Tips Menjaga Kesehatan Kulit Berdasarkan Jenis Kulitnya

menjaga-kulit-sehat

Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai pokok kebutuhan yang harus terpenuhi kesehatan juga menjadi faktor penunjang penamilan. Menyinggung masalah kesehatan sebagai penunjang penampilan, salah satunya dengan menjaga kesehatan kulit. Kesehatan kulit merupakan kesehatan yang sangat penting bagi tubuh manusia dengan menyangkut masalah penunjang penampilan seseorang. Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Antara lain kulit sebagai pelindung anggota tubuh dari paparan sinar matahari dan juga melindungi tubuh dari faktor polusi dan virus. Namun dalam skala besar masyarakat kurang memperhatikan akan hal tersebut. Seperti hanya membiarkan kulit dengan kondisi alami tanpa memberikan vitamin, nutrisi kulit maupun pelindung dari paparan sinar matahari dan juga virus. Seperti halnya kulit pada bagian tangan dan kaki yang sangat sering terkena paparan sinar matahari. Banyak kalangan yang mengabaikan tentang kelangsungan sinar matahari yang merepa dalam kulit sehingga kulit sampai mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan dan kadang sampai mengering pecah-pecah. Dalam kondisi seperti ini akan mengganggu penampilan dan kesehatan kulit anda karena perubahan warna kulit yang tidak merata akan berdampak hal yang kurang indah untuk dipandang.

Kulit memiliki beberapa karakter dan jenisnya, seperti kulit kering, kulit nornal, kulit sensitif dan kulit berminyak. Pada kondisi ini ada beberapa orang yang mengalami jenis kulit tertentu karena efek dari makanan yang telah dikonsumsi dan juga dari kondisi cuaca yang dapat menimbulkan penyakit speerti gatal-gatal dan alergi.

1. Kulit Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit yang memiliki karakteristik kullit yang mudah mengalami kering seperti pecah-pecah baik dalam volume kecil maupun besar pada bagian permukaan kulit. Biasanya kulit kering sering ditampilkan pada bagian pemukaan kulit lengan kaki, lengan tangan, telapak tangan , telapak kaki dan bagian muka. Pada kondisi ini disarankan seseorang menggunakan pelembab sebagai penyeimbang kondisi kulit agar tidak mengalami kering, jika hal ini dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan beberapa efek seperti pecah-pecah pada bagian permukaan kulit dalam volume besar dan akan tidak indah penampilannya, disarankan untuk menggunakan pelembab secara teratur atau sering sekitar 2 jam 1x setiap hari memberikan olesan pelembab kulit yang dengan menggunakan cream yang mengandung minyak zaitun, cream yang mengandung minyak zaitun juga baik untuk mengurangi pecah-pecah pada bagian permukaan kulit telapak kaki dan tangan. Karena minyak zaitun dapat membatu proses menurunkan terjadinya kulit yang pecah-pecah. Secara alami anda dapat menggunakan masker buah seperti masker buah pepaya dan mentimun. Karena selain dapat menyehatkan kulit, buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kondisi kulit anda dari kering dan pecah-pecah.

2. Kulit Normal

Kulit normal merupkan kulit yang memiliki kondisi dimana kulit tersebut tidak mudah terinveksi maupun berubah pada kondisi berminyak maupu kering. Kulit normal identik dengan kulit yang sehat dan indah. Namun jika pada kondisi tersebut tidak dirawat dengan baik, maka akan berdampak buruk pula. Karena pada dasarnya kulit juga membutuhkan nutrisi. Pada kondisi kulit normal, kulit juga dapat berubah warnanya saat permukaan kulit terpapar sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan dan warna kulit menjadi tetap bersih, putih dan sehat, sebaiknya seseorang yang memiliki kondisi kulit normal juga merawatnya dengan menggunakan pelembab, masker kulit dan juga memberi ekstrak masker buah seperti bengkoang.

3. Kulit Sensitif

Klit sensitif merupakan kulit yang memiliki sensitifitas tinggi. Pada kondisi tersebut kulit dapat terinfeksi bakteri maupun alergi dengan kondisi tertentu. Kondisi ini biasanya muncul akibat dari cuaca yang kurang baik dan juga akibat dari makanan yang dikonsumsi. Kulit sensitif lebih disarankan untuk menjaga lebih maksimal, karena kulit ini secara mudah menerima efek dari luar yang kurang baik. Seseorag yang memiliki kondisi tersebut sebaiknya merawat kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit dengan sedikit bahan pemutih. Sering membersihkan apalagi setelah melakukan aktifitas dari luar ruangan. Memberikan ekstrak buah-buahan pada kulit. Jika efek yang ditimbulkan berlebihan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menambahkan obat alergi. Dan yang paling penting juga memperhatikan tentang apa yang dikonsumsi, bahan-bahan makanan yang dapat menimbulkan efek kurang baik seharusnya dihindari seperti udang, kacang, lemak dll.

4. Kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya muncul pada bagian wajah dengan kondisi volume minyak yang ditimbulkan terlalu berlebihan, sehingga akan mengganggu penampilan seseorang. Kulit berminyak biasanya dapat menimbulkan jerawat pada permukaan kulit wajah. Hal ini ditengarai dengan adanya minyak yang berlebihan, maka kemungkinan besar kuman dan kotoran dari luar akan dengan mudah menempel pada bagian kulit wajah. Seseorang yang memiliki kondisi seperti ini disarakan untuk lebih sering membersihkan muka dengan menggunakan sabun anti bakteri secara teratur. Kulit berminyak juga dapat dirawat dengan bahan-bahan herbal seperti buah-buahan contohnya masker jeruk nipis, telur, tomat dan timun. Kulit yang cenderung berminyak, dan gampang menimbulkan jerawat sebaiknya menghidari bahan pelembab yang mengandung pemutih. Karena bahan pemutih dapat memacu pertumbuhan jerawat dengan cepat pada kulit dengan kondisi seperti ini.

Kesehatan kulit merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan selain menjaga kesehatan kulit itu sendiri juga untuk menjaga penampilan kulit itu sendiri. Perawatan yang dilakukan tidak harus mahal, anda juga dapat merawat kulit dengan bahan-bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah dan terjangkau seperti yang telah dipaparkan diatas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Tahukah Anda, belakangan ini marak dibicarakan bagaimana jeruk nipis dapat menyembuhkan jerawat? Jeruk nipis disebut-sebut memiliki kandungan yang dapat membantu masalah jerawat. Yakni antibiotik alami.Benarkah Demikian?Sayangnya tidak mudah demikian. Untuk memahaminya, ada baiknya kita mengenal dahulu masalah jerawat lebih jauh.JerawatBagi sebagian orang, jerawat adalah masalah pada kulit wajah yang paling merepotkan. Perubahan yang tidak menyenangkan kerap menyertainya, yakni berupa bengkak, benjol-benjol, bernanah, dan menimbulkan rasa sakit.Jika jerawat tersebut digaruk atau dipencet akan menimbulkan bekas luka bewarna hitam yang sulit dihilangkan. Memberantasnya pun bukan termasuk perkara mudah.Penyebab pasti timbulnya jerawat belum diketahui, tetapi berbagai faktor diduga berperan sebagai penyebab timbulnya jerawat, antara lain dijelaskan di halaman berikut ini: Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Jerawat: [...]

Cara Mengobati Jerawat

Cara Mengobati Jerawat

Pengobatan dari kondisi kerawat memang terkadang merupakan hal yang cukup sulit. Pengobatan dari jerawat sangat tergantung dari kondisi jerawat Anda, entah Anda memiliki kondisi jerawat ringan, sedang atau berat, obat yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi jerawat Anda.(Baca: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan cara mengobati jerawat) Jerawat Ringan Cara mengobati jerawat ringan (komedo hitam, komedo putih, jerawat) termasuk: Memberishkan kulit secara ringan menggunakan air hangat dan sabun yang lembut Menggunakan benzoyl peroxide Menggunakan salicylic acid Jerawat Sedang-Berat Terkadang untuk kondisi jerawat yang berat diperlukan kombinasi dari beberapa obat. Jerawat yang dalam sekali (bentuk papula atau kista) dapat menimbulkan bekas. Beberapa cara mengobati jerawat tipe ini adalah: Menggunakan benzoyl peroxide Drainase jerawat besar dan kista (jerawat nanah) oleh dokter. Menggunakan obat antibiotik krim atau gel Menggunakan retinoid Menggunakan azelaic acid Mengkonsumsi antibiotik Mengkonsumsi retinoid oral (minum) Bekas Jerawat Ada banyak cara yang dapat dilakukan s [...]

6 Cara Alami Menghaluskan Kulit

6 Cara Alami Menghaluskan Kulit

Gen, kebiasaan sehari-hari serta paparan sinar matahari bisa membuat wajah Anda mengalami tanda-tanda penuaan dini. Sebut saja garis-garis halus di sekitar mata, kerutan, serta penurunan kekencangan kulit. Tentu ini akan mengganggu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri Anda. Tapi jangan khawatir dulu, dengan perawatan dan penanganan yang tepat, Anda bisa mendapatkan kembali kulit Anda yang halus. Bagaimana caranya? Memakai Pelembap Mengoleskan pelembap secara rutin dapat membantu menjaga dan memperbaiki kulit. Walaupun kulit Anda berminyak, Anda masih bisa menggunakan produk pelembap yang ringan dan bebas minyak. Apabila Anda memiliki kulit yang kering, Anda cukup menggunakan pelembap satu kali dalam sehari.Berikut kiat alami menghaluskan kulit lainnya pada halaman selanjutnya. 6 Cara Alami Menghaluskan Kulit Menggunakan Tabir Surya Lindungi kulit Anda dengan tabir surya, terutama pada [...]

Mencegah Penuaan Dini Akibat Polusi

Mencegah Penuaan Dini Akibat Polusi

Kesal waktu bercermin, wajah kelihatan kusam, kotor, dan terlihat 10 tahun lebih tua? Jangan khawatir, kesalahan bukan pada cermin Anda. Tapi salahkan pada polusi yang sudah tidak terkendali lagi. (Baca: Bahaya Polusi Terhadap Kulit) Setiap hari kulit kita terpapar oleh polusi dari asap knalpot, debu, radikal bebas, serta kotoran. Dampaknya amat berbahaya bagi kulit. Polusi dapat menghalangi asupan oksigen yang diperlukan kulit sehingga wajah terlihat kusam. Lalu ditambah radiasi sinar ultraviolet yang menyebabkan berkurangnya produksi kolagen sehingga kulit kehilangan elastisitasnya yang berujung pada kerutan pada wajah. (Baca: Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan di Wajah) Untuk mencegah penuaan dini pada wajah, Anda perlu melakukan beberapa hal: Jauhi daerah berpolusi tinggi. Bila naik motor, lindungi wajah Anda dari debu dan kotoran dengan kaca helm. Mulai mengonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan, seperti buah-buahan dan sayur-mayur. Hindari stress. Berolahraga. Rutin membersihkan wajah dengan produk perawatan yang mengandung activated carbon untuk menyerap kotoran dari polusi yang menempel di kulit. Pol [...]

Makan Kacang Bisa Bikin Jerawatan?

Makan Kacang Bisa Bikin Jerawatan?

Jerawat merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan pada tempat-tempat tertentu.Biasanya muncul pada wajah, bahu, dada bagian atas, dan punggung bagian atas. Kadang-kadang terdapat juga pada leher, lengan atas, dan bokong.Usia, faktor keturunan, dan cuaca secara tidak langsung dapat memicu terjadinya jerawat. Bagaimana dengan makanan, dalam hal ini adalah kacang?Protein dan lemak yang tinggi pada kacang termasuk sulit dicerna. Jika protein dan lemak ini tidak tercerna dengan baik, sistem kekebalan tubuh dapat membuat antibodi yang dapat menyebabkan peradangan pada kelenjar sebaceous dan menimbulkan jerawat. Apabila kondisi kulit Anda memburuk setelah makan kacang, pilihlah kacang panggang ketimbang kacang mentah karena proses pemanggangan akan menguraikan banyak protein di dalamnya. Pilihan lain adalah dengan merendam kacang sebelum dikonsumsi untuk membantu memperlancar pencernaan.Jerawat juga dapat muncul karena alergi. Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikut: [...]

3 Langkah untuk Mengurangi Flek Pada Wajah

3 Langkah untuk Mengurangi Flek Pada Wajah

Flek hitam dapat muncul pada semua jenis kulit. Pemicunya antara lain adalah perubahan hormonal, paparan sinar matahari yang berlebihan, faktor genetika, dan lain-lain. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi flek pada wajah:Langkah 1Bersihkan wajah di pagi hari dan sebelum tidur untuk membersihkan kulit dari riasan, kotoran, dan minyak. Ketiga unsur tersebut dapat menyumbat pori-pori, serta membuat flek hitam terlihat lebih buruk. Untuk kulit kering, gunakan pembersih berbasis krim. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kombinasi, pilihlah pembersih berbasis gel yang mengandung asam salisilat, laktat, atau asam glikolat. Jika kulit Anda normal, pilihlah pembersih yang dirancang untuk semua jenis kulit. Langkah Lainnya Mengatasi Flek Di Wajah Langkah 2Carilah serum perawatan kulit yang mengandung retinol, asam glikolat, vitamin C, atau asam kojic. Vitamin C, asam kojic, [...]

Kenali Penyebab-penyebab Penuaan Dini

Kenali Penyebab-penyebab Penuaan Dini

Penuaan merupakan proses alami yang akan dialami setiap orang tanpa terkecuali. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mulai kehilangan kelembapan dan lebih rentan terhadap masalah kulit. Kemampuan untuk memproduksi sel-sel kulit baru akan berkurang begitu memasuki usia di atas 30 tahun. Ada perbedaan yang cukup signifikan antara penuaan dini dan penuaan kulit sesuai usia. Ciri-ciri dari proses penuaan alami adalah: Permukaan kulit menjadi kasar. Kulit lebih berisiko terkena lesi pra-kanker. Elastisitas kulit berkurang, sehingga kulit menjadi kendur dan menggantung. Kulit menjadi lebih transparan akibat penipisan epidermis. Kulit menjadi lebih rapuh akibat lapisan antara epidermis dan dermis menjadi rata. Kulit menjadi lebih mudah lebam atau memar dikarenakan penipisan pembuluh darah yang terjadi karena faktor usia. Hilangnya lemak yang berada di bawah kulit wajah, seperti pipi, dahi, dagu, hidung dan area sekitar mata. Wajah pun terlihat sangat mengurus hingga menyerupai tengkorak. Struktur hidung mengalami perubahan akibat erosi atau penipisan kartilago atau tulang rawan. Tapi, tidak semua orang mengalami penuaan kulit sesuai dengan usianya. [...]

Melatonin : Anti-aging

Melatonin : Anti-aging

Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana Penelitian yang dilakukan di laboratorium Arago di Banyuls sur Mer (CNRS /Universit&e Pierre et Marie Curie), telah menemukan bahwa pemberian melatonin dapat memperlambat tanda pertama dari proses penuaan pada mamalia kecil. Melatonin merupakan hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh saat malam hari. Hormon ini merupakan semacam penanda atau ?sinyal? untuk organisme mengenali malam hari dan mengadaptasi tubuhnya terhadap ritme sirkadian. Ritme ini akan mengatur tubuh terjaga di saat siang dan mengantuk di kala malam. Di laboratorium Arago, Elodie Magnanou beserta tim peneliti meneliti efek melatonin jangka panjang terhadap mamalia kecil yaitu tikus kesturi, seekor mamalia pemakan serangga di kala malam. Pada kondisi normal, hewan ini akan menunjukkan tanda penuaan pada usia 12 bulan. Tanda penuaan yang pertama kali diperlihatkan adalah hilangnya irama sirkadian di dalam aktivitas sehari-harinya. Dengan memberikan melatonin dalam jumlah kecil sebelum tikus ini mencapai usia 12 bulan, tanda pertama penuaan tertunda minimal selama 3 bulan. Melatonin diketahui memiliki beberapa efek yang menguntungkan, diantaranya adalah sebagai antioksidan [...]

Cegah Keriput Muncul Dini dengan Tertawa

Cegah Keriput Muncul Dini dengan Tertawa

Seberapa sering Anda tertawa dalam sehari? Banyak yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat yang paling ampuh dan murah. Bahkan tertawa dijadikan sebagai terapi karena dianggap memiliki kekuatan untuk mempercepat penyembuhan.Sudah tidak sedikit tulisan yang menjelaskan bagaimana tertawa bisa membuat sehat sekaligus awet muda. Tapi yang mungkin Anda belum tahu adalah apa dan bagaimana hubungannya tertawa bisa membuat orang tampak lebih muda.Hal yang terpikir pertama adalah aspek kejiwaan, jiwa yang sering tersenyum dan tertawa diyakini memiliki tingkat kebahagiaan lebih tinggi. Benarkah demikian? Berikut ini beberapa manfaat tertawa yang penting untuk diketahui: Manfaat Tertawa Jangka Pendek - Menstimulasi banyak organTertawa meningkatkan asupan udara yang kaya oksigen, merangsang jantung, paru-paru dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.- Mengaktifkan dan meredakan respons [...]

Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat berasal dari hasil inflamasi akibat pori-pori kulit yang membesar berisi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan bakteri. Ketika pori-pori kulit membengkak, dinding folikel akan robek dan rusak. Hal ini biasanya ringan dan menutup sendiri. Tapi bila robeknya terlalu parah atau dalam, kulit akan kesulitan untuk memperbaiki. Akibatnya, hasilnya tidak halus dan sempurna seperti sebelumnya, meninggalkan bekas jerawat.Bekas jerawat jauh lebih sulit dihilangkan daripada menghilangkan jerawat. Menghilangkan jerawat mungkin diperlukan antara 3 ? 7 hari. Tapi bekasnya bisa berbulan-bulan baru bisa hilang.Beberapa penyebab munculnya bekas jerawat justru dari diri Anda sendiri. Kebiasaan memencet jerawat adalah salah satunya. Kalau Anda memaksa memecahkan jerawat dengan memencetnya, justru malah memicu peradangan. Faktor lain yang dapat membuat jerawat berbekas adalah penggunaan kosmetik atau obat jerawat yang mengandung alkohol atau minyak.Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk menghilangkan atau mencegah bekas jerawat yang bisa Anda praktikkan: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *