Tiru Jokowi, Anggota DPRD Ini Bikin Kartu Jamkesmuh

057246600_1415011642-z1.jpg

Seorang anggota DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Abdul Muis ingin membuat kartu “Jaminan Kesehatan dari Abdul Muis” (Jamkesmuh)untuk meniru Presiden Jokowi yang membuat “Kartu Indonesia Sehat” (KIS).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, di Banjarmasin Rabu menyatakan, keinginan membuat kartu Jamkesmuh itu untuk dibagikan sebagai jaminan kesehatan bagi masyarakat di daerah pemilihan (dapil)-nya.

“Kartu Jamkesmuh itu, insya Allah dibagikan ke masyarakat dapil saya, Junuari 2015,” katanya kepada wartawan di Banjarmasin.

Pria yang panggilannya Haji Mumuh itu menyatakan, kartu Jamkesmuh yang dia bagikan bisa dimanfaatkan masyarakat jika mau berobat di praktek dokter swasta, yakni dr Fajar di Jalan Kuripan Banjarmasin.

“Bagi pemegang kartu Jamkesmuh gratis berobat di sana (praktek dr Fajar tersebut),” paparnya seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/11/2014).

Ketika ditanya, berapa jumlah kartu Jamkesmuh yang akan dibagikan? dia menyebutkan 2.760 lembar. “Sebagaimana suara yang saya dapat pada pemilihan legeslatif lalu,” ucapnya.

Menurut dia, kartu Jamkesmuh tidak hanya berguna bagi jaminan kesehatan, namun juga dapat digunakan lainnya. “Misalnya ada kematian, pengantenan (acara walimah), dan program kemasyarakatan lainnya, bagi pemegangnya saya beri bantuan,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut dia, saat dirinya berkampanye dulu, pernah menjanjikan bagi masyarakat di dapilnya, yakni wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, jika dirinya terpilih kembali akan mengusahakan bantuan.

Sebagai contoh bagi warga masyarakat yang mengalami musibah, berupa kematian dibantu Rp500 ribu, mengadakan acara walimahan perkawinan dibantu air kemasan/mineral sebanyak 10 dus, ungkapnya.

Wakil rakyat dari PAN yang dua kali duduk di DPRD tersebut mengatakan, program kemasyarakatan yang dijanjikan itu sudah dia kerjakan sejak satu periode lalu hingga sekarang. “Tapi baru sekarang saja kita buat dengan bentuk kartu,” ujarnya.

Mengenai dana, dia menyatakan, dananya tersebut diambil dari kantongnya sendiri. “Ya, duit kita sendiri, kita sisihkan lah dari penghasilan kita sebagai dewan ini,” paparnya.

Selain masalah kesra, dia juga berencana mengembangkan program bank sampah di wilayah pemilihannya. “Setiap kelurahan nantinya kita bangun bank sampah,” tuturnya.

Ia mengatakan, di Banjarmasin Selatan ada 12 keluarahan yang akan dia kembangkan bank sampah, dan dikelola masyarakat setempat untuk membantu supaya bisa mandiri.

“Karena di Banjarmasin Selatan bisa mendapatkan suara dan duduk di DPRD Kota Banjarmasin. Nanti saya bantu timbangan setiap bank sampah, dan ada mobil pic up nantinya juga saya sediakan untuk mengumpul semua sampah di bank-bank sampah yang dikelola itu,” ucapnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Uji Klinis Sukses, Vaksin DBD Siap Digunakan 2015

Uji Klinis Sukses, Vaksin DBD Siap Digunakan 2015

Perusahaan farmasi asal Perancis, Sanofi SA akhirnya mengumumkan kesiapannya meluncurkan vaksin Demam Berdarah Dengue (DBD) pada 2015. Setelah berhasil melewati uji klinis, Kepala Unit Vaksin DBD, Guillaume Leroy mengungkapkan vaksin ini akan diuji efektivitasnya pada lebih dari 200.000 orang di Amerika Latin."Kami berada pada tonggak yang penting. Akhir tahun ini kita akan mendapat analisis lengkap hasil vaksin," kata Leroy, seperti dikutip China Daily, Selasa (17/6/2014).Sebelumnya, Sanofi telah meneliti lebih dari 20 tahun dalam pembuatan vaksin DBD. Vaksin ini sulit dibuat mengingat DBD memiliki empat strain yang berbeda. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri mencatat endemik DBD terjadi di lebih dari 100 negara, 4 dari 10 orang bahkan beresiko terinfeksi. Lebih dari dua pertiga kasus DBD di dunia berasal dari Asia, dengan Asia Tenggara sebagai kontributor utama. [...]

Sido Muncul Olah Ampas Jamu Jadi Biomas

Sido Muncul Olah Ampas Jamu Jadi Biomas

Sido Muncul Group mengolah ampas berbagai tumbuhan yang menjadi bahan pembuatan jamu dan minuman berenergi sebagai sumber energi berbentuk biomas. "Akhir bulan ini sudh mulai diproduksi," kata Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat usai pemberian bantuan bagi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Kabanjahe, Sumatera Utara, Sabtu. Menurut Irwan, selama ini ampas atau sisa tumbuhan yang diolah menjadi jamu dan minuman energi tersebut belum digunakan secara maksimal. Setelah melalui penelitian dan pengujian, diketahui ampas-ampas dari tumbuhan tersebut dapat dipadatkan dan diolah menjadi biomas. "(Biomas) itu sudah coba digunakan untuk mesin pemanas dan pengering," katanya. Dalam penelitian dan pengujian tersebut, diketahui biosmas itu ramah lingkungan karena diolah dari bahan-bahan organik tumbuhan, seperti jahe, temulawak, daun cengkih, dan kunyit. "Kita sudah tes, emisi gas buangnya bukan B3 (bahan beracun dan berbahaya)," ujar Irwan. Ia mengatakan, dari potensi bahan dari sisa pengolahan jamu dan minuman berenergi tersebut, pihaknya memperkirakan dapat menghasilkan biomas sekitar 40 ton per hari. Pihaknya akan menjual biomas yang ramah lingkungan tersebut dengan harg [...]

Aneka Manfaat Kesehatan Pohon Natal Asli

Aneka Manfaat Kesehatan Pohon Natal Asli

Pohon cemara maupun pohon pinus merupakan salah satu tanaman wajib ada saat Natal. Pohon ini kemudian dihias dengan aneka lampu dan boneka yang menjadikannya sebagai dekorasi cantik untuk menyemarakkan suasana Natal. Meskipun kini sudah banyak dijual pohon Natal plastik masih banyak orang yang setia menggunakan tumbuhan cemara hidup saat Natal dan untungnya, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari tumbuhan ini. Seperti dilansir dari laman Health, Rabu (24/12/2014) ini manfaat pohon pinus serta cemara dalam kehidupan. 1. Mengandung Vitamin C Menurut legenda, penjelajah Prancis Jacques Cartier pernah terjebak di suatu wilayah. Pada kondisi itu, ia dan kru menghadapi kematian karena penyakit kudis. Untungnya ia bertemu dengan kepala suku setempat dan diberikan seduhan teh pinus. Hal ini pun membuat penasaran ilmuwan Prancis bernama Jacques Masquelier di tahun 1940 menemukan fakta bahwa kulit kayu pinus mengandung Vitamin C. Penelitian pun dilanjutkan, Masquelier menguji pohon cemara laut dan ternyata kaya senyawa antioksidan berisi flavonol dan bioflavonoid. Kandungan tersebut kemudian diolah menjadi suplemen makanan bernama Pycnogenol. 2. Redakan stres Ditambahkan dari Te [...]

Soal Rokok, Orang Indonesia Egois dan Tak Peduli Orang Lain

Soal Rokok, Orang Indonesia Egois dan Tak Peduli Orang Lain

Sifat adiktif rokok membuat para perokok kerap susah lepas dari kebiasaan tidak sehat ini. Untuk membuat para perokok sadar akan bahaya racun ini, bukan pekerjaan mudah. Bahkan, menasihati para perokok merupakan pekerjaan sia-sia. Sama halnya seperti menasehati orang yang sedang jatuh cinta dengan selingkuhannya.Hal senada pun diungkapkan Kartono Mohamad dari Komisi Nasional Pengendalian Tembakau di Indonesia. Ia mengatakan, mengingatkan seorang perokok untuk mematuhi peraturan dan menyadarkan dampak buruknya di masa akan datang sangatlah susah, terlebih di Indonesia. Pria yang mengaku masuk ke dalam 10 daftar musuh petani tembakau ini, mengatakan, memiliki ego yang sangat besar membuat perokok selalu mengacuhkan apa yang dikatakan orang lain terhadap dirinya. Secara tegas ia menyebutkan, masyarakat Indonesia adalah orang yang egois, berbeda jauh dari citra yang ada selama ini."Jangan sangka bahwa orang Indonesia memiliki jiwa sosial besar. Orang Indonesia itu egois. Orang mau ngomong apa, terserah. Yang penting baginya, dirinya senang melakukan itu entah itu melanggar atau tidak," kata Kartono Mohamad dalam diskusi media mengupas tentang mitos Framework Convention on Tobacco Cont [...]

Korban Meninggal Ebola Terus Bertambah, Kini Hampir 2.300 Jiwa

Korban Meninggal Ebola Terus Bertambah, Kini Hampir 2.300 Jiwa

Belum berhenti, kasus penyebaran virus ebola di negara-negara Afrika Barat. Bahkan cenderung meningkat terus. Bahkan dalam tiga pekan terakhir, peningkatan kasus infeksi virus mematikan ini sebesar 49 persen baik di Liberia dan Sierra Leone. Data yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (9/9) menunjukkan bahwa sekarang ada total 4.269 jiwa yang terinfeksi virus ini, dengan jumlah kematian mencapai 2.288 orang. Peningkatan jumlah kasus diikuti pula dengan penyebaran yang lebih luas, kini Nigeria dan Senegal sudah ditemukan orang yang terinfeksi virus ini seperti dilansir Time, Rabu (10/9/2014). WHO memprediksi bahwa dalam tiga minggu ke depan bakal ada ribuan kasus baru yang terinfeksi Ebola. Liberia, salah satu negara di Afrika Barat menurut WHO yang paling membutuhkan cara penanggulangan yang ampuh untuk mengurangi penyebaran virus ini. "Kontrol virus Ebola tidak berdampak besar di Liberia," tulis WHO dalam berita resminya. Hal ini pun diamini oleh Kent Brantly, survivor Ebola yang dulu tertular virus ini di Liberia, menyatakan metode perawatan Ebola di Liberia tak berjalan dengan baik. "Orang-orang ketakutan akan ruang isolasi, yang terkesan ruangan orang seg [...]

Telat Berhenti Merokok, Bintang Star Trek Leonard Sakit Paru-paru

Telat Berhenti Merokok, Bintang Star Trek Leonard Sakit Paru-paru

Segeralah berhenti dari merokok sebelum terlambat! Bintang Star Trek Leonard Nimoy menderita penyakit paru-paru kronis meski sudah berhenti merokok 30 tahun lalu, tapi menurutnya itu sudah terlambat.Pria gaek berusia 82 tahun itu mengungkapkan penyakit paru-paru yang dideritanya dikenal dengan penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) atau chronic obstructive pulmonary disease.Pemeran awak Vulcan Mr Spock itu terlihat duduk di kursi roda di New York akhir bulan lalu."Saya berhenti merokok 30 tahun yang lalu. Tak cukup cepat. Saya punya PPOK. Kakek mengatakan, berhenti sekarang! LLAP (Long Live and Prosper)," tulis Leonard dalam akun twitternya yang dikutip Dailymail, Kamis (6/2/2014).PPOK yang dialami Leonard membuatnya semakin sulit bernapas dan itu semua disebabkan merokok.Penampilan Leonard baru-baru ini terlihat lemah. Tapi, ia tetap sibuk dalam berbagai proyek kerja selama beberapa tahun terakhir.Pada 2012, Leonard sukses memerankan tokoh Dr William Bell dalam film thriller fiksi ilmiah Fringe.(MelAbd)Baca Juga: Gawat! Perokok Usia Dini Naik 3 Kali LipatEric Lawson`Marlboro Man` Meninggal karena Rokok [...]

Bila Kaki Bermasalah, Cobalah Terapi Foot Orthotic

Bila Kaki Bermasalah, Cobalah Terapi Foot Orthotic

Terapi untuk kaki bermasalah atau disebut juga terapi Orthotic merupakan penggunaan alat semacam bantalan alas kaki yang disesuaikan dengan kondisi kaki yang Anda alami.Seperti disampaikan Foot Specialist sekaligus Fisioterapis dari Foot Clinic Budi Indra Buwono, AMF bahwa terapi ini dapat membantu kondisi kaki bermasalah, serta mencegah sakit pinggang"Setelah pemeriksaan kaki, pengecekan otot persendian, pola jalan melalui treamill, ada insole khusus atau terapi Orthotic untuk mengetahui seberapa besar tekanan badan kita dan seimbang atau gak," kata Budi saat Liputan6.com menyambanginya di bilangan Senayan, Jakarta (11/12/2014).Yang menarik, pemulihan dilakukan tergantung treatment dan kondisi kaki yang bersangkutan, "Terapi ini berfungsi untuk membuat badan kita lebih lurus, memperbaiki kondisi persendian yang miring jadi normal, ototnya juga seimbang." [...]

Trik Terhindar Malaria Sebelum ke Papua

Trik Terhindar Malaria Sebelum ke Papua

Tingginya kasus malaria yang mencapai 70 persen khususnya di 5 wilayah Indonesia Timur seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara jangan sampai menghambat niat Anda untuk mengunjungi tempat wisata atau bekerja disana. Hanya saja, ada anggapan yang menyebutkan bahwa nyamuk anopheles yang menyebabkan malaria dapat mengancam Anda. Benarkah demikian, lantas bagaimana menghindari ancaman tersebut? Menjawab hal ini, Profesor Ahli Biologi Lingkungan dari Pusat Penelitian Kesehatan dan Pengembangan Kementerian Kesehatan Indonesia, Prof. Dr. Supratman Sukowati mengatakan tidak perlu takut. Karena menurutnya ada 3 langkah pencegahan sebelum berangkat ke wilayah tersebut. 1. Jangan sampai digigit nyamuk Sebisa mungkin menurut Supratman hindari menggunakan pakaian terbuka khususnya di senja dan malam hari. Menurutnya, celana dan pakaian lengan panjang dapat melindungi Anda selama disana. 2. Minum obat pencegahan "Sebelum pergi ke wilayah endemis malaria, usahakan minum obat profilaksis atau pencegahan seperti doxycycline seminggu sebelum, selama disana, dan seminggu setelah pulang dari sana satu kali sehari. Jangan sampai berangkat makan sampai disana lupa," kata [...]

Penyakit Paling Mematikan, Bukan AIDS dan Flu Burung

Penyakit Paling Mematikan, Bukan AIDS dan Flu Burung

Tahun yang berbeda, penyakit penyebab kematian pun ikut berubah. Jika pada tahun 1990, pneumonia (radang paru-paru) jadi penyebab kematian tertinggi penduduk usia dewasa Indonesia, kini stroke yang berada pada posisi tersebut.Menurut studi Global Burden of Disease Study 2013 yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet, saat ini penduduk Indonesia lebih sedikit yang meninggal karena pneumonia. Kematian akibat pneumonia turun hingga 52 persen dibandingkan pada tahun 1990 dengan sekarang. Kini, yang menyebabkan kematian tertinggi adalah stroke. Jumlah kematian akibat penyakit ini meningkat hingga 126 persen. Penyakit ini biasa merenggut nyawa penduduk paling banyak pada mereka yang telah berusia 70 tahun ke atas.Studi yang dilakukan oleh konsorsium sejumlah peneliti internasional yang berada bawah koordinasi dari Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington ini pun menemukan data penyebab kematian anak-anak adalah pneumonia. Tercatat telah merenggut nyawa 28.186 anak-anak di bawah usia lima tahun. "Kita telah berhasil mencatat perkembangan yang berarti dalam mengurangi angka kematian karena beberapa penyakit, hal ini menunjukkan bagaimana komitmen pemer [...]

Bahaya Buka Hape Sebelum Tidur

Bahaya Buka Hape Sebelum Tidur

Jika sebelumnya para ilmuwan di Northwestern University, Chicago baru-baru ini menemukan bahwa paparan cahaya dari komputer atau smartphone di malam hari bisa menyebabkan penambahan berat badan. Terpapar cahaya smartphone selama tiga jam di malam hari sebelum tidur dapat memicu penyakit berbahaya.Begitu disampaikan peneliti, Profesor Horne. Menurutnya, terpapar cahaya sebelum tidur dapat meningkatkan ghrelin atau hormon yang meningkatkan nafsu makan dan merangsang hormon leptin yang membuat Anda merasa mengidam makanan tertentu.Selain itu, Horne menuturkan ada bahaya lain dibalik terkena cahaya sebelum tidur, seperti dikutip Dailymail, Rabu (22/10/2014) berikut ini: 1. Dapat meningkatkan risiko kankerSebuah laporan baru-baru ini yang diterbitkan European Journal of Cancer Prevention menganalisis 16 studi tentang paparan cahaya di malam hari.Para peneliti dari universitas di Cina, menemukan bahwa paparan berulang cahaya dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita sebesar 17 persen. Cahaya yang dimaksud termasuk sorotan lampu yang terlalu terang ataupun lampu dari layar ponsel atau laptop.Tidak jelas mengapa cahaya pada malam hari dapat menyebabkan hal tersebut, namun pe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *