekitar 2 jam 1x setiap hari memberikan olesan pelembab kulit yang dengan menggunakan cream yang mengandung minyak zaitun, cream yang mengandung minyak zaitun juga baik untuk mengurangi pecah-pecah pada bagian permukaan kulit telapak kaki dan tangan. Karena minyak zaitun dapat membatu proses menurunkan terjadinya kulit yang pecah-pecah. Secara alami anda dapat menggunakan masker buah seperti masker buah pepaya dan mentimun. Karena selain dapat menyehatkan kulit, buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kondisi kulit anda dari kering dan pecah-pecah.

2. Kulit Normal

Kulit normal merupkan kulit yang memiliki kondisi dimana kulit tersebut tidak mudah terinveksi maupun berubah pada kondisi berminyak maupu kering. Kulit normal identik dengan kulit yang sehat dan indah. Namun jika pada kondisi tersebut tidak dirawat dengan baik, maka akan berdampak buruk pula. Karena pada dasarnya kulit juga membutuhkan nutrisi. Pada kondisi kulit normal, kulit juga dapat berubah warnanya saat permukaan kulit terpapar sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan dan warna kulit menjadi tetap bersih, putih dan sehat, sebaiknya seseorang yang memiliki kondisi kulit normal juga merawatnya dengan menggunakan pelembab, masker kulit dan juga memberi ekstrak masker buah seperti bengkoang.

3. Kulit Sensitif

Klit sensitif merupakan kulit yang memiliki sensitifitas tinggi. Pada kondisi tersebut kulit dapat terinfeksi bakteri maupun alergi dengan kondisi tertentu. Kondisi ini biasanya muncul akibat dari cuaca yang kurang baik dan juga akibat dari makanan yang dikonsumsi. Kulit sensitif lebih disarankan untuk menjaga lebih maksimal, karena kulit ini secara mudah menerima efek dari luar yang kurang baik. Seseorag yang memiliki kondisi tersebut sebaiknya merawat kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit dengan sedikit bahan pemutih. Sering membersihkan apalagi setelah melakukan aktifitas dari luar ruangan. Memberikan ekstrak buah-buahan pada kulit. Jika efek yang ditimbulkan berlebihan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menambahkan obat alergi. Dan yang paling penting juga memperhatikan tentang apa yang dikonsumsi, bahan-bahan makanan yang dapat menimbulkan efek kurang baik seharusnya dihindari seperti udang, kacang, lemak dll.

4. Kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya muncul pada bagian wajah dengan kondisi volume minyak yang ditimbulkan terlalu berlebihan, sehingga akan mengganggu penampilan seseorang. Kulit berminyak biasanya dapat menimbulkan jerawat pada permukaan kulit wajah. Hal ini ditengarai dengan adanya minyak yang berlebihan, maka kemungkinan besar kuman dan kotoran dari luar akan dengan mudah menempel pada bagian kulit wajah. Seseorang yang memiliki kondisi seperti ini disarakan untuk lebih sering membersihkan muka dengan menggunakan sabun anti bakteri secara teratur. Kulit berminyak juga dapat dirawat dengan bahan-bahan herbal seperti buah-buahan contohnya masker jeruk nipis, telur, tomat dan timun. Kulit yang cenderung berminyak, dan gampang menimbulkan jerawat sebaiknya menghidari bahan pelembab yang mengandung pemutih. Karena bahan pemutih dapat memacu pertumbuhan jerawat dengan cepat pada kulit dengan kondisi seperti ini.

Kesehatan kulit merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan selain menjaga kesehatan kulit itu sendiri juga untuk menjaga penampilan kulit itu sendiri. Perawatan yang dilakukan tidak harus mahal, anda juga dapat merawat kulit dengan bahan-bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah dan terjangkau seperti yang telah dipaparkan diatas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Intip Manfaat Yoga untuk Kulit

Intip Manfaat Yoga untuk Kulit

Yoga merupakan suatu praktik yang dikembangkan di India sejak masa lampau. Latihan yang menggabungkan postur tubuh (asana), teknik pernapasan (pranayama), dan meditasi ini telah terbukti bermanfaat untuk tubuh serta pikiran. Selain mampu merestorasi sisi dalam dan luar tubuh, yoga juga dipercaya dapat meremajakan kulit. Masalah-masalah kulit apa saja yang dapat diatasi dengan melakukan yoga secara rutin? Berikut di antaranya:Flek hitamFlek hitam, atau melasma, adalah pigmentasi kulit yang berlebihan, tidak teratur, dan berwarna coklat muda hingga kehitaman pada wajah. Umumnya menyerang usia dewasa (sekitar usia 25-44 tahun) dengan kasus terbanyak pada wanita. Lakukanlah pose-pose ini untuk mengatasi flek hitam: Surya Namaskar Bhujangsana Shirshasana Ketiga pose tersebut akan memperlancar aliran darah di wajah, sehingga dapat membantu memerangi flek hitam.Beberapa masalah kulit wajah yang dapat terbantu dari manfaat yoga: [...]

Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan

Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, jaga nutrisi dan memulai pola makan yang lebih sehat; sudah umum sekali kita dengar menjadi tips kecantikan dalam mengurangi kerutan di kulit wajah. Kini tahukah Anda, ada beberapa tips mengurangi kerutan wajah lainnya yang sering luput dari perhatian kita, padahal secara tidak sadar kita sering melakukannya. Apa saja? Simak beberapa trik mengejutkan berikut ini: 1. Tidur TerlentangTidur malam dengan beberapa posisi tertentu dapat memicu timbulnya kerutan pada wajah, seperti tidur dengan posisi ke samping yang dapat memicu timbulnya kerutan pada pipi dan dagu. Tidur dengan posisi tengkurap dapat menimbulkan kerutan pada daerah alis mata. 2. Konsumsi Ikan Lebih BanyakIkan salmon (seperti jenis ikan lainnya) merupakan sumber protein yang tinggi, dimana protein ini sangat baik untuk kulit. Selain sebagai sumber omega-3, asam lemak yang ada juga dapat membantu memberi nutrisi ke kulit sehingga membuat kulit tampak muda. 3. Kurangi MengernyitMengernyit (mengerutkan alis mata) dapat meningkatkan kerja dari otot wajah sehingga dapat membentuk lekukan dibawah kulit wajah. Lekukan ini lama kelamaan dapa [...]

Jurus Ampuh Merampingkan Pipi Tembam

Jurus Ampuh Merampingkan Pipi Tembam

Pipi tembam memang bisa membuat orang tidak percaya diri. Terlihatan lebih gemuk, begitu rata-rata alasannya. Tak heran apabila mereka melakukan berbagai cara untuk mengecilkan pipi mereka yang tembam.Pipi tembam dapat dipengaruhi oleh struktur wajah seperti bentuk rahang dan tulang pipi. Jika rahang Anda besar dan tulang pipi cukup tinggi, hal itu dapat membuat pipi Anda terlihat tembam. Selain itu perlu juga dilihat pada anggota keluarga Anda, apakah ada yang memiliki bentuk wajah serupa. Jika jawabannya ?ya?, maka memang struktur wajah dan faktor keturunan merupakan penyebab utamanya.Sebenarnya, merampingkan pipi yang tembam tidak perlu menggunakan bedah plastik. Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan cara alami.Berikut penjelasan lengkapnya di halaman selanjutnya: Kiat Mengatasi Pipi Tembam 1. Lakukan senam wajahLatihlah otot-otot wajah dengan melakukan senam wajah. Beberapa jenis senam waja [...]

Tips Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Secara Alami

Tips Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut Secara Alami

Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia terutama untuk menunjang penampilan pada kaum wanita. Hal ini sangat menjadi hal yang sangat penting karena hal ini dapat dijadikan alasan kurang maksimal dalam menjaga penampilan. Namun dalam sisi lain, kesehatan rambut juga harus diperhatikan karena adanya beberapa hal yang dapat menganggu kenyamanan seseorang terkait dengan efek yang ditimbulkan akibat dari kurang sehatnya rambut dan kulit kepala seperti terjadinya rambut rontok, rambut kusam, rambut memerah sehingga sulit tumbuh panjang, menimbulkan rasa gatal, menimbulkan ketombe, beruban dengan cepat, rambut bercabang dan juga dapat menimbulkan tumbuhnya kutu rambut. Hal tersebut tentunya tidak hanya mengurangi penampilan anda, namun juga sangat menggangu kenyamanan anda akibat rasa gatal sangat tidak dapat tidak tertahankan. Oleh karena itu menjaga dan dan merawat kesehatan dan keindahan rambut sangat perlu untuk dilakukan oleh siapa saja. Menjaga dan merawat kesehatan dan keindahan rambut dapat dilakukan dengan banyak cara seperti mencuci minimal 2 hari sekali dengan menggunakan shampoo, merawat rambut dengan membawa [...]

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Bagaimanakah cara menghilangkan bekas jerawat? Acapkali jerawat yang telah berlalu di wajah meninggalkan bekas yang kerap permanen.Perlukaan tersebut tidak hanya menyebalkan, tetapi juga mempengaruhi kepercayaan diri bagi sebagian orang. Bisakah luka bekas jerawat dihilangkan? Jawabnya bisa.Untuk penanganan menghilangkan bekas jerawat, terdapat beberapa cara. Dan setiap teknik dan cara yang ada tergantung pada beberapa faktor, antara lain: Luas area bekas jerawat yang hendak dihilangkan. Dalamnya luka bekas jerawat. Beberapa Cara Menghilangkan & Menyamarkan Bekas Jerawat Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya: Dengan terapi laser Dermabrasi, dan lainnya. Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Kondisi bekas jerawat ringan dan cara memudarkan bekas jerawat: Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar han [...]

5 Mitos Seputar Perawatan Kulit

5 Mitos Seputar Perawatan Kulit

Tidak sedikit cara perawatan yang selama ini kita ketahui bersama ternyata adalah salah. Jangan heran jika sudah rajin cuci muka, tapi jerawat tetap saja muncul. Jangan heran jika sudah berapa kali usaha, kulit masih juga belum menunjukan hasil yang diinginkan.Bisa jadi dari cara membersihkan wajah yang masih kurang tepat. Bisa jadi masih ada kebiasaan-kebiasaan perawatan wajah Anda yang ternyata justru salah langkah.Nah, supaya tidak kebablasan dan bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat tanpa meneruskan kebiasaan yang salah, berikut ini beberapa informasi yang dapat berguna untuk meluruskan persepsi yang salah sebagian banyak orang seputar perawatan wajah.Berikut selengkapnya: Mitos vs Fakta #1: Kulit wajah harus terasa kesat setelah dicuci Kenyataannya, kulit wajah tidak harus terasa kesat setelah dicuci.Fakta: Jika kulit tidak terasa segar dan kenyal, Anda mungkin mencuci dengan sabun yang baha [...]

Penuaan Dini & Penyebabnya

Penuaan Dini & Penyebabnya

Oleh: dr. Jessica Florencia Penuaan dini merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri. Terjadinya secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini paling mudah terlihat dari kondisi kulit. Secara alami, kulit akan mengalami penuaan seiring bertambahnya usia, hal ini dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh kita. Namun, proses penuaan biasanya terjadi dengan ?anggun? dan perlahan. Kulit yang menua secara alami akan tetap halus dan tanpa pigmentasi dengan penegasan garis ekspresi wajah pada beberapa tempat. Faktor dari dalam tubuhFaktor dari dalam tubuh merupakan faktor yang tidak dapat dihindari karena berkaitan dengan pengaruh genetik dan hormon. Dengan bertambahnya usia maka kondisi tubuh, termasuk kulit akan mengalami penurunan. Berkurangnya hormon estrogen & kolagenHormon estrogen telah diteliti berperan dalam pembentukan kolagen kulit. Menurunnya produksi hormon estrogen seiring pertambahan usia menyebabkan turunnya produksi kolagen. Hal ini berkontribusi terhadap terjadinya kulit yang lebih tipis dan kering, munculnya keriput atau penegasan garis ekspresi wajah yang dan berkurangnya kek [...]

10 Makanan Yang Perlu Dikontrol Konsumsinya Agar Terhindar Dari Penyakit

10 Makanan Yang Perlu Dikontrol Konsumsinya Agar Terhindar Dari Penyakit

Makanan merupakan suatu asupan yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Apalagi makanan yang banyak mengandung vitamin, protein dan klasium yang sangat banyak diperlukan oleh tubuh. Pada kalangan masyarakat umumnya, kurang memperhatikan tetang seberapa banyak kandungan vitamin, protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Karena pada dasaranya jumlah kebutuhan kandungan vitamin, protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tiap manusia memiliki jumlah yang berbeda-beda. Makanan yang dikonsumsi harus memiliki kandungan yang benar-benar diperlukan oleh tubuh karena jika salah mengonsumsi maka hasil akhirnya bisa membuat diri anda menjadi tidak sehat akibat terjadinya penolakan dalam tubuh dengan adanya nutrisi yang justru dapat merusak sistem kekebalan tubuh anda. Pembahasan ini sebenarnya pembahasan tentang cara mengonsmsi makanan sehat dengan baik sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Karena banyak terjadi dimasyarakat yang tidak mengenali kondisinya sendiri sehingga mengonsumsi makanan yang sembarangan sehingga dapat dapat menambah buruk bagi kesehatannya. Makanan yang sehat merupakan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin tinggi seperti nasi, sayur-sayuran, bua [...]

4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit

4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit

Kulit tercantik bukan ditentukan oleh warnanya, tapi dari kondisinya. Bayangkan saja jika wajah putih tapi kulitnya terlihat kusam atau berjerawat, tentu tidak menarik bukan? Kulit wajah yang sehat ditandai dengan kondisi kulit yang lembap, kenyal, dan cerah. Namun cerah disini bukan berarti putih, melainkan segar dan tidak terlihat kusam. Cara paling mudah untuk mengecek kesehatan kulit adalah dengan mencubitnya, jika terasa lentur dan bentuknya langsung kembali seperti semula, itu tandanya kulit cukup sehat. Karenanya gunakan selalu moisturizer atau pelembap yang cocok dengan kondisi kulit agar kelembapannya selalu terjaga. Sebelum memilih pelembap, sebaiknya pilih dulu mana yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda dan cermati kandungan yang dimiliki produk yang ada. Berikut ini adalah 4 panduan untuk dapat memilih pelembab lebih cermat: Panduan Memilih Pelembap Kulit 1. Pastikan Memiliki Sun P [...]

Masker Gandum untuk Kulit Lebih Berseri

Masker Gandum untuk Kulit Lebih Berseri

Gandum telah lama diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, gandum dapat membantu menurunkan kolesterol sekaligus diyakini dapat mencegah dan menurunkan risiko kanker.Gandum juga diyakini lebih bermanfaat bila digunakan secara topical (oles permukaan kulit), karena itulah banyak orang memanfaatkannya sebagai masker wajah.Lalu, apa saja manfaat gandum bagi kesehatan kulit? Berikut penjelasannya:Gandum mengandung asam aminoGandum mengandung 18 asam amino yang berbeda, yang semuanya penting untuk kesehatan kulit. Asam amino berfungsi sebagai pembentuk sel-sel bangunan untuk tubuh, dan mampu mempercepat penyembuhan. Jika Anda ingin mengobati noda dan memperbaiki kerusakan kulit, masker gandum adalah bahan alami yang tepat. Halaman berikut manfaat masker gandum selanjutnya: Manfaat Masker Gandum Lainnya: Gandum tidak menimbulkan alergiBagi Anda yang memiliki kuli [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *