Tips Menjaga Kesehatan Kulit Berdasarkan Jenis Kulitnya

menjaga-kulit-sehat

Kesehatan merupakan faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Selain sebagai pokok kebutuhan yang harus terpenuhi kesehatan juga menjadi faktor penunjang penamilan. Menyinggung masalah kesehatan sebagai penunjang penampilan, salah satunya dengan menjaga kesehatan kulit. Kesehatan kulit merupakan kesehatan yang sangat penting bagi tubuh manusia dengan menyangkut masalah penunjang penampilan seseorang. Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Antara lain kulit sebagai pelindung anggota tubuh dari paparan sinar matahari dan juga melindungi tubuh dari faktor polusi dan virus. Namun dalam skala besar masyarakat kurang memperhatikan akan hal tersebut. Seperti hanya membiarkan kulit dengan kondisi alami tanpa memberikan vitamin, nutrisi kulit maupun pelindung dari paparan sinar matahari dan juga virus. Seperti halnya kulit pada bagian tangan dan kaki yang sangat sering terkena paparan sinar matahari. Banyak kalangan yang mengabaikan tentang kelangsungan sinar matahari yang merepa dalam kulit sehingga kulit sampai mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan dan kadang sampai mengering pecah-pecah. Dalam kondisi seperti ini akan mengganggu penampilan dan kesehatan kulit anda karena perubahan warna kulit yang tidak merata akan berdampak hal yang kurang indah untuk dipandang.

Kulit memiliki beberapa karakter dan jenisnya, seperti kulit kering, kulit nornal, kulit sensitif dan kulit berminyak. Pada kondisi ini ada beberapa orang yang mengalami jenis kulit tertentu karena efek dari makanan yang telah dikonsumsi dan juga dari kondisi cuaca yang dapat menimbulkan penyakit speerti gatal-gatal dan alergi.

1. Kulit Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit yang memiliki karakteristik kullit yang mudah mengalami kering seperti pecah-pecah baik dalam volume kecil maupun besar pada bagian permukaan kulit. Biasanya kulit kering sering ditampilkan pada bagian pemukaan kulit lengan kaki, lengan tangan, telapak tangan , telapak kaki dan bagian muka. Pada kondisi ini disarankan seseorang menggunakan pelembab sebagai penyeimbang kondisi kulit agar tidak mengalami kering, jika hal ini dibiarkan dalam jangka panjang akan menyebabkan beberapa efek seperti pecah-pecah pada bagian permukaan kulit dalam volume besar dan akan tidak indah penampilannya, disarankan untuk menggunakan pelembab secara teratur atau sering sekitar 2 jam 1x setiap hari memberikan olesan pelembab kulit yang dengan menggunakan cream yang mengandung minyak zaitun, cream yang mengandung minyak zaitun juga baik untuk mengurangi pecah-pecah pada bagian permukaan kulit telapak kaki dan tangan. Karena minyak zaitun dapat membatu proses menurunkan terjadinya kulit yang pecah-pecah. Secara alami anda dapat menggunakan masker buah seperti masker buah pepaya dan mentimun. Karena selain dapat menyehatkan kulit, buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kondisi kulit anda dari kering dan pecah-pecah.

2. Kulit Normal

Kulit normal merupkan kulit yang memiliki kondisi dimana kulit tersebut tidak mudah terinveksi maupun berubah pada kondisi berminyak maupu kering. Kulit normal identik dengan kulit yang sehat dan indah. Namun jika pada kondisi tersebut tidak dirawat dengan baik, maka akan berdampak buruk pula. Karena pada dasarnya kulit juga membutuhkan nutrisi. Pada kondisi kulit normal, kulit juga dapat berubah warnanya saat permukaan kulit terpapar sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan dan warna kulit menjadi tetap bersih, putih dan sehat, sebaiknya seseorang yang memiliki kondisi kulit normal juga merawatnya dengan menggunakan pelembab, masker kulit dan juga memberi ekstrak masker buah seperti bengkoang.

3. Kulit Sensitif

Klit sensitif merupakan kulit yang memiliki sensitifitas tinggi. Pada kondisi tersebut kulit dapat terinfeksi bakteri maupun alergi dengan kondisi tertentu. Kondisi ini biasanya muncul akibat dari cuaca yang kurang baik dan juga akibat dari makanan yang dikonsumsi. Kulit sensitif lebih disarankan untuk menjaga lebih maksimal, karena kulit ini secara mudah menerima efek dari luar yang kurang baik. Seseorag yang memiliki kondisi tersebut sebaiknya merawat kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit dengan sedikit bahan pemutih. Sering membersihkan apalagi setelah melakukan aktifitas dari luar ruangan. Memberikan ekstrak buah-buahan pada kulit. Jika efek yang ditimbulkan berlebihan, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menambahkan obat alergi. Dan yang paling penting juga memperhatikan tentang apa yang dikonsumsi, bahan-bahan makanan yang dapat menimbulkan efek kurang baik seharusnya dihindari seperti udang, kacang, lemak dll.

4. Kulit berminyak

Kulit berminyak biasanya muncul pada bagian wajah dengan kondisi volume minyak yang ditimbulkan terlalu berlebihan, sehingga akan mengganggu penampilan seseorang. Kulit berminyak biasanya dapat menimbulkan jerawat pada permukaan kulit wajah. Hal ini ditengarai dengan adanya minyak yang berlebihan, maka kemungkinan besar kuman dan kotoran dari luar akan dengan mudah menempel pada bagian kulit wajah. Seseorang yang memiliki kondisi seperti ini disarakan untuk lebih sering membersihkan muka dengan menggunakan sabun anti bakteri secara teratur. Kulit berminyak juga dapat dirawat dengan bahan-bahan herbal seperti buah-buahan contohnya masker jeruk nipis, telur, tomat dan timun. Kulit yang cenderung berminyak, dan gampang menimbulkan jerawat sebaiknya menghidari bahan pelembab yang mengandung pemutih. Karena bahan pemutih dapat memacu pertumbuhan jerawat dengan cepat pada kulit dengan kondisi seperti ini.

Kesehatan kulit merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan selain menjaga kesehatan kulit itu sendiri juga untuk menjaga penampilan kulit itu sendiri. Perawatan yang dilakukan tidak harus mahal, anda juga dapat merawat kulit dengan bahan-bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah dan terjangkau seperti yang telah dipaparkan diatas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahayakah Berjemur Siang Hari?

Bahayakah Berjemur Siang Hari?

Walau kurang digemari diantara masyarakat Indonesia, kebiasaan berjemur (sunbathing) masih disukai segelintir orang, sekalipun sudah menjadi pengetahuan umum risiko berjemur siang hari dapat menuai risiko terkena kanker kulit, terdapat penelitian yang memberikan rekomendasi kesehatan yang baru untuk menyarankan agar masyarakat mendapatkan paparan sinar matahari yang sedikit, tanpa menggunakan suncream, di saat tengah hari. Tujuh organisasi kesehatan telah mengeluarkan saran secara bersamaan tentang vitamin D alami yang didapat oleh tubuh dari paparan sinar matahari. Vitamin D ini dapat membuat tulang menjadi semakin kuat dan dapat melindungi Anda dari penyakit Osteoporosis. Cancer Research UK dan The National Osteoporosis Society juga menyetujui tentang paparan sinar matahari yang ?sedikit dan sering? di musim panas, selama beberapa kali seminggu dapat bermanfaat bagi kesehatan. Para pakar kesehatan pun kini mengatakan bahwa pergi ke luar di bawah sinar matahari yang terik di tengah hari adalah hal yang baik, selama Anda menutupi atau menggunakan sun-screen sebelum kulit Anda berubah menjadi merah. Profesor Rona Mackie, dari Asosiasi Dermatologi Inggris mengatakan bahwa menggunakan [...]

Hal-Hal yang Penting Diketahui Soal Proses Penuaan Dini

Hal-Hal yang Penting Diketahui Soal Proses Penuaan Dini

Kulit yang halus dan lembut seperti kulit bayi menjadi idaman banyak orang. Baik pada anak maupun dewasa, kulit memiliki fungsi yang sama yakni sebagai pelindung, reseptor cahaya, regulasi suhu, bagian dari imunitas tubuh, sintesis hormon, mencegah hilangnya kadar air tubuh, dan persepsi sensoris.Kulit manusia terdiri atas serat protein kolagen dan elastin yang berlapis-lapis, yang memiliki peran dalam menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Ketika kulit diregangkan, kerangka protein ini akan mengembalikan bentuk kulit seperti semula.Pada bayi yang baru lahir, kulitnya memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu menyerap lebih banyak air dan mengeluarkan air lebih cepat dibandingkan kulit dewasa. Lapisan kulit anak kecil juga lebih tipis dibandingkan dengan dewasa. Sel-sel tubuh termasuk kulit anak membelah dan beregenerasi dalam kecepatan yang lebih tinggi dari dewasa untuk membantu proses pertumbuhan mereka.Namun di balik kelembutan dan kehalusan kulit bayi, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kulit bayi lebih rentan mengalami masalah seperti iritasi, infeksi, dan masuknya racun ke tubuh melalui kulit.Beda halnya ketika kulit memasuki masa pubertas pada manusia. Halaman [...]

Perawatan Wajah untuk Jenis Kulit Kombinasi

Perawatan Wajah untuk Jenis Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang dimiliki oleh kebanyakan orang. Ditandai dengan area berminyak di daerah T, yaitu dahi, hidung, dan dagu, namun kering di daerah pipi dan sekitar mata. Untuk merawatnya, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, di antaranya:Pembersih Pembersih yang tepat untuk jenis kulit kombinasi adalah madu yang masih segar (raw honey). Mengapa madu? Selain bermanfaat untuk penyembuhan kulit, madu mampu membantu mempertahankan kelembapan pada area wajah yang kering. Madu pun kaya akan mineral, vitamin (seperti vitamin B dan biotin), serta antioksidan.TonerToner penting untuk mengangkat sisa pembersih, riasan, sel kulit mati, dan minyak yang tersisa dan tidak terangkat oleh pembersih wajah. Untuk pemilik kulit kombinasi, toner mampu menghilangkan sebum berlebih dari area wajah yang berminyak, serta melembapkan area yang kering. Anda dapat membuat larutan mentimun atau air mawar sebagai toner alami.Halaman berikut menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pemilik kulit kombinasi lainnya: [...]

Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Cara Cepat Hilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat berasal dari hasil inflamasi akibat pori-pori kulit yang membesar berisi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan bakteri. Ketika pori-pori kulit membengkak, dinding folikel akan robek dan rusak. Hal ini biasanya ringan dan menutup sendiri. Tapi bila robeknya terlalu parah atau dalam, kulit akan kesulitan untuk memperbaiki. Akibatnya, hasilnya tidak halus dan sempurna seperti sebelumnya, meninggalkan bekas jerawat.Bekas jerawat jauh lebih sulit dihilangkan daripada menghilangkan jerawat. Menghilangkan jerawat mungkin diperlukan antara 3 ? 7 hari. Tapi bekasnya bisa berbulan-bulan baru bisa hilang.Beberapa penyebab munculnya bekas jerawat justru dari diri Anda sendiri. Kebiasaan memencet jerawat adalah salah satunya. Kalau Anda memaksa memecahkan jerawat dengan memencetnya, justru malah memicu peradangan. Faktor lain yang dapat membuat jerawat berbekas adalah penggunaan kosmetik atau obat jerawat yang mengandung alkohol atau minyak.Tapi jangan khawatir. Ada beberapa cara untuk menghilangkan atau mencegah bekas jerawat yang bisa Anda praktikkan: [...]

Mencegah Penuaan Dini Akibat Polusi

Mencegah Penuaan Dini Akibat Polusi

Kesal waktu bercermin, wajah kelihatan kusam, kotor, dan terlihat 10 tahun lebih tua? Jangan khawatir, kesalahan bukan pada cermin Anda. Tapi salahkan pada polusi yang sudah tidak terkendali lagi. (Baca: Bahaya Polusi Terhadap Kulit) Setiap hari kulit kita terpapar oleh polusi dari asap knalpot, debu, radikal bebas, serta kotoran. Dampaknya amat berbahaya bagi kulit. Polusi dapat menghalangi asupan oksigen yang diperlukan kulit sehingga wajah terlihat kusam. Lalu ditambah radiasi sinar ultraviolet yang menyebabkan berkurangnya produksi kolagen sehingga kulit kehilangan elastisitasnya yang berujung pada kerutan pada wajah. (Baca: Beberapa Cara Mengejutkan Mengurangi Kerutan di Wajah) Untuk mencegah penuaan dini pada wajah, Anda perlu melakukan beberapa hal: Jauhi daerah berpolusi tinggi. Bila naik motor, lindungi wajah Anda dari debu dan kotoran dengan kaca helm. Mulai mengonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan, seperti buah-buahan dan sayur-mayur. Hindari stress. Berolahraga. Rutin membersihkan wajah dengan produk perawatan yang mengandung activated carbon untuk menyerap kotoran dari polusi yang menempel di kulit. Pol [...]

Makan Kacang Bisa Bikin Jerawatan?

Makan Kacang Bisa Bikin Jerawatan?

Jerawat merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan pada tempat-tempat tertentu.Biasanya muncul pada wajah, bahu, dada bagian atas, dan punggung bagian atas. Kadang-kadang terdapat juga pada leher, lengan atas, dan bokong.Usia, faktor keturunan, dan cuaca secara tidak langsung dapat memicu terjadinya jerawat. Bagaimana dengan makanan, dalam hal ini adalah kacang?Protein dan lemak yang tinggi pada kacang termasuk sulit dicerna. Jika protein dan lemak ini tidak tercerna dengan baik, sistem kekebalan tubuh dapat membuat antibodi yang dapat menyebabkan peradangan pada kelenjar sebaceous dan menimbulkan jerawat. Apabila kondisi kulit Anda memburuk setelah makan kacang, pilihlah kacang panggang ketimbang kacang mentah karena proses pemanggangan akan menguraikan banyak protein di dalamnya. Pilihan lain adalah dengan merendam kacang sebelum dikonsumsi untuk membantu memperlancar pencernaan.Jerawat juga dapat muncul karena alergi. Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikut: [...]

6 Rahasia Kulit Wajah Cantik Berseri

6 Rahasia Kulit Wajah Cantik Berseri

Memiliki kulit wajah cantik berseri tentunya menjadi dambaan setiap orang. Namun masih banyak yang salah kaprah memahami bagaimana kulit wajah cantik berseri sepantasnya didapat. Bukan dari tata rias, apalagi mengandalkan kosmetik. Namun justru membangun kecantikan kulit wajah dari dalam, yakni membangun kulit wajah yang sehat melalui pola hidup yang sehat dan cantik. Yuk simak tips-tips untuk memiliki kulit wajah sehat dan bersinar seperti model iklan: 1. Stop merokok Bahan beracun yang terkandung dalam rokok seperti nikotin, karbonmonoksida, amonia dan bahan berbahaya lainnya dapat berefek langsung terhadap berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, kerutan dan keriput, terhambatnya proses penyembuhan kulit dan tumbuhnya sel kulit baru, jerawat, bisul, bahkan kanker kulit. Berikut beberapa tips kulit cantik lainnya: Rahasia Cara Kulit Cantik & Sehat: 2. Gunakan selalu tabir surya Selain menye [...]

Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko. Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik. Es krim merupakan j [...]

All About Suntik Botox

All About Suntik Botox

Oleh : dr. Indiradewi Hestiningsih Botox mengandung Toxin Botulinum yang merupakan protein neurotoksik yang digunakan untuk pengobatan. Toxin ini dihasilkan oleh Bakteri Clostridium Botulinum. Sering digunakan pada ketegangan otot. Sebagaimana diwajibkan di Amerika Serikat, proses penyuntikan BOTOX di Indonesia seyogyanya dilakukan oleh Dokter Bedah Plastik atau Dokter Spesialis Kulit. Toksin ini sering dijumpai pada makanan kalengan yang terkontaminasi spora pada lingkungan anaerob, kemudian berkembang dan menghasilkan toksin, sehingga dapat menyebabkan botulism. Toksin ini selain digunakan untuk kecantikan dapat pula digunakan pada orang yang menderita migraine, hiperhidrosis (keringat banyak), achalasia (gangguan menelan), cervical dystonia (ketegangan pada leher dan kepala). Botox, ternyata dapat pula digunakan untuk menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan waktu pengosongan lambung. Efek Samping Suntik Botox Efek samping dapat disebabkan oleh cara penyuntikannya (kelumpuhan otot) dan struktur kimianya (protein). Selain itu dapat juga tampil memar yang terjadi karena salah tempat penyuntikan, bukan disebabkan oleh karena toksinnya. Efek samping l [...]

10 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

10 Cara Mudah Mengatasi Jerawat

Jika jerawat sudah muncul, serasa mood akan rusak selamanya. Dampaknya tidak hanya kepada kepercayaan diri, tapi juga dapat berpengaruh pada kelancaran kehidupan sosial. Bagi Anda yang khawatir dengan munculnya jerawat, berikut ini ada 10 tips dari medis sebagai cara mengobati jerawat di kemudian waktu: Usahakan Wajah Selalu Bersih Entah Anda memliki kondisi jerawat atau tidak sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan wajah Anda. Bersihkan wajah Anda 2 kali dalam sehari untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati, kotoran, dan minyak di permukaan kulit. Disarankan mencuci muka dua kali dalam sehari. Gunakan air hangat bukan panas dan pembersih wajah. Gunakan sabun yang lembut oleh karena sabun keras dapat membuat radang dan memperberat jerawat. Hindari mengusap wajah terlalu keras, bersihkan wajah secara lembut dan perlahan. (Baca: cara mengobati jerawat)t Cara-cara Mudah Mengatasi Jerawat: Beberapa kiatnya adalah sebagai berikut: Pelembab Beb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *