Tiru Jokowi, Anggota DPRD Ini Bikin Kartu Jamkesmuh

057246600_1415011642-z1.jpg

Seorang anggota DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Abdul Muis ingin membuat kartu “Jaminan Kesehatan dari Abdul Muis” (Jamkesmuh)untuk meniru Presiden Jokowi yang membuat “Kartu Indonesia Sehat” (KIS).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, di Banjarmasin Rabu menyatakan, keinginan membuat kartu Jamkesmuh itu untuk dibagikan sebagai jaminan kesehatan bagi masyarakat di daerah pemilihan (dapil)-nya.

“Kartu Jamkesmuh itu, insya Allah dibagikan ke masyarakat dapil saya, Junuari 2015,” katanya kepada wartawan di Banjarmasin.

Pria yang panggilannya Haji Mumuh itu menyatakan, kartu Jamkesmuh yang dia bagikan bisa dimanfaatkan masyarakat jika mau berobat di praktek dokter swasta, yakni dr Fajar di Jalan Kuripan Banjarmasin.

“Bagi pemegang kartu Jamkesmuh gratis berobat di sana (praktek dr Fajar tersebut),” paparnya seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/11/2014).

Ketika ditanya, berapa jumlah kartu Jamkesmuh yang akan dibagikan? dia menyebutkan 2.760 lembar. “Sebagaimana suara yang saya dapat pada pemilihan legeslatif lalu,” ucapnya.

Menurut dia, kartu Jamkesmuh tidak hanya berguna bagi jaminan kesehatan, namun juga dapat digunakan lainnya. “Misalnya ada kematian, pengantenan (acara walimah), dan program kemasyarakatan lainnya, bagi pemegangnya saya beri bantuan,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut dia, saat dirinya berkampanye dulu, pernah menjanjikan bagi masyarakat di dapilnya, yakni wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, jika dirinya terpilih kembali akan mengusahakan bantuan.

Sebagai contoh bagi warga masyarakat yang mengalami musibah, berupa kematian dibantu Rp500 ribu, mengadakan acara walimahan perkawinan dibantu air kemasan/mineral sebanyak 10 dus, ungkapnya.

Wakil rakyat dari PAN yang dua kali duduk di DPRD tersebut mengatakan, program kemasyarakatan yang dijanjikan itu sudah dia kerjakan sejak satu periode lalu hingga sekarang. “Tapi baru sekarang saja kita buat dengan bentuk kartu,” ujarnya.

Mengenai dana, dia menyatakan, dananya tersebut diambil dari kantongnya sendiri. “Ya, duit kita sendiri, kita sisihkan lah dari penghasilan kita sebagai dewan ini,” paparnya.

Selain masalah kesra, dia juga berencana mengembangkan program bank sampah di wilayah pemilihannya. “Setiap kelurahan nantinya kita bangun bank sampah,” tuturnya.

Ia mengatakan, di Banjarmasin Selatan ada 12 keluarahan yang akan dia kembangkan bank sampah, dan dikelola masyarakat setempat untuk membantu supaya bisa mandiri.

“Karena di Banjarmasin Selatan bisa mendapatkan suara dan duduk di DPRD Kota Banjarmasin. Nanti saya bantu timbangan setiap bank sampah, dan ada mobil pic up nantinya juga saya sediakan untuk mengumpul semua sampah di bank-bank sampah yang dikelola itu,” ucapnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bukan Cuma Penyakit yang Menurun, Sifat Pemalas Juga

Bukan Cuma Penyakit yang Menurun, Sifat Pemalas Juga

Peneliti dari University of Missouri menemukan bahwa ada kecenderungan genetik untuk sifat malas yang Anda miliki. Setidaknya, daripada diminta berlari, Anda akan memilih untuk duduk menonton televisi lengkap dengan cemilannya akibat adanya gen dari orangtua. Seperti dikutip laman Nydailynews, Kamis (17/4/2014) peneliti yang mempelajari populasi tikus lebih dari sepuluh generasi ini menemukan, tikus pemalas memiliki kecenderungan genetik dari orantuanya. Penelitian yang melibatkan sekitar 50 tikus dan dilakukan oleh Franck W. Booth dan Michael D. Roberts dari University of Missouri College of Veterinary Medicine ini pada akhir percobaan menemukan, sebagian tikus dapat berolahraga sementara tikus gemuk lain rela berlama-lama dengan kentang gorengnya. "Untuk menemukan kecendrungan tersebut, kami menilai komposisi tubuh dan konten mitokondria dalam sel otot. Namun perbedaan yang paling signifikan antara dua populasi dalam gen mereka. Karena ada lebih dari 17.000 gen yang berbeda di salah satu bagian otak. Kami pun mengidentifikasi 36 gen yang mungkin memainkan peran dalam motivasi aktivitas fisik," kata Roberts. Meski temuan ini telah dipublikasikan dalam edisi terbaru American Jo [...]

Kirim SMS Bisa Mematikan Sama Kayak Obesitas

Kirim SMS Bisa Mematikan Sama Kayak Obesitas

Teknologi yang semakin canggih memberikan sejumlah keajaiban dalam kehidupan. Seperti kirim pesan singkat (SMS) yang bisa mempermudah komunikasi. Tapi berhati-hatilah karena kirim SMS bisa membunuh Anda sama seperti obesitas.Berkirim SMS atau menggunakan perangkat mobile dalam jangka panjang bisa menurunkan harapan hidup seseorang. Seorang ahli Chiropraktic meyakini, postur membungkuk ketika menggunakan ponsel atau tablet bisa menyebabkan masalah pernapasan, kardiovaskular di kemudian hari. Posisi membungkuk menyempitkan pernapasan dan aliran darah yang membuat jantung bekerja lebih keras. Inilah yang meningkatkan risiko kematian pada usia yang lebih tua.Penelitian yang dilakukan United Chiropractic Association (UCA) Inggris mengatakan, sikap tubuh yang jelek bisa berisiko besar untuk kesehatan seseorang seperti obesitas. Selain itu, postur tubuh yang condong ke depan saat berkirim SMS, online, mengirim email, dan bermain video game, dan hyperkyphosis, berhubungan dengan penyakit paru dan kardiovaskular.Peneliti menunjukkan, ketika seseorang menundukkan kepalanya dan memutar bahu sambil melihat ponsel atau tablet, maka orang itu akan lebih sulit mengambil napas penuh karena terbata [...]

5 Manfaat Pacaran Jarak Jauh

5 Manfaat Pacaran Jarak Jauh

Siapa bilang menjalin hubungan cinta jarak jauh itu banyak ruginya. Menurut studi baru dengan menjalin hubungan Long Distance Relationship (LDR) dapat membuat hati semakin dekat. Dikutip Yourtango, Senin (6/1/2014) studi yang dilakukan Queens University menunjukan pasangan yang pacaran jarak jauh, saat menikah hatinya akan semakin dekat.Menurut Psikolog dan Peneliti, Emma Dargie pasangan merasakan hubungan LDR, saat menikah akan menjadi pasangan yang lebih intim. "Orang-orang yang hubungan jarak jauh, saat menikah akan lebih mengalami kepuasan, keintiman dan komunikasi yang lebih lancar," katanya.Berikut ini lima manfaat dari hubungan LDR, yaitu :1. Komunikasi yang Lebih BaikStudi Cornell University yang diterbitkan awal tahun ini dalam Journal of Communication menyatakan pasangan LDR akan menghubungi satu sama lain sekitar tiga atau empat kali sehari dan itu lebih intim dan baik dibandingkan yang lainnya.2. Interaksi Lebih BermaknaStudi yang sama melaporkan interaksi yang lebih bermakna terjalin pada pasangan yang berhubungan jarak jauh. Komunikasi tersebut lebih membangkitkan pikiran dan perasaan yang lebih dibandingkan pasangan lainnya. Selain itu pasangan LDR akan lebih terbuka [...]

Sebelum di Afrika, Ebola Lebih Dulu Ada di Filipina

Sebelum di Afrika, Ebola Lebih Dulu Ada di Filipina

Jauh sebelum menghantui masyarakat di kawasan Afrika, wabah virus Ebola telah lebih dulu terjadi di Filipina dan Tiongkok. Di Filipina, wabah ini terjadi pada 1980 dan 1990, pada monyet atau disebut dengan Macaca fasicularis, yang disebabkan oleh Reston ebolavirus (RESTV). Pada 2008, virus RESTV pun ditemukan pada babi.Fakta ini disampaikan oleh Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, drh Pudjiatmoko, PhD di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, pada Jumat (15/8/2014)"Data di kedua negara tersebut menunjukan bahwa para pekerja yang berhubungan langsung dengan monyet dan babi yang terinfeksi RESTV, bisa juga terinfeksi virus ebola RESTV di tubuhnya," kata Pudjiatmoko.Tapi, lanjut Pudjiatmoko, para pekerja itu tidak mengalami gejala seperti virus Ebola di Afrika, atau dalam keadaan sehat-sehat saja. Namun, dia menekankan bahwa masih diperlukan data penelitian lebih lanjut, khususnya yang berkaitan dengan daya tahan tubuh yang rendah, gangguan imunologis, anak-anak, wanita hamil, dan lain-lain."Spesies virus ebola yang terdapat di Afrika lebih ganas daripada Reston ebolavirus, karena mampu menyebabkan gejala klinis yang lebih parah, p [...]

Top 5 Health: Tips Bentuk Payudara Ideal Terpopuler

Top 5 Health: Tips Bentuk Payudara Ideal Terpopuler

Memiliki payudara dengan ukuran ideal merupakan dambaan semua wanita, karena dipercaya dapat menaikan kepercayaan dirinya. Jika Anda ingin meningkatkan ukuran payudara secara alami tanpa harus menanggung rasa sakit karena operasi, ada sejumlah latihan sederhana yang dapat Anda masukan ke dalam rutinitas sehari-hari. Nah, tips dalam membentuk payudara ideal ini ternyata paling banyak disimak pembaca Liputan6.com edisi Selasa (4/10/2014). Selain itu, jangan ketinggalan artikel lainnya seperti berikut:1. Agar Payudara Tampak Indah dan Ideal, Coba 5 Cara IniMemiliki payudara dengan ukuran ideal merupakan dambaan semua wanita, karena dipercaya dapat menaikan kepercayaan dirinya. Jika Anda ingin meningkatkan ukuran payudara secara alami tanpa harus menanggung rasa sakit karena operasi, ada sejumlah latihan sederhana yang dapat Anda masukan ke dalam rutinitas sehari-hari.2. Ini Dia Manfaat Dahsyat Kulit Bawang Merah, Jangan Buang YaKulit terluar bawang merah maupun bawang bombai pasti Anda buang kan saat menggunakannya sebagai bumbu masak? Dianggap kotor dan tak berguna tak heran umumnya masyarakat membuang bagian tersebut. Bahkan menurut data studi tahun 2011 di Eropa limbah bawang mera [...]

Segudang Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh

Berenang bisa menjadi salah satu olahraga pilihan agar tubuh tetap sehat. Ada berbagai manfaat dari berenang yang bisa Anda peroleh selain memperkuat otot, mencerahkan suasana hati dan membuat hidup lebih lama.Situs Handbag, Senin (27/1/2014), berbagi segudang manfaat berenang:1. Meningkatkan fleksibilitas, postur, dan keseimbanganTak hanya bagus untuk otot, tapi juga meregangkan serat otot dan ligamen, membantu mempertahankan ketegangan di tendon yang mendukung gerakan tubuh.Berenang adalah satu-satunya latihan low impact yang bekerja untuk seluruh tubuh pada saat bersamaan. Dengan demikian, berenang memaksa tubuh menyesuaikan diri secara alami, sehingga inti tubuh dan punggung lebih kuat.Orang yang biasa berenang biasanya lebih tinggi dan memiliki keseimbangan yang lebih baik.2. Berenang bisa membantu Anda mengontrol berat badanBerenang merupakan latihan yang bagus untuk orang yang tak suka dengan panas dan berkeringat. Berenang bisa membakar lebih dari 200 Kcal dalam waktu setengah jam.3. Baik untuk persendianJika khawatir dengan persendian di lutut, beralihlah ke air. Berenang merupakan latihan low impact yang bisa mendukung hingga 90 persen berat badan Anda.4. Berenang merupak [...]

Komnas PA: Sekolah Internasional Tidak Jamin Bersih Pelecehan

Komnas PA: Sekolah Internasional Tidak Jamin Bersih Pelecehan

Untuk pendidikan anak, para orangtua kerap mencari yang terbaik untuk masa depan buah hati. Tidak sedikit yang memilih sekolah bagus dan lebih mahal seperti sekolah bertaraf internasional karena merasa lebih nyaman. Menurut Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, sekolah bertaraf internasional sekalipun tidak menjamin bersih dari kasus pelecehan seksual."Seketat apapun peraturan sekolah itu, atau semahal apapun sekolahnya tidak menjamin pelecehan seksual. Seperti sekolah yang bertaraf internasional, kalau dikelola tidak baik pelecehan atau kekerasan pada anak bisa saja terjadi," kata Arist, Selasa (15/4/2014).Arist mengatakan kasus kejahatan seksual anak sudah memasuki taraf darurat anak. "Sekolah yang begitu canggih seperti sekolah internasional itu malah petugas kebersihannya tidak membuat nyaman siswa yang ada di sana. Ini memperlihatkan kejahatan seksual pada anak bisa terjadi di mana saja, sudah masuk darurat anak," kata Arist. Baca Juga : Komnas PA akan Datangi TK Internasional Terkait Kasus Pencabulan Trauma Dilecehkan, Bocah TK Internasional Takut Sekolah Murid TK Internasional Korban Pelecehan Seks Masih Rasakan Sakit Para Pencabul B [...]

Homeopathy Disebut Bisa Obati Ebola

Homeopathy Disebut Bisa Obati Ebola

Homeopathy atau metode pengobatan alternatif yang dikembangkan di Eropa sejak akhir tahun 1700-an disebut-sebut bisa mengobati pasien ebola. Hal ini diungkapkan penulis NaturalNews.com, Kent Oftedal.Seperti ditulis Nydailynews, Selasa (12/8/2014) Kent mengatakan penyakit mematikan seperti ebola bisa disembuhkan. "Pengobatan alternatif homeopati merupakan satu-satunya harapan bertahan hidup bagi pasien ebola," katanya. Dalam tulisannya, Kent juga mengajarkan pembacanya untuk membuat sendiri ramuan 'vaksin' anti ebola. Sayangnya, cara pembuatan ramuannya telah dihapus untuk mengantisipasi penyalahgunaan obat. Sebelumnya, Homeopathy sendiri adalah pengobatan alternatif yang hingga kini belum jelas efektivitasnya. Mengutip dari berbagai sumber, Homeopathy dilakukan dengan cara memberikan sedikit tetesan ramuan khusus pada pasien dari jenis penyakit yang dideritanya. [...]

Premi Asuransi Kesehatan di Belanda Capai Rp 20 juta per Bulan

Premi Asuransi Kesehatan di Belanda Capai Rp 20 juta per Bulan

Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikirimkan kepada BPJS Kesehatan sebagai jaminan sosial di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ternyata tak sebanding dengan premi asuransi nasional yang berlaku di negeri Belanda. Di Indonesia jumlahnya jauh lebih kecil. Seperti dikutip dari laman Iamexpat, Senin (14/4/2014), di negeri kincir angin ini, premi kesehatan tiap orang per bulan pada 2015 diprediksi naik mencapai 1.321 euro atau Rp 20,8 juta per bulan pada 2015. Dan angka ini terus menaik sejak 2010. Tentu saja harga premi ini cukup fantastis bila dibanding dengan premi JKN yang berlaku di Indonesia. Untuk kelas I sebesar Rp 59.500 per orang per bulan, kelas II Rp 42.500 per orang per bulan dan kelas III Rp 25.500 per orang per bulan. Sementara untuk Penerima Bantuan Iuran hanya membayar premi sejumlah Rp. 19.000 tiap bulan per orang. Itu pun dibayar pemerintah. Ditemui di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, peneliti senior di NIVEL (Netherlands Institute for Health Service Research) dr. Wienke Boerma, PhD yang ditemui Liputan6.com menjelaskan, premi wajib yang disetorkan pemberi kerja yang bergantung pada pemasukan berusia di atas 18 tahun pada 2013 sebesar 11 [...]

Kemenkes Akan Teliti 305 Ribu Nyamuk dan 24 Ribu Kelelawar

Kemenkes Akan Teliti 305 Ribu Nyamuk dan 24 Ribu Kelelawar

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana akan melakukan Riset Khusus Vektor dan Reservoir Penyakit (Rikus Vektora) pada 2015."Dalam riset selama tiga tahun itu, Balitbangkes akan mengumpulkan 305 ribu spesimen nyamuk, 42 ribu spesimen tikus dan 24 ribu spesimen kelelawar,"kata Kepala Balitbangkes Kemenkes, Prof. Tjandra Yoga Aditama. Mengutip lama Setkab, Sabtu (8/11/2014), Riset khusus Vektor dan Reservoir Penyakit (Rikhus Vektora) ini, kata Prof. Tjandra, dimaksudkan untuk mengetahui pola jenis vektor dan reservoir penyakit yang ditimbulkan dari nyamuk, tikus, dan kelelawar di Indonesia."Uji coba lapangan sudah dilakukan di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah yang berlangsung sampai 31 Oktober 2014," katanya.Menurut Prof. Tjandra, pada tahun 2014 ini Badan Litbangkes sudah menyelesaikan Studi Diet Total (SDT) berupa survei konsumsi makanan individu (SKMI) di 33 provinsi, 490 Kabupaten/Kota dengan jumlah sampel sebanyak 2.080 blok sensus, 52.000 rumah tangga dan 162.045 individu. Survei ini melibatkan 2.780 orang tenaga pengumpul data. Manfaat SDT adalah untuk mengukur asupan gizi dan keamanan makanan.Ia menyebutkan, p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *