Tips Menjaga Kesehatan Kulit Berdasarkan Jenis Kulitnya

menjaga-kulit-sehat

Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai pokok kebutuhan yang harus terpenuhi kesehatan juga menjadi faktor penunjang penamilan. Menyinggung masalah kesehatan sebagai penunjang penampilan, salah satunya dengan menjaga kesehatan kulit. Kesehatan kulit merupakan kesehatan yang sangat penting bagi tubuh manusia dengan menyangkut masalah penunjang penampilan seseorang. Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Antara lain kulit sebagai pelindung anggota tubuh dari paparan sinar matahari dan juga melindungi tubuh dari faktor polusi dan virus. Namun dalam skala besar masyarakat kurang memperhatikan akan hal tersebut. Seperti hanya membiarkan kulit dengan kondisi alami tanpa memberikan vitamin, nutrisi kulit maupun pelindung dari paparan sinar matahari dan juga virus. Seperti halnya kulit pada bagian tangan dan kaki yang sangat sering terkena paparan sinar matahari. Banyak kalangan yang mengabaikan tentang kelangsungan sinar matahari yang merepa dalam kulit sehingga kulit sampai mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan dan kadang sampai mengering pecah-pecah. Dalam kondisi seperti ini akan mengganggu penampilan dan kesehatan kulit anda karena perubahan warna kulit yang tidak merata akan berdampak hal yang kurang indah untuk dipandang.

Kulit memiliki beberapa karakter dan jenisnya, seperti kulit kering, kulit nornal, kulit sensitif dan kulit berminyak. Pada kondisi ini ada beberapa orang yang mengalami jenis kulit tertentu karena efek dari makanan yang telah dikonsumsi dan juga dari kondisi cuaca yang dapat menimbulkan penyakit speerti gatal-gatal dan alergi.

1. Kulit Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit yang memiliki karakteristik kullit yang mudah mengalami kering seperti pecah-pecah baik dalam volume kecil maupun besar pada bagian permukaan kulit. Biasanya kulit kering sering ditampilkan pada bagian pemukaan kulit lengan kaki, lengan tangan, telapak tangan , telapak kaki dan bagian muka. Pada kondisi ini disarankan seseorang menggunakan pelembab sebagai penyeimbang kondisi kulit agar tidak mengalami kering, jika hal ini dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan beberapa efek seperti pecah-pecah pada bagian permukaan kulit dalam volume besar dan akan tidak indah penampilannya, disarankan untuk menggunakan pelembab secara teratur atau sering sekitar 2 jam 1x setiap hari memberikan olesan pelembab kulit yang dengan menggunakan cream yang mengandung minyak zaitun, cream yang mengandung minyak zaitun juga baik untuk mengurangi pecah-pecah pada bagian permukaan kulit telapak kaki dan tangan. Karena minyak zaitun dapat membatu proses menurunkan terjadinya kulit yang pecah-pecah. Secara alami anda dapat menggunakan masker buah seperti masker buah pepaya dan mentimun. Karena selain dapat menyehatkan kulit, buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kondisi kulit anda dari kering dan pecah-pecah.

2. Kulit Normal

Kulit normal merupkan kulit yang memiliki kondisi dimana kulit tersebut tidak mudah terinveksi maupun berubah pada kondisi berminyak maupu kering. Kulit normal identik dengan kulit yang sehat dan indah. Namun jika pada kondisi tersebut tidak dirawat dengan baik, maka akan berdampak buruk pula. Karena pada dasarnya kulit juga membutuhkan nutrisi. Pada kondisi kulit normal, kulit juga dapat berubah warnanya saat permukaan kulit terpapar sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan dan warna kulit menjadi tetap bersih, putih dan sehat, sebaiknya seseorang yang memiliki kondisi kulit normal juga merawatnya dengan menggunakan pelembab, masker kulit dan juga memberi ekstrak masker buah seperti bengkoang.

3. Kulit Sensitif

Klit sensitif merupakan kulit yang memiliki sensitifitas tinggi. Pada kondisi tersebut kulit dapat terinfeksi bakteri maupun alergi dengan kondisi tertentu. Kondisi ini biasanya muncul akibat dari cuaca yang kurang baik dan juga akibat dari makanan yang dikonsumsi. Kulit sensitif lebih disarankan untuk menjaga lebih maksimal, karena kulit ini secara mudah menerima efek dari luar yang kurang baik. Seseorag yang memiliki kondisi tersebut sebaiknya merawat kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit dengan sedikit bahan pemutih. Sering membersihkan apalagi setelah melakukan aktifitas dari luar ruangan. Memberikan ekstrak buah-buahan pada kulit. Jika efek yang ditimbulkan berlebihan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menambahkan obat alergi. Dan yang paling penting juga memperhatikan tentang apa yang dikonsumsi, bahan-bahan makanan yang dapat menimbulkan efek kurang baik seharusnya dihindari seperti udang, kacang, lemak dll.

4. Kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya muncul pada bagian wajah dengan kondisi volume minyak yang ditimbulkan terlalu berlebihan, sehingga akan mengganggu penampilan seseorang. Kulit berminyak biasanya dapat menimbulkan jerawat pada permukaan kulit wajah. Hal ini ditengarai dengan adanya minyak yang berlebihan, maka kemungkinan besar kuman dan kotoran dari luar akan dengan mudah menempel pada bagian kulit wajah. Seseorang yang memiliki kondisi seperti ini disarakan untuk lebih sering membersihkan muka dengan menggunakan sabun anti bakteri secara teratur. Kulit berminyak juga dapat dirawat dengan bahan-bahan herbal seperti buah-buahan contohnya masker jeruk nipis, telur, tomat dan timun. Kulit yang cenderung berminyak, dan gampang menimbulkan jerawat sebaiknya menghidari bahan pelembab yang mengandung pemutih. Karena bahan pemutih dapat memacu pertumbuhan jerawat dengan cepat pada kulit dengan kondisi seperti ini.

Kesehatan kulit merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan selain menjaga kesehatan kulit itu sendiri juga untuk menjaga penampilan kulit itu sendiri. Perawatan yang dilakukan tidak harus mahal, anda juga dapat merawat kulit dengan bahan-bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah dan terjangkau seperti yang telah dipaparkan diatas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit

4 Saran Dokter Panduan Memilih Pelembap Kulit

Kulit tercantik bukan ditentukan oleh warnanya, tapi dari kondisinya. Bayangkan saja jika wajah putih tapi kulitnya terlihat kusam atau berjerawat, tentu tidak menarik bukan? Kulit wajah yang sehat ditandai dengan kondisi kulit yang lembap, kenyal, dan cerah. Namun cerah disini bukan berarti putih, melainkan segar dan tidak terlihat kusam. Cara paling mudah untuk mengecek kesehatan kulit adalah dengan mencubitnya, jika terasa lentur dan bentuknya langsung kembali seperti semula, itu tandanya kulit cukup sehat. Karenanya gunakan selalu moisturizer atau pelembap yang cocok dengan kondisi kulit agar kelembapannya selalu terjaga. Sebelum memilih pelembap, sebaiknya pilih dulu mana yang paling cocok dengan kondisi kulit Anda dan cermati kandungan yang dimiliki produk yang ada. Berikut ini adalah 4 panduan untuk dapat memilih pelembab lebih cermat: Panduan Memilih Pelembap Kulit 1. Pastikan Memiliki Sun P [...]

Pentingnya Merawat Kulit Wajah Pada Malam Hari

Pentingnya Merawat Kulit Wajah Pada Malam Hari

Malam hari merupakan waktu yang tepat bagi kulit wajah untuk melakukan regenerasi di mana sel-sel kulit yang baru akan tumbuh lebih cepat. Karena itu, penting sekali untuk memperbaiki kerusakan karena polusi, matahari dan stres pada waktu tersebut. Berikut adalah lima perawatan yang perlu Anda lakukan pada malam hari:Mencuci muka Mencuci muka adalah hal yang paling vital bagi kulit. Untuk kulit yang sensitif, hendaknya menggunakan produk yang bebas pengharum dan hipoalergenik.Gunakan wasker wajahMasker wajah membantu produk wajah yang Anda gunakan lebih bekerja secara maksimal.Oleskan retinoidSetelah mencuci dan membersihkan wajah, keringkan dan oleskan sedikit retinoid untuk membuat kulit wajah lebih halus.Aplikasikan pelembapPenggunakan pelembap pada malam hari akan membuat kulit lebih kenyal. untuk pelembap malam, pilih yang mengandung antioksidan, peptides, vitamin C dan A.Jangan lupakan krim mataKrim mata akan melindungi dan menghidrasi kulit sekitar mata. [...]

4 Tips Mengorek Telinga Agar Terhindar Dari Bahaya

4 Tips Mengorek Telinga Agar Terhindar Dari Bahaya

Pada kalangan masyarakat umumnya, kegiatan mengkorek telinga atau membersihkan kotoran telinga adalah kegiatan sudah biasa dan dilakukan oleh setiap manusia tanpa menghiraukan rutinitas dan bahan yang digunakan untuk mengkorek telinganya. Karena pada umumnya hal ini dilakukan untuk menghindari rasa gatal yang timbul dalam telinga tersebut. Namun tidak sedikit pula yang justru mengalami infeksi sampai harus melakukan perawatan medis. Dengan didukung banyaknya jenis alat pengorek telinga yang tersedia atau terjual dimasyarakat dengan banyak variasi bentuk dan bahan membuat kebanyakan masyarakat tidak menghiraukan jenis dan bahan dari alat tersebut mana yang baik digunakan dan mana yang membahayakan. Selain itu masyarakat juga sangat jarang yang menghiraukan tentang seberapa penting mengorek telinga dan seberapa sering mereka harus mengorek telinganya. Mengingat bahwa mengorek telinga merupakan hal rutinitas yang tidak boleh disepelekan, maka kami akan memberikan beberapa penjabaran seputar mengorek telinga. Artikel ini akan membahas beberapa tips cara mengorek telinga yang benar, bahan apa saya dan jenis apa yang baik digunakan untuk mengorek telinga, pola atau penjadwalan mengore [...]

Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan

Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, jaga nutrisi dan memulai pola makan yang lebih sehat; sudah umum sekali kita dengar menjadi tips kecantikan dalam mengurangi kerutan di kulit wajah. Kini tahukah Anda, ada beberapa tips mengurangi kerutan wajah lainnya yang sering luput dari perhatian kita, padahal secara tidak sadar kita sering melakukannya. Apa saja? Simak beberapa trik mengejutkan berikut ini: 1. Tidur TerlentangTidur malam dengan beberapa posisi tertentu dapat memicu timbulnya kerutan pada wajah, seperti tidur dengan posisi ke samping yang dapat memicu timbulnya kerutan pada pipi dan dagu. Tidur dengan posisi tengkurap dapat menimbulkan kerutan pada daerah alis mata. 2. Konsumsi Ikan Lebih BanyakIkan salmon (seperti jenis ikan lainnya) merupakan sumber protein yang tinggi, dimana protein ini sangat baik untuk kulit. Selain sebagai sumber omega-3, asam lemak yang ada juga dapat membantu memberi nutrisi ke kulit sehingga membuat kulit tampak muda. 3. Kurangi MengernyitMengernyit (mengerutkan alis mata) dapat meningkatkan kerja dari otot wajah sehingga dapat membentuk lekukan dibawah kulit wajah. Lekukan ini lama kelamaan dapa [...]

Ini Keuntungannya Memiliki Kulit Sawo Matang

Ini Keuntungannya Memiliki Kulit Sawo Matang

Krim pemutih masih menjadi primadona dalam industri kecantikan, setidaknya di Indonesia. Hal ini seolah menegaskan bahwa putih adalah warna kulit yang paling cantik, menarik, dan sehat. Lantas, bagaimana dengan kulit gelap?Ketahuilah bahwa kulit yang gelap belum tentu tidak menarik dan tidak sehat. Bahkan, kulit gelap memiliki melanosit yang mampu menghasilkan melanin dalam jumlah banyak.Melanin merupakan kandungan alami tubuh yang memberikan pigmen warna ke kulit, rambut, dan iris pada mata. Sel-sel yang dinamakan melanosit berada di bawah kulit dan bekerja untuk memproduksi melanin. Fungsi utama melanin adalah untuk menjaga terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.Oleh karena itu, sebenarnya orang-orang yang berkulit gelap memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan orang-orang yang berkulit terang. Apa sajakah keuntungannya? Fungsi Proteksi Paparan sinar matahari bisa menimbulkan penuaan kulit secara dini, serta memicu timbulnya kanker kulit. Kemampuan untuk melawan kerusakan yang ditimbulkan oleh radiasi sinar matahari bergantung pada berapa banyak kandungan melanin pada kulit Anda. Oleh sebab itu, kulit gelap bisa melindungi diri Anda dari berbaga [...]

All About Suntik Putih

All About Suntik Putih

Melalui metode suntikan, Anda dapat segera tampil cantik tanpa efek samping.Caranya? Anda harus kritis memilih bahan dan praktisinya. Tidak sedikit yang ingin tampil awet muda dan senantiasa menarik.Sedikitnya terdapat ada beberapa jenis metode suntikan yang dewasa ini populer di masyarakat.Untuk suntik putih, biasanya zat yang terkandung didalamnya adalah:1. Gluthathione Gluthathione merupakan antioksidan yang sering digunakan untuk pengobatan kanker dan AIDS.Efek samping yang dapat terjadi adalah mual, muntah, sakit pada lambung.Serta pernah dilaporkan terjadinya kerusakan fungsi hati karena dosis yang terlalu tinggi.Silakan klik next untuk melanjutkan. All About Suntik Putih 2. Vitamin CUntuk membuat kulit menjadi lebih putih biasanya dapat pula dikombinasikan dengan mengkonsumsi L- Gluthathione dan vitamin C dalam bentuk pil selama 3-6 bulan.Metode suntik apapun yang hendak Anda akan lakukan, past [...]

All About Suntik Botox

All About Suntik Botox

Oleh : dr. Indiradewi Hestiningsih Botox mengandung Toxin Botulinum yang merupakan protein neurotoksik yang digunakan untuk pengobatan. Toxin ini dihasilkan oleh Bakteri Clostridium Botulinum. Sering digunakan pada ketegangan otot. Sebagaimana diwajibkan di Amerika Serikat, proses penyuntikan BOTOX di Indonesia seyogyanya dilakukan oleh Dokter Bedah Plastik atau Dokter Spesialis Kulit. Toksin ini sering dijumpai pada makanan kalengan yang terkontaminasi spora pada lingkungan anaerob, kemudian berkembang dan menghasilkan toksin, sehingga dapat menyebabkan botulism. Toksin ini selain digunakan untuk kecantikan dapat pula digunakan pada orang yang menderita migraine, hiperhidrosis (keringat banyak), achalasia (gangguan menelan), cervical dystonia (ketegangan pada leher dan kepala). Botox, ternyata dapat pula digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan waktu pengosongan lambung. Efek Samping Suntik Botox Efek samping dapat disebabkan oleh cara penyuntikannya (kelumpuhan otot) dan struktur kimianya (protein). Selain itu dapat juga tampil memar yang terjadi karena salah tempat penyuntikan, bukan disebabkan oleh karena toksinnya. Efek samping l [...]

Jerawat Meradang Bagai Tamu Tak Diundang?

Jerawat Meradang Bagai Tamu Tak Diundang?

Namanya jerawat itu susah banget diusirnya. Rasanya, kalau satu jerawat hilang, tiba-tiba muncul lagi seperti tamu yang yang tak diundang. Hati jadi emosi kalau melihat wajah penuh jerawat waktu bercermin. (Baca: Cara Mengobati Jerawat) Penyebab jerawat memang belum diketahui dengan pasti. Tapi untuk mengobatinya tidak bisa hanya dalam semalam hilang. Harus sabar. Andai saja wajah bisa di-photoshop jadi bersih, bebas jerawat. (Baca: Cara Mengobati Jerawat) Nah, supaya tidak datang terus, kamu perlu banget mengetahui asal-muasalnya kenapa jerawat bisa muncul di wajah. (Baca: Cara Mengobati Jerawat) StresStres itu sumber penyakit. Nah, untuk kasus jerawat, ketika kamu stres, tubuh kamu otomatis memproduksi sebum lebih banyak dari normal, dimana menjadi pencetus kulit menjadi lebih berminyak. Sehingga kondisi sebum yang berlebih menjadi satu dengan sel-sel kulit mati dan bakteri penyumbat folikel rambut. Bila folikel rambut tersumbat, muncullah jerawat. Jadi, stres itu memperparah jerawat. Faktor HormonalSalah satu penyebab jerawat adalah meningkatnya hormon testosteron. Hormon ini yang bertanggung jawab dalam merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memp [...]

Cegah Keriput Muncul Dini dengan Tertawa

Cegah Keriput Muncul Dini dengan Tertawa

Seberapa sering Anda tertawa dalam sehari? Banyak yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat yang paling ampuh dan murah. Bahkan tertawa dijadikan sebagai terapi karena dianggap memiliki kekuatan untuk mempercepat penyembuhan.Sudah tidak sedikit tulisan yang menjelaskan bagaimana tertawa bisa membuat sehat sekaligus awet muda. Tapi yang mungkin Anda belum tahu adalah apa dan bagaimana hubungannya tertawa bisa membuat orang tampak lebih muda.Hal yang terpikir pertama adalah aspek kejiwaan, jiwa yang sering tersenyum dan tertawa diyakini memiliki tingkat kebahagiaan lebih tinggi. Benarkah demikian? Berikut ini beberapa manfaat tertawa yang penting untuk diketahui: Manfaat Tertawa Jangka Pendek - Menstimulasi banyak organTertawa meningkatkan asupan udara yang kaya oksigen, merangsang jantung, paru-paru dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.- Mengaktifkan dan meredakan respons [...]

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

Oleh: dr. Jessica Florencia Penuaan adalah salah satu fenomena yang mutlak nan hakiki. Kita tidak dapat menghentikannya. Namun demikian kita dapat menunda dan menghambat proses penuaan. Sehingga fisik kita dapat tampil lebih muda dari usia yang sewajarnya. Untuk mendukung proses perlambatan penuaan, sejatinya kita juga harus mengetahui hal-hal yang menjadi pencetus penuaan dini, baik pencetus dari dalam tubuh, maupun dari luar tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab penuaan dini dari luar, berikut paparannya: Faktor-faktor dari luar tubuh yang dapat mempercepat terjadinya penuaan adalah: 1. Merokok a. Nikotin akan membuat sel-sel kulit kekurangan cairan sehingga kelembaban berkurang, kulit menjadi kusam, kering dan kasar. b. Rokok secara umum menurunkan kadar vitamin A pada kulit wajah yang sebenarnya berfungsi sebagai anti-oksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. c. Tembakau membuat kerusakan kolagen kulit sehingga elastisitas berkurang dan kulit lebih mudah berkerut. d. Merokok, terutama dalam jangka waktu yang lama, akan menurunkan aliran darah pada arteri dan kapiler kulit wajah, sehingga dapat menyebabkan kematian sel kulit. Berkurangnya aliran darah akan m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *