Tiru Jokowi, Anggota DPRD Ini Bikin Kartu Jamkesmuh

057246600_1415011642-z1.jpg

Seorang anggota DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, H Abdul Muis ingin membuat kartu “Jaminan Kesehatan dari Abdul Muis” (Jamkesmuh)untuk meniru Presiden Jokowi yang membuat “Kartu Indonesia Sehat” (KIS).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, di Banjarmasin Rabu menyatakan, keinginan membuat kartu Jamkesmuh itu untuk dibagikan sebagai jaminan kesehatan bagi masyarakat di daerah pemilihan (dapil)-nya.

“Kartu Jamkesmuh itu, insya Allah dibagikan ke masyarakat dapil saya, Junuari 2015,” katanya kepada wartawan di Banjarmasin.

Pria yang panggilannya Haji Mumuh itu menyatakan, kartu Jamkesmuh yang dia bagikan bisa dimanfaatkan masyarakat jika mau berobat di praktek dokter swasta, yakni dr Fajar di Jalan Kuripan Banjarmasin.

“Bagi pemegang kartu Jamkesmuh gratis berobat di sana (praktek dr Fajar tersebut),” paparnya seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/11/2014).

Ketika ditanya, berapa jumlah kartu Jamkesmuh yang akan dibagikan? dia menyebutkan 2.760 lembar. “Sebagaimana suara yang saya dapat pada pemilihan legeslatif lalu,” ucapnya.

Menurut dia, kartu Jamkesmuh tidak hanya berguna bagi jaminan kesehatan, namun juga dapat digunakan lainnya. “Misalnya ada kematian, pengantenan (acara walimah), dan program kemasyarakatan lainnya, bagi pemegangnya saya beri bantuan,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut dia, saat dirinya berkampanye dulu, pernah menjanjikan bagi masyarakat di dapilnya, yakni wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, jika dirinya terpilih kembali akan mengusahakan bantuan.

Sebagai contoh bagi warga masyarakat yang mengalami musibah, berupa kematian dibantu Rp500 ribu, mengadakan acara walimahan perkawinan dibantu air kemasan/mineral sebanyak 10 dus, ungkapnya.

Wakil rakyat dari PAN yang dua kali duduk di DPRD tersebut mengatakan, program kemasyarakatan yang dijanjikan itu sudah dia kerjakan sejak satu periode lalu hingga sekarang. “Tapi baru sekarang saja kita buat dengan bentuk kartu,” ujarnya.

Mengenai dana, dia menyatakan, dananya tersebut diambil dari kantongnya sendiri. “Ya, duit kita sendiri, kita sisihkan lah dari penghasilan kita sebagai dewan ini,” paparnya.

Selain masalah kesra, dia juga berencana mengembangkan program bank sampah di wilayah pemilihannya. “Setiap kelurahan nantinya kita bangun bank sampah,” tuturnya.

Ia mengatakan, di Banjarmasin Selatan ada 12 keluarahan yang akan dia kembangkan bank sampah, dan dikelola masyarakat setempat untuk membantu supaya bisa mandiri.

“Karena di Banjarmasin Selatan bisa mendapatkan suara dan duduk di DPRD Kota Banjarmasin. Nanti saya bantu timbangan setiap bank sampah, dan ada mobil pic up nantinya juga saya sediakan untuk mengumpul semua sampah di bank-bank sampah yang dikelola itu,” ucapnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Pakar Kulit Ungkap Alasan Justin Bieber Jerawatan

Pakar Kulit Ungkap Alasan Justin Bieber Jerawatan

Dengan melihat foto, Direktur Riset Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, dr Joshua Zeichner menilai, kulit penyanyi Justin Bieber kurang terawat dengan banyaknya jerawat yang tampak di mukanya.Dalam sebuah iklan, Bieber mengaku bahwa produk yang ia iklankan dapat membantu membersihkan jerawat di dagunya. Padahal menurut Joshua, produk tersebut tidak seefektif yang ia iklankan."Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan jerawat termasuk stres emosional dan tidak sesimpel yang Bieber katakan bahwa jerawat muncul di dagunya karena ketika menyanyi, mic-nya menempel," kata Joshua, seperti dikutip Foxnews, Senin (27/1/2014).Joshua menyampaikan, beberapa hormon yang meningkat selama stres benar-benar dapat merangsang kelenjar minyak dan minyak berlebih dapat menyebabkan berkembangnya bakteri penyebab jerawat pada kulit."Adapun pilihan gaya hidup Bieber tidak bisa disalahkan. Karena ada hubungan antara penggunaan alkohol dan pengembangan jerawat. Tapi dalam hal makanan, makanan manis juga dikaitkan dengan jerawat. Bahkan pada pasien yang alergi susu sapi juga berpengaruh. Saya tidak menyarankan orang-orang untuk tidak minum susu, tapi mungkin itu sesuatu [...]

Cara Mengetahui Sakit Mata pada Anak

Cara Mengetahui Sakit Mata pada Anak

Para orang tua tentu ingin melihat anaknya tumbuh dengan sehat. Berbagai cara dilakukan untuk itu, misalnya, memberi asupan makanan yang cukup. Meskipun demikian, masih saja ada penyakit yang mengintai anak-anak. Salah satu penyakit tersebut adalah sakit mata. Sakit mata pada anak-anak biasanya diawali dengan tanda-tanda tertentu yang bisa kita lihat. Berikut tanda-tanda anak mengalami masalah penglihatan seperti dilansir dari KidsHealth, Rabu (10/8/2014): 1. Menggosok mata terus menerus.2. Sensitif terhadap cahaya.3. Sulit fokus.4. Sulit mengikuti objek bergerak.5. Gerakan mata yang abnormal (terlihat setelah anak berusia lebih dari 6 bulan).6. Mata kemerahan dan berarir secara berlebihan. Selain itu, tanda lain penyakit mata pada anak usia sekolah adalah: 1. Tidak bisa melihat objek jarak jauh.2. Kesulitan membaca papan tulis.3. Menyipitkan mata.4. Kesulitan membaca.5. Selalu menonton TV terlalu dekat. Para orang tua, sebaiknya mulai perhatikan anak anda, apakah terbebas dari penyakit mata atau tidak. Jika tanda-tanda tersebut mucul, segera berobat ke dokter spesialis mata anak. [...]

Cek Makanan Apa Saja yang Bisa Bikin Bodoh

Cek Makanan Apa Saja yang Bisa Bikin Bodoh

Ini adalah fakta bahwa segala sesuatu yang Anda makan memiliki dampak besar tidak hanya untuk kesehatan fisik, tetapi juga pada fungsi kognitif Anda. Anda mungkin tidak tahu , tetapi makanan tertentu bisa memengaruhi kinerja memori dan otak. Untuk itu, seperti dilansir Lifespan, Senin (31/3/2014), cari tahu lebih lanjut tentang makanan ini dan kandungannya sehingga Anda dapat mencegah penurunan kognitif. 1. Makanan cepat saji Sebagian besar anak-anak termasuk orang dewasa banyak sibuk mengandalkan makanan cepat saji dengan alasan lezat dan mudah disajikan. Bahkan, untuk bisa mendapatkannya, Anda cukup pergi ke drive-thru terdekat dan memilih berbagai macam makanan seperti burger, kentang goreng, keripik, dan eskrim sundae. Tapi tahukah Anda, menurut studi Inggris sekitar 4000 anak-anak yang secara teratur mengonsumsi makanan cepat saji dari usia 3 tahun hingga sekolah menengah mengalami penurunan tingkat IQ secara signifikan. 2. Makanan manis Donat, coklat, permen siapa yang tidak menyukainya. Tapi apakah Anda tahu bahwa makanan manis tersebut bisa membahayakan kesehatan? Selain bisa berisiko obesitas, makanan manis juga memengaruhi fungsi otak. Para peneliti dari Universit [...]

Peringatan ‘Rokok Membunuhmu’ Nggak Bakal Mempan

Peringatan ‘Rokok Membunuhmu’ Nggak Bakal Mempan

Tulisan 'Rokok Membunuhmu' dengan seorang pria yang sedang merokok dan dilatarbelakangi beberapa tengkorak dinilai tak efektif mengurangi perokok di Indonesia.Begitu disampaikan Ahli Branding, Silih Agung Wasesa saat dihubungi Health-Liputan6.com, Jumat (31/1/2014). Ia bahkan menyampaikan, tulisan 'Rokok Membunuhmu' justru malah merangsang orang merokok."Ini harus dilihat peraturan awalnya. Tapi sebetulnya, riset di Australia menemukan bahwa gambar, tulisan bahkan larangan merokok justru merangsang seseorang merokok. Apalagi iklan tersebut besar dan mudah dilihat seperti dalam billboard itu," jelasnya.Silih menyampaikan, gambar rokok pada iklan rokok di banyak billboard itu sangat ekstrem. Sementara bagi industri rokok hal ini tidak jadi masalah karena tulisan itu sudah menempel di otak masyarakat.Sebelumnya pemerintah telah mengeluarkan PP (Peraturan Pemerintah nomor 109 tahun 2012) yang mengatur tentang iklan rokok baik di tempat umum, media cetak dan televisi. Dalam pasal 27 bahkan disebutkan bahwa iklan rokok diwajibkan tidak menggambarkan atau menyarankan bahwa merokok memberikan manfaat bagi kesehatan.Seperti diketahui, saat ini rokok dalam tayangan televisi telah lama dibur [...]

6 Cara Kurangi Efek Membahayakan pada Makanan Laut

6 Cara Kurangi Efek Membahayakan pada Makanan Laut

Sejauh ini tak ada metode pengolahan atau proses pemasakan untuk mengurangi kadar merkuri yang terkandung pada makanan laut. Merkuri akan terikat protein pada jaringan dalam ikan, termasuk otot. Namun, ada beberapa jenis bahan kimia yang akan berkurang sedikit bila dilakukan proses pemasakan. Meski begitu, ada beberapa tip yang bisa ditempuh untuk mengurangi risiko berbahaya dari bahan kimia yang terdapat pada makanan laut, seperti yang disarankan oleh Environmental Defense Network, New York. 1. Sebaiknya buang kulit, lemak pada bagian samping dan perut ikan, serta organ dalam. Hal ini akan mengurangi risiko paparan bahan kimia berbahaya. 2. Mengolah ikan dengan merebus atau membakar akan membuat lemak ikan keluar. Proses menggoreng akan membuat polutan kimia yang ada pada lemak ikan tersegel dan tidak bisa keluar. 3. Saat membeli ikan laut, pilih secara cermat. Belilah ikan dalam kondisi segar. 4. Jangan membeli kerang bila Anda tidak yakin dari mana kerang itu berasal. Beberapa wilayah laut di Jakarta sudah terkontaminasi logam berat. Ada baiknya mewaspadai makanan laut, terutama kerang, dari wilayah tersebut. 5. Masak ikan laut dan kerang secara menyeluruh. Mengolah ika [...]

Di RS Sanglah, Pasien Miskin Dapat Perlakuan Istimewa

Di RS Sanglah, Pasien Miskin Dapat Perlakuan Istimewa

Kalau di beberapa Rumah Sakit biasanya pasien miskin atau Penerima Bantuan Iuran (PBI) sering terpinggirkan. Di RS Sanglah, Denpasar, pasien PBI malah dapat perlakuan istimewa. Seperti disampaikan Direktur Umum RSUP Sanglah, Dr Anak Ayu Sri Saraswati M.Kes bahwa khusus untuk perawatan pasien PBI, jika kelas tiga telah penuh maka pasien akan rawat inap di kelas dua dan seterusnya. "Secara keseluruhan, jumlah tempat tidur di RS kami ada 718. 48 persen di antaranya tempat tidur untuk kelas tiga. Tapi kan pasien JKN bukan cuma pasien kelas tiga. Ada juga kelas 2 dan 1 bahkan VIP. Perlakuan dan mutu pasien tidak ada yang dibedakan. Tapi kalau tempat tidur penuh, khusus PBI kami izinkan mereka dipindahkan sementara ke kelas dua atau satu, sampai ada yang kosong kami pindahkan lagi," kata Ayu saat ditemui di Media Center BPJS Kesehatan, Jakarta, Kamis (18/9/2014). Sebelumnya, RS Sanglah, Denpasar mendapatkan penghargaan Hospital Award the Best Role Model RS Vertical 2014 sebagai juara pertama dalam kategori RS Umum terbaik. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil penilaian dari tim penilai yang terdiri atas BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan. Parameter yang dijadikan kriteria [...]

Segudang Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Berenang bagi Kesehatan Tubuh

Berenang bisa menjadi salah satu olahraga pilihan agar tubuh tetap sehat. Ada berbagai manfaat dari berenang yang bisa Anda peroleh selain memperkuat otot, mencerahkan suasana hati dan membuat hidup lebih lama.Situs Handbag, Senin (27/1/2014), berbagi segudang manfaat berenang:1. Meningkatkan fleksibilitas, postur, dan keseimbanganTak hanya bagus untuk otot, tapi juga meregangkan serat otot dan ligamen, membantu mempertahankan ketegangan di tendon yang mendukung gerakan tubuh.Berenang adalah satu-satunya latihan low impact yang bekerja untuk seluruh tubuh pada saat bersamaan. Dengan demikian, berenang memaksa tubuh menyesuaikan diri secara alami, sehingga inti tubuh dan punggung lebih kuat.Orang yang biasa berenang biasanya lebih tinggi dan memiliki keseimbangan yang lebih baik.2. Berenang bisa membantu Anda mengontrol berat badanBerenang merupakan latihan yang bagus untuk orang yang tak suka dengan panas dan berkeringat. Berenang bisa membakar lebih dari 200 Kcal dalam waktu setengah jam.3. Baik untuk persendianJika khawatir dengan persendian di lutut, beralihlah ke air. Berenang merupakan latihan low impact yang bisa mendukung hingga 90 persen berat badan Anda.4. Berenang merupak [...]

25 Menit Berharga Hilangkan Stres

25 Menit Berharga Hilangkan Stres

Bila Anda merasa hidup ini terasa berat dan tidak bisa lagi merasakan kedamaian dan ketenangan batin, mungkin Anda sedang stres. Ada cara mudah untuk mengurangi tekanan hidup yang dirasakan. Caranya, cukup sediakan waktu 25 menit untuk meditasi. Seperti dikutip Time, Rabu (2/7/2014), para peneliti di Carnegie Mellon University, menyebutkan meditasi cukup efektif untuk melawan stres yang dialami seseorang. Lakukan dengan memejamkan mata, fokus pada pernapasan sambil merasakan kontraksi otot yang terjadi di seluruh tubuh. Menurut para peneliti, ini akan membantu mendorong keluar tekanan hidup yang dialami. Penelitian yang dilakukan 66 relawan yang dibagi dua kelompok ini meminta kelompok pertama melakukan meditasi dalam waktu 25 menit per hari selama tiga hari, sedangkan kelompok lain mengikuti pelatihan kognitif dengan menganalisis puisi. Hasilnya, pada kelompok yang melakukan meditasi, stres yang dialami berkurang dan mereka bahkan mudah mengatasinya dibandingkan kelompok kedua. Penelitian lain dengan metode meditasi Transcendental Meditation yang dipublikasikan dalam The Permanente Journal pun hasilnya serupa. Meditasi ini berlangsung selama 20 menit sambil memejamkan mata [...]

Paparan Asap Rokok di Mobil Perparah Asma

Paparan Asap Rokok di Mobil Perparah Asma

Penderita asma berusahalah menghindari perokok di dalam kendaraan. Alasannya, penderita asma berisiko dua kali lebih besar terserang asma.Tim peneliti belum bisa membuktikan paparan asap rokok itu menyebabkan asma, tapi peneliti memperingatkan asap rokok bisa memperburuk gejala asma dibanding yang tidak. Alasan tersebut yang membuat peneliti memperingatkan agar pengemudi dan penumpang melarang orang merokok di dalam mobil.Hasil penelitian ini merupakan survei melalui telepon di empat negara bagian selatan. Sebanyak 18 ribu orang dewasa yang tak merokok yang tinggal di Indiana, Kentucky, Louisiana, atau Mississippi.Peneliti menemukan, sebanyak 7,4 persen memiliki asma dan 12,4 persen terpapar asap tembakau di kendaraan dalam seminggu terakhir."Ini masalah dari perspektif kesehatan masyarakat," kata Brian King, Ahli Epidemiologi dari Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.Menurutnya, asap rokok karsinogen dan racun yang mematikan seperti dilansir ReutersHealth, Selasa (3/6/2014). Seperti diketahui, asma merupakan gangguan kronis di paru-paru dan saluran udara yang menyebabkannya membengkak, sebagai respons inflamasi yang bisa berakibat fatal.Pada 2007, menuyrut America [...]

Virus MERS-CoV Lewati Plasenta, Berisiko Kematian Ibu dan Bayi

Virus MERS-CoV Lewati Plasenta, Berisiko Kematian Ibu dan Bayi

Virus MERS-CoV yang tengah mewabah di Arab Saudi berbahaya untuk wanita hamil. Bila virus sampai melewati plasenta, akan membahayakan janin dalam kandungan. Bahkan, berisiko pada kematian untuk keduanya."Kalau pun hidup, anak itu akan lahir dengan kelainan dan kecacatan. Untuk itu, sebaiknya wanita hamil untuk menunda keberangkatan umrohnya," kata Dokter Kandungan Rumah Sakit Harapan Kita sekaligus Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. Hasnah Siregar, SpOG pada Health Liputan6.com, ditulis Jumat (9/5/2014)Tapi, semua itu dikembalikan lagi pada masing-masing individu. Pemerintah tidak dapat melarangnya untuk harus melakukan itu. Karena, tidak sedikit wanita hamil ngotot untuk melanjutkan perjalanannya. Terpenting, dia tahu risiko apa yang tengah mengintainya."Iya dong, kita mana bisa melarang. Itu hak orang tersebut. Kalau sudah begitu, selama di sana usahakan untuk tidak berdekatan dengan oarng sakit, selalu cuci tangan pakai sabun selama 15 detik, dan paling penting janganlah ke ladang kurma atau unta. Fokus saja ke ibadah," kata dia menambahkan.Bila seperti itu kondisinya, Hasnah hanya berpesan, untuk tidak lupa membawa obat dan vitamin. Selama di sana pun, wanita hami [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *