Tiru Jokowi, Anggota DPRD Ini Bikin Kartu Jamkesmuh

057246600_1415011642-z1.jpg

Seorang anggota DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Abdul Muis ingin membuat kartu “Jaminan Kesehatan dari Abdul Muis” (Jamkesmuh)untuk meniru Presiden Jokowi yang membuat “Kartu Indonesia Sehat” (KIS).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, di Banjarmasin Rabu menyatakan, keinginan membuat kartu Jamkesmuh itu untuk dibagikan sebagai jaminan kesehatan bagi masyarakat di daerah pemilihan (dapil)-nya.

“Kartu Jamkesmuh itu, insya Allah dibagikan ke masyarakat dapil saya, Junuari 2015,” katanya kepada wartawan di Banjarmasin.

Pria yang panggilannya Haji Mumuh itu menyatakan, kartu Jamkesmuh yang dia bagikan bisa dimanfaatkan masyarakat jika mau berobat di praktek dokter swasta, yakni dr Fajar di Jalan Kuripan Banjarmasin.

“Bagi pemegang kartu Jamkesmuh gratis berobat di sana (praktek dr Fajar tersebut),” paparnya seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/11/2014).

Ketika ditanya, berapa jumlah kartu Jamkesmuh yang akan dibagikan? dia menyebutkan 2.760 lembar. “Sebagaimana suara yang saya dapat pada pemilihan legeslatif lalu,” ucapnya.

Menurut dia, kartu Jamkesmuh tidak hanya berguna bagi jaminan kesehatan, namun juga dapat digunakan lainnya. “Misalnya ada kematian, pengantenan (acara walimah), dan program kemasyarakatan lainnya, bagi pemegangnya saya beri bantuan,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut dia, saat dirinya berkampanye dulu, pernah menjanjikan bagi masyarakat di dapilnya, yakni wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, jika dirinya terpilih kembali akan mengusahakan bantuan.

Sebagai contoh bagi warga masyarakat yang mengalami musibah, berupa kematian dibantu Rp500 ribu, mengadakan acara walimahan perkawinan dibantu air kemasan/mineral sebanyak 10 dus, ungkapnya.

Wakil rakyat dari PAN yang dua kali duduk di DPRD tersebut mengatakan, program kemasyarakatan yang dijanjikan itu sudah dia kerjakan sejak satu periode lalu hingga sekarang. “Tapi baru sekarang saja kita buat dengan bentuk kartu,” ujarnya.

Mengenai dana, dia menyatakan, dananya tersebut diambil dari kantongnya sendiri. “Ya, duit kita sendiri, kita sisihkan lah dari penghasilan kita sebagai dewan ini,” paparnya.

Selain masalah kesra, dia juga berencana mengembangkan program bank sampah di wilayah pemilihannya. “Setiap kelurahan nantinya kita bangun bank sampah,” tuturnya.

Ia mengatakan, di Banjarmasin Selatan ada 12 keluarahan yang akan dia kembangkan bank sampah, dan dikelola masyarakat setempat untuk membantu supaya bisa mandiri.

“Karena di Banjarmasin Selatan bisa mendapatkan suara dan duduk di DPRD Kota Banjarmasin. Nanti saya bantu timbangan setiap bank sampah, dan ada mobil pic up nantinya juga saya sediakan untuk mengumpul semua sampah di bank-bank sampah yang dikelola itu,” ucapnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Bangun dengan Semangat di Pagi Hari

Cara Bangun dengan Semangat di Pagi Hari

Bagi sebagian orang, dibutuhkan cukup upaya untuk memaksa tubuh bangun dari tempat tidur di pagi hari. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena beberapa cara alami yang ditulis Healthmeup, Minggu (16/2/2014) bisa memberi energi lebih pada Anda di pagi hari.1. Regangkan tubuh saat bangunLuangkan waktu beberapa menit untuk meregangkan tubuh setelah Anda bangun tidur. Dimulai dari menarik napas yang panjang dan kemudian meregangkan setiap otot dalam tubuh Anda, mulai dari jari-jari kaki hingga tangan dan punggung serta kepala. Hal ini akan membuat pikiran dan tubuh menyesuaikan diri untuk bangun dan mulai beraktivitas.2. Jangan melewatkan sarapan Karena jadwal yang sibuk, seringkali Anda melewatkan sarapan. Padahal sarapan itu penting bagi tubuh untuk merevitalisasi tingkat energi. Setelah berpuasa sepanjang jam-jam malam, tubuh Anda membutuhkan nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Melewatkan sarapan bisa membuat Anda merasa lelah dan kusam di pagi hari. 3. Cobalah aromaterapi Aromaterapi memiliki sejumlah manfaat seperti melatih indra penciuman Anda dan tetap waspada dalam berpikir.4. Menyentuh ThymusThymus adalah organ yang terletak di tengah dada di bawah tulang selangka. Organ tubuh [...]

Bahayakah Lemak di Bokong?

Bahayakah Lemak di Bokong?

Lemak tak hanya menimbun di perut, tapi juga dibokong. Namun, jangan anggap lemak di bokong aman-aman saja karena juga bisa berisiko.Demikian disampaikan Dokter Spesialis Olahraga dr Michael Triangto, SpKO, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (9/1/2014)."Banyak orang berpikir lemak di perut jelas tidak boleh terlalu banyak karena akan mengurangi harapan hidup dengan risiko jantung dan hipertensi yang menjadi tinggi. Yang menjadi perhatian kebanyakan perut besar seperti buah apel dibandingkan bentuk pir yang besar di bokong. Padahal, bokong besar punya risiko yang sama," kata dr Michael.Dengan banyaknya orang yang berpikir lemak di perut lebih menakutkan, lanjut dr Michael,ternyata orang jadi sedikit yang memperhatikan lemak di bokong. Apalagi, kebanyakan penelitian mengarah ke lemak di dalam perut."Memang dibandingkan bokong, lemak di perut lebih berisiko. Namun bukan berarti si bentuk pir bisa senang-senang saja. Dia juga punya risiko berbahaya meski lebih rendah," ujarnya.Menurut dr Michael, Anda yang ingin mengatasi lemak di bokong bisa melakukan latihan rutin seperti kardio. Dan wanita yang ingin bokong indah juga perhatikan lemak di bokong,"Jadi harus dibakar juga lemaknya deng [...]

Setelah Ditolak Bayi Hanafi Akhirnya Diterima Rumah Sakit

Setelah Ditolak Bayi Hanafi Akhirnya Diterima Rumah Sakit

PeduliSehat.info, Pekanbaru Sempat ditolak karena orangtuanya tidak memiliki KTP dan terlantar belasan jam di Pekanbaru Riau, bayi Hanafi penderita Hidrosefalus asal Minas, Kabupaten Siak, akhirnya dirawat pihak RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.Sebelum diterima, pemilik kebun sawit tempat orangtua Hanafi (Revi) bekerja, Jon Sinter sempat memohon ke Dinas Sosial Riau, supaya Hanafi diterima di rumah sakit. Tak lama kemudian, pihak Dinas Sosial langsung membawa bayi Hanafi dan bersedia menanggung biaya pengobatan.Di rumah sakit, bayi Hanafi langsung dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat. Di ruang observasi, ia langsung dipasang infus dan mendapat perawatan pertama.Pantauan wartawan, bayi Hanafi hanya terbujur lemas di tempat tidurnya. Matanya hanya mampu sesekali berkedip, seolah menahan sakit karena kepalanya berisi cairan.Orangtuanya Revi dan neneknya Gusmawati setia mendampingi, meski raut wajahnya terlihat sedih.Kabid Pelayanan Medik RSUD Arifin Ahmad Ruswaldi Munir berjanji akan memberikan pelayanan terbaik ke Hanafi. "Ia akan ditempatkan di ruang kelas III terbaru, yang dimiliki rumah sakit ini," katanya, Rabu (6/8/2014).Terkait pembiayaan, pihak rumah sakit akan menghubungi Kabupate [...]

241 Rumah Warga Miskin Bakal Dibedah

241 Rumah Warga Miskin Bakal Dibedah

Letak geografis Desa Guci, Kecamatan Bumi Jawa, berada di ketinggian 1250 meter di bawah permukaan laut (dpl) dengan posisi persis di lereng utara Gunung Slamet yang telah ditetapkan status siaga 3.?Kami akan melakukan bedah rumah tidak layak huni sebanyak 241 milik warga miskin, tapi sebelumnya akan dirubuhkan dan dijadikan rumah layak huni, ? kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri saat kunjungan kerja di di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (20/8/2014) pagi.Di Desa Guci terdapat 5000 rumah tidak layak huni. Rumah yang akan dibedah telah diverifikasi berdasarkan tingkat keterancaman, risiko dan prioritas.Mensos tiba di Desa Guci pukul 21.00 WIB dan bermalam di rumah salah seorang warga, Selasa (19/8/2014). Acara perdana dibuka dialog dengan warga setempat. Secara khusus, Mensos mengajak warga untuk arif dan tenang menghadapi bencana. Alam ada waktunya untuk bereaksi, dan selalu alam akan memberikan berkah dibalik reaksinya.?Jangan panik, ikuti aturan evakuasi bencana dan lakukan simulasi secara terjadwal, ?pinta Mensos.Selama ini, Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki skema untuk penanggulangan bencana pada masa kedaruratan, maupun dalam ketersediaan atau logistic supporting s [...]

Saat Makan Sebaiknya Tidak Minum

Saat Makan Sebaiknya Tidak Minum

Minum air putih secara rutin sesuai kebutuhan memang dianjurkan agar asupan cairan tubuh kita terpenuhi. Meski penting, jangan pernah sekali pun minum di saat kita sedang makan. "Saat makan, sebaiknya tidak sambil minum karena akan memengaruhi enzim-enzim pencernaan yang dapat menyebabkan terganggunya proses pencernaan," kata dr. Muhammad Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Rabu (23/7/2014). Selain itu, bila kita terlalu sering minum saat makan, akan berdampak pada bertambahnya isi lambung yang hanya memiliki kapasitas satu liter. "Setelah makan, cukup minum seteguk sampai tiga teguk air saja," kata Suwardi. Dalam buku berjudul 'Solusi Sehat Islami', Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia menjelaskan bahwa ada baiknya untuk tidak meminum susu, karena tergolong makanan padat. "Susu mengandung protein. Sehingga ada baiknya diminum tersendiri, yakni empat sampai lima jam setelah makan," kata Suwardi menerangkan. [...]

Aborsi Tetap Dilarang, Kecuali dalam 2 Kondisi

Aborsi Tetap Dilarang, Kecuali dalam 2 Kondisi

Kehadiran Peraturan Pemerintah No 61 Tahun 2014 yang salah satu babnya melegalkan aborsi menjadi kontroversi di berbagai pemberitaaan, insan medis maupun masyarakat. Meluruskan apa yang sebenarnya terjadi, Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi menegaskan bahwa kehadiran PP ini tetap melarang aborsi di Indonesia, namun pada kondisi tertentu ada pengecualian terhadap larangan aborsi. "Peraturan Pemerintah ini dibuat karena negara menghormati hak asasi wanita,"jelas Nafsiah Mboi di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta (19/8/2014). PP yang ditandatangani Presiden RI 21 Juli 2014 ini di dalam pasal 31 dijelaskan bahwa aborsi hanya bisa dilakukan berdasarkan indikasi kedaruratan medis atau kehamilan akibat perkosaan. Untuk kedaruratan medis Mboi menyontohkan keadaan dimana si janin menderita penyakit genetik, janin menjadi racun bagi ibu. Untuk dapat melakukan aborsi akibat indikasi kedaruratan medis dilakukan oleh tim kelayakan aborsi yang paling sedikit terdiridari dua tenaga kesehatanan yang kompeten. Sedangkan untuk bisa melakukan aborsi akibat kehamilan yang tidak diinginkan harus dibuktikan dengan: a. Surat keterangan dokter yang menyatakan usia kehamilan sesuai dengan kejadian [...]

Selain Antiiritasi, Madu Juga Efektif Cegah Jerawat

Selain Antiiritasi, Madu Juga Efektif Cegah Jerawat

Siapa yang tidak kenal zat alami yang dihasilkan lebah? Ya, khasiat madu memang telah diujicoba sejak zaman dulu dan merupakan pelembab alami yang sangat baik bagi kesehatan kulit, khususnya wajah. Bagaimana tidak, selain anti iritasi, madu juga efektif mencegah jerawat.Begitu disampaikan dokter kecantikan dari Floe Beauty Cottage, Dr. Theresia Tedjasukmana. Menurutnya, madu dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Sehingga sangat baik dipalikasikan pada wajah orang yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif."Madu itu antibakteri. Baik untuk jerawat dan bisa menyerap kelebihan minyak. Selain itu, madu juga bisa digunakan apabila kulit sedang iritasi, kemerahan atau terjadi pengelupasan kulit," kata Theresia saat ditemui di Floe Beauty Cottage, ditulis Jumat (26/9/2014). Theresia mengungkapkan, semua jenis madu khususnya yang kental bisa langsung diaplikasikan di wajah untuk mencegah munculnya jerawat. "Gunakan ketika iritasi atau lakukan masker rutin 2-3 kali seminggu, dapat mencegah jerawat muncul," jelasnya. [...]

DPR Tunda FCTC Demi Industri yang Ingin RUU Tembakau?

DPR Tunda FCTC Demi Industri yang Ingin RUU Tembakau?

Menanggapi penundaan Konvensi pengendalian tembakau atau The Framework Convention on Tobacco Control (FCTC), Ketua Tobacco Control Support Cantre Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI), Kartono Muhammad, justru curiga ada kepentingan di balik hal ini."Sangat disayangkan. Mungkin Marzukie Ali tidak membaca isi FCTC. Seharusnya sebagai pejabat tinggi sebelum menulis surat mengajukan penundaan, dibaca dulu apakah FCTC berkaitan dengan pertanian atau pembatasan tembakau. Karena nggak ada kaitannya produksi tembakau dengan FCTC," kata Kartono saat ditemui wartawan di acara Indonesia Conference on Tobacco or Health" (ICTOH) di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, ditulis Sabtu (31/5/2014).Perlu diketahui, lanjut Kartono, negara lain yang telah menandatangi FCTC mengekspor tembakau ke Indonesia. Sementara Indonesia? Negara yang belum sepakat FCTC malah sulit ekspor dan cenderung menerima impor tembakau sejak tahun 1990-an."Saya rasa tidak masuk akal. Apalagi alasan penundaan FCTC karena sedang membahas RUU Pertembakauan. Kelihatan tidak ada urgensinya dan kepentingan industri sangat menonjol di dalam RUU Pertembakauan," ungkapnya.Kartono menjelaskan, urgensi suatu negara itu bi [...]

Bahaya Di Balik Jus Jeruk

Bahaya Di Balik Jus Jeruk

Selama ini, sebagian besar masyarakat menganggap jus jeruk baik untuk kesehatan. Mulai dari melawan flu, meningkatkan imun tubuh, mencegah kanker hingga menjaga kesehatan kulit. Meski memang benar adanya, namun jus jeruk kemasan atau jus yang kita beli di outlet bakal merusak tubuh di masa datang. Kandungan gula yang banyaklah yang menjadi alasannya, sehingga jus jeruk pun jadi tak menyehatkan. ?Jus mengandung banyak vitamin dan mineral, tapi jus tak mengandung serat seperti jeruk segar bahkan mengandung gula yang tinggi,? tutur Helen Bond dari British Dietetic Association seperti dikutip dailymail (3/7/2014). Sekitar delapan sendok teh gula biasanya ditambahkan pada segelas jus jeruk. Padahal, menurut Scientific Advisory Committe on Nutrition, orang dewasa laki-laki disarankan mengonsumsi gula maksimal 7-8 teh sendok teh per hari. Khusus untuk perempuan cukup 5 sendok teh gula per hari. Kandungan gula yang tinggi pada jus jeruk dan minuman lain berakibat buruk pada kesehatan seseorang. Potensi penyakit yang akan di derita di masa depan di antaranya obesitas, serangang jantung, kanker, dan diabetes. Untuk mendapatkan vitamin, mineral serta serat, Helen menyarankan agar lebih b [...]

Menkes: Anggaran Paling Banyak Obati Orang Sakit

Menkes: Anggaran Paling Banyak Obati Orang Sakit

Mengingat anggaran kesehatan sangat terbatas, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan bahwa anggaran untuk penelitian tidak bisa ditambah selama masih banyak orang yang sakit."Anggaran kita paling banyak mengobati orang sakit. Nggak pernah mau pencegahan untuk hidup sehat. Kalau seharusnya anggaran untuk orang sakit hanya 10-20 persen. Sekarang, 60-80 persen masyarakat Indonesia sakit. Mungkin 100 persennya termasuk sakit jiwa," kata Menkes di sela-sela acara Parade Penelitian Kesehatan 2014 di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (29/12/2014).Bagaimana tidak, kata Menkes, contohnya membludaknya pasien di RS sejak era Jaminan Kesehatan Nasional ini. Banyak orang yang tidak peduli kesehatan sehingga banyak yang sakit. Maka itu anggaran kesehatan lebih banyak dihabiskan kesana."Kalau tidak mau berubah, uang akan habis untuk membayar orang sakit," kata Nila. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *