Tips Menjaga Kesehatan Kulit Berdasarkan Jenis Kulitnya

menjaga-kulit-sehat

Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai pokok kebutuhan yang harus terpenuhi kesehatan juga menjadi faktor penunjang penamilan. Menyinggung masalah kesehatan sebagai penunjang penampilan, salah satunya dengan menjaga kesehatan kulit. Kesehatan kulit merupakan kesehatan yang sangat penting bagi tubuh manusia dengan menyangkut masalah penunjang penampilan seseorang. Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Antara lain kulit sebagai pelindung anggota tubuh dari paparan sinar matahari dan juga melindungi tubuh dari faktor polusi dan virus. Namun dalam skala besar masyarakat kurang memperhatikan akan hal tersebut. Seperti hanya membiarkan kulit dengan kondisi alami tanpa memberikan vitamin, nutrisi kulit maupun pelindung dari paparan sinar matahari dan juga virus. Seperti halnya kulit pada bagian tangan dan kaki yang sangat sering terkena paparan sinar matahari. Banyak kalangan yang mengabaikan tentang kelangsungan sinar matahari yang merepa dalam kulit sehingga kulit sampai mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan dan kadang sampai mengering pecah-pecah. Dalam kondisi seperti ini akan mengganggu penampilan dan kesehatan kulit anda karena perubahan warna kulit yang tidak merata akan berdampak hal yang kurang indah untuk dipandang.

Kulit memiliki beberapa karakter dan jenisnya, seperti kulit kering, kulit nornal, kulit sensitif dan kulit berminyak. Pada kondisi ini ada beberapa orang yang mengalami jenis kulit tertentu karena efek dari makanan yang telah dikonsumsi dan juga dari kondisi cuaca yang dapat menimbulkan penyakit speerti gatal-gatal dan alergi.

1. Kulit Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit yang memiliki karakteristik kullit yang mudah mengalami kering seperti pecah-pecah baik dalam volume kecil maupun besar pada bagian permukaan kulit. Biasanya kulit kering sering ditampilkan pada bagian pemukaan kulit lengan kaki, lengan tangan, telapak tangan , telapak kaki dan bagian muka. Pada kondisi ini disarankan seseorang menggunakan pelembab sebagai penyeimbang kondisi kulit agar tidak mengalami kering, jika hal ini dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan beberapa efek seperti pecah-pecah pada bagian permukaan kulit dalam volume besar dan akan tidak indah penampilannya, disarankan untuk menggunakan pelembab secara teratur atau sering sekitar 2 jam 1x setiap hari memberikan olesan pelembab kulit yang dengan menggunakan cream yang mengandung minyak zaitun, cream yang mengandung minyak zaitun juga baik untuk mengurangi pecah-pecah pada bagian permukaan kulit telapak kaki dan tangan. Karena minyak zaitun dapat membatu proses menurunkan terjadinya kulit yang pecah-pecah. Secara alami anda dapat menggunakan masker buah seperti masker buah pepaya dan mentimun. Karena selain dapat menyehatkan kulit, buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kondisi kulit anda dari kering dan pecah-pecah.

2. Kulit Normal

Kulit normal merupkan kulit yang memiliki kondisi dimana kulit tersebut tidak mudah terinveksi maupun berubah pada kondisi berminyak maupu kering. Kulit normal identik dengan kulit yang sehat dan indah. Namun jika pada kondisi tersebut tidak dirawat dengan baik, maka akan berdampak buruk pula. Karena pada dasarnya kulit juga membutuhkan nutrisi. Pada kondisi kulit normal, kulit juga dapat berubah warnanya saat permukaan kulit terpapar sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan dan warna kulit menjadi tetap bersih, putih dan sehat, sebaiknya seseorang yang memiliki kondisi kulit normal juga merawatnya dengan menggunakan pelembab, masker kulit dan juga memberi ekstrak masker buah seperti bengkoang.

3. Kulit Sensitif

Klit sensitif merupakan kulit yang memiliki sensitifitas tinggi. Pada kondisi tersebut kulit dapat terinfeksi bakteri maupun alergi dengan kondisi tertentu. Kondisi ini biasanya muncul akibat dari cuaca yang kurang baik dan juga akibat dari makanan yang dikonsumsi. Kulit sensitif lebih disarankan untuk menjaga lebih maksimal, karena kulit ini secara mudah menerima efek dari luar yang kurang baik. Seseorag yang memiliki kondisi tersebut sebaiknya merawat kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit dengan sedikit bahan pemutih. Sering membersihkan apalagi setelah melakukan aktifitas dari luar ruangan. Memberikan ekstrak buah-buahan pada kulit. Jika efek yang ditimbulkan berlebihan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menambahkan obat alergi. Dan yang paling penting juga memperhatikan tentang apa yang dikonsumsi, bahan-bahan makanan yang dapat menimbulkan efek kurang baik seharusnya dihindari seperti udang, kacang, lemak dll.

4. Kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya muncul pada bagian wajah dengan kondisi volume minyak yang ditimbulkan terlalu berlebihan, sehingga akan mengganggu penampilan seseorang. Kulit berminyak biasanya dapat menimbulkan jerawat pada permukaan kulit wajah. Hal ini ditengarai dengan adanya minyak yang berlebihan, maka kemungkinan besar kuman dan kotoran dari luar akan dengan mudah menempel pada bagian kulit wajah. Seseorang yang memiliki kondisi seperti ini disarakan untuk lebih sering membersihkan muka dengan menggunakan sabun anti bakteri secara teratur. Kulit berminyak juga dapat dirawat dengan bahan-bahan herbal seperti buah-buahan contohnya masker jeruk nipis, telur, tomat dan timun. Kulit yang cenderung berminyak, dan gampang menimbulkan jerawat sebaiknya menghidari bahan pelembab yang mengandung pemutih. Karena bahan pemutih dapat memacu pertumbuhan jerawat dengan cepat pada kulit dengan kondisi seperti ini.

Kesehatan kulit merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan selain menjaga kesehatan kulit itu sendiri juga untuk menjaga penampilan kulit itu sendiri. Perawatan yang dilakukan tidak harus mahal, anda juga dapat merawat kulit dengan bahan-bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah dan terjangkau seperti yang telah dipaparkan diatas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jerawat Meradang Bagai Tamu Tak Diundang?

Jerawat Meradang Bagai Tamu Tak Diundang?

Namanya jerawat itu susah banget diusirnya. Rasanya, kalau satu jerawat hilang, tiba-tiba muncul lagi seperti tamu yang yang tak diundang. Hati jadi emosi kalau melihat wajah penuh jerawat waktu bercermin. (Baca: Cara Mengobati Jerawat) Penyebab jerawat memang belum diketahui dengan pasti. Tapi untuk mengobatinya tidak bisa hanya dalam semalam hilang. Harus sabar. Andai saja wajah bisa di-photoshop jadi bersih, bebas jerawat. (Baca: Cara Mengobati Jerawat) Nah, supaya tidak datang terus, kamu perlu banget mengetahui asal-muasalnya kenapa jerawat bisa muncul di wajah. (Baca: Cara Mengobati Jerawat) StresStres itu sumber penyakit. Nah, untuk kasus jerawat, ketika kamu stres, tubuh kamu otomatis memproduksi sebum lebih banyak dari normal, dimana menjadi pencetus kulit menjadi lebih berminyak. Sehingga kondisi sebum yang berlebih menjadi satu dengan sel-sel kulit mati dan bakteri penyumbat folikel rambut. Bila folikel rambut tersumbat, muncullah jerawat. Jadi, stres itu memperparah jerawat. Faktor HormonalSalah satu penyebab jerawat adalah meningkatnya hormon testosteron. Hormon ini yang bertanggung jawab dalam merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memp [...]

Mengenal Jerawat dan Penyebabnya

Mengenal Jerawat dan Penyebabnya

Kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia dan mengambil 16% dari berat tubuh manusia. Fungsi dari kulit ada bermacam-macam, fungsi yang paling esensial adalah melindungi tubuh dari lingkungan luar. Dari luar kulit memang terlihat tipis, namun ternyata kulit ini memiliki 3 lapisan yang terdiri dari: - Epidermis : merupakan lapisan kulit yang paling luar. - Dermis : lapisan di bawah epidermis yang mengandung jaringan ikat yang kuat, akar rambut, dan kelenjar keringat. - Subkutis : Lapisan in mengandung lemak dan jaringan ikat. Ada banyak sekali kelainan kulit yang dapat muncul namun kelainan kulit yang paling sering muncul adalah jerawat. Hampir semua orang dalam masa hidupnya dapat terkena masalah jerawat. Apa itu Jerawat? Jerawat meru [...]

Kiat Awet Muda di Usia 40

Kiat Awet Muda di Usia 40

Pada usia 40, kadar kolagen pada kulit wajah Anda semakin menurun. Elastisitasnya pun berkurang. Belum lagi, Anda harus mengalami proses penuaan kulit lainnya seperti warna yang tidak merata, flek, serta kulit yang cenderung kering dan kusam. Jika sudah begitu, jangan pusatkan perhatian Anda hanya pada wajah saja. Ingatlah bahwa gaya hidup sehat secara keseluruhan akan turut mempengaruhi kulit. Jadi, apa saja gaya hidup sehat yang perlu Anda lakukan di usia 40 agar kulit wajah ikut terjaga? 1. Sarapan setiap hari Para ahli gizi sepakat bahwa sarapan sangat penting untuk menjaga berat badan. Pada sebuah penelitian, wanita yang rutin sarapan kehilangan 21% dari berat badan mereka setelah 8 bulan, dibandingkan dengan yang tidak.2. Berpetualang dengan pasangan Tahukah Anda bahwa jatuh cinta merupakan penghilang rasa sakit yang alami? Hasil dari riset tersebut menunjukkan bahwa mereka yang sedang dimabuk cinta teraktivasi area dopamin pada otaknya, mirip seperti yang terjadi pada pengguna kokain.3. Kontrol stres Seperti yang sudah diketahui sejak lama, stres dapat meningkatkan tekanan darah dan menurunkan libido rendah. Akibatnya, stres membuat seseorang menua lebih cepat. [...]

Manfaat Karbon Aktif Bagi Wajah

Manfaat Karbon Aktif Bagi Wajah

Pernahkan Anda bercermin dan berpikir, ?Oh, kenapa kulit jadi tambah kusam??, padahal sudah rajin membasuh wajah dengan air bersih? Salahkan pada polusi udara yang semakin tak terkendali. (Baca: Bahaya Polusi Terhadap Kulit) Tanpa disadari, setiap hari wajah kita terpapar debu, asap knalpot, dan radikal bebas yang didapat dari lingkungan. Hanya dengan membasuhnya dengan sabun cuci muka biasa tidak cukup. Anda perlu produk perawatan yang mengandung bahan karbon aktif. Tapi apa sih karbon aktif? Karbon aktif berasal dari zat karbon yang merupakan bahan kering didapat dari pemanasan zat organik. Lalu diproses menjadi zat karbon yang aktif sehinggal memiliki fungsi menyerap kotoran. Apa saja fungsi dari karbon aktif? Menyerap minyak dan kotoran yang menutup pori-pori. Dapat menghilangkan jerawat dan flek hitam. Mempertahankan kelembaban kulit wajah. Detoksifikasi. Nah keempat fungsi tadi amatlah berguna untuk merawat wajah tetap cantik berseri. Jadi pastikan Anda membersihkan wajah dengan karbon aktif dan biarkan khasiatnya bekerja. (HM/AN) Baca juga:Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan di WajahBahaya Polusi Terhadap Kulitdr.Alvin Nursalim Anggot [...]

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

Adakah sebagian dari Anda yang mengalami pengelupasan kulit jari dengan sendirinya? Pengelupasan kulit jari tangan ini sudah lumrah dan umum dialami oleh sebagian besar orang. Pada area ujung sekitar jari memang merupakan area yang sensitif, jika tidak dirawat dengan baik, maka kulit jari tangan mengelupas pada Anda. Penyebab kulit jari tangan mengelupas ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: 1. Eksim 2. Sunburn atau paparan sinar matahari yang begitu intens 3. Psoriasis merupakan kelainan kulit yang menyebabkan pengganti atau pembaharuan pada kulit. 4. Suhu rendah atau dingin yang begitu ekstrem yang menyebabkan pengerutan pada kulit serta pengelupasan 5. Penggunaan bahan kimia 6. Pencucian tangan yang terkalu sering 7. Alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain lain. Gejala kulit jari tangan mengelupas umumnya di derita oleh sebagian besar orang. Namun bagi beberapa orang yang menderita gangguan kulit, misalnya eksim dan psoriasis akan mengalami pengelupasan secara terus menerus, sehingga menyebabkan kondisi kulit lebih sensitif. Selanjutnya ketika mencuci dengan menggunakan sabun yang keras atau obat salep akan menyebabkan kulit sekitar ujung jari menjadi [...]

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Bagaimanakah cara menghilangkan bekas jerawat? Acapkali jerawat yang telah berlalu di wajah meninggalkan bekas yang kerap permanen.Perlukaan tersebut tidak hanya menyebalkan, tetapi juga mempengaruhi kepercayaan diri bagi sebagian orang. Bisakah luka bekas jerawat dihilangkan? Jawabnya bisa.Untuk penanganan menghilangkan bekas jerawat, terdapat beberapa cara. Dan setiap teknik dan cara yang ada tergantung pada beberapa faktor, antara lain: Luas area bekas jerawat yang hendak dihilangkan. Dalamnya luka bekas jerawat. Beberapa Cara Menghilangkan & Menyamarkan Bekas Jerawat Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya: Dengan terapi laser Dermabrasi, dan lainnya. Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Kondisi bekas jerawat ringan dan cara memudarkan bekas jerawat: Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar han [...]

Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat berasal dari hasil inflamasi akibat pori-pori kulit yang membesar berisi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan bakteri. Ketika pori-pori kulit membengkak, dinding folikel akan robek dan rusak. Hal ini biasanya ringan dan menutup sendiri. Tapi bila robeknya terlalu parah atau dalam, kulit akan kesulitan untuk memperbaiki. Akibatnya, hasilnya tidak halus dan sempurna seperti sebelumnya, meninggalkan bekas jerawat.Bekas jerawat jauh lebih sulit dihilangkan daripada menghilangkan jerawat. Menghilangkan jerawat mungkin diperlukan antara 3 ? 7 hari. Tapi bekasnya bisa berbulan-bulan baru bisa hilang.Beberapa penyebab munculnya bekas jerawat justru dari diri Anda sendiri. Kebiasaan memencet jerawat adalah salah satunya. Kalau Anda memaksa memecahkan jerawat dengan memencetnya, justru malah memicu peradangan. Faktor lain yang dapat membuat jerawat berbekas adalah penggunaan kosmetik atau obat jerawat yang mengandung alkohol atau minyak.Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk menghilangkan atau mencegah bekas jerawat yang bisa Anda praktikkan: [...]

5 Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

5 Keuntungan Memiliki Hewan Peliharaan

Siapa sih yang tidak gemas melihat anjing atau kucing? Keberadaan mereka di rumah ternyata tak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga kesehatan fisiologis maupun psikologis. Dengan dukungan dari penelitian ilmiah, inilah 5 keuntungan memiliki hewan peliharaan:1. Membangkitkan suasana hatiBermain dengan hewan peliharaan mampu meningkatkan serotonin dan dopamin, dua zat kimia yang dapat menimbulkan rasa nyaman.2. Menurunkan tekanan darahKetika seseorang merasa tertekan, dukungan yang datang dari hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Bagaimana tidak? Melihat tingkah mereka yang lucu, Anda pasti akan langsung tertawa dan melupakan masalah sejenak.3. Mengurangi risiko alergi Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan memiliki penurunan risiko terkena alergi pada hewan. Studi tersebut juga menemukan bahwa anak-anak yang dekat dengan hewan peliharaan memiliki risiko lebih rendah terserang asma.Berikut manfaat kesehatan memiliki hewan peliharaan lainnya: [...]

Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Tahukah Anda, belakangan ini marak dibicarakan bagaimana jeruk nipis dapat menyembuhkan jerawat? Jeruk nipis disebut-sebut memiliki kandungan yang dapat membantu masalah jerawat. Yakni antibiotik alami.Benarkah Demikian?Sayangnya tidak mudah demikian. Untuk memahaminya, ada baiknya kita mengenal dahulu masalah jerawat lebih jauh.JerawatBagi sebagian orang, jerawat adalah masalah pada kulit wajah yang paling merepotkan. Perubahan yang tidak menyenangkan kerap menyertainya, yakni berupa bengkak, benjol-benjol, bernanah, dan menimbulkan rasa sakit.Jika jerawat tersebut digaruk atau dipencet akan menimbulkan bekas luka bewarna hitam yang sulit dihilangkan. Memberantasnya pun bukan termasuk perkara mudah.Penyebab pasti timbulnya jerawat belum diketahui, tetapi berbagai faktor diduga berperan sebagai penyebab timbulnya jerawat, antara lain dijelaskan di halaman berikut ini: Beberapa Faktor Penyebab Munculnya Jerawat: [...]

All About Suntik Kolagen

All About Suntik Kolagen

Oleh: dr. Indiradewi Hestiningsih Suntik kolagen sering digunakan untuk mempercantik kulit wajah dengan menghilangkan garis tertawa, kerut, kulit yang pecah?pecah pada tumit, membuat bibir dan pipi terlihat penuh. Sebenarnya suntik kolagen ini, cepat dan aman bila dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik dan harus dibicarakan dengan Anda sebelumnya. Kolagen adalah protin yang terdapat pada tulang, tulang rawan, kulit dan tendon. Kolagen pada kulit berguna untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Makin lama kolagen akan makin berkurang sehingga kuli akan timbul kerut dan kantong mata. Untuk melawan proses penuaan, banyak orang melakukan berbagai cara untuk mempertahankan kulit tetap seperti semula. - Terapi ini tepat untuk orang yang berusia antara 35 sampai dengan usia 60 tahun, - Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis tertawa. Dapat juga untuk membuat daerah terlihat penuh seperti bibir, dahi, pipi dan sekitar mulut. - Waktu yang dibutuhkan untuk penyuntikan sekitar 30 ? 60 menit dan pasien dapat kembali ke rumah tidak perlu rawat inap. Kolagen ada 2 macam: bovine dan filler dengan berbahan dasar human/manusia. Karena banyak pasien yang alergi terhadap ko [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *