Tiru Jokowi, Anggota DPRD Ini Bikin Kartu Jamkesmuh

057246600_1415011642-z1.jpg

Seorang anggota DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Abdul Muis ingin membuat kartu “Jaminan Kesehatan dari Abdul Muis” (Jamkesmuh)untuk meniru Presiden Jokowi yang membuat “Kartu Indonesia Sehat” (KIS).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, di Banjarmasin Rabu menyatakan, keinginan membuat kartu Jamkesmuh itu untuk dibagikan sebagai jaminan kesehatan bagi masyarakat di daerah pemilihan (dapil)-nya.

“Kartu Jamkesmuh itu, insya Allah dibagikan ke masyarakat dapil saya, Junuari 2015,” katanya kepada wartawan di Banjarmasin.

Pria yang panggilannya Haji Mumuh itu menyatakan, kartu Jamkesmuh yang dia bagikan bisa dimanfaatkan masyarakat jika mau berobat di praktek dokter swasta, yakni dr Fajar di Jalan Kuripan Banjarmasin.

“Bagi pemegang kartu Jamkesmuh gratis berobat di sana (praktek dr Fajar tersebut),” paparnya seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/11/2014).

Ketika ditanya, berapa jumlah kartu Jamkesmuh yang akan dibagikan? dia menyebutkan 2.760 lembar. “Sebagaimana suara yang saya dapat pada pemilihan legeslatif lalu,” ucapnya.

Menurut dia, kartu Jamkesmuh tidak hanya berguna bagi jaminan kesehatan, namun juga dapat digunakan lainnya. “Misalnya ada kematian, pengantenan (acara walimah), dan program kemasyarakatan lainnya, bagi pemegangnya saya beri bantuan,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut dia, saat dirinya berkampanye dulu, pernah menjanjikan bagi masyarakat di dapilnya, yakni wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, jika dirinya terpilih kembali akan mengusahakan bantuan.

Sebagai contoh bagi warga masyarakat yang mengalami musibah, berupa kematian dibantu Rp500 ribu, mengadakan acara walimahan perkawinan dibantu air kemasan/mineral sebanyak 10 dus, ungkapnya.

Wakil rakyat dari PAN yang dua kali duduk di DPRD tersebut mengatakan, program kemasyarakatan yang dijanjikan itu sudah dia kerjakan sejak satu periode lalu hingga sekarang. “Tapi baru sekarang saja kita buat dengan bentuk kartu,” ujarnya.

Mengenai dana, dia menyatakan, dananya tersebut diambil dari kantongnya sendiri. “Ya, duit kita sendiri, kita sisihkan lah dari penghasilan kita sebagai dewan ini,” paparnya.

Selain masalah kesra, dia juga berencana mengembangkan program bank sampah di wilayah pemilihannya. “Setiap kelurahan nantinya kita bangun bank sampah,” tuturnya.

Ia mengatakan, di Banjarmasin Selatan ada 12 keluarahan yang akan dia kembangkan bank sampah, dan dikelola masyarakat setempat untuk membantu supaya bisa mandiri.

“Karena di Banjarmasin Selatan bisa mendapatkan suara dan duduk di DPRD Kota Banjarmasin. Nanti saya bantu timbangan setiap bank sampah, dan ada mobil pic up nantinya juga saya sediakan untuk mengumpul semua sampah di bank-bank sampah yang dikelola itu,” ucapnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Rapor Merah untuk Kemendikbud Kalau Hapus Bahasa Inggris

Rapor Merah untuk Kemendikbud Kalau Hapus Bahasa Inggris

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia berencana menghilangkan pelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Mengetahui rencana ini, Psikolog Tika Bisono menganggap tindakan itu sebagai kemunduran"Bagi saya, bila ada satu pelajaran yang dihapus, itu adalah sebuah kemunduran. Apalagi katanya, saya juga tahu dari wartawan, kalau Kemendikbud takut anak-anak sekolah di Indonesia tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik," kata Tika Bisono dalam acara `Dompet Dhuafa dan GNOTA: Move On untuk Pendidikan Anak Indonesia` di Blok M Plaza, Jakarta, Jumat (2/5/2014)Sah-sah saja seorang anak mendapatkan pelajaran bahasa asing di sekolah. Pengajar dan pihak terkait memiliki tugas untuk mengingatkan pada anak-anak itu, untuk tidak melupakan Bahasa Indonesia. Yang mana, menurut dia, Bahasa Indonesia adalah Bahasa Ibu."Kalau mereka tidak bisa berbahasa Inggris, bagaimana mereka mau bersaing di dunia luar. Ini harus diperhatikan," kata Tika menambahkan.Menurut Tika, dengan segala rencana yang dibuat Kemendikbud terkait kurikulum yang akan diberikan pada anak-anak, sudah sepantasnya mendapatkan nilai merah. Ibarat ujian, nilai yang dari Kemendikbud ini membuatnya harus mengula [...]

Saran Kemenag RI bagi Jemaah Umrah

Saran Kemenag RI bagi Jemaah Umrah

Meski Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengemukakan darurat kesehatan di Arab Saudi terkait virus korona atau Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV). Langkah pencegahan virus korona dirasa perlu dilakukan oleh Kementerian Agama. Seperti disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu bahwa ada beberapa kriteria yang saat ini tidak disarankan untuk berangkat umrah, seperti: 1. Berusia diatas 65 tahun 2. Jemaah dengan penyakit kronis (seperti penyakit jantung, ginjal, saluran pernapasan, diabetes) 3. Jemaah dengan defisiensi kekebalan tubuh 4. Wanita hamil dan anak-anak dibawah umur 12 tahun Menurut Anggito, kriteria tersebut dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan bukan untuk menimbulkan kepanikan. "Sejauh ini belum ada kasus virus korona di Indonesia. Tapi untuk mencegahnya, Kementerian Agama telah berkoordinasi dengan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) untuk meningkatkan sosialisasi atau penyebaran informasi mengenai virus korona kepada para anggotanya," kata Anggito saat temu media di Kantor Kementerian Agama, Selasa (6/5/2014). [...]

Terlalu Kurus Bikin Anda Cepat Mati?

Terlalu Kurus Bikin Anda Cepat Mati?

Tidak sedikit dari wanita beranggapan bahwa memiliki tubuh gemuk berisiko pada kematian. Itulah sebab wanita mati-matian menurunkan berat badannya agar terlihat ideal. Tapi tahukah Anda, menjadi kurus juga meningkatkan risiko seseorang pada kematian? Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiologi and Public Health, peneliti melakukan analisa terhadap 51 penelitian yang meneliti adanya hubungan antara indeks massa tubuh (BMI) dan kematian dari setiap penyebab.Setiap penelitian termasuk dalam analisis telah berlangsung setidaknya selama lima tahun, untuk memerhitungkan apakah kekurangan gizi, penyalahgunaan zat, merokok, status berpenghasilan rendah, kesehatan mental atau perawatan diri yang buruk.Dikutip dari Fox News, Kamis (2/4/2014) secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan berat badan, dengan BMI 18,5 atau kurang, memiliki 1,8 kali risiko lebih tinggi untuk menginggal dunia, dibandingkan dengan orang yang BMI normal hinggal 24,9.Selain itu, orang yang obesitas memiliki risiko 1,2 kali lebih tinggi meninggal dibandingkan dengan orang pada berat badan normal, dan orang yang sangat gemuk memiliki risiko 1,3 kali lebih tinggi. [...]

Mau Nyumbang Sperma dan Dibayar di Sini?

Mau Nyumbang Sperma dan Dibayar di Sini?

Bayaran seharusnya tidak menjadi alasan utama seseorang untuk mendonorkan spermanya. Tetapi, di Bank Sperma ini mereka yang mendonorkan sperma ternyata dibayar cukup mahal. Sebuah Bank Sperma di California bernama California Cyrobank (CCB) membayar 125 dolar untuk tiap sperma yang didonorkan. Itu artinya, Anda akan menerima 1500 dolar perbulan jika rutin mendonorkan sperma 3 kali seminggu. Selain mendapatkan uang, ada banyak bonus-bonus lain yang diberikan Bank Sperma ini. Diantara insentif lain yang diberikan adalah tiket menonton bioskop dan pemeriksaan kesehatan gratis. Meskipun begitu, pendapatan dari mendonorkan sperma tersebut juga tetap dikenai pajak. Jadi, tambah lagi satu alasan kalau Anda ingin mendonorkan sperma. Selain untuk membantu orang lain, mendonorkan sperma juga dapat mempertebal dompet Anda. [...]

Menkes Minta BPJS Atasi Antrean Mengular di RS

Menkes Minta BPJS Atasi Antrean Mengular di RS

Empat bulan sejak Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berlaku, perlahan banyak masyarakat yang menyadari manfaatnya. Sayangnya, beberapa hal masih perlu dibenahi seperti misalnya antrean lama peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Fatmawati-Jakarta. Seperti disampaikan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi bahwa keluhan peserta BPJS Kesehatan masih tinggi walaupun Kementerian Kesehatan sudah minta BPJS untuk menambah loket untuk mencegah antrean. "Saya sudah minta BPJS beri loket tambahan. Karena semakin lama mereka makin merasakan manfaatnya. Saat seseorang sehat, dia bayar iuran sebagai amal amanah untuk menolong orang sakit. Sebaliknya, saat dia sakit, dia ditolong jadi bayarannya lebih rendah. Semangat gotong royong ini beri manfaat," kata Menkes saat peresmian gedung Bougenville di RSUP Fatmawati, Jakarta, ditulis Selasa (22/4/2014). Menkes pun berharap masalah ini dapat teratasi dan fokus pendaftaran bisa dilakukan di tingkat RT-RW. [...]

Kak Seto : Harus Ada Gerakan Nasional Lawan Kekerasan pada Anak

Kak Seto : Harus Ada Gerakan Nasional Lawan Kekerasan pada Anak

Pemerhati anak Seto Mulyadi yang akrab dipanggil Kak Seto mengatakan bahwa kasus kekerasan terhadap anak-anak pada saat ini sudah semakin mengkhawatirkan. "Ini bukan lagi kekerasan melainkan sudah kekejaman," kata Kak Seto kepada Antara di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (1/5/2014). Seto menegaskan, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat harus melakukan sesuatu guna meminimalkan kasus kekerasan terhadap anak. Dia memberi contoh kasus dugaan kekerasan seksual terhadap murid Jakarta International School. "Kita jangan membiarkan kasus seperti itu kembali terulang," katanya. Kak Seto mengatakan dirinya tidak ingin kasus serupa terjadi di tempat lain. "Jangan sampai terjadi kasus serupa, karena sekolah seharusnya menjadi tempat yang aman bagi anak-anak," katanya. Menurut dia, kasus tersebut merupakan bentuk kekejaman terhadap anak. "Perlu gerakan bersama untuk melawan segala bentuk kekerasan terhadap anak," katanya. Menurut dia, gerakan bersama tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, namun juga seluruh masyarakat harus ikut berpartisipasi. "Kita buat semacam gerakan nasional di mana seluruh pihak ikut berpartisipasi," katanya. Dia juga meminta presiden ikut serta da [...]

Agar Selalu Bugar, Teuku Wisnu Contoh Pola Makan Rasulullah

Agar Selalu Bugar, Teuku Wisnu Contoh Pola Makan Rasulullah

Agar terhindar dari berbagai macam penyakit, pesinetron Teuku Wisnu lebih memilih menjaga pola makan ketimbang melakukan diet ketat. Dulu, dia pernah menjalani pola makan seperti yang diajarkan Rasulullah."Saya pernah baca buku tentang pola makan Rasulullah. Saya coba ikuti, tapi kerap tergoda untuk melanggar semua yang dikatakan buku. Pernah satu waktu saya ngedrop sekali. Saya kapok, dan saya harus memulainya lagi dengan benar," kata Teuku Wisnu kepada Health Liputan6.com, belum lama ini.Bagi Wisnu, sumber penyakit yang terjadi pada manusia berasal dari pencernaan. Maka itu, agar pencernaannya tidak mengalami gangguan, pola makanlah yang harus diperhatikan."Porsi makan juga harus diperhatikan. Sebab, di lambung kita harus terdiri dari sepertiga makanan, sepertiga minuman, dan sepertiga udara," kata Wisnu."Kalau makan pun jangan kenyang-kenyang banget. Nanti jadinya malas, dan menimbulkan efek negatif lainnya," kata Wisnu menambahkan.Selain itu, tambah Wisnu, jangan pernah memikirkan sesuatu terlalu dalam hingga timbul stres. Justru, stres itu yang akan membuat tubuh manusia jadi semakin drop, dan gampang sakit. "Jangan stres, jangan galau. Justru stres dan galau bikin badan kita [...]

Untuk Pertama Kali, Ngaben Ada di RS Sentra Medika Bogor

Untuk Pertama Kali, Ngaben Ada di RS Sentra Medika Bogor

Jika biasanya warga Bali mengikuti proses Pelebon Agung (Ngaben) di Pura atau sepanjang jalan di Bali. Penampakan tak biasa kini justru muncul di sebuah Rumah Sakit Sentra Medika yang terletak di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Menurut Direktur Utama RS Sentra Medika Cibinong, Suherman Widyatomo acara ini merupakan apresiasi terhadap keluarga duka sekaligus untuk meringankan keluarga dalam mencapai kesempurnaan menghadap sang pencipta. "Seperti pelangi, kami ingin melayani pasien dengan one stop service. Kebetulan, ini acara umat Hindu. Jadi kami fasilitasi mereka. Tapipelayanan RS tidak terfokus pada satu agama. Semua agama termasuk islam, konghucu ataupun kristen akan kami bantu," katanya padaLiputan6.com, Jumat (19/9/2014). Herman menerangkan, RS Sentra Medika memiliki lahan seluas 6 hektare yang terdiri dari rumah sakit, rumah duka kan Krematorium (Rumah Abu). Ia mengatakan, acara Ngaben atau Pelebon ini dilakukan untuk pertama kalinya di kawasan Jabodetabek. "RS lain mungkin lahannya terbatas, tapi disini luas. Ngaben nanti akan dilakukan dekat danau. Kebetulan yang meninggal adalah pemukaagama, dan pernah jadi anggota militer. Jadi sebelum melakukan upacara, jenazah juga aka [...]

Hemofilia akan Masuk dalam Program JKN

Hemofilia akan Masuk dalam Program JKN

Penyakit hemofilia merupakan salah satu jenis penyakit yang biaya pengobatan terbilang mahal. Namun, di era BPJS, keluarga penyandang hemofilia tak perlu mencemaskan hal ini. Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Ali Ghufron Mukti, MSC, PhD mengatakan, pemerintah akan membantu para penyandang hemofilia dengan memasukan ke dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). "Kita menginginkan tidak hanya memikirkan bagaimana pencegahan hemofilia, tapi juga penanganan, treatment, bahkan dalam rehabilitasi. Sehingga nantinya, hidup pasien tidak hanya normal, melainkan produktif," kata Ali Ghufron dalam Kongres Nasional Hemofilia 2014 di Bandung, Jawa Barat, seperti ditulis Minggu (23/3/2014). Wamenkes menjelaskan bahwa pembiayaan pengobatan penyakit ini dikatakan bervariasi, karena tergantung jenis dan kondisinya. Apalagi bila terdapat komplikasi, maka biaya akan lebih mahal. Hemofilia merupakan kelainan perdarahan langka yang menyebabkan penderitanya mengalami perdarahan yang sulit berhenti ketika terluka. Penyakit ini dimulai dengan terjadinya pendarahan internal dalam sendi, otot dan jaringan lainnya yang menyebabkan sakit parah atau kerusakan pada sendi [...]

BBM Naik, Harga Obat Juga Naik

BBM Naik, Harga Obat Juga Naik

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) premium sekitar Rp 2.000 diperkirakan akan memengaruhi harga obat. Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan kenaikan harga obat tidak akan lebih dari satu persen. "Kami sudah hitung-hitung karena memang ada biaya angkut, tapi itu tidak lebih dari satu persen," kata Menkes pada wartawan di sela acara Simposium Penelitian Pembangunan Kesehatan se Asia Pasifik ke-2 di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (18/11).Menkes menerangkan, kenaikan harga alat-alat kesehatan juga sangat bergantung pada tempat membelinya. "Saya kira itu dolar kalau (alat kesehatannya) impor. Tapi kalau buatan sendiri tergantung alat kesehatannya apa," tambah Menkes.Sebelumnya, pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB. Harga premium naik Rp 2.000 menjadi Rp 8.500 per liter dari sebelumnya Rp 6.500 per liter. Sementara harga solar naik Rp 2.000 dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *